Tabloid Media Agro Mei 2015

16
C MYK C MYK TABLOID BULANAN No.104/Mei2015 VISI PT Perkebunanan Nusantara VII (Persero) menjadi perusahaan agribisnis berbasis karet, kelapa sawit, teh dan tebu yang tangguh serta berkarakter global. MISI 1. Menjalankan usaha perkebunan karet, kelapa sawit, teh dan tebu dengan mengunakan teknologi budidaya dan proses pengolahan efektif serta ramah lingkungan. 2. Mengembangkan usaha industri yang terintegrasi dengan bisnis inti (karet, kelapa, sawit, teh dan tebu) dengan menggunakan teknologi terbarukan. 3. Mengembangkan sumber daya manusia yang berbasis kompetensi 4. Membangun tata kelola usaha yang efektif 5. Memelihara keseimbangan kepentingan stakeholders untuk mewujudkan daya saing guna menumbuh-kembangkan perusahaan. Visi dan Misi Tim sepakbola Unit Kebun Wayberulu (Wabe) berhasil menumbangkan tim Kantor Direksi dengan angka 3-1 pada pertandingan persahabat yang digelar di lapangan Unit Wabe PTPN VII beberapa waktu lalu. Indeks Puncak peringatahan HUT ke-15 Ikatan Kekeluargaan Istri (IKI) PTPN VII berlangsung meriah, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua IKI Pusat Ny. Tina Kusumandaru. Kesebelasan Wabe Gilas Tim Kandir Puncak HUT IKI Ditandai Potong Tumpeng Salat Ajarkan Disiplin dan Jujur Peringatan Israk Mikraj yang digelar Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) PTPN VII kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Hal.6 Hal.12 Hal.13

Transcript of Tabloid Media Agro Mei 2015

1TABLOID BULANANNo.104/Mei2015

C MYK

C MYK

TABLOID BULANANNo.104/Mei2015

VISIPT Perkebunanan Nusantara VII (Persero) menjadi perusahaan agribisnis berbasiskaret, kelapa sawit, teh dan tebu yang tangguh serta berkarakter global.MISI1. Menjalankan usaha perkebunan karet, kelapa sawit, teh dan tebu dengan mengunakan

teknologi budidaya dan proses pengolahan efektif serta ramah lingkungan.2. Mengembangkan usaha industri yang terintegrasi dengan bisnis inti (karet, kelapa,

sawit, teh dan tebu) dengan menggunakan teknologi terbarukan.3. Mengembangkan sumber daya manusia yang berbasis kompetensi4. Membangun tata kelola usaha yang efektif5. Memelihara keseimbangan kepentingan stakeholders untuk mewujudkan daya saing

guna menumbuh-kembangkan perusahaan.

Visi dan Misi

Tim sepakbola Unit Kebun Wayberulu (Wabe)berhasil menumbangkan tim Kantor Direksi dengan

angka 3-1 pada pertandingan persahabat yangdigelar di lapangan Unit Wabe PTPN VII beberapa

waktu lalu.

Indeks

Puncak peringatahan HUT ke-15 Ikatan KekeluargaanIstri (IKI) PTPN VII berlangsung meriah, ditandai dengan

pemotongan tumpeng oleh Ketua IKI Pusat Ny. TinaKusumandaru.

Kesebelasan Wabe Gilas Tim KandirPuncak HUT IKI Ditandai Potong Tumpeng Salat Ajarkan Disiplin dan JujurPeringatan Israk Mikraj yang digelar

Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) PTPN VIIkali ini sedikit berbeda dari sebelumnya.

Hal.6

Hal.12 Hal.13

TABLOID BULANANNo.104/Mei2015 2

dariREDAKSI

Redaksi menerima sumbangan artikel, cerita pendek, humor, puisi, kartun, foto-foto, berita kegiatan, danlainnya yang sesuai dengan visi dan misi penerbitan. Naskah diketik rapi, bisa dikirim hasil printout, tetapilebih dihargai dalam disket. Khusus untuk artikel maksimal 5 halaman folio spasi ganda.

Kami juga menerima keluhan, saran, kritik, nasihat, atau informasi untuk sesama di lingkungan perusahaanyang akan kami muat di Surat Pembaca. Atau kirim SMS ke no. 0813 69782555.

Silakan kirim karya Anda ke Redaksi Tabloid Media Agro 7, Kantor Direksi PTPN VII Jl. Teuku Umar No.300, Bandarlampung. Naskah disertai dengan identitas dan alamat yang jelas. Pengirim yang tulisannyadimuat (kecuali surat pembaca), sebagai ucapan terima kasih, Redaksi akan memberikan cinderamata.

PENERBITPT Perkebunan Nusantara VII

PEMBINADireksi PT Perkebunan Nusantara VII

PEMIMPIN UMUM/PENANGGUNG JAWABBudi Santoso

PEMIMPIN REDAKSIY. Hadi Nugroho

WAKIL PEMIMPIN REDAKSISofian Machmud

SEKRETARIS REDAKSIAndi FirmansyahSTAF REDAKSI

Singgih Larsito, Sasmika D.S., Willy Mulyawan,Sultan M.R., R. Uliati Sidabutar, Hasanuddin Z.

Arifin, Nurjanah, Ketut Oktabayuna, Saidan,Marhaedy Effendi

BIRO-BIRODistrik dan Unit Usaha/Pabrik

DISTRIBUSIJa’far, Das’ad GaniALAMAT REDAKSI

Kantor Direksi PTPN VIIJln. Teuku Umar No. 300, Kedaton,

BandarlampungTelp. (0721) 702233, Faksimili (0721) 702775

Email: [email protected]

KEJAR TARGETPada musim giling tahun 2015, dua pabrik

gula (PG) PTPN VII menargetkan produksi179.147 tob gula. PG Bungamayang yang mulaigiling pada 2 Mei menargetkan perolehan gula110.183 ton, sementara PG Cintamanis yangbuka giling pada 7 Mei mematok 68.964 ton.Target sejumlah itu mengalami kenaikan yangcukup siginifikan dibandingkan dengan musimgiling tahun sebelumnya. Kita juga meyakinitarget itu bisa tercapai, karena kita telahmelakukan sejumlah langkah perbaikanpabrik gula dan peningkatan kinerja lahan.

Perbaikan dilakukan sejak beberapatahun lalu, mulai dari budidaya (on-farm)hingga pengolahan tebu (off-farm). Karena itu,seiring dengan berbagai perbaikan tersebutkita yakin bisa mencapai target. Denganbanyaknya perubahan dari hasil perbaikantersebut, secara bertahap target akan terusnaik, seiring dengan peningkatan kapasitaspabrik dan perluasan areal tanam tebu.Memang diperlukan kerja keras dan cerdasagar selama proses giling tak terjadi ham-batan, baik di kebun maupun di pabrik.

Upaya mengejar target dua pabrik gulakita menjadi bahasan utama edisi kali ini.Sebab, industri gula sejak tahun lalu menga-lami tekanan yang cukup berarti, terutamaanjloknya harga gula di pasar akibat adanyarembesan gula impor. Syukurnya, pada awalmusim giling ini harga gula mulai membaik.Pemerintah juga berupaya menetapkan hargapokok penjualan gula yang memungkinkanmemberikan keuntungan kepada petani danpabrik gula.

Pada edisi kali ini juga kami sajikan ragamkegiatan yang dilakukan ibu-ibu IKI dalamrangka memperingati hari ulang tahunnya(HUT). Ada kegiatan lomba pakaian adat,lomba memasak, lomba balita, dan tentu sajaaksi sosial dengan memberikan bantuanpemberian makanan tambahan bagi anaksekolah (PMT-AS) dan bantuan buku untuksekolah-sekolah.

Kami juga menurunkan tulisan dan fotosafari kunjungan Dewan Komisaris ke kebun-kebun dan pabrik. Kunjungan wakil pemiliksaham tersebut guna mendorong semangatkaryawan pada semua lini untuk terus me-ningkatkan produksi dan kinerja. “Ini penting,kami hanya bisa mendorong semangat danmengingatkan jika dalam prakteknya ada yangkurang pas. Kita harus mulai dari hal-hal kecil,karena banyak yang tenggelam dalam ke-biasaan dan melupakan norma teknis ba-kunya,” kata Komisaris Utama Prof. AhmadAnshori Mattjik.

Semoga sajian ini bermanfaat, danselamat membaca. Redaksi.

Membudayakan Pengelolaan Pengetahuan

TPN VII saat ini berupaya untukmembudayakan pengelolaan pe-ngetahuan yang dimiliki peru-sahaan melalui knowledge trans-

fer dan knowledge sharing. Hal ini bukanhanya sebagai mandatory dan bentukkepatuhan dalam pemenuhan salah satuaspek penilaian KPKU (Kriteria PenilaianKinerja Unggul) dari Kementerian BUMN,melainkan juga menjadi kebutuhan yangsangat mendasar dalam meningkatkanpengetahuan pekerja.

Dalam upaya membudayakan penge-lolaan pengetahuan, setiap pekerja yangditugaskan, baik dalam bentuk pelatihan,seminar/lokakarya, ataupun bentuk pengem-bangan SDM lainnya, setelah selesaimengikuti kegiatan diwajibkan untuk melakukan sharepengetahuan (knowledge sharing) kepada pekerja lainnya.

Hal ini dituangkan dalam salah satu poin yang adadi setiap surat penugasan pekerja yang mengikuti pro-gram pengembangan SDM. Selain itu, untuk knowledgetransfer juga dilakukan dengan menugaskan pekerja yangakan memasuki masa bebas tugas (MBT) agarpengetahuan dan keahlian yang dimilikinya dapat“diwariskan” atau diturunkan kepada penerusnya.

Ini merupakan tahap awal dalam membudayakanknowledge transfer, yang pada tahun 2015 ini PTPerkebunan Nusantara VII mulai mewajibkan kepadapekerja golongan III dan IV yang akan memasuki MBTuntuk melakukan knowledge transfer sesuai dengankeahlian masing-masing.

Untuk ke depannya diharapkan kepada setiap pekerjayang dimutasi atau pindah tugas, juga dapat melakukanknowledge transfer, baik kepada penerusnya, rekan kerja,atasan maupun bawahannya.

Oleh Hendra Lesmana PutraStaf Urusan Pengembangan SDM dan Oganisasi PTPN VII

Saat ini tugas knowledge transfermemang masih diutamakan kepadapekerja golongan III dan IV, meskipun tidakmenutup kemungkinan nantinya akandilaksanakan pada setiap level karyawanmeskipun bentuk dan formatnya berbeda,karena dilihat dari kemampuan setiap level.

Aspek pengetahuan yang dibagikanatau diturunkan tidak hanya unsur teknis(skill), tetapi juga dari aspek nonteknis(perilaku, motivasi, atau bentuk lainnya)yang mendukung dalam pelaksanaanpekerjaan. Knowledge transfer dan knowl-edge sharing dilakukan dengan metodepresentasi kepada pekerja lainnya ataudalam bentuk tulisan yang diedarkankepada pekerja lain atau media cetak dan

website. Bahkan, sangat diharapkan ada pekerja yang bisamenuliskan dan menguraikan pengetahuan dan penga-lamannya menjadi sebuah buku.

Harapannya dengan knowledge transfer dan knowl-edge sharing dapat mendukung kelancaran dalammenjalankan tugas dan membantu dalam mengem-bangkan pekerja di PT Perkebunan Nusantara VII. Sebab,para pekerja yang berpengalaman adalah guru-guru yangmumpuni dalam bidangnya.

Jadi mengembangkan pekerja tidak hanya secaraformal seperti pelatihan, seminar/lokakarya, atau bentuklainnya, tetapi dengan membagi ilmu dan pengetahuandapat membantu pekerja lain ikut mengembangkan diri.

Harus diakui bahwa sebenarnya keberhasilan dalammengembangkan SDM sebenarnya lebih banyakdipengaruhi oleh “guru-guru” yang berada di dalamorganisasi sendiri. Karena itu, mari kita budayakan untukmengelola pengetahuan sekaligus kita budayakan untukberbagi. (tim)

Terus memendam amarah sama sepertimenggenggam bara panas untuk dilontarkankepada seseorang, Kitalah yang akan terbakar(Sidharta Gautama).

Dalam hidup memang wajar kalau ada peristiwayang membuat kita marah dan kecewa. Tapi cepatkendalikan emosi kita. Jangan biarkan amarah,dendam, iri, kesal, atau kecewa kepada pasangan,teman, rekan kerja, atau atasan di kantor bercokollama di hati kita.

Kekesalan, amarah, dan kekecewaan hanya akanmengaktifkan hukum tarik menarik, membuat kitamenerima apa yang kita berikan. Bila kesal pada kawanyang mengingkari janji, lalu kita menyalahkan merekaatas kekacauan semua itu, kita akan mendapatkan

Melepas Amarah, Meraih Ikhlas

Salah satu upaya organisasi dalam pengelolaan pengetahuan (knowledge man-agement) adalah dengan membagi atau menurunkan pengetahuan dari pekerja

yang memiliki pengetahuan tertentu ke rekan kerja, atasan, maupun bawahannya.Hal ini bertujuan agar pengetahuan yang dimiliki seseorang sebagai anggota

organisasi dapat menjadi pengetahuan organisasi (corporate knowledge).

kembali keadaan yang dipersalahkan itu.Kembalinya keadaan itu tidak harus selalu dari

orang yang kita salahkan, tetapi sejatinya kita akanmendapatkan kembali keadaan yang kita salahkanitu. Ikhlaskanlah, maafkanlah. Hati akan lebih legadan ringan dalam menjalani hidup, lebih fokus terhadaptujuan hidup tanpa terbebani penyakit hati yang hanyaakan menghabiskan energi positif.

Jika saya mengikhlaskan diri saya, saya menjadiyang saya inginkan. Jika saya mengikhlaskan yangsaya punya, saya akan menerima apa yang sayabutuhkan, demikian kata Tao Te Ching.

Semoga Tuhan mengaruniai sabar yang takterbatas dan ikhlas yang tak bertepi untuk kita semua,sehingga apa pun rintangan dan cobaan yang kitalalui kan terasa lebih ringan. (dbs)

P

3TABLOID BULANANNo.104/Mei2015

AKTUALITAialog yang diikuti ja-jaran pengurus SPPNVII tingkat pusat, ca-bang-cabang wilayah

Lampung, dan koordiantorwilayah Sumatera Selatanserta Bengkulu tersebut meng-hadirkan narasumber dari BP-JS, rumah sakit, dan ma-najemen PTPN VII, yaitu RatuSaripah (Kepala Unit Mana-jemen Pelayanan BPJS Ca-bang Lampung), dr. Ruben(Direktur RS Advent Bandar-lampung), dr. Andi Siswadi(Direktur Pelayanan RS UripSumoharjo, Bandarlampung),dan Hariyanto (dari Bagian SDMPTPN VII).

Dalam dialog yang digelardi Ruang Rapat Kantor DireksiPTPN VII, Senin (4/5/2015),tersebut Ketua Umum SPPN VIIVedy Pudiansyah mengatakandalam memperingati Hari Buruhtahun ini, SPPN VII memilihkegiatan yang lebih bermanfaatuntuk karyawan di perusahaan,yaitu menggelar diskusi seharimengenai pelayanan kesehatan.

Masalah tersebut dinilaipenting karena ada perubahansistem pelayanan kesehatanbagi karyawan PTPN VII sejakdiberlakukannya Undang-Un-dang No. 24 Tahun 2011 ten-tang BPJS dan PeraturanPresiden Nomor 109 Tahun2013. Jika sebelumnya pela-yanan kesehatan bersifat swa-kelola, kini semua karyawanPTPN VII menjadi peserta BPJSKesehatan.

Dengan adanya perubahantersebut, tentu tata cara, pro-sedur, dan mekanisme pela-yanannya berbeda. “Bahkan,muncul sejumlah keluhan ka-rena sistem dan prosedurlayanan kesehatan melaluiBPJS tidak semudah dan se-luas seperti pada masa swa-kelola,” katanya.

Menurutnya, selama da-lam sistem swakelola pela-yanan kesehatan yang dibe-rikan perusahaan sangat mem-bantu karyawan. Bila adakaryawan atau keluarga yangsakit tidak perlu terlalu panjangprosedurnya. Bahkan, boleh

Diskusi Layanan BPJS Kesehatan

dikata karyawan atau keluargayang sakit pada umumnyatinggal menikmati layanan, takperlu repot mengurus adminis-trasi ke sana kemari.

“Namun, sejak dikelolaBPJS, banyak keluhan bahwauntuk mendapatkan pelayanankesehatan prosedurnya lebihpanjang, terkadang terasaberbelit karena memang ba-nyak yang belum paham, se-hingga banyak menghabiskanwaktu,” kata Vedy.

Oleh karena itu, Vedyberharap dengan diskusi dandialog antara pemberi jasalayanan, yaitu BPJS dan rumahsakit, dan penerima jasa la-yanan (karyawan PTPN VIIpeserta BPJS) akan meng-hasilkan benang merah, se-hingga pelayanan kesehatanyang dinikmati karyawan akansama baiknya dengan padasaat swakelola.

“Kami berharap dengandialog ini semua permasalahanyang ada bisa dipahami dandiselesaikan. Dengan demikianpelayanan kesehatan bagikaryawan dan keluarga bisaberjalan dengan baik dan sesuai

dengan aturan,” ujarnya.Sementara Direktur SDM

dan Umum PTPN VII BudiSantoso mengapresiasi kegi-atan yang dilaksanakan SPPNVII. “Topik yang diangkat dalamdiskusi dan dialog kali ini cukupbagus, karena itulah masalah

Selain unjuk rasa, ragam aktivitas bermanfaat bisa dilakukan untuk memperingati Hari Buruh pada 1 Mei2015. Salah satunya seperti yang dilaksanakan Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara (SPPN) VII, yaitu

menggelar diskusi tentang layanan BPJS Kesehatan dengan tema “Bersama BPJS Pelayanan KesehatanKaryawan Sama Baiknya dengan Swakelola.”

Suasana diskusi dalam rangka memperingati hari buruh.

Direktur SDM dan Umum PTPN VIIBudi Santoso memberi sambutanpada acara diskusi sehari dalamrangka memperingati hari buruh.

Ketua Umum SPPN VII VedyPudiansyah memberi sambutan.

kita semua,” katanya.Menurutnya, selama da-

lam sistem swakelola karyawanPTPN VII mendapat banyakkemudahan dalam memperolehpelayanan kesehatan. “Karenasudah terbiasa dengan carayang lama, kini harus belajar

Kabag SDM PTPN VII Habib Wibowo, Kepala Pelayanan BPJSBandarlampung Ratu Saripah, Ketua SPPN VII Vedy Pudiansyah, danSekretaris Puji Supriyanto foto bersama usai acara diskusi.

dan membiasakan diri dengansistem dan prosedur baru yangberbeda. Kalau dulu adminis-trasinya ditangani perusahaansendiri, sekarang melalui badanlain, yaitu BPJS,” katanya.

Meskipun demikian, BudiSantoso berharap keiikutsert-aan karyawan dalam BPJStidak mengurangi fasilitas danlayanan yang diterima, bahkanbisa lebih baik dan lebih bagusdaripada saat pelaksanaannyaswakelola. “Mari kita jadikanforum ini untuk saling mengisi,evaluasi, dan saling koreksi,”katanya.

Sementara Kepala UnitManajemen Pelayanan BPJSCabang Lampung, RatuSaripah, menguraikan tentangproses dan prosedur pelayananyang dilakukan BPJS danrumah sakit yang menjadirujukan. Kemudian hal-halteknis pelayanan di rumah sakitdijelaskan oleh Dokter Rubendari RS Advent Bandarlampungdan Dokter Andi Siswadi dari RSUrip Sumoharjo, Bandarlam-pung. (tim)

D

Ketua SPPN VII Vedy Pudiansyah memberikan cinderamata kepadaKepala Pelayanan BPJS Bandarlampung Ratu Saripah.

Peserta diskusi dalam rangka memperingati hari buruh

TABLOID BULANANNo.104/Mei2015 4

LaporanUTAMA

G Bungamayang yangberlokasi di LampungUtarabakan menggiling1.283.426 ton tebu dari

lahan seluas 16.497 (kebun intidan tebu rakyat) dengan targetrendemen rata-rata 8,56 persen.Proses giling di pabrik ber-kapasitasn 7.100 ton tebu perhari (TCD) diperkirakan berlang-sung selama 181 hari (6 bulan).

Sementara PG Cintama-nis yang berada di Oganilir,Sumatera Selatan, juga diren-canakan beroperasi menggilingselama 152 hari dengan tebudigiling 795.304 ton, dengantarget rendemen rata-rata 8,65persen. Tebu sejumlah ituberasal dari kebun inti 10.351ha dan kebun tebu rakyat (TR)seluas 438 ha.

“Untuk musim giling tahunini sasaran produksi kita 68 tonlebi dan ini meningkat diban-dingkan dengan produksi tahun2014 lalu, yaitu 47 ribu tondengan rendemen saat itutercapai rata-rata 7,14 persen,”kata General Manager PGCintamanis, H.Asep Djayanti,saat meninjau pabrik menjelangawal giling.

Selanjutnya, kata Asep,untuk masa tanam tebu samaseperti sebelumnya, yaitu 12bulan dengan total tebu 795.304ton atau meningkat diban-dingkan dengan tahun 2014yang hanya 657.000 ton.

“Meningkatnya jumlah tebuini, selain melalui perlakuantanaman juga karena adanyadukungan meningkatnya curahhujan. Ini besar sekali penga-

Target Produksi 179.147 Ton Gula

ruhnya. Kususnya tanamantebu yang jauh jangkauannyadengan sumber air. Kalau tahunkemarin curah hujannya ku-rang,” katanya.

Untuk meningkatkan ren-demen, lanjut Asep, antara laindengan melakukan perbaikanpada proses tebang, muat, danangkut (TMA) dari sistemtebang tebu bakar ke sistemtebang tebu hijau. Selain itu,yang terpenting adalah jangansampai tebu menginap di la-pangan.

“Memang diperlukan tena-ga penebang lebih banyak.Tebu yang sudah ditebangharus sampai di pabrik dibawah 36 jam. Setiap harinyatebu yang kita giling sebanyak5.000 ton sesuai kapasitaspabrik kita. Untuk penebangyang melakukan penebangansecara bersih, maka mereka diberi premi,” katanya.

Namun demikian, lanjutAsep, selain tebang manual,PG Cintamanis juga melakukanpenebangan secara mekanis.“Memang baru sebesar 13persen, semi mekanis 42 per-sen, dan sisanya 45 persenmasih tebang secara manual,”katanya.

Memang pada setiap caratebang ada keuntungan dankerugiannya. Misalnya tebangmekanis, tidak memerlukantenaga tebang yang banyak.Cara ini untuk mengantisipasiketika kesulitan mencari tenagatebang. Namun, cara ini takbisa dilakukan di semua lokasi,terutama pada areal yang

topografi kebun tidak rata.Asep Djayanti mengatakan

bahwa beberapa hari sebelumgiling, Direktur Utama PTPNVII Ir. Kusumandaru N.S. danKomisaris Utama Prof. Dr. Ir. H.Ahmad Ansori Matjik, M.Sc.melakukan kunjungan ke PGCinta Manis.

“Kunjungan tersebut dalamrangka melihat kesiapan giling,baik kesiapan di setiap rayonkebun maupun di pabrik.Alhamdulillah kita sudah siap.Mudah-mudahan pada musimgiling tahun 2015 ini kita bisamelebihi target. Apalagi hargagula saat ini cukup bagus,”katanya.

Bahkan menurut rencanakapasitas produksi PG Cinta-manis akan ditingkatkan dari5.500 ton menjadi 7.000 ton.Pabrik Gula Cintamanis adalahsalah satu dari 27 unit usahaPTPN VII berloksi di DesaKetiau, Kecamatan Lubuk-keliat, Kabupaten Ogan ilir.

“Distrik Cinta Manis me-ngusahakan dan mengelolakebun tebu dan pabrik gula.Selain produk utama berupagula, hasil sampingan dari

olahan tebu adalah tetes tebudan limbah blotong yang dapatdimanfaatkan untuk pupuk,”katanya.

Berbagai upaya dilakukanuntuk mencapai target produksidan rendemen, antara lainmenupayakan kontinuitas pro-ses tebu sesuai kapasitasgiling, memperbaiki sistimtebang semimekanis, mem-perbaiki mutu tebang (me-menuhi standar MBS, yaitumanis, bersih, dan segar),menekan losses di kebun dandi pabrik, membangun sinergiantara bagian tanaman danpabrik.

Ada dua hal yang menjadiperhatian agar proses gilingberjalan lancar dan targettercapai, yaitu perubahan da-lam sistem tebang, muat, danangkut (TMA). Hal ini tentuberdampak pada perubahanperilaku pekerja. Sosialisasisecara kontinu pun dilakukan,mulai dari asisten sampai ketenaga kerja yang melaksa-nakan di lapangan agar semuabisa berjalan sesuai dengannorma.

Kemudian yang tak kalah

Pada musim giling tahun 2015, dua pabrik gula (PG) PTPN VII menargetkan produksi 179.147 tob gula. PG Bungamayangyang mulai giling pada 2 Mei menargetkan perolehan gula 110.183 ton, sementara PG Cintamanis yang buka giling pada 7

Mei mematok 68.964 ton.

penting dan harus menjadiperhatian adalah menjaga agarkebun tebu tidak terbakar.Kebakaran kebun mengakibat-kan kerugian yang sangatbesar. Karena itu, selalu dila-kukan koordinasi dengan pe-madam kebakaran di rayon daninduk, Pemadam Kebakarantingkat Kabupaten, aparatkeamanan setempat, dan tokohMasyarakat. Juga mengop-timalkan penjagaan dan saranaPemadam Kebakaran yangada.Jaga Kekompakan

Sedangkan PG Bunga-mayang pada musim gilingtahun ini mengancangkan tar-get produksi gula 110.183 ton.Selama masa giling yang diren-canakan berlangsung selama181 hari atau 6 bulan (bukagiling pada 2 Mei 2015) akanmenggiling sebanyak 1.283.462ton tebu dari lahan seluas16.497 (50 persen tebu inti, 50persen tebu rakyat).

“Kapasitas pabrik 7.100ton tebu per hari. Target ren-demen rata-rata 8,56 persen.Kegiatan giling diharapkanlancar tanpa ada hambatan,baik teknis maupun nonteknis,baik di pabrik maupun di ke-bun,” ujar General Manager PGBungamayang H. Sukarnoto.

Upaya yang dilakukanuntuk mencapai target produksidan rendemen antara lainmeninergikan kegiatan mulaidari kebun, yaitu dari tebang,muat, dan angkut, hinggaproses pengolahan tebu dipabrik.

“Selain memperkecillosses di kebun dan di pabrik,kegiatan yang juga sangatpenting adalah meminimalisasi

P

5TABLOID BULANANNo.104/Mei2015

LaporanUTAMA

Panen Tebu di Unit Bekriejak tahun 2013 lalu, Unit Bekri jugamenghasilkan tebu. Areal tanamantebu di Unit Bekri saat ini seluas372,45 ha, dengan rincian PC 5 ha,

ratoon 1 seluas 169.78 ha dan ratoon 2seluas 197.67 ha. Pada panen tahun 2015ditargetkan produksi tebu sebanyak35.757,3 ton dengan produktivitas rata-rata96 ton/ha.

Adapun produksi tebu di Unit Bekriselama dua tahun terakhir adalah pada tahun2013dari areal seluas 152,5 hamenghasilkan 15.493 ton atau produktivitasrata-rata 101,59 per ha. Kemudian padatahun 2014 lalu dengan areal 347,65 hamenghasilkan 34.653 ton tebu atauproduktivitas rata-rata 99,68 ton per ha.

Areal tanaman tebu di Unit Bekri masihdimungkinkan bertambah luasannya. Sebab,saat ini juga sedang dilakukan penumbangantanaman sawit dan di-landclearing untukdipersiapkan bagi tanaman tebu.

Lahan tersebut tidak langsung ditanamsawit, melainkan disela dengan tebu selamabeberapa tahun, dengan tujuan untukmemutus mata rantai kehidupan jamurGanoderma yang menyerang sawit.

Tebu hasil panen dari Unit Bekri dikirimke PG Bungamayang. Perjalanan dari Bekrike Bungamayang pada umumnya ditempuh

PTPN VII kini menerapkan cara baru dalam land clearing lahankelapa sawit tua. Dengan cara tebang, cacah, dan timbun, semuajasad kelapa sawit seakan dimusnahkan. Di lahan hasil landclearingtersebut tak tampak lagi tumpukan batang, pelepah, dan daun sawit.Sebab, semuanya dicacah dan ditimbun.

Berawal dari adanya serangan penyakit Ganoderma di tanamankelapa sawit tahun tanam 1992 seluas 219 ha dengan tingkatserangan 36,5 persen. Kemudian pada kelapa sawit tahun tanam1993 seluas 222 ha dengan tingkat serangan 26,8 persen. SeranganGanoderma tersebut membuat populasi tanaman terus menurundan produktivitas anjlok.

Berdasarkan data, sawit tahun tanam 1992 seluas 219 ha denganjumlah pohon 31.143 batang, pada tahun 2012 yang terserang 9.390batang. Pada tahun 2013 meningkat menjadi 9.548 batang dan padatahun 2014 naik lagi menjadi 11.374 batang. Begitu juga sawit tahuntanam 1993, dari populasi 30.221 yang terserang pada 2012sebanyak 6.455 batang dan pada tahun 2014 menjadi 8.125 batang.

Untuk memutus rantai serangan penyakit Ganodermatersebut,maka dilakukan konversi tanaman kelapa sawit ke tanamantebu. Berbeda dengan landclearing (LC) sebelumnya, pelaksanaanLC lahan seluas 441 ha itu dilaksakan dengan metode tebang, cacah(chipping), dan timbun. Adapun teknis pelaksanaannya sebagai berikut.1. Pembuatan Lubang

Langkah pertama dalam kegiatan LC adalah membuat lubangdi antara tanaman kelapa sawit dengan ukuran lebar 150 cmdan kedalamam 200 cm di sepanjang barisan tanaman.Pengerjaan dilakukan dengan exavator.

2. Penumbanganan BatangPenumbangan pohon sawit dilakukan dengan alat exavator, ke-mudian batang dan daun dicacah dan dimasukkan ke dalam lubang.

3. Penimbunan dan PerataanPohon sawit yang sudah dicacah dimasukkan ke dalam lubanglalu ditimbun dan diratakan dengan menggunakan buldozerdengan ketebalan timbunan 40 cm dari permukaan tanah,kegiatan penimbunan ini mengikuti kegiatan penumbangan danpencacahan (chipping).

LC dengan Tebang, Cacah, dan Timbunadanya gangguan dalam prosespengolahan. Juga tetap menjagakekompakan pekerja dari seluruhlini,” katanya.

Sukarnoto mengatakan jum-lah tebu yang akan digiling tahunini direncanakan meningkat 16persen, dibandingkan realisasitahun 2014. “Ini semua berkatkerja keras dan dukungan seluruhjajaran manajemen dan karyawanDistrik Bungamayang serta kerjasama yang baik dengan petanidan mitra perusahaan,” ujarnya.

Peningkatan target produksitahun 2015 tidak terlepas dariupaya-upaya yang telah dilakukanseperti penataan varietas tana-man, penambahan sarana irigasi,perbaikan mutu tebang, muat danangkut pada saat panen tebuserta perbaikan mesin produksi.

Dengan dimulainya musimgiling tahun 2015 di dua pabrikmilik PTPN VII, maka PTPN VIIdiperkirakan akan berkontribusisebesar 3,14 persen dalam pe-menuhan total kebutuhan gulanasional tahun 2015 yang sekitar5,7 juta ton.

Kontribusi tersebut dapatdicapai dengan dukungan darisemua pihak, baik pemerintahmaupun masyarakat. Dukunganpemerintah dalam pengaturankuota impor gula rafinasi yangberdampak pada stabilitas hargagula yang baik, serta sinergi yangpositif dari masyarakat sekitarberupa penyediaan tenaga kerjasangat berpengaruh terhadappencapaian kontribusi tersebut.Sehingga target swasembada gulanasional dapat segera terwujud.(tim)

selama 4—5 jam. Untuk memanen tebu diBekri, tenaga penebang berasal dari desa-desa sekitar Unit Bekri, yaitu dari DesaSrimaju sebanyak 50 orang, Gorasjaya 68orang, Srimulyo (66), Kesumadadi (68),Kesumajaya (43), Sinarbanten (89), danTanjungjaya 15 orang.

Jadi, jumlah total tenaga penebang yangterserap dari desa-desa sekitar sebanyak 399orang. Selain penebang tebu juga terdapattenaga pemeliharaan sebanyak 250 orangyang berasal dari desa-desa tersebut di atas.

Dengan adanya musim panen tebu UnitBekri sudah mampu memberikan lapanganpekerjaan dan menambah penghasilan bagimasyarakat sekitar dan hal ini menunjukkansinergi yang baik antara perusahaan danmasyarakat sekitar. (tim)

Panen tebu bekri

S

Foto 1. Areal sebelumdikerjakan

Foto 2. Prosespembuatan lubang

Foto 3. Lubang telahsiap.

Foto 4. Penumbanganpohon sawit.

Foto 5. Pencacahan pohonsawit (chipping).

Foto 6. Timbun dan meratakan lubang.

GM Cima Asep Djayadi didampingi Manajer PG Cima M. Syukurmenekan tombol sirene tanda buka giling

GM Distrik Cintamanis menerima tebu manten dari karyawan

TABLOID BULANANNo.104/Mei2015 6

WARTA

uncak peringatahanHUT ke-15 IkatanKekeluargaan Istri (IKI)

PTPN VII berlangsung meriah,ditandai dengan pemotongantumpeng oleh Ketua IKI PusatNy. Tina Kusumandaru.Potongan tumpeng pertamadiberikan kepada pinisepuh.

Acara HUT yang digelardi Gedung Pertemuan PTPNVII, Selasa (5/5/2015)mengambil tema “DenganKeteladanan RA Kartini KitaTingkatkan Kecerdasan AnakBangsa dan KelestarianBudaya Daerah”, diawalidengan penampilan TariIndang dari TK IKI PTPN VII.

Ketua IKI Pusat Ny. TinaKusumandaru dalam

Puncak HUT IKIDitandai PotongTumpeng

sambutannya mengatakan IKImerupakan organisasi sosialyang menghimpun danmembina istri karyawan PTPNVII, yang kegiatannya meliputibidang pendidikan, ekonomi,sosial dan budaya.

IKI bertujuan untukmewujudkan kesejahteraananggota dan keluarga melaluipeningkatan pengetahuan,keterampilan dan sikap, sertamenjalin kerja sama untukkepedulian sosial serta turutmelestarikan budaya bangsa.

Menurut Ny. Tina, saat iniangka kematian ibu dan anakmasih tergolong tinggi. Untukitu, IKI diminta untukmemberikan penyuluhan lewatposyandu yang ada di unit-

katan Kekeluargaan Ibu-Ibu (IKI) PTPN VII DistrikBanyuasin menggelarlomba berpakaian adat

Sumatera Selatan. Acara yangdilaksanakan pada Sabtu, 9 Mei2015 pukul 09.00 WIB di ruangpertemuan Distrik Banyuasin inidiikuti oleh delapan pesertayang mewakili unit usaha diwilayah Distrik Banyuasin.

Lomba berbusana adatyang digelar cukup meriah dandihadiri sekitar 60 anggota IKIserta keluarga. Kegiatan lombabusana ini menurut ketua IKIDistrik Banyuasin Ny.ArmilahAfifuddin dalam rangka mem-peringati hari ulang tahun (HUT)ke-15 IKI yang sekaligus mem-peringati Hari Kartini.

“Lomba berbuasana adatSumsel dikemas oleh Seksi Bu-daya IKI. Karena bertepatan de-ngan Hari Kartini, tema HUT IKI

Lomba Busana Adat di Banyuasin

unit usaha. Selain itu, jugamemberikan penyuluhantentang makanan bergizi.

Lebih lanjut Ny. Tinamengatakan bidang budaya IKIikut melestarikan danmembudayakan budayabangsa, salah satunyamelaksanakan kegiatan lombamenghias lidah ornamen

tahun ini adalah dengan ketela-danan Kartini kita tingkatkankecerdasan anak bangsa dankelestarian budaya daerah,”katanya.

Dikatakannya pula bahwadengan lomba berbusana adatini, diharapkan pengetahuan ibu-ibu anggota IKI bertambah dan

juga rasa kecintaan terhadapbusana daerah. “Paling tidak, ibu-ibu yang mengkuti lomba ini nan-tinya dapat bercerita kepada anak-anaknya apa tujuan ikut lombabusana adat Sumsel,” katanya.

Selain itu, juga upayamengembangkan, meneruskan,dan melestarikan semangat

perjuangan Ibu Kartini dapat terusdilakukan dan ditularkan kepadakartini-kartini yang ada saat inihingga yang akan datang.

“Kita berharap semangat per-juangan mengisi kemerdekaandengan keahlian di bidang ma-sing-masing terus dilanjutkan. Ja-ngan sampa kita tertinggal de-

Lampung. “Di bidang pendidikanIKI juga memberikan bantuanbuku bacaan kepada 42 SDwilayah Lampung, 48 SDwilayah Sumatera Selatan, dan12 SD untuk wilayah Bengkulu,”katanya.

Selain itu, tambah Ny.Tina, IKI juga memberikanbantuan makanan tambahan

melalui program PMTAS yangdi berikan kepada 200 muridsekolah dari 34 SD di seluruhwilayah kerja PTPN VII.

Ny. Tina meminta kepadaseluruh anggota IKI untukturut mendoakan agar pabrikgula milik PTPN VII, yangmulai giling bisa lancarsehingga bisa menghasilkanproduksi tinggi dan rendementinggi. Pada kesempatan itujuga diserahkan bantuanPMTAS, beasiswa dan bukubacaan kepada Ketua IKIWilayah Distrik secarasimbolis dari Ketua IKI Pusat.

Pada lomba menghiaslidah-lidah ornamen Lampung,terpilih sebagai juara I adalahUnit Rejosari, Juara II dari UnitPematangkiwah dan posisiketiga diraih Unit PabrikBungamayang. Sedangkanuntuk juara Harapan I diraihUnit Kebun Karet Bergen,posisi kedua Kandir 2 danurutan ketiga dari Unit KebunKaret Kedaton. (tim)

Ketua IKI Pusat memotong tumpeng didampingi Ketua-Ketua Bidang

Ketua IKI Pusat menyerahkan bantuan bukuKetua IKI Pusat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba

ngan perkembangan ilmu penge-tahuan dan teknologi yang saatini berkembang dengan pesat. ”

Peringatan HUT ke-15 IKIdi Distrik Banyuasin juga ditan-dai dengan pemotongan nasitumpeng dan dilanjutkan de-ngan kegiatan arisan bulanan.“Khusus arisan ini secara rutinkita lakukan setiap 2 bulansekali sebagai ajang silatu-rahim para pengurus dan ang-gota IKI di sini,” katanya.

Oleh karenanya kegiatanarisan dilaksanakan di tempatberpindah-pindah. Kalau bulan inidlaksanakan di Unit Betung,bulan depan di unit Betung Kra-wo dan seterusnya. “Kegiatanarisan ini juga diisi berbagaipendidikan dan pelatihan yangberhubungan dengan bidang-bi-dang yang ada di IKI, yaitupendidikan, sosial, dan budaya,”kata Ny. Armilah. (tim)

P

I

7TABLOID BULANANNo.104/Mei2015

WARTAomba dalam kegiatanyang mengambil tema“Kita tingkatkan

kecerdasan anak dankepedulian sosial melaluiPTMAS dan bantuan bukuuntuk sekolah dasar”tersebut antara lain linedance dan membuat kuegetuk, yang diikuti ibu-ibuseluruh unit wilayah DistrikWay Seputih.

Ketua IKI Distrik WaySeputih Ny. Ella Budi Firmanmengatakan IKI merupakanwadah ibu-ibu untukmelakukan kegiatan sosial.Tahun-tahun sebelumnya IKImelakukan kegiatan sosialdengan melaksanakansunatan massal dan KBgratis.

Sedangkan untuk tahunini dilaksanakan programbantuan makanan tambahananak sekolah (PTM AS) danbantuan buku sekolah.“Tahun ini bantuan buku danPMT AS akan diberikankepada 4 sekolah yang ada dilingkungan distrik,” katanya.Ia berharap kedepan IKI dapatmelakukan kegiatan-kegiatanyang lebih bermanfaat lagiuntuk masyarakat di sekitarunit kebun PTPN VII.

Sementara Pembina IKIwilayah Distrik Way Seputih,Budi Firman, mengucapkanselamat kepada IKI yangmerayakan HUT ke-15.“Semoga ke depankeberadaan IKI benar-benarbisa menjadi penyejuk bagipara suami, sehingga parasuami bisa bekerja jadi lebih

IKI Wayseputih Bantu Buku Sekolah

giat lagi, dan menghasilkanproduksi yang baik,” katanya.

Menurut Budi Firman,keharmonisan keluargasangat penting danmenetukan para suami bisalebih nyaman ketika bekerjadi kantor. Ia juga memintakepada ibu-ibu agar lebihkreatif dalam menjalankanprogram-programnya.

Pada kesempatan itujuga dilakukan pemotongantumpeng oleh Ketua IKIWilayah Distrik Ny. Ella Budi,yang diserahkan kepadaPembina IKI. Jugapenyerahan secara simbolis

alam merayakan HUT ke-15 IKI Unit Padangratumenggelar lombamawalan dan lomba

kreasi makanan tradisional.Namun, pesertanya bukan hanyapara ibu anggota IKI, melainkanjuga melibatkan masyarakat desasekitar kebun.

Dalam sambutannya KetuaIKI Unit Padangratu Ny. AnnaPanani mengatakan IKImerupakan wadar suatuorganisasi yang dapatmenampung asprirasi danmasukan bahkan keluhan daripara anggota.

“Selain itu, IKI juga bertujuanmenyejahterakan anggota dankeluarga, menjalin kerja samauntuk kepedulian sosial dilingkungan sekitar.” katanya.Tidak terasa sudah 15 tahun IKIberdiri, terpatnya pada tanggal 5Mei 2000. Dan sudah banyakprogram kerja/kegiatan yang telahdilakukan.

“Khusus di Padangratu,ragam kegiatan yang pernahdilaksanakan di antaranyasunatan massal, pemasangan alat

Lomba Mawalan dan Kuliner Tradisional

kontrasepsi, pemeriksaan papsmear,pendidikan untuk anak putus sekolahdan lainnya,” katanya.

Dan yang hingga saat inikegiatannya masih berkelanjutanadalah memberi bantuan buku danmemberikan bantuan PMT-AS bagisekolah-sekolah yang ada di sekitarlingkungan perusahaan.

Di bidang budaya, tambah Ny.Anna, IKI juga turut melestarikankebudayaan yang tiga provinsi, yaituLampung, Suamtera Selatan, danBengkulu. Berbagai kegiatan

Dalam rangka memperingati HUT ke-15 Ikatan Kekeluargaan Istri (IKI) PTPN VII, Distrik Way Seputihmenggelar perlombaan dan memberikan bantuan buku dan pemberian makanan tambahan untuk anak

sekolah (PMT-AS) yang dipusatkan di lapangan tenis Unit Kebun Bekri, Sabtu (9/5/2015).

pengembangan dan pelestarianbudaya daerah telah pula dilakukanoleh IKI di setiap wilayah.

“Kegiatan untuk mendukungkebudayaan diantaranya denganmenggelar lomba hantaran (meminanggadis) menurut adat istiadat diLampung, Palembang dan Bengkulu,”katanya. Selain itu, memperkenalkanmasakan khas daerah,memperkenalkan lagu-lagu daerah danpakaian adat.

Menurutnya, setiasp kegiatanyang telah dilaksanakan berjalan

Ketua IKI DSPT Ny. Ella menyerahkan bantuan PMT-AS kepada ketua unit

bantuan PMTAS dan bukukepada para ketua IKI unit diwilayah Distrik Way Seputihuntuk diteruskan ke sekolah-sekolah.

Untuk pemenang lombaline dance, keluar sebagaijuara I Unit KebunPadangratu, urutan keduaUnit Tulungbuyut, ketiga diraihUnit Bekri, dan urutankeempat Unit Bungamayang.Sementara pemenang lombakreasi kue getuk, juara I UnitTulungbuyut, juara II unitBungamayang, ketiga dankeempat diraih Unit Bekri danUnit Padangratu. (tim)

Pemenang lomba foto bersama

GM DSPT menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba

L

dengan lancar dan sukses. Hal itumembuktikan adanya semangatdan kerja sama, baik antarpengurus dan anggota, dukungandari Pembina IKI, serta partisipasidari masyarakat sekitar.

“Kita berharap ke depan IKItetap berkiprah dalam bidangpendidikan, sosialkemasyarakatan, kesehatan, danmembantu perusahaan dalamberbagai upaya untukmenyejahterakan anggota danmasyarakat sekitar,” katanya. (tim)

Ketua IKI Unit Patu Ny. Anna Panani foto bersama dengan pemenang lomba

D

TABLOID BULANANNo.104/Mei2015 8

AKTIVITAS

ada Rabu danKamis (27-28/5/2015), rombonganyang dipimpin

langsung Komisaris UtamaPTPN VII H.A. Ansyori Mattjikberkunjung ke Unit PabrikKaret Pematangkiwah (Pewa),Unit Kebun Kedaton, dan UnitBergen Afdeling Kalianda, UnitKebun Wayberulu, dan UnitRejosari.

Dalam kunjungantersebut rombongan DewanKomisaris didampingi DirekturProduksi M. Natsir. Di setiapunit kebun dan pabrik, DewanKomisaris mendapatpemaparan tentang kinerjadan produksi dan melihat

Safari ProduksiDewan Komisaris

langsung kebun dan pabrik.Seperti ketika di UnitPematangkiwah, pemaparankinerja triwulan I tahun 2015disampaikan Manajer UnitPewa Heri Darso.

Setelah mengunjungipabrik karet Pewa,rombongan melanjutkankunjungan ke Unit KebunKedaton dan Unit BergenAfdeling Kalianda. Di duatempat ini Komut danrombongan melihat tanamankaret, baik TM maupun TBM.

Keesokan harinya,rombongan mengunjungi UnitKebun Wayberulu. KomisarisUtama Ansyori Mattjik melihatlangsung kondisi tanaman

belum menghasilkan (TBM)tahun tanam 2013 seluas 170hektar di Afdeling 4. Setelahitu, rombongan jugaberkunjung ke unit kebunsawit Rejosari.

Menurut Komut, dalamsetiap kunjungannya diamengingatkan agar parapekerja dapat melaksanakanpekerjaannya sesuai denganstandard operating procedur(SOP). “Secara teknis parapekerja sudah paham.Namun, harus tetap seringdiingatkan karena banyakjuga yang larut dengankebiasaan, sehinggamelupakan norma teknis yangbaku,” katanya.

Dewan Komisaris PTPN VII melakukan kunjungan kerja ke hampirsemua unit pabrik dan , baik di Lampung, Sumatera Selatan,

mapun Bengkulu. Kunjungan kerja tersebut dimulai sejak awalApril lalu hingga Juni 2015.

Karena sudah terbiasa,sehingga meskipun keliru tidaklagi menjadi perhatian. “Nah,kami datang meninjau danbiasanya yang baru datangbisa melihat di mana sajakekurannya,” kata Pak Mattjik.

Untuk meningkatkanproduksi dan kinerja, harusdimulai dari yang kecil-kecil.“Jangan abaikan dan anggapsepele hal-hal yang kecil.Misalnya, dalam menyadapkaret, bagaimana pemakaianpanel sadapnya, ketebalanirisannya, penyiapanperalatannya, dan lain-

lainnya,” ujarnya.Kalau hal itu tak

diperhatikan, bisaberdampak buruk padamasa-masa yang akandatang. Misalnya, bidangsadap yang seharusnya bisadipakai 5 tahun ternyatahanya 3 tahun, sehinggapada akhirnyamemperpendek masaeksploitasi tanaman. “Kamiperlu mengingatkan parapekerja agar potensi yangada bisa tergali dengan baikdan berkelanjutan,” kataAnshori Mattjik. (tim)

Mengukur bidang sadap di kebun TM

Meninjau kebun TBM di Wayberulu

P

9TABLOID BULANANNo.104/Mei2015

Meninjau kebun TBM di Wayberulu

Meninjau pabrik karet remah Unit PewaDialog tentang kinerja pabrik

TABLOID BULANANNo.104/Mei2015 10

WARTAilakan lahan PTPN VIIdimanfaatkan untukpembangunan jalantol,” kata Direktur

Utama PTPN VII KusumandaruN.S. ketika menyambut kun-jungan Menteri Badan UsahaMilik Negara (BUMN) RiniSoemarno di lokasi ground-breaking pembangunan jalan tolTrans Sumatera (JTTS) di DesaSabahbalau, Jatiagung, Lam-pung Selatan, Rabu (27/5/2015).

Menurutnya, lahan PTPNVII yang akan dimanfaatkanuntuk pembangunan jalan tol diSabahbalau sepanjang 2,9 ki-lometer. “Kami mengupayakanproses pembebasan lahantersebut secepatnya sesuaidengan peraturan dan perun-dang-undangan,” ujarKusumandaru.

Sementara Menteri BUMNRini Soemarno mengatakankunjungan kali ini untuk me-mastikan agar pembangunanjalan tol berjalan lancer dantidak ada kendala. Menurutnya,jika ada hambatan akan lang-sung dikoordinasikan denganpihak-pihak terkait.

“Kita berkomunikasi se-cara terbuka, dan hari ini dihadirkan semua, ada Se-kretaris Provinsi LampungArinal Djunaidi, Kepala BPNLampung Iing Sarkim, DirekturUtama PTPN VII Kusumandaru,dan Direktur Hutama Karya.Jika ada kendala mari kitabicarakan bersama,” paparnya.

Rini mengaku mendapat-kan laporan bahwa ada masalahterkait pembebasan lahan untukpembangunan JTTS ruasBakauheni-Terbanggibesar. “Kitamendapat informasi bahwapembebasan lahan ada masalah. Untuk itu perlu ada langkahcepat untuk mengondisikannyaagar lancar,” jelas dia.

Menteri BUMN TinjauLokasi Jalan Tol

Ditegaskan Menteri BUMNbahwa Presiden Joko Widodomenargetkan pembangunanJTTS ruas Bakauheni-Palem-bang selesai pada Juni 2018.“Ya target kitaTol Bakauhenitembus ke Palembang selesaipertengahan 2018,” kata dia.

Untuk mempercepat pem-bangunan JTTS, KementerianBUMN bersama KementerianPekerjaan Umum dan Ke-meterian Perumahan Rakyat(Kemenpupera) akan mengam-bil langkah-langkah nonkonven-sional. “Ini dilakukan agar kitabisa mengejar target waktuyang kita tetapkan,” tegas dia.

Untuk itu, dia mengha-rapkan agar tim persiapanpembebasan lahan yang di-bentuk Pemprov Lampung

inerja Distrik Banyuasin PTPNVII kuartal pertama tahun2015, baik tanaman kelapasawit maupun karet sangat

membanggakan. Pada tahun 2014 disemester pertama untuk komoditaskelapa sawit tercapai 147.621 ton dankomoditas karet tercapai 2.823 ton.

Sedangkan di tahun 2015 inisemester yang sama diestimasikanpencapaian produksi komoditaskelapa sawit 149.796 (101 persen)dibandingkan dengan tahun 2014, danuntuk komoditas karet 3.286 ton (116persen) dibandingkan tahun 2014.

Untuk melihat kondisi saat inisebagai gambaran awal pencapaiantarget produksi tersebut DirekturUtama PTPN VII Ir. KusumandaruN.S. bersama Direktur Produksi Ir. M.Natsir pada 5 Mei 2015 melakukankunjungan kerja ke Distrik Banyuasindan langsung melihat kondisi tanamankelapa sawit di Unit Betungkrawo danUnit Betung.

Setelah melihat kebun dan pabrikdi dua unit tersebut, Kusumandarumenyatakan senang dan puas. “Meski

Dirut Kunjungi Distrik Banyuasin

di tengah kesulitan, teman-temantetap dapat menunjukkan semangatyang tinggi dalam menjalankan tugasdan bisa mencapai produksi dankinerja yang bagus. Kita haruspertahankan dan tingkatkan semangatseperti ini,” kata Dirut yang didampingiGeneral Manager Distrik BanyuasinH.Afifuddin.

Sementara menurut Afifuddin, apayang dicapai saat ini berkat kerja kerassemua karyawan secara tim. “Saya

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII mendukung sepenuhnya pembangunan jalan tol TransSumatera (JTTS) yang memanfaatkan lahan milik perusahaan. Bahkan, untuk kepentingan jalan

tersebut PTPN VII merelakan puluhan hektar tanaman karetnya dibongkar.

bergerak cepat untuk menen-tukan penetapan lokasi (pan-lok). “Lahan di Sabahbalau inisepanjang 2,9 kilometer milikPTPN VII ini pun belum adapanloknya. Kami minta segeradibuat dan dikirim ke Kemen-pupera,” imbuhnya.

Menurutnya, panlok jalurtol tersebut nantinya akandiserahkan ke Kantor Wilayah(Kanwil) Badan PertanahanNasional (BPN) Provinsi Lam-pung, untuk mengukur ulangsubjek dan objek lahan. “LahanPTPN VII juga akan diukur, nantiBPN akan menghitung batangkaret yang akan ditebang untukmendapatkan ganti rugi,” te-rangnya.

Untuk masalah ganti rugi,lanjutnya, Pemerintah Pusat

sudah memiliki tim independenpenilai harga. Namun, diabelum bisa menyebutkan siapasaja yang berada di tim ter-

S“

sebut. “Sudah terbentuk, nantisetelah BPN mengukur ulang,baru tim ini turun,” tandasnya.(tim)

bersyukur dan berterima kasih kepadasemua karyawan yang telah bekerjasecara tim sehingga apa yang diharap-kan perusahaan bisa tercapai,” katanya.

Namun demikian juga janganterlena dengan apa yang dihasilkansaat ini. Bahkan hal itu diharapkanbisa menjadi pemicu kinerjaselanjutnya agar produksi bisameningkat lagi. Menurutnya,pelampauan target tersebut disampingkerja keras dan kekompakan tim, juga

dilakukan beberapa inovasi berupaperbaikan dan perlakuan padatanaman.

Misalnya untuk menambahkesuburan tanah dilakukan denganpenambahan bahan organik sepertitankos, limbah cair organik, dan pupukkandang atau kompos, disampingperbaikan pada lahan berupapembuatan big hole (lubang besar)pada saat tanaman ulang kelapasawit. (tim)

K

11TABLOID BULANANNo.104/Mei2015

WARTA

edatangan merekauntuk mengikutilomba bayi sehatyang diselenggarakan

ole Ikatan Kekeluargaan Ibu-Ibu (IKI) UPKS Talangsawit.Sebanyak 21 balita mengikutikontes untuk memeriahkanHUT ke-15 IKI.

“Kami sengajamengikutsertakan masyarakatuntuk ikut memeriahkanperingatan HUT ke-15 IKI. Inisebagai bagian kegiatan binalingkungan dengan melakukankegiatan bersama masyaraatdesa sekitar,” kata Ketua IKIUPKS Tasa Andriana LipSupran. Kegiatan dibuka olehPembina IKI Tasa Ir. H. LipSupran dan dihadiri sejumlahkepala desa dari desapenyangga di lingkunganUPKS Tasa.

Tema HUT IKI adalah“Dengan Keteladanan RA KartiniKita Tingkatkan KecerdasanAnak Bangsa dan LestarikanBudaya Daerah.” MenurutAndriana, dari tema tersebutsengaja diambil makna kedua,yaitu meningkatkan kecerdasananak bangsa dengan melaksa-nakan lomba bayi sehat.

“Dengan harapan lombabayi sehat ini dapatmemberikan edukasi yanglebih baik lagi kepada paraibu, terutama bagaimanamerawat bayi mereka lebihsehat dan nantinya menjadianak bangsa yang tumbuh

IKI Talangsawit Lomba Bayi Sehat

ntuk kesekian kalinyaUnit Betung bekerjasama dengan PMI KotaPalembang menggelar

aksi sosial donor darah.Kegiatan yang dilaksanakanpada Sabtu, 23 Mei 2015, diruang pertemuan Unit Betungdiikuti oleh 150 peserta.

Para peserta donor selainkaryawan PTPN VII Unit Betung,Tebenan, dan UPKS Tasa, jugawarga dari Desa Telukkijing III,Kecamatan Lais, serta anggotaKoramil Betung. “Donor darah inimerupakan program rutin kita.Karena kita sama-sama ketahuibahwa banyak saudara-saudarakita yang dirawat di rumah-rumah sakit membutuhkandarah,” katanya.

Sedangan persediaan darahdari berbagai golongan di PMIPalembang sangat terbatas.“Memang banyak pendonor yangsecara rutin mendonorkandarahnya, tapi masih belumsebanding dengan kebutuhandarah untuk saudara-saudarakita yang membutuhkan ketikamereka di menjali operasi,seperti melahirkan, kecelakaan,dan lain-lain,” kata Manajer UnitBetung H.Wahyu Supriatna, S.P.

Bahkan menurut Wahyu,pihaknya untuk kedepannya akan mengajak warga masyarakat yang ada di sekitar UnitBetung untuk mendonorkan darahnya. “Mulai saat ini kita sedang menyosialisasikan kewarga yang ada di sekitar kebun kita agar mereka nantinya bersedia mendonorkan darahnya.Karena selain kita menjadi sehat, juga kita mendapatkan amal bisa menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan darah,” katanya.

Sementara Mulyono mengaku sejak bertugas di Unit Betung sudah empat kalimendonorkan darahnya yang golongan O. “Waktu di PG Cintamanis, saya beberapa kaliikut donor darah. Setelah itu vakum dan baru sekarang kembali aktif donor lagi,” katanya.

Mulyono mengatakan bahwa donor darah membuat tubuhnya makin bugar. “Katanyakalau darah kita didonorkan, sel-sel darah akan tumbuh baru dan segar, sehingga membuattubuh menjadi lebih sehat. Saya memang merasakan kalau sudah donor, terasa badantambah sehat,” kataya. (tim)

Sebanyak 150 Karyawan danWarga Donor Darah

cerdas serta menjadipemimpin bangsa ini kedepannya,” katanya.

Juga menurut Ketua IKIUnit UPKS Tasa yang akrabdisapa Ibu Ana ini, lomba bayisehat dibagi dalam duakategori, yaitu usia 6–24bulan dan usia 2–5 tahun,dengan penilaian antara lainpertumbuhan fisik,perkembangan motorik, dankecerdasan.

“Penilaian langsungdipimpin oleh dokterpuskesmas kita, yaitu DokterRizki dan para bidan diPuskesmas Tasa. Kamiberharap kegiatan ini menjadiagenda tahunan. Bahkan, jikamemungkinkan kitalaksanakan setiap enambulan, sehingga kita bisa bisaikut memantau pertumbuhananak-anak agar sehat dancerdas,” kata Ana.

Dari hasil penilian timjuri, pemenang untuk kategori6—24 bulan: juara I BismaRhmadani, juara II RezaPratama, dan juara III AlavtaKaira. Kemudian untukkategori usia 2–5 tahun: juaraI Deru Pratama, juara II M.Gefriansyah Adillah, dan IIISakti Wardana. Kemudianjuara favorit diraih olehAzzarah Annisa. Parapemenang mendapatkan pialadan piagam penghargaanserta hadiah hiburan lainnya.(tim)

Para ibu yang berasal dari empat desa penyanggaUnit Talangsawit, yaitu Desa Tanjungagung Barat,

Timur, Utara dan Selatan, beramai-ramai membawabayi mereka ke Posyandu UPKS Talangsawit (Tasa),

Senin 25 Mei 2015 sekitar pukul 08.00.

K

U

Foto bersama dengan pemenang.

Pembina IKI Tasa H. Lip Supran menyerahan hadiah kepadapemenang I kategori usia 6—24 bulan.

Ketua IKI Unit UPKS Tasa Ny. Andriana menyerahkan hadiah kepadapemenang I kategori usia 2—5 tahun.

TABLOID BULANANNo.104/Mei2015 12

WARTA

etua Koperasi KopkarRuwai Jurai Kandir IlenNawangsari mengu-raikan secara kese-

luruhan pengelolaan usahatahun buku 2014 mengalamikenaikan dibandingkan dengantahun 2013.

Hal itu dapat dilihat darisisa hasil usaha (SHU) yangdiperoleh, yaitu Rp782 juta(sebelum pajak) atau Rp601juta (setelah pajak) atau 117persen terhadap RKA tahun2014 dan 107 persen terhadaprealisasi SKU tahun 2013.

“Selama tahun 2014, Kop-kar Kandir mengelola di anta-ranya usaha simpan pinjam,pelayanan kebersihan, fotokopi,dan usaha gabungan, yaitu

SHU Kopkar Kandir 117% dari RKA

sewa kendaraan, pengadaanjasa pengemudi, pemeliharaantaman, dan usaha jasa pela-yanan lainnya,” katanya.

Untuk usaha simpan pin-jam pada tahun 2014 ini ber-kontribusi menyumbang pe-rolehan SHU sebesar Rp37 jutalebih, pelayanan kebersihansebesar Rp264 juta lebih, usahafotokopi sebesar Rp8,9 juta,dan gabungan memberikankonrtibusi paling besar, yaituRp467 juta lebih.

Menurut Ilen, untuk tahun2015 Kopkar Kandir memilikibeberapa program kerja yangdisusun berdasarkan kemam-puan keuangan dan SDM.Untuk bidang organisasi danpembinaan SDM, pada tahun

eringatan Israk Mikraj yangdigelar Pengurus Hari BesarIslam (PHBI) PTPN VII kali inisedikit berbeda dari

sebelumnya. Biasanya peringatan dilaksanakan di masjid, kali ini didilaksanakan di ruang rapat dandigelar siang hari, Kamis (21/5/2015).

Salat Ajarkan Disiplin dan Jujur

Direktur SDM dan Umum BudiSantoso mengatakan dilaksanakannyakegiatan ini pada siang hari bertujuanagar keterlibatan karyawan lebihmeningkat. Sesuai dengan tema yangdiusung “Meraih nikmat Israk Mikraj,kita implementasikan perilaku disiplindan jujur di lingkungan kerja”diharapkan para karyawan bisamengambil hikmahnya sehingga bisameningkatkan keimanan, disiplin, dankejujuran dalam bekerja.

“Dengan peringatan ini diharapkan

Pengurus Koperasi Karyawan Ruwai Jurai KantorDireksi PTPN VII menggelar Rapat Anggota

Tahunan (RAT) tahun buku 2014 bertempat diRuang Rapat Lantai I, Jumat (22/5/2015).

2015 akan meningkatkan ki-nerja pengurus, menambahpengetahuan pengurus denganpelatihan dan studi banding kekoperasi/perusahaan lain yangberkaitan dengan usaha.

Selain itu, meningkatkanketerampilan karyawan denganpelatihan dan mengunjungiusaha sejenis di perusahaanlain. Koperasi juga akan mem-berikan reward kepada karya-wan koperasi yang berprestasidan memberikan sanksi kepadakaryawan yang melanggardisiplin dan tata tertib.

Di bidang keuangan, padatahun buku 2015 pengurusakan menaikan simpanan wajibanggota menjadi Rp15.000 danmeningkatkan SHU. Serta akanmengusahakan kerja samadengan pihak ketiga yangberkaitan dengan bidang usahayang ada di Kopkar.

Selanjutnya, tambah Ilen,di bidang usaha mengoptimal-kan hasil dari usaha yang ada,

memperbaiki dan memper-baharui alat dan mesin foto-kopi, menambah kendaraanuntuk disewakan, menambahusaha pertamanan untuk dise-wakan, dan mengadakan kerjasama dengan investor untukmembantu pendanaan untukkepemilikan perumahan.

Dalam kegiatan operasio-nal pengelolaan usaha Kokar

RJ Kandir dibantu oleh karya-wan administrasi 2 orang,fotokopi 3 orang, pembantuumum 1 orang, bagian penga-daan dan perlengkapan 1 orang,koordintaor cleaning service 1orang, tenaga petugas ke-bersihan 40 orang, tenagapengemudi 10 orang dan te-naga petugas di kantor IKI 1orang. (tim)

K

karyawan bisamenyerap hikmahnya,sehingga bisa bekerjalebih baik lagi.Meskipundilaksanakan dengansederhana, jangansampai mengurangimakna dan hikmahdari peringatan ini,”kata Budi Santoso.

Sementarapenceramah UstadMuhfid Abdulah

menguraikan tentang pentingnyamelaksanakan salat bagi muslim.Menurutnya, salat itu mengajarkanhidup disiplin dan jujur. Karena itu,salat harus dilakukan tepat waktu, dantidak boleh asal-asalan.

Sedangkan warga KomplekKantor Direksi PTPN VII jugamenggelar peringatan Israk Mikrajpada Jumat (22/5/2015) di MasjidBaitunnabat. Acara yang diawalidengan salat Magrib berjemaahtersebut dihadiri seluruh pengurus

masjid Baitunnabat, Kabag SDMPTPN VII Habib Wibowo, dan wargakomplek perumahan PTPN VII.

Penceramah dr. Yusuf Baihakidalam tausiahnya menguraikantentang hikmah Isra Miraj.Menurutnya, Hasil dari perjalanan IsraMiraj tersebut Nabi Muhammad SAWdiperintahkan untuk menjalankan salatlima waktu.

Penggabungan dua kata israk danmikraj, yaitu diperjalankan dandiangkat ke langit. Artinya, NabiMuhammad SAW oleh Allah SWTdiperjalankan dan selanjutnya diangkatke langit dalam waktu yang sangatsingkat kurang lebih hanyaseperempat malam saja.

“Perjalanan dari Masjidil Haramyang ada di Kota Makah ke MasjidAqsa di Palestina ditambah denganperjalanan mikraj ke langit ketujuhsampai sidrotulmuntaha hanya ditempuh beberapa jam saja. Kalaudipikir secara logika tidak mungkinsemua itu bisa terjadi. Namun kalaudipandang secara keimanan maka itusangat mungkin,” katanya. (tim)

P

13TABLOID BULANANNo.104/Mei2015

irektur Perencanaandan PengembanganRafel P. Sibagariangmengatakan proyek

ERP ini dimulai sejak kick ofmeeting yang telah dilaksa-nakan pada tanggal 19November 2012.

“Beberapa tahapan telahdilalui untuk membangun sistemERP perkebunan ini, yaknitahap mock-up atau desainsistem. Tahap ini dilaksanakanselama 4 bulan sejak tanggal 20November 2012,” katanya.

Selanjutnya, tahapankedua berupa kegiatandevelopment system yangdilaksanakan selama 14 bulansejak tanggal 20 Maret 2013hingga 30 Mei 2014.Kemudian tahap ketigaberupa kegiatan pilot projectdilaksanakan sejak tanggal 31Mei 2014 hingga 3 Mei 2015.

“Pada hari ini Senin 4Maei 2015 dimulai tahapimplementasi untuk 3 kebun,yakni Wayberulu,Pematangkiwah, Kedaton,dan Kantor Direksi,” katanya.Tahap implementasimengalami keterlambatanselama 14 bulan dari jadwalyang semula akan dilakukanpada 14 Februari 2014,disebabkan adanya beberapa

WARTA

Sistem ERP ResmiDiimplementasikan

perubahan, salah satunyaperubahan kode rekening.

Pembangun sistem ERPini bisa dilaksanakan berkatkerja keras counter partbagian, konsultan, dan teknisidari PT Asia Global Solusi.Kedepan, kata Sibagariang,diharapkan kick offimplementasi ERP ini bisadilaksanakan dan dapatberjalan dengan lancar dansukses hingga selesai.

Direktur PT Asia GlobalSolusi, Yudia Pancaputra,mengungkapkan kick off kaliini merupakan tahap awalbabak baru, bekerjamenggunakan sistem baru,dan otomatis mengubahparadigma bekerja. “Karenasistem baru, di awal pasti adamasalah, dan diminta kitasemua bisa menyelesaikanmasalah,” katanya.

Sementara DirekturMicrosoft Bussiness SolutionMicrosoft Indonesia EddySoloam menyatakan kesiapanMicrosoft dalam mendukungsistem ERP PTPN VII yangdimulai pada hari tersebut.“Perangkat Microsoft telahdisiapkan untuk ERP PTPNVII. Kami ucapkan selamatatas go live ERP PTPN VII,”katanya. (tim)

Tim sepakbola Unit Kebun Wayberulu(Wabe) berhasil menumbangkan timKantor Direksi dengan angka 3-1 padapertandingan persahabat yang digelar dilapangan Unit Wabe PTPN VII beberapawaktu lalu.

Gol pertama diciptakan oleh Hendridari Tim Wabe pada menit ke-15. Hendriberhasil membobol gawang Tim Kandiryang dijaga Willy setelah luncuran umpanmanis yang disodorkan pemain gelandangTim Wabe.

Setalah gawang tim Kandirkebobolan, permainan semakin seru. TimKandir meningkatkan tekanan, parapemain depan menerobos melakukanserangan balik ke gawang Tim Wabe yangdijaga Adi Prayitno.

Namun, beberapa kali peluang TimKandir di depan gawang Wabe bisadimentahkan oleh penjaga pertahananbelakang. Bahkan, dua kali tendanganyang langsung menusuk ke gawang dapatdihalau oleh sang penjaga gawang, AdiPrayitno.

Hingga menit ke-30 kedua tim salingtekan. Setiap kali Tim Kandir mendobrakpertahanan, dibalas oleh Tim Wabedengan serangan baliknya. Baru padamenit ke-33 Tim Kandir berhasil

Kesebelasan Wabe Gilas Tim Kandirmenembus pertahanan lawan dan dantendangan Sugeng berhasil menyamakankedudukan menjadi 1-1.

Memasuki babak kedua gol bertambahdari unit Wabe yang diciptakan oleh Wahid.

Permainan semakin seru, serangan-serangan tim Wabe terus dilancarkan kegawang tim Kandir. Sehingga dipertengahan permainan tim Wabe berhasilmenambah angka hasil tendangan Muhrim,merubah kedudukan menjadi 3-1.

Hingga babak kedua berakhir posisitetap unggul tim Wabe. Sebelumnya dalampertandingan persahabatan, Tim Kandirsaat melawan tim Kedaton berhasil ungguldengan kedudukan 3-1. Kemudian ketikamelawan tim Reosari juga berhasil menangdengan kedudukan 2-1. Namun, ketikamelawan tim Trikora, Tim Kandir harustunduk dengan kedudukan 3-2.

Pertandingan persahabatan sepakbolatersebut dilaksanakan secara rutin oleh TimKandir. Tujuannya selain untuk mempereratjalinan silaturahmi dan kebugaran, jugasebagai ajang untuk meningkatkan prestasidalam permainan sepak bola. Tak kalahpentingnya adalah sebagai sarana hiburandan penyegaran diri atau refreshing setelahsuntuk dengan tugas dan pekerjaan. (tim)

Setelah melalui perjalanan panjang, akhirnya sistemEnterprise Resource Planning (ERP) Perkebunan

PTPN VII resmi digunakan. Implementasi sistembaru tersebut ditandai dengan input data oleh

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Rafel P.Sibagariang, di Ruang Rapat Kantor Direksi PTPN

VII, Senin (4/5/2015).

D

Direktur Renbang Rafel P. Sibagariang mencoba program ERP yang baru diluncurkan

Direktur Renbang menyerahkan hadiah kepada peserta terbaik

Peluncuran ERP

TABLOID BULANANNo.104/Mei2015 14

BinaROHANI

ebenarnya, kehidupan manusiaberputar pada tiga poros, yaitusyukur, sabar, dan istighfar.Seseorang takkan lepas dari

salah satu dari tiga keadaan tersebut.Sebagaimana diulas oleh Imam IbnulQayyim dalam mukaddimah kitab AlWaabilush Shayyib bahwa ketiga hal diatas dengan akan menjadi penentukedudukan seorang manusia, baik dihadapan Allah SWT maupun di hadapansesama makhluk.

1. Manusia mendapat curahannikmat dan rahmat yang tak terhinggadari Allah. Inilah yang mengharuskannyauntuk bersyukur. Syukur memiliki tigarukun, yang bila ketiganya diamalkan,berarti seorang hamba dianggap telahmewujudkan hakikat syukur tersebut,meski kuantitasnya masih jauh daricukup.

Ketiga rukun tersebut adalah: 1)Mengakui dalam hati bahwa nikmattersebut dari Allah; 2) Mengucapkannyadengan lisan; dan 3) Menggunakankenikmatan tersebut untuk menggapairidha Allah, karena Dia-lah yang

Rahasia Syukur, Sabar,dan Istigfar

OlehDrs. Fatahuddin HarahapPetugas Kerohanian PHBI

Kantor Direksi

memberikannya. Inilah rukun syukuryang mesti dipenuhi agar bisa dikatakansebagai orang yang bersyukur.

2. Atau boleh jadi, Allah mengujinyadengan berbagai ujian. Kewajibanhamba pada saat itu adalah bersabar.Definisi sabar itu meliputi tiga hal: 1)Menahan hati dari perasaan marah,kesal, dan dongkol terhadap ketentuanAllah; 2) Menahan lisan dari berkeluh-kesah dan menggerutu terhadap takdirAllah; dan 3) Menahan anggota badandari bermaksiat seperti menamparwajah, menyobek pakaian, (ataumembanting pintu, piring) dan perbuatanlain yang menunjukkan sikap “tidakterima” terhadap keputusan Allah.

Perlu kita pahami bahwa Allahmenguji hamba-Nya bukan karena Diaingin membinasakan si hamba,melainkan untuk mengetes sejauh manapenghambaan kita terhadap-Nya.Kalaulah Allah mewajibkan sejumlahperibadatan (hal-hal yang menjadikankita sebagai abdi Allah) saat kita dalamkondisi lapang, maka Allah jugamewajibkan sejumlah peribadatan kalakita dalam kondisi sempit.

Banyak orang yang merasa ringanuntuk melakukan peribadatan tipepertama (kondisi lapang), karenabiasanya hal tersebut selaras dengankeinginannya. Akan tetapi yang lebihpenting dan utama adalah peribadatantipe kedua (kondisi sempit), yang seringtidak selaras dengan keinginan kita.

Ibnul Qayyim lantas mencontohkanbahwa berwudhu pada musim panasmenggunakan air dingin; mempergauliistri cantik yang dicintai, memberinafkah kepada anak-isteri saat banyakduit; adalah ibadah.

Demikian pula berwudhu dengansempurna dengan air dingin pada musimdingin dan menafkahi anak-istri saat

kondisi ekonomi terjepit, juga termasukibadah. Tapi nilainya begitu jauh antaraibadah tipe pertama dengan ibadah tipekedua. Yang kedua jauh lebih bernilaidibandingkan dengan yang pertama,karena itulah ibadah yangsesungguhnya, yang membuktikanpenghambaan seorang hamba kepadasang Khaliq.

Oleh sebab itu, Allah berjanji akanmencukupi hamba-hamba-Nya,sebagaimana firman-Nya: Bukankahhanya Allah yang mencukupi (segalakebutuhan) hamba-Nya (QS. Az Zumar:36). Tingkat kecukupan tersebuttentulah berbanding lurus dengan tingkatpenghambaan setiap orang. Makin tinggiia memperbudak dirinya demi kesenang-an Allah yang konsekuensinya harusmengorbankan kesenangan pribadinya,maka makin tinggi pula kadarpencukupan yang Allah berikankepadanya.

Akibatnya, sang hamba senantiasadicukupi oleh Allah dan termasuk dalamgolongan yang Allah sebutkan dalamfirman-Nya: Sesungguhnya engkau(Iblis) tidak memiliki kekuasaan atashamba-hamba-Ku, dan cukuplah Rabb-mu (Hai Muhammad) sebagai wakil(penolong) (QS. Al Isra: 65).

Hamba-hamba yang dimaksuddalam ayat ini adalah hamba yangmendapatkan pencukupan dari Allahdalam ayat sebelumnya, yaitu merekayang benar-benar menghambakandirinya kepada Allah, baik dalam kondisisenang maupun susah. Inilah hamba-hamba yang terjaga dari gangguan setan,alias setan tidak bisa menguasai danmenyeret mereka kepada makarnya,kecuali saat hamba tersebut lengah.

Sebab bagaimana pun juga, setiapmanusia tidak akan bebas 100 persendari gangguan setan, selama diamanusia. Ia pasti akan termakan bisikansetan suatu ketika. Bedanya, orang yangbenar-benar merealisasikan ubudiyyah(peribadatan) kepada Allah hanya akanterganggu oleh setan di saat dirinyalengah saja, yakni saat dirinya tidak bisamenolak gangguan tersebut. Saat itulahdia termakan hasutan setan dan

isah menakjubkan inidisampaikan olehseorang dai. Sang daiberkata,”Pelaku kisah ini

bercerita kepadaku: pada suatuhari aku bersafar menuju Riyadhbersama istri dan anak-anakku. Ditengah jalan mobilku rusak.

Tatkala itu cuaca panas. Kamipun berhenti di dekat salah satupom bensin (tempat peristirahatanyang lengkap dengan warung danbengkel). Aku memanggil seorangmontir untuk mengecek mobilku.Sang montir mengatakan bahwamobilku rusak berat dan hanyabisa diperbaiki di bengkel besarThoif atau di Riyadh.

Aku tertegun di bawah terikmatahari, sementara istri dananak-anakku tetap berada didalam mobil. Aku tidak tahu apayang harus aku kerjakan. Akubingung, apa yang haruskulakukan. Orang-orang

S

Sikap dan Perilaku yang Menakjubkan

melakukan pelanggaran.3. Hamba yang melakukan

pelanggaran, ketika dia sadar akanberalih ke kondisi berikutnya, yaitukesadaran bahwa ia melakukan dosa.Maka segeralah ia memohon ampun(beristighfar) kepada Allah. Inimerupakan solusi luar biasa saatseorang hamba terjerumus kedalamdosa.

Bila hamba yang bertakwa, ia akanselalu terbayang oleh dosanya, hinggadosa yang dilakukan tadi justruberdampak positif terhadapnya dikemudian hari. Ibnul Qayyim lantasmenukil ucapan Syaikhul Islam AbuIsmail Al Harawi yang mengatakan:seseorang mungkin melakukan suatudosa, yang karenanya ia masuk surga;dan ia mungkin melakukan ketaatan,yang karenanya ia masuk neraka.

Bagaimana bisa? Jika Allahmenghendaki kebaikan atas seseorang,Allah akan menjadikannya terjerumusdalam suatu dosa (padahal sebelumnyaia seorang yang shalih). Dosa tersebutakan selalu terbayang di depan matanya,mengusik jiwanya, mengganggu tidurnyadan membuatnya selalu gelisah.

Ia takut bahwa semuakeshalihannya akan sia-sia karena dosatersebut, hingga dengan demikian iamenjadi takluk di hadapan Allah, takutkepada-Nya, mengharap rahmat danmaghfirah-Nya, serta bertaubat kepada-Nya. Nah, akibat dosa yang satu tadi,ia terhindar dari penyakit ujub (kagum)terhadap keshalihannya selama ini, yangboleh jadi akan membinasakan dirinya,dan tersebab itulah ia akan masukjannah.

Namun sebaliknya orang yangmelakukan amalan besar, ia bisa jadiakan celaka akibat amalnya tersebut.Yakni bila ia merasa kagum dengandirinya yang bisa beramal shalih sepertiitu. Nah, kekaguman ini akanmembatalkan amalnya danmenjadikannya lupa diri. Maka jika Al-lah tidak mengujinya dengan suatu dosayang mendorongnya untuk bertobat,niscaya ia akan celaka dan masukneraka. (*)

melewatiku dan tak ada seorang punyang menyapaku.

Hingga tidak berapa lamakemudian seseorang lewat danberkata, “Semoga Allah menolongmu,semoga Allah memberi kemudahanpadamu.” Ini adalah orang terbaik yanglewat, ia mendoakanku.

Tak lama kemudian seseorangkeluar dari pom bensin lalu berhenti dimobilku yang rusak, mengucap salam,dan menyapaku, “Ada apa denganmobilmu?”

“Rusak,” jawabku. Rupanya orangitu punya keahlian tentang mesinmobil. Maka ia pun minta izinmengecek, lalu berkata, “Ini rusakberat, tidak bisa diperbaiki.”Aku bertanya, “Lantas bagaimana ya?”

Ia pun berkata, “Teman, engkaumembawa keluarga sedangkan akuhanya sendirian. Engkau masukkansaja istri dan anak-anakmu ke mobilkuterus bawalah mobilku, lanjutkanperjalananmu ke Riyadh, dan

bertawakkallah kepada Allah. Adapunaku akan menunggu di sini.Perjalananmu masih 400 km lagi.Kalau sudah sampai di Riyadh, kirimsaja mobil derek dari Riyadh untukmenjemput aku dan mobilmu!”

Kataku, “Wahai saudaraku,engkau tidak mengenalku, bagaimanamungkin engkau memberikan mobilmukepadaku?”

Jawabnya, “Tak masalah. Tohmobilmu juga di tanganku, meskidalam kondisi rusak.”

Aku sungguh heran dengan sikaporang ini. Ia lantas segeramemindahkan barang-barangku kemobilnya dan menyuruh anak istrikumasuk, dan berkata, “Silakan jalan,bertawakkallah kepada Allah.”

Aku melanjutkan perjalananhingga tiba di Riyadh pada waktumaghrib. Aku menyewa mobil derekuntuk menjemput teman itu danmobilku. Ternyata mobil derek barusampai pada keesokan paginya,

hingga baru sampai di Riyadh di waktudzuhur. Begitu sampai Riyadh akusegera menemuinya untukmengembalikan mobilnya.

Aku berkata kepadanya, “Apayang kau butuhkan? Aku inginmembalas kebaikanmu.”

Ia berkata, “Alhamdulillah. Akutidak melakukan apa-apa buatmu.Mobilku sekarang kembali danmobilmu juga sudah sampai diRiyadh.”

“Kalau begitu, aku minta nomorteleponmu,” kataku. Ia punmemberikan nomor teleponnya,berbincang sebentar untuk salingmengenal dan kami pun berpisah.

Setelah itu berjalanlah hari,berlalulah minggu, lewatlah bulan,hingga pada suatu hari aku berkumpuldengan teman-temanku untukmembicarakan tentang perbuatan-perbuatan baik. Lalu aku ceritakankepada mereka kisahku ini, tentangpertolongan dari seseorang yang

K

15TABLOID BULANANNo.104/Mei2015

KisahINSPIRATIF

ultan mengajak kepalapengawal, “Mari kitakeluar sejenak. Akuingin jalan-jalan sambil

ngobrol untuk menghilangkankekalutan pikiranku,” katanya.Di antara kebiasaan sangSultan adalah kelilingkampung pada malam haridengan menyamar sebagaiwarga biasa.

Mereka pun pergi, hinggatibalah mereka di sebuahlorong yang sempit. Merekamenemukan seorang laki-lakitergeletak di atas tanah. SangSultan menggerak-gerakkanlelaki itu, ternyata ia telahmeninggal. Namun orang-orang yang lalu lalang disekitarnya tak ada satu punyang memedulikannya.

Sultan memanggilbeberapa seorang di antaramereka. Mereka tak tahubahwa orang yangmemanggilnya adalah Sultan.Mereka bertanya, “Apa yangkau inginkan?”

Sultan punbertanya,”Mengapa orang inimeninggal tapi tidak ada satupun diantara kalian yang maumengangkat jenazahnya?Siapa dia? Di manakeluarganya?”

Salah seorang darimereka berkata, “Orang inizindiq, suka menenggakminuman keras dan berzina.”

Beberapa yang lainmenambahkan,”Hampir setiapmalam dia membeli berliter-liter arak dan membayarsemua wanita penghibur diberbagai tempat.”

Sultan menimpali, “Tapi,bukankah ia Muslim,bukankah ia termasuk umatMuhammad shallallahu alaihiwasallam? Ayo, angkat

Hanya Waliyullah yang Tahu Wali

jenazahnya, kita bawa kerumahnya.”

Beberapa orang denganenggan membantu sangkepala pengawal mengangkatdan membawa jenazah laki-laki itu ke rumahnya, yanglumayan jauh dari tempat itu.Kepala pengawalmemberitahukan kepadawanita pemilik rumah bahwaada seorang lelaki meninggaldan tergeletak di jalanan.

Melihat suaminyameninggal, sang istri pun punmenangis. Beberapa orangyang membantu membawajenazahnya langsung pergi.Tinggallah sang Sultan dankepala pengawalnya. Dalamtangisnya sang istri berucap,“Semoga Allah merahmatimuwahai wali Allah. Aku bersaksibahwa engkau termasukorang yang sholeh.”

Mendengarucapan wanita ituSultan Murad kaget.Bagaimana mungkindia termasuk wali

Allah sementara orang-orangmengatakan bahwa dia beginidan begitu, sampai-sampaimereka tidak peduli dengankematiannya.

Sang istri menjawab,“Sudah kuduga pasti akanbegini kejadiannya, karenasalah sangka. Setiap malamsuamiku keluar rumah danpergi ke toko-toko minumankeras. Dia membeli minumankeras dari dari para penjualsebanyak yang ia mampu.Kemudian arak itu di bawapulang ke rumah danditumpahkannya ke dalamtoilet, sambil berkata: akutelah meringankan dosa kaummuslimin.”

Dia juga selalu pergimenemui para pelacur,memberi mereka uang danberkata, “Malam ini kaliansudah dalam bayaranku, jaditutup pintu rumah kalian

sampai pagi. Jangan sampaiada lagi tamu yang masuk.”

Kemudian ia pulang kerumah dan berkata kepadaku,“Alhamdulillah, malam ini akutelah meringankan dosa parapelacur itu dan pemuda-pemuda Islam.”

Orang-orang pun hanyamenyaksikan bahwa ia selalumembeli khamar danmenemui pelacur, lalu merekamenuduhnya dengan berbagaituduhan dan menjadikannyabuah bibir. Suatu kali akupernah berkata kepadasuamiku, “Kalau kamu matinanti, tidak akan ada kaummuslimin yang maumemandikan jenazahmu,menyalatkanmu, danmenguburkan jenazahmu.”

Maka dia hanya tertawadan berkata. “Jangan takut,bila aku mati, aku akandisalati oleh Sultan-nya kaummuslimin, para ulama danpara wali Allah.”

Mendengar cerita itu,Sultan Murad pun menangis,dan berkata, “Benar! DemiAllah, akulah Sultan Murad,dan besok pagi kita akanmemandikan, mengafani,menyalatkan, danmenguburkan jenazah sangwali Allah ini.”

Demikianlah, akhirnyaprosesi penyelenggaraanjenazah laki-laki itu dihadirioleh Sultan, para ulama, paramasyaikh (guru-guru dansyaikh) dan seluruhmasyarakat. Ribuan manusia

belum pernah aku mengenalnya dan iatidak pernah mengenalku. Sungguh akutidak pernah menyangka ada orangyang berbuat baik seperti itu.

Kemudian aku ingat bahwa diapernah memberikan nomor nomortelepon. Ketika kutelepon, tenyata yangmengangkat adalah istrinya. Tanyaku,“Di manakah si Fulan?” Istrinyamenjawab dengan nada yang ketus,“Apalagi yang kalian inginkan, ia sudahdipenjara !”

Tentu aku terperanjat dan bertanya,“Mengapa dipenjara?”

Nada suara istrinya bertambahketus, “Karena kamu dan orang-orangyang sepertimu yang selalu saja datangdan menagih utang hingga akhirnyasuamiku dipenjara!”

Aku bertanya lagi, “Di penjaramana?” Istrinya memberi tahu namasebuah penjara di Riyadh.

Esoknya aku berangkat dan berniatmembalas kebaikannya. Aku membawauang 100 ribu real (sekitar 250 jutarupiah). Aku menemui kepala penjara,lantas aku bertanya, “Apakah si fulan dipenjara di sini?”

Jawab kepala sipir, “Benar.”Aku berkata, “Masalahnya apa?”Jawabnya, “Karena terlilit utang.”Aku pun mengeluarkan uangku,

lalu berkata, “Ini 100 ribu real,keluarkanlah ia dari penjara, danjangan beritahu dari siapa. Sampaikansaja bahwasanya ada seorangdermawan yang melunasi utangnyadan keluarkanlah ia dari penjara.”

Setelah tiga minggu aku kembalimenelepon orang itu, dan ternyatayang mengangkat adalah istrinyayang mengatakan bahwa suaminyamasih tetap dipenjara. Tentu akukaget. Segera aku berangkatmenemui kepala penjara.

“Tiga minggu lalu aku kemari danmemberikan 100 ribu real untukmembebaskan si Fulan. Lantasmengapa kalian belummembebaskannya?”

Kepala penjara berkata, “Wahaiteman, utangnya ternyata 3 juta real.Kalau hanya 100 ribu real tentu tidakbisa membebaskannya. Akan tetapiwahai teman, aku tidak tahu manayang lebih aneh dan menakjubkan.

Apakah perbuatanmu ataukahperbuatannya,” kata kepala penjara.

Ia pun menceritakan apa yangtelah terjadi. Seusai aku memberiuang 100 ribu real 3 minggu lalu,kepala penjara memanggil si Fulandan mengabarkan bahwa ada orangyang ingin membebaskannya denganmenyumbangkan 100 ribu real.“Ambillah uang ini, semoga bermanfaatbagimu,” kata kepala penjara.

Namun ia menjawab, “SemogaAllah membalas kebaikan ini, akantetapi 100 ribu real tidak bermanfaatbagiku, karena utangku 3 juta real,”katanya. Rupanya dia telah melakukanperdagangan dan mengalami kerugianhingga akhirnya terlilit utang 3 juta realatau sekitar 7,5 miliar rupiah yangmenyebabkan ia dipenjara karenatidak mampu melunasinya.

Lantas ia berkata kepada kepalapenjara, “Ketahuilah uang 100 ribu realini tidak bermanfaat bagiku, akan tetapigunakan uang ini untuk membebaskanorang-orang yang dipenjara bersamakuakibat terlilit utang 7 ribu real atau 10ribu real atau 20 ribu real.” Uang

sejumlah itu akhirnya bisamembebaskan lebih dari 7 orangdari penjara tersebut.

Kepala penjara berkata, “Akujadi bingung, manakah yang lebihmenakjubkan, apakahperbuatanmu yang telahmenyumbangkan 100 ribu realnyatanpa ingin diketahui, ataukahperbuatan orang yang dipenjara iniyang tidak memiliki uang sepeserpun dan dalam kondisi dipenjaramalah memberikan uang 100 ribureal itu untuk membebaskanteman-teman di penjaranya?”

Mendengar cerita kepalasipir, aku terperangah. Sungguhorang ini luar biasa, kataku dalamhati. Aku pun mencari bantuandengan menemui teman-temankuyang kaya hingga akhirnyasetelah 3 minggu aku bisamengumpulkan 3 juta real.Kemudian akupun membayarutang si Fulan dan akhirnya diadibebaskan dari penjara.

(Diterjemahkan secara bebas olehFiranda Andirja dari Safinah an-Najah)

Di dalam buku hariannya, Sultan Murad IV mengisahkan bahwa pada suatu malam dia merasakankekalutan yang sangat. Ia ingin meredakan beban di kepalanya, maka ia memanggil kepala

pengawal dan memberitahukan apa yang dirasakannya.

dari seluruh penjuru negeriikut menyalatkan jenazah itubersama sultan dan paraulama.

Kisah ini diceritakankembali oleh Syaikh AlMusnid Hamid Akram AlBukhory dari MudzakkiraatSultan Murad IV. Sebagaicatatan: jangan suka menilaiorang lain dari sisi lahiriahnyasaja atau menilainyaberdasarkan ucapan danpendapat orang lain. Terlalubanyak hal yang tidak kitaketahui. Apalagi soal yangtersimpan di tepian palingjauh di hatinya.

Para kaum salih tentutidak akan menampak-nampakkan amalkebaikannya. Kita seringmenilai seseorang dari apayang kita lihat, yangsebenarnya belum tentusesuai dengan apa yangsebenarnya terjadi. Karenaitu, mari kita kedepankanprasangka baik terhadapsiapa saja.

Boleh jadi orang yangselama ini kita anggapsebagai penduduk nerakaJahannam, ternyata penghunisurga Firdaus yang masihmelangkah di bumi. Ingat, diantara hal yang paling banyakmembuat orang diseretmasuk ke dalam nerakaadalah karena berburuksangka, kemudianmenyebarluaskan buruksangkanya tersebut kepadaorang lain. Wallahu a’lam. (*)

S

TABLOID BULANANNo.104/Mei2015 16

Keberhasilan PG Bungamayang dalam meningkatkan produksi danrendemen pada musim giling tahun lalu menarik perhatian berbagaipihak. Termasuk dari PTPN XI yang komoditas utamanya adalah gula.Serombongan tim produksi dari PTPN XI pun berkunjung ke PG

PTPN XI Studi Banding di Bungamayang

Pada hari ..................tanggal

......................dilaksanakan serah

terima jabatanManajer Unit

Tulungbuyut dariAgung

......................................kepada penggantinya

Joko ....................Agung ............

memasuki masapensiun, sementara

sebelumnya Joko............. menjabat

sebagai Manajer Unit................ Pada saat

yang sama jugadilaksanakan sertijabManajer Unit............

dari ......................kepada

........................ (tim)

Sertijab Manajer Unit

Bungamayang guna berbagi ilmu dan pengalaman selama tiga hari,yaitu mulai 18 hingga 20 Mei 2015. Rombongan mengadakan dialogdengan pimpinan dan pekerja pelaksana yang dilanjutkan dengankunjungan ke pabrik dan kebun. (tim)