SITOHISTO PPT.pptx

download SITOHISTO PPT.pptx

of 18

  • date post

    11-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    219
  • download

    0

Embed Size (px)

description

SITOHISTO PPT.pptx

Transcript of SITOHISTO PPT.pptx

PowerPoint Presentation

NILAI PROGNOSTIK EKSPRESI CTIP/RBBP8 DALAM KANKER PAYUDARADisusun oleh:Alwina Munajad A102.09.005Ambika Larassati A102.09.006LOGOABSTRACT2Kanker payudara adalah pertumbuhan sel yang abnormal pada jaringan payudara seseorang. Payudara wanita terdiri dari lobulus (kelenjar susu), duktus (saluran susu), lemak dan jaringan ikat, pembuluh darah dan limfe. Sebagian besar kanker payudara bermula pada sel-sel yang melapisi duktus (kanker duktal), beberapa bermula di lobulus (kanker lobular), serta sebagian kecil bermula di jaringan lain. Menurut WHO pada tahun 2005 dilaporkan sebanyak 506.000 wanita meninggal disebabkan oleh kanker payudara.PengertianAda banyak alasan mengapa gen dari sel kanker ini yang kurang stabil yaitu:Mereka cenderung untuk berreplikasi lebih cepat daripada sel normal , terutama disebabkan oleh hilangnya siklus sel protein , seperti retinoblastoma ( rb1 ) , yang mengendalikan transisi g1/detik.Replikasi cenderung lebih mutagenic pada sel tersebut, baik karena masalah replikasi dalam mesin itu sendiri atau dalam menanggapi replication-borne lesi dna.Sel kanker dan sel precancer biasanya berhubungan dengan kerusakan dna , salah satunya adalah karena tidak adanya sinyal lesi yang benar. Dengan kurangnya p53 , rb1 , ataksia telangiectasia ( atm ) bermutasi , ataksia telangiectasia dan rad3 terkait (atr), atau karena adanya perubahan pada mekanisme perbaikan dna ( disebabkan oleh mutasi seperti brca1 , brca2 , dan rad51 )Kanker payudara memiliki hubungan yang erat dengan hormon estrogen pada wanita. Hormon inilah yang dianggap sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya kanker payudara. Subtype kanker payudara dibagi berdasarkan reseptor estrogen (ER), reseptor progesteron (PR), dan faktor pertumbuhan epidermal receptor 2 pada manusia(her-2)

Tipe sampel tumor payudara dimasukkan dalam 5 sub tipe yaitu:Luminal A Luminal B HER2 negatifLuminal B HER2 positifHER2 (non luminal)Triple negatifTipe SampelMamografi adalah foto payudara dengan sinar X dosis rendah. Pada mammografi dapat dilihat gambaran payudara secara keseluruhan.Faktor-faktor yang dilihat pada saat pemeriksaan mamografi antara lain:Intermediate FindingsSuspicious for Malignancy BIRADS CategoryLetak abnormal Stadium klinis kanker payudara adalah sebagai berikut: Stadium 0 : karsinoma insitu (duktal atau lobular) Stadium 1 : karsinoma invasive awal, tumor berukuran diameter 2 cm dan atau terbukti adanya metastasis ke kelenjar limfe lokal (untuk tumor berukuran < 5 cm) Stadium 3 : kanker yang locally advanced, dimana tumor bermetastase ke kelenjar limfe ssssssjaringan lunak Stadium 4 : kanker bermetastasis ke organ tubuh lainnyaStadium Kanker Payudara Pasien:Tiga pasien yang termasuk pada penelitian ini adalah sampel jaringan laki-laki yang dianggap sama dengan sampel perempuan. Usia rata-rata adalah 63 tahun (range , 27-91 tahun). Periode follow-up adalah 67 bulan (median, 78 bulan; range 1-106 bulan). Bahan: Histologi Potongan jaringan Metode: Dilakukan pengecatan hematoxylin eosin dan dilakukan pengamatan mikroskopis.

Gambaran Kanker PayudaraKelenjar Lemak Photomicrograph of lactating mammary gland. Several alveoli are filled with milk, visible as granular material. The vacuoles in the lumen and in the alveolar cell cytoplasm represent the lipid portion of milk.

Scoring Klasifikasi Stadium Kanker Payudara dari AJCC

ScoringKlasifikasi kanker payudara berdasarkan TNMT:Tumor size,N:Node atau kelenjar getah bening dan M:Metastasis taua penyebaran

Terapi kanker payudaraTerapi kanker payudara tergantung pada ukuran dan lokasi tumor,serta penyebarannya juga kondisi kesehatan daripenderita. Kanker payudara pada dapat diterapi dengan pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, dan terapi hormone.Sebelum melakukan tindakan terapi ada beberapa faktor yang harus diketahui untuk menjadi pertimbangan dalam melakukan tindakan, yaitu: Stage dan grade dari tumor Status hormon reseptor tumor (ER, PR) dan HER2/neu Keadaan umum dan umur penderita Mutasi gen kanker yang diketahui.15Daftar pustakaBretones, Isabel soria.2013.Prognostic value of CtIP/RBBP8 expression in breast cancer:SpanyolWidyastuti,Reni dkk. Core Needle Biopsy Pada Tumor Payudara. FK Kedokteran Universitas Udayana Denpasar (4889-755-1-SM.PDF) Kurnia putra, Dane.Identifikasi Keberadaan Kanker Pada Citra Mammografi Menggunakan Metode Wavelethaar (ML2F002566_2,PDF)ass. Lytvynyuk S.O. Mammary glands. http://intranet.tdmu.edu.ua/data/kafedra/internal/histolog/classes_stud/en/med/lik/ptn/2/21%20Menstrual%20cycle.%20%20Mammary%20glands.htm

TERIMA KASIH SOALSebutkan macam-macam metode scoring?Berdasarkan apakah scoring dengan metode TNM! Faktor apa sajakah yang dilihat pada pemeriksaan mamografi?Sebutkan subtype kanker berdasarkan reseptorJelaskan gambaran kanker payudara pada stadium 0!