Suara Merdeka 6 Maret 2014

Click here to load reader

  • date post

    21-Oct-2014
  • Category

    Education

  • view

    4.213
  • download

    5

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Suara Merdeka 6 Maret 2014

  • 1kunjungi kami di : www.suaramerdeka.com m.suaramerdeka.com epaper.suaramerdeka.com

    SESUAI rencana, Kamis (6/3) ini bakal digelarsidang perdana kasus Bank Century.

    Menu Iga dan Salmon di Hotel Oak Tree Emerald

    (Kanal Kuliner)

    Ragam Manfaat Kulit Jeruk (Kanal Sehat)

    HUKUM

    Budi Mulya Sebut Lima Orang3

    KAMIS WAGE, 6 MARET 2014 TAHUN 65 NO. 24 TERBIT 32 HALAMAN

    SEJUMLAH daerah identikdengan tempat-tempat yangdianggap linuwih untuk menga-bulkan sebuah permintaan.Wonogiri, Pekalongan danKaranganyar, kerap disam-bangi oleh orang-orang yangpunya keinginan termasukuntuk menjadi calon legislatif.

    Di Wonogiri, banyak tem-pat yang kerap dikunjungi. Se-perti petilasan pertapaan diSendang Siwani, KecamatanSelogiri, ada juga hutan Kha-yangan, Desa Dlepih, Keca-matan Tirtomoyo. Termasukjuga di pantai selatan Parang-

    gupito, di masjid tiban Keca-matan Purwantoro atau ke hu-tan Donoloyo di KecamatanSlogohimo.

    Mas Demang Supardi (94),masih ingat betul banyak se-jumlah orang-orang yang maujadi anggota Dewan keraptirakat di Sendang Siwani.Banyak yang datang ke sini,ujar dia yang menjadi jurukunci tempat itu. Para penyu-wun itu bersedia apa saja un-tuk menjalani lelaku yangdisyaratkan.

    Tidak hanya menjalanilaku pantang tidur, tapi juga

    siram jamas (mandi keramas)air sendang di tengah malam.Itu biasa dilakukan pada seti-ap malam Selasa dan JumatKliwon, tutur kakek yangmemiliki 14 cucu ini.

    Ingatannya pun masih ta-jam. Sejumlah nama-namaorang yang kini jadi Dewanatau Bupati bahkan Gubernurpun dengan jelas mampudisebutkannya.

    Ibu yang pernah jadi bu-pati, dulu saat nyalon juga ketempat ini. Sekarang lupa.

    Ritual Para Caleg (2)

    Terus Merapal Nomor Urut

    Seluruh gedung kantor, mes pra-jurit dan sejumlah fasilitas TNI po-rak poranda. Banyak prajurit me-ngalami luka-luka dari kejadian itu.

    Musababnya, sebuah gudangamunisi yang tak jauh dari markas

    meledak. Mabes TNImerilis dalam ke-

    jadian itu 87 orang luka-luka dansatu orang bernama Sertu Imantewas, dan Serka Midi dirawat diICU RS TNI ALDr Mintohardjo.

    Kebanyakan korban dilarikan diRS Mintoharjo dan RS Port Med-ical Center (PMC) di JakartaUtara. Hulu ledakan ini terde-

    ngar hingga jarak lebih dari 2 km.Asap hitam membumbung tinggi.

    Sejumlah saksi mata menu-turkan, ledakannya begitu dahsy-at. Saya melihat orang begituterpental beberapa meter,ucap salah seorang anggotaKopaska yang enggan dise-butkan namanya.

    BRUSSELS - Para pemimpin Eropa berada dibawah tekanan tinggi untuk menyelaraskan diridengan Amerika Serikat (AS) dalam menjatuhkansanksi terhadap Rusia atas Ukraina. Diperkirakan titiktemu tidak akan dicapai mengingat sebagian negaraUni Eropa juga dekat dengan Rusia dan memilikiketergantungan energi yang tinggi kepada negara pim-pinan Vladimir Putin tersebut.

    Eropa Terbelah

    JAKARTA - Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK)menambah satu sangkaanlagi pada bekas ketua umumPartai Demokrat Anas Ur-baningrum. Dia menjadi ter-sangka untuk kasus pencu-cian uang, setelah sebelum-nya disangka dalam kasusgratifikasi terkait proyekHambalang dan proyek-proyek lainnya.

    Tindak Pidana PencucianUang (TPPU) juga pernah di-kenakan kepada mantan pre-siden Partai Keadilan Se-jahtera (PKS) LuthfiHasan Ishaaq,mantan ke-p a l a

    Korps Lalu Lintas Polri IrjenDjoko Susilo, mantan ke-tua Mahkamah Konstitusi(MK) Akil Mochtar, danpengusaha ChaeriWardana.

    Anas Jadi Tersangka Pencucian Uang

    SEMARANG - Dua peja-bat Bank Jateng ditetapkan se-bagai tersangka dalam dugaankorupsi pengadaan aplikasi CoreBanking System (CBS). Du-gaan korupsi yang diselidiki Ke-jaksaan Tinggi (Kejati) Jatengsejak sebulan lalu itu, resmi

    disidik. Surat perintah penyi-dikan sudah terbit untuk dua ter-sangka. Inisial BWdan SW, ka-ta Asisten Pidana Khusus KejatiJateng, Masyhudi kemarin.

    Surat perintah penyidikantersangka BW terbit denganNomor Print-9/O.3/Fd.1-

    03/2014 tanggal 4 maret 2014.Sedangkan untuk tersangkaSW dengan Nomor Print-10/O.3/Fd.1-03/2014. Keduasurat itu tertanggal tanggal 4Maret 2014.

    Berdasarkan penelusuranSuara Merdeka, BW adalahBambang Widyanto, mantankepala Divisi Akuntansi dan Pu-sat Data Elektronik Bank Ja-teng. Saat ini BWadalah Direk-tur Operasional Bank Jateng.Sedangkan SW adalah SusantoWedi, mantan kepala Biro Pe-rencanaan. Saat ini, Susantoadalah Pimpinan Cabang Uta-ma Bank Jateng. Penyidik ma-sih menelusuri keterlibatanmantan direktur utama BankJateng berinisial H, sertarekanan penyedia CBS.

    Dua Pejabat Bank Jateng Tersangka

    87 Orang Luka-luka, Satu TewasJAKARTA- Markas Komando Pasukan Katak(Kopaska) TNI ALdi Pangkalan Utama II dermagaPondok Dayung, Tanjung Priok, Rabu (5/3), hancur.

    Korupsi Pengadaan CBS

    SM/dok

    Bambang WidyantoSM/dok

    Susanto Wedi

    Rusia Kembali Sangkal Invasi

    SENDANG SIWANI:Supardi, juru kunci objekwisata spiritual Sendang

    Siwani di Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Inzet,

    Seorang pengunjungberdoa di depan pusara

    Pak Harto di AstanaGiribangun,

    Karanganyar. (58)

    SM/B

    asun

    i H, B

    amba

    ng P

    ur

    Markas Pasukan Katak Hancur

    SM/Reuters

    PERTEMUAN BUDAPEST : Menlu ASJohn Kerry (tengah) menjadi tuan rumah per-temuan Budapest Memorandum dengan Men-lu Ukraina Andrii Deshchytsia (kanan) danMenlu Inggris William Hague (kiri) di kedia-man duta besar AS di Paris, Rabu (5/3). (58)

    (Bersambung hlm11 kol 1)

    (Bersambunghlm11 kol 1)

    (Bersambung hlm11 kol 4)

    (Bersambung hlm11 kol 1)

    (Bersambunghlm11 kol 4)

    SM/Antara

    RUSAK PARAH: Bangunan kantor dikompleks Markas Kopaska TNI AL rusakparah akibat ledakan diduga dari gudangamunisi, Rabu (5/3). Kaca mobil ambu-lans ikut pecah dan para korban dibawake sejumlah rumah sakit. Aparat Pomalmengamankan lokasi kejadian. (58)

    SM/Antara

    Johan Budi

  • NASIONAL2KAMIS, 6 MARET 2014

    PBNU: Tunda RUU Produk Halal

    JAKARTA-Pengurus Bes-ar Nahdlatul Ulama (PBNU)mendesak agar pembahasanRancangan Undang-UndangJaminan Produk Halal (RUUJPH) dihentikan sementara.Keseluruhan materi bahasandinilai penuh syahwat monopoliyang harus terlebih dahuludibenahi.

    Perspektif RUU JPH yangsaat ini dibahas jelas sekali rakusdan otoriter. Kalau diteruskan

    sama saja dengan zaman Orde Baru, tegas Ketua PBNU Mak-sum Machfoedz di Jakarta, Rabu (5/3).

    Pembenahan atas keseluruhan materi RUU JPH, lanjutMaksum, dimaksudkan agar perspektifnya baik untukmasyarakat dan tidak sarat kepentingan. Guru besar FakultasPertanian UGM tersebut juga mengatakan, RUU JPH harusdikembalikan pada prinsip bahwa sertifikasi adalah urusanpelayanan publik, seperti pendidikan, kesehatan, dan lain seba-gainya. Urusan publik tentu bersifat partisipatif dan tidakmonopolistik.

    Kalau Kementerian Agama dan MUI (Majelis UlamaIndonesia) rebutan monopoli, ya itu kemunduran bagi bangsa.Hari gini monopoli, katanya.

    Hal yang tak kalah penting, lanjut Maksum, adalah RUUJPH harus bersifat inklusif dengan memberikan kesempatankelompok muslim untuk melayani umatnya.

    Jamaah NU 70 juta orang. Kami tidak pernah menyerah-kan mandat kepada Majelis Ulama Indonesia dalam urusankeagamaan, termasuk urusan sertifikasi halal, tandas Maksum.

    Ketua Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH)PBNU Andi Najmi Fuaidi mengatakan, pihaknya siap menga-jukan uji materi (judicial review) terhadap UU JPH jika ternyatasubstansinya masih mengabaikan Nahdlatul Ulama.

    Spirit monopoli dalam RUU JPH itu berarti mengabaikanNahdlatul Ulama. Jika formula itu masih dipertahankan hinggaRUU disahkan, maka PBNU akan membawa persoalan ini keMahkamah Konstitusi, ujar Andi. Perdebatan

    Ia menambahkan, PBNU sudah menyampaikan draf RUUversi Nahdlatul Ulama sebagai bentuk tanggung jawab para kiaiterhadap Allah Swt dalam urusan bimbingan kepada umat.Pemerintah dan DPR seharusnya mengakomodasi aspirasiNahdlatul Ulama, ucapnya.

    Komisi VIII DPR hingga saat ini masih membahas RUUJaminan Produk Halal yang antara lain membahas rencana pem-bentukan badan jaminan halal. Menteri Agama SuryadharmaAli mengakui, masih ada sejumlah perdebatan antara Kemenagdan MUI terkait RUU itu.

    Pertama tentang pencatatan produk halal, wajib atausukarela. Konsep MUI wajib, sedangkan pemerintah sukarela.Kedua, perbedaan pendapat siapa yang melakukan pengujianhalal. Pemerintah atau majelis ulama? Lalu siapa yg mengeluar-kan sertifikasi halal? MUI berpandangan MUI. Pemerintahberpandangan pemerintah, paparnya.

    Menurut Suryadharma, pemerintah sebagai pelaksana UUbisa mengambil tindakan tegas bila ada produk yang dinyatakanhalal namun ternyata tidak halal.

    Pemerintah sebagai pelaksana UU, kalau majelis ulama(MUI) kan ormas. Kalau MUI menjadi pelaksana (UU), bisatimbul kecemburuan ormas lain seperti Muhammadiyah danNU, imbuhnya. (di,dtc-59)

    HARTA orang kaya, pengusaha papanatas, para taipan atau konglomerat ternyatatidak lebih abadi. Gampang bertambahbesar, tapi juga mudah merosot tajam. Easycome, easy go, begitu istilah kerennya.

    Jangan bandingkan dengan orang-orang macam kita yang baru bisa membelirumah atau mobil setelah untung berbisnisatau dari hasil menabung, yang pertamba-han atau penurunan nilainya tak terlalumengejutkan.

    Harta para taipan dan pengusaha kaya,karena umumnya ditanamkan dalam bentukproperti dan investasi portofolio seperti saham,valas, obligasi, dan surat berharga lainnya,naik-turunnya tidak semata-mata ditentukanoleh untung-rugi dalam bisnis, tetapi juga sen-timen dan pergerakan harga di pasar.

    Karena itu, tidak perlu kaget jika kitamendapati urutan nama orang-orangterkaya bisa bergerak tajam naik-turun lak-sana roller coaster. Saat ini berada di papanatas, tiba-tiba tahun berikutnya anjlok kebawah, atau sebaliknya.

    Ini pula yang terlihat dalam daftar orangterkaya dunia yang dirilis majalah binsisterkemuka, Forbes, baru-baru ini. Dari dataitu, pada 2014 tercatat 1.645 miliarder didunia dengan nilai kekayaan di atas 1 miliardolar AS. Sebanyak 19 orang di antaranyaberasal dari Indonesia. Jumlah kekayaanorang Indonesia itu 47,65 miliar dolar AS.

    Khusus untuk daftar orang terkaya diIndonesia, kakak-beradik Robert BudiHartono dan Michael Hartono masih meng-huni urutan teratas. Menjelang akhir 2013,kekayaan dua taipan asal Kudus itu men-capai 15 miliar dolar AS atau setara Rp 165triliun dengan kurs Rp 11.000. Sumber keka-yaan utama keduanya berasal dari pabrikrokok Djarum dan perbankan, yakni BankCentral Asia (BCA).

    Dalam daftar orang terkaya Forbes2014, nama Budi Hartono menempati uru-tan teratas di Indonesia. Kekayaannya 7,6miliar dolar AS atau setara Rp 88,4 triliun(kurs: 11.631 per dolar AS).

    Di level internasional, pria 72 tahunbernama asli Oei Hwie Tjhong itu menem-pati posisi ke-173. Sementara sang kakakyang setahun lebih tua berada di posisikedua, dengan total kekayaan 7,3 miliardolar AS atau Rp 84,9 triliun.

    Yang mengejutkan, ada beberapapengusaha terkemuka Indonesia yang tidakmasuk daftar terkaya lagi. Padahal jika meni-lik ekspansi bisnisnya, mereka masih tergo-long aktif. Sebut saja Anthony Salim dariGrup Salim yang punya perusahaan kakapseperti PT Indofood Sukses Makmur Tbkdan Indomobil Group.

    Begitu pula bos grup Sinarmas, EkaTjipta Widjaja, yang tergolong aktif ekspansidi bisnis perkebunan dan properti.

    Tahir, pemilik Mayapada Group sekali-gus pengelola Forbes Indonesia mengakutidak tahu menahu penyebab tidak masuk-nya dua taipan yang namanya berkibar diera Orde Baru tersebut. Menurutnya, daftar

    orang kaya itu langsung berasal dari majalahForbes yang berpusat di New York.

    Di Forbes ada kebijakan, pemilik daneditor berbeda. Jadi, kami tidak boleh ma-suk ke ranah kerja editor, ujarnya sepertidikutip Kontan.

    Tahir sendiri masih tercatat berada diperingkat 10 dengan kekayaan 1,85 miliarmiliar dolar AS. Posisi Tiga

    Pengamat manajemen, Ignatius Heru-warsito mengatakan, metode penghitungankekayaan bisa bermacam-macam. Ada yangmemakai aset plus pertumbuhan, ada pulayang menghitung aktiva plus pasiva. Dia men-duga, Forbes menghitung dengan metodeaktiva sama dengan utang plus modal.

    Tidak masuknya Eka Tjipta, menurutIgnatius, karena bisnis Sinarmas sedangberkembang di keuangan. Perusahaankeuangan punya ciri besar di aset. Tapi, itu

    kepunyaan pihak ketiga, jelasnya. Yang tidak kalah mengejutkan, nama

    Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN)Chairul Tanjung (CT) merangsek ke posisitiga menggeser Anthony.

    Forbes menulis, kekayaan pendiri CTCorp ini tercatat 4 miliar dolar AS atau setaraRp 11,5 triliun. Di level dunia, nama CT ber-ada di peringkat 375, naik 20 tingkat dariurutan ke-395 pada 2013 dengan nilaikekayaan 3,4 miliar dolar AS.

    Grafik kekayaan CT memang terusmelejit beberapa tahun terakhir. Pada 2012misalnya, CT masih ada di peringkat 634dunia dengan kekayaan 2 miliar dolar AS.

    Berarti, dalam dua tahun kekayaan bosTransTV itu naik dua kali lipat dari 2 miliardolar AS menjadi 4 miliar dolar AS. Padahalpada 2008 harta kekayaannya masih Rp 5,6triliun.

    Melonjaknya harta CT tidak lepas darikepiawaiannya menjalankan roda bisnis.Seperti diketahui, pria kelahiran 16 Juni 1962

    ini sukses memimpin dan membesarkan CTCorp yang dulu bernama Para Group.

    Ia memiliki sejumlah perusahaan dibidang finansial, antara lain Asuransi UmumMega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para MultiFinance, Bank Mega Tbk, Mega CapitalIndonesia, Bank Mega Syariah, dan MegaFinance.

    Sementara di bidang properti dan inves-tasi, perusahaan tersebut membawahi ParaBandung Propertindo, Para Bali Proper-tindo, Batam Indah Investindo, dan Mega In-dah Propertindo. Chairul Tanjung jugamemiliki perusahaan-perusahaan yang ber-gerak di bidang media penyiaran dan multi-media. CT Corp memiliki TransTV, Trans7,hingga media online, detik.com.

    CT Corp juga memiliki Bank Mega,Carrefour Indonesia, dan waralaba sepertiMango dan Versace, tulis Forbes.

    Bisnis CT memang semakin berkibarsejak aksi bisnisnya mengakuisisi seluruhsaham Carrefour Indonesia dengan mem-beli 60 persen saham yang tersisa dan men-catatkan diri sebagai pemilik tunggalperusahaan ritel itu.

    Di bisnis media, beberapa hari laluTurner Broadcasting System Asia Pacific Incjuga baru saja menggandeng PT TransMedia Corpora untuk meluncurkan CNNIndonesia, saluran TV berita 24 jam.Sebelumnya CT juga menerima tawaranmanajemen Telkom untuk membeli 80persen saham TelkomVision. Ini dilakukankarena BUMN itu menilai CT sudah mempu-nyai bisnis konten yang menarik dan diyaki-ni akan memberikan untung kepada indukperusahaan.

    Kembali ke daftar orang terkaya Indo-nesia, Forbes menempatkan bos IndoramaCorporation, Sri Prakash Lohia, di posisikeempat. Indorama Corporation merupakanperusahaan terkemuka bidang bahan bakutekstil dan sarung tangan medis.

    Kekayaan pria kelahiran India yang kinimenjadi WNI itu tercatat 3,5 miliar dolar AS.Tahun lalu, posisi keempat menjadi milikSusilo Wonowidjojo (grup Gudang Garam)yang saat itu tercatat memiliki kekayaan 5,3miliar dolar AS.

    Di posisi kelima daftar orang terkayaIndonesia 2014 bertengger nama pemilikRajawali Group, Peter Sondakh. Kekayaan-nya tercatat 2,8 miliar dolar AS dari hasil bis-nisnya pada aneka jenis industry, termasuktransportasi melalui bendera Express,khususnya taksi Express. Tahun lalu posisikelima masih dihuni oleh CT.

    Dua taipan terkemuka yang kerapmengisi daftar teratas orang terkaya di OrdeBaru, Mochtar Riady dan keluarga, sertaSukanto Tanoto, tahun ini hanya menempatiperingkat ke enam dan ketujuh dengan nilaikekayaan masing-masing USD 2,5 miliardan USD 2,1 miliar.

    Di level global, Mochtar yang dikenalsebagai pendiri Lippo Group berada di uru-tan 687, sedangkan Sukanto yang suksesmengelola bisnis kertas dan minyak sawit dibawah bendera Asian Agri berada di pering-kat 828. (Fauzan Jayadi-25,59)

    SM/dok

    Maksum Machfoedz

    Dua Tahun, Kekayaan Chairul Tanjung Naik Dua Kali Lipat Bos Djarum Tetap Terkaya di Indonesia

    JAKARTA - Komisi PemberantasanKorupsi menyetujui pembahasan RUUKUHP dan RUU KUHAP dengan sejumlahpersyaratan.

    Secara umum, prinsipnya kami menerimaundangan (pembahasan RUU). Karena butir-butirnya adalah pembahasan, maka kami ulanglagi posisi kami seperti surat terdahulu bahwaKPK terbuka melakukan pembahasan, tapi adabeberapa hal yang harus dipenuhi, kata WakilKetua KPK Bambang Widjojanto di gedungKementerian Hukum dan HAM, Rabu (5/3).

    Dia mewakili KPK menemui Menteri Hu-kum dan HAM Amir Syamsuddin untuk me-nyampaikan surat mengenai RUU KUHP.Surat tersebut menyusul surat sebelumnyayang dikirim kepada Presiden Susilo Yudho-yono, Ketua DPR Marzuki Alie, dan Ketua Pa-nitia Kerja Komisi III DPR Aziz Syamsuddinpada 19 Februari 2014.

    Tadi saya bertemu Pak Menteri sambil me-nyerahkan surat, kemudian mendiskusikan so-lusi terbaik. Posisi KPK, perubahan (KUHP)adalah keniscayaan, tapi harus didorong dan di-manfaatkan sebesar-besarnya untuk masyara-kat. KPK mengajukan usul sebagai bagian dariitu. Saya menduga pemerintah sebenarnya pu-nya niat yang sama. Kalau ada yang tidak klop,mari kita diskusikan, tambah Bambang.

    Ia juga menyoroti kurangnya waktu efektifpembahasan kedua RUU itu di DPR, sehingga

    sulit membahas seluruh pasal. KPK pun meng-usulkan agar mendahulukan pembahasanrevis KUHPyang berisi hukum materiil diban-dingkan KUHAPyang berisi hukum formal.

    Bambang mengharapkan agar KPK dili-batkan dalam pembahasan kedua RUU terse-but. KPK dalam posisi seperti surat pertama,supaya pembahasan-pembahasan dilakukandengan cara-cara yang melibatkan seluruhpihak, kata dia.

    Pelaksana Direktur Jenderal PeraturanPerundangan Kemenkumham Mualimin Abdimengatakan, pihaknya mengapresiasi masuk-an KPK. Tak Akan Selesai

    Anggota Komisi III DPR TrimedyaPanjaitan mengatakan, RUU KUHPdan RUUKUHAP) tak akan selesai dibahas pada masajabatan DPR periode 2009-2014.

    Waktunya tidak cukup. Substansinyaberat. Tak akan selesai karena reses 6 Marethingga 10 Mei 2014. Lalu Juni mulai sibukdengan pilpres. Belum lagi kalau caleg tidakterpilih, akan malas-malasan, kata Trimedyadi gedung DPR.

    Tapi ia memastikan, anggapan bahwakedua RUU akan melemahkan KPK dalampemberantasan korupsi tidak benar samasekali. Tak perlu dikhawatirkan, tak perluKPK kebakaran jenggot. Saya pastikan tak adapelemahan KPK, kata politikus PDIPitu.

    Di Bandung, Wakil Kepala Pusat Pelapor-an dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)Agus Santoso tetap berpandangan bahwa tin-dak pidana khusus seperti korupsi dan pencu-cian uang perlu diatur dalam perundangantersendiri.

    Memasukkan kedua tindak pidana terse-but ke dalam KUHPyang tengah dalam prosesrevisi hanya akan menyulitkan penanganan-nya. Kejahatan pencucian uang misalnya,merupakan kejahatan modern, bisa berkem-bang cepat, kata Agus usai Semiloka TindakPidana Pencucian Uang di Lembaga Konsul-tasi Bantuan Hukum Korpri Jabar.

    Menurut dia, pihaknya khawatir dinamikatersebut tidak bisa direspons dalam waktu sing-kat. Pasalnya, proses yang dibutuhkan untukmerevisi KUHP dalam rangka menjawab per-kembangan itu bakal menyita banyak waktu.

    Karena itu, PPATK tidak sependapat ka-lau tindak pidana khusus dipindah ke tindak pi-dana umum. Kalau kita mau mengubah KUHP,waktunya sangat lama. Yang sekarang saja be-lum beres-beres. Ini kesulitan kita, jelasnya.

    Dengan kondisi tersebut, dia menyarankansebaiknya perundangan tindak pidana khusustidak diutak-atik. Sikap PPATK itu sudah disam-paikan kepada pemerintah. Tindak pidanakhusus tetap diatur dalam UU tersendiri saja.Soal ini sudah dikomunikasikan, Menkumhammesti memahami, katanya. (dwi,ant-59)

    Wahiduddin memperoleh 46 suara, sedangkanAswanto 23 suara. Kedua nama itu akan dibawa kerapat paripurna, hari ini, untuk disahkan oleh DPR.Wahiduddin dan Aswanto menggantikan Akil Moch-tar yang menjadi tersangka kasus suap dan Harjonoyang akan memasuki masa pensiun.

    Wakil Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin menga-takan, Wahiduddin dan Aswanto diharapkan bisamemperbaiki citra MK yang terpuruk. Inilah orang-orang yang kita pilih sesuai rekomendasi tim pakar,bisa menjalankan tugas di MK. Yang terpentingmampu mengembalikan citra MK, kata Aziz.

    Hal senada disampaikan anggota Komisi IIITrimedya Panjaitan. Dia juga berharap, kedua calonitu dapat melupakan segala kepentingan, baik priba-di maupun kelompok.

    Sebelumnya, Tim Pakar Komisi III DPR mereko-mendasikan empat nama calon, yakni Wahidudin,Aswanto, Nimatul Huda, dan Atip Latipulhayat.

    Anggota Tim Pakar Saldi Isra menyebutkan,keempat calon itu memiliki kemampuan di bidan-gnya masing-masing.

    Pertimbangannya adalah penguasaan hukum,konstitusi, dan diskusi kami (tim pakar). Tidak ada

    skor, tidak ada ranking, kata Saldi. Dalam voting, Atip memperoleh 19 suara,

    sedangkan Nimatul Huda 12 suara, sehingga ter-singkir. Wakil Ketua Komisi III Almuzammil Yusufmengatakan, pihaknya meyakini integritas Wahidud-din dan Aswanto.

    Andi Mattalatta (salah satu anggota tim pakar)sudah memberikan garansi integritas Pak Wahidud-din. Saya kira garansi ini tidak main-main, kataAlmuzammil. Isu Nepotisme

    Wahiduddin yang bergelar doktor pernah menja-di dirjen Hukum dan Perundang-undangan Kemen-kumham. Saat itu Menkumham dijabat Patrialis Ak-bar yang kini menjadi hakim MK.

    Anggota tim pakar Saldi Isra pernah menanya-kan independensi Wahiduddin jika terpilih, karenaakan bertemu mantan atasannya.

    Kalau terpilih, Bapak akan ketemu salah satuhakim, Patrialis Akbar. Takutnya Bapak jadi subordi-nat, kata Saldi kepada Wahiduddin saat ujikelayakan dan kepatutan.

    Wahiduddin menegaskan, seorang negarawanharus mampu menempatkan diri dan bersikap ditempat dia bekerja. Ia berjanji bersikap sesuai per-syaratan kenegarawanan jika kembali bertemuPatrialias.

    Muzammil juga percaya dengan integritasAswanto, meski lelaki yang bergelar profesor itu jugapernah dicecar oleh tim pakar terkait isu nepotismesebagai dekan di Universitas Hasanudin Makassar.Hal itu tersebar lewat tulisan anomim di situs jurnal-isme warga.

    Tidak semua catatan tentang Pak Aswantobenar (soal tulisan anonim itu). Itu sudah dijawab dandibantah oleh Pak Aswanto, kata Muzammil.(D3,ant-25,59)

    KPK Setuju Bahas RUU KUHPdengan Syarat

    SM/Antara

    JELASKAN SURAT: Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menjelaskan ke wartawan tentang suratnya untukMenkumham terkait pembahasan revisi RUU KUHP-KUHAP, Rabu (5/3). (58)

    Komisi III Pilih Wahiduddin-Aswanto Pemilihan Hakim MK JAKARTA -Komisi III DPR

    akhirnya memilih Wahiduddin

    Adam dan Aswanto sebagai

    hakim Mahkamah Konstitusi (MK)

    melalui voting, semalam.

    Wahiduddin Adam

    Aswanto

    SM

    /Ant

    ara

  • KAMIS, 6 MARET 2014

    Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) siap membacakan dakwaanterhadap Budi Mulya dalam perkarakasus dugaan korupsi dalam peneta-pan Bank Century sebagai bankgagal berdampak sistemik dan pem-berian Fasilitas Pendanaan JangkaPendek (FPJP).

    Dalam dakwaan sekitar 180halaman, ada lima pihak lainyang juga akan disebut dalamdakwaan mantan deputi Guber-nur Bank Indonesia itu.

    ''Hal penting yang lagi diru-muskan di situ, saat ini kan yangmenjadi tersangka BM (BudiMulya-red). Di dalam situ caramerumuskannya bahwa terdak-wa bersama-sama dengan pihaklainnya, dikualifikasi di situ adacukup banyak nama, ada sekitar5-6 orang,'' kata Wakil KetuaKPK Bidang Penindakan Bam-bang Widjojanto, Rabu (5/3).

    Namun dia enggan menjelas-kan pihak lain yang disebut dalamdakwaan. Termasuk, apakah yangdisebut termasuk mantan guber-nur Bank Indonesia Boediono.

    ''Besok saja kalau sudah jelas(dibacakan) dakwaannya itu barudisebutkan,'' ujarnya.

    Menurut Bambang, Budi akandidakwa bersama sekitar limaatau enam orang diduga melaku-kan perbuatan Pasal 2 ayat (1) danPasal 3 UU Tindak Pidana Ko-rupsi.

    Saat kembali ditanya, apakahmantan deputi Gubernur BI lain-nya Siti Fadjrijah juga disebutdalam dakwaan, Bambang me-

    ngisyaratkan, nama yang disebutdalam dakwaan adalah rekankerja Budi Mulya.

    Bambang mengakui, penan-ganan amat berat meski relatifcepat ditangani. Menurutnya,surat perintah penyidikan kasusini dikeluarkan pada 17 Septem-ber 2012, dan dua pekan laluberkas penuntutan telah diser-ahkan ke pengadilan. Panggilan Ketiga

    Bambang menjelaskan, dalamtahap penyidikan, pihaknya telahmemeriksa setidaknya 130 saksi,120 saksi di antaranya saksi fak-tual dan sisanya merupakan saksiyang ahli.

    ''Kami belum tahu apakah ke-semua saksi itu akan dihadirkan(dalam persidangan) semua atautidak. Itu nanti strategi pena-nganan dari penuntut umum,''katanya.

    Budi Mulya ditetapkan sebagaitersangka oleh KPK sejak akhir2012. Lembaga antirasuah itu barubisa menahan Budi setelah dipe-riksa untuk kali pertama sebagaitersangka, pada Jumat, 15 No-vember 2013.

    Dia ditahan di Rumah Tahanan(Rutan) Negara Kelas I JakartaTimur Cabang KPK. Budi Mulyadinilai sebagai pihak yang dapatdimintai pertanggungjawaban hu-kum.

    Selaku Deputi Gubernur BIBidang Pengelolaan Moneter,Budi diduga telah melakukanperbuatan melawan hukum danmenyalahgunakan wewenang

    untuk memperkaya diri sendiriatau orang lain atau suatu korpo-rasi.

    Badan Pemeriksa Keuangan(BPK) menyebut kerugian ne-gara dalam bailoutBank Centurymencapai Rp 7,4 triliun.

    Dalam laporan tersebut disim-pulkan terdapat penyimpanganyang dilakukan pihak-pihakterkait dalam pemberian FasilitasPendanaan Jangka Pendek(FPJP) dan penetapan Bank Cen-tury sebagai bank gagal berdam-pak sistemik sehingga harusdikeluarkan penyertaan modalsementara.

    Tim Pengawas (Timwas)Bank Century DPR akhirnyamemutuskan mengirim panggi-lan ketiga kepada Wakil PresidenBoediono. Mantan gubernurBank Indonesia (BI) tersebut duakali tidak memenuhi panggilanTimwas.

    Menurut anggota TimwasCentury DPR Bambang Soe-satyo, pihaknya akan memanggilBoediono untuk kali ketiga padapertengahan Mei. Karena itu, diaberharap agar surat panggilantersebut sudah ditandatanganipimpinan DPR sebelum mema-suki masa reses.

    ''Ini (pemanggilan-red) yangketiga kali, dan sangat istimewakarena surat pemanggilan ditem-buskan ke Kapolri,'' ujarnyadalam konferensi pers di GedungDPR, Jakarta, kemarin.

    Anggota Timwas dari FraksiPDIP Hendrawan Supratiknomengungkapkan, persidangankasus Century sudah lama di-tunggu, bahkan sejak 2012. Tapi,Timwas bisa memahami keter-lambatan ini karena KPK jugaharus mengumpulkan bukti-bukti yang diperlukan. (J22,H28-25,90)

    SRAGEN - Kepolisian terus memeriksasejumlah saksi dan mengumpulkan buktidalam kasus perusakan dan penebangan ribuanpohon karet milik PTPN IX Batujamus/Ker-joarum, Sragen. Namun, hingga Rabu (5/3),belum ada satu pun pelaku yang ditangkap.

    Kapolda Irjen Dwi Priyatno mengatakan,penyidik akan menggunakan Pasal 170 KUHPdan Pasal 406 KUHP terhadap para pelaku.Pasal 170 KUHP menyebutkan, barang siapadi hadapan umum melakukan kekerasan ter-

    hadap orang atau barang secara bersama-samayang mengakibatkan luka diancam hukumantujuh tahun penjara. Pasal 406 KUHP men-gatur tentang perusakan terhadap barang milikorang lain dengan ancaman pidana dua tahundelapan bulan. Hak Tumpangsari

    Saya datang ke sini dalam rangka itu, kataKapolda saat meninjau lokasi di Dukuh Mojo-ranu, Afdeling Kepoh, Kecamatan Sambirejo,Rabu (5/3).

    Ia meminta PTPN IX segera melapor secararesmi ke Polres Sragen. Kapolda mengakui,

    pihaknya belum menangkap pelaku. Namun,pengusutan terus diintensifkan.

    Di lokasi, Kapolda mendapat penjelasan ter-perinci dari Administratur PTPN IX Agus Har-gianto tentang insiden pada Senin (3/3) yangmelibatkan ratusan warga Sambirejo itu.

    ''Sejak 2000 sampai sekarang sudah 125.275pohon yang ditebang,'' tutur Agus.

    Ia mengatakan, warga sudah diberi hak me-nanam tumpangsari di perkebunan. Namun,warga memilih menebangi pohon denganmaksud menguasai lahan milik negara itu.(nin-59)

    JAKARTA - Majelis Kehor-matan Hakim (MKH) menjatuh-kan hukuman pemberhentiantetap dengan hak pensiun ter-hadap Wakil Ketua PengadilanTata Usaha Negara (PTUN)Banjarmasin Jumanto dan ha-kim PTUN Surabaya Puji Raha-yu karena terbukti berse-lingkuh.

    Keputusan itu menambahdaftar hakim yang dipecat kare-na kasus asusila. Sebelumnya,MKH yang terdiri atas unsurhakim agung dan komisionerKomisi Yudisial juga memecatpasangan selingkuh, yakni ha-kim Pengadilan Negeri Tebo,Jambi, Elsadela dan hakim Pe-ngadilan Agama Tebo, Mastuhi,Selasa (4/3).

    MKH juga menghukum hakimPengadilan Negeri Ternate MReza Latuconsina atas pelang-garan serupa. Namun sanksi-nya berbeda, yakni sebagai ha-kim nonpalu (tidak menanganiperkara) selama dua tahun.

    Ketua MKH Timur Manurungsaat membacakan amar putusandi Jakarta, Rabu (5/3), mengata-kan, Jumanto dan Puji Rahayuterbukti menjalin hubungan tidaksah.

    ''Menyatakan hakim terlapormelanggar pedoman perilakuhakim dan etik. Menjatuhkan hu-kuman disiplin berat berupapemberhentian tetap dengan

    hak pensiun,'' kata Manurungdalam sidang di gedung Mah-kamah Agung (MA).

    Menurut dia, perbuatan terla-por merupakan pelanggaranberat. Namun karena perjalanankarier mereka sebagai hakimcukup panjang, majelis sepakatmenjatuhkan pemberhentiantetap dengan hak pensiun. Ha-kim Jumanto kemudian diberihak bicara.

    "Saya tidak bisa bicara ba-nyak, kecuali mengerti dan me-nyimak," ujarnya. Foto Mesra

    Terungkap dalam sidang, ba-pak tiga anak itu membuat KTPpalsu atas nama Budi Santoso,namun dengan foto Jumanto.KTP itu dibuat di Banjarmasinsewaktu Jumanto berdinas se-bagai wakil ketua PTUN. Ju-manto mengaku memalsukanKTP agar mudah mengurus ke-luarga di Banjarmasin. Namunalasan tersebut dibantah istri-nya.

    "Menurut istri, KTPsengaja di-buat untuk mengelabui keluargaagar apabila melakukan pener-bangan Banjarmasin-Surabayadan menemui Puji tidak ketahu-an," kata hakim Manurung.

    Jumanto juga memajang duafoto mesra bersama selingkuh-annya di apartemennya di Ja-karta Timur. Keduanya tampak

    berpelukan. Dua foto tersebutdibuat di studio foto pada 2002dan 2007.

    "Foto dibuat dalam ukuran be-sar dan berbingkai serta dipa-sang di dinding ruang tamu dankamar tidur," kata Manurung.

    Sementara itu, Puji Rahayuterus menunduk ketika dihadap-kan dengan tujuh anggota MKH.Dia tak berkata banyak. Mata-nya berkaca-kaca ketika mema-suki ruang sidang. Dalam persi-dangan terungkap, selamamenjalani cinta terlarangnya,Puji pernah membohongi ibukandungnya. Suatu ketika diamengatakan kepada ibunya,akan berdinas ke Mataram, pa-dahal berlibur ke Bali.

    Menurut Puji, dia terpaksa ber-bohong kepada ibunya karenatakut dilarang pergi ke Bali. Puji ju-ga pernah ketahuan mengirimmesra kepada Jumanto pada2009.

    SMS itu dibaca istri dan anakJumanto. Akibatnya, pertengka-ran pun pecah. Atas hal tersebut,Puji mengaku telah memintamaaf kepada istri Jumanto.

    Soal hak pensiun yang diberi-kan kepada Puji, Manurung me-ngatakan, hal itu karena yangbersangkutan memiliki tiga anakyang masih kecil. Puji juga mer-awat ibunya yang sudah tua se-hingga masih membutuhkanbiaya tidak sedikit. (D3,dtc-25,59)

    Budi Mulya Sebut Lima Orang Berperan Hari Ini Sidang Perdana Century JAKARTA - Sesuai rencana, Kamis (6/3) inibakal digelar sidang perdana kasus Bank Century.

    Belum Satu pun Pelaku Ditangkap Perusakan Kebun PTPN IX

    Lagi, Hakim Selingkuh Dipecat Bikin KTP Palsu dan Bohongi Ibu

    SM/dtcJumanto

    SM/dtcPuji Rahayu

  • KAMIS, 6 MARET 2014

    Bulog Siapkan 350 Ribu Ton GulaJAKARTA - Pemerintah menugaskan Perum Bulog menjadi

    lembaga yang menyediakan cadangan gula sebesar 350 ribu tontahun ini. Tugas Bulog pun kini bertambah tidak hanya menga-mankan stok beras dan daging sapi saja.

    Dirut Perum Bulog, Soetarto Alimoeso menyatakan, perintahuntuk menyediakan stok cadangan gula tersebut baru saja keluar.Akhir bulan ini akan keluar keputusan eksekusinya,kata dia usaiRakor Ketahanan Pangan di Kantor Kemenko Perekonomian,Jakarta, Rabu.

    Menurutnya, penyediaan cadangan gula 350 ribu ton tersebutakan memprioritaskan penyerapan dari dalam negeri. Namun, tidaktertutup kemungkinan jika pasokan dari dalam negeri kurang akanmembuka keran impor gula. Pokoknya yang utama dari dalamnegeri agar tidak mengganggu produksi lokal,cetusnya.

    Soetarto menambahkan, pihaknya sudah melakukan surveiketersediaan gula di Tanah Air, baik dari pabrik gula maupun petani.Namun, sampai saat ini penyerapan tersebut belum terealisasi.Belum ada kesepakatan harga, baik dari petani maupun pabrikgula,tambahnya.

    Namun, Soetarto enggan menyebutkan berapa perkiraan produk-si gula lokal yang dapat diserap. Dia menekankan jika memang gulalokal tidak mencapai target 350 ribu ton seperti yang ditugaskan,maka akan dibuka keran impor gula. (J10-79)

    Menko Perekonomian HattaRajasa menyatakan berdasarkanpantauan pemerintah tidak ter-dapat tanda-tanda gangguanketersediaan bahan pangan.Selain itu, dari sisi harga jugarelatif stabil kecuali untuk komo-ditas cabai rawit.

    Itu pula yang membuatinflasi Februari relatif rendah

    dibandingkan inflasi Januari.Namun kita juga mencatat bebe-rapa komoditas yang mengalamikenaikan tajam, cabai rawit naik93%, ini sesuatu yang harusdicermati, jelasnya usai RapatKoordinasi Ketahanan Pangandi Kantor Kemenko Perekono-mian, Jakarta, Rabu.

    Dia mengakui bahan panganpokok tetap mengalami kenaik-an harga meski tidak cukupberarti.

    Kenaikan tersebut dise-babkan adanya gangguan trans-portasi beberapa waktu lalu, baikgangguan angkutan laut karenacuaca buruk maupun banjir dibeberapa daerah.

    Bulog tetap lakukan ope-rasi pasar agar jaga stabilitas,tandas Hatta.

    Pemerintah akan memantauperkembangan inflasi berda-sarkan laporan Badan PusatStatistik (BPS).

    Hatta mengharapkan inflasibulan depan kecil dengan jalanmengamankan harga bahan

    pangan bergejolak. Jangansampai tidak terkendali, kita jagaterutama beras. Kita tidak ingininflasi menggerus daya beli,cetusnya.Beras Aman

    Hatta menambahkan pasok-an beras di pasar-pasar utamajuga tidak mengalami gangguan.Stok beras di Tanah Air masihmencukup sehingga impor berastidak diperlukan.

    Di pasar induk Cipinangpasokan masih 2.500 ton perhari. Itu menunjukkan tidak adagangguan berarti. Kita harus jagatrasportasi dan distribusi,ujarnya.

    Selain itu, Hatta menyatakanpemerintah sudah memerintah-

    kan peningkatan cadangan berasoleh Perum Bulog. Langkah inijuga menggunakan dana untukpemenuhan stok beras sebesarRp 2 triliun dalam APBN 2014.

    Hatta menyatakan pemerin-tah menargetkan cadangan berassebesar 1 juta ton.

    Saat ini stok beras baru ada400 ribu ton. Mentan sudah re-komendasikan sekitar hampir 2juta ton, bertahap menuju angkaitu, satu juta lalu meningkat te-rus,ujarnya.

    Menurutnya, selain mening-katkan stok beras perawatangudang penyimpanan juga di-perhatikan. Jika tidak, hal iniakan mempengaruhi kualitasberas. Lebih lanjut, pemerintah

    juga menambah jatah raskintahun ini.

    Februari kita bagikan untukdua bulan. Direalisasikan lebihkurang 80% untuk Februari,ditambah untuk tambahan be-rikutnya. Beras Bulog di atas 2juta ton akhir 2013 sekarang 1,7juta itu normal, Bulog akantingkatkan pembeliannya sam-pai 2 juta ton, papar Hatta.

    Sementara itu, Direktur Uta-ma Perum Bulog Soetarto Ali-moeso menambahkan tahun lalupenyaluran raskin mencapai 15kali setahun.

    Sampai saat ini, menurutnya,impor beras belum perlu dilaku-kan karena stok di Tanah Airmencukupi. (J10-79)

    JAKARTA- Pemerintah sudah mengeluarkanizin untuk importasi cabai rawit sebesar 330 ton. Iniuntuk mengatasi lonjakan harga cabai rawit yanghampir dua kali lipat, akibat pasokan yang tidakcukup.

    Izin yang sudah kita berikan untuk imporcabai sebesar 330 ton, ungkap Dirjen Perda-gangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan,Bachrul Chairi, di kantor Kemenko Perekonomian,Jakarta, Rabu.

    Ia mengakui, sebenarnya kebutuhan yang mestidipenuhi adalah 1.000 ton. Namun untuk sementarayang diimpor sebesar 330 ton. Sebenarnya kebu-tuhannya 1.000 ton tapi yang minta hanya segitu,

    dan sampai sekarang belum diimpor,ujarnya.Jenis Lain

    Bachrul mengatakan, pemerintah cukup kesulitan untuk mendatangan cabai impor tersebut, sebabuntuk jenis rawit hanya sedikit diproduksi olehnegara lain. Masalahnya kalau cabai rawit itu dinegara lain tidak produksi. Tidak ada suplainya didunia. Untuk satu kuartal ini, pemerintah segeramenyikapinya,paparnya.

    Untuk alternatifnya, menurut Bachrul, akandiupayakan impor cabai jenis lain. Contohnyaadalah cabai kering. Kalau dari pemerintah alter-natifnya kita bisa impor cabai kering untuk substi-tusi,paparnya. (J10,dtf-79)

    Pemerintah Impor 330 Ton Cabai

    Stabilitas Pangan TerganjalJAKARTA - Pemerintah menegaskan tidak adagangguan ketersediaan bahan pangan pokok.Lonjakan harga cukup tinggi terjadi pada komoditas cabai rawit.

    JAKARTA - Asosiasi Pe-nerbangan Nasional Indonesia(Inaca) menggelar konferensiinternasional yang memperte-mukan maskapai penerbangannasional, dengan mitra bisnisyang berasal dari berbagai insti-tusi jasa keuangan dan pembiayaan penerbangan global diJakarta pada Rabu-Kamis (5-6/3).

    Kegiatan itu bertema Indo-nesias 1st Aircraft & EngineLeasing Summit dan dihadiri200 peserta dari kalangan sepertiasuransi penerbangan, per-bankan, pabrikan pesawat, danperusahan teknologi aviasi.

    Ketua Umum Inaca, ArifWibowo mengatakan, forum inimenjadi penting mengingat per-tumbuhan ekonomi dan pertum-buhan angkutan udara di Asiadan Indonesia berkembangpesat.

    Menruutnya Asia, ASEAN,dan terutama Indonesia telahmenjadi kawasan dengan skalaindustri penerbangan yang tum-buh luar biasa. Indonesia dalamkajian McKinsey & Co, akanmenjadi negara dengan pering-kat ekonomi nomor tujuh duniapada 2030, dan akan mengha-silkan 90 juta konsumen baruyang ingin bepergian.

    Belum lagi dengan totalpopulasi mencapai 240 juta pen-duduk, ribuan pulau, pemba-ngunan infrastruktur yang se-

    dang berlangsung, membuatIndonesia sebagai negara de-ngan prospek penerbangan cerahuntuk jangka panjang,kata Arifyang juga CEO Citilink.Meningkat

    Faktor-faktor tersebut, kataArif, mempercepat pertum-buhan kegiatan travelling. Jum-lah penumpang domestik me-ningkat dua kali lipat dari 2008menjadi 74,2 juta penumpangpada 2013. Sedangkan padapenumpang internasional men-capai 10,8 juta orang. Diper-kirakan penumpang domestikakan mencapai 100 juta pada2015 dan 180 juta penumpangpada 2018. Ini akan membuatIndonesia sebagai negara per-ingkat lima dunia dalam pasardomestik setelah Amerika Se-rikat, China, Jepang dan Brazil,kata Arif.

    Lebih jauh Arif menjelaskan,dari perspektif tersebut maskapaipenerbangan Indonesia membu-tuhkan armada pesawat dalamjumlah yang besar, terlebih saatmemasuki pasar regional diASEAN dengan persainganyang ketat. Ekspansi bisnis keASEAN membutuhkan jenispesawat berbadan sedang untukbisa mendarat di bandara yanglebih kecil, dengan jalur lepaslandas (runway) yang pendek.

    Forum kali ini, kata Arif pen-ting tidak saja bagi Inaca, tetapijuga bagi industri lainnya yang

    terkait dengan penerbangan. Diantaranya institusi pembiayaanpesawat (leasing), asuransi,teknologi, dan pabrikan pesawat,untuk bisa membantu maskapaidi kawasan ASEAN dan Indo-nesia memperoleh pesawat yangtepat dan pembiayaan yang tepatjuga.

    Inaca sebagai fasilitator,katanya, mendorong agar tercip-ta sinergi yang positif dari perte-muan kali ini, sehingga dapat ter-bangun kerja sama, saling bela-jar, dan membuka peluang bisisdi masa depan.

    Jumlah armada pesawat daripenerbangan berjadwal yangberoperasi di Indonesia pada2012 mencapai 442 unit (dari121 penerbangan berjadwal).Diperkirakan pada 2015 akanmenjadi 580 pesawat dan 973pesawat di tahun 2020. Sedang-kan dari 135 penerbangan tidakberjadwal, tercatat sebanyak 258pesawat dan akan bertambahmenjadi 421 pesawat di tahun2020.

    Jumlah penumpang Indo-nesia yang naik pesawat terbangtercatat sebanyak 70 juta pe-numpang per tahun, atau 200ribu penumpang setiap harinya.

    Maskapai penerbangan yangmenjadi anggota Inaca tercatat32 airlines yang terdiri atas 14penerbangan berjadwal dansisanya 18 penerbangan tidakberjadwal.(bn-79)

    Inaca Antisipasi Pertumbuhan Travelling Gelar Konferensi Internasional Penerbangan

    SM/Antara

    Pasar Mobil 2014 StagnanAKTIVITAS bongkar muat mobil di Terminal Mobil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (5/3). Sejumlah pelaku

    bisnis otomotif nasional berpendapat bahwa total pasar mobil baru tahun 2014 akan stagnan atau tidak bergerak darihasil tahun 2013 yakni 1,2 juta unit. Hal tersebut disebabkan kondisi penumpukan pasokan yang tidak diimbangi olehpenyerapan pasar. (58)

    JAKARTA - Pemerintah telah memberlakukan pelaranganekspor mineral dalam bentuk mentah sejak 12 Januari 2014.Kegiatan yang sering disebut ekspor Tanah Air tersebutdimungkinkan tidak terjadi lagi.

    Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kegiatan ekspor tam-bang mentah yang sempat masih terjadi selama 11 hari (1-11 Januari)di 2014, sebelum kegiatan ini dilarang. Ada tambang mentahsebanyak 7,4 juta ton atau senilai 291,8 juta dolar AS yang diek-spor. Sampai tanggal 11 Januari masih ada. (Setelah itu) nol, tidakada. Pokoknya dari tanggal 12 itu sudah tidak ada sama sekali,ungkap Direktur Statistik Distribusi BPS, Titi Kanti Lestari, Rabu.

    Tujuan terbesar dari ekspor mentah ini adalah China denganvolume 7,2 juta ton atau senilai 178,9 juta dolar AS. Tahun 2012 lalutotal ekspor tambang ke China mencapai 84,3 juta ton dengan nilai2,4 miliar dolar AS.

    Namun di 2013, ekspor tambang melonjak drastis menjadi 137,7juta ton atau 3,6 miliar dolar AS. Lonjakan ini diduga karena akandiberlakukannya aturan pelarangan ekspor tambang mentah.Tujuan Ekspor

    Selain China, ada beberapa negara lainnya yang menjadi tujuanekspor di Januari, yakni Jepang dengan volume 96.208 ribu ton atau27,2 juta dolar AS, Hong Kong dengan volume 15 ton atau 8.200dolar AS, Korea Selatan dengan volume 20 ton atau 4.752 dolar AS,

    Taiwan dengan volume 2.988 ton atau 137 ribu dolar AS,Singapura dengan volume 16.772 ton atau 320 ribu dolarAS, Filipina dengan volume 9.000 ton atau 19,8 juta dolar

    AS, Spanyol dengan volume 22.046 ton atau 62,9 jutadolar AS, Yunani dengan volume 38.532 ton atau 1,6

    juta dolar AS. Ada beberapa negara lain yang juga menja-

    di tujuan ekspor tambang mentah tersebut.Seperti India, Amerika Serikat, Australia,

    Thailand, Vietnam, Afrika Selatan,Jerman, dan lainnya. Namun secaravolume maupun nilai tidak terlalubesar. (J10,dtf-79)

    11 Hari EksporTambangMentah 291 Juta DolarAS

    SM/Antara

    PINDAHKAN GULA : Buruh memindahkan gula kekapal di Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar, Sulsel,belum lama ini. (58)

    Cabai Rawit Langka

    SM/Dok

    Hatta Rajasa

  • KAMIS, 6 MARET 2014

    SAHAM PENCETAK RUGI

    11.580

    SAHAM PENCETAK UNTUNG

    KODE LAST +/-

    MLBI 108.450 24.500

    MERK 200.000 11.000

    AALI 27.100 1.750

    MKPI 9.900 700

    VALUTA ASING : KURS PERDAGANGAN VALUTA ASING DI SEMARANGB E L I J U A L

    ARTAMAS NIAGA SUPIT MITRA ARTAMAS NIAGA SUPIT MITRA

    US$HK$AUSSINDEMStgNLGYen 100SwFrFrcMyrEur

    11.550 11.600 11.530 11.550 11.635 11.650 11.640 11.635 1.490 1.250 1.485 1.480 1.510 1.515 1.525 1.510

    10.300 10.015 10.270 10.275 10.410 10.525 10.385 10.425 9.115 9.510 9.050 9.115 9.165 9.550 9.130 9.165

    - - - - - - - - 18.950 19.470 19.000 19.000 19.325 19.475 19.340 19.300

    - - - - - - - - 11.300 10.301 11.200 11.200 11.400 10.450 11.350 11.400

    - - 12.750 - - - 13.050 - - - - - - - - -

    3.550 3.112 3.470 3.520 3.590 3.154 3.550 3.585 15.860 16.123 15.800 15.850 15.965 16.125 15.960 15.975

    KODE LAST +/-

    GDYR 18.750 825

    ADMF 9.275 175

    MYOR 30.000 100

    ITMG 25.775 100

    Kenaikan laba bersih iniditopang oleh naiknya pendapatanbunga bersih sebesar 24,4% men-jadi Rp 26,4 triliun. Marjin BungaBersih (NIM) juga naik sebesar 60bps menjadi 6,2% di tahun 2013dari 5,6% di tahun 2012.

    Pendapatan bunga bersihditopang oleh yield aset produk-tif yang lebih tinggi dan pertum-buhan kredit berkelanjutan,ujar Direktur Utama BCA, JahjaSetiaatmadja, saat acara paparankinerja perseroan, di HotelKempinski, Jakarta, Rabu.

    Jahja menyebutkan, padasaat yang sama pendapatanoperasional lainnya tumbuh14,4% menjadi Rp 7,3 triliun.Hal itu didukung kenaikan pen-dapatan provisi dan komisi sebe-sar 15,7%.

    Kemudian pendapatan ope-rasional (total pendapatan bungabersih dan opersional lainnya)

    meningkat 22,1% menjadi Rp33,7 triliun di tahun 2013. Sebe-lumnya di tahun 2012 sebesar Rp27,6 triliun. Adapun rasio ke-cukupan modal (CAR) mening-kat menjadi 15,7% di 2013 dari14,2% di 2012.Dirugikan

    BCA juga mencatat pertum-buhan kredit di semua segmendengan total kredit mencapai Rp312,3 triliun di 2013 atau naik21,6% dibandingkan tahunsebelumnya. Sementara kreditmacet atau NPL tetap beradapada level yang cukup rendahyaitu 0,4% dengan rasio cadangan yang memadai sebesar408,7% per Desember 2013.

    Sementara itu Jahja meng-imbau masyarakat untuk lebihhati-hati dalam menggunakankartu ATM. Hal ini menyangkutbeberapa kasus pembobolanlewat ATM BCAyang mencapai

    Rp 1,2 miliar. Pembobolanrekening oleh oknum ini meru-gikan 112 nasabah.

    Ada 112 nasabah yangdirugikan jumlahnya Rp 1,2 mili-ar. Ini pengalaman berharga buatkami dan mengimbau nasabahagar berhati-hati dalam menggu-nakan ATM,ungkapnya.

    Jahja menjelaskan, tak adahal paling sederhana untukmencegah terjadinya pembo-bolan ATM, selain meningkat-kan kesadaran dengan menutupPIN cover. Meskipun sudah dipasang alat antiskimmer, jikaPIN cover tidak ditutup maka te-tap PIN ATM akan terekam jelas.

    Pembobolan tidak bisadicegah walaupun sudah dipa-sangi antiskimmer, karena tetapsaja si pembobol akan menggu-nakan teknologi baru yang lebihcanggih. Sebenarnya denganPIN cover sudah cukup tapi ke-banyakan dicopot. Kunci seder-hana menutup saat telunjuk men-cet PIN, ini aman,jelas dia.

    Pihaknya meminta kepadapetugas ATM Center mengawasilebih ketat. Kita berusahamengurangi pembobolan ini.Pasang CCTV, antiskimming,PIN cover, dan eduksi nasabahuntuk menutup saat memencetPIN,ujar Jahja.(bn,dtf-79)

    SM/Antara

    Pameran Properti Internasional SALES Executive UEM Sunrise Malaysia Saiful Bahari (kiri) dan Business Development Manager Ray White

    Projects Melani Winarti di depan peta kompleks properti Nusajaya Malaysia saat Ray White Property Expo di CiputraWorld Surabaya, Rabu (5/3). Pameran bertaraf internasional diikuti perusahaan properti dari berbagai negara. (58)

    JAKARTA - IndonesiaEximbank atau Lembaga Pem-biayaan Ekspor Indonesia menar-getkan pertumbuhan 20% pada2014 dari total aset pada 2013yang mencapai Rp 46,473 triliun.

    Kami mengharapkan per-tumbuhan yang lebih tinggi daritarget yang ditetapkan pemerin-tah sebesar 17% hingga 18%,kata Direktur Eksekutif IndonesiaEximbank, I Made Gde Erata,dalam jumpa pers di Jakarta,Rabu.

    Optimisme Indonesia Exim-bank itu, menurut Erata, dilatar-belakangi harga-harga komoditascenderung bergerak naik sejakawal 2014.

    Pembangunan konstruksiuntuk infrastruktur ekspor kitamakin bagus selain pembangun-

    an konstruksi kita di luar negeriyang juga makin bagus,katanya.

    Indonesia Eximbank lebihmengandalkan pembiayaan kon-struksi, karena pertumbuhanindustri konstruksi akan men-dorong penggunaan tenaga kerjaIndonesia, selain produk-produklain turunan konstruksi.Suntikan Modal

    Dari sisi aset, LembagaPembiayaan Ekspor Indonesiaakan mendapatkan suntikanmodal dari pemerintah sebesarRp 1 triliun pada akhir 2014 dantelah ditetapkan dalam Ang-garan Pendapatan dan BelanjaNegara 2014.

    Indonesia Eximbank jugaakan menerbitkan obligasi me-lalui penawaran umum berkelan-jutan (PUB) sebesar Rp 8 triliun

    sepanjang 2014. Terbagi atas Rp4 triliun pada semester I dan Rp 4triliun pada semester II.

    Kami menunjuk sejumlahlembaga penjamin emisi yaituStandard Chartered Security,Indopremier Securities, CIMBNiaga Securites, dan HCBCSecurity,katanya.

    Bank penjamin eskpor itujuga berencana menerbitkanobligasi ritel hingga Rp 1 triliundari target penerbitan obligasi Rp4 triliun pada semester II.

    Sementara di sisi bunga,Erata mengatakan IndonesiaEximbank belum berencana me-ngubah suku bunga sebesar9,25% untuk rupiah dan 5,6%untuk valuta asing.

    Kami akan melihat perkem-bangannya nanti untuk penetapan

    suku bunga dan juga perkem-bangan penambahan aset yangakan kami dapatkan tahun ini,kata Erata. (J10,ant-79)

    SEMARANG - Nilai ekspor Jateng padaJanuari 2014 merosot 23,07% atau 134,62 juta dolarAS, akibat bencana banjir. Ekspor wilayah ini ter-catat mencapai 448,93 juta dolar AS. Sementarapada Desember 2013 ekspor sebesar 583,55 jutadolar AS.

    Kemungkinan turunnya nilai ekspor dise-babkan karena bencana banjir. Bisa dilihat dari kapa-sitas produksi yang menurun,kata Kepala BidangStatistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS)Jateng, Jam Jam Zamachsyari, kemarin.

    Penurunan terbesar ada di komoditas migassebesar 53,91 juta dolar AS, disusul produk kimiadan produk industri yang ada 50,23 juta dolar AS,bermacam-macam barang hasil pabrik turun 14,86juta dolar AS, kayu dan barang dari kayu 13,02 jutadolar AS, serta tekstil dan barang tekstil 10,07 jutadolar AS.

    Sementara itu nilai ekspor tertinggi masihdidominasi oleh komoditas tekstil dan barang tekstilsebesar 187,98 juta dolar AS, disusul kayu danbarang dari kayu 76,27 juta dolar AS, dan bermacambarang hasil pabrik senilai 55,13 juta dolar AS.Pangsa pasar tekstil dan barang tekstil menyumbang

    41,87% dari total ekspor; kayu dan barang dari kayu16,99% serta bermacam barang hasil pabrik 12,28%.Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, tekstil danbarang tekstil masih mendominasi perolehanekspor,ujarnya.

    Untuk negara tujuan ekspor terbesar dari JawaTengah masih didominasi Amerika Serikat yangmencapai 109,41 juta dolar AS. China ada di urutankedua dengan nilai 50,52 juta dolar AS, disusulJepang dengan nilai 46,87 juta dolar AS. Nilai eksporketiga negara itu juga turun dibandingkan Desember2013. Ekspor ke Amerika Serikat turun 4,73 jutadolar AS, China turun 51,11 juta dolar AS, danJepang turun 7,87 juta dolar AS,tutur Jam Jam.

    Menurut dia, ekspor migas wilayah ini selamaJanuari mencapai 23,06 juta dolar AS, atau turun70,04% dari Desember 2013. Sedang ekspor nonmi-gas mencapai 425,87 juta dolar AS atau turun15,93% dari bulan sebelumnya.

    Neraca perdagangan Jateng untuk komoditasnonmigas selama Januari 2014 masih defisit 27,73juta dolar AS. Sebab impor komoditas nonmigasmencapai 453,6 juta dolar AS atau naik 11,14%dibanding Desember 2013,tandasnya.(J8-79)

    JAKARTA - Unit BisnisPengolahan dan Pemurnian Lo-gam Mulia PTAntam Tbk mela-porkan harga emas batanganpada transaksi kemarin bergeraknegatif.

    Harga emas batangan An-tam dijual Rp 552.000 untukukuran satu gram atau melemahRp 1.000, dibandingkan perda-gangan Selasa 4 Maret sebesarRp 553.000.

    Untuk ukuran 5 gram dijualdengan harga Rp 2.615.000,ukuran 10 gram Rp 5.180.000,ukuran 25 gram Rp 12.875.000,ukuran 50 gram Rp 25.700.000,dan ukuran 100 gram dijual Rp51.350.000.

    Kemudian harga emas uku-

    ran 250 gram dipatok pada levelRp128.250.000 dan ukuran 500gram mencapai Rp 256.300.000.

    Adapun harga beli kembali(buyback) emas Antam padaperdagangan kemarin, dipatokpada level Rp 492.000 per gramatau turun Rp 1.000 dibanding-kan perdagangan sebelumnyapada level Rp 493.000 per gram.Melemah

    Sementara itu, harga emasberjangka melemah pada penu-tupan perdagangan Selasa diBursa New York, Amerika Se-rikat, setelah Senin lalu melon-jak lebih 2%. Menurunnya kete-gangan di Ukraina memicu in-vestor menjual emas dan kem-bali masuk ke pasar saham.

    Seperti dikutip dari Market-watch, Rabu 5/3, harga emasberjangka untuk pengirimanApril turun 12,40 dolar AS(0,9%) ke level 1.337,90 dolarAS per ounce di divisi ComexNew York Mercantile Ex-change.

    Pada penutupan perdagang-an sebelumnya harga emas ber-jangka melonjak 2,2%. Menurutdata FactSet, harga tersebutmenjadi harga emas berjangkatertinggi sejak 28 Oktober tahunlalu.

    Semakin memanasnya kri-sis di Ukraina memicu investormencari investasi yang lebihaman dan keluar dari pasarsaham. (bn,viva-79)

    Harga Emas Turun Tipis

    Nilai Ekspor Jateng Merosot 23,07%

    Lembaga Pembiayaan EksporTargetkan Pertumbuhan 20 Persen

    Laba Bersih BCATembus Rp 14 Triliun Waspadai Pembobolan ATMJAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)membukukan kenaikan laba bersih sebesar21,6% menjadi Rp 14,3 triliun sepanjang tahun2013. Laba bersih tahun sebelumnya yang diraih BCA sebesar Rp 11,7 triliun.

  • Pemerintah Kota Semarang be-rencana menghapus kuota 20 persenuntuk siswa miskin dalam penerimaansiswa baru 2014. Dalam draf peraturanwali kota, kuota itu akan diganti denganpenambahan umur dan poin. Calonsiswa SD kategori miskin di lingkungansekolah mendapat tambahan umurenam bulan, calon peserta didik SMPtambahan 3 poin dan SMA/ SMK 4,5poin. Peraturan itu dikhawatirkanmenyulitkan siswa tidak mampumasuk ke sekolah negeri favorit, jikatidak berprestasi.

    Kebijakan pemerintah yang men-dorong setiap sekolah menyediakankuota 10-20 persen untuk siswa miskinmenimbulkan sejumlah persoalan.Tiap daerah menafsirkan berbeda,sehingga implementasi kebijakan danformula jalur khusus itu tidak seragam.Di era Bantuan Operasional Sekolah(BOS) -- biaya operasional setingkatSMP-SMA negeri gratis -- sejumlahdaerah menghapus kebijakan kuotasiswa miskin, dan memilih pendekatanaspek akademis ketimbang non-akademis.

    Selama kualitas pelayanan pen-didikan belum merata, siswa miskinperlu diberi akses khusus masuk kesekolah-sekolah negeri tertentu.Namun sejumlah aspek perlu dipertim-bangkan, tidak sekadar menambahpoin. Perlakukan siswa miskin secarabijaksana dan proporsional. Memberikuota 20 persen begitu saja denganmengabaikan variabel akademik,kiranya kurang bijaksana. Realitasnya,selama ini kuota itu jarang terpenuhi,karena faktor psikologis dan penyim-pangan data.

    Keberadaan siswa miskin menjadidilema. Di sekolah-sekolah tertentu,mereka sulit beradaptasi denganlingkungan sosial sekolah dan pela-jaran, sehingga prestasi akademikcenderung tertinggal. Tidak jarangmereka akhirnya keluar, mundur, ataupindah ke sekolah lain. Maka patutdipikirkan aspek-aspek akademiksebagai pertimbangan utama. Aspeknonakademik sebagai pendukung;seperti karakter, kematangan, dankemampuan beradaptasi denganlingkungan sekolah.

    Sistem kuota seolah-olah me-maksakan siswa miskin masuk kesekolah tertentu, yang lingkunganakademik, ekonomi, dan sosialnyaberbeda. Kegagalan adaptasi de-ngan lingkungan baru bisa mencip-takan culture shock. Jika hal itu tidakmendapat perhatian, siswa akan ber-ada dalam kondisi ketertekanansecara psikososial. Menjadi tanggungjawab guru dan sekolah untuk konsis-ten mengawal dan memperjuangkansiswa miskin jangan terbenam dalaminferioritas.

    Idealnya, sekolah menciptakan pro-ses belajar-mengajar yang mampumengangkat siswa biasa menjadi luarbiasa. Kita berharap siswa-siswa miskinyang berpotensi akademik, mendapatkesempatan mengembangkan semuapotensi di sekolah yang memiliki saranadan prasarana memadai. Kesung-guhan pemerintah dan sekolah diuji;proaktif dan jemput bola untuk menda-pat calon siswa terbaik secara aka-demik dan nonakademik. Lalu membi-na dan membimbing, bukan sekadarmemenuhi kuota.

    KAMIS, 6 MARET 2014

    MENJELANG hari pemungutan suara 9 Aprilmendatang, intensitas kampanye para calon anggotalegislatif (caleg) makin meningkat. Mereka menem-puh berbagai cara untuk lebih mengenalkan dirikepada calon pemilih. Ada yang menggunakan carabaik, tapi tak sedikit yang menggunakan cara tidakbenar. Di antaranya, yang paling banyak dilakukan,adalah praktik politik uang (money politics), mem-bagikan-bagikan uang kepada calon pemilih.

    Biasanya mereka membagikannya pada pagibuta, beberapa jam menjelang pemungutan suara,atau yang populer disebut serangan fajar. Aktivitasserangan fajar sudah menjadi hal biasa, bahkan ham-pir semua caleg percaya itulah cara yang palingampuh untuk mendulang suara. Hampir tak adapemenang pemilu, baik legislatif maupun kepaladaerah, yang tidak melakukan serangan fajar.

    Kebiasaan tersebut kemudian melekat pada seba-gian masyarakat, seolah-olah sebagai ketentuan,mereka hanya mau memilih asal mendapatkan uang.Maka slogan wani pira menjadi anutan sebagianmasyarakat pada semua tingkatan. Bahkan yanglebih memprihatinkan, calon pemilih menerimasemua pemberian uang tersebut tapi tidak maumemilih/mencoblos.

    Sebagian lagi masyarakat menganut paham am-bil uangnya, jangan pilih calonnya. Apalagi pember-ian uang tersebut tidak mengandung risiko mengingatsistem pemilu yang mensyaratkan bebas dan rahasia.Maka pelacuran politik antara caleg dan calon pemi-lih tak terhindarkan lagi. Kalau para caleg menempuhcara tidak baik untuk mencapai ambisi sebagai wakilrakyat maka wajar pula andai mereka kemudian mene-rapkan sistem transaksi untung rugi.

    Untuk bisa menjadi anggota legislatif, merekaharus mengeluarkan biaya besar. Karena itu, biayayang telah mereka keluarkan harus ditutup denganmencari uang sebanyak-banyaknya ketika menjadiwakil rakyat. Apalagi kalau bukan korupsi yang me-reka pilih, mengingat peluang untuk korupsi sangatbesar. Modus korupsi yang melibatkan anggotaDPR/DPRD --berkomplot dengan ekesekutif--adalah dengan memainkan anggaran.

    Salah satu peluang melalui APBN atau APBD,keduanya tidak bisa dilaksanakan tanpa pengesahanwakil rakyat. Posisi sentral inilah yang kerap diman-faatkan sebagian legislator untuk mencari sebesar-besarnya keuntungan. Modus mencari uang melaluiAPBN dan APBD sudah banyak diungkap dalampersidangan kasus korupsi yang melibatkan wakulrakyat.

    Sesuatu yang dimulai dengan cara tidak baik,akan membuahkan hasil yang tidak baik. Seolah-olah menjadi kelumrahan wakul rakyat mencarisebanyak-banyaknya uang untuk menutupi biayayang dikeluarkan saat kampanye. Bukan hanya balikmodal, tapi harus mendapat keuntungan lebih besar.Maka perilaku korup anggota DPR/DPRD dianggapsebagai hal wajar oleh masyarakat. Tidak Baik

    Diakui atau tidak, masyarakat pemilih berperanbesar menciptakan perilaku tidak baik wakil merekadi legislatif. Pilihan mereka didorong kepentingansesaat untuk mendapatkan uang beberapa puluh riburupiah secara tidak langsung menghasilkan anggotalegislatif yang korup.

    Uang yang diperoleh tak seberapa, tapi berdam-pak negatif luar biasa, karena korupsi menghalangibangsa Indonesia menjadi sejahtera.

    Apakah kondisi seperti itu terus kita dibiarkan,mendapatkan wakil rakyat yang korup dari pemilu kepemilu? Tentu tidak. Harus ada keberanianmenghentikan praktik sogok-menyogok dalam pem-berian suara. Kalau masyarakat ingin memperbaikikinerja wakil mereka di lembaga legislatif, marilahkita coba mengubah motivasi memilih, yaitu bukankarena iming-iming uang melainkan karena berniatbaik untuk memilih caleg yang baik pula.

    Anggaplah pemberian suara itu sebagaisedekah kepada para caleg karena mereka sangatmembutuhkan. Namanya sedekah maka harusdilakukan secara ikhlas tanpa pamrih apa pun, apala-gi nilai uang sogok yang mereka berikan kepadacalon pemilih tidaklah seberapa. Ketimbang menda-pat pemberian kecil tapi berdampak besar dalamkehidupan di dunia dan akhirat, lebih baik kita mem-berikan suara itu secara cuma-cuma.

    Banyak caleg berkampanye dengan caramerusak lingkungan, menyuap pemilih. atau carakotor lainnya. Pilihlah caleg yang benar-benar baikyang layak menerima amanah sedekah suara. Inilahpentingnya pendidikan politik, masyarakat harustahu siapa saja calon wakil mereka, termasuk rekamjejaknya. Memang belum semua caleg memenuhikriteria yang baik sebagai wakil rakyat, tapi kalaumemilihnya menggunakan cara yang baik akanmenghasilkan wakil rakyat yang baik pula.

    Menjadi golput memang sebuah pilihan, tapi itutindakan mubazir karena menyia-nyiakan milikberharga yang seharusnya bisa dimanfaatkan oranglain. Di antara sekian banyak caleg, yakinilah tidaksemuanya jelek, masih ada yang layak mendapatsedekah suara. Kalau calegnya baik dan para pemilihjuga menyedekahkan suaranya dengan cara baik,tentu akan menghasilkan wakil rakyat yang baik dantidak korup. (10)

    Husnun N Djuraid, dosen UniversitasMuhammadiyah Malang

    Menguji Kuota Siswa Miskin

    Caleg-caleg tidak hanya mendu-lang suara rakyat, tetapi juga mem-buru sugesti sang dukun. Ki Joko Bo-do, salah satu paranormal, bahkanmenyatakan, selalu menjelang pe-milihan legislatif atau presiden, begi-tu banyak klien yang meminta keme-nangan kepadanya. Ki Joko Bodo ti-dak sendiri. Karena terlalu banyakparanormal berpraktik sebagai du-kun politik, kini muncul adu kepiawai-an di antara mereka untuk menarikperhatian klien.

    Yang mencengangkan, siapa punyang hendak menggunakan jasa me-reka, paling tidak menurut DesembrianRosyady, salah seorang yang hanyamau disebut sebagai guru spiritual poli-tik, harus punya uang Rp 100 juta un-tuk DPR kabupaten atau kota, Rp 200juta untuk provinsi, dan pusat Rp 300juta. Adapun untuk wali kota atau bu-pati Rp 2 miliar dan gubernur Rp 5 mili-ar, sedangkan bagi presiden, siapapun harus siap-siap menggelontorkandana Rp 1 triliun.

    Mengapa pemilu yang seharusnyaberkait dengan kerasionalan dandemokrasi bisa disusupi oleh sesuatuyang mistik dan irasional? Ketidakper-cayaan pada diri sendiri di tengah per-saingan yang begitu ketat misalnyaakan ada 6.607 caleg yang bertarungmemperebutkan 560 kursi DPRdianggap sebagai biang keladi. Selainitu tentu karena para caleg malas turunke daerah pemilihan dan menyerahkanpenjaringan suara lewat tenaga spiri-tual kepada para dukun.

    Tentu saja fenomena caleg berburusugesti dukun tidak sehat. Penggiringandemokrasi yang rasional ke demokrasisemu yang irasional hanya akan meng-hadirkan caleg-caleg yang tak mengan-dalkan akal sehat. Jika mereka benar-benar jadi pemimpin, maka bukan tidakmungkin segala keputusan politiknyaberasal dari suara dukun. Apa jadinyajika sebagian besar anggota legislatifmemutuskan undang-undang setelahmereka meminta nasihat pada dukun?Makin olenglah negeri ini.

    Sesungguhnya alam telah mem-berikan isyarat kepada caleg pemburusugesti dukun agar segera mengakhiritindakan sableng itu. Kematian Suban-di, dukun politik yang terpeleset saatmengadakan ritual untuk pemenang-an di Gua Langse, Kecamatan Purwo-sari, Kabupaten Gunung Kidul, seha-rusnya bisa dijadikan pelajaran berhar-ga. Pelajaran betapa pemenanganpemilu sebaiknya dengan kampanyeprogram dan tidak meminta kepadapenunggu gua atau setan.

    Apakah fenomena ini bisa hilang?Tentu saja bisa. Partai harus benar-be-nar memilih kader yang mumpuni danmenggunakan akal sehat untuk ber-kompetisi dalam pemilu. Begitu ketahu-an mereka akan menggunakan cara-cara irasional, partai harus tegas me-nyingkirkan sang caleg. Sebab jika te-tapi jadi caleg dan akhirnya kalah, bu-kan tidak mungkin malah jadi penghunirumah sakit jiwa. Jadi, sekali lagi, akaldan otak yang sehatlah yang bertindak.Bukan dukun yang buta politik itu.

    Caleg-Caleg Pemburu Dukun

    Ritual para caleg, larung sapi pun dilakoni.

    Yang pantas dilarung, ya calegnya...

    * * *

    Dirut Pertamina tolak beri uang "tutup kendang".

    Itu permintaan yang "ngeri-ngeri sedap"...

    (Ritual aman dengan doa sapujagat)

    Sedekah Suara untuk Caleg

    Di antara sekian banyak caleg,yakinilah tak semuanya jelek, masih

    ada yang layak mendapat sedekah suara

    HUBUNGAN Indonesia dan Australiatanpa disangka telah memunjukkan grafikmerosot. Menlu Marty Natalegawa bahkanmenuntut pemerintah Negeri Kanguru memil-ih bersikap sebagai kawan atau lawan terhadapIndonesia. Selama ini, itulah pernyataan palingkeras yang pernah dikeluarkan pemerintah RIterhadap tetangganya tersebut.

    Beberapa kasus, seperti penyadapanAustralia terhadap warga negara Indonesia,pengusiran AL Australia terhadap pencarisuaka ke perairan Indonesia, dan pelanggaranAL Australia terhadap wilayah perairanIndonesia menjadi catatan penting darikemerosotan hubungan bilateral keduanegara.

    Kejutan terakhir berasal dari laporan resmimiliter Australia pada 19 Februari 2014 (SM,21/2/14). Laporan itu mempertegas bahwa ALAustralia telah kali keenam melanggarwilayah perairan Indonesia. Pelanggarankedaulatan maritim Indonesia itu berlangsungsejak Desember 2013 hingga Januari 2014melalui operasi keamanan perbatasan.

    alah satu penyebab ketegangan bilateral iniadalah kebijakan boat turn-backpemerintahanPM Tony Abbot terhadap kapal/perahu pen-cari suaka. Demi kepentingan domestik,Abbot malah membanggakan catatanprestasinya dalam mengusirpencari suaka.Kebijakan ini merupakan realisasi dari janjiAbbott kepada kontituennya pada masa kam-panye Pemilu 2013.

    Sejak Abott memerintah, Australia relatifaman dari pencari suaka, yang transit diIndonesia. Tapi capaian itu membahayakanhubungannya dengan Indonesia. Sejak iamemerintah, hubungan RI-Australia kianmemburuk. Aksi ALAustralia itu memangtidak menimbulkan kontak militer. WalaupunAustralia telah meminta maaf, Indonesia harusmemperoleh jaminan dari mereka bahwa peri-stiwa itu tidak akan berulang.

    Kenyataan itu patut disayangkan meng-ingat selama ini kedua negara telah memba-ngun hubungan saling percaya pada berbagaibidang. Pemerintah Indonesia perlu mengam-bil sikap lebih tegas dengan mempertahankankedaulatan maritim. Dibanding nelayanIndonesia yang berlayar hingga Pulau Pasir(termasuk wilayah Australia), tindakan AL

    Australia tentu harus disikapi lebih serius.Kapal perang Australia tentu dilengkapi per-alatan navigasi yang jauh lebih canggih ketim-bang perahu nelayan kita.

    Dalam hubungan internasional, insidenpelanggaran wilayah perairan itu telah meng-ubah ancaman keamanan dari nontradisional(pencari suaka) menjadi ancaman tradisional(pelanggaran wilayah oleh militer Australia).Ketika karakter dan bentuk ancaman keaman-an itu berubah maka bentuk respons dan aktoryang berperan pun berubah. AktorPertahanan

    Penyelesaian persoalan ini tidak hanyamelibatkan masyarakat sipil, namun memer-lukan peran lebih menonjol dari aktor-aktorpertahanan Indonesia. Langkah-langkah

    diplomasi pertahanan harus kita tempuh demipenegasan kedaulatan maritim. Berbeda daridiplomasi militer, Indonesia perlu mendorongdiplomasi pertahanan berkait hubungan damaidi antara kedua negara.

    Beberapa kebijakan telah diambil peme-rintah Indonesia. Pertama; pemerintah Indone-sia secara tegas menuntut Australia menghen-tikan sementara kegiatan Operasi KedaulatanPerbatasan (Sovereign Border Operation)yang mendorong ALAustralia tanpa izin me-masuki wilayah Indonesia. Penegasan inidiperlukan agar kebijakan perbatasan Austra-lia tidak mengakibatkan pelecehan terhadap

    wilayah laut Indonesia.Kedua; Indonesia perlu meningkatkan

    patroli laut di Samudra Hindia secara teratur.Pihak otoritas pertahanan laut RI harus mene-gaskan garis batas laut antara RI dan Australiatidak dapat diganggu gugat. Pengerahan kapalperang ke wilayah laut yang berbatasandengan Australia diperlukan bukan dalamrangka kesiapan perang, melainkan langkahpreventif dan defensif terhadap kemungkinanyang sama di masa depan. Diplomasi perta-hanan diarahkan pada peningkatan kapasitasTNI ALIndonesia untuk memodernisasi kapalperang untuk menjaga dan mempertahankankedaulatan maritim.

    Ketiga; diplomasi pertahanan RI harusmemungkinkan dikerahkannya kerja samapertahanan dengan negara-negara lain yangtelah ada guna mendukung kedaulatan nasio-nal. Kedaulatan maritim RI terhadap upayapelanggaran Australia telah mendorong RImemberi izin latihan perang kepada ALRRCdi selatan Laut Jawa.

    Kebijakan pemberian izin ini mungkintidak berhubungan dengan provokasi ALAustralia di wilayah laut RI, namun latihanperang AL Cina itu telah memaksa Australiamemberikan perhatian khusus. Demikianpula, kunjungan Panglima TNI ke RRC men-jadi momentum penting untuk meningkatkandiplomasi pertahanan.

    Diplomasi pertahanan antara Indonesiadan Australia tentu harus dikaitkan dengan sta-tus hubungan bilateral. Hingga saat iniIndonesia telah memutuskan beberapa bidangkerja sama bilateral dengan Australia.Pemerintah Indonesia menuntut Australiamerumuskan code of conduct sebagai syaratpemulihan kerja sama bilateral. DubesIndonesia untuk Australia bahkan belum kem-bali menempati posnya di Canberra.

    Namun pemerintah kedua negara perluterus menjalin komunikasi guna mem-bicarakan secara khusus kedaulatan maritimIndonesia. Kedua negara tak perlu berpegangpada doktrin militer bahwa kesiapan damaiharus didasarkan pada kesiapan berperang atausi vis pacem para bellum. Dengan kata lain,perlu lebih mengedepankan diplomasi perta-hanan ketimbang provokasi militer. (10)

    Ludiro Madu, dosen Ilmu HubunganInternasional FISIP UPN "Veteran"Yogyakarta

    Diplomasi Pertahanan RIOleh Ludiro Madu

    Oleh Husnun N Djuraid

    Wakil Pemimpin Redaksi : Gunawan Permadi. Redaktur Senior: Sri Mulyadi, AZaini Bisri, Heryanto Bagas Pratomo. Redaktur Pelaksana : Ananto Pradono, Murdiyat Moko, Triyanto Triwikromo. Koordinator Liputan: Hartono, Edy Muspriyanto. Sekretaris Redaksi : EkoHari Mudjiharto Staf Redaksi : Soesetyowati, Cocong Arief Priyono, Zaenal Abidin, Eko Riyono, Darjo Soyat , Ghufron Hasyim, Muhammad Ali, Bambang Tri Subeno, Simon Dodit, Budi Surono, Renny Martini, Diah Irawati, Agustadi,Gunarso, Ahmad Muhaimin, Bina Septriono,Nugroho Dwi Adiseno, Nasrudin, M.Asmui, Ali Arifin, Sri Syamsiyah LS, Gunawan Budi Susanto, Imam Nuryanto, Arwan Pursidi, Arie Widiarto, Zulkifli Masruch, Agus Fathudin Yusuf, Petrus Heru Subono, Tavif Rudiyanto, M Jokomono, Saroni Asikin, Purwoko Adi Seno, Karyadi,Arswinda Ayu Rusmaladewi, Maratun Nashihah, Mundaru Karya, Sarby SB Wietha, Mohamad Annas, Kunadi Ahmad, Ida Nursanti, Aris Mulyawan, Setyo Sri Mardiko, Budi Winarto, Sasi Pujiati, Hasan Hamid, Rony Yuwono, Sumaryono HS, M Norman Wijaya, Surya Yuli P, A Adib,Noviar Yudho P, Yunantyo Adi S, Fahmi Z Mardizansyah, Saptono Joko S, Dian Chandra TB, Roosalina, Dicky Priyanto, Hasan Fikri, Tri Budianto, Wahyu Wijayanto. Litbang :Djurianto Prabowo ( Kepala ),Dadang Aribowo. Pusat Data, Analisa dan Produksi: Dwi Ani Retnowulan(Kepala) Djito Patiatmodjo, Mohammad Saronji. Personalia: Sri Mulyadi (Kepala), Dyah Anggarini. RedakturArtistik: Putut Wahyu Widodo (Koordinator), Toto Tri Nugroho, Joko Sunarto, Djoko Susilo, Sigit Anugroho. Reporter Biro Semarang : Edi Indarto ( Kepala), WidodoPrasetyo (wakil), Sutomo, Irawan Aryanto, Moh. Kundori, Adhitia Armitrianto, Rosyid Ridho, Yuniarto Hari Santosa, Maulana M Fahmi, Fani Ayudea, Hartatik, Leonardo Agung Budi Prasetya, Modesta Fiska Diana, Royce Wijaya Setya Putra. Biro Jakarta : Hartono Harimurti, ( Kepala),Wahyu Atmadji, Fauzan Djazadi, Budi Yuwono, Sumardi, Tresnawati, Budi Nugraha, RM Yunus Bina Santosa, Saktia Andri Susilo, Kartika Runiasari, Mahendra Bungalan Dharmabrata, Wisnu Wijarnako. Biro Surakarta : Budi Cahyono ( Kepala ), Won Poerwono, Subakti ASidik,Joko Dwi Hastanto, Bambang Purnomo, Anindito, Sri Wahyudi, Setyo Wiyono, Merawati Sunantri, Sri Hartanto, Wisnu Kisawa, Achmad Husain, Djoko Murdowo, Langgeng Widodo, Yusuf Gunawan, Evi Kusnindya, Budi Santoso, Irfan Salafudin, Heru Susilowibowo, Basuni Hariwoto,Khalid Yogi Putranto, Budi Santoso. Biro Banyumas :Sigit Oediarto (Kepala), Khoerudin Islam, Budi Hartono, Agus Sukaryanto, RPArief Nugroho, Agus Wahyudi, M Syarif SW, Mohammad Sobirin, Bahar Ibnu Hajar, Budi Setyawan. Biro Pantura :Trias Purwadi (Kepala), WahidinSoedja, Saiful Bachri, Nuryanto Aji, Arif Suryoto, Riyono Toepra, Dwi Ariadi, M Achid Nugroho, Wawan Hudiyanto, Cessna Sari, Bayu Setiawan, Teguh Inpras Tribowo, Nur Khoerudin. Biro Muria : Muhammadun Sanomae (Kepala), Prayitno Alman Eko Darmo, Djamal AG, UripDaryanto, Sukardi, Abdul Muiz, Anton Wahyu Hartono, Mulyanto Ari Wibowo, Ruli Aditio, Moch Noor Efendi. Biro Kedu/DIY: Komper Wardopo (Kepala), Doddy Ardjono, Tuhu Prihantoro, Sudarman, Eko Priyono, Henry Sofyan, Nur Kholiq, Amelia Hapsari, Supriyanto, Sony Wibisono.Daerah Istimewa Yogyakarta: Sugiarto, Asril Sutan Marajo, Agung Priyo Wicaksono, Juili Nugroho. Bandung :Dwi Setiadi . Koresponden : Ainur Rohim (Surabaya). Alamat Redaksi : Jl Raya Kaligawe KM 5 Semarang 50118.Telepon : (024) 6580900 ( 3 saluran ), 6581925. Faks: (024) 6580605. Alamat Redaksi Kota : Jl Pandanaran No 30 Semarang 50241. Telepon : (024) 8412600. Manajer Iklan :Bambang Pulunggono. Manajer Pemasaran: Berkah Yuliarto, Manajer Markom: Yoyok Gumulyo. Manajer Riset dan Pengembangan : Adi Ekopriyono.Manajer TU :Amir AR. Manajer Keuangan : Dimas Satrio W. Manajer Pembukuan : Kemad Suyadi. Manajer Logistik/Umum : Adi P. Manajer HRD: Budi Susanto. Alamat Iklan/Sirkulasi/Tata Usaha:Jl Pandanaran No 30 Semarang 50241. Telepon: (024) 8412600. Faks : (024)8411116, 8447858. HOT LINE 24 JAM024-8454333 REDAKSI: (024) 6580900 Faks (024) 6580605 Dicetak oleh PTMasscom Graphy, isi di luar tanggung jawab percetakan.

    Direktur Operasional : Hendro BasukiDirektur Pemberitaan : Sasongko Tedjo

    Direktur SDM : Sara Ariana Fiestri

    Pendiri : H HetamiKomisaris Utama : Ir Budi Santoso

    Pemimpin Umum: Kukrit Suryo WicaksonoPemimpin Redaksi/Penanggung Jawab :

    Amir Machmud NS

    Terbit sejak 11 Februari 1950

    PT Suara Merdeka Press

    Berhubung email lama mengalami gangguan, kini kirimkan artikel

    wacana nasional (hal 6) ke: [email protected]

    dan: [email protected] maksimal 7.000 karakter with

    space, sertakan pasfoto pose santai. (Red)

    Email Baru

  • KAMIS, 6 MARET 2014

    Diketik 1,5 spasi maksimal satu folio, ditandatangani dandilengkapi fotokopi identitas diri. Isi seluruhnya tanggungjawab penulis dan tidak melayani permintaan identitas yang

    dirahasiakan. Redaksi berhak melakukan editing. Kirimkan ke alamat: [email protected] Untuk kritik dan saran seputar Suara Merdeka kirim: [email protected]

    Pengalaman mengajarkan, guru mesti cerdas dancermat memilih satu organisasi sebagai tempatberkiprah. Beragam organisasi guru hadir,semua mengklaim paling membela kepentingan

    pendidik. Begitu pun, guru harus yakin benar bahwa pilih-an diberikan kepada organisasi yang mampu mening-katkan kompetensi dan profesionalitas.

    Sejak era reformasi terbuka lebar kesempatan bagikelompok Oemar Bakrie untuk berserikat. Wajar jika munculbanyak organisasi, seperti Ikatan Guru Indonesia (IGI),Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Federasi GuruIndependen Indonesia (FGII), Persatuan Guru MadrasahIndonesia (PGMI), dan lain-lain.

    Guru pun tampak makin dinamis dalam penampilangaya dan sudut pandang yang dianut masing-masing organ-isasi, secara personal ataupun institusional. Kendatidemikian kehadiran mereka perlu diapresiasi, sekaligusdikritisi, agar tidak sekadar utopia. Siapa bisa menjamin,keikutsertaan dalam organisasi akan membuat guru makinkompeten dalam tugas, profesional dalam karya, dan hidupsejahtera.

    Pada alam demokrasi tidak ada yang bisa melarangguru mendirikan organisasi, begitu kata Sulistiyo, KetuaUmum PB PGRI, yang juga anggota DPD. Kemenjamuranorganisasi bisa juga bermakna positif. Andai PGRI jadi satu-satunya organisasi guru, bisa saja timbul kekhawatiranberbagai keluhan atau kritik sulit mendapatkan tempat.

    Namun, akan menjadi kontraproduktif jika kehadiranbanyak organisasi malah menimbulkan kegaduhan. Masing-masing mengaku paling hebat memperjuangkan kepenting-an anggota. Apa pun masalahnya, paling utama bagaimanakehadiran organisasi profesi bisa memberi manfaat nyatadalam mendongkrak kualitas pendidikan di negeri ini.

    Guru yang kompeten sungguh memahami perkem-bangan kognitif anak, mampu merancang dan melak-sanakan pembelajaran dengan baik, serta mengevaluasihasil belajar dengan benar. Lebih dari itu, guru profesionalpenuh atensi pada siswa, paham kurikulum, dan menjun-jung tinggi disiplin.

    Yang pasti, guru mesti efektif memotivasi siswa belajar,dan secara kreatif menemukan strategi yang sesuai kapa-sitas dan interes tiap individu. Dengan begitu akan terciptalingkungan belajar yang menyenangkan, selalu baru, dantak membosankan. Perlakuan yang adil mesti diberikanpada tiap siswa tanpa membedakan latar belakang budaya,ras, gender, dan agama. Aspirasi Konstruktif

    Organisasi guru, apa pun bentuk dan namanya, sekali-kali bukan tempat pelarian para tokoh, (mantan) pejabat,politikus ataupun pensiunan untuk berorganisasi. Bukanpula arena bagi mereka yang cuma ingin populer dan dike-nal publik. Organisasi guru hadir untuk membereskankerusakan moral anak bangsa.

    Sejatinya, lewat organisasi orang bisa menyalurkanaspirasi yang konstruktif demi membangun lingkungan baru

    sebagai tempat berkarya yang lebih baik. Sudah selayaknyaorganisasi berjuang demi nasib anggota, membuat merekamakin berkembang, profesional, dan mampu mengikuti per-kembangan zaman.

    Keterlibatan dalam organisasi bukan saja akan menam-bah jaringan dan teman, tapi juga membuat pemikiranmakin berkembang. Beragam persoalan yang dihadapiakan memperkaya wawasan dan berguna bagi pengem-bangan karier. Dengan berorganisasi maka orang makinbijak membagi waktu sehingga bisa melakukan sesuatuyang bermanfaat bagi sesama.

    Dalam situasi apa pun, fokus guru tetaplah pada tugas:bukan cuma mengajar melainkan mendidik. Masalah selaluhadir di lapangan. Banyak guru terkendala dalam upayameningkatkan kompetensi, menyusun persiapan mengajarsecara lengkap, rapi, dan benar. Juga masalah tunjangan

    profesi yang kadang tak dibayar utuh. Melalui organisasi,berbagai kesulitan itu bisa dikomunikasikan.

    Ingat, kita berpikir bukan hanya untuk hari ini atau besok.Kita berpikir untuk jangka panjang, menyiapkan generasimuda pemimpin masa depan bangsa. Jika tidak cerdasmemilih organisasi, guru hanya diperalat demi ambisi dankeuntungan pihak lain. Jangan sampai guru menjadi lahansubur untuk dimanfaatkan pihak-pihak yang mengail di airkeruh. (10)

    Drs Th Rosid Ahmad, mantan ketua MGMPBahasa Inggris SMK Kota (& Eks Karesidenan)Semarang

    Guru hanya diperalat demi ambisi dankeuntungan pihak lain bila tidak cerdas

    memilih organisasi

    Karena itu, Pemkot Semarangperlu mengatur ulang fungsipusat kota, mengembalikansebagai tempat bermukim.Jangan hanya berkutat pada penataanruang secara horizontal tapi perlumewujudkan pola vertikal. Kita perlumensyukuri, di ibu kota Jateng, mulaibermunculan beberapa bangunan tinggiuntuk hunian (apartemen).

    Upaya ini merupakan langkah awalmengurangi eksploitasi ekologi, khu-susnya berkait transportasi, memen-dekkan jarak dari rumah ke tempattujuan. Pembangunan gedung secaravertikal juga diharapkan meningkatkanmutu lahan mengingat banyak lahan ter-buka yang bisa dimanfaatkan untukkonservasi air.

    Kota tidak mekar, tak mengalamiobesitas, gerak yang muncul di dalamkota pun tidak lagi lamban dan kotamenjadi lebih sehat. Namun intensi-fikasi tata ruang bukan hal mudah, harusada pengorganisasian yang baik antarin-stitusi yang menangani perkotaan.Selain itu perlu kajian ulang tentangpemanfaatan lahan, kajian dampaklingkungan, dan sebagainya.

    Misal Peraturan Menteri NegaraLingkungan Hidup Nomor 5 Tahun2012 tentang Jenis Rencana Usahadan/atau Kegiatan yang Wajib Dileng-kapi Amdal. Regulasi itu mensyaratkankajian amdal untuk pembangunangedung di lahan seluas 5 ha atau lebih,atau bangunan berluas lantai lebih dari10.000 m2.

    Kajian itu terkait dampaknya ter-hadap pergerakan lalu lintas, dayadukung lingkungan, kebutuhan air, pro-duksi sampah dan sebagainya. Contoh

    masalah parkir, mengingat belum adapembakuan. Mengacu standar kota diEropa, proporsi jumlah apartemendengan mobil, yaitu 5:1. Artinya tiap 5unit apartemen wajib menyediakan 1lahan untuk parkir mobil.

    Kondisi kota-kota di Indonesia, ter-masuk Semarang, berbeda dari kota-kota di Eropa, negara yang memiliki sis-tem transportasi massal yang baik dan

    masyarakatnya pun terbiasa menggu-nakan alat transportasi umum. Seba-liknya di Semarang, masih banyakorang memilih naik atau memiliki mobilpribadi.

    Mendasarkan realitas itu maka pro-porsi jumlah apartemen dengan mobilbisa jadi 1:1, artinya 1 unit apartemenperlu menyediakan areal parkir untuk 1mobil. Memang ada yang sudah meng-kaji melalui survei kebutuhan ruangparkir dengan mendasarkan perilakumasyarakat Indonesia, namun belumbanyak. Pengendalian Pemanfaatan

    Dampak lain yang perlu pengajianadalah pengaruh perubahan peruntukanruang akibat pembangunan gedungberlantai banyak. Perlu memasukkanpersoalan itu dalam kajian pengendalianpemanfaatan ruang sesuai dengan per-aturan yang berlaku.

    Jangan sampai setelah bangunantinggi itu, termasuk apartemen, mema-suki tahap operasional, yaitu dihuni, ter-jadi perubahan pemanfaatan lahan disekitar gedung itu. Semisal kemunculanPKL, parkir liar, terminal bayangan,yang mengakibatkan kesemrawutanlalu lintas, gangguan keamanan, keku-muhan dan sebagainya.

    Semua pihak di Semarang seyo-gianya mendukung partisipasi investoryang ingin membangun hunian vertikaldi pusat kota. Hal itu selaras dengan ren-cana pengembangan kota yang berlan-daskan visi Kota Metropolitan yangReligius Berbasis Perdagangan danJasa.

    Tentu visi itu mendasarkan padatujuan supaya masyarakat lebih sejah-tera dan pemanfaatan ruang-ruang kotamenjadi lebih efektif. Semua itu harusmensyaratkan kota ini tetap nyamanbagi penghuni, serta humanis dan ekolo-gis. Pemkot perlu segera menyiapkansegala perangkat kebutuhan, baik beru-pa produk peraturan maupun kajian tek-nis, untuk mengantisipasi perkembang-an yang terjadi. (10)

    -- Ir Parfi Khadiyanto MS, dosenPerencanaan Wilayah dan Kota Fa-kultas Teknik Universitas Diponegoro,anggota Komisi Penilai Amdal KotaSemarang

    Intensifikasi Ruang KotaPusat kota saat ini bukan lagi dipandang sebagai tempat bermukimmelaiankan hanya berfungsi sebagaitempat bekerja. Masyarakat berdiamjauh dari pusat kota, dengan

    keterbatasan sarana transportasi massal. Akibatnya terjadiarus ulang-alik yang sangat melelahkan, padat, sertamenimbulkan kemacetan dan polusi.

    Oleh Parfi Khadiyanto

    Oleh Th Rosid Ahmad

    Berhubung e-mail lama mengalami gangguan, kini kirimkan artikel

    wacana lokal (hal 7) ke: [email protected]

    dan: [email protected] maksimal 6.000 karakter with space,

    sertakan pasfoto pose santai. (Red)

    Email Baru

    Cerdas Pilih Organisasi Guru

    Kepada Bapak Wali Kota Semarang danjajarannya, rekan-rekan kerja senasib dan seper-juangan dari FKPS yang kami banggakan, danseluruh masyarakat wilayah Simongan dan seki-tarnya yang kami cintai, kami mengucapkanInnalillahi Wainnailaihi Rojiun atas sikapPemkot Semarang yang terkesan memaksakanuntuk melaksanakan Perda dalam upayamerelokasi perusahaan-perusahaan yang berada diwilayah Simongan, Setiabudi, dan Krapyak.

    Apabila upaya relokasi ini benar-benar tereal-isasi, bukan tidak mungkin justru akan menambahpekerjaan rumah bagi Pemkot sendiri. Kita ketahuibersama bahwa kondisi sosial ekonomi masyara-kat Semarang hingga hari ini masih banyak yangbelum terselesaikan secara baik. Misalnya masalahkemiskinan dan pengangguran.

    Alih-alih ingin menangani masalah kemiskinandan pengangguran, justru upaya relokasi perusahaandi wilayah tersebut hanya akan menambah jumlahpengangguran dan kemiskinan di Semarang. Jugaakan menjadi bumerang bagi Pemkot.

    Bukankah Perda itu merupakan hasil karyawali kota? Bila ternyata Perda tersebut tidak berpi-hak kepada rakyat, maka setidaknya bisa direvisiatau bila perlu dibatalkan. Perda bukan wahyuIllahi yang turun dari langit ketujuh yang tidak bisadiotak-atik atau diubah kandungannya.

    Terlebih sebagaimana yang kami ketahuibahwa Perda lahir tahun 1981. Waktu itu perusa-haan-perusahaan yang ada di kawasan Simongan,jauh lebih dulu berdiri, bahkan sebelum Perda itudirancang. Yang menjadi pertanyaan kami, siapayang dulu memberikan izin hingga 12 perusahaandapat berdiri di kawasan Simongan? Pada keny-ataannya perusahaan di kawasan tersebut telahmenjadi tumpuan hidup bagi 7.000 lebih pekerjabeserta keluarganya. Mohon persoalan relokasi itujangan dipaksakan.

    Agus JumantoroJl Banjardowo, Genuk

    Semarang, 08995505414

    * * *

    Suara Hati Warga Simongan

    Seseorang cenderung merasa senang kalaubertemu dengan teman/orang yang kebetulan memi-liki minat yang sama dengan dirinya. Yang minatnyasama dalam dunia bisnis ketika bertemu tentu akanmembicarakan masalah bisnis yang sehat dan men-guntungkan. Yang minatnya sama dalam dunia poli-tik, khususnya para caleg yang saat ini sedangberkompetisi mencari simpati rakyat, pasti jugamembicarakan tentang strategi pemenangan di dae-rah pemilihannya.

    Hari Rabu, 9 April 2014, merupakan momentumyang ditunggu-tunggu oleh para caleg. Nasib paracaleg pada hari itu akan ditentukan oleh seberapabanyak orang yang akan memilihnya. Menurutpenulis, caleg yang mempunyai nama baik, cakap, danpunya talenta suka memberi pada wong cilik, otomatisdialah yang akan mendulang suara terbanyak dan ter-pilih menjadi anggota dewan yang terhormat.

    Harapan publik, kalau sudah disumpah sebagaianggota dewan/wakil rakyat, harus dapat menci-trakan diri menjadi wakil rakyat yang berani tampilbeda. Potret wakil rakyat seperti itu sejatinya memili-ki prinsip biarpun rumput menjadi kering bungamenjadi layu, uang bukan yang maha kuasa. Diaselalu mengedepankan kejujuran, sikap lembahmanah dan konsisten dalam membela kepentinganrakyat sebelum maupun setelah bersidang. Itulahyang dikehendaki oleh Yang Maha Kuasa (vox pop-uli vox Dei, suara rakyat suara Tuhan).

    Bung Karno pada 23 Oktober 1946 mengatakan

    orang tidak dapat mengabdi kepada Tuhan dengantidak mengabdi kepada sesama manusia. Tuhanbersemayam di gubuknya si miskin. Wakil rakyatyang berani tampil beda pada waktu melihat orangmiskin yang menangis karena lapar, hatinya tergerakoleh belas kasihan untuk memberkati. Waktu adajanda miskin/anak yatim piatu yang sakit dan tidakpunya uang untuk berobat ke dokter, dia juga ada disana untuk membantu kesulitan orang miskin.

    Penulis mengutip sebuah ungkapan dalam bahasajawa yang merupakan warisan adiluhung bangsa kitasurodira jayaningrat lebur dening pangastuti, semuabentuk angkara murka yakni kesombongan, nafsu, irihati, dengki, pemarah, garang dan tidak maumemaafkan yang bertahta dalam diri manusia, akansirna oleh sifat lemah lembut, kasih sayang, dankebaikan yang didasari dengan manembahkepadaTuhan, Sang Pencipta langit dan bumi.

    Kecuali 100 persen berkata tidak terhadapkorupsi dan narkoba, wakil rakyat yang berani tampilbeda selalu ingat kebaikan Tuhan dan setia terhadappasangan, serta Pancasilais. Ketika ada ibu-ibuPKK/Perip/Warakawuri yang curhat tentangkelangkaan gas elpiji 3 kg di pasaran, tidak akanbilang: Memangnya masalah?

    Yoram SoekarnoKetua Satuan Khusus Bela

    Negara Kota SemarangJl Kesatrian B 41, Semarang

    * * *

    Berbagai pemberitaan ten-tang polisi seakan tak pernahberhenti menghiasi media massa.Kita disuguhi atraksi mulai daripolisi yang korupsi di level jen-deral hingga yang mabuk danmenembak ala koboi. Namunsangat sedikit pemberitaan yangmengulas tentang kiprah polisidalam bermasyarakat dalam art-ian mengupas sisi polisi yangberjiwa sosial di tengah kehidu-pan warga sehari-hari.

    Dari sedikitnya hal yangkurang terpublikasi itu saya cobamemberikan pandangan yangmungkin akan membuka sudutpandang lain tentang seorangpolisi di desa. Di KecamatanCepiring, Kabupaten Kendal,banyak warga yang merasa berte-rima kasih atas budi baik seorangpolisi bernama Aiptu Daroji.

    Walaupun jabatannya KanitSerse Polsek Cepiring yangdianggap angker, tapi polisi

    yang satu ini dikenal sering mem-berikan pertolongan kepadawarga yang sakit, terutama yangmiskin. Dia punya keahliandalam hal terapi pijat totok darahuntuk kesehatan. Uniknya dia takpernah memungut biaya untukwarga miskin yang berobat ke-padanya. Berbagai jenis penyak-it, mulai dari maag akut hinggastroke yang diderita warga mem-baik atas izin Tuhan lewat tangansang polisi ini.

    Ada banyak sisi positif yangbisa digali dari kepolisian kita.Alangkah indahnya jika suatuketika pemberitaan positif ini bisamenggeser berbagai stigma ne-gatif yang ada selama ini di tubuhPolri, tentu dengan kerja samayang baik dengan insan pers.

    Aryo WidiyantoJI Sriagung 234 Cepiring

    Kendal 51352* * *

    Mencari Wakil Rakyatyang Berani Tampil Beda

    Polisi Berjiwa SosialSaya menyambut dengan

    suka cita PT Kereta Api Indone-sia mengoperasikan kembalikereta untuk jarak dekat danmenengah. Dengan tingkat mo-bilitas penduduk yang cende-rung naik secara signifikan, be-ban jalan raya su