Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

24
PT Bimo Transport Indonesia Jln.Raya Berbah, Sampakan, Kadisono, Tegaltirto, Berbah, Sleman- JOGJA Tlp (0274)4435100,7470643 Fax (0274) 4435200 BUS PARIWISATA & RENT CAR PEMANDU ANDA BERWISATA P P PE E E E EM M M M MA A A AN N N N ND D D D DU U U A A A A AN N N N ND D D D DA A A A A B B B BE E E ER R R R RW W W W WI I I I IS S S S S A A A A A T T T T T A A A A A Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Jln. Laksda Adisucipto Km 5 Jogja Telp (0274) 485650, 7487497 Fax (0274) 485214 www.stipram.ac.id Edisi 28 18 Maret - 18 April 2012 www.infowisatajogja.com 24 peta Jogja halaman +

description

Tabloid Info Wisata Jogja Jateng adalah sebuah tabloid yang memberikan berbagai informasi tetang pariwisata di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah , Indonesia. Tabloid Info Jogja Java is a tabloid that provide tourism information in the neighbor Yogyakarta and Central Java, Indonesia.

Transcript of Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

Page 1: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

PT Bimo Transport IndonesiaJln.Raya Berbah, Sampakan, Kadisono,

Tegaltirto, Berbah, Sleman- JOGJATlp (0274)4435100,7470643

Fax (0274) 4435200

BUS PARIWISATA & RENT CAR

PEMANDU ANDA BERWISATAPPPEEEEEMMMMMAAAANNNNNDDDDDUUU AAAAANNNNNDDDDDAAAAA BBBBEEEERRRRRWWWWWIIIIISSSSSAAAAATTTTTAAAAA

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo

Jln. Laksda Adisucipto Km 5 Jogja

Telp (0274) 485650, 7487497

Fax (0274) 485214www.stipram.ac.id

Edisi 28 18 Maret - 18 April 2012www.infowisatajogja.com

24peta Jogja

halaman+

Page 2: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

SESUAI spirit kami, INFO WISATA JOGJA & JATENG akan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi pembaca setia kami. Oleh karenanya di setiap edisi, kami selalu memberikan hasil liputan wisata yang kian beragam. Jangkauan liputan pun terus kami perluas. Tak hanya kota Jogja semata.

Jika edisi Februari lalu, kami tampilkan hasil lipu-tan dari kota Kediri, Trenggalek, Pacitan serta Po-norogo dan juga Makassar, maka pada edisi Maret ini kami hadirkan liputan dari Kota Malang. Kota “Apel” ini memang tengah “naik daun” sebagai kota wisata unggulan (favorit) di Indonesia.

Maka kami pun sengaja langsung melakukan kunjungan dan liputan di Kota Malang, khususnya

liputan di kawasan wisata Batu, “Jatim Park 2”. Selain itu kami pun menyajikan hasil liputan di wilayah Banyumas, tepatnya di Purwokerto.

Tak hanya kulinernya yang khas, serta kawasan wisata Baturaden-nya, Purwokerto pun – tepatnya di kecamatan Ajibarang- -terdapat wahana wisata air yang luar biasa. Namanya Dream Land. Dan atas undangan manajamen Dream Land, INFO WISATA JOGJA & JATENG, diberi kesempatan untuk men-gunjungi wahana wisata unggulan tersebut.

Dua wilayah di atas yang kami liput, sekaligus kami sajikan untuk pembaca setia kami. Itu semua sekali lagi membuktikan komitmen kami untuk memberikan informasi wisata yang terbaik, dimana

pun obyek itu berada. Sebab wisata adalah “dunia yang tanpa sekat”. Sehingga lingkup liputan mau-pun informasi yang kami sajikan tak terbatas pada wilayah DIY dan Jateng semata.

Ini artinya, pada edisi-edisi berikutnya kami telah memiliki serangkaian agenda liputan wisata yang lebih menarik dan siap kami sajikan untuk Anda.

Salam hangat

Perluas Liputan

Herlambang JLPemimpin Redaksi

KIRIMKAN foto-foto saat Anda tengah berwisata bersama teman, keluarga ataupun kelompok (di gunung, pantai, sungai, rumah makan, dsb) ke Redaksi INFO WISATA JOGJA & JATENG (Jalan Kaliurang Km 5, Gg Pandegarini 12, Kentungan, Jogja). Foto dicetak dalam ukuran 6 R. Jangan lupa gunting dan tempelkan KUPON “JALAN-JALAN BERHADIAH” yang terdapat di halaman depan (cover) pojok kanan atas INFO WISATA JOGJA & JATENG pada amplop Anda. Pengirim yang fotonya dimuat akan memperoleh bingkisan menarik dari Redaksi.

2 Edisi 28Maret 2012

REDAKSI menerima saran, masukan, kesan bahkan kritikan tentang pariwisata di Jogja, Jateng atau daerah lainnya. Kirim melalui Pos ke ala-mat redaksi: Jln Kaliurang Km 5, Gg Pandegarini 12, Jogja (Gedung Asram, lantai 2) dengan melengkapi fotocopy tanda identitas diri, atau langsung ke email: [email protected]

Surat Pembaca

Dari Kami ..

FOTOBERHADIAH

Java Promo Gelar Lomba FotoDALAM upaya mempromosikan potensi wisata dan budaya di 15 ka-

bupaten/kota anggota Java Promo, Sekretariat Bersama (Sekber) Java Promo menyelenggarakan lomba foto dengan hadiah total sebesar Rp 30 juta. (Juara I Rp 10 juta, Juara II Rp 7,5 juta, Juara III Rp 5 juta dan 15 karya terpilih memperoleh hadiah sebesar masing-masing Rp 500 ribu). Lomba terbuka untuk umum dari berbagai daerah dan ber-bagai kalangan maupun kelompok usia. Obyek foto harus berada di 15 kabupaten/kota anggota Java Promo, yaitu Kabupaten Bantul, Kulon Progo, Sleman, Gunungkidul, Kota Jogja, Kabupaten dan Kota Mage-lang, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Boyolali, Klaten, Karanganyar dan Kabupaten Semarang.

Mekanisme pengiriman foto dalam bentuk cetakan ukuran 12 R dan fi le digital dalam CD dalam format GPEG, sisi terpanjang minimal 2500 pixels. Sisi belakang foto ditempel tulisan judul, lokasi, nama, alamat dan telepon/HP fotografer. Foto diterima paling lambat hari Selasa 27 Maret 2012.

Info lengkap hubungi Sekber Java Promo/ Kantor Bappeda Kabupat-en Sleman Jl. Parasamya No.1 Beran Tridadi Sleman Yogyakarta 55511 telepon 0274-868405 ekstensi 1173 atau di masing-masing Dinas Pari-wisata Kabupaten/ Kota anggota Java Promo. Kontak person panitia Sdr. Agus HP.081227019696.

Ketua Pelaksana Harian Java Promo

Drs. Julisetijono Dwi Warsito, MM

Lomba Desain Motif Batik Khas Kulonprogo

DALAM upaya melestarikan dan mengembangkan seni budaya batik, menggali ide kreatifi tas dan apresiasi masyarakat dalam merancang motif batik serta untuk memajukan industri batik di Kulonprogo, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulonpogo menggelar lomba desain motif batik dengan tema: “Batik Khas Kulon-progo Sebagai Identitas dan Warisan Budaya Bangsa”.

Formulir serta desain dikirim paling lambat tanggal 10 April 2012 (Cap Pos) ke Sekretariat Lomba: Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Kulonprogo, Jln. Sugiman 12 Wates, Kulonprogo. Telp.(0274) 773095, Kode Pos 55652

Adapun ketentuan lomba adalah : desain motif batik menggambar-kan kearifan lokal Kulonprogo,desain motif batik dikerjakan di atas ker-tas ukuran A2 dengan desain utuh dan berwarna, desain diberi deskripsi singkat karya ( makna karya ), dinarasikan di atas kertas HVS (A4) meng-gunakan huruf Times New Roman 12 pt spasi 1,5 maksimal 4 halaman. Satu peserta maksimal mengirimkan 2 desain dan karya sudah diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 10 April 2012 ( cap Pos ).

Satu karya terbaik memperoleh hadiah Rp 15.000.000, dan 5 nomi-nator lainnya mendapat hadiah masing-masing sebesar Rp 2.000.000. Pengumuman pemenang dilaksanakan 6 Mei 2012.

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan

Olahraga KulonprogoJl. Sugiman 12 Wates, Kulonprogo

DREAM LAND -- Pemimpin Redaksi INFO WISATA JOGJA & JATENG, Herlambang JL, di-terima Manager wahana Wisata “Dream Land”, Ajibarang (Purwokerto), Agus Sumarko (kanan)

GRAND QUALITY -- Pemimpin Redaksi INFO WISATA JOG-JA & JATENG, Herlambang JL, saat diterima GM Grand Qual-ity Yogyakarta, Istidjab Danunagoro (tengah) dan Tri Sutami (kiri)

MITRA KITA

TELAGA SARANGAN – Keindahan, keelokan Telaga Sarangan (Jatim) menjadi salah satu tujuan wisata fa-vorit bagi keluarga saya. Serunya naik kapal motor di telaga, mencoba naik kuda merupakan saat-saat yang amat menyenangkan di Te-laga Sarangan. Seperti pada gambar, saya bersama suami dan anak saat berwisata di Telaga Sarangan akhir Janu-ari 2012 lalu. (Pengirim : Ristanti- Hotel Saphir Yo-gyakarta)

PESONA MALANG – Kota Malang memiliki pesona wisata yang luar biasa. Salah satunya adalah Batu Night Spectaculer (BNS). Makanya tempat ini menjadi tem-pat favoritku untuk mengisi liburan. Tampak pada gam-bar aku, bersama ayah dan adik (Aurel Az Zahra Putri) saat berada di BNS. (Pen-girim : Aufa Zahra Putri Anindya-SMPN 2, Sidoarjo (Jatim)

Page 3: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

3Edisi 28Maret 2012

BICARA Balikpapan ya bicara Rumah Makan (RM) “DANDITO”. Sebab RM satu ini memang telah menjelma menjadi ikonnya kuliner Ba-likpapan. “DANDITO” adalah sebuah pusat ku-liner dengan kekhasan pada menu kepitingnya. Sensasi rasanya yang luar biasa, ditambah den-gan kualitas kepitingnya, telah menjadikan RM “DANDITO” menjadi jujugan banyak orang.

Tak hanya warga Balikpapan dan seki-

tarnya saja, namun juga para pendatang serta wisatawan dari pelosok tanah air. Bahkan turis asing pun sangat menikmati menu-menu ke-piting racikan RM “DANDITO” ini. Maka tak salah jika muncul pernyatan “belum ke Balik-papan kalau belum ke DANDITO”.

Kualitas rasa dan bahan baku kepiting “DANDITO” benar-benar terjaga. Dan semua itu tak lepas dari tangan dingin sang pemi-

liknya yakni Rudy Setiawan. Rudy adalah so-sok pengusaha kuliner yang tak hanya tampil tetap bersajaha, namun juga ramah dan ter-buka. Ia tak segan menemui dan mengajak bicara para konsumennya dengan ramah dan penuh humor.

“Bagaimanapun konsumen adalah segalan-ya bagi kami. Kami besar juga karena adanya kepercayaan dari konsumen. Ini harus saya

jaga benar,” papar Rudy. Dan kepercayaan itu ia jawab dengan kualitas bahan baku yang tinggi, masakan dan ruangan yang bersih dan higienis serta konsistensi dalam hal mutu pe-layanan.

Beberapa menu andalan “DANDITO” ada-lah: kepting saos lada hitam, kepiting asam manis, kepiting saos tiram, kepiting goreng mentega dan kepiting spesial “DANDITO”. (*)

Wisata Kuliner di RM DANDITOSpesial Kepiting Balikpapan

JIKA Anda tengah berwisata atau urusan bisnis ke Balikpapan, jadikan kep-iting “DANDITO” ini sebagai oleh-oleh untuk teman, sahabat, relasi atau ke-luarga Anda. Anda pun tak perlu repot-repot untuk menjinjing menu kepiting “DANDITO” ini, sebab pihak RM “DANDITO” telah mendesain packaging yang khas, praktis dan unik. “Pokoknya sangat nyaman dan mudah ditenteng,” terang Rudy Setiawan.

Jangan heran jika cukup banyak konsumen yang datang ke RM “DAN-DITO” hanya sekadar un-

tuk memesan menu kepiting untuk dijadi-kan buah tangan khas Balikpapan. Oleh-oleh dalam bentuk kepiting?, Wah…. sudah pasti tak hanya akan memberikan kesan tersendiri, namun juga tampak eksklusif sekaligus unik. Selamat mencoba!. (*)

Bersama penyanyi Opick Suasana rumah makan Dandito.

(Adv)

Rudy Setiawan bersama peserta Pemilihan Puteri Pariwisata Kalimantan

BAGI masyarakat Jogja dan sekitarnya serta kota-kota di Jawa Tengah, tak perlu harus “terbang” ke Balikpapan hanya untuk memenuhi hasrat menyantap sepuasnya kepiting “DANDITO”. Sebab sekarang Anda cukup memesan menu-menu kepiting yang Anda inginkan itu dan langsung telepon ataupun SMS ke : 0811532368. “Dalam waktu lima jam, pesanan akan sampai ke alamat rumah Anda,” tegas Rudy Setiawan. Delivery Order ini memang menjadi sebuah solusi jitu yang diciptakan RM “DANDITO” demi keinginan para konsumen di luar Balikpapan untuk merasakan sensasi rasa kepiting “DANDITO” ini.

Sebab setelah layanan delivery ini dibuka, pemesan dari luar kota Balikpapan berdatangan. “Termasuk beberapa pelanggan setia dari kota Jogja,” ungkap Rudy. Meski melalui delivery namun Anda tak perlu khawatir dan takut cita rasa kepitingnya akan berubah. Se-bab pihak RM “DANDITO” telah memiliki sistem pengepakan yang aman, praktis dan higienis. “Jadi soal cita rasa tetap terjaga. Kon-sumen tak perlu ragu,” jelas Rudy.

Anda penasaran ?, langsung saja call atau SMS RM “DAN-DITO” sekarang juga. (*)

RM DANDITOJln Marsma R Iswahyudi,

Gunung BakaranBALIKPAPAN

Kalimantan TimurTelp (0542) 764367HP No. 0811532368

E-mail: [email protected]

Siap Delivery ke JogjaSiap Delivery ke Jogja

Pas untuk Oleh-oleh Siap Delivery ke Jogja

Page 4: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

4 Edisi 28Maret 2012

SEBUAH pemandangan yang amat menakjubkan dan fantastis akan Anda rasakan manakala tengah menginap di Hotel Manohara yang berlokasi di kawasan Candi Borobudur. Anda akan disuguhi satu panorama alam yang luar biasa : sunrise dari Candi Borobudur.

Kepala Unit sekaligus General Manajer Hotel Mano-hara Centre of Borobudur Study, Sarbilan, mengata-kan dengan eksotisme sunrise di Candi Borobudur menjadikan fenomena alam ini menjadi primadona wisatawan, khususnya turis mancanegara.

Wisatawan yang ingin menikmati sunrise candi Borobudur harus sudah berada di resepsionis Ho-tel Manohara sekitar pukul 04.30. Mereka kemudian akan diberikan sarung sebagai syarat untuk naik ke komplek bangunan candi dan akan dipandu guide.

Saat kita memasuki kawasan Hotel Manohara maka kita akan merasakan suasana yang tenang, asri, nyaman bahkan ada nuansa “magis”. Kera-mahtamahan semua staf di hotel ini membuat se-

tiap tamu benar-benar merasa nyaman. Welcome drink seperti wedang jahe serta es asam jawa, akan bisa dinikmati setiap tamu saat check in.

Tiap kamar di Hotel Manohara dilengkapi den-gan AC, kamar mandi dengan bathtub lengkap dengan air panas dan air dingin, mini bar, telepon, TV, dan teras belakang menghadap ke taman yang indah. Buku panduan tentang Candi Borobudur lengkap dengan sejarahnya juga disediakan di masing-masing kamar.

Hotel Manohara dibangun di dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, hanya sekitar 20 meter sebelah tenggara candi dan dapat dicapai dengan 5 menit berjalan kaki. Hotel Manohara merupakan satu– satunya hotel yang berada di dalam komplek Candi Borobudur. Maka, segeralah nikmati keindahan maha karya Candi Borobudur serta keindahan matahari terbit dan terbenam hanya di Hotel Manohara. (Herlambang JL/Sri Astuti)

Wisata “Sunrise” di Hotel ManoharaWisata “Sunrise” di Hotel Manohara

Page 5: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

5Edisi 28Maret 2012

SALAH satu museum yang patut Anda jadi-kan obyek saat berwisata di Jogja adalah mu-seum Benteng Vredeburg. Lokasinya masih di kawasan Malioboro. Tepatnya di Jalan A Yani No 6 Jogja.

Awalnya usai di bangun benteng (1787) diberilaha nama Rustenburg (benteng peri-stirahatan). Pada tahun 1867 di Jogja terjadi gempa bumi sehingga Benteng Rustenburg mengalami kerusakan. Setelah diadakan pem-benahan, nama Rustenburg diganti menjadi Vredeburg yang berarti”Benteng Perdamaian”,

Sebelum benteng dibangun pada lokasinya sekarang, pada tahun 1760 atas permintaan Belanda, Sultan Hamengku Buwono I (Sultan HB I) membangun sebuah benteng sederhana berbentuk bujur sangkar.

Di keempat sudutnya dibuat tempat penjag-aan yang disebut seleka atau bastion. Keempat sudut tersebut diberi nama masing-masing Jayawisesa (sudut barat laut), Jayapurusa (sudut timur laut), Jayaprakosaningprang (sudut barat daya) dan Jayaprayitna (sudut tenggara).

Beberapa koleksi yang ada di Benteng Vre-deburg ini adalah koleksi bangunan (selokan yang mengelilingi benteng yang dulungan

adalah rintangan untuk membentengi musuh). Juga ada jembatan (dulunya adalah jembatan gantung), juga terdapat bangunan yang dulu-nya berfungsi sebagai barak prajurit.

Di benteng ini juga terdapat koleksi realia yang merupakan koleksi berupa benda (ma-terial) yang benar-benar nyata. Bukan tiruan. Dan berperan dalam suatu proses terjadinya peristiwa sejarah. Seperti: alat rumah tangga, senjata, pakaian, peralatan dapur, dsb. (Her-lambang JL)

DI Museum Pendidikan Indonesia (MPI) UNY ini pengunjung akan menjumpai berbagai koleksi yang menggambarkan perkembangan pendidikan nasional. Ter-masuk di dalamnya alat-alat dan bahan pembelajaran dari tahun ke tahun.

Oleh karenanya MPI UNY ini sangat bermanfaat sebagai wahana pendidi-kan, karena menjadi sumber belajar yang

penting. Di dalam pengunjung bias me-lihat mesin ketik milik IKIP Jogja (1967), mesin sheet “Roeno”, meja belajar miring, alat tulis kuno, serta foto-foto kegiatan jama dulu.

Setiap pengunjung diperbolehkan me-motret. Bagi pengunjung yang meng-inginkan pemandu, MPI UNY juga menye-diakan. (Herlambang JL)

Museum Pendidikan UNY

Museum Pendidikan Indonesia UNYKampus Pusat UNY

Jln Colombo 1 JOGJABuka : Senin-Kamis (07.30-15.00)

Jumat (07.30-13.30)Sabtu-Minggu (buka dengan konfi rmasi)

Tiket masuk Rp 2.500

DETIK.COM

Benteng VredeburgJln A Yani 6 Jogja

Jam buka: Selasa-Jumat (08.00-16.00)Sabtu-Minggu (08.00-17.00)Hari libur nasional tetap buka

Senin : tutup

Museum Benteng Vredeburg

1. Museum Batik Yogyakarta (Jln dr Sutomo 13 Jogja). Telp (0274-562338)2. Museum Gumuk pasir Fak Geografi UGM Telp (0274-902332, 902336)3. Bebadan Museum Keraton Yogyakarta Kompleks Keraton Yogya). Telp (0274-378307)4. Museum Lukis Affandi (Jln Laksda Adisucipto 167 Jogja). Telp (0274-

562593)5. Museum Negeri Provinsi DIY Sonobudoyo (Jln Trikora 6 Jogja). Telp (0274-385664)6. Museum Negeri Sonobudoyo Unit II Dalem

Condrokiranan (Jln Wijilan Dalem Condrokiranan). Telp (0274-

373617)7. Bebadan Museum Puro Paku Alaman (Kompleks Pura Pakualaman). Telp (0274-

562161)8. Museum Seni Lukis “Nyoman Gunarsa” Telp (0274-564330)9. Museum Rumah Budaya Jawa Tembi Telp (0274-368001, 368000)10. Museum Ullen Sentalu (Kawasan Boyong, Kaliurang, Sleman). Telp

(0274-880158, 895161)11. Museum Wayang Kekayon (Jln Jogja-Wonosari Km 7 No 277, Jogja). Telp

(0274-379058)12. Museum Biologi UGM (Jln Sultan Agung 22 Jogja). Telp (0274-384113)13. Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa (Jln Tamansiswa 31 Jogja). Telp (0274-389208)14. Museum Geoteknologi Mineral UPN “Vet-

eran” Jogja

DAFTARDAFTARMUSEUMMUSEUM

(Jln Babarsari 2 Tambakbayan, Jogja). Telp (0274-486991)

15. Museum Kayu ”Wanagama” Telp (0274-545639)16. Museum Gembiraloka Telp (0274-373861, 374792)17. Museum RS Mata ”Dr Yap” (Jln Cik Ditiro No 5 Jogja). Telp (0274-

547448, 550380)18. Museum Benteng Vredeburg Jogja (Jln A Yani No 6 Jogja). Telp (0274-586934,

510996)19. Museum Monumen Pahlawan Pancasila

Kentungan (Kompleks Batalyon 403 Kentungan). Telp

(0274-562319)20. Museum Monumen P Diponegoro

Sasana Wiratama (Jln HOS Cokroaminoto TR III/430 Tegal-

rejo, Jogja). Telp (0274-622668)21. Museum Monumen Kesatuan Pergera-

kan Wanita Indonesia (Jln Laksda Adisucipto 88 Jogja). Telp

(0274-587818, 513282, 548721)22. Museum Perjuangan Yogyakarta (Jln Kol Sugiyono 24 Jogja). Telp (0274-

387576)23. Museum Pusat TNI-AD Dharma

Wiratama (Jln Jend Sudirman No 75 Jogja). Telp

(0274-561417).24. Museum Pusat TNI-AU Dirgantara

Mandala Telp (0274-484453)25. Museum Sasmitaloka Pangsar Jend

Sudirman (Jln Bintaran Wetan No 3 Jogja). Telp

(0274-376663)26. Museum Monumen Jogja Kembali

(Monjali)(Jangkang, Sariharjo, Sleman). Telp (0274-868225)27. Museum Tani Jawa Indonesia Telp (0274-7865311, 7892762)

ISILAH waktu liburan atau wisata den-gan hal-hal yang positip. Terlebih untuk putra-putri Anda. Nah, tak ada salahnya mengajak mereka untuk belajar memba-tik.

Tak hanya mengasyikkan, namun be-lajar membatik pasti akan memberikan pengalaman tersendiri bagi putra-putri Anda. Dan jika Anda memang berminat untuk belajar membatik, tak sulit untuk mencari tempat-tempat yang bisa Anda pilih untuk belajar membatik.

Salah satunya adalah Batik Sekar Ked-haton di Giriloyo, Imogiri (Bantul). Disini Anda akn didampingi para pakar ba-tik untuk memberikan teknik sekaligus praktek membatik.

Anda bisa sendirian, bersama teman atau rombongan. Jika Anda berminat segera saja hubungi bagian informasi dan pemasaran Batik Sekar Kedhaton yakni Jazir Hamid (081328628227) atau

Masfa FTs (081328609555). Dusun Giriloyo, Kelurahan Wukirsari, Kecama-tan Imogiri, Bantul.

Lokasinya berjarak sekitar 17 km sebe-lah selatan kota Jogja. Disini Anda den-gan mudah menemukan pusat-pusat produksi batik. Jadi Anda bisa langsung melihat.

Potensi alam di dusun Giriloyo yang bisa Abda nikmati antara lain situs se-jarah (makam), Batu Mekkah serta air terjun. Juga ada rumah gurah. Jika ingin menikmati kuliner khas Giriloyo Anda bisa mencoba pecel khas Giriloyo den-gan tambahan bunga (kembang) turi, tahu bacem, tempe mendoan serta wedang uwuh (minuman khas dari kera-ton ). (Herlambang JL)

Belajar Membatik

Yuk…!

Page 6: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

6 Edisi 28Maret 2012

DISAAT libur akhir pekan (weekend) beban pekerjaan justru meningkat. Maka tak ada kata libur. Itulah sebuah risiko yang harus diterima seorang Deni Rinasari Sukmawati (38) ketika memutuskan untuk bekerja di bisnis pariwisata, Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2).

Sebagai Koordinator Marketing Jatim Park 2, mau tidak mau Rina harus standby di tempat kerja saat ramai-ramainya pengunjung. Bukan hanya pengunjung di Batu Secret Zoo dan Museum Sat-wa, Rina dan para stafnya juga melayani reservasi tamu-tamu yang menginap di Hotel Pohon Inn.

“Saya itu liburnya di luar weekend. Tetapi saat musim liburan, seperti libur sekolah, Hari Raya

Idul Fitri, Hari Natal dan Tahun Baru, jadwal libur menyeusaikan. Biasanya kalau pengunjung sudah lumayan berkurang, saya baru mengambil jadwal libur,” terang Rina saat ditemui Tabloid INFO WISA-TA JOGJA & JATENG di kantornya, Sabtu (10/3).

Ia pun tak jarang harus turun langsung ke lapangan untuk mempromosikan program-pro-gram yang ditawarkan Jatim Park 2. Ibu 2 anak yang asli Batu (Malang) ini bersama tim market-ingnya biasanya berkeliling kota-kota di Jatim untuk mendatangi kliennya. Sebagian besar dari kalangan dunia pendidikan. Ada juga dari kalan-gan instansi pemerintah maupun swasta.

“Sukses tidaknya suatu bisnis, tak terkecuali

bisnis pariwisata, berada di tangan marketing. Kalau kita tidak kreatif, sulit menarik klien untuk berkunjung ke tempat kita. Karena itu sebagai marketing, jangan pernah kehabisan ide-ide kreatif untuk meraih kesuksesan.” cetus alumnus Teknik Industri ITN Malang ini.

Dia tambahkan, bahwa keberhasilan mempro-mosikan Jatim Park 2 hingga ke mancanegara, bukan hanya menjadi kebanggan masyarakat Kota Batu dan Jawa Timur saja. Tetapi juga mem-bawa nama harum Indonesia. “Karena hampir semua semua jenis fauna atau satwa yang ada di Benua Asia, Australia, Afrika, Eropa dan Amerika, bisa ditemui di Jatim Park 2,” jelas Rina. (*)

Harga Tiket Masuk Batu Secret ZooSenin-Kamis Rp 55.000Jumat-Minggu Rp 65.000Museum SatwaSenin-Kamis Rp 20.000Jumat-Minggu Rp 20.000Tiket Terusan Jawa Timur Park 2Senin-Kamis Rp 60.000Jumat-Minggu Rp 75.000Tiket Terusan Jawa Timur Park 1 & Jawa Timur Park 2Senin-Kamis Rp 100.000Jumat-Minggu Rp 120.000Jam BukaPukul 10.00 - 18.00

Reservasi Hubungi:Kantor Marketing Jawa Timur Park 2

Jalan Raya Oro-Oro Ombo No 9Kota Batu – Jawa Timur

Telepon (0341) 5025777 Fax (0341) 5025666

MUSIM liburan sekolah hampir tiba. Su-dahkah Anda menyiapkan rencana liburan bersama putra-putri anda. Ingin menikmati liburan sambil belajar. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Mulai saat ini tentukan pili-han liburan Anda ke Jawa Tmur Park 2 (Jatim Park 2).

Obyek wisata yang dikelola PT Bunga Wangsa Sedjati ini berada di Kota Batu, Jawa Timur. Dari Kota Malang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Jatim Park yang berop-erasi sejak tahun 2009 menempati lahan seluas 21 hektar dikemas menjadi 3 bagian dengan nuansa satwa dan alam, yaitu Batu Secret Zoo. Museum Satwa dan Hotel Pohon Inn. Jadi selama Anda berwisata di Jawa Timur Park 2, juga disiapkan akomodasi berupa penginapan di Hotel Pohon Inn.

Batu Secret Zoo saat ini boleh dibilang merupakan satu-satunya kebun binatang terlengkap di Indonesia. Berbagai macam satwa atau fauna langka bisa Anda temui di sini. Misalnya, Marmoset yang merupakan kera atau monyet terkecil di dunia. Tinggi badan hewan yang habitat aslinya berada di kawasan Amerika Selatan, terutama Brasil, tidak lebih dari 30 cm. Yang tak kalah me-narik, suasana alam liar khas Afrika berupa Savannah juga tersaji seperti kondisi riil di Benua Hitam. Ada juga Tiger Land.

Di area khusus satwa singa dan harimau ini, Anda bisa berinteraksi langsung dengan

si raja rimba tersebut. Anda bisa bertatap muka sangat dekat melalui dinding kaca maupun lantai kaca. Bahkan Anda juga bisa memegang dan berfoto bersama anak ha-rimau.

Total ada sekitar 1.000 satwa yang ter-bagi dalam 350 spesies, baik lokal dan in-ternasional. Mulai hewan mamalia, hewan melata, hewan yang hidup di darat, air dan udara, hewan serangga kecil hingga hewan ukuran jumbo, seperti gajah hingga jer-apah, semua tersaji lengkap di Batu Secret Zoo. Karena di setiap kandang hewan, telah disediakan papan keterangan tentang profi l hewan yang bersangkutan.

Kalau merasa lelah berjalan kaki men-gelilingi Batu Secret Zoo sepanjang kurang lebih 5 km, Anda bisa memanfaatkan E-bike atau mobil golf dengan tarif Rp 100.000/3 jam. Jangan khawatir pula kehausan atau kelaparan, karena Batu Secret zoo juga te-lah disediakan fasiliatas food court maupun cafe yang menyajikan berbagai macam menu makanan dan minuman dengan har-ga terjangkau.

Para pengunjung, khususnya anak-anak semakin dimanjakan saat memasuki area Fantasy Land. Ada sekitar 40 wahana per-mainan yang bisa dinikmati sepuasnya den-gan gratis. Termasuk 17 wahana permain-an baru yang belum lama ini diluncurkan, antara lain New Safari Farm, Sponge Bob

Water Shoot, Animal Bumper Car, Horor House, Animal Coaster, Jelajah 5 Benua, Junior Farm, Octopus dan Batu Adventure. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa menikmati wahana permainan tersebut. Ada pula kolam renang anak-anak yang di-lengkapi water boom dan papan seluncur.

Keluar dari Batu Secret Zoo, Anda jangan sampai kelewatan mengunjungi Museum Satwa. Museum ini mengoleksi sekitar 1.000 aneka satwa yang mati kemudian di-awetkan. Mulai hewan serangga seperti ku-pu-kupu hingga replika hewan purba dyno-saurus, bisa anda temui di sini. Ada juga sangkar burung raksasa yang juga dihiasi aneka macam burung yang diawetkan. Mu-seum Satwa juga dilengkapi ruang khusus pembelajaran yang diberi nama Khazanah Pengetahuan Fauna. Ruangan berkapasitas 300 orang ini diperuntukkan untuk rom-bongan pengunjung yang telah melakukan reservasi sebelumnya.

Kalau anda lelah seusai berkeliling di Batu Secret Zoo dan Museum Satwa, anda bisa memanfaatkan layananan penginapan di Hotel Pohon Inn yang juga berada di area kawasan Jawa Timur Park 2. Hotel berbin-tang ini menyediakan fasilitas 28 kamar Superior, 35 kamar Deluxe dan 8 Executive. Tersedia pula, Jungle Fast Food berupa restaoran berputar yang dilengkapi dengan suasana hutan beserta satwa-satwanya. (*)

JIKA beberapa tahun silam, banyak wisatawan masih berkiblat ke Surabaya, khususnya Kebun Binatang Surabaya, namun 3 tahun terakhir ini mereka justru mulai membidik obyek wisata Jatim Park 2 di Kota Batu ini.

Selain memang koleksi satwanya lebih lengkap, PT Bunga Wang-sa Sedjati selaku pemilik sekaligus pengelola Jatim Park 2 mampu mengemas dengan baik. Ada sarana pembelajaran untuk anak-anak dengan memanfaatkan multimedia, wahana permainan dan yang tak kalah pentingnya adalah lokasinya betul-betul menawar-kan suasana kesejukan alam pegunungan.

“Kami tidak akan berhenti untuk terus melakukan sosialisasi atau promosi kepada masyarakat, khususnya di kalangan anak-anak maupun pelajar di sekolah. Karena yang kami tawarkan bukan semata-mata untuk berwisata atau rekreasi. Tapi juga memberikan

pembelajaran kepada mereka untuk mengenal lebih dekat dunia satwa dan alam. Bukan hanya di Jawa Timur saja, namun juga daer-ah lain di Indonesia,” kata Deni Rinasari Sukmawati, Koordiantor Marketing Jatim Park saat ditemui Tabloid INFO WISATA JOGJA & JATENG di kantornya Sabtu (10/3).

Rina mengakui peran media sangat penting untuk membantu mempromosikan ataupun program-program baru yang ditawar-kan manajemen Jatim Park 2. Bukan hanya menarik kunjungan wisatawan, Rina pun berharap dan siap menerima kunjungan studi banding dari instansi manapun untuk mengetahui lebih jauh pen-gelolaan Jatim Park 2 ini. “Kami siap menerima kunjungan dari se-mua kalangan untuk studi banding di sini. Lho, siapa tahu nantinya akan berdiri Jogja Park atau Jawa Tengah Park,” kata Rina. (*)

Pengantar:

MALANG kini muncul sebagai salah satu prima-dona tujuan wisata di Indonesia. Salah satu obyek favorit di Kota Apel ini adalah Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2). Atas dukungan Manajemen Jatim Park 2, kontributor Tabloid INFO WISATA JOGJA & JATENG, Teguh Widjaja, pada 10 Maret 2012 diberi kesempatan untuk berkunjung ke obyek wisata satu ini. Berikut laporannya. Redaksi

Ayo Liburan ke JATIM Park 2Ayo Liburan ke JATIM Park 2

Takkan Pernah Kehabisan Ide Kreatif

Siap Terima Studi Banding

Deni Rinasari Sukmawati

Page 7: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

7Edisi 28Maret 2012

WISATA tak hanya identik dengan kafe ataupun diskotik saja. Namun jika Anda ten-gah berwisata di Jogja, ada sebuah momen yang khas yang bisa Anda jadikan agenda wisata malam. Alun-alun Kidul (populer den-gan sebutan Alkid). Yah, Alkid. Suasana malam dihiasi gemerlapnya lampu dekorasi sepeda hias modifi kasi serta riuhnya orang-orang lalu-lalang akan Anda temui begitu memasuki Alkid di malam hari.

Alkid merupakan wilayah di belakang kom-pleks Keraton Yogyakarta yang bisa dijangkau dengan berjalan ke arah selatan dari Sentra Makanan Khas Gudeg Wijilan. Alkid nyarus tak pernah “tidur”. Pagi mulai pukul 07.00 su-dah dipadati para siswa TK, SD, dan SMP yang berolahraga.

Siang hingga sore, aktifi tas masangin sudah mulai marak hingga malam hari. Berangkat sore hari keramaian Alkid kian memuncak. Ter-lebih jika saat malam Minggu. Sisi barat aneka permainan untuk anak-anak, seperti odong-odong, komedi putar, arena mandi bola, pe-mancingan ikan, becak mini, dan mobil-mobi-

lan ATV (All Terrain Vehice) mulai bersiap-siap melayani para pengunjung. Para pengunjung yang membawa serta anak-anak dapat menja-jal berbagai permainan tersebut, dengan tarif berkisar antara Rp 2.500 hingga Rp 10.000.

Bila malam tiba, kita akan menemukan ke-dai ronde, jagung bakar, pisang bakar dan roti bakar, dsb. Makan berat (nasi) juga banyak di-jual dengan lauk ayam bakar, ikan bakar, oseng tempe, dsb.

Selain itu banyak juga disewakan sepeda berbagai macam jenis, dari yang single, tun-dem, roda 3, becak mini, sampai sepeda roda 4 yang kemudinya mirip kemudi pada mobil dan semua kendaraan dilengkapi dengan lam-pu hias yang menempel di rangka kendaraan, tampak sangat menarik kreatif.

Pertunjukan lain, adalah pagelaran wayang di Sasono Hinggil Dwi Abad yang digelar pada waktu tertentu saja. Mengunjungi Alkid tidak dikenai biaya. Hanya saja bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi akan dikenai tarif parkir motor Rp 1.000 dan mobil Rp 2.000. (Yuliantoro)

Wisata Malam di AlkidMAU ke luar negeri, sudah pasti harus memiliki paspor. Paspor merupakan

dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara. Paspor ini diperlukan untuk melewati batas suatu negara dalam perjalanan internasional.

Namun persoalannya kerap waktunya mepet dengan tanggal keberang-katan. Nah, di bawah ini, seperti ditulis dalam Kompas.Com ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan untuk membuat paspor.

Bikin Paspor Tanpa Ribet

1. Persiapkan dokumen yang harus dibawa ke kantor imigrasi (KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah terakhir, dan akte nikah bagi yang sudah menikah).

2. Surat rekomendasi tertulis dari atasan bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, TNI dan POLRI, karyawan BUMN atau swasta.

3. Anda harus datang ke kantor Imigrasi untuk mengisi formulir dan melengkapi berkas. Formulir ini bisa diisi secara on-line maupun langsung di kantor imigrasi. Formulir dapat dibeli di koperasi kantor imigrasi.

4. Anda harus menunggu beberapa saat untuk memproses dokumen tadi. Nama Anda akan dipanggil dan berkas asli akan dikembalikan. Selanjutnya, Anda akan menerima struk atau slip pemberi-tahuan tanggal untuk kembali ke kantor Imigrasi. Biasanya Anda akan disuruh da-tang kembali setelah 7 hingga 10 hari.

5. Anda kembali lagi ke kantor imigrasi un-tuk melakukan pembayaran paspor. Set-elah melakukan pembayaran Anda akan diberi nomor antrean untuk dipanggil untuk foto, melakukan pindai sidik jari, dan wawancara. Dalam proses wawan-cara ini akan ditanyakan alasan keperlu-an paspor ini dibuat. Selesai wawancara, struk pembayaran akan menjadi bukti pengambilan paspor setelah selesai.

6. Pada hari yang ditentukan Anda boleh mengambil paspor yang su-dah jadi dengan menunjukkan bukti pembayaran.

7. Setelah Anda mendapatkan paspor, Anda akan diminta untuk memfo-tokopi paspor tersebut. Fotokopi dari paspor itu harus diserahkan lagi kepada petugas imigrasi.

8. Hindari memakai jasa calo. Jika Anda mau bersabar untuk membuat paspor, prosedurnya akan lebih mu-dah. (Herlambang JL)

lebipermodoman

asi. tor

aat ma sli da ri-

tor a-

n-et-an gil ari, n-u-ra, kti

paspor, prosedurnya akan lebih mu-dah. (Herlambang JL)

DI bulan Desember hingga Januari mendatang, kota Jogja dan kota-kota lain di Indonesia hampir tiap hari diguyur hujan. Bahkan curah hujan masuk kategori ekstrim. Sehingga kadang panas, tiba-tiba mendung dan disusul hujan dengan angin yang kencang.

Sudah pasti kondisi seperti ini akan cukup menganggu bagi mereka yang tengah berlibur atau berwisata. Namun sesungguhnya hujan bukanlah jadi halangan untuk kita berlibur dan berwisata. Nah,berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita berlibur di kala musim hujan.

* Kenali daerah tujuan. Kondisi di musim hujan di daerah tujuan bisa jadi berbeda satu sama lain. Ada wilayah tertentu yang curahnya hujan tinggi, sementara daerah lain tidak. Di wilayah pegunungan biasanya curah hujan tinggi.

* Buat list aktivitas yang nyaman buat Anda. Bagi sebagian orang liburan di dalam ruangan lebih menyenangkan karena tidak terkena hujan. Sementara, bagi sebagian lainnya aktivi-tas di luar ruangan sambil diguyur hujan justru dirasa lebih seru.

* Persiapkan kondisi fi sik. Di musim hujan bakteri, virus, kuman, dan jamur tumbuh subur. Penyakit mudah menyerang, terutama mereka yang kondisi fi siknya lemah. Stamina yang bagus tentu membuat tubuh lebih kuat menghadapi serangan penyakit. Baik juga kalau Anda melakukan vaksinasi virus tertentu seperti malarai, demam berdarah, atau fl u. Lazim-nya vaksinasi dilakukan 1 minggu atau 3 hari sebelum berangkat liburan.

* Jangan lupa bawa obat. Obat-obatan ringan akan sangat membantu dalam kondisi-kondisi tertentu. Lazimnya obat-obatan wajib yang biasa dibawa adalah obat sakit kepala, fl u, dan diare. Selain itu, lengkapi kotak obat Anda dengan pelengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan seperti obat antiseptik, alkohol, kapas, balsam, minyak gosok.

* Bawalah beberapa baju hangat, sweater, atau jaket. Pastikan pula payung atau jas hujan sudah masuk dalam tas. Tak kalah penting juga pelindung tas (rain cover). Juga bawa kaos kaki, khususnya saat berada di wilayah dingin.

* Mandilah sehabis hujan-hujanan meski suhu udara dingin. Bilaslah tubuh dari kepala hing-ga ujung kaki. Mandi akan menyegarkan tubuh kita. Jika tidak tahan dengan air dingin gunakanlah air hangat.

Nah, selamat berwisata, meski di musim hujan...!. (Herlambang JL/dari berbagai sumber)

Tetap Berwisata Tetap Berwisata Meski Musim HujanMeski Musim Hujan

HAFA Car RentJl. Gerilya Prawirotaman MG III/634Telp (0274-450775,377157)Jl. Solo Km. 6 No. 11 (in the front of Polsek Ambarukmo),JogjaTelp (0274-486857,7403223)TODAY TRANSPORTJl. Laksda Adisucipto Km. 8 JogjaTelp/Fax (0274-486799, SMS: 087839230046)RULLY TRANSPORTBarongan, Sumberangung, Jetis, BantulTelp (081328093263), Fax (0274-6681972)RIZKY TRANSPORTJl. Wates Km. 3, JogjaTelp (0274-618615,7444321), Fax (0274-618615)Jl. Raya Tajem 43B Maguwoharjo Depok Sleman,JogjaTelp (0274-4462600), Fax (0274-4462700)PRABU TRANSPORTPuri Permata II No. 8 Concat, Depok, Sleman,JogjaTelp (0274-4477563,7429669), Mobile: 08192575758,081328284407Jl. Kaliurang Km 3 CT III No. 3 (Depan Fak.Kehutanan UGM, Selokan Mataram)PONDOK TRANSPORTKrapyak Kulon 08/52/187 Sewon, Bantul,JogjaTelp (0274-377052,387346), Fax: (0274-387788)CP: Budi Martono (Mobile: 08122953920, 0274-7811006)CV. OLIVIA PRATAMAJl. AM Sangaji No. 68, JogjaTelp (0274-7163092,816682752, 081328889687), Fax (0274-550958)

CV. NANDA GROUPJl. Perumnas No. 141B Mundu Catur Tunggal Depok Sleman,JogjaTelp (0274-4333333,4333300) Fax (0274-489137)NANDA Jalan Kaliurang (Telp 0274-6811822)NANDA Condong Catur (Telp 0274-6828000) SMS 08112515237MALSA TRANSPORTINDOJl. Ringroad Utara Mraen No.101 Sendan-gadi Mlati, SlemanTelp (0274-7818737, 08112502931)LANCAR TRANSPORTJl. Singojayan 28 A Pakuncen,JogjaTelp 0274-7882447, 0817273292)KELANA TRANSPORT Head Offi ce: Ketos, Sriharjo, Imogiri, BantulTelp (0274-3033444)CP: Maryono Komir (Mobile: 081802731061,081328444212)Sales:Jl. Prawirotaman II No. 836,JogjaTelp (0274-7823132) Fax (0274-450136)KABUL TransportJl.Raya Imogiri Timur Km. 10 Wonokromo, JogjaTelp (0274-7810088, 08122736558 (24 hours), Fax (0274- 4415144)GRESIKA Counter Sales:Jl. Jend. Sudirman 15-17 (Jl. Bantul Km.10),Jogja Telp (0274-6644555)Jl. Raya Bantul 80, Dukuh Gedongkiwo, Mantrijeron,Jogja Telp (0274-6655999)CAHAYA TRANSPORTJl. Tohpati No. 64,JogjaTelp (0274-7485807), Mobile:08122712299, Fax (0274-375833)Jl. Parangtritis Km. 5,5 Sewon,JogjaTelp (0274-6994404, 08122712299)

Rental Mobil di JogjaRental Mobil di Jogja

Page 8: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

8 Edisi 28Maret 2012

SUASANA semarak mewarnai perayaan ultah Hotel San-tika Premiere Jogja ke-21. Berbagai acara digelar ulai dari Santika Idol yang diikuti oleh para karyawan, senam aerobik, donor dara, serta berbagai lomba untuk karyawan.

PR Santika Premiere Jogja Fera Leonidya mengatakan selain berbagai kegiatan internal, pihaknya juga meng-gelar kegiatan eksternal berupa fun walk with care. Acara digelar di Candi Ratu Boko. “Mudah-mudahan ke depan, Santika Premiere Jogja semakin sukses, terlebih di tengah persaingan bisnis hotel di Jogja yang makin kompetitif,” ungkapnya. (Tuti)

BADAN Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) terus gencar mempromosikan Jogja ke sejumlah negara. Mengawali tahun 2012, be-berapa kawasan belahan dunia dibidik. Di Eropa Timur dan Eropa Tengah yakni Holiday World, selanjutnya melalui Natas di Singapura. Sebelum-nya delegasi BP2KY bersama perwakilan Pemkot Yogyakarta juga meng-hadiri Roundtable Discussion Meeting Tourism Promotions Organization for South East Asia di Lee Meridien, Kota Kinabalu, Malaysia.

Direktur Eksekutif BP2KY Artin Wuriyani mengatakan awal tahun ini sejumlah agenda promosi telah diikuti. “Tahun ini kita awali dengan RDM TPO forum for south East Asia. Jogja mencoba lebih aktif dalam keang-gotaan TPO, termasuk diantaranya adalah program bersama pariwisata. Dari forum TPO, kita pun berhasil menjalin sister city dengan George Town,” terang Artin Wuriyani.

Untuk RDM TPO for south east Asia selanjutnya, akan dilaksanakan di Jogja bersamaan dengan Jogja Java Carnival (JJC). “Jadi selain menghadiri ajang TPO, para peserta juga bisa melihat even JJC,” katanya.

Di ajang Holiday World (Ceko) yang diikuti 47 negara ini sambutan pengunjung terhadap potensi wisata yang dimiliki Jogja cukup bagus. Mudah-mudahan ini bisa menjadi satu sumbangsih dari kita untuk mem-promosikan pariwisata Jogja,” terang Artin. (Tuti)

BP2KY Terus Promosikan Jogja

SEIRING dengan pergantian manajemen pengelola hotel dari Smile Indonesia ke Group Dafam, MM Hotel berganti nama menjadi Grand Dafam MM. Soft opening dilakukan Rabu (29/2). Acara ini dihadiri oleh Bupati Sleman Sri Purn-omo.

Managing Director Dafam Hotel Management Andhy Irawan mengatakan Grand Dafam MM memiliki 134 kamar (106 kamar deluxe, 17 kamar executive, 6 kamar executive balcony, serta 2 kamar suite dan 2 kamar royal suite). “Sam-pai tahun 2012 ini, Dafam Hotels and Resorts Indonesia akan mengoperasikan 8 hotel,” tutur Andhy Irawan.

Ketua PHRI DIY Istidjab Danunegoro mengatakan kehadiran Grand Dafam MM disambut baik oleh PHRI. Diharapkan Grand Dafam MM bisa semakin menambah pilihan akomodasi bagi pebisnis ataupun wisatawan yang datang ke Jogja. (Tuti)

MM Hotel Menjadi Grand Dafam MM

MENINDAKLANJUTI program A Tree For A Child (ATFAC), Novotel Yogyakarta kembali mengangkat 2 anak berprestasi namun kurang mampu sebagai anak asuh. Asst Public Relations Manager Novotel Yogyakarta Diah Nugraheny mengatakan ATFAC ini merupakan program Accor yang digelar secara berkesinambungan dan memiliki tujuan untuk membangun pengetahuan akan pentingnya ling-kungan hidup serta pendidikan bagi anak kurang mampu. Bersama dengan GM Novotel Yogya-karta Jessica Uekermann serta HRM EM Rimawati, 2 anak asuh Novotel Yogyakarta tersebut diajak ke toko buku untuk memilih berbagai kebutuhan mereka seperti buku dan peralatan tulis. (Tuti)

Komitmen Novotel Sukseskan ATFAC

Semarak HUT Santika Premiere Jogja

LondonDi 2012 ini London akan menjadi sorotan dunia. Seiring dengan persiapan ajang olah-raga internasional, Olimpiade, London mulai melakukan banyak perubahan. Selain itu Anda juga bisa mendapat pengalaman melihat ba-gaimana Tower Bridge terangkat kala sebuah kapal melintas di Sungai Thames.

MuscatSebagai ibu kota Oman, Muscat merupakan kota pelabuhan dengan beragam pening-galan bersejarah. Bangunan bergaya Prancis dan Portugis juga tersebar pada beberapa ti-tik di Muscat. Dan bila Anda ke sana, jangan lewatkan deretan museum yang ada. Seperti Museum of Omani Heritage, National Mu-seum of Oman, Oman Children’s Museum, Oman Natural History Museum, Bait al Zubair, Omani French Museum, dan Sultan’s Armed Forces Museum.

BangaloreBertempat di India Selatan, Bangalore memi-liki beragam penganan, musik, dan seni yang menarik turis. Kota metropolitan satu ini memiliki julukanGarden City, pernah juga disebut-sebut sebagai surga bagi para pen-siunan. Terkadang, Bangalore juga dianggap

sebagai Pub Ibukota India. Pasalnya Banga-lore kerap dijadikan sebagai tempat perge-laran konser musik rock internasional.

CadizKota di Spanyol ini kesehariannya terlihat ten-ang, bahkan seperti kota tidur. Namun sekali setahun Cadiz akan bertransformasi menjadi kota hura-hura. Dalam sepuluh hari, Cadiz akan menggelar karnaval yang penuh dengan minuman, tarian, serta nyanyian. Selama kar-naval, penduduk Cadiz akan ikut meramaikan dengan menggunakan wig atau rambut palsu berlampu neon serta lipstik.

StockholmMenjadi tempat pembuatan fi lm The Girl with the Dragon Tatto diyakinkan akan mendor-ong turis mendatangi Stockholm, Swedia. Apalagi Stockholm memiliki deretan toko mi-lik desainer ternama. Bar bergaya bohemian, Pulau Sodermalm, dan Taman Djugarden juga menjadi daya tarik Stockholm.

GuimaraesKota yang dikenal sebagai tempat kelahiran bangsa Portugis itu merupakan satu lokasi menarik untuk dikunjungi tahun ini. Hingga ke sudut kota, Guimaraes memiliki beragam bangunan abad pertengahan yang sarat den-gan sejarah, seperti Istana Dukes of Bragan-za.

SantiagoBerjalan antara kebun anggur di lembah Cas-ablanca, Maipo, dan Colchagua, mengunjungi puncak Andes di musim panas, serta bermain ski akan dapat Anda lakukan bila datang ke Santiago, Chili. Sayangnya gempa bumi yang menggoyang 2010 lalu membuat runtuh se-jumlah bangunan bersejarah.

Hong KongKota belanja, itulah Hong Kong. Namun di Hong Kong Anda tidak hanya bisa berbelanja,

tapi juga dapat berlayar dengan Star Farry, menjelajah bar di sepanjang Soho, ataupun keluar masuk pedesaan. Pastinya, Anda bisa mencicip pelbagai penganan di sebelas ribu restoran di Hong Kong.

OrlandoSebagai negara bagian Amerika Serikat, Or-lando akan menjadi satu kota layak dikunjun-gi pada 25-26 Februari nanti. Terutama untuk Anda penggila pertandingan bola basket. Sebab tanggal itu akan digelar NBA All-Star ke-61 Weekend. Orlando juga menyediakan beragam restoran, bar, toko buku, bahkan sa-lon tato untuk Anda kunjungi.

DarwinMeski disesaki kaum hippies dan nelayan, Dar-win tetap menarik dikunjungi karena memi-liki beragam hiburan malam. Pasar malam, restoran, kios makanan di Pasar Mindil Sunset Beach, kemudian menonton matahari meleleh ke Laut Timor akan menjadi cerita tersendiri dalam liburan Anda. Nah, sekarang tinggal ke kota mana yang bakal Anda pilih untuk dikunjungi. Selamat berwisata. (Herlambang JL)

Sepuluh Kota Layak Dikunjungi di 2012Sepuluh Kota Layak Dikunjungi di 2012DI tahun 2012 ini masih banyak kesempatan liburan untuk Anda. Apalagi maskapai

penerbangan bertarif murah sudah menjamur. Maka persiapkanlah diri Anda untuk kembali memulai perjalanan. Kali ini, melansir situs Lonely Planet, Tempo.co mem-berikan pilihan sepuluh kota yang layak dikunjungi selama 2012.

HUT SANTIKA – Tampak GM Santika Premiere Yogyakarta, Ari Respati, saat melakukan potong tumpeng. Acara ini menandai HUT ke-21 Santika Premiere Yogya-karta Jogja. Berbagai acara digelar mulai dari “Santika Idol”, senam aerobic bersama, donor darah, lomba antar karyawan hingga kegiatan bakti sosial ke beberapa Panti Asuhan.

Page 9: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

9Edisi 28Maret 2012

PERGESERAN gaya hidup kadang juga men-imbulkan masalah pada kesehatan tubuh. Salah satu faktor pemicunya adalah asupan makanan (gizi) serta pola makan yang kurang pas.

Oleh karenanya, di tengah kesibukan serta

ritme kerja yang tinggi, kita perlu memperha-tikan benar faktor makanan yang dikonsumsi. Salah satu pilihan menu sehat yang mungkin bisa Anda pilih adalah Fish Picata.

Menu ini tersaji selama Maret 2012 ini di Hotel Santika Premiere Yogyakarta. Menu satu ini begitu lengkap kandungan gizinya. Maklum kuliner satu ini memiliki beberapa bahan dasar seperti ikan (kakap), sayuran (bayam), kentang, telur serta keju.

Cita rasa Fish Picata pun begitu lezat. Seh-ingga tepat untuk santapan di siang maupun malam hari. Selengkapnya bahan dasar Fish Picata adalah Snapper (kakap), lime, sayuran, kentang rebus, bayam masak krim,

napolitan saus, garam, lada, tepung, telur permesan cheese serta butter. (Herlambang JL)

Menu Sehat, Fish Picata

saja tetap pas di lidah. Buktinya pusat kuliner satu ini selalu saja jadi jujugan banyak orang. “Kami memang ingin men-jadikan The House of Raminten ini menjadi tempat yang asyik dan nyaman untuk siapa saja,” kata sang pemilik, Hamzah HS kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Nah, salah satu menu unik yang belum lama di “launching” adalah Ayam Koteka. Menyebut koteka saja, tentu kita akan terbayang dengan suku pedalaman di Papua. Berkat kreativitas dari The House of Raminten, maka koteka pun bisa “berko-laborasi” dengan daging ayam dan menjadi sebuah produk kuliner yang unik.

Ayam Koteka terbut dari campuran antara daging ayam (cincang) dengan telur (dikocok). Dicampuri dengan bumbu-bumbu khusus. Setelah tercampur, kemudian di masak. Se-lanjutnya dimasukkan dalam selongsong bambu berukuran 20 cm, dan diameter sekitar 5 cm. Nah, bambu berisi daging dan telur ini selanjutnya di panggang (oven) hingga warna bambu sedikirt kehitam-hitaman.

Setelah diangkat, baru disajikan dengan kelengkapan seper-ti sambal ijo pedas, lalapan daun kemangi, timun dan tomat. Ayam Koteka ini menjadi lauk nan lezat bersama nasi putih. Harga dipatok Rp 7.000/porsi. Penasaran?, coba saja Ayam Koteka di The House of Raminten. (Herlambang JL)

Ayam Koteka dari “Raminten”Ayam Koteka dari “Raminten”

Menu unik, Ayam Koteka. Harganya Rp 7.000/porsi.

UNIK dan nyentrik. Itulah predikat yang patut dituju-kan ke tempat makan satu ini, The House Of Raminten yang berlokasi di Jalan FM Noto, Kotabaru, Jogja. Tak hanya atmosfernya yang memang khas, tiada duanya di kota Jogja. The House of Ramiten juga memiliki menu-menu yang langka sekaligus unik. Soal cita rasa, tentu

Atmosfi r The House of Raminten. Nyaman dan mengasyikkan.

DAGING bebek, siapa yang tak suka?. Kini boleh dikata kuliner dari daging bebek tengah “naik daun”. Jika memang piawai dalam proses memasaknya, memang dapat dipastikan daging bebek memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat. Nah, jika Anda menjadi salah satu pe-nikmat kuliner dari daging bebek segera saja hadir di Hotel Aston Imperium Purwokerto. Sebab selama Maret ini tengah digelar promo kuliner serba bebek (March Duck Promo).

Menurut Sales Manager Aston Imperium Purwok-erto, Bernadheta Andriani kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG promo ini semata-mata memang untuk me-menuhi keinginan masyarakat untuk bisa menyantap daging bebek dari berbagai jenis masakan. “Kita sajikan antara lain crispy bean curd skin duck bowl, braised soy duck Chinese style, healty duck soup with traditional herb, duck consomme mushroom ravioli, duck magret serta roasted duck,” paparnya.

Sedangkan menurut Executive Chef Aston Imperium Purwokerto, Totok Siswantoko, semua menu-menu ser-ba bebek dalam promo ini diracik dengan bumbu yang khas. “Kami tampilkan menu-menu dengan cita rasa

Serba Bebek dari Aston Imperium Purwokerto

Executive Chef, Totok Siswantoko

Menu-menu serba bebek dari Aston Imperium Purwokerto

yang khas dan presentasi yang me-narik. Sehingga akan memberikan kepuasan bagi mereka yang me-mang penikmat daging bebek,” jelas Totok. Harga selama promo mulai dari Rp 38.800 hingga Rp 288.800.

Menurut Totok, selain March Duck Promo, pada 21 April mendatang hotel ini akan menggelar program “Easter Family Dinner”. “Ini sekaligus untuk memperingati Hari Kartini,” imbuh Andriani. (Herlambang JL)

BAGI mereka yang suka sandwich atau roti lapis, dipastikan akan terpuaskan manakala Anda berkunjung ke Grand Aston Yogyakarta. Sebab di hotel ini kini tersaji berbagai aneka jenis sandwich yang semuanya diracik khusus dengan bahan baku yang berkualitas dan cita rasa yang lezat dan berbeda dengan sandwich yang ada selama ini.

Sandwich merupakan menu makanan beru-pa dua potong roti yang diisi daging, sayuran atau keju. Sandwich biasanya diberi bumbu atau saus sehingga rasanya lebih enak. Sand-wich merupakan makanan praktis yang da-pat dipakai sebagai bekal sekolah, piknik atau sekedar jalan-jalan. Selain itu sandwich dapat dinikmati juga sebagai cemilan. Pada umumnya sandwich menggunakan potongan roti tawar.

Grand Aston Yogyakarta memberikan lima pilihan sandwich yaitu Pouch Egg Sandwich, Roast Chicken Sandwich, Grilled Vegetable Sandwich dan Caprese Sandwich. Roti yang dipakai adalah croissant, Chiabatta bread dan

Focaccia bread. Semua menu ini dipatok harga mulai dari Rp 45.000.

“Aneka Sandwich ini dapat dipesan di Cas-sia Lobby lounge maupun di Saffron restau-rant setiap hari dari pukul 06.00 hingga pukul 23.00,” kata Dyah Retno Wikan (PR Manager Grand Aston Yogyakarta) kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG. (Herlambang JL)

Aneka Sandwich di Grand Aston

Page 10: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

10 Edisi 28Maret 2012

Hotel Grha Somaya Jogja yang berada di lokasi sangat strategis di Kota Jogja, tepa-nya di Jalan Menteri Supeno No 28BC Jogja mengusung konsep khasnya Jogja. Dengan nama kamar dan ruang meet-ing yang diambil dari tokoh wayang serta tagline “Enjoy

Stay With Us” memberikan suasana kekeluargaan dan ke-bersamaan yang lain daripada yang lain.

Memili 34 room yang terbagi dalam 3 type kamar yaitu 09 kamar Puntadewa (deluxe room), 01 kamar werkudara (superior room), dan 24 kamar Janaka (standard room). Di-lengkapi dengan fasilitas kamar seperti AC, TV, water heater, amenities, breakfast, dan lain sebagainya. Fasilitas di luar ka-mar antara lain swimming pool dan hot spot area( lobby and meeting room area). Tersedia pula meeting room dengan nama “Nakula Sadewa” dengan kapasitas 75 pax serta fasili-tas seperti AC, screen, white board, spidol, dll

Informasi lebih lanjutHotel Grha Somaya Jogja

Jalan Menteri Supeno No 28 BC YogyakartaPhone (0274) 377555/0274 9272390

Fax (0274) 411030

Paket Meeting di Grha Somaya Hotel

GRAND Aston Yog-yakarta Hotel & Con-vention Center adalah hotel bintang lima yang berlokasi di pusat kota.

Sebagai hotel berbintang di bawah naungan manajemen Aston International tentu saja mempunyai fasilitas yang sangat lengkap. Salah satunya adalah Saffron Restauant. Ka-pasitas total untuk 164 orang. Ruangan khusus juga tersedia bagi mereka yang menginginkan privasi dengan kapasitas 16 orang. Restoran ini dibuka mulai pukul 06.00-23.00. Saf-fron Restaurant mempunyai menu andalan yaitu Sop Bun-tut Daun Kedondong, “Tornados Nusantara Saus Rendang” untuk menu utama, dan sebagai hidangan penutup adalah Valrhona Brownie Vanilla Ice Cream. Keunikan yang dimiliki adalah tersedianya “open kitchen” dimana para tamu da-pat menyaksikan proses pemasakan menu-menu yang akan dinikmati.

Grand Aston YogyakartaJln Urip Sumoharjo 37

JogjaTelp (0274)566999Fax (0274)553999

Menu Spesial di Saffron Restaurant

MENIKMATI GURAME BUMBU RUJAKDI TEPI SAWAH

Dibalik keragaman obyek wisatanya, Jogja juga memiliki keragaman kuliner yang pasti memanjakan setiap penikmatnya. Salah satu tempat kuliner yang menjadi destinasi di Jogja adalah Restoran Taman Pringsewu.

Menu yang baru diluncurkan bulan maret ini diolah dari ikan Gurame segar pilihan dan diracik

dengan bumbu rahasia khas Pringsewu. Terdiri dari Gurame fi llet yang digoreng crispy dengan tepung ditambah irisan bengkoang, nanas, timun dan wortel serta taburan kacang, plus siraman saos asam pe-das menjadikan gurame bumbu rujak sangat sayang untuk dilewat-kan. Didukung fasilitas yang lengkap mulai dari Gazebo. Lesehan tepi sawah, Hall yang luas, Meeting Room, Children Play Ground dan Free Hot Spot Area menjadikan kunjungan anda ke Restoran Pringsewu pasti akan lebih berkesan. Anda bisa datang ataupun reservasi di no-mor Telp.0274 – 867978/867667/496586.

Resto Pringsewu Jgja

Jl Magelang Km 9,Sleman-JOGJA

Telp 0274-867978/867708

Negara Arab terkenal den-gan iklimnya yang panas dan kering. Namun, makanan Arab sangat kaya dengan rempah-rempah. Orang Arab mengon-

sumsi protein dari daging, ikan tidak terlalu banyak karena mereka kebanyakan mengonsumsi kambing, domba, atau lembu.

Paprika Restaurant yang berada di The Phoenix Hotel Yo-gyakarta menggelar promosi prasmanan aneka makanan Arab tiap hari Jum’at di dinner time mulai dengan harga Rp. 198,000net per orang. Anda dapat menikmati berbagai ma-kanan Arab mulai dari appetizer, makanan utama dan des-sert mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 30 Maret 2012.

Makanan Arab lebih kepada penyajian makanan menggu-nakan daging serta aroma kari. Ternyata, di dalam makanan tersebut terdapat banyak rempah-rempah kering dan itu-lah kunci kelezatan. Makanan arab itu lebih pada fast food dan lebih cepat penghidangan. Banyak menggunakan dag-ing yang disajikan dengan roti menjadi ciri khas kuliner di negara penghasil minyak ini.

Arabian Night Buffet DinnerTrue Flavors of Arabian cuisine

LPP Convention Hotel terletak di Jln. Demangan Baru No 8, Jog-ja saat ini berkembang menjadi pusat bisnis baru di Jogja.

Berkonsep modern minimalis dan keindahan taman membuat

tamu merasakan suasana yang sejuk,nyaman dan aman, dengan pelayanan dan kerahtamahan petugas kami seba-gai wujud Green & Friendly Hotel.

Memiliki 50 kamar dengan berbagai type seperti : Supe-rior, Deluxe,Executive,Junior Suite dan Suite dengan fasilitas indoor : AC, TV cable,Hot & Cold Water,Tea & Coffee maker set, Internet, Amenities dan Breakfast. Fasilitas Outdoor : Restaurant, Room Service 24 jam, Coffee and Tea Café, Spa, Bussiness Centre, Travel Agent dan Parking Area yang luas serta free hotspot.

Beberapa ruang meeting antara lain Dewandaru I kapa-sitas 80 orang, Dewandaru II (100), Dahlia I (15), Dahlia II (50), VIP Meeting Room (10) dan Dinning Hall (200/open) dengan fasilitas AC, Sound System,LCD, Flipchart, Mini Garden,Blocknote, Pencil, Mineral water dan candy. Paket Meeting seperti : Fullboard Meeting, Fullday Meeting , One day meeting dan Halfday Meeting. (*)

Paket Meeting dan Liburan

Nikmati suasana barbeque night yang spesial dengan suasana alam pedesaan yang nyaman hanya di Sambi Re-sort, Spa and Restaurant Jalan Kaliurang Km 19,2, Pakem Binangun, Sleman, Yogyakarta. Sangat pas dinikmati oleh Anda bersama relasi, klien ataupun mitra bisnis serta kelu-arga. Menu barbeque yang dihadirkan sangat cocok den-gan suasana resort. Dimulai dengan harga 85.000,-net/pax dan berbagai macam menu barbeque pun siap tersaji di area terbuka ataupun area yang private untuk keluarga maupun kolega. Racikan bumbu yang pas memberikan cita rasa yang sangat istimewa. Ditambah dengan suasana alamnya yang menawan. Jika anda ingin menghabiskan waktu menikmati malam bersama teman dan keluarga sangatlah cocok dengan paket ini, jangan ragu untuk mencoba menu paket Barbeque di Sambi Resort. Untuk informasi dan reservasi selengkapnya dapat menghubun-gi di : 0274 4478 666 atau 081 80421 8170.

Barbeque Night

Usung Konsep MICEHotel Sahid Raya Yo-

gyakarta hadir dengan konsep MICE (meeting incentive conference exhibition). Memiliki fasiltias 120 kamar ter-

masuk diantaranya sejumlah cottage serta 7 meeting room. Diantaranya adalah Parang Kusomo kapasitas 700 orang the-atre style, Parang Wedang dan Parang Pandan masing-mas-ing untuk 50 orang, Parang Klithik 40 orang, Parang Garuda 100 orang dan Parang Gupito untuk 25 orang. Dilengkapi dengan fasilitas Pasir Putih Coffee Shop, Baron Bar & Café, kolam renang, hotspot, bilyard, jogging track, salon dan spa, yang akan memanjakan dan memberikan hiburan serta ke-nyamanan. Tidak hanya itu, Hotel Sahid Raya Yogyakarta juga memiliki kebun dan taman yang luas dengan berbagai macam tanaman dan bunga. Sebagai hiburan kami juga me-nyediakan siteran setiap sore dan live music setiap malam.Kami juga memiliki Taman Ceria, sebagai tempat dan fasilitas bermain bagi anak-anak.

HOTEL SAHID RAYA YOGYAKARTAJl. Babarsari, Yogyakarta – Indonesia

Telp : (0274) 488888 (hunting), 487677Faks : (0274) 487688, 487710, 487683

Website : www.sahidjogja.comEmail : [email protected]

Page 11: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

11EDISI 28Maret 2012

Reservation & Information

Jl. Laksda Adisucipto km. 6 No. 6

Yogyakarta 55281, Indonesia

Phone: +62 274 488288, 488162

Fax: +62 274 489682, 485656

[email protected]

website: www.sriwedarijogja.com

[email protected]

Ringroad Utara

Jl. K

aliu

rang

Bandara Adisucipto

JECJogja Expo Center

StationTugu

Jl. M

aliob

oro

SaphirSquare

Gajah Mada University

AAU

U

SSweet HomeAway From Home

Page 12: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

12 Edisi 28Maret 2012

OBYEK wisata DREAM LAND PARK terus melakukan berbagai inovasi even untuk memberikan hiburan segar bagi para pengunjungnya. Salah satunya menggelar atraksi orang kuat, Ngadiman (38) pada Minggu, 26 Februari lalu.

Ngadiman alias Ki Gondrong dari Desa Panican, Kecamatan Kemang-kon, Purbalingga ini memang pantas disebut “Limbad”-nya Purbalingga. Atraksi tersebut diusung hasil kerjasa-ma dengan EO “Prawon” Production Purbalingga. Manajer Humas Prawon Producton, Nanang AN mengatakan,

hadirnya atraksi di DREAM LAND PARK semata-mata untuk memberikan hiburan unik bagi pengunjung. “Dan kami siap diundang oleh siapapun, untuk tampil diberbagai event,” im-buhnya seraya memberikan nomor HP 081391402005.

“Saya sengaja mendatangkan Ki Gondrong alias Limbad dari Purbal-ingga yang sekarang sedang naik daun, untuk memberi hiburan kepada pengunjung Dream Land,” ujar Wastam , pemilik DREAM LAND PARK kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Ki Gondrong menunjukkan lima kemampuannya, antara lain dengan rambut gondrongnya yang diikat sedemikian rupa, ditarik sebuah sepeda motor RX King. Dia melakukan tarik menarik dengan sepeda motor yang berlawanan arah dengan dirinya.

Atraksi terakhir, Ki Gondrong menarik bus pariwisata seberat 8 ton milik management DREAM LAND PARK. Bus bernopol B 7991 TF itu, dengan mudah ditarik oleh rambut Ki Gon-drong, sejauh kurang lebih 300 meter. (Herlambang JL)

SATU tempat lagi sebagai wahana wisata kini hadir di Desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas (Jateng). Lokasinya mudah dijangkau. Han-ya sekitar 20 menit dari Kota Purwokerto. Tepatnya berlokasi di Jalan Raya Pancasan-Ajibarang, Banyu-mas. Nama wahana wisata itu adalah DREAM LAND PARK.

Begitu kita memasuki pintu gerbang, maka terli-hat hamparan sebuah wahana wisata yang dilingkari bukit-bukit menjulang dan menghijau. Sejuk,nyaman dan asri. Sebuah panorama yang fantastis dan tak ada duanya.

Wahana wisata DREAM LAND PARK saat ini memi-liki beberapa fasilitas permainan. Semuanya pas untuk anak-anak hingga orang dewasa. Seperti pemandian (kolam renang) termasuk khusus untuk PAUD, arena jet ski, trampolin, mandi bola, bebek air, fasilitas arung

jeram, taman reptil, kolam ikan (akuarium raksasa), Ta-man Batu, Taman Pasir, pusat kuliner, panggung kes-enian tradisional dan sebagainya.

“Kini kami tengah membangun fasilitas lainnya sep-erti arena fl ying fox dan bioskop empat dimensi,” jelas Manager DREAM LAND PARK, Agus Sumarko kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Hal yang menarik dari pusat rekreasi keluarga satu ini adalah

Seluruh air yang menjadi arena bermain merupa-kan air alam (sumber air alami). “Sehingga terjamin kebersihannya dan mampu memberikan kesegaran tersendiri kepada pengunjungnya,” jelas Agus Su-marko.

Nah, tunggu apalagi. Isilah hari-hari libur Anda ber-sama keluarga dengan berwisata ke DREAM LAND PARK. (Herlambang JL)

BELUM lengkap rasanya jika berlibur di Purwokerto tidak menyantap kuliner satu ini. Mendoan. Salah satu kuliner khas Purwoker-to. Mendoan merupakan tempe (yang dibalut tepung), digoreng dan disajikan dalam kon-disi setengah matang. Jadi tampilannya me-mang sedikit lembek.

Namun dengan komposisi bumbu dalam tepung yang khas, dan teknik menggoreng yang tepat. Cita rasa tempe mendoan ini sungguh luar biasa. Lebih nikmat disantap dalam kondisi panas dengan cabai rawit. Se-lain cabai rawit biasanya si penjual juga me-nyediakan kecap khusus. Sehingga Anda ting-gal mencocol saja mendoan dengan kecap khusus mendoan itu.

Tempe mendoan Purwokerto juga memi-liki tampilan yang beda. Ukurannya yang su-per tipis, namun agak besar (sekitar 10 x 15 cm). Dalam satu bungkus tempat mendoan

(mentah) berisi 2 buah lapisan mendoan. Bagi wisatawan yang mau menggoreng sendiri di rumah juga bisa. Sebab dijual mendoan mentah beserta tepung yang telah dicampur bumbu. Aturan pakainya juga tercatat dalam kemasan. Jadi di rumah Anda tinggal mengg-oreng. Mudah bukan?. Harga mendoan sekitar Rp 1.000- Rp 1.2000/biji. (Herlambang JL)

Padukan Wisata Hiburan, Pendidikan dan AdventureWahana Wisata ”DREAM LAND PARK”

Alamat: Desa Pancasan, Kecamatan AjibarangKabupaten Banyumas

---------------------------Tiket Masuk (terusan):

Senin-Kamis Rp 10.000 (dewasa), Rp 7.000 (anak-anak)Jumat (libur)

Sabtu-Minggu&Hari Besar Rp 15.000 (dewasa),Rp 8.000 (anak-anak)

““Dream Land ParkDream Land Park” Pancasan” Pancasan

Ada “Limbad” di Dream Land Park

BANYAK kita kenal jenis soto. Ada soto khas Semarang, soto Sulung, soto Lamongan, soto Bandung atau soto Betawi. Nah, di wilayah Banyumas , tepatnya di Sokaraja, kita akan jumpai menu khas soto yakni soto Sokaraja. Berbeda dengan soto-soto yang tertulis di atas, soto Sokaraja benar-benar mantap. Memiliki cita rasa yang khas.

Satu hal yang unik, soto ini dibuat dengan begitu banyak komponen (bahan baku). Ada sayuran seperti seledri, daun bawang, kecam-bah (taoge), kobis, soun (mi putih), ditambah pula dengan sambal kacang. Dalam penyaji-annya, tinggal pilih dengan daging ayam atau sapi. Atau pun jerohan. Dan masih ditambah kerupuk kuning yang diremas-remas.

Ttak heran dengan kuahnya yang kental, beraroma kacang yang kuat, soto Sokaraja cukup mengenyangkan. Apalagi masih ditam-bah dengan kupat. Namun dengan porsi yang

pas, tak jarang penikmat soto Sokaraja mampu melahap hingga 2 mangkok. Penasaran?, susu-rilah sepanjang Jalan Jend Sudirman, Sokaraja (sekitar 20 menit dari kota Purwokerto). Anda akan temukan begitu banyak warung-warung soto Sokaraja. Per porsi sekitar Rp 7.000-8.000. (Herlambang JL)

Cita Rasa Soto Sokaraja Mendoan Khas Purwokerto

Wastam, pemilik Dreamland Park

Page 13: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

13Edisi 28Maret 2012

Ayam Goreng Bu HartinJl. Sutijab Wates (0274) 774376

Bakmi Jawa WatesDi seluruh wilayah Kulon Progo (Malam hari)

Cafe & RM GaulKomplek BSA Wates

Gule SawahJl. Tentara Pelajar, Beji, Wates

Kampoeng RestoJl. Bhayangkara, Wates

Lotek GiripeniJl. Raya Bendungan, Giripeni, Wates

Lotek NgrowoGalur

RM. MorolegoJl. Kol. Sugiyono Wates (0274) 773504

RM. BarathaJl. Kol. Sugiyono, Wates (0274) 773468

RM. BlimbingJl. Raya Brosot, Blimb-ing, Brosot

RM. Bu Hartin 2Jl. Raya Jogja-Wates Km. 29 Kongklangan Wates

RM. Cemoro JajarJl. Raya Wates-Pur-worejo, Sogan, Wates

RM. Gerbang TrisikJl. Raya Trisik, Galur (0274)7499086

RM. Gubug Udang Kesuma WanadriGlagah, Temon 0817266617

RM. Gudeg Bu Ju-mintenKomplek Perdagangan Wates (0274) 773665

RM. MlangsenJl. Raya Wates-Purworejo, Mlangsen, Temon

RM. Murah MeriahJl. Raya Purworejo, Sindutan, Temon

RM. Padang Saliro KitoJl. Tentara Pelajar, Beji, Wates

RM. Padang Seder-hanaWates

RM. Pandan WangiGlagah, Temon 08157936502

RM. Pring PetungSelatan Alun-Alun Wates 08122969939

RM. Saiyo JayaJl. Sugiman Wates

RM. Saiyo Sapta PesonaJl. Wates-Purworejo, Wates (0274) 773880, 774313

RM. Sea Food Yu SumCongot, Jangkaran, Temon (0274) 778209, 321735, 081578797995

Sate KelinciJl. Bhayangkara, Wates

Sate KudaJl. Jogja-Wates Km. 29

Sate Mbah MargoJl. Raya Muntilan Mboto Nanggulan 081328772633

Sate Mbah Margo 2Jl. Raya Jogja-Nangu-lang, Kenteng

Sate Pak Gundul (Kuncung)Komplek Perdagan-gan, Gawok, Wates

Sate TegalKomplek Perdagan-gan, Gawok, Wates

Soto Pak KasmoJl. Purworejo, Malan-gan, Sentolo

Soto Pak PaimanJl. Wates, Proliman Karangnongko, Wates

Soto semarangJl. Khudori, Wates

Rumah Makan di Kulonprogo

Page 14: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

14 Edisi 28Maret 2012

PERCAYAKAN berbagai event seperti meeting hingga wedding untuk digelar di Gadjah Mada University Club. Dengan lokasi serta atmosfer yang tiada duanya, hotel ini akan memberikan kenyamanan yang sempurna untuk penyelenggaraan berbagai kegiatan meeting hingga wedding.

Dengan konsep sebagai hotel dan convention, Gadjah Mada University Club ini memiliki beberapa fasilitas ruang khusus untuk meeting maupun wedding. Mulai dari hanya untuk 4 orang hingga 1.000 orang.

Berbagai paket untuk seminar serta conference juga siap ditawarkan untuk Anda. Paket seminar half day meeting (Rp 100.000/orang) hingga full day meeting (Rp 150.000/orang) dengan berbagai fasilitas lengkap yang akan diberikan oleh pihak hotel.

Juga untuk Conference (room rental) tersedia untuk paket 200-5000 pax, atau 100-200 pax dengan berbagai fasilitas mulai dari ruangan ber-AC, sound system, LCD, mike hingga podium dan musholla.

Gadjah Mada University Club juga menawarkan paket wedding lengkap hingga untuk 1.000 orang (tamu). Pihak hotel memberikan keleluasaan bagi Anda untuk memilih ca-tering. Fasilitas paket wedding mulai dari ruangan, area lobby AC, sound system, kamar pengantin, meja prasmanan, meja buku tamu, dekorasi pelaminan, MC Jawa/nasional, foto, album, video, foto keluarga, dsb.

Dengan lokasi yang aman, nyaman serta asri, maka akan memberikan jaminan kelan-caran pesta wedding. Terlebih dengan area parkir yang luas, aman serta ditunjang dengan jaminan sistem keamanan. (Adv)

Gadjah Mada University Club Kenyamanan untuk Meeting dan Wedding

Gadjah Mada University Club(Hotel & Convention)

Jl. Pancasila No. 2, Bulaksumur, Jogja

Telp (0274) 563461, 557216, 6491185

Fax (0274) 563461E-mail :

[email protected] :

www.ugmclub.comSalah satu nuansa kamar di Gadjah Mada University Club

Pesta wedding yang elegan di Gadjah Mada University Club.

Tamu-tamu manca negara tampak begitu nyaman saat menginap di Gadjah Mada Uni-versity Club.

ALL Seasons Hotel Yogyakarta hadir di Jogja dengan sebuah atmosfer yang sangat berbeda dengan hotel-hotel yang telah ada sebelumnya. Tak hanya arsitektur bangunannya yang unik, namun elemen interiornya pun juga memiliki kekhasan tersendiri.

“Kami hadir dengan menawarkan konsep yang khas dan unik. Mulai dari desain bangunan, ruangan maupun elemen interior lainnya. Tampil lebih colourfull,” terang Sales Administrator All Seasons Hotel Yogyakarta, Elysa Ratnaningsih, kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

All Seasons Yogyakarta memiliki 112 kamar yang terdiri dari 97 kamar Superior, 12 kamar Superior dengan bath up, and 3 kamar Family. Kamar tampil simple-minimalis, dengan sentuhan warna- warni yang menarik, didukung aksen futuristic, sehingga memberikan aura kenyamanan untuk bersantai dan berlibur. Fasilitas lain saluran cepat internet , 32 inch

Nuansa Berbeda diAll Seasons Yogyakarta

All Seasons Hotel YogyakartaJln Dagen No. 107

JOGJATelp (0274-588889)

Lcd TV dengan saluran fi lm dan tv kabel, IPod Dock, safe deposit box, fasilitas pembuat kopi dan the. Terda-pat pula spa, swimming pool, free wifi , dsb.

Anda bias menikmati eksotisme Sky bar yang nyaman dan dekorasi modern yang berwarna-warni pula. “Kini kami hadirkan Promosi Family and Student setiap hari, hanya Rp. 120.000 makanan dan minuman dengan set menu, serta promo sarapan hanya dengan Rp. 25.000/ orang di Colors Restaurant,” jelas Elysa. (Herlambang JL)

MESKIPUN masih terbilang baru, namun respon customer terh-adap keberadaan Hotel Gowongan Inn cukup bagus. Tidak hanya kalangan wisatawan, akan tetapi juga pelaku bisnis dengan berba-gai aktivitas meetingnya. Maklum hotel bintang tiga yang masih berada di kawasan “Ring I” Jogja ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti meeting room dan ballroom dengan kapasitas 300 orang, wifi dengan bandwith memadai, screen, dan fasilitas lain-nya.

GM Gowongan Inn Mintiarti mengata- kan selain meeting, tamu hotel yang longstay pun c u k u p banyak. “Lokasi kita yang strategis, di p u s a t kota Jogja. Selain itu, atmosfer ke- n y a -manan coba kita berikan. Ini mungkin yang membuat kehadiran Gowongan Inn d i s -ambut dengan baik,” tuturnya.

Gowongan Inn saat ini memiliki sekitar 57 kamar, 6 meeting room dan 1 ballroom. “Kita tetap optimis, meskipun di tengah persaingan bisnis hotel yang makin kompetitif. Grafi k revenue kita pun menunjukkan tren yang cukup bagus,” ujarnya.

Diakui oleh Mintiarti, meski ada kekhawatiran namun pihaknya tetap optimis seiring hadirnya hotel-hotel baru. “Dengan sin-ergitas dan promosi yang gencar, harapannya kue pasar Jogja bisa terus bertambah seiring ber-tambahnya jumlah pe-main (hotel),” paparnya. (Tuti)

Hotel Gowongan Inn Berikan Atmosfer Kenyamanan

ntiarti mengata- kan selain longstay pun c u k u p strategis, di p u s a t

mosfer ke- n y a -ni mungkin yang ongan Inn d i s -nya.i memiliki ting room ap optimis, ngan bisnis itif. Grafi kkkan tren a.

meski adapihaknya adirnyan sin-

g

Page 15: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

15Edisi 28Maret 2012

MARAKNYA bisnis perhotelan di Jogja memang telah me-munculkan berbagai komentar. Pro dan kontra. Namun menu-rut Ketua PHRI DIY, Istijab Danunagoro, hadirnya hotel-hotel baru di Jogja tak perlu dirisaukan. “Saya melihat memang masih lampu hijau. Artinya masih dimungkinkan untuk had-irnya hotel-hotel baru di Jogja,” jelasnya kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Sebab menurutnya untuk saat ini tingkat hunian dari selu-ruh hotel berbintang di Jogja masih dikisaran (rata-rata) 60-65 persen. “Jadi masih cukup sehat. Kecuali kalau di bawah 40 persen, tentu perlu ada pembatasan hotel-hotel baru,” kilah GM Grand Quality Yogyakarta ini.

Meski demikian, PHRI DIY tetap berharap Pemda/Pemkot tetap hati-hati dan cermat dalam memberikan izin pendirian hotel. “Dan kami telah melakukan pertemuan dengan Walikota Jogja soal satu ini,” ungkapnya.

PHRI DIY pun minta kepada Pemda/Pemkot untuk ikut dilibatkan. “Artinya kita diminta ikut memberikan reko-mendasi. Jadi hotel-hotel baru kulanu- wun-lah sama kita

(PHRI DIY),” pa-parnya. (Herlam-bang JL)

Istijab Danunagoro

FIGUR

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pang-estu menargetkan jumlah wisatawan mancanegara yang akan datang ke Indonesia pada 2012 mendatang mencapai 8 juta orang.

Jumlah wisman yang mengunjungi Indonesia 2011 men-capai 7,6 juta orang. “Target kita harapkan optimis wisman menembus 8 juta orang,” kata Mari Elka di Jakarta, seperti dikutip vivanews beberapa waktu lalu.

Target 8 juta orang ini, menurutnya, di atas jumlah wisman yang mengunjungi Indonesia pada 2011 lalu yaitu menca-pai 7,6 juta turis. Padahal target pemerintah pada 2011 lalu mendatangkan turis asing sebanyak 7,1 juta orang. “Tahun lalu bisa 7,6 juta, itu di atas target juga,” kata mantan Men-teri Perdagangan ini.

Sedangkan untuk turis lokal, Mari Elka menargetkan pada 2012 mendatang wisatawan domestik mencapai 245 juta perjalanan, naik 2,94 persen dibandingkan jumlah 2011 yang mencapai 238 juta perjalanan. “Jika ini terlampaui maka dapat menggerakan ekonomi kreatif,” paparnya. (Her-lambang JL)

Mari Elka Pengestu

ADA yang menarik dari pernyataan pengusaha satu ini, Hamzah HS. Kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG, ia mengatakan pariwisata Jogja jangan cepat puas dengan apa yang ada saat ini. “Jogja me-mang tujuan wisata. Tapi kalau dibandingkan Bali, kita masih kalah jauh. Kita belum apa-apanya,” tegas pimpinan Mirota Batik ini.

Oleh karenanya, kalau Jogja tidak cepat-cepat ber-benah, maka bis-bisa jumlah wisatawan akan terus merosot. “Apalagi turis asing, jangan harap akan membeludak datang ke Jogja,” ingatnya. Satu hal yang menurut Hamzah harus dibenahi adalah soal pola piker. “Semua elemen, khususnya masyarakat, harus sadar benar bahwa dari pariwisata ekonomi Jogja bisa hidup,” tegasnya.

Oleh karenanya, terhadap turis asing hendaknya jangan sekali-kali kita mengusik keasyikan mereka saat berada di Jogja. “Bi- arkan mer-eka menikmati kein- d a h a n kota Jogja. Jangan di-ganggu dengan ber- b a -gai tawaran, rayuan, apalagi sampai memaksa mereka. Itu akan membuat mereka merasa tak nyaman lagi saat berada di Jogja. Ini yang harus diperhatikan oleh masyarakat Jogja,” kata Hamzah. (Her-lambang JL)

Hamzah HS

y , p g yangan sekali-kali kita mengusik keasyikan mereka aat berada di Jogja. “Bi- arkan mer-ka menikmati kein- d a h a n ota Jogja. Jangan di-anggu dengan ber- b a -ai tawaran, rayuan, palagi sampai

memaksa mereka. Itu kan membuat

mereka merasa tak yaman lagi saat erada di Jogja.

ni yang harus iperhatikan oleh

masyarakat Jogja,” ata Hamzah. (Her-ambang JL)

p gJogja soal satu ini,” ungkapnya.

PHRI DIY pun minta kepada Pemkot untuk ikut dilibatkan. kita diminta ikut memberikanmendasi. Jadi hotel-hotel kulanu- wuw n-lah sa

(PHRI DIYparnya. (Hbang JL)

WISMA LPP berdiri sejak tahun 1971. Awalnya meru-pakan sarana akomodasi bagi peserta kursus di LPP. Dimulai dengan pembangunan Wisma I di Demangan, Wisma II di Mliwis, dan Wisma III di Ambarrukmo.

Dalam perkembangannya, setelah dilakukan renovasi menyeluruh pada tahun 2008, Wisma I berubah menja-di LPP Convention Hotel, Wisma III menjadi LPP Garden Hotel dengan standar pelayanan hotel Bintang 3 dan

ditangani oleh SDM dengan latar belakang standar ho-tel berbintang 4 dan 5. Untuk Wisma II Mliwis, rencana akan direnovasi tahun 2012 ini.

Kekhasan dari Hotel LPP Group adalah suasana yang ramah dan akrab, nuansa taman yang asri. Oleh kar-enanya Hotel LPP Group menjadi : Friendly & Green Hotel. Sarana yang tersedia meliputi 9 ruang meeting dengan kapasitas 10-250 orang, kolam renang, taman dan parkir yang luas yang cocok untuk event weeding, outing, dsb.

Seiring dengan persaingan di sektor perhotelan saat ini maka berbagai langkag menuju sinergi dilakukan melalui komunikasi internal. Seperti Forkom setiap bu-lan dan Outing setiap tahun. Juga menyatunya visi-misi serta menyusun tata nilai: ramah, integritas, dan kom-peten serta kebersamaan dalam bidang promosi dan pemasaran, pengembangan SDM.

Hal lain adalah pembenahan SDM, melalui berbagai kegiatan training supervisor. Pembenahan fasilitas–rehabilitasi dan melengkapi sarana food & beverage, banquete, serta sarana MICE. Tak kalah pentingnya adalah pemberdayakan marketing. Hotel LPP Group melaksanakan pemberdayaan tenaga marketing dari dalam (internal) dengan mengundang para ahli dalam bidang marketing hotel kemudian menyusun strategi marketing secara bersama-sama. (Ir.Indi Printianto,M.Sc - GM LPP Hotels Group)

Sinergi di Hotel LPP Group ciptakan kebersamaan yang se-makin kuat.

Hotel LPP Group : Sinergi Kunci Hadapi Persaingan

GENERAL Manager LPP Hotels Group, Indi Printianto, mengakui bahwa iklim persaingan bisnis perhotelan di tahun 2012-2013 akan semakin ketat. Hal itu menyusul telah dan akan berdirinya hotel-hotel baru di DIY.

“Kondisi itu masih akan ditambah dengan rencana kenaikian BBM dan listrik. Ini tentu saja menuntut manajemen hotel melaku-kan langkah-langkah efi siensi internal tanpa mengurangi kualitas layanan,” kata Indi kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Manajemen LPP Hotels Group juga akan terlibat aktif dalam keg-iatan pariwisata di DIY misalnya di PHRI, MPI, Kapurel, dan kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata di DIY maupun Kabupaten Sleman.

Indi berharap, meski iklim persaingan kian ketat namun jangan sampai terjadi perang harga. “Apalagi saling menjatuhkan,” tegas-nya. Lebih dari itu ia berharap terjaganya suasana aman, nyaman dan kondusif, khususnya di Provinsi DIY. (Herlambang JL)

Persaingan yang Sehat

GM LPP Hotels Group, Indi Printianto (kanan) dan Sidiq Praman W (Fi-nancial Controller)

Delapan Juta Turis Asing

Jangan Cepat PuasMasih “Lampu Hijau”

Page 16: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

16 Edisi 28Maret 2012

JOGJA semakin menarik bagi para investor untuk menanamkan dan-anya dalam usaha perhotelan. Hotel barupun bermunculan bak cendawan tumbuh dimusim hujan. Pertumbuhan hotel di Yogyakarta selayaknya kita sambut dengan baik, karena berarti mereka para investor mengharap per-tumbuhan ekonomi yang baik di kota ini. Hotel sebagai industry padat karya , tentu akan menyerap banyak tenaga kerja dan mendorong pertumbuhan usaha lainnya. Namun, disisi lain, tum-buhnya hotel di wilayah ini akan makin memperketat persaingan bisnis.

Berdasar data statistik , pada tahun 2010 terdapat 37 hotel berbintang (3.595 kamar), Hotel melati seban-yak 415 hotel (7.270 kamar). Pada tahun 2011 dibangun 14 hotel mu-lai dari bintang satu sampai bintang lima, dengan jumlah 890 kamar hotel, sedangkan hotel kelas melati ada tiga hotel dengan 106 kamar.

Dari data tersebut pada tahun 2011 di wilayah Yogyakarta berarti terdapat 51 hotel berbintang dengan jumlah 4.485 kamar dan hotel melati 418 den-gan jumlah 7.376 kamar. Pertumbuhan yang sangat signifi kan untuk hotel berbintang karena dalam tahun 2011 saja tumbuh 24,75 persen.

Sedangkan tahun 2012 – 2013 diper-kirakan masih akan dibangun sekitar 13 hotel baru kategori bintang den-gan kapasitas sekitar 2.000 kamar. Per-tumbuhan hotel berbintang yang de-mikian pesat yang tentu mau tak mau akan mempertajam tingkat persaingan usaha. Apalagi, jika laju pertumbuhan tersebut tidak disertai dengan pertum-buhan pasar/wisatawan.

Apabila kita lihat statistik kunjun-gan wisatawan pada tahun 2010 pada hotel berbintang, wisatawan manca negara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) yang menginap sejumlah 787.249 orang dengan pertumbuhan 3,63 persen diband-ing tahun lalu. Tingkat hunian kamar

rata- rata pada hotel berbintang sebesar 56,76 persen dengan jumlah kamar terjual 717.198 kamar.

Pada tahun 2011 dengan tingkat kun-jungan wisatawan yang menginap di ho-tel berbintang menu-run menjadi sebesar 748.610 orang atau menurun 4,9 persen. Sedangkan tingkat hunian kamar rata-rata sebesar 50,68 persen atau turun 6,08 poin, namun penjualan kamar jus-tru meningkat kurang lebih sebesar 796.458 kamar. Hal ini dikar-enakan lama tinggal tamu meningkat (length of stay) dari 1,68 menjadi 1,81.

Penurunan tingkat hunian kamar (room occupancy), selain disebabkan menurunnya jumlah tamu, juga dis-ebabkan bertambahnya jumlah kamar di tahun 2011. Apabila pada tahun 2012 terdapat tambahan kapasitas jumlah kamar sekitar 1.000 kamar saja dari hotel berbintang, tanpa pening-katan jumlah wisatawan yang propor-sional maka kemungkinan dapat ter-jadi persaingan yang semakin ketat bahkan tidak menutup kemungkinan perang tarif. Hal tersebut sangat tidak menguntungkan bagi bisnis perhote-lan di Yogyakarta, baik yang menang maupun yang kalah bersaing. Sebuah bisnis hospitality merupakan sebuah bisnis jasa yang mengedepankan pe-layanan dan dibangun dengan mem-pertahankan image, dimana salah sat-unya tarif kamar, apabila strategi harga yang diambil dengan cara menurunk-an tarif , maka kemungkinan akan sulit untuk beranjak naik kembali.

Kesuksesan bisnis hospitality tidak hanya ditentukan pada tingginya ang-

ka room occupancy, tetapi justru pada pencapaian REVPAR (Revenue per avail-able Room) maupun harga rata-rata ka-mar terjual (Average rate per room sold) , sehingga perang tarif justru akan memperkecil angka ini, yang akan ber-dampak pada kega-galan bisnis.

Bisnis hospital-ity mempunyai dua sumber utama, yaitu kamar dan makanan minuman. Penurunan tingkat hunian kamar dapat diantisipasi dengan peningkatan

penjualan makanan dan minuman. Tumbuhnya jumlah hotel baru se-layaknya diimbangi dengan inovasi daya tarik wisata. Selain meningkatkan jumlah kunjungan tamu, hal ini penting untuk meningkatkan lama tinggal para tamu di Yogyakarta. Saat ini bentuk wisata di Yogyakarta meliputi wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition), wisata budaya,wisata spiritual, wisata alam, wisata minat khusus dan berbagai fasilitas wisata lainnya. Adapun penyelenggaraan MICE sebanyak 4.509 kali per tahun atau sekitar 12 kali per hari.

Penyelenggaraan MICE merupakan potensi yang luar biasa, terutama pa-datnya acara di akhir tahun, banyak instansi pemerintah maupun swasta dan pribadi yang menyelenggarakan workshop, seminar, meeting maupun wedding di beberapa hotel berbin-tang. MICE lebih banyak mendong-krak penjualan makanan dan minuman dibandingkan kamar.

Ditengah persaingan bisnis hotel berbintang yang semakin ketat saat ini, tentu manajemen tidak dapat

hanya mengandalkan promosi internal untuk menawarkan hotelnya, namun harus bersinergi dengan elemen pari-wisata lainnya untuk mendatangkan tamu sebanyak-banyaknya, secara khusus untuk peningkatan event MICE di Yogyakarta. Elemen-elemen pari-wisata terkait seperti Dinas Pariwisata Daerah Yogyakarta, Perhimpunan Ho-tel dan Restaurant Indonesia (PHRI), ASITA,HPI, INCCA (Indonesia Congress & Convention Association), Profes-sional Exhibition Organizer (PEO), Pro-fessional Conference Organizer (PCO), perlu bersinergy agar Yogyakarta tidak hanya sebagai tempat event Nasional akan tetapi juga event kelas dunia. Se-hingga, semakin ketatnya persaingan bisnis antar hotel berbintang, justru harus memacu para hotel untuk ber-sinergy menarik tingkat kunjungan wisatawan ke Yogyakarta, bukan justru berkelahi dalam satu kandang.

Selain MICE, wisata kuliner meru-pakan bidang yang sangat potensial untuk di “tarik” ke dalam hotel berbin-tang. Wisatawan yang berkunjung di Daya Tarik Wisata di Yogyakarta tahun 2010 sebesar 8.270.988 orang, jika 25% saja atau sekitar 2.067.000 dapat ditarik untuk wisata kuliner di hotel, merupa-kan hal yang sangat potensial.

Pertumbuhan hotel berbintang yang tinggi di wilayah Yogyakarta, harus di-imbangi dengan pertumbuhan jumlah wisatawan yang tinggi pula, agar bis-nis ini tetap dalam iklim usaha yang kondusif. Persaingan yang ketat tidak perlu disikapi pesimis, namun seba-liknya justru menambah kreatifi tas dan bersinergy antar hotel untuk menarik wisatawan ke Yogyakarta. Guyub Ru-kun Mbangun Pariwisata Ngayogya-karta, seperti tema HUT PHRI ke 43 tahun.

(Drs.Budi Hermawan,MM - Dosen/Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta)

Oleh: Budi Hermawan

Hotel Berbintang di Jogja: Tumbuh Rapat, Persaingan Kian Ketat

SATU lagi hotel bintang 3 hadir di Jogja, yakni The Edelweiss Hotel. Hotel ini hadir dengan konsep green building hotel yang modern dan minimalis.

GM The Edelweiss Hotel Yogyakarta, Aneeta Dwi, mengatakan hotel ini nantinya akan terdiri atas 95 kamar dengan klasifi kasi 94 kamar superior dan 1 The Edelweiss Suite. Sementara pada soft opening ini, baru dioperasionalkan 50 persen dari total room yang dimiliki.

“Meski baru, tapi respon dari tamu sangat bagus. Pasalnya kita me-mang mencoba menghadirkan atmosfer berbeda,” tutur Aneeta Dwi kepada Tabloid INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Untuk periode soft opening kami membuka 48 kamar Superior den-gan harga Rp 453.000 nett termasuk makan pagi untuk 2 orang dan minibar, berlaku sampai dengan bulan Mei 2012.

Mengandalkan konsep green building, The Edelweiss Hotel Yogya-karta siap bersaing dengan hotel yang ada di DIY. Terlebih dengan area strategis yakni di Jalan Gejayan (Jalan Affandi) yang notabene dekat dengan pusat bisnis dan ekonomi. (Tuti)

The Edelweiss Hotel YogyakartaGreen Building Hotel dengan Konsep Minimalis Modern

Page 17: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

17Edisi 28Maret 2012

TARIF IKLAN

Logo Sponsor (8 x 4 cm, colour) Rp 300.000, Iklan Kolektif (6 x 5 cm, colour) Rp 250.000, Promo Hotel/ Resto/Kafe/Rental/Biro Perjalanan Wisata /Pusat Per-belanjaan (8 x 10 cm, colour) Paket 1 Tahun Rp 3.000.000, Iklan Display ( colour) 1/4 halaman Rp 1.500.000, 1/2 halaman Rp 2.500.000, 1 halaman Rp 4.000.000, Pariwiara/Advertorial (colour) 1/4 halaman Rp 1.250.000, 1/2 halaman Rp 2.000.000, 1 halaman Rp 3.500.000, Banner (cover) 26 x 4 cm Rp 1.500.000 (Paket 1 Tahun Rp 15.000.000), Banner (halaman dalam) 26 x 4 cm (colour) Rp 1000.000 (Paket 1 Tahun Rp 10.000.000).

Biaya Berlangganan : Rp 60.000 (5 eksemplar)/bulan (termasuk ongkos kirim).

Diterbitkan oleh : CV. CIPTA MEDIAAlamat Redaksi dan Iklan : Jln Kaliurang Km 5, Gg. Pandegarini 12 Jogja (Gedung Asram Lantai 2)Telepon : (0274) 885626 Fax : (0274) 885551E-mail : [email protected] : www.infowisatajogja.com

Dicetak Oleh Spadan Adv. 0274 378052

Edisi 28 18 Maret - 18 April 2012

Perintis: Hafidh Asrom, Herlambang Jati Lestyawan Pelindung: GBPH Prabukusumo, Hafidh Asrom, Hamzah HS, Taz-bir, Hilman Hakim Pemimpin Redaksi: Herlambang Jati Lestyawan Manajer Iklan& Kemitraan: Sri Astuti Sirkulasi : Yuliantoro, Sani Eko Purnomo Sekretaris Redaksi : Suhaelan Z Wafa Disain Grafis : Abu Jihad

Distribusi INFO WISATA JOGJA & JATENG: Bandara Adisucipto (Jogja), Jogja, Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Klaten, Solo, Purworejo, Kebumen, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Boyolali, Semarang, Balikpapan, Lombok, Bali, Bandung, Ja-karta

PERNAKAH Anda merasakan tidur dalam ruang ken-dali pesawat? Kalau belum pernah, maukah Anda ber-malam di ruang itu? Jika jawabannya “Ya”, sebaiknya Anda segera mengemas koper dan berangkat ke Stock-holm, Swedia. Di sana Anda akan menemukan hotel ber-nama Jet Jumbo Stockholm.

Sesuai dengan namanya, penginapan itu mengambil konsep ruang kendali pesawat untuk kamar pengunjung. Selain bentuknya unik, Anda juga bisa memilih jenis ka-mar yang diinginkan. Sebab si pengelola menyediakan pelbagai ukuran kamar dari standar hingga suite bulan madu.

Kalau mau penginapan yang lebih unik, Anda dapat pergi ke Austria. Di negeri itu, Anda bisa bermalam da-lam beton gorong-gorong. Ya, biasanya beton gorong-gorong memang dipakai untuk saluran pembuangan air, tapi oleh Dasparkhotel, material itu disulap menjadi ka-mar hotel yang minimalis.

Tidak mau kalah unik, kawasan pegunungan Andes, selatan Cile, seperti dikutip Tempo.Co juga memiliki Magic Mountain Lodge. Hotel berbentuk kerucut den-gan tumpukan batu itu menyediakan dua belas kamar.

Berkonsep alam liar, dinding Magic Mountain Lodge di-tumbuhi tanaman rambat dengan air mancur di puncak penginapan. Benar-benar penginapan yang rimbun.

Untuk Anda yang menyukai ketinggian dan privasi tinggi, ada baiknya mencoba Hotel Harbour Crane di Belanda. Sesuai dengan namanya, crane, penginapan itu berbentuk mesin konstruksi yang berguna untuk men-gangkut dan memindahkan barang ke tempat tinggi.

Harbour Crane sendiri berasal dari sebuah crane der-maga tua di Belanda. Setelah direnovasi selama dua ta-hun, kini mesin itu kembali berdiri menghadap Harbour Harlingen dan Laut Wadden. Satu penginapan unik yang layak dicoba.

Dan bagi pencinta salju, Anda bisa datang ke Lapland, Finlandia. Di antara putihnya salju, Hotel Kakslauttanen menyediakan kamar berupa iglo, rumah berbentuk kubah. Kalau di Antartika, iglo dibangun dari balok es, Hotel Kakslauttanen mendirikan iglo dengan kubah dari kaca. Jadi Anda bisa berbaring dalam kehangatan sambil menatap langit penuh bintang.

Itulah deretan hotel unik yang ada di sejumlah negara. Tertarik untuk mencoba? (Herlambang JL)

Sensasi Menginap di Hotel “Pesawat”Sensasi Menginap di Hotel “Pesawat”wisata unik

wisata unik

BERWISATA ternyata tak hanya berkaitan dengan destinasi (tujuan wisata) yang ser-ba menarik dan menghibur, sebab ternyata lokasi-lokasi yang serba angker dan penuh misteri ternyata juga telah menjadi tujuan wisata banyak orang.

Lalu, dimana obyek-obyek penuh misteri yang mulai banyak dikunjungi wisatawan di dunia ini?, berikut bebera-pa tempat wisata yang penuh misteri:

PULAU PASKAH. Pulau ini berada

di antara Tahiti dan Chili, dan meraih popularitas internasional karena patung kolosal yang luar biasa berbentuk wajah manusia. Tiap patung tingginya sekitar 4 meter, terbuat dari batu vulkanis, dan merupakan hasil karya dari masyarakat Rapa Nui. Sampai sekarang belum dike-tahui bagaimanakah patung ini dibuat

dengan teknologi primitif yang dimiliki masyarakat tersebut.

SEGITIGA BERMUDA. Di Atlantik Barat

laut, terletak Segitiga Bermuda. Dalam segitiga ini terdapat 7 pulau besar dan 150 pulau kecil yang sebenarnya adalah gugusan karang. Segitiga ini juga dis-ebut sebagai segitiga setan – semua alat teknologi tinggi dan semua alat navigasi tidak bekerja dengan benar di tempat tersebut. Seringkali bahkan komunikasi dengan dunia diluar segitiga ini menjadi masalah. Tidak ada yang tahu mengapa dan bagaimana mencegah hal ini.

XINJIAN. Di kota ini, ada daerah ter-

bengkalai yang disebut “Moguicheng” atau kota iblis. Beberapa kastil di Mo-guicheng menimbulkan suara aneh yang

tidak jelas darimana asalanya. Jika anda mendekati kota iblis ini di hari panas den-gan angin sepoi-sepoi, anda akan mend-engarkan ritme manis, seperti 10 juta bel kecil atau 10 juta gitar bermain bersama dengan indahya. Tapi jika angin kencang mendekat, maka suara yang timbul akan bagaikan raungan singa, tangis bayi atau lolongan serigala.

PULAU ARRAN dan ORKNEY. Dua

pulau di Skotlandia ini adalah harta ra-hasia sejarah terpenting. Dua pulau ini terletak di lautan Skotlandia yang dingin, kedua pulau ini menarik turis dengan se-jumlah kastil, reruntuhan, lingkaran-ling-karan batu dan kuil-kuil kuno. Jika anda suka dengan periode abad pertengahan. Kedua pulau ini wajib ada dalam daftar kunjungan anda. (Herlambang JL)

Tempat Wisata Paling Misterius

TAHUN 2012 dikenal sebagai tahun pe-rubahan. Perubahan itu juga yang dilaku-kan maskapai EVA Air untuk mendandani armada mereka. Bukan bercat putih den-gan lambang maskapai saja yang ada di dinding pesawat, melainkan gambar to-koh kartun kucing Hello Kitty.

Bahkan wajah Hello Kitty tak hanya ada di dinding pesawat saja, tapi hampir di se-mua barang di dalam pesawat, seperti kain taplak pada sandaran kursi penumpang, celemek yang dikenakan pramugari, stiker bagasi, dan bantal penumpang. Pengelola juga menyajikan pelbagai menu maka-nan berbentuk kepala Hello Kitty dengan perangkat makan bergambar Hello Kitty. Bahkan mobil kargo yang mengangkut bagasi penumpang juga bergambar Hello

Kitty.“Karakter Hello Kitty membuat jumlah

calon penumpang meningkat, “ kata Anna Wong, staf Diivisi Hubungan Masyarakat EVA Air. “Selama ini tanggapan publik san-gat baik, mereka ingin mencoba terbang dengan Hello Kitty” katanya seperti diku-tip Tempo.Co .

Kata Wong, EVA Air baru mengoperasi-kan tiga armada Hello Kitty dengan tema Apple Jet, Jet Global, dan Jet Magic. Ren-cananya jet Hello Kitty akan terbang se-lama setahun ke depan dengan rute awal dari Taipei ke pelbagai daerah tujuan: yak-ni Taipei-Sapporo dan Guam untuk pesa-wat Jet Magis, Taipei-Seoul dan Fukuoka untuk Apple Jet, dan Taipei-Hong Kong serta Tokyo untuk Jet Global.

Peluncuran tiga Hello Kitty ini sendiri bukan yang pertama kali dilakukan EVA Air. Sebelumnya EVA Air telah bekerja sama dengan Sanrio, pemilik lisensi Hello Kitty, pada 2005. “Kerja sama itu berakhir di 2009,” kata Wong.

Eva Air sendiri telah beroperasi lebih dari 20 tahun. Pesawat yang dimiliki EVA Air antaranya berjenis Airbus, Boe-ing, dan McDonnell Douglas. Untuk terbang bersama Hello Kitty, penump-ang bisa memesan tiket untuk pener-bangan Airbus A330-300. Pada pesawat itu, pengelola menyediakan 30 kursi di kelas premium dan 279 kursi pada kelas ekonomi.

Mau mencoba terbang dengan Hello Kitty? (Herlambang JL)

HELLO KITTY - Pesawat Eva Airways bergambar karak-ter kartun Hello Kitty sedang lepas landas di Bandara Internasional Narita, Tokyo, Jepang). REUTERS/Kyodo

PULAU PASKAH

terbang bersama “Hello Kitty”

Page 18: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

18 Edisi 28Maret 2012

ANDA yang suka petualang sekaligus ingin memacu adrenalin, cobalah berafting ria menyusuri Sungai Elo dan Sungai Progo. Dengan jarak tempuh rafting sekitar 12 km dan memakan waktu lebih kurang 2,5 jam.

Untuk rafting di dua sungai itu percayakan pada penye-langgara rafting “ Orang Utan” yang berada di Mungkid, Magelang. “rafting ini bisa dilakukan setiap hari, dengan pilihan waktu yang sangat fl exible, disesuaikan kemauan peserta,” terang Pimpinan “Orang Utan” Selly Sagita ke-pada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Setiap perahu rafting, bisa diisi maksimum untuk 6 pe-main dan 1 profesional instruktur (yang disediakan oleh “Orang Utan”). “Untuk pemesanan perahu dalam jumlah besar untuk rombongan besar, sebaiknya dilakukan mini-mum beberapa hari sebelumnya,” jelas Selly Sagita yang juga Pimpinan “Borobudur Silver” ini.

Harga paket rafting di “Orang Utan Adventure Resto” adalah Rp.600.000 untuk 1 perahu dengan peralatan lengkap (baju pelampung, helm, dayung). Harga paket ini sudah termasuk untuk transportasi antar-jemput pe-main dari Orang Utan Adventure Resto ke dan dari Sun-gai, Professional Instruktur, Insurance, Certifi cate Rafting, Snack dan minuman di area sungai (istirahat di perten-gahan jalan), dan Mandi dengan air bersih di 40 kamar mandi di Orang Utan Adventure Resto. Start di Jembatan Blondo, fi nish di Candi Mendut (rute Sungai Elo)

Start di Tuk Songo, fi nish di Salaman (rute Sungai Pro-go Atas)

“Kami juga melayani rafting untuk para profesional di Sungai Progo bawah, dengan harga dan pelayanan khusus. Bagi yang berminat silakan hubungi kami,” ung-kap Selly Sagita. (Herlambang JL)

Pacu Adrenalin di Elo dan Progo

BERADA di badan pegunungan kapur Desa Girikarto, Kecamatan Panggang Kabupaten Gu-nungkidul, Pantai Gesing belum banyak terin-jaki oleh kaki wisatawan. Akses jalan yang berli-ku, sempit, sepi, jauh, dan kadang jalan tak rata, terbalas dengan kesempatan menikmati pantai sepuasnya, bagaikan memilikinya sendiri. Apal-agi jika wisata dilakukan bukan pada hari libur.

Letak pantai ini menyudut di antara bukit-bukit kapur Gunungkidul yang berusia tua. Begitu memasuki kawasan pantai, deburan ombak menerjang tebing karang menyambut kedatangan wisatawan. Sambil mengikuti jalan yang menuruni tebing, suasana pantai yang sepi semakin memantapkan hati untuk segera menyentuh pasir dan airnya.

Pemandangan pertama yang tampak di pan-tai ini adalah hamparan koral yang berserakan. Terdorong oleh arus ombak yang kuat melalui celah karang yang sempit, batu-batu koral ini terbawa dari dasar laut hingga ke bibir Pantai Gesing. Sebuah fenomen alam yang fantastis.

Pasir Pantai Gesing berwarna krem, meng-indikasikan adanya pelapukan batu-batu koral menjadi kerikil kecil yang akhirnya memasir. Tebing karang di kanan dan kiri pantai terg-erus ombak sehingga terbentuk cekungan me-nyerupai gua. Uniknya, gua ini memiliki teras di depannya, yakni berupa batuan karang dengan permukaan yang datar dan luas menyerupai pelataran rumah. Penasaran?, ajaklah keluarga berwisata ke Pantai Gesing. (AR Pramudita)

Hamparan Koral Di Pantai Gesing PANTAI kini menjadi salah satu objek wisata

unggulan di wilayah DIY. Salah satunya adalah Pantai Indrayanti. Mendengar nama pantai In-drayanti mungkin sebagian orang masih tera-sa asing. Namun begitu kita datang langsung ke lokasi pantai tersebut, rasa penasaran akan hilang seketika.

Indrayanti sekarang sudah menjadi prima-dona baru tujuan wisata di Kabupaten Gu-nungkidul. Pantai ini terletak di desa Tepus, ke-camatan Tepus Wonosari, Gunungkidul. Cukup mudah untuk sampai ke sana. Hanya melewati beberapa pantai lainnya seperti Krakal, Baron, Kukup, Drini, Sundak.

Perjalanan dengan jalan bergelombang da-pat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau sewa seperti minibus. Dari Kota Jogja membu-tuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk mendap-atkan lokasi pantai.

Pantai Indrayanti menyuguhkan pemandan-gan yang luar biasa, air lautnya masih bening kebiru-biruan. Tidak perlu jauh – jauh kepergi

ke Bali untuk menikmati suasana pantai Kuta, karena pantai Indrayanti ini marupakan “Kuta” -nya Jogja.

Hamparan pasir putihnya yang hangat masih sangat terjaga, dihiasi oleh cangkang-cang-kang yang ditinggalkan kerangnya. Suasana pantai yang tenang & indah merupakan tem-pat yang tepat untuk melepas jenuh.Beberapa gazebo beratap pandan juga telah disiapkan untuk memanjakanpara wisatawan.

Selain panoramanya yang mengagumkan , pantai Indrayanti juga menawarkan wisata unik bahkan cukup ekstrim, yakni petualangan naik Jet Ski ke lepas pantai. Jika cuaca cerah, wisatawan dapat menikmati sunset di saat senja.

Para wisatawan juga tidak perlu bingung un-tuk mencari tempat menginap, karena di pan-tai ini telah tersedia resort yang dapat digu-nakan untuk menginap. Untuk mengunjungi Pantai ini petugas retribusi hanya memungut Rp 5.000/per orang. Murah bukan?. (A Ama-rilisyariningtyas)

Pesona Pantai Indrayanti

PANTAI, merupakan salah satu obyek yang selalu dipilih banyak orang saat berwisata. Terlebih jika beriwisata bersama keluarga. Hamparan pa-sir, deburan ombak merupakan atraksi tersendiri saat berada di pantai. Lebih dari itu, semua orang bisa bercanda, berlarian di tepi pantai.

Tapi liburan di pantai juga memiliki sejumlah risiko, terutama untuk anak kecil. Baik orang dewasa maupun anak-anak perlu memerhatikan panduan keamanan dasar, agar risiko kecelakaan bisa dikurangi.

Nah, berikut ini ada beberapa tips liburan aman liburan dipantai sep-erti dilansir Helium.

1. Hindari Terpapar Sinar Matahari LangsungSinar matahari paling berbahaya antara pukul 10.00 - 14.00. Sangat disarankan Anda tidak berjemur di pantai pada jam-jam tersebut. Jika tetap ingin menikmati pemandangan pantai di siang hari, sewalah payung yang biasa digunakan di pantai atau dirikan tenda.2. Topi dan SunblockKenakan kaus berbahan katun yang nyaman dan mudah menyerap keringat dan topi. Jangan lupa juga oleskan krim tabir surya setiap 2 jam sekali dan set-elah keluar dari air. Cara ini akan meminimalkan kerusakan kulit akibat terbakar sinar matahari. Dampak negatif sinar matahari bisa berisiko lebih tinggi pada anak kecil, karena biasanya kulit mereka lebih tipis dan sensitif.3. Periksa Kondisi AirSebelum berenang, ada baiknya jika Anda menanyakan kepada penjaga pantai soal kondisi pantai, apakah gelombangnya sedang pasang atau su-rut, berombak atau tenang. Tanyakan juga apakah ada ubur-ubur di sekitar bibir pantai (terkena ubur-ubur bisa sebabkan iritasi pada kulit). Jangan paksakan berenang jika kondisi sedang pasang atau ombak terlalu besar.4. Awasi Anak AndaJangan biarkan anak-anak lepas dari penjagaan Anda. Laut bisa sangat berbahaya, dan anak kecil biasanya rentan tersapu ombak.5. Jangan Menyentuh Cagar Alam LokalTegaskan pada anak Anda, maupun anggota keluarga lainnya untuk tidak menyentuh atau mendekati cagar alam, baik itu tumbuhan mau-pun hewan. Selain mengajari anak untuk tidak merusak lingkungan, juga menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan seperti sengatan ubur-ubur atau gigitan ikan. (Herlambang JL)

Tips Aman SaatLiburan di Pantai

Page 19: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

19Edisi 28Maret 2012

Hotel Ken DedesJl. Raya Jogja Km 16,1 DelangguKlatenRumah Makan Pemancingan “ILHAM” Brajan, Tugu Batas Kota (Klaten Selatan) Telp (0272-3101117, 320183)Hotel “AGUNG”Jln Ki Ageng Gringsing Telp (0272-322043)Hotel “MAWAR 1”Jln Candi Sewu , Prambanan Telp (0274-496707)

Hotel “MAWAR 2”Taji, Prambanan Telp (0274-498209)Hotel “ MAWAR 3”Jln Candi Sewu, Prambanan Telp (0274-496942)Hotel “ASRI”Tlogo, Prambanan Telp (0274-496941)Hotel “SURYA ANDESA”Penggung, Ceper Telp (0272-555102, 081804571750)Rumah Makan “Joglo”Jln. Pemuda No 75, Klaten

Rumah Makan & Catering “Djatayu”Jln Raya Jogjoa-Solo No 35, Prambanan Telp (0274) 4987550, 7490239Hotel “Merak Indah”Jln Halmahera, KlatenCatering “Cipta Rasa”Timbulrejo, Karanganom, Mudal,KlatenHotel Perdana RayaJln. Pemuda Selatan 128 Klaten Tlp/Fax (0272- 321113)

BAGI yang suka melihat hewan-hewan buas, cobalah kunjungi tempat satu ini yaitu Taman Buaya Asam Kum-bang yang berada di Kota Medan. Te-patnya berada di Jalan Bunga Raya 2 No 54 Sunggal, Medan.

Di taman buaya seluas 2 hektar ini saat ini terdapat sekitar 2.000 ekor buaya. Sehingga tak kurang dari 1 ton daging segar harus diumpankan untuk memberi makan buaya-buaya tersebut.

Pemberian makanan untuk buaya tentu saja juga merupakan atraksi tersendiri untuk ditonton oleh para pengunjung di Taman Buaya Asam Kumbang ini. (*)

ANDA suka fotografi ?, nah kunjungi tempat satu ini namanya Rawa Pening. Lokasi ini adalah merupakan danau sekaligus tempat wisata air dengan luas seki-tar 2.670 hektar yang menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tun-tang, dan Banyubiru Kabupaten Semarang.

Posisi Rawa Pening ini berada di cekungan terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran. Daya tarik yang ada di Rawa Pening antara lain wisata air (perahu tradisional), hamparan enceng gondok, area pe-mancingan alam. Sebuah view obyek fotografi yang sangat mempesona.

Anda bisa merasakan suasana yang nyaman hingga ke tengah rawa dengan menyewa perahu motor. Tarifnya juga terjangkau. Kapasitas perahu motor maksi-mum untuk 6 orang. Maka tak heran jika Rawa Pening juga merupakan salah satu tempat yang indah dan favorit untuk pengambilan foto foto Pre Wedding. (*)

JELAJAH

NUSANTARA

Taman Buaya Asam Kumbang

TAK ada salahnya saat Anda berada di Klaten untuk mengunjungi beberapa desa wisatanya. Tak hanya udaranya yang masih segar, namun juga ber-bagai obyek menarik bisa Anda dapati.

Berikut beberapa desa wisata di Klaten yang bisa Anda kunjungi :

Desa Wisata Keprabon (Kec. Polanharjo)Desa ini memiliki potensi unggulan kerajinan

tanduk kerbau dan penyu yang merupakan kera-jinan khas. Berdekatan dengan Sumber Air Ingas dan kawasan pemancingan Janti. Kita bias melihat proses pembuatan kerajinan, membeli hasil keraji-nan tanduk dan penyu sebagai cenderamata.

Desa Wisata Janti (Kec. Polanharjo)Desa ini memiliki potensi unggulan arena pe-

mancingan dan rumah makan yang utamanya menyajikan menu ikan seperti ikan bakar dan ikan goreng sesuai pesanan pembeli. Di desa pemancin-

gan ini terdapat puluhan rumah makan dan tempat-tempat pemancingan ikan yang sekedar digunakan untuk menghabiskan waktu luang dan bersantai.

Desa Wisata Paseban (Kec. Bayat)Merupakan desa wisata dengan potensi ung-

gulan berupa makam Ki Ageng Pandanaran yang banyak dikunjungi peziarah dari berbagai daerah. Juga terdapat Sendang Maerokoco dan banyak sentra kerajinan seperti topeng kayu, keramik dan batik tulis.

Desa Wisata Melikan (Kec. Bayat)Memiliki potensi unggulan berupa sentra keraji-

nan/pembuatan keramik dengan cara/metode pem-buatan yang unik yakni dengan teknik putaran miring yang merupakan budaya ketimuran karena sebagian pengrajinnya kebanyakan wanita, Menyaksikan pros-es pembuatan kerajinan keramik, membeli keramik sebagai cenderamata. (Herlambang JL)

Susuri Desa Wisata di Klaten An. Rosy Pramesti P :

Kedepankan Etika SEIRING dengan perkembangan

bisnis, khususnya di sektor perhote-lan, maka iklim persaingan pun kian ketat. Dan ini pasti akan terjadi di wilayah-wilayah dimana terdapat cukup banyak hotel. Fenomena ini menurut salah seorang fungsionaris BPC PHRI Klaten, An Rosy Pramesti Pudjowinoto, sesungguhnya meru-pakan hal yang wajar.

“Saya memandang fenomena semacam itu sebagai sesuatu yang wajar. Namanya juga bisnis. Tak han-ya di sektor perhotelan saja, namun juga terjadi di sektor bisnis lainnya,” terangnya kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG di ruang kerjanya di Hotel Perdana Raya, Jln Pemuda 128, Klaten. Juga tak hanya terjadi di kota-kota besar saja, di kota kecil seperti Klaten pun pasti juga akan terjadi iklim persaingan.

Hanya saja, menurut Rosy yang juga pengelola Hotel Perdana Raya Klaten itu, yang jadi pertanyaan adalah apakah persaingan itu tetap dalam koridor moral yang berazas kepatutan dan kepantasan atau tidak. “Ini sesungguhnya yang har-us kita cermati, sekaligus harus kita hindari,” terang Bendahara I PHRI Klaten ini.

Oleh karenanya, semua pelaku usaha, khususnya di sektor perhotelan, tetaplah harus menjaga etika. “Bersaing itu wajar dan baik-baik saja. Tapi berkompetisilah secara sehat dan kedepankan etika,” tegasnya. Ini pula yang ia harapkan juga terjadi di keluarga besar PHRI Klaten. “Dengan demikian pada gilirannya PHRI Klaten akan tetap mampu menjaga keutuhan dalam satu wadah. Sehingga semuanya juga akan bisa maju dan berkembang dalam satu nafas kebersamaan,” terang Rosy.

Untuk menyikpai semua itu menurutnya seluruh anggota PHRI Klaten di-tuntut untuk saling konsolidasi secara internal, meningkatkan kualitas SDM maupun pelayanan di semua lini manajemen. “Pemasaran juga harus kita perkuat,” imbuhnya.

Dengan kulitas pelayanan yang baik, niscaya manajamen sebuah hotel akan memperoleh tingkat kepercayaan yang tinggi dari konsumen. “Dan pada gilirannya usaha kita bisa eksis, makin sehat dan makin berkembang,” kata Rosy. (Herlambang JL)

SEBAGAI Ibukota provinsi Jateng, Semarang tetap memiliki pesona tersendiri. Meski memiliki predikat sebagai kota bisnis (perdagangan), namun Semarang masih memiliki beberapa tempat wisata yang cukup menarik. Nah, berikut beberapa tempat keren yang bisa Anda pilih saat tengah berwisata di Kota Lumpia ini :

Lawang SewuMerupakan bangunan unik kantor perkeretaapian

pada zaman Belanda dengan begitu banyaknya jen-dela dan pintu, sehingga popular dengan sebuat “La-wang Sewu”. Suasana mistis dalam ruang Lawang Sewu masih kuat terasa.

Simpang LimaMerupakan kawasan pusat belanja modern dimana

terdapat tiga mall besar dan banyak pertokoan. Jika hari libur Lapangan Simpang Lima, menjadi pusat jualan merakyat yang barangnya beraneka ragam dan cukup murah tentunya. Tak lupa juga kulinernya di ka-wasan ini.

Jalan PandanaranDisinilah sentranya oleh – oleh khas Semarang sep-

erti lumpia, wingko babat, bandeng presto, dan lain-lain.

Kota LamaKawasan ini tampilkan berbagai bangunan den-

gan arsitektur gaya Belanda yang luar biasa. Seperti Gereja Blenduk Semarang, Gedung Marabunta, Stasiun Tawang. Kita bisa bersepeda ria atau jalan kaki menyu-suri lorong – lorong gedung tua.

Masjid Agung Jawa TengahMasjid besar yang sangat modern ini dilengkapi den-

gan payung elektrik seperti Masjid Nabawi di Madinah dan dilengkapi dengan Menara Asmaul Husna yang tingginya 99 meter. Dari menara kita bisa melihat daer-ah kota Semarang dengan sangat jelas.

Klenteng Sampoo KongBangunannya yang megah serta dipenuhi ornament

khas kekaisaran China. Yang paling terkenal dari tem-pat ini adalah terowongan atau lorong dibawah klen-teng dimana dinding – dindingnya terdapat relief cerita perjalanan Laksamana Ceng Ho sampai di Tanah Jawa. (Herlambang JL)

Ayo ke Semarang!

View Menawan Rawa PeningView Menawan Rawa Pening

Page 20: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

20 Edisi 28Maret 2012

Page 21: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

21Edisi 28Maret 2012

Telp. 0274 - 885626 Fax. 0274 - 885551email: [email protected]: www.asram furni.com

JIKA Anda menginginkan fasilitas pengina-pan yang asri, nyaman dengan lokasi strat-egis maka Hotel Perdana Raya solusinya. Hotel dengan 23 kamar ini berlokasi tepat di jantung Kota Klaten (Jateng), tepatnya di Jln Pemuda Selatan 128 Klaten. Dengan lokasi yang strategis, maka akan memudahkan se-tiap tamu yang akan berwisata atau urusan bisnis ke Kota Solo maupun Kota Jogja.

Beberapa fasilitas yang dimiliki Hotel Per-dana Raya antara lain meeting rooms, jo-glo, mini market, taxi service, hot/cold water, credit card available, room to room phone serta bank arcade. Untuk kamar terdiri dari bisnis, eksekutif, superior, rooms saleable.

Hotel ini memiliki bangunan arsitektur kuno yang khas, dan didukung elemen interior-eksterior yang menawan, sehingga benar-benar menampilkan sebuah atmos-fer yang nyaman dan asri. Semua itu masih didukung dengan garden (taman) yang tertata rapi. (Herlambang JL)

Hotel Perdana RayaJln Pemuda Selatan 128

KlatenTlp/Fax (0272 -321113)

BAGI Anda yang hobi fi lateli jangan lewatkan Pameran Filateli “Asean Youth Philately&Tourism Expo 2012” di Malioboro Mal, 18-22 April men-datang. Pameran akan dihadiri oleh perwakilan fi latelis ASEAN, perwaki-lan dari setiap provinsi serta fi latelis dalam maupun mancanegara, komu-nitas hobi serta masyarakat umum.

Selain pameran, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan city tour, work-shop, student philately tour, cultural performance, kegiatan kreatif anak dan remaja, bursa, dan lain sebagainya. Untuk city tour, para peserta akan diajak mengunjungi kantor pos Jogja, museum Sonobudoyo, kraton Jog-ja, museum pendidikan Indonesia, museum Affandi, Candi Prambanan, Museum Gunung Merapi, Desa Wisata Pentingsari, Lava Tour. (*)

Pameran Filateli di Malioboro MallPameran Filateli di Malioboro Mall

Informasi lengkap hubungi:

Sekretariat Pengurus DaerahPerkumpulan Filatelis Indonesia DIY

d/a. Kantor Pos YogyakartaJln. Senopati No. 2 JOGJA

Telp: 0274 – 377325Contact person (Uul:0817268677, Tovic: 085741859800, Hendro : 08122711092)

Hotel Perdana Raya Kenyamanan di Jantung Kota Klaten

JAS 373737Armada 512787ASA 545545Rajawali 561459, 612976Indra Kelana 523131, 563910, 515819Pataga 317725Pandawa 447231, 7483000Vetri 563551, 563555Centris 544977Setia Kawan 448333, 522333Sadewo 376107Primkopad 621055, 621333

Telepon Taksi

Page 22: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

22 Edisi 28Maret 2012

PRESTASI membanggakan diraih maskapai Garuda Indonesia. Maskapai ini telah dinobatkan sebagai Best In-ternational Airline untuk Januari 2012. Garuda terpilih berdasarkan survei inde-penden maskapai penerbangan utama di seluruh dunia yang diselenggarakan baru-baru ini.

Survei Kepuasan Pelanggan (Cus-tomer Satisfaction Survey) yang dihelat oleh perusahaan riset Roy Morgan mengungkapkan, peringkat Garuda In-donesia bahkan melampaui maskapai penerbangan terkemuka lainnya, sep-erti Singapura Airlines, Emirates, dan Air New Zealand dengan skor kepuasan bulanan mencapai 91 persen. Survei di-

lakukan terhadap 3.943 responden den-gan menanyakan tingkat kepuasan mer-eka terhadap maskapai penerbangan yang digunakan antara Februari 2011 dan Januari 2012.

“Kami sangat gembira menerima penghargaan ini yang akan mendu-kung transformasi dan kemajuan Garu-da Indonesia untuk menjadi salah satu maskapai penerbangan Asia terkemu-ka,” kata Bagus Y. Siregar, Senior General Manajer Australia/SWP Garuda Indone-sia, seperti dikutip Etravelblackboard, Rabu (7/3).

Roy Morgan Customer Satisfaction Award juga memberikan serangkaian penghargaan lain, termasuk rating em-

pat bintang kepada Skytrax, patokan global untuk standar layanan pener-bangan pada 2009. Garuda Indonesia juga dinobatkan sebagai World’s Most Improved Airline pada Skytrax World Airline Awards di Hamburg, dan maska-pai Asia yang memimpin dalam kualitas pelayanan oleh Pusat Centre for Asia Pasifi k Aviation (CAPA) 2010.

Semua penghargaan mengakui ke-berhasilan program Leap Qantum dari Garuda Indonesia yang meliputi revi-talisasi armada dan pengenalan Garuda Indonesia Experience, konsep layanan operator yang menawarkan tingkat pelayanan khas Indonesia di darat dan udara. (Herlambang JL)

Garuda Indonesia, Maskapai Terbaik Januari 2012

PESONA kepulauan Karimun-jawa memang tak bisa diragu-kan lagi. Inilah surganya bagi para penyelam. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan di dalam jernihnya air. Berenang, menyelam (diving), atausnorkel-ing akan terasa menyenangkan.

Keindahan terumbu karang serta ikan berwarna-warni di da-lam laut akan menjadi daya tarik untuk bermain-main di dalam air. Air laut di Karimunjawa san-gat jernih dan bening, sehingga Anda bisa melihat dasar laut dengan jelas. Bagi Anda yang hobi memancing, Anda juga bisa melakukannya di beberapa pulau di Karimunjawa.

Untuk menuju Karimunjawa, Anda dapat menggunakan be-berapa alternative seperti kapal cepat dari Semarang, atau kapal cepat dari Jepara. Bahkan bagi Anda yang memiliki cukup dana, ada pesawat kecil di Bandara Ah-mad Yani Semarang dapat dis-ewa menuju salah satu pulau di Karimunjawa. Dengan pesawat, Anda dapat melihat keindahan Karimunjawa dari atas sebelum mendarat di lapangan terbang yang ada di Karimunjawa. Per-jalanan dengan pesawat men-empuh waktu sekitar 30 menit. (Herlambang JL)

Karimunjawa yang Fantastis

Dalam rangka mendukung pariwisata Kabupaten Magelang yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabu-paten Magelang, Telkomsel melakukan penandatan-gan kerjasama sinergi bersama Dinas Pariwisata & Kebudayaan (DISPARBUD) Kabupaten Magelang seka-ligus meluncurkan Kartu As Borobudur sebagai ”Kartu Tiyang Magelang”.

Kerjasama sinergi ini berupa penyediaan layanan Web2SMS secara gratis selama 1 tahun untuk dapat di-gunakan dalam mempromosikan dan mensosialisasikan warisan budaya dan pariwisata di Kabupaten Magelang khususnya lokasi-lokasi yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Bupati Magelang Ir. Singgih Sanyoto mengata-kan ”dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kembali dunia pariwisata di Kabupaten Magelang yang sempat menurun beberapa waktu lalu terlebih setelah kejadian meletusnya Gunung Merapi.

Dalam kesempatan ini juga Telkomsel meluncurkan Kartu As Borobudur dengan harga murah yang didukung jarin-gan berkualitas serta beragam bonus menarik berupa 300 menit telpon dan 1.000 SMS ke semua operator.

Head of Sales & Customer Care Division Telkomsel Re-gional Jateng&DIY – Andi Kristianto mengatakan ”ker-

jasama ini sebagai bentuk dukungan Telkomsel dalam rangka meningkatkan pariwisata di Indonesia khususnya di Kabupaten Magelang dan dengan diluncurkannya Kartu As Borobudur diharapkan masryarakat Magelang pun ikut mempromosikan objek wisata di Magelang melalui layanan gratis yang diberikan”.

Perdana KartuAs Borobudur ini memiliki disain ke-masan khusus dengan harga Rp. 2.000,- dan berisi pul-sa sebesar Rp. 2.000,- yang bisa langsung digunakan untuk seluruh layanan KartuAs Borobudur seperti nel-pon dan SMS kemana saja dan beragam bonus seperti bonus telepon, dan bonus SMS.

Untuk promo telpon, setiap harinya pelanggan cukup melakukan telpon selama 1 menit dengan tarif Rp.25/detik (berlaku akumulasi) selanjutnya akan medap-atkan bonus 200 menit telpon ke sesama Telkomsel mulai dari pukul 00.00 – 23.59 dan bonus 100 menit telpon dari pukul 00.00 – 06.00 keesokan harinya.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:Dito Respati – Spv. Corporate Communications

Telkomsel Regional Jateng-DIYkartuHALO/email : 0811345566 / Anindito_r_

[email protected]

Telkomsel Dukung Pariwisata MagelangLuncurkan Kartu As Borobudur

Gajahmas Mulyosakti Jl. A. Yani No. 86A, Jogja (Telp 0274- 517959)Intra Valas Kantor Pos Besar, Jl. Panembahan Senopati No. 2,Jogja (0274- 414860, 383406)Marga Valas Jl. Laksda Adisucipto Km. 5,Jogja (0274- 582251)

PT Barumun Abadi Natour Garuda Jl. Malioboro 60,Jogja (0274-563314)PT Intan Artha Mataram Jl. Malioboro 18, Jogja (0274- 563814)PT Intra Bilex Kantor Pos Besar I Jl. Panembahan Senopati 2 Lokaet 12,Jogja (0274- 383406, 414860)PT. Dollar Center Jl. Pasar Kembang 85-88,Jogja (0274-

587648)PT. Artamas Buana Jati Jl. P Mangkubumi 4,Jogja (0274) 587558PT. Mulia Bumi Artha Inna Garuda Hotel, Jln. Malioboro 60,Jogja (0274-563314)Ridho Jaya Valasindo Jl. Pandean 10,Jogja (0274- 375991)

Santana Monikaya Jl. P. Diponegoro 116/118,Jogja (0274-513873)Sinar Mulia Jogja Valas Jl. KH. Ahmad Dahlan 10,Jogja (0274-566592, 7101400)Trisakti Damai Putra Jl. P. Mangkubumi 15,Jogja (0274- 564981)

Alas JayaRadisson Yogya Plaza Jl. Gejayan, JOGJA(0274) 584222Arya TravelindoPerum Gejayan Blok B 18 Caturtunggal, JOGJA(0274) 515058Indra Kelana Tour & TravelJl. P. Mangkubumi No. 56,JOGJA(0274) 564572Intan PelangiJl. Malioboro No. 18,JOGJA(0274) 562895Irma TravelJl. HOS. Cokroaminoto No. 125,JOGJA(0274) 523644Melati TravelJl. Parangtritis No. 2,JOGJA(0274) 388916

Merdeka TravelJl. Mrican No. 10,JOGJA(0274) 560956Mitra Persada TravelindoJl. Pringgondani No. 1,JOGJA(0274) 511100New Rejeki TravelJl. P. Diponegoro No. 27,JOGJA(0274) 587080Pelangi Tour & TravelJl. Dr. Sutomo No. 19,JOGJA(0274) 555393Rosalia Indah (Mangkubumi)Jl. P. Mangkubumi No. 1,JOGJA(0274) 512740Rosalia Indah (Ros - In)Jl. Raya Ring Road Selatan 115 (Depan Hotel Ros-In), JOGJA(0274) 411515Rosalia Indah (Umbulharjo)Jl. Veteran No. 196 Umbulharjo,JOGJA(0274) 383153

Biro Perjalana Wisata

Tempat Penukaran

Valas di Jogja

Page 23: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

23Edisi 28Maret 2012

ANDA sedang berada di Jogja dan membutuhkan tempat pera-watan kecantikan ?, Jogja House of Beauty (JHoB) bisa menjadi salah satu alternatif pilihan. Jogja, belakangan ini memang menjadi salah satu wilayah dengan pertum-buhan bisnis spa dan perawatan kecantikan cukup pesat. Mulai dari harga mahasiswa hingga dengan harga yang cukup fantastis. Dari yang mengusung konsep pera-watan tradisional dengan bahan alam maupun yang menggunakan peralatan serba canggih.

Jogja House of Beauty men-gusung konsep rumah cantik. Memberikan perawatan kecanti-kan dari mulai treatment hingga jasa stylish atau dekoratif. Diah Marlinawati selaku Manager JHoB

Jogja House of BeautyJl. Sagan Kidul 10, Jogja

Telp ( 0274-520740)Jl. Dr. Radjiman 499 Laweyan, Solo

Telp ( 0271-720034)

Jogja House of Beauty Rumah Cantik Khusus Wanita

AS melarang masuknya produk telur Kinder SurpriseLarangan itu menyusul penemuan produk cokelat tersebut mengand-ung zat non-nutrisi yang memba-hayakan anak-anak usia di bawah 3 tahun. AS juga melarang pengun-jung atau warga negaranya mem-bawa perkakas makan dari keramik. Terutama yang berasal dari Meksiko, Cina, Hong Kong, dan India. Denmark tolak selai merek Mar-mite dan VegemiteSelain yang terbuat dari ekstrak ragi, Marmite dan Vegemite, yang terkenal di Inggris dan Australia ditolak masuk ke Denmark. Ala-sannya, kedua produk itu men-gandung vitamin buatan. Amerika Serikat larang masuknya perkakas makan dari keramik.Indonesia larang masuknya tele-pon tanpa kabelSelain melarang masuknya hewan atau produk hayati dari negara lain, Imigrasi Indonesia juga menolak masuknya telepon tanpa kabel yang tidak dilengkapi lisensi.Nigeria larang kelambu nyamukSelain menolak masuknya air min-eral, buah, dan perhiasan, Nigeria juga melarang pengunjung atau warga negaranya membawa ke-lambu nyamuk. Kuba larang masuk panci listrik, pemanggang roti, dan setrikaDalam aturan penerbangan, Kuba melarang masuknya produk hewan

segar. Selain itu, negara komunis tersebut juga melarang masuknya perkakas rumah tangga seperti panci listrik, pemanggang roti, dan setrika.Cina larang masuk terong dan paprikaCina merupakan satu negara yang cukup ketat terhadap masuknya barang-barang dari negara lain. Satu alasannya adalah untuk mencegah penyebaran penyakit asing di negara itu. Dua barang yang dilarang keras masuk ke sana adalah terong dan paprika. Malaysia larang masuknya ar-tikel tentang pakaianNegeri Jiran membatasi pengu-nunjungnya dalam membawa artikel pakaian atau fashion. Tiap pengunjung hanya diizinkan mem-bawa tiga artikel yang berhubun-gan dengan pakaian, tidak lebih.Selandia baru menolak masuknya sulingSuling, sebagai alat yang biasa di-gunakan untuk membuat nada di-larang masuk ke Selandia Baru. Singapura larang masuknya per-men karetWarga atau pengunjung tidak hanya dilarang membawa per-men karet masuk, tapi penjual juga tidak boleh memperdagangkan-nya. Larangan itu dikeluarkan kar-ena seringnya masyarakat menem-pelkan permen karet di kursi atau meja. (Herlambang JL)

Bawaan yang Dilarang Masuk 10 NegaraJIKA Anda mau berwisata ke luar negeri, hendaknya Anda persiapkan sega-la sesuatunya dengan cermat. Termasuk Anda mesti mencermati barang-barang bawaan apa saja yang tak bisa masuk ke negara yang bakal Anda kunjungi, karena beberapa negara memang menolak keras masuknya se-jumlah barang. Melansir dari situs CNN seperti dikutip Tempo.co ada sepu-luh negara yang mempunyai aturan tersebut, yakni:

mengatakan berbagai perawatan terus coba dihadirkan seiring dina-mika kebutuhan customer. “Kami mencoba memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik kepada cus-tomer. Berbagai produk baru pun terus kami hadirkan sebagai bagian dari inovasi,” tutur Diah Marlinawati atau yang akrab disapa Lina terse-but kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG. (Tuti)

Larasati Spa/Sekaring Puri (Griya Pengantin)Jl. Raya Manukan 195 Condong Catur, JOGJATelp (0274-3293827)The Cangkringan Jogja Villa & SpaJl. Raya Merapi Golf, Desa UmbulharjoCangkringan, JOGJATelp (0274-898180, 4478653) Fax ( 0274-4478652)Qorinah Day Spa & SalonJl. Kaliurang Km. 15 (Ruko Degolan 18-19)Utara Kampus UII, JOGJATelp (0274-7448200)Annisa Rumah Spa (Perawatan Khusus Wanita)Jl. Kaliurang Km.12, JOGJATelp (0274-6619267)Jl. Magelang Km.12,5, JOGJATelp (0274-2694234)Jelita Spa & Salon (Khusus Wanita)Karang Gayam, Jl. Gambir CT 8/140(Barat Percetakan Kanisius), JOGJATelp (0274-584107)Martha Tilaar, Salon Day SpaKomplek Colombo No.7 Jl. Cendrawasih, JOGJATelp (0274-546865)Jogja House of BeautyJl. Sagan Kidul 10, JOGJATelp (0274-520740)Jl. Dr. Radjiman 499 Laweyan, SOLOTelp (0271-720034)Warm SpaJl. Laksda Adisucipto 48, JOGJATelp (0274-485005),Ext 8156 Fax (0274-486767)Ressya Salon & SpaJl. Laksda Adi Sucipto Km. 8, JOGJATelp (0274 – 8542242)

Club Arena – The Jayakarta Yogyakarta Hotel & SpaJl. Solo Km.8, JOGJATelp (0274-488418) Fax (0274) 0274-485415Woman & Woman SpaJl. Ring Road Utara Pugeran No.9, Maguwoharjo(Samping Kanwil Pajak), JOGJATelp (0274-4333535/4333636), SMS : 081 328 610 535Kalina SpaJl. Nusa Indah (sebelah barat Griya Mahkota)Godean, JOGJARogo Jampi Spa by ZahwaJl. Nitikan Baru 27, JOGJATelp (0274-6632877, 0274-387323)Cantel SpaJl. Timoho 2 No. 1, JOGJATelp. 0274-542866.Ayu Salon & SpaJl. Raya Candi Gebang, JOGJATelp (0274-888704/8391965)Aliyah VezoliJl. Raya Kledokan no. 19 CT XIX Depok(Utara Hotel Telaga Biru),JOGJALily SpaJl. Kapas Ruko 5 (Komplek Ruko Kledokan)(Dekat RM Ampera/optic,JOGJA)Telp (0274-484769)The Spa – Puri Artha HotelJl. Cendrawasih 36,JOGJATelp (0274-563288)Jogja Traditional TreatmentJl. Rotowijayan 25,JOGJAJl. Kenari Ruko 02-03,JOGJATelp (0274-376787)SISKA SALON & SPAJln Ki Mangunsarkoro 56, JOGJATelp (0274-510309) Fax (0274-517061)

Spa dan PerawatanKecantikan di Jogja

Page 24: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng edisi 28 / Maret 2012

24 Edisi 28Maret 2012

TAK afdol rasanya jika Anda me-nikmati suasana Malioboro namun tidak berkunjung ke tempat satu ini. Inilah Mirota Batik. Sebuah tempat yang khusus menyediakan berbagai aneka batik dan aneka kerajinan. Suasana tempat satu ini ditata sede-mikian rupa sehingga memberikan sebuah nuansa yang unik.

Semua barang ditata secara apik

dan mempermudah konsumen da-lam memilih. Alunan gending dan tembang-tembang jawa selalu ter-dengar dalam ruangan ini. Masih ada pula musik tradisional yakni siteran.

Aneka kerajinan disini mulai dari untuk pelengkap interior rumah, cin-dera mata maupun kerajinan untuk outdoor. Sedangkan berbagai kebu-tuhan batik, tersedia untuk kemeja

pria, busana wanita hingga anak-anak.

Terdapat pula aneka kerajinan kuno (asli), seperti telepon antik, radio kuno hingga keris. Juga terdapat oblong (kaos khas Mirota Batik). Manajemen Mirota Batik memang mengusung konsep tempat satu ini sebagai “pasar” nya kerajinan dan batik. Sehingga apapun jenisnya ada disini. Konsumen

pun akan merasa termanjakan dengan suasana yang ada.

Meski Anda hanya sekadar jalan-jalan, tanpa harus berbelanja, semua karyawan Mirota Batik tetap akan memberikan layanan yang terbaik. Dengan senyuman dan dengan kera-mahan. (*)

ADA suasana yang berbeda manakala Anda memasuki tempat satu ini. Kesannya: unik, nyantai dan romantis. Unik, karena cukup banyak pernik interior yang khas. Seperti kursi lesehan ala Jepang, juga terdapat tempat duduk ala panggung. Terdapat pula kereta kencana yang membuat suasana tempat makan dan minum ini

menjadi lain daripada yang lain.Aneka makanan dan minu-

man tersedia disini. Mulai dari makanan ringan hingga berta. Khasnya adalah Nasi Kucing “Ra-minten”. Mesti sekadar nasi kun-ing, namun penyajiannya bak hotel berbintang. Juga terdapat makanan tradisional serta aneka minuman jus yang khusus untuk

kesehatan. Bagi yang suka minu-man jamu, juga terdapat bebera-pa pilihan jamu di tempat ini.

Maka tak heran, tempat satu ini selalu menjadi jujugan, tak hanya anak-anak, remaja saja, namun orang dewasa. Banyak pula yang memanfaatkan sebagai tempat untuk menggelar berbagai acara, seperti ultah, arisan, syukuran,

dsb.Alunan musik tradisional

(gending) selalu mengalun di tempat ini. Beberapa layer tele-visi juga dipajang di sudut ruan-gan, sehingga pengunjung pun tetap bisa mengikuti berbagai acara televisi kesukaannya, sem-bari lesehan, dan dalam suasana yang santai. (*)

THE HOUSE OF RAMINTENJln. FM Noto 7, Kotabaru

JogjaTelp (0274) 586928, 547315

ANDA ingin mengabadikan momen-momen penting dalam hidup Anda?, percayakan se-muanya itu pada Ratri Image, sebuah tempat Photography-Graphic Design yang siap meng-hadirkan karya-karya foto yang tak hanya ek-sklusif, namun juga memiliki sentuhan seni yang tinggi.

Di tempat ini Anda bisa mengabadikan berbagai event penting seperti ulang tahun, pernikahan, wisuda, foto keluarga, dan seba-gainya. Dengan dukungan personil dan SDM yang handal, Ratri Image memberikan jami-nan sebuah hasil yang memang menjadi ke-inginan Anda.

Dengan peralatan digital yang modern, stu-dio foto ini pun siap memberikan layanan un-tuk pemotretan di tempat (lokasi) dimana kon-sumen inginkan. Baik di rumah pribadi, obyek wisata maupun tempat-tempat lain. Di tempat ini juga tersedia berbagai kebutuhan foto sep-erti pigura (frame) unik, album, dsb.(*)

SAAT Anda tengah berbelanja batik maupun aneka kerajinan di Mirota Batik (Malioboro) cobalah Anda langsung menuju lantai 3. Disini Anda akan menemui sebuah tempat yang unik. Dengan interior yang ditata secara apik ala lese-han, tiap pengunjung pun akan bisa menikmati pemandangan Malioboro dari lantai 3.

Andapun bisa menyaksikan hiruk-pikuk dan kesibukan Pasar Beringharjo dari tempat ini. Berbagai minuman dan makanan serta aneka roti dan cemilan tersedia disini. Dan semua akan tersaji secara cepat dan dengan harga yang terjangkau.

Tempat satu ini memang dikonsep sebagai tempat untuk duduk-duduk, bersantai melepas lelah seusai berbelanja di Mirota Batik. Dengan lokasi yang berada di lantai 3, maka semilir angin akan memberikan keasyikan tersendiri bagi tiap pengunjung di tempat satu ini. Dan setiap Sabtu malam (mulai pukul 19.00) di tempat ini digelar event spektakuler yakni ”Cabaret Show”. (*)

MASIH soal wisata kuliner. Di Jogja kini ter-dapat tempat untuk berwisata kuliner. Tempat ini adalah The Waroeng Of Raminten. Lokasi bersebelahan dengan pusat batik dan keraji-nan Mirota Batik Pakem.

Tempatnya nyaman. Dengan elemen interior yang unik dan tradisional, seperti kursi, meja serta elemen interior lainnya. Tempat satu ini menyajikan berbagai menu rumahan yang khas. Ada mie rebus Jawa, ada pula aneka ikan baik goreng maupun baker.

Berbagai aneka minuman serta jus juga tersedia di tempat ini. Dengan area parkir yang luas, memberikan kenyamanan tersendiri baik bagi tamu yang berkendara roda empat mau-pun roda dua.

Tempat ini juga memiliki nuansa alami. Di bagian belakang bangunan masih terbentang area per-sawahan yang masih alami. Sehingga tercipta sebuah nuansa hasil paduan antara makanan, ban-gunan serta alam lingkungan sekitar. (*)

JIKA Anda tengah melakukan perjalanan menuju obyek wisata Kaliurang, maka Anda akan melewati tempat satu ini. Inilah sebuah pusat batik dan kerajinan “Mirota Batik Pakem”.

Di tempat ini tersedia aneka kerajinan nusan-tara. Sehingga berbagai kerajinan khas provinsi lain di Indonesia tersedia di tempat ini. Begitu-pun batik. Baik batik untuk busana, maupun ba-tik untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

Di tempat yang asri satu ini juga terdapat area khusus (berada di depan) yang disedia-kan aneka minuman hangat, panas maupun dingin. Sehingga tempat satu ini bias mem-berikan kenyamanan bagi setiap pengunjung maupun juga bisa menjadi tempat untuk re-hat mereka yang akan melakukan perjalanan menuju kawasan wisata Kaliurang.

Beberapa fasilitas umum seperti WC, kamar mandi serta mushola juga tersedia, dan bisa dimanfaatkan siapa saja. Dengan bangunan yang unik, tempat satu ini selalu menjadi juju-gan wisatawan, khususnya yang akan melaku-kan kunjungan ke Kaliurang. (*)

MIROTA BATIKJln. A Yani (Malioboro)

JogjaTelp (0274) 588524,

518127

THE HOUSE OF RAMINTEN 2 (OYOT GODONG)

Mirota Batik, Jln. A Yani (Malioboro) Lantai 3

MIROTA BATIK PAKEMJln. Kaliurang Km 16, Pakem Jogja

Telp (0274)897033, 897068

RATRI IMAGE Mirota Batik (Malioboro)

Lantai 3 (luar) Telp (0274) 552455

THE WAROENG OF RAMINTENJln. Kaliurang Km 16, Pakem Jogja

Telp (0274) 897033, 897068

dan mempermudah konsumen da- pria, busana w