faal keseimbangan

download

of 20

  • date post

    30-Oct-2015
  • Category

    Documents
  • view

    35
  • download

    0

Embed Size (px)

transcript

FISIOLOGI PENDENGARAN DAN KESEIMBANGAN

FISIOLOGI KESEIMBANGANRia Zelvia Riyandini0910.211.0081Anatomi telingaDipersarafi oleh saraf kranial VIII yg bercabang dua yaitu : saraf auditorius (pendengaran) dan saraf vestibularis (keseimbangan)

Telinga luar (auris eksterna) : daun telinga, liang telinga

Telinga tengah ( auris media) : membran timpani, kavum timpani, tuba eustakius, prosesus mastoideus

Telinga dalam ( labirin ) : kanalis semisirkularis, vestibulum (utrikulus dan sakulus), koklea2

3Anatomi Fisiologi Telinga DalamTelinga dalam terletak di dalam pars petrosus os temporale

terdiri dari organ pendengaran dan organ keseimbangan 4FISIOLOGI PENDENGARANBunyi ditangkap daun telinga membran timpani tulang pendengaran fenestra ovale menggerakkan perilimfe pada skala vestibuli melalui membran reissner mendorong endolimfe menimbulkan gerak relatif membran basilaris dan membran tektoria defleksi stereosilia sel rambut kanal ion terbuka terjadi pertukaran ion depolarisasi sel rambut pelepasan neurotransmiter potensial aksi saraf auditorius nukleus auditorius korteks pendengaran di lobus temporalis5keseimbanganSelain perannya dalam pendengaran, telinga dalam memiliki komponen lain yakni APARATUS VESTIBULARIS, yang memberikan informasi yg penting untuk sensasi keseimbangan dan untuk koordinasi gerakan-gerakan kepala dg gerakan-gerakan mata dan postur tubuh.Terdiri dr 2 set struktur yg terletak dlm tlg temporalis di dekat koklea yaitu kanalis semisirkularis dan organ otolit (utrikulus dan sakulus)6Labirin terdiri dari labirin statis yaitu utrikulus dan sakulus yang merupakan pelebaran labirin membran yang terdapat dalam vestibulum labirin tulang. Pada tiap pelebarannya terdapat makula utrikulus yang di dalamnya terdapat sel-sel reseptor keseimbangan.

Labirin kinetik terdiri dari tiga kanalis semisirkularis dimana pada tiap kanalis terdapat pelebaran yang berhubungan dengan utrikulus, disebut ampula. Di dalamnya terdapat Krista ampularis yang terdiri dari sel-sel reseptor keseimbangan dan seluruhnya tertutup oleh suatu substansi gelatin yang disebut kupula.

7

8fisiologiInformasi keseimbangan tubuh akan ditangkap oleh reseptor vestibuler, visual dan propioseptik.Dari ketiga jenis reseptor tersebut, reseptor vestibuler yang punya kontribusi paling besar ( >50% ) disusul kemudian reseptor visual dan yang paling kecil konstibusinya adalah propioseptikGabungan informasi ketiga reseptor sensorik tersebut akan diolah di SPP, sehingga menggambarkan keadaan posisi tubuh pada saat itu

9bila ada gerakan atau perubahan dari kepala atau tubuh perpindahan cairan endolimfe di labirin silia sel-sel rambut menekukTekukan silia sel rambut menyebabkan permeabilitas membran sel berubah sehingga ion Kalsium menerobos masuk kedalam sel (influx)Influx Ca menyebabkan depolarisasi dan juga merangsang pelepasan NT eksitator impuls sensori melalui saraf aferen pusat-pusat keseimbangan di otak .

10Aparatus vestibularis Berfungsi dalam mendeteksi perubahan posisi dan gerakan kepala. komponen aparatus vestibularis mengandung endolimfe dan di kelilingi perilimfe. komponen vestibuler mengandung sel-sel rambut yang berespons terhadap perubahan bentuk mekanis yang dicetuskan oleh gerakan-gerakan spesifik endolimfe.

11 aparatus vestibularis FungsiKanalis Semisirkularismendeteksi akselerasi (percepatan) atau deselerasi (pelambatan) rotasional atau angularUtrikulusMendeteksi perubahan posisi kepala menjauhi sumbu vertikal dan mengarahkan akselerasi dan deselerasi linear secara horizontalSakulusMendeteksi perubahan posisi kepala menjauhi sumbu horizontal dan mengarahkan akselerasi dan deselerasi linear secara vertikal12kanalis semisirkularisAkselerasi (percepatan) atau deselerasi (perlambatan) selama rotasi kepala ke segala arah menyebabkan pergerakan endolimfe. Ketika kepala mulai bergerak, saluran tulang dan sel rambut yang terbenam dalam kupula bergerak mengikuti gerakan kepala. Namun,cairan di dalam kanalis, yang tidak melekat ke tengkorak, mula-mula tidak ikut bergerak sesuai arah rotasi, tetapi tertinggal di belakang karena adanya inersia (kelembaman). 13Ketika endolimfe tertinggal saat kepala mulai berputar, endolimfe yang terletak sebidang dengan gerakan kepala pada dasarnya bergeser dengan arah berlawanan dengan arah gerakan kepala.Apabila gerakan kepala berlanjut dalam arah dan kecepatan yang sama, endolimfe akan menyusul danbergerak bersama dengan kepala, sehingga rambut-rambut kembali ke posisi tegak mereka.Ketika kepala melambat dan berhenti, keadaan yang terjadi adalah sebaliknya.14Endolimfe secara singkat melanjutkan diri bergerak searah dengan rotasi kepala sementara kepala melambat untukberhenti. Akibatnya, kupula dan rambut-rambutnya membengkok sesuai dengan arah rotasi kepala semula, yaitu berlawanan dengan arah mereka membengkok ketika akselerasi. Pada saat endolimfe secara bertahap berhenti, rambut-rambut kembali tegak. 15Sementara kanalis semisirkularis memberikan informasi mengenai perubahan rotasional gerakan kepala, organ otolit memberikan informasi mengenai posisi kepalaterhadap gravitasi dan juga mendeteksi perubahan dalam kecepatan gerakan linear.

Rambut pada sel-sel rambut di utrikulus dan sakulus menonjol ke dalam suatu lembar gelatinosa. Terdapat banyak kristal halus kalsium karbonat otolit yang terbenam di dalam lapisan gelatinosa, sehingga lapisan tersebut lebih berat dan lebih lembam (inert) daripada cairan di sekitarnya Ketika kita dalam posisi tegak, rambut didalam utrikulus berorientasi secara vertikal dan rambut sakulus berjajar secara horizontal.

16utrikulusKetika kepala di gerakkan ke semua arah selain vertikal, rambut-rambut membengkoksesuai arah gerakan kepala karena gaya gravitasi yang mendesak bagian atas lapisan gelatinosa yang berat. Di dalam utrikulus tiap-tiap telinga, sebagian berkas sel rambut diorientasikan untuk mengalami depolarisasi dan sebagian lagi mengalami hiperpolarisasi ketika kepala berada dalam segala posisi selain tegak lurus. Rambut-rambut utrikulus juga berubah posisi akibat setiap perubahan dalam gerakan linier horizontal

17Ketika kita mulai berjalan ke depan, bagian atas membran otolit yangberat mula-mula tertinggal di belakang endolimfe dan sel-sel rambut karena inersianya yg lebih besar. Dengan demikian rambut-rambut menekuk ke belakang, dalam arahyang berlawanan dengan arah gerakan kepala yang ke depan. Jika kecepatan berjalan dipertahankan, lapisan gelatinosa segera menyusul dan bergerak dengan kecepatan yg sama dengan kepala sehingga rambut-rambut tidak lagi menekuk. Ketika kitaberhenti berjalan, lapisan otolit secara singkat terus bergerak ke depan ketika kepala melambat dan berhenti, membengkokkan rambut-rambut ke arah depan18sakulusmemiliki fungsi serupa dengan utrikulus, kecuali bahwa ia berespon secara selektifterhadap kemiringan kepala menjauhi posisi horizontal (misalnya bangun dari tempat tidur) dan terhadap akselerasi atau deselerasi linear vertikal (misalnya meloncat-loncat). Sinyal-sinyal yang berasal dari berbagai komponen aparatus vestibularis dibawa melalui saraf vestibulokoklearis ke nukleus vestibularis, suatu kelompok badan sel saraf di batang otak, dan ke serebelum. Disini informasi vestibuler diintegrasikan dengan masukan dari permukaan kulit, mata, sendi, dan otot untuk 1) mempertahankan keseimbangan dan postur yang diinginkan2) mengontrol otot mata eksternal, sehingga mata tetap terfiksasi ke titik yang sama walaupunkepala bergerak3) mempersepsikan gerakan dan orientasi.

19referensiFISIOLOGI MANUSIA, LAURALEE SHERWOOD(halaman 186 189 )INTERNET

20