Chap 12 Aplikom P

Click here to load reader

  • date post

    18-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    227
  • download

    3

Embed Size (px)

description

ppt

Transcript of Chap 12 Aplikom P

Slide 1

Aplikasi KomputerBekerja Dengan Microsoft Excel Access (1)Bima Cahya Putra, M.Kom12PsikologiPsikologi

Modul ke:FakultasProgram StudiPengenalan MS. Access 2010Aplikasi KomputerBekerja Dengan Microsoft Access (1)2Ms. Access 2010Microsoft Access adalah sebuah program program aplikasi basis data computer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Power Point. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Pengenalan DatabaseDatabase (Basis data) yang paling, sederhana adalah kumpulan dari tabel. Satu tabel merepresentasikan suatu entitas tertentu. Suatu entitas terdiri dari beberapa atribut.

Contoh Struktur DataBasePengenalan DatabaseKeterangan : a. Tabel Pegawai mewakili entitas Pegawai b. Atribut-atribut yang ada pada tabel pegawai disebut Field atau Kolom c. Isi dari masing-masing atribut atau field disebut record atau baris. Pengenalan DatabasePengertian database pada Microsoft Access adalah sekumpulan objek yang terdiri dari table, query, form, report. Objek-objek ini ditampung dalam suatu wadah atau database. Dalam Microsoft Access yang dimaksud database adalah kumpulan dari table, query, form, report.Menjalankan MS. Access 2010Aplikasi KomputerBekerja Dengan Microsoft Access (1)7Menjalankan Ms. Access 2010Klik START pada Windows 7 kemudian cari lah pada All Program kemudian cari Microsoft Office, yang tampak seperti gambar dibawah ini :

Menjalankan Ms. Access 2010Klik Microsoft Acces 2010. Kemudian akan tampil Program Microsoft Access 2010.

Membuat TabelTutup semua database yang terbuka Klik Tab File. Klik New, hingga tampilannya terlihat seperti gambar:

Membuat TabelBerikan nama Database pada kotak File Name, Default file Data yang akan disimpan pada C:\Users\DeMaster\Documents\

Membuat TabelRubah default penyimpanan ke folder yang sudah dibuat, sehingga memudahkan pencaharian dikemudian hari. Dengan cara Klik Icon Open Folder, kemudian carilah tempat file dataaccess yang akan disimpan.

Membuat TabelSaat ini posisi tempat penyimpanan berada pada D:\Documents\windows7_buku\Access\ dengan nama file sementara adalah Database1.accdb. Kemudian Klik CREATE

Membuat TabelKemudian Klik FILE dan kemudian pilih Design File.

Membuat TabelKemudian Access akan meminta memasukan nama Tabel, untuk contoh saat ini ketik data mahasiswa.

Membuat TabelKemudian akan masuk kedalam modifikasi table dimana kita harus memberikan field-field yang nanti nya akan dijadikan record-record didalam database atau table.

Membuat TabelBuatlah Filed-Field nama yang sudah disedikan didalam masing-masing kotak a. Field Name : buat field name yang nanti nya akan dijadikan masukan data. b. Data Type : tipe-tipe data. c. Description : keterangan dari field yang dimasukkan (boleh diisi/boleh tidak diisi). Field-field yang sudah diberikan nama dan data type nya.

Membuat TabelSetiap field yang dibuat, harus ditentukan batas maksimum karakter (huruf) yang dapat di input. Penentuan batas maksimum dibuat pada field Properties seperti gambar dibawah. Field nama telah ditentukan maksimum huruf yang dapat dimasukkan adalah 30 huruf, maka pada field properties field size dirubah menjadi 30.

Membuat Form TabelJalankan kembali MS ACCESS 2010 anda dan kemudian klik Open, carilah di folder tempat dimana file database1.accdb tersimpan.

Klik data mahasiswa

Membuat Form TabelPilih Tab Create dan klik Form Wizard di group Form

Kemudian setelah memilih dan mengklik Form Wizard akan tampil jendela form wizard dimana didalam nya terdapat daftar field-field yang akan digunakan sebagai masukan kedalam form tersebut.

Membuat Form TabelPilihlah semua field yang akan dijadikan Item-Item didalam form dengan mengklik tanda > untuk memilih satu persatu atau tanda >> untuk memilih semua list field tersebut. Kemudian Klik Next.

Membuat Form TabelSetelah mengklik NEXT maka akan muncul bentuk-bentuk form. Ada 4 macam bentuk Form : Coumnar, Tabular, Datasheet dan justified. PIlihlah Columnar.

Membuat Form TabelBerilah judul Form yang sudah selesai di buat, untuk Form ini kita berikan nama DATA MAHASISWA. Pada pilihan do you want to open the form or modify the forms design? pilih atau klik Open the form to view or enter information.

Membuat Form TabelBerilah judul Form yang sudah selesai di buat, untuk Form ini kita berikan nama DATA MAHASISWA. Pada pilihan do you want to open the form or modify the forms design? pilih atau klik Open the form to view or enter information.

Membuat Form TabelSebelum data-data tersebut diinput kedalam kotak-kotak yang sudah tersedia, Kotak Input NO akan tampak kata NEW. Artinya Database yang terhubung dengan Data Mahasiswa ini belum diisi. Jika form tersebut dibuat dengan FORM WIZARD maka semua bentuk field-field didalam forum masih sama seperti nama field-field yang ada didalam databasenya. Untuk itu field-field didalam forum harus dirubah sehingga gampang dibaca oleh orang lain. Membuat Form TabelCara untuk merubahnya adalah sebagai berikut:Pilih File kemudian klik Design View

Membuat Form TabelSetelah Design View dipilih maka form akan dapat diedit sesuai dengan yang kita kehendaki

Membuat Form TabelSaat kita merubah bentuk form, maka akan tampil Form Design Tools secara otomatis. Seperti yang tampak pada gambar dibawah ini:

Membuat Form TabelUntuk merubah tampilan isi form tersebut, cukup dengan menyorot field-field yang diinginkan saja. Untuk contoh ini kita akan merubah Judul Textbox.

Membuat Form TabelSetelah disorot atau dipilih satu persatu judul, klik dua kali pada kotak judulnya dan kemudian rubah tulisan yang ada. Misalnya No dirubah menjadi NOMOR, begitu selanjutnya, rubah semua judul field-field yang ada. Ingat!! Hanya judul field yang dirubah.

Membuat Form TabelSetelah semuanya dirubah jangan lupa menyimpan form tersebut. Dengan menekan tombol CTRL + S.

Membuat Form TabelKemudian jalankan form tersebut dengan menekan/klik View dan pilih Form View sehingga akan didapat hasil seperti gambar dibawah ini.

Membuat Form TabelSekarang coba masukkan data-data yang diminta.

Menambahkan Button pada FormForm yang sudah dibuat dapat dimodifikasi dengan menambahkan button-button dibawah nya atau diletakkan sesuai dengan keinginan. Cara untuk menambahkan adalah sebagai berikut : Jika diperhatikan Design Form yang kita buat, terdapat 3 area yaitu : Form Header : Tempat Judul Form Detail : tempat meletakkan isi field-field. Form Footer : Tempat judul atau button-button

Menambahkan Button pada FormDari Form Design Tool klik icon Button kemudian letakkan di area Form Footer. Dan Kemudian Muncul jendela Command Button Wizard

Menambahkan Button pada FormPilihlah Record Operations, karena kita akan membuat Button : INPUT, DELETE kemudian pilih pada kotak Actions : Add new record

Menambahkan Button pada FormKemudian Klik Next dan Pilih Text. Pada kotak Text Ketik : Input Data.

Menambahkan Button pada FormKemudian Next dan terdapat Command 17 biarkan saja kemudian klik Finish, maka satu button INPUT DATA sudah selesai dibuat. Berikutnya buat Button Delete dengan cara yang sama . Tetapi pada jendela Acction Pilih Delete Record.

Menambahkan Button pada FormSetelah di buat dua buah BUTTON maka Form tersebut dijalankan dengan mengklik View Form View.

Bima Cahya Putra, M.KomTerima Kasih