Tugas Final Aplikom

download Tugas Final Aplikom

of 148

  • date post

    21-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    31
  • download

    0

Embed Size (px)

description

tugas power point aplikasi komputer

Transcript of Tugas Final Aplikom

Tugas Final APLIKOM

Tugas Final APLIKOMNama: Bayu Muhammad SyahbanNim : P00320013005Kelas : II.A KeperawatanA. Microsoft Office WordTugas 1 :

Mengatur Jarak Antar Paragraf

1.Yang pertama sekali, pilih atau blok paragraf yang akan di rubah jaraknya.2. Lalu klik menu ribbon (Home).

3. Kemudian tampilkan dialog paragraf dengan cara mengklik (tombol paragraf).

4. Kemudian akan di munculkan (dialog paragraph).

5. Lalu pada bagian (Spacing) Yang terletak di bawah, Ubah nilai yang ada pada kotak (before) dan (after).

6. Lalu isikan nilai pada kotak (Before) Dengan besarnya jarak paragraf dengan paragraf sebelumnya.Misalnya pada contoh yang di atas adalah sebanyak (12 poin) dari paragraf sebelumnya.

7. Kemudian isikan pada kotak (After) Dengan besarnya jarak paragraf dengan paragraf berikutnya. Misalnya pada contoh yang di atas (18 poin) Dari paragraf berikutnya.

8. Dan hilangkan tanda check pada (Don't add space between paragraphs of the same style) Jika ada tanda check maka jarak paragraf yang anda buat pada poin 6 dan 7 tidak berarti jika (Style) kedua paragraf tersebut sama, Dan pada umumnya ketikan kita memiliki style yang sama antar paragraf sebelumnya dan berikutnya. Jika tampa tanda check, berarti nilai pada kotak (before) atau (after) akan selalu berlaku. Tidak peduli apakah paragraf memiliki (style) yang sama atau tidak sama.

9. Lalu klik tombol Ok.

10. Saat ini tampilan paragraf anda telah berubah, Sebab paragraf anda sekarang memiliki jarak 12 poin, Dari paragraf sebelumnya, Dan 18 poin dengan paragraf berikutnya.

Mengatur Jarak Indentasi (Jarak Teks Terhadap Margin) :

1. Melalui grup Paragraph pada ribbon Home

Anda dapat langsung menekan tombol Decrease Indent dan Increase Indent yang terdapat pada grup Paragraph (ribon home) untuk menggeser paragraf ke kanan atau ke kiri.

2. Melalui grup Paragraph pada ribon Page Layout

Cara sebelumnya, pengaturan indentasi tidak dapat diatur ukurannya. Namun melalui grup Paragraph yang terdapat pada Page Layout, Anda dapat mengatur sendiri

3. Melalui Kotak Dialog Paragraph

Jika ingin melakukan pengaturan paragraf lebih lanjut, caranya dengan mengklik anak panah (tooltip) pada grup paragraph untuk memunculkan kotak dialog Paragraph.

Sehingga akan muncul kotak dialog Paragraph seperti disamping:

Keterangan:Left, jarak indentasi dari margin kiri,Right, jarak indentasi dari margin kananSpecial, indentasi khusus sesuai dengan pengaturan yang kita lakukan sendiri, terdiri dari None (meniadakan indentasi khusus), First Line (indentasi kiri hanya untuk paragraf pertama saja) dan Hanging (untuk membuat indentasi gantung)

4. Melalui Ruler

Selanjutnya Anda juga dapat melakukan pengaturan secara manual melalui ruler. Tentu saja rulernya harus diaktifkan terlebih dahulu yang dapat dilihat pada ribbon View.Selanjutnya seleksi paragraf yang ingin diubah indentasinya, lalu geser indentasi sesuai yang diinginkan menggunakan pointer mouse, seperti gambar berikut:

Mengatur Margin, Ukuran Dan Orientasi Halaman/Page Size

MarginKlik Page layout kemudian padagroup menu page setup pilih Margins Pilih salah satu pilihan yang tersedia. Jika ingin mengatur margin secara manual silahkan klik pada Custom margins

Pada tab Margin, isikan besaran margin yang dikehendaki.Top : Margin atasBottom : margin bawah Left : Margin kiriRight : Margin kanan

Klik OK

Ukuran

Ukuran kertasKertas sebagai media untuk mencetak hasilolahan (output) memiliki ukuran yang berbeda-beda, seperti :a. Folio (F4) dengan ukuran 21,5 x 33 cmb. Kuarto (A4) dengan ukuran 21,5 x 29,7 cmc. Amplop (Diamond) dengan ukuran 152 x 90 mmd. Amplop (Banker) dengan ukuran 229 x 110 mm

Untuk mengubah ukuran kertas diperlukan langkah-langkah sebagai berikut :a. Klik menu fileb. Klik pilihan Page Setup, maka akan muncul gambar seperti ini:c. Klik tab Paged. Pada pilihan Paper size, pilihlah kertas yang akan digunakan. Sebagai contoh dipilih A4 (kuarto)e. Klik OK.

Orientasi halaman

Ada dua jenis orientasi halaman yaitu :1. Portrait2. Landscape

Orientasi halaman portrait adalah model orientasi pada kertas untuk arah vertical dari atas ke bawah.Sedangkan orientasi horizontal adalah model orientasi pada kertas untuk arah horisontal dari kanan ke kiri.

Untuk mengatur orientasi halaman pada wordcaranya sebagai berikut :1. Klik menu file2. Klik pilihan page setup, sehingga muncul gambar seperti di samping :3. Klik portrait untuk orientasi portrait, dan klik landscape untuk orientasi landscape.4. Dan yang terakhir Klik OK

Menambahkan Tanggal Dalam Dokumen

Cara menambahkan tanggal dan jamsekarang di microsoft word:Siapkan lembar kerja /document yang ingin di tambahkan tanggal, kemudian letakkan kursor yang ingin di sisipi tanggal.Pilih tab menu Insert >> Date & Time, maka akan muncul pilihan mode tanggal dan jam yang ada. pilih salah satu mode tanggal yang di inginkan, disini juga bisa mengatur formatnya dan tanggalnya sesuai sekarang (auto update) maka centang "cecklist" pada pilihan Update automatically kemudian pilih OK

Membuat Numbering1. Buat sebuah kalimat seperti di bawah ini, kemudian tekan enterLihat kursor pada posisi di bawah kalimat (lihat panah merah bawah)Klik tombol Numbering di toolbar (panah merah atas)

2. Ketik kata: edit Profile kitaTekan enter

3.Hal ini dilakukan sebanyak yang kita butuhkan.Contoh bisa di lihat di bawah ini

Membuat Bullet 1.Buat sebuah kalimat seperti di bawah ini, kemudian tekan enterLihat kursor pada posisi di bawah kalimat (lihat panah merah bawah)Klik tombol Bullet di toolbar (panah merah atas)

2.Ketik kata: edit Profile kitaTekan enter

3.Lakukan enter, kemudian lakukan pengetikan, tekan enter untuk pindah ke bullet berikutnya. Hasilnya tampak seperti di bawah ini

Membuat drop cap

Buka Ms word, kemudian ketikkan beberapa kalimat ataupun paragraf yang di inginkan.Jika sudah,block/pilih satu huruf di awal paragraf/yang ingin di jadikan drop cap, kemudian klik tab menu Insert dan pilih Drop Cap, Dropped seperti yang terlihat pada gambar berikut ini

Secara default drop cap 3 baris normal, namun bisa menggantinya dengan cara memilih yang Drop Cap Options. Jika ingin menghilangkan drop cap maka ulangi cara di atas Insert > Drop Cap dan pilih yang None.

Mengatur jarak baris/spasi baris

Silahkan buka lembar kerja microsoft word dan ketikkan beberapa teks kalimat yang di inginkan dan jika sudah, selajutnya block beberapa paragraf teks yang akan di atur spasi barisnya atau bisa juga menyeksi semua teksnya secara langsung dengan menclick CTRL+A secara bersamaan. pada tab Home pilih Paragraph dialog blog pada ribbon.

Pada kotak dialog yang muncul, Klik tab indents and spacing , kemudian tentukan lebar spasi yang di inginkan untuk ukuran standart bisanya 1,5 lines pada line spacing. selain itu temen-temen juga bisa mengatur before dan afternya yang merupakan jarak antar paragraf, tapi jika ingin normal maka cukup kosongkan atau 0 pada before dan afternya. Kemudian klik tombol OK dan silahkan perhatikan hasilnya.

Membuat bingkai halaman, paragraf dan teks

Membuat Bingkai Halaman (Page Borders)

1.Untuk Membuat Bingkai halaman, letakkan kursor pada halamanyang di inginkan, yang biasanya halaman pertama2. Pilih tab menu Page Layout.

3. Klik Page Border. Maka pada kotak dialog yang muncul, klik tab Page Border.

4. Pada bagian Setting, pilih Box, pada bagian Style, pada bagian Art pilih Jenis bingkai sesuai contoh dokumen, misal : Width : 24.

5. Pada Apply to, pilih Whole document untuk menerapkan bingkai pada seluruh halaman, first page only jika ingin page broder untuk halaman pertama saja. Klik tombol Option.

6. Pada kotak dialog yang muncul, pilih Text pada Measure from agar bingkai rapat ke teks. Klik tombol OK.

Membuat bingkai di paragraf /teks

1.Pilih teks baris atau paragraf yang ingin di kasihbingkai

2.Klik tab menu Home, klik icon menu Border and Shading pada ribbon Paragraph.

3. Klik tab Border, pada bagian Setting pilih Box, Style : Pilih garis sesuai contoh, Color: Automatic, Width: 3.

4.Pada Aplly to pilih text atauparagraf (sesuai kebutuhan). Kemudian klik tombol OK

Menggunakan Menu Tab

1. Misalnya kita ingin membuat daftar isi maka Langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat kata Daftar isi, lalu enter san disusul dengan tulisan Pendahuluan2. Setelah itu kita bisa mengklik menu format > klik menu tabs seperti yang terlihat pada gambar di samping :

3. Kemudian akan muncul menu tab yang menydiakan beberapa hal yang bisa diatur oleh user untuk lebih jelas lagi coba lihat gambar yang berada di samping :4. Di dalam tab inilah kita akan menentukan atau mengatur berapa ukuran akan berhentinya tabs, jenis tabs / leader dan lain lain sesuai dengan yang kita inginkan.5. Setelah kita selesai mengatur semua ukuran yang ada maka kita bisa langsung mengklik Ok untuk menyelesaikan proses itu dan merasa hal itu sudah benar. Dan untuk melihat hasil dari apa yang telah kita edit sebelumnya, maka kita cukup dengan menekan tombol tab, maka tampilan titik titik secara otomatis akan terbentuk dengan batas sesuai dengan yang telah kita atur pada menu tab sebelumnya.

Menghapus Tabulasi Dalam Dokumen

Tabulasi di microsoft word dapat dihapus dengan cara1. Tempatkan mouse pointer pada simbol tabulasi di ruler line yang akan dihapus2. Drag ke bawah dan anda akan melihat tabulasi yang anda buat menghilang.

Membuat tabulasi menggunakan ruler

1. Tampilkan rule pada lembar kerja ms word dengan cara klik menu view dan centang pilihan rule. 2. Buat 2 buah tab yang perta