Administrasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan

download Administrasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan

of 61

  • date post

    22-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    94
  • download

    13

Embed Size (px)

Transcript of Administrasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan

  • MIL IK NEGARATIDAK DIPERDAGANGKAN

    -6$r#z^

    ADMINISTRASI SARANADAN PRASARANA PENDIDIKAN

    Bahan AjarDiklat Manajemen Sekolah Dasar

    DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONALDIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

    PUSAT PENGEMBANGAN PENATARAN GURU IPS DAN PMP MALANG2006

  • II

    ADMINISTRASI SARANADAN PRASARANA SEKOLAH DASAR

    PENYUSUN :Nanik Sulistyowati, S.Pd.

    (SDN Sawojajar Vll Malang)

    PEMBAHAS :

    Drs. Ramli Ramlan(SDN 37 Kec. Pontianak Selatan)

    Elsye Usman, A.Ma.Pd.(SDN Lompotoo Kec. Suwawa Kab. Bonebolango)

    Drs. Agus Wahyudi(SDN Jagakarsa 01 Jakarta)

    Ny. Deanne Salendu P., S.Pd.(SDN 116 Manado)

    Selvi W. Senaen, S.Pd.(SDN 105 Manado)

    PENYUNTING :Dra. Hj. Endang Rohayati, M.M.

    (PPPG IPS dan PMP Malang)

    ---.

  • I.

    KATA PENGANTAR

    Era globalisasi yang ditandai perkembangan yang sangat cepat di bidang IPTEKdan seni budaya, telah memberikan dampak baik positif maupun negatif bagi kehidupantiap bangsa di dunia termasuk bangsa Indonesia.

    Salah satu dampak yang dimaksud adalah adanya tuntutan untuk hidup ber-kompetitif di tengah-tengah masyarakat dunia. Dan kalau tidak ingin eksistensi suatubangsa tergilas perjalanan waktu era global, maka penyiapan SDM harus diprioritaskan.

    Suatu bangsa bisa berkompetitif, manakala SDM bangsa itu memiliki kualitasyang bagus. Dan untuk upaya ini, salah satu kata kuncinya adalah "guru". Dengankesadaran ini, maka Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malangsebagai salah satu lembaga diklat selalu berusaha berperan aktif dalam meningkatkanprofesionalisme guru.

    Salah satu wujud peran aktif tersebut, Pusat Pengembangan Penataran GuruIPS dan PMP Malang menyusun bahan ajar diklat bagi para guru dan tenaga kepen-didikan lainnya. Bahan ajar ini berisi materi yang telah disesuaikan dengan kerangkadasar dan standar kompetensi yang ada dalam kurikulum.

    Proses penyusunan bahan ajar ini dilakukan lewat beberapa tahap, yaitu:(1) tahap persiapan, menentukan kriteria penyusun dan menentukan bahan-bahan yangakan ditulis; (2) tahap penyusunan bahan ajar, bahan ajar disusun mengacu silabidiklat, standar isi, standar kompetensi lulusan, dan berbagai literatur yang terkaitdengan upaya peningkatan kualitas pendidikan; (3) pemantapan (sanctioning), bahanajar yang telah disusun didiskusikan dengan melibatkan berbagai pihak di antaranyaguru, dosen, widyaiswara, dan praktisi pendidikani g) penyuntingan (editing),penyuntingan dilaksanakan oleh editor dari Pusat Pengembangan Penataran Guru IPSdan PMP Malang; dan (5) pencetakan dan penggandaan, diawali pengetikan, per-baikan, dan proses produksi sesuai kebutuhan.

    V

  • pppc lpS dan PMP Malang mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak

    yang telah ikut membantu dan memberikan masukan demi terwujudnya bahan ajar ini.Lembaga menyadari bahwa naskah bahan ajar yang disusun masih banyak kekurang-an, untuk itu lembaga sangat berharap atas saran dan kritik yang sifatnya membangun

    demi kesempurnaan bahan ajar diklat dimaksud. Semoga bahan ajar ini dapat ber-manfaat bagi para pendidik untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajarandi sekolah.

    Malang, Desember 2006a.n. Direktur Jenderal Peningkatan Mutu

    ik dan Tenaga KePendidikanPG IPS dan PMP Malang,

    Adi Winoto, SH., M.Hum.30819414

    ,gAl lJ f rul - td\ -

    (\

    1""k,

    VI

  • DAFTAR ISI

    KATA PENGANTAR . . . . . . . . . .DAFTAR tSt . . . . . . . . . .DAFTAR LAMPI RAN . . . . . . . . . . . . .BAB I PENDAHULUAN

    A. Latar BelakangB. TujuanC. Ruang Lingkup

    BAB I I KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR.. .A. Pengertian Kepala SekolahB. Fungsi Kepala Sekolah

    BAB III SARANA DAN PRASARANA SEKOLAHA. Pengert ian Sarana dan Prasarana Sekolah . . . . . . . . . .B. Langkah- langkah Administrasi Sarana dan Prasarana Sekolah . . .

    BAB IV STANDARDISASI SARANA DAN PRASARANAA. Tu juan Standard isas i . . . . . . . . . .B . L ingkup Standard isas i . . . . . . . . . .C . Sasaran Standard isas i . . . . . . . . . .D . Prosedur S tandard isas i . . . . . . . . . .E. Standar Sarana dan Prasarana . . . . . . . .

    BAB V PENGELOLAAN SARANA PRASARANA . . . . . . . . .A. Perencanaan Sarana PrasaranaB. Pelaksanaan Pengadaan Sarana Prasarana SD

    1. Pengadaan Buku2. Pengadaan Alat Kantor dan Alat Pendidikan . . . . . . . . . . . . .3. Pengadaan Perabot4 . Pengadaan Bangunan . . . . . . . . . . . .5. Penyimpanan Per lengkapan

    Halaman

    vi iix113344

    57

    7I

    1111111112121616191919212124

    vt l

  • 6. Pengaturan Tata Letak dan Pendayagunaan Perlengkapand i SD

    7. Pemberdayaan Perlengkapan Sekolah8. Pengawasan dan Pemel iharaan . . . . . . . .L Kegiatan yang Didindingkan1 0 , Peng inventar isas ian . . , . . . . . . . .1 1 . Penge lo laan Perspus takaan Seko lah . . . . . . . . . .1 2. Pengelolaan Laborator ium . . . . . . . . .

    BAB VI PENUTUPDAFTAR PUSTAKALAMPTRAN . . . . . . . . . . . .

    25262730334243454647

    v l l l

  • Lampiran 1.Lampiran 2.

    Lampiran 3.

    DAFTAR LAMPIRAN

    Kegiatan Pemeliharaan Bangunan .. . . . . . . .Format Administrasi Sarana1. Daftar Pembelian PeraboVPengadaan Perabot2. Daftar Penggunaan Alat Peraga dan lain- lain . . . . . . . . . . . .3. Daftar Penggunaan Ruang Praktikum/Laboratorium ..........4. Daftar Distr ibusi Buku Pegangan Guru/Murid . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .5. Kartu Barang6. Kartu pemeliharaan mesin-mesin kantor7. Daftar pengeluaran barang-barang/alat-alat pakaiFormat Kelengkapan Tata Laksana Perpustakaan .........1. Buku Induk Bahan Pustaka2. Kartu Peminjam3. Kartu Buku4. Lembar Pengembal ian . . . . . . . . .5. Blangko Peringatan

    Halaman474848484848495051525252535354

    IX

    E--

  • BAB IPENDAHULUAN

    A. Latar BelakangDalam batang tubuh UUD 1945 pasal 31 dinyatakan bahwa (1) Tiaptiap

    warga negara berhak mendapat pengajarani (2) Pemerintah mengusahakan danmenyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional yang diatur dengan undang-undang. Untuk itu berdasarkan amandemen UUD 1945 Pasal 31 ayat (3)dinyatakan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistempendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlakmulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang.

    Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkankemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabatdalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnyapotensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, beritmu, cakap, kreatif, mandiri danmenjadiwarga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

    Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca,menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat. Pendidikan diselenggara-kan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran sertadalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.

    Perkembangan ilmu pengetahuan, teknotogi, dan arus globalisasi telah mem-bawa perubahan di semua aspek kehidupan manusia. Dalam rangka menghadapiberbagai permasalahan yang ditimbulkannya, persaingan global dan prosesdemokratisasi, sangat diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas melaluipeningkatan pemahaman berbagai aspek Administrasi pendidikan yang merupakansalah satu kemampuan (kompetensi dasar) yang harus dimiliki setiap kepalasekolah yang selanjutnya diterapkan dalam menjalankan tugas pokoknya sebagai

    Administrasi Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar1

    I

  • Administrator, Kepala Sekolah dituntut meningkatkan wawasan dalam haladministrasi pendidikan pada umumnya dan secara khusus sangat dituntut untukmemiliki kemampuan dalam hal Administrasi sarana dan prasarana sekolah.

    Sarana prasarana sekolah merupakan salah satu komponen penting dalamsistem pendidikan. Bahkan terkadang masyarakat menilai kualitas pendidikan suatusekolah dengan melihat sarana prasarananya, sekolah yang memiliki gedung yangbesar mentereng, peralatan, dan perlengkapan belajar mengajar yang lengkap danmodern seringkali dipandang sebagai sekolah yang berkualitas.

    Walaupun tidak sepenuhnya benar, tidak bisa dipungkiri bahwa keberhasilanProses Belajar Mengajar (PBM) sedikit banyak dipengaruhi kondisi sarana pra-sarana pendidikan yang tersedia. Jika sekolah memiliki sarana prasarana pendidik-an yang lengkap, guru dapat melaksanakan pembelajaraan secara optimal dansiswa dapat belajar secara maksimal. Sarana prasarana sekolah merupakan faktorpenunjang yang tidak bisa diabaikan jika menginginkan layanan pendidikan yangberkualitas.

    Dalam memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas pemerintah danswasta berusaha keras untuk melengkapi sarana dan prasarana pendidikan. Danayang diperlukan untuk pengadaan sarana dan prasarana serta pemeliharaannyasangat besar, sehingga pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolahsangat penting agar tidak terjadi pemborosan untuk itu diperlukan kemampuandalam pengelolaan sarana dan prasarana tersebut.

    Sehubungan dengan itu, pengelolaan sarana prasarana pendidikan disekolah menjadi sangat penting agar tidak terjadi pemborosan, juga tidak terjadigangguan terhadap kelancaran proses belajar mengajar karena tidak tersediafasilitas yang diperlukan oleh guru dan murid. Ketersediaan sarana prasarana untukmenunjang PBM itu terkadang bukan karena kurang dana, melainkan karena telahterjadi kesafahan manajemen (mis management).

    Administrasi Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar2

  • B. TujuanPenulisan bahan ajar ini bertujuan agar peserta Diklat Manajemen Sekolah

    Dasar memahami dan dapat mel