Tabloid Xpresi Edisi 84, Maret 2013

24
Edisi 84 - Tahun VIII - Maret 2013 ISSN 2088-141X Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id IBBI Competition 2013 hal.6 KMB IBBI Baksos Ke Panti Jompo hal.8 Percepat Kinerja Windows 8 hal.11 POS Students In A Flash Mob Action hal.12

description

Tabloid Xpresi Edisi 84, Maret 2013

Transcript of Tabloid Xpresi Edisi 84, Maret 2013

Edisi 84 - Tahun VIII - Maret 2013ISSN 2088-141X

Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

IBBI Competition 2013 hal.6

KMB IBBI Baksos Ke Panti Jompo hal.8

Percepat Kinerja Windows 8 hal.11

POS Students In A Flash Mob Action hal.12

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Desain Sampul Edisi 84 Tahun VIII, Maret 2013Oleh: Indah Putri Anggraeni

Xpresi Kampus 6

Xpresi Tekno 10

Xpresi Seremoni 12

Salam Redaksi 2Xpresi Sekolah 3Xpresi Tips 11Xpresi Cerpen 15Xpresi Puisi 16Xpresi Resensi 18Xpresi Profil 19Surat Nyasar 20Xpresi Info 22Xpresi Zodiak 22Frame Xpresi 23Xpresi Pendidikan 9

Daftar IsiSalam Redaksi

DIVISI uSaha I PemImPIn umum: juSwan TjOE I PemImPIn PerusAhAAn: aMrIn SuSIlO halIM I PenAnggung jAwAb: Ir. b. rIcSOn SIMarMaTa, MSEE I dewAn AhlI: prOf. Dr. aMrIn fauzI, SukIMan ST, MT, luSIah SE, MM I mAnAjer ProduksI: anDrIaSan SuDarSO, SMn, MM I mAnAjer IklAn: lIlI SurYaTY, SE, MM I mAnAjer sIrkulAsI: halIM lOlY, SE, MM I sTAFF sIrkulAsI: harTOnO, S.kom, M.kom

DIVISI rEDakSI I edITor In ChIeF: huDa pErDana I rePorTer: anI, EDI I FoTogrAFer: rIrI kOESnaDY I desAIn grAFIs: InDah puTrI anGGraEnIAlAmAT redAksI: kaMpuS TOpaz, jalan DaMar nO. 9-G, TElp. (061) 4153375, emAIl: [email protected], FACebook: Tabloid Xpresi

Tabloid Xpresi

Happy Women’s Day

2

Tidak terasa kita telah memasuki bulan Maret di tahun 2013 ini. Banyak hal yang telah terjadi selama beberapa bulan ini, dan di edisi kali ini dengan mengusung tema Hari Perem-puan Internasional, kami Redaksi Tabloid Xpresi mencoba menyajikannya kepada para pembaca setia Tabloid Xpresi.

Dikancah internasional peran dan sosok perempuan sudah begitu kuat dan tangguh. Perempuan tidak lagi dipandang sebagai makhluk yang lemah dan tidak berdaya. Semua itu terjadi, karena cukup banyak prestasi membanggakan yang berhasil diraih oleh kaum perempuan saat ini. Selain itu, dimasa sekarang, perempuan sudah memiliki posisi atau per-anan yang cukup penting dalam ruang lingkup pemerintahan baik dunia Internasional maupun tanah air sendiri. Demikianlah sekelumit laporan utama yang kami sajikan pada edisi kali ini.

IBBI disibukkan dengan berbagai macam kegiatan diantaranya IBBI Competition 2013. Acara yang merupakan kegiatan berbagai macam perlombaan ini mendapat antu-siame yang begitu besar dari para peserta. Peserta tidak hanya berasal dari sekolah-sekolah menengah atas Kota Medan saja tetapi mencakup hampir seluruh Sumatera Utara. Semua larut dalam hiruk pikuk serta euforia yang telah tercipta sejak awal. Itulah nuansa yang tergambar pada lomba yang diselenggara-kan IBBI tahun ini.

Akhir kata redaksi tanpa henti-hentinya mengharapkan partisipasi dari para pembaca untuk berkontribusi mengirim-kan karya-karya terbaiknya. Tak lupa pula kami terus mengajak rekan-rekan sekalian untuk terus memberikan dan menyam-paikan unek-uneknya, kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucap an selamat kepada siapa saja dengan cara yang begitu mudah, hanya perlu mengirimkan sms ke nomor 087869801990. Selamat membaca, semoga edisi kali ini ber-manfaat bagi kita semua.

redaksi menerima tulisan berupa lapOran kEGIaTan SEkOlah (dapat berupa tulisan maupun foto kegiatan), OpInI, fEaTurE, lapOran pErjalanan, cErpEn, puISI, SuraT pEMbaca, SuraT nYaSar serta tulisan lainnya. redaksi berhak mengedit setiap tulisan tanpa mengubah arti yang terkandung dalam tulisan. untuk tulisan OpInI, fEaTurE, lapOran pErjalanan, cErpEn, panjangnya sekitar 5000-6000 karakter.

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 3

Xpresi Sekolah

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Bimbingan Belajar Biologi setiap hari Rabu pukul 14.30-16.00 dan Jumat pukul 12.30-14.00. Pembimbing Dr.Ellys Tanur. Jumlah murid 26 siswa. Tujuan diadakan bimbel ini adalah untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Olimpiade Sains Nasional dan perlombaan perlombaan bergengsi lainnya.

B Project dancer dari SMK Medan Area saat tampil di Grand Aston bersama tim

Kegiatan ekstra kulikuler SMA N 1 Berastagi

SMA Methodist 2 Medan

SMK Medan Area

SMA N 1 Berastagi

Redaksi menerima tulisan berupa LAPORAN KEGIATAN SEKOLAH (dapat berupa tulisan maupun foto kegiatan). Redaksi berhak mengedit setiap tulisan tanpa mengubah arti yang terkandung dalam tulisan. Kirimkan tulisan beserta foto kegiatan ke redaksi Tabloid Xpresi Kampus Topaz, Jalan Damar No. 9-G, atau melalui email ke [email protected]

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 4

Xpresi Utama

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Awalnya, pada tahun 1910 sebuah konferensi internasional di Copenhagen yang diorganisir oleh kaum sosialis yang memu-

tuskan untuk ada satu momentum hari perempuan internasional sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan hak-hak asasi perempuan dan mendor-ong perjuangan hak suara perempuan diseluruh dunia.

Setahun kemudian (1911) Hari Perempuan Internasional pertama kali diperingati di Denmark, Austria, Jerman dan Swiss yang melibatkan satu juta perempuan dan laki-laki melakukan aksi turun ke jalan dengan tuntutan: hak ikut serta dalam pemilu, hak untuk bekerja, penghapusan diskriminasi dalam bekerja.Tetapi pemuliaan untuk kaum perempuan dengan mengucapkan ucapan bahwa hari ini adalah harinya tentu saja jangan sam-pai membuat perempuan berada di atas awan dan terlena. Maksud saya merasa bangga, karena sejatinya sebuah peringa-tan adalah ingat.

Di masyarakat Yunani Kuno, Lysistrata menggalang gerakan perempuan mogok berhubungan seksual dengan pasangan (laki-laki) mereka untuk menuntuk di-hentikannya peperangan; dalam Revolusi Prancis, perempuan Paris berunjuk rasa menuju Versailles sambil menyerukan “kemerdekaan, kesetaraan dan kebersa-maan” menuntut hak perempuan untuk ikut dalam pemilu.

Ide untuk memperingati hari Perem-puan Sedunia sebetulnya telah berkem-bang sejak seabad yang lalu ketika dunia industri ini sedang dalam masa pengem-bangan dan pergolakan, peningkatan laju pertumbuhan penduduk dan pemunculan paham-paham radikal. Berikut ini adalah kronologi singkat dari beberapa kejadian

memaknai hari Perempuan

penting yang mengiringi perjalanan Hari Perempuan Sedunia.

Hari Perempuan Sedunia adalah hari global merayakan prestasi ekonomi, politik dan sosial perempuan di masa lalu, sekarang dan masa depan. Di beberapa tempat seperti Cina, Rusia, Vietnam dan Bulgaria, Hari Perempuan Internasional adalah hari libur nasional.

Hari Perempuan Sedunia telah diamati sejak di awal 1900-an, masa ekspansi besar dan turbulensi di dunia industri yang meli-hat pertumbuhan penduduk berkembang pesat dan munculnya ideologi radikal.

Di Indonesia, berdasarkan catatan Komisi Nasional Perempuan, selama ku-run waktu 2007-2008, tingkat kekerasan terhadap perempuan meningkat hingga 100 persen.

Jenis kekerasan yang paling banyak adalah secara seksual dan dalam ranah

privat. Bahkan mayoritas korbannya masih berada di bawah umur. Pelakunya sendiri mulai dari yang berpendidikan tinggi hingga kalangan menengah ke atas.

Sementara itu, keterwakilan perem-puan dalam parlemen belum terlihat sig-nifikan. Bahkan dalam Pemilu 2009, yang tinggal menghitung hari, keterwakilan 30 persen perempuan, juga belum terlihat nyata. Apa karena banyak perempuan yang merasa apatis, suara perempuan tidak terlalu didengar dan tidak banyak berpengaruh pada kebijakan yang dike-luarkan.

Kedudukan perempuan sebagai sebagai penentu keputusan masih rendah, begitu pula akses perempuan terhadap sumber daya. Hal ini digarisbawahi oleh ketidaksetaraan yang masih terus berlan-jut, seperti :

- masih rendahnya perwakilan perem-

puan dalam posisi yang berpengaruh dalam dunia politik dan ekonomi dunia (siapa yang mengendalikan globalisasi?);

- perempuan masih mendominasi angka kaum miskin; berlanjutnya kek-erasan terhadap perempuan;

- adanya pemisahan jenis kelamin (gender gap) dalam pendidikan dan besar-kecilnya gaji.

Hak yang sama bagi setiap warga negara, yang seharusnya bersifat univer-sal, masih belum berlaku bagi perempuan, yang belum mendapatkan sumber daya yang memungkinkan mereka untuk menggunakan hak mereka sebagai warga negara.

Pekerjaan-pekerjaan reproduktif tanpa imbalan masih dibebankan di pundak perempuan: di seluruh dunia, perempuan masih melakukan pekerjaan-pekerjaan reproduktif, merawat orang sakit dan jom-po, merawat keluarga dan rumah tangga setiap hari - baik secara fisik maupun psikologis. Pekerjaan jenis ini diperlukan di setiap penjuru dunia, tapi masih belum diberikan imbalan, dan orang cenderung menganggap perempuan harus dan mau melakukan pekerjaan seperti ini.

Kita ingin dunia mengakui pentingnya pekerjaan seperti ini dan mengakui bahwa itu merupakan tanggung jawab bersama.

Oleh karena itu, Hari Perempuan Sedunia adalah hari untuk mengarahkan fokus dunia pada hal-hal di atas dan juga masalah-masalah perempuan lainnya. Pada hari ini, saatnya perempuan untuk membina jaringan, menyusun strategi dan bergerak; tunjukkan keberadaan, suara, dan visi kita pada dunia. Melalui hari ini, kita juga harus bekerjasama dengan kaum pria mengenai kesetaraan jender. Karena, hanya dengan kerjasamalah perubahan bisa terjadi. Dan perubahan itulah yang kita inginkan.

Hari Perempuan Internasional (International Women Day) dirayakan setiap tanggal 8 Maret oleh kaum perempuan diseluruh belahan dunia merupakan sebuah kemenangan gerakan perempuan dalam memperjuangkan hak-hak dan kesetaraan kaum perempuan.

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 5

Xpresi Utama

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

WiwiSMA Wahidin Medan

Menurut saya kes-etaraan derajat antara perempuan dan laki-laki saat ini derajat wanita dan laki-laki, sudah sama Tiada perbedaan tingkatan lagi antara wanita dan laki-laki. Bahkan wanita bisa jauh lebih hebat dibandingkan pria.

Emansipasi wanita yg dilakukan RA.kartini Tanpa dia mungkin wanita saat ini, tidak bisa mendapat pendidikan di bangku sekolah hanya bisa berada dibelakang dapur dan menjaga anak saja.

Vivi SMA Sutomo 2

Menurut saya Derajat antara perempuan dan laki-laki sekarang ini sudah setara hal ini dibuktikan dengan banyak nya wanita yang pada saat sekarang ini menjadi pemimpin. Menurut saya, emansipasi wanita merupakan hal yang membanggakan, karena

dengan itu kita dapat menunjukkan pada dunia bahwa wanita juga mampu berkarya dan berkreasi setara dengan kaum pria.

Chris Tanty SMA Wahidin Medan

Menurut saya kes-etaraan derajat antara perempuan dan laki-laki saat ini hampir setara karena banyak prempuan di luar sana yang bisa mengerjakan pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan oleh laki-laki. Mengenai emansipasi wanita, menurut

saya itu tidak efektif di Indonesia ini, karena masih banyak wanita yang tertindas.

VellySMA Budaya

Derajat antara perem-puan dan laki-laki sekarang ini sudah hampir setara walau belum mencapai kesetaraan yang sempurna. Dapat dilihat sudah banyak wanita yang menghidupi keluarganya dan mendapat posisi tinggi di karier nya. dan yang pasti emansipasi

wanita memang harus ditingkatkan lagi. Mengenai emansipasi wanita, menurut saya

itu bagus, karena dalam satu keluarga tidak hanya tergantung kepada pria saja.

RitaSMA Jendral Sudirman

Menurut saya kes-etaraan derajat antara perempuan dan laki-laki saat ini Menurut saya kesetaraan derajat antara perempuan dengan laki-laki sudah setara, karena sekarang banyak perem-puan yang sudah memiliki kedudukan atau tuingkat

pendidikan yang setara dengan laki-laki. Menu-rut saya juga sekarang wanita semakin maju dan dapat mengimbangi laki-laki, hal itu dibuktikan dengan wanita lebih banyak yang berpenghasilan tinggi ketimbang pria.

AlfhrinaSMA Methodist Binjai

Menurut saya kes-etaraan derajat antara perempuan dan laki-laki saat ini derajat wanita dan laki-laki sudah sama Tiada perbedaan tingkatan lagi antara wanita dan laki-laki. Bahkan wanita bisa jauh lebih hebat dibandingkan pria.

Hal ini dibuktikan dengan banyak perempuan pada saat sekarang ini menduduki jabatan pent-ing baik di sebuah perusahaan maupun jabatan pemerintahan.

AngelaSMA Methodist Binjai

Menurut saya kes-etaraan derajat antara perempuan dengan laki-laki sudah sudah hampir setara walau belum mencapai kesetaraan yang sempurna. Sekarang derajat wanita bisa hampir mengimbangi laki-laki. Hal ini dibuktikan dengan pada saat sekarang

ini wanita juga banyak bisa melakukan lebih ban-yak pekerjaan laki-laki. Emansipasi wanita merupa-kan hal yang membanggakan, karena dengan itu kita dapat menunjukkan pada dunia bahwa wanita juga mampu berkarya.

LisaSMA Wahidin Medan

Menurut saya, perem-puan dan laki-laki sudah hampir memiliki derajat yang sama. Artinya, perem-puan juga dapat melakukan hal-hal yang dilakukan oleh laki-laki, sekarang sudah banyak perempuan yang sudah memiliki kedudukan atau tingkat pendidikan

yang setara dengan laki-laki. Menurut saya, emansipasi wanita harus ditingkatkan agar wanita tidak direndahkan lagi.

Rivaldy SMA Methodist 5 Medan

Menurut saya kes-etaraan derajat antara perempuan dengan laki-laki sudah setara, karena sekarang banyak perem-puan yang sudah memiliki kedudukan atau tuingkat pendidikan yang setara dengan laki-laki. Bukan hanya itu dari segi peker-

jaan, sekrangg wanita sudah banyak yang jadi tu-kang becak, supir bus, banyak wanita yang bekerja di kantor untuk menafkahi keluarga nya. Semenjak emansipasi wanita, wanita lebih di hargai dan sudah sederajat dengan pria.

MeMaknai Hari

PereMPuan internasional

Hari Perempuan Internasional (International Women Day) dirayakan setiap tanggal 8 Maret oleh kaum perempuan diseluruh belahan dunia meru-pakan sebuah kemenangan gerakan perempuan dalam memperjuangkan hak-hak dan kesetaraan kaum perempuan. Setiap tanggal 8 Maret, seluruh perempuan di dunia memperingati Hari Perempuan Sedunia atau Women Day.

Dijadikannya tanggal 8 Maret sebagai Interna-tional Women Day, karena pada tanggal yang sama di tahun 1917, perempuan di Rusia, untuk pertama kalinya diberikan hak suara oleh pemerintah Rusia. Inilah yang menjadi tonggak awal peringatan bagi seluruh perempuan dunia.

Perempuan tidak lagi dipandang sebagai makhluk yang lemah dan tidak berdaya. Semua itu terjadi, karena cukup banyak prestasi membanggakan yang berhasil diraih oleh kaum perempuan saat ini.

Namun, di satu sisi, perbincangan tentang gender semakin menghangat dan kerap menjadi masalah tersendiri. Apalagi, jika dikaitkan dengan fakta bahwa emansipasi wanita belumlah mendapat tempat yang semestinya. Kendati, konsep emansipa-si telah dijalankan hingga saat ini tapi belum sesuai dengan yang diharapkan.

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Xpresi Kampus

6 Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) IBBI melaksanakan IBBI COMPETITION 2013 yang resmi di buka oleh Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi

(STIE) IBBI Prof. Dr. Amrin Fauzi pada hari sabtu, 2 Februari. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yakni 2-3 Februari 2013 dengan peserta yang notabenenya adalah siswa dari berbagai macam sekolah

dan daerah tuturnya.

IBBI COMPETITION 2013

menjaring bakat siswa/i berprestasi

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan yaitu mengasah dan mengembangkan bakat-bakat siswa/I sebagai peserta perlom-

baan. Dimana dengan dilaksanakan-nya kegiatan ini siswa/I dapat melihat, berlomba, dan bersaing secara sehat dengan peserta lainnya untuk menjadi yang terbaik.

Adapun kegiatan perlombaan yang digelar pada IBBI Competition 2013 yaitu lomba english speech, lomba english debate, lomba vocal group, lomba dance, lomba akuntansi dan lomba game dota.

Peserta kegiatan perlombaan ini be-rasal dari berbagai SMA, SMK dan tempat seperti Medan, Sibolga, Banda Aceh, Brastagi, Sei Rampah, Pematang Siantar dan Binjai.

Adapun bentuk dari perlombaan ini yaitu team dan perorangan. Dimana jumlah peserta lomba akuntansi yaitu 32 team dengan perincian 3 orang per team. Lomba English speech yaitu 47 orang, lomba English Debate 18 team dengan perincian 3 orang per team. Vocal group 13 team dengan perincian 15 orang per team. Dance berjumlah 22 team dengan perincian 3,4,5 per team. Dota berjumlah 14 team dengan perincian 5 orang per team

Turut Hadir Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (ST-MIK) IBBI Ir. B. Ricson Simamarta,MSEE, Wakil Ketua I STIE IBBI Lusiah, SE, MM , Wakil Ketua I STMIK IBBI, Sukiman, ST, MT , Wakil Ketua II STIE - STMIK IBBI Lili

Suryaty ,SE, MM, Wakil Ketua III STIE IBBI Budijanto, SSi, MSi, dan Wakil Ketua III ST-MIK IBBI Andriasan Sudarso, S.Mn., MM.

Antusiasme peserta makin terlihat di hari kedua, dimana Final dari beberapa lomba akan dilaksanakan pada hari itu. Seluruh peserta meningkatkan seman-gat, kreatifitas dan inovasi dalam setiap perlombaan yang hendak mereka ikuti pada hari yang kedua ini.Hampir semua

perlombaan di laksanakan langsung di atas panggung untuk acara Final. Disinilah keberanian mereka untuk unjuk gigi dapat terlihat. Beberapa peserta mengaku Nervous atau gugup karena baru pertama kali tampil di depan orang banyak.

Pengumuman juara setiap perlom-baan serta foto bersama dengan seluruh peserta lomba dan panitia perlombaan disore hari menjadi agenda penutup

dalam rangkaian kegiatan ini. Adapun bentuk apresiasi yang diberikan ke-pada pemenang yaitu : Piagam/Trophy, Sertifikat, Uang Tunai, Merchendeis, dan beasiswa. Dimana lomba dance, akun-tansi, debat masing-masing mendapat uang tunai, juara 1 sebesar tiga juta, juara 2 sebesar dua juta, jura 3 sebesar satu juta. Untuk Vocal Group juara 1 mendap-atkan uang tunai sebesar lima juta, juara 2 sebesar 4 juta, juara 3 sebesar tiga juta. Sedangkan untuk lomba pidato juara 1 mendapatkan uang tunai sebesar satu setengah juta, juara 2 sebesar satu juta dan juara 3 sebesar tujuh ratus lima puluh ribu. Setelah di lakukan seleksi dan penila-ian yang ketat, maka di dapatlah juara 3 besar tiap kategori perlombaan.

Dimana untuk juara I, II ,III lomba english speech yaitu Yoza Azzhari (MAN 1 Medan), Darling Febriani (SMA Meth-odist 2 Medan), Evelyn (SMA Methodist 2 Medan). Lomba akuntansi juara I, II, III yaitu SMA Sultan Agung Pematang Siantar, SMA Brigjen Katamso Medan, SMK Indonesia Membangun 2 Medan. Lomba english debate juara I, II, III yaitu SMAN 3 Medan, SMAN 3 Medan, SMA HangTuah. Lomba dance juara I, II, III yaitu SMK Tri Tech Informatika, SMK DR. Sjahrir, SMK Medan Area. Lomba vocal group juara I, II, III yaitu SMAN 1 Brastagi, SMA Swasta Katolik Sibolga, SMA St. Yoseph Medan. Lomba game dota juara I, II, III dan harapan I yaitu SMA DR Wahidin Sudirohusodo, SMA ST. Thomas 1 Medan, SMA Bodhicita Medan dan SMK 9 Medan.

Foto bersama Wakil Ketua I STIE IBBI Lusiah,SE,MM , Wakil Ketua III STMIK IBBI Andriasan Sudarso, S.Mn.,MM. Dengan juara lomba English Speech

Foto para juara lomba vocal group dengan dewan juri di halaman kampus diamond IBBI Medan Foto para juara lomba dance dengan dewan juri di halaman kampus diamond IBBI Medan

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Xpresi Kampus

7Maret 2014 I Edisi 84 I Tahun VIII

PARA PEMENANG IBBI COMPETITION 2013

Juara 1 lomba DOTA SMA DR.Wahidin Medan

Juara 1 lomba english debate SMAN 3 Medan Team 1

Juara 1 lomba vocal group SMAN 1 Berastagi

Juara 2 lomba DOTA SMA St. Thomas 1 Medan

Juara 2 lomba english debate SMAN 3 Medan Team 2

Juara 2 lomba vocal group SMA Katolik Sibolga

Juara 1 lomba akuntansi SMA SULTAN AGUNG Siantar Juara 2 lomba akuntansi SMA BRIGJEN KATAMSO Juara 3 lomba akuntansi SMK Indonesia Membangun 2 Medan

Juara 3 lomba DOTA SMA Bodhicita Medan

Juara 3 lomba english debate SMA HANGTUAH Medan

Juara 3 lomba vocal group SMA St. Yosep

Juara 1 lomba dance SMK TRI TECH INFORMATIKA Juara 2 lomba dance SMK DR SJAHRIR Juara 3 lomba dance SMK Medan Area

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 8 Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 8

Xpresi Kampus

Keluarga Mahasiswa Buddhis (KMB) IBBI menyalurkan sumbangan kepada panti jompo Yayasan Harapan Jaya Komplek Graha Sultan Blok A 1-6 Jln. ABRI Masuk Desa Titi Papan Kec. Medan Marelan.

Acara tersebut berlangsung pada hari minggu 03 Februari 2013 diawali dengan kata sambutan Ketua KMB IBBI, Amelinda Cheria. “Senang rasanya kami bisa ber-bagi rezeki, suka, dan cerita kepada panti jompo ini, semoga bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat dan membantu manula yang ada dipanti ini”, tutur ketua KMB dalam sambutannya. Kemudian di lanjutkan oleh kata sambutan yang hangat dari pengurus panti jompo yang diwakili oleh Bapak Ahok. “Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KMB IBBI yang telah memberikan sumbangan kepada panti jompo ini”.

Usai kata sambutan, acara tersebut di-

Chung Yuan Christian University melakukan kunjungan ke Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBBI dan Sekolah Tinggi Manajemen

dan Informatika Komputer (STMIK) IBBI. Kunjungan universitas yang berasal dari Tai-wan tersebut berlangsung pada hari selasa (5/2) yang berlangsung selama satu hari.

Sejarah singkat Chung Yuan Christian (CYCC) didirikan pada Oktober 1955 setelah disetujui oleh Departemen Pendidikan. Den-gan “pendidikan melalui jujur, rajin menge-jar dan pengalaman praktis” sebagai motto sekolah. Upgrade ke status universitas penuh, CYCC diubah namanya Chung Yuan Christian University (CYCU) pada tanggal 1 Agustus 1980. Sekarang CYCU memiliki tujuh perguruan tinggi, 26 departemen, 24 program Master, dan 12 program PhD. CYCU memiliki lebih dari 70.000 alumni. CYCU dikenal karena memiliki nilai akade-

KMB IBBI Adakan Baksos Ke Panti Jompo

kunjungan Chung Yuan Christian university (CYCu) ke sTIe - sTmIk IbbI medan

lanjutkan dengan membagikan makanan kepada para manula, dan makan bersama anggota KMB IBBI dengan pengurus Yayasan Panti Jompo.

Kemudian penyerahan bantuan yang diserahkan oleh Ketua KMB IBBI kepada Yayasan Panti Jompo Harapan Jaya diter-ima secara simbolis oleh pengurus panti dan salah satu perwakilan dari manula.

Adapun bantuan yang diberikan terdiri dari pampers manula, makanan ringan, dan minuman serta sumbangan berupa sedikit dana.

“Kami berharap sumbangan yang se-suai kemampuan kami ini bisa membantu panti jompo disini.

Usai penyerahan sumbangan yang berlangsung sederhana di aula panti jompo ini, acara ini ditutup dengan foto bersama pengurus KMB, pengurus panti dan para manula.

mis dan research-nya yang sangat bagus.Kedatangan Universitas Taiwan tersebut

disambut hangat oleh petinggi IBBI seperti Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBBI Prof. Dr Amrin Fauzi, Ketua Sekolah

Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) IBBI Ir. B. Ricson Simamarta,MSEE, IPM, Wakil Ketua I STIE IBBI Lusiah, SE, MM , Wakil Ketua I STMIK IBBI, Sukiman, ST, MT, Wakil Ketua III STIE IBBI Budijanto, SSi, MSi, dan Wakil Ketua III STMIK IBBI Andriasan Sudarso, S.Mn., MM.

Amrin Fauzi berharap kepada CYCU dengan adanya kerjasama yang dijalin oleh kedua perguruan tinggi, diharapkan akan menghasilkan SDM yang berkwalitas dan khususnya mahasiswa STIE IBBI yang yang menimba ilmu di CYCU dapat diberikan double degree dengan sistem pembelajaran yang diusulkan 2-2, yakni dua tahun di STIE IBBI dan dilanjutkan dua tahun di CYCU.

Sedangkan Ricson Simarmata meng-

harapkan kerjasama dapat dilakukan dibi-dang akademik seperti pertukaran dosen dan pelajar, kerja sama dibidang penelitian keilmuan dan pendalaman jurnal-jurnal ilmiah di kedua perguruan tinggi.

Menurut Jo- Hui Chen selaku Professor Departement of Business Administration, De-partement of Finance dan Dean , Office of In-ternational and Cross- Strait Education CYCU, kunjungan ini bertujuan untuk membangun kerjasama yang baik di bidang pendidikan dengan cara pemberian beasiswa kepada alumni maupun dosen pengajar STIE –STMIK IBBI untuk menimba ilmu pengetahuan baik di program Master maupun Doctoral. Bentuk dari beasiswa yang ditawarkan yaitu beasiswa Distinguished International Graduate Students (DIGS) atau DIKTI, dimana program-program yang ada berskala internasional yang diajar-kan dalam bahasa inggris.

Adapun program studi keilmuan yang berhubungan dengan ekonomi yang relevan dengan program studi di STIE IBBI seperti Business Administration, Interna-tional Business, Accounting, Management Information Systems, Finance, dan Ph.D. Program in Graduate School of Manage-ment dan program studi keilmuan yang berhubungan dengan informasi teknologi komputer yang terdapat di STMIK IBBI sep-erti Industrial and Systems EngineeringElec-tronic Engineering, Electrical Engineering, Information and Computer Engineering.

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 9Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Xpresi Pendidikan

Dinas Pendidikan Sumatera Utara mencatat hingga saat ini sebanyak 736.152 siswa/siswi dari berbagai tingkatan sekolah di seluruh ka-bupaten/kota di Sumut terdata sebagai calon

peserta Ujian Nasional (UN) tahun 2013.“Untuk tingkat SD sederajat terdata sebanyak

155.008 siswa masing-masing tingkat SD 139.560 siswa dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) 15.448 siswa. Sedangkan tingkat SMP sederajat terdata sebanyak 187.562 siswa masing-masing SMP 139.560 siswa, MTs 47.155 dan SMP terbuka 847 siswa,” sebut Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Muhammad Zein, kemarin.

Sementara untuk tingkat SMA terdata sebanyak dii-kuti 98.738 siswa dengan rincian kelompok IPA 56.064, IPS 42.648 dan Bahasa 26 siswa. Sedangkan Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 19.813 orang dengan rincian IPA 9.101, IPS 10.253, Bahasa 29 dan Program Keagamaan 448 siswa serta peserta SMK sebanyak 83.783 siswa.

Untuk pelaksanaan UN tahun ini, sebut Zein, sedikit

736.152 Siswa akan Mengikuti Ujian Nasional di Sumut

RSBI Di Sumut Kembali Jadi Sekolah Reguler

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Su-matera Utara akan dikembalikan menjadi sekolah reguler, seperti halnya sekolah-sekolah lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara M Zein di Medan, Sabtu mengatakan, pihaknya telah meminta agar sekolah-sekolah RSBI tersebut di daerahnya segera mengubah semua papan nama, kop surat, dan stempel menjadi nama sekolah sebelum RSBI.

“Sejak Februari ini, seluruh sekolah yang RSBI atau SBI berganti menjadi sekolah reguler, sama seperti sekolah-sekolah lainnya,” kata dia lagi.

Saat ini di Sumut sekolah yang berstatus RSBI/SBI berjumlah 35 unit, yaitu SMK sebanyak 17, SMA 11 seko-lah, SMP empat sekolah, dan SD tiga sekolah.

Setelah keluar Surat Edaran No. 017/MPK/SE/-2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), saat ini status RSBI dan SBI tersebut kembali menjadi reguler.

“Sebelumnya SMA Negeri 1 RSBI, sekarang namanya menjadi SMA Negeri 1 saja, tidak ada lagi label RSBI,” kata dia. Berkaitan bantuan pembiayaan pendidikan yang diberikan kepada sekolah RSBI/SBI dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), menurut Zein, masih tetap sama dengan sebelumnya yang bentuk dan alokasinya akan disesuaikan dengan kebijakan daerah.

“Bantuan APBD masih tetap boleh dilanjutkan dan tidak diputus. Karena kalau diputus, bisa kolaps sekolah-sekolah ini, dari mana mereka menutupi kebutuhannya,” kata dia pula.

Zein juga mengimbau untuk penerimaan siswa baru di sekolah itu, agar dikembalikan seperti semula, layaknya sekolah reguler lainnya. Apalagi, kata dia, aturan peneri-maan siswa baru ini sudah diatur oleh pemerintah kabu-paten maupun kota setempat. “Kalau dulu ‘kan mereka otonom. Tapi sekarang sama seperti sekolah reguler lain-nya, baik tata cara maupun mekanisme pendaftarannya,” ujar dia. (antarasumut.com)

‘Goceng’ Internetan XL 150 MB Aktif 6 BulanMedan, 29 Januari 2013, siapa yang

tak kenal internet, mulai anak sekolah hingga orang dewasa sekarang menggu-nakan internet. XL merupakan salah satu penyedia layanan data terkemuka di In-donesia, meluncurkan produk kartu bebas internetan XL. Produk baru XL tersebut diluncurkan hari ini, serentak di seluruh Indonesia, dengan menghadirkan group band NOAH menjadi icon produknya.

Dody Hadiana, RSOM Medan Inner XL

mengalami perubahan dengan menerapkan soal se-banyak 20 paket, sedangkan tahun sebelumnya hanya 5 paket. Tentang tingkat kesulitan soal, kata Zein, ta-hun sebelumnya adalah 10 persen mudah, 80 persen sedang dan 10 persen sukar.

“Namun, tahun ini akan berubah menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang dan 20 persen sukar. Dan standar kelulusan nilainya tetap 5,5,” ujarnya.

Menurut Zein, ada empat hal penting yang menjadi fokus agar proses penyelenggaraan UN menjadi baik dan kredibel yakni, menjaga tingkat keamanan yang tinggi dan kerahasiaannya agar tidak terjadi kebocoran soal ke publik.

“Pelaksanaan UN utama tingkat SMA dan MA mulai digelar 15 April-18 April dan ujian susulan 22-25 April. Sedangkan UN utama SMP dan MTs 22-25 April dan 22-25 April dan susulan 29 April – 2 Mei 2013 serta UN utama SD/MI 6-8 Mei dan susulan 13-15 Mei 2013,” un-gkapnya. (mm)

Axiata mengatakan :” Dengan Kartu Bebas Internetan XL, pelanggan akan mendapat benefit yang luar biasa, hanya dengan harga Rp. 5.000.- maka pelanggan bebas akses ke semua situs, mendapatkan kuota lebih besar yaitu 150 MB per bulan selama 6 bulan, ditambah extra Bonus Gratis 1 MB setiap hari”. Pelanggan yang menggunakan Kartu Bebas Internetan XL juga bebas dari rasa khawatir kartu hangus, karena masa aktif kartu sangat panjang, yaitu 6 bulan.

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Xpresi Tekno

10 Maret 2013 I Edisi 83 I Tahun VIII

Menjalankan Aplikasi Android di PC

Beberapa “Shortcut Penting” Windows 8

Sebelumnya menjalankan aplikasi Android di perang-kat PC berbasis Windows dan MacOS memang tidak dimungkinkan. Namun, berkat adanya sebuah software sederhana bernama BlueStack, konsumen sudah bisa me-nikmati aplikasi Android langsung dari kedua perangkat tersebut.

Aplikasi BlueStacks memang baru masuk ke masa beta alias percobaan. Namun, aplikasi ini sudah dapat men-jalankan fungsinya dengan baik, yaitu mengizinkan peng-gunanya mengakses Google Play Store, mengunduh, dan menjalankan aplikasi Android di perangkat PC dan Mac.

Besarnya file installer BlueStacks untuk perangkat PC berbasis Windows tidaklah terlalu besar, yaitu hanya sekitar 8MB saja. Namun, pengguna Mac mungkin akan sedikit keberatan dengan besarnya file instalasi software ini. BlueStacks untuk Mac memiliki file instalasi sebesar 112MB.

Sudah ada lebih dari 700.000 aplikasi yang terdapat di Google Play Store saat ini. Dari sekian banyaknya aplikasi tersebut, sangat sulit bagi konsumen untuk menemukan aplikasi terbaik.

Nah, dengan adanya BlueStacks ini, para pengguna setidaknya bisa mencoba dulu aplikasi Android di PC atau Mac, sebelum mengunduhnya langsung ke ponsel atau perangkat tablet berbasis Android. (kps)

Sama seperti Win-dows versi sebelumnya, Windows 8 juga dileng-kapi dengan berbagai shortcut.

Dengan menggu-nakan shortcut-shortcut tersebut, pengguna da-pat meningkatkan keg-iatan komputasi. Dija-min, produktivitas dalam pekerjaan juga akan se-

makin meningkat. Berikut beberapa shortcut yang mung-kin berguna bagi Anda:Windows + M: Minimize semua window yang sedang terbukaWindows + E: Membuat jendela My Computer atau Win-dows Explorer muncul dengan cepatWindows + D: Akses cepat ke DesktopWindows + Tab: Melihat daftar aplikasi yang sedang berjalanWindows + Print Screen: Mengambil Screenshot dan me-nyimpannya di folder “Screenshots” yang ada di folder PicturesWindows + Q: Membuka menu pencarian global.Windows + F: Membuka pencarian file dan folderWindows + Pause: Menampilkan halaman “system properties”Windows + “,”: Membuat semua Windows yang terbuka menjadi transparanWindows + R: Membuka perintah RunWindows + X: Membuka menu Quick Access. Bagian ini berisi Command Prompt, Disk Management, File Explorer, dan masih banyak lagi

Shortcut yang telah disebutkan di atas merupakan sebagian kecil dari yang telah disediakan oleh Microsoft. Shortcut mana yang paling banyak Anda gunakan? Punya shortcut andalan? Mari berbagi melalui fitur Komentar.

Setelah diterpa oleh begitu banyak rumor, akhirnya tanggal peluncuran resmi Samsung Galaxy S IV telah diketahui. Seri Galaxy S “flag-ship” generasi keempat ini akan diperkenalkan

di sebuah acara pada 14 Maret 2013 mendatang di New York, AS.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh perwak-ilan Samsung, Chenny Kim, kepada Reuters, Senin (25/2/2013).

Ini akan menjadi peluncuran smartphone seri Gal-

Galaxy S IV Dipastikan Meluncur 14 Maret

Ini Dia Harga Xperia Tablet Z

Dibanderol Rp 190 Ribu, Nokia 105 Bisa “Melek” 1 Bulan

Sony memamerkan tablet Android terbarunya, Xperia Tablet Z, pada pesta gadget Mobile World Con-gress (MWC) di Barcelona, Spanyol, Senin (25/2/2013).

Sony tak hanya mengklaim Xperia Tablet Z sebagai tablet tertipis di dunia dengan ketebalan 6,9 mm, namun juga dapat bertahan di air kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Tablet Xperia Z sebelumnya sudah diperkenal-kan di acara Consumer Electronics Shows 2013 pada bulan Januari lalu. Saat itu, Sony belum membeberkan harganya. Nah, di ajang MWC 2013 ini, akhirnya Sony mengumumkannya.

Sony membanderol Xperia Tablet Z dengan harga 499 dollar AS (sekitar Rp 4.850.000) untuk kapasitas 16GB dan 599 dollar AS (sekitar Rp 5.820.000) untuk kapasitas 32GB, keduanya untuk model WiFi only. Sony belum berencana meluncurkan Xperia Tablet Z yang dibekali dengan fitur jaringan seluler.

Xperia Tablet Z memiliki ukuran layar 10,1 inci dengan resolusi layar full-HD sebesar 1.920 x 1.200 pixel. Layar ini dibekali mesin Mobile Bravia Engine 2, sebuah teknologi yang biasa disematkan pada televisi layar datar Sony seri Bravia.

Dapur pacu tablet berbobot 495 gram ini diper-kuat dengan prosesor quad-core Qualcomm Snap-

Nokia meluncurkan ponsel low end seri 105. Ponsel yang dibanderol seharga 15 Euro atau sekitar Rp 190.000 itu diperuntukkan bagi mereka yang hanya menggunakan ponsel untuk menelepon dan SMS. Fiturnya tak banyak, tapi daya tahan baterainya luar biasa, satu bulan lebih.

“Ponsel ini sangat esensial, tanpa mengabaikan desain, ponsel ini menawarkan semua kebutuhan utama pengguna yaitu menelepon dan pesan singkat,”

axy S pertama di AS, setelah tiga tahun sebelumnya, perangkat tersebut lebih banyak dilakukan di belahan Eropa.

Sebagai catatan, Samsung untuk pertama kalinya memperkenalkan Galaxy S pada ajang CTIA di AS (2010), diikuti Galaxy S II pada ajang Mobile World Congress, Spa-nyol (2011), dan Galaxy S III di London (2012).

“Kami memperkenalkan Galaxy S III di London tahun lalu, dan kali ini kami mengubah tempat peluncuran (ke New York). Keputusan ini diambil setelah kami meneri-ma begitu banyak permintaan dari operator mobile AS untuk memperkenalkan Galaxy S IV di negara tersebut,” kata JK Shin, pimpinan divisi mobile Samsung.

Galaxy S IV selama ini dikenal dengan nama kode GT-I9500. Perangkat ini dikabarkan akan dibekali layar seluas 5 inci jenis Super AMOLED full-HD. Layar ini dis-ebut-sebut dapat mengirit konsumsi daya hingga 25 persen.

Sensor kameranya 13 MP dan dibekali baterai berkapasitas 2.600 mAh. Sayangnya, Samsung belum belum menerapkan desain unibody pada Galaxy S IV.

Rumor yang beredar juga menyebutkan, Galaxy S IV akan memiliki kemampuan mengisi daya baterai tanpa perantara kabel, alias wireless charging. Teknolo-gi pengisian baterai nirkabel ini menggunakan metode induksi, yang dalam hal ini panel belakang ponsel harus didesain khusus. (kps)

dragon S4 Pro kecepatan 1,5GHz, dan RAM 2GB. Semua itu berjalan dengan sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean).

Memori internal 32GB bisa diperluas dengan kartu eksternal MicroSD. Xperia Tablet Z datang dengan du-kungan teknologi nirkabel Near Field Communication (NFC) dan Long Term Evolution (LTE).

Tablet Sony ini dibekali kamera belakang 8,1MP yang mengadopsi sensor CMOS Exmor R untuk perangkat mobile. Sony mengandalkan fitur kam-era pada tablet ini, yang diklaim dapat mengangkat warna objek di tempat gelap dan mampu menangkal backlight. Sayangnya, kamera ini tidak dibekali dengan lampu kilat LED. (kps)

kata Executive Vice President of Design at Nokia Marko Ahtisaari saat memperkenalkan ponsel tersebut dalam World Mobile Congress di Barcelona, Spanyol, Senin (25/2/2013).

Marko mengklaim, ponsel low end ini memiliki daya tahan baterai yang tangguh, 35 hari standby dan 12,5 jam bicara. Saat acara peluncuran, ia menunjuk-kan bar baterai yang tersisa 3/4 bar. “Anda lihat indika-tor baterai, saya men-charge-nya dua minggu lalu,” kata dia. Feature phone ini memiliki fitur radio FM dan lampu flash di sisi atasnya yang dapat digunakan sebagai senter. Ada dua pilihan warna, cyan dan hitam.

Layarnya terlihat tidak besar karena memang tidak banyak aneka fitur yang ditanam di dalamnya. Juga tidak ada kamera. Jadi, ponsel anyar ini benar-benar fungsional untuk kebutuhan dasar sebuah ponsel.

Nokia 105 akan masuk ke pasar Indonesia pada kuartal pertama tahun 2013 ini. (kps)

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 11Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 11

Xpresi Tips

Windows 8 bootingnya lebih cepat dari Windows 7 , Selain itu penggunaan memory juga lebih sedikit dari versi Win-dows sebelumnya.Tampilannya juga lebih

tajam dan lebih baik dan masih banyak lagiperbedaan dari windows sebelumnya, walau masih terdapat be-berapa kelamahan pada windows 8.

Windows 8 dapat kamu setting dan tweak dengan mudah dan cepat, Kali ini saya akan membahas cara mempercepat Windows 8. Kalau kamu menggunakan Windows 8 dan tidak dapat menikmatinya karena lemot. Mungkin dengan membaca artikel dari ini akan membantu kamu dalam mengoptimalkan kinerja PC kamu yang menngunakan Windows 8.

1. Matikan Animasi Windows Dengan mematikan animasi Windows kamu dapat

menghemat memory dan juga mempercepatnya. Walaupun tak signifikan namun ini akan sedikit mem-bantu kamu. Saran saya, hilangkan tanda centang pada Performance Options seperti pada gambar di bawah ini.

2. Atur Program Startup Saat kamu menyalakan komputer tentu akan ada

program yang berjalan secara langsung, biasanya program ini Avast, Driver, Dropbox dan masih banyak lagi. Ini adalah program startup yang bisa kamu atur, jadi kamu bisa mengaktifkannya atau mematikannya ketika komputer menyala. dengan mengatur ini kamu dapat mempercepat Windows 8. Kamu dapat meng-aturnya di Task Manager dan mengklik Disable.

Kalau kamu tidak ingin ini terjadi setiap startup, kamu bisa mengaturnya di MSConfig.

3. Optimalkan Hardisk Di Windows 8 ada aplikasi standart Disk Defrag-

menter yang dapat membantu kamu untuk mengop-timalkan hardisk. Aplikasi ini bernama Optimize Drives, ya sama dengan versi windows sebelumnya yang juga mempunyai Disk Defragmenter. Untuk dapat mengak-sesnya kamu hanya perlu ke Start Screen dan ketikkan Defragment, kemudian pilih kategori Setting di Charm Bar. Kalau kamu sudah menemukannya tinggal klik, maka kamu akan di bawa ke Desktop beserta dengan window Optimize Drives. Untuk memulai defrag anda hanya tinggal pilih disk dan klik Analyze.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 8 Beberapa Tips Menghemat Baterai Samsung Galaxy

Tips Merawat Tablet Agar Awet

Samsung Galaxy kini merupakan salah satu gadget yang menjadi lirikan para pecinta teknologi. Bagi anda yang sudah menggunakan gadget ini, mungkin anda ser-ing mengalami keluhan tentang borosnya baterai. Seiring dengan berkembangnya teknologi, nampaknya belum dapat berkembang yang cukup signifikan tentang tenaga baterai. Samsung Galaxy merupakan salah satu gadget yang membutuhkan tenaga dari daya baterai cukup be-sar. Berikut dibawah akan kami sajikan beberapa tips agar baterai Samsung Galaxy anda dapat lebih irit.

Terdapat tiga poin penting dalam hal ini untuk menghemat baterai antara lain :

• Dengan mengatur tingkat kecerahan pada layar. Aturlah tingkat kecerahan secara minimal, karena dengan layar Samsung Galaxy yang begitu besar tentunya akan membutuhkan daya yang begitu besar pula.

• Dengan membatasi penggunaan jaringan yang ada seperti Wifi, 3G dan bloetooth. Nyalakan jaringan apabila memang perlu atau saat dibutuhkan saja. Matikan jaringan yang tidak anda perlukan.

• Nyalakan aplikasi yang memang saat itu anda butuhkan. Matikan aplikasi-aplikasi yang tidak anda perlukan melalui task manager. Dengan mematikan aplikasi-aplikasi yang kurang anda butuhkan maka sangat berpen-garuh sekali dengan daya yang dibutuhkan.

Dengan sedikit menerap-kan tips diatas setidaknya akan membantu kita dalam melaku-kan penghematan baterai pada Samsung Galaxy. Tiga point diatas merupakan hal penting yang harus anda pertimbangkan. Semoga sedikit tips menghemat baterai Samsung Galaxy diatas dapat ber-manfaat bagi kita semua. (edi/berbagai sumber)

Apabila ingin umur panjang jagalah kesehatan begitu juga dengan tablet kesayangan kita bila tidak ingin cepat rusak harus di rawat dengan baik. Berbagi sedikit tips untuk merawat tablet agar panjang umur.

Berikut ini adalah tips cara merawat iPad & Tablet kesayangan Anda

- Jangan menyentuh LCD pada iPad dan Tablet ketika tangan Anda kotor dan berminyak. Layar harus dijaga dan dirawat dengan baik jika ingin gadget tetap normal.

- Jangan membersihkan layar iPad atau Galaxy Tab dengan kain biasa atau bahkan Anda sering membersih-kannya dengan menggunakan kaos baju Anda, hilangkan kebiasaan buruk tersebut.

- Berikan lapisan pelindung khusus pada LCD iPad dan juga Tablet Anda untuk menghindari goresan pada layar LCD Anda.

- Berikanlah sarung pelindung (cover body) pada iPad dan Tablet dari bahan jenis karet ataupun kulit, agar ketika jatuh tidak mengalami kerusakan yang serius dan menghindari dari benturan keras lainnya.

- Jauhkan dari kelembaban dan panas yang tinggi serta sinar matahari langsung, hal tersebut dapat merusak kualitas komponen LCD .

Hanya Dua Cara mengatasi Internet Modem LemotSiapa yang tidak ingin koneksi internetnya cepat,

tidak lelet. Semua orang pasti menginginkannya. Update status di akun jejaring sosial bisa cepat, proses download lancar, mau blogging lancar, dll. Sayang di negara kita hal itu saat ini mungkin sangat sulit untuk terealisasi. Dan sangat berbeda dengan negara-negara lain.

Kecepatan koneksi internet tidak hanya bergan-tung pada jasa ISP (Internet Service Provider) saja. Kecepatan koneksi internet juga bergantung pada beberapa faktor. Faktor yang paling pent-ing disini yaitu komputer / laptop kita terbebas dari ancaman virus dan spesifikasi komputer yang kita pakai.

Ada beberapa cara untuk meningkat-kan koneksi internet :

1. Setting bandwith WindowsBanyak yang belum mengetahui kalo Windows-

membatasi koenksi internet kita sebanyak 20% dari total bandwith yang ada. Untuk menambah bandwith internet agar koneksi bisa lancar yaitu dengan cara :

“Klik Start -> Run -> Ketik gpedit.msc -> OK”

Setelah itu “Klik Administrative Templates -> Network -> Qos Packet scheduler -> Klik Limit

Reservable Bandwith”. Setelah terbuka, ubah setting menjadi “Enable” (Tanpa tanda pe-

tik) dan ubah Bandwith Limit menjadi “0” (Tanpa tanda petik). Lalu klik “Apply / OK”. Terakhir, restart komputer sobat.

2. Tweak RegistryPertama “Klik Start -> Run -> Ketik re-

gedit -> OK -> Cari HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEMS/Current ControlSet/services/Tcpip/Ser-

viceProvider”. Ubah nilai :DnsPriority = 1, HostsPriority

= 1, LocalPriority = 1, NetbtPri-ority = 1. Restart komputer.

Cukup itu saja, komputer anda bisa lebih cepat dari sebelumnya.

4. Kontrol Index Windows Ketika kamu sedang mencari sesuatu di Windows

8 entah di Start Screen atau di File Explorer Windows dapat menemukannya dengan cepat? Ini karena Windows sudah mengindex secara otomatis dan membuat kamu tidak menunggu lama saat mencari. Intinya index yang dilakukan oleh Windows dapat mempercepat proses pencarian. Kegiatan Index ini memerlukan proses CPU yang besar apalagi jika kamu terus menggunakan pencarian.

Jika anda lebih sering mencari di Start Screen daripada di Windows Explorer, kamu bisa memati-kan Index di Windows Explorernya. Jadi ketika kamu mencari file di Windows Explorer, kamu tidak akan mendapatkan apa-apa. Berikut caranya:

Untuk mematikan Windows Search, tekan Start dan ketikkan services.msc lalu tekan Enter. Kemudian cari Windows Search klik kanan dan pilih Properties.

Atur Startup type menjadi Disabled, kemudian klik Stop untuk menghentikan service. Terakhir klik OK.

5. Task Manager Windows 8 memiliki tampilan baru untuk Task

Manager, kamu dapat melihat program yang meng-gunakan memory terlalu banyak akan bewarna gelap. Sedangkan untuk program yang menggunakan memory kecil akan bewarna terang. Ini akan memper-mudah kamu dalam mencari dan mematikan aplikasi yang membuat komputer kamu lemot.

Itulah beberapa tips dan trik untuk mempercepat Windows 8 yang kamu gunakan,Semoga artikel ini dapat membantu. (edi/berbagai sumber)

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 12

Xpresi Seremoni

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

New Year, New Semester and New Energy in PrimeOne School

Happy New Year 2013, loud cheers were heard from the field in PrimeOne School on Monday, 7th January 2013. Students,

teachers and parents assembled in a hap-py atmosphere on the first day of the sec-ond semester in PrimeOne School. Well, as the unique tradition in welcoming the students back to school, PrimeOne School held a colossal performance involving

Prime One School Students In A Flash Mob ActionOn Saturday noon, February 23rd

2013, Sun Plaza’s atrium was suddenly crowded by the frenetic sound of music. A big group of kids aged five to fourteen years old moved together in rhythm with the music. What happened? As a matter of fact, those kids were PrimeOne School students from Kindergarten until Junior High level who did the flash nob dance of the popular Korean song Gangnam Style. Flash Mob is a group of people who assemble suddenly in a public place, per-form an unusual movement or a dance for the purpose of entertainment. Wearing their red, yellow, blue and green coloured PE uniforms, as many as 200 students of PrimeOne School, looked very attractive in their enthusiastic performance.

According to Ms. Fauziah, S.S, M.Hum,

The teachers are also dancing along

Let’s dance together Move your bodies along

The Gangnam style flashmob

more than 420 students of Elementary 4 – Elementary 6. The students, dressed in casual white and jeans outfits, presented a flash mob of Gangnam Style. The field was instantly outburst in thunderous applauds. The students of JH – SH and Pre-School moved their bodies cheerfully and danced together with the music.

What a way to celebrate New Year and New Semester in PrimeOne School!

this PrimeOne School students flash mob was intended to spur creativity and confi-dence of the students to perform in public places, as it is well known that perform-ing in front of public, PrimeOne School students are second to none. On March 2nd and 3rd 2013, Prime One School stu-dents from Kindergarten to senior High Level, will present a gala show at Grand Ballroom level 5 Selecta Building to cel-ebrate PrimeOne School’s 9th anniversary. Besides students, there will also be perfor-mance from a multi-talented internasional caliber singer, Agnes Monica.

“Performing in public places with many unknown audiences, like this flash mob, is fun and challenging!”, said Felix and Yunino, both of them are Elementary 5 students.

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 13Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 14 Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 14

Xpresi Gaya

Nuansa Kontemporer Dalam Balutan Konsep Elegan

Aleira Batik merupakan salah satu label batik Indonesia yang sudah dikenal khalayak luas. Kehadirannya begitu meman-

jakan para pecinta batik yang rindu akan warisan budaya Indonesia. Hal ini terjadi karena selama ini batik jarang disentuh oleh keunikan fashion dunia yang elegant dan modern. Untuk itu, pada tanggal 6 Oktober 2005, Alleira muncul sebagai brand batik bernuansa kontemporer yang indah dengan rangkaian warna cerahnya. Apalagi dengan gradasi warna yang dicip-takan sengaja dipadu dengan motif dan design khusus sehingga membuat Alleira dikenal sebagai batik exclusive.

Selain itu, memiliki tujuan untuk

memperkenalkan batik berkualitas tinggi dengan sentuhan fashion keseluruh dunia, Alleira Batik kini membuka franchise untuk melebarkan sayapnya. Tahun 2010 adalah tahun dimana Alleira memasuki pasar Internasional dengan membuka butik di Marina Bay Sands Singapore ( MBS), yakni, salah satu mall terbesar menengah ke atas yang ada di Negara Singa tersebut.

Sampai saat ini Alleira sudah memiliki 8 butik di Jakarta dan 1 butik di Makassar, MBS Singapore, serta Kuala Lumpur,”sebut Herlina merupakan Regional Manager dari Alleira Batik.

Kemudian, Herlina menambahkan, tidak hanya memiliki butik yang indah dan mewah, Alleira juga hadir diseluruh department store terkemuka di Indonesia. Kemudian, kini Medan menjadi pilihan Alleira Batik selanjutnya. Bertempat di Jalan Iskandar Muda No. 15 Medan, butik ini diresmikan pada hari Minggu 12 Juni 2011 yang lalu. “Dengan be-gitu, penantian para pecinta fashion di Medan akan batik yang berkelas, terjawab sudah,”ungkap Herlina.

Alleira Batik yang sebelumnya ber-nama Allure ini, membawa pembaharuan bagi perkembangan batik Indonesia. Allei-ra terus mencoba ingin melestarikan seka-ligus mengembangkan nilai batik hingga keseluruh dunia serta berupaya agar batik Indonesia menjadi batik berkualitas tinggi dan diminati oleh berbagai bangsa di belahan dunia.

Apalagi menurut Herlina, seluruh produk Alleira Batik telah melalui proses yang cukup ketat sebelum masuk ke dalam butik dan counter Alleira di seluruh

tempat. Sehingga, lanjutnya, bisa dipas-tikan produk Alleira Batik yang sampai di tangan pembeli adalah produk dengan kualitas sempurna.

Untuk motif dan design, menurut Herlina, dirancang dengan kreatifitas yang tinggi dalam teknik pewarnaan gradasi dengan tingkat pembuatan yang cukup rumit. Sehinggga menghasilkan design yang sempurna untuk pribadi Anda. Herlina menjabarkan teknik pem-buatan dan pewarnaan untuk batiknya. Dijelaskan Herlina, batik Kontempo-rer ini memiliki tampilan desain tradis-ional dan modern yang menyatu dalam balutan yang indah dan menarik. Corak tradisionalnya,sambung Herlina, terlihat dari gambar Parang, Kaung, Sulur-Sulur Bunga sedangkan sisi modern terlihat dari motif Alleira dan tenunnya.

“Teknik pembuatan yang kita gunakan masih hand made sehingga untuk teknik pewarnaan menggunakan teknik celup dan semprot gradasi,” jelasnya.

Dari segi kain, Alleira Batik, meng-gunakan bahan dasar batik sutera ATBM, murni tenun, Habutai, serta katun Doby, Ensuko, Jaguar, dan biasa. Khusus batik sutera ATBM dan murni tenun limited edi-tion sehingga lebih exlusive.

Selanjutnya Herlina mengatakan, bagi kaum pria, umumnya lebih senang mengenakan batik berbahan dasar katun Doby dan ATBM sedangkan para wanita lebih menyukai memakai batik yang terbuat dari sutera Habutai, katun Ensuko, biasa, sifon, serta super silk.”Kita juga menyediakan batik untuk anak-anak. Kalau anak kecil batiknya menggunakan bahan katun agar lebih nyaman bagi

Gaya rambut populer ala korea Paling Diminati dan populer. Dengan booming-nya serial drama Korea, sedikit banyak kita dapat melihat bagaimana style orang Korea dalam kesehariannya. Salah satu yang baik untuk di tiru, khususnya untuk penampilan kita adalah gaya rambut pop-uler ala korea khususnya dalam serial-serial drama tersebut.

Dengan tipikal rambut yang hampir sama (orang asia), kita dapat dengan mu-dah meniru gaya penampilan, khususnya di daerah rambut. Tipikal rambut yang hi-tam atau coklat dengan aksen mengem-bang merupakan salah satu cirinya.

Berikut saya akan bagikan, beberapa contoh gaya rambut korea paling disukai 2012, baik model rambut atau aksesoris yang bisa dipakai di rambut tahun ini yang sedang ngetrend dan populer.

Pertama, Gaya bergelombang- Ikal yang mengembang.

Model ini merupakan gaya yang abadi. Semua wanita pasti pernah menggunakan gaya rambut populer ala korea seperti ini. Namun, dengan adanya wabah drama korea, baik pendek maupun panjang, tren

mereka,”imbuhnya.Selain itu, batik yang dapat digunakan

untuk acara dengan konsep casual dan formal tersebut juga bisa digunakan bagi wanita yang memiliki bobot berlebih. Wanita gemuk umumnya lebih sesuai menggunakan batik model kalong den-gan bahan sutera Habutai yang lembut dan bahannya jatuh ketika dipakai agar kesan ramping lebih terlihat.

Gaya Rambut Populer Ala Korearambut bergelombang dan menggerainya secara bebas menjadi semakin hip di masyarakat. Dengan kesan digerai acak, sensasi eksotis pun akan didapat.

Kedua, Gaya Rambut Bob Pendek.Beberapa serial korea menampilkan

gaya atau tatanan rambut bergaya Bob pendek dengan aksen lurus. Dengan gayan-ya yang praktis dan kelihatan cantik untuk segala keadaan, tak ayal menjadikan gaya rambut model ini menjadi tren di kalangan wanita, terutama wanita pekerja.

Ketiga, Gaya rambut di ikat (atas mau-pun samping)

Sebenarnya gaya rambut populer ala korea tersebut sudah lama ada di Jepang, namun kita melihatnya dari drama korea yang sedang mewabah di Indonesia. Model rambut ini banyak ditiru para ABG dengan gaya casual.

Keempat, Gaya Bando.Kita dapat meniru gaya rambut

populer ala korea dengan menambahkan bando-bando lucu, dengan aksen besar.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaima-na padanan pakaian kita saat memakai bando tersebut.

Sebisa mungkin menggunakan warna yang senada dan tidak terlalu ramai di pakaian sehingga tidak menjadi kesan terlalu heboh. Sebaliknya dengan bantuan Bando, pakaian yang simple akan terlihat cukup menarik.

Kelima, Bergaya dengan Jepit rambut.Bagi mereka yang tidak terlalu suka

dengan Bando, dapat menggunakan jepit rambut yang berukuran lebih kecil. Cara pemakaiannya juga bisa sesuai selera. Yang sedang booming (sering di serial drama korea) adalah jepit samping. Jepit ini juga dapat dipakai untuk mensiasati poni yang sudah terlalu panjang.

Demikian 5 gaya rambut populer ala korea yang dapat kita tiru dari serial drama korea. gaya rambut populer ala korea terbilang simple dan aksesoris yang digunakan juga tidak ribet. Jika anda ingin mencoba sensasinya, segeralah mengubah tatanan rambut anda dan aksesorisnya pun sekarang sudah banyak dijual, baik di toko maupun online.

Gaya rambutbergelombang

Gaya rambutbob pendek

Gaya rambutdi ikat

Gaya dengan jepit rambut

Gaya rambut di bando

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Xpresi Cerpen

15Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Namaku Raina, aku suka sama seseorang yang sama sekali aku tidak tahu namanya. Saat itu aku sedang menunggu

jemputan, lewat 2 orang laki-laki yang tertawa terbahak-bahak. Aku tiba-tiba merasa suara diantara mereka ada yang familiar. Aku hanya mengingat suara tawanya.

Kali ini, aku juga sedang menunggu jemputan, berharap orang itu lewat dan tertawa. Aku sempat berfikir kalau aku jatuh cinta secara tidak wajar, hanya karena suara tawa.

“Bu, aku pergi ke taman kota, naik sepeda..” kataku pada ibu

“Cepat pulang ya. Bantu ibu karena Om mu, teman ayahmu datang hari ini”

Bergegas aku mengambil sepeda ku dan pergi. Hari itu aku butuh suasana santai untuk melukis. Telinga ku menang-kap suara yang tak asing di telinga.”Lihat ke belakang, lihat ke belakang (Hatiku bergejolak meminta ku berbalik)”. Ku lihat orang itu, seperti tak asing. Untuk mengenangnya, aku melukisnya. Hampir aku lupa kalau ibu berpesan. Aku pun segera pulang.

Di depan rumah, aku melihat mobil Om Angga, aku segera menuju ke dalam.

“Hai Raina, lama tidak berjumpa,” kata Om Angga

“Oh ya Om, bagaimana kabar Om dan keluarga?”

“Oh, baik sekali. Ini Leo, mungkin kamu masih mengenalnya.”

Sejenak aku terdiam.”Leo? (Memutar memori).

Dulu, Leo masih lugu dan culun. Sekarang berubah 180°.

“Hai Raina, aku Leo, tentu ingatkan? Teman sepermainanmu saat SD, teman sekelasmu dari SMP-SMA,” sambil men-gulurkan tangannya

“Ya, aku ingat,” jawabku membalas uluran tangannya

Situasi semakin menegangkan saat Om Angga, berkata bahwa Leo selalu bercerita tentang diriku. “Dug..dug..dug” jantung ku seperti habis berlari karena merasa cemas plus gembira.

“Sudah coba berbicara Leo? Pergilah ke taman belakang, mungkin kalian bu-tuh waktu..” kata papa seraya merayu ku agar mengajak Leo ke taman belakang.

Aku menanggapinya dengan biasa saja, supaya tidak kelihatan kalau aku mulai menyukainya. Kami duduk di bawah pohon akasia, di belakang rumah. Aku duduk di bawah dan ku lihat Leo berjalan mengelilingi pohon.

“Ra, masih jelas ya ukirannya..”(Mengulang masa lalu)Waktu itu, kami masih anak-anak,

cinta pun kami belum tahu. Kami sering bermain di bawah pohon ini, dan men-

gukir gambar smile di batang pohon. Kini gambar itu telah setinggi bahuku, yang sebelumnya setinggi dadaku saat kecil.

“Kau masih tidak berubah ya! Masih tetap pendiam dan naif,” katanya

Kata-kata itu, dia katakan saat kami masih kelas 1 SMA.

“Banyak kata..yang tak mampu ku ungkapkan kepada dirimu..”

“Apa yang ingin kau katakan Leo?” Tanya ku

Lagu itu adalah cirri khas Leo jika ia ingin curhat denganku. Tiba-tiba dia memberi sebuah kupon yang

bertuliskan,”Jujur untuk hal ini!”(Mengulang masa lalu)Ketika dia akan berpindah ke

Surabaya, aku memberinya kenang-kenangan yang tak begitu berarti, yang bertuliskan,”Jujur untuk hal ini!” Aku tidak menyangka, dia masih menyimpannya sampai sekarang, sudah 2 tahun berlalu.

Ketika dia memberi kupon itu, aku bertanya apa yang dia inginkan, dia me-nanyakan bagaimana perasaanku selama 2 tahun tidak bertemu dengannya. Aku terdiam. Jika boleh dijawab singkat, aku hanya merasa kesepian.

Elsa Kartini Putri X1 SMA Kesuma Indah Padangsidimpuan

Last MemoriWaktu itu, kami masih awal-awal

masuk SMA. Dia mengajak ku ke bawah pohon akasia ini. Lalu dia mengatakan bahwa dia menyukaiku. Aku yang merasa kaget, tidak bisa menjawab.

“Kau masih tidak berubah ya! Masih tetap pendiam dan naif. Raina banyak kata..yang tak mampu ku ungkapkan kepada dirimu”

“Apa yang ingin kau katakan ?” Tanya ku. “Aku menyukaimu Raina, memang lucu terasa, tapi benar kau cinta pertama ku. Aku tidak memaksamu, aku akan menunggu jawabanmu ketika aku kem-bali dari Surabaya.”

Dia pergi. Esoknya, di sekolah aku mendapat kabar kalau Leo pindah. Sore-nya, aku menemani papa ku ke rumah-nya, dan memberi kupon itu kepadanya. Aku merasakan sebuah perpisahan yang menyakitkan, apakah itu karena pertem-anan atau karena cinta?

“Aku masih menyukai Raina, sampai sekarang aku menunggu jawabanmu. Dan ini telah 2 tahun.”

“Aku merasa kesepian setelah kepergianmu.” Aku tertunduk, karena sedih atau karena senang kata-kata itu akhirnya keluar dari dalam hatiku.

Dia memegang tanganku, dan terli-hat olehnya lukisan itu. Seseorang yang ku lukis saat tertawa di taman saat itu.

“Raina, kau melukis ku ya? Ini kan tadi saat aku di taman kota!”

Aku kaget di dalam hati. Aku selalu bertanya-tanya siapa orang itu? Menga-pa tawanya terasa familiar di telinga ku?

Aku tidak menyangka, aku jatuh cinta pada Leo. Orang yang juga menyukai ku, dan telah menunggu jawabanku. Hingga hari ini, aku merasa bahagia, cinta pertamaku adalah dia. Dia teman sepermainanku saat kecil, SD, SMP, SMA, hingga sekarng, dia menjadi temanku yang tercinta. Mata Leo berkaca-kaca,

“Ternyata, selama ini kau menyem-bunyikan hatimu dariku. Orang-orang bilang, cinta pertama takkan berhasil, tapi aku percaya jika cinta pertama itu berhasil.”

Leo tiba-tiba memelukku, dan berka-ta halus,”Aku kan selalu menyayangimu.”

Hari ini aku sedang menunggu jem-putan, lalu aku mendengar suara tawa seseorang, ku berbalik dan melihat Leo.

“Sudah lama menunggu ya? Kali ini aku ajak nonton. Okey?” ajak Leo sambil menarik tanganku.

“Bukan main PS2?” Tanya ku “Hahahaha.. itu saat kita masih SD,

sekarang kamu bukan temanku, melaink-an kekasih ku.“

Aku dan Leo berjalan bersama, dan berbincang-bincang hal yang lucu, su-paya ku mendengar tawanya, karena dia tahu, aku menyukai itu dari dirinya.

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Xpresi Puisi

16

Kekecawaanmu Harapan Ku

Kepergianmu Sahabat

Rindu Kamu

Fachruddin Yusuf LubisXII IPA SMA Teladan Binjai

Semua yang aku lakukan untukmuTulus aku berikanAku mencoba untuk menjadi yang terbaikTerbaik di dalam hidupmu

Namun apa dayaSatu kata yang membuatmu kecewaJujurku padamu memberikan motivasiku untuk menjagamuTetapi semua itu sirna,hancur dan musnah

Dengan ucapanku yang menyakitimuTersadar dari ap yang aku lakukanKekecewaanmu membuatku tak berarti di dalam hidupmu

Maafkan aku membuatmu kecewaSulit bagiku membuatmu tersenyumKarena apa yang kuperbuat itu dari kesalahanku

JulianaX-2 SMA Tritunggal Tanjungbalai

seiring bintang yg slalu mempersatukankutak akn lebih indah slain kehadiranmu dlm benakkurasa cintaku msih trbingkai indah di’dlm hatimuprnh ku coba tuk mnghpuskan dirimu

tapi byanganmu slalu ada dlm benakkuQ ingin kau slalu bahagia brsamakutak kan pernh ku skiti kmumski hujan nyaris memisahkankuQ akn jaga dirimu smpai langit tertutup.

Mangara SilalahiXI - IPA SMA TRIRATNA SIBOLGA

Sekian lama kita bersamaSaling berbagi canda dan tawaSaling berbagi suka dan dukaDitemani hari yg bahagia.Ingatkah kamu wahai sahabatt ??

Dulu pemikiran kita pernah tak sejalanItu pantas terjadi karena berbgai faktorNamun kita telah lupakan masalah itu.Dimanakah kini engkau sahabat ??Ku tak tau engkau dimanaSahabat terbaikku kini sudah pergi jauhPergi meninggalkan kami semua.

Magda Nisah SilaenXII IA3 SMA Bintang Timur Balige

dalam keheningan malam,,ku duduk terdiam mengingat semua ken-gan yang kita laluiair mata phun menetes basai pipikuaku teringat bahwa kita tidak lah bersama lgi

kau telah pergi tinggalkan kukau pergi dengan pilihanmuaku hanya bisah melihatmu dari kejauanaku hanya bisa memelukmu dari mimpi indahkukarna kw tidak lgi menjadi milikkuaku hanya bisa merindukanmu ,,,,ku rindu kamu mantan kekasiku.

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Cinta Baru

Cinta Kasihku

Perasaan Cinta Ku

Frans JayaXII-IPA SMA Methodist Rantauprapat

wajah mu...selalu terbayang olehku...senyum mu...menenangkan hati...cinta baru t’lah datang

harapan bersamanya....t’lah tibawalau sebatas mimpikisah baru akan terukirbersama keindahan cintacinta ini...cinta terakhirku

Hendra Putra MangunsongXI IPS SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai

Lembutnya suaramu membuatku rindu,Indahnya matamu memberiku sinar keba-hagiaan,Mungkin aku tidak ada di hatimu,

Tapi aku yakin,Indahnya persahabatan akan mengubah s’galanya,Lingkaran cinta akan terlukis,Antara Aku dan Kamu..Engkau bagaikan mimpi yang tak terlupakan,Angan-anganku selalu tertuju padamu,Rintihan kasih sayang mengalun hanya untukmu,Elang cinta, tolong sampaikan getaran hati ini,Nyanyikan lagu cinta hanya untuknya.

Hiskia Wahyuni X-2 SMA NEGRI 1Tanjungbalai

Perasaan Cinta Ku cinta ku tak seindah yang ku pikirkanSelalu ada tangisan yang menghantuiMemang aku menyadariAku sayang tetapi apalah daya ku

Jikalau dia hanya mencintai ku dengan kepalsuanTak pernah kah kau berpikir bagaimana perasaan ku terh-adap muApa yang harus aku perbuat agar kau mengerti perasaan iniHaruskah aku mati meninggalkan semua iniAgar kau tau bahwa aku mencintai muJanji itu....Aku selalu ingat dengan semua janji ituJanji yang kau ucapkan pada kuDan saat itulah aku merasa bahagia menjadi kekasih muTapi entah kenapa kau telah menyakti hati iniApa memang karena aku yang terlalu sayangmaka dari itu kau menganggap aku remehTapi yah sudah lah ku terima walau sakit hati

Rindu Yang Membelenggu

Menyayangi Mu

Monica Ayu X2 SMA N 2 Binjai

Getir merambah indra perasaTak sanggup diri menguntai kata demi kataSembari diri menghapus luka karena deritaLuka di dada terhalang pelita

Rasa rindu sembunyi di benakkuTerbentang pilu merundung jiwakuHanya dinding menjadi saksi biruDengan resah aku menungguWahai engkau pujaan hatikuBagai pujangga seruan kata-katakuRindu membalas penantian jawabmuPerasaan ini menjadi satuMungkin kini tertunda kisahKisah bersama sedari duluBerat hati cinta terpisahKu nanti engkau di tenda biru.

Erna surayaSMK- BM PAB 8 SAMPALI

Kini karna kamuKu kembali membuka hati kuYg tlah lm sepiKamu yg slalu hdr dlm fkrn kuKamu yg mampu mengacau kn hr ku

Kamu kamu dan kamuTp kini q hy mampu trdiamBerusaha mengikuti muNamun ku tk sanggupIni trlalu berbeda dari drikuIngin menangis tk mau brlariIngin memohon Agr kamu mengertiUntuk lebih menghargai ku.Aku ignkn drimu.

KesepianAndre WijayaX2 SMA N 2 Binjai

Kulihat diarah baratMatahari terjun mati ke ujung lautGelap hitam datangMenerkam kesendirianku

Bulan...Kini datang menakik senduGerundang rindu menjadi satuMenopang semua dialam bahu

Bintang...Nur remang diatas sanaTanjakkan busar dikelam malamAgar kesepian, tak selalu menghantuiMalam ini...Kehadiranmu tak terdugaRintih tetesan hatiUjungnya membelenggu jiwaMalam ini...Biarlah aku bersatuMerajut cintaDalam embun kisah lalu.

Hampa

.....

Nova Christin SimanjuntakXII IPA SMA Tritunggal Tanjungbalai

Semua terasa hampaTiada setitik rasa terkecapMemendam hasrat dalam kalbuMencurahkan benih dukaHilang

Tiada jejak mu lagiTermakan rayuan maut merekaKenangan tak membuat mu luluhRAVAIngin hasrat mengulang cerita kitaCerita Bunthora Dan NovaHarapkan santaclaus kan mengembalikan nya pada kuTuhanKembalikan dia pada ku..!

Yesika DanastasyaXII IPS SMA Cinta Kasih Tebing Tinggi

SSejuta Kata......Sejuta Rasa.....Sejuta Air Mata.....Tak mampu membuatmu berpaling darinya..

Tapi cintaku yang telah melebur dihatimu....Membuatku sulit untuk melupakanmu....Namun biarlah cinta ini tetap melekat dihatiku...Hingga engkau sadar betapa tulusnya cintaku....

Masa DepanFitriXII-IPA Methodist Rantauprapat

Aku tak tahu bagaimana masa depan ku kelakAku tak tahu bagaimana aku setelah selesai SMAAku tak tahu bagaimana kehidupanku kelakAku tak tahu aku harus bagaimana

Sekarang dunia ku telah berbedaSekarang aku hanya bisa berdoaDan tetap berusaha untuk masa depankuAku berharap masa depanku akan lebih baik dari sekarang

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Xpresi Puisi

17

Redaksi menerima kiriman cerpen, puisi. Naskah cerpen 5000-6000 karakter, original dan belum pernah dipublikasikan di media manapaun. Tulisan dikirim ke email [email protected] atau via pesan Facebook Tabloid Xpresi, tulisan disertai biodata lengkap penulis, foto, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Sajak Untuknya Dunia Ku

Hampa

Pupe Lisa ChiXI IPA3 SMAN1 Berastagi

Tak tau dgn ap lg aku bs mmbuka lemba-ran itu,Lembaran yg trlukis oleh indah senyummu,cintamu dan indah gelagatmu...

Dan aku msh memandang dunia dibalik teralis jendela kmrku, menghirup desau angin yg brhembus di pagi hariDan entah brp lama sang hujan menari-nari membasuh senandung hati,Smua kenangan bersamamu adalah hal yg tak trlupakan, bgt berharga hga aku tak ingin sekejap pun berlari mgha-pus tinta d pikiranku iniAku berharap kau kembali

Resha Novitawati XII-IS 1 SMA Methodist Binjai

Dunia ku kini terasa pilu Karna kesedihan menyapakuDunia ku kini terasa sepiKarna kau tak lagi di siniTerlintas dalam pikirku

Pikirku yang selalu tentang mu

Aku bertanya dalam hati kuInikah akhir dari dunia ku..??Rasanya aku ingin berlari dari dunia kuDari dunia yang menyiksakuBagi ku dunia ini tak adilKarna dunia tak berpihak padaku

Dunia ku...Haruskah ku pergi dari dunia ini..???Agar aku terlepas dari belengguAku tak mampu untuk bangkit dari tidur kuKarna mimpi buruk yang mengikatkuDuniamu...Duniaku...Kini sudah berbedaKu harus pergi , untuk dunia yang baru.

Tri Ajeng Ayunda HastiXI IPS 1 SMA Diponegoro Kisaran

Mencari hal yg tak pasti .Ntah kemana aku akan berlariMata hati seakan gelap tak ada 1 pun cahaya pembawa terang .

Bawalah aku ke tempat damai, jauh dari suasana mencekamTersudut di ruang hampa , tanpa ada 1 tersentuh tubuh.Peluk aku, rangkul aku , ku ingin engkau menjadi pemegang ku sampai saat dimana aku berani berdiri sendiri

Tangisan Dalam Duka

Ku Tunggu Dirimu Kasih

Ikhlas

Cinta Yang Telah Pergi

Mama

Tangis Bertandu

Otniel SimangunsongXII-IPA SMA Tritunggal Tanjungbalai

Adakah aku merasakan kesenangan?mungkin...mungkin hanya kesenangan yang terpaksaAdakah aku menangis?pasti...

pasti aku menangis dalam kedukaan nyawaHidup yang bagiku hanyalah kesia-siaan,menjadi makin sia-siaAku yang terhempas deru ombakmenahan sakitnya sayatan pisau,hidup dengan tamparan dan cercaan,hanya bisa diam dan pasrahpasrah dihimpit kemunafikan kekayaan dunia

Aku memang menangis!secuilpun rasa kasihan duniatak pernah kurasakanhingga aku terbuang di sudut lorongdan menganggap...bahwa hidup kami,kami para buangan masyarakat,tak pernah disentuh,bahkan dilambai

Vera Riani ChenXII-IS3 SMA Methodist P.Siantar

Kasih..Dimanakah dirimu berada?Di sini aku menunggumuMenunggu dirimu yang tak pasti kapan akan kembali

Matahari bersinar terang menjadi redupWaktu terus berputarApakah kamu tau apa yang ku rasakan kini?Diriku kini lemah tak berdaya

Kepergianmu meninggalkan sejuta perih dan goresan-goresan lukaHati ini menangis sedihKau harus tau ku sangat mencintaimuCinta ini tidak bisa diukur, dihitung bahkan tidak bisa dibandingkan dengan apapun

Kasih kembalilahKembalilah ke sisikuKu rindu hangatnya pelukanmu yang duluKu ingin dirimu yang duluYang tulus mencintaikuMenerima ku apa adanyaDisaat aku membutuhkanmuDirimu tetap hadir menemanikuKau adalah kekasih jiwakuWalaupun dirimu telah meninggalkan kuDemi cintaKu akan memaafkan semua kesalahan muTetapi sekarang, hanya 1 yang ku harap dari dirimuKembalilah seperti duluKembalilah seperti manisnya cinta kita yang duluAku disini masih menunggumu saat ini, detik ini, esok, selamanya.

Rahmi Yunita HarahapXII ADM. Perkantoran 1 SMK N 1 Padangsidimpuan

Jiwaku sedih menangis rintikAir mataku menetes di asa yang hilangSeolah rintik tak bertepiAsaku tak menemukan arahnya

Dalam keheningan aku bersenandung perihMengingat suatu keadaan yang sakitKeadaan yang harus aku ikhlaskanPadahal rasanya seperti mencambuk hati sendiri

Belakang ini aku merenungAkankah aku dapat celah lagi untuknya ??Karena aku sangat mengharapkannyaTetapi rasa berkata lain, dia menghilang

Ditepi kebahagiaan aku masih bersedihNikmati ruang dimana hanya ada aku sendiriTetapi aku selalu berusaha untuk tetap tegarUntuk melepas dia demi kebahagiaannya

Oh... Tuhan apa ini jalan terbaik untukku ??Tapi aku berharap ini bukan jalan terbaikPilunya Malaikat mendengarkuRindu seakan bisa, tinggal aku sendiri disini

Risky Januari XII IPS I SMA Teladan Binjai

Di malam yg sunyi..aku hanya bisa terbaring,merenung,menyendiri di dalam kamar ini.aku terdiam,aku terpikir,aku bertanya.bertanya kepada cahaya lampu..

tapi ia tak bisa mendengar dan menjawab..aku bertanya terus bertanya..mengapa org selalu merasakan kash syg yg indah,cinta yg indah ?kenapa aku tidak bs merasakan kasih sayang,cinta yg indah.dr orang yg aku sayangi dan aku cintai.apa ini memang takdirku ,yg hanya bisa mencintai tapi tak dicintai?cinta yg dulu pernah aku miliki..kini telah pergi , pergi jauh dr hatiku..disaat aku sendiri , menyendiri tanpa satu org pun disampingku.aku teringat dimasa itu momen2 yg indah yg kami jalani.hati ini terasa sakit mengingtnya.seprti sakitnya silet yg menyayat tubuh.oh tuhan.aku mencoba untk merelakan kepergiannya.tapi mengapa , mengapa aku tidak bs melupakannya ?ap memang hati ini hanya terkuai untuknya seorang ?jgn biarkan aku menangis karena mengingatmu,air mata yg tertetes adalah air mata cintaku kepadamu.tapi mengapa , mengapa kau tak merasakan itu ?cintamu, cinta yang tanpa pamrih.

Yessy Natalia SiboroSMA Methodist 1 Medan

Mama ini aku anakmuAnak yang lahir oleh karna cintaCinta yang kau berikan padakuKau teruskan langkah untuk masa depanku Hingga harapan baru tercipta untukku

Aku ingin sepertimuBagaikan pelita dalam kegelapanKau sempurna dimatakuPengorbanan,kasih sayang dan segalanya kau berikanHingga sulit aku untuk membalasnyaTapi aku hanya dapat memberikanSesuatu hal yang terbaik darikuAgar bisa membuatmu tersenyum selalu

Rara Sintia LubisXII IPS 1 SMA N. 1 Tanjungbalai

PERIH..Hatiku layak neraka bertabur serpihan batu larva..Mataku bercucurandarah dan nanah

Tak sanggup membendung asalaparkan cerita nirwanacukup dengan satu kuasamungkin nyawaku entah merana

Telan kepahitan empeduCurahkan seluruhbalutan resahTapi jalanku meluruhTak sanggup jalani kaca bertandu

Mungkin pelik tak juaMungkin panas bersuaRindu lirih senduTapi tangis bertandu..

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII 18 Juni 2012 I Edisi 75 I Tahun VII

Xpresi Resensi

18 Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Judul : Anda Puas, Kami Ikhlas, Sebuah Diary GokilPenulis : Ari Z. Nanto Harga : Rp. 40.000,-

Sebuah Di-ary Gokil ini berisi 50 catatan harian seorang penulis ber-nama Ari Z. Nanto. Merupakan perpad-uan unik antara nilai-

nilai filosofi dalam hidup yang dicampur dengan semangat menebarkan tawa dan menaburkan canda.

Anda Puas, Kami Ikhlas

Belajar Membangun Kota yang Maju dari Sejarah Perkembangan Kota di Dunia

Kedahsyatan Sentuhan Energi Thalamus

Simak ulasan menarik dan menghibur seperti dalam judul Mantra Orang Narsis, Tambahkan Gila Secukupnya, Naik Bajaj Ke Surga, Jangan Biarkan Setan Tertawa, Menertawakan Diri Sendiri, Menciptakan Keajaiban, Resep Umur Panjang, Ritual Buang Sial dan lain-lain. Dijamin beda banget dari semua buku yang pernah kamu baca! Benar-benar nutrisi otak dan obat pelipur lara!

Judul : Metropolis Universalis: Belajar Membangun Kota yang Maju dari Sejarah Perkembangan Kota di DuniaPenulis : Eko LaksonoHarga : Rp. 42.800,-

Metropolis Uni-versalis adalah sebuah cerita besar tentang ke-cemerlangan kota-kota dunia. Bagaimana kota-

kota terhebat dibangun dan dibentuk oleh para pemimpin besar dan manusia visioner sehingga menjadi kota-kota terunggul di dunia, dan bahkan mampu membangkitkan bangsa-bangsa.

Kota juga bisa dengan mudah diben-tuk menjadi utopia, tempat yang indah, menyenangkan, dan memicu daya hidup dan energi seluruh warganya. Lewat buku kecil dan sederhana ini Anda akan belajar:

1. Bagaimana kota-kota terbesar

bangkit menjadi unggul 2. Bagaimana kota-kota paling cerdas

diciptakan 3. Bagaimana “Central Park” di New

York dan strategi “Garden City” Sin-gapura yang indah bisa memicu akselerasi ekonomi kota.

4. Apa visi besar dari para pemimpin kota terbaik di dunia.

5. Di mana saja tempat paling meny-enangkan di New York dan Paris.

6. Bagaimana membangun kota yang warganya bahagia seperti Curitiba.

7. Bagaimana kota-kota Indonesia bisa sehebat Paris, New York, dan Singapura!

8. Bagaimana kota-kota bisa memicu kebangkitan peradaban/Renaisans!

Judul : Kedahsyatan Sentuhan Energi Thalamus (Ling Qi)Penulis : Master H.K. Kwan Harga : Rp 68.000,-

Untuk Kecerdasan, Kesehatan, Tulang, dan Kecantikan

Ling Qi adalah energi yang memiliki

kekuatan luar biasa. En-ergi ini juga disebut sebagai energi super, yang tiada duanya, yang penyalurannya bisa dilakukan tanpa bantuan media apa pun.

Energi Ling Qi dapat dipelajari oleh siapa pun dan dapat dimanfaatkan untuk kecerdasan; kesehatan tulang (kelainan tulang belakang, osteoporosis, radang

sendi, gigi); kesehatan mata (katarak, silindris, glaukoma); self healing; dan kecantikan (anti-aging, wajah). Selain itu, energi ini dapat pula digunakan untuk kepercayaan diri, motivasi, dan pemulihan ketergantungan pada rokok, narkoba, dan alkohol.

Semoga buku KEDAHSYATAN SEN-TUHAN ENERGI THALAMUS ini dapat ber-manfaat untuk meningkatkan kecerdasan dan kesehatan para pembaca di seluruh Indonesia. Penulis akan melakukan pelati-han untuk berbagai kelompok masyarakat yang berminat dididik sebagai ahli energi thalamus.

A Good Day to Die Hard adalah film aksi Amerika yang disutradarai oleh John Moore dan ditulis oleh Skip Woods. Ini adalah periode kelima dari seri film Die Hard. Bruce Willis selaku pemeran utama yang ber-kating menjadi John McClane, melakukan perjalanan ke Rusia untuk

membantu anaknya yang diasingkan, Jack (Jai Courtney), keluar dari penjara, tetapi segera tertangkap dalam baku tembak dengan kelompok teroris.

Pembicaraan dari sekuel keempat untuk Die Hard dimulai sebelum rilis Live Free or Die Hard (2007), dengan Willis menegaskan bahwa yang terakhir tidak akan menjadi yang terakhir dalam seri, namun pra-produksi tidak mulai sampai September 2011 ketika John Moore secara resmi diumumkan sebagai sutradara.

Die Hard 5 ini dimulai Ketika agen rahasia CIA, Jack McClane, mendapat kesulitan di Moskow, Rusia, John MccClane telah melakukan perjalanan tempat pengasingan anaknya untuk membantunyakeluar dari penjara. Namun, ketika tiba di Rusia, teroris menggunakan situasi di balik penangkapan Jack untuk memajukan agenda mereka dari pencurian senjata nuklir, dan duo ayah-anak belajar bahwa, meskipun perbedaan-perbedaan mereka, mereka harus bekerja sama untuk menghentikan mereka.

Sebuah Film Crime Drama tentang seorang mantan polisi (Mark Wahlberg) menyelidiki istri walikota New York City me-nemukan dirinya tenggelam dalam skandal yang lebih besar dalam “Broken City”.

Billy Taggart (Mark Wahlberg) memiliki karir yang menjanjikan sebagai polisi New York City sampai malam ia terlibat dalam penembakan yang kontroversial.

Dilucuti dari lencananya, dan keluar dari penjara oleh Walikota populer New York (Russell Crowe), lalu dia kembali membuat dirinya sebagai detektif swasta.

Waktu yang sulit, dan ketika walikota menawarkan Billy $ 50.000 untuk menye-lidiki kegiatan (Catherine Zeta Jones) istri walikota, semula berjalan lurus.

Sayangnya, dengan cepat menjadi jelas bahwa Walikota menyembunyikan sesuatu

darinya, dan bagi Billy untuk mencapai penebusan dia harus mempertaruhkan segalanya, bahkan mungkin kebebasannya.

Semua buku yang dipublikasikan adalah hasil kerjasama antara STIE - STMIK IBBI (Tabloid Xpresi) dan Gramedia of Book Publishing (GoBP)

A GOOD DAY TO

DIE HARD

Broken City

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Xpresi Profil

Nama : Nan Deni/NandiniAlamat : Jln. Setiabudi Psr.1 Tanjung SariJurusan/Semester : S-1 Akuntansi/ VITtl : Medan, 14 Februari 1993Nama Orangtua : Surya Darma&TelgawatiHobby :MenyanyiCita-cita :Akuntan ProfessionalAnakke : 1 dari 3 BersaudaraFacebook :NdinisRaiGalaksiTwitter :@NdiniRaiGalaksiEmail : [email protected] : Make your dream comes true

Prestasi yang pernah diraih :Juara III Umum Semester I-II di Kampus, Juara II Umum Semester III-IV di Kampus, Juara 3 Lomba Scrabble, Juara

1 Lomba Speech, Juara 1 LombaMembacaPuisi, JuaraKelas SMP dan SMK.

AlasanTertarikKuliah di IBBIAlasan utama Saya tertarik Kuliah di IBBI adalah karena program studi banding

yang diberikan kepada mahasiswa/I berprestasi.Selain itu, jurusan yang ingin sayaa mbil jugaada di IBBI, yaitu Akuntansi.Sarana dan Prasarananya juga lengkap dan ok, suasana kelas dan lingkungan juga sangat kondusif.

KesanKuliah di IBBISetelah memasuk dunia perkuliahan tentunya berbeda dengan dunia sekolahan

dulu.IBBI adalah tempat perkuliahan yang sangat menyenangkan.Saya mendapatkan banyak teman, pengalaman, dan banyak pelajaran untuk menjalani kehidupan ini.Saya mendapatkan kesempatan untuk studi banding di luar negeri yaitu, Hongkong-Shenzen tahun 2012, dan Studi Bandingi ke Taiwan tahun 2013. Studi Banding yang merupakan impian Saya sebelum masuk di IBBI, menjadi kenyataan setelah Saya kuliah di IBBI.Studi banding merupkan pengalaman yang paling berkesan seumur hidup Saya. Selainitu, Saya juga bergabung di beberapa organisasi di IBBI, diantaranya Saya termasuk bendahara Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi 2011-2012, Wakil Ketua Keluarga Mahasiswa Buddhis 2012-2013, dan Sekretaris BEM STIE IBBI 2012-2013.Mengikuti organisasi di IBBI memberikan kesan lebih bagi Saya, karena men-gajarkan banyak hal untuk memanage dan mengorganisir sebuah organisasi dengan lebih baik, dan merupakan wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif, dan menu-angkan aspirasi yang Saya miliki. Disamping itu IBBI juga sering melakukan kegiatan perlombaan yang mengasah intelektual dan pengembangan diri Mahasiswa/I dan membantu Mahasiswa/I untuk menemukanjati diri dan bakatnya.

Tips untuk Mendapatkan IP TertinggiUntuk menjadi mahasiswa/I berprestasi tentunya tidak luput dari usaha, belajar

sungguh-sungguh, dan berdoa untuk mendapatkan yang diinginkan.Semangat dalam belajar adalah kunci utama bagi Saya.Dalam perkuliahan Saya selalu membuat cata-tan yang penting di kertas buram dan Saya akan mengulangi lagi catatan tersebut di buku binder seusai perkuliahan. Dengan mengulangi pelajaran, maka kita akan mengetahui apa yang masih belum kita pahami, dan kita akan lebih mudah dalam mengingat pelajaran tersebut. Selanjutnya Saya pasti akan bertanya kepada teman maupun dosen mengenai materi yang tidak Saya mengerti. Dan jangan biarkan kita tenggelam dalam ketidaktahuan karena akan merugikan diri kita sendiri. Dan yang terpenting yaitu ingatlah jerih payah orang tua yang mengantarkan langkah kita se-jauh ini, dan berusahalah yang terbaik untuk membuat mereka bangga terhadap kita.

Impian Setelah Lulus dari IBBISetelah lulus dari IBBI Saya ingin mengambil profesi Ak dan melanjutkan program

studi S-2. Saya berharap dengan pembekalan studi yang diberikanoleh IBBI dapat menghantarkan langkah saya ketempat yang lebih baik sesuai dengan moto IBBI yaitu “menuju masa depan gemilang”, dan saya berharap semoga impian Saya menjadi seorang akuntan profesional dapat tercapai.

Nama Lengkap : Nova Ninda Jufrida SinagaNama Panggilan : Ninda atau NovaTempat Tanggal Lahir : Medan, 25 Januari 1991Anak Ke/Dari : Pertama/2 bersaudaraAlamat : Jl. MG. Manurung No. 3Jurusan : D-3 Akuntansi KomputerIPK : 3.88 Hobby : Membaca dan mendengar-kan musikMotto : Hidup ini cuma sekali, usaha-kan lakukan yang terbaik untuk diri sendiri, orang-orang yang disayang dan yang me-nyayangimu.No. Ponsel : 085361006304Email : [email protected] Facebook : http://facebook.com/nindach.nagaAlamat Twitter : https://twitter.com/aeinkyu

Alasan tertarik kuliah di STIE-STMIK IBBI1. Jurusan yang saya pilih memang benar-benar telah terakreditasi2. Biaya kuliah yang terjangkau dan dapat dicicil3. Adanya beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi4. Prasarana pendidikan yang cukup memadai

Kesan yang saya dapat selama kuliah di STIE-STMIK IBBI Mendapatkan pengajaran dari dosen-dosen yang hebat, baik-baik dan bersifat

membimbing sungguh sangat menyenangkan dan sangat berterima kasih karena dari beliau-beliau saya mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan wawasan. Staf-staf akademiknya memberikan pelayanan yang baik yang membantu saya selama kuliah disini. Selain itu saya juga mendapatkan teman-teman yang walaupun berbeda-beda latar belakang tetapi mudah menyatu menjalin persaudaraan yang kompak. Rasa persaudaraan itu sangat kental selama saya berkuliah disini.

Ketika saya mendapatkan beasiswa studi banding keluar negeri, saya merasakan persahabatan, kekompakkan, perlindungan, persaudaraan, dan saya juga menda-pat wawasan dan pengalaman yang luar biasa dan sangat berkesan yang tak dapat dilukiskan dengan kata-kata mengenai negara yang saya kunjungi. Benar-benar pengalaman yang tak terlupakan.

Tips meningkatkan prestasiGunakan waktu kamu sebaik-baiknya, adakalanya kita berdisiplin terutama

mengenai waktu. Misalkan: jangan terlambat datang ke kampus, pada saat dosen menerangkan, maka seriuslah memperhatikan. Rajin belajar tiap ada waktu. Rajinlah masuk kuliah agar tidak ketinggalan materi.

Cintai mata kuliahnya itu juga sangat penting, bina hubungan baik dengan dosen dan jangan malu bertanya apabila ada yang kurang dimengerti. Catat hal-hal penting dari yang diterangkan dosen dibuku catatan atau binder.

Memiliki buku referensi/buku paket itu membantu kita untuk bisa lebih mudah memahami materi. Sering-seringlah berkunjung ke perpustakaan kampus atau perpustakaan daerah, disana banyak buku-buku referensi dan buku-buku yang bisa menambah wawasan kita.

Rajin mengerjakan tugas kuliah yang diberikan dosen.Sering-sering diskusi bersama teman, karena tiap teman itu berbeda wawasan-

nya, jadi kita bisa saling berbagi ilmu mengenai materi kuliah atau hal-hal lain yang berhubungan dengan kuliah.

Ketika ujian jangan menyontek karena itu akan membuat kita ketergantungan dengan orang lain. Kita harus percaya dengan kemampuan diri sendiri.

Kalau kita sudah mulai jenuh ingat perjuangan orang tua kita yang telah bekerja keras untuk menguliahkan kita. Ingat juga masih banyak orang tidak bisa merasakan pendidikan hingga bangku kuliah jadi jangan sia-siakan kesempatan ini. Untuk me-nambah semangat, coba nonton film yang memotivasi, misalnya Legally Blonde atau Good Will Hunting. Jangan pernah lupa berdoa dan bersyukur.

19Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Alasan tertarik kuliah di IBBISaya tertarik kuliah d IBBI karena saya

merasa alumni IBBI akan mudah menda-

patkan pekerjaan, hal ini dapat Saya lihat dari kakak Saya dan teman-teman nya yang sebelumnya kuliah di IBBI sehingga memotivasi Saya untuk ikut kuliah di IBBI.

Kesan kuliah di IBBISetelah menjalani perkuliahan di IBBI

banyak kesan yang menarik diantaranya, memiliki teman-teman baru yang menarik sampai dalam setiap kegiatan perkuliahan

dan diluar kampus selalu bersama, para dosen yang juga tak kalah menarik saat mengajar membuat perkuliahan menjadih lebih mudah dan tidak membosankan, para staff yang baik dan ramah meskipun kadang PR tidak bisa memberikan in-formasi yang dibutuhkan, perpustakaan yang jauh dari yang saya harapkan karena banyak buku yang tak ada dan juga tak dijaga dengan baik, bahkan tidak tersusun rapi yang membuat saya harus bersusah payah saat mencari buku,

Tips untuk mendapatkan prestasiMenurut Saya cara yang baik untuk

mendapatkan prestasi yang baik adalah belajar dengan santai, tidak terfokus dengan pelajaran tapi juga harus dapat

Nama : Sonny Br AritonangTempat & Tggl Lahir : Sei Plancang, 13 Februari 1991Alamat : Jl. Bakti Luhur Perumahanan Milenium Town House 3 blok B No.8GNo. Hp : 0852-7006-6966E-mail : [email protected] Fb : sonnia art

berbaur dengan teman, sehingga selain tidak hanya mendapatkan teman kita juga mendapatkan informasi, dan selalu mengerjakan tugas kampus dengan baik dan benar serta tepat pada waktunya, menyesuaikan waktu bermain dan waktu belajar jadi gak kebanyakan maen nya, dan yang tak kalah penting adalah tetap selalu berserah dan berdoa kepada Tuhan agar setiap usaha kita dapat diberkati dan tidak sia-sia.

Rencana masa depanRencana saya setelah tamat kuliah

saya ingin mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan saya, namun saya juga berencana ingin melanjutkan kembali studi saya ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Surat Nyasar

20 Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Aku ingin hubungan kita berakhir bahagia.Terpisah bukan karna orang ke-3, atau terpisah karena kita ber-beda. Tetapi karena waktu,dimana aku tak lagi bisa bernafas, dan berdiri untukmu :’) aq dedeg peNgen caRi temen sms aja ksni +6287768820441

Cinta itu Misteri yg tidak diketahui kapan munculnya baik itu indah maupun buruk,, Cinta itu terkadang serasa indah jikalau sudah berdua dgn dya nya Namun jika sebalikya cinta itu serasa teriris - iris seakan ingin matii,, Namun Bagi aku Cinta itu Anugrah yg diberi Tuhan untuk kita,,,. Maka jangan sia2 kn jikalau cinta itu datang,,Jarang org mendapatkan Cinta yg sempurna. Tutupila kekuran-gan yg ada pada dirinya,,dgan kelebihan mu.Bye...ana:) +6285766260982

Hy Xpresi..Saya pndtang bru, nma saya Debby shinta,skolah di METHOD-IST kuala. Slam knal y buat smua na. Aku mau titip salam y buat tmen2 aku,dan buat seseorang yg nggk prnah tau lw aku msh kngen ma dy. Semangat ! :) +6287763613085

hai, sahabat Xpresi. aku dyta risyah dari medan, aku titip salam saja buat teman2 ku yg ada di SMK N 6 Medan. :) +6283194501264

assalamualaiqum wr. wb.hy shbat x-presi,, nama ku muhammad ali, sch0l ku d SMK N 1 Sib0lga, dan ak kelas XII AKUNTANSI 1. aku mw ngucapin MET NATAL bagi yg menjalankan nya. dan MET TAHUN BARU 2013.sm0ga d tahun 2013 ini, kta smua smakin sukses dan slalu ber-buat kebajikan sesama makhluk TUHAN. d0sa2 yg lalu biar lh berlalu. karang kta buka lembaran baru untuk mengawalinya lagi. sekian... +6281934267114

Name : n0viAlumi smp n.3 satu atap halban.. Selamat liburan dan thun bru ya.. Moga” di luburan dan thun bru x ne kalian bisa lbih dewasa dan optimis.. Amiiiin.. Salam manis buat siswa n.3 ,, +6285763471136

Ass, hY Xpresi, aKu rhiieYrHiieY..saLam knL ya buaT sMua sahAbaT eXpresi,aKu maU carii banyaK tMn nii,yg asiieK, yg gokiieL, ni No aq 085763283733,di tuNggu tLfn N meZ nha yaa,. [email protected] Ntu aLamaT fb aUaq, add yeAaHh.. thAnkZz:) +6285763283733, hy shaBat xpresi :* aqhu siti indriani ,aqhu pnDataNg bru ne,Aqhu skolah d sMa N 1 Tanjung balai. Aq titip salaM dOnK bwat kk aqhu d.mEdan sm0ga Sukses yaCh kk. Jgn lupa d.muat yaCh thaNk ya shaBat expresi .. +6287891711626

Hy cobat” expresigmana kbr ny cmua^_^mdh”n baik z y. . . Aq lupita,mw ttip clam z bwt tmn2 Q Yg D kls XII IS 1 , trus bwt pmbca expresi smua n bwt tmn2 Q Yg ada drmh T_T hm,pngen cri tmen jg nich,bwt curhat, ^ ^ +6287748746568

hy surat nyasar,,,??Aq Palentino, Aq cuma mw nitip pesan pada seorang gadis yg bernama Desi Anggraini, klo Aq sayank banget ma dia,,,!!! +6282364471215

salam , pa kbr surat nyasar , ku rian ..dri binjai. ku pengen men-cri tman curhat, da yg mau gag? jangan mempermasalahkn masalah, sebelum masalah, membuat mu smakin bermasalah,:) +6287713973534

hy shbt expresiq pndtang baru ni. nama q rajiman marbun. q sklah di sma n 1 onanganjang. q mw titip slm ni ma pserta RAINaS X PAPUA.i miss u rainas x.slam pramuka. +6282366849790

Hay guys, salam knaL ajha dEch, buat tMen2 exprez, ku Wida Rahayu dAri S.m.k.s B4nta aChmad ni,d qu Mau titip Salam buat tMen2 yang Bc4 slam aqhu :) tOlog ya sampek kan Salam ku, ,kuala Simpang. . this is Tamiang nGepop.. tank you., Expresi. . . +6281990128099

Aq hnya ingin mnyampaikan pdamu yg engkau jauh dsna,bhwa ssngguhnya aq mnyimpan ssuatu untkmu! +6285360043766hay Q yelsa ne pndtg baru pgen cari knln/tmn bru untk yg pgen knl tlfn or sms j y +6287768454730

ASLKM...nm qu nana,aq pndtng bru ne d’surat nyasar,aq mo ntp slm wat shbt2 aq yg d’aceh,mga klian sht2 aj...aq kngen ma

klian.psn ku ntk klian,jgn lpa shalat y.! cpa yg mau knl ma aq,cs ja k’no ne. % # WaSsAlaM # % +6287748918344

Hy surat nyasar nama aq wely candra dri medan.liburan tahun ini sangat menyebalkan lah. karna aq gk perna merasakan ke bahagia_an. Aq pengen kehidupan qu yg sebenarnya. By (BO2K) BOCA KULON +6287768670714

Hy guys, gwe tata.. Gwe pngen share, apa kalian mampu/bisa, ngerelain hati kalian untk org lain karena org yg bner2 kalian sayang uda pergi dan takkan kmbali. ? kasi saranya ya guys. Makasi. +628992748485

Hei sahabat expresi.. Titip salam donk buat anak SMK RAKSA-NA MEDAN,apalagi anak Kelas XI RPL miss you all my friend,, B +6283194353602

aSslmalikm?? Hai srat Nysar Ne irMa, aQ mw krim slm sma sMua orG KisaraN? +6281990688095

Assalamualaikum,,, My name SYAHIRA, School SMA DHARMA PATRA P.BRANDAN, sya mw nyari shabat sya yg trpisah sejak dri SD, smoga dgn ada nya surat nyasar ini, sya bsa ktemu lgi ma dy, nama nya MUHAMMAD YUSUF WANHAR, tlng di muat ya kak or abg, mkasi , wassalam..... +6287891992085

Hai sabeb” aw Slm syank aw sama klen “NI2ZIMA” is the best friend . Reyni yuni zhie maya . By: yuni XII ia 3 smansa tj. Balai +6287891700070

aslmualaikum..hy tabloid xpres prknlkan nm sy sinta tnggal dbinjai usia sy 20 thun sy mw cr tmn usia diats sya dan buat brbgi crta dlm suka mw pun dka lm mw knl sm sya tlpn ke nmr ne ea 087713928750 slm knl buat tabloid xpres +6287713928750

hay. nama Q nayla balqis. aku school taman siswa binjai. ala-mat aku jln sms.raja gg mangga no.6. aku ngefenz bget ini sma momo ghesiya. tapi aku gk yakin apa impian aku bakalan jumpa dgn dia. tapi ywdh dech itu aku gk mslh .aku ingin bget jumpa sma dia. ohhh iya sekalian inii aku ingin memperbanyak perte-manan. salam dri aku nayla balqis... +6287763583941

sore TablOid XprEsi. Q pnDtanG bRu niC , nMa qHu liA Dwi kLz 10 AP-3 sKolAh d sMk n.6 meDan . Qhu mAu ngRim sLam doNk bwT Ank# sMk n.6 truTaMa Bwt iRa ,debOra n dEsi . Dan bWt cwoK qhU slAm sYaNk sMw Ny mKcIe . . . +6285760783172

Hy shabt xpresi surat Nyazar... q madrasi Malau d sdikalaNg umur qu 16 thN. Q m0 tisam ma tmN” qu d kamp0aNg s’kaliaN titip pesaN. pesaN Nya: jaNgaN prNah m’NaNgiz k’tika qmu tdk d cNtai 0rg yg qmu cNtai py m’NaNgiz lh ktika qmu gc bca m’cNtai 0rg yg m’cNtai qmu & bgi tmN” yg mw kNalN ma q mz q ke 082363037100. thaNx ea... +6282363037100

hy tabloed xpResI... akKhu ne pnDataNg baRu. nAma akKhu li-aNy. akKhu mw TitiP saLam ajjach nEu ama tMan2 aKkhu dii SMAN 4 SBLGA :):D +6287748050768

Cnta ibratkn bunga. Trtnam dri prknalan, Tmbh krna prtmuan,Brsemi krna krnduan, Mkar krna kju2ran, Brtngkai krna ktlusan,Brptik krna kstiaan, Brbuah krna pngrtian, N akn layu krna kpal-suan, Akn gu2r krna ke eg0isan, Akn mti krna PERSELINGKU-HAN. +6285761014178

mau cari cwek teman aku djody orang nya putih. kirim” salam juga buat temen aku di sma 2 binjai . kalok ada berminat smes aku thanks all :) Teruuusss...!+6287891827935

Assalamu’alaikum sobat Xpresini cia dari sman2., salam perbaikan tuk nak ronda tetep seman-gat y wee.....+6282370860071

Hy srat nyaxr! Name w LinDA Yen. W mau ttp slm ma Ci Reni Suriani yg orngny jdez sk’li bsrt tman”ny. Cp yg bca in khusny ank”TELADAN” tlong smpekn slm w ma xaudr w y. THANK’Zzz.... +6287744998714

Hallo tabloid x-presi.. salam knal iah..buad kalian sumua :D.. +6282368886057

Hy shabt expresi :). ne aku evhin. aku mau krim slm buat smua teman” SMP ku rindu uda lama gak jmpa. Buat XI-IPA2 SMA5 medan smga mkin akrab persaudaraan kita. follow twitter ku : @yosepinp. mksh buat smua yg udh bca sms aku. . Slm kenal buat smuanya +6289695431506

Jk sUAtu SAat kM iNGn MENANGIS hbUNgi aKu. tP AKu tK BER-

JANJI bWt mU TERTAWA tP aKU aKn MENANGIS BerSMamU.Jk sUAtu SAat kM mRSa tK iNGn MNDENGARkn cPA pn, hBUngi aKu. aKU JANJI, aKU aKn DIAM mNEmANiMu. DAn jk sUAtu SAat kM mRSa iNGn BERLARI hbUNgi aKu. MKa AKu aKn mNEmn-IMu hNGga kM LELAH & BERHENTI. Tp jk sUAtu SAat kM mGH-buNgi aKU. NmUN tK pRNh aDA JAWABAN. SGeraLAh DTg tUk MLhATku. MgKn. SAat ITu aKu sDAh tK ADa lG d DUNIA nE.TUk mNEmaNI mU.. +6287748617353

asslqhuemb wr.wb. ni adi dari smk taman siswa cab.binjai.buad yg lagi weekend met weekend aja la. +6287713973874

“aq yg dulu bkn lh yg skrng, dulu d’synk skrng ku d’tendang, dulu...dulu...dulu...dulu ku pendiam, skrng hancur berantakan” haii sobat xpresi aq gilbert pasaribu dari SMA Teladan Binjai +6282363273871

Hy.. Q ria, Pndtg br nih Hr ni Q gi kesal mw mrah tp ga tw lampiasi kesiapa ... Bgi yg brmint sms q ea. +628984869930

Jangnlah Qta larut & trjbak oleh pndpat sbgian ornk yg meng-takn, bhwa cnta & ksh saynk psti akan mdah pdar seirng jlan-nya wktu dan usia. karena cinta & ksih syank, bagaikn mknet yg memliki daya tarik kuat untk senntiasa menyatkan jiwa dan mengkat raga. Nikmatilah manis dan indahnya cinta diawal Qta mengnalnya, berushalah utk teruz mrawatnya jngan smpai layu apalagi musnah.. by: Darwani Manalu. klas: Xll-ips KATOLIK. +6281361019548

.Hy Sobat Xpresi.. Aku daNI Siahaan dari SMA BTB 1 Balige.Aku Hanya Pengen Cari Teman tuk Nambah Pergaulan Aja.Salam bwt Semua Temen” Xpresi.. Thanx Yo0.. :D => +6287891547977

Hay Sobat* Expresi .. Aku PendatanG Bru Neh , Nma Aku “Te-sha” . Skolah D’SMA TELADAN SEI RAMPAH . Aku Mau Tisam Aja Deh Sma Tmen* S’kls Aku X_plus & X_1 .. :) +6287793936075

Hay Sobat* Expresi .. Aku PendatanG Bru Neh, Nma Aku “ Echa “. Skolah D’SMA TELADAN SEI RAMPAH . Aku Mau Tisam Aja Deh Sma Tmen* S’kls Aku X_plus & X_1 .. :) +6285668412719

Nama ku Winda Alvia Nita di Aceh :) aku pengen cari temanklo mau kenal lebih dekat, add aja fb ku Winda Alvia Nita ;;) +6285261995152

Hidup seperti PERMAINAN. Dalam suatu prlombaan.. Tanam kan lh niat, bhwa kita brtanding utk memecah kan rekor sndri, yakni utk MELAWAN DIRI SENDIRI, tnpa menghraukan siapa lwan kita,. Buat yg yg trbaik utk diri kita, dn jgan brpkiran utk mengalahkan orng lain, krna it gk da gunanya, motivasi tak smestiny lahir dr rasa IRI, dEngKI atw DENDAM,. KEGAGALAN dpt d bgi menjadi dua sbab, yaitu orng yg brpkr tp tdk prnah bertindak, dan sblik ny, orng yg brtindak tp tdk prnah brpkr, RINGGO PRATAMA. SMK N 1 Sibolga,.+6287748073470

hy xpreasi. nama aku chiindye. aku cuman pngenn ungkapkan isi hati aku saat ini ajaa .. saat ini aku kngen bnget ma diia . . aku pngen jumpa diia . tpi gk jumpaa” . . +6281990476671

hy.. awak mw cari tmen cwe. buat yg mw temenan. zmz ajj ̂ _^ +6287768352714

haii Tabloid Xpresi. aku pendatang baru ne.. nama aku Michael .bisanya dipnggil Maekk .. asal sekolah saya : SULTAN ISKANDAR MUDA Sunggal .. kelas XI - IPS 3 .. aku orngnya hevan la.. klau mau kenal lebih dekat . ne nomor aku : 081260775503

thanks buat tabloid Xpresi. semoga semakin jaya teruss.. hehe +6283197480636

ass,, q pndtg bru nie... q mw krm slm bwt mntan q yg pling q cynk,,, nm_ny :ryo. oea gmn ea,,cra_a bwt dy bs blik lg sm q?al_a q gx bs nglupain dy,,mpe ckrg nie.. kcih tw tipz n sran’a ea?....” by:tukiyem. +6283194810144

I threw a wish in the well. Dont ask me i’ll never tell. I looked to you as it fell. And now you’re in my way. Hey i just met you and this crazy. But here’s my number so call me maybe... +6289613134695

TerkaDang 0rg yg km beNci bisa buat km nyaman n bahagia DiDekat’y. . . TerkaDang 0rg yg kmu ciNtai bisa Membuat km meNangis n MenDerita berSama’y. . . CiNta n Perasaan Dapat cePat berubah n tak Da yg bisa Menebak . . . Hari ne Dy biLang “SeLama’y” Tapi es0k Dia biLang “UdaHan aja ya”Ingat Lah, , , SeLama kmu masih biSa MenCintai Ses0rang. . .

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

CiNtai Lah DiA Dgn sePenuh’y n jangan sakiti Dia Dengan keb0h0ngan, taPi baHagia’kaN Dy Dengan kejujuraN. buat anx 12 ia/is SMA KATOLIK B.aceh “HàppY ValéNtiné Day” +6282362883402

assalamu alaikum.. hai tmn2 epresi... Q pndatang bru ni...nma q abu hasan ashari. sklh di SMA teladan sei rampahkls XI. NI Q mhu cri tmn cp ya yg mhu tmnan sma q ...!slm knl ya...sma tmn epresi .../ &u - 454n 4 com.id... +6285763484113

Thukh u arti kta ptus asa? Ptus asa adl d rmpsny hrapn dri s’seorg n lpsny hti yg mngerti kbnran... Ksedihn yg dtang dri luar d ssul olh jurang yg mluap dri dlm n mngubhny shingga bkas drah mngalir m’bwa ksedhan... Mngejr trus smpai k mna pun...Bban b’nma kptus asaan yg b’diam dlm dri q smakin tmbuh hingga tbuh q trasa brat.. Wrna bla mta ank it tdk mw m’jauhi q. Dy tdk mw mnimbng brat dsa q... +6283191657709

Hola... surat nyasar. Q pnya sms nyasar nih! Dah nyasar sms q ksna kmari kya glandangan... Mnding msuk kn ksni ‘ja... Q Eiodia d’Sdikalang.. Mw slm” mski tngan gk knyampe... Bwt klz q XI IPA 2... SMADA sma org” ny skalian!! Trz sma kepsek, wakasek, guru” ny, staf tata usaha, sma satpam!! Kya ngasi pidato jdi ny... Tpi itulah... Penduduk SMADA yg tak prnah lelah mngitari lapangan sk0lah...!!! sm0ga kta tak knal menyerah dlm sgala hal........“BE STR0NG....!!!” SMADA PASTI BISA +6285761025413

Ass.wr.wb.. Ai, shbt xpresi, Q mNCRI Sseorg yg pny ati yg mW meNGRti d sni, mEngalAH S’t aq marh mergkul kta aq terpukul,trtawa s’t q bhagIA N SLLu SETIA dlm k’ada’n ap poUN. N JUga mmbjuk s’t aq meraju’k. By : TifanNy SahaNAyaKeLaZ : XII AP_1 “SMK N 1 SIBOLGA” Email : [email protected]. Dan [email protected] +62877481410001 klimat dpt mmbwt 0rg jatuH HATI , Namun 1 kalimat pula dpt mmbwt 0rg sKit HATI ... Ne bwt shbat Xpresi smw ., baek cwex mwpun cw0x , jgn smbrngan mngluarkn kt2 , krn stiap kt2 yg klwr dr bi2r qt , dpt mncerminkn bgaimn kpribadian qt .. Mgkn sj qt mnganggp ucpn qt t hny gurauan smata , tp t bs sj mmbwt rank sLh pHAm n sLh pula mnilai qt ... Ingt y , mlut mu hrimau mu ... N mlut q y mlut q lah , mLUt cpha lgie ... Xixixi “ hiDUp adaLaH perJUANGAN ^_^ “ +6281927315267

mlm expres,nama saya desi,,,,,,, qu shcool di sma kesuma indah,slm ya ma kumis,,,,,,?????? sly dia dah sktin ht qu??????mau lbh dkt dgn saya hbng ke no ni,qu mncr seseorang tmn crht qu,yg bs qu sng,082350090708 ,,,,,,, +6287891294960

MetD Pge shaBat Expresi, AQ dYna rank cibolga. Mw titip Slam ne. Ma tman aq yg d C!antar. +6287767250121

Sepi Bukan Berarti Hilang, Diam Bukan Berarti Lupa, Jauh Bukan Berarti Putus, Aku Punxa 2 Mata Yg Tak Selalu Melihatmu...Aku Punya 2 Tangan Yg Tak Selalu Bisa Menyentuh Mu.... Aku Punya 2 Kaki Yg Tak Bisa Slamanya Bisa Brjalan Bersamamu.... Tapi aku Punya Hati Yg Akan Slalu Mengingat Dan Menyayangi Mu. FOREVER.. +6287767560515

HaY Sh0Bat XpReS|. . . Aqhu peDataNg brU Nea. . . nama Q NikmatUl laIli . Umur 15 thn. QHu skLh di darMa bAkTi. qHu cUman maU Tisam ama tmN Aqhu santi,inur dan ana yg ada di tj sari. dan buat c0w0x yg q cynk di rmbung ptIh nM Y ari. dan buat manTan2 Q Yg udah buaT Hri2 qhu bAhaGia. m0ga hari2 kaLian semaKin sUkseH. . . wasalam. +6287713975752

hy tmen” yak qu cyank. bsok dteng ea k rmh aku. kt bkar” bloh bwk cwe/cwo. klen dteng aja lagh pokok ny klen ngk ush bayarklen kn tmen baik aku smua zd apa yak klen mw gratis aja smua...... mksud aku bakari sampah ku al ny rmh q bnyk smpahhahahahahahahaha. ayo sebarin k tmn kmu yak lain jgn brnti de kmu tokohi jga tmen kmuee biar asyikkkkk sd all# dri shat sitepu, di selesai +6287748906665

Hy sahabat xPrEsI aku pendatang baru nama ku indah ginting. Mau kirim salam buat sahabat” ku yang ada di methodis kua-la...... M4KASIH......... EA........ +6287748914375

hay surat nyasar,nama q ajay rathore.aq pengen cari teman dan bersapa salam dgn saapa aj.yg bca harian ni,n seka-lian gue cari pacar uga.wkwkwkwkwkwkwkby:ajay rathore +6285668302462

nue sinta, dindrapura. knpa stiap cwox yg q cyanx smua a menghianatin sinta. +6287766472569

Hay shabat xpresi. q aii {arma} dri selesai. q cma maw tisam z ma temen2 q yg d pkanbaru,darma bakti,pasar padi and ma tmen2 fb q . . . Dan juga ma mantan q yg d pkan baru . . . Aku cyank ma

Buat temen-temen yang mau kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucapan selamat

ke siapa saja tinggal kirimkan aja ke SURAT NYASAR tabloid xpresi.

Caranya mudah, tinggal sms aja ke nomor ini

087869801990 di tunggu ya...

Surat Nyasar

21Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

len semua . . . EmMuAaCchH . . . . #pesan aq bwt cwek2 jngan prnah d rmehkan ma kaum cwek . . . +6282361506033

hy sHAbt EXpresi” aQ PNDtng bru’ naM AQ, N0va cinAgA”TNgglNy dmdan’ smpank kwala, aq lg galAW nue, dp-tusin paCR.aq pngn cri tmAN Tuk nemaniN AQ, Klo mw tmanin aq hubngi in’n0 aq, 085760767025 atw kn0 nue’085277879304 aq tnggu ea, gx sbr lg nue, tHANx ea,,,, +6285277879304hy srt nysrnma q miselasmp margot k. jahe (lx)ttp slm y ! buat kk aq d medanaq kngn ma kk titin ;) +6285762453459

Hy... sobat expresi, ahu pendatang bru sian B.Aceh ahu naeng ki-yim Zlam tu dongan hu nadi Medan.Nurhani,Hermin,HarunA,N kesemua tmen yg da d’ Sumut deh. blang klo aq tuh kangen brat ma meleka” smua!!! aee. love U frend’s +6285275793806

Hy...surat nyasan ahu naeng titip salam tu sude donghu na adong di sibolga, medan,Tarutung,Balige,Pekan baru,Tanjung morawa,Siantar,Brastagi,B Aceh, ima nahuboto alamat ni akka dongan hu sandok pasahat hamu jolo tonakkon yu nasida paboa naung malungun ahu naeng pajumpang dohot nasida naeng marpungu songon si najolo tikki di huta ina nanaeng sidohon nokhu mauliate ma parjolo, By;Bernandus Manalu +6281265156023

Ass, taBloiD Expresí, nM q rNa, qu mw cri tMn2 nhe d taB exPResí,,lw mw huB Ke n0,ni 087890863236,,,SLAm kenLN Eä, buAt taBLoid expREsi, yG då diMn2,,, +6287890863236

meqomm.. aq rani tgal d tmiang aq ge cre tmen ne kq mw jd tman aq cs aq ea. mksih. +6287890716522

Hy..? Nma saya RISCA . Sya sklh di TELADAN. Sya mau krm slm aj sma tmn 2 sya wktu SMP. Bwt indah,ira,nurbaiti. N sya mau cri tmn yg spstnya stia. Gk nsk sya dri blkng. Email sya. [email protected]. et aq ea..? Spstinya mnynngkan sma aq..? +6287818862942

Prinsip hidup Q , Jalani hdup ini seperti air yg mengalir.. Masalah cinta gk usah d ambil pusing.. Pacar selingkuh, itu suka’’ dia yg penting dia bhagia,gk baik prselingkuhan di bls dgn prseling-kuhan. Cinta tak harus memiliki Sekarang sih akuh jlani hdup dgn happy’’ aja. Orang mau bilang ini atw mw bilang itu tu hak mreka. HIDUP kuh GIMANA akuh yg jaLani bkn mrka.. pacar gk sms,gk nelfon,gk nanyain kbar,gk prhatian .itu sih terserah dia Yg pasti jodoh tuh gk bkal kmana, nech dh 2013 sob hdup jgn di bkin ribet. Jalani hdup ini dgn HAPPY, SIMPLE dan gk ada kata” GALAU. . . # :Dewi +6287868050180

Assalamualaikum. Perkenalkan nma qu fakhryal skolah di smk n 1 bireuen (ACEH) .INI CORETAN TANGAN QU.“Jgn kunci hati sseorg jika km tak punya kuncinya”“Jgn pernah genggam tangan.a jika brniat melepaskn.a”‘’Jgn pernh mngaku Cinta jika km akn meninggalkn.a”“Jgn katakan syg jika km pnya yg Lain”“Jgn blg satu2.a jika km ingn mendua”“Jgn prnh sia2kan org yg meyayanggi mu sblum km bnr2 khlangan.a”... Just Inspirate. By: ryal +6282267050026

Hy shbt expResi. Kenalin nama kami nadiah n alyusra, kLs X7 SMA N 2 tebing tingGi. apa kbr buat semua shbt expResi? Dsini kami pgin krim slam utk windi rahma tika, aimma farah luthfi ari-fah, dan happy sauma aji, smoga smpai y :) +6287793888257

Hay sahabat xpresi apa kbr aku santi , mau slm buat mmk d kampung dn slm jg buat temen semuanya , bg tmn yg pernah sms santi ,santi mntk maf , bukan santi enga mau blz tp santi dlm 1 blm santi sbk terus mf y ,jgn pernah kapok untuk sms santi y +6281376331818

hayyyy surat nyasarr.... ne aq lina ... aq pengenn`a salam jha ma tman” smua yang da d smk immanuel 2 kabanjahe. ne aq pend-tang baru. +6287799086461

Jika saja dia tau btpa berarti y dri y bagi ku,, semua kesepiaan ku selalu terisi bayangan y, andai saja dya bukan kekasih sahabat ku,mungkin aku akan menerima cinta y. Tpi,,aku takut.jika nanti aku menjadi se0rang penghianat.aku memang mencintai y tpi aku jga tdk mau mengecewakan sahabat ku,biarkan lah aku me-mendam rasa ini,meski haruz aku yg terskiti.maa’f kan aku jika cinta ku berhianat... +6285762101205

hy surat nyasar. nma aq thica (XI IPA ). aq pngen salam bwt mantan kak aq dan jga slam bwt mantan aq ganda +6285762124302Hy..sobat expresi surat nyasar.

Kenalin nama saya leo eykel timantha dri SMA SWASTA TRITUNG-GAL TG.BALAI. saya mau titip salam ni sma shbat2 saya yaitu. ro-

las steven(robi),melda carol(mecun), otniel simangungsong(obi), krisnawati siagian (kijang), dan buat seluruh anak2 ARmy cor-poration Xii-ipa. smoga pda semngat belajr dan less sorenya ya,biar kita nnti llus Un smw. amin. oia,bwat kwan2 yg mw kenal lbh lanjut bsa sms ke num ini,atw add facebokk jga bsa. [email protected]. twitter juga ada @LMamaitink. slam kenal yah? ok2 bye see you next time (y). :) +6281990755505

Hy Tabloit Xpresi. Aku siswi SMA Ir. H. DJUANDA Tebing Tinggi.Salam bwt ank Djuanda kls XII IPA 3 (Muy2 Bandi, Thata O’hani, Wulan Jos, Ebby’s, Dewwiq, Mawaddah, Eduward) :D Smoga kita LULUS smua ya wee.. Bwt smua ny salam kenal. :) +6281973006967

:ap arTi smua ni ... ku tak ngerTi dgn jlan hdup ku ni bgtu brat rintgan yg ku hdpi bgtu bnyak hal” yg hrus ku tmpu tnpa ad btas d stiap pghujung . stiap ku memandang hny k’snyian yg trlhat bgtu lelah dri ni tuk trus mlgkah mncri k’hdupan yg indh . tak ad cinta d hri” ku , hny rsa syg s’org tman yg ku mlki tak sdkit pun blai an kasih mu yg rsa kan . btpa phit ny hri” ku hny air mta dan jwa ku yg mghbr hti yg gundah . klam ny hdup ku bgtu brarti d dnia ku hrs membuat ku trjtuh dlam pndrta an . ni lah hdup ku tak slma ny prshan tu ad kni hny ku dan waktu yg ad d rnungan ku. /’ +6281990549036

tnpa.. CINTA ak msih baik2 aj !! bagi kuh CINTA hnya bs mmbuat kuh sakit hati... khusus bwat ornk yg kuh benci. trimelsa +6287767339279

... Hy sHabaT” xpreS¡ ? Jmp4 l6 n¡Ch m4 aQyu .... ¡nd4h prm4Ta C4r¡ey .... aQyu m0 T¡Sam n¡Ch ? ... bwT smUa Tmen” aQyu, ab6 aQyu y6 d prb4ungan ! & bwT pCr aQyu y6 d4 d Umh . . . @_^ ... ( ¡ w¡Ll alw4yS l0ve u beb ) n b6¡ y6 pd4 m0 brTman m4 aQyu hub n0 n¡Ch J ea ! Thank y0u ...’ +6281990512229

Hy , Aku mau kiriim Salam Buat temen2 aku , Buat Skubie , Rez-pector .. Buat yuan Irsal Ramadhan , Yuan Irfal Ramadhan , Jugaa Arief :D Thx +6282362884400

Disaat kau prgi dngn yg laen..... aku akn mnjauh dan jngn prna berpikir aku akn mmbencimu...... Karna ssungguhnya ku tahu kebahagiaan mu bkn ada pdaku... Dan biarkanlah rasa ini tetap untuk mu.... slamanya#R +6287766015591

hay sahabat xpesi.... aq rice rahayu klz 1ak1... mau salam2 aja sama tman2 yg ada di smkn 1 k.jahe. khusus_nya klz 1ak1. buad tman2 shbat expresi salam knal ja iaa... :) +6285763314265

hyyyynue q imelia haloho q ntu org Dairitpi q ckull di Yp ortho-dox Agia Sophiayg ad di tanjung anom aq mw kirim zlam aj buat mama papa jga nenek n kk nadik2 q yg di kampung mga chat2 aj yaaaaaajga imel mw ttip slam buat mantan q yg mw ultah tgal 13 feb 2013 nee mga d hari ntu imel bza ngzih yg trbaik buat km zbnar nya aq mzih cyg am km jga buat cahabat imel yaitu yohanna yg ad di Brayan mga kmu makin smangat ya +6287868247872

Haii sahabat expres makin exis aja nih. Nma aku putra aku mau titip slam ma pacar q aku rindu skali. Miss u +6285763547022

Hallo S4hab4t Xpresi.... Aq Pndatanx Bru Ne... Oia Ne Bua smua s4habat xpresi: Hdp Adlh sbuah Plihan Yg akn qta jalani... bkn tkdir yg hrs qta trima apa ada nya.... jgn prnh myerah un-tuk impian mu.... krna msa dpan ad dlm genggaman tangan msing2..... N Msa lalu adlh pljrn brhrga yg tak dpt d lupakn.......:) +6287890716021

Hy met ciang sobat xpersi q dewi ank helvetia mo cri tmn,aktivitas skrg krja drmh mkn,.ku mau slm2 buat fans medan fm 96.3 me-dan fm.ini lho radionya orang medan.jgn lupa tggl 3 febuari ,jam10 sampai 18.00.kita pasti seru2an dn temuan fans akbar di medan fm.jln karkatau pembanguan 1. oke jgn lupa ea sobat,yg blom daftra ayo daftra ya,jgn tggln.krn pngabisan pndafraan tggl28january.oke sobat.bye dewi. +6289613570857

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Xpresi Info

22 Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Amerika Serikat memiliki sistem pemerintahan federal dan meru-pakan asal sistem pemerintahan presidensial. Salah satu negara

super-power di dunia yang merupakan salah satu dari negara termaju di dunia, yang paling mencolok adalah pertahanan, teknologi, dan ekonomi.

Indonesia. Negara dengan 17,000 pulau dengan sistem pemerintahan presi-densial dengan berlandaskan Pancasila. Negara kepulauan besar yang berada di antara 2 benua dan 2 samudra. Salah satu negara transit perdagangan yang cukup ramai. Memiliki hubungan yang cukup buruk dengan Malaysia dan merupakan salah satu negara paling konsumtif dan korup di dunia. Setelah anda melihat se-cara sekilas kedua negara tersebut, maka akan terdapat jutaan perbedaan antar penduduknya. Tapi, ada beberapa per-bedaan yang sangat mencolok di antara kedua negara ini dan penduduknya.

1. Pilih yang mana, universitas/sekolah swasta atau negeri?

Coba anda ajukan pertanyaan ini kepada orang Indonesia, pasti mereka akan langsung menjawab “jelas negeri!”. Di Indonesia, sekolah swasta umumnya tidak terlalu terkenal, kecuali jika memang punya nama besar yang memiliki prestasi tingkat tinggi. Umumnya orang Indone-sia lebih memilih sekolah negeri karena biaya lebih murah. Begitu juga dengan

4 Perbedaan Terbesar Orang Indonesia dan Amerika

Xpresi Zodiak

CAPRICORN (22 Desember-18 Januari)Bulan ini adalah bulan keberuntungan Anda. Kebanjiran energi dan ambisi membuat semangat bertambah besar. Ada masalah? Anda sudah mempunyai jalan keluar. Alhasil, beberapa pujian dilontarkan kepada Anda. Jangan sampai lupa diri, ya. Pekerjaan: Hoki. Keuangan: Biasa saja. Asmara : Saling mengisi.

AQUARIUS (18 Januari-18 Februari)Kepercayaan diri dan karisma yang Anda miliki ternyata bisa memen-garuhi banyak orang. Tak ayal Anda mendapatkan banyak masukan dan pujian. Meski ada sebagian kecil orang tak setuju dengan Anda, anggap angin lalu saja. Pekerjaan: Cuek. Keuangan : Berutang. Asmara: Bangkit.

PISCES (18 Februari-20 Maret)Masalah yang sedang terjadi di rumah di saat Anda harus mengambil keputusan besar rupanya membuat buntu. Padahal Anda butuh ide-ide segar di pertengahan minggu ini. Jangan menunda waktu lagi, karena batas waktunya makin dekat. Pekerjaan : Perlu masukan. Keuangan : Belum saatnya. Asmara : Sabar.

ARIES (21 Maret-19 April)Saatnya menjalin kerja sama dan bergabung dalam kelompok baru. Jangan lupa, kesuksesan yang akan Anda raih membutuhkan dukungan orang di sekitar Anda. Di lingkungan baru, jangan mencoba mencipta-kan persaingan karena akan menyulitkan posisi. Pekerjaan : Cari aman. Keuangan: Seret. Asmara: Kurang lancar.

TAURUS (20 April-20 Mei)Setelah dirundung problem, melihat segala sesuatu dengan positif adalah pengalaman baru bagi Anda. Iringi dengan kesabaran, kejujuran, dan keikhlasan supaya setiap rencana terbantu keberhasilannya. Di ten-gah jalan, banyak yang akan mencoba memanfaatkan Anda. Hati-hati! Pekerjaan : Bakal berhasil. Keuangan: Coba lagi. Asmara: Tahu diri.

GEMINI (21 Mei-21 Juni)Jangan percayakan keuangan Anda dengan orang lain. Kelola dan rencanakan sendiri karena hasilnya bisa saja di luar dugaan Anda. Agar mantap, kaji kembali rencana lama yang ingin wujudkan agar tak diam-bil orang. Suami mau, lho, diajak berdiskusi. Pekerjaan: Rencana ulang. Keuangan: Kreatif. Asmara: Mesra selalu.

CANCER (22 Juni-22 Juli)Sebenarnya wajar jika ada yang tersinggung dengan sikap Anda. Memaksa ke-hendak pribadi memang membuka lebar terjadinya salah paham. Santai sedikit, dong. Belum tentu mereka mengerti dan memahami sikap Anda. Pekerjaan: Keras hati. Keuangan: Irit. Asmara: Selalu mesra

LEO (23 Juli-22 Agustus)Banyak pujian datang karena keberhasilan Anda mengatur keluarga. Namun, kadang Anda terlalu egois hingga selalu menganggap apa yang Anda lakukan paling bagus dan benar. Coba dengarkan nasihat suami yang menyarankan Anda harus tenang dan sabar saat memutuskan sesuatu. Pekerjaan: Keras kepala. Keuangan: Rugi. Asmara: Berbuah manis.

VIRGO (22 Agustus-22 September)Dari obrolan dengan suami, terlahir ide cemerlang yang perlu segera diwujudkan. Bahkan ide ini terus berlanjut dalam kelompok atau organisasi. Asal jangan terlalu ketus saat mengungkapkan sikap kritis Anda, semua akan baik-baik saja. Pekerjaan: Jaga intonasi. Keuangan: Terbentur utang. Asmara : Produktif.

LIBRA (23 September-23 Oktober)Bersikap optimis sangat dibutuhkan di saat Anda sedang terpuruk masalah. Tidak perlu menutupi masalah jika ada orang yang berniat membantu. Ketika hasilnya tidak sesuai rencana jangan kecewa atau bersedih. Itu wajar terjadi. Pekerjaan: Selalu positif. Keuangan: Mulai dari nol. Asmara: Seba-tas angan.

SCORPIO (24 Oktober-21 November)Hubungan kerja sama kali ini kurang membuahkan hasil. Gara-gara Anda bersikap terlalu percaya diri dan merasa benar. Ayo, kembali belajar mengenali sifat rekan Anda, ya? Jangan selalu mendahulukan kepentingan sendiri. Orang lain juga punya keperluan. Pekerjaan: Mengalah. Keuangan: Rumit. Asmara: Berharap kembali.

SAGITARIUS (22 November-21 Desember)Siap-siap, yuk! Minggu ini Anda akan menghadap atasan untuk menjalankan rencana. Atasan juga bersemangat karena ia selalu menanti ide cemerlang Anda. Lupakan sejenak masalah keluarga, toh suami bisa membantu. Pekerjaan: Sibuk. Keuangan: Jungkir balik. Asmara : Butuh keseimbangan.

orang Amerika. Sekolah negeri atau public schools di sana memang dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah negara bagian yang bersangkutan. Namun, ketika menyangkut kualitas, umumnya sekolah swasta di Indonesia memiliki sedikit masalah dengan kualitas. Persepsi bahwa sekolah swasta memiliki mutu yang kurang daripada sekolah negeri menyebabkan sekolah negeri kebanjiran peminat. Lain halnya dengan di Amerika. Meskipun biayanya lebih mahal, sekolah swasta dilirik oleh orang mampu ka rena sekolah swasta atauprivate schools um-umnya memiliki image borjuis dan elite.

2. Yang mana duluan, teori atau praktek?Sistem pendidikan di Indonesia

terlalu menekankan pada teori. Semuanya berdasarkan teori. Memang sekolah mempunyai lab, namun jarang digunakan. Siswa-siswa SD diajarkan materi yang jauh melebihi kemampuan nalarnya. Secara akademis, mereka bagus. Namun, begitu

disuruh melakukan praktek, mereka kelabakan. .

Orang Amerika berbeda lagi. Mereka memiliki rasa ingin tahu dan sikap ilmiah yang cukup tinggi. Sistem pendidikan berbasis pada learning by doing atau “be-lajar dengan cara melakukan”. Jika anda berkunjung ke sekolah Amerika, biasanya pada pelajaran sains, lab pasti ramai. Selain itu, di beberapa sekolah, terdapat kewajiban kerja amal. Ini melatih soft skill siswa untuk hidup di masyarakat.

3. KonsumerismeOrang Indonesia cenderung ikut-iku-

tan. Entah itu trend handphone, memakai kawat gigi, bermobil, dan sejenisnya. Hal itu menyebabkan tingkat konsumsi Indonesia akan barang luar sangat besar. Bahkan para orang tua pun memiliki konsumsi yang cukup besar, apalagi yang tinggal di daerah metropolitan.

Sebenarnya orang Amerika tidak terlalu berbeda, tapi mereka mempunyai

konsep yang jelas tentang keuangan mereka. Dengan bantuan financial advisor, perencanaan keuangan menjadi mudah. Ditambah dengan asuransi, maka mereka tidak perlu khawatir apabila mobil mereka tiba-tiba hancur. Tapi yang terlihat jelas berbeda adalah kemampuan remaja Amerika dalam mencari uang sedari remaja. Tidaklah aneh melihat mahasiswa bekerja di sebagai kasir convinience store atau busboy di McDonalds untuk mencari tambahan uang jajan.

4. Apakah jalan hidupmu hanya satu, atau banyak?

Sistem pendidikan Indonesia memiliki ciri khas, yaitu sistem penjurusan sedari SMA yaitu IPA dan IPS. Dan celakanya, pamor jurusan IPA lebih baik daripada IPS. Hal ini membuat seolah-olah jalan hidup dibagi menjadi 2, yaitu mau jadi orang IPA atau IPS. Tapi tetap saja, sistem pendidikan Indonesia tidak menghargai siswa itu sendiri karena sistem ini. Siswa adalah sebuah wildcard, seorang Novice yang belum memperoleh Job dan men-galokasikan Skill Point. Dengan adanya penjurusan, maka sekolah mematikan hak siswa untuk memilih apa yang disenangi.

Di Amerika, siswa diberi kebebasan memilih mata pelajaran apapun yang ia sukai. Selain menyenangkan, sistem itu membuatnya lebih cepat mengenali ke-mampuannya sendiri. Hal ini sesuai denga pandangan liberal bangsa Amerika.

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII

Pangeran BanJl. S. Parman MedanDisc from 15-35%

Xpresi Ragam

Handphone & AccessoriesGarecca Disc 20%

IbbI CArd dIsCounT PlACe:

Studio ET 45 All Outlet Disc 10% * All Item d’Waroeng

Cambridge MallDisc 20%

Pondok PalladiumPalladium MallDisc 15%

Matador CountryPlaza Medan FairDisc 50% (Dosen)Buy 1 get 1 (Mahasiswa)

Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Disc 20%

Milano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 MedanDisc 10% + 5%

CV. Indako Trading Co.Makmur No. 144 A/30Jasa Service 10%Sparepart 5%

Sun Plaza Level 1Cirebon No. 16Medan Mall Lt. IIDisc 10%

seiko

Tabloid Xpresi dapat diperoleh: Kampus DiamondJl. Sei Deli No. 18Telp. (061) 4567111Fax. (061) 4527548Medan - 20114

Kampus EmeraldJl. Gatot Subroto No. 130Telp.(061) 4519400 - 4519070Fax. (061) 4522204Medan - 20114

Kampus TopazJl. Damar No. 9 GTelp. 4562873-4562876- 4562773Medan - 20118

PrimeOne ShoolJl. Jend. Besar A.H Nasution No. 88 A, (D/h) Tritura Medan Indo-nesia - 20147, Telp. (061) 7853630 - 7853672Fax. (061) 7853631 - 7853671

Pangeran BanJl. S. Parman MedanWarung UbudSun Plaza Lt. 3GarecaJl. Prof. H.M Yamin No. 99AMilano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 Medande’ WarungCambridge Mall X.O. SukiSun Plaza Lt. 3Kopi Kok TongSun Plaza Lt. 4, Medan Fair Plaza Lt. 1DOMESun Plaza Lt. GThaiExpressSun Plaza Lt. 4Pondok PalladiumPalladium Mall lT. UGSEIKOSun Plaza Level 1, Jl. Cirebon No. 16Medan Mall Lt. 2Ikan Goreng CianjurTengku Daud No. 4CV. Indako Trading CoMakmur No. 144 A/30Mie Pansit AwaiP. Siantar, Jl. Surabaya 21 AMedan, Jl. Dr Wahidin 4 GG - Jl. S. Parman 20 - Jl. Boulevard 84 B1 Cemara Asri

SMA Kota Medan:SMA Budaya, SMA Budi Murni 1, SMA Medan Putri, SMK Medan Putri, SMA Methodist 3, SMA Methodist 7, SMA Husni Thamrin, SMKN 6, SMK JambiSMA Yosua, SMA Sutomo 1, SMA Methodist 2SMA Negeri 18, SMA Wiyata Dharma, SMA Letjend S. Parman, SMA Budi Utomo, SMA Bodhicitta, SMA Jend. Sudirman, SMA WR. Supratman 1, SMA Widyasana Utama, SMA Negeri 6, SMA Hang Kesturi, SMKN 1 SMA Kalam Kudus, SMA Amir Hamzah, SMA Rak-sana, SMK Raksana, SMA Kartika I.1SMA ST.Thomas 1, SMA ST.Thomas 2, SMA Negeri 1, SMA Immanuel, SMA Methodist 1 Medan, SMA Negeri 4, SMA Panca Budi, SMA Kartika I.2, SMA ST.Thomas 3, SMA Supriyadi, SMA Brigjend Katamso, SMK Brigjend Katamso, SMA Letjend Haryono MT, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Methodist 5, SMA Methodist 8, SMA Yos Sudarso, SMA Sutomo 2, SMA Tri Murni, SMA

Laksamana Martadinata, SMA Dr.Wahidin Sudirohusodo, SMA Singosari Medan, SMA WR. Supratman , 2SMA Harapan Mandiri, SMK Negeri 7 Medan, SMA Sri Wijaya Medan

Banda Aceh: SMA Methodist, SMA Katolik Budi Dharma, SMA Negeri 1Binjai: SMA Ahmad Yani, SMA Gajah Mada, SMA Method-ist, SMA Taman Siswa, SMA Negeri 5, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA TeladanBireun: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMA Negeri 3Bandar Baru: SMA Deli Murni Brastagi: SMA Methodist, SMA Negeri IKabanjahe: SMA Katolik, SMA Negeri I, SMA Negeri IIKuala: SMA Harapan Bangsa, SMA MethodistLangsa: SMA Cut Nyak Dien, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3Lhokseumawe: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2Meulaboh: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Pangkalan Brandan: SMA Dharma Patra, SMA Negeri I, SMA Tunas BaruTanjung Pura: SMA Negeri I SMA Samanhudi, SMA Sri Lang-kat, SMK Sri Langkat Tapak Tuan: SMA Negeri 1Kisaran: SMA Diponegoro, SMA Methodist 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri ILubuk Pakam: SMA Dharma Bakti, SMA Methodist,SMA Nusantara Pematang Siantar: SMA Kalam Kudus, SMA Methodist, SMA Negeri 2, SMA Sultan Agung, SMA Negeri 1Padang Sidempuan: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Perbaungan: SMA Methodist, SMA Setia BudiRantau Prapat: SMA Methodist, SMA Panglima PolemSei Rampah: SMA Kartini, SMA TeladanSibolga: SMA Katolik, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMA Tri Ratna Sidikalang: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Stabat: SMA Negeri 1, SMA Panca KaryaTanjung Balai: SMA Methodist 2, SMA Negeri I, SMA Sisinga-mangaraja, SMA Tri TunggalTanjung Morawa: SMA MethodistTarutung: SMA HKBP I, SMA Negeri 2, SMA Negeri 1Tebing Tinggi: SMA F. Tandean, SMA Ir. H. Djuanda, SMA Methodist, SMA NusantaraPekan Baru: SMA Dharma Loka, SMK Dharma Loka, SMK Perbankan, SMA Negeri 3, SMA Santa MariaPadang: SMA Don Bosco, SMA Xaverius, SMA Negeri 10, SMA Adabiyah, SMA Negeri 2Balige: SMA Negeri 1 Lagu Botti, SMA Bintang Timur, SMK Negeri 2, SMA Negeri 1

Frame Xpresi

23

Nampang di Frame XpresiKirimkan foto anda memegang Tabloid Xpresi ke

[email protected] atau tag ke Facebook Tabloid Xpresi

Maret 2013 I Edisi 84 I Tahun VIII