Makalah PBL Blok 8 Sistem Kardiovaskuler Pada Tubuh Manusia

download Makalah PBL Blok 8 Sistem Kardiovaskuler Pada Tubuh Manusia

of 22

  • date post

    25-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    29
  • download

    11

Embed Size (px)

description

sistem karvas

Transcript of Makalah PBL Blok 8 Sistem Kardiovaskuler Pada Tubuh Manusia

Makalah PBL Blok 8

Sistem Kardiovaskuler Pada Tubuh Manusia

Stevany

NIM 102011368 A3

Alamat korespondensi

Stevany

Fakultas kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana

Jl. Arjuna Utara No.6 Jakarta Barat 11510

No. Telp (021) 5694-2061, email : ynavets_until15@hotmail.comFakultas Kedokteran Ukrida

Tahun Ajaran 2011/2012

Pendahuluan

Jantung merupakan suatu organ yang sangat penting pada tubuh manusia karena jantung berfungsi untuk memompa darah guna mensuplay oksigen ke seluruh tubuh manusia. Apabila terjadi gangguan pada jantung, maka dapat mengganggu kerja sistem di tubuh manusia. Gangguan pada jantung ini dapat kita selidiki dengan pemeriksaan EKG.

Struktur KardiovaskulerJANTUNG

Jantung terletak didalam rongga mediastinum dari ronga dada (toraks) diantara kedua paru. Jantung memiliki berat sekitar 230-350 gram. Selaput yang melapisi jantung disebut perikardium yang terdiri atas 2 lapisan: 1 Perikardium parietalis, yaitu lapisan luar yang melekat pada tulang dada dan selaput paru.

Perikardium viseralis, yaitu lapisan permukaan dari jantung itu sendiri yang juga disebut epikardium.

Diantara kedua lapisan tersebut terdapat cairan perikardium sebagai pelumas yang berfungsi mengurangi gesekan akibat gerak jantung saat memompa.Dinding jantung terdiri dari 3 lapisan:

Lapisan luar disebut epikardium atau perikardium.

Lapisan tengah merupakan lapisan berotot, disebut miokardium.

Lapisan dalam disebut endokardium.

Jantung terdiri dari 4 ruang, yaitu dua ruang yang berdinding tipis disebut atrium (serambi), dan 2 ruang yang berdinding tebal disebut ventrikel (bilik). Di ujung jantung terdapat apex cordis.Atrium Atrium kanan berfungsi sebagai penampungan darah yang rendah oksigen dari seluruh tubuh. Darah tersebut mengalir melalui vena kava superior, vena kava inferior, serta sinus koronarius yang berasal dari jantung sendiri. Dari atrium kanan kemudian darah di pompakan ke ventrikel kanan. Terdapat auricula dextra. Atrium kiri menerima darah yang kaya akan oksigen dari paru melalui 4 buah vena pulmonalis. Kemudian darah dialirkan ke ventrikel kiri. Terdapat auricula sinistra dan M. pectinati. Antara kedua atrium dipisahkan oleh sekat yang disebut septum atrium.

Ventrikel Ventrikel kanan, menerima darah dari atrium kanan yang kemudian dipompakan ke paru melalui arteri pulmonalis. Terdapat trabeculae carneae dan M. papilaris. Ventrikel kiri, menerima darah dari atrium kiri kemudian memompakannya ke seluruh tubuh melalui aorta. Terdapat trabeculae carneae dan M. papilaris.Kedua ventrikel dipisahkan oleh sekat yang disebut septum ventrikel.Lapisan endokardium pada atrium lebih tebal dibanding ventrikel. Lapisan miokardium pada ventrikel lebih tebal disbanding atrium.

KATUP JANTUNGKatup jantung merupakan lempengan jaringan ikat yang berpangkal pada annulus fibrosus. Katup Atrioventrikuler

Merupakan katup yang terletak diantara atrium dan ventrikel.. katup antara atrium kanan dan ventrikel kanan mempunyai tiga buah daun katup disebut katup trikuspidalis. Sedangkan katup yang terletak diantara atrium kiri dan ventrikel kiri mempunyai dua buah daun katup disebut katup bikuspidalis atau katup mitral.

Katup AV memungkinkan darah mengalir dari masing-masing atrium ke ventrikel pada waktu diastole ventrikel, serta mencegah aliran balik ke atrium pada saat sistol ventrikel.

Katup Semilunar

Katup pulmonal, terletak antara arteri pulmonalis dan ventrikel kanan.

Katup aorta, terletak antara ventrikel kiri dan aorta.

Kedua katup semilunar terdiri dari 3 daun katup. Adanya katup semilunar memungkinkan darah mengalir dari masing-masing ventrikel ke arteri pulmonalis atau aorta selama sistol ventrikel, dan mencegah aliran balik ke ventrikel sewaktu diastole ventrikel.

ARTERI KORONERArteri koroner adalah cabang pertama dari sirkulasi sistemik. Sirkulasi koroner terdiri dari: arteri koroner kanan dan arteri koroner kiri. Arteri koroner bermuara di sebelah atas daun katup aorta yang disebut sinus valsava. Arteri koronaria memiliki dinding lebih tebal dibanding arteri lainnya. VENA JANTUNGDistribusi vena koroner sesungguhnya paralel dengan distribusi arteri koroner. Sistem vena jantung terdiri dari 3 bagian: vena tebesian, vena kardiaka anterior, sinus koronaria.VASKULARISASI JANTUNG

Jantung mendapat vaskularisasi dari a. koronaria kordis sinistra dan dextra serta dari vv. cordis.A. coronaria dextra turun di sepanjang batas antara atrium kanan dan ventrikel kanan di sisi anterior, didekat margo acutus bercabang membentuk ramus marginalis a coronaria cordis dextra sisanya ke belakang turun di sepanjang sulcus longitudinalis posterior disebut ramus desenden posterior arteri coronaria cordis dextra/a. interventricularis posterior, A. coronaria kiri turun ke sulcus interventricularis/longitudinalis anterior menjadi a. interventricularis anterior/ ramus desenden anterior arteri coronaria cordis sinistra sisanya ke belakang di sepanjang sulcus coronaries membentuk a. circumflexa/ramus circumfleksus nanti masing-masing beranastomosis. 2Vena yang berjalan bersama ramus desenden anterior, vena cordis magna.

Vena yang berjalan bersama ramus marginalis a.coronaria dextra, vena cordis parva.

Vena yang berjalan bersama ramus desenden posterior a. coronaria cordis dextra, vena cordis media yang berada disepanjang sulcus longitudinalis posterior.

Vena cordis media, parva, magna bermuara ke sinus coronarius masuk ke ostium sinus coronarius di atrium kanan. Vena-vena kecil langsung bermuara ke atrium kanan, tidak lewat sinus coronarius. Vena cordis minimi langsung bermuara ke atrium kanan tidak lewat sinus coronarius.PERSARAFAN JANTUNG

Jantung dipersarafi oleh serabut simpatis dan parasimpatis susunan saraf autonom yang disebut pleksus cardiacus yang terletak di bawah arcus aorta. Saraf simpatis berasal dari bagian cervikal dan torakal ( 1-5) dari pleksus simpatik dan persarafan parasimpatis berasal dari nervus vagus.

VASKULARISASIPADAEXTREMITASSUPERIORARTERI

Arteri aksilaris: arteri utama di daerah ketiak, melanjut sebagai a. brakhialis - pengukuran tekanan darah di lengan (setinggi sisi medial permukaan ventral siku). Didistal a. brakhialis bercabang menjadi a. radialis pengukuran frekuensi nadi (setinggi pergelangan tangan) dan a. ulnaris. A. radialis lateral lengan bawah, a. ulnaris medial lengan bawah. Selanjutnya memasuki telapak tangan menjadi arkus volaris profundus (terutama dibentuk a. radialis) dan arkus volaris superfisialis (terutama dibetuk a. ulnaris).

CABANG A. AKSILARIS A.thoracalis suprema di iga 1 A.thoracoacromialis - R.pectoralis - R.deltoideus - R.acromialis - R.clavicularis A.thoracalis lateralis di iga 5 dan 6 menuju M serratus anterior. A.subscapularis -A.thoracodorsalis -A.circumflexa scapulae : A.circumflexa humeri anterior (KECIL) dan A. circumflexa humeri posterior (BESAR) CABANG A. BRACHIALIS A profunda brachii -A collateralis media -A collateris lateralis-A. nutricia humeri A collateralis ulnaris superior et inferior

CABANG A. ULNARIS

A recurrens ulnaris A interossea communis :-A interossea volaris-A interossea dorsalis - > A interossea recurrensCABANG A. RADIALIS

A recurrens radialis-ramus dorsalis manus -ramus volaris superficialis A princeps pollicis ARKUS VOLARISDi telapak tangan: arkus volaris superficial dibentuk oleh a. ulnaris dan ramus superficial a. radialis arkus volaris profundus dibentuk oleh a. radialis dan ramus profundus ulnaris

VENA

Rete venosum dorsale manus V sephalica et basilica

V mediana antebrachii V mediana cubiti V mediana cephalica et basilica Vv. brachiales V axillaris V subclaviaPEMBULUH DARAHKeseluruhan sistem peredaran (sistem kardiovaskuler) terdiri dari arteri besar, arteri sedang, arteriol, metarteriol, kapiler, vena pasca kapiler, venula vena sedang dan vena besar. Arteri besar ( elastik ) tidak mempunyai lamina elastika interna dan eksterna yang jelas, arteri sedang memilikinya. Vena besar dan vena sedang tidak mempunyai lamina elastika interna dan eksterna yang jelas.ArteriArteri berfungsi untuk transportasi darah dengan tekanan yang tinggi ke seluruh jaringan tubuh. Dinding arteri kuat dan elastis (lentur), kelenturannya membantu mempertahankan tekanan darah diantara denyut jantung. Dinding arteri banyak mengandung jaringan elastis yang dapat teregang saat sistol dan mengadakan rekoil saat diastol.

Dindingnya kuat, tebal dan elastis. Terdiri dari: Tunika intima, lapisan dalam berhubungan dengan darah terdiri dari jaringan endotelium.

Tunika media, lapisan tengah terdiri dari jaringan otot polos yang bersifat elastis.

Tunika eksterna / adventisia, lapisan luar terdiri dari jaringan ikat berguna menguatkan arteri.Tunika intima diperdarahi oleh darah yg mengalir di pembuluh darah, tunika media dan adventisia diperdarahi oleh vasa vasorum.Dipersarafi oleh saraf otonom : vasomotor : vasokontriktor dan vasodilator. sehingga dapat berkontriksi atau berdilatasi.

Arteriol dan MetarteriolMerupakan cabang paling ujung dari sistem arteri, berfungsi sebagai katup pengontrol untuk mengatur pengaliran darah ke kapiler. Arteriol mempunyai dinding yang kuat sehingga mampu kontriksi atau dilatasi beberapa kali ukuran normal, sehingga dapat mengatur aliran darah ke kapiler. Otot arteriol dipersarafi oleh serabut saraf kolinergik yang berfungsi vasodilatasi. Arteriol merupakan penentu utama resistensi/tahanan aliran darah, perubahan pada diameternya menyebabkan perubahan besar pada resistensi. Arteriol tidak memiliki lamina elastika eksterna, tapi pada arteriol besar memiliki lamina elastika interna.

Metarteriol terdiri dari satu lapis otot polos yang terputus-putus dan berfungsi untuk mengatur darah