Proposal Smart Building PT USADI

Post on 19-Jan-2023

7 views 0 download

Transcript of Proposal Smart Building PT USADI

PROPOSAL SOLUSI

SMART BUILDINGUntuk

PT USADI

No. TEL. 1741/ YN.000/DES-K2080000/201311 Oktober 2013

Versi 0.0

PT. Telekomunikasi Indonesia, TbkDIVISI ENTERPRISE SERVICE

2013

PERNYATAAN KERAHASIAAN DOKUMEN

Proposal ini mengandung informasi tentang solusi TELKOM yang bersifatrahasia dan terbatas hanya untuk keperluan proposal yang ditawarkan kepadaPT USADI

Proposal ini (termasuk bagian-bagian di dalamnya) tidak untuk disebarluaskan atau dipindah tangankan kepada pihak-pihak lain di luar PT USADItanpa seijin TELKOM dan tidak diperkenankan untuk memperbanyak ataupunmemproduksinya dalam bentuk apapun terkecuali untuk keperluan internal PTUSADI.

Proposal ini disampaikan sebagai tanggapan atas informasi dan identifikasikebutuhan yang diperoleh dari PT USADI. Informasi yang terkandung didalamnya baru sah digunakan jika terdapat ikatan kontrak tertulis antaraTELKOM dengan PT USADI.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 2 of 27

EXECUTIVE SUMMARY

PT Telkom Indonesia,tbk sebagai the leading infocom player dan perusahaanyang paling berpengalaman dalam menyediakan total solusi ICT(information & Communication Technology) untuk kawasan berkomitmenmenyediakan solusi ICT yang paling inovatif mengikuti dinamika bisnissaat ini. Untuk layanan ICT PT USADI, TELKOM melalui brandTELKOMSolution menawarkan solusi Smart Building yaitu penyediaan fasilitasICT multi services terintegrasi untuk gedung-gedung di kawasan .

Layanan Smart Building meliputi layanan Voice, Data Communication,Broadband Internet, Wireless, Pay TV, aplikasi content, BuildingAutomation System (BAS) dan Building Energy management System (BEMS).Smart Building didukung infrastruktur berbasis fibre optic untukmemberikan kualitas high performance untuk menjamin kehandalan danmemberikan kenyamanan layanan bagi pengguna.

Infrastruktur Smart Building di-design dengan teknologi untuk memenuhikebutuhan layanan ICT dan otomatisasi pengelolaan building yangterintegrasi saat ini dan mampu menerima perkembangan dan penambahanaplikasi pengelolaan dan penyediaan layanan ICT building di masa depan.Solusi Smart Building diharapkan dapat menyediakan fasilitas di kawasanyang memberikan value added baik bagi pengelola maupun tenantnya.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 3 of 27

Selain menawarkan solusi teknologi terbaik, tidak tertutup kemungkinanTELKOM dan pihak PT USADI untuk bersinergi secara bisnis/komersial,kerjasama marketing dan operasional yang dilandasi semangat win winsolution.

1. PROFILE NEW TELKOM

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (TELKOM) merupakan perusahaanpenyelenggara bisnis T.I.M.E (Telecommunication, Information, Media andEdutainmet) yang terbesar di Indonesia, yaitu sebuah portfolio bisnis yanglebih lengkap mengikuti trend perubahan bisnis global di masa datang.Pengabdian TELKOM berawal pada 23 Oktober 1856, tepat saat dioperasikannyalayanan telekomunikasi pertama dalam bentuk pengiriman telegraf dariBatavia (Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor). Selama itu pula TELKOM telahmengalami berbagai transformasi.Transformasi terakhir sekaligus yang disebut dengan NEW TELKOM Indonesiaadalah transformasi dalam bisnis, transformasi infrastruktur, transformasisistem dan model operasi serta transformasi sumber daya manusia.Transformasi tersebut resmi diluncurkan kepada pihak eksternal bersamaandengan New Corporate Identity TELKOM pada tanggal 23 Oktober 2009, padahari ulang tahun TELKOM yang ke 153.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 4 of 27

Telkom menetapkan positioning baru, yaitu Life Confident, value baru, dantagline baru yaitu The World in Your Hand, sebagai pengganti Commited 2 U.Makna Life Confident sendiri berarti Telkom mendedikasikan keahlian yangdimilikinya kepada kemajuan, sehingga akan memberikan keyakinan bagi semuapelanggan untuk mendukung kehidupan mereka di manapun mereka berada.Melalui citra baru, Telkom akan memberikan sebuah pengalaman yang berbedadari sebelumnya kepada stakeholders, terutama pelanggan.Sejalan dengan lahirnya NEW TELKOM Indonesia, berbekal semangatpositioning baru Life Confident manajemen dan seluruh karyawan, TELKOMberupaya mempersembahkan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya,profesionalitas kerja, serta produk dan layanan terbaik bagi pelanggan danstakeholders.Adapun Visi Misi Telkom sbb :1. Visi Telkom :To Become a Leading Telecommunication, Information, Media

dan Edutaintment (TIME) Player in the Region.2. Misi :

To Provide TIME services with excellent quality & competitiveprice.

To Be The Role Model as The Best Managed Indonesian Corporation.Sesuai dengan product portofolio Telkom sebagai perusahaan penyelenggarabisnis TIME (Telecommunication, Information, Media dan Edutainment),dimana customer portofolio Consumer, SME (Small Medium Enterprise),Enterprise dan Wholesale, Telkom bekerjasama dengan anak perusahaan yangtergabung dalam Telkom Group untuk menjawab segala kebutuhan dan tantanganmasa depan al sbb :

1. Telecommunication: Fixed Wireline, Fixed Wireless, Mobile/Cellular,Broadband Acces, Satelite, Tower, Premise Integration. Anakperusahaan Telkom yang bergerak di bidang ini : Telin, Telkomsel,Metra, Pramindo Ikat Nusantara, Mitratel, Batam-Bintan.

2. Information : IT Services dan BPO (Business Process Outsourching)/KPO (Knowledge Process Outsourching), E-Money. Anak perusahaanTelkom yang bergerak di bidang ini : Telkom Sigma, FinnetIndonesia,Infomedia Nusantara,Admedika,Scicom.

3. Media : Multi channel TV. Anak perusahaan Telkom yang bergerak dibidang ini : Telkom Vision.

4. Edutainment : Portal,E-Commerce,Content. Anak perusahaan Telkom yangbergerak di bidang ini : Mojopia.

Sebagai perusahaan dengan bisnis TIME (Telecommunication, Information,Media, Edutainment), product portfolio Telkom sbb :

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 5 of 27

Sampai dengan Maret 2012, kapitalisasi market Telkom mencapai Rp.148,2Milyar atau sekitar 4,52% dari total jumlah kapitalisasi market di BEI(Bursa Efek Indonesia).Kinerja Finansial Telkom selama ini selalu menunjukkan kinerja yang sangatbaik dengan rincian sbb :

Dalam perjalanan bisnisnya Telkom mendapatkan banyak penghargaan antaralain sbb :

• ISO 9001:2000 and ISO 9004:2000 for TELKOM Enterprise ServiceDivision from TUV Rheinland International Indonesia

• ISO 9001: 2008 for TELKOM Enterprise Service Division from TUVRheinland International Indonesia

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 6 of 27

• Indonesia Green ICT Awards 2012 from La Tofi School of CSR

• Corporate Image Award (IMAC) 2012 The Best Company in Building andManaging Corporate Image for telecommunication and Internet ProviderCategories ,Frontier Consulting Group

• Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2012 from FrontierConsulting Group

• Capital Market Awards 2012 as Best Bond Issuer , PT Bursa EfekIndonesia (BEI)

• Service Quality Award 2012,Service Excellence Magazine

• Best Corporate Governance, July 2012 from Finance Asia Magazine

• Indonesia Brand Champion Award 2012 for categories: Most PopularBrand of Stock, Most Recommended Brand of Stock and Customer’s BrandChoice of Stock (based on Market Capitalization per 30-12-2010 > IDR100 bilion), MarkPlus Insight and Marketers Magazine

• Best Corporate Social Responsibility, July 2012, Finance AsiaMagazine

• Most Committed to a Strong Dividend Policy, July 2012, Finance AsiaMagazine

• Asia’s Best Managed Company, July 2012 from Finance Asia Magazine

• The Best for CEO Commitment, dan The Best For Human CapitalInitiative for Employee Care Commitment ,Indonesian Human CapitalStudy (IHCS) 2012

• Annual Report Award 2010 from Kementerian Keuangan

2. LATAR BELAKANG

PT USADI sebagai perusahaan pengelola yang saat ini sedangmengembangkan dan membangun secara ideal meliputi gedung dan seluruhfasilitasnya perlu didukung technologi ICT yang dapat memenuhi seluruhkebutuhan ICT .

Untuk memenuhi kebutuhan ICT PT USADI diperlukan infrastruktur ICT yanghandal dan berfungsi sebagai infrastruktur yang dapat memenuhi layananyang berupa komunikasi suara, internet, komunikasi data bagi paratamu, dan dapat pula menjadi infrastruktur handal dalam hal

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 7 of 27

pengelolaan gedung yang terintegrasi dari aspek pengaturan energimanagement building, Facility management system dan securitymanagement system. Oleh karena itu diperlukan desain sistem teknologiICT yang komprehensif dengan alternatif teknologi yang luas yangsesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

Proposal Telkom Solution untuk solusi ICT PT USADI disusun sebagaipenjelasan solusi teknis berdasarkan kebutuhan PT USADI. Tujuan dariproposal ini adalah bagaimana men-design solusi ICT pada gedung-gedungdi secara tepat, efisien dan terintegrasi melalui teknologi SmartBuilding yang dapat meningkatkan value di kawasan .

3. SOLUSI SMART BUILDING

Smart Building adalah Building yang memiliki kemampuan Intelligentbuilding dan Green Building. Intelligent building terkait dengan kemampuan building dalam halpengelolaan dan pengontrolan operasional infrastruktur elektronikbuilding secara terotomatisasi dan terintegrasi termasuk ketersediaanlayanan ICT seperti telekomunikasi, internet, Pay TV dan layananlainnya kepada para tenant. Kemudian melalui penambahan BEMS (BuildingEnergy Management System) yang merupakan aplikasi value added buildingdalam hal pengontrolan konsumsi energy building, akan memudahkan sebuahintelligent building menjadi green building.

Gambar 1. Project Goal Smart Building

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 8 of 27

Pada desain Infrastruktur Elektronik building yang konvensional,setiap subsistem gedung masih terpisah-pisah. Seperti untuk designnetwork telpon, komunikasi data/internet, MATV, CCTV masih menggunakanteknologi analog.

Gambar 2 : Desain infrastruktur M&E Konvensional

Infrastruktur Smart Building dirancang untuk men-deliver layananmultiservices (voice, video, data, picture, building automation andmanagement system) dalam suatu jaringan yang terintegrasi. Jaringanterintegrasi berbasis IP memungkinkan aplikasi pengelolaan buildingyang terintegrasi pula (Integrated Building Management System) denganmudah dapat dijalankan.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 9 of 27

Gambar 3. Konfigurasi / Arsitektur & Product Smart Building

4. FTTH GPON, THE SINGLE IP NETWORK FOR SMART BUILDING

Teknologi yang berkembang saat ini mengharuskan perubahan dalampengelolaan dan pengontrolan gedung. Penerapan Single IP (InternetProtocol) Network pada kawasan akan menjadikan pengelolaan menjadiefektif, cepat tanggap terhadap potensi risiko, mudah dikontrol dandapat menghemat biaya. Keunggulan tambahan yang dapat diperoleh daripenerapan IP Network yang convergent ini adalah kemampuan untukmenyediakan layanan-layanan berbasis IP (seperti IP Phone, IPTV, BroadbandInternet, dll) kepada tenant yang akan memberikan tambahan revenue bagiPT USADI.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 10 of 27

Gambar 4. Konfigurasi Single IP Network menggunakan FTTH GPON

Implementasi single IP Network sebagai core technology dapat memberikankeleluasaan kepada PT USADI untuk memonitor dan mengontrol secaraterpusat terhadap semua aspek kritikal pada manajemen gedung (sepertiBAS, CCTV, Access Control, BEMS, IBMS, dll) baik secara on site dilokasi gedung di kawasan atau secara remote dari luar gedung dikawasan .

Single IP Network yang mampu menyediakan bandwidth tertinggi saat inidan memiliki design dan implementasi yang paling efektif dan efisienadalah FTTH GPON (Fiber To The Home Gigabit Passive Optical Network).Melalui teknologi ini, jaringan fiber optik dimungkinkan untuk ditarikhingga pada ujung tenant melalui sebuah ONT (Optical NetworkTermination) untuk mendeliver layanan telpon, internet dan TV melaluisingle cable. Dengan demikian tidak diperlukan lagi penarikan kabelyang terpisah-pisah untuk masing-masing layanan yaitu kabel tembagauntuk telepon, kabel utp untuk internet, dan kabel coaxial untuk TV.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 11 of 27

Dalam hal integrasi kepada infrastruktur elektronik building lainnya(seperti BAS, CCTV, Access Control, BEMS, IBMS, dll) dengan mudahdihubungkan ke dalam network FTTH GPON ini melalui ONT (Optical NetworkTermination) tersebut yang sudah menyediakan port IP.

Teknologi FTTH GPON merupakan teknologi terkini pada jajaran teknologiPON (Passive Optical network) karena memiliki kompatibilas yang sangatbaik pada layanan-layanan yang masih analog seperti telepon analog danTV analog yang menggunakan kabel coaxial, disamping kekuatan yangmumpuni dalam hal penyediaan layanan yang berbasis IP.

5. BENEFITS IMPLEMENTASI SMART BUILDING

Beberapa benefit penerapan Smart Building melalui FTTH GPON Single IPNetwork sebagai platform utama pada pengelolaan gedung adalah:

Cost Savings dan Reduced Lifecycle Costs. Single IP Network dapat menghemat cost baik dari sisi Capex(pembangunan infrastruktur) maupun pemeliharaan (O&M cost).

Gambar 6 : Saving Anggaran Capex pada desain Converged

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 12 of 27

Generate Revenue Stream. single IP Network dapat menjadi generator revenue bagi PT USADI denganmemberikan layanan ICT kepada tenant, seperti telepon, layanankomunikasi data/internet dan layanan TV/video.

Improved Health, Safety and Security. Semua pihak yang berada pada gedung di kawasan seperti karyawan,penghuni atau tenant akan merasakan perasaan yang aman karenaseluruh lingkungan mereka termonitor dan terkontrol 24/7/365. PihakPT USADI pun mendapatkan manfaat atas kemampuan monitoring secararemote pada seluruh sudut gedung di kawasan yang menghasilkanpengontrolan maksimal dan efisien.

Enabling Workplace Productivity. Personil manajeman gedung PT USADI dapat dihemat dan berfokus padapekerjaan-pekerjaan lain karena kemampuan monitoring dan controldilakukan oleh system dan dapat dipantau dari lokasi manapun.

Environmentally Responsible. Dengan ketersedian teknologi integrated building management systemyang berbasis IP, PT USADI dapat melakukan optimalisasi pengelolaanlighting dan HVAC system sehingga lingkungan bisnis di kawasan menjadihemat energi dan mengurangi emisi karbon (Green area)

6. WHY TELKOM?

Telkom menawarkan kemitraan strategis dengan Pihak PT USADI dalammembangun dan me-manage infrastruktur dan fasilitias ICT di Kawasan .Sebagai the leading infocom player Telkom merupakan mitra yang palingtepat bagi PT USADI karena Solusi Telkom memiliki keunggulan-keunggulanstrategis antara lain :

1) Telkom merupakan operator terbesar dan paling berpengalaman dalammengelola bisnis telekomunikasi / ICT beserta turunannya yangmelayani seluruh wilayah Indonesia dan memiliki jaringanbackbone/utama berbasis fiber optic.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 13 of 27

Gambar 7. TELKOM Optical Network Platform

2) One Stop Solution, Sebagai TIME (Telecommunication, Information,Media dan Edutainment) Provider Telkom mampu menyediakan layananinfokom terlengkap dan terintegrasi (Turnkey and Whole-integratedSolution) mulai dari layanan dasar seperti teleponi hingga pemenuhanlayanan advanced seperti komunikasi data broadband, internet,multimedia, satellite, cellular, content dan automation building.Kelengkapan layanan memberikan kemudahan bagi PT USADI dalammenyediakan layanan ICT kepada para tenant maupun untuk memenuhikebutuhan internal.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 14 of 27

Gambar 8. Business Portofolio (T.I.M.E)

3) Nation-wide Backbone, komunikasi data berbasis backbone fibre opticterluas mencakup seluruh wilayah Nusantara untuk memberikankemudahan para tenant mengembangkan kantor bisnisnya ke seluruhwilayah Indonesia. Backbone fibre optic dilengkapi redundant systemdan Network Management System untuk memberikan kualitas layanan(Service Level Guarante) yang memuaskan.

4) Future-proof and Proven Solution, teknologi dan solusi yangditawarkan Telkom adalah solusi state of the art dan best practiseyang sudah proven. Telkom secara kontinu melakukan upgrading untukmenyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan dinamika permintaancustomer.

5) Harga layanan yang kompetitif dan produk bundling/ customized.6) Local Helpdesk yang dedicated 7 x 24 jam yang siap memberikan

service level agrement secara responsif.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 15 of 27

7. SCOPE OF WORK PROPOSAL

Scope of work yang akan di provide oleh Telkom untuk PT USADI adalahDesign dan implementasi pembangunan total solusi Smart Building

Pada proposal ini Telkom merekomendasikan agar semua sub sistem elektroniklain (BAS, IP-CCTV, Acces Control, BEMS, IBMS) terkonsolidasi dan beradadi bawah koordinasi Telkom karena sub sitem tersebut akan diintegrasikanmenggunakan jaringan fiber optik FTTH GPON. Rekomendasi ini disampaikanagar proses integrasi berjalan baik dan semua sistem berjalan secaraproper. Pada proposal ini perihal tersebut sudah terakomodasi, sehinggascope of work merupakan Total Solusi Smart Buidling.Deskripsi Design & Pembangunan Infrastuktur Smart Building untuk PT USADI

a. FTTH (Fiber To The Home) GPONFTTH GPON merupakan jaringan fiber optik yang menjadi singleplatform network untuk PT USADI yang akan mendeliver semua layanandi dalam kawasan seperti layanan telpon, internet, TV/video, dantermasuk aplikasi pengontrolan dan pengeloloaan gedung di kawasanyang terintegrasi yaitu BAS, CCTV, Access Control, BEMS, IBMS dll.Melalui teknologi FTTH, maka dapat menghemat biaya dan mampumengurangkan biaya operasional serta memberikan pelayanan yang lebihbaik kepada pelanggan.

b. BAS (Building Automation System)

Building automation system (BAS) adalah sebuah pemrograman,komputerisasi, intelligent network dari peralatan elektronik yangmemonitor dan mengontrol sistem dalam sebuah gedungBAS berbasis kontrol komputer untuk mengkoordinasi, mengorganisasi,dan mengoptimasi kontrol subsistem pada gedung seperti keamanan,kebakaran atau keselamatan, elevator, dan lain-lain. Proses pengontrolan dan pemonitoran terhadap peralatan dapatdilakukan secara otomatis dan bersifat real time.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 16 of 27

Dengan BAS menjadikan pengelolaan building menjadi efektif, cepat tanggap terhadap potensi risiko, mudah dikontrol dan dapat menghematbiaya

c. IP-PBX (Internet Protocol Private Branch Exchange)Internet Protocol Private Branch Exchange (IP PBX) adalah PABX yangmenggunakan teknologi IP (Internet Protocol), merupakan perangkatswitching komunikasi telepon dan data berbasis teknologi IP yangmengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IPPhone. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara lain penyambungan,pengendalian, dan pemutusan hubungan telepon, translasi protokolkomunikasi, translasi media komunikasi atau transcoding, sertapengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi seperti VoIP Gateway,Access Gateway, dan Trunk Gateway.IP PBX juga mendukung multilayanan seperti Voicemail & VoiceConference, Interactive Voice Response (IVR), Automatic CallDistribution (ACD), Computer Telephony Integration (CTI), UnifiedMessaging System (UMS), Fax Server & Fax on Demand, Call RecordingSystem, Billing System, serta Web-based Management System.

d. IBS (Cellular Repeater Solution)

Kawasan sebagai kawasan bisnis membutuhkan infrastruktur penguatsignal cellular (indoor dan outdoor) yang dapat mengakomodasiberbagai platform operator. Untuk memenuhi requirement tersebutTelkom akan menggelar Infrastruktur penguat signal. Infrastrukturdibangun dengan teknologi single infrastructure multi operator,artinya repeater antena selular (GSM, 3G,HSDPA) dan antenna CDMAakan dilayani dengan menggunakan single infrastructure. Hal ini tentuakan sangat cost efficient pada investasi, memudahkan operasimaintenance, dan meningkatkan estetika gedung di kawasan .

Layanan Penguat Signal mencakup elemen pelayanan sebagai berikut : Coverage and Signal Quality, menyediakan layanan perluasan

coverage dengan signal quality yang sesuai dengan SLA yang telahdisepakati.

Preventive Maintenance, berupa perawatan sederhana denganmelakukan kunjungan rutin untuk memeriksa kondisi power supply(battery back up), cabling, grounding system, dan supportingfacilities yang lain.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 17 of 27

Network Management System (NMS), yang berfungsi sebagai sistemuntuk memantau setiap gangguan yang terjadi pada setiap sitesecara terus-menerus, 24 jam sehari 7 hari seminggu

Trouble Shooting, memastikan bahwa setiap gangguan yang terjadidapat segera teratasi melalui mekanisme Complaint Handling danProblem Solving

Upgrade dan Reinstall, meliputi updating software dan penggantianhardware yang telah keluar release / versi terbarunya.

Infrastruktur TELKOM diinterkoneksi dengan infrastruktur internalkawasan Kawasan . TELKOM akan menyediakan infrastruktur tersebut denganpembangunan infrastruktur yang saat ini masih belum tersedia dan ataumeningkatkan kualitas dan performansi di .

Gambar 9. Jaringan Penguat Sinyal Sellular Indoor Multioperator

e. IP-CCTV (Internet Protocol Closed Circuit Television)

Internet Protocol Closed Circuit Television (IP-CCTV) merupakanteknologi CCTV baru untuk keamanan dan pengawasan yang memilikibanyak keuntungan yang unik. Dengan teknologi IP maka kamera CCTVmengirim rekaman video langsung dari link Ethernet.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 18 of 27

RBS RBS

M ACRBSRBSL1 L2 L3 L4

H5 H6 H7 H8

UH F

21

O UTG

M AC

RBS RBS

M ACRBSRBS RBS RBS

M ACRBSRBSL1 L2 L3 L4

H5 H6 H7 H8

UH F

21

O UTG

M AC

Dengan IP-CCTV maka pengguna tidak perlu memberikan space danmengeluarkan budget tertentu untuk instalasi kabel. Pengguna dapatmeletakkan kamera di lokasi strategis dan tersembunyi.IP-CCTV yang memiliki fitur lain seperti VoIP yang memungkinkanperangkat untuk mengirim dan menerima panggilan telepon – misalnyamenelepon otoritas atau badan keamanan.Hal-hal tersebut di atas yang menjadikan IP-CCTV sebagai perangkatfavorit sejumlah perusahaan atau individu, dalam rangka meningkatkankeamanan.

f. Fire Alarm System

Fire Alarm System merupakan suatu sistem terintegrasi yang didesaindan dibangun untuk mendeteksi adanya gejala kebakaran, untukkemudian memberi peringatan (warning) dalam sistem evakuasi danditindak lanjuti secara otomatis maupun manual dengan sisteminstalasi pemadam kebakaran (fire fighting System).Sistem adalah suatu sistem wajib untuk perkantoran, gedungbertingkat maupun area publik lainnya yang mana sistem ini adalahindikator awal dari terjadinya kebakaran. Dengan menggunakan sistemini dapat mencegah kebakaran yang dapat menghilangkan asset materimaupun nyawa seseorang dengan mengetahui potensi kebakaran sejakdini.pengecekan rutin terhadap fungsi detector, fire alarm system

g. Public Announcement (PA)

Public Announcmement merupakan infrastruktur sound system di gedung kawasan yang terdeliver dalam bentuk speaker yang tersebar pada setiap sudut gedung di kawasan .

h. Access Control

Access Control merupakan infrastruktur untuk mengontrol jalur keluarmasuk gedung pada pintu masuk gedung, pintu pada ruangan-ruangan di dalam gedung, dan pengaturan kontrol akses di elevator dan lokasi-lokasi kritikal lainnya

i. E-Office

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 19 of 27

E-Office adalah layanan Office Automation yang disediakan bagipelanggan korporasi melalui konsep Software as a Service (SaaS) sebagailayanan nilai tambah dari akses jaringan yang selama ini disediakanoleh PT. Telkom. SaaS adalah metode pengiriman aplikasi yangmenggunakan skema pembayaran bulanan/berlangganan sepertiberlangganan jasa telekomunikasi atau jasa lainnya.

j. Hosted Contact Center

Produk layanan Hosted CC (HCC) adalah produk yang memberikan solusidinamis outsourcing teknologi Contact Center dengan ber-basis IP yangmemungkinkan suatu perusahaan/klien dapat membangun danmengoperasikan unit call centernya dengan investasi yang relatif minimdan melakukan layanan dimanapun dia berada.

k. Digital Signage

Digital signage ditampilkan di public area di kawasan dalam bentukDigital signs seperti LCD, LED, plasma displays atau projector.Manfaat dari digital signage disbanding media promosi tradisionalyang bersifat static (traditional static signs) adalah contentnyadapat diupdate secara mudah, real time dan animasi , aplikasimultimedia dapat ditampilkan.

Telkom menawarkan solusi Digital Signage yang komprehensif untukdiimplementasikan di kawasan PT USADI. Solusi Digital Signagemenawarkan pengalaman komunikasi yang unik melalui komunikasiberbasis content multimedia dengan display formats yang dapat di-customized.

Digital Signage akan menyajikan berbagai content yang terdiri dari :

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 20 of 27

o Information – menyediakan infrormasi yang diperlukan tenant &penumpang seperti promosi, location guide, breaking news, FlightSchedule, take off /departure, announcement dsb.

o Entertainment – Sarana hiburan untuk penumpang seperti video ondemand, movie trailers, Music JukeBox dsb.

o Branding – Media ini dapat digunakan untuk meningkatkan loyalitaspelanggan dengan mengirimkan pesan2 branding (branding messages).

o Advertisement – Menampilkan content komersial seperti advertorialcontent

o Live feed – menyajikan berita terkini dan berita yang terkaitdengan informasi .

Manfaat Layanan Digital Signage : Menyajikan content yang informatif, inovatif dan dapat menjadi

media hiburan (edutainment) bagi penumpang Mendapatkan revenue tambahan dari periklanan dan content

komersial karena lokasi dan penumpang merupakan target marketpremium

Perangkat yang diperlukan :1. Streaming Multimedia Server 2. Content Server3. Controlling dan Programing Server4. Network5. LCD TV

l. BEMS (Building Energy Manajement Systems)

Building Energy Manajement System merupakan pemenuhan secarabersamaan Intelligent Building dan Green Building. Dengan BEMS akanmeningkatkan efisiensi pemakaian dan cost pengeluaran energibuilding menuju Green Building.BEMS Solution terdiri dari 2 bagian yaitu Facility dan Energy Management Solution.Energy Management Solution meliputi :

Manajement Portal Control Meter Data Manager Analyzing Service Tenant Management

m. IBMS (Integrated Building Manajement System)

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 21 of 27

Dengan menggunakan IBMS (Integrated Building Management System) makaperangkat-perangkat electronic yang terhubung dalam satu systemdapat berkomunikasi satu sama lain secara fungsi. Misal ketika firealarm mendeteksi adanya kebakaran akan menginstruksikan IP-CCTVuntuk merekam kejadian, memerintahkan Acces Control mengatur jalurevakuasi, menginstruksikan IP PBX untuk menghubungi pihak-pihakterkait.

Penyediaan Layanan Telepon , Data Communication dan Broadband Internet

a. Wireline Voice Communication (PSTN=Public Switch Telephone Network).

Infrastruktur PSTN (layanan telephone) mendukung layanan berbasisPOTS (Plain Old Telephone System), Direct line dan ISDN (IntegratedService Digital Network) PRA (Primary Rate Access) untuk layanan PBXSystem.

b. Data Communication

Infrastruktur Komunikasi Data dibangun untuk melayani kebutuhantenant ataupun internal PT USADI akan solusi jaringan antar cabang /lokasi yang melliputi :i. Layanan VPN IP MPLS untuk jaringan antar cabang tenant dengan

cakupan layanan seluruh wilayah nusantara. Teknologi VPN IP dapatmenggabungkan berbagai platform teknologi seperti : terestrial,dial up, Satellite dan integrasi dengan jaringan CDMA.

ii. Jaringan ATM dan EDC (Electronic Data Capture) untuk tenantperbankan dan transaksi pembayaran.

iii. Jaringan Metro Ethernet untuk kebutuhan broadband datacom untukkoneksi antar kantor cabang dengan konfigurasi point-to-point danmultipoint.

iv. Layanan IPLC (International Private Leased Circuit) adalah merupakansaluran komunikasi digital yang bersifat clear channel, point-to-pointdan secara dedicated menghubungkan perangkat pelanggan yang secarageografis terpisah di berbagai negara (International datacommunication). IPLC sangat efektif untuk komunikasi data yangbersifat higher traffic/continuous traffic (streaming) dengan kecepatantransmisi yang bersifat real time dan tanpa kompresi (clear channel).

v. Collocation : layanan penyewaan space/rack atau penempatanperangkat di lokasi data center telkom yang dilengkapi fasilitaskoneksi ke internet.

vi. Dinaccess (Dedicated Intelligent Network Access) : LayananDINAccess sering dipergunakan untuk link clear channel seperti LAN-to-LAN Interconnection, high speed internet access, dan Corportate Wide

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 22 of 27

Area Network. Pelanggan memperoleh kualitas clear channel sehinggadapat diperoleh benefit seperti : high security, high performance danaplikasi real time (voice,video).

c. Broadband Internet

Telkom akan menyediakan infrastruktur internet broadband untukberbagai keperluan pelanggan seperti :

i. IP Transit Layanan internet dengan rasio bandwidth 1 ; 1 keGateway international milik Telkom. diperuntukkan bagi costumerdengan license ISP dan AS number.

ii. Layanan internet dedicated (ASTINET). Layanan ini diperuntukkan untuktenant Kawasan industri yang membutuhkan akses internet dengankualitas premium. Saat ini Telkom adalah provider yang memilikikapasitas backbone internet terbesar di Nusantara (total 7000Mbps) untuk dapat memenuhi fasilitas internet tenantberkapasitas besar.

iii. MetroInet (Metro Broadband Internet Access) Layanan aksesinternet dengan teknologi Metro, dikemas dalam 2 paket layananyaitu up to 5 Mbps dan up to 1 Mbps

iv. Speedy adalah produk Layanan internet access berbasis teknologiAsymetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang dapat menyalurkan datadan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasadengan kecepatan yang dijaminkan sesuai dengan paket layananyang diluncurkan dari modem sampai BRAS (Broadband Remote AccessServer).

v. Telkom HotSpot Hotspot adalah layanan akses internet denganteknologi WiFi untuk para user di lokasi-lokasi publik area.Pelanggan dapat mengakses internet melalui PDA, notebook,komputer.

vi. Flexi PDN : Flexi PDN adalah media komunikasi ke internetgateway dengan metoda Akses Packet Data Network (PDN) melaluijaringan TelkomFlexi.

d. IPTV - Groovia

IPTV adalah layanan multimedia (televisi / video / audio /text /grafik / data) yang dideliver di atas jaringan managed IP Broadbanddan memberikan tingkat kualitas tertentu : security, interactivity danreliability yang dapat dinikmati melalui media televisi, komputer,dan handphone (3-screen).

IPTV merupakan platform layanan yang merupakan tahap lebih lanjutdari bentuk interaksi multimedia yang ada saat ini. IPTV menawarkanhal-hal baru sebagai berikut:a. Broadcast televisi dan video di atas akses Internetb. Content on demand, yang meliputi video, TV, musik.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 23 of 27

c. Interaksi multimedia dengan kecepatan true broadband, yangmeliputi layanan game, shopping, advertising, dll.

d. Kualitas layanan (quality of service) dan kualitas pengalaman(quality of experience) bagi customer yang terus terpelihara.

FITUR LAYANAN IP TV

1. Live TV

Telkom IPTV mendukung broadcast TV service yangmendistribusikan puluhan kanal televisi ke customer,sebagaimana layanan TV melalui terrestrial, satelit, ataukabel.

Kanal-kanal akan ditawarkan dalam bentuk paket-paket. Sebagaitambahan, network IPTV memungkinkan untuk memberikan kualitasyang lebih baik untuk gambar dan suara, serta sifat yang lebihinteraktif.

Untuk live TV, didukung baik standar SDTV (standar definition)maupun HDTV (high definition); serta resolusi untuk end userterminal yang berupa perangkat komputer maupun gadget.

2. Time Shift TV (TSTV)

Layanan TSTV adalah kombinasi antara Live TV dengan On Demandsystem, dimana pelanggan dapat memutar/memainkan kembalitayangan program TV yang telah tersedia dengan basis programlive TV.

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menghentikan siarandan melanjutkannya kemudian. Misalnya, ketika penggunamenerima panggilan telpon, maka pengguna dapat menghentikandan melanjutkan tontonannya sejak saat pengguna menghentikantontonan tersebut.

Layanan TSTV juga men-support : pause, fast - rewind, play theTV programs.

Pada saat tayangan layanan Time Shifted TV, akan terdapat logo/ simbol di layar sebagai notifikasi kepada user bahwatayangan yang sedang ditonton tidak tayangan live.

Pelanggan dapat kembali kesiaran Live TV dengan satu langkah.

3. Personal Video Recording (PVR)

Akan mengizinkan pengguna untuk merekam konten secara pribadi. Pelanggan dapat merekam program Live TV yang diinginkan,

melalui menu EPG pelanggan dapat menonton setelah perekamanselesai.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 24 of 27

Konten yang direkam akan mendukung fungsi trickplay sepertimelakukan play, pause, stop, fast-forward (multiple scanrates), fast-rewind (multiple scan rates).

Selama proses PVR pelanggan tetap dapat melihat tayangan LiveTV.

4. Video On Demand (VoD)

Layanan Video on Demand (VoD) menyediakan konten yang dandisajikan ke customer dalam bentuk katalog, sehingga customerdapat memilih film yang diinginkan. Katalog VoD jugamenyediakan informasi berupa halaman introduksi film, posterfilm, tipe, tahun pembuatan, judul film, dan harga. Selaindalam bentuk direktori, katalog VoD juga memungkinkanpencarian berdasarkan pengelolaan metadata. Customer jugadapat menggunakan fasilitas bookmark.

Layanan VoD dapat mendistribusikan video dengan maupun tanpaenkripsi, dengan format SDTV maupun HDTV. Menu VoD juga dapatdikontrol oleh fungsi parental control.

Features saat memainkan VoD meliputi antara lain : forwardwinding, multiple speed forward winding and rewind, play,pause, dan jump ke bagian tertentu dari film.

5. TV On Demand (TVoD)

TV on Demand adalah layanan yang terdiri dari program-programtayangan Live TV yang sudah direkam beberapa hari sebelumnya,yang memungkinkan pelanggan mengakses program yang terlewattersebut.

Layanan ini dilandasi oleh VoD, dengan layanan inimemungkinkan pelanggan untuk melihat acara yang telah terlewatselama 2 (dua) hari.

Pelanggan dapat memesan program acara yang sudah lewat sesuaidengan keinginan pelanggan, sehingga pelanggan dapat secarabebas menentukan acara dan waktu menonton acara yangdiinginkan.

Pelanggan dapat mendapatkan tentang info TVoD yang ditayangkanmelalui menu EPG dalam rentang waktu tertentu.

Layanan TVoD juga mendukung fungsi trickplay seperti melakukanplay, pause, stop, fast-forward (multiple scan rates), fast-rewind (multiple scan rates).

6. Music On Demand (MoD)

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 25 of 27

Music on Demand adalah layanan musik kepada pelanggan yangmemberikan experience yang berbeda dari Live TV.

Dengan layanan MoD maka pelanggan tidak perlu membeli kasetatau DVD musik, karena pelanggan dapat membelinya melaluilayanan MoD.

Layanan MoD akan memberikan kemudahan seperti membeli musicmelalui web site, dimana terdapat fungsi pencarian, tanggalagu terbaik, katalog dan lain sebagainya.

Akan disediakan playlist untuk menyimpan dan memainkan lagusesuai dengan urutan yang diinginkan pelanggan.

7. Karaoke On Demand (KoD)

KOD (karaoke on demand) merupakan feature yang memungkinkan usermemasang file video musik yang dispesifikasikan untuk digunakanuntuk berkaraoke. Seperti juga feature VOD dan MOD, konten-kontenKOD akan disimpan dalam katalog menurut kategori-kategori, dandapat dicari dengan fasilitas pencarian. User juga dapatmenyimpan KOD favoritnya.

8. Game On Demand (GoD)

Sistem IPTV ini juga mendukung service interactive game. LayananGame On Demand didistribusikan melalui jaringan private, denganEnd User Terminal berupa TV. Saat ini tengah dipersiapkan game-game populer, termasuk game-game yang memungkinkan interactivegame antar customer IPTV.

9. Radio

Sistem IPTV ini juga menyediakan layanan konten audio yang disediakan oleh Groovia. Konten yang tersedia berupa program radio nasional.

8. PENUTUP

Demikian proposal ini kami sampaikan, selanjutnya dengan senang hati kamimemberikan kesempatan kepada manajemen PT USADI untuk mendiskusikan lebihlanjut. Hal-hal yang belum diatur dan dibahas dalam proposal ini akandidiskusikan lebih lanjut untuk mencapai kesepakatan berdasarkan semangatsinergi.

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 26 of 27

Jakarta, 11 Oktober 2013Hormat kami,

ADI PRASUSETYANASENIOR ACCOUNT MANAGER

Proposal Smart Building PT. USADI

Page 27 of 27