Aplikom mic. acces

download Aplikom mic. acces

of 22

  • date post

    18-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    45
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Aplikom mic. acces

  • Aplikasi KomputerMicrosoft AccesOleh Kelompok 3:Ana nurmuslimahAntoniusNurainiSuryani

  • Microsoft AccesPengertianSejarahFungsi VersiCara mendapatkanCara penggunaanPesaingHargaKelebihan dan kekurangan

  • PengertianMicrosoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft office. Dengan berbagai kemudahan seperti pengaturan data, pembuatan form, penyaringan data, dll

  • Microsoft merilis Microsoft AccessSejarahVersi1.0 pada bulan November 1992Versi 2.0 pada tahun 1993.Windows v3.1 dengan 4 MB RAM 6 MB RAM direkomendasikan; 8 MB yang tersedia 14 MB hard disk space direkomendasikan. Produk ini dikirim pada tujuh disket 1,44 MB manual menunjukkan tanggal hak cipta 1993.Awalnya, perangkat lunak bekerja dengan baik dengan database yang relatif kecil tapi terdapat beberapa kondisi menyebabkan korupsi data .Dengan keluar pentahapan Windows 95, 98 dan ME, peningkatan kehandalan jaringan, dan Microsoft telah merilis 8 paket layanan untuk Jet Database Engine , keandalan akses database telah jauh lebih baik baik dalam ukuran dan jumlah pengguna.Dengan Office 95, Microsoft (Akses 7,0 alias "Akses 95") menjadi bagian dari Microsoft OfficeSelanjutnya bermunculan lah versi-versi baru dari microsoft Access 2002 ,2003 2007, dan 2010.

  • Untuk membuat program aplikasi persediaan barang.Untuk membuat program aplikasi gaji pegawai.Untuk membuat program aplikasi kehadiran.

    Fungsi Microsoft Access

  • Versi

    Tahun VersiNo VersiSistem operasi Yang didukungVersi MicrosoftOffice19921993

    1995

    1997

    1999

    2001

    2003

    2007Ms. AccessMs.Access 2.0

    Ms. Access for Windows 95Ms. Access 97

    Ms. Access 2000

    Ms. Access 2002

    Ms. Access 2003

    Ms. Access 2007

    12

    7

    8

    9

    10

    11

    12Microsoft WindowsMicrosoft Windows

    Microsoft Windowa 95, Windows NT.Microsft Windows 95/98 dan Windows 3.51/NT 4.0.

    Microsft Windows 98 dan Windows NT 4.0/2000.

    Microsft Windows 98/Me dan Windows NT/2000/XP.Microsoft Windows 20(service pack 3 keatas)/XP(serveice pack 1 ke atas)/server 2003.

    Microsoft Windows XP(service Pack 2)/server 2003/Vista/server 2008(beta 2 ke atas). T/A. Microsoft Office4.3 Propessional.Microsoft Office 95 Propessional.Microsoft Office 97 Propessional.Microsoft Office 2000 Premium dan Office 2000 Professional.Microsoft Office XP Professional.Microsoft Office system 2003.

    Microsoft Office System 2007.

  • Tahun VersiNo VersiSistem OperasiYang didukungVersi Microsoft Office2010

    2012Microsoft Access 2010

    Microsoft Access 201314

    15Microsoft Windows XP(service pack 3)/Windows server 2003 R2(32bit)/windows server 2008(3bit atau 64 bit)/Windows Vista (service pack 1)/ Windows 7.

    Microsoft Windows Vista/ Windows 7/ Windows 8/ Windows 8.1Microsoft Office Professional 2010.

    Microsoft office Professional 2012

  • Cara mendapatkan Ms. AccessYaitu dengan menginstalnya,jika kita menginstal microsoft office maka kita akan langsung mendapati microsoft access didalamnya, berikut ini cara menginstal Microsoft accsess :

    Masukkanlah CD Master Microsoft Office 2007 pada CD/DVD ROM.Kemudian masuklah ke Explorer (atau tekanLogo Bendera+E) dan Kliklah Icon CD/DVD ROM, setelah itu klik iconsetup. 4. Masukkan kode key atau serial number yang terdapat dalam CD instalasi Office 2007.5. Jika serial number yang Anda masukkan benar, maka akan keluar tandaceklispada bagian kanan kolom6. Selanjutnya klikContinue.

    7. Pada perintah selanjutnya kita dihadapkan pada tampilan Choose the installation you want disini kita dapat memilih :Install Now: Kalau kita memilih pilihan ini maka kita akan menginstall paket defaultnya Office 2007 tanpa bisa memilih paket yang kita inginkan.Customize: Kalau kita memilih pilihan ini maka kita dapat memilih paket software apa saja yang akan kita install.

  • 8. Setelah kita pilih instal maka akan muncul layar berikut, terus kita bericentangpada kotak kecil disudut kiri bawah. Lalu klikContinue.9. Biarkan Proses Instalasi berjalan dengan sendirinya, tunggulah beberapa menit hingga proses instalasi selesai. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang kita gunakan maka semakin cepat pula proses instalasi.10. Instalasi telah selesai dan selanjutnya kita tekan tombolClose.Aplikasi Microsoft Office sudah bisa kita gunakan. Untuk membukanya Anda bisa menekan Start > All Program > Cari Microsoft Office > dan pilih program Office yang akan kita jalankan, misalnya Word, Exell, atau Power Point atau yang laennya.

  • Penggunaan Ms.Access

  • Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapaid Apllication Development /RAD tool), khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman.

    Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server.

  • Video tutorialMicrosoft access

  • Pengembangan dengan Access

  • PesaingMacam-macam Software pengolah Database selain Ms. accessMs. SQLOracleMy SQL

    HargaMICROSOFT Access 2014 Rp 1,908,000

  • Kekurangan dan kelebihanKelebihan MS.AccesAplikasinya sangat mudah didapatkan ( walaupun bajakan )Mudahnya memanipulasi tabel dan data Mudahnya merelasi antar tabel Dapat memberikan perintah SQL Bisa diintegrasikan dengan bahasa pemrograman, misalnya VB, Delphi, dllAdanya fasilitas untuk security dataDapat menyimpan data atau file dalam jumlah yang besar (jauh lebih besar dari Paradox). Kekurangan MS.AccesAdapun kekurangannya adalah aplikasi ini berbayar alias tidak gratis selain itu tidak begitu bagus jika diakses melalui jaringan maka bayak pengguna Microsoft Access menggunakan solusi system manajemen basis data yang bersifat klien / server.

  • KESIMPULAN UMUMMicrosoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah.dan merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft office.serta berfungsi untuk :Untuk membuat program aplikasi persediaan barang.Untuk membuat program aplikasi gaji pegawai.Untuk membuat program aplikasi kehadiran.

  • REFERENSIhttp://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Access http://mujhagemini.blogspot.com/2013/11/kelebihan-dan-kekurangan-microsoft.htmlhttp://galuhtirtawirakwartani.blogspot.com/2013/10/pengertian-sejarah-singkat-microsoft.htmlhttp://www.bhinneka.com/category/software/brands/microsoft.aspxhttp://threevia.wordpress.com/2011/11/13/microsoft-access/

  • TERIMAKASIH

  • PERTANYAAN1.Nurul : Apa yang membedakan Ms.Access dengan pesaingnya2.N.Devi : Bisakah membuat rumus sendiri di Ms.Access3.Reiza F: Query,Form,Table Jelaskan perbedaannya.

  • JAWABAN1. Microsoft Access memiliki kelebihan dimana database, query dan aplikasi Sistem Informasi bisa dibangun dengan GUI (Graphical User Interface). GUI ini sangat memudahkan pengguna dalam membangun database dan aplikasi Sistem Informasi. Walaupun begitu, pengguna masih dapat melihat bahasa pemrograman hasil dari GUI tersebut. Misalnya, untuk software database lain seperti Oracle, pemakai Oracle biasanya harus mengetik SQL untuk membuat tabel dan membangun Query. Dalam Access, tabel dan query bisa dibuat hanya dengan mengklik dan sedikit mengetik, tetapi bahasa SQL masih dapat dilihat.

  • 2. Bisa tatapi di buatnya tool Querytetapi untuk rumus dari exel misalnya IF,SUM, AVERAGE, bisa tetapi di query

  • 3. TABEL Tabel adalah tempat untuk menyimpan data. Data yang ada di dalam tabel dapat kita manipulasi, kita lakukan operasi-operasi dasar database, kita urutkan datanya (men-sort), memperbaiki data yang telah terkumpul dan lain-lain. Jadi, fungsi dari tabel sebenarnya adalah sebagai tempat untuk menampung/menyimpan data yang kemudian dapat kita olah/proses. FORM Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain. Form dalam Access dapat dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika kita bekerja dalam transaksi master detail. QUERY Query berfungsi untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai kriteria dan urutan yang kita kehendaki.