206440428 Efektifitas Konsumsi Ekstrak Jahe Dengan Frekuensi Mual Muntah Pada PDF

19
1 Efektifitas Konsumsi Ekstrak Jahe dengan Frekuensi Mual Muntah pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Ungaran Tahun 2013 EFEKTIFITAS KONSUMSI EKSTRAK JAHE DENGAN FREKUENSI MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UNGARAN TAHUN 2013 Kikak *) Zumrotul Choiriyah, S.Kep.Ns.M.Kes **) Anggun Trisnasari,S.SiT.M.Kes **) *) Mahasiswa STIKES Ngudi Waluyo **) Dosen STIKES Ngudi Waluyo ABSTRAK Emesis gravidarum adalah mual-muntah yang menimbulkan gangguan aktifitas sehari-hari dan bahkan bisa membahayakan bagi ibu dan janin. Biasanya masyarakat umum untuk mengurangi mual muntah dengan minum obat anti mual. Jahe sebagai salah satu jenis tanaman herbal mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan tanaman herbal lainya, khususnya bagi ibu hamil yang sedang mengalami mual muntah. Jahe mengandung minyak terbang (minyak atsiri) yang menyegarkan dan memblokir reflek muntah sedangkan gingerol dapat melancarkan peredaran darah dan syaraf –syaraf bekerja dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas konsumsi ekstrak jahe dengan penurunan emesis gravidarum pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Ungaran. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil dengan usia < 20 minggu berjumlah 48 orang dengan jumlah sampel 36 sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan paired t test dan independent t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efektifitas penurunan mual muntah pada ibu hamil di Wilayah kerja puskesmas Ungaran pada kelompok kontrol dan intervensi , dengan nilai p-value sebesar 0,044 (α=0,05). Bagi masyarakat (ibu hamil yang mengalami emesis gravidarum dapat menerapkan pengobatan herbal yang tepat untuk mengobati gejala mual muntah salah satunya mengkonsumsi ekstrak jahe agar dapat mengurangi mual muntahnya sehingga bisa mengurangi penggunaan obat farmokologi yang ada efek sampingnya. Kata kunci : Konsumsi ekstrak jahe, penurunan emesis gravidarum Kepustakaan : 36 (2000-2011)

description

206440428 Efektifitas Konsumsi Ekstrak Jahe Dengan Frekuensi Mual Muntah Pada PDF

Transcript of 206440428 Efektifitas Konsumsi Ekstrak Jahe Dengan Frekuensi Mual Muntah Pada PDF

Microsoft Word - jurnal kikak.docx

EFEKTIFITAS KONSUMSI EKSTRAK JAHE DENGAN FREKUENSI MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UNGARAN TAHUN 2013Kikak *)Zumrotul Choiriyah, S.Kep.Ns.M.Kes **) Anggun Trisnasari,S.SiT.M.Kes **)*) Mahasiswa STIKES Ngudi Waluyo**) Dosen STIKES Ngudi WaluyoABSTRAKEmesis gravidarum adalah mual-muntah yang menimbulkan gangguan aktifitas sehari-hari dan bahkan bisa membahayakan bagi ibu dan janin. Biasanya masyarakat umum untuk mengurangi mual muntah dengan minum obat anti mual. Jahe sebagai salah satu jenis tanaman herbal mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan tanaman herbal lainya, khususnya bagi ibu hamil yang sedang mengalami mual muntah. Jahe mengandung minyak terbang (minyak atsiri) yang menyegarkan dan memblokir reflek muntah sedangkan gingerol dapat melancarkan peredaran darah dan syaraf syaraf bekerja dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas konsumsi ekstrak jahe dengan penurunan emesis gravidarum pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Ungaran.

Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil dengan usia < 20 minggu berjumlah 48 orang dengan jumlah sampel 36 sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan paired t test dan independent t test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efektifitas penurunan mual muntah pada ibu hamil di

Wilayah kerja puskesmas Ungaran pada kelompok kontrol dan intervensi , dengan nilai p-value sebesar0,044 (=0,05).

Bagi masyarakat (ibu hamil yang mengalami emesis gravidarum dapat menerapkan pengobatan herbal yang tepat untuk mengobati gejala mual muntah salah satunya mengkonsumsi ekstrak jahe agar dapat mengurangi mual muntahnya sehingga bisa mengurangi penggunaan obat farmokologi yang ada efek sampingnya.

Kata kunci : Konsumsi ekstrak jahe, penurunan emesis gravidarum

Kepustakaan : 36 (2000-2011)

ABSTRACTEmesis gravidarum is nausea-vomiting condition on pregnant women that causes disruption of daily activities and may be harmful for both mother and fetus. Usually, the use medication to reduce nausea and vomiting. Ginger as one of the herbas types has many advantages compared to other herbs, especially for pregnant women who are experiencing nausea and vomiting. Ginger oil contains essential oils which rafreshes and blocks vomit reflex while gingerol can improve blood circulation and nerves, can work well. The purpose, of this study is to determine the effectiveness of consuming ginger exract to decrease emesis gravidarum on pregnant women in the working area og ungaran health center.

The study design used quasy experiment. The population in this study was 48 pregnant women with pregnanty age