Suara Merdeka 6 Maret 2014

Click here to load reader

  • date post

    21-Oct-2014
  • Category

    Education

  • view

    4.199
  • download

    5

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Suara Merdeka 6 Maret 2014

  • 1kunjungi kami di : www.suaramerdeka.com m.suaramerdeka.com epaper.suaramerdeka.com

    SESUAI rencana, Kamis (6/3) ini bakal digelarsidang perdana kasus Bank Century.

    Menu Iga dan Salmon di Hotel Oak Tree Emerald

    (Kanal Kuliner)

    Ragam Manfaat Kulit Jeruk (Kanal Sehat)

    HUKUM

    Budi Mulya Sebut Lima Orang3

    KAMIS WAGE, 6 MARET 2014 TAHUN 65 NO. 24 TERBIT 32 HALAMAN

    SEJUMLAH daerah identikdengan tempat-tempat yangdianggap linuwih untuk menga-bulkan sebuah permintaan.Wonogiri, Pekalongan danKaranganyar, kerap disam-bangi oleh orang-orang yangpunya keinginan termasukuntuk menjadi calon legislatif.

    Di Wonogiri, banyak tem-pat yang kerap dikunjungi. Se-perti petilasan pertapaan diSendang Siwani, KecamatanSelogiri, ada juga hutan Kha-yangan, Desa Dlepih, Keca-matan Tirtomoyo. Termasukjuga di pantai selatan Parang-

    gupito, di masjid tiban Keca-matan Purwantoro atau ke hu-tan Donoloyo di KecamatanSlogohimo.

    Mas Demang Supardi (94),masih ingat betul banyak se-jumlah orang-orang yang maujadi anggota Dewan keraptirakat di Sendang Siwani.Banyak yang datang ke sini,ujar dia yang menjadi jurukunci tempat itu. Para penyu-wun itu bersedia apa saja un-tuk menjalani lelaku yangdisyaratkan.

    Tidak hanya menjalanilaku pantang tidur, tapi juga

    siram jamas (mandi keramas)air sendang di tengah malam.Itu biasa dilakukan pada seti-ap malam Selasa dan JumatKliwon, tutur kakek yangmemiliki 14 cucu ini.

    Ingatannya pun masih ta-jam. Sejumlah nama-namaorang yang kini jadi Dewanatau Bupati bahkan Gubernurpun dengan jelas mampudisebutkannya.

    Ibu yang pernah jadi bu-pati, dulu saat nyalon juga ketempat ini. Sekarang lupa.

    Ritual Para Caleg (2)

    Terus Merapal Nomor Urut

    Seluruh gedung kantor, mes pra-jurit dan sejumlah fasilitas TNI po-rak poranda. Banyak prajurit me-ngalami luka-luka dari kejadian itu.

    Musababnya, sebuah gudangamunisi yang tak jauh dari markas

    meledak. Mabes TNImerilis dalam ke-

    jadian itu 87 orang luka-luka dansatu orang bernama Sertu Imantewas, dan Serka Midi dirawat diICU RS TNI ALDr Mintohardjo.

    Kebanyakan korban dilarikan diRS Mintoharjo dan RS Port Med-ical Center (PMC) di JakartaUtara. Hulu ledakan ini terde-

    ngar hingga jarak lebih dari 2 km.Asap hitam membumbung tinggi.

    Sejumlah saksi mata menu-turkan, ledakannya begitu dahsy-at. Saya melihat orang begituterpental beberapa meter,ucap salah seorang anggotaKopaska yang enggan dise-butkan namanya.

    BRUSSELS - Para pemimpin Eropa berada dibawah tekanan tinggi untuk menyelaraskan diridengan Amerika Serikat (AS) dalam menjatuhkansanksi terhadap Rusia atas Ukraina. Diperkirakan titiktemu tidak akan dicapai mengingat sebagian negaraUni Eropa juga dekat dengan Rusia dan memilikiketergantungan energi yang tinggi kepada negara pim-pinan Vladimir Putin tersebut.

    Eropa Terbelah

    JAKARTA - Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK)menambah satu sangkaanlagi pada bekas ketua umumPartai Demokrat Anas Ur-baningrum. Dia menjadi ter-sangka untuk kasus pencu-cian uang, setelah sebelum-nya disangka dalam kasusgratifikasi terkait proyekHambalang dan proyek-proyek lainnya.

    Tindak Pidana PencucianUang (TPPU) juga pernah di-kenakan kepada mantan pre-siden Partai Keadilan Se-jahtera (PKS) LuthfiHasan Ishaaq,mantan ke-p a l a

    Korps Lalu Lintas Polri IrjenDjoko Susilo, mantan ke-tua Mahkamah Konstitusi(MK) Akil Mochtar, danpengusaha ChaeriWardana.

    Anas Jadi Tersangka Pencucian Uang

    SEMARANG - Dua peja-bat Bank Jateng ditetapkan se-bagai tersangka dalam dugaankorupsi pengadaan aplikasi CoreBanking System (CBS). Du-gaan korupsi yang diselidiki Ke-jaksaan Tinggi (Kejati) Jatengsejak sebulan lalu itu, resmi

    disidik. Surat perintah penyi-dikan sudah terbit untuk dua ter-sangka. Inisial BWdan SW, ka-ta Asisten Pidana Khusus KejatiJateng, Masyhudi kemarin.

    Surat perintah penyidikantersangka BW terbit denganNomor Print-9/O.3/Fd.1-

    03/2014 tanggal 4 maret 2014.Sedangkan untuk tersangkaSW dengan Nomor Print-10/O.3/Fd.1-03/2014. Keduasurat itu tertanggal tanggal 4Maret 2014.

    Berdasarkan penelusuranSuara Merdeka, BW adalahBambang Widyanto, mantankepala Divisi Akuntansi dan Pu-sat Data Elektronik Bank Ja-teng. Saat ini BWadalah Direk-tur Operasional Bank Jateng.Sedangkan SW adalah SusantoWedi, mantan kepala Biro Pe-rencanaan. Saat ini, Susantoadalah Pimpinan Cabang Uta-ma Bank Jateng. Penyidik ma-sih menelusuri keterlibatanmantan direktur utama BankJateng berinisial H, sertarekanan penyedia CBS.

    Dua Pejabat Bank Jateng Tersangka

    87 Orang Luka-luka, Satu TewasJAKARTA- Markas Komando Pasukan Katak(Kopaska) TNI ALdi Pangkalan Utama II dermagaPondok Dayung, Tanjung Priok, Rabu (5/3), hancur.

    Korupsi Pengadaan CBS

    SM/dok

    Bambang WidyantoSM/dok

    Susanto Wedi

    Rusia Kembali Sangkal Invasi

    SENDANG SIWANI:Supardi, juru kunci objekwisata spiritual Sendang

    Siwani di Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Inzet,

    Seorang pengunjungberdoa di depan pusara

    Pak Harto di AstanaGiribangun,

    Karanganyar. (58)

    SM/B

    asun

    i H, B

    amba

    ng P

    ur

    Markas Pasukan Katak Hancur

    SM/Reuters

    PERTEMUAN BUDAPEST : Menlu ASJohn Kerry (tengah) menjadi tuan rumah per-temuan Budapest Memorandum dengan Men-lu Ukraina Andrii Deshchytsia (kanan) danMenlu Inggris William Hague (kiri) di kedia-man duta besar AS di Paris, Rabu (5/3). (58)

    (Bersambung hlm11 kol 1)

    (Bersambunghlm11 kol 1)

    (Bersambung hlm11 kol 4)

    (Bersambung hlm11 kol 1)

    (Bersambunghlm11 kol 4)

    SM/Antara

    RUSAK PARAH: Bangunan kantor dikompleks Markas Kopaska TNI AL rusakparah akibat ledakan diduga dari gudangamunisi, Rabu (5/3). Kaca mobil ambu-lans ikut pecah dan para korban dibawake sejumlah rumah sakit. Aparat Pomalmengamankan lokasi kejadian. (58)

    SM/Antara

    Johan Budi

  • NASIONAL2KAMIS, 6 MARET 2014

    PBNU: Tunda RUU Produk Halal

    JAKARTA-Pengurus Bes-ar Nahdlatul Ulama (PBNU)mendesak agar pembahasanRancangan Undang-UndangJaminan Produk Halal (RUUJPH) dihentikan sementara.Keseluruhan materi bahasandinilai penuh syahwat monopoliyang harus terlebih dahuludibenahi.

    Perspektif RUU JPH yangsaat ini dibahas jelas sekali rakusdan otoriter. Kalau diteruskan

    sama saja dengan zaman Orde Baru, tegas Ketua PBNU Mak-sum Machfoedz di Jakarta, Rabu (5/3).

    Pembenahan atas keseluruhan materi RUU JPH, lanjutMaksum, dimaksudkan agar perspektifnya baik untukmasyarakat dan tidak sarat kepentingan. Guru besar FakultasPertanian UGM tersebut juga mengatakan, RUU JPH harusdikembalikan pada prinsip bahwa sertifikasi adalah urusanpelayanan publik, seperti pendidikan, kesehatan, dan lain seba-gainya. Urusan publik tentu bersifat partisipatif dan tidakmonopolistik.

    Kalau Kementerian Agama dan MUI (Majelis UlamaIndonesia) rebutan monopoli, ya itu kemunduran bagi bangsa.Hari gini monopoli, katanya.

    Hal yang tak kalah penting, lanjut Maksum, adalah RUUJPH harus bersifat inklusif dengan memberikan kesempatankelompok muslim untuk melayani umatnya.

    Jamaah NU 70 juta orang. Kami tidak pernah menyerah-kan mandat kepada Majelis Ulama Indonesia dalam urusankeagamaan, termasuk urusan sertifikasi halal, tandas Maksum.

    Ketua Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH)PBNU Andi Najmi Fuaidi mengatakan, pihaknya siap menga-jukan uji materi (judicial review) terhadap UU JPH jika ternyatasubstansinya masih mengabaikan Nahdlatul Ulama.

    Spirit monopoli dalam RUU JPH itu berarti mengabaikanNahdlatul Ulama. Jika formula itu masih dipertahankan hinggaRUU disahkan, maka PBNU akan membawa persoalan ini keMahkamah Konstitusi, ujar Andi. Perdebatan

    Ia menambahkan, PBNU sudah menyampaikan draf RUUversi Nahdlatul Ulama sebagai bentuk tanggung jawab para kiaiterhadap Allah Swt dalam urusan bimbingan kepada umat.Pemerintah dan DPR seharusnya mengakomodasi aspirasiNahdlatul Ulama, ucapnya.

    Komisi VIII DPR hingga saat ini masih membahas RUUJaminan Produk Halal yang antara lain membahas rencana pem-bentukan badan jaminan halal. Menteri Agama SuryadharmaAli mengakui, masih ada sejumlah perdebatan antara Kemenagdan MUI terkait RUU itu.

    Pertama tentang pencatatan produk halal, wajib atausukarela. Konsep MUI wajib, sedangkan pemerintah sukarela.Kedua, perbedaan pendapat siapa yang melakukan pengujianhalal. Pemerintah atau majelis ulama? Lalu siapa yg mengeluar-kan sertifikasi halal? MUI berpandangan MUI. Pemerintahberpandangan pemerintah, paparnya.

    Menurut Suryadharma, pemerintah sebagai pelaksana UUbisa mengambil tindakan tegas bila ada produk yang dinyatakanhalal namun ternyata tidak halal.

    Pemerintah sebagai pelaksana UU, kalau majelis ulama(MUI) kan ormas. Kalau MUI menjadi pelaksana (UU), bisatimbul kecemburuan ormas lain seperti Muhammadiyah danNU, imbuhnya. (di,dtc-59)

    HARTA orang kaya, pengusaha papanatas, para taipan atau konglomerat ternyatatidak lebih abadi. Gampang bertambahbesar, tapi juga mudah merosot tajam. Easycome, easy go, begitu istilah kerennya.

    Jangan bandingkan dengan orang-orang macam kita yang baru bisa membelirumah atau mobil setelah untung berbisnisatau dari hasil menabung, yang pertamba-han atau penurunan nilainya tak terlalumengejutkan.

    Harta para taipan dan pengusaha kaya,karena umumnya ditanamkan dalam bentukproperti dan investasi portofolio seperti saham,valas, obligasi, dan surat berharga lainnya,naik-turunnya tidak semata-mata ditentukanoleh untung-rugi dalam bisnis, tetapi juga sen-timen dan pergerakan harga di pasar.

    Karena itu, tidak perlu kaget jika kitamendapati urutan nama orang-orangterkaya bisa bergerak tajam naik-turun lak-sana roller coaster. Saat ini berada di papanatas, tiba-tiba tahun berikutnya anjlok kebawah, atau sebaliknya.

    Ini pula yang terlihat dalam daftar orangterkaya dunia yang dirilis majalah binsisterkemuka, Forbes, baru-baru ini. Dari dataitu, pada 2014 tercatat 1.645 miliarder didunia dengan nilai kekayaan di atas 1 miliardolar AS. Sebanyak 19 orang di antaranyaberasal dari Indonesia. Jumlah kekayaanorang Indonesia itu 47,65 miliar dolar AS.

    Khusus untuk daftar orang terkaya diIndonesia, kakak-beradik Robert BudiHartono dan Michael Hartono masih meng-huni urutan teratas. Menjelang akhir 2013,kekayaan dua taipan asal Kudus itu men-capai 15 miliar dolar AS atau setara Rp 165triliun dengan kurs Rp 11.000. Sumber keka-yaan utama keduanya berasal dari pabrikrokok Djarum dan perbankan, yakni BankCentral Asia (BCA).

    Dalam daftar orang terkaya Forbes2014, nama Budi Hartono menempati uru-tan teratas di Indonesia. Kekayaannya 7,6miliar dolar AS atau setara Rp 88,4 triliun(kurs: 11.631 per dolar AS).

    Di level internasional, pria 72 tahunbernama asli Oei Hwie Tjhong itu menem-pati posisi ke-173. Sementara sang kakakyang setahun lebih tua berada di posisikedua, dengan total kekayaan 7,3 miliardolar AS atau Rp 84,9 triliun.

    Yang mengejutkan, ada beberapapengusaha terkemuka Indonesia yang tidakmasuk daftar terkaya lagi. Padahal jika meni-lik ekspansi bisnisnya, mereka masih tergo-long aktif. Sebut saja Anthony Salim dariGrup Salim yang punya perusahaan kakapseperti PT Indofood Sukses Makmur Tbkdan Indomobil Group.

    Begitu pula bos grup Sinarmas, EkaTjipta Widjaja, yang tergolong aktif ekspansidi bisnis perkebunan dan properti.

    Tahir, pemilik Mayapada Group sekali-gus pengelola Forbes Indonesia mengakutidak tahu menahu penyebab tidak masuk-nya dua taipan yang namanya berkibar diera Orde Baru tersebut. Menurutnya, daftar

    orang kaya itu langsung berasal dari majalahForbes yang berpusat di New York.

    Di Forbes ada kebijakan, pemilik daneditor berbeda. Jadi, kami tidak boleh ma-suk ke ranah kerja editor, ujarnya sepertidikutip Kontan.

    Tahir sendiri masih tercatat berada diperingkat 10 dengan kekayaan 1,85 miliarmiliar dolar AS. Posisi Tiga

    Pengamat manajemen, Ignatius Heru-warsito mengatakan, metode penghitungankekayaan bisa bermacam-macam. Ada yangmemakai aset plus pertumbuhan, ada pulayang menghitung aktiva plus pasiva. Dia men-duga, Forbes menghitung dengan metodeaktiva sama dengan utang plus modal.

    Tidak masuknya Eka Tjipta, menurutIgnatius, karena bisnis Sinarmas sedangberkembang di keuangan. Perusahaankeuangan punya ciri besar di aset. Tapi, itu

    kepunyaan pihak ketiga, jelasnya. Yang tidak kalah mengejutkan, nama

    Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN)Chairul Tanjung (CT) merangsek ke posisitiga menggeser Anthony.

    Forbes menulis, kekayaan pendiri CTCorp ini tercatat 4 miliar dolar AS atau setaraRp 11,5 triliun. Di level dunia, nama CT ber-ada di peringkat 375, naik 20 tingkat dariurutan ke-395 pada 2013 dengan nilaikekayaan 3,4 miliar dolar AS.

    Grafik kekayaan CT memang terusmelejit beberapa tahun terakhir. Pada 2012misalnya, CT masih ada di peringkat 634dunia dengan kekayaan 2 miliar dolar AS.

    Berarti, dalam dua tahun kekayaan bosTransTV itu naik dua kali lipat dari 2 miliardolar AS menjadi 4 miliar dolar AS. Padahalpada 2008 harta kekayaannya masih Rp 5,6triliun.

    Melonjaknya harta CT tidak lepas darikepiawaiannya menjalankan roda bisnis.Seperti diketahui, pria kelahiran 16 Juni 1962

    ini sukses memimpin dan membesarkan CTCorp yang dulu bernama Para Group.

    Ia memiliki sejumlah perusahaan dibidang finansial, antara lain Asuransi UmumMega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para MultiFinance, Bank Mega Tbk, Mega CapitalIndonesia, Bank Mega Syariah, dan MegaFinance.

    Sementara di bidang properti dan inves-tasi, perusahaan tersebut membawahi ParaBandung Propertindo, Para Bali Proper-tindo, Batam Indah Investindo, dan Mega In-dah Propertindo. Chairul Tanjung jugamemiliki perusahaan-perusahaan yang ber-gerak di bidang media penyiaran dan multi-media. CT Corp memiliki TransTV, Trans7,hingga media online, detik.com.

    CT Corp juga memiliki Bank Mega,Carrefour Indonesia, dan waralaba sepertiMango dan Versace, tulis Forbes.

    Bisnis CT memang semakin berkibarsejak aksi bisnisnya mengakuisisi seluruhsaham Carrefour Indonesia dengan mem-beli 60 persen saham yang tersisa dan men-catatkan diri sebagai pemilik tunggalperusahaan ritel itu.

    Di bisnis media, beberapa hari laluTurner Broadcasting System Asia Pacific Incjuga baru saja menggandeng PT TransMedia Corpora untuk meluncurkan CNNIndonesia, saluran TV berita 24 jam.Sebelumnya CT juga menerima tawaranmanajemen Telkom untuk membeli 80persen saham TelkomVision. Ini dilakukankarena BUMN itu menilai CT sudah mempu-nyai bisnis konten yang menarik dan diyaki-ni akan memberikan untung kepada indukperusahaan.

    Kembali ke daftar orang terkaya Indo-nesia, Forbes menempatkan bos IndoramaCorporation, Sri Prakash Lohia, di posisikeempat. Indorama Corporation merupakanperusahaan terkemuka bidang bahan bakutekstil dan sarung tangan medis.

    Kekayaan pria kelahiran India yang kinimenjadi WNI itu tercatat 3,5 miliar dolar AS.Tahun lalu, posisi keempat menjadi milikSusilo Wonowidjojo (grup Gudang Garam)yang saat itu tercatat memiliki kekayaan 5,3miliar dolar AS.

    Di posisi kelima daftar orang terkayaIndonesia 2014 bertengger nama pemilikRajawali Group, Peter Sondakh. Kekayaan-nya tercatat 2,8 miliar dolar AS dari hasil bis-nisnya pada aneka jenis industry, termasuktransportasi melalui bendera Express,khususnya taksi Express. Tahun lalu posisikelima masih dihuni oleh CT.

    Dua taipan terkemuka yang kerapmengisi daftar teratas orang terkaya di OrdeBaru, Mochtar Riady dan keluarga, se...