Lpj Erp 2015

Click here to load reader

  • date post

    14-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    19
  • download

    5

Embed Size (px)

description

h

Transcript of Lpj Erp 2015

I

LETS LEARN ENGLISH WITH FUNPOLYTECHNIC ENGLISH CLUBGd. Pusgiwa Lt.1 Politeknik Negeri Jakarta

Kampus Baru UI Depok 16424

Telp. (021) 7863537 Fax. (021)7270034. Email: [email protected]

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN

ENGLISH REGULAR PRACTICE 2015

TWIN ADE NUGRAHA

NIM. 3213110086POLYTECHNIC ENGLISH CLUB

Gd. Pusgiwa Lt.1 Politeknik Negeri Jakarta

Kampus Baru UI Depok 16424

Telp. (021) 7863537 Fax. (021)7270034. Email: [email protected]

LEMBAR PENGESAHAN

DEPOK, 22 Juni 2015

Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan

English Regular PracticeHormat kami,

Mengetahui dan menyetujui,

I. Judul Proposal

ENGLISH REGULAR PRACTICE 2015II. Latar Belakang

Organisasi merupakan wadah bagi para mahasiswa untuk senantiasa menampung aspirasi dan mengembangkan kreativitas para anggotanya melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat dinamis dan yang tercantum dalam program kerja organisasi tersebut.

Polytechnic English Club (PEC) khususnya Divisi Regular Practice, memandang perlu diadakan kursus bahasa Inggris demi mengembangkan soft skill berbahasa Inggris di kalangan mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta. Selain dari pada itu, tidak sedikit mahasiswa yang mengeluhkan tentang alasan-alasan mereka tidak dapat secara maksimal meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris, diantaranya:

1. Biaya kursus bahasa Inggris di lembaga-lembaga informal yang relatif mahal.

2. Tidak cocoknya jadwal kursus tersebut dengan jadwal kuliah para mawahasiswa yang cukup padat.

3. Kurang maksimalnya pengajaran mata kuliah Bahasa Inggris di beberapa prodi/jurusan, Politeknik Negeri Jakarta.

Berdasarkan pemikiran di atas, maka Polytechnic English Club (PEC) mengadakan kegiatan English Regular Practice untuk membantu permasalahan para anggotanya dalam berkomunikasi bahasa Inggris. Kegiatan ini juga sesuai dengan salah satu misi PNJ yaitu: Menghasilkan tenaga kerja yang terampil, berkualitas, berjiwa wirausaha, madiri, berupaya dan berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat internasional. Tentunya hal ini dapat didukung dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik.III. Maksud dan Tujuan

3.1 Maksud Kegiatan

Maksud dari kegiatan English Regular Practice untuk membantu permasalahan para anggotanya dalam berkomunikasi bahasa inggris. Kegiatan ini juga sesuai dengan salah satu misi PNJ yaitu: Menghasilkan tenaga kerja yang terampil, berkualitas, berjiwa wirausaha, madiri, berupaya dan berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat internasional. Tentunya hal ini dapat didukung dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

3.2 Tujuan Kegiatan

1. Melatih kemampuan soft skill anggota untuk mampu berbahasa Inggris secara aktif melalui berbagai macam diskusi, pelatihan bahasa dan improvement lainnya.

2. Melatih ketrampilan berbicara, menulis dan mendengar bagi anggota agar mereka kompeten dan kredibel di bidang listening, speaking, reading and writing3. Menyediakan kursus bahasa Inggris dengan biaya terjangkau oleh para anggotanya.IV. Indikator Keluaran dan Keluaran

Adapun hasil dari kegiatan tersebut adalah mahasiswa yang mengikuti acara English Regular Practice 2015 mampu berbahasa Inggris secara aktif melalui berbagai macam diskusi, pelatihan bahasa, dan improvement lainnya.

V. Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Placement Test

: Gedung F Akuntansi, Lantai 3 ( Ruang 313 dan 314 )English Regular Practice : Gedung D Teknik Elektro, lantai 1 ( Ruang 104, 105, 106, 107, 108)Final Test

: Gedung D Teknik Elektro, lantai 3 ( Ruang 305, 306, dan 310)VI. Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini telah berlangsung selama 10x pertemuan.Placement Test

Hari, Tanggal: Rabu-Kamis, 11-12 Maret 2015Pukul

: 15.00 17.00 WIBEnglish Regular Practice

Hari, tanggal : Setiap Sabtu, 14 Maret 2015 s/d 30 Mei 2015Pukul : 08.30-11.00 WIB

Final Test

Hari, Tanggal: Sabtu, 06 Juni 2015Pukul : 08.30 11.30 WIB (Coversation Test)

11.30 13.30 WIB (TOEIC Test)VII. Total Biaya Kegiatan

Total biaya yang digunakan pada acara ini sebesar Rp4.000.000,00

VIII. Pelaksanaan Kegiatan

8.1 Resume Pelaksaan Kegiatan

English Regular Practice 2015 merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Polytechnic English Club divisi Regular Practice. Di sini kami membuka wadah bagi para mahasiswa PNJ khususnya member PEC untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris. Kegiatan yang dimulai pada tanggal 11 Maret 2015 ini, berlangsung selama sepuluh kali pertemuan, terdiri atas kegiatan placement test, english regular practice, dan final test.

Kegiatan Placement Test dimulai selama dua hari, yaitu hari Rabu dan Kamis, 11-12 Maret 2015 yang bertempat di Gedung F Akuntansi lantai 3. Peserta dapat memilih hari mana pun yang sesuai dengan jadwal mereka. Sebelum melakukan test, peserta harus registrasi terlebih dahulu. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menentukan penempatan kelas peserta pada saat kegiatan berlangsung dan untuk mengetahui kemampuan awal peserta sebelum menjalani pembelajaran.

Kegiatan English Regular Practice yang bertempat di lantai 1 Gedung Elektro ini berlangsung selama sembilan kali pertemuan. Kegiatan yang diadakan setiap hari Sabtu ini berlangsung pada tanggal 14 Maret 30 Mei 2015 dan terdiri dari dua macam kelas: kelas TOEIC Preparation dan kelas Conversation. Semua kelas tersebut berlangsung selama 2,5 jam yaitu pukul 08.30 - 11.00 WIB. Pada kelas Conversation yang terbagi menjadi 2 kelas, diajarkan oleh Mam Sari dan Pak Anwar, peserta dilatih secara intensif dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam berbicara bahasa Inggris. Sedangkan kelas TOEIC Preparation dibagi lagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas A (Pak Yoyok), kelas B (Mam Ina), dan kelas C (Mam Hastuti). Di sini materi yang diajarkan diantaranya: listening practice (picture description, question and responses, short conversation, dan short talk), grammar practice (part of speech, tenses, voice, agreement, infinitives and gerunds, participles and participle clauses, relative caluses, conjuctions and prepositions, modification, pronouns, comparisons, and negations and word order), dan reading practice (reading comprehension).

Kegiatan Final Test berlangsung pada hari Sabtu, 6 Juni 2015 yang bertempat di Gedung D Teknik Elektro Lantai 3. Khusus Conversation Class ada test tambahan Conversation dan Job Interview yang telah berlangsung pada pukul 08.30 11.30 WIB di ruang 305 dan 306 yang diujikan oleh dosen pengajar masing-masing (Mam Sari dan Pak Anwar). Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan TOEIC test di ruang 310 pada pukul 11.30 13.30 WIB dengan pegawas dari pihak UP2B. Tujuan dari kegiatan Final Test ini adalah untuk mengetahui sejauh apa pemahaman materi yang telah di sampaikan oleh para pengajar selama kegiatan English Regular Practice ini berlangsung.

8.2 Laporan Masing-Masing DivisiDIVISI KESEKRETARIATAN (KESTARI)

Koordinator: Dagna Puspabhita4414070003 Akuntansi

Anggota

: Demi Primavera

1413010054 Akuntansi A. PENDAHULUAN

Dengan mengucap Lafadz hamdalah, kegiatan English Regular Practice 2015 telah selesai. Terima kasih atas segala rahmat dan karunia Allah SWT yang terus memberikan nikmat kepada kita semua. Salawat dan salam tak lupa tercurahkan untuk Rasulullah saw. Dan tak lupa, salam perjuangan untuk seluruh teman-teman panitia English Regular practice 2015 yang senantiasa mencurahkan segala potensinya demi kelangsungan acara ini.

Selama menjalankan tugas, divisi kestari telah berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas, sesuai dengan job description yang telah ditentukan. Oleh karena itu, sebagai rasa tanggung jawab kami, divisi kestari pada akhir kepengurusan membuat laporan pertanggungjawaban agar dapat menjadi bahan evaluasi untuk acara serupa pada tahun berikutnya.B. JOB DESCRIPTION

1. Membuat list dana yang kira-kira dibutuhkan

2. Bertanggung jawab terhadap surat-surat dan pendataan yang ada dalam pelaksanaan English Regular Practice 20153. Membuat database panitia dan peserta kegiatan4. Mengorganisir proposal acara English Regular Practice 20155. Membuat absensi panitia setiap rapat dan notulensinya6. Membuat absensi peserta English Regular Practice 2015

7. Berkoordinasi dengan PO dan divisi lain

8. Mengetahui setiap perkembangan yang terjadi di English Regular Practice 20159. Membuat LPJ divisi kestari dan LPJ English Regular Practice 2015C. HAMBATAN

1. Data panitia yang kurang lengkap sehingga penyelesaiannya terhambat cukup lama.

2. Seringnya terjadi penggantian dalam keterangan surat keluar secara mendadak, sehingga harus membuat ulang surat keluar.

3. Jadwal kuliah antara anggota divisi kestari yang satu dan yang lainnya yang berbeda sehingga kurang adanya koordinasi.

4. Terlambatnya penyerahan LPJ dari masing-masing divisi.D. SOLUSI

1. Meminta data selengkapnya kepada KO setiap divisi.2. Menyiapkan format dari masing-masing surat keluar, sehingga memudahkan apabila ada tugas ataupun penggantian keterangan dalam surat keluar yang mendadak.

3. Memperbaiki hubungan komunikasi antar anggota di divisi kestari dan berkoordinasi dalam hal pembagian tugas, sehingga terjalin kerjasama yang lebih baik.

4. Memberikan informasi kepada semua koordinator dari masing-masing divisi, mengenai batas pengumpulan LPJ.

DIVISI BENDAHARA

(BENDUM)Koordinator

: Desti Mutia

1314030044Teknik ElektroAnggota

: Amelia Viani Putri1513010036Administrasi NiagaA. PENDAHULUANDengan mengucapkan lafadz hamdalah, English Regular Practice telah selesai dilaksanakan. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT karena berkat rahmat dan nikmatNya kami d