bengkulu.litbang.pertanian.go.idbengkulu.litbang.pertanian.go.id/.../dokumen/SDMC/GETEK.docx · Web...

Post on 03-Jan-2020

0 views 0 download

Transcript of bengkulu.litbang.pertanian.go.idbengkulu.litbang.pertanian.go.id/.../dokumen/SDMC/GETEK.docx · Web...

GELAR TEKNOLOGI PERTANIAN

InovasiTeknologi Yang didiseminasikan

1. GelarTeknologiPertanianTahun 2011a. GelarTeknologiPemeliharaanSapi Brahman cross

dilakukandidesaKayuManis, kecamatanSindangKelingiKabupatenrejangLebong , tepatnyadikelompoktani “ MajuBersama “ yang diketahuiolehBapakAsma’I, dilakukanterhadap 60 petanipeternak , dandiharapkandapatmenyebarkepadakelompok yang lain diluardesa yang bersangkutan. Inovasi yang didiseminasikan : 1). Teknologipembuatanpakantambahan yang terdiridaridedak kopi 65%, kulit kopi 30 %, garam 2%, Gulamerah 1,5 %, kapur 1%, mineral 0,5%.2). Teknologipemberianpakanpadaternaksapibrahman cross sebanyak 6 ekor , rata- rata kenaikanberatbadannya 0,53 kg/ ekor/ hari.3). PemeliharaanKeswan ,denganpemberianobatcacingdanpemberian vitamin B komplekssecarainjeksi.

b. GelarTeknologiPemupukantanamanjagung.dilakukan di desaTeladanKecamatanCurupSelatan ,KabupatenRejangLebong . Kelompoktani yang melaksanakanPemupukantanamanjagungyaituGapoktanTeladan Lestari yang diketuaiolehbapakSyarman, yang beranggotakan 10 kelompoktanijagung, yang rata-rata 1 kelompoktaniberanggotakan 20 orang petani. Inovasi yang Didiseminasikan 1). Penjelasanpembuatan RDK/ RDKK, olehDinasPertanianKabupatenrejang Lebong.2).Budidayatanamanjagung, daripemilihanbibitsampaikepadapengendalianpenyakit .JarakTanamjagungkomposit , jaraktanam yang dianjurkan 75x20 cm, yang akanberpengaruhterhadapjumlahpopulasitanamanjagung, pengendaliangulmaharusdilakukanjuga. 3). Cara Pemupukan, pupuk yang digunakanadalahpupukkandangpadasaatmusimkemarau, karenamampumnyimpan air, NPK, kemudiandenganperagaancaramelihatunsurharadidalamtanah PUTK dan PUTS.

c. GelarTeknologiPadiVarietasUnggulBaru( INPARI ), dilakukan di desaRimboKeduiKecamatanSeluma Selatan KabupatenSeluma.InovasiTeknologi yang didiseminasikan 1). Effisiensipenggunaaanbenih yang digunakan.2) SistemTanamLegowodanCaplak roda.3) Pemupukan ,dilakukandalamtahapan 3x pemupukan,yaitudibawah 2 minggusetelahtanam, 21-25 HST, 35-40 HST.4) Penggunaan air.5). Panen.

Channel Diseminasi .

1. DinasPeternakandanKesehatanHewanPropinsi Bengkulu, terutamadalamhal program Dinasdalambantuanternakdanpopulasi data ternakterakhirdanpengembangannya, memberikanmasukankepada BPTP terutamadalampenyelenggaraanGelarTeknologiPemeliharaanSapi Brahman cross di KabupatenRejangLebong.

2. DinasPeternakandanPerikananKabupatenRejangLebong, sebagaipengembanganchaneldalamhalmemberikanmasukantentang program bantuanternaksapi Brahman cross di desa2, diwilayahKabupatenRejangLebong.

3. DinasPertanian, Perkebunan danPeternakanKabupatenSeluma, berperandalamhal data petanipadi di kabupatenSeluma, ikutmensuportperluasan areal tanamanpadidalamhalvarieasunggulbaru, tentangpembinaanpetanipelaksanaGelarTeknologiPadiVarietasUnggulBaru (INPARI), memberikandukunganterhadappengembanganteknologivarietasunggulbaruterutama di kelurahanRimboKedui.

4. BP4K kabupatensebagaipenyedia SDM penyuluhdalamhalpendampingandanpenyambunglidahteknologi yang diterapkan

5. PoskeswanMojorejoberperandalamhalmembantupendampingankesehatanhewanterutamapmberian vitamin B kompleksecarainjeksi.

6. Penyuluh/Petugaslapangandesasebagaipendampinglangsungdilapanganmemberikanbimbingandanarahansertapetunjukdalampelaksanaankegiatan di lapangan

7. KelompokTani / Ternaksebagaipelaksana di lapangan yang melakukandanmenerapkanpaketteknologi yang disampaikan

8. Poultry Shopsebagaimitrakerjadalamhalpenediaobat-obatan, vitamin danalat-alatkeswanlainnya

9. Organisasimasyarakatlainnyaseperti LSM sebagaipengawaspelaksanaankegiatan di lapangan

SpektrumDiseminasi :

1. Sosialisasikegiatan2. GelarTeknologi/ Demplot ( Pemberianpakanternaksapibrahman cross

selama 2 bulan di desaKayuManisterhadap 6 ekorSapibrahman cross, dengancampuranbahanpakantambahanterdiridaridedakpadi 65%, kulit

kopi 30%, garam 2%, gula merah1,5%, kapur1%, mineral 0,5%, dandemplotpadi VUB seluas 1,3 ha)

3. Penerbitan media inforasi (juklak,Leaflet, pemeliharaanternaksapi, Leaflet pemupukantanamanjagung, Leaflet pemupukanpadi)

DokumentasiKegiatan :

Pemberian pakan HMT dan Pakan Tambahan Penjelasan Penanggulangan Keswan

Hasil Panen Jagung Komposit Kelompok Tani dan Penyuluh BPTP BengkuluDilahan gelar teknologi

Penggunaan Caplak Roda Pada Penanaman Padi (INPARI)

Penanaman dengan sistem Legowo 4:1

Pengarahandari Team AsistensiPusat (Prof. Suwandi)