Porto Hipertensi

download Porto Hipertensi

of 14

  • date post

    12-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    234
  • download

    14

Embed Size (px)

description

portofolio

Transcript of Porto Hipertensi

Nama Peserta : dr. Laili Khairani

Nama Wahana : RSAD Wirabhakti Tk IV Mataram

Topik : Hipertensi

Tanggal (kasus) : Maret 2015

Nama Pasien : Tn. I No. RM : 023873

Tanggal Presentasi : Nama Pendamping : dr. Made Hasri Dewidr. Ni Gusti Made Noviani

Tempat Presentasi : Aula RSAD Wirabhakti Tk IV Mataram

Objektif Presentasi: Management Hipertensi berdasarkan JNC VIII

Keilmuan Keterampilan Penyegaran Tinjauan Pustaka

Diagnostik Manajemen Masalah Istimewa

Neonatus Bayi Anak Remaja Dewasa Lansia Bumil

Bahan bahasan: Tinjauan pustaka Riset Kasus Audit

Cara membahas: Diskusi Presentasi dan diskusi Email Pos

Data pasien:Tn. I, 45 tahun, laki-laki,

LabuapiNo. RM: 023873

Nama Klinik: RSAD Wirabhakti Tk IV MataramTelp: Terdaftar sejak:

Deskripsi: Laki-laki, 45 tahun. Datang dengan keluhan kepala pusing berputar sejak 4 hari yang lalu, dan tengkuk terasa pegal. Mual (+), muntah (-).

Tujuan: Management Hipertensi

Data utama untuk bahan diskusi:

1. Diagnosis/Gambaran klinis: vertigo dengan hipertensi

2. Riwayat Pengobatan: belum diberikaan obat apapun

3. Riwayat kesehatan/Penyakit: Tidak pernah menderita penyakit serupa sebelumnya

4. Riwayat keluarga: Bapak dan kakek pasien mengalami hipertensi

5. Riwayat pekerjaan: Sebagai PNS

6. Lain-lain: Pasien adalah seorang perokok yang menghabiskan rokok 6 batang per harinya.

Daftar Pustaka:

1. James PA, Oparil S, Carter BL, Cushman WC, Himmelfarb CD, Handler J, et al. 2014 Evidence-Based Guideline for the Management of High Blood Pressure in Adults Report From the Panel Members Appointed to the Eighth Joint National Committee (JNC 8) [published online December 18, 2013]. Journal American Medical Association. 20132. Page MR. The JNC 8 Hypertension Guidelines: An In-Depth Guide [published online January 21, 2014]. The American Journal of Managed Care.3. New JNC 8 hypertension guidelines: What does the panel recommend now? Monthly Prescribing Reference [Internet]. 2013 [cited 2015 Mar 23]. Available from; http://www.empr.com/new-jnc-8-hypertension-guidelines-what-does-the-panel-recommend-now/article/326269/

Hasil Pembelajaran:

1. Management Hipertensi

Rangkuman Hasil Pembelajaran Portofolio

1. Subjektif :

Laki-laki, 45 tahun datang dengan keluhan kepala pusing berputar sejak 4 hari yang lalu, tengkuk terasa pegal dan tidak ada tenaga. Mual (+), muntah (-), penglihatan kabur (-)Pasien tidak pernah mengalami sakit serupa sebelumnya (-). Riwayat pengobatan: pasien belum minum obat apapunRiwayat keluarga : bapak dan kakek pasien mengalami hipertensi, riwayat DM (-)2. Objektif :

Dari pemeriksaan fisik didapatkan:

KU : Baik Tekanan darah

: 170/130 mmHg

Nadi

: 88 kali/menit

Nafas

: 20 kali/menit

Suhu

: 36,5 0 C

Kepala

: dalam batas normal THT

: tonsil tidak ada kelainan Mata : Konjungtiva tidak anemis, sklera tidak ikterik, pupil isokor

Thorak :

Inspeksi : simetris (+), retraksi subkostae (-), gerakan napas simetris Palpasi : gerakan napas simetris Perkusi : sonor +/+, batas jantung normal Paru : bronkovesikuler, ronkhi -/-, wheezing -/-

Jantung : irama teratur, bising (-)

Abdomen

Inspeksi : distensi (-) Auskultasi : bising usus (+) normal Perkusi : timpani

Palpasi : supel, nyeri tekan epigastik (+), hepar lien tidak teraba Ekstremitas : Akral hangat, refilling kapiler baik, oedem (-)

3. Assesment :Berdasarkan hasil anamnesis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang telah dilakukan didapatkan kasus Vertigo dengan HipertensiHIPERTENSIHipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi umum yang tampak pada pelayanan kesehatan primer dan kondisi tersebut mengakibatkan penyakit myocardial infraction, stroke, renal failure, dan kematian, jika tidak dideteksi dan diterapi dengan cepat. Petunjuk untuk mengendalikan kondisi hipertensi sangat penting, oleh karena itu suatu uji sistematis berupa penelitian dengan subyek penelitian diambil secara acak (randomized) perlu dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Hal ini bertujuan agar pengobatan dari hipertensi menjadi lebih efisien dan efektif dalam mengendalikan kondisi tersebut. Proses pengendalian hipertensi harus memiliki standart penurunan tekanan darah (batas penurunan, batas titik tekanan darah untuk tujuan terapi serta obat yang berperan dalam proses pengobatan), karena terapi hipertensi dapat mencetus kondisi hipotensi yang mengakibatkan pasien jatuh dalam kondisi yang buruk.

Joint National Committee atau JNC 8 menyusun sebuah panduan penatalaksanaan hipertensi untuk orang dewasa. Guideline yang diajukan oleh JNC 8 merupakan sebuah guideline yang melengkapi dari JNC 7 yang telah dikeluarkan sebelumnya. Diharapkan dengan guideline ini dapat memberikan pedoman penatalaksanaan hipertensi dalam menangani masalah tekanan darah tinggi pada orang dewasa. Dalam proses penyusunan JNC 8 terlibat lebih dari 400 orang ahli dibidang hipertensi. Para ahli tersebut terdiri dari bidang pelayanan kesehatan primer, geriatri, kardiologi, nefrologi, perawat, ahli farmasi, ahli evidence-based medicine, ahli clinical-trial, dan ahli survailance.

Metodologi yang digunakan dalam JNC 8 adalah metodologi penelitian jenis evidance reviews yang mengarah ke RCT. Metode tersebut diharapkan dapat mengurangi bias dalam proses pembuatan guideline tersebut sehingga hasil penelitian tersebut cukup representatif untuk mengambarkan gold standart dari efikasi dan efektivitas terapi.

Inti pokok yang menjadi fokus dalam JNC 8 adalah 3 pertanyaan berikut ini:

1. Apakah dengan memulai terapi antihipertensi dengan batas tekanan darah tertentu pada orang dewasa dengan hipertensi dapat meningkatkan kualitas kesehatannya?,

2. Apakah dengan terapi farmakologi antihipertensi dengan menurunkan tekanan darah sampai pada batas tekanan darah tertentu pada orang dewasa penderita hipertensi dapat meningkatkan kualitas kesehatannya? 3. Pada orang dewasa dengan hipertensi pemberian berbagai obat hipertensi atau berbagai kelas obat berbeda apakah dapat menyebabkan perbedaan dari segi manfaat dan kerugian tertentu pada kualitas kesehatan?

Perbedaan antara JNC 7 dan JNC 8

TopikJNC 7JNC 8

MetodologiLiteratur review yang tidak sistematis dari para ahli (expert committee) termasuk batasan dari desain penelitiannya.Critical questions dan review criteria didefiniskan oleh para ahli dari berbagai instansi penelitian (expert panel) dan digabungkan oleh team metodologi.

Tinjauan sistematis awal dilakukan oleh ahli metodologi terbatas pada RCT evidance

Peninjauan kembali dari RCT evidance dan rekomendasi dari setiap panel akan disesuaikan dengan protokol standart yang berlaku.

DefinisiMenetapkan hipertensi ke dalam kriteria pre-hipertensi dan hipertensiTidak menetapkan prehipertensi dan hipertensi namun lebih menetapkan thresholds pemberian terapi farmakologi

Tujuan terapi Menetapkan tujuan terapi secara terpisah yaitu untuk terapi hipertensi tanpa komplikasi dan hipertensi disertai dengan penyakit komorbidMenetapkan tujuan terapi yang sama untuk semua populasi kecuali jika terdapat bukti yang kuat untuk menerapkan terapi yang berbeda pada subpopulasi tertentu

Rekomendasi Gaya HidupRekomendasi yang diberikan berdasarkan literature review dan pendapat ahliRekomendasi yang diberikan berdasarkan pada rekomendasi yang telah didukung sejumlah bukti penelitian dari Lifestyle Work Group

Terapi farmakologi Merekomendasikan 5 kelas obat yang dapat dipertimbangkan dalam terapi awal tetapi terapi yang paling direkomendasikan untuk hipertensi tanpa komplikasi adalah thiazide-obat type diuretik dibandingkan kelas obat yang lain.

Beberapa terapi hipertensi yang spesifik di indikasikan khusus pada hipertensi dengan komplikasi seperti DM, CKD, gagal jantung, myocardial infraction, stroke, dan resiko tinggi CVD(termasuk tabel komprehensif yang terdiri dari nama obat dan ukuran dosis obat yang biasa digunakan)Rekomendasi berupa pilihan obat yang terdiri dari 4 kelas obat antihipertensi spesifik (ACEI atau ARB, CCB atau diuretik), dan dosis obat berdasarkan penelitian RCT.

Rekomendasi obat untuk kondisi ras tertentu, CKD dan DM berdasarkan bukti penelitian RCT

Panel terapi obat yang dibuat dalam tabel merupakan hasil dari clinical trial pada penderita hipertensi dan sudah terbuti memiliki efikasi dan efektivitasnya

Ruang lingkup topic yang dibahasMenunjukan kepada berbagai masalah yaitu metode pengukuran tekanan darah, komponen evaluasi pasien, hipertensi sekunder, kepatuhan terhadap regimen, resistent hipertensi, dan hipertensi pada populasi khusus, berdasarkan literature review dan pendapat ahli.

Ulasan bukti RCT ditujukan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang menjadi perioritas utama panel

Proses ulasan sampai terpublikasiDi ulas oleh National High Blood Pressure Education Program Coordinating Committee, sebuah koalisi dari 39 orang profesional, masyarakat, dan organisasi sukarela dan 7 lembaga federalDiulas oleh para ahli yang terdiri profesional, masyarakat, dan lembaga federal dan tidak memiliki sponsor.

Menagemen Hipertensi JNC 8Bukti diambil dari penelitian terkontrol secara acak dan diklasifikasikan menjadi :

A. Rekomendasi kuat, dari evidence base terdapat banyak bukti penting