Makalah Aplikom

Click here to load reader

  • date post

    13-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    143
  • download

    8

Embed Size (px)

description

Printer

Transcript of Makalah Aplikom

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Perkembangan teknologi informasi dari waktu ke waktu

semakin berkembang pesat, sehingga berdampak positif yang dapat kita rasakan, untuk membantu aktifitas manusia. Teknologi informasi tentang bidang komputer dan seluruh peralatan yang mendukung keberadaanya sangat bermamfaat bagi pengolahan data menjadi informasi yang dibutuhkan. Yang dapat dikontrol dengan program-programnya tersendiri. Perangkat pendukung dari komputer sangat banyak seperti perangkat keras (Software) yang selalu ada untuk menggunakan komputer, yakni printer yang digunakan untuk membuat cetakan pada kertas atau pada media lainnya. Dalam makalah ini saya akan membahas dari sejarah ditemukannya printer hingga perkembangan printer dari waktu ke waktu. Berdasarkan teknologi pencetakanya, piranti printer biasanya dikelompokan menjadi; Impact, Non-Impact, Thermal, Ink-Jet, Laser ,Plotter, Multi fungsi dan Plotter. Dan semua jenis itu akan dijelaskan lebih terperinci pada Bab II yang akan mengupas tuntas tentang printer. Pada perkembangan printer itu hingga saat ini banyak sekali beredar jenis printer yang tersedia, berbagai merk, tipe, ukuran dan harga beserta kelebihan dan kekuranganya. Namun bagi kita yang akan memilih printer maka perhatikan hal-hal berikut; kualitas cetakan, kecepatan pencetakan, dan juga kemudahan mengoperasikannya.

1

B. Manfaat dan Tujuan Makalah Manfaat dan tujuan dari makalah ini ditujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Aplikasi Komputer yang diberikan oleh dosen mata kuliah ini pada awal pertemuan mata kuliah ini.

2

BAB II PEMBAHASAN A. Pengertian Printer Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak grafik, gambar, angka, dan simbol lainnya pada selembar kertas, plastik, dan atau media lain. Contohnya Epson, Hewlet Packard, dan Panasonic. B. Sejarah Ditemukannya Printer Inovasi orang-orang Cina telah berhasil menciptakan tinta dan block printing yang berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tetapi perkembangan teknik cetak di Cina tidak sehebat dengan perkembangan yang terjadi di Eropa. Hal ini terjadi disebabkan alfabet Cina memiliki ribuan ideogram spesifik, yang sangat sukar jika diterapkan di mesin tik. Akibatnya, hampir tidak ada perubahan yang berarti dalam hal efisiensi produksi di Cina sebagaimana yang terjadi di Eropa. Di awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa yang menimbulkan kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah. Adalah Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang telah mengubah tehnik mencetak secara revolusioner. Percetakan sendiri mungkin merupakan penemuan yang paling penting pada millennium lalu, walaupun dampak yang ditimbulkannya pada perekonomian global tidak terlalu besar.

3

Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yang diproduksi secara massal. Di abad 21 ini teknologi berkembang dengan cepat dan tidak mengenal batas ruang dan waktu. Salah satu teknologi yang sangat bermanfaat dan di gunakan orang diseluruh dunia adalah komputer. Dengan komputer banyak tugas manusia yang bisa terselesaikan. Komputer sebagai alat yang membantu tugas manusia. Banyak hal yang bisa dilakukan manusia dengan komputer. Salah satu prinsip yang bisa manusia ambil dari komputer adalah WYSIWYG (What You See Is What You Get), apa yang terlihat (di layar monitor atau media input) adalah apa yang akan anda dapatkan. Semua itu tidak terlepas dari fungsi sebuah alat yang dinamakan Printer. Dari waktu ke waktu, teknologi printer terus berkembang sehingga mau tidak mau bagi seseorang yang selalu berhubungan dengan komputer dan peralatan lainnya harus terus mengikuti perkembangan tersebut. Printer dalam bahasa Indonesianya berarti pencetak (alat cetak). Istilah printer saat ini sering digunakan untuk menyebut alat cetak yang terhubung dengan komputer. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. Saat ini, merek produk printer yang sering digunakan diantaranya adalah Epson, Brother, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi. C. Jenis-Jenis Printer 1. Impact Printer (Printer Ketuk) Umumnya printer jenis ini lebih mahal harganya apabila dibandingkan dengan jenis Non-Impact Printer.

4

Contoh Impact Printer:

Dot Matrix Printer

I. Pengertian Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX 300, espson LX 800 dan lain-lain.

5

II. Sejarah Printer Dot Matrix Printer dot matrix pertama dikenal pada tahun 1964, pada tahun 1970, sebagian besar industri printer dot matrix dimiliki oleh perusahaan Digital dan Centronics, dan Centronics lebih memilih pasar low-end dibandingkan dengan Digital. LA30, LA36, dan Centronics 101 adalah printer dot matrix pada masa awal perkembangan printer dot matrix. pada tahun 1970-1990 printer dot matrix merupakan printer yang paling dapat diandalkan dari segi hasil dan harganya. komputer Ciri-ciri lainnya: - Kerapatannya 120 - 180 DPI (Dot Per Inch). - Dapat mencetak tulisan, grafik, dan gambar. - Hasil cetakan kurang baik karena terdiri dari titik-titik. - Menggunakan pita untuk pencetakan sehingga kadangkadang tintanya tidak merata yang menyebabkan hasil cetakan yang berupa garis tampak putus-putus. - Printer jenis ini menggunakan jarum-jarum sebagai kepala cetak yang membentuk pola yang akan dicetak. - Hasil cetakannya umumnya berwarna hitam (satu warna). Daisy Wheel Printer menggunakan Pada tahun 1990 port USB. mulai muncul printer dot matrix yang mendukung koneksi ke (blog.politekniktelkom.ac.id)

I. Pengertian

6

Sebuah jenis printer yang menghasilkan kualitas jenis huruf. Sebuah printer daisy-wheel bekerja pada prinsip yang sama seperti mesin tik dengan bola-kepala. Roda daisy merupakan disk yang terbuat dari plastik atau logam dengan karakter menonjol dalam ruangan disepanjang tepi luar. Untuk mencetak karakter, printer memutarutar disk hingga huruf yang diinginkan menghadap ke kertas. Kemudian palu memberhentikan disk, memaksa karakter untuk memukul pita tinta, meninggalkan kesan karakter di atas kertas. Untuk mencetak berbagai font anda harus mengganti roda dari daisy wheel printer ini. II. Sejarah Printer Daisy Wheel Pada tahun 1972 sebuah tim di Diablo Sistem dipimpin oleh insinyur David S. Lee secara sukses mengembangkan komersial pertama printer daisy wheel, sebuah perangkat yang lebih cepat dan lebih fleksibel daripada perangkat bolagolf IBM, yang mampu mencetak 30 cps (karakter per detik), sedangkan Selectric IBM dioperasikan pada 13,4 cps. Xerox diperoleh Diablo tahun yang sama, setelah Lee yang berangkat untuk mendirikan Perusahaan Qume pada tahun 1973. Kantor Divisi Produk Xerox sudah membeli printer Diablo untuk mengedit teks Redactron-nya. Setelah 7 tahun mencoba untuk membuat Diablo menguntungkan, OPD difokuskan pada pengembangan dan menjual 630 Diablo yang sebagian besar dibeli oleh perusahaan seperti Digital Equipment Corporation. Diablo 630 bisa menghasilkan output berkualitas huruf sebagus yang dihasilkan oleh IBM Selectric atau printer berbasis Selectric, tetapi dengan biaya yang lebih rendah. Keuntungan selanjutnya adalah bahwa ia mendukung seluruh ASCII pencetakan set karakter. Servo dikendalikan kereta Yang juga mengizinkan penggunaan

7

spasi proporsional font, di mana karakter menempati jumlah yang berbeda dari ruang horisontal sesuai dengan lebar mereka. Ciri-ciri lainnya: - Printer jenis ini mirip dengan mesin ketik biasa, karena printer ini menggunakan roda yang pada sisi luarnya terdapat kepala cetak yang terdiri dari huruf dan angka. - Roda akan berputar dan meletakkan kepala cetak pada tempat yang sesuai dengan hasil yang kita ketik. Dan kepala ketik tersebut akan diketukkan pada media tempat hasil pengetikan. - Kecepatannya 90 karakter per detik. - Menggunakan pita untuk pencetakan, sehingga kadangkadang tintanya tidak merata yang menyebabkan hasil cetakan yang berupa garis tampak putus-putus. - Hasil cetakannya umumnya berwarna hitam (satu warna).

Line Printer

I. Pengertian Printer line adalah salah satu jenis impact printer yang mencetak satu baris teks pada suatu waktu tertentu. Sebagian

8

besar dari mereka berhubungan dengan peralatan unit rekam dan hari-hari diawal komputasi digital, namun teknologi ini masih digunakan. Kecepatan cetak 600 baris per menit (sekitar 10 halaman per menit) yang dicapai pada tahun 1950, kemudian meningkat menjadi sebanyak 1.200 lpm. II. Lima Desain Utama Line Printer a. Drum Printer

Dalam desain printer drum yang khas, satu set font tetap karakter terukir ke pinggiran dari jumlah roda cetak, jumlah pencocokan jumlah kolom (huruf dalam baris) printer bisa mencetak. Roda, bergabung untuk membentuk sebuah drum besar (silinder), berputar dengan kecepatan tinggi dan kertas dan pita bertinta yang melangkah (dipindahkan) melewati posisi cetak. Sebagai karakter yang diinginkan untuk setiap kolom melewati posisi cetak, palu pemogokan kertas dari belakang dan menekan kertas terhadap pita dan drum, menyebabkan karakter yang diinginkan untuk direkam pada kertas terus menerus. dari Karena palu drum membawa cepat. letterforms (karakter) tetap dalam gerakan konstan, aksi pemogokan-dan-mundur harus sangat Biasanya, mereka didorong oleh kumparan suara dipasang pada bagian bergerak dari palu. Seringkali urutan karakter yang