113765910-hipotensi

3
Tekanan Darah Rendah / Hipotensi Definisi Suatu keadaan dimana tekanan darah lebih rendah dari 90/60 mmHg atau tekanan darah lebih rendah sampai 20-30% dari tek darah biasanya (dlm keadaan normal) Jka tekanan terlalu rendah, darah tidak dapat memberikan oksigen dan zat makanan yang cukup untuk sel dan tidak dapat membuang limbah yang dihasilkan sebagaimana mestinya. ETIOLOGI Perubahan Dalam Mekanisme Kompensasi Penyebab Curah jantung berkurang Irama jantung abnormal Kerusakan, hilangnya atau kelainan fungsi otot jantung Penyakit katup jantung Emboli pulmoner Volume darah berkurang Perdarahan hebat Diare Keringat berlebihan Berkemih berlebihan Meningkatnya kapasitas pembuluh darah Syok septik Pemaparan oleh panas Diare Obat-obat vasodilator (nitrat, penghambat kalsium, penghambat ACE) Tekanan darah rendah juga bisa merupakan akibat dari kelainan fungsi di dalam mekanisme yang mempertahankan tekanan darah. Contohnya jika kemampuan saraf untuk menghantarkan sinyal terganggu karena berbagai penyakit, maka mekanisme kompensasi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

description

cdd

Transcript of 113765910-hipotensi

NAMA

Tekanan Darah Rendah / HipotensiDefinisi

Suatu keadaan dimana tekanan darah lebih rendah dari 90/60 mmHg atau tekanan darah lebih rendah sampai 20-30% dari tek darah biasanya (dlm keadaan normal)Jka tekanan terlalu rendah, darah tidak dapat memberikan oksigen dan zat makanan yang cukup untuk sel dan tidak dapat membuang limbah yang dihasilkan sebagaimana mestinya.

ETIOLOGI

Perubahan Dalam Mekanisme Kompensasi

Penyebab

Curah jantung berkurang

Irama jantung abnormal Kerusakan, hilangnya atau kelainan fungsi otot jantung Penyakit katup jantung Emboli pulmoner

Volume darah berkurang

Perdarahan hebat Diare Keringat berlebihan Berkemih berlebihan

Meningkatnya kapasitas pembuluh darah

Syok septik Pemaparan oleh panas Diare Obat-obat vasodilator (nitrat, penghambat kalsium, penghambat ACE)

Tekanan darah rendah juga bisa merupakan akibat dari kelainan fungsi di dalam mekanisme yang mempertahankan tekanan darah. Contohnya jika kemampuan saraf untuk menghantarkan sinyal terganggu karena berbagai penyakit, maka mekanisme kompensasi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.Faktor Risiko

faktor turunan, penyakit jantung, anemia, pendarahan, infeksi, dan diare.

PATGEN

MEKANISME KOMPENSASI

Terdapat 3 faktor yang membantu menentukan tekanan darah:

1. Jumlah darah yang dipompa dari jantung Semakin banyak darah yang dipompa dari jantung setiap menitnya (cardiac output, curah jantung), semakin tinggi tekanan darah. Banyaknya darah yang dipompa mungkin berkurang jika irama jantung melambat atau kontraksinya melemah, seperti yang bisa terjadi setelah suatu serangan jantung (infark miokardium). Denyut jantung yang sangat cepat, yang bisa mengurangi efisiensi pompa jantung, juga bisa mengurangi curah jantung.

2. Volume darah di dalam pembuluh darah Semakin banyak darah berada di dalam sirkulasi, semakin tinggi tekanan darah. Kehilangan darah karena dehidrasi atau perdarahan bisa mengurangi volume darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Kapasitas pembuluh darah. Semakin kecil kapasitas pembuluh jantung, semakin tinggi tekanan darah. Pelebaran (dilatasi) pembuluh darah menyebabkan menurunnya tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah menyebabkan tekanan darah meningkat.

GEJALA

Pusing, pingsan

DASAR DIAGNOSISDiagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan tekanan darah. Pemeriksaan lainnya yang biasa dilakukan:

Pemeriksaan darah

Biakan darah

EKG

Analisa air kemih

Rontgen perut

Rontgen dada

PENGOBATAN

Hipotensi bawaan sejak lahir bukan merupakan suatu penyakit, sehingga tekanan darah orang yang bersangkutan tidak perlu dinaikkanNON FARKO :

minum air putih dalam jumlah yang cukup antara 6 - 8 gelas per hari Mengkomsumsi makanan yang tinggi kadungan garam Olah raga secara teratur, min 3 X dalam seminggu masing2 30 menit. Selain itu penderita hipotensi juga boleh sesekali minum kopi agar degup jantung bertambah, sehingga tekanan darah akan meningkat.