Tabloid Media Agro Maret 2016

16
C MYK C MYK TABLOID BULANAN No.114/Maret 2016 VISI PT Perkebunanan Nusantara VII menjadi perusahaan agribisnis berbasis karet, kelapa sawit, teh dan tebu yang tangguh serta berkarakter global. MISI 1. Menjalankan usaha perkebunan karet, kelapa sawit, teh dan tebu dengan mengunakan teknologi budidaya dan proses pengolahan efektif serta ramah lingkungan. 2. Mengembangkan usaha industri yang terintegrasi dengan bisnis inti (karet, kelapa, sawit, teh dan tebu) dengan menggunakan teknologi terbarukan. 3. Mengembangkan sumber daya manusia yang berbasis kompetensi 4. Membangun tata kelola usaha yang efektif 5. Memelihara keseimbangan kepentingan stakeholders untuk mewujudkan daya saing guna menumbuh-kembangkan perusahaan. Visi dan Misi Indeks Pabrik Gula (PG) Bungamayang telah siap menghadapi musim giling tahun 2016. Areal tebu sendiri (TS) yang dipanen tahun ini seluas 8.680 ha dan tebu rakyat seluas 9.103 ha. Donor Darah Kumpulkan 95 Kantong PTPN X Studi Banding di PG Bungamayang Bersama SPPN VII Sosialisasikan PKB Bagian SDM Kantor Direksi PTPN VII bersama Pengurus Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara (SPPN) VII melakukan sosialisasi butir-butir Perjanjian Kerjasama Bersama (PKB) Untuk kesekian kalinya PTPN VII bekerjasama dengan Pembina Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung menggelar kegiatan sosial donor darah. Hal.5 Hal.8 Hal.12

Transcript of Tabloid Media Agro Maret 2016

1TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016

C MYK

C MYK

TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016

VISIPT Perkebunanan Nusantara VII menjadi perusahaan agribisnis berbasis karet, kelapasawit, teh dan tebu yang tangguh serta berkarakter global.MISI1. Menjalankan usaha perkebunan karet, kelapa sawit, teh dan tebu dengan mengunakan

teknologi budidaya dan proses pengolahan efektif serta ramah lingkungan.2. Mengembangkan usaha industri yang terintegrasi dengan bisnis inti (karet, kelapa,

sawit, teh dan tebu) dengan menggunakan teknologi terbarukan.3. Mengembangkan sumber daya manusia yang berbasis kompetensi4. Membangun tata kelola usaha yang efektif5. Memelihara keseimbangan kepentingan stakeholders untuk mewujudkan daya saing

guna menumbuh-kembangkan perusahaan.

Visi dan Misi

Indeks

Pabrik Gula (PG) Bungamayang telah siapmenghadapi musim giling tahun 2016. Areal

tebu sendiri (TS) yang dipanen tahun ini seluas8.680 ha dan tebu rakyat seluas 9.103 ha.

Donor Darah Kumpulkan95 Kantong

PTPN X Studi Bandingdi PG Bungamayang

Bersama SPPN VIISosialisasikan PKB

Bagian SDM Kantor Direksi PTPN VII bersamaPengurus Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara

(SPPN) VII melakukan sosialisasi butir-butirPerjanjian Kerjasama Bersama (PKB)

Untuk kesekian kalinya PTPN VII bekerjasama denganPembina Palang Merah Indonesia (PMI) ProvinsiLampung menggelar kegiatan sosial donor darah.

Hal.5 Hal.8 Hal.12

TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016 2

dariREDAKSI

Redaksi menerima sumbangan artikel, cerita pendek, humor, puisi, kartun, foto-foto, berita kegiatan,dan lainnya yang sesuai dengan visi dan misi penerbitan. Naskah diketik rapi, bisa dikirim hasil printout,tetapi lebih dihargai dalam disket. Khusus untuk artikel maksimal 5 halaman folio spasi ganda.

Kami juga menerima keluhan, saran, kritik, nasihat, atau informasi untuk sesama di lingkunganperusahaan yang akan kami muat di Surat Pembaca. Atau kirim SMS ke no. 0813 69782555.

Silakan kirim karya Anda ke Redaksi Tabloid Media Agro 7, Kantor Direksi PTPN VII Jl. Teuku UmarNo. 300, Bandarlampung. Naskah disertai dengan identitas dan alamat yang jelas. Pengirim yang tulisannyadimuat (kecuali surat pembaca), sebagai ucapan terima kasih, Redaksi akan memberikan cinderamata.

PENERBITPT Perkebunan Nusantara VII

PEMBINADireksi PT Perkebunan Nusantara VII

PEMIMPIN REDAKSISukarnoto

WAKIL PEMIMPIN REDAKSISofian Machmud

SEKRETARIS REDAKSIAndi Firmansyah

STAF REDAKSISinggih Larsito, Sasmika D.S., Willy Mulyawan,

Sultan M.R., R. Uliati Sidabutar, Hasanuddin Z. Arifin,Nurjanah, Ketut Oktabayuna, Saidan, Marhaidi

EffendiBIRO-BIRO

Distrik dan Unit Kebun/PabrikDISTRIBUSI

Ja’far, Das’ad GaniALAMAT REDAKSI

Kantor Direksi PTPN VIIJln. Teuku Umar No. 300, Kedaton, Bandarlampung

Telp. (0721) 702233, Faksimili (0721) 702775Email: [email protected] dan

[email protected]: @ptpn7 facebook: tabloid karyawan

Hingga triwulan pertama tahun 2016, hargakomoditas karet tak juga beranjak, terpuruk padaposisi terendah sejak beberapa tahun terakhir.Harga komoditas sawit juga cenderung stagnanpada posisi yang kurang menguntungkan.Padahal, kedua komoditas tersebut selama inimenjadi andalan pemasukan pendapatan bagiperusahaan kita. Begitu juga dengan komoditasteh, harga di pasar dunia tak juga beranjakmembaik.

Satu-satunya komoditas yang harganyamasih memberikan keuntungan yang bagusadalah gula. Karena itu, sudah selayaknya jikakita terus berupaya agar produktivitas kebun tebudan pabrik gula kita bisa memberikan hasil yangoptimal. Kita memahami hasil yang bagus hanyaakan diperoleh dari proses bisnis yang baik. Jadi,kita dituntut mengelola dan memperlakukankebun serta pabrik kita dengan sebaik-baiknyaagar “memberi balasan” yang bagus pula.

Seluruh pimpinan dan karyawan PabrikGula Cintamanis dan Bungamayang sejaksetahun lalu berupaya keras dan cerdasmelakukan optimalisasi dalam budidaya tebudan melakukan maintenance pabrik secarasungguh-sungguh agar musim giling tahun 2016dapat dilewati secara sempurna dengan hasilyang sempurna pula.

Meski sebagian tanaman tebu di dua pabrikgula itu sempat terkena dampak kemarau tahunlalu, kondisi terakhir sangat menggembirakan.Dari ruas-ruas tebu itulah diharapkan diperolehgula yang bisa menjadi penyelamat kita semuadari masa sulit belakangan ini. Untuk kesiapanmenghadapi musim giling tersebut, Direksi puntelah meninjau langsung ke kebun dan pabrik.

Edisi bulan ini melaporkan kunjungan kerjaDireksi di Cintamanis dan Bungamayang. Jugakunjungan rombongan dari PTPN X Jawa Timurdi Bungamayang, yang melakukan studi band-ing dalam mekanisasi budidaya dan lainnya.Edisi kali ini juga kami lengkapi dengan liputankegiatan dari Distrik dan Unit. Kita berharapsemua aktivitas tersebut mampu meningkatkankinerja kita, mendorong semangat kita untukterus berprestasi, yang pada akhirnyamemberikan yang terbaik buat kita semua.Semoga.

MENGGENJOT GULATujuh Cara MenghilangkanPikiran Negatif

Berpikir negatif dapat menjadi sebuah kebiasaan. Pikiran tenggelam dan terjebakdalam suatu area negatif sampai kita mengambil tindakan untuk mengeluarkannya.

Ketika kita pertama kali mulai berpikir negatif, kita mungkin akan mencoba danmemaksa pikiran itu keluar dari kepala. Kita mencoba sekeras mungkin untuk berhenti

berpikir tentangnya dan mendorong mereka keluar.

etapi pendekatan ini seringkali menjadibumerang. Melawan pikiran-pikiran negatifsebenarnya justru dapat memperkuat polaberpikir dan hanya membuat hal-hal semakin

buruk. Semakin kita mencoba untuk tidak berpikirtentang sesuatu, semakin kita benar-benar berpikirtentang hal itu.

Agar kita benar-benar terbebas dari pikiran negatif,kita perlu mencoba pendekatan yang berbeda. Berikutini adalah tujuh cara untuk membersihkan pikirannegatif dari kepala kita.

1. Mengubah bahasa tubuhLuangkan waktu sejenak untuk

mengamati bahasa tubuh kita. Apakah kitamembungkuk dengan sikap tertutup? Apakah kitamengerutkan kening? Jika demikian, kita akan lebihmudah untuk berpikir negatif.

Bahasa tubuh yang buruk dapatmenurunkan citra diri dan menyebabkankurangnya kepercayaan diri. Sehinggadalam keadaan emosional, menjadisesuatu yang normal untuk mulaimemiliki pikiran negatif.

Duduklah tegak dengan penuhpercaya diri. Buka sikap diri dan lebihbanyak tersenyum. Perbaiki bahasatubuh dan kita akan merasa jauh lebihbaik. Ini mungkin bisa menjadi apa yangkita butuhkan untuk membersihkanpikiran-pikiran negatif.

2. Bicarakan keluarKadang-kadang berpikir negatif

terjadi karena kita memiliki masalah atau emosi yangperlu dilampiaskan keluar. Tidak baik menyimpannyauntuk diri sendiri. Jika kita memiliki sesuatu yang perlusegera ditangani, kita hendaknya berbicara denganseseorang.

Menempatkan apa yang ada di pikiran dalambentuk kata-kata dapat membantu meletakkan segalasesuatu ke dalam perspektif sehingga kita dapatmenemukan akar masalahnya. Carilah teman yangtepat untuk mencurahkan isi pikiran dan hati tersebut.

3. Bebaskan otak sejenakDengan banyaknya segala sesuatu yang seperti

berlomba di kepala kita, akan menjadi sulit untukmengendalikan pikiran yang muncul, terutama pikirannegatif. Cobalah memperlambatnya. Satu menitketenangan seringkali diperlukan. Ini sepertihalnya merenung, mengosongkan pikiran sejenak.Anggap saja sebagai reboot. Setelah kosong, kitadapat mengisinya dengan sesuatu yang lebih positif.

4. Mengubah kalimat berpikirKadang-kadang pikiran negatif adalah hasil dari

perspektif yang buruk. Lihatlah sudut pandang pada

hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Misalnya, dibandingberpikir, “Aku akan melalui waktu yang sulit dan akanmengalami kesulitan,” lebih baik berpikir, “Akumenghadapi beberapa tantangan, tapi aku berusahauntuk menemukan solusi.”

Pada dasarnya kita sedang mengatakan hal yangsama, namun cara kedua memiliki sudut pandangyang lebih positif. Tapi kadang-kadang perubahankalimat kecil dapat membuat perbedaan besar untukpola pikir kita.

5. Jadilah lebih kreatifKetika pikiran negatif muncul, kita dapat

menetralisir dengan menghabiskan beberapawaktu kreatif. Cari penyaluran untuk mengeluarkan hal-hal kreatif di pikiran. Menggambar atau melukissesuatu–bahkan jika harus menggunakan krayon.Selama kita menggunakan kreativitas maka hal

tersebut bisa mengeluarkan pikirannegatif.

Jelajahi emosi melalui tindakan-tindakan kreatif yang dapatmeningkatkan suasana hati kembalimembaik. Kreativitas dapat terasaseperti pembebasan. Ketika kitamenempatkan emosi melalui sebuahbentuk seni, kita menempatkanmereka keluar dari sistem kita danmembersihkannya.

6. Berjalan-jalanKadang-kadang pikiran kita

adalah produk dari lingkungan di manakita berada. Misalnya, jika kita

dikelilingi dengan orang-orang negatif, kita mungkinakan mulai berpikir negatif juga pada gilirannya.

Menghindari lingkungan negatif akan sangatmembantu. Ambil waktu untuk berjalan-jalan sendirianmenjauhi suasana sehari-hari. Pergi ke suatu tempatyang dapat mengangkat suasana hati seperti tamanatau museum. Waktu yang dihabiskan untukmenjauhkan diri dari pengaruh-pengaruh negatif dapatmembawa pada ketenangan pikiran.

7. Membuat daftar hal yang disyukuriApakah kita lupa semua hal baik yang telah

terjadi? Kadang-kadang dalam hidup sehari-hari, kitakehilangan fokus pada semua hal yang berjalan baikdalam kehidupan kita. Jika itu mencerminkan kita makakita perlu kembali melatih pikiran untuk fokus padasemua hal baik yang terjadi, bukan yang buruk.

Buat daftar semua hal yang kita syukuri, tidakpeduli seberapa kecil hal tersebut kelihatannya.Kadang-kadang hal-hal baik dalam hidup kita terjaditepat di depan wajah kita dan kita masih gagal untukmelihatnya. Berhenti menjadi buta terhadap hal-halpositif yang sudah kita miliki selama ini.(andi firmansyah/dbs)

T

3TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016

AKTUALITA

enghargaan untuk PTPN VII dari PT Pelindo(Indonesia Port Corporotion/IPC) itu untukkategori nonpetikemas dalam kelompok bestliquid bull cargo owners. Penghargaan diserahkan

di Bogor Raya Golf Club pada Minggu, (20/3/2016), padaacara IPC Customer Awards dengan tajuk “Customers ofThe Year 2014-2015, Energizing Trust, Partnership &Cooperation.”

Puluhan mitra kerja PT Pelindo II juga terpilihberdasarkan kontribusi terbaik pada 12 cabangpelabuhan di bawah pengelolaan IPC. Terdapat duakategori penghargaan, yang terbagi dalam beberapakelompok.

Direktur SDM dan Umum PTPN VII, Budi Santosomengatakan dalam ajang IPC Customer Awards iniPTPN VII meraih penghargaan untuk kategorinonpetikemas dalam kelompok best liquid bull cargoowners. “Penghargaan ini diberikan IPC sebagaiapresiasi kepada PTPN VII yang telah berkontribusiselama tahun 2015,” katanya.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan salah satubukti bahwa IPMG milik PTPN VII di Pulaubai, Bengkulu,memiliki kinerja yang bagus. “Begitu juga komunikasidan kerja sama yang dilakukan oleh IPMG Pulaubaidengan PT Pelindo II yang mengelola pelabuhan,”ujarnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Direktur UtamaPelindo II Dede R. Martin mengatakan penghargaantersebut sebagai bentuk apresiasi Pelindo II kepadamitra kerja yang sudah memberikan kontribusi besarkepada pihaknya selama 2015.

Raih Penghargaan“Best Liquid Cargo Owners”Best Liquid Cargo Owners”Best Liquid Cargo Owners”Best Liquid Cargo Owners”Best Liquid Cargo Owners”

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IImemberikan penghargaan kepada sejumlah

mitra kerja yang telah memberikan kontribusiterbaik di 12 pelabuhan sepanjang 2015. PT

Perkebunan Nusantara VII termasuk salah satuyang meraih penghargaan tersebut, yaitu

untuk Instalasi Penimbunan Minyak danGudang (IPMG) di Pelabuhan Pulaubai

Bengkulu.

im dari Bagian Teknologi Informatika Kantor Direksi PT Perkebunan Nusantara VIImemperkenalkan program Open Office kepada seluruh karyawan (terutama operator komputer)di lingkungan Kantor Direksi.

Sosialisasi dilaksanakan di ruang TI pada 24—25 Maret 2016 yang dibagi dalam beberapakali pertemuan. Setiap sesi pertemuan diikuti sejumlah karyawan dari bagian yang berbeda-beda.Materi disampaikan Marwan Maro Batubara, staf urusan Operasional TI.

Marwan Batubara menjelaskan bahwa Open Office merupakan aplikasi perkantoran berbasisopen source yang didistribusikan secara gratis kepada publik. Tujuan pengembangan Open Officeuntuk mengimbangi pasar pengguna Microsoft Office dengan menyediakan aplikasi yang berbiayarendah namun berkualitas tinggi.

“Awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystem dan didukung oleh Novell, Redhat, Debian, danIntel. Saat ini Open Office dikembangkan oleh Oracle Corporation melalui Apache Software Founda-tion,” katanya.

Dia menjelaskan dalam dunia TI ada dua istilah yang dikenal untuk menjelaskan legalitas terhadapdistribusi paket program/aplikasi/software yang dibuat oleh vendor program/software tersebut, yaituclosed source dan open source.

“Distribusi paket program termasuk penjualan, penggandaan, instalasi, penggunaan,pengembangan, dan akses terhadap source code asli program menjadi hak vendor. Kalau kita memakaiyang bajakan akan bermasalah,” katanya.

Karena itu, agar tak bermasalah diperlukan software berlisensi asli yang harganya lumayanmahal. Marwan menghitung jika jumlah user PC di Kantor Direksi PTPN VII ada 211 PC makakebutuhan biaya lisensi software sistem operasi dan aplikasi office bisa mencapai hampir Rp1 miliar.

Sementara jika yang digunakan program open office (open source) maka biaya tersebut bisaditekan menjadi sangat kecil, karena sebagian besar software sistem operasi dan aplikasi office-nyatidak perlu membayar. Karena itu, diperlukan pemahaman kepada semua pemakai komputer di PTPNVII agar program ini bisa dijalankan. (tim)

Sosialisasi ProgramOpen Office

T

Penghargaan ini merupakan salah satu buktibahwa IPMG milik PTPN VII di Pulaubai,Bengkulu, memiliki kinerja yang bagus.

“Begitu juga komunikasi dan kerja sama yangdilakukan oleh IPMG Pulaubai dengan PT

Pelindo II yang mengelola pelabuhan.”

Menurut Dede, dengan adanya penghargaan ini punpihaknya bermaksud memelihara komunikasi denganpara mitra kerjanya. “Dengan seperti ini, kami maintainkomunikasi, kami harapkan makin dekat dan merekapun terikat dengan kami. Jadi, ini bukan hanya bisnissaja tapi juga value,” tambah Dede.

Adapun pemilihan pemenang terbagi dalam duakategori utama yaitu kategori peti kemas dan nonpetikemas. Untuk kategori peti kemas dibagi dalam duakelompok utama yaitu best shipping lines dan bestcargo owners.

Sedangkan, kategori non peti kemas terbagi dalamlima kelompok antara lain best shipping lines, best drybull cargo owners, best liquid bull cargo owners, bestgeneral cargo owners, dan best roro atau automotivecargo owners.

“Dengan banyaknya kategori ini, kami bermaksuduntuk lebih banyak menghargai semua pihak. Bukanhanya perusahaan pelayaran dan pemilik barang petikemas, namun juga kami memberikan penghargaankepada perusahaan pelayaran dan pemilik barangnonpetikemas,” papar dia. (tim)

P

TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016 4

LaporanUTAMA

ntuk memantapkan kesiapanPG Cintamanis dan PG Bunga-mayang menghadapi musimgiling yang direncanakan dibuka

pada pertengahan bulan Mei 2016,rombongan Direksi dan sejumlah kepalaBagian Kantor Direksi berkunjung danmelakukan field trip di kedua pabrik gulatersebut.

Direktur Utama PTPN VII Ir.Kusumandaru N.S. bersama DirekturProduksi Ir. M. Natsir, Direktur KeuanganDrs. Agoes Riyanto, Sekretaris Peru-sahaan Ir. Soekarnoto dan Kabag Teknikdan Pengolahan Irma Kurniawati, S.T.melakukan kunjungan kerja di PGCintamanis pada tanggal 9 Maret 2016.

“Kunjungan kali ini untuk melihatkesiapan PG Cinta Manis dalam me-nyambut musim giling 2016. Juga mem-berikan support agar persiapan benar-benar sudah matang, hingga pada awalatau pertengahan Mei sudah bisa dimulaigiling,” kata Dirut PTPN VII Kusumandarusaat memberikan pengarahan.

Dirut meminta agar semua AsistenTanaman, TMA, Litbang, dan Pabrikbekerja saling mendukung untuk men-capai kuantitas dan kualitas produksiyang lebih baik dari tahun sebelumnya.“Semua harus siap, baik on farmmaupun off farm. Semua lini hendaknyadapat bersinergi dan saling mendukungagar sukses,” katanya.

Rombongan Direksi meninjau ke-bun tebu di petak 275 Afdeling 12 RayonIV, dan juga mengunjungi embung diAfdeling 12 Rayon IV yang sudahdirevitalisasi, didampingi GeneralManajer PG Cintamanis Ir. H. Syukur,Manajer Kebun Cintamanis TatangWasito, seluruh Asisten Tanaman, danAsisten SDM & Umum Abdul Hamid.

Selain itu, rombongan juga meninjaukesiapan pabrik dengan menyusurilokasi pabrik yang dipandu ManajerPabrik Cintamanis Michael Karim Pronk.Rombongan Direksi berdialog langsungdengan para karyawan pabrik danmereka menyatakan pabrik telah siapuntuk mengolah tebu menjadi gula.

Saksikan GMT di CintamanisKunjungan kerja (Kunker) Distrik

PG Cintamanis waktunya bersamaandengan kunker Pengurus Ikatan Keke-luargaan Istri (IKI) Pusat. Sebelumnyarombongan Pengurus IKI Pusat yangterdiri atas Ketua Umum IKI Ny.TinaKusumandaru, para Wakil Ketua, yaituNy.Yudi Herlina Natsir, Ny. Halimah Agus

Cima dan Buma SiapSukses Giling 2016

Riyanto, dan Ny. Tetty Rafel Sibagariang,melakukan kunker ke IKI Unit Betung danTebenan.

Kedatangan rombongan Direksi danPengurus IKI tersebut pada 9 Maret 2016bertepatan dengan peristiwa gerhanamatahari total (GMT). Sehingga kesem-patan tersebut dimanfaatkan rombonganuntuk menyaksikan GMT bersama diRayon IV PG Cintamanis.

GMT bisa dilihat di wiayah Ogan Ilir(OI), Sumatera Selatan, sekitar pukul07.20 WIB. Karena itu, sebelum jamtersebut rombongan Direksi dan Pe-ngurus IKI terlebih dahulu melaksanakansolat gerhana di Masjid SyuhadaCintamanis.

General Manager Cintamanis H.Syukur selaku tuan rumah selanjutnyamengajak rombongan ke Rayon IV untukmenyaksikan GMT. Cuaca yang saatsebelumnya cukup cerah, ketika men-jelang terjadinya gerhana matahari totalpada pukul 07.20 tiba-tiba berubahmendung. Langit dipenuhi awan hitamseakan-akan akan turun hujan.

Menurut jadwal yang dikeluarkanLAPAN (Lembaga Penerbangan danAntariksa Nasional) gerhana matahariuntuk wilayah Barat kususnyaPalembang dimulai pada pukul 06.20WIB dan berakhir pada pukul 08.31WIB.Sementara gerhana matahari total terjadipada pukul 07.20, yang berlangsunghanya sekitar 2 menit.

Ternyata pada sekitar pukul 06.25

Dua pabrik gula PT Perkebunan Nusantara VII siapmenyukseskan musim giling tahun 2016 dengan

memberikan produksi tebu yang tinggi denganrendemen yang bagus. Sebab, pada saat harga

komoditas karet dan sawit terus anjlok, pendapatan darikomoditas tebu menjadi andalan.

WIB langit menjadi gelap akibatawan. Baru pada sekitar pukul07.22 langit mulai cerah danGMT sudah lewat. Yangterlihat saat itu hanyamatahari berbentuk sabitdalam kondisi muncul danhilang.

“Dengan adanya awangelap yang menutupi GMT kitatidak memerlukan kacamatakhusus. Karena pandangan kitaterlindungi awan,” kata DirutPTPN VII kepada MuhammadNatsir yang saat itumengenakan kaca mata hitammelihat GMT.

Sebagai informasi bahwamenurut Kepala LAPAN ThomasDjamaluddin, gerhana mataharitotal pernah terjadi sebelumnyadi Indonesia, yaitu pada 1983,1988, dan 1995. Gerhanamatahari total diperkirakan baruakan terjadi lagi pada 2023.

Gerhana matahari total tahun inibisa disaksikan di 12 provinsi dari Indo-nesia bagian barat sampai timur. Untukwilayah Indonesia bagian barat, waktupuncak terjadinya gerhana adalah padapukul 07.20 dan 07.21 WIB. Untuk Indo-nesia bagian tengah, puncak gerhanamatahari total terjadi pada pukul 08.35WITA. Sedangkan untuk Indonesiabagian timur, puncak gerhana ini terlihat

U

pada pukul 09.50 WIT.Provinsi yang penduduknya bisa

melihat gerhana matahari totaladalah Sumatera Barat, SumateraSelatan, Bengkulu, Jambi, BangkaBelitung, dan Kalimantan Barat. Selainitu, juga Kalimantan Tengah, KalimantanSelatan, Kalimantan Timur,SulawesiBarat, dan Sulawesi Tengah, ser-ta Maluku Utara. (tim)

Direktur Utama PTPN VII Bpk. Ir. Kusumandaru NSbersama General Manager Distrik Cintamanis Bpk.Ir. Syukur HK saat berkunjung di kebun DistrikCintamanis.

Direktur Utama PTPN VII saat memberi arahankepada seluruh general manajer, manager kebun,manajer pabrik, asisten kepala dan asisten distrikCintamanis saat berkunjung di Embung Afd 12Rayon IV.

5TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016

abrik Gula (PG)Bungamayang telah siapmenghadapi musim gilingtahun 2016. Areal tebu

sendiri (TS) yang dipanen tahunini seluas 8.680 ha dan teburakyat seluas 9.103 ha. Dengantarget produktivitas rata-rata diatas 80 ton per ha dan rendemendi atas 8 persen, diharapkanproduksi gula tahun ini lebih tinggidibandingkan tahun lalu.

Bahkan, kesiapan PGBungamayang ditunjukkan kepada26 pimpinan dari PT PerkebunanNusantara X Jawa Timur yangmengadakan studi bandingtentang penerapan mekanisasibudidaya, tebang-muat-angkut,optimalisasi irigasi, penggunaancore sampler, dan bibit varietasunggul di Pabrik GulaBungamayang milik PTPN VII,Selasa 5 April 2016.

Rombongan yang dipimpinKuasa Direksi PTPN XI Drs. Arifin,M.M., terdiri atas 2 kepala divisi,15 manajer tanaman, 2 manajerquality control, 2 kepala urusan, 1kepala pusat penelitian, dan 3 stafahli.

Mereka menyatakan prestasiyang dicapai PG Bungamayangsangat bagus, bisa melampauicapaian pabrik-pabrik gula diPulau Jawa. “Luar biasa. Sayapernah ke sini tahun 1984, belumada apa-apa, kecuali hamparanalang-alang. Sekarang jadihamparan tebu yang luar biasa,”kata M. Arifin, mewakili

PTPN X Studi Banding di PG Bungamayangrombongan.

Menurutnya, PTPN X saat ini jugamendapat tanggung jawab untukmengelola kebun tebu dan pabrik gulaSulawesi, yaitu PG Bone, PGCamming, dan PG Takalar. “Dengankondisi lahan yang sama, pengelolaankebun tebu di Sulawesi bisadilaksanakan dengan mencontohBungamayang.”

Arifin yakin semua bisa dicapaijika ada kesungguhan. “Kami melihatPG Bungamayang sungguh-sungguhdalam menerapkan budidaya. Karenaitu, kami sangat memerlukan untukterus melakukan komunikasi secaraintens dengan PTPN VII,” ujarnya.

Kalimat senada disampaikan Ir.M. Abdul Khamid, Kepala DivisiBudidaya Tebu PTPN X. “Kebun tebuBungamayang mengagumkan. Kamibelajar banyak hal dari sini. Semogakami juga bisa menerapkan apa-apayang telah dilakukan olehBungamayang di kebun kami,”katanya.

Kedatangan rombongan dariPTPN X disambut Direktur ProduksiPTPN VII Ir. M. Natsir yang didampingiGeneral Manager PG BungamayangHerry Soesanto, Kepala Bagian Teknikdan Pengolahan Kantor Direksi Ir. IrmaKurniawati, Manajer Tanaman PGBungamayang Ir.Agus Yunarto,Manajer Pabrik PG BungamayangSumardiyono, dan seluruh staf PGBungamayang.

Mereka langsung meninjau kebuntebu di Rayon 1, menyaksikan aplikasipemupukan dan pengendalian gulmadengan mesin, melihat sejumlah

embung yang telah direvitaslisasisebagai sumber air irigasi, sekaligusmenyaksikan penerapan model irigasidi Bungamayang, penggunaan coresampler, serta berkeliling pabrik.

Selama dalam peninjauantersebut banyak hal menjadi topikdiskusi, mulai dari pengendaliangulma, mekanisasi budidaya dantebang-muat-angkut, optimalisasiirigasi, bibit virietas unggul, hinggaupaya meningkatkan rendemen.

Direktur Produksi PTPN VII M.Natsir menjelaskan bahwa kunciutama dalam budidaya perkebunanadalah air, air, dan air. “Kita bisa tanamjika ada air, kita sekarang bisamengendalikan gulma dengan baik,karena adanya cadangan air yangmencukupi. Begitu juga pemupukanakan efektif jika ada air,” katanya.

LaporanUTAMA

Karena itulah, prioritas dalambeberapa tahun terakhir adalahmerevitalisasi embung-embungsebagai sumber air untuk irigasi.“Biayanya memang mahal, tetapikita harus lakukan, karena airitulah sumber kehidupan.Embung-embung tersebut bergunamenampung air pada musim hujandan dimanfaatkan pada musimkemarau,” katanya.

M. Natsir menyambut baikkunjungan studi banding tersebut.Selain silaturahmi, juga menjadiajang untuk saling tukarpengalaman. “Saya punya moto:pahami teori, kuasai lapangan.Nah, dengan pertemuan seperti inikita bisa saling mengasah teoridan saling memberi pengalamankita di lapangan,” katanya. (tim)

P

TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016 6

ntuk menindaklanjuti rencanaperemajaan Kebun Kelapa Sawiteks Plasma PTPN VII, Bupatidan jajaran Uspida Kabupaten

Muaraenim serta Ketua DPRD Mu-araenim melakukan kunjungan keKantor Direksi PTPN VII, Jumat (1/4/2016).

Rombongan yang dipimpin langsungBupati Muaraenim Muzakir Sai Soharterdiri atas Ketua dan beberapa AnggotaDPRD Muaraenim, para kepala dinas,dan sejumpah pejabat Pemkab Mu-araenim. Mereka diterima oleh DirekturSDM dan Umum Budi Santoso, di ruangRapat Lantai I Kantor Direksi PTPN VII.

Dalam pertemuan itu, PemkabMuaraenim dan PTPN VII membahastentang rencana peremajaan kebunkelapa sawit eks plasma yang ada diUnit Sungailengi Muaraenim. Sebab,kebun plasma tersebut sudah waktunyauntuk diremajakan.

Direktur SDM dan Umum BudiSantoso menjelaskan bahwa programrevitalisasi Pirsus II Muaraenim denganpilot project UPT III Desa Fajar Indah atasnama Koperasi Bina Sejahtera Keca-matan Gunungmegang KabupatenMuaraenim sudah beberapa tahun inidirencanakan.

Program ini diikuti beberapa kelom-pok tani yang terdaftar dalam programRavitalisasi Pirsus II B Sungailengi iniyakni Kelompok tani Guyub Rukun 23Orang, sinar karya 20 orang,Trimulya 23orang, Genta Jaya 19 orang, Tani Maju22 KK, Karya Tani 17 KK, karya muda23 KK, Dober 24 KK, Sumber Rezeki25 KK, Sempurna Bakti 17 KK, TunasMulya 22 KK, Harapan Jaya 16 KK, PajarIndah 23 KK.

Menurut Budi, Pirsus II B Su-ngailengi memiliki luas 5.269 ha atau8,7% dari 60.327 ha dari total lahankebun kelapa sawit yang dikelola PTPNVII (Inti dan plasma). Oleh sebab itu,Pirsus II B ini memiliki nilai strategis

WARTA

Bantu Petani RevitalisasiKebun Plasma

Program revitalisasi perkebunan merupakan upaya pemerintah untuk percepatanpengembangan perkebunan rakyat melalui perluasan, peremajaan dan rehabilitasi tanaman

perkebunan. Program ini didukung dengan kredit investasi perbankan dan subsidi bungaoleh pemerintah. Selain itu juga melibatkan perusahaan perkebunan, sebagai mitra

pengembangan dalam pembangunan kebun, pengolahan dan pemasaran hasil.

yang perlu dijaga kesinambungannya.Sosialisasi revitalisasi Pirsus II B ini

dilakukan sebagai implementasi tang-gung jawab sosial perusahaan yangterdapat dalam 5 kebijakan strategisperusahaan yakni optimalisasi hubungankemitraan dan lingkungan, terdiri daripengendalian bahan baku, pengelolaanpelanggan, pengelolaan lingkunganmasyarakat dan pengelolaan lingkunganhidup.

Dalam program ini PTPN VII berko-mitmen untuk berperan aktif dalampelaksanaan revitalisasi sebagai pem-bina teknis, pendamping, dan off takerproduksi, sehingga petani memilikijaminan bahwa produksi kelak akanditerima di PPKS Unit Sungailengisepanjang memenuhi baku mutu yangdipersyaratkan.

Meskipun demikian, program revita-lisasi belum bisa dilaksanakan karenaadanya beberapa hal yang belum dicapaikata sepakat antara petani plasma danPTPN VII. “Masih diperlukan pema-tangan di lapangan agar program bisasegera terlaksana,” katanya.

Karena itu, PTPN VII berharapPemkab Muaraenim bisa membantumenjembatani komunikasi dan sosiali-sasi kepada masyarakat agar programberjalan dengan baik, sejak dari pe-laksanaan hingga pada akhirnya nanti.

Dalam pertemuan yang berlangsung

hangat ini, Bupati Muaraenim MuzakirSai Sohar, mengatakan pihaknya akanmembantu agar program revitalisasisegera bisa dilaksanakan dan berjalandengan baik.

Selain itu, Bupati juga meminta agarPTPN VII ikut berperan dalam menyuk-seskan Pekan Olahraga Pelajar (Porprov)Sumatera Selatan yang akan diseleng-garakan di Kabupaten Muaraenim.

“Pada tahun 2017 kami jadi tuan

rumah Porprov Sumsel. Jadi banyak halyang harus kami persiapkan,” katanya.Karena itu, Bupati meminta kepadamanajemen PTPN VII untuk dapatmembantu agar penyelenggaraan Por-prov dapat berjalan dan sukses.

Bantuan yang diperlukan antara lainuntuk melakukan persiapan dan pe-nyediaan sarana dan prasarana olahragayang akan digunakan oleh para atletnanti. (tim)

etiap karyawan PTPN VIIwajib memahami danmengaplikasikan SistemManajemen Terpadu

(SMTN7) dalam melaksanakantugas. Karena itu, SMTN 7 harusterinternalisasi dan menjadibudaya serta tata nilai yang terusmelekat kepada semua karyawan.

Untuk memberikanpenyegaran pemahaman tentangSMTN7, Bagian TeknologiInformasi Komunikasi dan Corpo-rate Management RepresentativeKantor Direksi melaksanakansosialisasi dan diskusi tentangSMTN7 untuk karyawan di UnitRejosari, pada 10/02/2016.

Materi disampaikanoleh Ronald Sudrajat, Indra Aditya,Diki Winarko, dan Rini Setiyawatidari Kantor Direksi. Kegiatan dibukaoleh Manajer Unit Rejosari AkhmadNurwibowo, dihadiri Asisten KepalaTanaman Rusman Ali Yusuf,Asisten Akuntasi dan KeuanganRetno Setiyawati, Asisten SDM &Umum Adek Lydia Trimari, AsistenTanaman Anang Budi Setiawan,

Penyegaran SMTN 7 di Unit Rejosari

Muhamad Abi Nurakhman, Operandy H.Siahaan, Efendi Pandiangan, TimP2K3L Unit Rejosari dan DistrikLampung, Staf Quality Control Manage-ment Representative dan LingkunganHidup & K3 Maeko Putra dan Fadhil.

Manajer Unit Rejosari AkhmadNurwibowo dalam kesempatan tersebutmenyampaikan ada tiga hal yangdiperoleh dengan adanya kegiatansosialiasi SMTN 7. Pertamapenyegaran mengenai SMTN7 mulaidari Pedoman Sistem ManajemenTerpadu (level 1), Pedoman ProsedurTerpadu (level 2), Daftar Induk DokumenReferensi (level 3), dan Daftar IndukDokumen Catatan (level 4).

Kedua penjelasan lebih mendalampada dokumen level 3 dan 4, yangterdiri atas Prosedur ManajemenPemasaran, Manajemen Pengolahan,Manajemen Produksi Tanaman,Manajemen SDM, Manajemen Logistik,Manajemen Hukum dan Regulasi,Manajemen General Affair, ManajemenLingkungan dan K3, ManajemenKeuangan, Manajemen Tata KelolaTeknologi Informasi, Manajemen Risiko,Manajemen Aset, Manajemen Saranadan Prasarana, ManajemenPerencanaan dan Pengembangan,Manajemen Audit Internal, danManajemen Tata Kelola SMT.

Sedangkan yang ketiga, sebagai

U

ajang latihan untuk mengunjungidan menggunakan portal SMTN7lewat jaringan internet PTPN 7.“Melalui web ini diperolehinformasi lengkap mengenaiSMTN 7, bahkan karyawan yangsering mengunjungi akan terdatadan diranking,” terang Nurwibowo.

Karena itu, ia mengharapkankepada para peserta sosialisasidapat menularkan pengetahuanmengenai SMTN 7 kepada semuakaryawan yang ada di UnitRejosari. “Kita berharap semuakaryawan paham dan mampumenjalankan tugas dengan baik,”harap Nurwibowo. (tim)

S

7TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016

WARTA

enilai kinerja berarti mem-bandingkan kinerja aktualbawahan dengan standaryang ditetapkan perusahaan.

Jika dikerjakan dengan benar, akanmemberikan manfaat yang penting bagikaryawan, atasan, departemen SDM,dan perusahaan.

“Jika penilaian tidak benar, tentu akanmerugikan perusahaan. Karena itulahmemberikan penilaian kinerja kepadakaryawan harus dilakukan secara benar,”kata Direktur SDM dan Umum BudiSantoso ketika memberikan pengarahankepada seluruh Manajer, Kabid SDM, danSinder SDM dan Umum se DistrikSumatera Selatan dan Distrik PGCintamanis pada Selasa, 5 April 2016.

Pada kegiatan yang dilaksanakandi di ruang pertemuan Kantor DistrikSumsel dan dihadiri General ManagerDistrik Sumatera Selatan RobertSimanjuntak dan GM Cintamanis Syukurtersebut, Budi Santoso menyampaikanbahwa penilaian prestasi kerja meru-pakan proses yang melibatkan manajer

Penyegaran tentang SistemPenilaian Karyawan

dan karyawan di bawahnya untuk menilaikemajuan yang telah dicapai karyawanke sasaran yang telah ditentukan dalamperencanaan kinerja.

“Hal ini dimaksudkan untuk me-nyimpulkan apakah yang dilakukankaryawan selama periode tersebutberjalan dengan baik atau tidak. Pengu-kuran kinerja dilakukan dengan meng-gunakan sistem penilaian yang relevan,mudah digunakan, dan sesuai denganyang diukur. Karena ini akan mencer-minkan hal-hal yang memang menen-tukan,” katanya.

Selanjutnya Direktur SDM danUmum PTPN VII mengatakan bahwakesalahan-kesalahan dalam melakukanpenilaian kinerja akan berdampakjangka panjang. Kesalahan penilaianbisa terjadi antara lain karena penilaimemberikan nilai kepada semua orangdalam suatu kelompok kerja lebih tinggidari seharusnya.

“Bisa juga penilai cenderung mem-berikan nilai yang sama dari semuaaspek. Nilai yang sangat baik pada

ansen Pasaribu kembali terpilih menjadiKetua Cabang Serikat Pekerja PerkebunanNusantara (SPPN) VII Distrik SumateraSelatan untuk periode 2016—2019.

Terpilihnya Jansen yang juga menjabat ketuaperiode sebelumnya itu melalui MusyawarahCabang SPPN VII Distrik Sumatera Selatan yangdilaksanakan Kamis, 17 Maret 2016.

Dalam Muscab yang dihadiri General ManagerDistrik Sumsel Robert Simanjuntak dan 47 pesertawakil dari berbagai ranting tersebut, Jansen berhasilmengungguli Agus S. Soedjito yang mendapatkan11 suara. Sementara Jansen yang sehari-harinyaKrani Kepala Teknik dan Pengolahan (TNP) DistrikSumsel berhasil mendapatkan 36 suara.

Dalam sambutannya, General Manager DistrikSumsel Robert Simanjuntak berharap SPPN VIIke depan tetap seiring sejalan dengan manajemendan bahkan lebih ditingkatkan lagi perannya dariyang sudah berjalan selama ini.

“Saya juga berharap teman-teman bukanhanya menuntut hak, tetapi lebih mengedepankan

Manajemen pengelolaan modal manusia dilakukan melalui penilaian kinerja karyawan atau performanceappraisal. Penilaian kinerja karyawan adalah proses merencanakan, mengorganisasi, menyupervisi,mengontrol, dan menilai kinerja. Penilaian kinerja merupakan muara akhir dari manajemen modal manusia.

M suatu aspek, membuat penilai mem-berikan penilaian yang sama dari aspeklainnya atau sebaliknya penilaian yangterburuk dari suatu aspek akan menutupiprestasi yang baik pada aspek lainnya,”kata Budi Santoso.

Seharusnya, lanjut Budi, penilaiankaryawan secara keseluruhan tidakmenggambarkan kinerja Bagian/Unit/Distrik. Karena pada umumnya pem-berian nilai kepada karyawan, terutamaDP2K, berorientasi pada nilai tahunsebelumnya yang disinyalir terdapatpenilaian yang berorientasi pada hasil,bukan proses.

Oleh karena itu, sebaiknya penilaianuntuk tujuan tertentu, misalnya pem-berian golongan pengabdian, telahdiseting sejak dua tahun terakhir. “Perlusaya sampaikan bahwa dampak daripenilaian dan pemberian penghargaanyang tidak tepat akan berpengaruh padakenaikan gaji, kenaikan biaya lembur,kenaikan biaya SHT, iuran pensiun, iuranJHT, bonus, cuti, dan THR,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Oleh

Direktur SDM dan Umum bahwa promosiyang tidak seimbang dengan pro-duktivitas hanya akan menambahpermasalahan dan beban berat bagiperusahaan. “Kondisi ini bisa disebabkanoleh kedekatan, kecocokan), balas budi,kekerabatan, atau mungkin karena adatitipan,” kata Budi Santoso.

Juga disampaikan bahwa pem-berian penghargaan masa pengabdiandan kenaikan golongan pengabdianselama ini masih cenderung dianggapsebagai hak setiap pekerja. “Meskipersyaratannya sudah disusun untukmeningkatkan nilai dan makna peng-hargaan, selama ini implementasinyamasih belum sesuai dengan yangdiharapkan,” katanya.

Itulah sebabnya usulan terhadapkenaikan golongan atau berkala penga-bdian sering tidak selaras dengan kinerjakaryawan di lapangan. “Misalnyakaryawan yang sebelumnya dinyatakantidak kompeten, tetapi tetap diusulkankenaikan golongan pengabdiannya,”katanya. (tim)

Jansen Kembali Pimpin SPPN VII Distrik Sumsel

kewajiban dan membantu perusahaan dalampencapaian target produksi dan mengamankan asetperusahaan. Karena Serikat Pekerja itu merupakangarda terdepan PTPN VII,” kata Robert Simanjuntak.

Sementara Jansen menyampaikan terima kasihkepada peserta Muscab yang kembali memberikankepercayaan untuk memimpin SPPN VII Cabang DistrikSumsel. “Seperti apa yang disampaikan oleh Pak Rob-ert Simanjuntak tadi adalah benar sekali. Oleh karenaitu saya berharap teman-teman dapat mengapresi-asikannya,” katanya.

Selanjutnya Jansen mengharapkan semua anggota

SPPN VII Cabang Distrik Sumsel untuk bekerjasemangat, kompak, dan lebih inovatif dalam upayamendapatkan produksi sesuai yang telahditargetkan dalam RKAP 2016.

“Dalam menghadapi situasi yang sulit saat ini,kalau kita bekerja sebagai tim yang solid makahal yang sulit menjadi ringan. Sehingga produksiyang sudah ditetapkan dapat tercapai,” katanya.Dalam kepengurusan periode 2016–2019, JansenPasaribu didampingi Wakil Ketua Into Indrady,Sekertaris Agus S. Soedjito, Wakil SekertarisSairin, dan Bendahara Edi Suharto. (dbs)

J

TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016 8

AKTIVITAS

egiatan sosialisasidilaksanakan selamadua hari (21 s/d 22/03/2016) yang diikuti

karyawan Kantor Direksi dan DistrikBungamayang, selanjutnya DistrikLampung dan Unit di wilayahLampung. Kegiatan sosialisasi akandilanjutkan untuk karyawan diSumatera Selatan dan Bengkulu,yang rencananya dilaksanakanpada bulan April mendatang.

Dalam sambutannya KetuaUmum SPPN 7 Vedy Pudiansyahmenyampaikan terima kasih ke-pada manajemen yang telah mem-berikan fasilitas untuk mengadakankegiatan sosialisasi PKB. “Kitabersyukur PKB periode 2016 s/d2017 ini bisa disepakati melaluiperundingan antara manajemendengan serikat pekerja. Denganadanya sosialisasi ini diharapkankaryawan dapat memahami, se-hingga tetap semangat dalammeningkatkan kinerja dan produk-tivitas agar kesulitan yang dialamiperusahaan saat ini dapat dilaluidengan baik,” kata Vedy.

Menurutnya, semua karyawanmengerti kondisi perusahaan saatini dalam keadaan sulit dan karenaitu juga tidak meminta yang ber-

Bersama SPPN VIISosialisasikan PKBBagian SDM Kantor Direksi PTPN VII bersama PengurusSerikat Pekerja Perkebunan Nusantara (SPPN) VII melakukansosialisasi butir-butir Perjanjian Kerjasama Bersama (PKB)periode tahun 2016 s.d. 2017 bertempat di Ruang Rapat LantaiI, Kantor Direksi, Senin (21/3/2016).

lebihan. “Tetapi ada satu permintaanyang mendasar, yakni agar pelayanankesehatan bisa ada perbaikan, dikem-balikan seperti semula,” tegasnya.

Sebab, sejak pelayanan kesehatanmelalui BPJS dirasakan terjadi penu-runan kualitas pelayanan. Serikatpekerja mengharapkan selain menjadipeserta BPJS, karyawan hendaknyajuga diberikan alternatif pelayanankesehatan melalui asuransi kesehatanlainnya.

“Kami sampaikan kepada ma-najemen, pengorbanan seluruh anggotaserikat sangat fantastis, dengan tidakmelaksanakan sebagian PKB yangdisepakati sebelumnya, ini sudahmenghemat hingga Rp 200 miliar,”katanya.

Hal tersebut sebagai bentuk ke-pedulian serikat pekerja kepada peru-sahaan dan mendorong manajemen agarbisa memajukan perusahaan. “Mudah-mudahan dengan kita bersatu, perusa-haan ini bisa bangkit lebih baik lagi,”katanya.

Sementara Direktur SDM danUmum PTPN VII Budi Santoso menga-takan melalui sosialisasi tersebut semuakaryawan memahami dan selanjutnyamelaksanakan butir-butir yang ada didalamnya. “Ini merupakan PKB pertamasejak perusahaan kita bukan lagi

berstatus perseroan, tapi menjadi anakperusahaan. Oleh karena itu dalamperumusan kesepakatan masih diwarnaikebijakan-kebijakan dri owner,” terangBudi.

Budi Santoso mengapresiasi SPPNVII yang tetap solid bersama-samamanajemen menyelesaikan setiapmasalah hubungan industrial yangtimbul dengan win-win solution danmengedepankan kepentingan bersama.“Kita bersyukur serikat pekerja danmanajemen perusahaan bisa seiringsejalan,” katanya.

Sebab, sampai saat ini masih adadi beberapa perusahaan lain, serikatpekerja sering tidak sejalan denganmanajemen perusahaan. “Kita bangga,karena SPPN VII justru keberadaannyamengawal perusahaan. Bahkan pe-mikiran-pemikiran teman-teman diserikat pekerja sering lebih majudibandingkan manajemen. Sebagaicontoh, serikat di beberapa unit turutandil dalam mengamankan areal milikperusahaan agar tidak diambil pihaklain,” terang Budi.

Saat ini perusahaan menghadapipermasalahan pertanahan, antara laindengan adanya kebijakan pemerintahuntuk membangun berbagai prasaranaumum, seperti jalan tol yang mengambilalih lahan perkebunan. “Tentu saja halitu akan mengurangi luasan areal kita.Karena itu, kita harus mampu mengop-timalkan sumber daya aset yang ada,jangan sampai ada areal yang me-

nganggur dan tidak dioptimalkan,”katanya.

Selanjutnya, kata BudiSantoso, yang terpenting adalahbagaimana meningkatkan produk-tivitas. “Bila kita mengandalkankondisi yang ada seperti sekarangini, cepat atau lambat kita akanhabis,” katanya. Budi mencon-tohkan PTPN II, yang arealnyasekarang berada di tengah per-kotaan, sehingga fokus pada pem-bangunan perumahan. Kondisiseperti itu ke depan juga akandialami oleh PTPN VII, karena tatakota akan terus berubah.

Mengenai pelayanan kese-hatan melalui BPJS, menurut Budisaat ini memang masih dicarikansolusi dan alternatifnya. “Kege-lisahan teman-teman adalah kege-lisahan kita semua, perkembanganterakhir mengenai pertukaranpelayanan kesehatan dari kelas IIke kelas I dan kelas I ke VIPmemerlukan biaya yang besar,”katanya.

Menurutnya, manajeman pe-rusahaan sudah menjajaki denganBPJS agar pelayanan dan obat-obatan untuk karyawan PTPN VIIbisa dibedakan dengan pesertalainnya. “Manajemen perusahaanakan terus berjuang untuk terus bisamemberikan pelayanan kesehatanyang lebih baik kepada karyawan,”katanya. (tim)

K

9TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016

AKTIVITAS

arena itu, semua pe-manen harus terus di-arahkan agar mema-hami dan memanen

berorientasi pada mutu TBS. Se-bagai salah atu upaya mening-katkan mutu TBS dan mengha-silkan rendemen tinggi, Unit Rejosarimelaksanakan kegiatan sosialisasimutu panen yang diikuti seluruhMandor Besar, PMP, Mandor Panen,PPH, dan pemanen pada 17 Maret2016.

“Saat ini harga komoditas sawitstagnan, bahkan cenderung terusturun. Salah satu cara agar kitadapat bertahan adalah denganmeningkatkan mutu panen. Kitaterus berusaha untuk mewujudkanrendemen 23 persen,” kata ManajerUnit Rejosari Akhmad Nurwibowo,ketika membuka kegiatan “So-sialisasi Mutu Panen” bertempatdilaksanakan LP2P Unit Rejosari.

Sosialisasi dihadiri AsistenKelapa Tanaman Unit RejosariRusman Ali Yusuf, para AsistenTanaman di Unit Rejosari, StafBagian Tanaman Kantor DireksiBudyono dan Budi Siswanto, sertastaf dari Distrik Lampung M. ZainalTorong, yang sekaligus mem-berikan materi sosialisasi.

Manajer Unit Rejosari me-nyampaikan bahwa yang hadirdalam kegiatan tersebut adalah or-ang-orang pilihan yang hebat, tidakmudah menyerah, kreatif, dan beranimelewati tantangan. “Karena kitaadalah keturunan orang-orang yanghebat, rezeki harus diusahakan darititik satu ke titik lain, kita harusselalu bergerak dan terus beru-saha,” kata Nurwibowo.

Manajer Unit Rjosari menya-takan bangga bahwa dari hasil kerjapara pemanen hasil sortasi UnitRejosari menunjukkan NSP yangdiperoleh selalu di atas norma ataulebih dari 85 persen. “Kami minta

Sosialisasi MutuPanen di Rejosari

Peran pemanen sangat penting dalam menghasilkan minyaksawit. Sebab, salah satu penentu tinggi-rendahnya rendemenadalah mutu panen. Selama ini masih banyak pemanen yanghanya berorientasi pada kuantitas tandan buah segar (TBS)

sawit dan mengabaikan kualitas, sehingga minyak yangdiperoleh tidak sepadan dengan jumlah TBS diolah.

kepada seluruh Asisten Afdeling agartetap konsisten dalam mengawal mutuproduksi ini, dengan mempertahankanpanen fraksi 1, 2, dan 3, karena hasilakhir dari seluruh rangkaian pekerjaankita adalah kuantitas dan kualitas CPO,”tambah Nurwibowo.

Dengan hanya memanen fraksi 1,2,dan 3 diharapkan dapat memperolehrendemen 23 persen atau lebih. “Hal inibukan hanya berdampak pada mutuCPO yang dihasilkan, melainkan jugadapat meningkatkan pendapatan parapemanen. Dengan pengawalan mutu iniboleh jadi pada awalnya memangmenurunkan produksi, karena kita hanyapanen fraksi 1,2, dan 3,” katanya.

Namun, dengan hanya memanenTBS yang bagus maka minyak yangdihasilkan juga lebih banyak. “Kita hanyamenunda panen fraksi 00 dan 0. Jadi,buah yang masih fraksi 00 dan 0 yangada di pohon bisa dipanen pada saatsudah matang dan menjadi fraksi 1,2,dan 3. Namun bukan berarti pula jika adabuah fraksi 4 dan 5 lalu ditinggalkan dantidak. Fraksi 4 dan 5 harus tetap dipanenuntuk menghindari marasmius,” kataNurwibowo.

Sementara Asisten Kepala UKKSRejosari Rusman Ali Yusuf menam-bahkan jika pemanen tetap mengambilTBS fraksi 00 dan 0 maka akan ber-dampak pada NSP, perolehan rendemenjuga turun, dan premi pemanen jugadikurangi sebagai denda. “Untuk buahfraksi 4 dan 5, setelah dipenen kemudiandibrondol di TPH, dan tandan kosongnyaditempatkan di gawangan,” katanya.Menurutnya, selama ini Bagian Tanamandan Bagian Pengolahan selalu berbedapendapat dalam menentukan NSP.“Karena itu, mari mulai saat ini kitasemua harus sejalan seperti jalur relkereta api,” ujarnya.

Sedangkan Staf Bagian TanamanDistrik Lampung Zainal Torong mengajaksemua karyawan dari atas hinggapemanen terus meningkatkan prestasidan menjaga mutu panen. “Mari kita

niatkan kebersamaanuntuk menjaga mutupanen serta pencapaianrendemen 23 persenatau naik dari tahun laluyang hanya 21 persen.”(tim resa)

K

TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016 10

WARTA

eringatan HUT PTPNVII kali inidilaksanakan secarasangat sederhana.

Acara dihadiri seluruhkaryawan Distrik, termasukkaryawan yang bertugas diIPMG Pulaubai. Meskisederhana, kegiatanberlangsung khidmat dangayeng.

General Manager (GM)Distrik Bengkulu Budi Firmandalam sambutanyamengatakan bahwa dalamsituasi yang sulit sepertisekarang ini, semuakaryawan harus berbuatsesuatu yang berarti agar kedepanya perusahaan kembalimembaik dan berjaya.

Menurutnya, dalamkondisi sulit seperti saat inibiasanya selalu muncul ide-ide kreatif untuk berinovasimeningkatkan kinerja,berhemat, atau bahkanpenggabungan beberapajabatan untuk optimalisasi.Tidak itu saja, repair alat-alatpun dilakukan untukpercepatan proses.

“Seperti yang dilakukanUnit Ketahun dalampenggunaan sekat bekas danUnit Pagaralammemanfaatkan gear boxbekas, serta pemanfaatanboks bekas di UnitPadangpelawi. Semuadilakukan dan kita menjadilebih kreatif karena kondisiyang memaksa demikian,”kata Budi Firman.

Selanjutnya Budi Firmanmemberikan gambaran ketikamelakukan Sholat Kusyuf diBenteng Malborough padasaat gerhana matahari totaltanggal 9 Maret lalu, di tengahbenteng para jamaahmelaksanakan sholat danmendengarkan khotbah,sementara di pinggir bentengbanyak orang yang hanyamenonton.

“Apakah kita sebagaikaryawan Distrik juga akanmenjadi penonton sementarakaryawan Unit berjibakumenggali produksi. Mari kitakalkulasi, karyawan Distrikbekerja satu bulan rata-rata ada4 hari libur setiap minggu,sehingga masih ada waktu buatkeluarga dan keperluan lainnya.Bagaimana dengan penyadap?Mereka bekerja satu bulanliburnya satu kali, yaitu padasaat gajian,” katanya.

Karena itu, Budi Firmanmeminta semua karyawan,terutama yang berada diDistrik, lebih meningkatkanaktivitas, kreativitas, dan terus

Peringati HUT dengan Doa BersamaDistrik Bengkulu mengadakan doa bersama dalam rangka memperingati HUT ke-20 PTPN VII (11/3/

2016) di mess Distrik setempat. Kegiatan juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan UstadNasrul Haq dari Unit Padangplawi.

berinovasi untuk mendukungkaryawan di unit dalammenggali produksi. “Kalau kitahanya jadi penonton, nantiketika orang lain berhasil, kitahanya bisa menonton oranglain menikmati hasil kerjakeras mereka,” katanya.

Ketua SPPN VII CabangDistrik Bengkulu Bustomimenyampaikan bahwa kalaudulu peringatan HUT PTPN VIIdilaksanakan dengan meriahdi Bandarlampung dan dihadiriperwakilan karyawan, kinidirayakan dengan sederhana.“Namun harapan kami initidak mengurangikekhidmatan dan tujuan dariperingatan HUT. Intinya padadoa kita bersama, semogaperusahaan kita kembalimembaik dan jaya,” katanya.

Sementara Ustad NasrulHaq menyampaikantausiahnya sangat mengenapada sasaran, tujuan, danharapan manajemen.Menurutnya, peringatan HUTbukanlah terletak padakemeriahannya, melainkanpada nilainya. “PeringatanHUT kali ini justru murah,meriah, dan barokah,”katanya.

Dikatakan murah karenapelaksanaannya tidakmembutuhkan biaya yangbesar bahkan boleh dibilangsangat murah. “Coba kalauperingatan HUT mengundangmusik dan artis terkenal,tentu akan banyak biaya yangdikeluarkan. Manfaatnya,belum tentu,” katanya.

Disebut meriah karenadihadiri seluruh karyawanyang berbaur menjadi satu ditempat yang sama. Tidakmembedakan antara atasandan bawahan, semuanyaduduk bersila di tempat yangsama dan menikmatisantapan yang juga sama.“Kebersamaan seperti iniyang dapat menumbuhkanrasa saling memiliki dansaling membutuhkan dalamorganisasi,” tegasnya.

Peringatan HUT kali inijuga pernuh berkah ataubarokah karena acaranya doabersama untuk keselamatankaryawan dan keluarganyaserta kemajuan perusahaan.“Meski kondisi perusahaankita saat ini sedang sulit, kitatidak perlu khawatir, karenaAllah selalu memberi jalankeluar kepada manusiasepanjang manusia mauberusaha,” katanya.

Ustad Nasrul punmenawarkan konsep agarselalu mendapat bimbingan

dan petunjuk dari Allah, yaitubersyukur, bersabar,berikhtiar, dan berdoa atau 4-B. “Apapun keadaan kita saatini harus disyukuri. Sebagaicontoh, gaji yang kita terimasaat ini masih lancar,terlambat hanya satu ataudua hari. Lihat di tempat lain,ada yang sudah 3 bulanbelum terima gaji.”

Allah berjanji dalam SurahIbrahim bahwa barangsiapabersyukur maka akan ditambahnikmatnya dan barang siapamengingkari atau kufur,sesungguhnya azab Allahsangat pedih. “Oleh karena itu,apa pun yang kita terima harusselalu kita syukuri. Selainbersyukur dengan ucapan,yang terpenting adalahmemanfaatkan nikmat yang

menghadapi cobaan berupakesulitan. Tapi tak banyakyang bertahan ketikamemperoleh cobaan berupakekayaan, jabatan, ataukekuasaan,” ujarnya.

Menurutnya, sabar itu takada batasnya. Kalau adabatasnya, berarti ya tidaksabar. Sabar juga tidak berartidiam saja, tetapi terusbergerak mencari solusinya.Mendapat ujian kesulitanjangan putus asa, tetapi lebihmemperbanyak ikhtiar,sabarnya orang sakit ya terusmencari obat agar sembuh,sabarnya orang kaya ya harusbanyak beramal, tahanmenghadapi banyaknya orangyang meminta, danseterusnya.

Kemudian berikhtiar,

kita peroleh untuk hal-halkebaikan yang diridoi Allah,”katanya.

Memperoleh nikmatsehat, dipergunakankesehatan tersebut untukbekerja dengan baik danmembantu sesama,memperoleh nikmat rezekiberupa uang dibelanjakanuntuk hal-hal yang baik,memperoleh nikmat apa sajadimanfaatkan untuk hal-halyang diridoi Allah. “Itulah yangdinamakan bersyukursebenarnya.”

Kemudian juga harusselalu bersabar dalammengahadapi cobaan, baikcobaan kesulitan maupuncobaan berupa kesenangandan kemudahan. “Banyakorang yang kuat ketika

P

11TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016

istrik Bengkulumengadakan pelatihanaudit internal yang diikuti16 peserta pada tanggal 2

Maret 2016 di ruang rapat lantai 1Distrik Bengkulu. Pelatihan inibertujuan untuk mencetak kaderauditor internal yang menjadikebutuhan perusahaan untukmenghadapi tantangan bisnissecara profesional.

General Manajer DistrikBengkulu Budi Firman dalamsambutannya ketika membukakegiatan mengatakan bahwa saatini PTPN VII baru memiliki sekitar30 auditor internal. Melaluipelatihan audit internal di DistrikBengkulu diharapkan dapatmemberikan kontribusi positifbagi kemajuan perusahaan.

Apalagi ke depan Distrikmendapat tambahan tugas untukmengaudit unit sebelumdilaksanakan audit eksternal. “Auditsecara internal sangat penting,karena banyak hal yang perludiluruskan. Kadang-kadang kitalupa terhadap ketentuan yang telahkita sepakati dan tertuang dalamSMTN7 karena kebiasaan yangsalah tetapi seakan-akan benarkarena selalu dilakukan. Itulah yangdisebut salah kaprah,” katanya.

Menurutnya, pelatihan inisangat penting agar ada karyawanyang mempunyai keahlian dalammelakukan audit. Karena itu, BudiFirman berharap peserta pelatihanbersungguh-sungguh mengikutimateri yang disampaikansehingga paham dan mengerti dannantinya mampu melaksanakandengan baik.

Sementara Kepala BagianSatuan Pengawasan Internal (SPI)Kantor Direksi Musyafak dalampengarahannya mengatakansangat beruntunglah karyawanyang terpilih sebagai auditor,karena mempunyai tugas mulia,dan memperoleh tambahan ilmudan pengalaman.

“Dikatakan mulia karenabertugas mengawal proses bisnissesuai SMTN7. Meski tidakdibayar secara khusus tetapimempunyai tangung jawab yangbesar agar proses bisnis berjalansesuai dengan sistem yang telahkita sepakati yang kita tuangkandalam SMTN7,” katanya.

Musyafak menyampaikan

CETAK AUDITOR INTERNALbahwa audit internal bertujuan untukmemenuhi persyaratan pelanggan/pasar (customer requierment),peraturan/undang-undang, SistemManajemen Organisasi Standar ISO9001: ISO 14000; OHSAS 18000;22000; ISPO; GCG; KPKU ataupersyaratan standar lainnya.

Sedangkan sasaran yang ingindicapai dalam pelatihan tersebutadalah memberikan kemampuanpeserta untuk dapat melakukan auditpersyaratan-persyaratan yang telahditetapkan di dalam SMTN7.

Selain itu memastikan bahwaSistem Manajemen yang ditetapkantelah diimplementasikan dan fokuspada bagaimana meningkatkankepuasan pelanggan, perbaikan yangberkesinambungan, dan pengendalianbahaya-risiko keselamatan dankesehatan kerja, serta pengendalianlingkungan hidup.

Peran auditor internal dalamparadigma baru setidaknya memilikitiga tugas dalam menjalankantanggung jawabnya. Pertama sebagaievaluator yang tugasnya mengauditdan mengevaluasi aktivitas ataukegiatan operasional sesuai bidangnyadi perusahaan.

Kedua sebagai konsultan yangtugasnya memberikan masukan atausolusi atas permasalahan/kendala/hambatan yang terjadi (problemsolving). Ketiga sebagai katalisatoryang tugasnya memberikan saranyang konstruktif dan dapatdiaplikasikan bagi kemajuanperusahaan kepada manajemen

Reformasi paradigma diperlukankarena selama ini audit internalterkesan mencari kesalahanan,sebagai mata dan telinga topmanajemen, selalu berprasangkaburuk, mengabaikan prestasi auditee,lebih menonjolkan kewenangandaripada profesioanlisme, kurangholistik, sikap bermusuhan danparahnya lagi merasa paling benar.

Sebagai auditor harus bersifatindependen atau bebas.Tidakterpengaruh oleh pihak lain dalam areayang diauditnya, baik secara langsungmaupun tidak langsung, dalamkapasitas pribadi maupun profesional.Auditor tidak boleh mengaudit bagianatau pekerjaannya sendiri.

Musyafak menyampaikan bahwapentingnya melaksanakanpengendalian manajemen dalampencapaian sasaran kinerja.Pengawalan melalui audit internal

sangat diperlukan untuk memenuhiharapan pasar.

“Bila selama ini kita mengenaldelapan pengendalian manajemenperusahaan yang harus dipahami, sayamencoba untuk menyempurnakanmenjadi sembilan , yaitu satu organisasi,dua kebijakan, tiga prosedure, empatpersonalia, lima perencanaan, enampencatatan, tujuh pelaporan, delapanaudit internal, dan sembilan adalahtinjauan manajemen,” katanya.

Dengan adanya tambahan jumlahaudit internal tersebut, diharapkanakan meningkatkan kinerjaperusahaan, terutama kesesuaianprosedur. Ini penting karenamanyangkut hal-hal yang berkaitandengan prosedur dalam proses bisnisyang menjadi dasar penilaian darisemua segi.

Selain Kabag SPI Kantor DireksiMusyafak yang menyampaikan materitentang audit internal, materi jugadisampaikan Kaur TIS BagianTeknologi Informasi Komunikasi danCorporate Management RepresentativeKantor Direksi Ronald Sudrajat yangmenyampaikan materi SMTN7, dibantuStaf TIS Dicki Winarko dan Staf BagianSDM Kandir Suratno.

Pelatihan audit internal diikuti olehKabid SDM dan Umum, Kabid AKU,Kabid Tanaman, dan seluruh StafDistrik Bengkulu. Peserta pelatihansangat antusias mengikuti materi yangdisampaikan para penyaji, karenaberkaitan dengan hal-hal yang seringmenjadi temuan di lapangan.

Untuk memamahi secara utuhpelatihan audit internal terlebih dahuludipahami definisi audit. Menurut ISO9001:2008 audit adalah proses yangsistematis, independen, dan

terus selalu berusaha,berkreasi, dan berinovasimenciptakan hal-hal baruuntuk meningkatkanproduktivitas. Sumber dayamanusia merupakan asetyang tak ternilai. Bekerja danterus berusaha tentu akanmemperoleh jalan yangterbaik. Jangan menjadipenonton, tetapi jadilahpemain yang dapatmenentukan arah perusahaan.

Kemudian jangan lupauntuk selalu berdoa yangmerupakan kekuatan yangtiada tara. Dengan selaluberdoa, berarti akan terusmuncul harapan. “Kita terusbertahan hidup, karenamempunyai banyak harapan.Jika orang sudah tak punyaharapan maka matilah dia,”tegasnya.

Menghadapi situasiseperi saat ini selain

bersyukur atas apa yang telahdiperoleh, bersabar dengankondisi yang ada, juga terusberikhtiar untuk mengubahkeadaan menjadi lebih baik,dan juga terus berdoa untukterus menyemaikan harapan.“Yakinlah bahwa semuaadalah kuasa Allah, apa punyang terjadi merupakankehendak Allah, karena ituhanya gantungkan harapankepada-Nya,” nasihatnya.

Acara peringatan HUTke-20 PTPN VII di DistrikBengkulu ditutup denganpemotongan tumpeng olehGM Distrik Budi Firman danpotongan pertama diberikankepada Tambiyo (pramubaktikantor), Kuswati (pramubaktimess), dan Dalmawatimewakili karyawan.

Selian di DistrikBengkulu, peringatan serupajuga dilaksanakan Unit

Talopino, Senabing, Ketahun,dan Pagaralam. Acaranyajuga sama, yaitu pemotongantumpeng dan doa bersama.

Khusus di UnitPadangpelawi, peringatanHUT diadakan beberapakegiatan dari karyawan untukkaryawan seperti lombakebersihan dan keindahankantor afdeling seta lombamasak dan pembuatan nasitumpeng. (tim)

terdokumentasi untukmendapatkan bukti danmengevaluasinya secara objektifuntuk menentukan apakahkebijakan, prosedur, ataupunpersyaratan telah dipenuhi.

Menurut Ronald Sudrajat,PTPN VII melaksanakan sistemmanajemen terpadu berupa 7sistem, yaitu Sistem ManajemenOrganisasi Standar ISO 9001:ISO 14000; OHSAS 18000;22000; ISPO; GCG; dan KPKU.

“Menurut saya kita sudahsangat baik, karena sudahmenerapkan 7 sistem. Rata-rataperusahaan lain maksimalmenggunakan 3 sitemmanajemen. Sekarang yangterpenting bagaimanapelaksanaannya di lapangan.Karena itulah perlu adanyaauditor,” ujarnya.

Sedangkan Syaeful Rasyid,kabid di Distrik Bengkulu, setelahmengikuti pelatihan audit internalmenyampaikan bahwa setelahPTPN VII mendapatkan sertifikatISO 9000, ISO 14000, OHSAS18001, 22000, ISPO, GCG,KPKU, organisasi perusahaandisarankan melakukan auditinternal SMTN7 minimal satu kalidalam setahun, sebelumpelaksanaan surveilance auditoleh Badan Sertifikasi.

“Dengan demikian, tentunyaharapan perusahaan kepadapeserta pelatihan audit internaladalah dapat mempraktekan ilmuyang telah diperoleh selamapelatihan untuk mengaudit unit diwilayah Distrik Bengkulu,”katanya. (tim)

D

WARTA

Musyafak Kepala Bagian Satuan Pengawasan Internal (SPI)Kantor Direksi

TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016 12

WARTA

ebelumnya tiga negarasudah menyepakatidan melakukannyadengan rencana total

menahan pengiriman mencapai615 ribu ton hingga 31 Agustus2016,” kata Sekretaris EksekutifGabungan Perusahaan KaretIndonesia (Gapkindo) SumateraUtara Edi Irwansyah dikutipAntara (14/3/2016).

Dari total penguranganekspor itu, dari Indonesiaberkurang sebanyak 238 ributon, Thailand 324 ribu ton, danMalaysia 53 ribu ton. Sedangpengurangan dari Vietnam diluar jumlah tersebut, sehinggadiharapkan bisa semakin kuatmendorong kenaikan hargakaret di pasar internasional.

Sejak diumumkan rencanapengurangan ekspor karet itu,menurut Edy, sudah ada ke-naikan harga komoditas tersebutdi pasar dunia, menjadi 1,245dolar AS per kg pada 11 Maret2016 untuk pengapalan April2016. Namun, kenaikan dariharga sebelumnya 1,08 dolar ASper kg itu masih belummenyentuh harga ideal. Idealnya

EMPAT negara produsen terbesar karet alam dunia melakukan usaha bersama menaikkan harga karet denganmembatasi ekspor 15% hingga 31 Agustus 2016. Tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Thailand telahmelakukan kebijakan tersebut sejak 1 Maret 2016, sementara Vietnam sepakat menyusul pada April 2016.

harga FOB (termuat di pelabuhanpengirim) karet jenis TSR20 mini-mum 1,90 dolar AS per kg.

“Keseriusan dari empatnegara produsen karet me-ngurangi ekspor itu tak bisadianggap enteng karena pro-duksi karet alam dari negara-negara tersebut lebih 70% daritotal pasokan untuk pasardunia,” tegas Edi.

Usaha Gapkindo bersamamitra di tiga negara melakukanembargo ekspor untuk me-naikkan harga karet di pasarinternasional itu jelas menjadiberita menggembirakan bagipara petani karet di daerah iniyang sudah lebih tiga tahunterpuruk akibat harga karetmerosot terus-menerus. Hargakaret terbaik terjadi pada Agus-tus 2010, yakni 5 dolar AS perkg untuk kadar karet kering(KKK) 100%.

Usaha itu lebih menggem-birakan lagi karena hasilnyajuga langsung terlihat, meskikecil, mulai ada kenaikan. Agarusaha tersebut berhasil men-capai kembali ke harga ideal,tentu ada harga yang harus

dibayar.Dalam hal ini, ketaatan

daerah mendukung pengurang-an ekspor karet sebesar kuotayang ditetapkan. Sumut, mi-salnya, mendapat kuota pe-ngurangan ekspor 38 ribu tondari total nasional 238 ribu ton.

Demi membangkitkankembali para petani karet dariketerpurukan akibat jatuhnyaharga selama ini, berapa punkuota pengurangan eksporkaret dari Lampung harusditaati. Biro Ekonomi provinsimungkin perlu membantu paraeksportir untuk itu.

Karet Mulai Melaju NaikHarga karet terus me-

nunjukkan penguatannya untukpengiriman Agustus di TokyoCommodity Exchange padaperdagangan Kamis (17/3/2016). Komoditas tersebut naik2,40% atau 4,10 poin ke level174,60 yen per kilogram (kg)atau Rp20.380,28 per kg yangmerupakan kenaikan terbesarsejak 7 Maret 2016.

Sebelumnya, karet dibukamenguat 0,23% ke level 170,90

yen per kg. Analis BrokerKomoditas Yutaka Shoji Co GuJiong mengatakan suasanapasar positif setelah pertemuanFOMC sehingga meningkatkankeuntungan pada ekuitas danpasar komoditas. “Naiknyaharga minyak juga menduk-ung,” katanya.

Tercatat, minyak WestTexas Intermediate (WTI) untukkontrak Mei diperdagangkanmenguat 1,32% ke US$40,53per barel pada pukul 10.07 WIBsetelah dibuka menguat 0,15%di US$40,06 per barel. Se-

ntuk kesekian kalinya PTPNVII bekerjasama denganPembina Palang Merah In-donesia (PMI) Provinsi

Lampung menggelar kegiatansosial donor darah. Kegiatan yangdilaksanakan di Gedung PertemuanSelasa (15/3/2016) berhasilmengumpulkan 95 kantong darahdari 106 pendonor.

Menurut Kepala UrusanProtokoler, Humas & Biro Direksi,Sofian Machmud, kegiatan donor inimerupakan kegiatan rutin tiga bulansekali. Dan merupakan bentuk kepe-dulian PTPN VII terhadap sesama.

Kegiatan ini terus kita ting-katkan dari tahun ke tahun, menja-dikan PTPN VII telah meraih bertu-rut-turut penghargaan sejak tahun2012, sebagai kelompok donorterbaik kategori instansi pemerintahdan BUMN.

“Kebutuhan darah di BandarLampung belum bisa terpenuhi olehPalang Merah Indonesia (PMI)Lampung. Untuk itu, pihaknyamemberikan sumbangsih sekaligusdukungan nyata untuk penyediaandarah bagi masyarakat melaluikegiatan sosial tersebut,” katanya.

Kegiatan ini diikuti karyawan di

Donor Darah Kumpulkan 95 KantongKantor Direksi, Distrik Lampung, UnitWay Belulu, Rejosari, Pematang Kiwah,Kedaton dan Bergen serta keluargakaryawan.

Sofian mengucapkan terima kasihkepada para karyawan yang telahberpartisipasi dalam kegiatan ini ikutmendonorkan darahnya. Semoga kede-pan akan terus bertambah partisipasikaryawan dalam kegiatan ini.

Sementara Dr. Andhien dari PMIProvinsi Lampung, saat ini kebutuhandarah untuk mencukupi kebutuhanrumah sakit di Provinsi Lampung dalamsatu bulan mencapai 5000 kantong.Khusus RS Umum Abdul Muluk setiapbulan bisa mencapai 2000-3000 kantong.Dan PMI baru bisa memenuhi kebutuhandarah rumah sakit di Lampung baru 70-80 persen saja.

“Adanya kenaikan kebutuhan darahini, karena saat ini di provinsi Lampung mulaibanyak dibangun rumah sakit, sehinggakebutuhan darah meningkat,” katanya.

Untuk itu, tambah dr. Andhien, PMIterus melakukan sosialisasi ke masya-rakat agar mau mendonorkan darahnya.Selain itu, PMI juga membuka mobildonor di tempat-tempat keramaianseperti di PKOR Way Halim dan Saburaisetiap hari minggu.

“Dari kegiatan ini, meskipun tidak

banyak tapi ada saja masyarakatyang mendonor,” katanya.

Ia juga menghimbau agarperusahaan-perusahaan yang adadi Lampung, agar bisamelaksanakan kegiatan doorsecara rutin, seperti yangdilaksanakan PTPN VII. “Kegiatanyang dilaksanakan PTPN VII ini inisangat membantu PMI dalammemenuhi kebutuhan darah,”ujarnya. (tim)

Batasi Ekspor untuk NaikkanHarga Karet

dangkan, minyak Brent untukkontrak Mei menguat 0,74% keUS$40,63 per barel pukul 10.08WIB setelah dibuka menguatjuga 0,30% di US$40,45 perbarel.

Karet Authority of Thailanddalam situsnya menyebutkanharga karet dapat melanjutkantren kenaikan karena penurunanpasokan selama musim pro-duksi yang rendah. Thailandmasih menjadi produsen daneksportir terbesar, sedangkanChina merupakan konsumenkaret terbesar. (tim)

S“

U

13TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016

KESEHATAN

Sepuluh Cara Mengontrol Gula Darah

etika kita mengerti seberapabesar faktor makanan dapatmempengaruhi seseorang ter-hadap diabetes, atau mem-

pengaruhi perkembangan seseorangdari penyakit, maka kita akan mudahmemahaminya. Sementara makananmerupakan kunci utamanya, ada bebe-rapa faktor lain yang dapat mem-pengaruhi kadar gula darah.

Berikut ini adalah pilihan ataurekomendasi terbaik yang bisa kitalakukan untuk mempertahankan ataumengontrol kadar glukosa darah dan in-sulin yang sehat, seperti yang diberitakanoleh Reader’s Diggest’s Best Health.1. Tertawa

Ilmuwan Jepang menunjukkanbahwa tertawa bisa menjadi obat yangmurah untuk mengontrol kadar gula darahpada level yang baik. Penderita diabetesyang menonton film komedi setelahmakan malam diketahui mengalami kadargula darah yang lebih rendahdibandingkan mereka yang menyaksikanberita-berita membosankan. Janganbiarkan diri stres berkepanjangan saatmengalami diabetes. Banyak bertawatentunya bukanlah hal yang buruk.2. Konsumsi Produk Susu

Sebuah studi yang melibatkan3.000 orang menemukan bahwa orang

Diabetes adalah suatu kondisi yang rumit karena ada begitu banyak faktor yang bisa mempengaruhi gula darah di tubuh.Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk menunjukkan jenis makanan terbaik bagi penderita diabetes.

kelebihan berat badan yang mengon-sumsi susu atau produk susu lainnya,70 persen lebih kecil kemungkinannyauntuk mengembangkan resistensi insu-lin dibandingkan dengan mereka yangtidak mengonsumsinya. Hal ini karenalaktosa, protein, dan lemak dalamproduk susu dapat memperbaiki guladarah dengan dan memperlambatkonversi gula makanan ke gula darah.3. Penuhi Kebutuhan Magnesium

Sebuah studi yang melibatkanwanita menemukan bahwa asupan tinggimagnesium dapat mengurangi risiko dia-betes sebesar 10 persen secarakeseluruhan, dan sekitar 20 persen padawanita kelebihan berat badan. Kita bisamemenuhi kebutuhan magnesium de-ngan mengonsumsi alpukat, bayam,sayuran hijau, kacang-kacangan, danikan.4. Konsumsi Kayu Manis

Dalam sebuah penelitian di Paki-stan, orang dengan diabetes tipe 2 yangmengonsumsi 1 – 6 gram kayu manisdiketahui mengalami penurunan kadargula darah mereka antara 18-29 persen,tergantung dari jumlah yang dikonsumsi.Tentunya bukanlah hal yang sulit untukmencari kayu manis. Kita bisa menam-bahkan kayu manis dalam kopi, teh,ataupun yogurt.

5. Cukup TidurSejumlah penelitian telah mene-

mukan bahwa kurang tidur memiliki efekyang serius terhadap gula darah dantingkat insulin dalam tubuh. Karena itupenuhi kebutuhan tidur yang cukup yaknisekitar 6—8 jam setiap hari.6. Pangkas Lemak Jenuh

Hasil dari sebuah studi di Amerikayang melibatkan 3.000 orang menun-jukkan bahwa seseorang memilikipeluang yang jauh lebih tinggi un-tuk terkena diabetes jika memilikitingkat lemak jenuh yang tinggi dalamtubuh. Oleh sebab itu, hindari atausetidaknya kurangi makanan-makananyang tinggi kandungan lemak jenuhnya.7. Jalan Kaki

Sebuah studi skala besar di Ame-rika menunjukkan bahwa berjalan 2 kmsehari akan mengurangi risiko kematianakibat diabetes. Selain itu, penelitiantersebut juga menunjukkan bahwaberjalan 10 km dalam seminggu jugaakan mengurangi kesempatan kematianakibat penyakit jantung sebesar 34persen pada penderita diabetes.8. Konsumsi Grapefruit

Orang Indonesia mungkin masihasing dengan buah ini. Namun grapefruittermasuk dalam golongan buah jeruk.Buah ini mirip jeruk Bali, namun grape-

fruit mempunyai daging berwarna merahkeunguan dan kulit berwarna oranye.

Peneliti Amerika melakukan pene-litian terhadap 50 pasien obesitas yangdiminta untuk mengonsumsi setengahbuah grapefruit sehabis waktu makanselama 12 minggu dan membanding-kannya dengan kelompok yang tidakmengonsumsinya. Pasien yang makangrapefruit rata-rata mengalami penurunanberat badan sebesar 1,6 kg. Mereka jugamemiliki level insulin dan glukosa yanglebih rendah setelah makan, menunjuk-kan metabolisme gula yang lebih efisien.9. Konsumsi Legume

Legume termasuk dalam keluargakacang-kacangan. Contoh legume ataukacang-kacangan yang populer adalahkacang tanah, kacang lentil, buncis,kacang hijau, kacang merah, kacangpolong, kacang kedelai, dan lainsebagainya. Penelitian menunjukkanbahwa makan 75 gram kacang-ka-cangan sehari bisa menstabilkan guladarah dan insulin dalam tubuh.10. Rilekskan otot tubuh

Sebuah penelitian menemukan bahwasetelah menegangkan otot tubuh selama10 menit setiap hari, kemudian merilek-sasikannya secara signifikan dapatmemperbaiki kadar gula darah, terutamapada orang yang gula darahnya tinggi. (dbs)

Turunkan Kolesterol Jahat dalam 7 Hariesehatan merupakan asetyang harus dijaga.Mengonsumsi makanansehat dan rutin bero-

lahraga adalah beberapa cara untukmenjaganya. Makanan berkon-tribusi menyebabkan terjadinyagangguan kesehatan sebesar 80persen.

Salah satu masalah kesehatanyang datang dari makanan tidaksehat adalah tertimbunnya koles-terol jahat (low density lipoprotein/LDL), yang bisa mengganggukelancaran peredaran darah.Apabila tidak dikelola dengan baik,kolesterol ini bisa menyebabkangangguan kesehatan seperti batuempedu, hipertensi, hingga serang-an jantung.

Apabila kadar kolesterol jahatdalam tubuh sudah mencapaiangka bahaya, mulai dari sekarangsebaiknya berpikir untuk menurun-kannya. Adapun cara untukmengatasinya tidak terlalu susah.Berikut ini panduan diet dari LisaGuy, seorang ahli gizi, yang bisakita terapkan untuk menurunkankadar kolesterol jahat hanya dalamwaktu tujuh hari saja. Berikutpenjelasannya.

Senin: di hari pertama ini kitadisarankan untuk mengonsumsisayuran dan buah yang kaya nutrisipenting. Sayur dan buah kayaserat yang mempunyai efek untukmenyerap kolesterol jahat. Kon-sumsilah sayuran dan buah yangbervariasi setiap harinya agar tidakbosan.

Selasa: kurangi asupan makananyang mengandung lemak tidak sehat,lemak trans, dan lemak jenuh yang bisameningkatkan kadar kolesterol darah.Membatasi asupan makanan cepat sajimaupun junk food adalah salah satucaranya. Di samping itu, pilihlah minyaksehat seperti minyak zaitun untukmenggantikan mentega, lalu pilih jugaproduk susu yang rendah lemak, sertahindari lemak dari kulit unggas dandaging.

Rabu: masaklah makanan denganminyak zaitun, karena minyak inimengandung lemak tak jenuh tunggalyang sehat. Minyak sehat ini mempunyaiambang batas oksidasi yang lebih tinggijika dibandingkan dengan minyak takjenuh tunggal lainnya serta lebih stabilpada suhu yang tinggi. Hal ini membuatminyak zaitun lebih tahan terhadappembentukan lemak trans dan hidro-generasi. Lemak tak jenuh tunggal dapatmembantu mengurangi kadar kolesteroljahat dalam darah.

Kamis: konsumsi bawang putihlebih banyak. Penelitian menunjukkanbahwa bawang putih dapat menurunkankadar kolesterol jahat dalam darah.Bawang putih juga berkontribusi dalammengencerkan darah yang pada akhirnyadapat membantu mengurangi risikojantung. Penelitian lain menunjukkanbahwa di beberapa negara yang mayo-ritas penduduknya memiliki kebiasaanmakan bawang putih setiap hari dike-tahui mempunyai risiko penyakit jantungyang rendah.

Jumat: konsumsi lebih banyaksayur dari keluarga kacang-kacanganseperti kacang polong, kacang lentil,

dan buncis. Makanan-makanan tersebutsangat baik untuk orang yang kadarkolesterolnya tinggi. Selain rendahlemak, sayuran tersebut kaya nutrisipenting seperti zat besi, lemak takjenuh, dan vitamin B. Lebih jauh lagi,sayuran tersebut mengandung seratlarut yang dapat membantu menurunkankadar kolesterol.

Sabtu: sarapanlah dengan oat-meal. Oatmeal adalah makanan kayaserat yang baik bagi kesehatan jantung.Oat mengandung nutrisi penting se-perti zat besi, vitamin E, dan vitamin B.Oat merupakan sumber serat larut yangdapat menurunkan kadar kolesterol danmemperkecil risiko penyakit jantung.

Minggu: konsumsilah kacang-kacangan yang mengandung lemak takjenuh. Pilihlah kacang yang rendahlemak seperti hazelnut, walnut, dan al-mond. Sebagaimana yang telah dije-laskan bahwa makanan yang me-ngandung lemak tak jenuh memilikipotensi untuk mengurangi kadar ko-lesterol jahat.

Untuk mengetahui kadar normal darikolesterol dalam darah, simak uraianberikut.

Kurang dari 200 mg/dl: ini me-rupakan ukuran kadar kolesterol nor-mal. Artinya kolesterol total yaknijumlah dari kadar LDL (kolesterol jahat),HDL (kolesterol baik), dan trigliseridakurang dari 200 mg/dl, dengan demikianpenyakit jantung tidak akan mengintipkita. Tapi bukan berarti boleh terusmengonsumsi makanan berlemak,tetap atur pola makan dan rajinberolahraga.

Berada di kisaran 200-239 mg/dl:

termasuk tingkat kolesterol yangcukup. Kalau memang kadarkolesterol berada di kisaran 200-239mg/dl, sebaiknya cek ke labo-ratorium untuk mengetahui detail darikadar LDL, HDL, dan trigliserida.

Lebih dari 240 mg/dl: tingkatkolesterol yang berisiko tinggi,karena seseorang dengan ukurankadar kolesterol tersebut besarkemungkinan terkena penyakitjantung.

Kadar normal kolesterolHDL: kadar HDL normal untuk priaberkisar 40-50 mg/dl, dan 20-60 mg/dl untuk wanita. Jika kadar HDLsemakin tinggi, semakin kecil pularisiko terkena penyakit jantung.

Kadar normal kolesterolLDL: sebaliknya, semakin sedikitkadar LDL dalam darah, semakinkecil risiko terkena penyakitjantung. Pada umumnya, kadar LDLterbagi dalam kategori: kurang dari100 mg/dl = sangat bagus; antara100-129 mg/dl = normal; antara 130-159 mg/dl = cukup; antara 160-189mg/dl = tinggi; dan lebih dari 190mg/dl = sangat tinggi.

Kadar normal trigliseridaTrigliserida adalah semacam

lemak yang terdapat dalam darahdan berbagai organ tubuh. Lemakini sangat memengaruhi kadarkolesterol. Artinya jika trigliseridanaik maka kadar kolesterol jugaakan naik. Kadar trigliserida terbagimenjadi beberapa kategori: kurangdari 150 mg/dl = bagus; 150-199 mg/dl = normal; 200-499 mg/dl = tinggi;dan 500 mg/dl = sangat tinggi. (tim)

K

K

TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016 14

MOTIVASI

1. Kisah Si Penebang Pohon

Diceritakan pada suatuhari seorang juragan kayumenerima lamaran seorangpekerja untuk menebang pohondi kebun kayunya. Karena gajiyang menarik dan kondisi kerjayang bakal diterima sangatbaik, si calon penebang pohonitu pun bertekad untuk bekerjasebaik mungkin.

Saat mulai bekerja, simajikan memberikan sebuahkapak dan menunjukkan areakerja yang harus diselesaikandengan target waktu yang telahditentukan. Hari pertama bekerja,dia berhasil merobohkan 8batang pohon. Sore hari,mendengar hasil kerja si pene-bang, sang majikan terkesan danmemberikan pujian dengan tulus.

“Hasil kerjamu sungguhluar biasa! Saya kagum dengankemampuanmu menebang po-hon. Belum pernah ada pekerjayang sepertimu sebelum ini.Teruskan bekerja seperti itu,”kata sang juragan.

Termotivasi oleh pujianmajikannya, keesokan hari sipenebang bekerja lebih keraslagi, tetapi dia hanya berhasilmerobohkan 7 pohon. Hariketiga, dia bekerja lebih keraslagi, tetapi hasilnya tetap tidakmemuaskan bahkan menge-cewakan, hanya 6 pohon.Semakin bertambahnya hari,semakin sedikit pohon yangberhasil dirobohkan, hinggapada hari ketujuh hanya 2pohon yang bisa ditebang.

“Sepertinya aku telah kehi-langan kemampuan dan ke-kuatanku, bagaimana aku dapatmempertanggungjawabkanhasil kerjaku kepada majikan?”pikir penebang pohon merasamalu dan putus asa. Dengankepala tertunduk dia meng-hadap ke sang majikan, me-minta maaf atas hasil kerjayang kurang memadai danmengeluh tidak mengerti apayang telah terjadi.

Sang majikan menyimakdan bertanya, “Kapan terakhirkamu mengasah kapak?”

“Mengasah kapak? Sayatidak punya waktu untuk itu,saya sangat sibuk menebangpohon dari pagi hingga soredengan sekuat tenaga,” sahutsi penebang.

“Nah, di sinilah masalah-nya. Ingat pada hari pertamakamu kerja? Dengan kapakbaru dan tajam, kamu bisamenebang pohon dengan hasilluar biasa. Hari-hari berikutnya,dengan tenaga yang sama,menggunakan kapak yangsama tetapi tidak diasah, kamutahu sendiri, hasilnya semakinmenurun. Karena itu, sesibuk

Empat Cerita yang MenakjubkanBerikut ini ada empat cerita tentang motivasi dalam kerja yang dapat menjadi inspirasi yangmenakjubkan bagi kita untuk meningkatkan prestasi dan karir. Semua ceritanya singkat dan ada yanglucu serta ada dari kisah nyata yang tokohnya adalah seorang pekerja keras, yang dikutip dariberbagai laman motivator terkenal, antara lain Andrie Wongso dan Mario Teguh.

apapun kamu harus melu-angkan waktu untuk mengasahkapakmu, agar setiap haribekerja dengan tenaga yangsama dan hasil yang maksimal.Sekarang mulailah mengasahkapakmu dan segera kembalibekerja,” perintah sang majikan.

Sambil menganggukankepala dan mengucap teri-makasih, si penebang berlaludari hadapan majikannya untukmulai mengasah kapak. Se-telah kapak tajam, si penebangkembali beraksi dan berhasilmenumbangkan pohon samaketika pada awal bekerja.

Sama seperti si penebangpohon, kita pun setiap hari, daripagi hingga malam hari, terje-bak dalam rutinitas yangterpola. Sibuk, sibuk, dansibuk, sehingga seringkalimelupakan sisi lain yang samapentingnya, yaitu menyisihkanwaktu untuk mengasah danmengisi hal-hal baru untukmenambah pengetahuan, wa-wasan, dan spiritual.

Jika kita mampu mengaturritme kegiatan secara seim-bang, pasti kehidupan kita akanmenjadi lebih dinamis, ber-wawasan, dan selalu mem-punyai semangat baru. Me-ngasah pikiran dan hati sangatpenting agar semangat danhasil kerja tetap baik, tidakmerosot akibat tumpulnyapikiran dan rasa.

2. Kerja adalah Kehormatan

Seorang eksekutif mudasedang beristirahat siang disebuah kafe terbuka. Sambilsibuk mengetik di laptopnya,saat itu seorang gadis kecil yangmembawa beberapa tangkaibunga menghampirinya. “Om belibunga Om,” dia menawarkan.

“Tidak Dik, saya tidakbutuh,” ujar eksekutif muda itutetap sibuk dengan laptopnya.

“Satu saja Om, bisa untukkekasih atau istri Om,” rayu sigadis kecil.

Dengan kesal karena me-rasa terganggu keasikannya sipemuda berkata, “Adik keciltidak melihat Om sedang sibuk?Kapan-kapan ya kalo Om butuhOm akan beli bunga dari kamu.”

Mendengar ucapan si pe-muda, gadis kecil itu punberalih ke orang-orang yanglalu lalang di sekitar kafe itu.Setelah menyelesaikan istira-hat siangnya, si pemuda segeraberanjak dari kafe. Saat berjalankeluar ia berjumpa lagi dengansi gadis kecil penjual bungayang kembali mendekatinya.“Sudah selesai kerja Om,sekarang beli bunga ini dongOm, murah kok satu tangkaisaja.”

Bercampur antara jengkeldan kasihan si pemuda menge-luarkan sejumlah uang darisakunya. “Ini uang 2.000 rupiahbuat kamu. Om tidak maubunganya, anggap saja inisedekah untuk kamu,” ujar sipemuda sambil mengangsurkanuangnya kepada si gadis kecil.

Si gadis mengambil uangitu, tetapi bukan untuk di-kantongi, melainkan diberikankepada pengemis tua yangduduk di pojok kafe. Melihat halitu, si eksekutif muda kehe-ranan dan sedikit tersinggung.

“Kenapa uang tadi tidakkamu ambil, malah kamu ber-ikan kepada pengemis?”

Dengan lugas si gadiskecil menjawab, “Maaf Om,saya sudah berjanji kepada ibusaya bahwa saya harus men-jual bunga-bunga ini dan bukanmendapatkan uang dari me-minta-minta. Ibu saya selaluberpesan walaupun tidak punyauang kita tidak bolah menjadipengemis.”

Eksekutif muda itu terte-gun, betapa ia mendapatkanpelajaran yang sangat berhargadari seorang anak kecil bahwakerja adalah sebuah kehor-matan, meski hasil tidak se-berapa tetapi keringat yangmenetes dari hasil kerja kerasadalah sebuah kebanggaan. Sipemuda itu pun akhirnya me-ngeluarkan dompetnya danmembeli semua bunga-bungaitu, bukan karena kasihan, tapikarena semangat kerja dankeyakinan si anak kecil yangmemberinya pelajaran berhargapada hari itu.

Tidak jarang kita meng-hargai pekerjaan sebatas padauang atau upah yang diterima.Padahal kerja akan bernilailebih jika menjadi kebanggaanbagi kita. Sekecil apapun perandalam sebuah pekerjaan, jikakita kerjakan dengan sungguh-sungguh akan memberi nilai,karena setiap tetes keringatyang mengucur akan menjadisebuah kehormatan yang pan-tas kita perjuangkan.

3. Hasil Kerja Keras Pencuci Piring

Beberapa tahun lalu,tepatnya tahun 2005, priabernama Rudi Suparto terbangke Amerika Serikat demi men-cari uang lebih. Ternyata,mantan sales manager ini takbisa mendapat pekerjaan yanglebih baik selain menjadi pen-cuci piring di sebuah restoran.Awal kehidupannya di AmerikaSerikat terbilang tidak mudahbagi pria kelahiran Surabaya,Jawa Timur ini. Betapa tidak, iasebenarnya tidak fasih ber-bahasa Inggris.

Alhasil, hanya mencucipiringlah yang bisa dijadikannafkah penghidupannya ditahun-tahun pertama di negeriPaman Sam. “Sedih sekalisebenarnya waktu itu. Sayatidak biasanya memegangsampah dan kotoran makanan,”kisah Rudi. Luar biasanya,kondisi menyedihkan ini tidakmembuat Rudi pantang me-nyerah. Justru ia menjadikankeadaannya itu sebagai bahanpelajaran sehingga pada akhir-nya ia mengetahui cara me-masak dan seluk beluk res-toran.

Ketekunan dan kegigihan-nya selama beberapa tahuntersebut akhirnya mengha-silkan sebuah restoran cepatsaji miliknya sendiri, yang diberinama Wok Express. Restoranini terletak di jalan utamakompleks kasino, Las Vegas,Amerika Serikat. Ibarat kacangyang tak lupa kulit, Rudi pun ikutmembantu sesama imigran asalIndonesia. Seluruh karyawan-nya adalah orang Indonesia,dan hanya juru masaknya sajayang warga China.

Meski sudah memilikikehidupan mapan di Amerika,Rudi tetap berencana meng-habiskan masa tuanya di Indo-nesia. Karena itu, ia selaluberusaha berbahasa Indonesiadengan anak-anaknya supayabahasa ibu mereka tidak hilang.Pencapaian Rudi Suparto inimembuktikan bahwa setiappeluh kerja keras di bidang apapun bila ditekuni dengan niatbaik dapat berbuah kesuksesanyang manis.

Selain itu, apa yang dila-kukan Rudi juga patut dicontoh.Sejauh apa pun kita melang-langbuana dan apalagi menuaikeberhasilan di negeri orang,layaknya kita tidak melupakankampung halaman. Luar biasa!

4. Kerja Keras Tak Pernah Sia-Sia

Gooding Jr. dikenal se-bagai aktor yang memilikikarakter kuat. Sejumlah filmnyalaris di pasaran dan mendapatberbagai penghargaan. Se-lain ”Jerry Maguire” yang iabermain dengan Tom Cruise,Gooding juga main bagusdalam film ”A View GoodMen” (film peraih 4 Oscar)bersama Cruise, Demi Moore,dan Jack Nicholson, di ”AsGood as It Gets” (2 Oscar)bersama Jack Nicholson, ”Menof Honor” bersama Robert deNiro yang ia dinominasikanmeraih Oscar keduanya, dansejumlah film lain.

Gooding lahir di New Yorkpada 2 Januari 1968. Kelu-arganya pindah ke Los Ange-

les saat Gooding berusia empattahun. Di kota ini grup bandayahnya meraih kesuksesandengan single lagunya yangpopuler, Everybody Plays theFool. Tetapi sukses itu berujungburuk karena sang ayah me-ninggalkan mereka.

Dengan orang tua tunggal,sekolah Gooding jadi beran-takan. Ia berkali-kali pindahsekolah. Meski begitu, saatduduk di SMA ia mulai me-ngembangkan bakat seninyadengan ikut kegiatan dramasekolah. Selain drama ia jugaikut kegiatan ekstrakuriku-ler cross country dan jugabreak dance.

Kemampuannya breakdance tertangkap pemandubakat Hollywood yang kemu-dian mengajaknya main seba-gai pembuka pertunjukan pe-nyanyi Lionel Richie dan PaulaAbdul pada tahun 1984. Ber-kat break dance juga ia tampilsebagai penari pada pem-bukaan Olimpiade Los Angeles1984.

Meski seni peran ia tekunidengan baik, selepas SMA iamalah berlatih beladiri Jepang.Saat itu prospeknya di duniaakting belum ia dapatkan.Namun usaha kerasnya akhir-nya membawa hasil. Padatahun 1986 ia mendapat peranpertama di serial televisi ”HillStreet Blues” meski hanya duaepisode. Setelah itu ia berperankecil dalam beberapa serialtelevisi lain, termasuk salahsatunya serial ”McGyver” yangterkenal itu. Ia mulai main dilayar lebar tahun 1988 melaluifilm ”Coming to America”, ber-peran menjadi figuran seoranganak yang tengah dicukur.

Lama kelamaan perannyamakin besar sampai maincukup panjang di film ”Boyz nthe Hood” (1991). Film inimasuk nominasi peraih Oscaruntuk sutradara terbaik danskenario terbaik dan Goodingikut menjadi sorotan karenaberperan baik sebagai TreStyles. Dari sinilah bintangnyamulai bersinar. Sejak itu iamendapat berbagai tawaranuntuk main dengan sejumlahbintang film besar.

Sukses memang sudah iaraih saat ini. Namun waktukrusialnya, menurut Gooding,saat di SMA. Ia begitu seriusbelajar drama tak peduli apahalangannya. “Waktu terberatadalah saat SMA, saat itu sayatak punya pekerjaan dan selalukesulitan. Saya pergi untukaudisi baik naik bus atau jalankaki karena tak punya uang,”katanya. Terbukti kerja kerastak pernah sia-sia.

(nurjanah/dari berbagai sumber)

15TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016

OlehDrs. Fatahuddin HarahapPetugas Kerohanian PHBI

Kantor Direksi

Sepuluh Jalan Meraih SuksesDunia-Akhirat

BINA ROHANI

ukses yang kita raih,insyaallah sukses duniaakhirat, selama kitaikhlas. Kuncinya jangan

pernah meminta balasan atauberharap kepada selain Allah.Niat utama kita adalah beribadahkepada Allah dan karena Allah.Bukan karena harta ataukesuksesan duniawi saja. Jikakita mengharapkan akhirat,insyaallah dunia akan mengikuti.

Niatkan maka kau akanmendapatkan

Rasulullah saw bersabdadalam sebuah hadist, Dari AmirulMu’minin, Abi Hafs Umar bin AlKhattab, dia berkata, “Sayamendengar Rasulullah sawbersabda: Sesungguhnya setiapperbuatan tergantung padaniatnya. Dan sesungguhnyasetiap orang (akan dibalas)berdasarkan apa yang dia niat-kan. (HR Bukhari Muslim).

Karena itu, segala sesuatumulailah dengan niat yang baik.Sebaik-baik niat adalah me-ngarahkan semua tujuan hanyauntuk mencari ridha Allah.Setelah niat yang baik, lalujalankan dengan prosedur danproses yang baik pula. Niatbaik akan memberikan hasilburuk jika proses menjalankan-nya dengan cara yang buruk.

Mendoakan saudara danteman

Rahasia sukses itu ialahmendoakan saudara dan temankita agar memperoleh kebaikanyang sama dengan yang kita

inginkan tanpa sepengetahuanorang tersebut. Jika kita men-doakan saudara kita, tanpasepengetahuan orang tersebut,tentu dilakukan dengan ikhlas,tanpa pamrih. Insyaallah kita akanmendapatkan seperti apa yangkita doakan untuk saudara itu.

Dari Abu Darda ra bah-wasannya ia mendengarRosulullah SAW bersabda,“Tidaklah seorang muslim yangmendoakan saudaranya tanpasepengetahuan saudaranya,kecuali malaikat berkata: Danuntuk kamu seperti itu pula.”(HR. Muslim)

Miliki dan pahami ilmunyaSesungguhnya keutama-

an orang yang berilmu atasorang yang ahli ibadah sepertikeutamaan (cahaya) bulanpurnama atas seluruh cahayabintang, demikian diriwayatkandalam sebuah hadis olehAhmad, Tirmidzi, Abu Dawud,dan Ibnu Majjah.

Kemudian Imam Syafiiberkata, “Barangsiapa me-nginginkan sukses dunia hen-daklah diraihnya dengan ilmudan barangsiapa menghendakisukses akherat hendaklahdiraihnya dengan ilmu. Danbarangsiapa ingin sukses duniadan akherat hendaklah diraihdengan ilmu.”

Buatlah perubahan menjadilebih baik

Allah yang menentukan,namun perintah Allah juga agarkita mau mengubah diri kita.Maka jika ingin meraih apayang kita inginkan atau me-ngubah kondisi kita, salah satukuncinya adalah kemauan dankeberanian untuk berubah kearah yang lebih baik. “Allahtidak akan mengubah nasibsuatu kaum sampai kaum itusendiri yang mengubah nasibatau keadaan yang ada padadirinya.” (QS Ar-Ra’d:11)

Perbanyak silaturahmiBarang siapa yang ingin

diluaskan rezekinya atau dike-nang bekasnya (perjuanganatau jasanya), hendaklah iamenghubungkan silaturahmi.Demikian bunyi hadis yangdiriwayatkan Muslim. Selan-jutnya, dalam hadis riwayatImam Hakim dan Imam Bazardisebutkan, “Barang siapa yangsenang dipanjangkan umurnya,diluaskan rezekinya, dan di-jauhkan dari kematian yangburuk, hendaklah bertakwakepada Allah dan menyambungsilaturahmi.”

Banyak-banyak berdoa“Dan apabila hamba-

hamba-Ku bertanya kepadamutentang Aku, katakanlah bah-

wasanya Aku dekat. Aku me-ngabulkan doa orang-orangyang memohon kepada-Ku.Maka bermohonlah kepada-Kudan berimanlah kepada-Ku agarmereka selalu berada dalamkebenaran, begitu bunyiQ.Surah Al-Baqarah:186.

Hadits dari Imam Turmudzidan Hakim, diriwayatkan dariAbdullah bin Umar, bahwa NabiSAW bersabda, “Barangsiapahatinya terbuka untuk berdoa,maka pintu-pintu rahmat akandibukakan untuknya. Tidak adapermohonan yang lebih dise-nangi Allah daripada permo-honan orang yang memintakeselamatan. Sesungguhnyadoa bermanfaat bagi sesuatuyang sedang terjadi dan yangbelum terjadi. Dan tidak adayang bisa menolak takdir ke-cuali doa, maka berpeganglahwahai hamba Allah pada doa.”

Berserah diri dengantawakal

Dari Umar bin Khaththab rabahwa Nabi SAW bersabda,“Jika kalian bertawakal kepadaAllah dengan sebenar-sebe-narnya tawakkal, niscaya Diaakan memberikan rezeki ke-pada kalian sebagaimana Diamemberikan rezeki kepadaseekor burung yang pergi padapagi hari dalam keadaan lapardan kembali pada sore haridalam keadaan kenyang.”(Diriwayatkan oleh Tirmidzi)

Perbanyak SedekahPerumpamaan (nafkah

yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan har-tanya di jalan Allah adalahserupa dengan sebutir benihyang menumbuhkan tujuh bulir,pada tiap-tiap bulir menjadiseratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapayang Dia kehendaki. Dan AllahMaha Luas (kurnia-Nya) lagiMaha Mengetahui. (QS. AlBaqarah: 261)

Selalu Syukur“Jika kamu bersyukur pasti

akan aku tambah (nikmat-Ku)untukmu dan jika kamu kufurmaka sesungguhnya siksa-Kuamat pedih” (QS Ibrahim: 7)

Berpegang Tali Takwa“Barangsiapa bertakwa

kepada Allah niscaya Dia akanmengadakan baginya jalankeluar. Dan memberinya rezkidari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapayang bertawakkal kepada Allahniscaya Allah akan mencu-kupkan (keperluan)nya. Se-sungguhnya Allah melaksa-nakan urusan yang (dikehen-daki)Nya. Sesungguhnya Allahtelah mengadakan ketentuan

bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. AthThalaaq: 2-3)

Inilah 10 jalan suksesdalam Islam dan ini hanyasebagian dari cara sukses yangada di dalam Al Quran dan

Orang yang tidak tahu rahasia sukses mengatakan,“Buat apa repot-repot menolong orang lain, bahkan dinegara lain, padahal kita sendiri susah?” Dia tidaktahu bahwa menolong dan membantu orang lain adalahkunci dan rahasia sukses! Sayang sekali, padahal sangatampuh jika mau mengaplikasikannya.

Rahasia sukses ini tidak mungkin salah. Bukan hanyasukses di dunia, tetapi sukses juga di akhirat. Insyaallah.Selain membantu orang lain, mau tahu apa saja rahasiasukses dunia-akhirat? Jangan hanya mengetahuinya,tetapi juga harus mengaplikasikannya.

Kita akan sukses jika kita mau mengaplikasikannya.Supaya sukses dunia akhirat, ada satu kunci yang harusada saat mengaplikasikannya, yaitu ikhlas. Tanpakeihlasan, kita mungkin bisa metraih sukses, tetapi hanyadi dunia saja. Tapi jika ingin sukses di akhirat juga,keihlasan merupakan harga mati. Ikhlas adalah syaratutama sebuah amal mendapatkan balasan dari Allah.

Rahasia-rahasia sukses itu ada pada hadist berikut.“Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,“Barangsiapa meringankan seorang mukmin dari kesulitandi dunia maka Allah akan meringankan baginya kesulitandi hari kiamat. Dan barangsiapa menutupi aib seorangmuslim maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan diakhirat. Dan barangsiapa memudahkan bagi seorang yangkesusahan maka Allah akan memudahkan baginya didunia dan di akhirat, dan Allah akan menolong seoranghamba selama ia mau menolong saudaranya.

Barangsiapa meniti jalan dalam rangka menuntut ilmumaka Allah akan mempermudah baginya jalan menujusurga, dan tidaklah suatu kaum yang berkumpul di salahsatu rumah dari rumah-rumah Allah, mereka membacakitab Allah, dan mempelajarinya dengan sesama merekakecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan,dilimpahkan kepada mereka rahmat, dikelilingi oleh paramalaikat dan Allah Azza wa jalla akan menyebut-nyebutmereka di hadapan malaikat yang ada di sisi-Nya. Danbarangsiapa diperlambat oleh amalnya maka tidak akanbisa dipercepat oleh nasabnya.” (H.R. Ahmad)

Baiklah, mari kita rangkum kunci dan rahasia suksesdunia dan akhirat yang diajarkan Rasulullah SAW darihadis tersebut. Setidaknya ada 6 hal yang jika kitamelakukannya maka Allah akan memberikan balasan, baikketika kita du dunia maupun kelak di akhirat, yaitu:1. Meringankan seorang mukmin dari kesulitan di dunia;2. Menutupi aib sesama muslim;3. Memberi kemudahan bagi seorang yang kesusahan;4. Menolong sesama manusia;5. Menuntut ilmu;6. Berzikir dan membaca kitab Allah.

Tentu saja, masih banyak lagi kunci sukses lainnyajika kita mau menggali Alquran dan hadits lainnya. Berikutadalah rangkuman manfaat dari mengaplikasikan keenamrahasia sukses di atas.1. Allah akan meringankan baginya kesulitan di dunia

dan di hari kiamat;2. Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat;3. Allah akan selalu memberi kemudahan baginya di

dunia dan di akhirat;4. Allah akan menolongnya ketika menghadapi kesulitan

di dunia dan di akhirat;5. Allah akan mempermudah baginya jalan menuju surga;6. Allah akan memberi rahmat di dunia dan di akhirat.

Jika Allah sudah berkehendak, siapa yang akanmampu menghalanginya? Bukankah ini rahasia suksesyang dahsyat? Mari kita mulai mengamalkannya, di mulaidari hal-hal kecil, dimulai dari diri dan sekitar kita, dantentu dimulai sekarang juga. (nurjanah/dbs)

Ada 10 jalan menujusukses dalam Islam,

meski ini belumsemuanya. Tetapi jika

dilakukan hasilnyasangat dahsyat. Sudahbanyak bukti dan cerita

keberhasilanmengamalkan carasukses ini. Bahkan,

meski hanya salah satuyang difokuskan,

hasilnya pun luar biasa.

hadits. Jika diteliti lagi, sangatbanyak yang menjadikan kitamenjadi manusia sukses. Suk-ses seutuhnya, bukan hanyasukses di dunia, tetapi juga diakhirat. (*)

S

RAHASIA SUKSES DUNIA & AKHIRAT

TABLOID BULANANNo.114/Maret 2016 16

ementara untukkategori putriumum juara Idigondololeh Norfa

Hasibuan dari IAIN RadenIntan Lampung setelahmenundukkan Mayang Ratridari PTM Utomo dengan skor3-2. Untuk urutan 3 bersamadiraih Yossi Dewantri dariPTMN 7 Lampung dan Nitadari PTM SKO Metro.

Untuk kategori karyawanPTPN, juara diraih oleh A.Suhaimi, di urutan 2 Asep S.,dan urutan 3 bersama diraihWira P. dan Dani Daud.Seluruh pemenang kategori iniberasal dari PTPN IV Medan.Sedangkan untuk kategoriveteran umum, juara I diraihDadang (PTMN 7 Lampung),juara II Heru (PTM KotaMetro), di urutan 3 Haris danDian (Sasabila Lampung).

Pembina PTMN 7 AgoesRiyanto mengucapkan terimakasih kepada semua atletyang telah ikut berpartisipasidalam Open Turnamen kali ini

Kemeriahan Open Turnamen PTMN 7A. Suhaimi dari PTPN IV Medan merebut juara pertama putra umum setelah mengalahkan Dani Daud

dengan skor 3-1 pada Open Turnamen Tenis Meja yang digelar PTMN 7 di Gedung Pertemuan PTPN VII,Minggu (20/3/2016).

dan telah bermain dengansportif. Kepada para juaradiucapkan selamat ataskebehasilan dalam meraihkemenangan, dan terusberlatih agar dapat berkancahdi tingkat nasional.

Direktur Keuangan PTPNVII itu berharap kepada paraatlet yang sudah menjadijuara agar terus meningkatkanprestasinya dan bagi yangbelum meraih kemenanganjangan patah semangat danterus berlatih.

Open turnamen PTMN 7kali ini diikuti 173 pesertaterdiri atas 83 atlet tunggalputra, 18 atlet tunggal putri,28 orang karyawan dari PTPNI hingga VII, dan 44 di cabangveteran. “Turnamen ini jugadiikuti 7 atlet PON Lampung,yang akan berlaga padaSeptember mendatang diJawa Barat,” kata AgoesRiyanto.

Kejuaraan ini digelarbertujuan untuk mencari atlet-atlet muda yang berprestasiagar nantinya dapat

membanggakan bangsaIndonesia. “Kegiatan inisebagai bentuk kepedulianPTPN VII terhadap pembinaanatlet di Provinsi Lampung.Banyak atlet Lampung yangberpotensi menjadi atletnasional,” terang Agoes. (tim)

Sebanyak 173 atlet tenismeja se Sumatera mengikutiOpen Turnamen PTMNusantara 7 yang dibukapada Sabtu (19/3/2016) danberlangsung hingga 20 Maret2016. Kegiatan dibuka olehKepala Dinas OlahragaProvinsi Lampung Hanibal.

Dalam sambutannyaHanibal memberikan apresiasiyang tinggi kepada PTPN VIIyang telah ikut membinacabang olahraga di Lampung.Pihaknya mendukungkegiatan open turnamen yangdilaksanakan PTMN 7. “Kamiberharap tahun depankegiatan ini bisa ditingkatkanmenjadi even nasional.Pemerintah Provinsi Lampungmelalui Dinas Olahraga akanmendukung kegiatantersebut,” katanya.

Pada PON yang akandigelar Septembermendatang, tambah Hanibal,Provinsi Lampung akanmengirim 10 atlet tenis meja,dan saat ini sedang persiapanPelatda. “Sesuai denganarahan Pak Gubernur, padaPON kali ini Lampung harusbisa meraih peringkat 8besar,” katanya. (tim)

S