K p2017 makalah optimalisasi peran peasihat kpk 2017

3
Makalah Kompetensi – Optimalisasi Peranan Penasihat KPK – Sarwono Sutikno, 9 Maret 2017 – v02 Penulis sebagai orang yang baru mengetahui tugas fungsi Tim Penasihat KPK dari antara lain Peraturan KPK 1/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja KPK, Bab IV Pasal 4, memang belum terlalu mendalam pemahaman tentang efektifitas tugas fungsi penasihat dan harapan pimpinan KPK. Pembahasan secara singkat memakai hubungan risiko pencapaian tujuan organisasi (business objectives) dan kendali atas risiko tersebut (kontrol, kendali). Kompetensi penulis yang mungkin bermanfaat untuk pencapaian Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi serta Pencucian Uang, a.l: Sistem Manajemen Keamanan Informasi dan Keamanan Siber Audit Teknologi Informasi Audit Pengendalian Internal, Tata Kelola, Risiko dan Kendali (GRC) serta COSO dan COBIT Forensik Digital dan Penetration Test serta Secure SDLC dan DevOps Selain untuk internal KPK, kompetensi diatas juga dapat diterapkan untuk membantu tugas KPK dalam koordinasi dan supervisi instansi yang berwenang dalam pemberantasan tindak pidana korupsi serta monitor penyelenggaraan pemerintah negara. Pertama yang harus dilakukan adalah evaluasi atau pengukuran pencapaian roadmap pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dibuat pada masa KPK jilid pertama dan perbaikan roadmap tersebut. Kedua konsep pengukuran keberjalanan peraturan perundangan sebagai kendali atas risiko pencapaian tujuan harus dikembangkan dan diterapkan. Ketiga mindset risiko generasi ketiga yang dirujuk SNI ISO/IEC 27001:2013 harus disebarkan dan diterapkan secepat mungkin di kementrian/lembaga. Keempat informasi sebagai darah nadi kehidupan bangsa harus dimanfaatkan sebesar mungkin. Silakan dirujuk makalah singkat terlampir dibawah. Kelima metoda system thinking lebih baik diterapkan untuk mengadakan perubahan dalam tujuh pengungkit (enabler atau jenis kendali) yaitu Proses, Struktur Organisasi, Budaya-Behaviour-Etika, Kebijakan-Peraturan-perundangan-Kerangka, Informasi, Aplikasi-Infrastruktur-Layanan dan Personil- Skill-Kompetensi.

Transcript of K p2017 makalah optimalisasi peran peasihat kpk 2017

Page 1: K p2017 makalah optimalisasi peran peasihat kpk 2017

Makalah Kompetensi – Optimalisasi Peranan Penasihat KPK – Sarwono Sutikno, 9 Maret 2017 – v02 PenulissebagaiorangyangbarumengetahuitugasfungsiTimPenasihatKPKdariantaralainPeraturanKPK1/2015tentangOrganisasidanTataKerjaKPK,BabIVPasal4,memangbelumterlalumendalampemahamantentangefektifitastugasfungsipenasihatdanharapanpimpinanKPK.

Pembahasansecarasingkatmemakaihubunganrisikopencapaiantujuanorganisasi(businessobjectives)dankendaliatasrisikotersebut(kontrol,kendali).

KompetensipenulisyangmungkinbermanfaatuntukpencapaianPencegahandanPemberantasanTindakPidanaKorupsisertaPencucianUang,a.l:

• SistemManajemenKeamananInformasidanKeamananSiber

• AuditTeknologiInformasi

• AuditPengendalianInternal,TataKelola,RisikodanKendali(GRC)sertaCOSOdanCOBIT

• ForensikDigitaldanPenetrationTestsertaSecureSDLCdanDevOps

SelainuntukinternalKPK,kompetensidiatasjugadapatditerapkanuntukmembantutugasKPKdalamkoordinasidansupervisiinstansiyangberwenangdalampemberantasantindakpidanakorupsisertamonitorpenyelenggaraanpemerintahnegara.

PertamayangharusdilakukanadalahevaluasiataupengukuranpencapaianroadmappencegahandanpemberantasankorupsiyangdibuatpadamasaKPKjilidpertamadanperbaikanroadmaptersebut.

Keduakonseppengukurankeberjalananperaturanperundangansebagaikendaliatasrisikopencapaiantujuanharusdikembangkandanditerapkan.

KetigamindsetrisikogenerasiketigayangdirujukSNIISO/IEC27001:2013harusdisebarkandanditerapkansecepatmungkindikementrian/lembaga.

Keempatinformasisebagaidarahnadikehidupanbangsaharusdimanfaatkansebesarmungkin.Silakandirujukmakalahsingkatterlampirdibawah.

Kelimametodasystemthinkinglebihbaikditerapkanuntukmengadakanperubahandalamtujuhpengungkit(enablerataujeniskendali)yaituProses,StrukturOrganisasi,Budaya-Behaviour-Etika,Kebijakan-Peraturan-perundangan-Kerangka,Informasi,Aplikasi-Infrastruktur-LayanandanPersonil-Skill-Kompetensi.

Page 2: K p2017 makalah optimalisasi peran peasihat kpk 2017

MakalahsingkatolehSarwonoSutiknotentangPencegahandanPemberantasanKorupsiv0518Juli2015

Keamanan- Informasi sebagai darah nadi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi & Pencucian Uang (PPK&PU)

Informasisebagaidarahnadiorganisasi(perusahaanmaupununitpemerintahan)belumsepenuhnyaditata-keloladenganbaiksepertiuang.Risikopencapaiantujuanunit(K/L)pemerintahbelumdikeloladenganbaik,demikianpulabenefitrealisationplan,optimasirisikosertaoptimisasisumberdaya.Peraturanperundanganbelumdipahamisebagaicontrol(kendali)terhadaprisikopencapaiantujuanorganisasiataupunrisikopencapaiantujuannegaraIndonesia.PP60/2008SistemPengendalianInternPemerintahbelumberjalanselayaknyakonsepkerangkapengendalianinternalCOSO.KonsepthreelinesofdefencejugabelumditerapkansebagaipraktekCOSOyangbaik.

Visi:

PenerapanbestpracticekerangkapengendalianinternalCOSOdanCOBITuntukmendapatkanmanfaatmaksimuminformasidanoptimasirisikosertaoptimasisumberdaya(resource)untukpencapaiantujuannegaraIndonesiadantermasukPencegahandanPemberantasanKorupsi.

Misi:

• MendorongpemanfaatanBigDataAnalyticdiinstansidalamkoordinasiyangberwenangmelakukanpemberantasanTindakPidanaKorupsidanPencucianUang

• MendorongpenerapanTataKelolaInformasipadainstansidalamsupervisiyangberwenangmelakukanpemberantasanTindakPidanaKorupsidanPencucianUang

• MendorongpemanfaatanBigDatadalampenyelidikan,penyidikan,danpenuntutanterhadapTindakPidanaKorupsisertaPencucianUang

• SecaraaktifmendorongprasyaratpemanfaatanBigDataAnalyticdalampencegahanTindakPidanaKorupsidanPencucianUang

• Mendorongpenerapanthreelinesofdefenceterhadappenyelenggaraanpemerintahannegaratermasukmendorongrencanamanfaat(benefitrealisationplan)

• Mendorong“crowdsourcing”untukide,perencanaan,pelaksanaan,evaluasidanperbaikanPPK&PU

Garisbesargagasan:

Page 3: K p2017 makalah optimalisasi peran peasihat kpk 2017

Pertama,informasitentangtransaksiuangharusditingkatkankualitasnya,kendaliterkaitrisikotidakterlacaknyatransaksiharusdibuatlebihefektif(keberjalanankendali)dantegas.Misalnyaperkuatanperaturanperundangandengantransaksitunaimaksimum,pembuatanperaturanperundangantentangtransaksikeuangandikantorpengacaradannotaris.Kualitasdatapertanahandanreal-estateharusditingkatkanmelaluiperaturanperundanganyangjelassasarankendalinya(controlobjective)agardapatdiukurefektifitaskendalinya.

Kedua,BigDatamisalnyarekamancameraCCTVdandatapergerakansmartphonedimanfaatkanuntukpenyelidikandananalisagayahidupaparatpenegakhukumdanpenyelenggaranegara.

Ketiga,TataKelolaInformasiyangbaikpadalembagadibawahsupervisiKPKdapatmenghasilkankualitasdatayangbaikdanmemudahkanmengukurprosesprosesutamauntukpencapaiantujuanorganisasi.

Keempat,sebelumBigDatadapatdimanfaattentunyakonsepthreelinesofdefenceharusditerapkansebagaidasarmembuatinformasisebagaidarahnadipencapaiantujuanorganisasi.Linipertamaharusmemahamirisikodanmenjalankankontrolyangdipilih.Linikeduaharusmenyebarkankemampuanmanajemenrisikopadaseluruhorganisasidanmendorongtatakelolarisikoyangbaik.Liniketigadijalankanauditinternalsebagaiassurancedaninternalconsulting.Misalnyaauditinternalharussanggupjugamelakukanassurancedalamkonteksinformasisebagaidarahnadiorganisasi.

Kelima,mendorongperaturanperundanganyangmendorongkewajibanforensikreadypadaseluruhpenyelenggaratransaksielektroniksehinggaBigDatadapatsyahsebagaialatbuktihukum.

Keenam,mendorongsemualembagapendidikanaparatpenegakhukumdanpembinaankarierpenegakhukumlebihjujurdantransparandenganmenerapkantatakelolainformasiyangbaikdanmenjalankanthreelinesofdefencesecaraberkesinambungan.

Ketujuh,perbaikanpembinaankarierpnsdansistemreward-punishmentyangbaik,termasukkemudahanprosespemberhentianpnsataupenyelenggaranegarayangtidakberkinerjabaik.

Kedelapan,mendorongBPKmenjadiSupremeAuditsesuaibestpracticedunia.

Kesembilan,mendiskusikanperaturanperundangansebagaikendaliterhadaprisikotercapainyatujuannegaraIndonesia.Pengukurankeberjalanankendaliharusdicantumkandalamtiapperaruranperundangan.

Kesepuluh,penciptaan“musuh”bersamabangsaIndonesia.

Kesebelas,penggunaan“crowdsourcing”untukide,perencanaan,pelaksanaan,danevaluasiPencegahandanPemberantasanKorupsi&PencucianUang(PPK&PU)untukmencapaiIndonesiayanglebihsejahteradanberdaulatsesuaiUUD’45.

DemikiansebagiangagasanuntukIndonesiayanglebihberdaulat,termasukPPK&PU.