Daur Biogeokimia

of 22 /22
BAB 9. EKOLOGI BAB 9. EKOLOGI - Berasal dari bahasa latin ( Berasal dari bahasa latin ( oikos oikos =tempat =tempat tinggal, dan tinggal, dan logos logos = ilmu), dikemukakan = ilmu), dikemukakan oleh oleh ERNEST HAECKEL ERNEST HAECKEL (1834-1914) (1834-1914) - Ekologi Ekologi adalah: ilmu yang mempelajari adalah: ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara hubungan timbal balik antara makhluk makhluk hidup hidup dengan dengan lingkungannya lingkungannya - Lingkungan makluk hidup: Lingkungan makluk hidup: 1. Lingkungan Biotik 1. Lingkungan Biotik (produsen,konsumen,redusen) (produsen,konsumen,redusen) 2. Lingkungan Abiotik (komponen 2. Lingkungan Abiotik (komponen fisik dan kimia) fisik dan kimia)

description

presentasi materi biologi untuk sma kelas 10 Daur Biogeokimia

Transcript of Daur Biogeokimia

Page 1: Daur Biogeokimia

BAB 9. EKOLOGIBAB 9. EKOLOGI- Berasal dari bahasa latin ( Berasal dari bahasa latin ( oikosoikos=tempat =tempat

tinggal, dan tinggal, dan logoslogos= ilmu), dikemukakan oleh = ilmu), dikemukakan oleh ERNEST HAECKELERNEST HAECKEL (1834-1914) (1834-1914)

- EkologiEkologi adalah: ilmu yang mempelajari adalah: ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara hubungan timbal balik antara makhluk hidupmakhluk hidup dengan dengan lingkungannya lingkungannya

- Lingkungan makluk hidup:Lingkungan makluk hidup:

1. Lingkungan Biotik 1. Lingkungan Biotik (produsen,konsumen,redusen)(produsen,konsumen,redusen)

2. Lingkungan Abiotik (komponen fisik dan 2. Lingkungan Abiotik (komponen fisik dan kimia)kimia)

Page 2: Daur Biogeokimia

INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYALINGKUNGANNYA

1.1. Interaksi antar- individuInteraksi antar- individu - Kompetisi intraspesifik (kompetisi antar individu dalam populasi)- Kompetisi intraspesifik (kompetisi antar individu dalam populasi)2.2. Interaksi antar-populasiInteraksi antar-populasi:: Bentuk interaksi antar populasi dapat berupa :Bentuk interaksi antar populasi dapat berupa : a. Kompetisia. Kompetisi b. Simbiosisb. Simbiosis c. Predasic. Predasi - Kompetisi- Kompetisi antar-populasi (Kompetisi interspesifik), kompetisi ini antar-populasi (Kompetisi interspesifik), kompetisi ini terjadi jika dua atau lebih populasi pada suatu wilayah memiliki terjadi jika dua atau lebih populasi pada suatu wilayah memiliki kebutuhan yang sama sedangkan ketersediaan kebutuhan kebutuhan yang sama sedangkan ketersediaan kebutuhan tersebut terbatas) tersebut terbatas) - Simbiosis- Simbiosis : cara hidup bersama antara dua individu berbeda : cara hidup bersama antara dua individu berbeda dalam hubungan yang erat.dalam hubungan yang erat. Macam-macam simbiosis: Macam-macam simbiosis: Mutualisme,Komensalisme,Parasitisme Mutualisme,Komensalisme,Parasitisme - Predasi- Predasi adalah interaksi antara pemangsa (predator) dan yang adalah interaksi antara pemangsa (predator) dan yang dimangsa (prey) dimangsa (prey)

Page 3: Daur Biogeokimia

3. Interaksi antara komponen biotik dan abiotik3. Interaksi antara komponen biotik dan abiotikKekhasan fungsi suatu individu atau Kekhasan fungsi suatu individu atau populasi dalam ekosistem disebut populasi dalam ekosistem disebut niche niche (relung)(relung)Berdasarkan peran khasnya suatu individu Berdasarkan peran khasnya suatu individu atau populasi dibedakan menjadi 4 atau populasi dibedakan menjadi 4 kelompok :kelompok :- - Produsen (organisme autotrof)Produsen (organisme autotrof)- Konsumen (organisme heterotrof) - Konsumen (organisme heterotrof) - Redusen (Dekomposer)- Redusen (Dekomposer)- Detritivor- Detritivor *Dekomposer*Dekomposer (pengurai sisa tubuh (pengurai sisa tubuh

mahkluk mahkluk

hidup dari organik menjadi hidup dari organik menjadi anorganik)anorganik)

*Detritivor*Detritivor (penghancur seresah /sisa (penghancur seresah /sisa tubuh mahkluk hidup)tubuh mahkluk hidup)

Contoh :Contoh : cacing tanah, siput, keluwing, cacing tanah, siput, keluwing, bintang laut, kutu kayu)bintang laut, kutu kayu)

Page 4: Daur Biogeokimia

EKOSISTEMEKOSISTEM adalah hubungan timbal balik adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannyaantara makhluk hidup dengan lingkungannya Secara umum ada 3 tipe ekosistem :Secara umum ada 3 tipe ekosistem :1. Ekosistem air (akuatik)1. Ekosistem air (akuatik) a.Ekosistem air tawar : a.Ekosistem air tawar : - Ek.air tawar lotik (berarus) - Ek.air tawar lotik (berarus) contoh: sungai dan kalicontoh: sungai dan kali - Ek.air tawar lentik (tidak berarus) - Ek.air tawar lentik (tidak berarus) contoh: rawa, gambut, kolam dan danaucontoh: rawa, gambut, kolam dan danau Ekosistem danau dan kolam, terdiri dari 3 Ekosistem danau dan kolam, terdiri dari 3 wilayah wilayah horizontal, horizontal, yaitu: - yaitu: - wilayah litoral (tepi danau/kolam)wilayah litoral (tepi danau/kolam) - wilayah limnetik (perairan terbuka) - wilayah limnetik (perairan terbuka) - wilayah profundal (perairan dalam) - wilayah profundal (perairan dalam) b. Ekosistem air laut, dibagi menjadi 3 b. Ekosistem air laut, dibagi menjadi 3 zona/wilayah:zona/wilayah: yaitu: - yaitu: - zona litoral (ek.estuari, ek.pantai) zona litoral (ek.estuari, ek.pantai) - zona laut dangkal (ek.terumbu karang) - zona laut dangkal (ek.terumbu karang) - zona pelagik (ek.laut dalam) - zona pelagik (ek.laut dalam)

Page 5: Daur Biogeokimia

2. Ekosistem darat (terestrial)2. Ekosistem darat (terestrial) Berdasarkan struktur vegetasi Berdasarkan struktur vegetasi dominannya, dominannya, disebut disebut BIOMABIOMA, jenis-jenis bioma , jenis-jenis bioma dipengaruhi dipengaruhi oleh iklim, terdapat tujuh kategori bioma : oleh iklim, terdapat tujuh kategori bioma : bioma hutan hujan trofis, savana, padang bioma hutan hujan trofis, savana, padang rumput, gurun, hutan gugur, taiga dan rumput, gurun, hutan gugur, taiga dan tundra tundra 3. Ekosistem buatan adalah ekosistem yang 3. Ekosistem buatan adalah ekosistem yang diciptakan manusia untuk memenuhi diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya kebutuhannya contoh : bendungan, sawah, kolam dan contoh : bendungan, sawah, kolam dan

agroekosistem lainnya agroekosistem lainnya

Page 6: Daur Biogeokimia

PERBEDAAN MASING-MASING BIOMAPERBEDAAN MASING-MASING BIOMA

Jenis BiomaJenis Bioma Curah hujan/ Curah hujan/ tahuntahun

Vegetasi Vegetasi DominanDominan

KeteranganKeterangan

1. Hutan hujan 1. Hutan hujan TropisTropis

200 – 450 cm200 – 450 cm beragamberagam temp. 25temp. 25ooCC

2. Savana2. Savana 90 – 150 cm 90 – 150 cm rumput dgn rumput dgn semak/pohon semak/pohon jarangjarang

3. Padang Rumput3. Padang Rumput 25 – 75 cm 25 – 75 cm rumputrumput temp. sedangtemp. sedang

4. Gurun4. Gurun ≤ ≤ 25 cm25 cm kaktuskaktus

5. Hutan Gugur5. Hutan Gugur 75 – 150 cm75 – 150 cm maple, birkin, jatimaple, birkin, jati

6. Taiga6. Taiga Hanya terjadi Hanya terjadi pada musim pada musim panaspanas

Pinus/ koniferPinus/ konifer

7. Tundra7. Tundra Hampir tidak adaHampir tidak ada Alang2, lumutAlang2, lumut

Page 7: Daur Biogeokimia

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DAN JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DAN KERJAKAN DI BUKU LATIHAN !!KERJAKAN DI BUKU LATIHAN !!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Ekologi !1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Ekologi !2. Jelaskan perbedaan komponen penyusun 2. Jelaskan perbedaan komponen penyusun

lingkungan biotik dengan lingkungan abiotik, lingkungan biotik dengan lingkungan abiotik, berikan contohnya !berikan contohnya !

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kompetisi dan 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kompetisi dan sebutkan faktor-faktor utama penyebab terjadinya sebutkan faktor-faktor utama penyebab terjadinya kompetisi !kompetisi !

4. Apa yang dimaksud dengan simbiosis, dan jelaskan 4. Apa yang dimaksud dengan simbiosis, dan jelaskan 3 macam simbiosis dan sebutkan contohnya !3 macam simbiosis dan sebutkan contohnya !

5. Apa yang dimaksud dengan ekosistem dan jelaskan 5. Apa yang dimaksud dengan ekosistem dan jelaskan 3 macam ekosisitem tersebut ! 3 macam ekosisitem tersebut !

Page 8: Daur Biogeokimia

RANTAI MAKANANRANTAI MAKANAN : adalah peristiwa makan : adalah peristiwa makan dan dan dimakan dalam suatu dimakan dalam suatu ekosistem dalam urutan ekosistem dalam urutan tertentu/sederhana. tertentu/sederhana. - Rantai makanan yang dimulai dari - Rantai makanan yang dimulai dari produsenprodusen disebut disebut “Rantai makanan perumput”“Rantai makanan perumput”

Burung elang(konsumen tertier)Kadal

(konsumen sekunder)

Belalang(konsumen primer)

Rumput(produsen)

Page 9: Daur Biogeokimia

JARING-JARING MAKANANJARING-JARING MAKANAN : adalah kumpulan dari rantai : adalah kumpulan dari rantai makananmakanan yang saling berhubungan yang saling berhubungan

Page 10: Daur Biogeokimia

*ALIRAN ENERGI*ALIRAN ENERGI : adalah perpindahan energi dari sumber : adalah perpindahan energi dari sumber energi,energi, mengalir dari produsen ke konsumen dari mengalir dari produsen ke konsumen dari berbagaiberbagai tingkat trofik melalui jalur rantai makanan. tingkat trofik melalui jalur rantai makanan.

Energi kimiaEnergi kimia yang diperoleh organisme digunakan untuk yang diperoleh organisme digunakan untuk keperluan hidupnya sehingga dapat tumbuh dan keperluan hidupnya sehingga dapat tumbuh dan berkembang.berkembang. Maka setiap organisme melakukan pemasukan dan Maka setiap organisme melakukan pemasukan dan penyimpanan energi.Pemasukan dan penyimpanan energi penyimpanan energi.Pemasukan dan penyimpanan energi dalam suatu ekosistem disebut dalam suatu ekosistem disebut “Produktivitas “Produktivitas Ekosistem”Ekosistem”Produktivitas Ekosistem terdiri dari :Produktivitas Ekosistem terdiri dari :1. Produktivitas Primer1. Produktivitas Primer : kecepatan mengubah : kecepatan mengubah

energi energi cahaya matahari menjadi energi kimia cahaya matahari menjadi energi kimia dalam dalam bentuk bahan organik oleh organisme bentuk bahan organik oleh organisme autotrof.autotrof.

Seluruh bahan organik yang dihasilkan dari Seluruh bahan organik yang dihasilkan dari proses proses

fotosintesis pada organisme autotrof disebut fotosintesis pada organisme autotrof disebut ““Produktivitas Primer Kotor”/(PPK) Produktivitas Primer Kotor”/(PPK)

Page 11: Daur Biogeokimia

Bahan organik hasil fotosintesis sebagian digunakan untuk Bahan organik hasil fotosintesis sebagian digunakan untuk kegiatan hidup dan sebagian tersimpan dalam tubuh kegiatan hidup dan sebagian tersimpan dalam tubuh organisme. Bahan organik yang tersimpan disebut organisme. Bahan organik yang tersimpan disebut

“Produktivitas Primer Bersih”/(PPB).“Produktivitas Primer Bersih”/(PPB).Berat kering dari bahan organik yang tersimpan/berat kering Berat kering dari bahan organik yang tersimpan/berat kering

tubuh organisme disebuttubuh organisme disebut “Biomassa” “Biomassa” Biomassa organisme autotrof diperkirakan mencapai 50%-Biomassa organisme autotrof diperkirakan mencapai 50%-

90% dari seluruh bahan organik hasil fotosintesis, ini 90% dari seluruh bahan organik hasil fotosintesis, ini menunjukkan simpanan energi kimia yang dapat digunakan menunjukkan simpanan energi kimia yang dapat digunakan

konsumenkonsumen

2. Produktivitas Sekunder2. Produktivitas Sekunder : : kecepatan energi kimia kecepatan energi kimia mengubah bahan organik menjadi simpanan energi mengubah bahan organik menjadi simpanan energi

kimia baru oleh organisme heterotrof kimia baru oleh organisme heterotrof

Page 12: Daur Biogeokimia

PIRAMIDA EKOLOGIPIRAMIDA EKOLOGI adalah gambar yang adalah gambar yang menunjukkan menunjukkan

perbandingan suatu tingkatan trofik dalam suatu perbandingan suatu tingkatan trofik dalam suatu ekosistemekosistem

Piramida Ekologi, terdiri-dari :Piramida Ekologi, terdiri-dari : 1. Piramida Energi/Produktivitas1. Piramida Energi/Produktivitas : untuk : untuk meng-meng- gambarkan kehilangan energi dalam gambarkan kehilangan energi dalam suatu suatu

rantai makanan.Bahwa makin ke puncak rantai makanan.Bahwa makin ke puncak tingkat tingkat

trofik, makin sedikit energi yang trofik, makin sedikit energi yang tersimpannya.tersimpannya.

2. Piramida Biomassa2. Piramida Biomassa : perbandingan berat : perbandingan berat kering kering

suatu organisme pada setiap tingkatan suatu organisme pada setiap tingkatan trofik trofik

pada waktu tertentupada waktu tertentu3. Piramida Jumlah3. Piramida Jumlah : perbandingan jumlah : perbandingan jumlah

setiap setiap tingkatan trofik. Umumnya berbentuk tingkatan trofik. Umumnya berbentuk

menyempit menyempit ke atas atau dapat berbentuk piramida ke atas atau dapat berbentuk piramida

terbalik terbalik

Page 13: Daur Biogeokimia

Piramida EkologiPiramida Ekologi

Piramida energi Piramida biomassaPiramida jumlah

Page 14: Daur Biogeokimia

DAUR BIOGEOKIMIADAUR BIOGEOKIMIA adalah daur ulang air dan unsur- adalah daur ulang air dan unsur-unsur unsur kimia yang melibatkan makhluk hidup dan kimia yang melibatkan makhluk hidup dan batuanbatuan (geofisik) (geofisik)

- Meskipun energi kimia sebagian besar hilang - Meskipun energi kimia sebagian besar hilang pada pada setiap tingkatan trofik, tetapi materi tidak setiap tingkatan trofik, tetapi materi tidak hilang hilang - Materi berupa unsur-unsur penyusun bahan - Materi berupa unsur-unsur penyusun bahan organikorganik tersebut didaur ulang . tersebut didaur ulang . - Unsur-unsur tersebut masuk ke dalam - Unsur-unsur tersebut masuk ke dalam komponen komponen biotik melalui : udara, tanah atau air biotik melalui : udara, tanah atau air

Berikut akan dijelaskan : Berikut akan dijelaskan : daur air, daur karbon, daur nitrogen, daur daur air, daur karbon, daur nitrogen, daur fosfor danfosfor dan daur sulfur daur sulfur

Page 15: Daur Biogeokimia

DAUR AIRDAUR AIR (HYDROLOGI)(HYDROLOGI)

TranspirasiPenguapan

Akar menyerap airAir tanah

Aliran air

Hujan

Page 16: Daur Biogeokimia

DAUR AIRDAUR AIR- Air di atmosfir berada dalam bentuk uap air (H- Air di atmosfir berada dalam bentuk uap air (H22O)O)- Uap air berasal dari proses transpirasi air laut, air - Uap air berasal dari proses transpirasi air laut, air

daratan daratan dan tumbuhan/hewan yang terkondensasi menjadi dan tumbuhan/hewan yang terkondensasi menjadi

awanawan

DAUR KARBONDAUR KARBON- Di atmosfir terdapat dalam bentuk gas - Di atmosfir terdapat dalam bentuk gas

karbondioksida karbondioksida (CO (CO22)= 0,03%)= 0,03%

- CO- CO22 masuk ke dalam komponen biotik melalui masuk ke dalam komponen biotik melalui produsenprodusen

- Daur ini masuk melalui :- Daur ini masuk melalui : * reaksi fotosintesis* reaksi fotosintesis * reaksi oksidasi * reaksi oksidasi

Page 17: Daur Biogeokimia

Daur KarbonDaur Karbon

Pembakaran bahan bakar

fosil

Hujan

Difusi

CO2 terlarut

Fotosintesis

Bangkai Pembusukan

Industri dan PertanianRespirasi

Fotosintesis

co2 di atmosfir

Senyawa karbonmembentuk bahan bakar

fosilBangkai,Pembusukan

CaCO3

Page 18: Daur Biogeokimia

DAUR NITROGENDAUR NITROGEN- Di atmosfir terdapat dalam bentuk gas nitrogen - Di atmosfir terdapat dalam bentuk gas nitrogen

(N(N22)=78%)=78%

- Dapat digunakan organisma lain dalam bentuk nitrat - Dapat digunakan organisma lain dalam bentuk nitrat (NO (NO33

--) ) atauatau amonia (NH amonia (NH44++))

- Tahap pemanfaatan nitrogen- Tahap pemanfaatan nitrogen 1. Fiksasi1. Fiksasi, dengan tenaga halilintar atau bakteri , dengan tenaga halilintar atau bakteri

nitrogennitrogen misalnya: misalnya: Azotabacter, ClostridiumAzotabacter, Clostridium dan Rhizobiumdan Rhizobium

2. Nitrifikasi2. Nitrifikasi * 2NH * 2NH3 3 +3O+3O22 2NO 2NO22

-- +2H+2H22O + 2HO + 2H++ + energi + energi

bakterinya : bakterinya : Nitrosomonas dan NitrococcusNitrosomonas dan Nitrococcus * 2 NO * 2 NO22

-- + O+ O22 2NO 2NO33

-- + energi + energi

bakterinya : bakterinya : NitrobacterNitrobacter 3. Denitrifikasi3. Denitrifikasi : proses pengubahan kembali ion nitrat : proses pengubahan kembali ion nitrat

menjadi gas nitrogen menjadi gas nitrogen

Page 19: Daur Biogeokimia

Daur FosforDaur Fosfor

Guano

Pemupukan

Sedimen laut

Rantai Makanan

di laut

Terlarut dalamair laut

Terlarut di air tanah

Rantai makanan

Bebatuan

Page 20: Daur Biogeokimia

Daur SulfurDaur Sulfur

Bakteri Fotoautotrofanaerobik

Penguraian sulfur organik pd makhluk

hidup olehdekomposer

Hidrogen Sulfida (H2S)

Reduksi sulfatmenjadi sulfida

Sulfur (S)

Bakteri kemolitotrof mengoksidasi sulfur

Sulfat(SO2)

Diserap tumbuhan

Sulfurorganik

Page 21: Daur Biogeokimia

SUKSESISUKSESI adalah Perubahan secara bertahap adalah Perubahan secara bertahap struktur komunitas struktur komunitas

suatu wilayah suatu wilayah

Terdapat dua tipe suksesi :Terdapat dua tipe suksesi :1. Suksesi Primer1. Suksesi Primer : Terbentuknya formasi komunitas : Terbentuknya formasi komunitas

baru yang berbeda dengan komunitas sebelumnya baru yang berbeda dengan komunitas sebelumnya yang terjadi pada lahan gundul atau lahan kosong yang terjadi pada lahan gundul atau lahan kosong

contoh: akibat bencana alam yang menghancurkan contoh: akibat bencana alam yang menghancurkan semua makhluk hidupsemua makhluk hidup2. Suksesi Sekunder2. Suksesi Sekunder : Pembentukan kembali suatu : Pembentukan kembali suatu

komunitas ke bentuk kondisi awal setelah daerah komunitas ke bentuk kondisi awal setelah daerah tersebut mengalami kerusakan tersebut mengalami kerusakan

contoh: kebakaran, kebanjiran atau akibat aktivitas contoh: kebakaran, kebanjiran atau akibat aktivitas manusia manusia

Page 22: Daur Biogeokimia

*KOMUNITAS KLIMAKS *KOMUNITAS KLIMAKS adalah komunitas adalah komunitas yang yang

terbentuk setelah terjadinya suksesi yang terbentuk setelah terjadinya suksesi yang terus terus

menerus berlangsung sampai terbentuk menerus berlangsung sampai terbentuk keseimbangan keseimbangan

SILAKAN BERTANYA TENTANG HAL-HAL SILAKAN BERTANYA TENTANG HAL-HAL YANG BELUM JELAS YANG BELUM JELAS