Kurikulum PS PTE 09 Hasil WS Nov 2011

7
KURIKULUM 2009 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA A. Visi Misi dan Tujuan Pr!ra" S#udi P$ndidi%an T$%ni% E&$%#r '. Visi Menjadikan Program Studi yang terdepan dalam pendidikan dan pelatihan di bidang teknik elektro yang menghasilkan lulusan yang bertaqwa, cendikia, dan mandiri, serta adaptif terhadap perkembangan ipteks. 2. Misi Dengan memperhatikan semua aspek dan berbagai isu lokal, nasional mau global, misi Program Studi Pendidikan Teknik lektro tahun !""#$!"%%, sebagai berikut& a. Terselenggaranya pendidikan, dan pembelajaran yang berkualitas dan bersinergis antara program pendidikan dan non kependidikan bidan tek elektro b. Mempersiapkan tenaga akademik bidang pendidikan teknik elektro dan te profesional bidang teknik elektro sesuai tuntutan dunia kerja dan per ipteks c. Mengembangkan keunggulan dalam bidang pendidikan teknik elektro, baik dalam bidang pedagogik maupun bidang teknologi yang berbasis kompetensi dan life skills d. Membangun sikap kerjasama secara sinergis dalam upaya menyelenggaraka kegiatan pendidikan yang berkualitas e. Mengembangkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bidang teknik elektro dalam rangka pengembangan budaya akademik, dan kemandirian si' akademik yang ino'atif, kreatif dan kompetetif. f. Memantapkan sistem pengelolaan manajemen jurusan berbasis sistem manajemen mutu yang berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi inform dan komunikasi. g. Mengembangkan jejaring kerjasama (networking ) dengan berbagai instansi dan lembaga mitra, baik instansi pemerintah, lembaga pendidikan dunia usaha dan industri ( stakeholders), baik lokal, maupun regional. (. Tujuan *erdasarkan 'isi dan misi yang telah dirumuskan di atas, tujuan +urusan Pendidikan Teknik lektro sebagai berikut & a. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan yang kondusif bagi berkembangnya kemampuan intelektual, sikap, sosial, dan profesioanl di kalangan si'itas akademik jurusan secara terpadu. %

description

kurikulum PTE 09

Transcript of Kurikulum PS PTE 09 Hasil WS Nov 2011

KURIKULUM 2009 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

A. Visi Misi dan Tujuan Program Studi Pendidikan Teknik Elektro

1. Visi

Menjadikan Program Studi yang terdepan dalam pendidikan dan pelatihan di bidang teknik elektro yang menghasilkan lulusan yang bertaqwa, cendikia, dan mandiri, serta adaptif terhadap perkembangan ipteks.

2. Misi

Dengan memperhatikan semua aspek dan berbagai isu lokal, nasional maupun global, misi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro tahun 2007-2011, sebagai berikut:

a. Terselenggaranya pendidikan, dan pembelajaran yang berkualitas dan bersinergis antara program pendidikan dan non kependidikan bidan teknik elektro

b. Mempersiapkan tenaga akademik bidang pendidikan teknik elektro dan tenaga profesional bidang teknik elektro sesuai tuntutan dunia kerja dan perkembangan ipteks

c. Mengembangkan keunggulan dalam bidang pendidikan teknik elektro, baik dalam bidang pedagogik maupun bidang teknologi yang berbasis kompetensi dan life skillsd. Membangun sikap kerjasama secara sinergis dalam upaya menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang berkualitas

e. Mengembangkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bidang teknik elektro dalam rangka pengembangan budaya akademik, dan kemandirian sivitas akademik yang inovatif, kreatif dan kompetetif.

f. Memantapkan sistem pengelolaan manajemen jurusan berbasis sistem manajemen mutu yang berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

g. Mengembangkan jejaring kerjasama (networking) dengan berbagai instansi dan lembaga mitra, baik instansi pemerintah, lembaga pendidikan, maupun dunia usaha dan industri (stakeholders), baik lokal, maupun regional.

3. Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang telah dirumuskan di atas, tujuan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro sebagai berikut :

a. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan yang kondusif bagi berkembangnya kemampuan intelektual, sikap, sosial, dan profesioanl di kalangan sivitas akademik jurusan secara terpadu.

b. Meningkatkan relevansi kurikulum yang dikembangkan melalui program studi terhadap lulusan yang mandiri, kreatif, dan inovatif yang dibutuhkan oleh masyarakat.

c. Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran bermuatan nilai moral dan life skill, dengan memperhatikan perkembangan isu lokal dan global.

d. Meningkatkan kualitas penelitian dan karya ilmiah bidang teknik elektro yang mendukung pengembangan ipteks dan kebutuhan masyarakat.

e. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian dan kebutuhan masyarakat.

f. Mengembangkan sistem komunikasi dan pengelolaan kelembagaan jurusan berbasis teknologi informasi.

g. Terjalinnya kerjasama secara sinergis dengan berbagai lembaga terkait baik dari lembaga pemerintah, pendidikan, maupun dari dunia usaha dan industri.

B. Kompetensi Lulusan

Tamatan PSPTE diharapkan memiliki kompetensi kependidikan dan non-kependidikan:

1. Kompetensi Kependidikan :

a. Merencanakan penyelenggaraan pendidikan teknologi dan kejuruan baik formal maupun non-formal.

b. Mengelola penyelenggaraan pendidikan dan latihan pada pendidikan kejuruan di sekolah dan di industri.

c. Melaksanakan pengajaran pendidikan dan latihan pada pendidikan kejuruan di sekolah dan di industri.

d. Mengevaluasi penyelenggaraan pengajaran pendidikan dan latihan pada pendidikan kejuruan di sekolah dan di industri.

e. Mengelola penyelenggaraan pendidikan dan latihan berbasis Teknologi informasi dan komunikasi (TIK)

2. Kompetensi Non-kependidikan (Keteknikan) :

a. Merencanakan dokumen lelang (tender) untuk pekerjaan pengendalian otomatisasi mesin-mesin produksi dan pemasangan instalasinya.

b. Memilih bahan dan peralatan secara spesifik yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan pemasangan otomatisasi kendali di industri atau kelistrikannya.

c. Merancang rangkaian kendali otomatis pada mesin-mesin proses produksi atau instalasi kelistrikannya di industri.

d. Memasang instalasi dan kendali otomatis pada mesin-mesin proses produksi di industri.

e. Mengoperasikan peralatan listrik dan kendali industri.

f. Mengembangkan kinerja sistem kendali otomatis atau sistem kelistrikanya menjadi lebih efisien di industri berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK)g. Melakukan perawatan dan perbaikan instalasi dan sistem kendali otomatis atau sistem kelistrikannya.

h. Mengkoordinasikan pekerjaan pada proyek-proyek kelistrikan dan industri.

C. Kurikulum 2009 PSTE1. Deskripsi Kurikulum 2009

Kurikulum 2009 PSTE terdiri dari 6 (enam) kelompok mata kuliah, yaitu mata kuliah Dasar Umum (MDU= 18 SKS); mata kuliah Dasar Kependidikan (MDK= 13 SKS); mata kuliah pendidikan kejuruan (TKF= 6 SKS); mata kuliah fakulter bersama (PTK=12 SKS); mata kuliah bidang studi (EKO=78 SKS); dan mata kuliah Pilihan Konsentrasi (EKK=18~ 28 SKS). Selanjutnya, ke enam kelompok mata kuliah tersebut disusun menjadi 2 (dua) bagian, yaitu mata kuliah bersama (common-ground) dan mata kuliah konsentrasi/ program keahlian. Mata kuliah bersama merupakan mata-mata kuliah yang mendasari pembentukan jiwa kependidikan dan keahlian teknik elektro. Mata kuliah konsentrasi merupakan mata kuliah pilihan keahlian keteknikan khusus yang wajib ditempuh mahasiswa PSPTE sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Kebulatan studi untuk menempuh jenjang Strata I PSPTE adalah 148 ~ 155 sks. Mahasiswa menempuh mata kuliah bersama mulai Semester I sampai dengan Semester V , selanjutnya pada Semester VI dan VII mahasiswa sudah diarahkan untuk memilih program keahlian keteknikan (konsentrasi). Di Semester VIII mahasiswa dapat mengakhiri Studi secara keseluruhan dengan menempuh MK Tugas Akhir Skripsi . Perbandingan persentase SKS antara pekuliahan antara teori, praktik, dan lapangan sebesar 61%; 29% dan 10%. Sedangkan perbandingan Jumlah Jam Perkuliahan (JJP) antara jam teori, jam praktik dan jam kuliah lapangan adalah 91: 84 : 60, atau jika dalam persentase sebesar : 38% : 36% : 26%.

Alur pelaksanaan Kurikulum 2009 PSPTE secara keseluruhan dari mulai Semester I sampai dengan Semester VIII dapat ditunjukkan seperti Gambar 1 berikut ini. VIIITugas Akhir Skripsi

6 sksProgram Keahlian/ Konsentrasi

VIIPPL & KKN

6 sksPraktik Industri : 3 Sks

Proyek Akhir,: 3 Sks

(6 sks)

VIK1 (EKK)

21~28 Sks

K2 (EKK)

21~28 Sks

VMata Kuliah

Common-ground

MDU: 18 Sks

TKF: 6: Sks

EKO: 78 Sks

Dasar Kependidikan dan Keteknikan

IV

III

II

I

SEMESTERSTRATA I

148~153 sksKompetensi

Gambar 1. Alur Pelaksanaan Kurikulum 2009 PSPTE

Keterangan :

K1 : Konsentrasi/ Program Keahlian Kendali Industri

K2 : Konsentrasi/ Program Keahlian Listrik Industri

Sebaran Mata Kuliah Program STudi Pendidikan Teknik Elektro Kurikulum 2009 NomorMata KuliahSKSSemKet.

UrutKodeTPLJGslGnp

1MDU207Pendidikan Pancasila221

2MDU210Bahasa Inggris221

3MDU212Ilmu Sosial Budaya Dasar221

4MDK218Ilmu Pendidikan221

5TKF201Matematika221

6TKF202Fisika221

7EKO301Dasar Listrik 331

8EKO302Elektronika Dasar331

9EKO303Pemrograman Komputer1231

10EKO216Gambar Teknik221

11MDU301Pendidikan Agama Islam332

12MDU302Pendidikan Agama Katolik332

13MDU303Pendidikan Agama Kristen332

14MDU304Pendidikan Agama Hindu332

15MDU305Pendidikan Agama Budha332

16MDU306Pendidikan Agama Konghuchu332

17EKO304Matematika Teknik332

18MDU208Pendidikan Kewarganegaraan222

19PTK209Pendidikan Teknologi dan Kejuruan222

20EKO217Praktik Dasar Listrik222

21EKO215Praktik Teknik Digital222

22EKO305Rangkaian Listrik 332

23EKO211Instalasi Listrik222

24EKO306Elektronika Lanjut332

25MDK219Psikologi Pendidikan222

26EKO212Praktik Elektronika223

27EKO226Manajemen Industri223

28MDK221Manajemen Pendidikan 223

29EKO213Kesehatan dan Keselamatan Kerja223

30EKO308Elektronika Daya333

31EKO309Dasar Sistem Kendali333

32EKO218Praktik Instalasi Listrik Residensial223

33EKO307Mesin Listrik333

34EKO219Jaringan Komputer223

35EKO224Pemeliharaan dan Perbaikan Listrik1233

36EKO214Praktik Elektromekanik224

37MDU209Bahasa Indonesia224

38MDK220Sosio Antropologi Pendidikan224

39TKF203Statistika224

40EKO320Sistem Mikroprosesor334

41PTK204Pengembangan Kurikulum224

42EKO221Praktik Mesin Listrik224*

43EKO222Praktik Instalasi Listrik Industri224

44EKO223Praktik Elektronika Daya224

45EKO225Praktik Sistem Kendali224

46PTK203Evaluasi Pembelajaran225

47PTK201Metodologi Pembelajaran225

48PTK202Media Pendidikan 225

49EKO227Sistem Informasi Manajemen225

50EKO228Praktik Komunikasi Data225

51EKO229Praktik Mikroprosesor225

52EKO230Praktik Kendali Terprogram225

53EKO231Dasar Telekomunikasi 225

54EKO310Transmisi dan Distribusi335

55EKO232Disain Multimedia225

56EKO233Analisis Sistem Tenaga Listrik225

57PTK205Metodologi Penelitian Pendidikan226

58MDK224Pembelajaran Mikro226**

59EKK234Kendali Digital2261)

60EKK235Praktik Kendali Otomatis2261)

61EKK236Praktik Teknik Antarmuka2261)

62EKK237Kecerdasan Buatan2261)

63EKK238Perencanaan Sistem Otomasi Industri2262)

64EKK239Sistem Kendali Terdistribusi2262)

65EKK278Praktik Kendali Logika Terprogram2262)

66EKK240Robotika2262)

67EKK241Proteksi Tenaga Listrik2263)

68EKK242Praktik Perencanaan Instalasi Listrik2263)

69EKK243Praktik Simulasi Sistem Tenaga Listrik2263)

70EKK244Konversi Energi2263)

71EKK245Operasi Sistem Tenaga Listrik2264)

72EKK246Manajemen Energi2264)

73EKK248Praktik Teknik Tenaga Listrik2264)

74EKK247Praktik Pendingin dan Tata Udara2264)

75MDU213Kewirausahaan227

76MDU317Kuliah Kerja Nyata337

77MDK325Praktik Pengalaman Lapangan337***

78EKK350Praktik Industri337

79EKK351Proyek Akhir337****

80MDU626Tugas Akhir Skripsi 668

81MDU227Tugas Akhir Bukan Skripsi228*****

Total SKS 914215148

Persentase SKS (%)612910100

Jumlah Jam Perkuliahan (JJP)918460235

Persentase JJP (%)383626100

Catatan:

( Keterangan tanda yang ada dalam kolom keterangan1) Mata kuliah wajib konsentrasi Kendali Industri2) Mata kuliah pilihan (minimal 4 SKS) konsentrasi Kendali Industri3) Mata kuliah wajib konsentrasi Listrik industri 4) Mata kuliah pilihan (minimal 4 SKS) konsentrasi Listrik Industri *) Mata Kuliah ini mensyaratkan EKO307 sudah ditempuh, minimal nilai C

**) Mata Kuliah ini mensyaratkan PTK201, PTK 202, PTK203 dan PTK204 sudah ditempuh, minimal nilai C

***) Mata Kuliah ini mensyaratkan MDK224 sudah ditempuh, minimal nilai B

****) Mata kuliah untuk mahasiswa S1 yang menginginkan ijazah D3 PSTE, harus sudah lulus MK ini maksimal pada Sem. 10*****) Mata kuliah ini sebagai alternatif mata kuliah MDU 626, dengan syarat mengambil mata kuliah pilihan tambahan sebanyak 4 SKS. ( Kebulatan Studi untuk Mhs S1 jumlah SKS yang harus diambil minimal 148 SKS, masa studi maksimal 14 Semester efektif dengan tidak memperhitungkan semester khusus.

MK Kependidikan (25 Sks)

MDK 13 Sks

PTK 12 Sks

PAGE 5