Tabloid Media Agro Juli 2015

16
C MYK C MYK TABLOID BULANAN No.106/Juli 2015 VISI PT Perkebunanan Nusantara VII (Persero) menjadi perusahaan agribisnis berbasis karet, kelapa sawit, teh dan tebu yang tangguh serta berkarakter global. MISI 1. Menjalankan usaha perkebunan karet, kelapa sawit, teh dan tebu dengan mengunakan teknologi budidaya dan proses pengolahan efektif serta ramah lingkungan. 2. Mengembangkan usaha industri yang terintegrasi dengan bisnis inti (karet, kelapa, sawit, teh dan tebu) dengan menggunakan teknologi terbarukan. 3. Mengembangkan sumber daya manusia yang berbasis kompetensi 4. Membangun tata kelola usaha yang efektif 5. Memelihara keseimbangan kepentingan stakeholders untuk mewujudkan daya saing guna menumbuh-kembangkan perusahaan. Visi dan Misi Indeks Sebagai ungkapan kepedulian kepada sesama, Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN Lampung menggelar kegiatan sosial. Kali ini memberikan bantuan ke Panti Asuhan Daarul Alya dan Panti Asuhan Bussaina Jual 15 Ton Gula untuk Pasar Murah IIP BUMN Lampung Berbagi dengan Panti Asuhan Ujian Kualifikasi Calon Asisten Tanaman Sebanyak 50 karyawan setara Mandor Besar, Krani Kepala, dan karyawan setingkat mengikuti ujian kualifikasi calon Asisten Tanaman, di Gedung Pertemuan Kantor Direksi PTPN VII, Rabu sampai Jumat (1—3 Juli 2015). Hal.7 Hal.12 GUNA meringankan beban masyarakat dalam menghadapi Hari Raya Idulfitri, PTPN VII dan Kopkar Ruwai Jurai mengadakan penjualan gula murah dengan harga Rp10.800 per kg. Hal.13

Transcript of Tabloid Media Agro Juli 2015

Page 1: Tabloid Media Agro Juli 2015

1TABLOID BULANAN

No.106/Juli 2015

C MYK

C MYK

TABLOID BULANANNo.106/Juli 2015

VISIPT Perkebunanan Nusantara VII (Persero) menjadi perusahaan agribisnis berbasiskaret, kelapa sawit, teh dan tebu yang tangguh serta berkarakter global.MISI1. Menjalankan usaha perkebunan karet, kelapa sawit, teh dan tebu dengan mengunakan

teknologi budidaya dan proses pengolahan efektif serta ramah lingkungan.2. Mengembangkan usaha industri yang terintegrasi dengan bisnis inti (karet, kelapa,

sawit, teh dan tebu) dengan menggunakan teknologi terbarukan.3. Mengembangkan sumber daya manusia yang berbasis kompetensi4. Membangun tata kelola usaha yang efektif5. Memelihara keseimbangan kepentingan stakeholders untuk mewujudkan daya saing

guna menumbuh-kembangkan perusahaan.

Visi dan Misi

Indeks

Sebagai ungkapan kepedulian kepada sesama, IkatanIstri Pimpinan (IIP) BUMN Lampung menggelar kegiatansosial. Kali ini memberikan bantuan ke Panti Asuhan

Daarul Alya dan Panti Asuhan Bussaina

Jual 15 Ton Gulauntuk Pasar Murah

IIP BUMN Lampung Berbagidengan Panti Asuhan

Ujian Kualifikasi CalonAsisten Tanaman

Sebanyak 50 karyawan setara Mandor Besar,Krani Kepala, dan karyawan setingkat mengikuti

ujian kualifikasi calon Asisten Tanaman, diGedung Pertemuan Kantor Direksi PTPN VII,

Rabu sampai Jumat (1—3 Juli 2015).

Hal.7

Hal.12

GUNA meringankan beban masyarakat dalammenghadapi Hari Raya Idulfitri, PTPN VII dan

Kopkar Ruwai Jurai mengadakan penjualan gulamurah dengan harga Rp10.800 per kg.

Hal.13

Page 2: Tabloid Media Agro Juli 2015

TABLOID BULANANNo.106/Juli 2015 2

dariREDAKSI

Redaksi menerima sumbangan artikel, cerita pendek , h umor, puisi, kartun, foto-foto, berita kegiatan,dan lainnya yang sesuai dengan visi dan misi penerbitan. Naskah diketik rapi, bisa dikirim hasil printout,tetapi lebih dihargai dalam disket. Khusus untuk artikel maksimal 5 halaman folio spasi ganda.

Kami juga menerima keluhan, saran, kritik, nasihat, atau informasi untuk sesama di lingkunganperusahaan yang akan kami muat di Surat Pembaca. Atau kirim SMS ke no. 0813 69782555.

Silakan kirim karya Anda ke Redaksi Tabloid Media Agro 7, Kantor Direksi PTPN VII Jl. Te u k u UmarNo. 300, Bandarlampung. Naskah disertai dengan identitas dan alamat yang jelas. Pengirim yang tulisannyadimuat (kecuali surat pembaca), sebagai ucapan terima kasih, Redaksi akan memberikan cinderamata.

PENERBITPT Perkebunan Nusantara VII

PEMBINADireksi PT Perkebunan Nusantara VII

PEMIMPIN UMUM/PENANGGUNG JAWABBudi Santoso

PEMIMPIN REDAKSIY. Hadi Nugroho

WAKIL PEMIMPIN REDAKSISofian Machmud

SEKRETARIS REDAKSIAndi Firmansyah

STAF REDAKSISinggih Larsito, Sasmika D.S., Willy Mulyawan, Sultan

M.R., R. Uliati Sidabutar, Hasanuddin Z. Arifin,Nurjanah, Ketut Oktabayuna, Saidan, Marhaedy Effendi

BIRO-BIRODistrik dan Unit Usaha/Pabrik

DISTRIBUSIJa’far, Das’ad Gani

ALAMAT REDAKSIKantor Direksi PTPN VII

Jln. Teuku Umar No. 300, Kedaton, BandarlampungTelp. (0721) 702233, Faksimili (0721) 702775

Email: h [email protected]

Setiap tahun umat Muslim menemui salahsatu bulan yang di dalamnya diwajibkanberpuasa, yaitu bulan Ramadan. Setiap Mus-lim yang dalam hatinya tertancap keimanan danketakwaan, datangnya bulan Ramadan sangatditunggu-tunggu. Bahkan, mereka selalu berdoaagar usianya bisa sampai menemui bulan sucitersebut: Ya Allah, berkahilah kami dalam bulanRajab dan Syakban, dan sampaikanlah (usia)kami menjumpai bulan Ramadan.

Mengapa mereka sangat ingin bisamen em u i Ramadan? Tak lain karena kitameyakini bahwa Ramadan merupakan bulanyang di dalamnya penuh dengan ampunan dankeberkahan. Bahkan, pada bulan Ramadanitulah Alquran, kitab suci pedoman hidup Mus-lim, diturunkan pada bulan Ramadan. Selain itu,pada bulan itu juga ada suatu malam yangnilainya sama dengan seribu bulan, yang dikenaldengan lailatul qadar.

Karena itulah, Muslim yang mendambakankebahagiaan dunia dan akherat, dipastikan akanm e m a n f a a t k a n b u l a n R a m a d a n u n t u kmempe rbanyak ibadah k e pa da Allah danberamal kebajikan terhadap sesama. Banyakulama menyebut bulan Ramadan sebagai ajangberlatih membina rohani (mendekatkan dirikepada Tuhan), melatih kepedulian terhadaps e sama , dan t ent u saja s ebagai “ kawahcandradimuka” untuk menggembleng diri agarmenjadi manusia bertakwa, sebagaimana tujuanpuasa yang dijelaskan di dalam Alquran.

Banyak hikmah di bulan Ramadan. Ten t ukita tak ingin hikmah dan berkah tersebut hilangsia-sia. Atas dasar itulah setiap Ramadanperusahaan kita menggelar berbagai kegiatanyang tujuannya untuk membina fisik dan jiwakita. Dengan menjadi manusia yang beriman danbertakwa, kita berharap makin produktif dalambeke r ja , s ehingga bisa ber sama-samamemajukan perusahaan.

Ragam kegiatan selama Ramadan itumenjadi sajian utama edisi kali ini. Kamiberharap bisa memberikan manfaat, terutamasebagai bahan untuk terus meningkatkankualitas hidup kita bersama. Juga kami sajikanartikel khusus bagaimana kita bisa menjagakesucian setelah lewat Ramadhan. Selamatmembaca. Redaksi.

MEMAKNAI RAMADAN

a dikejutkan oleh mimpinya itu, namun takdihiraukannya. Anehnya mimpi yang samaterulang beerapa kali. Akhirnya ia mendatangiseorang syaikh dan bertanya tentang mimpi

tersebut. Syaikh berujar bahwa jika mimpi terulangbeberapa kali, ia mesti merealisasikan mimpinya itu.

Dan benar saja, ia bermimpi lagi. Karena itu iapunlantas mengunjungi tetangganya dan menawarkannyauntuk umrah bersama. “Ayo umrah bersama kami,”ajak Muslim.

“Bagaimana aku akan umrah sementara aku takpernah sholat,” jawab tetangganya itu.

“Tenang saja. Aku akan mengajarimu sholat,”katanya. Ia pun mengajari tetangganya mengerjakansholat. Selama beberapa minggu, syarat-rukun-wajib,dan sunat-sunat sholat dia ajarkan. Tak butuh waktulama, sang tetangga pun telah bisa dan hapal semuabacaan dan gerakan sholat. Sebab, pada waktu kecilsebenarnya dia juga pernah belajar sholat.

“Baiklah, sepertinya aku sudah siap. Mari kitaberangkat. Tapi bagaimana aku melaksanakan umrahsementara aku tak tahu caranya.”

“Tata cara umroh sangat mudah. Nanti di mobilkuajari,” sahut Muslim.

Keduanya dengan senang hati berangkat keMasjidil Haram untuk melaksanakan umrah denganmengendarai mobil. Setelah tiba di miqat, merekamelakukan tuntunan yang disyariatkan, selanjutnyamenuju Kakbah di Masjidil Haram dan melaksanakanthawaf, sa’i, dan tahallul.

Selesai prosesi , keduanya berniat pulang.“Sebelum balik, adakah engkau ingin melakukansebuah amal yang engkau anggap penting?” TanyaMuslim kepada tetangganya.

“Iya. Aku ingin sekali lagi shalat dua rakaat dibelakang Maqam Ibrahim.”

Amal Rahasia Jadi Penyelamat

Sang tetangga pun sholat dan terjadilah hal yangmenakjubkan. Ia meninggal dalam keadaan bersujud.Muslim kaget dan tersentak. Bagaimana mungkin lelakiyang hadir dalam mimpinya dan diajak umrah meninggalseolah-olah dia adalah wasilah kematiannya.

Akhirnya jenazah dibawa pulang ke rumah istrinya.Ia bertanya dalam hati, bagaimana mungkin lelaki yangtak pernah shalat dan puasa, meninggal saat umrahdalam keadaan sujud. Meninggal dalam keadaanhusnul khatimah? Muslim pun berpikir, pastilah adaamal spesial dan rahasia yang dilakukannya.

Setelah penguburan, Muslim pun bertanya kepadaistri lelaki tetangganya itu. Maka sang istri punbercerita, “Kami memiliki tetangga seorang wanita tuarenta. Suamiku begitu menyayanginya. Suamiku selalumembuat sendiri sarapan, makan siang, dan makanmalam lalu mengantarkannya kepada wanita tua itu.Wanita itu pun membalas dengan selalu mendoakanagar s uamiku meninggl dalam keadaan husnulkhatimah,” ujar sang istri.

Kisah di atas kami terjemahkan dari akun seorangikhwah di Mesir. Kami teringat nasihat Syaikh Rajihidi kelas, “Usahakan ya ikhwan, kalian mesti memilikiamal rahasia yang hanya Allah dan engkau saja yangtahu. Ini akan membantu kalian mengarungi dunia dannegeri akhirat.”

Lelaki dalam kisah di atas memiliki amal rahasia,yaitu memberi makan dan melayani keperluan wanitatua yang juga tetangganya. Ia pun berteman denganorang shalih yang merupakan wasilah menuju husnulkhatimah-nya.

Karena itu, “Sungguh,” tutur Syaikh Sami, salahseorang guru kami, “banyaklah berteman dengan or-ang-orang sholeh, penghafal alquran, dan para pelakukebajikan, agar kalian mendapatkan doa dari mereka.”(dikutip dari laman www.amalshaleh.com)

ika kekayaan bisa membuat orang bahagia, tentunya Adolf Merckle, orang terkaya dari Jerman,tidak akan menabrakkan badannya ke kereta api. Jika ketenaran bisa membuat orang bahagia,tentunya Michael Jackson, penyanyi terkenal di USA, tidak akan meminum obat tidur hinggaoverdosis.Jika kekuasaan bisa membuat orang bahagia, tentunya G.Vargas, presiden Brazil, tidak akan

menembak jantungnya sendiri. Jika kecantikan bisa membuat orang bahagia, tentunya Marilyn Mon-roe, artis cantik dari USA, tidak akan meminum alkohol dan obat depresi hingga overdosis.

Jika kesehatan bisa membuat orang bahagia, tentunya Thierry Costa, dokter terkenal dari Perancis,tidak akan bunuh diri, akibat sebuah acara di televisi.

Ternyata bahagia atau tidaknya hidup seseorang itu, bukan ditentukan oleh seberapa kayanya,tenarnya, cantiknya, kuasanya, sehatnya, ata u s e s u k s e s a pa pun hidupnya. Tapi yang bisa membuatseseorang itu bahagia adalah dirinya sendiri. Mampu dan maukah ia mensyukuri semua yang sudahdimilikinya dalam segala kondisi?

Kalau kebahagiaan bisa dibeli, pasti orang-orang kaya akan membeli kebahagiaan itu dan kitatidak akan kebagian karena sudah diborong oleh mereka. Kalau kebahagiaan itu ada di suatu tempat,pasti di belahan lain di bumi ini akan kosong karena semua orang akan berkumpul di mana kebahagiaanitu berada.

Untungnya kebahagiaan itu berada di dalam hati setiap manusia. Jadi kita tidak perlu membeliatau pergi mencarinya di suatu tempat. Yang kita butuhkan adalah hati yang bersih dan ikhlas sertapikiran yang jernih, maka kita bisa menciptakan rasa “bahagia” itu kapan pun, di mana pun dan dalamkondisi apa pun. Kebahagiaan itu milik orang-orang yang dapat bersyukur. (dbs)

Milik Orang Bersyukur

Seorang lelaki di Kota Jedah Arab Saudi, sebut saja Muslim, memiliki tetanggayang tak pernah sholat dan tak pernah berpuasa. Suatu hari dia bermimpi

kedatangan seseorang. Dalam mimpinya, orang tadi memintanya agar mengajaktetangganya yang tak pernah shalat dan puasa itu untuk umrah.

I

J

Page 3: Tabloid Media Agro Juli 2015

3TABLOID BULANAN

No.106/Juli 2015

AKTUALITA

esuai dengan Surat Ke-putusan Direksi PTPNVII Nomor: SDM/Kpts/232/2015, sejumlah ma-

najer dimutasi, yaitu Ir. A.A.Putra Wahyu G., M.B.A. yangsebelumnya menjabat sebagaiGeneral Manager Distrik WaySekampung menempati posisibaru sebagai General ManagerDistrik Lampung (penggabung-an Distrik Way Sekampung danWay Seputih).

Sementara Budi Firman,S.St. yang sebelumnya menja-bat GM Distrik Way Seputihm en da pa t m u ta s i d an m e -nempati posisi sebagai GMDistrik Bengkulu. Kemudian Ir.Syukur yang sebelumnya men-jabat sebagai Manajer Kebun diDistrik Pabrik Gula Cintamanis,mendapat promosi menjadi GMDistrik PG Cinta Manis, meng-gantikan Asep Djayanti yangmemasuki masa pensiun.

Selanjutnya posisi yangditinggalkan Syukur ditempatioleh Ir. Tatang Warsito yangsebelumnya menjabat sebagaiAsisten Kepala Tanaman Ra-yon I Distrik Cinta Manis.

Mutasi Jabatan GM dan Manajer UnitPergantian kepemimpinan di lingkungan PT Perkebunan Nusantara VII terus dilaksanakan

seiring dengan masa purna tugas yang dilalui oleh para senior. Sejumlah karyawan pimpinandimutasi dan beberapa lainnya mendapat promosi menduduki jabatan manajer. Pada akhir Juli

2015 sebanyak 9 karyawan pimpinan mendapat tugas baru dan melakukan serah terima jabatandi Ruang Rapat Direktur Utama.

Manajer Unit Betung, meng-gantikan Wahyu Supriatna.

Okta Kurniawan, S.T. men-duduki jabatan Pjs. Manajer UnitSungai Lengi dan Sulistijono Adi,B.Sc menjabat Pjs. KepalaBagian Teknologi InformasiKomunikasi dan Corporate.Terakhir, Agus Faroni, S.P. ,M .M. yang s ebe l umn yamenjabat sebagai Kepala BidangTanaman Distrik Way Seputihmendapat promosi menjadi Pjs.Manajer Unit Pabrik KaretPematangkiwah, menggantikanHeri Darso yang pensiun.

Dalam sambutannya, Di-rektur Utama PTPN VIIK u s u m a n d a r u , N S , m e n g u -capkan terima kasih kepadapara pekerja yang telah me-n y e l e sai kan t u ga sn ya danmemasuki masa p urnakaryadengan selamat. “Terima kasihatas pengabdian bapak-bapak.Selamat telah menyelesaikandengan lancar,” katanya.

Ku s umandar u j u ga me -ngucapkan s e lamat k e padapekerja yang menduduki ja-batan baru. Menurutnya, parapemegang jabatan baru ter-sebut memiliki tanggungjawabyang berat. Tantangan yangdihadapi dalam kondisi berat inisering menimbulkan perpe-cahan, dan ini harus dicegahdan dihindari jangan sampaiterjadi.

No. Nama Jabatan Lama Jabatan Baru1 Ir. A.A. Putra Wahyu G. GM Distrik Way Sekalmpung GM Distrik Lampung2 Budi Firman, S.St. GM Distrik Way Seputih GM Bengkulu3 Ir. Syukur H.K. Manajer Kebun Distrik PG Cinta Manis GM Distrik Cinta Manis4 Wahyu Supriatna, S.P. Manajer Unit Betung GM Distrik Banyuasin5 Daniel Solihin, S.P. Pjs. Manajer Unit Kebun Kepala Sawit Suli Pjs. Manajer Unit Betung6 Okta Kurniawan, S.T. Pjs. Manajer Kelapa Sawit Sungai Lengi Pjs. Manajer Sungai Lengi7 Sulistijono Adi, B.Sc. Pjs. Kabag Teknologi Informasi dan Sistem Pjs. Kabag TI, Komunikasi, dan Corporate8 Ir. Tatang Wasito Askep Tanaman Rayon I Distrik Cinta Manis Pjs. Manajer Kebun Distrik Cintamanis9 Agus Faroni, S.P., M.M. Kepala Bidang Tanaman Distrik Way Seputih Pjs. Manajer Unit Pabrik Karet Pematangkiwah

GM dan Manajer Unit yang Mutasi dan Promosi

“Yang dihadapi saat initantangan berat. Dalam situasiseperti ini amanah yang di-berikan betul-betul dalam mo-mentum yang sangat berat,”katanya. Karena it u ,Kusumandaru mengharapkansemuanya tetap kompak, ber-semangat, dan bersama-samamembangun k e k uatan agarm a m p u k e l u a r d a r i s e m u akesulitan.

Sebenarnya, kata Dirut,tadinya akan melakukan peru-

bahan pada tahun depan. Na-mun, karena tantangan yangdihadapi lebih berat maka tahunini mulai dilakukan perubahan.Salah satunya dengan dipang-kasnya distrik di wilayah Lam-pung, yang tadinya ada duadistrik kini dilebur menjadi satudistrik saja.

“Perubahan ini dilakukandalam rangka efisiensi. Kitaperlu melakukan efisiensi diseluruh lini agar mampu men-jawab tantangan saat ini. Kita

terus melakukan efiensi dengangerakan memperpendek jarak.Perubahan ini pun akan men-jadi tantangan tersendiri,”tambahnya.

Bisnis perkebunan kun-cinya adalah meningkatkanproduk si . Karena it u , p ro-duktivitas merupakan ujungtombak dalam bisnis ini. “Se-lain produksi, kita juga me-lakukan pembelian. Dalampembelian harus ada marginyang didapat , seperti padapembelian TBS sawit, harusada kontrol dari semua pihak,”katanya.

Pada kesempatan terse-but Kusumandaru mengimbauagar semua terlibat dalamusaha meningkatkan produk-tivitas dan setiap hari ber-komunikasi dengan jajaranyang terkait, terutama di lingkupDirekturat Produksi. “Saat inipenjualan dalam kondisi sulit,karena harga komoditas se-dang jatuh. Situasi ini harusdihadapi dengan mengambillangkah-langkah yang stra-tegis,” katanya. (tim)

S

“Perubahan inidilakukan dalam

rangka efisiensi. Kitaperlu melakukan

efisiensi di seluruh liniagar mampu men-

jawab tantangan saatini. Kita terus

melakukan efiensidengan gerakan

memperpendek jarak.Perubahan ini pun

akan menjaditantangan tersendiri,”

S e d a n g k a n W a h y uSupriatna, S.P. m e n d u d u k iposisi General Manager DistrikBanyuasin, menggantikan Ir.Afifuddin. Kemudian DanielSolihin, S.P. menjadi Pjs.

Page 4: Tabloid Media Agro Juli 2015

TABLOID BULANANNo.106/Juli 2015 4

LaporanUTAMA

cara yang mengambiltema “Kita jadikanQuran sebagaipedoman dalam

aktivitas sehari-hari” tersebutdihadiri Direktur SDM danUmum Budi Santoso, DirekturKeuangan Agus Riyanto, GMDistrik Wilayah Lampung,Kepala Bagian, Manajer UnitDistrik Seputih, perwakilankaryawan unit serta kantorDireksi.

Dalam sambutannyaDirektur SDM dan Umum BudiSantoso mengatakankegiatan pemberian santunandan peringatan hari-hari besaragama dilakukan secara rutin.“Mari kita jadikan Al Quransebagai pedomanan hidup.Akhlakul karimah sangatdibutuhkan dalam setiappergaulan, terutama dalammenjalankan tugas-tugasperusahaan. Jika insan PTPNVII mengutamakan akhlakulkarimah maka akan menjadiinsan yang terbaik dalampergaulan,” ujarnya.

Dalam membangunkesejahteraan umat, Al Quran mengajarkan sikap hidup yangmengedepankan sosial dankasih sayah. “Kita dianjurkanmembayar zakat, infak, dansedekah untuk membantukaum yang lemah secaraekonomi,” katanya. Di PTPNVII sikap sosial telah dan terusakan dilaksanakan, salahsatunya melalui PKBL. Karenaitu, akan terus dilakukan untukmeningkatkan kualitas pro-gram ini.

Setiap tahun PTPN VIIjuga memberikan santunankepada anak yatim piatu yangada di sekitar lingkunganperusahaan. Untuk tahun iniPTPN VII memberikansantunan kepada 4.438 oranganak yatim piatu. Danadikumpulkan dari keluargabesar karyawan, yaitu dariKantor Direksi untukmenyantuni 1.038 anak dan

Beri Santunan kepada 4.438 Anak Yatim

dan 3.400 anak mendapatbantuan dari perusahaan.

Penyerahan santunandilakukan langsung olehDistrik dan Unit Usaha, baikmelalui kegiatan SafariRamadan maupun kegiatanlainnya. “Meski dalam kondisisulit, kita berusaha untukmembantu dan berbagi.Karena ternyata di lingkungankita masih lebih banyak yangkondisinya lebih sulit darikita,” ujarnya.

Sementara penceramahUstad Buchori Muslim dalamtausiahnya menguraikantentang hikmah Nuzulul Quran.Proses turunnya Al Quransecara bertahap selama 23tahun. Tiga belas tahun diMekkah dan sepuluh tahunketika Rasulullah di Madinah.

Setidaknya ada 5 hikmahAl-Quran diturunkan secarabertahap, yaitu pertama untukmeneguhkan hatiRasulullah SAW, k e d u asebagai tantangan danmukjizat, ketiga memudahkanhapalan dan pemahaman,keempat relevan denganperistiwa dan penahapandalam penetapan hukum, danyang terakhir menegaskanbahwa Al-Quran diturunkanoleh Allah, bukan manusia.

Selain itu, keistimewaanbulan Ramadan adalah karenapada bulan itu ada malamyang lebih baik dari seribubulan yaitu “lailatulqodar”.Karena itu, setiap muslimhendaknya berusaha kerasagar memperoleh malamistimewa tersebut, yaitudengan bersungguh-sungguhdalam menjalankan semuaibadah selama Ramadhan.

Safari RamadanTim dari Kantor Direksi

PTPN VII selama bulanRamadan 1436 Hijriahmelaksanakan kegiatan safariRamadan di unit-unit kebun

yang ada di wilayah kerjaLampung, Sumatera Selatandan Bengkulu. Pada Jumat (3/7/2015) tim melakukankunjungan ke DistrikBungamayang.

Kegiatan Safari Ramadandiaksanakan di Masjid AlHuda, Desa TulangbawangBaru, KecamatanBungamayang, LampungUtara. Dalam kesempatan itudiberikan santunan kepada 13guru mengaji dan santunankepada 100 anak yatim piatuyang berada di lingkungankerja Pabrik GulaBungamayang.

General Manager PGBungamayang Heri Soesantomengatakan kegiatan inimerupakan agenda rutinsetiap tahun. Tujuannyaselain untuk menjalinsilaturahmi perusahaandengan masyarakat di desa-desa penyangga, jugasebagai bentuk kepedulianperusahaan terhadapmasyarakat sekitar.

Direksi PTPN VII dalamsambutan yang dibacakanKepala Bagian Perencanaandan Pengembangan KantorDireksi Singgi Larsitomengatakan kegiatan inimerupakan bentuk kepedulianperusahaan terhadapmasyarakat yang berada disekitar Bungamayang.

“Sinergi yang telahterjalin antara manajemen,karyawan, dan masyarakatsekitar akan terus dipupukdan ditingkatkan. Manajemenmenyadari perusahaan tidakdapat beroperasi denganlancar tanpa dukunganmasyarakat sekitar. Kepa damasyarakat yang mengikuti

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII memberikan santunan kepada 4.438 anak yatim piatu yang ada di lingkunganperusahaan di wilayah Lampung, Sumatera Selatan, dan Bengkulu. Penyerahan satunan secara simbolis

dilaksanakan pada saat Peringatan Nuzulul Quran 1436 H di Masjid Baitun Nabat Komplek PTPN VII,Senin (6/7/2015).

program tebu rakyat,manajemen mengapresiasikerja sama yang selama initelah berjalan dengan baik,”ujar Singih.

Sementara Kepala DesaTulangbawang Baru Darmajidalam kesempatan tersebutmengucapkan banyak terimakasih kepada keluarga besarPTPN VII DistrikBungamayang yang telahmemberi bantuan. “SemogaPTPN VII terus melakukankegiatan seperti ini, dan tidakhanya di bulan Ramdan, tetapidilaksanakan di pada bulan-bulan lainnya,” harap Darmaji.

Ia juga mengharapkankebersamaan yang telahterjalin selama ini akan terusterjaga. Diharapkan jugamasyarakat bisa mendukungsepenuhnya kegiatan yangdilaksanakan Pabrik GulaBuangamayang.

Kerjasama ini sudahberjalan dengan baik dantelah dilaksanakanpembangunan masjid diLingkungan II DesaTulangbawang Baru.Pembangunan sudahdilaksanakanan selama 1

A

tahun dengan modal Rp 36juta. “Semoga pembangunanbisa cepat diselesaikansehingga bisa dipakai dandiresmikan,” katanya.

Selain pembangunanmasjid, tambah Darmaji,Pabrik Gula Bungamayangjuga telah melakukanpengaspalan jalan danmemperindah jalan denganmendirikan taman-taman kecildi sepanjang jalan. Darmajiminta masyarakat membantudan menyokong aktivitas PGBungamayang, karenakeberadaan pabrik tersebutmemberi arti positif bagikehidupan dan pertumbuhanekonomi masyarakat.

Sementera UstadAhmadani, M.Ag dalamtausiah mengatakan bulanramadan menjadi momentumpenting untuk membangunk e takwaan umat. Allah SWTmemberikan kesempatandengan pahala yangdilipatgandakan. “Marilahberlomba-lomba mencaripahala dan jangan lupamengeluarkan zakat sebagaipembersih harta yang kitamiliki,” katanya. (tim)

Page 5: Tabloid Media Agro Juli 2015

5TABLOID BULANAN

No.106/Juli 2015

LaporanUTAMA

nit Pengolahan Kelapa SawitTalangsawit ((UPKS Tasa) dan IKIsetempat menggelar buka puasabersama 125 anak yatim piatu yang

berasal dari desa-desa sekitar, Senin (6 Juli2015) di Rumah Dinas Manajer UPKS Tasa.

Kegiatan ini selain dihadiri oleh seluruhpekerja Unit Tasa juga diikuti para pamongDesa Tanjungagung Barat, TanjungagungTimur, Tanjungagung Utara, dan TanjungagungSelatan. Hadir juga Camat dan Kapolsek Lais,Kades , Tokoh Masyarakat dan Tokoh AgamaKecamatan Betung serta Tim Safari DistrikBanyuasin yang pimpin oleh Staf Tehnik ,Zulkarnain.

Manajer UPKS Tasa H. Lip Suprandalam sambutannya antara lain mengatakanbahwa kegiatan ini merupakan bentuk rasas y u k u r k e pa d a Allah SWT yang telahmemberikan nikmat yang tidak terhinggabanyaknya hingga saat ini.

“ Sa lah s a t u b en t u k r a sa s y u k u rperusahan dan donatur berbagi rezeki kepadaanak-anak yatim piatu yang merupakanwarga di sekitar Tasa. Insyaallah kegiatan inim e n d a pat berkah dari Alah SWT sehinggakegiatan ini bisa berlanjut dan di tingkatkan,”katanya.

Semtara Camat Lais H. Irwan Sazili,

Tasa Buka Puasa Bersama 125 Anak Yatim

Manajer UPKS Tasa H. Lip Supranmenyerahkan santunan

eberadaan kitaharus memberikanarti positif bagimasyarakat

sekitar,” demikian GeneralManager Distrik Muaraenim Ir.Robert Simanjuntak, M.M.menegaskan filosofinya dalammembangun hubungandengan masyarakat.

Filosofi inilah yangmelandasi pelaksanaankegiatan Safari Ramadhandan Santunan Anak Yatimpada Ramadan 1436 H.Melalui kegiatan tersebutPTPN VII ingin memberikanarti yang positif bagimasyarakat melaluisilaturahmi dalam bulan yangmulia dan penuh berkah.

“Kegiatan ini kitalaksanakan di desa-desayang berbatasan langsungdan tidak langsung denganwilayah UKKS Sule danUPKS Sule. Santunan danbantuan yang diberikan kitaharapkan bisa semakinmempererat hubunganperusahaan dan masyarakat,”tutur Manajer UKKS Sule,Daniel Solihin, S.P.

Sementara ManajerUPKS Sule, Okta Kurniawan,S.T., menambahkan bahwajumlah anak yatim yangdisantuni pada tahun iniadalah sejumlah 545 anak.Mereka berkisar antara umur

Distrik Muaraenim Berbagiuntuk 23 Desa

4 tahun sampai 14 tahun.“Untuk tahun ini santunan

kepada anak yatim kitaserahkan langsung ke desa-desa penyangga. Tujuannyaadalah agar masyarakatmengenal perusahaan secaralangsung melalui interaksidialogis dan jugamempermudah mereka dalammenerima bantuan,” jelas Okta.

Selain bantuan berupasantunan kepada anak yatim,PTPN VII juga memberikanbantuan materiil kepadamasjid-masjid yang dikunjungidalam acara safari ramadhan.Bantuan tersebut merupakansalah satu bentuk realisasiprogram bina lingkunganperusahaan.

“Dalam bulan yang muliaini kita memberikan bantuanuntuk Masjid Darussalam diDesa Gunungmegang Dalam,Masjid Jami di DesaMuaraharapan dan Masjid AlMuzakkir di Desa MuaragulaBaru,” papar Ketua Panitia,Enda A.Z. Siregar, S.P., M.M.

Bantuan itu, lanjut Enda,diberikan sesuai dengankebutuhan masjid dengantetap mempertimbangkankondisi perusahaan.Sehingga, hubungan yangbaik dengan masyarakatdapat terus terjaga.

Menyikapi kegiatantersebut, Kepala Desa

PTPN VII Kantor Distrik Muaraenim bersama Unit Kebun dan Unit PabrikKelapa Sawit Sungailengi menyantuni anak yatim dari 23 (dua puluh tiga)desa penyangga disekitar perusahaan. Desa-desa tersebut berasal dari

Kecamatan Gunungmegang, Ujanmas, dan Muaraenim.

Manajer UKKS Sule memberikan bantuan ke masjid desa muaraharapan

S.Sos . , M.Si . da lam sambutannyamenyampaikan terimakasik kepada UPKSTASA yang telah memberikan santunankepada anak yatim dan diharapkan dapatmembant u beban anak ya t im u n t u kmenghadapi Idulfitri yang akan datang.

Puncak acara tersebut diisi denganceramah agama Peringatan Nuzulul Quranyang disampaikan oleh Ustad Suhardi dariPalembang dan juga pemberian danasantunan kepada 125 orang anak yatim yangdiberikan langsung oleh Manajer UPKS TasaLip Supran. (tim)

Muaragula Baru, Rusdiar,menyampaikan apresiasiyang tinggi kepadaperusahaan. “Saya yakinmelalui kegiatan kegiatansemacam ini hubungan yangbaik antara PTPN VII danmasyarakat dapat dibangunmenjadi lebih baik. Karena

kegiatan semacam inimenunjukkan sumbangsihdan perhatian perusahaansecara langsung padamasyarakat dilingkungannya,” tutur Rusdiar.

Senada dengan Rusdiar,Kepala Desa Ujanmas Baru,Nurman, menyampaikan

bahwa melalui safariramadhan dan santunan anakyatim perusahaan bisamempertahankan hubunganbaik dengan masyarakat.“Melalui silaturahmiperusahaan dapat menjalinkesepahaman denganmasyarakat,” katanya. (tim)

“K

U

Page 6: Tabloid Media Agro Juli 2015

TABLOID BULANANNo.106/Juli 2015 6

emberian bantuan kepada anakya t im be r samaan d e nganpelaksanaan Safari Ramadhanoleh Tim dari Distrik Bengkulu.

Tim safari Distrik Bengkulu dibagimenjadi tiga, masing-masing bertugasmenyarahkan bantunan sekaligus safariramadhan.

Tim 1 yang diketuai Ahmad Rizalbertugas ke Unit Ketahun Bengkulu Utara,Tim 2 diketuai Sudarusman ke UnitPadangpelawi, dan Tim 3 diketuai DedySulistyawan bersafari ke Unit Talopino.

Dana santunan yang diberikanbersumber dari perusahaan sejumlahRp40 juta untuk 400 anak yatim danpartisipasi dari para pekerja yangjumlahnya mencapai Rp24,3 juta untuk243 anak yatim. Jadi total dana untuksantunan kepada anak yatim Rp64,3 jutauntuk 643 anak yatim.

Sebagaimana disampaikan Supri

LaporanUTAMA

Distrik Bengkulu Santuni643 Anak Yatim

Gunawan, Plt. GM Distrik Bengkulu,Safari Ramadhan tahun inipe laksanaanya bersamaan denganpemberian santunan anak yatim. Danasantunan yang diberikan selain dariperusahaan juga partisipasi dari unsurpimpinan setempat yang jumlahnyas e s u a i d e n g a n k e m a m p u a n d a nkeikhlasan masing-masing.

Pelaksanaan Safari Ramadhanyang dicanangkan di Distrik Bengkuludi awali dengan buka bersama di RumahManajer bersama anak yatim. Selain ituuntuk menjalin tali silaturahmi jugadiundang tokoh masyarakat , tokohagama, Muspika sekitar Unit , danp e r waki lan kar yawan . Se t e lah i t udilanjutkan dengan shalat Isa danTaraweh berjamah.

Safari Ramadhan tahap pertamadilaksanakan di Unit Ketahun BengkuluUtara (8/7/2015) dengan mengundang213 anak yatim untuk diberi santunan.Sebagaimana disampaikan Sugeng BudiPrasongko, Manajer Unit Ketahun bahwadengan mengundang anak yatim darid e s a - d e s a p e n y a n g g a m e r u p a k a nbentuk kepedulian PTPN VII kepadamasyarakat sekitar.

“Sekaligus kami mengundang tokoh

masyarakat, tokoh agama, dan Muspikauntuk meningkatkan tali silaturahmi yangtelah terbina dengan baik selama ini,”katanya.

Sebetulnya dana yang diberikanperusahaan untuk menyantuni 100 anakyatim, namun karena untuk keperluanamal, apalagi di bulan Ramadhan,sejumlah karyawan berinisiatif turutmenyumbangkan sebagian rezekinya.S eh ingga t e r k um p u lah dana yangsemula untuk 100 anak menjadi 213anak.

“Pada kesempatan ini pula sayamengucapkan t e rima kasih k e padarekan-rekan yang telah memberikansumbanganya untuk anak yatim, se-moga bermanfaat dan juga kepadamasyarakat beserta Muspika kami jugasangat berterima kasih atas kehadiranyaserta partisipasinya sehingga acara inidapat berlangsung sesuai rencana,”demikian penjelasan Budi B.P.

Menurut Rijal, humas Distrik Beng-kulu, setiap tahun PTPN VII secara rutimmemberi bantuan kepada anak yatimbersamaan dengan pelaksanaan safariramadhan. Pelaksanaan pemberiansantunan tahun ini agak terlambat karenapadatnya kegiatan kantor dan menye-suaikan dengan jadwal dilapangan.

“Pemberian santuan ini memangbelum sebanding dengan nilai kebutuhansekarang, tetapi setidaknya kita telahberbuat sesuatu untuk sesama. Sayajuga mengharapkan rekan-rekan kar-yawan terutama unsur pimpinan dapatberbagi untuk meringankan beban anakyatim,” kata Rijal.

Bantu MasjidDistrik Bengkulu juga menyalurkan

dana program Corporate Social Respon-sibility (CSR) sebesar Rp20 juta untukpembangunan Masjid Sangkarpilar,Pondok Pesantren Pancasila, Senin (13/7/2015).

Penyaluran dana CRS untuk pem-bangunan masjid tersebut, dalam rangkamelaksanakan Program PTPN7 PeduliKeagamaan. Dana CSR diserahkanA g u s Tobationo, Staf SDM PTPN 7

ada tanggal 13 Juli2015 Unit Kebun Ke-lapa Sawit (UKKS)Padangratu menga-

dakan kegiatan menyantunianak yatim piatu yang adadi desa penyangga denganjumlah sebanyak 155 anakyang berasal dari 18 kam-pung dari 3, yaitu Keca-matan Padangratu, Anakt-uha, dan Pubian.

Acara pemberiansantunan anak yatim piatujuga dihadiri oleh Unsurp impinan KecamatanPadangratu, Pubian, danAnak Tuha serta Tim SafariRamadhan dari Distrik WaySeputih.

Menu r u t Manaje rUKKS Padangratu Ir.Panani, kegiatan tersebutmengambil tema “IndahnyaBerbagi di Bulan Suci”,karena selain kita diperintahkan untuk menyanyangi anak yatim/piatu jugabertujuan untuk membina hubungan yang baik antara UKKS Padangratudan masyarakat sekitar yang selama ini sudah berjalan dengan baik danharmonis.

“Semula UKKS Padangratu hanya akan memberikan santunankepada 100 anak saja. Namum pekerja UKKS Padangratu tidak menyia-nyiakan kesepatan untuk ikut beramal dan berbagi dibulan suci sehinggaUKKS Padangratu dapat memberi santunan kepada kepada 150 anak,”kata Panani.

Selain pemberian santunan juga dilaksanakan buka puasa bersamadan ceramah agama oleh Ustad K.H. Badrus Sholeh yang isi tausiyahnyaantara lain mengajak kita selalu meningkatkan ketakwaan dan denganmemperbanyak amal sholeh pada bulan Ramadan. (tim)

Indahnya Berbagaidi Padangratu

Dalam rangka berbagi padasesama serta mengisi kegiatanamaliah pada bulan Ramadhan,

PTPN VII Distrik Bengkulumemberikan santunan kepada

643 anak yatim dari desa-desapenyangga Unit Ketahun

Kabupaten Bengkulu Utara (213anak), Unit Padangpelawi (230

anak), Unit Talopino KabupatenSeluma (100 anak) serta Kota

Bengkulu (100 anak).

P

Distrik Bengku l u k e pada Pengur u sPondok Pesantren Pancasila H. AhmadSuhaimi. “Kami berharap bantuan inidapat dimanfaatkan dengan baik, kamimohon kepada keluarga besar ponpesdapat mendoakan agar bisnis PTPN 7berjalan lancar dan sukses, sehingga kedepan dapat berbagi di tempat yanglain,” ujar Agus Tobationo.

P e n g u r u s P o n d o k P e s a n t r e nPancasila H. Ahmad S uhaimimengatakan bantuan dari PTPN VIIsangat bermanfaat untuk menyelesaikanpembangunan Masjid Sangkarpilar.“Masjid ini membutuhkan dana Rp 5 miliar,dan baru terlaksana sebagianya,” ujarnya.

Pondok pesantren ini dibangunsejak tahun 1984 untuk menampunganak yatim yang ada di Provinsi Beng-kulu. Namun baru kali ini kita memilikimasjid untuk kegiatan keagamaan.Selama ini k egiatan k eagamaandilakukan di mushola.

D engan s ema k i n ban ya k n yap e n g h u n i p o n p r e s , m u s h o la t i d a kmampu lagi mampu menampung anak-a n a k u n t u k m e l a k u k a n k e g i a t a nkeagamaan. “Akhirnya pengurus dan pe-ngasuh ponpres berinisiatifmengembangkan mu shola menjadimasjid. Walaupun sumber dananyamasih belum jelas,” katanya.

Rencananya masjid akan dibuat dualantai yang peruntukannya selain untukibadah dan kegiatan keagamaan jugadapat dimanfaatkan untuk kegiatan sosial.Hingga saat ini, masyarakat sekitar jugaturut memanfaatkan masjid. (tim)

Bantuan CSR PTPN VII Distrik Bengkulu

P

Page 7: Tabloid Media Agro Juli 2015

7TABLOID BULANAN

No.106/Juli 2015

LaporanUTAMA

etua IKI Pusat Ny. TinaKusumandaru menga-takan pemberian taliasih ini sebagai

ungkapan kepedulian pengurusdan anggota IKI kepadapensiunan. Seperti tahun-tahunsebelumnya, pemberian taliasih kepada purnakarya inimerupakan program rutin bi-dang sosial.

“Semoga bantuan yangdiberikan ini, dapat bermanfaatbagi yang menerimanya. Ja-ngan dilihat besarnya sum-bangan yang kami berikan, tapikeikhlasan kami. Doa daribapak-bapak semoga bisadapat meningkatkan produksidan kinerja, sehingga peru-sahaan PTPN 7 akan tambahmaju,” katanya.

Sementara Ketua P3RIHusni Thamrin dalam kesem-patan itu mengucapkan banyakterima kasih yang sebesar-besarnya kepada PTPN 7 danIKI. “Pemberian tali asih inisangat besar manfaatnya bagipurnakarya, terutama dalam

IKI Beri Tali Asihkepada Purnakarya

menghadapi hari raya,” katanya.Ia juga meminta agar pem-

berian tali asih ini bisa terusberlanjut di tahun-tahun yangakan datang. “Karena pem-berian seperti ini benar-benarmembantu para purnakarya,apalagi bagi pensiunan go-longan I,” katanya.

Perwakilan dari purna-karya Simin dalam kesempatani t u meng ung kap kan k eg em-biraannya atas pemberian taliasih yang diberikan pengurusIKI. “Kami ucapakan terimakasih dan kami doakan ke-luarga IKI selalu sehat sertaperusahaan PTPN VII akanterus maju,” ujarnya.

Pada hari yang sama IKIPTPN VII juga memberikanbingkisan kepada 40 ibu-ibupengajian Masjid Baitun Nabat.Bingkisan tersebut diharapkandapat sedikit meringankandalam menghadapi hari raya.“Nilainya memang takseberapa, tapi kami berharapbermanfaat dan berkah,” kataNy. Tina.

ebagai ungkapankepedulian kepadasesama, Ikatan IstriPimpinan (IIP) BUMN

Lampung menggelar kegiatansosial. Kali ini memberikanbantuan ke Panti AsuhanDaarul Alya Jl. Pagar AlamGg. Ulangan No. 75Segalamider TanjungkarangBarat dan Panti AsuhanBussaina Jl. Untung SuropatiNo. 51 Bandarlampung.

Bantuan diserahkan olehKetua Bidang Sosial IIPBUMN Lampung, Ny. HalimahAgus Riyanto, (Senin, 6/7/2015). Dalam sambutannya,Halimah Agus mengatakankegiatan ini merupakanbentuk kepedulian dari IIPBUMN Lampung kepadaanak-anak yang berada dipanti asuhan.

Dan ini merupakanprogram tahunan bidang sosial dengan memberikanbantuan kepada beberapapanti asuhan yang ada diwilayah kerja. Ini dalam rangkamemperingati Hari Pendidikan

IIP BUMN Lampung Berbagi dengan Panti Asuhan

SD, SMP, dan SMA.Kalimat sebada juga

diungkapkan Pengurus PantiAsuhan Bussaina, BudiHidayat. Dia berharap bantuantersebut dapat memacusemangat anak-anak untukgiat belajar dan beribadah.“Kunjungan dan bantuanpengurus IIP BUMN Lampungini juga merupakan motivasiagar anak-anak lebih giat,”katanya.

Menurutnya, pantiasuhan tersebut memiliki 50orang anak asuh dari usia 3bulan hingga 17 tahun yang

saat ini mengenyampendidikan SD hingga SMA.“Anak asuh di sinialhamdullillah semuanya bisamasuk sekolah negeri. Inimerupakan bantuan yang takterkira bagi kami, semogabantuan ini bermanfaat bagianak-anak kami,” ujarnya.

Menurutnya, programutama panti ini menanganibalita telantar. ProvinsiLampung kini memiliki wadahtempat menampung balitayang terlantar. Menurutnya,Kementerian Sosial berencanadatang berkunjung untukmelihat langsung keberadaanpanti asuhan balita ini.

IIP BUMN merupakanorganisasi sosial dilingkungan BUMN yangberanggotakan para istripimpinan BUMN. Organisasiini dibentuk pada 2002 yangtujuan utamanya untukmenjalin hubungan antaristripimpinan dalammelaksanakan kegiatan sosialkepada masyarakat dankeluarga besar BUMN. (tim)

Sebagai bentuk kepedulian kepada pensiunan, Ikatan Keluarga Istri (IKI) PTPN 7menyerahkan bantuan tali asih berupa bantuan dana kepada 30 purnakarya.

Bantuan diserahkan oleh Ketua IKI Pusat Ny. Tina Kusumandaru di GedungPertemuan Kantor Direksi, Selasa (7/7/2015).

dan bulan Ramadan, diisidengan bakti sosial.

“Jangan dinilai berapabesar yang diberikan, tetapiini merupakan bentukkepedulian, ketulusan, dankeikhlasan kami untukmembantu,” ujarnya. Halimahberharap bantuan tersebutdapat bermanfaat dan berkahuntuk semua. Juga sebagaisarana menjaga talisilaturahmi agar tidak putus.

Halimah juga berpesankepada anak-anak agar terusrajin belajar dan tidakmeninggalkan ibadah,

terutama sholat lima waktu.“Dengan tekun belajar sertarajin beribadah, mudah-mudahan cita-cita kaliansemua bisa tercapai danm e n d a pat ridho dari AllahSWT,” katanya.

Sementara Ketua PantiAsuhan Daarul Alya, Rami’in,mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yangdiberikan. “Semoga amalibadah ini bisa mendapatkanridho Allah SWT,” katanya.Menurutnya, panti asuhan inimengurus 25 orang anakasuh. Mereka bersekolah di

Ketua IKI juga menyam-paikan terima kasih kepadasegenap pengurus dan anggotaIKI yang telah berpartisipasidengan memberikan bantuanu n t u k p a ra p e n s i u nan danjemaah pengajian Masjid Baitun

Nabat. “Mari kita terus berdoaagar perusahaan kita menjadilebih baik,” katanya.

Menurutnya, saat ini peru-sahaan sedang menghadapitantangan yang berat, terutamaharga komoditas yang belum

K

membaik. “Mari kita membantud e ngan d oa , s emoga p e r u -sahaan kita tetap kuat, mampubertahan, dan pada akhirnyabisa meraih un t ung yangbanyak dan berkah,” ujarnya.(tim)

S

Page 8: Tabloid Media Agro Juli 2015

TABLOID BULANANNo.106/Juli 2015 8

BERBAGI DAN

BERBAKTISetiap bulan Ramadhan, PTPN 7 melaksanakan berbagai kegiatansosial keagamaan berupa buka puasa bersama, safari Ramadhan,

dan tentu saja memberikan santunan kepada yatim piatu danmemberi bantuan kepada masjid dan mushola yang berada di desa-

desa sekitar lokasi perusahaan. Kegiatan dilakukan di semua unitusaha. Berbagi dengan sesama merupakan pelaksanaan berbakti

k e pada Tuhan dan kepada kehidupan sesama.

LENSA AKTIVITAS

Kegiatan safari Ramadhan dan pemberian santunan kepada anakyatim di Unit Rejosasi.

Kegiatan safari Ramadhan dan penyerahanbantuan kepada pengurus masjid dan santunankepada anak yatim di PG Bungamayang.

Penyerahan zakat dari karyawan PTPN VII kepada Badan Amil Zakat.

Ibu-ibu anggota IKI aktif melaksanakan pengajian selama Ramadhandi Masjid Baitunnabat Kantor Direksi.

Page 9: Tabloid Media Agro Juli 2015

9TABLOID BULANAN

No.106/Juli 2015

Tinjau BUMA danSUNGAILENGI

Direktur Utama PTPN VII meninjau Pabrik Gula Bungamayangbeberapa waktu lalu. Kunjungan tersebut selain untuk memotivasi

para pekerja, juga untuk memastikan kelancaran produksi.Termas u k memper tahankan dan meningkatkan capaian rendemen

agar tetap pada posisi tertinggi, yaitu rata-rata di atas 8 persen.Rombongan Dirut juga meninjau Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit

Sungailengi di Distrik Muaraenim.

Direktur Utama PTPN VII Kusumandaru N.S. mengadakan kunjungan ke PGBungamayang.

LENSA AKTIVITAS

Dirut meninjau loading ramp di UPKS Sule

Dirut memberikanpengarahan di arealAfd. II UKKS Sule

Dirut meninjaupabrik di UPKSSule

Page 10: Tabloid Media Agro Juli 2015

TABLOID BULANANNo.106/Juli 2015 10

WAWANCARA

ecara prinsip bagaimana kitabisa menampung air yangmelimpah pada saat musim

hujan dan pada saat k emarau airtersebut dapat dimanfaatkan untukmenyiram tanaman,” kata DirekturProduksi PTPN VII M. Natsir.

Sebab, tanaman selalu membu-tuhkan air, antara lain untuk pertubum-buhan vegetatif dan generatif daun,batang, dan akar, pembentukan buah,dan terutama sangat penting membantup en y e rapan un s u r hara pa da saatpemupukan. Berikut petikan wawancaratentang pentingnya manajemen air dankesehatan tanaman dengan DirekturProduksi M. Natsir.

Mengapa manajemen air menjadiprioritas?

Aset utama kita berupa tanaman.S e m u a m a k h l u k h i d u p , t e r m a s u ktanaman selalu membutuhkan air. Karenaitu, kita harus berupaya agar tanamanmendapat air yang mencukupi sepanjangtahun. Kita berada di wilayah dengan duaiklim. Pada musim hujan air berlimpah,sementara pada musim kemarau kitake k u rangan air. Jadi, prinsip darimanajemen air itu adalah bagaimana kitamenampung air pada musim hujan untukdimanfaatkan pada saat kemarau.

Memang untuk membangun prasa-rana penampungan air dan irigasinyamembutuhkan investasi yang besar.Karena itu , harus dilakukan secarabertahap. Kita sudah memulainya sejakbeberapa tahun terakhir, yaitu denganmerevitalisasi embung-embung dan mem-bangun irigasi, terutama di kebun tebu.

Pada tanaman tebu sebenarnya kitamemang membutuhkan pergantian duam u s i m t e r s e b u t . P a d a m a s ap e r t umbuhan tanaman , pa s mu s im

Manajemen Air danKesehatan Tanaman

Jadi Prioritashujan. Kemudian saat panen atau musimgiling pada mu sim k emarau un t u kk e m u d a h a n t e b a n g a n g k u t d a nsebagainya. Namun, pada musim panenitu sekaligus juga kita membutuhkan airuntuk tanaman tebu baru atau ratun.Inilah pentingnya manajemen air.

Untuk kebun tebu , s ebenarnyasudah ada juga jadwal tanam yangdisesuaikan dengan varietas , yaitumasak awal, tengah dan akhir. Masakawal dipanen pada bulan 4, 5, dan 6,masak tengah pada bulan 7, 8, dan 9,dan masak akhir pada bulan 10. Nah, diantara bulan 5 sampai 9 itu kitamembutuhkan air yang banyak. Denganpasokan air yang mencukupi, kesehatantanaman juga dapat terjaga.

Bagaimana dengan tanaman sawitdan karet?

Pada sawit, saat musim kemaraubanyak pelepah yang sengkleh. Hal iniakan mempengaruhi buah pada tahunberikutnya. Sebab, tanamanmembutuhkan waktu untuk memperbaikipertumbuhan daunnya. Akibat sengkleh,pada tahun berikutnya jumlah buahmenjadi lebih sedikit atau berattandannya berkurang.

Kalau mendapat air cukup, otomatistak perlu ada yang sengkleh. Tanamanakan tetap sehat dan produktivitasnyajuga bagus. Inilah mengapa tanamanper l u di siram pada saat k emarau .Kemudian pada karet, jika air mencukupimasa gugur daun atau terek juga bisadipercepat. Sehingga produksi getahjuga menjadi lebih cepat dan lebih baik.Begitu juga kebun teh. Perlu kecukupan

air agar menghasilkan pucuk yangberkualitas.

Apa bentuk program yang dilakukanuntuk pengelolaan air tersebut?

Secara bertahap kita melakukanrevitalisasi embung-embung dan penye-diaan prasarana irigasi. Karena memer-lukan investasi besar, memang diperlukankeberanian untuk melangkah. Selainrevitalisasi embung, kita juga memanfaat-kan kembali air limbah pabrik untuk tana-man.

Dalam bisnis perkebunan, kitaharus terus meningkatkan produktivitasagar mampu bersaing. Kita tahu hargakomoditas perkebunan sangat fluktuatif.Seperti sekarang ini harga kurang bagus.Satu-satunya jalan agar bisa bertahandan mampu bersaing, ya, meningkatkanproduktivitas. Kalau harga kita tak bisamengelola, tak bisa mengendalikan, jugatak bisa menentukan. Jadi, yang bisakita kelola adalah meningkatkanproduktivitas. Dengan produktivitas yangtinggi, kita bisa bersaing karena hargapokok menjadi lebih rendah. Misalnyadi t ebu , k i ta s u dah canangkanproduktivitas kebun 90 ton/ ha denganrata-rata rendemen 9 persen, sehinggagula hablur yang kita peroleh bisamencapai rata-rata 8 ton per ha. Jikatarget ini tercapai, harga pokok kitamenjadi lebih rendah, karena menjadilebih efisien.

Jadi, pengelolaan di kebun atau onfarm yang utama adalah mengupayakanketercukupan air pada tanaman dan jugap a d a k e s e h a t a n t a n a m a n . U n t u kmenghasilkan rendemen tinggi, bukan

anaman t ebu (Saccharumofficanarum L) m e r u p a k a ntanaman perkebunan semusimyang mempunyai si fat khusus ,

sebab didalam batangnya terdapat zatgula. Ada teknik pengairan dari tanamantebu di lahan kering, yaitu irigasi dengansistem tetes (dripping irrigation). Sistemirigasi tetes bisa menghemat biaya,jumlah pekerja, dan tentu saja terhadapmenurunya biaya produksi.

Sistem irigasi tetes ini sudahditerapkan di China dengan peningkatanproduksi sebesar 20ton per ha. Te b utermasuk jenis tanaman rumput . Agartanaman tebu mengandung kadar gulayang tinggi, harus diperhatikan musimtanamnya . Pada wak t u masih mu datanaman tebu memerlukan banyak airdan ketika mulai tua memerlukan musimkemarau yang panjang.

Sebagai tanaman asli (origin plant) daridaerah tropika basah, tebu digolongkan kedalam tanaman yang memerlukan air dalamjumlah banyak, namun peka terhadapkondisi lingkungan yang berdrainase buruk.

semata-mata pekerjaan pabrik, tapi yangterpenting adalah di kebun. Gula itudihasilkan oleh kebun, begitu jugaminyak sa wi t . Bar u s e lanj u tnyabagaimana meminimalisasi kehilanganatau losses pada saat pengolahan dipabrik.

Apa diperlukan sosialisasi khususkepada semua karyawan dalam halmanajemen air ini?

Sosialisasi bisa dilakukan kapandan di mana saja. Te r u ta m a pa d akegiatan field day-mill day. Ya n gterpenting saat ini kita semua harusmemulai dan melaksanakan bagaimanaagar aset utama kita, yaitu tanamanmendapat pasokan air yang cukup. Jugatak kalah penting bagaimana menjagakesehatan tanaman.

Seperti di karet, kita ada programuntuk kesehatan tanaman, yaitu denganmemberi kan v i tamin kh u s u s un t u kmencegah dan mengurangi penyakitKAS. Saya berharap semua karyawanterus menjalankan standard operatingprocedur, melaksanakan kultur teknissecara benar, selain terus berinovasiuntuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Saat ini kita memang sedangmenghadapi tantangan berat, boleh dikatadalam kondisi sulit. Tapi, janganlahmenyerah. Saat kita berpikir untukmenyerah, mari kita tengok ke belakang,ternyata sudah sangat jauh kita melang-kah, sudah sangat banyak yang kita laluidan lakukan. A pakah begitu mudah untukmenyerah? Jadi, mari kita terus dan terusmelangkah, terus memperbaiki diri, danterus berjuang. (tim)

Mengenal Irigasi Tetes pada Tanaman TebuTanaman ini relatif toleran terhadapcekaman air (water stress) sehingga padadaerah dengan curah hujan sekitar 1000mm/th tebu masih mampu bertahan.

Selain masa tanam yang tepat dantercukupinya makanan, faktor lain yangmenjamin keberhasilan budidaya tebuyaitu air dapat dikendalikan. Dalam artibila terjadi defisit air, tanaman tebu dapatdiberi tambahan air dari pengairan.Demikian sebaliknya, apabila terjadikelebihan air dapat dipatus.

Hasil penelitian menunjukkan untukmenghasilkan 1 kg tebu atau setaradengan 0,1 kg gula diperlukan sekitar100 kg air. Sedangkan untuk mempro-duksi 1 g berat tebu (segar), 1 g beratkering, dan 1 g gula, diperlukan airberturut-turut sebesar 50–60, 135–150,dan 1.000–2.000 g air.

Jumlah kebutuhan air sejalan denganumur tanaman tebu sangat bervariasitergantung pada fase pertumbuhan danlingkungan tumbuhnya (agroekologi).Secara garis besar fase pertumbuhantebu dibagi menjadi 4, yaitu: (1)

p e r k ecambahan (0 –5 mingg u ) , (2 )pertunasan (5 minggu–3,5 bulan), (3)pertumbuhan cepat (3,5–9 bulan), dan (4)pamasakan batang (~ 9 bulan). Puncakkebutuhan air pada tanaman tebu terjadipada fase pert umbuhan cepat , yaitumencapai 0,75–0,85 cm air/hari.

Irigasi bertujuan untuk menyuplai airbagi tanaman, merangsang pertumbuhant una s tanaman , dan mening ka t kankelembaban areal. Irigasi yang dilakukanyaitu irigasi terbuka pada saat sebelumbibit di-cover dan irigasi tertutup padasaat bibit sudah di-cover dengan lamairigasi 2 jam per perlakuan.

Alat yang digunakan untuk irigasib e r u pa big gun sprinkler. Biasanyairigasi dilakukan sebelum coveringsetelah bibit dicacah. Hal ini dilakukanaga r tanah yang d i g u na kan u n t u kmenutup bibit tetap lembab, dan diha-rapkan mampu menjaga kelembapanuntuk bibit sehingga dapat memacuperkecambahan tunas dengan baik.

Di lahan kering, air terbatas danpemanfaatannya harus efisien. Jumlah

air irigasi yang diberikan ditetapkanbe r da sa r kan k eb u t u han t anaman ,k emamp uan tanah menyimpan air, sertasarana irigasi yang tersedia. Ada d uasistem irigasi untuk lahan kering, yaituirigasi tetes (dripping irrigation) dan irigasicurah (sprinkler irrigation).

Un t u k p e ngg u naan a i r s e ca raefisien, irigasi tetes merupakan salahsatu alternatif. Ketersediaan sumber airirigasi sangat penting. Salah satu upayamencari potensi sumber air irigasiadalah dengan melakukan deteksi airbawah permukaan (groundwater) melaluipemetaan karakteristik air bawah tanah.

Cara ini dapat memberikan informasimengenai sebaran, volume, dan kedala-man sumber air untuk mengembangkanirigasi suplemen. Deteksi air bawahpermukaan dapat dilakukan

dengan menggunakan terameter.Kelebihan irigasi tetes: air yang

diberikan mendekati kesetimbangandengan kebutuhan air tanaman, me-minimumkan air larian dan perkolasi,

Dalam beberapa tahun terakhir PTPN VIImemprioritaskan perbaikan aset tanaman

dengan manajemen air dan kesehatantanaman. Secara bertahap di semua kebun

dibangun tempat-tempat penampungan air dansarana irigasi.

S“

T

Page 11: Tabloid Media Agro Juli 2015

11TABLOID BULANAN

No.106/Juli 2015

WAWANCARAudidaya tebu di lahank e r ing d i Lamp ungmenghadapi s e j umlahkendala, terutama sifat

tanah yang kurang sesuai untukp er t umbuhan tanaman semu-sim. Keberhasilan usaha budi-daya tebu di lahan kering jugadibatasi oleh faktor alam yangsulit dikendalikan. Salah satu-nya adalah iklim, terutama ber-kaitan dengan ketersediaan air.

Curah hujan memiliki jum-lah dan penyebaran yang tidakmerata dalam setiap tahunnya.Jumlah dan penyebaran curahhujan t er s ebut sangat ber-p e n g a r u h t e r h a d a p p e r t u m -buhan dan perkembangan tana-man tebu.

Pengelolaan air pada budi-daya tanaman tebu berkaitand engan k ebu t uhan air yangdisesuaikan dengan fase per-tumbuhan tanaman. Pada ma-sa pertumbuhan, tanaman tebubanyak memer l u kan air s e -dangkan menje lang t ua danpanen tidak memerlukan ba-nyak air.

P e n a n a m a n t e b u p a d alahan beririgasi dilakukan padamusim kering, sedangkan untuklahan yang pengairannya me-manfaatkan air hujan, penana-man dilakukan pada saat musimhujan.

Dalam kondisi jumlah airyang t e rbatas maka p e r l ud i l a k u k an p e n ga t u ran g u namelakukan optimasi pemanfaat-an air irigasi.

Ada dua asas yang dapatdigunakan dalam optimasipemanfaatan air irigasi, yaituasas prioritas dan asas pro-posionalitas . Asas priorita sartinya pemanfaatan air irigasididasarkan pada prioritas tana-man yang akan diairi, sementaraasas proposionalitas mengete-ngahkan bahwa penggunaan airdibagi secara proposionalantartanaman untuk mencarikombinasi optimumnya.

Sistem Irigasi Curah di Bungamayang

Pengaturan waktu tanamjuga harus disesuaikan dengankondisi iklim. Pengaturan tataw a k t u t a n a m y a n g k u r a n gcermat seringkali menimbulkanmasalah yang diakibatkankelebihan atau kekurangan airsehingga perlu dilakukan pe-ngelolaan air yang baik.

Sistem irigasi dilakukandengan tujuan pemberian danpenyimpanan air dalam profiltanah untuk tanaman. Untukmencapai k e s e ragaman p e r -tumbuhan tanaman, diperlukanpemberian air yang meratada lam s ua t u l u a san lahansehingga air yang diberikanmenjadi efisien.

Waktu pemberian irigasidipengaruhi oleh beberapa pa-rameter diantaranya fase per-tumbuhan tanaman, kebutuhanevaporasi , ketersediaan air,kapasitas sistem irigasi, buda-ya pemberian irigasi, nilaiekomomi tanaman , dan pra-kiraan cuaca.

Produktivitas tebu lahankering sangat dipengaruhi olehjumlah dan distribusi curahhujan setiap tahun. Di ProvinsiL a m p u n g s i k l u s m u s i m k e -marau panjang terjadi setiap 3sampai 5 tahun, yang menye-babkan rendahnya produktivitastebu pada musim tersebut.

Pada periode kering, bu-lan-bulan kering berlangsungselama 4–5 bulan yang me-nyebabkan tanaman tebu men-

p e n g e l o l a a n n y a m u d a h , s e m p r o t a nhama , panen , p emangkasan dan s e -bagainya dapat dikerjakan pada saatyang sama d engan i rigasi , da patmeningkatkan kualitas dan kuantitashasil panen sebagai akibat dari ke-mampuan irigasi tetes dalam meme-lihara tanah agar tetap lembab padadaerah perakaran.

Kekurangannya: sensitif terhadappenyumbatan , masalah yang palingbesar dari sistem irigasi ini

adalah penyumbatan pada emiterdan perkembangan akar terbatas.

Teknik Irigasi TetesBanyak teknik irigasi, tetapi yang

tepat untuk tanaman tebu adalah teknikirigasi tetes. Sistem irigasi ini sudahditerapkan di China, yaitu di areaperkebunan tebu milik Guangken SugarGroup, anak perusahaan Guang DongAgribusiness Corporation Group. Sistemirigasi dikontrol otomatis oleh komputer.Jaringan irigasi model dripping berada ditengah hamparan lahan tebu.

Sistem irigasi ini dapat memani-pulasi kebutuhan air pada tanaman

sehingga tidak hanya mengandalkan airdari hujan. Sistem ini juga membantupada masa pemasakan, yaitu pada saattanaman tebu membutuhkan sedikit airdan terkontol wakt u p emberian dandosisnya.

Menurut Wu Guizhou, Director For-eign Economic Office GDA, “Sistemirigasi ini mampu menjangkau danmengairi tanaman tebu seluas 30 hektardan beroperasi selama 18 jam, setaradengan curah hujan 30 mm per hari.”

Zhang Li Fu , Dep u ti KepalaProduksi dan Teknologi Zhanjiang StateFarm Bureau mengatakan irigasi ini padaprinsipnya bagaimana menyedot air daridalam tanah atau dari sumber lain, laludipompa untuk menyiram tanaman tebu.

Pengaplikasian teknik ini dengancara dii sepanjang bentangan pipa hori-zontal terdapat selang atau pipa kecilyang disusun vertikal dan dirancangkhu s u s . Ketika air bert e kanan me-lewatinya, langsung disemprotkan kesegala arah. Agar mampu menjangkaupengairan hingga 30 hektar di se -kelilingnya, bentangan pipa bisa diputar,dengan poros utama tetap pada saluranisap.

Sistem pemutarnya tidak meng-gunakan cara otomatis, tetapi mekanis.Ditarik oleh kendaraan yang dirancangkhusus . Ini dilakukan karena di se-panjang bentangan pipa, pada jarak 10-15

m e t e r, d i pasang tiang-tiangpenyangga beroda. Roda-roda itulahyang ditarik berputar, m e n j a n g k a uhamparan tanaman tebu.

Menurut Wu Guizhou , investasiyang dibutuhkan sekitar 1 juta yuan(Rp1,4 miliar) untuk peralatan danpenggalian sumur. Sistem irigasi bisamenggunakan tenaga listrik ataupungenerator berbahan bakar solar.

Dengan mengadopsi sistem irigasitetes, peningkatan produktivitas terjadisangat nyata. Kalau tanpa ada irigasi,tanaman tebu hanya mengandalkanpasokan air hujan.

Dalam situasi iklim tak menentus e p e r t i s e k a r a n g , i t u m e r u p a k a nhambatan. Sebelum ada irigasi sistemdrip ping , p rod u k ti vi tas p e r h e k tartanaman tebu di GSG hanya 90 ton perh e k tar. Dengan irigasi tersebut ,produktivitas bisa ditingkatkan hingga 110ton. (dari berbagai sumber)

derita (tercekam) akibat ke-kurangan air. Dampa k p e n u -runan produktivitas dari musimkering tersebut biasanya ber-langsung sampai tahun berikut-nya.

Salah satu langkah yangditempuh untuk menekan lajupenurunan produktivitas padamusim kemarau adalah denganmenyuplai air melalui irigasi.Langkah ini diikuti denganadanya penambahan j umlahalat irigasi yang cukup danpemilihan teknik aplikasi irigasiyang tepat serta pelestariansumberdaya air melal ui p e -ningkatan kapasitas embung-embung sebagai tandon air.

Di PG Bungamayang sis-tem irigasi yang digunakanadalah sistem curah (sprinklerirrigation systems) yang sesuaid engan kon d i s i lahan danketersediaan air di lahan. Irigasiyang d i t e ra p kan t e r s ebu tbersifat supplementary irrigationdengan sasaran aplikasi padafase perkecambahan bibit tebudan fase kritis pertumbuhanvegetatif tanaman di bulan-bulan kering.

Kelebihan irigasi curah(sprinkler irrigation) adalahpemakaian air lebih efisien,dapat digunakan untuk lahandengan topografi bergelombangdan kedalaman tanah terukur,cocok untuk tanah berpasiryang laju infiltrasi biasanyacukup tinggi, dan aliran per-mukaan dapat dihindari sehing-ga memperkecil kemungkinanterjadinya aerosi.

Pa da plant cane y a n gpenanamannya di lak u kan dibulan kering, irigasi diberikanpada saat tanam dan diulangs e t e l a h p em u p u k an s u s u l a n .S e m e n t a r a p a d a t a n a m a nraton, irigasi dilakukan setelah

B

p e m u p u k a n t u n g g a l a t a usetelah kultivasi yang biasanyamenggunakan ripper.

Tipe sprinkler irrigationyang diterapkan di Pg Bunga-mayang adalah portable gundan travelling gun. Penggunaansetiap tipe tersebut didasarkanpada sasaran aplikasi denganmempertimbangkan kerataancurah yang banyak dipengaruhioleh kecepatan angin pada saatoperasi.

Pada tanaman plant canedigunakan travelling gun yangkecepatan pergerakan sprinklergun da pa t d ia t u r s e s uaikeperluan. Alat ini dioperasikanpada malam hari saat angincuk up t enang dan penguapanair rendah.

Sedangkan pada tanamanraton yang risiko gagalberkecambahnya lebih kecildibandingkan dengan tanamanplantcane, c u k u p d i g u n a k a nportable gun, dengan curah airyang membentuk lingkaran danda pa t d i p in dah - p in dah kansecara manual setiap 2–3 jamsekali pada titik-titik yang telahditentukan.

Oleh karena ketersediaanair terbatas, pemberian airirigasi diprediksi sesuai dengankebutuhan tanaman. Penentuankebutuhan air untuk irigasididasarkan pada kondisi lengas

sprinkler irrigation

tanah dan data iklim harianyang meliputi curah hujan danevapotranspirasi.

Jumlah air yang diperolehberdasarkan perhitungan terse-but dikombinasikan dengan vol-ume sumber air yang tersediasehingga aplikasi irigasi diha-rapkan dapat dilakukan tepatjumlah dan sasaran aplikasi.

Rehabilitasi embungselain meningkatkan kapasitasd a n d a y a t a m p u n g n y a j u g amendapatkan tambahan arealkarena bentuk tandon air alamiyang semula tidak beraturanmenjadi beraturan. Arealtambahan ini dapat diman-faatkan untuk tanaman peng-hijauan.

Tanaman penghijaun diha-ra p kan mamp u menci p ta kaniklim mikro yang sedemikianrupa sehingga evaporasi air ditandon air dapat diperkecil.Dengan demikian kehilangan airakibat evaporasi tidak terlalubesar.

Kendala yang d ihadapida lam u pa ya m en ing ka t kankapasitas embung adalah biayayang mahal dan operasi yangsering terganggu oleh cuaca.S e t ia p t ah u n embung j u gaditumbuhi berbagai macamgulma air yang sangat lebat danm e m p e r c e p a t p e n d a n g k a l a nbagian dasarnya. (tim)

Page 12: Tabloid Media Agro Juli 2015

TABLOID BULANANNo.106/Juli 2015 12

WARTA

una saling minta danmemberi maaf sertamempererat tali silatu-rahmi antara pimpinan

dan kar ya wan s e r ta antarakaryawan dan karyawan, padahar i p e r tama mas u k k e r jasetelah libur bersama Hari RayaIdul Fitri 1436 Hijriyah, PTPN VIImenggelar halalbihalal, di ruangI Kantor Direksi, Rabu (21/7/2015). Kegiatan yang dimulaipukul 08.00 wib ini diikuti olehjajaran Direksi dan karyawan.

Meski kegiatan dilaksana-k a n s e c a r a s e d e r h a n a , t a km eng u rang i ma kna d an k e -khidmatannya. Direksi, Kabag,Manajer, dan seluruh karyawansaling bersalaman, berpelukan,saling minta dan memberimaaf. Inilah momentum palingbaik untuk makin memperbaikihubungan sebagai langkah awalmenjalankan tugas-tugas peru-sahaan setahun ke depan.

Dalam sambutannya Di-rektur Utama PTPN VII Kususmandaru N.S. mengata-kan kegiatan halalbihalal meru-pakan tradisi dan menjadisarana untuk saling memaaf-

Kembali ke Fitrah danSaling Memaafkan

kan. “Kita semua telah men-jalankan puasa selama sebulanRamadhan . Mu dah -m u dahankita m e n d a pat ampunan. Tapike salahan dan dosa antarasesama kita tak akan hapusjika di antara kita tidak salingmemaafkan,” tegas Dirut.

Dia berharap setiap pim-p i n a n d a n k a r y a w a n d a p a tmembuka hati un t u k mengi -khlaskan apa saja yang telahterjadi. Kemudian yang terpen-ting juga berupaya menjagaagar setiap diri tetap dalamkefitrian. “Dengan keikhlasandari setiap hati, semua ganjalanyang terjadi sebelumnya men-jadi hilang. Kita memulai lem-baran baru dalam menjalinhubungan dan terus menjagaagar tetap harmonis,” katanya.

Di antara para karyawanmemang s u dah be r t em u dans u d ah s a l i ng m emin ta d anmemberi maaf pada Lebaran.“Halalbihalal ini untuk mene-gaskan kembali pernyataansaling memaafkan di antarakita. Sebagai manusia kitamenyadari sering berbuat sa-lah, keliru, menyinggung pera-

ebanyak 50karyawan seta-ra Mandor Be-sar, Krani Ke-

pa la , d an ka r ya wansetingkat mengikutiujian kualifikasi calonAsisten Tanaman, diG e d u n g P e r t e m u a nKantor Direksi PTPNVII, Rabu sampaiJ u m a t ( 1 — 3 J u l i2015). Peserta ujian kualifikasi berasal dariseluruh unit kebun PTPN VII yang ada diwilayah Lampung, Sumatera Selatan, danBengk u l u .

K e pala Urusan Pusat Asesmen BagianSDM, Ina Hotria Sitompul, menjelaskankegiatan ujian kualifikasi dilaksanakan untukm e m e n u h i k e b u t u h a n k a r y a w a n s t r a t apengatur (staf atau asisten) di bidang tanamanyang berasal dari internal.

“Saat ini kebutuhan karyawan stratap enga t u r, khususnya di bidang tanaman ,c u k u p banyak dan mende sak . Sementararekrutmen dari eksternal belum bisa dilakukan.Oleh karena itu , manajemen memberikank e s em pa tan k e pa da ka r ya wan yang a dauntuk mengikuti kualifikasi,” katanya.

Kegiatan kualifikasi merupakan programrutin Bagian SDM yang dilaksanakan duatahun sekali (kualifikasi reguler). Terakhirdilaksanakan pada periode tahun 2013-2014.Kualifikasi reguler periode tahun 2015/2016dijadwalkan mulai Triwulan IV/2015 untukpersiapan kebutuhan karyawan dua tahunmendatang.

Namun pada kualifikasi periode tahunini, bidang Tanaman didahul u kan karenakebutuhan tenaga kerja di bidang itu memangm e n d e s a k . D e n g a n d i l a k s a n a k a n n y akualifikasi ini diharapkan jabatan yang

Ujian Kualifikasi CalonAsisten Tanaman

Setelah satu bulan menjalankan puasa Ramadhan dan memenuhi semuakewajiban serta ditambah dengan berbagai ragam amal kebaikan, tibalah umat

Muslim kembali menjadi fitri. Setelah semua dosa diampuni Allah SWT, tibalahsaatnya untuk saling memaafkan kesalahan dan dosa antara sesama.

saan dan sebagainya,” katanya.Meminta dan memberi

maaf akan lebih baik dilakukans e t e l a h m e n ya da r i a d an yakesalahan tersebut. Jadi, takm e s t i m e n u n g g u d a t a n g n y ahari raya. “Te tapi boleh jadibanyak hal yang tidak kitasadari s ebagai k e salahan ,s e h ingga ini lah momen t umyang baik untuk membuka tabirhati kita masing-masing,” tam-bahnya.

Da lam k e s em pa tan i t uK u s uman da r u j u ga m en yam -paikan bahwa saat ini tan-tangan p e r u sahaan s emakinberat dengan harga jual ko-

m o d i t a s y a n g s e d a n g l e s u .Meski demikian Direksi mem-beri apresiasi terhadap penca-paian yang telah diusahakanpara karyawan , t e r u tama disektor produksi.

“Mengingat tantangan se-makin berat, kita semua harusbekerja lebih baik lagi. Disam-ping itu kita juga harus dapatmenekankan penggunaan bi-aya secara optimal,” paparnya.Setelah ditempa selama Ra-m a d h a n , s e m u a k a r y a w a nhendaknya menjadi lebih kuatdan t e r u s be r s emangat , s e -hingga bekerja lebih baik untukhasil yang terbaik. (tim)

Gkosong di bidangTanaman saat ini bisaterisi semua, kata Ina.

Ia menje laskandalam kualifikasi ini adalima tahapan yangharus diikuti peserta.Tahap pertama SeleksiAdministrasi yang telahdilaksanakan selama 2minggu lal u . Ta h a pke d ua yakni Uji

Kompetensi Teknis (tertulis dan wawancara),tahap ketiga Asesmen Psikologis 1 (psikotestertulis dan wawancara, observasi indoor),ta h a p k e e m pat As e smen Psi ko logi s 2(observasi outdoor) dan tahap kelima Te sKesehatan.

Tahap ini (Uji Kompetensi Te k n i s ) ,tambah Ina, dilaksanakan oleh Tim Asesoryang terdiri dari tiga tim, yakni tim tanamansawit dan teh, tim tanaman karet, serta timtanaman tebu. Setiap tim terdiri atas tigaorang setingkat Asisten dan Asisten Kepaladari internal perusahaan.

Tim ini sudah memiliki pengalamansebagai Asesor, yang pada periode-periodekualifikasi sebelumnya telah melakukanproses uji kompetensi teknis bersama-samaLPP Yogyakarta dan LP2P3RI Cabang PTPNVII dan sekarang sudah siap melakukanproses Uji Kompetensi Teknis secara mandiridengan kualitas yang sama (penguasaankeahlian dan objektivitas dalam penilaian).

“Tahun ini mer u pakan p e r tama kalikuali fikasi yang dilaksanakan olehseluruhnya tim internal. Tim ini nantinya akanmembuat rekomendasi berdasarkan hasiltes t ulis dan wawancara untuk diusulkankepada Direksi dan selanjutnya diumumkanhasilnya kepada seluruh peserta kualifikasi,”papar Ina. (tim)

S

Page 13: Tabloid Media Agro Juli 2015

13TABLOID BULANAN

No.106/Juli 2015

ini berharap keenam pejabatyang baru dilantik dapat me-la k sanakan t u gas s ebaik -baiknya sebagai abdi negara.

Selain itu , dengan semakin lebarnyaorganisasi , diharapkan KementerianBUMN dapat menjalankan tanggungjawabnya tidak hanya sebagai pengawasBUMN, tetapi juga sebagai pengem-bang, pembina, dan berperan sebagaiagen pembangunan.

“Kemente rian BUMN d u l u t e r -konsentrasi pengawasan , namun kinip e m b i n a a n d a n p e n g e m b a n g a n .Kementerian BUMN ini dapat berfungsibukan hanya seperti perusahaan swastayang mencari keuntungan tetapi sebagai

WARTA

Menteri BUMN Lantik6 Pejabat Eselon I

agen pembangunan,” kata Rini.Rini mengatakan saat ini

Kementerian BUMN semakin dituntutuntuk memberikan kinerja dan pelayananpublik yang lebih baik. Dia berharap parapejabat eselon yang telah dilantik dapatmengemban tugasnya dengan baik.

“Saya harap pejabat yang barudilantik bisa berupaya lebih keras ,bekerja lebih cepat dan berpikir out ofthe box dalam menyokong kinerja BUMNdi tengah perubahan yang berjalansangat dinamis,” katanya.

Usai upacara pelantikanKementerian BUMN juga menggelaracara halalbihalal. Dalam acara tersebutMenteri BUMN Rini Sumarno mengaku

kaget ketika harus memberikan katasambutan. Pasalnya , menurut Rini ,acara halal bihalal dinilai tidak perlu for-mal . “Saya mohon maaf s eharu snyaacaranya rileks saja,” ujar Rini yangmengenakan batik hitam bermotif bunga.

Rini pun menyambangi satu per satupara direksi BUMN di tempat dudukmereka dan bersalaman. “Saya harapsilaturahmi saja , saya yang akanmenyalami bapak dan ibu, jadi tidakperlu berdiri,” kata Rini.

Adap un p e jabat e s e lon IKementerian BUMN yang dilantik:1. Edwin Hidayat Abdullah diangkat

sebagai Deputi Bidang Usaha Energi,Logistik, Kawasan dan Pariwisata,menggantikan pejabat sementara(Pjs) Dwijanti Tjahjahningsih.

2. Fajar Harry Sampurno dilantiksebagai Deputi Bidang Usaha

Pertambangan, Industri Strategisdan Media mengganti kan Pjs .Muhammad Zamkhani.

3. Pontas Tambunan dipercaya seba-gai Deputi Bidang Usaha Kons-truksi dan Sarana dan PrasaranaPerhubungan Kementerian BUMN,menggantikan Pjs. Gatot Trihargo.

4. Aloysius K. Ro ditunjuk sebagaiDeputi Bidang Restrukturisasi danPengembangan Usaha, menggan-tikan Gatot Trihargo.

5. Wahyu Kuncoro diangkat sebagaiDeputi Bidang Infrastruktur BisnisKementerian BUMN menggantikanPjs. Harry Susetyo Nugroho.

6. Hambra diangkat sebagai Staf AhliBidang Komunikasi Strategis danHubungan Industrial KementerianBUMN, yang sudah lama kosong.(dbs)

abu (08/07/2015) merupakan hari keduap e l a k s a n a a n w a w a n c a r a s u r v e i p e -nyusunan manual kearsipan KementerianBUMN terhadap unit kerja yang mempro-

duksi arsip di lingkungan Kementerian tersebut.Kegiatan tersebut berada dibawah komando

Biro Umum yang bekerjasama dengan Tim dariArsip Nasional RI (ANRI). Wawancara yangdilakukan di ruang rapat bagian PenerimaanDok um en i n i b e r t u j u an u n t u k m e n da pa t kangambaran arsip-arsip yang unit kerja produksis e h ingga Tim dari ANRI dapa t m e r u m u s k a npedoman kearsipan.

Selain wawancara, sejak tiga minggu lalu telahdilaksanakan penyortiran atau penataan arsip in-active yang hingga saat ini mencapai total 4.000meter linier. Namun di tahun 2015, Biro Umummenargetkan akan menyelesaikan 400 meter linierarsip dalam waktu 4 bulan ke depan.

Setelah dilakukan wawancara, maka akandibuat aturan, pengategorian, serta SOP pe-ngelolaan arsip yang saat ini masih tersimpan diunit kerja masing-masing. “Pada tahun 2016diharapkan Kementerian BUMN sudah memilikiuni t k e r ja Kear s i pan dan p un ya t empat p e -nyimpaan arsip yang sesuai standar ANRI. Denganbegitu memudahkan dalam mencari data. Untuksaat ini arsip masih berbentuk hard copy tetapiselanjutnya akan dijadikan digital arsip,” jelasIndriani Widiastuti , Kepala Biro Umum Ke-menterian BUMN.

Rangkaian proses pengarsipan yang dilakukanoleh Biro Umum Kementerian BUMN ini me-rupakan tindaklanjut dari rapat koordinasi denganArsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) padatanggal 24 Oktober 2014 lalu terkait pengelolaanarsip dan penyerahan arsip statis.

“Arsip itu tidak boleh dilihat sebelah mata,karena gagal atau berhasilnya suatu kementerian/lembaga itu dapat dilihat dari arsipnya,” ujar FaisalHalimi Kepala Bagian Administrasi KementerianBUMN.

Sosialisasi Financial Information SystemPada Selasa (07/07/2015) perwakilan dari

seluruh BUMN menghadiri pertemuan sosialisasiterkait Surat Edaran Menteri BUMN Nomor 03Tahun 2015 tentang Pemberhentian PenyampaianLaporan Berbasis Kertas.

Tata Kelola Arsip Kementerian BUMN

Pertemuen di ruang rapat lantai 21 KantorKementerian BUMN itu bertujuan agar BUMNm e n d u k u n g a k u r a s i d a n k e t e p a t a n w a k t upenyampaian laporan terkait rencana kerja danlaporan kinerja BUMN kepada Kementerian BUMNdan mengoptimalkan pemanfaatan sistem informasiyang telah dibangun oleh Kementerian BUMN.

Tercatat 8 item yang harus dilaporkan kepa daKementerian BUMN melalui Portal Financial Infor-mation System (FIS), yakni Laporan Tahunan Un-audited , Laporan Ta h u n a n Audited , La po ranManajemen Triwulanan dan Semesteran, DokumenRJPP yang telah disahkan, RKAP (usulan RKAP,RKAP yang disetujui, usulan revisi RKAP, RKAPrevisi yang disetujui), Dok/Laporan Penilaian Kinerja(KPKU, GCG, KPI dan Tingkat Kesehatan), LaporanPKBL (RKA, Triwulan I, II, III dan audited) , danLaporan berkala lainnya yang diperlukan olehMenteri/RUPS sesuai konten Sostem InformasiKementerian BUMN.

Kegiatan sosialisasi dipandu oleh Bin Nahadi,K e pala Bidang Analis Data dan Susi M. TariganKepala Bidang Sistem Informasi, yang dihadiri olehperwakilan 96 BUMN. “Jika ada keluhan terkaitaplikasi dapat langsung menghubungi Bu Susimelalui helpdesk, keluhan terkait template d a nkonten data dapat hubungi bagian analis data danmengenai verifikasi ditujukan ke deputi masing-masing,” katanya.

Kemnte rian BUMN mengambil k e p u t u sanberani dengan menghentikan penyampaian laporansecara tercetak. “Maka dengan senang hati danterbuka kami akan merespon jika ada keluhan atausaran dari bapak serta ibu,” jelas Bin Nahadi sebelummenutup kegiatan sosialisasi. (tim)

GUNA meringankan beban masyarakat dalammenghadapi Hari Raya Idulfitri, PTPN VII dan KopkarRuwai Jurai mengadakan penjualan gula murah denganharga Rp10.800 per kg. Penjualan gula di pasar murahdilaksanakan selama dua hari, yaitu Rabu dan Kamis(15-16/7/2015).

Lokasi penjualan dibuka di dua titik, yakni GeraiKopkar di Jalan Sultan Agung Wayhalim dan PasarWayhalim Bandarlampung. Sekretaris PerusahaanPTPN VII Sukarnoto mengatakan penjualan gula murahini digelar dalam rangka membantu masyarakat untukmemenuhi kebutuhan pokoknya menghadapi hari rayaIdul Fitri 1436 Hijriah.

Dalam penjualan gula ini PTPN VII menyediakan15 ton gula. “Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulianPTPN VII kepada masyarakat,” ujarnya. Diharapkanpenjualan gula murah ini dapat membantu masyarakatyang kurang mampu. Menurut Sukarnoto, pada tahunini PTPN 7 memang hanya menjual gula di pasar murah.

Sepekan sebelumnya , Presiden Jokowi meres-mikan secara simbolis Pasar Murah BUMN diLapangan Korem 062/Tarumanegara, Kota Garut, JawaBarat. Acara ini diselenggarakan oleh 7 BUMN di 190titik seluruh Indonesia.

Paket sembako yang disediakan BUMN dalampasar murah di seluruh Indonesia sebanyak 131.500paket dan masyarakat hanya membayar Rp 50.000per paketnya saja. Harga paket sembako ini jauh lebihmurah dari harga normal bila dibeli di pasar umum yangbisa mencapai Rp150.000. (tim)

Jual 15 Ton Gulauntuk Pasar Murah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno merombak jajaraneselon I di Kementerian BUMN dengan memasukkan sekaligus melantik enampejabat baru di Jakarta, Senin (27/7/2015). Pelantikan tersebut sesuai dengan

Keppres Nomor 120/M/2015 tanggal 24 Juli 2015.

R

R

Page 14: Tabloid Media Agro Juli 2015

TABLOID BULANANNo.106/Juli 2015 14

BinaROHANI

B egitu pula para sahabat, tabiin,dan salafus-shalih. Mereka biasamelepas bulan mulia ini denganpenuh keharuan. Ali Zainal Abidin

As-Sajjad, cicit Rasulullah Saw, selalumenangisi p e r p i sahan d engan Ra-madhan. Dengan berurai air mata beliaumengucapkan salam perpisahan padabulan yang agung ini.

Bulan yang menyertainya dalamketaatan dan pengabdian terindahkepada allah. Bulan yang menaburkanharapan hamba akan limpahan rahmatd a n a m p u n a n Allah. Bulan yang dida lamnya o rang -o rang sa l ehmembersihkan hati dengan air matata ubat dan p en y e sa lan . Simak lahrintihannya:

Selamat jalan,Wahai bulan yang hari-harinya

penuh kebaikan,Wahai waktu-waktu yang menyertai

kami dengan kemuliaanWahai bulan ketika harapan di

dekatkan dan amal-amal dihamparkanWahai sahabat yang kedatangannya

membawa kebahagiaan dan keper-giannya meninggalkan kepedihan

Wahai kawan yang membuat hatijadi lembut dan dosa-dosa berguguran

Wahai bulan yang menolong kamimelawan setan dan memudahkan kamimenapak jalan kebaikan.

Engkau datang membawa ke-berkahan dan membersihkan kami darikesalahan

Selamat jalan Ramadhan,Betapa panjangnya waktumu bagi

para pendurhakaBetapa mulia dan singkatnya

waktumu bagi hati orang-orang berimanSelamat jalan wahai yang dirindukan

sebelum kedatangannya,dan disedihkan sebelum

kepergiannya.Karenamu, banyak kejelekan

dipalingkan dari kamiKarenamu pula, banyak kebaikan

dilimpahkan kepada kami.Kini telah kita tinggalkan Ra-

madhan. Bulan yang telah membersih-kan jasmani dan menyucikan rohani kita.Mulai hari ini kita semua memikul bebanberat untuk mempertahankan kesucianini. Selama sebulan, Allah yang MahaMelihat menyaksikan kita bangun diwaktu dini hari dan mendengar rintihanistighfar kita.

Alangkah malangnya bila setelahhari ini Allah menyaksikan kita tidur lelapbahkan melewati waktu shubuh sepertibangkai tak bergerak. Selama sebulanbibir kita bergetar dalam doa, zikir, dankalam s uci Al-Quran. Alangkahcelakanya bila bibir yang sama itu laluk i t a g u na kan u n t u k m e n gg u n j i n g ,memfitnah, dan mencaci maki saudara-saudara kita.

Setiap malam, selama sebulan, kitateguhkan langkah kaki kita berjalan kemasji d un t u k me lak sanakan shalattarawih sampai belasan rakaat. Sungguhzalimya kita bila setelah hari ini, bahkanpanggilan adzan shalat fardhu pun kitaabaikan, masjid-masjid kita biarkankosong, dan shalat berjamaah tiada lagikita tegakkan.

Selama sebulan kita melaparkanperut kita dari makanan dan minumanhalal di siang hari. Relakah kita bilasetelah hari ini kita penuhi perut yangsama dengan makanan dan minumanyang subhat dan haram.

Selama sebulan telah kita kekanghawa nafsu kita, kita kerdilkan ia, kitakuasai dan kita ubah dia menjadi

Menjaga KesucianPasca Ramadhan

pelayan kita. Maka alangkah bodohnyaapabila setelah Idulfitri ini, kitatempatkan kembali hawa nafsu menjadiraja dan dan kita menjadi jongosnya.

Selama sebulan telah susah payahkita bilas dosa kita, telah kita sucikanpikiran dan hati kita, maka sungguhcelakanya apabila setelah Idulfitri inipikiran dan hati yang suci itu kitacemplungkan kembali ke dalam jelagadosa dan kemaksiatan. Hanya kerbauyang tidak punya akal saja yang kembalima s u k k e d a lam l um p u r s e t e l ah s ig embala be r s u sah pa yah member -sihkannya.

Bukankah Allah sudah menegur kita ,“Dan janganlah kamu seperti seorangperempuan yang menguraikan benang-nya yang sudah dipintal dengan kuat,menjadi cerai berai kembali, (An-Nahl92).

Dalam hadist, Nabi saw juga seringmengingatkan sahabat-sahabatnya:janganlah kamu menjadi seperti fulan,tadinya ia selalu bangun malam, tapisayang ia kemudian meninggalkannya.

Setelah Idulfitri ini, kita akan diujia pa kah k i ta t e rmas u k o rang yangdisebut Al-Quran dalam surat Al-A’laasebagai man tazakkaa wazakarasmarabbihii fashallaa (mereka yang istiqamahmenjaga k e s ucian d i rinya , s e la l um eng inga t T u hann ya , d an t e t a pmenegakkan shalatnya). Ataukah kitat e r m a s u k k e l o m p o k k e d u a , y a n gtu’tsiruunal hayaatad-dunyaa (dilenakankembali oleh kemilau kehidupan dunia).Apakah setelah Ramadhan berlalu kitatetap sebagai al-mar’aa (rumput yangsubur nan hijau) setelah disirami olehmata air k eber kahan Ramadhan .Ataukah rumput yang subur nan hijauitu perlahan layu , kering, mati danberubah menjadi ghutsaa’an ahwaa(sampah yang hitam dan bau).

Setelah hari ini kita akan diujiapakah kita termasuk golongan yangdisebut Rasulullah saw sebagai ash-shooim, yakni orang yang puasanyatelah mengubah dirinya menjadi lebihbertakwa, lebih syukur, lebih sabar, dan

lebih tawadhu.Atau sebaliknya, kita termasuk

golongan al-jawwaa’, yakni orang yangt i da k m en da pa t kan a pa p u n d a r ip uasanya kecuali hanya merasakanlapar dan dahaga. Puasanya tidakmemberi p e r ubahan apa p un padamentalnya, semangat hidupnya, sikap,dan perilakunya.

Termasuk golongan manakah kita?Jawabannya akan terlihat setelah Idulfitriini! A pabila kita semakin berhati-hatimenjaga seluruh anggota badan kita darikemaksiatan, tetap menjaga perut kitadari semua makanan yang subhat danharam, tetap mampu mengendalikangejolak hawa nafsu dari perbuatan yangdilarang, tetap istiqamah rukuk dan sujuddi ujung malam ketika banyak orangtertidur pulas, tetap menghidupkan hatidengan Al-Quran dan zikir, serta teta ppeduli terhadap penderitaan kaum fuqaradan masakin, insyaallah kita termasukkelompok ash-shoo’im.

Sebaliknya, bila hati kita kembalidipenuhi purbasangka, iri dengki, dandendam kesumat terhadap sesama; bilabibir kita kembali mengumbar caci-maki,gosip, dan fitnah; bila perut kita kembalidijejali makanan yang haram dan subhat;bila tangan kita kembali berbuat zalimkepada sesama; dan bila kita miskinempati dan kering kepedulian kepadakaum dhuafa , maka sudah pasti kitamasuk k e dalam ke lompok al-jawwa’,orang yang melaparkan diri saja. Tidaklebih tidak kurang.

Al-Quran menyebut orang-orangyang tidak bisa diperbaiki lagi, bahkandengan pelatihan Ramadhan sekalipun,sebagai al-asyqaa, yaitu orang yangcelaka. Firman Allah dalam Surah Al-A’la: 10-19, “Orang yang takut (kepadaAllah) akan mendapat pelajaran,sedangkan orang-orang yang celakaakan menjauhinya. (yaitu) orang yangakan memasuki api yang besar(neraka). Kemudian Dia tidak akan matidi dalamnya dan tidak (pula) hidup.Sesungguhnya beruntunglah orang yangmembersihkan diri, dan Dia ingat nama

Tuhannya, lalu Dia shalat. Tetapi kamu(tetap) memilih kehidupan duniawi. padahal kehidupan akhirat adalah lebihbaik dan lebih kekal. Sesungguhnya inibenar-benar terdapat dalam Kitab-Kitabyang dahulu, (yaitu) Kitab-Kitab Ibrahimdan Musa.”

Jamaah rahimakumullah,Agar kita semua tidak masuk ke

dalam kelompok ghutsaa’an ahwaa, al-jawwaa’ atau al-asyqaa, marilah pada harifitri ini kita semua bertekad untuk terusme-ramadhan-kan hidup kita, mewarnaihari-hari kita dengan nilai-nilaiRamadhan. Menghidupkan nilai-nilaiRamadhan maknanya:· Jadikan hati yang bersih sebagai

panglima yang memandu anggotabadan dan pikiran kita. Janganbiarkan hawa nafsu dan syetanl e l uasa mengendali kan ki ta .Tundukkan hawa nafsu dan syetandengan disiplin beribadah danmembang un k e d e ka tan d e nganAllah, pelindung kita.

· Jauhi harta yang haram. SelamaRamadhan kita telah berpuasa dariyang halal, maka tidak ada alasanlagi untuk mengambil yang haram.Harta haram adalah khobaa’is( k o to ran ) y ang a kan m e r u sa kjaringan tubuh dan otak kita ,menump u l kan hati k i ta , meng-hanc u r kan k e l ua rga k i ta danmen j e r um u s kan ma s ya ra ka t k elembah kehinaan.

· Te tap lah p e d u l i dan ber empatik e p a d a k a u m d h u a f a . K a r e n ak e d e r m a w a n a n (as-sakhawah)akan mengangkat derajat kita ket e m pat tertinggi di sisi Allah,santuni anak yatim, berdayakankaum fakir miskin, dan belalah or-ang-orang yang tertindas danterzalimi. Insyaallah, hidup kitaterjaga dan mulia.

· Biasakan belajar dan bekerja keras,tekun , pantang menyerah , penuhdisiplin, dan pandai memanfaatkanwakt u s e e f e k ti f dan s eprod u k ti fmungkin. Kemajuan hidup, agama,dan bangsa hanya bisa diciptakanbila kita semua mau mengubah dirimenjadi pribadi-pribadi unggul(penampilan, karakter, prestasi).Pribadi-pribadi yang bermentalpositi f ( tidak hanya berkeluhkesah), produktif (tidak konsumtif),dan kontributif (tidak menjadibeban).

· Tetaplah dalam jamaah. Beribadah,b e r m u a m a l a h , m a u p u n b e r s i -yasah, lakukanlah secara berja-maah. Tidak ada hal yang tidakmungkin di w u j u d kan bila ki taberjamaah. Sebatang lidi akankesulitan menghela sehelai daun.Tapi seikat sapu lidi akan mampumembersihkan halaman. Bangsakita terpuruk dan termarjinalkannasibnya karena sulit bersatuhampir dalam segala hal. Sehinggam u d a h d i a d u d o m b a d a ndiceraiberaikan. Padahal denganberjamaah , bersatu -padu akanmembuat kita lebih kuat dan takterkalahkan.

Semoga Allah SWT m e m a s u k k a nkita semua ke dalam golongan orang-orang yang takut pada peringatan-Nya,y ang s e l a l u m eme l i ha ra k e s u c iandirinya, dan selalu memilih kenikmatanakhirat yang lebih baik dan lebih kekal.Amin. (*)

Oleh H. Saifuddin,Guru TK & SD Sekolah Islamic Village Tangerang.

Baru saja kita tinggalkan Ramadhan; bulan penuh rahmat, berkahdan ampunan. Rasulullah SAW selalu melepas bulan Ramadhandengan penuh kesedihan. Seperti tak ingin berpisah dengannya,

beliau sujud dan merintih dengan doa-doa yang panjang. Derai airmata tiada henti membasahi wajahnya nan mulia.

Page 15: Tabloid Media Agro Juli 2015

15TABLOID BULANAN

No.106/Juli 2015

MOTIASISang dokter bercerita:

Pada suatu hari (Selasa)ak u me lak u kan ope rasi padas eorang anak ber u s ia 2 ,5tahun. Pada hari Rabu, anaktersebut berada di ruang ICUd a l a m k e a d a a n s e g a r d a ns e ha t . Kemu d ian pa da ha r iKamis pukul 11:15 (aku tidakmel u pakan wak t u ini kar enapentingnya kejadian tersebut)tiba-tiba seorang perawatmengabariku bahwa jantungdan pernapasan anak tersebutberhenti bekerja.

A k u p u n b e r g e g a s m e -nemui anak tersebut, kemudianmelak u kan p rose s k e j u t jan-tung yang berlangsung selama45 menit. Selama itu jantung-nya t i dak ber f ung si , namunsetelah itu Allah SWT men en -tukan agar jantungnya kembaliberfungsi. Alhamdulillah.

K e m u d i a n a k u m e n g a -barkan keadaan anak itu ke-pada keluarganya. Betapa sulitmenyampaikan hal itu kepadakeluarganya jika ternyata kon-disi anak itu buruk. Ini adalahhal tersulit yang harus dihadapiseorang dokter. Tetapi menjadik e h a r u s a n u n t u k m e n y a m -paikan.

Akupun mencari ayah sianak , ta p i a k u t i da k men -d a patinya. Aku hanya menjum-pai ibunya, lalu aku katakan,“Penyebab berhentinya jantungputramu dari fungsinya adalahakibat pendarahan yang adapada pangkal tenggorokan dankami tidak mengetahui penye-babnya. Aku kira otaknya telahmati.”

Mendengar hal itu, apakahsang ibu berteriak, histeris, danberkata, “Engkaulah penyebab-nya!” Tidak. Dia tidak berbicarayang bur u k , malah ber ucap ,“Alhamdulillah.” Kemudian diapergi meninggalkanku.

Se p u l uh hari ber lal u ,mulailah sang anak bergerak-gerak. Kamipun memuji AllahS W T s e r t a m e n y a m p a i k a nkabar gembira kepada sang ibubahwa keadaan otak anaknyatelah berfungsi. Namun, padahari ke-12, jantungnya kembaliberhenti bekerja disebabkanoleh pendarahan tersebut.

Kami pun melakukan pro-ses kejut jantung selama 45menit , dan jantungnya tidakbergerak. Maka aku p un me-ngatakan kepada ibunya, “Kaliini menurutku tidak ada harapanlagi.” Mendengar itu sang Ibuberucap, “Alhamdulillah, ya Al-lah jika dalam kesembuhannyaada kebaikan, maka sembuh-kanlah dia wahai Rabb.”

Tak lama kemudian jan-tung anak itu kembali berfungsi.Te tapi setelah itu jantungnyakembali berhenti sampai 6 kalihingga dengan ketentuan AllahSWT spesialis THT berhasilmenghentikan pendarahan danjantungnya kembali berfungsi.

Berlalulah hingga 3,5bulan dan anak tersebut dalamkeadaan koma, tidak bergerak.Setiap kali mulai bergerak diat e r k e na s emacam p embeng -ka kan be rnanah an eh yangbesar di kepalanya, yang aku

Kisah Sabar yang PalingMengagumkan

belum pernah melihat semi-salnya. Maka kami katakank e pa da sang ibu bah wa p u -tranya akan meninggal.

Jika dia bisa selamat darikegagalan jantung yang beru-lang-ulang, sepertinya dia tidakakan bisa selamat dari pem-bengkakan di kepalanya. Sangibu hanya berucap: alhamdilillahdan berlalu. Setelah itu kamim e l a k u k a n u s a h a d e n g a nmelaku kan operasi otak danu rat s yara f s e r ta ber u saham e n y e m b u h k a n s a n g a n a k .Tiga minggu kemudian, dengankarunia Allah SWT, dia sembuhdari pembengkakan tersebut ,meski dia belum bergerak.

D u a m i n g g u k e m u d i a n ,darahnya terkena racun anehyang menjadikan suhunya 41,2derajat C. Kukatakan kepadasang ibu, “Sesungguhnya otakputra ibu berada dalam bahayabesar, saya kira tidak adaharapan sembuh.”

Mendengar hal i t u , d iab e r u c a p d e n g a n p e n u hk e s abaran d an k e y a k i nan ,“Alhamdulillah, ya Allah, jikapada kesembuhannya terdapatkebaikan, maka sembuhkanlahdia.” Selama 23 tahun bekerjad i r umah sa k i t a k u be l umpernah melihat dalam hidupkuorang sabar seperti ibu ini.

Setelah manangani pasienyang terbaring di atas ranjangn o m o r 5 i t u , a k u m e n e m u ipasien lain yang terbaring diranjang nomor 6 untuk menga-nalisisnya, karena sang ibupa s i e n nomo r 6 m enag i shisteris dan berteriak, “Wahaid o k t e r, k ema r i , s u h u ba dananak saya 37,6 derajat C, diaakan mati, dia akan mati!”

Lal u k u ka takan k e pa da -nya, “ Hai Ibu. Lihatlah pasienyang terbaring di ranjang nomor5 itu suhu badannya 41 derajatC lebih , s ementara ibunyabersabar dan memuji Allah.”Maka berkomentarlah ibu pa-sien nomor 6 itu, “Wanita itutidak waras dan tidak sadarbahwa anaknya dalam bahaya!”

Selang bebe rapa wa k t us e t e lah i t u pasien nomor 5mengalami gagal ginjal, makakami katakan kepada sang ibu,“Sepertinya tidak ada harapankali ini, dia tidak akan selamat.”Maka dia menjawab dengansabar dan bertawakkal kepadaAllah: alhamdulillah, serayameninggalkanku seperti biasa.

Sekarang kami memasukiminggu terakhir dari bulank e empat , dan anak t e r s ebu tt e lah t e r s embuhkan dari

k e r a c u n a n . K e m u d i a n s a a tmemasuki pada bulan kelima,dia terserang penyakit anehyang a k u be l um p e rnah me -lihatnya selama hidupku , ra-dang ganas pada selaput pem-bungkus jantung di sekitar dadayang mencakup tulang-tulangda da dan s e l u r u h da e rah d isekitarnya.

Keadaan ini memaksakuun t u k membuka dadanya dante r pak sa membiarkan jan-t ungnya dalam keadaan ter -buka. Jadi, terlihat jantungnyaberdenyut di hadapan kita. Saatkondisi anak tersebut sampaipada tingkatan ini aku berkatakepada sang ibu, “Sudah, yangini tidak mungkin disembuhkanlagi , aku tidak berharap.Keadaannya semakin gawat.”

Diap un be r u ca p :alhamdulillah sebagaimanakebiasaannya, tanpa berkataapa pun selainnya. Kemudianberlalulah 6 ,5 bulan, anakt e r s ebu t k e l uar dari r uangoperasi dalam keadaan tidakberbicara, tidak melihat, tidakmen d engar, dan tidak bergerak.S e m e n t a r a d a d a n y a d a l a mk e a d a a n t e r b u k a y a n g m e -mungkinkan kita melihatj a n t u n g n y a b e r d e n y u t , d a nibun ya lah yang membant umengganti alat-alat bantu dijantung itu dengan penuh sabar.

Apakah yang terjadi se-telah itu? Kami para dokter dariawal p e simisti s dapat mem-bantu kesembuhan anak yangtelah melalui segala macamujian berat, hal gawat, rasa sakitdan beberapa penyakit yanganeh dan kompleks .

Ta h u k a h Anda apa yangterjadi terhadap anak itu?Berkat rahmat Allah SWT anakt e r s e b u t s e m b u h s e m p u r n a .Sekarang anak tersebut telahdapat berlari dan dapat me-nyalip ibunya d engan k e d uakakinya, seakan-akan tidak adas e s u a t u p u n y a n g p e r n a hmenimpanya. Dia telah kembalis e p e r t i s e d ia ka la , da lamkeadaan sembuh dan sehat.

Itulah balasan dari AllahSWT terhadap sang ibu yangshalihah. Ibu yang menghadapisang putra berada di ambang

k ub u r, tetap bersabar karenadia tidak punya kuasa apa-apak ec ua l i han ya be r doa danmerendahkan diri kepada AllahSWT.

Kisah ini tidaklah berhentis a m pai di sini. A pa yang mem-buatku menangis bukanlah ini,y a n g m e m b u a t k u m e n a n g i sadalah apa yang terjadikemudian. Satu setengah tahunsetelah anak tersebut keluardari r umah saki t , s eo rangkawan di bagian operasimengabarkan kepadaku bahwaada seorang laki-laki bersertaistri bersama dua orang anakingin bertemu denganku. “Si-a pakah mereka?’ Tanyaku. Diamenjawab, “ Aku tidak menge-nal mereka.”

Aku p un menemui mereka .Ternyata mereka adalah ayahdan ibu dari anak yang dulukami operasi. Umurnya seka-rang 5 tahun seperti bungadalam keadaan sehat, seakan-a kan t i da k p e rnah t e r k enap en ya k i t a pa p u n , d an j u gabersama mereka seorang bayiberumur 4 bulan.

A k u m e n y a m b u t m e r e k adan bertanya kepada sang ayahdengan canda t entang bayibaru yang digendong sang ibu,apakah dia anak yang ke-13atau 14? Diapun melihat ke-p a d a k u d e n g a n s e n y u m a naneh, kemudian berkata, “Inianak yang kedua , sedang anakpertama adalah yang dulu Andaoperasi. Dia adalah anak perta-ma yang datang kepada kamisetelah 17 tahun kami menanti.Setelah kami diberi rezekidengannya, dia tertimpa penya-kit seperti yang telah A n d aketahui sendiri.”

Aku tidak mampu mengua-s a i j i w a k u , k e d u a m a t a k upenuh dengan air mata. Ta n pasadar aku menyeret laki-lakitersebut masuk ke r uangankudan bertanya tentang istrinya.“Siapakah istrimu itu , yangmampu bersabar atas kondisip u t ranya yang bar u da tangs e t e lah 17 tah un man d u l?Tentulah hatinya bukan hatiyang gersang, melainkan hatiyang subur dengan keimanank e pada Allah SWT?”

S a n g s u a m i m e n j a w a b ,“Aku menikahinya 19 tahunyang lalu. Sejak masa itu diat i da k p e rnah meninggal kanshalat malam kecuali pada saatu z u r s y a r’i. Aku tidak pernahmenyaksikannya menggunjing,adu domba, tidak juga dusta.Jika aku keluar dari rumah ataua k u p u l a n g k e r u m a h , d i a

m e m b u k a k a n p i n t u u n t u k k u ,m e n d oa kan k u , m e n yambu t k u ,serta melakukan tugas-tugas-nya dengan segenap kecintaan,tangg ung ja wab , dan ka s ihsayang.”

Sang s uami men y emp u r -nakan ceritanya dengan ber-kata, “Wahai dokter, d e n g a ns e g e n a p a k h l a k d a n k a s i hsayang yang dia berikan ke-p a d a k u , a k u t i d a k m a m p uu n t u k m embu ka sa t u ma ta k uterhadapnya karena malu.”

M a k a k u k a t a k a n k e p a -danya , “Wanita seperti diaberhak mendapatkan perlakuandarimu seperti itu.” Kisahselesai.

S a u d a r a - s a u d a r i k u ,kadang ki ta t e rhe ran-he rand engan k i sah t e r s ebu t , t e r -h e ran -h e ran t e rhadap k e sa -baran wanita tersebut . Ke-tahuilah bahwa beriman kepadaAllah SWT dengan s egenapkeimanan dan tawakkal kepa-d a - N y a d e n g a n s e p e n u h n y a ,serta beramal shalih adalahp e r k a r a y a n g m e n g o k o h k a ns eorang mu s l im saat da lamk e s u s a han d an u j ian . K e -sabaran yang demikian adalahsebuah taufik dan rahmat dariAllah SWT.

Allah SWT berfirman, “Dansungguh akan Kami berikanc o b a a n k e p a d a m u , d e n g a nsedikit ketakutan, kelaparan,k e k u rangan har ta , j i wa danbuah-buahan. Dan berikanlahberita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpamu s ibah , m e r e ka meng ucap -kan: Inna lillaahi wa innaa ilaihiraaji’uun. Mereka itulah yangm e n d a p a t k e b e r k a t a n y a n gs em p u r na d an r a hma t d a r iT u h a n m e r e k a , d a n m e r e k aitulah orang-orang yangm e n d a pat petunjuk.” (QS. Al-Baqarah: 155-157)

Nabi Muhammad SAWbersabda, “Tidaklah menimpas eo rang m u s l im a pa sa jakeletihan , sakit , k ecemasan ,d an k e s e d i han , t i da k j u gag a n g g u a n d a n k e s u s a h a n ,hingga duri yang menusuknya,kecuali dengannya Allah SWTakan menghap u s k e sa lahan -kesalahannya.” (HR. al-Bukhari).

Ma ka , w a ha i s a u d a ra -saudariku, mintalah pertolong-a n k e pa da Allah SWT, mintadan berdoalah hanya kepada-Nya untuk berbagai kebutuhan.Bersandarlah kepada-Nya da-lam keadaan senang dan s u -sah. Sesungguhnya Dia adalahsebaik -baik p e lind ung danpenolong.

M u d a h - m u d a h a n AllahSWT membalas k i ta s em uadengan k ebaikan , s e r ta ja-nganlah melupakan kami daridoa-doa kalian. “Ya Tu h a nkami, limpahkanlah kesabarankepada kami dan wafatkanlahkami dalam keadaan berserahdiri (kepada-Mu).” (QS. Al-A’raf:126).

(http://www.blogger.com/img/blank.gifR: ditulis oleh Mamduh Farhanal-Buhairi dari certita di kaset AsbabMansiah atau Sebab-Sebab yangTerlupakan).

Prof. Dr. Khalid al-Jubair, penasihat spesialis bedah jantung dan urat nadi diRumah Sakit Al-Malik Khalid di Riyadh, menguraikan sebuah kisah pa da

seminar yang bertajuk “Asbab Mansiah” atau Sebab-Sebab yangTerlupakan. Mari sejenak kita baca dan renungkan, karena dalam kisah

tersebut terapat nasihat dan pelajaran yang sangat berharga.

Page 16: Tabloid Media Agro Juli 2015

TABLOID BULANANNo.106/Juli 2015 16

MENGUCAPKAN

DEWAN KOMISARI, DIREKSI, MANAJER, STAF, DAN SELURUHKARYAWAN PT PERKEBUNAN NUSANTARA VII

SELAMAT HARI RAYAIDUL FITRI 1436 H

Minal Aidin wal FaidzinMohon Maaf Lahir dan Batin