Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

16
ACFTA Kado Pahit di Awal Tahun “Tahun Baru mestinya lahir dengan harapan- harapan baru. Tapi, tak demikian dengan ka- langan pengusaha, khususnya usaha kecil dan menengah (UKM). Pemberlakukan perdagangan bebas yang disebut ASEAN-China Free Trade Agreement atau ACFTA yang dimulai per 1 Janu- ari 2010 seolah bagaikan kado pahit bagi mereka.” halaman 3.... Menumpuk Koin dari Laundry Kiloan 6 10 SEKTOR Berpotensi Terhadang AFTA 4 STRES KARENA BEBAN KERJA halaman 11 WEDING ORGANIZER PERLuKAH? halaman 8 Perbaiki Kualitas dan Kuantitas Produk, Jualan Lewat Internet Nurul Indah Khasanah ST, Pengusaha Abon Ikan Tuna PESONA PESONA PASIR PUTIH BARON DAN PASIR PUTIH BARON DAN KRAKAL KRAKAL halaman 10 halaman 10 SARAPAN PERLUKAH? halaman 11 SEREMONIA 7 Edisi Perdana Bulan Maret 2010 BULANAN

description

Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

Transcript of Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

Page 1: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

ACFTA Kado Pahit di Awal Tahun

“Tahun Baru mestinya lahir dengan harapan-harapan baru. Tapi, tak demikian dengan ka-langan pengusaha, khususnya usaha kecil dan menengah (UKM). Pemberlakukan perdagangan bebas yang disebut ASEAN-China Free Trade Agreement atau ACFTA yang dimulai per 1 Janu-ari 2010 seolah bagaikan kado pahit bagi mereka.”

halaman 3....

Menumpuk Koin dari Laundry Kiloan 6 10 SEKTOR

Berpotensi Terhadang AFTA 4

STRES KARENA BEBAN KERJAhalaman 11

WEDING ORGANIZERPERLuKAH?halaman 8

Perbaiki Kualitas dan Kuantitas Produk, Jualan Lewat Internet

Nurul Indah Khasanah ST, Pengusaha Abon Ikan Tuna

PESONAPESONAPASIR PUTIH BARON DAN PASIR PUTIH BARON DAN KRAKALKRAKALhalaman 10halaman 10

SARAPANPERLUKAH?halaman 11

SEREMONIA 7

Edisi PerdanaBulan Maret 2010 BULANAN

Page 2: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

4Edisi BulanMaret 2010

Pemimpin Umum: Rachmad Ali Wakil Pemimpin Umum: Tedy Alamsyah

Pemimpin Redaksi : H. Herwoto

Staf Redaksi: Joni, Hari, Utik, RuliSekretaris Redaksi: Titie, Sarah Design & Artistik: Danang Wicaksono Ardhi, S. Widodo

Pemimpin Perusahaan: Feri A.K PribadiWakil Pemimpin Perusahaan: Sriyono

Iklan: H. HerwotoMarketing Office: Jl. Balirejo 12AMuja-Muju, Yogyakarta 55165Telp. : (0274) 741 9295, 081227491336Sirkulasi: Asra’i Keuangan: SyabriProduksi: Kustanto Dwi Widodo

Penerbit: Danagung Press

Telepon: (0274) 7113095Fax: (0274) 497670Sms: 0811292299Email: [email protected] iklan: [email protected]

Wartawan Spirit Bisnis dilarang menerima uang maupun barang dari sumber berita.Wartawan Spirit Bisnis dilengkapi kartu pers selama bertugas

Euforia Facebook jangan sampai melupakan identitas bangsa.

SALAM REDAKSI

Kriwoel

Terbit Perdana Tabloid Spirit Bisnis

Dari Pembaca..

Salam sejahtera

Puji syukur kami haturkan kepada Tuhan YME. Atas petunjuk

dan kemudahan dariNy-alah, media Tabloid Spirit Bisnis edisi perdana ini bisa terbit. Kehadiran media ini, kami harapkan dapat menjadi alternatif pilihan bacaan ditengah makin maraknya berbagai media bagi masyarakat. Sebagai bacaan yang mengusung semangat kewirausahaan dan bisnis, kami berusaha menyuguhkan berbagai ru-brikasi yang sekiranya bu-kan hanya menjadi bahan bacaan menarik, tapi sekal-igus mampu menginspirasi dan mendorong munculnya semangat kewirausahaan di kalangan pembaca.

Diantara rubrikasi terse-but adalah Modal Dengkul, Lifestyle, Melancong, serta Inspirasi Usaha. Selanjut-nya untuk menambah war-na dan variasi isi, kami juga menyediakan rubrik kes-ehatan dan psikologi, serta bursa kerja. Sebagai media yang masih baru, tentu ma-

sih banyak kekurangan dan kekurangsempurnaan. Untuk itu, kami dengan senang hati membuka diri untuk segala masukan, kri-tik dan saran yang bersi-fat membangun. Kami menyadari sepenuhnya, untuk pembacalah kami hadir, sehingga kami ha-rus bisa memahami dan mengerti apa yang dibu-tuhkan oleh pembaca.

Akhir kata, kepada ma-syarakat Yogyakarta dan sekitarnya serta seluruh pembaca, kami mohon izin dan kulo nuwun un-tuk hadir ikut mewarnaidunia media di Yogya-karta dan sekitarnya. Ti-dak lupa kami juga mo-hon doa restu, supaya apa yang menjadi harapan dan cita-cita kami seb-agaimana visi media ini, bisa terwujud.

Salam Redaksi

H. Herwoto

Salam…Wah… kejutan. Akhirnya ada juga tab-loid bisnis yang terbit dari Jogja.Isinya juga lokal banget. Ini yang kita harapkan. Moga-mogaedisi-edisi berikutnya makin sempurna.Selamat.!!Asto—Pakem

Ikut senang atas terbitnya Tabloid Spirit Bisnis. Moga makin mantap,berkembang dan jaya. Boleh dong….ada rubrik yang bisa mengakomodasikiriman tulisan dari luar.Kita pengin ikut urun nih.Hesti.—Bantul

Selamat-selamat!!!. Semoga tabloid Spirit Bisnis ini bisa menjadimedianya orang-orang bisnis dan wi-rausaha di DIY dan sekitarnya.Rubriknya boleh nambah nggak?. Ma-kin lengap makin sip tuh.Asnawi—Bantul

Mas dan mbak redaksi, boleh tidak kita ikut nyumbang tulisan atauartikel?. Saya kirim lewat alamat email yang tercantum di Tabloid sajaya?. Semoga bisa diterima. Makasih.Rina – Sleman

Mau tanya nih. Kalau kita ingin ikut menjadi agen sirkulasi tabloidini, caranya agaimana ya?. Kita bisa menghubungi kemana?. Apakah kealamat redaksi atau bisa ke agen ter-dekat?. Saya kebetulan tinggal diMoyudan.Agus—Moyudan

2Edisi BulanMaret 2010

Alamat: Jl. Solo Km. 11 Yogyakarta

Page 3: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

3Edisi BulanMaret 2010

Penerapan ACFTA di khawatirkan bakal

menghancurkan industri nasi-onal. Sebab, tarif bea masuk barang-barang dari Cina ke ASEAN, khususnya Indonesia menjadi nol persen. “Kondisi itu, akan mengancam industri kita karena produk Cina yang terkenal murah akan menjadi saingan terberat produk kita,” kata pengamat ekonomi Faisal Basri suatu ketika di Jogja.

Tak hanya itu. Penera-pan ACFTA juga akan me-micu pemutusan hubungan kerja (PHK) massal. Akibat kebijakan pemerintah mer-atifi kasi ACFTA, diperki-rakan seperempat dari 30 juta tenaga kerja akan kehilangan lapangan kerja, yaitu 7,5 juta pekerja.

Djimanto, Ketua Asosiasi Penguasa Indonesia didam-pingi Faisal sempat meminta DPR agar mengajukan hak angket atas penerapan ACFTA. Menurut dia, nilai kerugian pemberlakuan ACFTA bisa mencapai lebih dari Rp 6 trili-un, alias lebih besar dari kasus Bank Century. Pasalnya jelas, ratusan ribu pegawai terancam tidak bekerja. “Harusnya yang seperti ini (ACFTA), yang dijadikan hak angket. Jangan hanya Century,” ucap Faisal.

Menurut Faisal, Indone-sia belum siap menghadapi perdagangan bebas karena memiliki daya saing yang rendah. Berdasarkan catatan International Institute for Managemenet Development dalam World Competitiveness Yearbook 2006-2008, daya In-donesia merosot ke peringkat 52 dari 55 negara. Bahkan, versi World Economic Forum menyebutkan daya saing In-donesia berada di peringkat 54, lebih rendah dari Singa-pura, Malaysia, dan Thailand. “Bagaimana mau bersaing, kalau daya saing kita saja menempati posisi nomer dua dari belakang,” ujar Faisal.

Sri Adiningsih menyarank-an pemerintah menegosiasi ulang kesepakatan perdagan-gan bebas, terutama untuk sek-tor-sektor yang belum siap. Di sisi lain, tambah Kepala Pusat Studi Asia Pasifi k Universitas

ACFTA Kado Pahit di Awal Tahun

Gadjah Mada ini, pemerintah harus menyiapkan industri domestik agar bisa lebih kom-petitif dengan produk Cina. Termasuk di antaranya, den-gan cara memberikan kemu-dahan dalam bentuk pendan-aan atau lainnya.

Menurut Adiningsih, ban-yak pekerjaan rumah yang harus dilakukan pemerintah guna meningkatkan daya sa-ing industri nasional. Ia juga mengakui banyak industri—terutama industri tekstil serta produk tekstil—terancam dengan penerapan ACFTA.

“Terus terang saja (bersa-ing) dengan Cina kita ragu, khususnya di sektor produksi tekstil. Sekarang saja produksi tekstil kita sudah kalah bersa-ing,” kata Hidayat.Ketidak-siapan itu, dapat dilihat dari merosotnya kinerja industri nasional. Hingga Juli 2009, nilai ekspor industri tekstil su-dah merosot sekitar US$ 520 juta.

Asosiasi Industri Besi dan Baja Indonesia turut menjerit. Sejak 2000, ketika bea masuk masih diberlakukan, industri baja Indonesia terus mengala-mi defi sit perdagangan karena kalah bersaing dengan produk impor. Defi sit ini dipastikan membengkak, jika bea masuk jadi nol persen.

ACFTA menurut Ketua Bidang UKM dan kerajinan Asosiasi Pertekstilan Indone-sia (API) Jadin C Djamaludin akan sangat dirasakan dam-paknya bagi industri dalam negeri. Diberlakukannya ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA) mengan-cam kelangsungan industri yang selama ini berbasis pasar dalam negeri, dan dampaknya memicu meningkatnya gel-ombang pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Dengan mulai diberlaku-kannya ACFTA pada Januari 2010 menjadi titik awal mala-petaka bagi industri-industri yang selama ini mengandalkan pasar dalam negeri untuk memasar-kan produk mereka,” katanya.

Menurut dia, industri khu-susnya usaha kecil dan menen-gah (UKM) dalam negeri yang mengandalkan pasar lokal

akan kalah bersaing dengan produk dari China yang mem-banjiri pasar di Indonesia.

“Pemerintah harus menun-da pemberlakuan ACFTA, pal-ing tidak tiga tahun, dan disu-sul dengan penguatan industri di dalam negeri,” katanya.

Ia mengatakan industri di dalam negeri saat ini memang telah memiliki daya saing, na-mun kondisinya masih sangat lemah, karena infrastruktur dan dukungan pemerintah ma-sih sangat minim.

“Dukungan pemerintah terhadap industri masih san-gat kecil, seperti aliran listrik sering terganggu karena adan-ya pemadaman bergilir, harga listrik untuk sektor usaha lebih mahal dibandingkan tarif un-tuk rumah tangga, sementara di negara lain beban biaya lis-trik untuk sektor usaha lebih murah,” katanya.

Ia mengatakan selama ini pemikiran pemerintah ter-lalu makro, sedangkan sek-tor riil tidak digarap serius, padahal sektor usaha di neg-eri ini didominasi UKM.

“Jika pemerintah tetap mem-berlakukan ACFTA, maka paling tidak di lingkungan sektor usaha tekstil akan ter-jadi PHK (pemutusan hubun-gan kerja) sebanyak 1,2 juta orang. Kalau skala nasional, jumlah yang di-PHK diperki-rakan akan mencapai 7,5 juta orang,” katanya.

Jadin mengatakan industri tekstil merupakan salah satu sektor usaha yang terancam, karena selama ini tekstil na-sional hanya menguasai 22 persen pasar tekstil, dan 78 persen lainnya tekstil impor.“Dari 78 persen yang impor itu, 71 persennya masuk ke Indonesia secara ilegal,” kat-anya.

Tapi, ditengah suara gu-sar akibat kebijakan ini, ada pendapat yang tetap optimis. Utamanya bila berbicara ten-tang UMKM DIY. Ketua Kelompok Kajian Ekonomi Kantor Bank Indonesia ca-bang Yogyakarta Dwi Susla-manto menilai, DIY memiliki produk spesifi k. Hal inilah yang menjadi peluang bagi

mereka untuk tetap eksis di tengah kekhawatiran banyak pihak terhadap diberlakukan-nya kebijakan perdagangan bebas China-Asean.

Sementara dengan posisi China yang dikenal sebagai negara eksportir besar dan murah di dunia, harus disikapi dengan langkah bijak dalam berproduksi. Khususnya me-nyangkut kebijakan orientasi pada faktor efektivitas dan efi siensi produksi.

Dwi mengatakan perda-gangan bebas Asean China mestinya tidak perlu dita-kutkan. Pasalnya kebijakan ini baru menyangkut ker-jasama perdagangan barang. Hal yang mesti dipersiapkan lebih matang adalah langkah menuju perdagangan bebas Asia (AFTA) yang akan mu-lai diberlakukan 2015. AFTA, menyangkut di dalamnya perdagangan bebas meliputi produk barang, jasa maupun investasi.

Bersambung ke halaman berikutnya....

“Tahun Baru mestinya lahir dengan harapan-harapan baru. Tapi, tak demikian dengan ka-langan pengusaha, khususnya usaha kecil dan menengah (UKM). Pemberlakukan perdagangan bebas yang disebut ASEAN-China Free Trade Agreement atau ACFTA yang dimulai per 1 Janu-ari 2010 seolah bagaikan kado pahit bagi mereka.”

Foto 1 : Siapkah bersaing denganproduk Cina?Foto2 : industri kita teranam karena produk Cina yang terkenal murah akan menjadi saingan terberat.

Page 4: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

4Edisi BulanMaret 2010

Sambungan halaman 3 Laporan Khusus...“Produk China masuk ke Indonesia, itu sudah dimulai

sejak lama. AC FTA pun belum berlakukan zero tarif untuk semua komoditas. Ada beberapa yang masih diberlakukan tarif rendah, diantaranya seperti beras di kisaran Rp 450/kg, gula di kisaran Rp 550/kg-Rp 790/kg dan lain sebagainya. Ratusan barang perdagangan yang belum dikenai zero tarif tersebut masuk dalam klasifi kasi sensitive dan highly sen-sitive list,” terang Dwi Suslamanto kepada Spirit Bisnis di kantornya, kemarin.

Lebih lanjut Dwi Suslamanto mengatakan ada sekitar 340 pos tarif yang masuk dalam klasifi ksi sensitive list. Diantaranya terdiri atas barang jadi kulit, tas, dompet, alas kaki, kaca dan barang-barang plastik. Untuk barang-barang tersebut, penurunan tarif baru dimulai 2012. Bea masuk maksimum pada tahun 2012 adalah 20 persen dan selanjut-nya dilakukan penghapusan bertahap sehingga mulai tahun 2018 tarif bea masuknya menjadi 0-15 persen.

Selain itu ada sekitar 47 pos tarif yang masuk dalam kla-sifi kasi highly sensitive list. Produk yang masuk dalam kat-egori tersebut adalah beras, gula, jagung, kedelai, produk in-dustri tekstil dan produk tekstil. Menurut Dwi, untuk produk kategori highly sensitive list, penurunan tarif baru dimulai 2015. Dalam kesepakatan, tarif bea masuk maksimum pada tahun 2015 adalah 50 persen. “Di dalamnya termasuk produk pertanian seperti beras, gula, jagung dan kedelai, produk in-dustri tekstil dan produk tekstil,” tutur Dwi Suslamanto.

Secara terpisah, Plt Kepala Dinas Perindustrian Perda-gangan Koperasi DIY Astungkoro mengatakan yang perlu ditakutkan kaitannya pasar bebas dengan China bukan pada perdagangan barang. Akan tetapi lebih dari itu yakni pada dampak kebijakan. Khususnya menyangkut ancaman PHK serta masuknya produk-produk sampah ke pasar dalam neg-eri.

Disinilah perlunya kejelian masyarakat dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Pasalnya ketika pasar bebas, maka barang apapun bisa keluar masuk termasuk yang di negaranya masuk dalam kategori sampah.

“Bukan pada persaingan perdagangan barangnya, tapi ke PHK dan masuknya barang sampah seperti dari kosmetik ataupun makanan anak-anak. Kalau barang China masuk ke pasar Indonesia pada umumnya, ataupun Yogya pada khu-susnya, itu sudah dari dulu,baik legal maupun ilegal,” ujar Astungkoro di kantornya, kemarin.

Menurut Astungkoro, PHK muncul sebagai efek kelan-jutan dari kurang diterimanya barang buatan dalam negeri di pasar dalam maupun luar negeri. Jika produk tak terserap, maka langkah yang diambil oleh para pelaku usaha tentu adalah efi siensi.

“Kalau sudah efi siensi, biasanya korelasinya dengan PHK. Ini yang perlu ditakutkan, oleh karenanya perlu kebi-jakan pemerintah untuk mensuport agar UMKM bisa eksis, tidak hanya dari sisi penguatan modal, tapi juga dorongan terhadap tumbuhnya wirausaha mandiri,” tutur Astungkoro.

Pemprov DIY pun saat ini tengah menggagas formula fasilitasi UMKM yang tepat. Termasuk diantaranya me-nyangkut pendampingan ataupun bantuan peralatan serta teknologi kepada UMKM. Hal ini sebagai upaya menjadi-kan UMKM sebagai industri.

Hal senada disampaikan oleh Kabid Koperasi dan UMKM DIY Bambang Harimurti. Menurut Bambang, pemerintah pusat bekerja sama dengan daerah kini tengah menggencarkan penyerapan program kredit sarjana.

Melalui program ini, para lulusan sarjana ataupun D3 bisa mendapatkan fasilitasi kredit dari pemerintah. Caranya dengan mengajukan proposal kepada pemerintah pusat ter-kait usaha yang akan ataupun sedang dijalankan.

“Kalau yang baru mau membuka usaha, kreditnya maksi-mal adalah Rp 5 juta. Tapi kalau sudah memiliki usaha, tentu kredit yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan. Maksi-mal bisa sampai Rp 500 juta,” ungkap Bambang Harimurti yang ditemui di kantornya.

Menurut Bambang, saat ini telah ada sekitar 20 proposal pengajuan kredit sarjana yang masuk. “Proposal bisa diaju-kan melalui disperindagkop di kabupaten/kota tepatnya di bidang atau seksi UMKM dan Koperasi. Setelah itu, propos-al akan dikirim ke Jakarta dan pemerintah pusat yang nanti akan melakukan seleksi, proposal mana yang disepakati. Ijazah nanti dipergunakan sebagai salah satu pra syarat pada pencairan kredit di puskopsyah ataupun Bank BPD ,” tutur Bambang.

Untuk pencairan kredit, pihak pemerintah pusat bekerja sama dengan lembaga pengelolaan dana bergulir. Pengajuan kredit sarjana pun bisa dilakukan personal, koperasi atau-pun kelompok usaha. “Tidak ada format khusus pada pro-posal. Yang penting ada semacam analisa usaha dan lain sebagainya. Pasalnya ini nanti yang menentukan. Penentuan atau survey atas kelayakan pembiayaan usaha bersangkutan, memang di pusat. Pemerintah provinsi hanya sekadar mem-fasilitasi,” ungkap Bambang.

Hal yang belum disepakati saat ini, lanjut Bambang, kai-tannya dengan bunga kredit sarjana. “Yang jelas bunganya lebih rendah dari bunga umum. Tapi persentasenya berapa, masih belum disepakati. Ini belum ada formulasinya yang tepat,” ujarnya.

Pihaknya berharap, masyarakat bisa memanfaatkan pel-uang ini dengan sebaik-baiknya. “Ini bagian dari formula bantuan pemerintah untuk mendorong penguatan serta la-hirnya enterpreneur di berbagai daerah,” ujarnya. (***)

Sekretaris BSN Ing Amir Partowiyatmo mengatakan ke-sepuluh sektor itu yakni baja, aluminium, elektronika dan kelistrikan, petrokimia, mesin dan perkakas, hasil pertanian dan perkebunan, makanan dan minuman, tekstil dan produk tekstil, alas kaki, dan mainan anak.

Dalam 10 sektor prioritas yang paling terancam ACFTA tersebut, total terdapat 1.491 standar nasional Indonesia (SNI). Rinciannya, 1.045 merupakan SNI Produk, 288 SNI metoda uji, dan 158 SNI lain-lainya. Adapun total jum-

10 Sektor Berpotensi Terhadang ACFTA

lah SNI yang telah ditetapkan BSN hingga kini sejumlah 6.796 SNI.

Dia mengatakan, berdasar-kan kajian itu, selama Febru-ari-Juni 2010, pokja BSN akan melanjutkan melakukan anali-sis tentang peluang membuat diferensiasi produk-produk nasional, kemampuan indus-tri dalam 10 sektor prioritas, ketersediaan dan kebutuhan pengembangan lembaga pe-nilaian kesesuaian (LPK), dan pengefektifan pember-lakuan Keputusan Presiden No 80/2003 tentang penggu-naan SNI.

Selain itu, pokja akan men-dukung instansi teknis dalam memberikan insentif LPK untuk mendukung 10 sektor prioritas dan insentif kepada industri di 10 sektor prioritas, dan memfasilitasi penyusunan regulasi teknis dan pelaksanaan pengawasan pasar terhadap 10 sektor prioritas. “Kita juga akan mengedukasi konsumen terkait SNI-SNI dalam seluruh sektor prioritas,” ujarnya.

Menurut dia, seluruh lang-kah yang akan dilakukan pokja itu telah dialokasikan dalam daftar isian penggunaan angg-aran (DIPA) BSN 2010 sebesar Rp2,81 miliar. (*)

Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah memetakan 10 sektor prioritas yang paling berpotensi terhadang dalam Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN-China (ACFTA).

Hal itu terungkap berdasarkan hasil analisa pokja bentukan BSN terhadap pandangan aso-siasi industri, para ahli, masyarakat, ekspor-impor dengan China per akhir Januari 2010.

Page 5: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

5Edisi BulanMaret 2010

Membanjirnya barang-barang impor dari Cina menggembirakan bagi para

konsumen. Kenapa? Selain menambah pili-han, harganya juga terjangkau. Soal kualitas, mungkin jadi pertimbangan kedua.

Lantas, bagaimana produk Cina bisa lebih murah? Menurut Ketua Umum DPP Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO Pusat) Ambar “Polah” Cahyono, murahnya produk Cina karena didukung ke-bijakan pembiayaan perbankan. Pengusaha di Cina, bisa mendapatkan kredit dengan bunga cuma tiga persen setahun.

Pemasok Garmen dan Aksesori Indone-sia Poppy Susanti Dharsono mengakui hal ini. Komitmen pemerintah melalui perbankan di Cina patut diacungi jempol. Berbeda dengan di Indone-sia, meski sudah negosiasi, pengusaha menengah besar mendapatkan kredit dengan bunga 12 persen. Pengusaha menengah kecil justru lebih besar, 15 persen. “Saya juga tidak tahu, mengapa justru se-makin kecil usahanya bukan dibantu malah mendapat bun-ga kredit lebih besar,” ucap Poppy.

Selain itu, Pemerintah Cina berusaha menempatkan diri sebagai pelayan dengan menyediakan segala kebutuhan yang diperlu-kan industri. Mulai dari pengurusan izin usaha yang diproses dengan mudah dan cepat. Ti-dak ketinggalan infrastruktur penunjang guna memacu ekspor, seperti jalan raya, pelabuhan angkut, dan ketersediaan tenaga listrik.

Di Cina, hingga 2007, jarak jalan raya un-tuk lalu lintas yang telah dibuka totalnya men-capai 3,57 juta kilometer. Sedangkan untuk pelabuhan, Cina setidaknya memiliki 3.800 pelabuhan angkut, 300 di antaranya dapat me-nerima kapal berkapasitas 10.000 megaton. Soal listrik, pada tahun lalu, Cina kabarnya bakal mengoperasikan PLTA terbesar di du-nia yang mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 84,7 triliun Kwh.

Sementara di Indonesia, panjang jalan raya pada 2007 hanya sekitar 34.000 kilome-ter. Dari angka itu, 28 persen di antaranya din-yatakan sangat baik dan lebih dari 50 persen layak. Selebihnya, dalam keadaan rusak. Dit-ambah lagi operasional jalan, harga bahan bakar minyak yang mahal. Belum lagi listrik yang “byar-pet” menjadi fenomena tersendiri di negeri ini.

Dari sisi produktivitas, kata Poppy, satu produk di Indonesia membutuhkan tiga tenaga kerja dibanding Cina. Soal sumber daya ma-nusia, Cina memang tak tanggung-tanggung. Sejak 1990-an, Cina telah mengirimkan ri-buan tenaga muda terbaiknya untuk belajar ke

beberapa universitas terbaik di Amerika Serikat, seperti Harvard, Stanford, dan Massachusetts In-stitute of Technology, kampusnya para unggulan di Negeri Paman Sam.

Tak hanya itu, Pemerintah Cina juga mem-bujuk para sarjana yang berada di luar negeri ser-ta profesional, terutama yang sedang dan pernah bekerja di pusat-pusat riset di bidang teknologi di seluruh dunia, agar mau pulang kampung. Mer-eka ditawari untuk membuka perusahaan baru di Cina. Tentu saja bujukan itu dilakukan dengan iming-iming kemudahan serta fasilitas untuk memulai usaha, seperti insentif pajak, kemuda-han dalam perizinan, dan suntikan modal. Hal

yang tentu kurang atau mung-kin sama sekali, belum dilaku-kan pemerintah Indonesia.

Hasilnya?. Bisa dilihat di sudut-sudut pasar tradiional di berbagai kota. Di Jogja, tanda-tanda serbuan produk dari Cina sudah terasa. Produk dari Cina sudah terlihat jelas di beberapa sudut di Bringharjo. Pasar tra-disional terbesar di Yogyakar-ta ini tidak luput dari serbuan produk impor dari negeri Tirai Bambu ini. Barang yang ban-yak beredar juga bermacam-

macam. Mulai dari barang konveksi atau tektil, kerajinan, alas kaki, alat rumah tangga, dan plas-tik. Produk-produk dari Cina tersebut, dari sisi harga memang diakui pedagang lebih murah dar-ipada buatan dalam negeri. Contohnya saja, un-tuk kipas tangan asli buatan dalam negeri dijual dengan harga Rp 4.000 per biji. Berbeda dengan produk dari Cina, selisih harganya lebih rendah dan bisa diperoleh dengan harga Rp 3.500.

“Soal pilihan juga berbeda. Mereka menawarkan pilihan lebih banyak. Bahkan, se-andainya beli dalam partai pesar, bisa menekan harga lebih turun lagi,” kata Pedagang Kerajinan Tangan di Pasar Beringharjo Ningrum.

Diakui oleh semua pedagang, produk dari Cina juga memang sudah dipersiapkan untuk bisa diterima di semua negara, termasuk Indo-nesia. Contoh paling nyata adalah produk sepatu buatan Cina, tidak jauh berbeda dan banyak yang sama dengan kualitas dari Bandung. Namun saat menyinggung harga, mereka menawarkan lebih murah.

“Produk buatan Cibaduyut lebih mahal seki-tar Rp 50.000 dibandingkan produk dalam neg-eri. Soal kualitas, mereka juga terus memperbai-kinya,” kata Rahmat Hidayat, pemilik kios Rafa Sepatu.

Bagi pedagang, menjual produk dari Cina ternyata juga cukup menggiurkan. Seandainya mereka tidak memikirkan soal nasionalisme, ten-tu saja mereka lebih memilih berjualan produk Cina dibandingkan produk dalam negeri. Ma-syarakat pembelipun juga cenderung memilih barang yang lebih murah, dengan mengesamp-

ingkan pertimbangan kualitas dan darimana produk itu ber-asal.

“Masalah kapan mau dibu-ka kran pasar bebas bagi kami tidak masalah. Karena yang paling menderita dan yang mendahului terkena pengaruh-nya adalah produsen penyup-lai barang dagangan ini,” kata Ahmad Sarji pedagang barang plastik.

Adanya pasar bebas se-benarnya juga sempat dising-gung oleh Menteri Tenaga Ker-ja dan Transmigrasi (Menaker-trans) RI Muhaimin Iskandar. Pria yang juga sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga dam-pak yang muncul dari adanya arus deras produk impor yang masuk dan berakibat matinya industri dalam negeri. Efect domino yang muncul adalah ancaman 100 juta tenaga kerja yang akan diputus hubungan kerja (PHK)-nya akibat peru-sahaan tidak mampu bertahan dari persaingan itu.

Menakertras sudah men-gantisipasi dengan mendorong peninjayuan standar PHK serta memperbaiki sumber daya manusia (SDM) Indonesia un-tuk ditingkatkan. Peningkatan tersebut akan mempengaruhi produk dan ujung-ujungnya adalah produksi bisa bersaing, dari sisi kualitas dan ragam motif serta kesuaian dengan pasar.

Bicara mengenai persoa-lan yang sama untuk Yogya-karta, pihak Dinas Perindustri-an Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) DIY tetap optimis jika para pengusaha mampu bersaing dengan produk luar negeri khusus-nya China dalam pasar bebas ASEAN-China (ACFTA). Alasan Disperindagkop bu-kanlah semata menyenangkan hati pengusaha DIY yang ten-gah gundah. Mereka menilai produk asal DIY memiliki kekuatan tersendiri. Terutama pada produk makanan, perta-nian dan kerajinan.

Plt Kepala Disperindagkop DIY Astungkoro mengatakan bicara sektor kerajinan, produk DIY memiliki posisi yang kuat di pasar dunia. Karena keraji-nan dari DIY memiliki keung-gulan tersendiri.

“Mulai dari segi artistik punya ciri khas, segi proses pembuatan kebanyakan masih manual dan jelas berbeda den-gan produk China yang banyak menggunakan cetakan mesin. Serta pertimbangan pasar atau konsumen yang bertahan me-milih produk berdasar pada pertimbangan soal artistik ter-kait dengan produk kerajinan,” katanya.

Sedangkan sektor makan-an dan pertanian DIY, dia juga yakin bisa bersaing dengan produk asal China. Alasannya dari sisi harga dan kualitas, meskipun untuk yang kedua perlu ditingkatkan lagi.

“Memang hasil pertanian seperti sayuran dari China yang masuk ke DIY dengan harga lebih murah akan me-matikan pasaran produk DIY. Karena itu, pengusaha sektor pertanian dan pangan harus mulai memikirkan strategi un-tuk mampu bersaing. Misalnya menetapkan produk unggulan seperti salak yang bisa diting-katkan dari segi kualitas na-

mun dengan harga yang tidak terlalu tinggi,” katanya men-contohnya.

Untuk produk tertentu sep-erti elektronik dan tekstil, As-tungkoro mengakui sangat be-rat untuk untuk bersaing den-gan Cina. Astungkoro menilai industri tekstil yang dihasilkan mampu bersaing. Tetapi dari sisi harga, produk Indonesia masih terlalu tinggi.

“Langkah yang perlu di-lakukan pemerintah adalah tidak menetapkan kebijakan yang memberatkan. Contohnya tidak menaikkan Tarif Dasar Listdik (TDL), Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun tarif pajak bagi ekportir,” katanya.

Optimisme bisa bersaing juga disampaikan WaliKota Yogyakarta Herry Zudianto. Menurut Herry, sektor UMKM Yogyakarta pasti mampu ber-saing dalam Cina-AFTA. Ala-sannya, produk hasil karya UMKM di Yogyakarta bukan produk massal sehingga tidak mendapatkan banyak saingan dari produk luar negeri.

“Ada keunggulan yang dimiliki produk dari Yogya-karta. Yaitu sisi kreativitas dan artistik yang tidak menjadi-kan produk yang ada bersifat produk missal seperti yang di-lakukan China,” katanya.

Herry mencontohkan ke-jadian krisis tahun 1997. Saat itu banyak perusahaan besar yang gulung tikar. Tetapi jus-tru untuk Yogyakarta, UMKM yang ada justru bisa bertahan.

“Saya memperhitungkan para pelaku UMKM tidak akan terbebani dengan kondisi yang ada,” tegas Herry.

Meski begitu, pihak Pem-kot tidak akan membiarkan UMKM bertarung dengan produk China dalam ACFTA. Dirinya sudah menyiap-kan langkah strategis untuk mengembangkan industri kreatif serta memberi fasili-tasi pembukaan pasar kepada UMKM.

“Memanfaatkan Pasar Seni dan Kerajinan Yogyakarta (PSKY). PSKY yang masih dalam tahap pembangunan itu beranggaran Rp 40 miliar dan nantinya disiapkan untuk men-jadi ruang pamer tetap atau etalase bagi UMKM untuk mengenalkan produk mereka,” kata Herry memberikan bocor-annya. (***)

“Soal pilihan juga ber-beda. Mereka menawar-kan pilihan lebih banyak. Bahkan, seandainya beli dalam partai pesar, bisa menekan harga lebih tu-run lagi,”

Produk Cina Lebih Murah

Banjir : Produk Cina kian membajiri dan semakin digemari di pasar lokal kita.

Page 6: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

Menumpuk Koin dari Laundry Kiloan

Bisa dibilang hampir di setiap penjuru Kota

Yogya dan sekitarnya kita dapat melihat laundry kiloan. Entah itu di pusat kota maupun daerah pinggiran, komplek pe-rumahan, area kos-kosan atau sekitar kampus. Jarak antara laundry kiloan dengan laundry kiloan lainnya terkadang han-ya beberapa meter saja. Beber-apa diantaranya ada yang ber-sebelahan atau berseberangan.

Salah satunya adalah Laundry kiloan Alif yang ber-lokasi di Sanggrahan, Con-dong Catur. Di seberangnya ada sebuah laundry kiloan dan tak jauh dari situ terdapat dua laundry kiloan serupa. Meski begitu, Alif laundry yang me-matok harga 1 kilogram sebe-sar Rp 2.500 ini mampu berop-erasional selama tiga tahun lebih. Bahkan oleh pemiliknya sudah dua kali berpindah ruko.

Jika Alif Laundry meneri-ma cucian minimal sebanyak 2 kilogram, lain halnya den-gan Laundry Kiloan Klinex yang mengutamakan layanan one day service. Klinex me-matok minimal cucian 3kilo-gram dengan harga Rp 9.900. Yang membedakan Klinex dengan laundry kiloan lain-

lan Palagan Tentara Pelajar. Pengelola laundry ini menyediakan dua buah mesin cuci berkapa-sitas 7 kilogram dan dua buah pengering.

Di tempat terpisah, tepatnya di Jalan Pwirokuwat, Mancasan Lor Condongcatur Sleman berdiri Elfa Laundry. Laundry ini mematok harga Rp 2900 per kilogram den-gan minimal cucian seberat Rp 2 kilogram (Rp 5.800). Selain kiloan, laundry yang dua tahun beroperasional ini juga melayani cu-cian per potong. Diantaranya selimut, bed cover, boneka, sepatu dan tas. Pengelola laundry ini menentukan harga berdasarkan ukurannya, mulai dari Rp 9000 ke atas.

Di tempat ini, juga menerima dry clean dengan harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 80.000. Elfa Laundry setiap harinya menerima order cucian hingga 70 kilogtram dan menerima order setrika minimal 2 kilo gram dengan harga per kilogramnya Rp 1.500, cuci kering Rp 1.500 per kilogram dengan order minimal 2 kilogram.Elfa laundry memiliki tiga buah mesin cuci dan menyelesaikan cucian maksimal 24 jam tanpa dijemur karena menggunakan mesin pengering. Pemilik juga menerapkan laya-nanan tambahan berupa diantar langsung ke alamat pelanggan.

Modal Usaha Laundry Kiloan Wahid sangat kooperatif saat membeber-

kan trik usahanya berikut modal awal yang ia butuhkan untuk membuka usahanya. Menu-rut pria asal Magelang ini, modal awal yang dibutuhkan lebih dari 25 juta. Jumlah tersebut

nya adalah kecepatan waktu untuk menyelesaikan cu-cian sebagai kelebihannya.

Laundry ini menyediakan Paket Express. Diantaranya Paket Express 4 jam seharga Rp 6.600 per kilogram. Lalu 6 jam seharga Rp 5.500 per kilogram dan 12 jam seharga Rp 4.000 per kilogram. Mini-mal cucian beratnya 3 kilo-gram dan bila kurang, pelang-gan harus tetap membayar dengan harga 3 kilogram.

Selain itu, layanan lain berupa Paket Cuci seharga Rp 1.650 per kilogram dengan minimal order 5 kilogram (se-tara dengan Rp 8.250), Paket Kering Rp 1.100 per kilogram minimal order 5 kilogram (Rp 5.500), setrika Rp 1.650 perki-logram minimal 3 kilogram (Rp 4.950) dan Paket Cuci Kering Rp 2425 per kilogram mini-mal 5 kilogrram (Rtp 12.100).

Klinex yang sudah 4 ta-hun berdiri memberikan kartu member bagi pelanggannya. Pelanggan yang 10 kali me-manfaatkan jasanya akan di-berikan gratis sekali laundry dengan jumlah berat cucian 3 kilogram. Saat ini, laundry ini sudah memiliki dua tempat yaitu di Jalan Kaliurang dan Ja-

Kelebihan Usaha laundry Kiloan: 1. Simple dalam hitung menghitung karena

jumlahnya kiloan. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Wahid bahwa ia membuka usaha laundry kiloan ini karena menurutnya mudah dalam urusan hitung menghitung harganya karena jumlahnya kiloan.

2. Keuntungannya dapat memperpanjang sewa/kontrak ruko dalam setahun

3. Keuntungan dapat menambah mesin cuci 4. Menerima cucian dalam jumlah perpotong

atau Dry Clean sehingga dapat menutup modal kiloan, karena harga perpotong lebih mahal dibandingkan dengan kiloan.

5. Jika sudah banyak pelanggan setia, akan terus berdatanga. Hal ini dikarenakan pelanggan puas (bersih, wangi, tepat waktu). Berikut faktor area yang strategis (dekat kos-kosan maupun Kampus).

Kelemahan Usaha laundry Kiloan:1. Daya listrik harus besar minimal

3000 Watt untuk penggunaan mesin cuci, pengering, setrika, dan penunjang lainnya.

2. Pemeliharaan alat setrika. Sering digunakan full time, membuat setrika mudah panas. Sehingga harus sering ganti setrika.

3. Mati listrik. Jika ada pemadaman listrik, membuat repot apalagi bila tidak tersedia genset.

4. Cucian yang tidak kering karena tidak adanya sinar Matahari harus dikeringkan dengan mesin Pengering. Mesin Pengering pun bekerja ekstra dan otomatis menyedot listrik, gas sebagai tenaga penggerak dan pewangi yang lebih agar cucian tetap wangi.

6Edisi BulanMaret 2010

sudah termasuk kontrak/sewa ruko seharga Rp. 9 juta, Mesin Cuci merek Modena kapasitas 7 Kg harga satuan 3-4 juta. Dan sebuah pengering seharga 9 juta, dan lain-lain (hangger, plastik pembungkus, tempat jemuran).

Trik Mendapat KeuntunganMenurut Wahid selaku pemilik ia memiliki

trik agar laundry kiloannya mampu menguntung-kan meski telah menjamur laundry kiloan serupa yang berdekatan. Pertama adalah menerima pal-ing sedikit 2 Kg, jika hanya 1 Kg harga sama den-gan 2 Kg yakni Rp. 5000,-. Selain menerima kiloan juga menerima perpotong yakni Dry Clean untuk menutupi kiloan. Kemudian dalam setiap bulannya Wahid berbelanja segala kebutuhan laundry sep-erti deterjen, pewangi, dan plastik dalam jumlah yang banyak (stok selama sebulan). Dalam sebu-lan stok deterjen sejumlah 30Kg, pewangi pesan khusus dengan salah satu distributor. Ia juga men-gungkapkan bahwa dalam menjalankan usahanya ini ia terus berpromosi ke sejumlah kos-kosan disekitarnya. Untuk pelanggan yang jumlah cuci-annya 5Kg maka akan diantarkan ke alamat, se-dangkan kurang dari 5Kg akan dikenakan biaya 500 rupiah perkilonya. Berikut ia juga menerima layanan untuk setrika saja, namun biayanya sama dengan harga laundry perkilonya. Wahid dalam menjalankan usaha laundrynya dibantu oleh 3 orang karyawan freelance. Semoga usaha yang dijalankan Wahid memberikan inspirasi maupun ilmu bagi Anda yang hendak membuka usaha laundry kiloan. Ryvera

Menjamur : Usaha laundry kian ramai di JogjaLaundry : Salah satu alternatif usaha yang menguntungkan.

Page 7: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

7Edisi BulanMaret 2010

Kantor Wilayah (Kanwil) Pajak DIY, pe-kan lalu menggelar sosialisasi pajak un-

tuk insan pariwisata. Acara berlangsung di Nge-stirejo, Tanjungsari, Gunungkidul dihadiri oleh perwakilan dunia pariwisata dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Sektor hotel dan restoran memberikan sum-bangan yang cukup besar terhadap penerimaan pajak di DIY. Terlebih dengan keberadaan Yo-gya sebagai salah satu destinasi utama pariwi-sata di Indonesia. Hal inilah yang mendorong

Sosialisasi Pajak Bersama PHRIKanwil Pajak DIY terus berupaya meningkatkan kesadaran pengusaha hotel dan restoran untuk taat membayar pajak.

Kakanwil Pajak DIY Djangkung Soedjarwadi men-gatakan jumlah hotel dan restoran di DIY relatif cukup banyak. Dalam beberapa tahun ke depan, jumlahnya di-perkirakan mengalami kenaikan seiring masuknya para investor ataupun pengusaha yang bergerak di bisnis hotel dan restoran.Disamping itu, kesadaran membayar pajak kata Djangkung juga akan berdampak pada sektor pariwi-sata sendiri. Hal ini, karena kantor pajak akan memberikan kebijakan khusus dengan mengembalikan sebagian dari

pajak tersebut ke pelaku sektor pariwisata. Pemkot Yogyakarta misalnya, menerapkan kebijakan khusus dalam pembayaran pajak. Dari 10 persen pajak yang diserahkan kepa-da pemerintah, lima persennya dikembalikan kepada para pelaku sektor wisata. Diantaran-ya dalam bentuk promosi pariwisata seban-yak empat persen, dan satu persen lainnya dikembalikan langsung dalam bentuk cash kepada wajib pajak hotel dan restoran yang ada di wilayahnya. (**)

Belum lama ini The Phoenix Hotel Yogyakartabekerjasama dengan

pengusaha Furniture DIY dan Jateng me-nyelenggarakan malam amal A Charity Auction memberikan bantuan kepada war-ga Papua Barat dan untuk para orang tua yang terlantar di jalanan.

Bantuan ini mengkhususkan perawatan medis bagi ibu dan anak-anak di Papua. Penggalangan dana untuk Papua ini juga didukung oleh designer ternama Yogyakar-ta seperti Budi Susanto, Arum e Permana, Ayok Dwipancara (Surabaya), dan Tomy Tri Wahyudi.

Para designer tersebut menampilkan keeleganan budaya Indonesia lewat Kebaya. Selain peragaan busana, acara ini juga mele-lang kurang lebih 100 koleksi furniture. Peng-galangan dana akan dikelola oleh Yayasan Belanda untuk Pembangunan Berkelanjutan Papua Barat yang telah berdiri sejak tahun 1995. (Rivera)

Charity Auction Gala Dinner Peduli Papua

PT Hutchison CP Teleco-munications (3) melun-

curkan layanan terbaru berupa layanan BlackBerry. Produk ini merupakan kerjasama op-erator ini dengan Research in Motion (RIM) yang sudah dimulai sejak senin (22/2) ke-marin.

GM Tri Central Java Fir-man Alamsyah mengatakan layanan BB dan ponsel pintar BB cukup murah, hanya Rp 88 ribu per bulan. Namun yang ditawarkan juga tetap leng-

kap dan teknologi HSDPA dan EDGE. Semua fi tur ada, mulai dari push mail, browsing, searching dan ak-ses situs jejaring sosial bisa memanfaatkan layanan ini.

Solusi layanan Tri BlackBerry ini terdiri atas layanan full BlackBerry Internet Service, unlimited hemat dengan pilihan biaya berlangganan terjangkau untuk harian, mingguan dan bulanan. Sehari hanya dike-nai Rp 3.500 per hari, Rp 19 ribu per minggu dan Rp 88 ribu per bulan.

Menurut Head of Sales Tri Neil Leo Suares se-lain layanan BB ini, Tri segera akan meluncurkan produk bundling dengan handset-nya. Rencanan-ya, launching bundling handset akan dilakukan Maret mendatang. (***)

Peluncuran Tri BlackBerry di Jogja

Setelah empat tahun, PT XL Axia-ta Tbk, (XL) mendukung Taman

Pintar Yogyakarta dengan memberikan Zona Teknologi Telekomunikasi, maka awal 2010 ini, XL melengkapi zona tersebut dengan menaruh langsung per-angkat-perangkat telekomunikasi pal-ing mutakhir. Penyerahan perangkat tambahan dilakukan Presiden Direktur XL - Hasnul Suhaimi dan diterima Wa-likota Yogyakarta - H. Herry Zudianto, di Taman Pintar Jogja, (20/2).

Hasnul Suhaimi mengatakan, per-angkat baru yang dilengkapi oleh XL di science center atau tempat wisata dengan minat khusus di Yogyakarta ini antara lain berupa bermacam perangkat yang bisa menunjukkan sekaligus dipakai un-tuk mencoba teknologi telekomunikasi terbaru, seperti antara lain video call, chatting, email, browsing, edugames. Agar bisa dengan mudah dipelajari, XL menggunakan layar monitor yang lebih besar untuk menggantikan layar ponsel yang kecil.

XL mendukung Taman Pintar seb-agai wahana pengetahuan tersebut sejak pertama didirikan pada 2006. XLmen-donasikan sejumlah komputer dan juga koneksi internet, serta alat-alat peraga yang bisa menggambarkan perkemban-gan dunia telekomunikasi baik di Indo-nesia maupun di dunia. Selain itu, XL mendonasikan 4 unit Telepon Umum Gratis (TUG) untuk bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Kerjasama XL – Taman Pintar

Page 8: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

Hari pernikahan adalah saat paling berkesan dalam sejarah hidup se-seorang. Selain mem-pelai jadi raja dan ratu sehari, hari itu meru-pakan langkah awal menapak perjalanan panjang kebahagiaan bersama pasangan ter-cinta.

Biasanya calon pengan-tin berusaha sungguh-

sungguh menyiapkan segala sesuatu demi kelancaran pada hari pernikahan. Tetapi sering-kali selalu saja ada yang ter-lewatkan. Semua orang pasti ingin momen ini menjadi ses-uatu yang sempurna, indah, dan bahagia.

Banyak yang mesti dip-ikirkan dalam kaitan dengan wedding atau pernikahan. Dari sekian banyak hal tersebut, pilihan akan seperti apakah pesta pernikahan tak jarang menjadi persoalan yang tidak mudah diputuskan.

Terlebih di jaman seperti sekarang, mungkin saja calon pengantin, ataupun pihak ke-luarga, bukanlah termasuk orang yang mempunyai cukup waktu longgar untuk melaku-kan sendiri segala persiapan pernikahan.

Disinilah, jasa wedding organizer (WO) sangat dibu-tuhkan. Dengan pengalaman-nya, WO diharapkan bisa ikut memberikan masukan, saran dan jalan keluar terbaik dari keinginan, sekaligus segala keterbatasan calon pengantin ataupun pihak keluarga.

Kini Wedding Organizer (WO) sudah menjadi partner bagi calon pengantin untuk mewujudkan impian pesta pernikahan mereka. Perlu dik-etahui kesibukkan untuk me-nyiapkan pernikahan sangat menyita waktu. Karenanya jauh-jauh hari calon mempe-lai harus survei tempat, survei undangan, souvenir, rapat pa-nitia, menyiapkan busana dan rias pengantin. Belum lagi se-bagai yang akan menjadi raja dan ratu sehari, juga harus pintar-pintar membagi waktu antara pekerjaan dengan per-siapan pernikahan yang me-makan waktu tidak sebentar.

Nah, jika memang tidak in-gin dipusingkan dengan segela tetek bengek seremonial, ada baiknya menyerahkan kepada

Perlukah Wedding Organizer?

WO yang berpengalaman. Na-mun WO bukan hanya sekedar mengurus seremonial saja. WO yang baik dan profesional, ha-rus pun mampu menerjermah-kan keinginan dan kebutuhan calon pengantin.

“Prosesi pernikahan bukan hanya untuk pengantin ber-dua, melainkan juga keluarga dan kerabat. Semua keinginan dikomunikasikan, dan WO menampung semua keinginan masing-masing sehingga di-harapkan tidak terlewat satu-pun,” kata Ar. Sugiarto Ssn, owner WO Gurat Ungu yang sudah 20 tahun berkiprah menjadi WO di wilayah Yog-yakarta.

Bisa dibilang Anda hanya cukup menentukan konsep pesta pernikahan yang di-inginkan (setelah brainstorm-ing dengan WO), selanjutnya biarkan WO yang menangani segalanya sedetail mungkin. Kerap kali pula calon pengan-tin ataupun klien datang den-gan tidak menggunakan kon-sep berikut tema yang akan di-usung dalam pesta pernikahan mereka, justru WO lah yang memberikan pandangan atas apa yang iinginkan dan dibu-tuhkan oleh klien tersebut.

“Biasanya kita tanyakan hal-hal yang dekat dengan mereka terlebih dahulu. Keti-ka semua telah terungkap, ba-rulah kami bisa mengarahkan mana yang pas untuk mereka,” ujarnya lagi.

Sayangnya, sebagian orang memandang bahwa jasa WO cukup merogoh kocek alias mahal. Padahal dengan meng-gunakan jasa WO, calon mem-pelai bisa mengalokasikan dana sesuai dengan prioritas. Banyak tips-tips berguna yang diberikan oleh WO agar bud-get yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Kini WO pun lebih fl eksi-bel dengan kebutuhan kon-sumennya. Bukan berarti dengan menggunakan WO seluruh rangkaian acara mut-lak dipegang penuh oleh WO. Anda bisa menggunakan WO hanya sebagai jasa konsultan. Bahkan hanya untuk pesta per-nikahan (tidak untuk upacara adat, ijab kabul).

“Klien yang datang kepa-da kami, tidak harus menggu-nakan semua jasa yang kami punya. Hanya membutuhkan pager ayu ataupun MC tidak masalah, semua kami layani,’ tambah Sugiarto.

Lanjut lagi mengenai bud-

get, justru WO akan membantu mensiasati bagaimana men-gatur budget, sehingga pesta pernikahan yang iinginkan dapat terlaksana. di tempat terpisah, Atika Rani owner, WO Amour Yogyakarta mengatakang memang harus pintar mensiasati budget yang ada dan tidak perlu idealis.

“Sekarang kecendrungan orang mematok budget. Tapi jangan khawatir dengan bud-get yang tidak sedikit, pesta pernikahan yang diinginkan tetap terlaksana asal jeli dalam mengelolanya, sehingga pesta berkesan,” tandasnya.

Soal budget memang rela-tif, hal senada diutarakan oleh Tiwi, dari WO Bunga Kinasih yang banyak menangani pesta pernikahan bertema klasik Jawa dan berdomisili di kota gudeg ini.

“Jika memang budget ti-dak banyak, biasanya kami akan memotong jumlah tamu undangan dan mencari tempat yang tidak tergolong besar,” kata Tiwi.

Nah, dengan kemudahan yang diberikan oleh WO, seki-ranya impian pesta pernikahan yang diidam-idamkan sejak dahulu kala dapat berjalan lan-car dan berkesan. (Rivera)

Bicara soal gaun pengantin, Trend tahun ini tidak ber-beda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya. penegasan

ini diungkapkan oleh Fashion Designer Dennis sarota.“Tren tahun ini masih sama, tidak jauh-jauh dari tahun

lalu. Yakni simplicity, baik dari bentuk, bahan yang jatuh (silk siffon), dan dengan gaya potongan Empire Line,” kata designer fashion, Dennis Sarota mengenai trend gaun pen-gantin 2010.

Trend tersebut, Lanjut Dennis, identik dengan evening dress ini memaparkan untuk saat ini trend warna gaun pen-gantin karya desainer dunia dominan berwarna gold dan fusia (ungu campur merah). Sedangkan beberapa tetap memper-tahankan warna putih (broken white, kuning gading).

“Bisa dibilang juga beberapa desainer dunia, terutama di Eropa kembali lagi ke warna black dan kombinasi maron tua. Desain tetap minimalis,” tambahnya.

Dennis yang mengeluarkan koleksi gaun pengatinn ter-barunya bertemakan Victorian Black Gothic tahun ini men-gungkapkan, para designer Indonesia dan luar negeri menga-nut paham trend gaun pengantin yang berbeda. Trend yang ada di Indonesia sekarang tidak berkiblat pada dunia, hal ini dikarenakan faktor costumer needs. yakni kendali berada di-tangan konsumen.

Sementara untuk trend dunia, para desainer lebih jor-jo-ran dalam berkarya. Brand adalah point pertama bagi orang Eropa, sedangkan di Indonesia tepatnya di Jogjakarta secara umum bukan brand yang menjadikan alasan mendasar untuk membeli melainkan model dan bahan serta tentunya harga terjangkau yang lebih diperhitungkan.

“Namun berbeda bagi kalangan menengah ke atas dan modern di Jogja, mereka tetap memfavoritkan desain gaun pengantin yang simplicity. Simplicity disini menga-rah pada Korean Style (minim aplikasi). Begitu pula pada trend cutting-nya masih populer dengan Empire Line, juga drapping atau layer seperti gaun pengantin yang dikena-kan oleh artis Bunga Citra Lestasi ketika menikah dengan Ashraf Sinclair beberapa waktu lalu,” bebernya. (Rivera)

Dennis sarota, Fashion Designer

Simplicity, Trend Gaun Pengantin

Pasangan : Wedding Organizer yang profesional akan meninggalkan kesan spesial bagi pernikahan pasangan baru.

8Edisi BulanMaret 2010

Page 9: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

Nurul Indah Khasanah ST, Pengusaha Abon Ikan Tuna

Perbaiki Kualitas dan Kuantitas Produk, Jualan Lewat Internet

Trik Mendapat Keuntungan

Menjual lewat inter-net ternyata memper-cepat penjualan produk Abon Ikan Tuna. Peru-sahaan yang didirikan Nurul Indah Khasanah ST, beberapa tahun lalu, kini produknya diageni 30 agen yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Berikut penuturan Nurul Indah Khasanah ST.

Ditemui di rumahnya, Jalan Kaliurang KM

7 Kayen Gang Mlati Sleman DIY, Nurul Indah Khasanah, sang pemilik Khansa Snack and Food Yogyakarta men-gungkapkan bahwa awalnya dia dan suaminya, Ir Priyadi Samburianto bekerja sebagai konsultan proyek pembangu-nan. Itu dilakukan dari tahun 1994. Lama menekuni bidang yang sesuai dengan pendidi-kannya tersebut, Indah mulai mendapatkan momongan.

“Terbersit pikiran un-tuk mempunyai usaha yang bisa dikerjakan di rumah. Kebetulan ibu mertua, Hj Sunarti Nangunging mem-punyai keahlian membuat abon dari berbagai ba-han termasuk ikan tuna,” jelas Indah baru-baru ini.

Wanita yang aktif sebagai sekretaris Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman (AS-PIKA) Kabupaten Sleman ini selanjutnya pada tahun 2004

PRESTASI: Nurul Indah Khasanah dengan penghargaan yang diperolehnya.

memulai usaha dan menamai usahanya dengan Khansa Snack and Food Yogyakarta. Awalnya dia diajari ibu mer-tuanya dan membuatkan un-tuk saudara dan tetangganya.

“Ternyata disambut baik dan banyak yang bilang enak. Selanjutnya dia membuat agak banyak dan menjual di pasar tradisional,” kata Indah. Awalnya, dalam memasar-kan dirinya masuk ke pasar tradisional. Indah sedikit ke-

cewa karena yang ditemuinya adalah kekecewaan. Semua produknya tidak laku. Alasan-nya ternyata masyarakat ka-langan menengah bawah tidak banyak yang membeli ikan, apalagi ikan tuna.

“Cukup mahal bagi mer-eka. Apalagi ikan tuna, ba-hannya saja sudah mahal, per kilonya sekitar Rp 30 ribu,” kata wanita peraih penghargaan dari Kement-erian UKM tahun 2009 ini.

Selanjutnya, dia memutar otak. Akhirnya dia berpikir bahwa produknya tersebut memang baru dikonsumsi un-tuk kalangan menengah atas. Dia selanjutnya menawarkan ke beberapa supermarket yang ada di Jogjakarta. Gayung ber-sambut, ternyata produk seper-ti ini belum ada dan masyara-kat yang datang ke beberapa supermarket yang ada di Jog-jakarta banyak yang membeli. Dari situlah bisnis Abon Ikan Tuna yang dia kelola mulai disambut bagus oleh pasar.

Bukan namanya Indah jika tidak ingin berkembang. Dia belajar banyak dari teori multi level marketing (MLM) bagaimana bersama-sama jaringan untuk menjualkan produknya.

“Tidak persis MLM amat sih. Kita mencoba membentuk agen yang ada di beberapa dae-rah dan mereka yang mema-sarkan. Kita tinggal memproduk-sinya saja,” kata ibu dua anak ini.

Dia mencoba mengembang-kan pasar dengan menggunakan internet. Awalnya, dia memu-lai dengan membentuk blog. Ternyata ini direspon banyak agen di luar Jogjakarta. Kemu-dian, dia membuat website dan dinamai www.abontuna.com.

“Dari sini, saya bisa men-jaring 30 agen dan seandainya ada yang berminat pasti saya pikirkan lagi. Terutama di kota-kota yang belum ada agennya. Yang pasti, hampir semua kota di Jawa, sebagian Sumatera, Kalimatan dan Bali sudah ada,” katanya.

Di samping itu, dia beru-paya memperbaiki produknya, terutama dari sisi packaging. Sebelumnya produknya hanya mampu betahan 6 bulan. Seka-rang, semenjak dia mengenal packaging dengan alumuni-um, produk Abon Ikan Tuna bisa bertahan sampai 8 bulan. Produknya juga dibikin varia-si, hingga tiga rasa. Ada pedas, manis dan asin.

“Per hari sekarang bisa menghabiskan 60 kilogram Ikan Tuna. Sampai sekarang, suplai bahan Ikan Tuna tetap stabil, dari Cilacap, Bali dan Gunungkidul,” kata Indah yang juga membuka usaha laundry ini.

Tidak hanya Ikan Tuna, dia mulai mencoba dengan me-nambah variasi bahan lain sep-erti Ikan Lele. Inovasi produk lainnya juga ada seperti bakso tuna, naget, otak-otak dan lainnya. Meski belum sebagus Ikan Tuna, tetapi produk Abon Ikan Lele juga mulai direspon bagus oleh pasar.***

9Edisi BulanMaret 2010

Page 10: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

Ingin menikmati indah -nya pasir putih di pantai?

Tidak perlu harus ke Bali. Di Yogyakarta masyarakat atau-pun wisatawan bisa menikma-ti indahnya pantai pasir putih. Ya, tepatnya di wilayah Gu-nungkidul. Konon di wilayah yang dikenal dengan makanan khasnya growol tersebut, ada belasan pantai yang teridentifi -kasi sebagai pantai pasir putih. Dua di antara sekian banyak pantai pasir putih di wilayah ini yang cukup dikenal adalah Pantai Baron dan Krakal.

Dari Yogyakarta, perjala-nan untuk sampai ke pantai Baron bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam, 30 ki-lometer arah Selatan Ibukota Kabupaten Wonosari. Perjala-nan menuju lokasi wisata yang masih asri inipun memberikan sensasi tersendiri. Betapa ti-dak, sepanjang jalan menuju pantai Baron, masyarakat atau wisatawan dibelai oleh sejuknya udara kawasan pede-saan yang ada. Lengkap den-gan hilir mudik masyarakat setempat dalam menggulirkan roda perekonomian mereka yang mayoritas bergerak di sektor pertanian serta peman-dangan alam pedesaan.

Kabid Promosi Dinas Pari-wisata Gunungkidul Birowo mengatakan satu kendala yang dihadapi dalam pengemban-gan kawasan pantai pasir pu-tih di wilayah Gunungkidul adalah faktor jarak tempuh ataupun infrastruktur pendu-kung seperti hotel ataupun restoran. Sampai saat ini, pemerintah setempat masih mengoptimalkan fasilitas jasa akomodasi melalui homestay ataupun losmen yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Di sisi lain, pemerintah dae-rah pun kini mencoba meng-galakkan daerah gula-gula

Pesona Pasir Putih Baron dan Krakalatau obyek wisata pendukung yang bisa disinggahi sepan-jang perjalanan menuju obyek wisata utama yakni kawasan pantai. Termasuk diantaranya melalui pengembangan desa wisata, ataupun kawasan karst lainnya. Dengan hara-pan, perjalanan ke pantai bisa menjadi lebih menyenangkan.

“Pantai Pasir Putih di Gu-nungkidul itu banyak, mulai Baron, Kukup, Krakal, Sun-dak, hingga Siung. Infrastruk-tur jalan sudah terus coba di-perbaiki. Hanya yang masih menjadi PR bersama adalah bagaimana menarik investor untuk membangun infrastruk-tur pendukung lainnya, terma-suk akomodasi. Harus diakui, wisatawan yang masuk selama ini, rata-rata memang hanya singgah, belum sampai pada menginap. Padahal jika bisa menginap di Gunungkidul, tentunya multiplier effect yang diberikan menjadi lebih be-sar,” tutur Birowo, kemarin.

Praktis semakin panjang lama tinggal wisatawan di Gunungkidul, perekonomian masyarakat setempat bisa se-makin bergulir. Ia menconto-hkan, sejak berkembangnya sejumlah kawasan pantai, masyarakat setempat pun meresponnya dengan mem-bangun rumah makan atau-pun warung di sekitarnya.

Hal ini seperti yang terlihat di kawasan wisata keluarga Pantai Baron. Terlebih dengan adanya area yang cukup luas dan rindang di sekitar kawasan parkir. Tempat inilah yang kerap dipakai untuk istirahat dan bercengkerama bersama keluarga. Duduk di atas tikar, menikmati suasana pantai serta tidak ketinggalan adalah ma-sakan khas ikan air laut fresh from the oven. Warung tenda ataupun rumah makan yang

banyak beroperasi di tempat inipun menyediakan masakan ikan laut yang bisa dinikmati.

Menurut Birowo, di pan-tai Baron yang juga dikenal sebagai pantai nelayan, wisa-tawan pun bisa menyaksikan prosesi upacara tradisional. Labuhan laut yang diseleng-garakan oleh masyarakat se-tempat menjadi calendar of event di bulan Suro. Ini meru-pakan upacara tradisional sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas anugerah ikan laut bagi para nelayan.

Supardi, salah se- orang pedagang kaki lima di ka-wasan wisata pantai Baron mengatakan, pada saat akhir pekan ataupun liburan seko-lah, pihaknya bisa mendapat-kan keuntungan yang luma-yan. Hanya dengan menye-wakan tikar serta menjual kelapa muda. “Untuk kelapa

muda hanya kita jual Rp 1000, itupun sudah terma-suk sewa tikar. Boleh sewa tikar, tapi harus beli kelapa. Mau dipakai berapa lama ti-karnya, sembari duduk me-lihat ombak pantai, silakan saja,” tutur Supardi yang saat ramai kadang bisa menjual kelapa muda hingga ratusan buah tersebut.

Belum puas dengan Bar-on, pelancong masih bisa menikmati pantai lain di sekitarnya. Pantai Krakal, Kukup, Sundak, dan Siung siap menanti kunjungan wi-satawan. Terlebih untuk menjangkau pantai-pantai ini tidaklah terlalu sulit, kare-na letaknya yang memang dalam satu rute perjalanan.

Di Pantai pasir putih ini, beningnya air laut membuat pengunjung bisa menikmati pemandangan di bawahnya.

Batu-batuan laut berukuran kecil ataupun sedang pun berserakan. Tidak keting-galan batuan kerang yang bisa didapati saat menyu-suri sepanjang bibir pan-tai. Salah seorang pen-gunjung pantai Krakal, Niken Wahyuningsih men-gatakan baru pertama kali ke pantai Krakal. “Jauh soalnya. Tapi ternyata perjalanan panjang dari Yogya, cukup terobati dengan bisa menikmati pemandangan pantai yang indah. Airnya masih san-gat jernih pula. Bisa me-l ihat karangnya, rumput laut, sunset, wah meny-enangkan. Mau oleh-oleh tinggal pilih. Ikan goreng, peyek ikan atau bahkan ikan hidup yang sangat ba-gus diperlihara di aquari-um,” katanya senang. (***)

Berwisata ke pantai, tentu sudah menjadi

hal yang biasa dan banyak yang melakukannya. Entah di pantai di daerah kita sendiri, diluar kota atau bahkan di luar negeri. Untuk Yogyakarta, pantai Parangtritis atau sederet pantai di Bantul dan Kulon-progo bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Kalau ingin agak jauh, pilihan bisa dilakukan ke Gunungkidul, Purworejo, Kebumen atau ke arah Timur di Pacitan.

Menikmati pantai se-lain bermain dan bersenang-senang, juga bisa menjadi ajang bermalas-malasan. Min-imal ke pantai untuk mengisi liburan dan bersantai mengusir penat. Memandang lautan dan mendengar deburan ombak menjadi hiburan yang meny-enangkan bukan?

Berikut tips singkat untuk menikmati wisata di pantai:

Tips Berwisata di Pantai

Pilih pantai pada waktu yang tepat.Pantai pada waktu liburan selalu identik dengan kera-maian. Apalagi kalau di dae-rah yang sudah terkenal, mis-alnya pantai Sanur atau Kuta di Bali, Parangtritis di Yogya-karta, Segigi di Nusa Tengga-ra Barat dan lain-lain. Pilihlah

saat tidak musim liburan untuk menghindari keramaian. Jika tidak masalah, ya pilihlah saat liburan.

Pilihlah pantai sesuai ke-inginan anda. Ada beberapa jenis pantai dan hiburan yang ada. Ada pantai untuk bersenang-senang, ber-

Suasana : Pantai menjadi alternatif hiburan yang menyenangkan

Waspada : Awasi anak anda saat bermain di pantai

jemur, menikmati aneka per-mainan atau pantai yang di-manfaatkan untuk menggelar upacara budaya masyarakat setempat di laut.

Memilih agen perjalanan.Ini terkait dengan keberadaan pantai yang berada di luar

kota atau pulau terpencil. Ini untuk memastikan keamanan, kenyamanan, baik sebelum berangkat, selama di tempat liburan dan perjalanan pulang. Dengan pilihan yang tepat, akan memudahkan anda me-maksimalkan planning anda.

Mempersiapkan sesuai ke-butuhan. Diantaranya sunscreen, sun-glasses, portable music player, buku bacaan, cooler, bantal ke-cil untuk sandaran.

Hotel dekat.Pilihlah tempat tinggal, entah losmen, hotel atau penginapan lainnya yang dekat dengan lo-kasi wisata yang dikunjungi.

Cek Perlengkapan.Periksa lagi kelengkapan yang benar-benar dibutuhkan se-lama menikmati wisata pan-tai. Selamat berlibur di pantai. (dari berbagai sumber)

10Edisi BulanMaret 2010

Page 11: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

Sarapan, Perlukah?

11Edisi BulanMaret 2010

Hal itu memang tidak bisa dihindari. Namun ingatlah bahwa kesehatan tubuh adalah yang terpenting, karena piki-ran yang tegang dapat meru-sak kesehatan Anda. Daripada Anda merasa terus tertekan dengan hal tersebut, Anda bisa melakukan tips berikut sehingga dapat mengurangi beban pikiran.

Berhenti mengeluhBila kita terus menerus hanya mengeluhkan pekerjaan kita, pikiran kita akan semakin tertekan dan pekerjaan tidak akan selesai juga bukan?. Co-balah cari sedikit nilai positif yang bisa diambil, anggap saja ini sebagai sarana bela-jar bagi Anda. Atau pikirkan hal menarik yang akan. Anda lakukan saat menerima gaji.

STRES KARENA BEBAN KERJA

Tentukan prioritasMemang kita tidak bisa mengerjakan semua peker-jaan sekaligus, maka tentukan mana dahulu yang lebih pent-ing dan harus diselesaikan. Jangan pikirkan pekerjaan lain, karena akan membuat konsentrasi Anda terganggu dan pekerjaan lebih lambat selesai.

Tetap rileks dan istirahatSesibuk apapun Anda, saat jam istirahat, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk bersan-tai. Bila mungkin, gunakan waktu istirahat Anda untuk tidur minimal 15 menit. Hal ini dapat membuat tubuh dan pikiran Anda lebih segar.

Makan makanan yang ber-giziJangan lupa tetap memperha-tikan makanan Anda agar gizi tetap tercukupi. Gizi yang cukup dapat membuat tubuh lebih sehat dan bersemangat. Usahakan agar mengkonsum-si cukup buah.

Pulang pada waktunyaBila pekerjaan bisa dikerjakan besok dan Anda tidak diminta lembur, pulanglah pada wak-tunya. Ini akan membantu Anda memperoleh waktu lebih banyak untuk beristi-rahat dan bersantai bersama keluarga.

Minta cuti dan refreshingBila Anda sudah sangat pe-nat, cobalah minta cuti pada atasan Anda. Gunakan cuti

Merasa sangat terbebanisaat harus berangkat ke kantor? Mungkin itu merupakan masalah bagi Anda yang saat ini sedang bekerja. Memang, bekerja bukan hal yang menyenangkan. Seringkali kita merasa peker-jaan kita tidak ada habisnya. Pekerjaan satu belum selesai, datang lagi pekerjaan lain. Rasanya tidak ada waktu untuk beristirahat, kepala tera-

sa penuh dan membayangkannya saja sudah membuat stress.

Anda untuk mengunjungi tempat-tempat yang Anda sukai, misalnya jalan-jalan ke gunung atau pantai. Bila mungkin, ajaklah anak atau keluarga Anda untuk berlibur bersama.

Cari pekerjaan lainHal ini merupakan salah satu pilihan jika Anda merasa su-dah tidak sanggup lagi melak-sanakan pekerjaan Anda. Co balah cari pekerjaan lain yang berbeda dan Anda sukai. Na-mun pkirkan dahulu hal ini dengan matang sebelumnya. (dari berbagai sumber)

Pagi hari yang sibuk adalah hal biasa yang

dialami oleh para karyawan khususnya di daerah perkota-an. Lalu lintas yang macet membuat sedikit waktu adalah hal berharga agar tidak ter-lambat sampai di kantor. Aki-batnya, karena tergesa-gesa, banyak orang yang pergi ke kantor tanpa sarapan.

Ada beberapa alasan men-gapa seseorang tidak memu-lai harinya dengan sarapan. Atau ada juga yang men-ganggap makan pagi atau sarapan kurang penting, bah-kan merupakan salah satu cara untuk mengurangi berat badan dengan mengurangi masuknya makanan di pagi hari. Sebenarnya, apakah memang penting untuk men-gawali hari dengan sarapan? Bagaimana menyiasati agar ada dapat secara rutin melaku-kan sarapan? Apa menu sara-pan yang sehat untuk tubuh?

Sarapan atau makan pagi penting untuk dilakukan. Ala-sannya karena saat tidur se-lama kurang lebih 8 jam tubuh kita tidak ada makanan yang masuk dalam tubuh sedang-kan aktivitas seperti bernafas, bergerak atauaktivitas ringan lain tetap berjalan.

Akibatnya kadar gula dalam tubuh sangat rendah. Sedang-kan pagi hari aktivitas fi sik mu-lai berjalan, seperti melakukan perjalanan ke kantor, berpikir atau perlunya konsentrasi agar dapat melakukan kegiatan den-gan baik. Semua ini memerlu-kan adanya energi dan energi didapatkan dari makanan yang disantap.

Dengan menyantap makan-an yang baik, akan membuat tubuh akan merasa kenyang dan akan membangkitkan se-mangat untuk melakukan ak-tivitas.

Anda tidak akan merasa lesu atau disibukkan oleh pe-

rut yang kelaparan. Sarapan yang sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Secara emosi, sarapan dapat menjadi tempat berkumpul-nya seluruh anggota keluarga, saling bercerita, berkomuni-kasi dan mendekatkan diri se-cara emosi. Ini merupakan hal yang baik untuk menciptakan keluarga yang harmonis.

Sarapan sudah dilakukan setiap hari. Tetapi, apakah menu makan pagi Anda sudah sehat? Banyaknya kalori yang sebaiknya masuk dalam tu-buh kita waktu sarapan adalah sebanyak 300-400 kalori. Makanan yang dianjurkan un-tuk sarapan adalah menu yang cukup gizinya, menu yang ses-uai dengan “Empat Sehat Lima Sempurna”, yang 3 diantaran-ya adalah terdiri dari karbohi-drat, protein, susu, sereal. Pili-han lain adalah dengan minum jus buah, 2 porsi buah besar, susu atau susu rendah lemak.

Karena waktu yang hanya sedikit, para karyawan sering sarapan setelah sampai di kantor. Sisi negatif dari mem-beli makanan adalah kita ti-dak tahu sampai sejauh mana kebersihan makanan tersebut. Untuk menghindari penya-kit akibat makanan yang ko-tor, upayakan untuk memilih mengkonsumsi makanan yang sehat yang mengandung kan-dungan gizi yang cukup. Pilih makanan dalam kemasan yang tertutup agar dapat dipastikan makanan tersebut tidak di-hinggapi lalat atau nyamuk yang membawa bibit peyakit.

Upayakan juga untuk meng-hindari makanan yang kurang sehat atau yang berminyak di menu sarapan yang dibeli. Misalnya Anda dapat meng-hindari mengkonsumsi jeroan saat bersantap bubur. Hindari santan saat menikmati bubur kacang hijau, hindari kerupuk

saat bersantap nasi atau saat makan ketoprak. Tetapi, jan-gan lupa untuk tidak membia-sakan diri dengan bersantap gorengan sebagai menu sara-pan pagi karena kalori yang tinggi dan penggunaan min-yak goreng yang kurang baik.

Kini, tidak ada alasan lagi untuk memulai hari tanpa sarapan karena ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapat bila kita sarapan se-hat secara rutin. Hal ini juga dapat dilatih pada anak-anak agar mereka terbiasa untuk sarapan yang akan memberi-kan energi bagi mereka untuk mengikuti kegiatan sekolah yang padat, membantunya berkonsentrasi dan memaha-mi pelajaran yang diberikan. Maka, upayakan untuk me-nyediakan menu sarapan yang sehat dan lezat yang akan dinikmati seluruh anggota ke-luarga. (dari berbagai sumber)

Page 12: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

tahun, le laki kelahiran baru dapat jika berjuang dan L a m p u n g i t u t e t a p bekerja keras, serta dilandasi bersemangat berwirausaha k e y a k i n a n k u a t u n t u k mengembangkan Kem Chicks m e w u j u d k a n c i t a - c i t a . di Jakarta Selatan, sebuah Pendeknya, setiap orang bisa supermarket dengan sekitar sukses asal mau membayar 1800 item dagangan dan “harga“ dengan perjuangan dikunjungi sekitar 2.500 tanpa henti.orang per hari. Saya sependapat dengan

Dia juga bisnis Kem Foods pakar manajemen bisnis, Dr. m e n c u k u p i k e b u t u h a n yang memproduksi aneka Renald Kasali yang pernah dirinya. Ia bekerja sebagai ragam daging beku berbentuk mengatakan “Tidak ada j u r u t u l i s d i s e b u a h sosis, burger, bakso, dan Kem kebetulan dalam bisnis. perusahaan. Ia tidak pernah Farms di Jawa Tengah yang Kebe tu lan hanya akan berpikir bahwa imbalan dari bergerak di bidang sayuran menjadi peluang bagi orang-sesuatu yang dilakukannya d a n b u a h - b u a h a n . orang yang termotivasi “.anyak orang heran m e n t a l a t t i t u d e ) , d a n adalah ia mengetahui cara Dan, tidak kurang dari 1.300 Maka tidak ada kata lain, mengapa orang Jepang k e m a n d i r i a n d a l a m kerjanya, prosesnya, dan karyawan menggantungkan selain mulai sekarang kita kini menjadi pengusaha mengambil keputusan, tentu bahkan bukan uangnya, hidupnya dari usahanya. harus bertekad mandiri, punya ekonomi tangguh di dunia. saja berdasarkan penge-ditambah lagi, ia adalah orang Potret diri Bob Sadino usaha sendiri, dan ingat tidak Tidak lain, karena orang tahuan, pengalaman, skill, yang menyukai tantangan dan sangat menarik. Padahal sed ik i t t an tangan a tau Jepang berani berjuang, intuisi, dan akal sehat.perjuangan. Filosofi kerja dulunya dia bukan anak orang masalah yang harus kita berjuang dan terus berjuang, Ingat, keunggulan orang yang dianutnya inilah yang kaya. Lulusan SMA ini pernah hadapi. Namun jadikan saja dan akhirnya memperoleh semacam Abraham Lincoln menghantarkannya menjadi mengenyam profesi dari sopir tantangan itu peluang untuk kesuksesan. Oleh karena meraih puncak tertinggi salah satu warga Amerika taksi hingga kuli bangunan maju ke depan. Kita harus keberaniannya berjuang d i sebabkan d i a be ran i yang terkaya di dunia.untuk sekadar bertahan hidup. cerdas menghadapi setiap dalam usahanya akhirnya m e n g h a d a p i m a s a l a h -

Begitu pula Matsushita Bahkan, pernah juga jualan tantangan yang ada. Nah, memberi sum-bangan besar masalah yang pasti akan Konosuke . I a be rhas i l telur dari pintu ke pintu. Dan, jus t ru kalau ki ta suka t e r h a d a p k e m a j u a n membuat bingung orang yang membangun perekonomian dengan ketekunan serta mengeluh akan berakibat negaranya. ' lemah'. Kegagalan dan Jepang, padahal ia dulunya kemam-puannya menjaga m e m a t a h k a n s e m a n g a t Maka, sebagai anak kesusahan yang ia alami di anak dari keluarga petani dan hubungan baik, telurnya entrepreneurship kita.bangsa Indonesia, kita jangan a w a l h i d u p n y a t e l a h tidak pernah menyelesaikan semakin laris. Dari sanalah Kita jadi kurang kreatif, punya nyali kecil. Tapi kita menghasilkan kecerdasan ( pendidikannya. Namun, kini kemudian usahanya terus dan t aku t menghadap i harus berani mencoba. Jangan smart ) yang tidak dipunyai ia sukses membangun industri bergulir dan meraih sukses. persaingan. Menurut saya malu untuk usaha bengkel, orang biasa.elektronik dengan karyawan Dan, kalau kita baca kisah yakini saja, bahwa setiap rumah makan, kerajinan, jual Abraham mempunyai sifat seratus lima puluh ribu orang. sukses lain, seperti John D. permasalahan yang datang roti, buka jahitan, jual buah- l u a r b i a s a y a n g Luar biasa.Rockeffeler juga tidak jauh pasti ada hikmahnya.buahan, jual sembako, dan memungkinkan ia mendapat

Saya kira, kuncinya semua berbeda. Ia juga dari keluarga H a l i n i s e m u a , lain-lain. Silahkan. Itu berarti, lebih banyak semangat dan ini adalah kita jangan suka yang sederhana. Bahkan Raja mengingatkan kita untuk kita sudah meletakkan fondasi tidak mudah putus asa ketika mengeluh. Jadi, kita harus Minyak da r i Amer ika , berani menggali potensi diri untuk membangun usaha ke menghadapi kesulitan dan memiliki kemauan keras dan Rockeffeler itu terpaksa agar bisa meraih sukses. depan dengan lebih baik. hambatan.b e r u s a h a u n t u k t e t a p meninggalkan sekolahnya Bagaimana dengan Anda? Anehnya, tidak sedikit di Saya salut juga dengan konsisten dalam menjalankan pada usia enam belas tahun Berani coba?antara ki ta takut pada kesuksesan wirausahawan usaha. karena tekanan ekonomi.kegagalan. Perasaan takut seperti Bob Sadino. Sekalipun

Jadi sukses itu bukan Ia lalu mencari kerja untuk inilah, menurut pengalaman saat ini usianya sudah 75 sekadar teori. Namun, kita s a y a , y a n g b i a s a n y a

menghalangi menjadi sukses. Saya kira, banyak di antara

kita sebenarnya punya bakat menjadi wirausahawan, tapi kenyataannya bakat i tu dibiarkan mubazir hanya karena kita kurang keberanian m e n c o b a . S e t i a p h a r i menyaksikan orang sibuk berwirausaha, sementara dirinya menjadi orang yang tidak percaya diri.

Hanya duduk nonton televisi dan menjalani hidup bagaikan hidup ini akan kekal. Pendeknya, sifat penakutnya menghalangi langkahnya untuk mencoba usaha.

Memang benar kalau ada orang yang mengatakan, s e o r a n g w i r a u s a h a w a n memang harus memilki kemampuan yang kuat untuk berinovasi dan 'tampil beda' a t a u m e m u n c u l k a n keunggulan-keunggulan.

Kita juga harus memiliki sikap mental positif (positive

MenggaliPotensi Diri

Oleh : Rachmad Ali

“Tidak ada kebetulan dalam bisnis. Kebetulan

hanya akan menjadi peluang bagi orang-

orang yang termotivasi “.

Di toko-toko buku terdekat atauAnda bisa pesan langsungSilahkan hubungi 08164220930 (Joko Indro)

AndaIngin Sukses

dalam Bisnis?Segera saja beli buku

“Berani Coba”Rachmad Ali

12Edisi BulanMaret 2010Spirit

Page 13: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

13Edisi BulanMaret 2010Bursa Kerja

Persyaratan : Kaliurang, Pakem atau sekitarnya* Wanita, belum menikah, max 26

tahun Lamaran dikirim ke :* Berpenampilan Menarik PT. Happy Dolphin Tour & Ticketing* Pendidikan D3/Sederajat Jl. Kaliurang Km 13,8* Mahir menggunakan komputer Telp. (0274) 898355, 897925* Jujur, serius kerja dan

bertanggungjawab http://lowongan-idkerja.blogspot.com * Diutamakan berdomisili di Jl.

Bursa Kerja Indonesia

Job vacancy at PT. Mire Korsindo Minimal graduates from SLTA (D3 are Description: PT. Mire Korsindo preferred),Jl. kembang Permai 1 Blok i 5 No.20-21 Fresh graduate, the singleKembangan Selatan Age min max 20 – 25 years oldJakarta Barat Can operate the computer micrsf office Company with field of interior design (excel, word, power point)and furniture Photoshop can preferablyVacancy for: Can speak English oral or written 1. Architech min.pasif2. Administration Staff (SA) Domicile around Jakarta westWork Location in Jakarta Barat Could work in a team, not a fighter, Requirements: willing to work hard.1. Architech Needed immediately!Men (1), women (1) Send your application and CV via email Fresh graduate to:Minimal 25 years old and max age 30 [email protected] old Include in the letter of application, you Can operate AutoCAD, 3D, corel draw get this job information on how and (preferred) from which source (from what website Interior design or newspaper or anything else).Can work with the team, working hard .. This job was closed on March 18, 2010

2. Administration Staff (SA)Women

Bursa Kerja Maret 2010

Job vacancy for Graphic Designer Min 2 years experienceJob placement locations: Jakarta If you are in accordance with the Graphic Designer classification that we want, send your Requirements: application to: hrd01grdsteel.comEducation S1 or D3Creative thinking or to:Able to do a presentation and cost PT Gunung Garudaestimates HRD Gunung Steel GroupSkillful use Corel, Photoshop, Powerpoint Jln. Imam Bonjol IV Warung BongkokSkilled catalog / brochures etc related to Sukadanau, CIkarang Barat Bekasi 17520promotional materials (Visit our website at: www.grdsteel.com)

Bursa Kerja Design Grafis Jakarta 2010

Job vacancy at PT. Javan Indonesia HTML, JavaScript)Description: PT. Javan Indonesia, is a Mastering Visual Basic & SQLgrowing company, engaged in the Have the ability in troubleshooting distribution and retail nursery products. and computer maintenanceVacancy for: Work experience preferred.1. Graphic Designer (DG) Able to work in teams

2. Sales Promotion Girl / Boy (SPG / 4. Finance StaffSPB) Female, max. 30 yrs3. Programmer / IT Staff (IT) Min. D3 accounting graduates with

GPA min. 2.75Work Location in Jakarta Barat Having experience in same field

preferredRequirements: Can operate the computer (Word,

Excel)1. Graphic Designer (DG) High discipline, careful and skillful

Education Min. D3 Graphic Design / Fresh graduate or max experience. 2 Fine Arts / like yrsAble to design / create a design for advertising, leaflets and other Send your application and CV via POST Can operate the software Photoshop, to:Illustrator and Freehand and other Rina Rawidesign programs PT. Javan IndonesiaFresh Graduate or 1 year experience Jl. Kembang Kerep no.121, Meruya

2. Sales Promotion Girl (SPG) Utara, Kembangan,Female, 17 years minimum age Jakarta Barat 11620High school graduates or equivalent Or via email to: Diligent and honest [email protected] to be placed in Jakarta and surrounding areas Include in the letter of application, you Height min. 160cm get this job information on how and Preferably with experience as an SPG from which source (from what

3. Programmer / IT Staff website or newspaper or anything Man else). This job was closed on March Min.D3 Education Information 18, 2010Mastering Web Programming (PHP,

Bursa Kerja di Jakarta

Employment at Chevron Indonesia * Experience in Maintenance min 1 yearDescription: Chevron Indonesia is a * Understand and be familiar with PLC subsidiary of Chevron in charge of oil and PLC Programexploration in Riau. Before being * Mastering the machine acquired by Chevron, the company was Troubleshootingnamed Caltex Pacific Indonesia. The * Mastering the electronic circuitsemployee was placed in 4 cities in Riau * Can read a wiring diagram pictureis Dumai, Duri, Minas and Rumbai. * Can design / develop a draft of Chevron Indonesia is also the largest machine controlcontractor of oil companies in Indonesia, * Basic Salary up Rp.3.000.000with production already reached 2 PRODUCTION ASSISTANT billion barrels. MANAGERChevron Indonesia Qualifications:Gedung Sarana Jaya * Male, age maximum 35 yearsJl. Budi Kemuliaan I No. 1, 17th Floor * D3 any major, Graphic D3 is a better Jakarta 10110 valueIndonesia * Able to communicate in EnglishVacancy for: * Having ability in analysis, skills, self 1. SITE SUPERVISOR (SS) motivation, and ability to work 2. MAINTENANCE STAFF ( MS ) independently and in teams3. PRODUCTION ASSISTANT * Able to operate computerMANAGER ( PAM ) * Basic Salary up Rp.3.500.0004. DOCUMENT CONTROL ( DC ) DOCUMENT CONTROLWork Location in Jakarta Qualifications:Requirements: SITE SUPERVISOR * Male / female min S1Qualifications: * Experience in the field min 1 year* Min 2 years working experience in the * Able to speak english is better valueTopography / Hydrograpic survey in the * Able to operate computeroil and gas industry. * Thorough and responsible and highly * Does having a full awareness of HSE motivated workRules * Basic Salary up Rp.4.000.000* Able to communicate in English, able Send complete application with CV and to create a simple report in English recent pasphoto to address:* Familiar with AutoCAD or CAD HRD Chevron Indonesiasoftware ither e-mail: [email protected]* Ability to work in team and have a Include in the letter of application, you good personality. will find this job information on how * Basic Salary up Rp.4.500.000 and resources (from what website or

newspaper, or anything else).MAINTENANCE STAFF This job was closed on March 29, 2010Qualifications:* Min STM Electronics

Bursa Kerja Chevron Indonesia 2010

Job vacancy at PT. Total Oil Indonesia taxationDescription: PT. Total Oil Indonesia, MARKETING & ADM STAFFglobally known as the oil and gas * Male / Female min 25 yearscompanies from France. With a presence * Minimal graduates from Diploma in in Indonesia, PT TOTAL Oil Indonesia all directionsto ensure the availability of a variety of * Having experience in the field min 1 end products from Total. yearPT. Total Oil Indonesia * Able to operate computer Ms.. OfficeWisma 46-Kota BNI 17th FL. * Thorough, discipline and Jl. Jend. Sudirman Kav. 1. responsibility and motivation highJakarta 10220 * Able to work individually and in teamsTelp. 021 251 5220 DATA ENTRYVacancy for: * Male / Female1. FINANCE & ACCOUNTING * Minimal graduates from Diploma in MANAGER ( FAM ) Management / Public Relation2. MARKETING & ADM STAFF ( * Min 1 year experience in the fieldMAS ) * Able to operate computer3. DATA ENTRY (DE) * Appearances interesting and Work Location in Jakarta communicative

* High working motivation and can Requirements: FINANCE & work under pressureACCOUNTING MANAGER send the complete application, CV and * Male / Female min 30 years recent pasphoto to address:* Education min S1 Accounting HRD PT. Total Oil Indonesia* Experience in the field min 2 years e-mail: total.indo_hrd @ yahoo.com* Have good analytical skills Include in the letter of application, you * Computer literate with good will find this job information on how * Having ability in leadership and can and resources (from what website or communicate well newspaper or anything else).* Understanding the regulation of This job was closed on March 11, 2010

Bursa Kerja Data Entry; PT Total Oil Indonesia

Page 14: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

14Edisi BulanMaret 2010

Selamat dan Sukses atas terbitnya

Tabloid

Page 15: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

15Edisi BulanMaret 2010

BURSA OTOMOTIF

Hyundai Santafe Th 2003/2004, Panjang,Hub : Hitam Silver, Audio, Jok Kulit, Panther LS 2.5 Th 2000 AD, a/n 08882792270/3244248

Jazz IDS - i Th 2006, Biru, Full Auto Tiptronik, Istmw, Nego Sendiri, Pajak Panjang, Abu2 Mazda E Th 2000, Th 2000,Ab Var,A/N Sendiri, 135 jt/NG, Blok Met Tua, Full Var, 115,5 jt/Nego, Sleman Hub : 081227284800F, Hub : 081578769942 BMW 325i Limited Edition, Th Hub : 081226300080

2001/2002, Merah, Full Var, Jok Kijang LGX Th 97, Tgn Feroza Mega Top Th 1996, Biru Kulit, Audio, Air Bag, Nego I,Komplit, KM 19 rb, Nego, Hub Silver, Full Var, 54 jt/NG, Block New Civic VTIS Th 2005, : 08122761817/02747809711 Bis Pariwisata Hino FB Th 2000, F,Hub : 081578769942 Hitam, Hub : 081227911811 Feroza Th 1995, Biru, Platt AA- Adiputro, Putih, 28 Seat, 230

D, AC, VR, 45,5 jt, Hub : Corolla All New Th 97 jt/Nego, Hub : Inova E Th 2005, Light Green, All New CRV 2,4 CC Th 2007, 081226299844 081903770063/6848548Full Var, Nego, Block F, Hub : Plat AD, Silve, KM Sedikit, Hub Avanza G VVTi Th 2008, Bln 081578769942 : 0818271167 Feroza 95 BPKB 1996,46,5 jt, 8,Hitam Metalik, Plat D1320KK,

Hub : 6505660 137 jt, Hub : 08156889507 All New CRV Th 2009 (Baru 3 (Sunyoto) Carens II M/T Th 2004 , Hitam, Bulan), A/T,Dark Mocca, Full Terios TX 2008, Hitam, Tgn I 97 jt/Nego, Hub : 6519662Var,Km 6 rb/Asuransi All Risk, Jazz IDSi Th 2004,Hitam, Full Toyota Type E Th 2008, Nego, Hub : 081578769942 Var, 119,5 jt/Nego, Hub: TaftPU 1995 Plat B, Hijau Tua, Merah,150 jt/Nego Hub :

085743492159 Kondisi Bagus, Nego, Hub : 085643017991 H. Wonder Th 1987, Abu-abu, BMW 318i Face Lift Th 2003, 085740727291 Istmw, 33 jt/NegoSilver, Full Var,A.N Sendiri,185 Civic Nova 2 pintu Th 1989, Toyota LX UP LGX Th 2001, jt /Nego, Hub : 081578769942 Antik, KM Dikit, 53 jt, Hub : Silver Gold,Full Var, 92 jt, Hub : Kijang Nasmoco 6 Speed Th

6525483/6505660 081802669571/6917111 1991, Merah, Velg Ring 15, 48 Pegeot 307 Sporty Th 2002, Peugeot 306 ST Le Mans Th Jt/Nego, Bisa KreditSilver Stone, Automatik City Th 2006, Silver Stone, AC, 1999 akhir, AB Sleman, Pajak Kijang Pick Up Diesel Th 02/03, Tiptronik, Tangan Pertama, 154 jt/Nego, Hub : 08122598264 panjang, Silver, Full Var, 55,5 Hitam, Tn I, Full Var, 86 jt/Nego, Suzuki escudo JLX Th 95/96, Buku2 Lengkap, Istimewa, 110 Swift AB Build Up Th 2006, jt/Nego, Hub : 081328137100 Hub : 081227731115 Ungu, AB, 76 Jt / Nego.jt/Nego, Hub : 081578769942 Merah, KM Sedikit, Hub :

0818271167 Peugeot 306 Th 1996, Nego, Hub Camry Th 2005, Hitam, Nego, D. Charade (AB) Th 84, Merah, X-Trail ST Th 2003/2004, Hitam, : 085228015336 Hub : 08156502606 (Arkha) AC,Full Var, 19 Jt/Nego

Full Var, Langsung A.N Pembeli, Genio a/n Th 1992, Biru, Nego, Blazer Th 96, Plat AB,Biru Estima Build Up Th 2000, Nego, Hub : 081578769942 Hub : 0811292517 Malam,Full Var,48,5jt/Nego, Hub Hitam, Full Var, Nego, Hub :

: 08815674420 0811286299 T Corolla Great Th 1992, Silver, LandCruiser 4x4 VX Th 1996, Full Var, 65 Jt/NegoHijau Metalc, Full Var, 4x4, Inova G Th 2006, Full Var, 165 Nopol AB, Turbo Interculer,290 Karimun Estilo Th 2008, Biru jt/Nego, Hub : 08123589047 APV Arena GL Th 07/08, Milik jt/NG, Hub : 081578769942 Met, Asli AB-Bantul, 100 Blazer DOHC LT Th 97, Full Pribadi,KM rendah, 115 jt

jt/Nego, Hub : 0811254741 Var, Pajak Panjang, 57 jt, Hub : Kijang Rover Th 1989/90, Plat Galant HIU 2.4 Th 2001,Silver, 085727357444 AE, Abu-abu Metal,39,5 Jt/ D Feroza Independent Th 97,Bitu Tgn Pertama, 100% orisinil Cat, APV GX Th 2005, Plat B, Mitsubishi L300 Th 2000, Nego, Hub : 085643017991 Metalik, AB, Istmw, 65 jtKM Rendah,Full Var, Istmw, 117 Coklat, 87 jt/Nego, Hub : Putih,AC, Tape,65,5 jt/Nego, jt/Neg, Hub : 081578769942 08129924245 Hub :081227263190/6564801 Great Crolla SEG 1.6 Th 1994, Stream 1.7 Manual Th 07,

Silver, Hub : 081802691233 Hitam,Tng 1, V coolInova G Th 2005, Light Green, Caeta Th 2001,Metalic Silver, Tgn Pertama, Orisinil Cat, Buku2 Velg Racing,Tape, 49 jt/Nego, Toyota All New Th 1997, New CRV Manual Th 05, Lengkap, Nego, Blok F Hub : Hub : 081328354824 Mitsubishi Truk 120PS Th 969, Faforit,Full Var, Hub : Silverstone081328644379 Kuning, Full Var, 115jt / Nego, 085292028787

Esteem Th 1992, Hijau Muda Hub : 087838177663 New Altis 1.8Tipe G Manual, KIA Picanto Th 2007, Hitam, Metalic, Asli AB,Tgn 1, Hub : Butuh Toyota Soluna Th 2004, HitamFull Var, Nego, Blok F, Hub : 9500666 Bus 3/4Th 2000, seat 29, Hub : Hub : 081346236137081328644379 0811352239 X-Trail ST Th 04, Silverstone

APV Arena SGX Th 2008, Win Jazz IDS-i Th 2006, Biru, Full Red (Meah Angur), Asli AB, Full Galant V6 Th 96, Biru tua, Full Feroza Th 95, AB, Istmw,Hijau Var, AA, a/n Sendiri,Orisinal Cat Var, 136,5 jt/Nego, Hub : AC, AB Sleman, 62jt super nego, Audi A4 2.6 Th 98, Blu Black, Silver,50 JtLuar Dalam, 134 jt/Nego, Blok 081125474 Hub : 6877119 Istmw,78 jt/Nego, Hub : F,Hub : 081578769942 081326224424 (Tiko) Feroza Th 95, Biri, AC, 48,5 jt

Evo 3 GLX Th 96, Silver, Hub : Atoz GLS Th 2003, Merah, Full Panther New Royal Th 99/00, 085292028787 H. Wonder, Th 87, AB, Tgn II, 33 Var Nego,Blok F,Hub : Asli AB,Biru Tua Metalic, 79,5 jt jt081578769942 aja, Hub : 9100689 Nissan Serena Th 2005, Hitam,

AB Asli Hub :081227774554 Escudo JLX Th 96, Ungu Terios TX Elegant Th 2007 Akh, Panther LS Turbo/Matic Th Timor Th 1997,Merah,Hub : Metalik, 75 jtHitam, Pajak baru Gress, Full 2002/2003 (AB 8888 IN),Biru 085743127800Var, Tgn 1, Nopol Cantik, 160 Muda,Audio Video, Double Apv Arena Tipe GL, Th 2008jt/Nego Blower AC,112 jt/Nego Hub : Timor 90 % Orisinil Th 96, Chevrolet Diesel 4x4 Th 83, Hub HUB : 6853425/081392313141

081225890902 Bp Juni Silver, Full Var, 39.8 jt, STNK :081227774554

Euro 2000 Auto Mobile

Honda

Suzuki

Isuzu

Daihatsu

Timor

Toyota

Nissan

Mazda

Bis

KIA

MS Auto Car

Peugeot

Opel

Mitsubishi

Audi

Chevrolet

Koleksi Putra Samudra Motor

Page 16: Tabloid Spirit Bisnis Edisi Perdana Maret 2010

16Edisi BulanMaret 2010