Kimdas - Copy

download Kimdas - Copy

of 24

  • date post

    10-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    216
  • download

    1

Embed Size (px)

description

kimia dasar

Transcript of Kimdas - Copy

Slide 1

Pengaruh kekurangan magnesium Terhadap psikologi dan tubuh remajaMARIA PAULA (13-094)PANJI UMBAR .H (13-096)RIA IRENE (13-098)IRSA SEPTIAWAN (13-100)DWI PUTRI (13-102)SALWA JODY GUSTIA (13-104)SITI MAYSARAH (13-106)KELOMPOK 11 Logam yang unsur-unsurnya bersifat basa dan banyak ditemukan dalam mineral tanah.Apa itu logam alkali tanah ?Logam alkali tanah terdiri dari 6 unsur yang terdapat di golongan IIA. Yang termasuk ke dalam golongan II A yaitu : Berilium (Be), Magnesium (Mg), Calcium (Ca), Stronsium (Sr), Barium (Ba), dan Radium (Ra). Di sebut logam karena memiliki sifat-sifat seperti logam. Disebut alkali karena mempunyai sifat alkalin atau basa jika direaksikan dengan air. Dan istilah tanah karena oksidasinya sukar larut dalam air.

Golongan Alkali Tanah

1. Berilium (Be)

Berilium mempunyai nomor atom 4. Unsur ini beracun, bervalensi 2, berwarna abu-abu baja, kukuh, ringan, mudah pecah.

Manfaat dan kegunaan

Berilium digunakan sebagai agen aloy di dalam pembuatan tembaga berilium. (Be dapat menyerap panas yang banyak). Aloy tembaga-berilium digunakan dalam berbagai kegunaan karena konduktivitas listrik dan konduktivitas panas, kekuatan tinggi dan kekerasan, sifat yang nonmagnetik, dan juga tahan karat serta tahan fatig (logam). Kegunaan-kegunaan ini termasuk pembuatan: mold, elektroda pengelasan bintik, pegas, peralatan elektronik tanpa bunga api dan penyambung listrik.

2. Magnesium (Mg)

Magnesium memiliki nomor atom 12 serta berat atom 24,31. Magnesium adalah elemen terbanyak kedelapan yang membentuk 2% berat kulit bumi, serta merupakan unsur terlarut ketiga terbanyak pada air laut

Manfaat dan kegunaan magnesium (Mg)

Logam magnesium digunakan dalam pembuatan logam paduan ( alloy) untuk membuat campuran logam yang ringan dan liat yang dapat digunakan pada pembuatn alat-alat ringan, seperti suku cadang pesawat atau alat-alat rumah tangga, magnesium hidroksida {Mg(OH)2} sebagai obat maag, serta bahan pasta gigi.3. Kalsium (Ca)

Kalsium adalah unsure kimia dengan nomor atom 20 dan massa atom 40,08. Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot.

Manfaat dan kegunaan kalsium (Ca) Senyawa CaSO4 digunakan untuk membuat Gips yang berfungsi untuk membalut tulang yang patah. Senyawa CaCO3 biasa digunakan untuk bahan bangunan seperti komponen semen dan cat tembok.Selain itu digunakan untuk membuat kapur tulis dan gelas.4. Stronsium (Sr)

Stronsium nomor atomnya 28 serta berat atom 87,62. Stronsium melebur pada 771C. Elemen ini harus direndam dalam minyak tanah (kerosene) untuk menghindari oksidasi. Logam ini jika terbelah secara halus dapat terbakar di udara secara spontan.

Manfaat Dan Kegunaannya Stronsium dalam senyawa Sr(NO3)2 memberikan warna merah apabila digunakan untuk bahan kembang api. Stronsium sebagai senyawa karbonat biasa digunakan dalam pembuatan kaca televisi berwarna dan komputer.5. Barium (Ba)

Barium merupakan unsur metalik, lunak. Barium memiliki nomor atom 56 serta berat atom 137,34. Logam ini teroksida dengan mudah. Barium terdekomposisi oleh air atau alkohol.

Manfaat Dan Kegunaannya

BaSO4 digunakan untuk memeriksa saluran pencernaan karena mampu menyerap sinar X BaSO4 digunakan sebagai pewarna pada plastic karena memiliki kerapatan yang tinggi dan warna terang. Ba(NO3)2 digunakan untuk memberikan warna hijau pada kembang api.6. Radium (Ra)

Radium memiliki nomor atom 88 serta berat atom 226. Radium diproduksi secara komersil sebagai bromida dan klorida. Sangat jarang unsur ini tersendiri tersedia dalam jumlah banyak. Elemen ini terdekomposisi di dalam air dan lebih reaktif ketimbang barium. Unsur ini memancarkan sinar alpha, beta, dan gamma. Unsur ini bersifat radioaktif, yang kekuatan radioaktifnya akan berupa sulfat. Radium dalam bentuk garam harus disimpan dalam tabung kaca tertutup dan diberi pelindung timah hitam.

SIFAT SIFAT ALKALI TANAH

Jari jari makin kecilEnergi ionisasi makin kecilSifat reduktor makin kuatReaksi dengan air menghasilkan gas oksigenSifat basa makin kuat

1. Sifat Fisis Alkali Tanah

Unsur logam alkali tanah (IIA) ini terdiri dari Be, Mg, Ca, Sr, Ba, dan Ra. Golongan ini mempunyai sifat-sifat yang mirip dengan golongan IA. Perbedaannya adalah bahwa golongan IIA ini mempunyai konfigurasi elektron ns2 dan merupakan reduktor yang kuat. Meskipun lebih keras dari golongan IA, tetapi golongan IIA ini tetap relatif lunak, perak mengkilat, dan mempunyai titik leleh dan kerapatan lebih tinggi2. Sifat-sifat kimia alkali tanah

Kereaktifan logam alkali tanah meningkat dari berilium ke barium. Fakta ini sesuai dengan yang diharapkan. Karena dari berilium ke barium jari-jari atom bertambah besar, energi ionisasi serta keelektonegatifan berkurang. Akibatnya, kecenderungan untuk melepas elektron membentuk senyawa ion makin besar. Semua senyawa dari kalsium, strontium, dan barium, yaitu logam alkali tanah yang bagian bawah, berbentuk senyawa ion sedangkan magnesium membentuk beberapa senyawa kovalen, dan senyawa-senyawa berilium bersifat kovalen.

Diproduksi melalui proses elektrolisis lelehan garam halida (biasanya klorida) atau melalui reduksi halida atau oksida.Proses pembuatan alkali tanahUnsur kimia yang memiliki nomor atom 12 serta berat atom 24,31. Elemen terbanyak yang membentuk 2% berat kulit bumi.

MAGNESIUM

Magnesium adalah mineral dengan kalium intraseluler. Sekitar 60% dari magnesium tubuh dalam tulang kita, rata-rata 26% adalah pada otot dan sisanya di jaringan lunak dan cairan tubuh. Tubuh manusia mengandung antara 21 dan 28 gram magnesiumMagnesium dalam tubuhmetalurgi, kimia organic, industri tekstil, penerbangan, batu bahan api, keramik, obat-obatan, baterai, dll. Magnesium juga dipergunakan untuk bidang biologi yaitu sebagai bagian terpenting dalam jaringan hidup terutama klorofil pada tumbuhan hijau.Digunakan untuk memberi warna putih terang pada kembang api dan pada lampu BlitzSenyawa MgO digunakan untuk melapisi tungku, karena senyawa MgO memiliki titik leleh yang tinggi.

Penggunaan magnesium di industrielemen yang paling berlimpa dalam tbuh manusia, dan magnesium juga berperan penting dalam polifosfat biologis seperti ATP, DNA, dan RNA

Senyawa magnesium digunakan dalam medis sebagai obat pencahar, antasida, dan dalam sebagai tabalisasi eksitasi saraf abnormal dan spasme pembuluh darah. Ion magnesium asam memiliki konsentrasi rendah untuk membawa mengurasi rasa getir dalam air mineral segar.Magnesium bagi psikologi & tubuh manusiasebagai sistem kekebalan tubuh magnesium menstabilkan potensial otot yang kencang dan sel-sel saraf yang kencang dan sel-sel sistem saraf otonom kekurangan magnesium memicu kegelisahan manusia, gugup, lekas marah, sakit kepala, kurang konatrasi, kelelahan, dan kejang otot.

Sekitar 2/3 dari semua magnesium didalam tubuh ada di tulang-tulang kita.Melemahnya ototgemetarkejangMengakibatkan arrhytmiaKontraksi yang tidak teraturMeningkatnya detak jantung Peningkatan tekanan darahDepresiKurang nafsu makanGejala-gejala kekurangan magnesium antara lain :

ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan.Pengaruh ADHD Terhadap Kekurangan Magnesiumberbagai keluhan perasaan gelisah, tidak bisa diam, tidak bisa duduk dengan tenang, dan selalu meninggalkan keadaan yang tetap seperti sedang duduk, atau sedang berdiriEmosi suka meletup-letup, aktivitas berlebihan, dan suka membuat keributan.

Tanda - tanda ADHDHasil penilitian dari Lahey & Ciminero (1980), menjelaskan bahwa kekurangan nutrisi dapat menyebabkan terjadinya retardasi fisik dan mental, juga dapa menyebabkan perilaku menyimpang. Pauling juga menjelaskan kekurangan vitamin dan makanan bergizi dapat menyebabkan hiperaktivitas.Diet NutrisibayamTerongRumput lautKacang hijauSalmonTimunseledri

Makanan nutrisi yang mengandung magnesium