Ppi Presentasi FISIP UI

download Ppi Presentasi FISIP UI

of 13

  • date post

    11-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    227
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Qatrunnada S1 Paralel

Transcript of Ppi Presentasi FISIP UI

Maraknya Trend Transaksi Jual-Beli Online dan Dampaknya pada Kehidupan Manusia

Maraknya Trend Transaksi Jual-Beli Online dan Dampaknya pada Kehidupan Manusia Qatrunnada Nadhifah1506720684LATAR BELAKANGPenulis ingin menjelaskan bahwa online shopping tidak hanya sebuah cara baru untuk melakukan jual-beli, tetapi memiliki dampak luas bagi kehidupan manusia, terutama dalam bidang ekonomi masing-masing pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut. RUMUSAN MASALAHApa pengertian dan cakupan dari transaksi jual-beli online / online shopping ?Bagaimana transaksi jual-beli online berkembang ?Apa saja dampak yang ditimbulkan dari transaksi jual-beli online dalam kehidupan manusia?Bagaimana hubungan transaksi jual-beli dengan budaya konsumerisme?

APA ITU TRANSAKSI JUAL-BELI ONLINE?Transaksi Jual-Beli Online atau Online Shopping adalah kegiatan penjualan atau pembelian barang melalui media internet dan salah satu bentuk perdagangan elektronik yang digunakan untuk kegiatan transaksi penjual ke penjual ataupun penjual ke konsumen. BERKEMBANGNYA ONLINE SHOPPINGEra globalisasi Modern & Serba Mudah E-commerce Dimulai dari blog , website hingga ke media sosialMotivasi Konsumen ( Kepercayaan Konsumen), dan Kualitas Penjual juga mendorong berkembangnya online shopping.DAMPAK ONLINE SHOPPINGDAMPAK BAIK :Kenyamanan dalam bertransaksi Kebebasan memilihDAMPAK BURUK :Timbulnya perilaku konsumtifBerkembangnya budaya konsumerisme dan perubahan gaya hidupBoros dalam memanajemen uang

HASIL PENELITIAN

HASIL PENELITIAN

HASIL PENELITIAN

HASIL PENELITIAN

KESIMPULANmaraknya trend bertransaksi jual-beli online memiliki banyak dampak dalam kehidupan manusia.. Dampak dampak yang ditimbulkannya pun sangat beragam, menyebabkan kenyamanan, kebebasan sekaligus merubah gaya hidup manusia. Dampak tersebut berpengaruh pula pada perilaku konsumtif dan membantu terbentuk dan berkembangnya budaya konsumerisme.

SARANDalam mencegah dampak buruk dari transaksi jual-beli online seperti perilaku konsumtif dan berkembangnya budaya konsumerisme, seharusnya individu dapat menahan dan mengkontrol diri dari mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak penting, tidak terpengaruh oleh iklan, diskon, promosi ataupun berbagai cara pemasaran yang mudah mempengaruhi individu. Selain itu, mempertahankan cara hidup yang sederhana dan tidak berlebihan juga menjadi faktor yang membantu pencegahannya.

TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA