Chap 03 Aplikom P

download Chap 03 Aplikom P

of 43

  • date post

    28-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    222
  • download

    6

Embed Size (px)

description

ppt

Transcript of Chap 03 Aplikom P

Slide 1

Windows7Bima Cahya Putra, M.Kom03PsikologiPsikologiMicrosoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan windows adalah keluarga system operasi computer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan tehnik antarmuka dengan pengguna berbasis graifk / GUI (Graphical User Interface).

Modul ke:FakultasProgram StudiBagian IsiMicrosoft Windows7Mengganti Picture Wallpaper Menggunakan Dua Monitor / ProyektorMembuat User Dan Password Memutar DVD Film dan Music WordPadMenampilkan Gadgets

Microsoft Windows7Gambaran umum tentang sistem operasi, fungsi dan jenisnyaAplikasi KomputerMicrosoft Windows 7Windows 7 adalah release terbaru dari Microsoft Windows besutan dari perusahaan raksasa Microsoft untuk digunakan pada computer pribadi, termasuk rumah dan bisnis desktop, laptop, notebook, Tablet PCMicrosoft Windows 7Microsoft mengeluarkan banyak versi andalan untuk Sistem Operasi Windows 7 ini, versi-versinya yaitu : Windows 7 Starter : Versi ini dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan hardware yang sangat terbatas, tetapi mempunya kemampuan yang cukup baik. Seperti untuk Netbook dan Notebook. Windows 7 Home Edition : Versi ini dikeluarkan untuk computer-komputer yang dijual dengan harga yang terjangkau. Misalnya untuk computer branded seperti Dell menjual murah maka akan di install system operasi Windows ini.

Microsoft Windows 7Windows 7 Home Premium versi ini dikeluarkan untuk kebutuhan user yang menyukai entertain dengan penggunaan hardware terkini. Windows 7 Professional versi ini dapat digunakan user baik penggunaan dirumah ataupun diperusahaan kecil atau menengah. Dan juga dapat dihubungkan ke networking (jaringan) LAN, backup atau keamanan yang dibutuhkan oleh banyak PC atau Server. Windows 7 Enterprise/Ultimate versi ini merupakan versi handal dimana kemampuannya jauh diatas dari versi-versi yang disebutkan tadi. User dapat menggunakan lebih dari hanya sekedar Sistem Operasi Windows 7.

Microsoft Windows 7Memulai Windows 7 Hidupkan atau Start On kanPC anda, maka setelah semua system hardware di periksa akan masuk kedalam system operasi windows 7. Yang akan tampak seperti gambar dibawah ini :

Mengganti Picture Wallpaper Jika kita sudah bosan dengan tampilan layar wallpaper, gambar background tersebut dapat dirubah sesuai dengan keinginan. Cara nya adalah sebagai berikut : 1. Pada layar Wallpaper tekanlah tombol kanan mouse

Mengganti Picture Wallpaper

Mengganti Picture Wallpaper 2. Kemudian pilihlah Personalize

Mengganti Picture Wallpaper 3. Didalam jendela ini terdapat pilihan : Control Panel Home : digunakan untuk menampilkan jendela control panel. Change Desktop Icon : digunakan untuk merubah icon-icon yang aktif pada wallpaper windows Change Mouse Pointer : untuk merubah pointer, scroll mouse. Change your account picture : merubah photo account aktif.

Mengganti Picture Wallpaper 4. Pilih Desktop Backround

Mengganti Picture Wallpaper 5.Pilihlah dengan cara mengklik satu atau semua gambar yang tersedia. Jendela yang terpilih akan menampilkan tanda . Jika dipilih semua gambar tersebut, maka secara otomatis gambar background wallpaper akan berubah dengan sendiri nya sesuai dengan waktu yang dapat diatur sendiri. Default lama nya pergantian adalah 30 menit.

Mengganti Picture Wallpaper 6. Jangan lupa untuk memilih Tombol Picture position. Dimana didalamnya terdapat pilihan : Fill : gambar akan ditampilkan secantik dan sepantas mungkin. Fit : Gambar akan diperkecil sesuai dengan ukuran byte gambar tersebut. Stretch : Gambar akan ditampilkan penuh satu layar tetapi disesuaikan dengan lebar nya.

Mengganti Picture Wallpaper Tile : gambar akan ditampilkan dalam bentuk icon-icon kecil, tetapi jika byte gambar tersebut besar, maka gambar akan ditampilkan melebar. Center : gambar akan ditampilkan persis ditengah-tengah layar.

Menggunakan Dua Monitor / ProyektorSering sekali dalam suatu pekerjaan atau kegiatan belajar di kelas untuk jaman sekarang tidak lepas menggunakan proyektor dalam mempresentasikan makalah atau pekerjaan kepada public. Untuk itu dibutuhkan suatu teknologi yang dapat digunakan untuk memfasilitasinya. Windows 7 menjawab semua kebutuhan ini, dengan menggunakan fitur ini anda dapat menampilkan dilayar montor PC dan Proyektor sekaligus dalam satu PC. Untuk memindahkan / mengaktifkan monitor kedua tersebut dengan cara :

Menggunakan Dua Monitor / Proyektor1. Tekan +

Menggunakan Dua Monitor / Proyektor2. Ada 4 (empat) pilihan yang terdapat setelah kita menekan tombol tersebut. Computer Only Monitor yang aktif adalah monitor di PC. Duplicate Kedua Monitor akan sama-sama aktif.

Menggunakan Dua Monitor / ProyektorExtend Monitor pada PC yang aktif, tetapi monitor kedua hanya menampilkan Wallpaper pada PC. Apapun yang sedang kita lakukan di dalam PC, tidak akan tampak dilayar monitor kedua. Project OnlyMonitor PC tidak aktif (Mati) tetapi monitor kedua yang bekerja.

Membuat User Dan Password Guna memproteksi Laptop atau PC kita dari kejahilan tangan orang lain, sekiranya perlu PC kita ini di proteksi dengan password agar jika suatu ketika PC kita tinggalkan untuk sesuatu hal misalkan untuk makan siang atau meeting dengan Direktur, maka dipastikan PC kita berada dalam kondisi aman dan tidak dapat diakses oleh siapapun. Oleh sebab itu perlu PC tersebut dipasang User dan Password yang secara otomatis hanya akan dibuka oleh sipemilikinya.

Membuat User Dan Password Langkah-langkah dalam membuat User dan Password adalah sebagai berikut : 1. Klik Start dari Menu Task Bar kemudian pilih Control Panel. 2. Pilih Add or remove accounts yang berada pada User Accounts and Family Safety. 3. Pilih Create a new account. 4. Pilih Create a new Account

Membuat User Dan Password 5. Masukkan nama User nya (pilih Standard User), kemudian klik Create Account. 6. Misalkan Nama User Account nya adalah : mahasiswa. Kemudian Klik Standard User (Jika digunakan untuk orang lain dalam satu PC). Administrator (jika digunakan oleh sipemilik PC tersebut). Untuk hal ini pilih Standard User dan kemudian klik Create Accounts.

Membuat User Dan Password 7. Kemudian akan tampil Jendela Manage Account dan sudah terdapat Icon User Mahasiswa dengan type Standard User. 8. Saat ini sudah terbentuk User baru yaitu mahasiswa, tetapi user tersebut belum memiliki password. Cara untuk memberikan Pasword adalah sebagai berikut 9. Klik user baru tersebut. Membuat User Dan Password 10. Masukkan dua kali permintaan password yang sama pada kedua kotak, yaitu kotak pertama dan kedua saja. Kemudian masukkan kata-kata rahasia yang berguna jika ada user lain mencoba memasukkan salah sehingga computer akan me-lock (mekunci), PC dapat membuka dengan mengetikkan kata-kata rahasia tadi.

Memutar DVD Film dan Music Pada versi windows 7 Windows Media Player yang disediakan sudah dapat memutar film DVD tanpa harus menginstal software DVD player lainnya. Cukup dengan memasukkan DVD film kedalam DVD ROM PC anda. Maka secara otomatis Windows 7 akan membaca dan langsung menjalankan Windows Media Player nya. Memutar DVD Film dan Music

Memutar DVD Film dan Music Tidak tanggung-tanggung subtitle atau terjemahan bahasanya juga akan ditampilkan dilayar monitor nya. Dengan cara Klik Kanan. Pilih Lyrics, Captions and Subtitles.

Memutar DVD Film dan Music

Memutar DVD Film dan Music

Untuk memutar music carilah file music dan kemudian klik file tersebut, secara otomatis windows media player akan memutarkan nya untuk anda.

Memutar DVD Film dan Music

WordPad Windows 7 menyediakan fasilitas untuk membuat dokumen jika PC atau Laptop anda belum terinstall program Word Processor. Program untuk membuat dokumen yang disediakan oleh Windows 7 dinamakan Wordpad. Wordpad pada Windows 7 adalah versi 6.1 seperti yang dijelaskan pada gambar 57 dibawah ini :

WordPad

WordPad WordPad pada versi 6.1 ini sangat berbeda sekali tampilan dan Microsoft menambahkan fitur-fitur terbarunya. Kita lihat tampilan WordPad versi WordPad

WordPad Terdapat dua buah Tab Ribbon yang dapat digunakan yaitu Tab HOME dan Tab View.

WordPad Penambahan pada dua buah Tab ini cukup membantu user dalam membuat dokumen sederhana dimana didalam nya dapat menyusipkan gambar, menggambar, menyisipkan waktu dan menyisipkan object seperti menyisipkan file-file dalam format pdf. File simpanan jika menggunakan Wordpad ini adalah dalam bentuk Rich Text Format (RTF), tetapi jangan kawatir file ini dapat juga dibuka pada Microsoft Word 2010.

WordPad

Menampilkan Gadgets

Didalam Wallpaper Windows 7 juga menawarkan program Gadgets yang menawan dan dapat memanjakan mata si pengguna OS ini. Seperti tampak pada gambar di samping :

Menampilkan Gadgets

Microsoft Windows 7 menawarkan beberapa macam bentuk Gadgets dan dapat dikeluarkan sesuai dengan keingina user penggunanya. Untuk menampilkan gadgets yang diingikan adalah :

Menampilkan Gadgets

1. Posisi kursor mouse harus berada di wallpaper dan klik kanan, kemudian muncul jendela properties:

Menampilkan Gadgets

2. Kemudian Pilih Gadgets dengan mengklik kalimat gadgets

Bima Cahya Putra, M.KomTerima Kasih