APLIKOM - TUGAS 2

Click here to load reader

  • date post

    28-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    47
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of APLIKOM - TUGAS 2

TUTORIAL CARA MEMBUAT B LOG

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-nya kepada saya, sehingga saya bisa menyelesaikan tugas mata kuliah Aplikasi Komputer yang berjudul TUTORIAL CARA MEMBUAT BLOG ini, untuk para pembaca yang ingin mengetahui ataupun ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana cara blogging dengan benar.Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa blog sudah menjadi hal yang populer saat ini di kalangan masyarakat kita, selain itu di dalam proses pembuatan blog saat ini sudah banyak hal yang dapat kita pelajari dengan detail, seperti kode-kode CSS, HTML, JAVASCRIPT, dan masih banyak lagi.Untuk itu makalah ini sengaja sbaya buat sebagai panduan belajar blogging yang benar untuk masyarakat awam, dan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para masyarakat yang ingin tahu lebih banyak tentang cara-cara pembuatan blog.Secara khusus, penyusunan materi makalah ini saya ambil dari berbagai situs dan blog pada internet yang telah saya rangkum sedemikian rupa agar dapat di tangkap lebih jelas oleh para pembaca untuk dapat menyimpulkannya dalam arti yang benar.Dalam penyusunan makalah ini saya menyadari sepenuhnya bahwa baik bentuk maupun materinya masih jauh dari kesempurnaan , karena itu saya sangat mengharapkan saran-saran serta petunjuk-petunjuk yang bersifat membangun untuk memajukan saya di masa yang akan datang.Akhir kata, saya mengharapkan agar makalah tentang cara pembuatan blog ini dapat berguna bagi saya sendiri dan masyarakat umum.

PENULIS

NAFSI ALTRUISTIS ARMA NIM : 223413066DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR1DAFTAR ISI2TUTORIAL CARA MEMBUAT BLOG3A.Sejarah Blog3B.Pengertian Blog3C.Jenis-Jenis Blog4D.Manfaat Blog5E.Penyedia Layanan Blog Gratis6F.Cara Membuat Blog di Blogspot11G.Ini Blog saya14PENUTUP15A.Kesimpulan15B.Saran15DAFTAR PUSTAKA16

TUTORIAL CARA MEMBUAT BLOG

A. Sejarah BlogBlog pertama kemungkinan besar adalah halaman Whats New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justins Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

B. Pengertian BlogBlog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertamakali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri.Seiring dengan perkembangn weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger. Blogger adalah para pembuat Blog. Dimana, melalui blog yang dibuat oleh blogger, kepribadian blogger menjadi lebih mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.

C. Jenis-Jenis Blog1. Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).2. Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman. 3. Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.4. Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.5. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).6. Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.7. Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.8. Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.9. Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).10. Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi11. Blog agama: Membahas tentang agama12. Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.13. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.14. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.15. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka16. Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing17. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)18. Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

D. Manfaat BlogBlog atau web log dalam perkembangannya ternyata memiliki peran penting untuk meramaikan konten-konten yang dapat diakses pengguna online di dunia maya. Berbagai konten dapat share di dunia maya, sehingga siapa saja yang terhubung dengan internet, dapat mengakses dan mendownload (mengunduhnya) dengan mudah dan gratis. Di bawah ini, ada 10 manfaat blog. Kalau mungkin anda belum tahu atau baru tahu beberapa hal tentang manfaat blog, saya coba buat daftarnya, setidaknya manfaat ini yang dapat kita rasakan. Berikut 10 manfaat blog tersebut. 1. Berbagi tulisan, baik dalam bentuk cerita, pengalaman dan pengetahuan lainnya. Sehingga orang lain yang membutuhkan, lalu menemukan tulisan Anda, merasakan kebermanfaatan blog Anda. Hitung-hitung cari pahala.2. Sarana untuk mempromosikan produk barang atau jasa. Dengan kata lain, blog bisa Anda manfaatkan sebagai toko online.3. Dapat menghasilkan uang. Penghasilan tersebut bisa anda jadikan sebagai penghasilan sampingan ataupun penghasilan tetap, asalkan Anda benar-benar serius dalam mengembangkannya. Misalnya mengikuti PPC, bisnis Afiliate, dan lain sebagainya.4. Mengikuti kontes. Dewasa ini, berbagai kontes dan lomba, sudah menjamur, baik itu berupa kontes SEO, ataupun kontes review, sehingga memungkinkan para blogger berkesempatan untuk menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah.5. Sarana untuk berkreasi, misalnya Anda suka menulis, edit foto, Fotografer, dll. Anda bisa share dan tunjukkan kepada dunia hasil karya Anda.6. Menjadi media curhat. Di blog Anda bisa bercerita apa saja yang ingin Anda ceritakan. Tentunya sangat lebih bijak jika itu dapat memberikan dampak positif terhadap pembaca Anda. Sehingga pemikiran-pemikiran Anda dapat anda curahkan dengan plong.7. Menjadi media untuk mempopulerkan sesuatu atau diri sendiri. Banyak orang sukses, berawal dari iseng-iseng nge-blog.8. Mencari teman. Dalam dunia blogger, kita tidak bisa hidup sendiri, tanpa blogger lainnya, sebagai blogger tentunya membutuhkan blogger lain untuk saling sharing, bertukar link, dll.9. Belajar untuk lebih baik. Biasanya sesama blogger akan saling berkomentar satu sama lain, sehingga kita bisa mengetahui kekurangan-kekurangan dalam konten yang kita share.10. Yang terakhir adalah memotivasi kita, untuk selalu memberikan yang terbaik kepada pembaca. Karena sebagai manusia, tentunya kita ingin dipuji dari yang terbaik yang bisa kita berikan kepada pembaca/orang lain. Selain itu Anda juga akan berusaha belajar banyak hal.

E. Penyedia Layanan Blog Gratis

BLOG DENGAN DUKUNGAN DANGA SOFTWARE1. GreatestJournal.comLayanan ini dasarnya hampir sama dengan software LiveJournal. layanan ini menawarkan free voice posts, hosting photo dengan kapasitas yang cukup lumayan 1GB, dan space lebih dari 2,000 icon pengguna.2. InsaneJournal.comSitus lain yang masih dengan bahan dasar yang sama Danga software yang mendukung LiveJournal. Ada dua layanan; gratisan atau berbayar, berbayar untuk peningkatan perbaikan layanan dikemudian hari.3. JournalFen.netBekerja dengan platform Danga juga. Dan blog ini mengarahkan Anda untuk memberikan penghargaan pada subjek tertentu dan pada berbagai macam corak fandoms (seperti Harry Potter, acara Televisi dan lainnya) dan denger-denger blog ini hanya boleh digunakan bagi Anda yang telah berusia 18 tahun ke atas *nah lho*4. LiveJournal.comSalah satu yang cukup dikenal luas dikalangan dunia blogging. LiveJournal menawarkan dengan diperbolehkannya multiple account.

BLOG DENGAN BANYAK PILIHAN THEME5. Blogabond.comAnda blogger dan gemar traveling? Nah layanan blog ini dipersembahkan khusus untuk Anda yang gemar traveling didukung dengan integrasi peta dan widget lainnya.6. BlogCheese.comMau tampil narsis? *narsis itu nikmat jendral* Disetiap postingan Anda terpasang embed video. Nah BlogCheese merupakan sebuah layanan blogging berbasis video.7. BusyThumbs.comBlog ini dikhususkan untuk pesan teks dan photo hasil jepretan kamera HP Anda.8. FreevlogLayanan satu ini di desaign untuk video blogging dan benar-benar gratis.9. Trippert.comSeperti BlogaBond, mau menulis tentang catatan perjalanan traveling Anda, buatlah dengan layanan blog yang satu ini.10. Ufem.comLayanan blogging satu ini sepertinya dikhususkan untuk menghargai eksistensi perempuan *gender equality gitu lho* tapi awas kebablasan