Presentasi Referat Bipolar

download Presentasi Referat Bipolar

of 45

  • date post

    11-Dec-2014
  • Category

    Documents

  • view

    127
  • download

    4

Embed Size (px)

description

Referat mengenai bipolar

Transcript of Presentasi Referat Bipolar

Pembimbing : Dr. Ira Safitri, SpKJ (K)Yenny Adelia (406101028) Andreas Wijaya (406101029) Antonius H.K (406101030) Aditya T.N (406101031) Maria Kristiani (406101034)

definisi Gangguan Manik-Depresif. Gangguan suasana perasaan ( mood ), dimana seseorang dapat menampilkan pergantian mood secara ekstrim antara depresi dan manik. Episode berulang ( sekurang-kurangnya dua kali ). Gangguan mood : suatu kelompok kondisi klinis yg ditandai dengan hilangnya perasaan kendali & pengalaman subjektif adanya penderitaan berat.

epidemiologi 1% hingga 1,5% dari total populasi dan mungkin sekitar 2% jika gejala bipolar II diikutsertakan. = Sering muncul saat masa remaja atau dewasa awal (usia 25 - 35 tahun) dan berpengaruh terhadap penderita sepanjang sisa hidupnya. Urutan ke 6 penyebab disabilitas utama di dunia. Prevalensi penyakit ini cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

etiologi Belum diketahui secara jelas.Faktor Geneti k Faktor Biokimiaw i

T. Kel. Kromosom (4,5, 6, 11, 18, 21, dan kromosom X) T. Saudara Kembar (monozigot) Neurotransmiter Otak F. Hormon F. Elektrolit

Faktor Anatomi Biologi s

Psikolog i

Lingkunga Pelebaran Serebelum ventrikel III mengecil n

Lobus temporal mengecil

1. Teori pola asuh : anak dengan orang tua yang gangguan bipolar kecenderungannya untuk menderita gangguan bipolar lebih besar baik diasuh secara langsung maupun tidak. 2. Penggunaan dan penyalahgunaan obat seperti : Marijuana, Kokain, Opioid, Barbiturat, LSD, Klonidin, Simetidin, Propanolol, -blocker, NSAID, steroid, Reserpin, -metildopa. 3. Ketergantungan alkohol. 4. Kematian orang yang dicintai. 5. Kegagalan dalam membina hubungan (keluarga, teman, kekasih, bisnis) 6. Pasca operasi, kronik hemodialisis. 7. Penyakit infeksi 8. Perubahan musim

Biologi Psikolog Lingkunga i n

klasifikasiPPDGJ III Episode kini Hipomanik Episode Kini Manik Tanpa Gejala Psikotik Episode Kini Manik Dengan Gejala Psikotik Episode Kini Depresif Ringan atau Sedang Episode Kini Depresif Berat Tanpa Gejala Psikotik Episode Kini Depresif Berat Dengan Gejala Psikotik Episode Kini Campuran Episode Kini Dalam Remisi Lainnya : Bipolar II, Manik Berulang Bipolar Tak Tergolongkan

DSM-IV Bipolar I Episode Manik Tunggal Episode Manik Saat Ini Episode Campuran Saat Ini Episode Hipomanik Saat Ini Episode Depresi Saat Ini Episode Yang Tidak Dapat Diklasifikasikan Saat Ini

Bipolar II Siklotimik

PPdgj IIIF 31.0 Gangguan Bipolar, Episode Kini Hipomanika. Episode yang sekarang harus memenuhi kriteria untuk hipomania. b. Harus ada sekurang-kurangnya 1 episode afektif lain ( hipomanik, manik, depresif atau campuran ) di masa lampau. F 31.1 Gangguan Bipolar, Episode Kini Manik tanpa Gejala Psikotik a. Episode yang sekarang harus memenuhi kriteria untuk mania tanpa gejala psikotik. b. Harus ada sekurang-kurangnya 1 episode afektif lain ( hipomanik, manik, depresif atau campuran ) di masa lampau. F 31.2 Gangguan Bipolar, Episode Kini Manik dengan Gejala Psikotik a. Episode yang sekarang harus memenuhi kriteria untuk mania dengan gejala psikotik. b. Harus ada sekurang-kurangnya 1 episode afektif lain ( hipomanik, manik, depresif atau campuran ) di masa lampau.

PPdgj IIIF 31.3 Gangguan Bipolar, Episode Kini Depresif Ringan atau Sedang a. Episode yang sekarang harus memenuhi kriteria untuk episode depresif ringan atau sedang. b. Harus ada sekurang-kurangnya 1 episode hipomanik, manik atau campuran di masa lampau. F 31.30 Tanpa gejala somatik F 31.31 Dengan gejala somatik F 31.4 Gangguan Bipolar, Episode Kini Depresif Berat tanpa gejala Psikotik a. Episode yang sekarang harus memenuhi kriteria untuk episode depresif berat tanpa gejala psikotik. b. Harus ada sekurang-kurangnya 1 episode hipomanik, manik atau campuran di masa lampau. F 31.5 Gangguan Bipolar, Episode Kini Depresif Berat dengan gejala Psikotik a. Episode yang sekarang harus memenuhi kriteria untuk episode depresif berat dengan gejala psikotik. b. Harus ada sekurang-kurangnya 1 episode hipomanik, manik

PPdgj IIIF 31.6 Gangguan Bipolar, Episode Kini Campuran a. Pasien pernah mengalami sekurang-kurangnya 1 episode manik, hipomanik atau campuran di masa lampau, b. Sekarang sedang menunjukkan gejala-gejala manik, hipomanik dan depresif yang tercampur atau bergantian dengan cepat. F 31.7 Gangguan Bipolar, Episode Kini dalam Remisi a. Pasien pernah mengalami sekurang-kurangnya 1 episode manik/hipomanik/campuran di masa lampau + 1 episode depresif/manik/hipomanik/campuran. b.sekarang tidak menderita gangguan mood yang nyata dan tidak menderitanya selama beberapa bulan terakhir ini. Namun pasien mungkin sedang mendapat pengobatan untuk mengurangi resiko timbulnya episode di masa mendatang. F 31.8 Gangguan Bipolar Lainnya Termasuk : Gangguan Bipolar II Episode manik berulang F 31.9 Gangguan Bipolar yang Tidak Tergolongkan

DSM - IVGangguan Bipolar I ( Sindroma Manik dan Depresif Lengkap )1. 2. 3. Memiliki Episode Manik tanpa Episode Depresif Mayor. (Manik Tunggal) Saat ini memiliki Episode Hipomanik dan pernah memiliki Episode Manik atau Campuran di masa lalu. (Episode Sekarang Hipomanik) Saat ini memiliki Episode Manik dan telah memiliki setidaknya satu Episode Depresif Mayor, Episode Manik atau Episode Campuran dimasa lalu. (Episode Sekarang Manik) Saat ini sedang dalam Episode Campuran dan telah memiliki setidaknya satu Episode Depresif Mayor, Episode Manik atau Episode Campuran. (Episode Sekarang Campuran) Sedang memiliki Episode Depresif Mayor dan telah memiliki setidaknya satu Episode Manik atau Campuran (Episode Sekarang Depresi) Sedang memiliki setidaknya sebuah Episode Manik, Hipomanik, Campuran atau Episode Depresif Mayor dan telah memiliki setidaknya satu Episode Manik atau Campuran. (Episode Sekarang Tidak Terspesifikasi)

4.

5. 6.

DSM - IVGangguan Bipolar II ( Episode mayor Depresif berulang dengan Hipomania )1. 2. 3. 4. 5. Sedang memiliki atau pernah memiliki setidakknya satu Episode Depresif Mayor. Sedang memiliki atau pernah memiliki setidaknya Episode Hipomanik. Individu tersebut tidak pernah memiliki Episode Manik atau Campuran. Gejala-gejalanya tidak dapat dijelaskan dengan gangguan mental lainnya. Gejalanya menyebabkan stress pada kehidupan social, kerja dan area penting lainnya dari seseorang individu.

DSM - IVGangguan Siklotimik1. Untuk setidaknya dua tahun atau satu tahun pada anak terdapat banyak periode dari hipomanik dan gejala depresif yang tidak sesuai dengan criteria dari Episode Depresif Mayor. Selama periode 2 tahun atau 1 tahun dari masa kanak, orang tersebut dapat menjalani tanpa gejala yang dalam criteria 1 untuk lebih dari dua bulan. Tidak terdapat Episode Depresif Mayor, Manik atau Campuran yang nampak selama 2 tahun pertama dari diagnosis atau 1 tahun dari diagnosis untuk seorang anak. JIka ada maka Gangguan Bipolar I dan II juga dapat didiagnosa. Gejala pada kriteria 1 yang tak dapat dijelaskan oleh gangguan mental, kondisi medis atau zat lainnya. Gejala-gejala yang menyebabkan stress yang nyata pada aspek social, kerja dan aspek penting lainnya dalam hidup.

2. 3.

4.

5.

Gangguan Bipolar Tidak TerspesifikasiIndividu tersebut tidak dapat memenuhi kriteria untuk Gangguan Bipolar spesifik manapun, tetapi memiliki gejala serupa. Seperti perubahan yang sangat cepat yang dapat diklasifikasikan sebagai gejala manik dan depresi jika mereka memenuhi durasi waktu yang diperlukan untuk diagnosis Gangguan Bipolar.

manikMANIA DENGAN GEJALA PSIKOTIK

HIPOMANIA

MANIA TANPA GEJALA PSIKOTIK

hipomania Terjadi peningkatan ringan dari suasana perasaan (mood) yang menetap ( sekurang- kurangnya beberapa hari berturut-turut ). Peningkatan energi dan aktivitas, kemampuan bergaul. Peningkatan energi seksual. Pengurangan kebutuhan tidur. Lebih sering bersifat pergaulan sosial euforik, meskipun kadang lekas marah, sombong, tidak sopan, dan lawakan yang berlebihan. Konsentrasi dan perhatiannya dapat mengalami gangguan sehingga kurang bisa duduk dengan tenang atau bersantai, tetapi tidak sampai menjurus pada kekacauan berat dalam pekerjaan atau penolakan oleh masyarakat. Masih timbul minat dalam usaha dan aktivitas baru.

MANIA TANPA GEJALA PSIKOTIK Peningkatan energi sehingga terjadi aktivitas yang berlebihan, agresif. Percepatan dan kebanyakan bicara, berkelakar pada situasi yang tidak tepat. Berkurangnya kebutuhan tidur. Tidak dapat memusatkan perhatian. Harga diri membumbung, pemikiran serba hebat dan terlalu optimis, mudah tersinggung. Membelanjakan uang secara berlebihan.

MANIA DENGAN GEJALA PSIKOTIK Gambaran klinik merupakan bentuk mania yang lebih berat daripada mania tanpa gejala psikotik. Harga diri yang membumbung dapat berkembang menjadi waham kebesaran, iritabilitas serta kecurigaan menjadi waham kejar. Pada kasus berat, waham kebesaran atau religius tentang identitas mungkin mencolok. Percepatan bicaranya tidak dapat dipahami. Aktivitas fisik yang hebat dan terus-menerus dapat menjurus kepada agresif dan kekerasan, pengabaian makan, minum dan kesehatan pribadi.

depresiDiperlukan waktu sekurang-kurangnya 2 minggu untuk menegakkan diagnosis. Dibagi menjadi depresi ringan, sedang, dan berat. Terdiri atas gejala mayor dan gejala minor.

depresiGejala Mayor :1. Afek depresif. 2. Kehilangan minat dan kegembiraan. 3. Berkurangnya energi mudah lelah dan berkurangnya aktivitas, biasanya ada rasa lelah yang nyata sesudah kerja sedikit.

Gejala Minor :1. Konsentrasi dan perhatian berkurang. 2. Harga diri dan kepercayaan diri berkurang. 3. Gagasan perasaan bersalah dan tidak berguna ( bahkan pada tipe ringan ). 4. Pandangan masa depan yang suram dan pesimis. 5. Gagasan atau perbuatan membahayakan diri atau bunuh diri. 6. Gangguan tidur. 7. Nafsu makan menurun.

depresiDepresi Ringan :Sekurang-kurangnya 2 gejala mayor + 2