Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

19
PEDOMAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA ( PSG) SMK TELKOM SANDHY PUTRA BANJARBARU 1

description

Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

Transcript of Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

Page 1: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

PEDOMAN PELAKSANAANPENDIDIKAN SISTEM GANDA ( PSG)

SMK TELKOM SANDHY PUTRA BANJARBARU

SMK TELKOM SANDHY PUTRA BANJARBARUJl. P. Suriansyah No. 3 Banjarbaru 70711 Telp : (0511) 4772818 Fax : (0511) 4772700

WEBSITE : http://www.smktelkom-bjb.sch.idEMAIL : [email protected] Jejaring PSG : IT Battle Google Group

TAHUN 2011

1

Page 2: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

A. Latar belakang

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan dan perkembangan dunia telekomunikasi di Indonesia seiring berlakunya Undang- undang No. 36 Tahun 1999 tentang pencabutan hak ekslusitas terhadap bisnis jasa Telekomunikasi di Indonesia, maka hal ini akan berpengaruh sangat besar terhadap penyediaan dan pengembangan SDM bidang telekomunikasi yang handal dan profesional.

Menyikapi perkembangan dunia pertelekomunikasian inilah diperlukan upaya penyediaan SDM yang mampu dan terampil melalui jalur pendidikan formal. SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru merupakan salah satu SMK yang bertugas mencetak SDM yang berbasis bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (Program Keahlian Teknik Jaringan Akses dan Teknik Komputer Jaringan) , turut bertanggung jawab terhadap kualitas lulusan agar memiliki kompotensi dan profesionalisme seperti tuntutan dunia industri.

Terwujudnya perlaksanaan Pendidikan sistem Ganda ( PSG) tahun 2011 ini di dasari pada perjanjian kerjasama Nomor : TEL / 232 / HK810 / COP-B0021000 / 2009 dan Nomor : PKS.05 / PDD / DPP-YSPT / V / 2009, pada hari senin tanggal 1 Juni 2009 antara Yayasan Sandhykara Putra Telkom dengan Perusahaan Perseroan(Persero) PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk tentang “Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bagi SMK Telekomunikasi Medan, Jakarta, Purwokerto, Malang, Banjarbaru dan Makasar.

Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda yang dilakukan ini mempunyai fungsi dan sasaran yakni:1. Menyiapkan SDM yang memiliki keahlian profesional dengan

pengetahuan , keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan industri Telekomunikasi.

2. Memperkokoh “ link and mact” antara SMK Telekomunikasi Banjarbaru dengan dunia kerja bidang Telekomunikasi.

B. Tujuan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)

1. Untuk memberikan pengalaman kerja secara langsung serta mampu menemu-kenali dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang timbul di lapangan.

2. Untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan, baik teknis maupun Human Relationship nya.

3. Untuk membentuk dan merubah sikap/ perilaku siswa yang lebih positif melalui penyesuaian diri dengan lingkungan kerja di tempat PSG.

4. Untuk memupuk rasa kebersamaan tim secara baik, terutama dalam mensukseskan suatu program kerja.

5. Untuk mengukur kompotensi masing-masing siswa setelah dihadapkan pada berbagai masalah di lapangan.

2

Page 3: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

C. Manfaat Pendidikan Sistem Ganda (PSG)

1. Bagi siswa SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru1. Untuk membentu memberikan bekal pengetahuan dan

keterampilan kepada siswa tentang kondisi yang nyata di lapangan PSG.

2. Dapat lebih membuka wawasan tentang dunia teknologi informasi dan komunikasi.

3. Sebagai wujud implementasi program link and Matc antara dunia pendidikan dengan dunia kerja.

2. Bagi dunia usaha/dunia industry (DU/DI)1. Memberikan kontribusi dalam mencapai target

pekerjaan dilapangan baik secara kualitas maupun kuantitas.2. Untuk membantu dunia industri mengidentifikasikan

potensi SDM bidang telekomunikasi di pasar tenaga kerja.

D. Ruang lingkup pekerjaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)

Untuk Program Keahlian Teknik Jaringan Akses ( Jarlokat, Jarlokaf, Jarlokar) mencakup bidang pekerjaan sebagai berikut :1. Instalasi2. Operasi dan pemeliharaan3. Pasang baru4. Penanganan gangguan5. Administrasi pelaporan.

Untuk Program Keahlian Teknik Informatika mencakup bidang pekerjaan sebagai berikut :1. Jaringan Komputer2. Pemrograman3. Komputerisasi Data, Pelayanan, Operasi dan Pemeliharaan.

E. Tata tertib bagi peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG)

1. Setiap peserta diwajibkan untuk hadir setiap hari kerja, sesuai dengan jadwal kerja yang telah ditetapkan oleh kantor yang bersangkutan , termasuk waktu istirahat serta mentaati peraturan yang berlaku dikantor setempat.

2. Setiap peserta diwajibkan untuk melaksanakan tugas dengan baik, disiplin, bertanggungjawab dan melaporkan hasilnya kepada pembimbing PSG.

3. Setiap peserta tidak diperkenankan menggunakan fasilitas –fasilitas dinas baik telepon, facsimile, komputer, dll. Tanpa seijin kepala kantor untuk kepentingan pribadi.

4. Apabila terjadi sesuatu yang mengakibatkan tidak dapat mengikuti kegiatan ( sakit, urusan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan) maka

3

Page 4: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

yang bersangkutan wajib untuk melapor dan minta ijin kepada pembimbing PSG lapangan/ guru di sekolah.

5. Selama PSG, setiap peserta diwajibkan untuk memakai baju seragam PSG yang telah ditetapkan SMKTelkom dan pakaian kerja yang telah ditentukan oleh Dunia Industri(Telkom).

6. Selama PSG, setiap peserta diwajibkan untuk memelihara kekompakan, kerukunan serta diwajibkan untuk memelihara/ menjaga nama baik diri, SMKTekom, orang tua dan kantor tempat PSG.

7. Setiap peserta wajib mengikuti kegiatan yang ditugaskan oleh pembimbing PSG, seperti upacara, apel pagi, senam dll.

8. Setiap peserta wajib menganti segala kerusakan/ kerugian yang diakibatkan oleh kesalahan/ kelalaian yang bersangkutan.

F. Bidang Tugas, Pengawasan dan Pelaporan

1. Dalam pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) setiap peserta dilibatkan secara langsung untuk ikut serta menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang ada di lingkungan Telkom, atau tempat lain yang ditunjuk Telkom baik sendiri atau tim yang akan ditentukan kantor tempat pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)

2. Sepanjang tersedia dan memungkinkan, kepada peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) diberikan fasilitas kerja(praktek kerja lapangan dan praktek operasional) pada unit di lingkungan Telkom pada lokasi kerja penempatan peserta.

3. Setiap peserta secara sendiri maupun tim dapat melakukan konsultasi dan diskusi dalam melaksanakan tugasnya kepada supervisor maupun pembimbing.

4. Supervisor bertanggung jawab memberikan tugas untuk diselesaikan dan dilaksanakan oleh setiap peserta, di samping memberikan penjelasan yang dipandang perlu atas pertanyaan setiap peserta yang di bawah pengawasannya.

5. Pembimbing bertanggung jawab memberikan penjelasan dan keterangan yang dibutuhkan peserta sesuai tugas dan tanggung jawabnya atas pertanyaan setiap peserta yang berada dibawah bimbingannya.

6. Pada akhir pelaksanaanPendidikan Sistem Ganda (PSG) peserta wajib membuat laporan secara tertulis dan disampaikan kepada Telkom dan Sekolah.

G. Prosedur pelaksanaan PSG

1. Siswa datang ke tempat praktek kerja diantar oleh Guru Pengantar yang ditunjuk oleh Kepala SMKTel atau dengan membawa surat pengantar dari sekolah apabila tidak diantar oleh Guru Pengantar,

4

Page 5: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

memperkenalkan diri kepada kepala kantor serta stafnya. Memberikan penjelasan tentang teknis pelaksanaan PSG

2. Mendengarkan pengarahan dari kepala kantor tentang organisasi, SDM, ruang lingkup pekerjaan, peraturan-peraturan kedinasan dan perangkat yang berada di bawah tanggung jawabnya. Pada kesempatan ini kepala kantor juga memperkenalkan petugas yang menjadi pembimbing siswa dilapangan.

3. Pembimbing membawa siswa untuk mengenal lingkungan kerjanya.

4. Pembimbing bersama siswa menyusun program kerja dan mekanisme pelaksanaannya.

5. Pembimbing memberikan pengarahan dan penjelasan sebelum siswa mulai bekerja.

6. Diakhir setiap tugas yang mengambarkan suatu sub kompotensi dilakukan evaluasi dan penilaian, dan hasilnya dicantumkan dalam buku kerja siswa.

7. Siswa diwajibkan membuat laporan hasil PSG yang format penyusunannya ditetapkan oleh SMKTEL dan minggu terakhir akan diadakan evaluasi dan dinilai oleh pembimbing lapangan dan guru pembimbing SMKTEL.

8. Pada hari terakhir masa PSG siswa dan guru Pembimbing melaporkan secara singkat hasil semua kegiatan PSG kepada kepala kantor dan sekaligus menyampaikan salam perpisahan.

H. Penilaian dan Evaluasi

1. Evaluasi pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) oleh Supervisor dan Pembimbing bagi peserta wajib dilakukan paling lambat 1 (satu) minggu sebelum masa Pendidkan Sistem Ganda (PSG) berakhir.

2. Selesai pelaksanaan Pendidkan Sistem Ganda (PSG), baik Telkom maupun pihak sekolah wajib melakukan evaluasi terhadap efektivitas pelaksanaan program.

3. Telkom berkewajiban mengeluarkan sertifikat bagi peserta bagi peserta Pendidkan Sistem Ganda (PSG) yang memenuhi persyaratan yang ditanda tangani oleh Manajemen Telkom setempat.

I. Sistematika Pembuatan Laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)

Pada akhir pelaksanaan PSG setiap siswa diharuskan membuat laporan , yang memuat hasil kerja, pemahaman dan kreatifitas siswa dalam menyelesaikan setiap tugas dan permasalahan di lapangan operasional.

Secara umum isi laporan PSG dibagi menjadi tiga bagian yaitu :

5

Page 6: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

Bagian awal, bagian inti dan bagian akhir. Sistematika laporan PSG pada awal dan akhir biasanya sama. Sistematika yang digariskan dalam tulisan ini adalah :

1. Bagian Awal, berisi :

a. Halaman Judul b. Halaman Pengesahan

Pada lembar pengesahan di buat bahwa laporan tersebut di sahkan oleh 2 orang pembimbing (lapangan dan sekolah) dengan diketahui oleh kepala kantor setempat.

c. Kata pengantar Mencakup ucapan puji syukur, terima kasih Dan lain-lain yang menyangkut pelaksanaan PSG.

d. Daftar Isie. Daftar Tabelf.Daftar Gambarg. Daftar Lampiran

2. Bagian Inti, berisi :

BAB I : PENDAHULUAN, berisi

A. Latar Belakang Masalah B. Perumusan MasalahC. Tujuan :

1. Tujuan Pelaksanaan PSG 2. Tujuan Pembuatan laporan

D. Batasan MasalahE. Manfaat Pelaksanaan PSG

1. Manfaat bagi Peserta PSG2. Manfaat bagi sekolah3. Manfaat bagi Telkom( DU/DI)

BAB II : LANDASAN TEORI

Landasan Teori atau pustaka berisi tentang paparan teori-teori, konsep-konsep, pendapat-pendapat para ahli yang telah teruji, sehingga dapat dipakai sebagai argument secara teoritik dalam menyelesaikan permasalahan.Dengan demikian argumen yang kemukan haruslah terkait dengan permasalahan.

BAB III : PENGOLAHAN DATA

Bagian ini berisi :

6

Page 7: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

A. Deskripsi data yaitu pekerjaan yang dilakukan selama Pendidikan Sistem Ganda (PSG)

B. Analisis Data, yaitu hambatan yang dialami sejak awal sampai akhir pelaksanaan PSG.

BAB IV : PEMECAHAN MASALAH

Pemecahan masalah disini berisi tentang alternative yang sesuai (efektif) untuk menyelesaikan hambatan-hambatan yang ada di BAB III poin B.

BAB V : PENUTUP, Berisi

A. KesimpulanB. Saran

3. Bagian akhir, berisi :

a. Daftar Pustakab. Lampiran-lampiran

J. Petunjuk Penulisan Laporan

1. Laporan diketik pada kertas ukuran kwarto ( 22 x 28 cm )atau A4 dari HVS (70 – 80) gram dengan spasi 2 dengan jenis huruf (Times New Roman) 12 pt.

2. Pada masing – masing kertas, batas tepi ( margin ) ditentukan dengan : 4 cm untuk tepi atas dan tepi kiri dan 3 cm untuk tepi kanan dan tepi bawah .

3. Huruf pertama setiap paragraf diidentasikan ( di – masukan ) supaya tujuh spasi / tujuh huruf di depannya

4. Sistem Penomoran Halamana) Bagian awal ditulis dengan angka Romawi kecil ( i, ii , iii ,iv dan

seterusnya) ditempatkan ditengah – tengah kaki (bawah) halaman.b) Bagian Inti ditulis dengan angka Arab(dimulai dari 1,2,3 dan

seterusnya ) ditempatkan di pojok kanan (atas) halaman. Jika terdapat judul bab, maka nomor halaman ditulis ditengah – tengah pada kaki halaman / bawah .

5. Singkatan – singkatan seperti dll, tsb, Jl, dst, s,d dan sebagainya tidak diperbolehkan dalam penulisan laporan.

6. Penulisan dengan menggunakan bahasa Inggris atau istilah Asing dicetak miring.

7

Page 8: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

7. Pembuatan penomoran pada penulisan naskah laporan secara berurutan pada Bab, Sub Bab dan seterusnya sebagai berikut :

Contoh :

BAB IILANDASAN TEORI

A. Jaringan Akses Tembaga1. Pengertian Jaringan Akses Tembaga2. Struktur Jaringan Akses Tembaga

a. Macam-macam kabel dalam jaringan localb. Fungsi-fungsi dalam jaringan kabel tembaga

1) Sentral2) Main Distribution Frame (MDF)a) Fungsi MDFb) Syarat Ruang MDF

(1) Lokasi MDF(2) Perawatan

(a) Mempunyai ventilasi udara yang baik(b) Ruang harus bersih dari segala kotoran

8. Daftar kerpustakaan, dibuat secara lengkap dari buku yang dijadikan refensi , pengarang , judul buku, tahun percetakan dengan sistematika tertentu, misalnya :

Nasution . A . A : Pemikiran manajement jaringan pada PT Telekomunikasi Indonesia . Divlat 1998

9. Daftar lampiran , disusun mengangkut dokumentasi yang berhubungan langsung terhadap laporan PSG.

10. Penutup

Demikian petunjuk pelaksanaan PSG ini dibuat mudah-mudahan dapat mempermudah pelaksanaan PSG bagi seluruh komponen yang terlibat dalam pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda tersebut.

8

Page 9: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

Contoh sampul laporan :

LAPORANPELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA(PSG)

DI KANTOR TELKOM BOGOR SITE OPERATION MONITORING GANGGUAN

POTS DAN SPEDDY

Diajukan untuk melengkapi Persyaratan Dalam Menyelesaikan PendidikanPada Sekolah Menengah Kejuruan Telekomunikasi Sandhy Putra

Banjarbaru

Disusun Oleh :

ABCDEF

NIS : 091XXX

9

JUDUL LAPORANHARUSADA

Page 10: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELEKOMUNIKASI (SMK TELKOM)

SANDHY PUTRA BANJARBARU ANGKATAN XI

TAHUN AJARAN 2010/2011

Contoh Lembar Pengesahan Pembimbing :

LEMBAR PENGESAHAN

Disetujui untuk dilaporkan dihadapan Tim Penguji Prestasi Akademik

Program Studi Teknik ………………….. Sekolah Menengah Kejuruan Telekomunikasi

( SMK TELKOM ) Sandhy Putra Banjarbaru

Pada Tanggal, ……………………….. 2011

Pembimbing Lapangan

1. ……………………………………….. 1. …………………………………

Nik : …………………………………

Pembimbing Sekolah

2. ………………………………………. 2. …………………………………...

Nik : ………………………………….

Mengetahui Kepala Kantor ……………….

( ……………………………………………)

10

Page 11: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

Nik : ……………………….

Contoh lembar pengesahan Ujian.

Telah dipertahankan di hadapan dewan Penguji Prestasi Akademi

Program Studi Jaringan Akses Pelanggan Sekolah Menengah Kejuruan Telekomunikasi

( SMK TELKOM ) Sandhy Putra Banjarbaru

Pada Tanggal : ……………………. 2011

Dewan Penguji :

1. ……………………………… 1 : ……………………………..

2. ……………………………… 2.: ……………………………..

Kepala SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru

Ir. Nur Racmad, MT

11

Page 12: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

NIK 602246

Contoh Daftar Isi

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL………………………………………………..........……. i

LEMBAR PENGESAHAN………………………………….................………. ii

KATA PENGANTAR ………………………...........................… .......….…..... iv

DAFTAR ISI ……………………………...……………..................................., v

DAFTAR TABEL……………………………………………………………… vi

DAFTAR GAMBAR…………………………………………………………… vii

DAFTAR LAMPIRAN-LAMPIRAN .……………...................................……. viii

BAB I : PENDAHULUAN……..…………………………...……......... 1

A. Latar Belakang..…………………………………………..

B. Perumusan Masalah.………..……………………………..

C. Tujuan…………….……………………………………….

1. Tujuan Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda2. Tujuan Pembuatan Laporan (Tujuan

Permasalahan yang diambil)

D. Manfaat Pelaksanaan PSG……………………...…………

1. Manfaat permasalahan yang diambil2. Manfaat bagi sekolah3. Manfaat bagi Telkom(DU/DI)

BAB II : LANDASAN TEORI ………………………………………….

A. Aspek Kejuruan …………………………………………..

B. Pekerjaan Yang dilaksanakan …………………………....

1. ………………………………………………………

..

12

Page 13: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

2. ………………………………………………………

..

3. ………………………………………………………

.

BAB III : PENGOLAHAN DATA…………………………………….

A. Penanganan Gangguan Jaringan Telepon…………….

B. Peralatan yang Kurang

Efektif………………………..

BAB IV : PEMECAHAN MASALAH

A. Rancangan Peralatan yang Efektif……………………

BAB IV : P E N U T U P

A. Kesimpulan …………………………………...................

B. Saran-Saran …………………………………..................

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………. ix

LAMPIRAN-LAMPIRAN ……………………………………………………. X

13

Page 14: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

DOKUMENTASI PSG ANGKATAN X

14

Page 15: Pedoman Pelaksanaan Psg Tahun 2011

DOKUMENTASI ANGKATAN IX

15