K - 1 Paradigma Sehat

download K - 1 Paradigma Sehat

of 23

  • date post

    18-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    4
  • download

    0

Embed Size (px)

description

K - 1 Paradigma Sehat

Transcript of K - 1 Paradigma Sehat

  • Higene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (I)

  • Paradigma SehatMilenium baru, pemerintah menetapkan paradigma baru dalam pembangunan kesehatan yang dikenal dengan paradigma sehat

  • Paradigma sehat adalah:Cara pandang, pola pikir atau model pembangunan kesehatan bersifat holistik, melihat masalah kesehatan yang dipengaruhi banyak faktor yang bersifat lintas sektoral, dan upayanya lebih diarahkan pada peningkatan, pemeliharaan dan perlindungan kesehatan, bukan hanya penyembuhan orang sakit atau pemulihan kesehatan.

  • Paradigma sehat, secara makro berarti:Bahwa semua sektor harus memperhatikan dampak pembangunan di bidang kesehatan, paling tidak memberikan kontribusi positif bagi pengembangan perilaku dan lingkungan sehat.

  • Paradigma sehat, secara mikro berarti:Bahwa pembangunan kesehatan lebih menekankan upaya :PromotifPreventiftanpa mengesampingkan upaya kuratif & rehabilitatif.

  • Indonesia Sehat 2010Berdasarkan paradigma sehat visi Indonesia sehat 2010 yaitu: Gambaran masyarakat Indonesia dimasa depan, yang penduduknya hidup dalam lingkungan dan perilaku sehat, mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, adil, merata serta memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Tiga pilar dalam menuju Indonesia Sehat 2010:

  • Pilar- I adalah lingkungan sehatLingkungan yang kondusif bagi terwujudnya keadaan sehat, yaitu: - Bebas polusi - Air bersih - Sanitasi lingkungan memadai - Perumahan dan pemukiman sehat. - Perencanaan kawasan bewawasan kesehatan, kehidupan tolong menolong. Merupakan tanggung jawab banyak sektor.

  • Pilar -2 adalah perilaku sehatYaitu perilaku proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah risiko terjadinya penyakit, melindungi dari ancaman penyakit serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat. Konkritnya, perilaku sehat berupa budaya/kebiasaan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

  • Pilar-3 adalah pelayanan kesehatan,bermutu,adil,merataAdalah pelayanan paripurna, terpadu dan berkesinambungan, meliputi:Promotif, preventif, kuratif, rehabilitatifDapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.Dapat diterima, dijangkau oleh masyarakat baik dalam jarak, biaya, sosial dan budaya.

  • Misi yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi IS 2010:Menggerakkan pembangunan nasional berwawasan kesehatanMendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehatMemelihara/meningkatkan pelayanan kesehatanMemelihara/meningkatkan kesehatan individu, keluarga, masyarakat, lingkungan.

  • 10 program unggulan:Kebijakan, pembiayaan, hukum kesehatanPerbaikan giziPencegahan penyakit menular-imunisasiPeningkatan perilaku hidup sehat dan kesehatan mentalLingkungan pemukiman, air, udara sehatKesehatan keluarga, kesehatan reproduksi dan KBKeselamatan dan kesehatan kerjaAnti tembakau, alkohol, madatPengawasan obat, bahan berbahaya, makanan /minumanPencegahan kecelakaan, rudapaksa, lalu-lintas..

  • Higene perusahaan adalah:Spesialisasi dalam ilmu higene beserta prakteknya dengan mengadakan penilaian kepada faktor2 penyebab penyakit kualitatif dan kuantitatif dalam lingkungan kerja dan perusahaan melalui pengukuran yang hasilnya dipergunakan untuk dasar tindakan korektif kepada lingkungan tersebut serta bila perlu pencegahan, agar pekerja dan masyarakat sekitar suatu perusahaan terhindar dari bahaya akibat kerja serta dimungkinkan mengecap derajat kesehatan setinggi-tingginya.

  • Kesehatan kerja adalah:

    Spesialisasi dalam i.kesehatan/kedokteran beserta prakteknya yang bertujuan agar pekerja/masyarakat pekerja memperoleh derajat kesehatan setinggi-tingginya, baik fisik atau mental maupun sosial dengan usaha-usaha preventif dan kuratif terhadap penyakit dan gangguan kesehatan yang diakibatkan faktor2 pekerjaan dan lingkungan kerja serta terhadap terhadap penyakit2 umum.

  • Sifat higene perusahaan dan kesehatan kerja:Higene perusahaan mempunyai sasaran adalah lingkungan kerja dan tehnik.Kesehatan kerja mempunyai sasaran adalah manusia dan medis.Jadi tujuan HP/KK:Alat untuk memperoleh derajat kesehatan setinggi-tingginyakesejahteraan TKAlat untuk meningkatkan produksi dengan meningkatkan efisiensi dan daya produktivitas manusia.

  • Penjelasan tujuan:Pencegahan dan pemberantasan peny2 dan kecelakaan kerja, pemeliharaan dan meningkatkan kesehatan,gizi kerja, perawatan dan meningkatkan efisiensi dan daya produktivitas tenaga manusia, pemberantasan kelelahan kerja, pelipatgandaan kegairahan serta kenikmatan kerja, perlindungan bagi masy, sekitar suatu perusahaan agar terhindar bahaya pengotoran bahan2 perusahaan tsb serta perlindungan masy.luas dari bahaya2 yg mungkin ditimbulkan produk2 industri.

  • Tujuan utama HP/KKMenciptakan tenaga kerja sehat dan produktif,dan hal ini mungkin dicapai oleh karena ada korelasi derajat kesehatan dan produktivitas kerja yg didasarkan kenyataan2:Untuk efisiensi kerja optimal dan baik, lingk.kerja harus sehat seperti:tekanan panas, penerangan, debu, sikap badan, penyerasian manusia-mesin, pengekonomisan upaya, untuk ini perlu tingkat kesehatan dan gizi yang sesuai.

  • Penyakit - penyakit menurunnya produktivitas kerjaPeny.umum dari sektor pertanian, pertambangan, industri oleh terserang peny.infeksi, endemik, parasit, TBC, saluran pernafasan.Peny.akibat kerja seperti pneumokoniosis, dermatosis, keracunan bahan kimia, gangguan mental psikologis

  • Kondisi kesehatan produktivitas kerja menurunGizi buruh tdk menguntungkan produktivitas kerja oleh karena parasit dan peny.endemis.Ling.kerja kurang membantu produktivitas optimal seperti suhu,kelembaban,gerak udara.Penyerasian manusia-mesinMental psikologisKesejahteraanFasilitas kesehatanUU sudah ada namun tenaga kurangBelum satu kata hubungan kesehatan-produktivitas.

  • Tujuan utama HP/KKPencegahan biayanya lebih murah dari pada biaya kuratif (pengobatan, perawatan di RS, rehabilitatif, kerusakan mesin dsb), oleh karena keadaan buruk oleh bahaya pekerjaan

  • HP/KK-KES.MASHP/KK adalah kes.mas dgn TK tujuan utama, dimana yg diurus karyawan/mudah didekati dimana efektif dilakukan pem.kes.seb.kerja dan secara berkala,yg dihadapai adalah ling.kerja. HP/KK juga bertujuan meningkatkan produktivitas, dan biaya kesehatan ditanggung perusahaan, dan HP/KK ini berkembang sesudah terjadi revolusi industri, dan ada UU yang mengatur TK ini.

  • KES-MASUmum sbg sasaran utama,dimana yg diurus adalah mas.umum yg sulit dicapai,dan sulit dilakukan pemeriksaan periodik,dan yang dihadapi adalah lingkungan umum.Tujuan adalah meningkatkan kes/kesejahteraan mas,dimana dikaitkan dgn ada wabah maka produktivitas menurun.Biaya yg timbul ditanggung pemerintah,dan ilmu Kes.Mas berkembang sesudah ada kemajuan i.jasad renikDalam pelaksanaan diatur UU .

  • Tkt/upaya pencegahan dlm hubungan ggn.kes-efisiensi TKMeningkatkan kesehatan dgn pendidikan, gizi, rumah, rekreasi, pemeriksaan sebelum kerjaPerlindungan khusus dgn imunisasi, higene kerja, sanitasi, penserasian manusia-mesin dan pengendalian bahaya.Diagnosa dan pengobatan dini dgn mencari TK, penyaringan, pemeriksaan selektif, mengobati, mencegah peny dan penularan

  • Pembatasan cacat dgn pengobatan yg tepat sehingga mengurangi komplikasi.Rehabilitasi dgn melakukan dik-lat, pengobatan di RS dan penempatan TK selektif.

    1&2 Sebelum proses gangguan 3. Ada gangguan dini 4. Ada gejala sakit 5. Tenaga kerja menderita cacat.