Siap Print

download Siap Print

of 41

  • date post

    29-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    682
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of Siap Print

MATERI KETERAMPILAN UNTUK KELAS 3 SEKOLAH DASAR SEMESTER 1BAB I : GAMBAR DEKORATIF DAN IMAJINATIF - BAB II : MAINAN KREATIF - BAB III : MAINAN YANG DIGERAKKAN ANGIN - BAB IV : ANYAMAN-

VERA ARISANDI 10 015 029 PGSD/1A

Gambar dekoratif adalah gambar yang bercorak dekor atau dipakai untuk menghias. Gambar dekoratif di bendai pakai seperti : Hiasan pada gerabah Motif-motif kain batik Kartu ucapan Bingkai / pigura kertas dll

a. b. c. d.

Hiasan pada pigura

HIASAN PADA KARTU UCAPAN

- Ambil kertas gambar ukuran 10 x 20 cm. - Buatlah garis tepi dan membuat sebuah bidang di tengah. - Hiaslah bidang yang tersedia dengan motif yang kamu suka. Beri warna hiasan yang kamu buat. - Tulis kalimat ucapanmu dengan huruf indah.

Membuat kartu ucapan

Cara membuat kartu ucapan

B. Menggambar ornameny

y

Kita dapat menggambar motif hias dengan meniru motif-motif hias yang ada di derah kita. Menggambar motif hias memerlukan alat dan bahan serta langkahlangkah pengerjaan sebagai berikut. Bahan dan Alat1. 2. 3. 4. 5. Pensil biasa atau pensil warna Penggaris Karet penghapus Jangka Kertas gambar

Langkah-langkah pengerjaanMemilih bentuk bidang hiasan yang diinginkan Membuat garis penolong pada bidang hiasan yang dipilih Menggambar sketsa motif hias pada bidang yang diinginkan Menebalkan garis-garis bentuk sketsaBeberapa jenis bentuk bidang dengan garis penolongnya

Beberapa jenis bentuk bidang dengan garis penolongnya Gambar motif hias pada bidang lingkaran

Contoh:

Menggambar motif hias pada bidang persegi

Menggambar motif hias pada bidang segi tiga

Motif hias dengan obyek manusia dan binatang Motif hias dengan obyek manusia

Motif hias dengan obyek binatang

B. GAMBAR IMAJINATIFy

Gambar imajinatif adalah gambar yang bersifat imajinasi. Imajinasi adalah khayalan, sesuatu yang kita pikirkan atau kita impikan atau kita inginkan.

y

A. IMAJINASI DIRIGambar imajinasi diri sangatlah tergantung dengan orang yang ingin membuatnya. Orang dapat membuat gambar tentang dirinya sesuka hati. Misal kamu membayangkan punya mata lebih dari dua, punya empat kaki, bisa terbang dll.

Gambar imajinasi diri

B. Imajinasi Alam SekitarImajinasi alam sekitar dapat bermacam-macam. Lihatlah sekitarmu. Apa yang bisa kamu bayangkan dari benda-benda, hewan atau tumbuhan yang ada?? Kamu juga boleh mereka-reka hewan imajinasi, monster, mimpi, tumbuh-tumbuhan atau apa saja.

Contoh mainan kreatif : Pazel Gambar susun Permainan angka a. Pazel Pazel adalah mainan yang terdiri dari potonganpotongan atau kepingan-kepingan gambar. Kepingan gambar itu bisa disusun menjadi satu gambar yang utuh. Permainan dianggap berhasil, jika kamu bisa menyusun kepingan-kepingan gambar menjadi utuh.

Cara membuat pazel :Aku perlu : Karton Tebal Kertas HVS Pensil Krayon Penggaris Gunting Lem Kertas

Aku BisaSiapkan kertas HVS dan kertas karton, masing-masing berukuran sama 16 x 16 cm. Buat sebuah gambar pada kertas HVS. Lalu beri warna yang indah. Beri Lem di sebalik gambar. Tempelkan pada kertas karton. Gambar garis potong pada gambar. Buatlah garis tipis saja. Gunting gambar sesuai garis potong, nah kepingan pazel sudah selesai.

BAB III MAINAN YANG DIGERAKKAN ANGINBanyak sekali benda yang dapat digerakkan oleh angin. y Contohnya : Layang-layang, Kincir Kertas, Kincir Terbang, Ular Naga Kertas dll y Kali ini kita akan belajar merancang dan membuat permainan yang digerakkan oleh angin. y AYO KITA COBA...........y

A. Layang- LayangAKU PERLU : Kertas koran bekas Lidi Benang Pensil Penggaris Lem

Aku Bisa :

1. Potong lidi sepanjang 20 dan 30 cm. 2. Ikat kedua lidi dengan benang. 3. Ikatkan benang dari ujung lidi ke ujung lidi lainnya. 4. Letakkan kerangka layang-layang di atas koran. Beri tanda pada kertas diluar garis benang. 5. Gunting kertas koran sesuai tanda 6. Lipat tepi kertas menutupi benang, lalu di lem. 7. Ikatkan benang layangan kira-kira ditengah lidi supaya seimbang.

Cara membuat layang-layang layang-

B. Kincir Kertas

AKU PERLU : Kertas Karton Pensil Penggaris Lem Kertas Sedotan Gunting Kawat

Karet Gelang Bilah bambu Peniti

1.

2.

3.

4.

Buat gambar persegi ukuran 12 x 12 pada kertas karton. Gunting setiap sudut persegi ke arah tengah sepanjang 7 cm sehingga kertas kertas persegi menjadi empat bagian. Lakukan salah satu bagian ujung ke tengah, lalu dilem supaya lekat. Buat bulatan kecil dari kertas karton manila.

Beri lem dan letakkan di tengah sebagai penahan lipatan. 5. Kincir kertas hampir siap. Lubangi bagian tengah kincir menggunakan peniti. 6. Masukkan sedotan limun yang panjangnya 2 cm ke dalam lubang kincir. 7. Masukkan kawat ke dalam lubang sedotan limun. 8. Kaitkan kawat pada bilah bambu.

Nahh kincir kertas siap dimainkan.. Arakan pada angin dan kincir berputar-putar.

BAB IV Keterampilan Membuat Anyaman ANYAMAN Anyaman adalah Tehnik dasar dalam pembuatan kain. Bahan dan Alat yang dipergunakan. Alat : 1.Pensil 2.Penggaris 3.Gunting atau pisau cutter. 4.lem.dsb.

Bahan : .Kertas ,Pandan.mendong.Bambu,Rotan,Pelepah pisang Janur ,Plastik,Pita,Enceng gondok.kain dsb. Yang akan kami bahas disini al.Bambu dan pandan.

- Mengenal Bambu Bambu Bambu adalah Sebangsa tumbuh-tumbuhan yang tergolong graminea/suku rumputrumputan. Yang tumbuh berumpun dan terdapat diseluruh dataran tanah air. Bentuk batangnya : beruas-ruas didalam tiap ruas terdapat ruang udara hampa.

Bambu di Indonesia mempunyai rumpun dan suku jenis yang sangat besar.Kesemuanya dapat dipergunakanberbagai keperluan sehar-hari. Misal, untuk bangunan rumah, jembatan, pagar, dekorasi rumah, untuk kerajinan anyaman, atau kerajinan tangan ukir-ukiran dsb

- Menebang Bambu Apabila kita akan menebang bambu untuk dibuat barang ataupun untuk kerperluan bangunan Janganlah hanya kita asal menebang saja,tetapi kita harus mencari waktu yang baik.yaitu pada Musim kemarau,2 atau 3 bulan sehabis musim bunga. Maksudnya ialah supaya bambu tidak lagi mengandung bubuk,karena pada pori bambu tidak lagi berisi getah Reduis,yang disukai binatang tersebut.

Maksudnya ialah supaya bambu tidak lagi mengandung bubuk,karena pada pori bambu tidak lagi berisi getah Reduis,yang disukai binatang tersebut. Menebang bambu harushati-hati agar kulitnya /batangnya jangan sampai retak/pecah,maka mene Bang bambu dapat memakai / menggunakan alat parang/kapak ataupun gergaji Batang bambu dipotang kurang lebih 40 em dari atas tanah,untuk menjaga tunas muda /rebung Bambu itu tidak rusak. Maka pemotongan bambu sebaiknya dilakukan kurang lebih 2 kali setahun.

Pemotongan /penebangan yang dilakukan diluar waktu ang ditentukan diatas dapat meru sak pertumbuhan tunas muda tsb. Waktu penebangan bambu yang baik pada akhir musim hujan dan pada musim kemarau. Pada awal musim hujan bambu mulai ditumbui rebung/tunas muda .Bambu dipotong mulai umur 1 thn. Agar batangnya tidak berkerut atau kisut. Bagi bambu tali/apus kebanyakan dipotong pada umur 2/3 bulan,ini untuk dibuat tali atau anyaman ringan.

- Mengeluarkan Getah atau Minyak Bambu

Pohon bambu mengandung getah yang disebut juga minyak bambu. Langkah pertama dalam pengolahan bambu harus diusahakan mengeluarkan getah bambu.atau Di sebut Proses pengawetan.

Tujuannya adalah : 1.Agar barang yang dihasilkan dapat tahan lama dan tidak mudah dimakan serangga. 2.Bila sudah dikeluarkan getahnya bambu mudah dianyam dan mempunyai daya kekuatan Yang tinggi dan tidak mudah patah. Dengan demikian dapat dibentuk untuk membuat barang anyaman sesuai dengan apa yang di Kehendaki. Ada 3 cara pengawetan/pengeluaran getah bambu yaitu: a.Diremdam dalam air yang mengalir. b.Diperanginkan ditempat yang teduh. c.Direbus dalam air yang mendidih.

Keterangan: a.Diremdam dalam air yang mengalir. Setelah bambu ditebang,bambu tersebut

diremdam.batangnya diletakkan terbalik,berlawanan Dengan aliran air.Biasanya dikerjakan disungai-sungai dan bambu diikat satu sama lain agar Jangan sampai hanyut.

. Biasanya ini dilakukan di desa-desa atau didataran rendah. Perendaman ini memerlukan waktu selama kurang lebih 1 minggu.semakin lama perendaman Semakin baik ,pengawetanya semakin sempurna.

b. Diperanginkan ditempat yang teduh. y Pengambilan minyak /getah bambu dengan cara sederhana dan tidak memerlukan biaya,waktu y Pengawetan dengan cara ini sangat lama,memerlukan waktu kurang lebih 1 bulan,baru getah y Bambu dapat habis.y