Abstraksi sim-pengaduan-masy

download

of 7

  • date post

    21-Jan-2017
  • Category

    Mobile
  • view

    82
  • download

    0

Embed Size (px)

transcript

  • SIM Pengaduan MasyarakatBerbasis Mobile System

    Kresno Aji

    March 23, 2016

    Abstract

    SIM Pengaduan Masyarakat berbasis Mobile System, merupakan sistem aplikasi yang dibuatberbasis telpon selular / smart phone. Sehingga akan memudahkan masyarakat sebagai peng-guna layanan publik untuk melakukan koreksi secara langsung terkait dalam hal pelayananmasyarakat / publik.

    Masyarakat sebagai pengguna diberi hak akses, dari pendaftaran, pengaduan, melihat daftaraduan sampai dengan daftar tindakan-tindakan yang sudah dilakukan para pemangku kepentin-gan, dalam hal ini adalah Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten / Kota.

    Operator Pemerintah Provinsi atau Kabupaten / Kota kemudian menyalurkan aduan inikepada pihak-pihak yang terkait pada dinas-dinas masing-masing untuk ditindak-lanjuti.

    Layanan aduan ditandai dengan nomor tiket aduan, yang berisi:

    Kode aduan, Tanggal aduan, Nomor aduan.

    Setelah pesan diterima, maka pesan tersebut akan diteruskan kepada pihak-pihak yangterkait serta ditambahi kode-kode penunjang, sesuai dengan jenis aduan dan instansi yangmenangani. Untuk jelasnya adalah sebagai berikut:

    Kode aduan, Tanggal aduan, Nomor aduan, Jenis Aduan, Dinas yang melayani aduan tersebut, Sub Dinas / UPT yang ditunjuk untuk melayani aduan.

    Kode Baru tersebut akan dicantumkan pada list aduan, setelah melalui sortir dari operator.Bilamana aduan selesai ditangani dengan baik, maka tiket tersebut akan ditandai "sudah

    selesai" dan dimasukkan kedalam daftar tindakan.

    I Tujuan SIM Pengaduan Masyarakat Berbasis Mobile System1. Melibatkan masyarakat untuk berpartisi aktif dalam pelaksanaan administrasi kepemerinta-

    han,

    2. Membantu pemerintah dalam melakukan pengawasan administrasi secara langsung dalampelaksanaan pembangunan,

    3. Membantu pemerintah dalam melakukan evaluasi pekerjaan secara bottom up, sehinggabisa dicapai tujuan pembangunan secara optimal.

    4. Sebagai wahana interaksi antara para pelaksana administrasi daerah, para pemangku kepintin-gan dan masyarakat sendiri selaku obyek dan subyek administrasi daerah.

    1

  • II Batasan Cakupan Sistem:Tahap pertama dibatasi pada hal yang terkait dengan infrastruktur, seperti:

    jalan rusak,

    gangguan lampu lalu lintas,

    gangguan penerangan jalan,

    dan lain-lain yang terkait dengan hal-hal tersebut di atas.

    Pelayanan masyarakat, meliputi:

    pengurusan KTP,

    pengurusan perijinan,

    pengurusan akta kelahiran,

    pengurusan BPJS.

    III Penjelasan SIM Pengaduan Masyarakat:

    Sisi Klien / Masyarakat

    1. Pemerintah sebagai pemilik pekerjaan, melakukan sosialisasi perkenalan SIM PengaduanMasyarakat berbasis Mobile System, yang berisi manfaat dan cara penggunaannya kepadamasyarakat.

    2. Selanjutnya, masyarakat yang berminat dan memiliki perangkat berplatform Android bisamengunduh aplikasi tersebut di Google PlayStore dan melakukan pendaftaran secara lengkapuntuk bisa menggunakannya.

    2

  • 3. Setelah formulir pendaftaran diisi dengan benar, maka menunggu jawaban dari sistem untukbisa digunakan. Seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:

    4. Untuk mengadukan keluhan masyarakat, sesuai dengan batasan masalah yang sudah diten-tukan. Pengguna bisa melakukan login dan mengisikan kata sandi, bila benar langsung akanmasuk pada layar pengisian formulir sebagai berikut:

    5. Setelah pesan aduan terkirim, pengguna akan mendapat feedback berupa pesan sebagaiberikut:

    3

  • 6. Pengguna bisa melihat pada List Aduan, pesan-pesan aduan yang sudah masuk, denganmenekan tombol [List Aduan], seperti ditunjukkan pada gambar berikut:

    Kode tiket pada daftar aduan tidak sama dengan kode tiket yang diterima pada saat mengirimaduan, karena sudah ditambahkan kode-kode sesuai dengan jenis aduan, nama dinas yangmenangani dan kode sub dinas / UPT yang terkait.

    7. Untuk melihat daftar aduan yang sudah ditindak-lanjuti oleh pemerintah, bisa menekantombol [List Tindakan], seperti yang dipelihatkan pada gambar berikut:

    4

  • Sisi Operator / Pemerintah

    1. Aduan yang diterima dari masyarakat diterima oleh operator pada komputer masing-masing.Setiap operator mendapatkan nama pengguna / user name dan kata sandi terpisah.

    2. Operator menerima pesan aduan dari masyarakat, untuk kemudian dilakukan editing ulangberdasarkan jenis aduan, institusi yang menangani dan status aduan.

    3. Aduan yang sudah dipilah-pilah dan diverifikasi kemudian disalurkan pada masing-masing in-stansi yang berkuwajiban menanganinya berdasarkan tupoksi masing-masing. Masing-masingaduan diberikan kode tambahan berdasarkan jenis aduan, institusi yang menangani dan sta-tus tindakan yang sudah dilaksanakan.

    5

  • 4. Para pemangku kepentingan juga bisa mengakses dan mendapatkan laporan data statistiktentang jumlah, jenis dan tindakan yang sudah dilakukan dalam bentuk grafik dan angka.Seperti contoh pada gambar berikut ini:

    5. Para pemangku kepentingan juga bisa melakukan pencarian berdasarkan kriteria yang sudahditentukan.

    6

  • 6. Selain itu disediakan menu Setting bagi Admnistrator yang ditunjuk dan bertanggung jawabatas pengelolaan sistem secara keseluruhan.

    Demikian penjelasan sekilas tentang SIM Aduan Masyarakat Berbasis Mobile System.Terima kasih

    Powered by:

    7