Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

of 17 /17
KONSTRUKSI BANGUNAN (IBB) ALUMINIUM BY NUNUK

Transcript of Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Page 1: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

KONSTRUKSI BANGUNAN (IBB)ALUMINIUM

BY NUNUK

Page 2: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 1

Page 3: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 2

Page 4: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 3

Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:   Menjelaskan dan menerapkan spesifikasi dan karakteristik baja untuk

konstruksi bangunan sesuai dengan SNI dengan melakukan pengamatan secara cermat dan teliti, tanya jawab dan diskusi dengan menghargai pendapat orang lain, serta menganalisis karakteristik baja tersebut.

Menjelaskan dan menerapkan spesifikasi dan karakteristik aluminium untuk konstruksi bangunan sesuai dengan SNI dengan melakukan pengamatan secara cermat dan teliti, tanya jawab dan diskusi dengan menghargai pendapat orang lain, serta menganalisis karakteristik aluminium tersebut.

Menjelaskan prosedur pemeriksaan sifat fisik dan mekanik baja dan aluminium secara visual sesuai dengan SNI dengan melakukan tanya jawab dan diskusi.

Memeriksa sifat fisik dan mekanik baja dan aluminium secara visual sesuai dengan SNI dengan melakukan eksperimen

Memilah spesifikasi dan karakteristik baja untuk konstruksi bangunan sesuai dengan SNI dengan melakukan pengamatan secara cermat dan teliti, tanya jawab dan diskusi dengan menghargai pendapat orang lain, serta menganalisis

Page 5: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 4

Aluminium (atau aluminum,alumunium,almunium,alminium) ialah unsur kimia. Lambang aluminium ialah Al, dan nomor atomnya 13. Aluminium ialah logam paling berlimpah.

Aluminium bukan merupakan jenis logam berat, namun merupakan elemen yang berjumlah sekitar 8% dari permukaan bumi dan paling berlimpah ketiga.

Aluminium terdapat dalam penggunaan aditif makanan, antasida, bufferedaspirin, astringents, semprotan, hidung, antiperspirant, air minum, knalpot mobil, asap tembakau, penggunaan aluminium foil, peralatan masak, kaleng, keramik , dan kembang api.

Page 6: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 5

Aluminium merupakan konduktor listrik yang baik. Terang dan kuat. Merupakan konduktor yang baik juga buat panas. Dapat ditempa menjadi lembaran, ditarik menjadi kawat dan diekstrusi menjadi batangan dengan bermacam-macam penampang. Tahan korosi.

Aluminium digunakan dalam banyak hal. Kebanyakan darinya digunakan dalam kabel bertegangan tinggi. Juga secara luas digunakan dalam bingkai jendela dan badan pesawat terbang. Ditemukan di rumah sebagai panci, botol minuman ringan

Page 7: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 6

Macam-macam aluminium dan paduannya serta kode penamaan Klasifikasi aluminium

Al paduan untuk di mesin Paduan jenis tidak dapat di

perlakukan panas (non-heat-treatable)

Al murni ( seri 1000)

Paduan Al-Mn (seri 3000)

Paduan Al-Si (seri 4000)

Paduan Al-Mg (seri 5000)

Paduan jenis dapat perlakuan panas (heat-treatable)

Paduan Al-Cu (seri 2000) Paduan Al-Mg-Si (seri 6000)

Paduan Al-Zn (seri 7000)

Page 8: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 7

Karakteristik AluminiumSifat-sifat Aluminium murni tinggi

Struktur kristal FCC

Densitas pada 20°C (sat. 103 kg/m3)

2.698

Titik cair (°C) 660.1

Koefisien mulur panas kawat 20°~100°C (10-6/K)

23.9

Page 9: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 8

Page 10: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 9

Alumina di dalam silo kemudian dialirkan ke Dry Scrubber System untuk direaksikan dengan gas HF dari tungku reduksi. Reacted alumina tersebut kemudian dibawa ke Hopper Pot dengan Anode Changing Crane (ACC) dan dimasukkan ke dalam tungku reduksi.

Page 11: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 10

Kokas yang ada di dalam silo dicampur dengan butt atau puntung anoda dan dipanaskan dulu. Material-material tersebut dicampur dengan pitch sebagai perekatnya. Kemudian material tersebut dicetak di Shaking Machine menjadi blok karbon mentah. Blok tersebut kemudian dipanggang di Baking Furnace. Anoda yang sudah dipanggang kemudian dibawa ke Pabrik penangkaian untuk diberikan tangkai, namanya Anode Assembly.

Page 12: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 11

Anode Assembly ini kemudian dibawa ke Pabrik Reduksi dengan kendaraan khusus, Anode Transport Car (ATC) untuk digunakan sebagai elektroda dalam proses elektrolisa. Setelah anoda tersebut dipakai selama kurang lebih 30 hari di dalam pot, puntung anoda tersebut diganti dengan yang baru. Puntung tersebut kemudian dipecah di Pabrik Penangkaian untuk kemudian dipakai lagi.

Page 13: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 12

Di dalam tungku reduksi, alumina akan dielektrolisa menjadi aluminium cair. Setiap 32 jam, setiap pot akan dihisap 1,8 sampai 2 ton aluminium. Aluminium cair ini kemudian dibawa ke pabrik Penuangan dengan Metal Transport Car (MTC) dan dituangkan ke dalam Holding Furnace. Setelah mendapat proses lanjutan, aluminium cair ini dicetak di Casting Machine menjadi Ingot, beratnya 22.7 kg per batang. Aluminium batangan (ingot) ini kemudian diikat dan siap untuk dipasarkan.

Page 14: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 13

Pemeriksaan Fisik dan mekanik Aluminium Secara Visual

Memeriksa ukuran meliputi; ketebalan, panjang, lebar dalam satuan mm dengan menggunakan jangka sorong dan atau meteran

Memeriksa bentuk dan cacat

Page 15: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 14

Page 16: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

Bahan tayang 15

Page 17: Bahan tayang KD 3 Aluminium.pptx

TERIMA KASIH