Studi Kasus FIXX

download Studi Kasus FIXX

of 21

  • date post

    14-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    22
  • download

    0

Embed Size (px)

description

jsijsjiosio

Transcript of Studi Kasus FIXX

PERNYATAAN PERSETUJUAN

Laporan hasil studi kasus pasien dengan judul ISPA PADA BALITA GIZI KURANG DENGAN PENDEKATAN KEDOKTERAN KELUARGA DI PUSKESMAS KECAMATAN CILINCINGinitelah disetujui oleh pembimbing untuk dipresentasikan dalam rangka memenuhi salah satu tugas dalam Kepaniteraan Klinik Kedokteran Keluarga Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.

Jakarta, Juni 2014Pembimbing

dr. Dini Widianti, MKK

KATA PENGANTAR

Assalammua`alaikum wr.wb.

Alhamdulillahirabbilaalamiin, puji dan syukur senantiasa penulis ucapkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga Laporan hasil studi kasuspasien dengan judul ISPA PADA BALITA GIZI KURANG DENGAN PENDEKATAN KEDOKTERAN KELUARGA DI PUSKESMAS KECAMATAN CILINCING ini dapat diselesaikan dengan baik. Penyusunan laporan hasil studi kasus pasien ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas dalam Kepaniteraan Klinik Kedokteran Keluarga Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI, periode 26 Mei- 27 Juni 2014.Penulis juga berharap agar laporan ini dapat berguna sebagai salah satu sumber pengetahuan bagi pembaca, terutama pengetahuan tentang Ilmu Kesehatan Masyarakat mengenai penanganan penyakit dengan pendekatan secara holistik.Pasien dalam laporan hasil studi kasus ini adalah salah satu pasien dari Puskesmas Kecamatan Kelapa Cilincing ketika penulis ditugaskan di puskesmas tersebut pada periode 26 Mei- 27 Juni 2014.

Penyelesaian laporan ini tidak terlepas dari bantuan para dosen pembimbing, staf pengajar, serta orang-orang sekitar penulis yang terkait. Oleh karena itu, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada:

1. DR. dr. Artha Budi Susila Duarsa, MKes selaku dosen pembimbing dan staf pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.1. dr. Sugma Agung Purbowo, MARS selaku Kepala Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.1. dr. Dini Widianti, MKK selaku staf pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.1. Rifda Wulansari, SP, MKes selaku staf pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.1. dr. Yusnita, MKes selaku staf pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.1. dr. Erlina Wijayanti, MPH selaku staf pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.1. DR. Kholis Ernawati, SSi, MKes selaku staf pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.1. dr. Dian Mardhiyah, MKK selaku staf pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.1. dr. Citra Dewi, MKes selaku staf pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.1. dr. H. Sumedi Sudarsono, MPH selaku staf pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.1. dr. Mirsad selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing.1. Seluruh staf Puskesmas Kecamatan Cilincing Jakarta Utara yang telah memberikan bimbingan dan data untuk kelancaran pembuatan Studi Kasus Pasien ini1. Rekan sejawat Kelompok 8 Kepaniteraan Klinik Kedokteran Keluarga Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas YARSI periode 26 Mei- 27 Juni 2014 yang telah sama-sama berjuang dalam penyusunan laporan hasil studi kasus pasien.

Kesadaran bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan hasil studi kasus pasien ini dirasakan oleh penulis.Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan untuk perbaikan di masa mendatang.Semoga laporan ini dapat memberi manfaat bagi semua pihak.

Wassalammu'alaikumwr. wb.

Jakarta, Juni 2014

Penulis4

18

BERKAS PASIENA. Identitas Pasien

Nama: An. MS.Usia: 8 bulan 8 hariGender : laki-lakiAgama: Islam.Alamat: Jl. Rusun Blok A Kecamatan Cilincing,Jakarta Utara.Tanggal periksa: 30 Mei 2014.

Nama Ayah: Tn.SUsia: 25 tahunPendidikan : SMPPekerjaan :BuruhNama Ibu: Ny. CDUsia: 20 tahunPendidikan : SMAPekerjaan : Ibu Rumah Tangga

B. AnamnesaDilakukan secara alloanamnesis terhadap Ny. CD (Ibu pasien) pada tanggal 30 Mei 2014.1. Keluhan Utama : batuk2. keluhan Tambahan : pilek, panas badan, nafsu makan menurun3. Riwayat Penyakit SekarangPasien datang ke Puskesmas Kecamatan Cilincing Poliklinik Anak MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sakit) diantar oleh kedua orangtuanya dengan keluhan batuk berdahak sejak 1 hari yang lalu. Batuk berdahak namun pasien sulit mengeluarkan dahaknya. Batuk disertai darah disangkal. Keluhan batuk disertai panas badan selama 1 hari. Keluhan batuk didahului pilek sejak 1 minggu yang lalu, berwarna jernih dan kental. Riwayat batuk lama dan hilang timbul disangkal. Riwayat panas badan yang hilang timbul dalam waktu yang lama disangkal. Riwayat berobat untuk keluhan saat ini diakui pasien. Pasien sebelumnya dibawa berobat ke Puskesmas Kelurahan Cilincing 1 diberi obat antibiotik dan penurun panas namun belum ada perbaikan.Ibu pasien juga merasa bahwa berat badan anaknya tidak kunjung bertambah sejak 2 bulan terakhir. Nafsu makan pasien menurun sejak sakit namun masih mengkonsumsi susu kental manis sebanyak 4-8 kali dalam sehari.4. Riwayat Penyakit DahuluSatu bulan yang lalu pasien mengalami keluhan serupa dan pasien berobat ke Puskesmas Kelurahan Cilincing. Riwayat sakit TB paru, asma, kejang dan alergi disangkal.5. Riwayat Penyakit KeluargaRiwayat memiliki penyakit Hipertensi, DM, Asma, TB paru dan alergi pada anggota keluarga disangkal.6. Riwayat Pribadi6.a Riwayat KehamilanSelama kehamilan, ibu pasien rutin kontrol kehamilan ke Puskesmas Kelurahan Cilincing dan tidak pernah sakit keras.Riwayat pemakaian obat-obatan ketika hamil disangkal6.b Riwayat PersalinanPasien adalah anak pertama dari pasangan Tn.S dan Ibu CD. Pasien lahir normal spontan dibantu bidan di puskesmas Kelurahan Cilincing, dikandung cukup bulan, dan lahir langsung menangis. Pasien lahir dengan berat badan 2700 gram. Tidak ada masalah dalam persalinan.7. Riwayat MakananPasien tidak diberi ASI eksklusif sejak lahir. Pasien diberi susu botol selama 6 bulan. Setelah itu, pasien mengkonsumsi susu kental manis dan mulai diberi makanan pendamping ASI saat pasien menginjak usia 7 bulan, yaitu nasi tim dan bubur yang bukan buatan sendiri. Semenjak sakit, nafsu makan pasien jadi berkurang.8. Riwayat Tumbuh KembangIbu pasien mengatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan pasien sama dengan anak-anak seusianya. Sekarang pasien sudah tengkurap, duduk dan merangkak.

Tabel 1. Perkembangan An.MSUsia MotorikAdaptasiBahasa Sosial

3 blnMengangkat kepala 45, menggerakan kepala kiri/kananTerkejut dengan suasana kerasMengoceh spontanMembalas senyum

6 blnTelungkup- telentangMenggenggam pensil, meraih benda di sekitarTersenyum/tertawa jika ada yang menarikMengeluarkan suara gembira

8 blnBelajar dudukMemindahkan bendaBerteriak dengan senangBermain tepuk tangan cilukba

Gambar 1. Denver II tes perilaku pada anakKesan : tumbuh kembang An.MS tidak terdapat kelainan9. Riwayat ImunisasiIbu pasien mengatakan pemberian imunisasi tidak lengkap di puskesmas dengan alasan sering sakit saat akan dibawa imunisasi.BCG: 1x, usia 1 bulan.DPT: 1x, (lupa).Polio: 2x (lupa).Hep B: 1x (lupa).10.Riwayat Sosial EkonomiPenghasilan Tn. S (ayah pasien) adalah Rp50.000,-per hari sebagai seorang buruh harian lepas.Dalam 1 bulan berkisar antara Rp.750.000 Rp.1.000.000,-.Tn.S tidak setiap hari bekerja.Tn. S mengatakan bahwa penghasilannya tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari rumah tangga, dan sulit untuk ditabung. Dalam satu rumah ada tiga orang yang ditanggung hidupnya.

C. Pemeriksaan Fisik1. Keadaan Umum : Tampak sakit ringan2. Vital SignTekanan darah: tidak dinilaiFrekuensi nadi: 120x/menitFrekuensi napas: 22x/menitSuhu : 36.8C3. Status Gizia) Berat badan: 6,8 Kgb) Panjang badan : 74 cmc) BB/U : -2 s.d -3 SD ( Gizi Kurang)d) PB/U : 1-2 SD (tinggi )e) BB/PB : < -3 SD (sangat Kurus)f) Berat Berat ideal : = (umur/bln :2)+4 = (8:2)+4=8 Kgg) Simpulan: Gizi Kurang

4. Status GeneralisKepalaUbun-ubun: belum menutup, cekung (-).Rambut berwarna hitam, tidak mudah dicabut.Wajah: bentuk simetris, tidak tampak tua, tidak membulatMata: cekung, konjungtiva anemis (-),sklera ikterik (-), sekret mata (-/-).Telinga: serumen (-/-), keluar sekret dari telinga (-/-).Hidung: pernapasan cuping hidung (-/-), sekret hidung (+/+).Mulut: perioral cyanosis (-), mukosa mulut basah, Leher: KGBtidak tampak dan tidak teraba membesar,retraksi suprasternal (-).Thorax: B/G simetris kiri = kanan, retraksi interkostal (-).Pulmo: VBS kiri = kanan, ronkhi (-/-), wheezing (-/-).Cor: bunyi jantung reguler, murmur (-), gallop (-).AbdomenInspeksi: datar, simetrisAuskultasi : bising usus (+) normal.Palpasi: turgor kulit baik, hepar dan lien tidak teraba membesar. EkstremitasAtas: akral hangat, sianosis (-/-), capillary refill time