Membuat Logo

download Membuat Logo

of 38

  • date post

    26-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    61
  • download

    0

Embed Size (px)

description

silahkannnnnnnnnnn dibacaaaaaaaaaa

Transcript of Membuat Logo

Cara Membuat / Mendesain Logo Lembaga Dengan CorelDRAW

Pada postingan kali ini saya coba memberikan tutorial Cara Membuat Logo Lembaga dengan CorelDRAW. Dalam urusan mendesain tidak terlepas dari unsur bakat dan kesenangan. Seseorang yang senang mendesain belumlah lengkap rasanya jika belum bisa mendesain/menciptakan sebuah logo terutama logo untuk lembaga formal, misalnya logo sekolah. Oleh karena itu, melalui tutorial ini saya coba membantu teman-teman yang kebingungan mempelajari cara membuat logo. Agar tidak membosankan ikutilah tutorial di bawah ini denagn cermat.Sebelum saya menuliskan langkah-langkah sistematik pembuatannya, terlebih dahulu anda mengetahui fungsi dari beberapa tool yang berada di menu sebelah kanan layer.- Pick tool (icon anak panah) paling atas dari menu tool: berfungsi untuk menselek gambar sekaligus untuk memblok beberapa gambar.- Fiil (icon gayung): berfungsi untuk memberi warna pada bidang gambar- Outline (icon mata pena) : berfungsi untuk merubah ketebalan dan memberi warna pada garis- Text tool (F8) icon A : berfungsi untuk membuat teks- Ellipse tool : befungsi untuk membuat lingkaran, dst.Jika anda sudah paham terhadap fungsi beberapa tool penting tersebut, maka kita lanjutkan pada langkah-langkah tutorialnya:

Langkah 1: Buatlah sebuah lingkaran dengan menggunakan Ellipse tool (jika ingin membuat logo model bundar)

Langkah 2: Selek lingkaran > klik CTRL+D untuk menduplikat gambar lalu digeser menjauh kemudian ketiklah nama lembaga yang ingin anda buatkan logonya di atas lingkaran duplikat tadi lalu blog tulisan dan lingkaran menggunakan pick tool (icon anak panah)

Langkah 3: Klik menu text di tab >pilih fit text to path (icon A miring) untuk membuat teks tadi melengkung mengikuti lingkaran kemudian lingkaran duplikat tadi didelete lalu teksnya dibawa ke lingkaran awal, atur suaikan dengan lingkaran kemudian atur juga lingkaran kecil di dalamnya.

Langkah 4: Langkah selanjutnya, selek lingkaran besar dan lingkaran kecil untuk memberi warna bidang sesuai keinginan anda dengan memilih Fill (icon gayung) dan aturlah ketebalan garis dengan mengklik Outline (icon mata pena) dapat juga memilih warna garis sesuai selera.

Langkah 5: Anda kreasikan gambar di tengah-tengah logo sebagai simbol dari lembaga, bisa berupa gambar foto atau digambar langsung menggunakan Freehand tool (icon +dan garis meliuk-liuk).Setelah semua selesai, goup gambar dengan cara blok semua gambar seperti di atas lalu klik CTRL+G,

Langkah terakhir adalah di save dengan cara mengklik CTRL+E lalu anda atur ukuran tinggi dan lebarnya file,pilih tipe file jpeg. Selesai...!Catatan: - Untuk mengatur / memindahkan bidang gambar dari belakang ke depan : selek gambar>klik kanan >pilih order > pilih 'to front of page', sedangkan untuk memindahkan bidang gambar dari depan ke belakang : selek gambar >klik kanan>pilih order>pilih 'to back of page'.Demikian tutorial ini, semoga bermanfaat bagi anda, Selamat berkreasi and Good Luck!!!

hari ini saya akan menerangkan bagaimana membuat logo IM3 menggunakan coreldraw dengan sangat mudah.1. buka coeldraw, lalu buat halaman baru dgn cara klik file >> new.2. buat beberapa buah balok dengan menggunakan rectangle tool (F6), seperti gambarr dibawah.

3. tekan CTRL + A untuk memblog semua kompenen, lalu klik arange >> shaping >> Weld.

4. buat 4 buah balok lagi dan bentuklah angka 3, atau bisa juga mengcopy huruf M yang kita sudah buat sebelumnya.

5. lalu buat sebuah persegi menggunakan rectangle tool, lalu beri warna hitam, untuk membuat backgroundnya.

6. buat 3 buah lingkaran yang berbeda ukurannya.

7. beri warna pada 3 buah lingkaran tersebut dengan warna hitam.8. lalu buat 3 buah lingkaran lagi, dengan ukuran yang lebih kecil dari 3 buah lingkaran sebelumnya.9. dan beri warna merah, kuning, hijau.10. untuk menyatukan 3 buah lingkaran dengan IM3nya kita klik Arange >> Shaping >> Weld.11. tekan CTRL + A, lalu klik 2x pada object, lalu beri kemiringan pada object.

1. Buat dokumen baru dengan ukuran kertas 100 mm x 100 mm2. Ubah opsi dengan setting berikuta. tekan menu edit > view grid untuk menampilkan gridb. Ubah preferensi dengan cara tekan tombol keyboard CTRL + J atau tekan menu Tool > Optionsc. Pada documents > grid pilih opsi spacing dengan ukuran 5 mm, tekan OK.3. Buat lingkaran dengan tool ellipse tool ( F7 ) pastikan anda menekan tombol CTRL pada keyboard agar ukuran menjadi simetris. Posisikan lingkaran tersebut pada tengah-tengah area kerja dengan memilih lingkaran tersebut dan tekan tombol P pada keyboard. Jika ukuran tidak sesuai dengan area kerja ubah pada property bar object size width dan height 100 mm

4. Warnai lingkaran tersebut dengan interactive fill tool ( G ) melalui klik dan drag. Pilih type gradasi adalah radial. Untuk memunculkan opsi fountain fill gunakan tool fountain fill ( F11 ).

5. Buat lingkaran lagi dengan opsi sebagai berikut. Bila kedua lingkaran tidak sesuai maka pilih lingkaran baru dan pilih lingkaran pertama dengan menekan tombol CTRL + klik, setelah itu tekan tombol keyboard C kemudian tekan tombol keyboard B. Untuk menghilangkan garis tekan klik kanan pada warna none ( ikon bintang paling atas pallete warna ).

6. Buat lingkaran ketiga dengan opsi berikut

7. Copy dan paste lingkaran pertama yang kita buat dengan cara klik kanan copy dan klik kanan paste. Buat lagi satu lingkaran di atasnya dengan opsi sebagai berikut.

8. Setelah lingkaran terakhir sesuai dengan gambar di atas, copy lingkaran tersebut9. Pilih dua lingkaran terakhir menggunakan CTRL + KLIK dan klik tombol combine ( CTRL + L )

10. Dengan pick tool ( tool paling atas ) double klik lingkaran yang sudah di combine sehingga tool berubah menjadi shape tool. Ubah lingkaran yang ada di tengah menjadi seperti gambar berikut.

11. Paste lingkaran yang sudah Anda copy sebelumnya ( no 8 ) dan lakukan combine seperti cara 9

12. Dengan pick tool ( tool paling atas ) double klik lingkaran yang sudah di combine sehingga tool berubah menjadi shape tool. Ubah lingkaran yang ada di tengah menjadi seperti gambar berikut.

13. Hilangkan garis pada objek terakhir dengan cara klik kanan pada pallete warna none. Warnai objek tersebut sesuai dengan aturan opsi sebagai berikut.

14. Buat 3 lingkaran sesuai opsi dibawah dan beri warna putih. Putar ketiga lingkaran tersebut menjadi 45 derajad.

15. Hasilnya

Tolong bantu kami dalam rangka pembelajaran desain dengan cara menyebarkan artikel1. AktifkanEllipse Tool (F7)kemudian buat objek elips dan beri warna merah. kemudian buat objek elips lagi tapi ukurannya lebih kecil dengan warna putih dan letakan ditengah elips merah.

Tips :agar tepat berada di tengah-tengah, pilih saja kedua objek (elips merah dan putih) kemudian tekan hurufPpada keyboard.

2. Masih dengan ellips tool, buat objek lingkaran sambil menekanctrlagar objek benar-benar bulat. Kemudian kita belah menjadi dua denganKnife Tooldengan cara klik di Garis atas dan bawah lingkaran. Setelah menjadi dua bagian, beri warna merah untuk sebelah kiri dan putih untuk kanan.

3. AktifkanGraph paper tool (D)atur dengancolumns=6 dan rows=1pastikan snap to object sudah di centang (View-Snap To Object).Buatlah diatas setengah lingkaran merah seperti ini.

4. Drag dari P1 ke P2 denganPick Toolkemudian pilihIntersectpada tool bar kemudiandeleteGraph paper-nya.

5. Pilih setengah lingkaran merah kemudian ungroup (Ctrl+U)atau pada menuArrange-Ungroupdan beri warna hitam pada bagiana, b dan c.

6. DenganRectangle Tool (F6)kita buat dua objek persegi panjang seperti gambar di bawah dan letakan di atas objek setengah lingkaran putih.Pilih kedua persegi panjang tersebut, caranya pilihP1kemudian tekan dan tahanShiftpada keyboard dan pilihP2.Kemudian diWeld

Pilih setengah lingkaran putih dan objek yang kita Weld tadi,kemudian pilihIntersectdan beri warna merah.Deletehasil weld-nya.

7. Selanjutnya kita buat lingkaran yang sedikit lebih besar dari lingakaran pertama,kemudian gunakan fasilitasFit Text To Pathyang berada pada MenuText,kita tuliskan "ACM" dengan jenis font Verdana kalo ukurannya disesuaikan saja.Kemudian gunakanPick Tooluntuk memilihText Orientation-nya menjadi

Selanjutnya pisahkan objek lingkaran dan tulisan ACM (Arrange-Break Text Apart) dan hapus lingkarannya.

8. Untuk membuat tulisan "1899" sama seperti membuat "ACM" hanya Path-nya bukan lingkaran tapi garis lengkung.Caranya : aktifkanPen Toolklik di kanan dan kiri (untuk mengakhiri tekan ESC),denganShape Tool (F10)klik satu kali pada garis kemudian pilihConvert Line To Curve

Pada garis tengah klik dan drag ke bawah, jika sudah lengkung gunakanFit Text To Pathpada MenuTextdan ketikan "1899" (font=Arial, ukuran=disesuaikan sendiri)kemudianArrange-Break Text Apartdan hapus path lengkungnya. Hingga hasilnya kurang lebih seperti ini...

Selamat mencoba dan ber-Eksperimensemoga bermanfaat.. ;-)

LOGO STARBUCKSPublish: 08 April 2009 | Author & Copyright:Ervyn| Status: FREE Extreme tutorial

DalamTutorial Coreldrawkali ini. Kita buat logo starbucks yang versi mudah, karena mungkin ada dualogo Starbuck, yang versi mudah adalah versi dimana Twin Tailed Sirennya tidak tampak seluruh badan, kalau kita buat yang versi Twin Tailed Siren bakalan panjangtutorialini..... (Hehe..)...

Langkah-langkahnya :

1. Saya rasa bagian tersulit dari logo ini adalah dibagian tengah logo, jadi kita mulai dari tengah-tengah logo tersebut, buatlah satu garis tegak lurus, ini akan menjadi sumbu tengah kita nanti, karena bagian tengah dari logo starbucks itu sangat simetris jadi memudahkan kita untuk membuatnya. Setelah membuat sumbu tadi, lalu buatlah object seperti gambar dibawah ini.

2. Sleksi kedua obj