Tabloid Samudera Kepri

download Tabloid Samudera Kepri

of 8

  • date post

    08-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    232
  • download

    6

Embed Size (px)

description

Gerbang Informasi Terpercaya dan Akurat

Transcript of Tabloid Samudera Kepri

  • Samudera KepriNo. 20/ 15 SEP - 15 OCT 2014

    TAHUN KE II No. 20 / 15 SEP - 15 OCT 2014 Eceran Rp. 5.000 luar kota + ongkos kirim

    04

    03

    13

    Harry Azhar Azis Terpilih

    Sebagai Anggota BPK

    Dengan Suara Terbanyak

    Mobil GubernurKepri Dikejar

    Mahasiswa

    Baru Dilantik, 24Anggota DPRD

    Bintan LangsungKungker

    Ke Jakarta

    07Oprasional Transfortasi

    Karyawan Conoco DiBiayai Dari Dana

    Bansos/HibahPemkab. Anambas

    09

    Kinerja PerusdaAnambas

    DipertanyakanFADHIL HASAN. SH KETUA

    Bid.HUKUM /HUMAS BP2KKA

  • Samudera KepriNo. 20/ 15 SEP - 15 OCT 2014

    Redaksi02

    PENERBIT : CV. MARTINA PERSNotaris :

    MUSLIM, S.H,Direktur :

    RONNY PASLANNPWP No.

    03.298.564.0-214.000Pembina :

    RUDY CHUA, SE, NOVARI,SE.Penasehat Hukum :

    DR.AZMI MARSALIN

    Pemimpin Umum/Redaksi :RONNY PASLAN

    Pemimpin Perusahaan :LISMA.MARTINA,Redaktur Pelaksana :

    AGUSTARSekretaris Redaksi :

    FIRDAUSMenejer Iklan dan Pemasaran :

    ZULKARNAINSekretaris Perusahan :

    AMRANKoordinator Liputan :

    SYAUBARI SYAHKoordinator Daerah :

    RAHMA AGI SAPUTRA

    Staf Redaksi :LISMA.FIRDAUS,AGUSTAR

    Biro Kepri :MORI GUSFIAN

    Biro Tanjungpinang/Bintan :ANUAR

    Biro Natuna :SAIPUL BAHARI

    Biro Karimun :IRAWAN USMAN

    Biro Lingga :OTHE

    Biro Batam :PARLINDUNGAN.S

    Biro Anambas :AZMI ANEKA PUTRA

    Perwakilan Jakarta/Jokyakarta :RAHMA AGI SAPUTRI

    Design & Layout :cs

    Bank :BANK MANDIRI Rek.109-00-1385105-0

    a/n CV.MARTINA PERS.

    Alamat Redaksi dan Tata Usaha :Jl. Sultan Machmud GG Swadaya No.28 Tel/HP. 0771-312175 -

    081277004304. TANJUNGPINANG - KEPULAUAN RIAUe-mail : redaksi@samuderakepri.com

    Website : samuderakepri.comPercetakan :

    Sumatera Grafika Medan,(isi diluar tanggung jawab percetakan).

    PERHATIAN

    WARTAWAN Tabloid SAMUDERA KEPRIdilengkapi Kartu Pers dan dilindungi

    UU Pokok Pers No. 40 Tahun 1999dalam menjalankan tugas Jurnalistik dan namanya

    tercantum dalam Box Redaksi, selain itu diluartanggung jawab kami

    TANJUNGPINANG, (SK) Provinsi Kepri telah genap berusia12 tahun sejak berpisah denganprovinsi induk, Provinsi Riau padatahun 2002 lalu. Provinsi Kepri tidakketinggalan memperingati hari jadiProvinsi Kepri ini dalam upacararesmi di halaman kantor GubernurProvinsi Kepri di Dompak, GubernurKepri, HM Sani selaku inspekturupacara menyampaikan amanatnya,menjadikan Kepri lebih baik lagi,Rabu (24/9).

    Saya sangat mengharapkan apayang kita peroleh sekarang ini, bisadipertahankan dan bisa terusmeningkat di masa yang akandatang, Sani dalam amanat upacaraHUT ke-12 Provinsi Kepri.

    Sani juga mengingatkan bahwamajunya Kepri tidak terlepas daripribadi di pemerintahan Kepri. Olehkarena itu ucapnya, bekerjalahdengan benar dan penuh tanggungjawab. Kemudian, hayatilah

    pekerjaan itu sebagai ibadah dantulus memberikan pelayanan .Mudah-mudahan, tugas yangdiberikan terlaksana dengan baikyang pada akhirnya berdampakpositif pada pembangunan ProvinsiKepri, ucapnya di hadapan seluruhjajaran pemerintahan di ProvinsiKepulaun Riau.

    Menghadapi era yang penuhdengan pengawasan, Sani berpesanagar setiap pekerjaan dilakukandengan setulus hati, karena jikadilakukan secara terpaksa makahasilnya akan berbeda, begitu jugasebaliknya.

    Serta, jika adanya rintangandalam mengerjakan tugas, makasambung Gubernur Kepri,hendaknya dapat diselesaikandengan sebaik mungkin, karena daripenyelesaian rintangan itu akanmemperoleh pengalaman yangsangat berguna dikemudian hari.Untuk itu, tambahnya loyalitas

    merupakan hal yang sangat penting,maka loyalitas para pegawai perluditingkatkan di masa yang akandatang.Terakhir saya sampaikan kepada pegawai dan kita semua,lakukanlah semua pekerjaan dengansebaik mungkin, jangan asal-asalan,karena hasilnya tidak akanmaksimal, tuturnya.

    Sampai pada penutupanamanatnya sebagai inspekturupacara Hut ke-12 Kepri, Sanibeserta Suryo mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakatKepri seraya mengucapkan pesanpenutup untuk menyayangi ProvinsiKepri karena Kepri adalah milik kitabersama.

    Sanyangilah ProvinsiKepulauan Riau, karena Provinsikepulauan Riau adalah milik kitabersama. Kami HM Sani dan Suryomengucapkan terimakasih kepadamasyarakat saudaraku di ProvinsiKepri, ungkapnya. (sk)

    Membangun ProvinsiKepri Dengan Penuh

    Royalitas Dan Loyalitas

    TANJUNGPINANG, (SK) -Pertumbuhan ekonomi Kepri terusmenunjukkan trend positif. Jika pada2013 tumbuh sekitar 6,13 % makapada triwulan II 2004 menjadi 6,54%.Artinya pertumbuhan ekonomi Kepridi atas rata-rata nasional yang hanyahanya berkisar 5,81%. Pertumbuhanekonomi tersebut ditandai denganpeningkatan investasi dalam tigatahun terakhir ini.

    Semoga prestasi tersebut bisaterus ditingkatkan sampai denganakhir tahun 2014 ini, ujar GubernurKepri dalam sambutan tertulisnyayang disampaikan Sekda KotaTanjungpinang, Drs. Riono, M.Si.,pada acara Peringatan Hari Jadi ke-12 Provinsi Kepri, Rabu (24/9) dihalaman Kantor Wali Kota

    Tanjungpinang, Senggarang.Pemerintah Provinsi Kepri saat ini,lanjutnya, telah membanguninsfrastruktur di setiap kabupaten/kota di Provinsi Kepri. Misalnya diKabupaten Karimun, pembangunanpelabuhan di Selat Manduan, Alai,Sijantung, dan Durai. Di KabupatenLingga telah terealisasinyapembangunan dermaga apung diPulau Kasuh, Tanjungberlian, danJago.

    Pembangunan Bandara diLetung di Anambas, pembangunanjembatan, serta masih banyak lagipembangunan yang telahdilaksanakan yang dimaksud agardapat meningkatkan kelancaran arusbarang, orang dan jasa yang berefekpada peningkatan perekonomian

    daerah. Demi kesinambunganpembangunan yang sudahdilaksanakan, Pemerintah PemprovKepri berharap dukungan,kerjasama, dan kerja keras dariPemerintah Pusat, Provinsi maupunkabupaten/ kota serta pelakuekonomi dan seluruh komponenmasyarakat.

    Acara peringatan hari jadi ke-12Provinsi Kepri yang mengambiltema Menjadikan Kepri sebagaiBunda Tanah Melayu yangSejahtera dan Berkhlak Mulia danRamah Lingkungan berlngsunghikmat. Acara itu dihadiri olehseluruh jajaran kepala SKPD, PNSserta honorer yang ada dilingkungan Pemerintah KotaTanjungpinang. (**)

    Ekonomi Kepri Tumbuh diAtas Rata-rata Nasional

  • Samudera KepriNo. 20/ 15 SEP - 15 OCT 2014

    Invitigasi 03Samudera KepriNo. 20/ 15 SEP - 15 OCT 2014

    ANAMBAS, (SK) Seiringdengan arus reformasi yang terusberkembang dan dengandiberlakukannya UU OtonomiDaerah, keberadaan perusahaandaerah (perusda) AnambasSejahtera semakin menjadi sorotanMasyarakat Anambas.

    Direksi Perusahaan Daerah(Perusda) Anambas Sejahtera yangdibentuk dan dilantik pada tahun2013 lalu.

    Ada pun ketiga Direksi PerusdaAnambas Sejahtera yakni Al Jihatsebagai Direktur Utama SE,MM,Fansuri SE selaku Direktur

    Kinerja Perusda AnambasDipertanyakan

    Operasional dan Muhammad NasrulArsyad SE, M.Si sebagai DirekturAdministrasi Keuangan yangdilantik oleh Bupati Anambasberdasarkan SK Nomor 128 Tahun2013.

    Pemilik saham perusdaAnambas adalah PemerintahKabupaten Kepulauan Anambas.Dengan saham dari PemdaAnambas tersebut perusdadiharapkan dapat menghasilkanmargin keuntungan berupa devidensetiap tahun sebagai pendapatandaerah atas modal yang ditanamkan.

    Kalau tujuan dibentuknyaperusda hanya berorientasi padakeuntungan saja, tentu persentasedeviden terhadap modal disetorminimal sama dengan persentasetertinggi bunga deposito pada bank.Sebab logikanya kalau persentaseperolehan deviden dibandingkandengan modal yang disetor tidakmencapai/ menyamai persentasebunga deposito, tentu lebih baikdana APBD Pemkab Anambas itu didepositokan saja di bank yangsudah jelas-jelas menguntungkanberupa pendapatan bunga setiapbulan.

    Tetapi tentunya semua setujubahwa tujuan dari perusda bukanhanya keuntungan saja tetapi jugamemiliki tujuan yang lebih besaryaitu turut serta menyejahterakanmasyarakat melalui fungsi-fungsisosial yang lain seperti pelayanan,pemberdayaan, pengembangan,serta bantuan manajemen (advisor)usaha bagi masyarakat agar lebihberkembang.

    Dengan demikian keberadaanPerusda memiliki fungsi dan peranganda sebagai lembaga profit yangdiharapkan menghasilkan devidensemaksimal mungkin untukmendukung pendapatan daerah,sekaligus sebagai lembaga yangmemiliki peran sosial yang jugadituntut maksimalisasi peransosialnya terhadap dinamikapembangunan masyarakatkhususnya di KabupatenKepulauan Anambas.

    Perusda sebagai alatkelengkapan daerah memiliki fungsidan peran yang tidak ringan, sebabantara peran sebagai lembaga profitdan fungsi sebagai lembaga yangharus memberi pelayanan sosialsering terjadi benturankepentingan.

    Tentu saja keberadaan Perusdadi Kabupaten Anambasdipertayakan pencapaiannya selamaberdirinya di kabupaten KepulauanAnambas oleh Masyarakat.

    Melihat apa yang terjadi selamaini di dalam Perusda Anambas,Badan Pembentukan dan PenyelarasKabupaten Kepulauan Anambas

    (BP2KKA) angkat bicara FADHILHASAN. SH KETUA Bid.HUKUM/HUMAS BP2KKA Melalui pesansingkat Fadhil HasanMengungkapkan kekecewaannyakepada Perusda Anambas, KarnaDewan Pengawas Perusda takberfungsi maksimal, sekarangPerusda jadi AMBURADUL, jaditempat penampungan orang-orangtak jelas, karyawan bisa keluarmasuk se-enaknya tanpa ada aturanyg jelas, antara direksi tidak adayang cocok saling menyalahkan,jalan sendiri-sendiri, sekarang malahsaling lapor melapor ke polisi danjaksa, buka borok sendiri dipublic,dari pada ngabiskan uang APBDtak jelas dan tidak menguntungkansaran kami sebagai masyarakat lebihbaik Perusda

    DITUTUP SEMENTARAdan segera dilakukan audit

    akuntan public yang independen.Sudah 1 tahun lebih berjalan belumnampak hasilnya, manajemenamburadul dan pengelolaankeuangan tidak efisien besar pasakdari pada tiangUngkapnya.(Azmi/Red). Bersambung.......

    FADHIL HASAN. SH KETUABid.HUKUM /HUMAS BP2KKA

    Plang di depan K