2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

159
Universitas Negeri Semarang Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

description

lp2m

Transcript of 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

Page 1: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

Universitas Negeri Semarang

Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Page 2: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2
Page 3: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

iiiPanduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Tim Penyusun

TIM PENYUSUN

Penanggung JawabProf. Dr. Totok Sumaryanto F., M.Pd

Koordinator PenyusunProf. Dr. Etty Soesilowati, M.Si

Tim PerumusDrs. Sunyoto, M.SiIr. Nana Kariada TM., M.SiEvi Widowati, SKM., M.KesDr. Isti Hidayah, M.PdDra. Margunani, M.P.Irwan Budiono, SKM, M.Kes(Epid)Dr. Rodiyah, SPd., SH., M.Si

Penyunting PelaksanaMoh. Yamin, S.PdIrwan Santoso, S.Pd

Desain dan Tata LetakMartanto Setyo Husodo, A.Md

AlamatLembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada MasyarakatUniversitas Negeri SemarangGedung G Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229Telp/Fax (024) 8508087, 8508089 Website: http://lp2m.unnes.ac.id Email: [email protected]

Page 4: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

ivPanduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Prakata

PRAKATA

Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ini menjelaskantentang kebijakan atau mekanisme pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Negeri Semarang yang dananya berasal dari DIPA PNBP. Buku Panduan ini memuat uraian setiap skema Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, yang di dalamnya juga memuat penjelasan rinci tentang tata cara pengajuan, seleksi proposal, monitoring dan evaluasi pelaksanaan, serta pelaporan hasil kegiatan.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) menyadari bahwa kemampuan keuangan dalam rangka mendukung program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat masih perlu ditingkatkan untuk menjawab banyaknya persoalan. Oleh karena itu, upaya-upaya kreatif perguruan tinggi sangat diperlukan dengan menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta, baik di dalam maupun di luar negeri.

Sejalan dengan adanya kebijakan tentang Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri(BOPTN) yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Permendikbud No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Penelitian dan Pengabdian,LP2M merasa perlu untuk menegaskan bahwa pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tetap mengacu kepada model yang berlaku.

Buku Panduan menjadi penting untuk diterbitkan dan dilakukan pembaharuan mengingatdalam praktiknya LP2M masih mengidentifikasi adanya kekurang efisienan dalam pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perubahan yang signifikan pada Buku Panduan ini dibandingkan dengan Buku Panduan edisi IX Ditlitabmas adalah adanya penerapan manajemen hibah berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mulai dari proses pengusulan, seleksi, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi sampai dengan pelaporan dan masuknya satu skema tambahan yaitu Penelitian Unggulan Universitas Negeri Semarang.

Buku Panduan ini menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen Universitas Negeri Semarang. Dengan penerbitan Buku Panduan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan program-program yang dikeluarkan oleh LP2M agar dapat dipertanggungjawabkan secara lebih baik tanpa mengurangi kreativitas para pengusul dan pengelola penelitian dan pengabdian masyarakat di perguruantinggi. Versi elektronik Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ini juga tersedia di laman : lp2m.unnes.ac.id

Atas terbitnya Buku Panduan ini kami menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua anggota tim penyusun atas sumbangsih yang telahdiberikan mulai dari menggagas dan menyusun sampai dengan penerbitan.

Semarang, Januari 2015Ketua,

Ttd

Totok Sumaryanto F

Page 5: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

vPanduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Sambutan Rektor

SAMBUTAN REKTOR

Sejalan dengan Tujuan Renstra Universitas Negeri Semarang 2015 -2019, yaitu ketersediaan pendidikan tinggi indonesia yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional sehingga berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing bangsa, Unnes yakin bahwa hal tersebut dapat dicapai melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi.Jika bercermin pada negara-negara maju, maka tidak dapat disangkal bahwa salah satu faktor utama pendukung kemajuan adalah kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang terus menerus bergerak kedepan, sehingga wajar jika kualitas penelitian mereka berada di garis depan ilmu pengetahuan.

Dalam merekonstruksi sistem ekonomi, sosial, budaya dan politik, pendidikan tinggi harus terus berupaya menciptakan terobosan baru untuk menunjang pembangunan nasional secara menyeluruh dan karenanya penelitian perlu diarahkan pada inovasi dan tanggapan cepat terhadap kebutuhan masyarakat, misalnya hasil penelitian yang dilindungi oleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI), seperti antara lain hak paten dan teknologi tepat guna.

Bidang penelitian tidak harus selalu diartikan berorientasi pada produk dengan melupakan kajian ipteks-sosbud mendasar yang dalam jangka panjang yang akan berdampak pada kemajuan ekonomi dan daya saing bangsa. Sama halnya dengan bidang penelitian, bidang pengabdian kepada masyarakat juga mendapatkan perhatian untuk dikembangkan dan hal ini merupakan salah satu faktor yang membedakan antara darma pendidikan tinggi di Indonesia dengan darma perguruan tinggi di negara-negara lain.

Universitas Negeri Semarang melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) terus berupaya untuk mengemas program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara simultan dan berkesinambungan sesuai dengan perkembangan ipteks-sosbud dan kebutuhan pembangunan. Reformulasi berbagai program penelitian merupakan tanggapan atas keinginan para peneliti dan stakeholdersserta sekaligus tanggapan atas kemajuan Ipteks itu sendiri.

Menyadari pentingnya peran penelitian di perguruan tinggi, Unnes perlu mendorong terbangunnya sistem inovasi daerah dan nasional yang dapat memberikan jawaban atas berbagai persoalan daerah, nasional maupun global. Sesuai dengan kapasitasnya dan dilandasi oleh kepentingan nasional, Unnes mengembangkan pusat-pusat unggulan dengan memanfaatkan kepakaran yang ada di berbagai fakultas denganfokus tertentu, baik berbasis sektor, komoditas, maupun isu strategis nasional, dengan melibatkan berbagai disiplin keilmuan. Strategi yang dilakukan oleh Unnes adalah dengan memberikan kewenangan yang lebih luas dalam pengelolaan penelitian kepada LP2M melalui program Penelitian Unggula Perguruan Tinggi (PUPT), sedangkan untuk isu-isu yang bersifat strategis nasional diwadahi melalui Program Penelitian Kompetitif Nasional.

LP2M telah berhasil mendorong penelitian di seluruh Fakultas di Unnes. Hasil penelitian tersebut perlu diubah menjadi inovasi dengan melakukan komersialisasi berupa kerjasama dengan mitra industri atau pemerintah daerah dalam upaya untuk turut sertamenyejahterakan masyarakat dan membangun perekonomian Indonesia. Sebuah temuan yangtidak dikomersialisasikan bukan merupakan inovasi teknologi, melainkan merupakan invensi teknologi. Berbagai program pengembangan kewirausahaan dengan industri mitra dan pemerintah daerah harus berlandaskan kepada inovasi teknologi mengingat bahwa kemajuan sebuah negara tidak dapat dicapai tanpa pembangunan ekonomi yang berlandaskan pada teknologi dan pengetahuan.

Page 6: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

viPanduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Sambutan Rektor

Unnes menyadari bahwa jumlah publikasi internasional yang dihasilkan oleh akademisi Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain, bahkan dengan sejumlah negara ASEAN. Unnes menyadari bahwa perbaikan kualitas penelitian akan dapat mewujudkan negara yang bermutu dan berwibawa, yang salah satu indikator utamanya adalah publikasi internasional para peneliti dan akademisi, dan dalam rangka meneguhkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Surat Edaran Ditjen Dikti Nomor 152/E/T/2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah seharusnya menjadi pijakan dalam upaya untuk meningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah akademisi Indonesia. LP2Mdiharapkan mampu menjawab tantangan ini melalui sejumlah skema penelitian bagi dosen.

Pemerintah Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi akademisi. Dukungan pendanaan untuk penelitian dinyatakan secara tegas dalam Undang-undang. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 89 mempertegas bahwa Perguruan Tinggi mendapatkan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dimana paling sedikit 30% dialokasikan untuk kegiatan penelitian. Sejalan dengan adanya dukungan pendanaan yang semakin baik dari pemerintah, perguruan tinggi harus mengelola agenda penelitiannya dengan lebih profesional, diantaranya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Dengan senang hati saya menyambut baik terbitnya Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ini dan semoga dapat lebih meningkatkan produktivitas dosen di Unnes. Buku Panduan ini telah diselaraskan dengan sistem pengelolaan berbasis TIK, sehingga dapat menjamin efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Saya sangat menghargai upaya Ketua LP2M beserta seluruh jajaran dan para tenaga ahlinya yang telah berhasilmenyempurnakan Buku Panduan ini.

Semarang, Januari 2015

Rektor Universitas Negeri Semarang,

Ttd

Fathur Rokhman

Page 7: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

viiPanduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Daftar Isi

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL iTIM PENYUSUN iiiPRAKATA ivDAFTAR ISI vii

PENELITIAN

Penelitian bagi Mahasiswa 11

Penelitian Dosen Pemula 25

Penelitian bagi Tenaga Kependidikan 47

Penelitian Mandiri 69

Penelitian Kelembagaan 81

Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional 95

Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 105

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Pengabdian Kepada Masyarakat bagi Mahasiswa 115

Pengabdian Kepada Masyarakat bagi Tenaga Kependidikan 125

Pengabdian Kepada Masyarakat bagi Dosen 139

GAYA SELINGKUNG JURNAL PENELITIAN DAN JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Jurnal Penelitian Pendidikan 155

Jurnal Sainteknol 156

Jurnal Abdimas 157

Jurnal Rekayasa 158

Page 8: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2
Page 9: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

Penelitian

PA N D U A N P E N E L I T I A N d a n P E N G A B D I A N K E PA D A M A S YA R A K AT 2 0 1 5

Page 10: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2
Page 11: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

11Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

PANDUAN PENELITIAN BAGI MAHASISWA

LATAR BELAKANGPengembangan Kemahasiswaan sebagai subsistem pendidikan di Perguruan Tinggi merupakan tanggung jawab seluruh civitas akademika agar dapat mewujudkan kehidupan kampus yang dinamis, berkualitas, dan harmonis. Pembinaan kemahasiswaan dilakukan melalui lembaga kemahasiswaan, salah satunya adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang penalaran.

Pada tahun 2006, beberapa prestasi telah diraih oleh mahasiswa UNNES melalui antara lain: (1) Program Kreativitas Mahasiswa (PKMI), (2) Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKMK), (3) Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTM), (4) Program Penelitian Inovatif Mahasiswa, (5) Program Rancang bangun dan Teknologi, dan lain sebagainya, baik yang diselenggarakan oleh DIKTI maupun lembaga lainnya. Kesempatan dan peluang mahasiswa dalam meraih program-program tersebut sangatlah terbatas mengingat jumlah mahasiswa yang meningkat dari tahun ke tahun.

Terkait dengan penelitian, di Universitas Negeri Semarang telah ada UKM Penelitian yang pengelolaannya berada di bawah UKM bidang Penalaran. Minat mahasiswa untuk melakukan penelitian sebenarnya cukup tinggi, mengingat penyelesaian studi strata satu (S1) diharuskan kepada mahasiswa untuk menulis Skripsi. Skripsi adalah karya tulis mahasiswa dari hasil penelitian yang mereka lakukan. Berdasar hal tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNNES merasa perlu untuk mengadakan pelatihan penelitian dan memfasilitasi penelitian-penelitian mahasiswa agar mahasiswa berkembang penalarannya dan mampu melakukan penelitian dengan baik dan berdaya guna.

LINGKUP PENELITIAN Penelitian mahasiswa diperuntukkan bagi pembinaan mahasiswa jenjang S1 dalam latihan meneliti sesuai dengan bidang masing-masing dengan bimbingan dosen. Program ini diutamakan untuk mahasiswa semester IV (empat) guna mempersiapkan diri untuk menulis skripsinya kelak. Ruang Lingkup penelitian mahasiswa mencakup semua fakultas dengan metode penelitian bebas, yang terdiri dari:

1. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)2. Teknik (FT)3. Ekonomi Pembangunan, Pendidikan Ekonomi,Manajemen dan Akuntasi (FE)4. Bahasa dan Seni(FBS)5. Ilmu Sosial(FIS)6. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIK)7. Hukum(FH)8. Ilmu Pendidikan dan Psikologi(FIP)

Luaran Program :Hasil penelitian diharapkan memberikan kontribusi pengembangan bidang studi / jurusan, artikel ilmiah dalam jurnal dan peningkatan kualitas penelitian mahasiswa yang kompetitif.A. Ketentuan Program

1. Tahap Kegiatan Penelitiana. Memajukan proposal penelitianb. Review proposal dan instrumen penelitianc. Pelaksanaan penelitiand. Pelaporan penelitian + artikele. Review laporan penelitian

Page 12: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

12Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

2. Persyaratan a. Peserta adalah mahasiswa UNNES dari semua jurusan dan fakultas yang ada dan berada

di Semester IV (empat) pada saat mengusulkan proposal.b. Jumlah anggota tim peneliti sebanyak 3 orang mahasiswa (termasuk ketua)c. Mahasiswa dapat mengusulkan maksimal sebagai 1 (satu) ketua dan 1 (satu) anggota

3. Proses SeleksiProses seleksi proposal penelitian mahasiswa sebagai berikut :a. Tahap seleksi administrasi, menyangkut kelengkapan dan pemenuhan persyaratan

umum dan administratif (meliputi kelengkapan proposal, format proposal dan keanggotaan ).

b. Tahap seleksi proposal penelitian yang dilakukan oleh tim penilai meliputi : Perumusan masalah, manfaat hasil penelitian, tinjauan pustaka (diutamakan diambil dari jurnal terbaru), metode penelitian, unsur penunjang (lampiran).

Keputusan final yang disepakati oleh tim penilai melalui keputusan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang, serta tidak dapat diganggu gugat.

4. Kriteria Penilaian Proposal PenelitianTerdapat 5 (lima) kriteria sebagai dasar penilaian proposal program penelitian bagi peneliti pemula :

No. Aspek Bobot

1.Perumusan Masalah

- Ketajaman Perumusan Masalah & Tujuan Penelitian, originalitas dan aktualitas permasalahan.

20 %

2.Kontribusi Hasil Penelitian

- Pengembangan IPTEKS, Pembangunan Daerah dan atau pengembangan Kelembagaan.

20 %

3.Luaran

- Artikel, Produk, TTG, Prototipe, Model, Paten, Desain, Karya Seni, Rekayasa Sosial

20 %

4. Timjauan Pustaka- Relevansi, Kemutakhiran & Kelengkapan Daftar Pustaka. 15 %

5. Metode Penelitian- Ketepatan Metode yang Digunakan 15 %

6.Unsur Penunjang

- Kesesuaian jadwal, kesesuaian keahlian, personalia dan kewajaran biaya

10 %

5. Mekanisme Pendanaan1. Proposal penelitian mahasiswa yang lolos seleksi akan dibiayai oleh Lembaga

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang maksimal Rp.4.000.000,-

2. Pencairan dana dilakukan 2 tahap:3. Tahap I sebesar 60% setelah Proposal dan instrumen diseminarkan.4. Tahap II sebesar 40% setelah laporan akhir dikumpulkan sebanyak 2 (dua) eksemplar

dan sudah diseminarkan.

6. Monitoring Dan Evaluasia. Monitoring pelaksanaan penelitian dilakukan oleh tim monitoring yang dibentuk

oleh Ketua Lembaga Penelitan dan Pengabdian kepada Masyarakat UNNES.

Page 13: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

13Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

b. Jika hasil penelitian tidak sesuai dengan rencana dan tidak terdapat alasan yang secara rasional dapat diterima, maka dapat diberikan sanksi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNNES.

c. Semua peserta penelitian wajib mengikuti seminar hasil penelitian yang dilak-sanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNNES.

B. Proposal Penelitian Bagi Mahasiswa1. Usulan Proposal

Proposal diusulkan oleh mahasiswa dengan persyaratan melalui Fakultas ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNNES. Dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Proposal diketik ukuran spasi 1,5 dengan huruf Times New Roman 122. Ukuran kertas A43. Dijilid rapi dengan warna cover BIRU MUDA4. Kanan atas cover ditulis “Program Penelitian Mahasiswa” 5. Proposal diunggah di sipp.unnes.ac.id (format pdf, maksimal 3Mb).

2. Sistematika Usul Proposal Penelitian Penulisan proposal penelitian bagi mahasiswa mengacu pada sistematika sebagai berikut a. Judul Penelitian

Judul penelitian dibuat singkat dan spesik, tetapi dengan mudah untuk dideskripsikan mengenai penelitian yang diusulkan.

b. Ruang LingkupMenyesuaikan dengan lingkup penelitian

c. Latar Belakang Masalah Memuat argumentasi atau pengungkapan faktor-faktor/ gejala/ konsep/ dugaan yang menarik mengenai pentingnya penelitian dilakukan dengan didukung temuan atau fakta yang mengidentifikasi masalah yang akan diteliti.

d. Perumusan Masalah Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti, uraikan pendekatan dan konsep untuk menjawab masalah yang akan diteliti, hipotesis yang akan diuji atau dugaan yang akan dibuktikan (jika ada). Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Uraian perumusan masalah tidak harus dalam bentuk pertanyaan.

e. Tujuan Penelitian Pernyataan singkat mengenai tujuan penelitian. Tujuannya hendaknya spesifik, relevan dengan masalahnya dan terukur.

f. Kontribusi Penelitian Diuraikan secara eksplisit kontribusi penelitian terhadap pengembangan IPTEKS, pengembangan institusi dan kebutuhan serta potensi masyarakat, juga artikel dan produk penelitian.

g. Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan dan hasil-hasil penelitian yang pernah dilakukan pada permasalahan yang sama atau relevan. Kajian pustaka penting untuk mengetahui bagaimana hubungan antara penelitian yang akan dilakukan dengan penelitian yang sudah ada dan dapat mengetahui perbedaan untuk menghindari duplikasi. Lebih diutamakan jurnal ilmiah yang relevan dan terbaru.

h. Metode Penelitian Menguraikan metode yang digunakan dalam penelitian secara sistematis dalam rangka menjawab tujuan penelitian.

Page 14: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

14Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

i. Jadwal Penelitian Membuat jadwal kegiatan penelitian mulai dari kegiatan persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan digambarkan menggunakan tabel.

j. Personalia Penelitian Mencantumkan Ketua Peneliti dan anggotanya dengan identitas keilmuannya secara jelas.1. Ketua Peneliti :

a. Nama Lengkap :b. NIM :c. Semester :d. Fakultas/Jurusan/Program Studi :e. Perguruan Tinggi :f. Bidang Keahlian :g. Waktu untuk penelitian ini :

2. Anggota Peneliti :(Dilengkapi identitas seperti Ketua, dan maksimal 2 orang anggota)

k. Anggaran Biaya Penelitian Membuat rincian biaya penelitian yang terdiri dari tahap persiapan, tahap operasional (bahan, peralatan, perjalanan), penyusunan laporan dan seminar hasil penelitian, penyebarluasan laporan hasil penelitian. Rancang alokasi anggaran penelitian maksimal sebesar Rp. 4.000.000,- (empat juta rupiah), dengan jumlah komponen honorarium maksimal 15%.

l. Lampiran – Lampiran1. Daftar Pustaka

Daftar Pustaka ini memuat semua bahan – bahan yang digunakan selama penyusunan penelitian yang meliputi buku, laporan penelitian, jurnal ilmiah, artikel ilmiah. Penulisan daftar pustaka digunakan sistem nama dan tahun dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan dan sumber (penerbit).

2. Curriculum VitaeUraikan pengalaman di bidang penelitian Ketua dan anggota peneliti dan cantumkan pengalaman penelitian yang relevan.

C. Rincian Kegiatan, Personalia dan Satuan BiayaBeberapa Patokan Biaya Satuan Penelitian 1. Bahan dan Peralatan penelitian

a. Bahan habisb. Alatc. Sewa alat

2. Perjalanana. Biaya perjalanan dengan kendaraan umum (PP) (Sesuai dengan ketentuan yang

berlaku) b. Transportasi lokal (Sesuai dengan harga setempat)c. Lumpsum termasuk konsumsi (Sesuai dengan ketentuan apabila menginap)

3. Laporan Penelitiana. Penggandaanb. Pengiriman

4. Seminara. Konsumsi (sesuai harga setempat)b. Biaya penyelenggaraan (sesuai harga setempat)

5. Biaya lain-lain (agar dirinci untuk keperluan apa), tidak ada biaya yang tidak terduga.

Page 15: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

15Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

D. Laporan PenelitianPada akhir kegiatan penelitian, tim peneliti harus membuat laporan berupa Buku Laporan dan Artikel Ilmiah dengan ketentuan sebagai berikut :1. Buku laporan dan Artikel Ilmiah diketik dengan ukuran spasi 1,5 menggunakan huruf Times

New Roman 122. Ukuran kertas A43. Dijilid rapi dengan warna cover BIRU MUDA4. Kanan atas cover ditulis “Program Penelitian Mahasiswa” 5. Laporan dikirim rangkap 2 (dua) eksemplar beserta soft copy (laporan format .pdf,

artikel format. doc) berisi Laporan dan artikel untuk LP2M Unnes. (untuk Arsip Fakultas, Perpustakaan, dan Anggota penelitian menjadi tanggung jawab peneliti).

Sistematika laporan penelitian adalah sebagai berikut :Bagian Awal1. Halaman Judul2. Halaman Lembar Identitas dan pengesahan (Lihat lampiran)3. Abstrak4. Prakata5. Daftar Isi6. Daftar Tabel7. Daftar Gambar (kalau ada)8. Daftar Lampiran

Bagian Isi, meliputiBAB I Pendahuluan

Bab ini berisi latar belakang masalah, uraian identifikasi masalah penelitian, membatasi masalah dan merumuskan masalah (tidak harus menggunakan kalimat tanya), tujuan dan manfaat penelitian.

BAB II Tinjauan PustakaUraikan teori-teori dan hasil-hasil penelitian terdahulu yang digunakan sebagai basis melakukan penelitian.

BAB III Metode PenelitianBerisi sama dengan yang ada dalam proposal penelitian (jika terjadi perubahan harus dijelaskan secara rinci dan tidak boleh menyimpang permasalahan).

BAB IV Hasil Dan PembahasanBerisikan semua temuan-temuan yang terdapat dalam penelitian yang diungkapkan secara jelas variabel-variabel yang diteliti, penggunaan tehnik analisis data, mendeskripsikan hasil analisis data, memberikan penafsiran terhadap kesimpulan analisis dat dengan mempertimbangkan kemanfaatan kontribusi pada kemajuan/ penyempurnaan IPTEKS, Pengembangan Kelembagaan dan Pembangunan Nasional. Diharapkan hasil yang dicapai memenuhi kesesuaian dengan tujuan, kedalam bahasan, originalitas dan mutu hasil penelitian.

BAB V Kesimpulan Dan SaranUraikan kesimpulan-kesimpulan hasil penelitian yang telah dilakukan dan berikan saran-saran berdasar kesimpulan tersebut.

Daftar PustakaLampiran1. Daftar Riwayat Hidup2. Ijin Penelitian, Data Laboratorium, Data Hasil Survey dll.

Page 16: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

16Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

Sedangkan untuk penulisan Artikel Ilmiah menggunakan sistematika sebagai berikut :1. Judul2. Nama Penulis3. alamat (prodi, jurusan, fakultas, Universitas Negeri Semarang, Email aktif)4. Abstrak (dalam bahasa Inggris dan Indonesia) 5. Kata kunci6. Pendahuluan

Uraian umum lingkup permasalahan, penjelasan istilah-istilah yang dipakai, uraian tujuan dan manfaat penelitian, tinjauan teoritis program

7. MetodeUraian metode penelitian yang digunakan

8. Hasil dan PembahasanUraian tentang hasil penelitian yang diperoleh lengkap dengan narasi atau pembahasannya.

9. Kesimpulan dan Saran10. Daftar Pustaka

Page 17: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

17Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

Lampiran 1Cover Proposal Penelitian

Lampiran 1 Cover Proposal Penelitian

PROPOSAL PENELITIAN MAHASISWA

JUDUL

Oleh : Nama, NIM Ketua

Nama, NIM Anggota Nama, NIM Anggota

FAKULTAS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

BULAN, TAHUN

Program Penelitian Mahasiswa

Page 18: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

18Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

Lampiran 2Halaman Pengesahan

Lampiran 2 Halaman Pengesahan

HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL PENELITIAN MAHASISWA 1. Judul Penelitian : 2. Bidang Penelitian : 3. Ketua Peneliti :

a. Nama : b. Jenis Kelamin : c. NIM : d. Semester : e. Fakultas/Jurusan/Program Studi : f. Pusat Penelitian :

4. Alamat Ketua Peneliti : a. Alamat Jur/Prodi/Telp/Fax/E-mail : b. Alamat Rumah/Telp/Fax/E-mail :

5. Jumlah Anggota Peneliti : a. Nama Anggota : orang

6. Lokasi Penelitian : 7. Kerjasama dengan Institusi Lain :

a. Nama Istitusi : b. Alamat : c. Telepon/Fax/E-mail :

8. Lama Penelitian : bulan 9. Biaya yang dipelukan :

a. Sumber dari Lembaga Penelitian Universitas Negeri Semarang : Rp.

b. Sumber Lain, sebutkan…….. : Rp. Jumlah : Rp.

(…………………………………………….) ……………………. Menyetujui, Ketua Peneliti Dekan Fakultas ………………….. …………………. NIDN. …………. NIM. ………….

Menyetujui Ketua LP2M Unnes,

.......................................... NIDN...................................

Page 19: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

19Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

Lampiran 3Format Penilaian Proposal

Lampiran 3 Format Penilaian Proposal

PENILAIAN USUL PENELITIAN MAHASISWA Perguruan Tinggi : Fakultas/Jurusan/Program Studi : Judul Penelitian : Tim Peneliti : 1. Nama Ketua Tim Peneliti : 2. Anggota Peneliti : orang Ruang lingkup : Lokasi Penelitian : Laboratorium / Studio / Lapangan *) Biaya yang diusulkan : Rp. Biaya yang disetujui : Rp.

No KRITERIA INDIKATOR PENILAIAN BOBOT ( % )

SKOR

NILAI

1 Perumusan Masalah

Ketajaman Perumusan Masalah & Tujuan Penelitian

25

2 Kontribusi Hasil Penelitian

Pengembangan IPTEKS, Pembangunan, dan atau Pengembangan Kelembagaan, Artikel, Produk

30

3 Tinjauan Pustaka

Relevansi, Kemutakhiran & Penyusunan Daftar Pustaka, Jurnal Ilmiah

15

4 Metode Penelitian

Ketepatan Metode yang digunakan 20

5 Unsur Penunjang

Kesesuaian jadwal, Kesesuaian keahlian personalia & kewajaran biaya

10

JUMLAH 100

Keterangan: Setiap kriteria diberi Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7 (1 = Buruk; 2 = Sangat kurang; 3 = Kurang; 5 = Cukup; 6 = Baik; 7 = Sangat baik); Passing grade = 500 tanpa skor 1.

- Rekomendasi: Diterima/Ditolak - Alasan Penolakan: a, b, c, d, e, f, g, h - Saran Perbaikan: ..............................................................................................

Semarang, ............................. Reviewer, .................................................

Page 20: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

20Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

Lampiran 4

BUTIR BUTIR ALASAN PENOLAKAN USUL PENELITIAN MAHASISWANo Kriteria Indikator Penilaian Alasan1 Perumusan

masalahKetajaman perumusan masalah & tujuan penelitian, originalitas dan aktualitas permasalahan

a. Perumusan masalah kurang mengarah, tujuan penelitian tidak jelas, kurang originil dan kurang aktual.

2 Ko nt r i b u s i H a s i l Penelitian

Kontribusi hasil penelitian pada pengembangan IPTEKs, pembangunan, dan/atau pengembangan kelembagaan, artikel, produk

b. Kontibusi hasil penelitian pada pengembangan IPTEKS, pembangunan, pengembangan kelembagaan tidak jelas, artikel tidak tampak, produk tidak jelas.

3 T i n j a u a n Pustaka

Relevansi, Kemutakhiran, dan penyusunan daftar pustakaKetajaman kerangka pikir berdasarkan referensi dan jurnal ilmiah yang digunakan.

c. Bahan kepustakaan kurang menunjang penelitian, pustaka tidak relevan, kurang mutakhir, umumnya bukan artikel jurnal ilmiah, & penyusunan daftar pustaka kurang baik,kerangka pikir tidak mendukung kejelasan masalah.

4 M e t o d e Penelitian

Ketepatan penggunaan metode penelitian

d. Metode penelitian kurang tepat dan kurang rinci sehingga langkah penelitian yang dilakukan tidak jelas.

5 K e l a y a k a n Penelitian

Kesesuaian jadwal, kesuaian keahlian personalia dan kewajaran biaya

e. Kelayakan penelitian kurang ditinjau dari kualifikasi personalia dan kesesuaian jadwal.

f. Anggaran biaya yang diajukan kurang rinci, atau dinilai terlalu tinggi.

6 Lain-lain Format usulan, kesesuaian sumber dana dsb.

g. Usulan belum mengikuti format yang ditentukan atau penyampaian terlambat.

h. Lain-lain (penelitian pemula, masalah sudah banyak diteliti, permasalahan kurang relevan dengan bidang studi peneliti)

Page 21: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

21Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

Lampiran 5Cover Laporan Penelitian

Lampiran 5 Cover Laporan Penelitian

LAPORAN PENELITIAN MAHASISWA

JUDUL

OLEH :

Nama, NIM Ketua Nama, NIM Anggota Nama, NIM Anggota

Dibiayai Oleh

......................................................................

FAKULTAS UNIVERITAS NEGERI SEMARANG

BULAN, TAHUN

Program Penelitian Mahasiswa

Page 22: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

22Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

Lampiran 6Halaman Pengesahan

Lampiran 6 Halaman Pengesahan

HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN PENELITIAN MAHASISWA 1. Judul Penelitian : 2. Bidang Penelitian : 3. Ketua Peneliti :

a) Nama Lengkap : b) Jenis Kelamin : c) NIM : d) Semester : e) Fakultas/Jurusan/Program Studi : f) Pusat Penelitian :

4. Alamat Ketua Peneliti : a) Alamat Jur/Prodi/Telp/Fax/E-mail : b) Alamat Rumah/Telp/Fax/E-mai :

5. Jumlah Anggota Peneliti : Nama Anggota : orang

6. Lokasi Penelitian : 7. Kerjasama dengan Institusi Lain :

a) Nama Istitusi : b) Alamat : c) Telepon/Fax/E-mail :

8. Lama Penelitian : bulan 9. Biaya yang dipelukan :

i. Sumber dari LP2M Universitas Negeri Semarang : Rp.

j. Sumber Lain, sebutkan…….. : Rp. Jumlah : Rp.

(…………………………………………….) ……………………. Menyetujui, Ketua Peneliti Dekan Fakultas ………………….. …………………. NIDN. …………. NIM. ………….

Menyetujui Ketua LP2M Unnes,

.......................................... NIDN...................................

Page 23: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

23Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian bagi Mahasiswa

Lampiran 7

Penilaian Laporan Penelitian Mahasiswa

KOMPONEN BOBOT SKOR NILAII. PENDAHULUAN

1. Perumusan Masalah2. Tujuan Penelitian

10

II. TINJAUAN PUSTAKA1. Relevansi 2. Pengacuan Daftar Pustaka3. Kemutakhiran atau keaslian

sumber

15

III. METODE PENELITIAN1. Kesesuaian dengan masalah2. Ketepatan Rancangan3. Ketepatan Instrumen4. Ketepatan dan Ketajaman

Analisis

25

IV. HASIL PENELITIAN1. Manfaat & Kontribusi : IPTEKS,

Pembangunan, Pengembangan Kelembagaan, Artikel, Produk

2. Hasil yang dicapai :a. Kesesuaian dengan tujuanb. Kedalaman bahasanc. Originilitasd. Mutu Hasil

40

V. UMUM1. Bahasa 2. Format3. Ringkasan

10

JUMLAH 100

Keterangan: Setiap kriteria diberi Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7 (1 = Buruk; 2 = Sangat kurang; 3 = Kurang; 5 = Cukup; 6 = Baik; 7 = Sangat baik) Kriteria= 601 – 700 = Sangat Baik Semarang, ..........................501 – 600 = Baik reviewer,401 – 500 = Cukup301 – 400 = Kurang201 – 300 = Sangat Kurang – 200 = Buruk ..............................................

Page 24: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2
Page 25: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

25Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

PANDUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA

PENDAHULUANSalah satu unsur Tri Dharma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh dosen adalah melakukan penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat dan mengembangkan institusi serta pengembangan intelektual dosen perguruan tinggi.

Untuk itu Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang perlu secara khusus mengembangkan penelitian untuk peneliti pemula, guna memberi kesempatan bagi para dosen yang memenuhi persyaratan sebagai peneliti pemula untuk mengembangkan intelektualitas dan ide-ide melalui karya penelitian.

Penelitian untuk peneliti pemula ini meliputi berbagai unsur dan berbagai bidang ilmu secara khusus diharapkan mengacu kepada pusat–pusat penelitian yang ada di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang. Dengan demikian, pusat–pusat penelitian akan menjadi semakin berkembang dengan berbagai masukan dari berbagai hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pemula.

Disamping itu, sejalan dengan kebijakan desentralisasi penelitian di Perguruan Tinggi, maka LP2M Unnes telah menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2015 -2019. Dengan demikian tema-tema penelitian dosen muda diarahkan dan diprioritaskan untuk menyesuaikan dengan RENSTRA tersebut sesuai dengan bidang masing-masing.

Harapan lebih lanjut, agar supaya Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang mampu melahirkan peneliti-peneliti handal yang mampu bersaing di era global sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan olah raga dalam rangka pembinaan peneliti menuju universitas konservasi bertaraf Internasional yang sehat, unggul dan sejahtera pada tahun 2020.

TUJUANTujuan dari penelitian dosen pemula ini adalah:

1. Untuk mengarahkan, membina, dan meningkatkan kemampuan meneliti dosen pemula sesuai dengan bidang keilmuannya.

2. Untuk melatih dosen pemula mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah, baik jurnal lokal maupun nasional terakreditasi.

LINGKUP PENELITIAN Penelitian dosen pemula mencakup semua bidang ilmu sesuai bidang ilmu/keahlian peneliti dengan kebebasan memilih metode penelitian yang relevan dengan topik dan masalah penelitian. Prioritas topik penelitian akan lebih baik jika mengacu pada topik penelitian Unggulan Unnes .

LUARAN PENELITIANHasil penelitian dosen pemula diharapkan dan diutamakan memberikan kontribusi pada salah satu jenis luaran sesuai dengan Indikator Kinerja Utama Penelitian (IKUP) dan minimal menjadi bahan ajar pada mata kuliah pokok dosen pengusul. Jenis luaran tersebut adalah:

Page 26: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

26Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Tabel 2. Jenis Luaran Penelitian

No Jenis Luaran1 Publikasi Ilmiah. Internasional.

Nasional Terakreditasi.Lokal.

2 Sebagai pemakalah dalam pertemuan ilmiah.

Internasional.Nasional.Lokal.

3 Sebagai pembicara utama (Keynote Speaker) dalam pertemuan ilmiah.

Internasional.Nasional.Lokal.

4 Visiting Lecturer. Internasional.5 Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI). Paten.

Paten sederhana.Hak cipta.Merek dagang.Rahasia dagang.Desain produk industri.

Indikasi geografis.

Perlindungan varietas tana-man.Perlindungan topografi sirkuit terpadu.

6 Teknologi Tepat Guna.7 Model/Prototype/Desain/Karya seni/ Rekayasa Sosial.

8 Buku. Buku Ajar (ISBN).Monograf.Buku Referensi.

9 Laporan penelitian yang tidak dipublikasikan.

KRITERIA PENGUSULANKriteria dan persyaratan umum pengusulan Dosen Pemula adalah sebagai berikut:

1. Pengusul adalah dosen Unnes dengan jabatan fungsional maksimal Asisten Ahli (pangkat III b) atau dosen kontrak diutamakan dosen yang belum pernah meneliti setelah menulis Skripsi dan/atau Tesis.

2. Pendidikan maksimal S-2.3. Jumlah tim peneliti sebanyak 3 orang staf pengajar (termasuk ketua) dan melibatkan 1

mahasiswa dalam penelitian.4. Dosen dapat mengusulkan maksimal sebagai 1 (satu) ketua dan 1 (satu) anggota pada skim

penelitian di tahun yang sama.5. Jangka waktu penelitian adalah satu tahun dengan biaya penelitian Rp. 10.000.000,-

Page 27: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

27Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN

1. Administrasi/Tata Tulis Proposal diusulkan oleh Dosen dengan diketahui Dekan melalui Fakultas ke Lembaga Pene-

litian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unnes, dengan ketentuan sebagai berikut:a. Proposal diketik ukuran spasi 1,5, huruf Times New Roman 12.b. Ukuran kertas A4.c. Dijilid rapi dengan warna cover HIJAU MUDA.d. Kanan atas cover ditulis “Penelitian Dosen Pemula”e. Proposal diunggah di simlp2m.unnes.ac.id (fomat pdf, ukuran maksimal 3 Mb).

2. Sistematika Usulan Penelitian Penulisan usulan penelitian bagi peneliti pemula mengikuti sistematika sebagai berikut :a. HALAMNAN SAMPUL (lihat contoh Lampiran 1)b. HALAMAN PENGESAHAN(lihat contoh Lampiran 2)c. DAFTAR ISId. RINGKASAN (maksimum satu halaman, 1 spasi)

Kemukakan masalah dan tujuan yang ingin dicapai serta target khusus yang ingin di-capai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan.

e. BAB 1. PENDAHULUANBab Pendahuluan antara lain berisi:1) Latar Belakang Masalah

Memuat argumentasi atau pengungkapan faktor-faktor/gejala/konsep/dugaan yang menarik pentingnya penelitian dilakukan dengan didukung temuan atau fakta yang mengidentifikasi masalah yang akan diteliti.

2) Perumusan Masalah Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti berdasarkan latar belakang

yang telah diuraiakan sebelumnya. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Uraian perumusan masalah sebaiknya dalam bentuk pertanyaan.

3) Tujuan Penelitian Pernyataan singkat mengenai tujuan penelitian. Tujuannya hendaknya spesifik, rel-evan dengan masalahnya dan terukur.

4) Kontribusi Penelitian Diuraikan secara eksplisit kontribusi penelitian terhadap pengembangan IPTEKS, pengembangan institusi dan kebutuhan serta potensi masyarakat serta luaran yang ditargetkan.

f. BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan dan hasil-hasil penelitian yang pernah di-lakukan pada permasalahan yang sama atau relevan dan atau telah dipublikasikan di jurnal ilmiah. Kajian pustaka penting untuk mengetahui bagaimana hubungan antara penelitian yang akan dilakukan dengan penelitian yang sudah ada dan dapat mengeta-hui perbedaan untuk menghindari duplikasi. Rujukan dalam Tinjauan Pustaka diusahan menggunakan sumber primer dan jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan/atau berepu-tasi internasional.

g. BAB 3. METODE PENELITIANUraikan secara rinci metode yang akan digunakan meliputi tahapan-tahapan peneli-tian, lokasi penelitian, peubah yang diamati/diukur, model yang digunakan, rancangan penelitian, serta teknik pengumpulan dan analisis data. Untuk penelitian yang meng-

Page 28: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

28Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

gunakan metode kualitatif perlu dijelaskan pendekatan yang digunakan, proses pen-gumpulan dan analisis informasi, serta penafsiran dan penarikan kesimpulan peneli-tian.

h. BAB 4. BIAYA DAN JADWAL PENELITIAN1) Anggaran Biaya

Justifikasi anggaran biaya ditulis dengan terperinci dan jelas dengan format seb-agaimana pada Lampiran 3. Sedangkan ringkasan anggaran biaya disusun sesuai dengan format Tabel 3. dengan komponen sebagai berikut.

Tabel 3. Format Ringkasan Anggaran Biaya

No. Jenis Pengeluaran Biaya (Rp)

1 Honorarium (Maks. 20%)

2 Bahan habis pakai dan peralatan (40-60%)

3 Perjalanan (Maks. 20%)

4 Lain-lain (publikasi, seminar, laporan, lainnya se-butkan) (10-15%)

Jumlah2) Jadwal Penelitian

Jadwal pelaksanaan penelitian dibuat dengan tahapan yang jelas untuk 1 (satu) ta-hun dalam bentuk bar chart.

i. DAFTAR PUSTAKADaftar Pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun dengan urutan abjad nama pengarang, tahun penerbitan, judul tulisan, dan sumber atau penerbit. Untuk pustaka yang berasal dari jurnal ilmiah, perlu juga mencantumkan nama jurnal, volume dan nomor penerbitan, serta halaman dimana artikel tersebut dimuat. Hanya pustaka yang dikutip dalam usulan penelitian yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka.

j. LAMPIRAN-LAMPIRAN ( Mengacu Pada Buku Panduan DP2M Edisi IX)Lampiran Usulan Penelitian Dosen Pemula terdiri dari:Lampiran 1. Justifikasi Anggaran Penelitian (Lampiran 3).Lampiran 2. Susunan organisasi tim peneliti dan pembagian tugas (Lampiran 4)Lampiran 3. Biodata ketua dan anggota (Lampiran 5).Lampiran 4. Surat pernyataan ketua peneliti (Lampiran 6).

ANGGARAN BIAYA PENELITIANAnggaran biaya Penelitian Dosen Pemula berasal dari dana PNPB/DIPA Universitas negeri Semarang. Besarnya anggaran biaya sumber PNBP/DIPA setiap usul penelitian adalah Rp. 10 juta/ judul. Peneliti dapat menambah biaya yang bersumber dari dana lain misalnya dengan kerjasama dengan industri atau lembaga pemerintah/swasta.

SELEKSI DAN EVALUSI USUL PENELITIANSeleksi dan evaluasi proposal Penelitian Dosen Pemula dilakukan dalam bentuk desk evaluasi. Komponen penilaian desk evaluasi proposal menggunakan formulir sebagaimana pada Lampiran 7.

Page 29: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

29Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

PELAKSANAAN DAN PELAPORANPelaksanaan Penelitian Dosen Pemula dipantau dan dievaluasi oleh penilai internal Unnes. Penilaian pelaksanaan pemantauan dan evaluasi menggunakan formulir sebagaimana pada Lampiran 8. Pada akhir pelaksanaan penelitian, setiap peneliti melaporkan kegiatan hasil penelitian dalam bentuk kompilasi luaran penelitian.Setiap peneliti wajib melaporkan pelaksanaan penelitian dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:1. Mencatat semua kegiatan pelaksanaan program pada Buku Catatan Harian Penelitian log-

book) dan mengisi kegiatan harian secara rutin terhitung sejak penandatanganan perjan-jian penelitian (Lampiran 9).

2. Menyiapkan bahan pemantauan oleh penilai internal dengan membuat laporan kemajuan dengan sistematika seperti Lampiran 10.

3. Membuat laporan akhir penelitian akhir penelitian dengan sistematika seperti Lampiran 11.

4. Laporan penelitian dalam bentuk hard copy dibuat rangkap 2 (dua) disertai softcopy (lapo-ran format .pdf, artikel format. doc) dalam bentuk CD. (untuk Arsip Fakultas, Perpustakaan, dan Anggota penelitian menjadi tanggung jawab peneliti)

5. Peneliti wajib membuat artikel ilmiah hasil penelitian dengan format sesuai gaya seling-kung Jurnal yang dituju sebanyak satu eksemplar disertai softcopy dalam bentuk CD.

Page 30: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

30Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Lampiran 1Cover Proposal Penelitian Dosen Pemula (Warna Hijau Muda)

Panduan Penelitian dan Pengabdian LP2M 2014

6

Lampiran 1 Cover Proposal Penelitian Dosen Pemula (Warna Hijau Muda)

USULAN PENELITIAN DOSEN PEMULA

JUDUL PENELITIAN

TIM PENGUSUL

(Nama Ketua dan Anggota, lengkap dengan gelar dan NIDN/NIP)

FAKULTAS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

BULAN, TAHUN

PENELITIAN DOSEN PEMULA

Page 31: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

31Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Lampiran 2Halaman Pengesahan

Panduan Penelitian dan Pengabdian LP2M 2014

7

Lampiran 2 Halaman Pengesahan

HALAMAN PENGESAHAN USULAN/LAPORAN PENELITIAN 1. Judul Penelitian : 2. Bidang Penelitian : 3. Ketua Peneliti :

a. Nama Lengkap dan Gelar : b. Jenis Kelamin : c. Golongan/Pangkat/NIDN : d. Jabatan Fungsional : e. Jabatan Struktural : f. Fakultas/Jurusan : g. Pusat Penelitian :

4. Alamat Ketua Peneliti : a. Alamat Kantor/Telp/Fax/E-mail : b. Alamat Rumah/Telp/Fax/E-mail :

5. Jumlah Anggota Peneliti : a. Nama Anggota : orang

6. Lokasi Penelitian : 7. Kerjasama dengan Institusi Lain :

a. Nama Istitusi : b. Alamat : c. Telepon/Fax/E-mail :

8. Lama Penelitian : bulan 9. Biaya yang dipelukan :

a. Sumber dari Lembaga Penelitian Universitas Negeri Semarang : Rp. b. Sumber Lain, sebutkan…….. : Rp.

Jumlah : Rp.

(…………………………………………….) ……………………. Mengetahui, Ketua Peneliti Dekan ………………….. …………………. NIDN. …………. NIDN. ………….

Menyetujui Ketua LP2M Unnes

.......................................... NIDN...................................

Program Penelitian Pemula

Program Penelitian Pemula

Page 32: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

32Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Lampiran 3Justifikasi Anggaran Biaya

1. Honorarium

Honor Honor/Jam (Rp) Waktu (Jam/minggu) Minggu Total (Rp)

Ketua Anggota 1Anggota 2Sub Total

2. Bahan habis dan peralatanBahan/Alat Justifikasi

PemakaianKuantitas Harga

Satuan (Rp)Total (Rp)

Sub Total

3. Transport/Perjalanan

Kegiatan Justifikasi Pemakaian

Kuantitas Harga Satuan (Rp)

Total (Rp)

Sun Total

4. Lain-lain

Uraian Justifikasi Kuantitas Harga Sat. (Rp) Total (Rp)

Sub Total

Page 33: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

33Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Lampiran 4Susunan Organisasi Tim Peneliti

No Nama/NIDN/NIP Prodi/Fakultas Bidang Ilmu Alokasi waktu (jam/minggu) Uraian Tugas

1

2

3

Page 34: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

34Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Lampiran 5.Biodata Ketua dan Anggota Peneliti

A. Identitas Diri

1 Nama Lengkap (dengan gelar) . 2 Jenis Kelamin L/P3 Jabatan Fungsional4 NIP5 NIDN6 Tempat dan Tanggal Lahir7 Alamat Rumah8 Nomor Telepon/ Faks/ HP9 Alamat kantor10 Nomor Telepon/ Faks11 Alamat Email12 Lulusan yang telah dihasilkan13 Mata Kuliah yang Diampu 1

234 Dst.

B. Riwayat Pendidikan

S-1 S-2 S-3Nama Perguruan TinggiBidang IlmuTahun Masuk – LulusJudul Skripsi/ Thesis/ DisertasiNama Pembimbing/ Promotor

C. Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir

No Tahun Judul Penelitian PendanaanSumber Jml (Juta Rp)

Page 35: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

35Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam 5 Tahun Terakhir

No Tahun Judul Penelitian PendanaanSumber Jml (Juta Rp)

E. Pengalaman Menyampaikan Makalah Secara Oral Pada Pertemuan/ Seminar Ilmiah Dalam 5 Tahun Terakhir

No Nama Pertemuan Ilmiah/ seminar

Judul Artikel Imiah Waktu dan Tempat

F. Pengalaman Menulis Buku Dalam Jurnal 5 Tahun Terakhir

No Judul Buku Tahun Jumlah hala-man

Penerbit

G. Pengalaman Memperoleh HAKI Dalam Jurnal 5 Tahun Terakhir

No Judul /Tema HAKI Tahun Jenis Nomor P/ID

H. Pengalaman Merumuskan Kebijakan Publik/ Rekayasa Sosial Dalam 5 Tahun Terakhir

No Judul /Tema Jenis Rekayasa Sosial Lainnya yang telah diterapkan

Tahun Tempat Penerapan

Respon Ma-syarakat

Page 36: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

36Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

I. Penghargaan yang Pernah Diraih Dalam 10 Tahun Terakhir

No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Penghargaan Tahun123

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima resikonya.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Usulan Penelitian Dosen Pemula.

Kota, tanggal-bulan-tahun Pengusul

(Tanda tangan)

Nama Lengkap

Page 37: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

37Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Lampiran 6.Surat Pernyataan Ketua Peneliti

KOP UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

SURAT PERNYATAANYang bertanda tangan di bawah ini:Nama : NIDN/NIP : Pangkat/Golongan : Jabatan Fungsional :

Dengan ini menyatakan bahwa proposal penelitian saya dengan judul:(TULISKAN JUDUL PENELITIAN)

yang diusulkan dengan skema Penelitian Dosen Pemula untuk tahun anggaran 2015 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga/sumber dana lain.Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan persyaratan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah saya terima ke kas negara.Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.

Kota, tanggal-bulan-tahunMengetahui, Yang menyatakan,Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdiankepada Masyarakat

(tanda tangan)

Prof. Dr. Totok Sumaryanto F, M.Pd Nama lengkapNIP. 196410271991021001 NIP.

Page 38: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

38Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Lampiran 7.Format Penilaian Proposal

Panduan Penelitian dan Pengabdian LP2M 2014

14

Lampiran 7. Format Penilaian Proposal

PENILAIAN USUL PENELITIAN PEMULA Perguruan Tinggi : Fakultas/Program Studi : Judul Penelitian : Tim Peneliti :

1. Nama Ketua Tim Peneliti : 2. Anggota Peneliti : orang

Ruang lingkup : Lokasi Penelitian : Laboratorium/Studio/Lapangan*) Biaya yang diusulkan : Rp. Biaya yang disetujui : Rp.

No KRITERIA INDIKATOR PENILAIAN BOBOT ( % )

SKOR

NILAI

1 Perumusan Masalah

Ketajaman Perumusan Masalah & Tujuan Penelitian

25

2 Manfaat Hasil Penelitian dan luaran

Pengembangan IPTEKS, Pembangunan, dan atau Pengembangan Kelembagaan serta luaran penelitian sesuai IKUP

20

3 Tinjauan Pustaka

Relevansi, Kemutakhiran jurnal ilmiah dan Penyusunan Daftar Pustaka

20

4 Metode Penelitian

Ketepatan Metode yang digunakan 25

5 Unsur Penunjang

Kesesuaian jadwal, Kesesuaian keahlian personalia & kewajaran biaya

10

JUMLAH 100 Setiap kriteria diberi skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7. Hasil Penelitian : Diterima/Ditolak *). Alasan Penolakan : a, b, c, d, e, f, g, h Catatan Penilai : ……………………………………………………….. ………………………………………………………. ………………………………………………………. Nilai = Bobot X Skor. Batas penerimaan (passing grade) = 500. * )Coret yang tidak perlu. Penilai,

........................................

Page 39: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

39Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Lampiran 8Format Monitoring dan Evaluasi Lapangan

108

Lampiran 9.4 Borang Monitoring dan Evaluasi Lapangan Penelitian Dosen Pemula

BORANG MONITORING DAN EVALUASI LAPANGAN PENELITIAN DOSEN PEMULA

Judul Penelitian : …………………………………………………………

………………………………………………………… Peneliti Utama : ………………………………………………………… NIDN : ………………………………………………………… Perguruan Tinggi : ………………………………………………………… Tahun Pelaksanaan Penelitian : ..................................... Biaya yang diusulkan ke Dikti : Rp……………………. Biaya yang disetujui Dikti : Rp. ……………...........

No Komponen Penilaian Keterangan Bobot Skor Nilai

1 Capaian penelitian < 25% 25 – 50% 51 – 75% >75% 30

2

Publikasi Ilmiah jurnal ilmiah

Draft Submitted Accepted Published 30

3

Sebagai pemakalah dalam pertemuan ilmiah

Draft

Terdaftar Sudah

Dilaksanakan

25

4

Hak Kekayaan Intelektual: paten, paten sederhana, hak cipta, merek dagang, rahasia dagang, desain produk industri, indikasi geografis, perlindungan varietas tanaman, perlindungan topografi sirkuit terpadu

Draft Terdaftar Granted

5

5 Produk/Model/Prototip/Desain/

Karya seni/ Rekayasa Sosial Draft Produk Penerapan

5

6 Bahan Ajar

Draft Editing Sudah Terbit 5

Jumlah 100

Page 40: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

40Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

109

Komentar Pemantau : ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................

Kota, tanggal-bulan-tahun

Penilai,

Tanda tangan

( Nama Jelas )

Keterangan:

Skor: 1, 2, 4, 5 (1 = kurang, 2 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik) 1. Capaian penelitian: Skor 5 = > 75 %, 4 = 51-75 %, 2 = 25-50 %, 1 = < 25 %. 2. Publikasi pada jurnal ilmiah:

Skor 5 = published/accepted, 4 = submitted, 2 = draft/belum ada. 3. Pemakalah pada pertemuan ilmiah lokal:

Skor 5 = sudah dilaksanakan/ terdaftar, 4 = draft, 2 = belum ada. 4. HKI: Skor 5 = granted/terdaftar, 4 = draft, 2 = belum/tidak ada. 5. Produk/Model/Prototype/Desain/Karya seni/ Rekayasa Sosial:

Skor 5 = penerapan/produk, 2 = draft/belum ada. 6. Bahan Ajar: Skor 5 = sudah terbit/proses editing, 4 = draft, 2 = belum/tidak ada. 7. Sertakan barang bukti dari luaran dimaksud.

Page 41: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

41Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Lampiran 9.Format Catatan harian (Logbook)

Logbook disusun dalam bentuk tabel baris dan kolom dalam sebuah buku besar yang meliputi komponen-komponen: Nomor, Hari dan tanggal, jenis kegiatan, hasil kegiatan dan keterangan/penggunaan anggaran. Seperti digambarkan dalam tabel berikut;

No Hari/tanggal Kegiatan Hasil Kegiatan Keterangan/Anggaran

Page 42: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

42Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Lampiran 10Laporan KemajuanHalam sampul

Panduan Penelitian dan Pengabdian LP2M 2014

17

Lampiran 10. Laporan Kemajuan Halam sampul

LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA

JUDUL PENELITIAN

TIM PENGUSUL

(Nama Ketua dan Anggota, lengkap dengan gelar dan NIDN/NIP)

Dibiayai oleh……

FAKULTAS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

BULAN, TAHUN

Page 43: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

43Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Sistematika Laporan Kemajuan:

HALAMAN SAMPULHALAMAN PENGESAHAN (Lihat Lampiran 2)RINGKASANPRAKATA DAFTAR ISIDAFTAR TABEL DAFTAR GAMBARDAFTAR LAMPIRAN BAB 1. PENDAHULUANBAB 2. TINJAUAN PUSTAKA BAB 3. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIANBAB 4. METODE PENELITIAN BAB 5. HASIL YANG DICAPAI BAB 6. RENCANA TAHAPAN BERIKUTNYABAB 7. KESIMPULAN DAN SARAN DAFTAR PUSTAKALAMPIRAN

1. Artikel ilmiah (draft, bukti status submission atau reprint), jika ada.2. Produk penelitian

Page 44: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

44Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Lampiran 11.Laporan Akhir PenelitianHalaman sampul

Panduan Penelitian dan Pengabdian LP2M 2014

19

Lampiran 11. Laporan Akhir Penelitian Halam sampul

LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN PEMULA

JUDUL PENELITIAN

TIM PENGUSUL

(Nama Ketua dan Anggota, lengkap dengan gelar dan NIDN/NIP)

Dibiayai oleh……

FAKULTAS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

BULAN, TAHUN

Page 45: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

45Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Dosen Pemula

Sistematika Laporan Akhir:

HALAMAN SAMPULHALAMAN PENGESAHAN (Lihat Lampiran 2)RINGKASANPRAKATA DAFTAR ISIDAFTAR TABEL DAFTAR GAMBARDAFTAR LAMPIRAN BAB 1. PENDAHULUANBAB 2. TINJAUAN PUSTAKA BAB 3. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIANBAB 4. METODE PENELITIAN BAB 5. HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 6. KESIMPULAN DAN SARAN DAFTAR PUSTAKALAMPIRAN

1. Instrumen penelitian2. Personalia tim peneliti3. Surat Perjanjian Penelitian4. Artikel ilmiah (draft, bukti status submission atau reprint)5. Dokumentasi

Page 46: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2
Page 47: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

47Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

PANDUAN PENELITIAN TENAGA KEPENDIDIKAN

PENDAHULUANSalah satu unsur Tri Dharma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh dosen dan tenaga kependidikan adalah melakukan penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat dan mengembangkan institusi serta pengembangan intelektual dosen dan tenaga kependidikan perguruan tinggi.

Untuk itu Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang perlu secara khusus mengembangkan penelitian untuk tenaga kependidikan, guna memberi kesempatan bagi para tenaga kependidikan yang memenuhi persyaratan sebagai peneliti untuk mengembangkan intelektualitas dan ide-ide melalui karya penelitian.

Penelitian untuk peneliti pemula ini meliputi berbagai unsur dan berbagai bidang ilmu secara khusus diharapkan mengacu kepada kebutuhan unit-unit yang ada di Universitas Negeri Semarang. Dengan demikian, unit-unit yang ada akan menjadi semakin berkembang dengan berbagai masukan dari berbagai hasil penelitian yang dilakukan oleh tenaga kependidikan.

Disamping itu, sejalan dengan kebijakan desentralisasi penelitian di Perguruan Tinggi, maka Unnes telah menyusun Rencana Strategis (Renstra) Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2015 - 2019. Tema-tema penelitian dosen muda diarahkan dan diprioritaskan untuk disesuai dengan kebutuhan unit dimana tenaga kependidikan ditempatkan.

Harapan lebih lanjut, agar supaya Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang mampu melahirkan peneliti-peneliti handal yang mampu bersaing di era global sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan olah raga dalam rangka pembinaan peneliti menuju universitas konservasi bertaraf Internasional yang sehat, unggul dan sejahtera pada tahun 2020.

TUJUANTujuan dari penelitian tenaga kependidikan ini adalah:

1. Untuk mengarahkan, membina, dan meningkatkan kemampuan meneliti tenaga kependidikan sesuai dengan bidang keilmuannya.

2. Untuk melatih tenaga kependidikan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah, baik jurnal lokal maupun nasional terakreditasi maupun sebagai bahan penulisan buku teks/ monograf.

3. Untuk mendukung kinerja unit-unit yang ada di Universitas Negeri Semarang.

LINGKUP PENELITIAN Penelitian tenaga kependidikan mencakup semua bidang ilmu sesuai bidang ilmu/keahlian peneliti dengan kebebasan memilih metode penelitian yang relevan dengan topik. Prioritas topik penelitian akan lebih diutamakan yang terkait dengan problem solving masing-masing unit dimana tenaga kependidikan dipekerjakan, meliputi :

1. Teknologi (Listrik, Informatika, Mesin, Pendidikan, Laboratorium, dll)2. Kepustakawanan3. Kearsipan

Page 48: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

48Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

4. Manajemen Keuangan5. Kehumasan6. Analis Kepegawaian

LUARAN PENELITIANHasil penelitian tenaga kependidikan diharapkan dan diutamakan memberikan kontribusi pada salah satu jenis luaran sesuai dengan Indikator Kinerja Utama Penelitian (IKUP). Jenis luaran tersebut adalah:

Tabel 2. Jenis Luaran Penelitian

No Jenis Luaran1 Publikasi Ilmiah. Internasional.

Nasional Terakreditasi.Lokal.

2 Sebagai pemakalah dalam pertemuan ilmiah.

Internasional.Nasional.Lokal.

3 Sebagai pembicara utama (Keynote Speaker) dalam pertemuan ilmiah.

Internasional.Nasional.Lokal.

4 Visiting Lecturer. Internasional.5 Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI). Paten.

Paten sederhana.Hak cipta.Merek dagang.Rahasia dagang.Desain produk industri.

Indikasi geografis.

Perlindungan varietas tana-man.Perlindungan topografi sirkuit terpadu.

6 Teknologi Tepat Guna.7 Model/Prototype/Desain/Karya seni/ Rekayasa Sosial.

8 Buku. Buku Ajar (ISBN).Monograf.Buku Referensi.

9 Laporan penelitian yang tidak dipublikasikan.

KRITERIA PENGUSULANKriteria dan persyaratan umum usulan penelitian tenaga kependidikan adalah sebagai berikut:

1. Pengusul adalah tenaga kependidikan Unnes dengan jabatan fungsional 2. Pendidikan minimal SMA sederajat.3. Jumlah tim peneliti maksimal 3 orang tenaga kependidikan (termasuk ketua)

Page 49: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

49Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

4. Tenaga Kependidikan maksimal dapat mengusulkan 1 (satu) judul, baik sebagai ketua ataupun anggota pada skim penelitian di tahun yang sama.

5. Jangka waktu penelitian adalah 6 bulan dengan biaya penelitian Rp. 8.000.000,-

SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN

1. Administrasi/Tata Tulis Proposal diusulkan oleh Tenaga Kependidikan dengan diketahui Dekan/ Kepala/ Ketua Lem-

baga/Unit/UPT ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unnes, dengan ketentuan sebagai berikut:a. Proposal diketik ukuran spasi 1,5, huruf Times New Roman 12.b. Ukuran kertas A4.c. Dijilid rapi dengan warna cover HIJAU LUMUT.d. Kanan atas cover ditulis “Penelitian Tenaga Kependidikan”e. Proposal diunggah di simlp2m.unnes.ac.id (format pdf, maksimal 3 Mb).

2. Sistematika Usulan Penelitian Penulisan usulan penelitian bagi peneliti pemula mengikuti sistematika sebagai berikut :a. HALAMNAN SAMPUL (lihat contoh Lampiran 1)b. HALAMAN PENGESAHAN(lihat contoh Lampiran 2)c. DAFTAR ISId. RINGKASAN (maksimum satu halaman, 1 spasi)

Kemukakan masalah dan tujuan yang ingin dicapai serta target khusus yang ingin di-capai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan.

e. BAB 1. PENDAHULUANBab Pendahuluan antara lain berisi:1) Latar Belakang Masalah

Memuat argumentasi atau pengungkapan faktor-faktor/gejala/konsep/dugaan yang menarik pentingnya penelitian dilakukan dengan didukung temuan atau fakta yang mengidentifikasi masalah yang akan diteliti.

2) Perumusan Masalah Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti berdasarkan latar belakang

yang telah diuraiakan sebelumnya. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Uraian perumusan masalah sebaiknya dalam bentuk pertanyaan.

3) Tujuan Penelitian Pernyataan singkat mengenai tujuan penelitian. Tujuannya hendaknya spesifik, rel-evan dengan masalahnya dan terukur.

4) Kontribusi Penelitian Diuraikan secara eksplisit kontribusi penelitian terhadap pengembangan IPTEKS, pengembangan institusi dan kebutuhan serta potensi masyarakat serta luaran yang ditargetkan.

Page 50: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

50Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

f. BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan dan hasil-hasil penelitian yang pernah di-lakukan pada permasalahan yang sama atau relevan dan atau telah dipublikasikan di jurnal ilmiah. Kajian pustaka penting untuk mengetahui bagaimana hubungan antara penelitian yang akan dilakukan dengan penelitian yang sudah ada dan dapat mengeta-hui perbedaan untuk menghindari duplikasi. Rujukan dalam Tinjauan Pustaka diusahan menggunakan sumber primer dan jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan/atau berepu-tasi internasional.

g. BAB 3. METODE PENELITIANUraikan secara rinci metode yang akan digunakan meliputi tahapan-tahapan peneli-tian, lokasi penelitian, peubah yang diamati/diukur, model yang digunakan, rancangan penelitian, serta teknik pengumpulan dan analisis data. Untuk penelitian yang meng-gunakan metode kualitatif perlu dijelaskan pendekatan yang digunakan, proses pen-gumpulan dan analisis informasi, serta penafsiran dan penarikan kesimpulan peneli-tian.

h. BAB 4. BIAYA DAN JADWAL PENELITIAN1) Anggaran Biaya

Justifikasi anggaran biaya ditulis dengan terperinci dan jelas dengan format seb-agaimana pada Lampiran 3. Sedangkan ringkasan anggaran biaya disusun sesuai dengan format Tabel 3. dengan komponen sebagai berikut.

Tabel 3. Format Ringkasan Anggaran Biaya

No. Jenis Pengeluaran Biaya (Rp)

1 Honorarium (Maks. 20%)

2 Bahan habis pakai dan peralatan (40-60%)

3 Perjalanan (Maks. 20%)

4 Lain-lain (publikasi, seminar, laporan, lainnya se-butkan) (10-15%)

Jumlah2) Jadwal Penelitian

Jadwal pelaksanaan penelitian dibuat dengan tahapan yang jelas untuk 1 (satu) ta-hun dalam bentuk bar chart.

i. DAFTAR PUSTAKADaftar Pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun dengan urutan abjad nama pengarang, tahun penerbitan, judul tulisan, dan sumber atau penerbit. Untuk pustaka yang berasal dari jurnal ilmiah, perlu juga mencantumkan nama jurnal, volume dan nomor penerbitan, serta halaman dimana artikel tersebut dimuat. Hanya pustaka yang

Page 51: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

51Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

dikutip dalam usulan penelitian yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka.

j. LAMPIRAN-LAMPIRAN Lampiran Usulan Penelitian Tenaga Kependidikan terdiri dari:Lampiran 1. Justifikasi Anggaran Penelitian (Lampiran 3).Lampiran 2. Susunan organisasi tim peneliti dan pembagian tugas (Lampiran 4)Lampiran 3. Biodata ketua dan anggota (Lampiran 5).Lampiran 4. Surat pernyataan ketua peneliti (Lampiran 6).

A. Anggaran Biaya Penelitian

Anggaran biaya Penelitian Tenaga Kependidikan berasal dari dana PNPB/DIPA Universitas neg-eri Semarang. Besarnya anggaran biaya sumber PNBP/DIPA setiap usul penelitian adalah Rp. 8.000.000,- / judul. Peneliti dapat menambah biaya yang bersumber dari dana lain misalnya dengan kerjasama dengan industri atau lembaga pemerintah/swasta.

B. Seleksi dan Evalusi Usul PenelitianSeleksi dan evaluasi proposal Penelitian Tenaga Kependidikan dilakukan dalam bentuk desk evaluasi. Komponen penilaian desk evaluasi proposal menggunakan formulir sebagaimana pada Lampiran 7.

C. Pelaksanaan dan PelaporanPelaksanaan Penelitian Tenaga Kependidikan dipantau dan dievaluasi oleh penilai internal Unnes. Penilaian pelaksanaan pemantauan dan evaluasi menggunakan formulir sebagaimana pada Lampiran 8. Pada akhir pelaksanaan penelitian, setiap peneliti melaporkan kegiatan hasil penelitian dalam bentuk kompilasi luaran penelitian.Setiap peneliti wajib melaporkan pelaksanaan penelitian dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:1. Mencatat semua kegiatan pelaksanaan program pada Buku Catatan Harian Penelitian log-

book) dan mengisi kegiatan harian secara rutin terhitung sejak penandatanganan perjanjian penelitian (Lampiran 9).

2. Menyiapkan bahan pemantauan oleh penilai internal dengan membuat laporan kemajuan dengan sistematika seperti Lampiran 10.

3. Membuat laporan akhir penelitian akhir penelitian dengan sistematika seperti Lampiran 11. 4. Laporan penelitian dalam bentuk hard copy dibuat rangkap 2 (dua) disertai softcopy (lapo-

ran format .pdf, artikel format. doc) dalam bentuk CD. (Arsip Fakultas, Perpustakaan, dan Anggota Peneliti menjadi tanggung jawab Peneliti).

5. Peneliti wajib membuat artikel ilmiah hasil penelitian dengan format sesuai gaya seling-kung Jurnal yang dituju sebanyak satu eksemplar disertai softcopy dalam bentuk CD.

Page 52: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

52Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Lampiran 1Cover Proposal Penelitian Dosen Pemula (Warna Hijau Lumut)

Panduan Penelitian dan PengabdianTenaga Kependidikan LP2M 2015

9

USULAN PENELITIAN TENAGA KEPENDIDIKAN

JUDUL PENELITIAN

TIM PENGUSUL

(Nama Ketua dan Anggota, lengkap dengan gelar danNIP)

UNIT UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

BULAN, TAHUN

PENELITIAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Page 53: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

53Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Lampiran 2Halaman Pengesahan

Panduan Penelitian dan PengabdianTenaga Kependidikan LP2M 2015

10

Lampiran 2 Halaman Pengesahan

HALAMAN PENGESAHAN USULAN/LAPORAN PENELITIAN 1. Judul Penelitian : 2. Bidang Penelitian : 3. Ketua Peneliti :

a. Nama Lengkap dan Gelar : b. Jenis Kelamin : c. Golongan/Pangkat/NIP : d. Jabatan Fungsional : e. Jabatan Struktural : f. Unit Kerja : g. Pusat Penelitian :

4. Alamat Ketua Peneliti : a. Alamat Kantor/Telp/Fax/E-mail : b. Alamat Rumah/Telp/Fax/E-mail :

5. Jumlah Anggota Peneliti : a. Nama Anggota : orang

6. Lokasi Penelitian : 7. Kerjasama dengan Institusi Lain :

a. Nama Istitusi : b. Alamat : c. Telepon/Fax/E-mail :

8. Lama Penelitian : bulan 9. Biaya yang dipelukan :

a. Sumber dari Lembaga Penelitian Universitas Negeri Semarang : Rp. b. Sumber Lain, sebutkan…….. : Rp.

Jumlah : Rp.

(…………………………………………….) ……………………. Mengetahui, Ketua Peneliti Dekan/Ketua/Kepala ………………….. …………………. NIP. …………. NIP. ………….

Menyetujui Ketua LP2M Unnes,

.......................................... NIP...................................

Program Penelitian Pemula

Page 54: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

54Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Lampiran 3Justifikasi Anggaran Biaya

1. Honorarium

Honor Honor/Jam (Rp) Waktu (Jam/minggu) Minggu Total (Rp)

Ketua Anggota 1Anggota 2Sub Total

2. Bahan habis dan peralatanBahan/Alat Justifikasi

PemakaianKuantitas Harga

Satuan (Rp)Total (Rp)

Sub Total

3. Transport/Perjalanan

Kegiatan Justifikasi Pemakaian

Kuantitas Harga Satuan (Rp)

Total (Rp)

Sun Total

4. Lain-lain

Uraian Justifikasi Kuantitas Harga Sat. (Rp) Total (Rp)

Sub Total

Page 55: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

55Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Lampiran 4Susunan Organisasi Tim Peneliti

No Nama/NIDN/NIP Prodi/Fakultas Bidang Ilmu Alokasi waktu (jam/minggu) Uraian Tugas

1

2

3

Page 56: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

56Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Lampiran 5.Biodata Ketua dan Anggota Peneliti

A. Identitas Diri

1 Nama Lengkap (dengan gelar) . L/P

2 Jenis Kelamin3 Jabatan Fungsional4 NIP5 Tempat dan Tanggal Lahir6 Alamat Rumah

7 Nomor Telepon/ Faks/ HP8 Alamat kantor9 Nomor Telepon/ Faks

10 Alamat Email11 Lulusan yang telah dihasilkan12 Mata Kuliah yang Diampu 1

234 Dst.

B. Riwayat Pendidikan

S-1 S-2 S-3Nama Perguruan TinggiBidang IlmuTahun Masuk – LulusJudul Skripsi/ Thesis/ DisertasiNama Pembimbing/ Promotor

C. Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir

No Tahun Judul Penelitian PendanaanSumber Jml (Juta Rp)

Page 57: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

57Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam 5 Tahun Terakhir

No Tahun Judul Penelitian PendanaanSumber Jml (Juta Rp)

E. Pengalaman Menyampaikan Makalah Secara Oral Pada Pertemuan/ Seminar Ilmiah Dalam 5 Tahun Terakhir

No Nama Pertemuan Ilmiah/ seminar

Judul Artikel Imiah Waktu dan Tempat

F. Pengalaman Menulis Buku Dalam Jurnal 5 Tahun Terakhir

No Judul Buku Tahun Jumlah hala-man

Penerbit

G. Pengalaman Memperoleh HAKI Dalam Jurnal 5 Tahun Terakhir

No Judul /Tema HAKI Tahun Jenis Nomor P/ID

H. Pengalaman Merumuskan Kebijakan Publik/ Rekayasa Sosial Dalam 5 Tahun Terakhir

No Judul /Tema Jenis Rekayasa Sosial Lainnya yang telah diterapkan

Tahun Tempat Penerapan

Respon Ma-syarakat

Page 58: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

58Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

I. Penghargaan yang Pernah Diraih Dalam 10 Tahun Terakhir

No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Penghargaan Tahun123

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima resikonya.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Usulan Penelitian Tenaga Kependidikan.

Kota, tanggal-bulan-tahun Pengusul

(Tanda tangan)

Nama Lengkap

Page 59: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

59Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Lampiran 6.Surat Pernyataan Ketua Peneliti

KOP UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

SURAT PERNYATAANYang bertanda tangan di bawah ini:Nama : NIDN/NIP : Pangkat/Golongan : Jabatan Fungsional :

Dengan ini menyatakan bahwa proposal penelitian saya dengan judul:(TULISKAN JUDUL PENELITIAN)

yang diusulkan dengan skema Penelitian Tenaga Kependidikan untuk tahun anggaran 2015 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga/sumber dana lain.Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan persyaratan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah saya terima ke kas negara.Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.

Kota, tanggal-bulan-tahunMengetahui, Yang menyatakan,Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdiankepada Masyarakat

(tanda tangan)

Prof. Dr. Totok Sumaryanto F, M.Pd Nama lengkapNIP. 196410271991021001 NIP.

Page 60: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

60Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Lampiran 7.Format Penilaian Proposal

Panduan Penelitian dan PengabdianTenaga Kependidikan LP2M 2015

17

Lampiran 7. Format Penilaian Proposal

PENILAIAN USUL PENELITIANTENAGA KEPENDIDIKAN Perguruan Tinggi : Fakultas/Unit/ Program Studi : Judul Penelitian : Tim Peneliti :

1. Nama Ketua Tim Peneliti : 2. Anggota Peneliti : orang

Ruang lingkup : Lokasi Penelitian : Laboratorium/Studio/Lapangan*) Biaya yang diusulkan : Rp. Biaya yang disetujui : Rp.

No KRITERIA INDIKATOR PENILAIAN BOBOT ( % )

SKOR

NILAI

1 Perumusan Masalah

Ketajaman Perumusan Masalah & Tujuan Penelitian

25

2 Manfaat Hasil Penelitian dan luaran

Pengembangan IPTEKS, Pembangunan, dan atau Pengembangan Kelembagaan serta luaran penelitian sesuai IKUP

20

3 Tinjauan Pustaka

Relevansi, Kemutakhiran jurnal ilmiah dan Penyusunan Daftar Pustaka

20

4 Metode Penelitian

Ketepatan Metode yang digunakan 25

5 Unsur Penunjang

Kesesuaian jadwal, Kesesuaian keahlian personalia & kewajaran biaya

10

JUMLAH 100 Setiap kriteria diberi skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7. Hasil Penelitian : Diterima/Ditolak *). Alasan Penolakan : a, b, c, d, e, f, g, h Catatan Penilai : ……………………………………………………….. ………………………………………………………. ………………………………………………………. Nilai = Bobot X Skor. Batas penerimaan (passing grade) = 500. * )Coret yang tidak perlu. Penilai,

........................................

Page 61: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

61Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Lampiran 8Format Monitoring dan Evaluasi Lapangan

108

Lampiran 9.4 Borang Monitoring dan Evaluasi Lapangan Penelitian Dosen Pemula

BORANG MONITORING DAN EVALUASI LAPANGAN PENELITIAN DOSEN PEMULA

Judul Penelitian : …………………………………………………………

………………………………………………………… Peneliti Utama : ………………………………………………………… NIDN : ………………………………………………………… Perguruan Tinggi : ………………………………………………………… Tahun Pelaksanaan Penelitian : ..................................... Biaya yang diusulkan ke Dikti : Rp……………………. Biaya yang disetujui Dikti : Rp. ……………...........

No Komponen Penilaian Keterangan Bobot Skor Nilai

1 Capaian penelitian < 25% 25 – 50% 51 – 75% >75% 30

2

Publikasi Ilmiah jurnal ilmiah

Draft Submitted Accepted Published 30

3

Sebagai pemakalah dalam pertemuan ilmiah

Draft

Terdaftar Sudah

Dilaksanakan

25

4

Hak Kekayaan Intelektual: paten, paten sederhana, hak cipta, merek dagang, rahasia dagang, desain produk industri, indikasi geografis, perlindungan varietas tanaman, perlindungan topografi sirkuit terpadu

Draft Terdaftar Granted

5

5 Produk/Model/Prototip/Desain/

Karya seni/ Rekayasa Sosial Draft Produk Penerapan

5

6 Bahan Ajar

Draft Editing Sudah Terbit 5

Jumlah 100

Page 62: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

62Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

109

Komentar Pemantau : ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... ......................................................................................................................................................

Kota, tanggal-bulan-tahun

Penilai,

Tanda tangan

( Nama Jelas )

Keterangan:

Skor: 1, 2, 4, 5 (1 = kurang, 2 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik) 1. Capaian penelitian: Skor 5 = > 75 %, 4 = 51-75 %, 2 = 25-50 %, 1 = < 25 %. 2. Publikasi pada jurnal ilmiah:

Skor 5 = published/accepted, 4 = submitted, 2 = draft/belum ada. 3. Pemakalah pada pertemuan ilmiah lokal:

Skor 5 = sudah dilaksanakan/ terdaftar, 4 = draft, 2 = belum ada. 4. HKI: Skor 5 = granted/terdaftar, 4 = draft, 2 = belum/tidak ada. 5. Produk/Model/Prototype/Desain/Karya seni/ Rekayasa Sosial:

Skor 5 = penerapan/produk, 2 = draft/belum ada. 6. Bahan Ajar: Skor 5 = sudah terbit/proses editing, 4 = draft, 2 = belum/tidak ada. 7. Sertakan barang bukti dari luaran dimaksud.

Page 63: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

63Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Lampiran 9.Format Catatan harian (Logbook)

Logbook disusun dalam bentuk tabel baris dan kolom dalam sebuah buku besar yang meliputi komponen-komponen: Nomor, Hari dan tanggal, jenis kegiatan, hasil kegiatan dan keterangan/penggunaan anggaran. Seperti digambarkan dalam tabel berikut;

No Hari/tanggal Kegiatan Hasil Kegiatan Keterangan/Anggaran

Page 64: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

64Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Lampiran 10.Laporan KemajuanHalam sampul

Panduan Penelitian dan PengabdianTenaga Kependidikan LP2M 2015

20

Lampiran 10. Laporan Kemajuan Halam sampul

LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN TENAGA KEPENDIDIKAN

JUDUL PENELITIAN

TIM PENGUSUL

(Nama Ketua dan Anggota, lengkap dengan gelar /NIP)

Dibiayai oleh……

FAKULTAS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

BULAN, TAHUN

Page 65: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

65Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Sistematika Laporan Kemajuan:

HALAMAN SAMPULHALAMAN PENGESAHAN (Lihat Lampiran 2)RINGKASANPRAKATA DAFTAR ISIDAFTAR TABEL DAFTAR GAMBARDAFTAR LAMPIRAN BAB 1. PENDAHULUANBAB 2. TINJAUAN PUSTAKA BAB 3. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIANBAB 4. METODE PENELITIAN BAB 5. HASIL YANG DICAPAI BAB 6. RENCANA TAHAPAN BERIKUTNYABAB 7. KESIMPULAN DAN SARAN DAFTAR PUSTAKALAMPIRAN

1. Artikel ilmiah (draft, bukti status submission atau reprint), jika ada.2. Produk penelitian

Page 66: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

66Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Lampiran 11.Laporan Akhir PenelitianHalam sampul

Panduan Penelitian dan PengabdianTenaga Kependidikan LP2M 2015

22

Lampiran 11. Laporan Akhir Penelitian Halam sampul

LAPORAN AKHIR PENELITIAN TENAGA KEPENDIDIKAN

JUDUL PENELITIAN

TIM PENGUSUL

(Nama Ketua dan Anggota, lengkap dengan gelar dan NIP)

Dibiayai oleh……

FAKULTAS / UNIT UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

BULAN, TAHUN

Page 67: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

67Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Tenaga Kependidikan

Sistematika Laporan Akhir:

HALAMAN SAMPULHALAMAN PENGESAHAN (Lihat Lampiran 2)RINGKASANPRAKATA DAFTAR ISIDAFTAR TABEL DAFTAR GAMBARDAFTAR LAMPIRAN BAB 1. PENDAHULUANBAB 2. TINJAUAN PUSTAKA BAB 3. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIANBAB 4. METODE PENELITIAN BAB 5. HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 6. KESIMPULAN DAN SARAN DAFTAR PUSTAKALAMPIRAN

1. Instrumen penelitian2. Personalia tim peneliti3. Surat Perjanjian Penelitian4. Artikel ilmiah (draft, bukti status submission atau reprint)5. Dokumentasi

Page 68: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2
Page 69: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

69Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Mandiri

PANDUAN PENELITIAN MANDIRI

LATAR BELAKANGDalam rangka peningkatan mutu dan kualitas penelitian serta untuk memperbanyak jumlah dosen meneliti, maka dosen senior wajib melakukan penelitian setiap tahun. Dosen senior yang dimaksud di sini adalah para guru besar, doktor dan semua dosen yang telah menduduki jabatan fungsional Lektor Kepala atau lebih. Kegiatan penelitian Mandiri diarahkan untuk mendorong pengembangan institusi, menciptakan inovasi, dan pengembangan IPTEKS serta dalam upaya memberikan sumbangan pemikiran dalam berbagai pemecahan masalah-masalah publik pada berbagai aspek sesuai dengan bidang keahlian msing-masing dosen senior yang tidak memiliki waktu cukup banyak.

Penelitian Mandiri adalah penelitian yang dilakukan oleh para dosen senior (Guru Besar, doktor atau dosen dengan jabatan fungsional minimal Lektor Kepala) yang bertujuan meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Program penelitian Mandiri ini perlu didukung oleh institusi secara administrasif. Sumber dana bersumber dari peneliti pribadi dan pelaksanaannya tidak terikat waktu.

Hasil penelitian yang diharapkan dari program ini adalah dapat berupa penelitian dasar untuk pengembang ilmu maupun penelitian terapan untuk memecahkan masalah-masalah di semua bidang studi/program studi yang ada di Unnes. Hasil penelitian seyogyanya dipublikasikan melalui seminar, diseminasi hasil-hasil penelitian, serta jurnal. Evaluasi kelayakan proposal dan pelaksanaan penelitian dilakukan oleh tim review yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unnes.

LINGKUP PENELITIAN MANDIRIRuang lingkup penelitian Mandiri menyesuaikan dengan topik unggulan Unnes meliputi tema-tema yang tertuang dalam Renstra Unnes. Luaran hasil Penelitian Mandiri diutamakan mengacu pada IKUP Dikti seperti di bawah ini:

No Jenis Luaran

1 Publikasi IlmiahInternasionalNasional TerakreditasiLokal

2 Sebagai pemakalah dalam pertemuan ilmiah

InternasionalNasionalLokal

3Sebagai pembicara utama (Keynote Speaker) dalam per-temuan ilmiah

InternasionalNasionalLokal

4 Visiting Lecturer Internasional

Page 70: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

70Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Mandiri

5 Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI)

PatenPaten sederhanaHak ciptaMerek dagangRahasia dagang

Desain produk industry

Indikasi geografis

Perlindungan varietas tanaman

Perlindungan topografi sirkuit terpadu

6 Teknologi Tepat Guna

7 Model/Prototype/Desain/Karya seni/ Rekayasa Sosial

8 BukuBuku Ajar (ISBN)MonografBuku Referensi

9 Laporan penelitian yang tidak dipublikasikan

PERSYARATAN PENGUSULSyarat calon peneliti minimal S2, memiliki jabatan minimal Lektor Kepala, tidak sedang terikat penelitian yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unnes dan bersedia mengikuti Standart Operasional Prosedur (SOP) yangditetapkan LP2M Unnes.

Usulan Proposal

Proposal diusulkan oleh Dosen dengan persyaratan melalui Fakultas ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unnes dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Proposal diketik ukuran spasi 1,5, huruf Times New Roman 122. Ukuran kertas A43. Dijilid rapi dengan warna cover COKLAT MUDA4. Kanan atas cover ditulis “Penelitian Mandiri”

Sistematika Usul Penelitian Mandiri

1. Judul

Singkat dan spesifik, tetapi jelas menggambarkan kegiatan penelitian yang akan dilakukan.

2. Latar Belakang

Gambarkan dan jelaskan kemengapaan serta keunikan penelitian didukung dengan fakta/data empiris obyek/subyek penelitian.

3. Rumusan Masalah

Rumuskan masalah secara konkret, jelas dan dapat diteliti. Perumusan masalah dapat berupa diskusi, pertanyaan maupun gabungan diskusi dan pertanyaan.

a. Tujuan PenelitianRumuskan tujuan yang akan dicapai secara spesifik dan/atau terukur serta sesuai dengan rumusan masalah.

Page 71: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

71Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Mandiri

b. Manfaat PenelitianJelaskan luaran yang akan dihasilkan dalam bentuk manfaat hasil penelitian yang meliputi manfaat teoretis dan praktis

c. Kajian Teori (Landasan Teori)Uraikan secara jelas kajian teori/landasan teori sesuai variabel/fokus yang diteliti, dan penelitian terdahulu yang menimbulkan gagasan dan mendasari penelitian yang akan dilakukan. Kajian teori/Landasan Teori menguraikan teori, temuan, dan bahan yang dijadikan dasar untuk melakukan penelitian.

d. Metode PenelitianSebut dan uraiakan metode penelitian yang akan digunakan untuk mencapai tujuan sesuai dengan pendekatan dan desain yang digunakan.

e. Rencana dan Jadwal PenelitianGambarkan tahap-tahap kegiatan penelitian dan jadwal secara spesifik dan jelas dalam suatu bar-chart.

f. Organisasi PelaksanaKetua PelaksanaNama dan gelar akademik :Pangkat/Golongan/NIP :Jabatan Fungsional :Bidang Keahlian :Fakultas/Lembaga/Pusat :Waktu untuk kegiatan ini :Anggota PenelitiNama dan gelar akademik :Pangkat/Golongan/NIP :Jabatan Fugsional :Bidang Keahlian :Fakultas/Lembaga/Pusat :Waktu untuk kegiatan ini :

g. Rencana BiayaDana penelitian menyesuaikan besar dana mandiri yang digunakan masing-masing peneliti.Uraikan rincian biaya penelitian dengan ketentuan sebagai berikut:• Honorarium, 15%• Peralatan, maksimum 50%• Bahan, maksimum 30%• Lapangan, maksimum 30%• Penggandaan dan seminar, maksimum 10%• Lain-lain, 10%

h. Lampiran-Lampiran(1) Daftar Pustaka (gunakan urutan nama pengarang, tahun, judul, kota terbit, dan penerbit, serta berdasarkan abjad).Daftar Riwayat Hidup Ketua dan Anggota Pelaksana dan ditandatangani.

Page 72: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

72Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Mandiri

Sistematika Laporan Penelitian

• Bagian AwalBagian ini terdiri dari: » Halaman Judul » Halaman Lembar Identitas dan Pengesahan (Lihat lampiran) » Ringkasan (abstrak) » Kata Pengantar » Daftar Isi » Daftar Tabel » Daftar Gambar (kalau ada) » Daftar Lampiran (kalau ada)

• Bagian Isi » BAB I Pendahuluan

Menguraikan tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian.

» BAB II Kajian Teori/Landasan TeoriMenguraikan hal-hal yang berkaitan dengan kerangka pikir mengenai peneltian terapan yang dilakukan dengan memanfaakan berbagai pustaka dan hasil penelitian terdahulu yang relevan.

» BAB III Metode PenelitianUraikan metode penelitian yang digunakan mulai dari pendekatan, desain, populasi dan sampel/sumber data, pengumpulan data dan instrumen, validitas/ keabsahan data dan analisis data.

» BAB IV Hasil Dan PembahasanJelaskan berbagai hasil atau temuan yang diperoleh dan lakukan pembahasan dengan berbagai acuan yang relevan.

» BAB V Penutup » Simpulan » Saran » Daftar Pustaka » Lampiran

Rincian Kegiatan dan Satuan Biaya Penelitian

1. Kegiatan Operasionala. Persiapan :

Mengurus perijinan, mengadakan pertemuan awal antara ketua dan anggota tim(jika penelitian kelompok), menetapkan rencana jadwal kerja, menetapkan pembagian kerja diantara tim peneliti, menetapkan desain penelitian, menentukan instrumen penelitian dan uji cobanya (ilmu-ilmu sosial dan humaniora) atau bahan peralatan penelitian (ilmu pengetahuan alam dan teknologi), menetapkan lokasi penelitian dan menyusun format-format pengumpulan data.

b. Organisasi di lapangan/laboratorium : Pengujian penelitian, mempersiapkan dan menyediakan bahan dan peralatan penelitian, pengumpulan data, melakukan pemantauan atas pengumpulan data dengan frekuensi tergantung pada keperluan, menyusun dan mengisi format tabulasi agar data siap dianalisis, melakukan analisis data secara keseluruhan dan menyimpulkan hasil analisis, membuat tafsiran dan kesimpulan hasil serta membahasnya.

c. Monitoring Pelaksanakan.Monitoring dilakukan oleh Tim yang dibentuk oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unnes.

d. Penyusunan laporan hasil penelitian :Menyusun konsep laporan, melakukan diskusi antar anggota tim atas konsep laporan

Page 73: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

73Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Mandiri

(peer group), menyusun konsep laporan akhir, menyusun laporan akhir dan bahan untuk seminar, serta penyelenggaraan seminar (oleh lembaga penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unnes).

e. Penggandaan dan pengiriman :Menggandakan laporan dan mengirimkan laporan hasil penelitian.

f. Artikel ilmiah : Menyusun naskah artikel ilmiah, biaya pemuatan artikel di jurnal ilmiah (kalau ada, sebutkan nama jurnal)

2. Beberapa Patokan Biaya Satuan Penelitiana. Honorarium

a. Ketua Penelitib. Anggota Penelitic. Tenaga Laboran/Teknisid. Besarnya honorarium sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

b. Bahan dan peralatan penelitiana. Bahan habisb. Alatc. Sewa alat

c. PerjalananBesarnya biaya perjalanan, penginapan, dan lumpsum sesuai dengan ketentuan dan herga setempat.

d. Laporan Penelitiane. Seminarf. Biaya lain-lain (agar dirinci untuk keperluan apa) : tidak ada biaya yang tidak terduga.

Page 74: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

74Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Mandiri

Lampiran 1Cover Proposal Penelitian Mandiri

Lampiran 1 Cover Proposal Penelitian Mandiri

PROPOSAL PENELITIAN

JUDUL

Oleh : …………………………. ………………………….

JURUSAN/PROGRAM STUDI FAKULTAS

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BULAN, TAHUN

Penelitian Mandiri

Page 75: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

75Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Mandiri

Lampiran 2Lampiran 2

HALAMAN PENGESAHAN USUL PENELITIAN MANDIRI

1. Judul Penelitian : 2. Bidang Ilmu : 3. Kategori Penelitian : 4. Ketua Peneliti :

a. Nama Lengkap dan Gelar : b. Jenis Kelamin : c. Golongan/Pangkat/NIP : d. Jabatan Fungsional : e. Jabatan Struktural : f. Fakultas/Jurusan : g. Pusat Penelitian :

5. Alamat Ketua Peneliti : a. Alamat kantor/Telp/Fax/E-mail : b. Alamat rumah/Telp/Fax/E-mail :

6. Jumlah Anggota Peneliti : orang a. Nama Anggota :

7. Lokasi Penelitian : 8. Kerjasama dengan institusi lain :

a. Nama Institusi : b. Alamat : c. Telepon/Fax/ E-mail :

9. Lama Penelitian : bulan 10. Biaya yang diperlukan :

a. Sumber Pribadi : Rp. b. Sumber lain, sebutkan ……….. : Rp.

Jumlah Rp. (………………………………………………….)

Mengetahui Dekan, Ketua Peneliti, Cap & tanda tangan Cap & tanda tangan …………………. …………………………. NIP. ……………. NIP. …………………….

Menyetujui: Ketua LP2M Unnes,

…………………………………… NIP. ……………………………...

Page 76: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

76Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Mandiri

Lampiran 3Cover Laporan Penelitian Mandiri

Lampiran 3 Cover Laporan Penelitian Mandiri

LAPORAN PENELITIAN

JUDUL

Oleh : …………………………. ………………………….

Dibiayai oleh: ………………………………………………

JURUSAN/PROGRAM STUDI

FAKULTAS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

BULAN, TAHUN

PenelitianMandiri

Page 77: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

77Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Mandiri

Lampiran 4Lampiran 4

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN AKHIR PENELITIAN MANDIRI

1. Judul Penelitian : 2. Kategori Penelitian : 3. KetuaPeneliti

a. NamaLengkap dan Gelar : b. JenisKelamin : c. Pangkat/Golongan/Nip : d. JabatanFungsional : e. Fakultas/Jurusan : f. Univ./Inst./Akd./Sek. Tinggi : g. Bidang Ilmu yang diteliti :

4. Jumlah Tim Peneliti :orang 5. Lokasi Penelitian : 6. Bila penelitian ini merupakan peningkatan kerjasama kelembagaan, sebutkan:

a. Nama Instansi : b. Alamat :

7. Jangka Waktu Penelitian :bulan 8. Biaya yang diperlukan : Rp. ………………….. (…………………..………………………………)

…………, …………

Mengetahui, Ketua Peneliti Dekan Fakultas …………..

Cap & tanda tangan tanda tangan

………………………………… NIP. ………………… NIP. ………………

Menyetujui,

Ketua LP2M Unnes,

Cap & tanda tangan

………………………………….. NIP. ……………………

*) coret yang tidak perlu

Page 78: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

78Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Mandiri

Lampiran 5Lampiran 5

FORMULIR PENILAIAN USUL PENELITIAN MANDIRI

Perguruan Tinggi : Fakultas/Program Studi : Judul Penelitian : Tim Peneliti : 1. Nama Ketua Tim Peneliti : 2. Anggota Peneliti :orang

Bidang Ilmu / Konsorsium : Lokasi Penelitian : Laboratorium/Studio/ Lapangan *) Biaya yang diusulkan : Rp. Biaya yang disetujui : Rp.

No KRITERIA INDIKATOR PENILAIAN

BOBOT (%) SKOR NILAI

1 RumusanMasalah

a. Judul b. Kemengapaanriset c. Kebaruan d. PerumusanMasalah

15

2 TujuandanManfaatHasilPenelitian

a. Tujuan b. Manfaat c. KesesuaiandenganLuaranUnggu

lanPeneletianUnnes

15

3 KajianTeori

a. Relevansi (stateof the art) b. Kebaruan c. KajianPenelitianTerdahulu

25

4 MetodePenelitian a. Kesesuaianmetodedenganmasalahdantujuanpenelitian 30

5 FisibilitasPeneliti

a. Rencanadanjadwal b. Manajemenorganisasipelaksana c. RencanaBiaya d. Dan Lain-lain

20

JUMLAH 100 Setiap kriteria diberi skor : 1, 2, 3 atau 5, 6, 7 ( 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = sedang,5 = cukup, 6 = baik, 7 = sangat baik.) Hasil Penilaian : Diterima / Ditolak *) Catatan Penilai : .............................................................................................

Penilai,

………………………. Nilai = Bobot x skor Batas penerimaan (passing grade) = 500 *) Coret yang tidak perlu

Page 79: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

79Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Mandiri

Lampiran 6

BUTIR BUTIR ALASAN PENOLAKAN USUL PENELITIAN MANDIRI

No. Kriteria Indikator Penilaian Alasan Penolakan1 Masalah yang

ditangani a. Judulb. Analisis Situasic. Tinjauan Pustakad. Perumusan Masalah

a. Judul tak mencerminkan penera-pan IPTEKS

b. Data tidak lengkap, tidak relevan dengan masalah dan kurang tajam

c. Tinjauan pustaka kurang relevand. Masalah tidak spesifik, tidak kong-

kret, tidak sesuai dengan khalayak sasaran

2 Tujuan dan Manfaat Hasil Penelitian

a. Tujuanb. Manfaatc. Kesesuaian dengan

luaran Unggulan Unnes

a. Tujuan tidak spesifikb. Manfaat kurang relevan dengan

tujuan dan khalayakc. Manfaat tidak relevan dengan RIP

Unnes.

3 Kerangka Ber-pikir

a. Pemecahan masalahb. Khalayak Sasaranc. Keterkaitand. Metode Kegiatan

a. Pemilihan pemecahan masalah kurang dilandasi teori, kenyataan dan kondisi yang ada

b. Identifikasi khalayak sasaran kurang spesifik

c. Keterkaitan dengan institusi terkait kurang jelas

d. Metode kurang relevan

4 Evaluasi a. Rancangan Evaluasi a. Kriteria kurang relevan dengan tujuan, proses, dan manfaat

5 Fisibilitas Penerapan IPTEKS

a. Rencana dan jadwalb. Manajemen organ-

isasi pelaksanac. Rencana Biayad. Lain-lain

a. Rencana dan jadwal kurang rincib. Komposisi personalia kurang

sesuai dengan kebutuhan pemeca-han masalah

c. Biaya kurang relevan dengan keg-iatan

d. Format tidak sesuai, lampiran tidak lengkap

*) Jika memilih alasan j pada formulir penilaian, harap dituliskan lebih spesifik alasan penolakan yang dipilih.

Page 80: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

80Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Mandiri

Lampiran 7Skoring Penilaian Laporan Penelitian Mandiri

Lampiran 7 Skoring Penilaian Laporan Penelitian Mandiri

1. Perguruan Tinggi : 2. Fakultas/Program Studi : 3. Ketua Peneliti : 4. Judul Penelitian : 5. Biaya Penelitian : Rp

Nomor Kode : Nama Penelaah : …………………..

KOMPONEN BOBOT SKOR NILAI I. PENDAHULUAN

1. PerumusanMasalah 2. TujuanPenelitian

5 5

II. TINJAUAN PUSTAKA 1. Relevansi 2. PengacuanDaftarPustaka 3. Kemutakhiranataukeasliansumber

5 5 5

III. MATERI METODE PELAKSANAAN 1. Kesesuaiandenganmasalah 2. KetepatanRancangan 3. KetepatanInstrumen 4. KetepatandanKetajamanAnalisis

10 5 5 5

IV. HASIL DAN PEMBAHASAN 1. Manfaat&Kontribusi : IPTEKS,

Pembangunan, PengembanganKelembagaanPerguruanTinggi

2. Hasil yang dicapai : a. Kesesuaiandengantujuan b. Kedalamanbahasan c. Originilitas d. MutuHasil e. Kesesuaiandengan RIP Unnes

15 5 5 5 10

V. UMUM 1. Bahasa 2. Format 3. Ringkasan

4 3 3

J U M L A H 100 Catatan :

Skor : ,1,2,3,4,5 Nilai : Bobot x Skor

Page 81: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

81Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

PANDUAN PENELITIAN KELEMBAGAAN

PENDAHULUANDalam rangka peningkatan mutu tata kelola dan pencitraan publik serta peningkatan manajemen kelembagaan, fakultas, jurusan, program studi dan unit-unit yang ada di Unnes, perlu diselenggarakan skim penelitian dari LP2M untuk keperluan tersebut. Kajian tentang potensi, kebutuhan, pemenuhan dan tata kelola lembaga dan unit-unit yang ada di Unnes sangat diperlukan untuk mendorong pencapaian standar mutu seperti yang ditetapkan, misalnya ISO 9001:2008 untuk penjaminan mutu akademik. Sehubungan dengan itu maka skim penelitian kelembagaan diadakan guna mendukung bantuan dana untuk para dosen dan pimpinan mulai dari program studi, unit hingga dekan/ketua lembaga untuk melakukan kajian yang mendalam berhubungan dengan kelembagaan masing-masing.

Hasil penelitian yang diharapkan dari program penelitian kelembagaan ini adalah dapat berupa penelitian deskriptif, eksplorasi, terapan dan penelitian kebijakan untuk pengembangan dan perbaikan tata kelola dan administrasi. Hasil penelitian seyogyanya dipublikasikan melalui seminar, diseminasi hasil-hasil penelitian, serta jurnal.

Evaluasi kelayakan proposal dan pelaksanaan penelitian dilakukan oleh tim review yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unnes.

PENGERTIAN DAN TUJUANPenelitian kelembagaan adalah penelitian yang dilakukan oleh para dosen dan/atau pejabat pada atas nama lembaga seperti program studi, jurusan, fakultas, unit-unit, lembaga, badan di lingkungan Universitas Negeri Semarang. Tujuan penelitian kelembagaan adalah untuk menjawab permasalahan yang dihadapi lembaga dalam rangka mendukung visi, misi, dan tujuan lembaga, antara lain untuk perbaikan sistem, tata kelola, proses, mekanisme, input, proses dan output.

LINGKUP PENELITIAN Lingkup Penelitian Kelembagaan antara lain mencakup:

1. Kajian input, proses dan output kelembagaan (LP2M, LP3, Badan, Fakultas, Jurusan, Prodi, dan unit-unit yang ada seperti UPT, dan sebagainya).

2. Studi kebijakan yang mendukung visi dan misi lembaga. 3. Tata kelola dan administrasi kelembagaan.

LUARAN PENELITIANHasil Penelitian Kelembagaan diharapkan dan diutamakan memberikan kontribusi pada salah satu jenis luaran sesuai dengan Indikator Kinerja Utama Penelitian (IKUP). Jenis luaran tersebut adalah:

Page 82: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

82Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

Tabel 2. Jenis Luaran Penelitian

No Jenis Luaran1 Publikasi Ilmiah. Internasional.

Nasional Terakreditasi.Lokal.

2 Sebagai pemakalah dalam pertemuan ilmiah.

Internasional.Nasional.Lokal.

3 Sebagai pembicara utama (Keynote Speaker) dalam pertemuan ilmiah.

Internasional.Nasional.Lokal.

4 Visiting Lecturer. Internasional.5 Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI). Paten.

Paten sederhana.Hak cipta.Merek dagang.Rahasia dagang.Desain produk industri.

Indikasi geografis.

Perlindungan varietas tana-man.Perlindungan topografi sirkuit terpadu.

6 Teknologi Tepat Guna.7 Model/Prototype/Desain/Karya seni/ Rekayasa Sosial.

8 Buku. Buku Ajar (ISBN).Monograf.Buku Referensi.

9 Laporan penelitian yang tidak dipublikasikan.

KRITERIA PENGUSULAN1. Ketua peneliti minimal S2, dosen dan/atau pejabat prodi, jurusan, fakultas, unit, pusat,

lembaga, atau badan. Ketua peneliti tidak sedang terikat penelitian yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unnes.

2. Penelitian beranggotakan 2 – 3 orang dengan melibatkan 1 Tenaga Kependidikan sebagai anggota.

3. Ketua peneliti hanya berhak mengajukan 1 judul penelitian pada tahun yang sama atau menjadi anggota penelitian pada skim peneltian lain.

SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN

1. Administrasi/Tata Tulis Proposal diusulkan oleh Dosen dengan diketahui Dekan melalui Fakultas ke Lembaga

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unnes, dengan ketentuan sebagai berikut:

Page 83: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

83Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

a. Proposal diketik ukuran spasi 1,5, huruf Times New Roman 12.b. Ukuran kertas A4.c. Dijilid rapi dengan warna cover COKLAT MUDA.d. Kanan atas cover ditulis “PENELITIAN KELEMBAGAAN”e. Proposal diunggah di simlp2m.unnes.ac.id (format pdf, ukuran maksimal 3 Mb).

2. Sistematika Usulan Penelitian Penulisan usulan penelitian bagi Peneliti Kelembagaa mengikuti sistematika sebagai beri-kut :a. HALAMAN SAMPUL (lihat contoh Lampiran 1)b. HALAMAN PENGESAHAN(lihat contoh Lampiran 2)c. DAFTAR ISId. RINGKASAN (maksimum satu halaman, 1 spasi)

Kemukakan masalah dan tujuan yang ingin dicapai serta target khusus yang ingin di-capai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan.

e. BAB 1. PENDAHULUANBab Pendahuluan antara lain berisi:1) Latar Belakang Masalah

Memuat argumentasi atau pengungkapan faktor-faktor/gejala/konsep/dugaan yang menarik pentingnya penelitian dilakukan dengan didukung temuan atau fakta yang mengidentifikasi masalah yang akan diteliti.

2) Perumusan Masalah Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti berdasarkan latar belakang

yang telah diuraiakan sebelumnya. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Uraian perumusan masalah sebaiknya dalam bentuk pertanyaan.

3) Tujuan Penelitian Pernyataan singkat mengenai tujuan penelitian. Tujuannya hendaknya spesifik, rel-evan dengan masalahnya dan terukur.

4) Kontribusi Penelitian Diuraikan secara eksplisit kontribusi penelitian terhadap pengembangan IPTEKS, pengembangan institusi dan kebutuhan serta potensi masyarakat serta luaran yang ditargetkan.

f. BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan dan hasil-hasil penelitian yang pernah di-lakukan pada permasalahan yang sama atau relevan dan atau telah dipublikasikan di jurnal ilmiah. Kajian pustaka penting untuk mengetahui bagaimana hubungan antara penelitian yang akan dilakukan dengan penelitian yang sudah ada dan dapat mengeta-hui perbedaan untuk menghindari duplikasi. Rujukan dalam Tinjauan Pustaka diusahan menggunakan sumber primer dan jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan/atau berepu-tasi internasional.

g. BAB 3. METODE PENELITIANUraikan secara rinci metode yang akan digunakan meliputi tahapan-tahapan peneli-tian, lokasi penelitian, peubah yang diamati/diukur, model yang digunakan, rancangan penelitian, serta teknik pengumpulan dan analisis data. Untuk penelitian yang meng-gunakan metode kualitatif perlu dijelaskan pendekatan yang digunakan, proses pen-gumpulan dan analisis informasi, serta penafsiran dan penarikan kesimpulan peneli-tian.

Page 84: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

84Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

h. BAB 4. BIAYA DAN JADWAL PENELITIAN1) Anggaran Biaya

Justifikasi anggaran biaya ditulis dengan terperinci dan jelas dengan format seb-agaimana pada Lampiran 3. Sedangkan ringkasan anggaran biaya disusun sesuai dengan format Tabel 3. dengan komponen sebagai berikut.

Tabel 3. Format Ringkasan Anggaran Biaya

No. Jenis Pengeluaran Biaya (Rp)

1 Honorarium (Maks. 20%)

2 Bahan habis pakai dan peralatan (40-60%)

3 Perjalanan (Maks. 20%)

4 Lain-lain (publikasi, seminar, laporan, lainnya se-butkan) (10-15%)

Jumlah2) Jadwal Penelitian

Jadwal pelaksanaan penelitian dibuat dengan tahapan yang jelas untuk 1 (satu) ta-hun dalam bentuk bar chart.

i. DAFTAR PUSTAKADaftar Pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun dengan urutan abjad nama pengarang, tahun penerbitan, judul tulisan, dan sumber atau penerbit. Untuk pustaka yang berasal dari jurnal ilmiah, perlu juga mencantumkan nama jurnal, volume dan nomor penerbitan, serta halaman dimana artikel tersebut dimuat. Hanya pustaka yang dikutip dalam usulan penelitian yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka.

j. LAMPIRAN-LAMPIRAN (Mengacu pada Buku Panduan DP2M Edisi IX)Lampiran Usulan Penelitian Kelembagaan terdiri dari:Lampiran 1. Justifikasi Anggaran Penelitian (Lampiran 3).Lampiran 2. Susunan organisasi tim peneliti dan pembagian tugas (Lampiran 4)Lampiran 3. Biodata ketua dan anggota (Lampiran 5).Lampiran 4. Surat pernyataan ketua peneliti (Lampiran 6).

ANGGARAN BIAYA PENELITIANAnggaran biaya Penelitian Kelembagaa berasal dari dana PNPB/DIPA Universitas negeri Semarang. Besarnya anggaran biaya sumber PNBP/DIPA setiap usul penelitian adalah Rp. 20 juta. Peneliti dapat menambah biaya yang bersumber dari dana lain misalnya dengan kerjasama dengan industri atau lembaga pemerintah/swasta.

SELEKSI DAN EVALUSI USUL PENELITIANSeleksi dan evaluasi proposal Penelitian Kelembagaa dilakukan dalam bentuk desk evaluasi. Komponen penilaian desk evaluasi proposal menggunakan formulir sebagaimana pada Lampiran 7.

PELAKSANAAN DAN PELAPORANPelaksanaan Penelitian Kelembagaan dipantau dan dievaluasi oleh penilai internal Unnes. Penilaian pelaksanaan pemantauan dan evaluasi menggunakan formulir sebagaimana pada Lampiran 8. Pada akhir pelaksanaan penelitian, setiap peneliti melaporkan kegiatan hasil penelitian dalam bentuk kompilasi luaran penelitian.

Page 85: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

85Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

Setiap peneliti wajib melaporkan pelaksanaan penelitian dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:1. Mencatat semua kegiatan pelaksanaan program pada Buku Catatan Harian Penelitian log-

book) dan mengisi kegiatan harian secara rutin terhitung sejak penandatanganan perjan-jian penelitian (Lampiran 9).

2. Menyiapkan bahan pemantauan oleh penilai internal dengan membuat laporan kemajuan dengan sistematika seperti Lampiran 10.

3. Membuat laporan akhir penelitian akhir penelitian dengan sistematika seperti Lampiran 11.

4. Laporan penelitian dalam bentuk hard copy dibuat rangkap 2 (dua) disertai softcopy (lapo-ran format .pdf, artikel format. doc) dalam bentuk CD. (untuk Arsip Fakultas, Perpustakaan, dan Anggota penelitian menjadi tanggung jawab peneliti).

5. Peneliti wajib membuat artikel ilmiah hasil penelitian dengan format sesuai gaya seling-kung Jurnal yang dituju sebanyak satu eksemplar disertai softcopy dalam bentuk CD.

Page 86: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

86Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

Lampiran 1Cover Proposal Penelitian Kelembagaan (Coklat Muda)Lampiran 1

Cover Proposal Penelitian Kelembagaan (Coklat Muda)

USULAN PENELITIAN KELEMBAGAAN

JUDUL PENELITIAN

TIM PENGUSUL

(Nama Ketua dan Anggota, lengkap dengan gelar dan NIDN/NIP)

JURUSAN/PRODI/PUSAT FAKULTAS/BADAN/LEMBAGA

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BULAN, TAHUN

PENELITIAN KELEMBAGAAN PEMULA

Page 87: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

87Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

Lampiran 2Halaman Pengesahan

Lampiran 2 Halaman Pengesahan

HALAMAN PENGESAHAN USULAN/LAPORAN PENELITIAN 1. Judul Penelitian : 2. Bidang Penelitian : 3. Ketua Peneliti :

a. Nama Lengkap dan Gelar : b. Jenis Kelamin : c. Golongan/Pangkat/NIDN : d. Jabatan Fungsional : e. Jabatan Struktural : f. Fakultas/Jurusan : g. Pusat Penelitian :

4. Alamat Ketua Peneliti : a. Alamat Kantor/Telp/Fax/E-mail : b. Alamat Rumah/Telp/Fax/E-mail :

5. Jumlah Anggota Peneliti : a. Nama Anggota : orang

6. Lokasi Penelitian : 7. Kerjasama dengan Institusi Lain :

a. Nama Istitusi : b. Alamat : c. Telepon/Fax/E-mail :

8. Lama Penelitian : bulan 9. Biaya yang dipelukan :

a. Sumber dari Lembaga Penelitian Universitas Negeri Semarang : Rp. b. Sumber Lain, sebutkan…….. : Rp.

Jumlah : Rp.

(…………………………………………….) ……………………. Mengetahui, Ketua Peneliti Dekan ………………….. …………………. NIP. …………. NIP. ………….

Menyetujui Ketua LP2M Unnes,

.......................................... NIP...................................

Program Penelitian Pemula

Page 88: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

88Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

Lampiran 3Justifikasi Anggaran Biaya

1. Honorarium

Honor Honor/Jam (Rp) Waktu (Jam/minggu) Minggu Total (Rp)

Ketua Anggota 1Anggota 2Sub Total

2. Bahan habis dan peralatanBahan/Alat Justifikasi

PemakaianKuantitas Harga

Satuan (Rp)Total (Rp)

Sub Total

3. Transport/Perjalanan

Kegiatan Justifikasi Pemakaian

Kuantitas Harga Satuan (Rp)

Total (Rp)

Sun Total

4. Lain-lain

Uraian Justifikasi Kuantitas Harga Sat. (Rp) Total (Rp)

Sub Total

Page 89: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

89Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

Lampiran 4Susunan Organisasi Tim Peneliti

No Nama/NIDN/NIP Prodi/Fakultas Bidang Ilmu Alokasi waktu (jam/minggu) Uraian Tugas

1

2

3

Page 90: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

90Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

Lampiran 5.Biodata Ketua dan Anggota Peneliti

A. Identitas Diri

1 Nama Lengkap (dengan gelar) . L/P

2 Jenis Kelamin3 Jabatan Fungsional4 NIP5 NIDN6 Tempat dan Tanggal Lahir7 Alamat Rumah8 Nomor Telepon/ Faks/ HP9 Alamat kantor10 Nomor Telepon/ Faks11 Alamat Email12 Lulusan yang telah dihasilkan13 Mata Kuliah yang Diampu 1

234 Dst.

B. Riwayat Pendidikan

S-1 S-2 S-3Nama Perguruan TinggiBidang IlmuTahun Masuk – LulusJudul Skripsi/ Thesis/ DisertasiNama Pembimbing/ Promotor

C. Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir

No Tahun Judul Penelitian PendanaanSumber Jml (Juta Rp)

Page 91: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

91Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam 5 Tahun Terakhir

No Tahun Judul Penelitian PendanaanSumber Jml (Juta Rp)

E. Pengalaman Menyampaikan Makalah Secara Oral Pada Pertemuan/ Seminar Ilmiah Dalam 5 Tahun Terakhir

No Nama Pertemuan Ilmiah/ seminar

Judul Artikel Imiah Waktu dan Tempat

F. Pengalaman Menulis Buku Dalam Jurnal 5 Tahun Terakhir

No Judul Buku Tahun Jumlah hala-man

Penerbit

G. Pengalaman Memperoleh HAKI Dalam Jurnal 5 Tahun Terakhir

No Judul /Tema HAKI Tahun Jenis Nomor P/ID

H. Pengalaman Merumuskan Kebijakan Publik/ Rekayasa Sosial Dalam 5 Tahun Terakhir

No Judul /Tema Jenis Rekayasa Sosial Lainnya yang telah diterapkan

Tahun Tempat Penerapan

Respon Ma-syarakat

Page 92: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

92Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

I. Penghargaan yang Pernah Diraih Dalam 10 Tahun Terakhir

No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Penghargaan Tahun123

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima resikonya.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Usulan Penelitian Kelembagaan.

Kota, tanggal-bulan-tahun Pengusul

(Tanda tangan)

Nama Lengkap

Page 93: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

93Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

Lampiran 6.Surat Pernyataan Ketua Peneliti

KOP SURATUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI

Yang bertanda tangan di bawah ini:Nama : NIDN/NIP : Pangkat/Golongan : Jabatan Fungsional :

Dengan ini menyatakan bahwa proposal penelitian saya dengan judul:(TULISKAN JUDUL PENELITIAN)

yang diusulkan dengan skema Penelitian Kelembagaan untuk tahun anggaran 2015 bersifat origi-nal dan belum pernah dibiayai oleh lembaga/sumber dana lain.Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan persyaratan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah saya terima ke kas negara.Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.

Kota, tanggal-bulan-tahunMengetahui, Yang menyatakan,Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdiankepada Masyarakat

(tanda tangan)

Prof. Dr. Totok Sumaryanto F, M.Pd Nama lengkapNIP. 196410271991021001 NIP.

Page 94: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

94Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kelembagaan

Lampiran 7.Format Penilaian Proposal

FORMULIR PENILAIAN USUL PENELITIAN KELEMBAGAAN

Perguruan Tinggi :Fakultas/Program Studi :Judul Penelitian :Tim Peneliti :1. Nama Ketua Tim Peneliti :2. Anggota Peneliti : orangBidang Ilmu / Konsorsium :Lokasi Penelitian :Biaya yang diusulkan : Rp.Biaya yang disetujui : Rp.

No KRITERIA INDIKATORPENILAIAN

BOBOT(%) SKOR NILAI

1 Rumusan Masalah

JudulKemengapaan risetKebaruanPerumusan Masalah

15

2 Tujuan dan Manfaat Hasil Penelitian

TujuanManfaat 25

3 Kajian Teori

Relevansi (state of the art)KebaruanKajian Penelitian Terdahulu 20

4 Metode Penelitian Kesesuaian metode dengan masalah dan tujuan penelitian 20

5 Fisibilitas Peneliti

Rencana dan jadwalManajemen organisasi pelaksanaRencana Biayadan.Lain-lain

20

JUMLAH 100

Setiap kriteria diberi skor : 1, 2, 3 atau 5, 6, 7 ( 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = sedang, 5 = cukup, 6 = baik, 7 = sangat baik.)

Hasil Penilaian : Diterima / Ditolak *)Alasan Penolkan : a, b, c, d, e, f, g, h, i, j, k, l, m, n, o

Catatan Penilai : .............................................................................................

Penilai,

……………………….

Nilai = Bobot x skorBatas penerimaan (passing grade) = 500

Page 95: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

95Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kerjasama Luar Negeri

PENELITIAN KERJASAMA LUAR NEGERI

PENDAHULUANDalam era globalisasi sekarang ini, seorang peneliti selain dituntut untuk dapat melakukan kerjasama penelitian dengan peneliti lainnya di dalam negeri, juga diharapkan mampu melakukan kolaborasi dengan para peneliti di luar negeri. Hal ini dipandang perlu mengingat begitu cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga melalui kerjasama dengan pihak luar negeri diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas penelitian dan jumlah publikasi hasil penelitian dari para peneliti Indonesia dalam jurnal ilmiah bereputasi Internasional.

Meskipun dalam beberapa tahun terakhir ini telah banyak dibuat MoU dalam bidang penelitian antara perguruan tinggi di Indonesia dengan perguruan tinggi di luar negeri, namun realisasi di lapangan dalam menindak lanjuti MoU tersebut masih sangat sedikit. Pada umumnya kerjasama para dosen Indonesia dengan pihak luar negeri dalam bidang penelitian masih bersifat individual, sehingga kesetaraan kerjasama tersebut tidaklah seimbang, akibatnya hak kepemilikan atas data hasil penelitiannya sebagian besar dimiliki oleh mitranya dari luar negeri. Keterbatasan dana pendamping dari pihak perguruan tinggi Indonesia dalam memfasilitasi para dosennya untuk melakukan kerjasama penelitian dengan pihak luar negeri merupakan salah satu faktor utama sulitnya menjalin kerjasama dan rendahnya posisi tawar para dosen dari Indonesia. Sampai saat ini jumlah publikasi internasional dari para peneliti Indonesia masih relatif sedikit dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia, bahkan jika dibandingkan dengan negaranegara

ASEAN sekalipun. Faktor penyebab rendahnya publikasi ilmiah pada jurnal ilmiah bereputasi internasional dari para dosen di perguruan tinggi di Indonesia diduga karena beberapa alasan, sebagai berikut:

1. Kurangnya rasa percaya diri terhadap kualitas penelitiannya dibandingkan dengan kualitas penelitian para ilmuwan di negara-negara yang telah maju.

2. Kurangnya kemampuan untuk menganalisis dan menginterpretasikan hasil penelitiannya secara komprehensif.

3. Rendahnya dorongan dan motivasi para dosen untuk menuliskan hasil penelitiannya pada jurnal ilmiah bereputasi internasional.

4. Kurang dikenalnya para peneliti dari perguruan tinggi di Indonesia di forum jurnal internasional.5. Rendahnya dukungan finansial untuk melakukan penelitian yang berkualitas.

Keadaan ini tentunya sangat memprihatinkan dan perlu upaya untuk meningkatkan output penelitian dari para dosen perguruan tinggi di Indonesia. Untuk mendorong peningkatan jumlah publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi internasional, maka dipandang perlu dikeluarkan suatu program Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional.

TUJUANTujuan program penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional adalah:

1. memperluas jejaring (network) penelitian dari para peneliti perguruan tinggi di Indonesia dengan mitranya di luar negeri sehingga akan tercipta pemanfaatan sumberdaya dan fasilitas bersama antar lembaga secara berkesinambungan;

2. meningkatkan kemampuan para peneliti di perguruan tinggi Indonesia untuk melakukan kerjasama penelitian dengan lembaga mitra di luar negeri;

3. meningkatkan pengakuan internasional (international recognition) bagi penelitian yang

Page 96: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

96Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kerjasama Luar Negeri

dilakukan; 4. meningkatkan mutu penelitian dan jumlah publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah bereputasi

internasional; 5. meningkatkan citation index para peneliti Indonesia;6. meningkatkan mutu dan kompetensi para dosen di perguruan tinggi Indonesia; dan7. memfasilitasi para dosen perguruan tinggi di Indonesia yang sedang atau akan melaksanakan

kerjasama penelitian dengan lembaga mitra di luar negeri khususnya dengan negara-negara maju.

LUARAN PENELITIANLuaran wajib hibah penelitian ini adalah publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi internasional minimum satu buah per tahun. Sedangkan luaran tambahan penelitian ini adalah:

1. Terciptanya jejaring (network) penelitian antara dengan peneliti di perguruan tinggi/lembaga penelitian di luar negeri;

2. Invensi frontier bagi para peneliti Indonesia yang kepemilikannya mengacu pada konvensi internasional; dan

3. HKI, buku/bahan ajar, teknologi tepat guna dan lainnya.

KRITERIA DAN PENGUSULANKriteria dan persyaratan umum pengusulan Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional adalah:

1. ketua peneliti dan salah satu anggotanya adalah dosen tetap di perguruan tinggi dengan gelar akademik S-3;

2. anggota tim peneliti maksimum 3 orang + peneliti asing minimal 1 orang3. proposal penelitian harus ditulis dalam bahasa Inggris;4. ketua peneliti memiliki kemampuan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan;5. ketua peneliti mempunyai track record penelitian memadai yang ditunjukkan dalam curriculum

vitae-nya;6. mempunyai MoU dengan mitra di luar negeri yang sah, masih berlaku, dan telah disepakati

serta ditandatangani secara institusi (bukan MoU antar individu peneliti), atau dibawah payung Kerjasama Bilateral antara Ditjen Dikti/Kemendikbud dengan pihak luar negeri;

7. bagi pengusul yang menggunakan payung Kerjasama Bilateral, diwajibkan untuk melibatkan bimbingan mahasiswa pascasarjana dalam Program Double Degree/Twinning Program/Joint Program;

8. penelitian bersifat mono tahun dan bisa diperpanjang dengan mengajukan proposal lanjutan, maksimum tiga tahun dengan peta jalan yang jelas;

9. mempunyai surat pernyataan/persetujuan pelaksanaan kerjasama penelitian dari ketua tim mitra luar negeri (letter of agreement for research collaboration);

10. mematuhi aspek legal yang terkait dengan material yang akan dibawa ke luar negeri (material transfer agreement);

11. ada pembagian yang jelas bagian penelitian mana yang dilakukan di Indonesia dan bagian mana yang akan dilakukan di tempat peneliti mitra;

12. dalam pelaksanaan, peneliti Indonesia maupun peneliti mitra harus memenuhi kelayakan masa tinggal di lokasi penelitian masing-masing;

13. mendatangkan mitra ke Indonesia dalam rangka pelaksanaan kegiatan harus mematuhi ketentuan PP No. 41 Tahun 2006 tentang Perizinan Melakukan Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Bagi Perguruan Tinggi Asing, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Asing, Badan Usaha Asing, dan Orang Asing dan UU No.18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (www.ristek.go.id);

Page 97: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

97Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kerjasama Luar Negeri

14. proposal penelitian disusun bersama antara peneliti Indonesia dengan peneliti mitra; 15. jumlah dana penelitian yang dialokasikan pada program ini Rp 100.000.000,- per judul per

tahun. Sedangkan mitra kerjasama luar negeri diwajibkan memberikan kontribusi baik dalam bentuk in kind dan atau in cash. Mekanisme dan tata cara pendanaan diatur dalam Surat Perjanjian Pelaksanaan Hibah Penelitian; dan

16. LP2M Unnes dapat menetapkan kebijakan lain sesuai dengan urgensi penelitian.17. usulan penelitian diunggah di simlp2m.unnes.ac.id (format pdf, maksimal 3 Mb).

SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN Usulan Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional maksimum berjumlah 20 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), yang ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,5 spasi kecuali ringkasan satu spasi dan ukuran kertas A-4 serta mengikuti sistematika sebagai berikut.

1. HALAMAN SAMPUL (Lampiran 12.1)2. HALAMAN PENGESAHAN (Lampiran 12.2)3. DAFTAR ISI4. RINGKASAN (Maksimumsatu halaman)

Kemukakan tujuan jangka panjang dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan, ditulis dengan jarak baris satu spasi.

1. BAB 1. PENDAHULUAN Pendahuluan memuat latar belakang dipaparkan permasalahan yang akan diteliti, urgensi serta rasional dan potensi kontribusi tim peneliti dalam menyelesaikan masalah tersebut. Rekam jejak kerjasama penelitian, kerjasama penelitian yang sudah berlangsung selama ini dan hasilnya (bila sudah ada) serta peta jalan penelitian kerjasama tersebut secara garis besar. Tujuan khusus penelitian, dan urgensi (keutamaan) penelitian serta potensi hasil yang bisa didapat hingga akhir masa penelitian. Perlu justifikasi tentang pentingnya melakukan sebagian penelitian di mitra luar negeri. Dalam pendahuluan juga perlu disampaikan target luaran yang akan dicapai setiap tahunnya terutama rencana publikasi dan seminar internasional, serta luaran lainnya yang relevan.

2. BAB 2. TINJAUAN PUSTAKADalam bab ini harus disampaikan state of the art dalam bidang yang diteliti, hasil yang sudah dicapai, studi pendahuluan yang sudah dilaksanakan terkait dengan usulan penelitian yang diajukan serta kontribusi yang akan dihasilkan dari penelitian ini. Gunakan sumber pustaka acuan primer yang relevan dan terkini dengan mengutamakan hasil penelitian pada jurnal ilmiah.

3. BAB 3. METODE PENELITIAN Metode penelitian harus dilengkapi dengan bagan alir penelitian yang menggambarkan apa yang sudah dilaksanakan dan yang akan dikerjakan secara multitahun. Bagan penelitian harus dibuat secara utuh dengan penahapan yang jelas, mulai dari mana, bagaimana luarannya, dan indikator capaian yang terukur secara lebih elaboratif pada Bab 1. Jelaskan bagian-bagian penelitian yang akan dilakukan di dalam negeri dan di luar negeri.

4. BAB 4. BIAYA DAN JADWAL PELAKSANAANa. Anggaran Biaya

Justifikasi anggaran disusun secara rinci dan dilampirkan sesuai dengan format pada Lampiran 2. Sedangkan ringkasan anggaran biaya disusun seperti pada Tabel 1 dengan komponen sebagai berikut.

Page 98: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

98Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kerjasama Luar Negeri

Tabel.1 Format Ringkasan Anggaran Biaya Penelitian KLN yang Diajukan Setiap-Tahun

No. Jenis PeneluaranBiaya yang Diusulkan (Rp)

Tahun 1 Tahun II Tahun III1. Gaji dan upah (Maks. 30%) 2. Bahan habis pakai dan peralatan (30–40%) 3. Perjalanan (15–25%) 4. Lain-lain: publikasi, seminar, laporan, lainnya

sebutkan (Maks. 15%)Jumlah

Usulan dana tidak mencakup biaya hidup selama di luar negeri untuk peneliti Indonesia yang melaksanakan penelitiannya di institusi mitra luar negeri. Apabila diperlukan dapat dialokasikan biaya akomodasi lokal bagi peneliti mitra selama berada di Indonesia.Dalam hal ini, standar pembiayaan harus sesuai Peraturan Menteri Keuangan tentang Standar Biaya Umum yang berlaku.

b. Jadwal Penelitian Jadwal penelitian disusun dalam bentuk bar chart untuk rencana penelitian yang diajukan dan sesuai dengan format pada Lampiran 3.

5. DAFTAR PUSTAKADaftar Pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam usulan penelitian yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka.

6. LAMPIRAN-LAMPIRAN (Format Mengacu Buku Panduan DP2M Edisi IX)• Lampiran 1. Justifikasi Anggaran Penelitian • Lampiran 2. Dukungan sarana dan prasarana penelitian menjelaskan fasilitas yang

menunjang penelitian, yaitu prasarana utama yang diperlukan dalam penelitian ini dan ketersediannya di perguruan tinggi pengusul. Apabila tidak tersedia, maka jelaskan bagaimana cara mengatasinya.

• Lampiran 3. Susunan organisasi tim peneliti dan pembagian tugas • Lampiran 4. Surat pernyataan/persetujuan pelaksanaan kerjasama penelitian dari ketua

tim mitra luar negeri (Letter of agreement/LOA for research collaboration) (Format Lampiran bebas sesuai dengan kesepakatan dengan pihak mitra di luar negeri).

• Lampiran 5. Biodata ketua dan anggota • Lampiran 6. Surat pernyataan ketua peneliti (Lampiran 6).

7. Sumber Dana PenelitianSumber dana Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional dapat berasal dari: Dana dari DIPA PNBP Unnes; dan dana kerjasama dengan mitra luar negeri.

8. Seleksi dan Evaluasi Proposal Seleksi dan evaluasi proposal Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional dilakukan dalam dua tahapan, yaitu evaluasi proposal online dan undangan pembahasan (paparan) untuk proposal yang dinyatakan lulus dalam evaluasi proposal online. Formulir evaluasi proposal online dan pembahasan yang dilengkapi dengan komponen penilaiannya mengacu pada Lampiran 12.3 dan Lampiran 12.4.

Page 99: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

99Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kerjasama Luar Negeri

9. Pelaksanaan dan PelaporanPelaksanaan Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional akan dipantau dan dievaluasi oleh penilai internal. Hasil pemantauan dan evaluasi internal dilaporkan oleh masing-masing peneliti melalui SIM LP2M Unnes. Selanjutnya LP2M Unnes melakukan kunjungan lapangan (site visit) dan evaluasi terhadap pelaksanaan penelitian pada perguruan tinggi setelah menelaah hasil monitoring dan evaluasi internal yang masuk dalam SIM-LP2M. Hasil penilaian evaluasi terpusat diunggah ke SIM-LP2M.Pada akhir pelaksanaan penelitian, setiap peneliti melaporkan kegiatan hasil penelitian dalam bentuk kompilasi luaran penelitian. Setiap peneliti wajib melaporkan pelaksanaan penelitian dengan melakukan hal-hal berikut:a. mencatat semua kegiatan pelaksanaan program pada Buku Catatan Harian Penelitian

(logbook) dan mengisi kegiatan harian secara rutin terhitung sejak penandatanganan perjanjian penelitian secara online di SIM- LP2M;

b. menyiapkan bahan pemantauan oleh penilai internal melalui SIM-LP2M denganmengisi/mengunggah laporan kemajuan mengikuti format pada Lampiran 8 (format penilaian pemantauan dan evaluasi mengikuti buku panduan LP2M edisi IX);

c. mengunggah ke SIM-LP2M softcopy laporan tahunan atau laporan akhir yang telah disahkan lembaga penelitian dalam format pdf dengan ukuran file maksimum 3 Mb, berikut softcopy luaran penelitian (publikasi ilmiah, HKI, paten, makalah yang diseminarkan, teknologi tepat guna, rekayasa sosial, buku ajar, dan lain-lain) atau dokumen bukti luaran;

d. menyiapkan bahan presentasi kelayakan; e. format mengikuti buku panduan DP2M edisi IX

Page 100: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

100Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kerjasama Luar Negeri

Lampiran 12.1 Format Halaman Sampul Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional (Warna Hijau Muda)

HALAMAN PENGESAHAN

PENELITIAN KERJASAMA LUAR NEGERI DAN PUBLIKASI INTERNASIONAL

RESEARCH PROPOSAL INTERNATIONAL RESEARCH COLLABORATION

AND SCIENTIFIC PUBLICATION

University Logo

RESEARCH TITLE

RESEARCH TEAM (Name of Principal and Member of Researchers, Academic Title and NIDN)

NAME OF UNIVERSITY Month and Year

Code/Field of Science (Kode/Nama Rumpun Ilmu)* :........./..............

Page 101: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

101Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kerjasama Luar Negeri

HALAMAN PENGESAHANPENELITIAN KERJASAMA LUAR NEGERI DAN PUBLIKASI INTERNASIONAL

Title of Research : ………………………………………………………………...... ………………………………………………………………......

Code/Name of Field of science: ……………/…..…….……………………………...Chief researcher : a. Full name : ………………………………………………………………b. NIDN : ………………………………………………………………c. Academic rank : ………………………………………………………………d. Study program : ………………………………………………………………e. Mobile phone : ………………………………………………………………f. e-mail : ………………………………………………………………Member of researcher (1)a. Full name : ………………………………………………………………b. NIDN : ………………………………………………………………c. University : ………………………………………………………………Member of researcher (2)a. Full name : ………………………………………………………………b. NIDN : ………………………………………………………………c. University : ………………………………………………………………International partner a. Full name : ………………………………………………………………b. Name of institution : ………………………………………………………………c. Address of institution : ………………………………………………………………Length of research period : ………… year Year of research : ………… (First/Second/…)Total research funds : Rp. ……………. (US $................) Research funds of current year: - proposed to DIKTI Rp. …………. (US $................)

- Internal univ. fund Rp. …………. (US $................) - Others Rp. …………. (US $................) - Inkind …………………

City, date-month-yearAcknowledged,Dean Chief researcher,

Signature Signature

( Full name) ( Full Name)NIP/NIK NIP/NIK

Approved,Head of Research Institution

Signature ( Full name )

NIP/NIK

Page 102: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

102Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kerjasama Luar Negeri

Lampiran 12.3. Formulir Desk Evaluasi Proposal Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional

FORM DESK EVALUATION PROPOSAL PENELITIAN KERJASAMA LUAR NEGERI DAN PUBLIKASI INTERNASIONAL

Judul Penelitian :..................................................................................... Bidang Penelitian :.....................................................................................Perguruan Tinggi :.....................................................................................Program Studi :.....................................................................................Ketua Peneliti

a. Nama Lengkap :..................................................................................... b. NIDN :..................................................................................... c. Jabatan Fungsional :.....................................................................................

Ketua Tim mitra :.....................................................................................Institusi mitra kerjasama :.....................................................................................Lama Penelitian Keseluruhan :............................TahunBiaya Penelitian Tahun ke 1

a. Diusulkan ke Dikti :Rp................................................................................ b. Direkomendasikan :Rp................................................................................ c. Biaya dari mitra :Rp. ....................../ in kind: .........................................

No. Kriteria Penilaian Bobot (%) Skor Nilai1. Relevansi Penelitian (urgensi, kedalaman materi)2. Kualitas Penelitian (orisinalitas, ketepatan metode,

kepustakaan, output/outcome) 25

3. Kerjasama (strategis, internasionalisasi) 254. Kelayakan (Persyaratan administrasi, track record

peneliti Indonesia dan mitra kerjasama, anggaran) 25

Jumlah 100Keterangan : Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7 (1 = Buruk; 2 = Sangat kurang; 3 = Kurang; 5 =Cukup; 6 = Baik; 7 =Sangat baik); Nilai = Bobot x Skor Komentar Penilai :..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Kota, tanggal-bulan-tahun Penilai,Tanda tangan

( Nama Lengkap )

Page 103: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

103Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Kerjasama Luar Negeri

Lampiran 12.4. Formulir Evaluasi Pembahasan Proposal Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional

FORMULIR EVALUASI PEMBAHASAN PROPOSALPENELITIAN KERJASAMA LUAR NEGERI DAN PUBLIKASI INTERNASIONAL

Judul Penelitian :...............................................................................................Bidang Penelitian :...............................................................................................Perguruan Tinggi :...............................................................................................Program StudiKetua Peneliti

a. Nama Lengkap :.............................................................................................. b. NIDN :............................................................................................... c. Jabatan Fungsional :...............................................................................................

Ketua Tim mitra :...............................................................................................Institusi mitra kerjasama :................................................................................................Lama Penelitian :...........................tahunKeseluruhan :...............................................................................................Biaya Penelitian Tahun ke 1

a. Diusulkan ke Dikti : Rp...................... b. Direkomendasikan : Rp...................... c. Biaya dari mitra : Rp....................../in kind: ..................................................

No. Kriteria Penilaian Bobot (%) Skor Nilai1. Kemampuan presentasi dan penguasaan substan-

sifpenelitian

10

2. Kualitas Penelitian (orisinalitas, ketepatan metode,kepustakaan, output/outcome)

20

3. Urgensi dan mekanisme kerjasama penelitian,strategis, internasionalisasi

5

4. Peluang keberlanjutan program kerjasama peneli-tian

20

5. Komitmen dan Kelayakan (track record penelitiIndonesia dan mitra kerjasama, anggaran,persyaratan administrasi)

25

Jumlah 100Keterangan : Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7 (1 = Buruk; 2 = Sangat kurang; 3 = Kurang; 5 =Cukup; 6 = Baik; 7 =Sangat baik); Nilai = Bobot x Skor Komentar Penilai :..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Kota, tanggal-bulan-tahun Penilai,Tanda tangan

( Nama Lengkap )

Page 104: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2
Page 105: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

105Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Unggulan PT

PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI

PENDAHULUANSejalan dengan kebijakan desentralisasi penelitian oleh Ditjen Dikti yang salah satu tujuannya adalah untuk menciptakan keunggulan penelitian di perguruan tinggi, Ditlitabmas memandang perlu untuk membuat program penelitian khusus yang memberikan keleluasaan kepada perguruan tinggi untuk mengembangkan penelitian unggulannya.

Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) adalah penelitian yang mengacu pada bidang unggulan yang telah ditetapkan dalam Renstra perguruan tinggi. Penelitian ini harus terarah dan bersifat top-down dengan dukungan dana, sarana dan prasarana penelitian dari perguruan tinggi serta stakeholders yang memiliki kepentingan secara langsung maupun tidak langsung. Sasaran akhir dari penelitian ini adalah dihasilkannya inovasi teknologi pada bidang-bidang unggulan (frontier) dan rekayasa sosial guna meningkatkan pembangunan berkelanjutan pada tingkat lokal maupun nasional.

Penelitian Unggulan Universitas Negeri Semarang dilatarbelakangi oleh belum termanfaatkannya secara optimal dan terpadu potensi dan ketersediaan sumber daya manusia di perguruan tinggi dalam memenuhi kebutuhan pembangunan lokal dan nasional. Kurangnya program penelitian di perguruan tinggi yang terkait dengan sektor riil dan berorientasi pada kebutuhan pasar (market driven), mengakibatkan kurang berkembangnya sektor produksi strategis karena lemahnya penguasaan teknologi dan rekayasa bidang terkait. Dalam bidang sosial, seni, dan budaya, diperlukan adanya penelitian yang mengacu pada peningkatan pembangunan karakter bangsa. Penelitian ini juga diarahkan untuk mengantisipasi kebutuhan ipteks-sosbud untuk jangka menengah dan panjang melalui penelitian unggulan.

TUJUANTujuan Penelitian Unggulan Universitas Negeri Semarang adalah:

1. mensinergikan penelitian di Universitas Negeri Semarang dengan kebijakan dan program pembangunan lokal/nasional/internasional melalui pemanfaatan kepakaran perguruan tinggi, sarana dan prasarana penelitian, dan atau sumber daya setempat;

2. menjawab tantangan kebutuhan Ipteks-Sosbud oleh pengguna sektor riil; dan 3. membangun jejaring kerjasama antar peneliti dalam bidang keilmuan dan minat yang sama,

sehingga mampu menumbuhkan kapasitas penelitian institusi dan inovasi teknologi sejalan dengan kemajuan teknologi dan frontier technology.

LUARAN PENELITIAN Luaran Penelitian Unggulan Universitas Negeri Semarang adalah:

1. produk teknologi yang langsung dapat dimanfaatkan oleh stakeholders;2. publikasi, HKI, kebijakan (pedoman, regulasi), 3. model, rekayasa sosial yg diterapkan di masyarakat; dan4. pengkajian, pengembangan, dan penerapan Ipteks-Sosbud.

Page 106: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

106Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Unggulan PT

KRITERIA DAN PENGUSULANKriteria, persyaratan pengusul dan tata cara pengusulan dijelaskan sebagai berikut:

1. pengusul adalah dosen tetap di Unnes yang mempunyai NIDN; 2. tim peneliti berjumlah 3–4 orang, ketua tim peneliti berpendidikan minimal S-3 (Lektor) atau

S-2 (Lektor Kepala) dengan melibatkan minimal 1 mahasiswa; 3. tim peneliti harus mempunyai track record memadai dalam bidang yang akan diteliti;4. penelitian bersifat mono tahun dan dapat dilanjutkan untuk tahun berikutnya maksimal 3

tahun (sesuai roadmap yang dimiliki), diutamakan bersinergi dengan Dunia Usaha & Dunia Industri atau Sekolah (DUDIS)

5. anggota tim peneliti dapat berganti setiap tahunnya, sesuai dengan kebutuhan dan peta jalan (roadmap) penelitian;

6. setiap peneliti hanya boleh mengusulkan 1 (satu) judul penelitian, baik sebagai ketua maupun sebagai anggota pada skema Penelitian Unggulan Unnes ;

7. substansi penelitian harus merupakan bagian dari roadmap penelitian unggulan Unnes 8. besarnya dana penelitian per judul untuk setiap tahunnya makssimal Rp 30.000.000,-; dan 9. usulan penelitian diunggah ke simlp2m.unnes.ac.id (format pdf maksimal 3Mb). 10. peneliti wajib menyertakan roadmap penelitian yang diusulkan di file proposal.

SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN Usulan Penelitian Unggulan Universitas Negeri Semarang maksimum berjumlah 20 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), yang ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,5 spasi kecuali ringkasan satu spasi dan ukuran kertas A-4 serta mengikuti sistematika sebagai berikut.

1. HALAMAN SAMPUL (Lampiran 3.1).2. HALAMAN PENGESAHAN (Lampiran 3.2).3. DAFTAR ISI4. RINGKASAN (maksimum satu halaman)

Kemukakan tujuan jangka panjang dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan.

1. BAB 1. PENDAHULUANUraikan latar belakang dan permasalahan yang akan diteliti, tujuan khusus, dan urgensi (keutamaan) penelitian. Pada bab ini juga dijelaskan temuan apa yang ditargetkan serta kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan yang dalam hal ini terkait langsung dengan riset unggulan perguruan tinggi pengusul.

2. BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA Kemukakan state of the art dalam bidang yang diteliti, peta jalan penelitian pengusul yang mengacu kepada Renstra atau bidang unggulan Universitas Negeri Semarang sebagai acuan primer serta hasil penelitian yang up to date dan relevan dengan mengutamakan hasil penelitian pada jurnal ilmiah. Jelaskan juga studi pendahuluan yang telah dilaksanakan dan hasil yang sudah dicapai oleh pengusul.

3. BAB 3. METODE PENELITIANMetode penelitian dilengkapi dengan bagan alir penelitian yang menggambarkan apa yang sudah dilaksanakan dan dicapai sebelumnya sesuai peta jalan penelitian perguruan tinggi. Akan lebih baik jika penyajian dapat dikaitkan dengan capaian peneliti yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk melanjutkan kegiatan penelitian yang akan diusulkan dan yang akan dikerjakan selama periode penelitian. Metode harus menjelaskan secara utuh tahapan penelitian yang

Page 107: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

107Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Unggulan PT

jelas, luaran, indikator capaian yang terukur di setiap tahapan.4. BAB 4. BIAYA DAN JADWAL PENELITIAN

a. Anggaran BiayaAnggaran biaya yang diajukan disusun secara rinci dan dilampirkan dengan format seperti pada Lampiran 2. Ringkasan anggaran biaya disusun sesuai dengan format Tabel 1.1.

Tabel 3.1 Format Ringkasan Anggaran Biaya Penelitian Unggulan Universitas Negeri Semarang yang Diajukan Setiap Tahun

No. Jenis Yang DikeluarkanBiaya Yang Diusulkan

Tahun 1 Tahun 2 Tahun 31. Honor Tim Peneliti (Maks 30%)2. Peralatan Penunjang, ditulis Terperinci

Sesuai Kebutuhan (5-10%)3. Bahan Habis Pakai (20 – 30%)4. Perjalanan (15 -25%)5. Lain-lain : amd, publikasi, seminar, lap,

lainnya sebutkan (Maks.15%)b. Jadwal Penelitian

Jadwal penelitian disusun dalam bentuk bar chart untuk rencana penelitian yang diajukan dan sesuai dengan format pada Lampiran 3.

5. DAFTAR PUSTAKADaftar pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam usulan penelitian yang dicantumkan di dalam daftar pustaka.

6. LAMPIRAN-LAMPIRAN• Lampiran 1. Justifikasi Anggaran Penelitian (Lampiran 2).• Lampiran 2. Dukungan sarana dan prasarana penelitian menjelaskan fasilitas yang

menunjang penelitian, yaitu prasarana utama yang diperlukan dalam penelitian ini dan ketersediannya di perguruan tinggi pengusul. Apabila tidak tersedia, jelaskan bagaimana cara mengatasinya.

• Lampiran 3. Susunan organisasi tim peneliti dan pembagian tugas (Lampiran 4).• Lampiran 4. Nota kesepahaman MOU atau pernyataan kesediaan dari mitra (apabila ada).• Lampiran 5. Biodata ketua dan anggota (Lampiran 5).• Lampiran 6. Surat pernyataan ketua peneliti, termasuk anggota (Lampiran 6).

SUMBER DANA PENELITIANSumber dana Penelitian Unggulan Universitas Negeri Semarang dapat berasal dari:

• DIPA PNBP Unnes; dan• Kerjasama penelitian dengan industri, atau lembaga pemerintah/swasta dari dalam dan/atau

luar negeri.

SELEKSI DAN EVALUASI PROPOSAL Seleksi dan evaluasi proposal Penelitian Unggulan Universitas Negeri Semarang dilakukan dalam dua tahapan, yaitu evaluasi online dan undangan pembahasan untuk proposal yang dinyatakan lolos dalam evaluasi online. Komponen penilaian desk evaluasi proposal online menggunakan formulir sebagaimana pada Lampiran 3.3. Sedangkan komponen penilaian pembahasan proposal menggunakan formulir sebagaimana pada Lampiran 3.4.

Page 108: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

108Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Unggulan PT

PELAKSANAAN DAN PELAPORANPelaksanaan Penelitian Unggulan Universitas Negeri Semarang akan dipantau dan dievaluasi oleh penilai internal. Hasil pemantauan dan evaluasi dilaporkan oleh masing-masing reviewer melalui SIM-LP2M. Selanjutnya, penilai Unnes melakukan kunjungan lapangan (site visit) dan evaluasi terhadap pelaksanaan penelitian setelah menelaah hasil monitoring dan evaluasi. Hasil penilaian evaluasi diunggah ke SIM-LP2M. Pada akhir pelaksanaan penelitian, setiap peneliti melaporkan hasil kegiatan penelitian dalam bentuk kompilasi luaran penelitian.

Setiap peneliti wajib melaporkan pelaksanaan penelitian dengan melakukan hal-hal berikut:

a. mencatat semua kegiatan pelaksanaan program pada Buku Catatan Harian Penelitian (logbook) dan mengisi kegiatan harian secara rutin terhitung sejak penandatanganan perjanjian penelitian secara online di SIM-LP2M(Lampiran 8) ;

b. menyiapkan bahan pemantauan oleh penilai internal melalui SIM-LP2M dengan mengisi/mengunggah laporan kemajuan mengikuti format pada Lampiran 8 (format penilaian pemantauan dan evaluasi mengikuti Lampiran 3.5);

c. mengunggah ke SIM-LP2M softcopy laporan akhir (Lampiran 9) yang telah disahkan lembaga penelitian dalam format pdf dengan ukuran file maksimum 3 Mb, berikut softcopy luaran penelitian (publikasi ilmiah, HKI, paten, makalah yang diseminarkan, teknologi tepat guna, rekayasa sosial, buku ajar, dan lainlain) atau dokumen bukti luaran;

d. kompilasi luaran penelitian sesuai dengan formulir pada Lampiran 10 pada akhir pelaksanaan penelitian melalui SIM-LP2M termasuk bukti luaran penelitian yang dihasilkan.

Page 109: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

109Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Unggulan PT

Lampiran 3.1 Format Halaman Sampul Penelitian Unggulan Universitas Negeri Semarang (Warna Merah)

Lampiran 3.1 Format Halaman Sampul Penelitian Unggulan Universitas Negeri Semarang (Warna Merah)

USULAN

PENELITIAN UNGGULAN UNIVERSITA NEGERI SEMARANG

Logo Perguruan Tinggi

JUDUL PENELITIAN

TIM PENGUSUL (Nama ketua dan anggota tim, lengkap dengan gelar dan NIDN)

Fakultas PERGURUAN TINGGI

Tahun

BIDANG UNGGULAN

Page 110: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

110Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Unggulan PT

Lampiran 3.2 Format Halaman Pengesahan Penelitian Unggulan Perguruan TinggiLampiran 3.2 Format Halaman Pengesahan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi

HALAMAN PENGESAHAN PENELITIAN UNGGULAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Judul Penelitian : ……………………………………………........................... Kode/Nama Rumpun Ilmu : …………… / …..…..……………………………………... Bidang Unggulan PT : …………………………………………………………….. Topik Unggulan : …………………………………………………………….. Ketua Peneliti :

a.Nama Lengkap : …………………………………………………………….. b.NIDN : ……………………………………………………………... c.Jabatan Fungsional : …………………………………………………………… d.Program Studi : …………………………………………………………….. e.Nomor HP : …………………………………………………………….. f.Alamat surel (e-mail) : ..........................................................................................

Anggota Peneliti (1) a.Nama Lengkap : ……………………………………………………………. b.NIDN : …………………………………………………………….. c.Perguruan Tinggi : …………………………………………………………….

Anggota Peneliti (2) a.Nama Lengkap : ……………………………………………………………. b.NIDN : …………………………………………………………….. c.Perguruan Tinggi : …………………………………………………………….

Anggota Peneliti (ke n ) a.Nama Lengkap : ……………………………………………………………… b.NIDN : ……………………………………………………………… c.Perguruan Tinggi : ………………………………………………………………

Lama Penelitian Keseluruhan: ………… tahun Penelitian Tahun ke : ……….. Biaya Penelitian Keseluruhan : Rp. ……………. Biaya Tahun Berjalan :

-dana internal PT Rp. ……………. -dana institusi lain Rp. ……………. -inkind sebutkan …………………

Kota, tanggal-bulan-tahun Mengetahui, Dekan/Ketua Ketua Peneliti, Tanda tangan Tanda tangan ( Nama Lengkap ) ( Nama Lengkap ) NIP/NIK NIP/NIK

Menyetujui, Ketua LP2M Unnes,

Tanda tangan

( Nama Lengkap ) NIP/NIK

Page 111: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

111Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Unggulan PT

Lampiran 3.3 Formulir Desk Evaluasi Proposal Penelitian Unggulan Perguruan TinggiLampiran 3.3 Formulir Desk Evaluasi Proposal Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi

FORMULIR DESK EVALUASI PROPOSAL PENELITIAN UNGGULAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Judul Penelitian :........................................................................................ ......................................................................................... Bidang Unggulan PT :........................................................................................ Topik Unggulan :........................................................................................ Perguruan Tinggi :........................................................................................ Program Studi :........................................................................................ Ketua Peneliti a. Nama Lengkap :........................................................................................ b. NIDN :........................................................................................ c. Jabatan Fungsional :........................................................................................ Anggota Peneliti :...............orang Lama Penelitian Keseluruhan :...............tahun Biaya Penelitian Tahun ke-1 a. Dana dari internal PT : Rp...................... b. Dana dari institusi lain : Rp...................... / in kind............................................ c. Diusulkan ke Dikti : Rp...................... d. Direkomendasikan : Rp...................... No. Kriteria Penilaian Bobot (%) Skor Nilai 1. Keterkaitan antara proposal penelitian

dengan Renstra a. Rumusan masalah.... b. Kebaruan/ novelty

15

2. Rekam Jejak (track record) tim peneliti 20 3. Manfaat bagi Mitra 20 4. Keutuhan peta jalan penelitian 20 5. Potensi tercapainya luaran

a. Produk/proses teknologi b. Publikasi, HKI, Buku Ajar,

Teknologi Tepat Guna, Model/ Kebijakan, Rekayasa Sosial dll

25

Jumlah 100 Keterangan : Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7 (1 = Buruk; 2 = Sangat kurang; 3 = Kurang; 5 = Cukup; 6 = Baik; 7 = Sangat baik); Nilai = Bobot x Skor Komentar Penilai: ...................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................... Kota, tanggal-bulan-tahun

Penilai, Tanda tangan

( Nama Lengkap )

Page 112: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

112Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Penelitian Unggulan PT

Lampiran 3.4 Formulir Evaluasi Pembahasan Proposal Penelitian Unggulan PerguruanTinggi

Lampiran 3.4 Formulir Evaluasi Pembahasan Proposal Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi

FORMULIR EVALUASI PEMBAHASAN PROPOSAL PENELITIAN UNGGULAN UNNES

Judul Penelitian :......................................................................................... .......................................................................................... Bidang Unggulan PT :........................................................................................ Topik Unggulan :........................................................................................ Perguruan Tinggi :........................................................................................ Program Studi :........................................................................................ Ketua Peneliti a. Nama Lengkap :........................................................................................ b. NIDN :........................................................................................ c. Jabatan Fungsional :........................................................................................ Anggota Peneliti :............. orang Lama Penelitian Keseluruhan :............. tahun Biaya Penelitian Tahun ke 1 a. Dana dari internal PT : Rp............. b. Dana dari institusi lain : Rp............. / in kind :............. c. Diusulkan ke Dikti : Rp................. d. Direkomendasikan : Rp................. No. Kriteria Penilaian Bobot (%) Skor Nilai 1. Kemampuan Presentasi & Penguasaan Materi

Penelitian 15

2. Kesesuaian Usulan dengan Bidang Unggulan dalam Resntra PT

15

3. Keutuhan Peta Jalan & Manfaat Penelitian 20 4. Potensi Tercapainya Luaran

a. Produk/ proses teknologi b. Publikasi, HKI, Buku Ajar, Teknologi

Tepat Guna, Model/ Kebijakan, Rekayasa Sosial, dll

30

5. Kelayakan (rekam jejak tim peneliti, dukungan dana dari institusi/ mitra, Jadwal Pelaksanaan, Usulan Pembiayaan)

20

Jumlah 100 Keterangan : Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7 (1 = Buruk; 2 = Sangat kurang; 3 = Kurang; 5 = Cukup; 6 = Baik; 7 = Sangat baik); Nilai = Bobot x Skor Komentar Penilai: ...................................................................................................................................................... Kota, tanggal-bulan-tahun

Penilai, Tanda tangan

( Nama Lengkap )

Page 113: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

Pengabdian Kpd Masyarakat

PA N D U A N P E N E L I T I A N d a n P E N G A B D I A N K E PA D A M A S YA R A K AT 2 0 1 5

Page 114: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2
Page 115: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

115Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Mahasiswa

PANDUAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BAGI MAHASISWA

LATAR BELAKANGSebagaimana diamanatkan dalam Pasal 20 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, atau dikenal dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. Ketiga darma tersebut merupakan satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dan saling terkait. Pelaku utama perguruan tinggi adalah dosen dan mahasiswa, yang didukung oleh karyawan. Selama ini, kegiatan tri darma sudah dilaksanakan cukup baik oleh para dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Hal ini terlihat dari berbagai aktivitas pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen dan mahasiswa, baik sebagai bagian perkuliahan maupun kegiatan yang selenggarakan Dirjen Dikti, dinas/instansi, perusahaan, serta institusi lain.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa yang paling menonjol dilakukan adalah dalam bentuk KKN (Kuliah Kerja Nyata). Bagi mahasiswa program S1 (Sarjana) merupakan salah satu mata kuliah wajib dengan bobot 4 SKS. Selain program KKN, bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa masih dirasakan kurang. Hal ini tidak lepas dari dukungan kebijakan maupun anggaran untuk pelaksanaan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa.

Sebagai konsekuensi dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi sebagai tanggung jawab seluruh civitas akademika, maka sudah sewajarnya mahasiswa juga diberikan kepercayaan untuk menyumbangkan segenap pikiran, tenaga, kemampuan, dan keahliannya untuk ikut memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Sejak tahun 2001, Dirjen Dikti meluncurkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), salah satunya adalah dalam bentuk PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM). Unnes juga tidak mau ketinggalan, mulai tahun 2007 telah dirintis program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa. Dan pada tahun 2013 ini merupakan tahun ketujuh program pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa Unnes.

BIDANG KEGIATANKegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan aplikasi dari berbagai bidang ilmu, antara lain:

1. Kesehatan2. MIPA3. Sosial Ekonomi4. Pendidikan5. Pertanian6. Teknologi dan Rekayasa7. Humaniora

PERSYARATAN PENGUSUL1. Pengusul adalah mahasiswa Unnes dari semua jurusan/program studi, jenjang S1 atau D3,

minimal duduk di semester VI (enam) bagi jenjang S1 dan semester IV (empat) bagi jenjang D3.2. Jumlah pengusul 3-5 orang, termasuk ketua.3. Mahasiswa berhak untuk menjadi ketua satu kegiatan dan menjadi anggota maksimal pada

dua kegiatan.4. Setiap proposal didampingi oleh seorang dosen pembimbing.

Page 116: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

116Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Mahasiswa

MEKANISME PENDANAAN1. LP2M Unnes menyediakan dana Rp 3.000.000,- per proposal yang lolos seleksi.2. Pencairan dana dilakukan 2 tahap: tahap I sebesar 70% pada saat awal kegiatan, dan tahap II

sebesar 30% diberikan setelah menyerahkan laporan kegiatan.3. Tim pelaksana dapat menggali sumber dana lain yang diperoleh dengan cara sah dan tidak

mengikat.

MONITORING DAN EVALUASI1. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa akan dimonitoring oleh tim

monitoring LP2M Unnes.2. Jika pelaksanaan kegiatan tidak sesuai dengan proposal yang diajukan dan tidak terdapat alasan

yang secara rasional dapat diterima, maka dapat diberikan sanksi oleh LP2M Unnes.

ADMINISTRASIProposal diajukan oleh mahasiswa, dikirim langsung ke LP2M Unnes (Kasubbag Program) dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Proposal diketik ukuran spasi 1,5, huruf Times New Roman font 122. Ukuran kertas A4. Margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, bawah 2,5 cm.3. Nomor halaman di bawah, tengah.4. Dijilid rapi dengan warna cover BIRU MUDA.5. Format cover dan pengesahan seperti pada lampiran.6. Proposal diunggah ke sipp.unnes.ac.id (format pdf, maksimal 3Mb)

SISTEMATIKA PROPOSAL Penulisan proposal pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa mengikuti sistematika sebagai berikut:

1. Judul ProgramJudul kegiatan singkat dan jelas, memberi gambaran mengenai kegiatan pengabdian yang diusulkan.

2. Latar Belakang MasalahKegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat atau khalayak sasaran. Kemukakan hal-hal yang mendorong atau argumentasi pentingnya kegiatan untuk dilakukan. Uraikan situasi dan kondisi khalayak sasaran (masyarakat, UKM, lembaga, dll) seobjektif mungkin, dan usahakan didukung dengan data-data kuantitatif.

3. Rumusan MasalahTuliskan permasalahan secara jelas dan konkret, serta benar-benar merupakan permasalahan yang dihadapi khalayak sasaran. Aplikasi Ipteks yang ditawarkan harus lebih baik daripada yang sudah ada di khalayak sasaran.

4. Tujuan Jelaskan tujuan apa yang hendak dicapai dari kegiatan ini. Rumusan tujuan hendaknya jelas dan terukur.

5. ManfaatJelaskan manfaat yang diperoleh khalayak sasaran maupun pihak lain dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

6. Tinjauan PustakaUraikan sisi teoritis yang diambil dari buku, jurnal, dan sumber lain yang terkait langsung dengan permasalahan yang akan ditangani. Hindari uraian teoritis yang terlalu berlebihan.

Page 117: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

117Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Mahasiswa

7. Khalayak SasaranUraikan profil khalayak sasaran kegiatan secara lengkap, antara lain jumlah, jenis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan, dan informasi penting lain.

8. Metode Uraikan metode, cara, atau tahap-tahap pelaksanaan kegiatan dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan. Ipteks yang diterapkan kepada khalayak sasaran hendaknya sudah teruji keberhasilannya atau merupakan aplikasi dari hasil kajian/pengembangan tim pelaksana. Hindari metode yang masih bersifat coba-coba.

9. Indikator KeberhasilanJelaskan indikator tingkat keberhasilan dari kegiatan yang dilaksanakan. Uraikan juga bagaimana cara mengukur tingkat keberhasilan program/kegiatan tersebut.

10. Jadwal Kegiatan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dilaksanakan dalam jangka waktu maksimal 3 (tiga) bulan, mulai dari terjun lapangan hingga pengumpulan laporan. Jadwal kegiatan dibuat rinci dan disajikan dalam bentuk bar-chart.

11. Tim PelaksanaTuliskan biodata ketua dan selurh anggota pelaksana:a. Ketua Pelaksana Kegiatan

1. Nama Lengkap : …………………………………………….2. NIM : …………………………………………….3. Prodi/Jurusan/Fakultas : …………………………………………….4. Bidang keahlian : …………………………………………….

b. Anggota Pelaksana I, dst. :1. Nama Lengkap : ……………………………………………2. NIM : …………………………………………..3. Program Studi/Fakultas : ……………………………………………4. Bidang keahlian : …………………………………………….

12. Biaya KegiatanUraikan biaya kegiatan secara rinci, antara lain meliputi:• Bahan habis pakai• Peralatan• Perjalanan• Lain-lain: Monev, Seminar/Publikasi 10 %

13. LampiranDaftar Pustaka• Biodata Ketua dan Anggota Pelaksana ( Contoh di lampiran )• Gambaran Ipteks yang akan diterapkan atau dikembangkan • Denah lokasi kegiatan• Hal-hal lain yang dianggap penting

LAPORAN KEGIATANSetelah selesai kegiatan, tim pelaksana mengumpulkan laporan sebanyak 3 (tiga) eksemplar berikut softcopynya dalam bentuk CD. Ukuran kertas, warna sampul, jenis huruf, margin, dan spasi seperti pada proposal. Sistematika laporan pengabdian kepada masyarakat sebagai berikut:

SAMPUL/COVERHALAMAN PENGESAHANRINGKASANTIM PELAKSANAPRAKATADAFTAR ISIDAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN

Page 118: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

118Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Mahasiswa

BAB I PENDAHULUANA. Latar Belakang B. Rumusan MasalahC. Tujuan D. Manfaat

BAB II TINJAUAN PUSTAKABAB III METODE KEGIATANBAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB V KESIMPULAN DAN SARANDAFTAR PUSTAKALAMPIRAN

Surat Tugas/Surat IjinBiodata Ketua dan Anggota PelaksanaDokumentasi KegiatanLampiran lain yang diperlukan

I. ARTIKEL ILMIAH Selain laporan, tim pelaksana wajib mengumpulkan artikel ilmiah sebanyak 1 (satu) eksemplar. Format artikel ilmiah mengacu pada panduan PKMAI (Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah). Sistematika artikel ilmiah sebagai berikut:

1. JudulJudul harus jelas, singkat, mencerminkan isi dan tidak membuka peluang penafsiran beraneka ragam.

2. Nama dan Identitas Penulis (Prodi/Jurusan, Fakultas)Ditulis lengkap (tidak disingkat), jika terdapat lebih dari satu penulis harus disebutkan semua.

3. AbstrakAbstrak merupakan intisari seluruh tulisan yang memuat: latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Abstrak ditulis dengan bahasa Indonesia maksimal 250 kata.

4. Kata Kunci Berisi 3-5 kata yang diambil dari judul, diletakkan di bawah abstrak.

5. PendahuluanMenguraikan latar belakang, permasalahan, tujuan dan manfaat kegiatan. Kajian pustaka yang relevan juga diletakkan pada bagian pendahuluan ini.

6. Metode PelaksanaanMenguraikan metode pelaksanaan dan pendekatan yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

7. Hasil dan PembahasanUraian tentang hasil kegiatan yang telah dilakukan dengan disertai data dan fakta. Hasil yang telah dicapai dibahas lebih lanjut dan dikaitkan dengan referensi/pustaka yang relevan.

8. Kesimpulan dan Saran Kesimpulan merupakan jawaban atas tujuan kegiatan. Berikan pula saran apabila penting untuk dilakukan.

9. Ucapan Terima KasihApabila terdapat pihak-pihak yang patut diberikan ucapan terimakasih, dapat disampaikan dalam bagian ini.

10. Daftar PustakaDaftar pustaka hanya memuat pustaka yang dirujuk, disusun berdasarkan abjad dengan urutan: Nama (nama akhir di depan). Tahun. Judul buku (cetak miring). Kota: penerbit.

11. Lampiran (jika diperlukan)

Page 119: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

119Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Mahasiswa

Lampiran 1.

Program Pengabdian Mahasiswa

PROPOSAL

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Oleh:

Nama, NIM Ketua

Nama, NIM Anggota

Nama, NIM Anggota

FAKULTAS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

2015

JUDUL

Page 120: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

120Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Mahasiswa

Lampiran 2.

HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

1. Judul Kegiatan : ……………………………………….

2. Bidang : ……………………………………….

3. Ketua Pelaksana Kegiatan a. Nama Lengkap : ………………………………………. b. NIM : ………………………………………. c. Jurusan/Prodi : ………………………………………. d. Fakultas : ………………………………………. e. Universitas : ………………………………………. f. Alamat Rumah : ………………………………………. g. Telepon/HP : ………………………………………. f. E-mail : ………………………………………..

4. Anggota Pelaksana Kegiatan : …. ..orang

5. Dosen Pembimbing

a. Nama Lengkap dan Gelar : ……………………………………….

b. NIP

6. Lokasi Kegiatan : ……………………………………….

7. Jangka Waktu Pelaksanaan : ............bulan

8. Biaya Total Kegiatan : Rp ……………………………………

a. LPM Unnes : Rp.........................................................

b. Sumber lain : Rp.........................................................

Semarang, ........ 2015 Menyetujui: Dekan Fakultas, Ketua Pelaksana,

………………………….. ........................................

NIDN.……………………. NIM…………………….

Mengetahui: Ketua LP2M Unnes

............................................... NIDN.....................................

Page 121: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

121Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Mahasiswa

Lampiran 3.

Program Pengabdian Mahasiswa

LAPORAN

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Oleh:

Nama, NIM Ketua

Nama, NIM Anggota

Nama, NIM Anggota

Dibiayai Oleh:

........................................................

FAKULTAS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

2015

JUDUL

Page 122: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

122Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Mahasiswa

Lampiran 4.

HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

1. Judul Kegiatan : ……………………………………….

2. Bidang : ……………………………………….

3. Ketua Pelaksana Kegiatan a. Nama Lengkap : ………………………………………. b. NIM : ………………………………………. c. Jurusan/Prodi : ………………………………………. d. Fakultas : ………………………………………. e. Universitas : ………………………………………. f. Alamat Rumah : ………………………………………. g. Telepon/HP : ………………………………………. f. E-mail : ………………………………………..

4. Anggota Pelaksana Kegiatan : …. ..orang

5. Dosen Pembimbing

a. Nama Lengkap dan Gelar : ……………………………………….

b. NIP

6. Lokasi Kegiatan : ……………………………………….

7. Jangka Waktu Pelaksanaan : ............bulan

8. Biaya Total Kegiatan : Rp ……………………………………

a. LPM Unnes : Rp.........................................................

b. Sumber lain : Rp.........................................................

Semarang, ............ 2015 Menyetujui: Dekan Fakultas, Ketua Pelaksana,

………………………….. ........................................

NIDN.……………………. NIM…………………….

Mengetahui: Ketua LP2M Unnes

.............................................. NIDN....................................

Page 123: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

123Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Mahasiswa

Lampiran 5.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

PELAKSANA KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

1. Nama Lengkap :

2. Tempat dan Tanggal Lahir :

3. Jenis kelamin : L/P

4. Fakultas/Jurusan/Program Studi :

5. NIM/Semester :

6. Bidang Keahlian :

7. Alamat Rumah : Kode Pos

Telepon/Hp :

Alamat/Tempat Kos (apabila kos) : Kode Pos

Telepon/Hp :

8. Pengalaman :

No Judul Kegiatan Tahun Sumber Dana/Penyelenggaraan

Semarang, .................

Ketua pelaksana/ Anggota Pelaksana,

Tanda tangan

(.............................)

NIM

Page 124: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2
Page 125: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

125Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

PANDUAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TENAGA KEPENDIDIKAN

PENDAHULUANProgram Pengabdian kepada masyarakat dikembangkan untuk menampung kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan lembaga di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dalam bentuk pendidikan masyarakat, pelayanan masyarakat, kuliah kerja nyata, kaji tindak, penerapan dan pengembangan hasil penelitian serta pengembangan wilayah berdasar visi Unnes konservasi.

Khalayak sasaran pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah masyarakat luas, dapat sebagai individu, kelompok, komunitas maupun lembaga yang berada di perkantoran maupun pedesaan dengan kegiatan di bebagai bidang dan sektor pembangunan baik untuk kalangan swasta maupun pemerintah.

Program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam waktu antara 3-6 bulan. Rangkaian proses pengusulan, pelaksanaan dan pelaporan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan sesuai dengan panduan yang telah disusun oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat(LP2M).

Ruang lingkup pengabdian kepada masyarakat diutamakan meliputi program dan kegiatan yang berhubungan dengan:

1. Konservasi Bidang Pendidikan, meliputi antara lain;1. Inovasi pembelajaran2. Teknologi dan Informasi Pendidikan/pembelajaran3. Teknologi Kehumasan4. Tata kelola laboratorium5. Penjaminan mutu akademik, lulusan6. Sistem Administrasi dan kearsipan7. Sistem Pengembangan Profesi8. Tata kelola Kepustakaan9. Analisis Kepegawaian10. Tata kelola Keuangan

2. Konservasi Sumber daya Alam dan Lingkungan, meliputi antara lain;1. Green Campus University, terdiri dari Green Internal Transportation, Biopori, Green Space

manajemen, Green campus dan lain sebagainya.2. Paperless Policy, terdiri dari pengelolaan administrasi akademik, administrasi dokumen

perkantoran, sosialisasi, pengembangan penerbitan on-line, peningkatan sarana dan prasarana, Organisasi dan Tata Kerja, dan lain sebagainya.

3. Keanekaragaman hayati, terdiri antara lain inventarisasi keaneragaman hayati, database flora dan fauna, penangkaran kupu-kupu, sarang buatan, biodeversity, dll

4. Pengelolaan Limbah kampus, antara lain pengelolaan limbah sampah, daur ulang sampah, pengelolaan limbah bahan berbahaya/beracun, pemanfaatan sampah menjadi kompos, dll

3. Konservasi Budaya, meliputi antara lain; pelestarian seni tradisi dan sastra lesan, pemberdayaan kesenian dan tradisi lesan, pendokumentasian kesenian dan tradisi lesan, pengembangan konsep kampung budaya, konservasi moral, etika, kepemimpinan, kedisiplinan dan etos kerja, budaya kerja, dll

Selain tema-tema di atas dapat diusulkan program pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kekhasan unit dimana tenaga kependidikan ditempatkan.

Page 126: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

126Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

Sampul mukaWarna sampul muka hijau lumut, ukuran kertas A4, dengan format sbb :

Sampulmuka

Warna sampul muka hijau lumut, ukuran kertas A4, dengan format sbb :

DANA DIPAUNNES

USUL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

JUDUL PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Oleh : Nama, NIP Ketua

Nama, NIP Anggota (Tuliskan semua nama pengusul, lengkap dengan gelar akademiknya)

UNIT KERJA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

TAHUN

Page 127: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

127Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

Halaman PengesahanSetiap Proposal harus disertai halaman pengesahan dengan format sbb :

1. SISTEMATIKA PROPOSALPenulisan proposal pengabdian kepada masyarakat mengikuti alur sbb :

2. JUDULSingkat dan cukup spesifik, tetapi jelas menggambarkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan.

3. ANALISIS SITUASIGambarkan secara kuantitatif potret, profil dan kondisi khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Gambarkan pula kondisi dan pontensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilakukan.

4. IDENTIFIKASI DAN PERUMUSAN MASALAHRumuskan masalah secara konkrit dan jelas. Perumusan Masalah menjelaskan pula definisi, asumsi dan lingkup yang menjadi batasan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

5. TINJAUAN PUSTAKA.Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan yangmendasari kegiatan pengabdian kepada masyaraka yang akan dilakukan. Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan dan bahan kegiatan pegabdian kepada masyarakat teks lain yang diperoleh dari pustaka,yang dijadikan landasan untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan. Uraian dalam Tinjauan Pustaka dibawa untuk menyusun kerangka atau konsep yang akan digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tinjauan Pustaka mengacu pada Daftar Pustaka yang disajikan di Lampiran.

6. TUJUAN KEGIATANRumusan Tujuan yang akan dicapai secara spesifik yang merupakan kondisi baru yang diharapkan terwujud setela kegiatan pengabdian kepada masyarakat selesai. Rumusan tujuan hendaknya jelas dan dapat diukur.

7. MANFAAT KEGIATAN.Gambarkan manfaat bagi khalayak sasaran, dari sisi ekonomi maupun pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, apabila perubahan kondisi terjadi setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat selesai.

8. KERANGKA PEMECAHAN MASALAHMerupakan kerangka berfikir secara teoritis maupun empirik untuk memecahkan masalah yang sudah diidentifikasi. Gambarkan berbagai alternatif pemecahan masalah yang mungkin dilakukan untuk menangani masalah yang dirumuskan. Bagaimana proses pemilihan alternatif itu sampai terpilih cara pemecahan yang paling baik yang akan dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat

9. KHALAYAK SASARAN ANTARA YANG STRATEGISSiapa ( individu/kelompok ) anggota khalayak sasaran yang dianggap strategis (mampu dan mau ) untuk dilibatkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, serta dapat menyebarluaskan hasil kegiatan pada anggota khalayak sasaran yang lain.

10. KETERKAITANUraian keterkaitan antara kegiatan yang dilakukan dengan berbagai institusi terkait dengan menjelaskan peran dan manfaat yang diperoleh masing-masing institusi yang terkait.

11. METODE KEGIATAN.Sebut dan uraikan metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan dalam butir E (Tujuan Kegiatan ).

12. RANCANGAN EVALUASIUraikan bagaimana dan kapan evaluasi akan dilakukan. Apa saja kriteria, indikator pencapaian tujuan dan tolok ukur yang digunakan untuk menyatakan keberhasilan dari kegiatan yang dilakukan.

Page 128: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

128Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

13. RENCANA DAN JADWAL KERJAGambarkan tahap-tahap kegiatan dan jadwal secara spesifik dan jelas dalam suatu satuan waktu. Jelaskan pula apa yang akan dikerjakan, kapan dan di mana.

14. ORGANISASI PELAKSANA1. Ketua Pelaksana

a. Nama dan Gelar Akademik :b. Pangkat/ Golongan/ NIP :c. Jabatan Fungsional :d. Bidang Keahlian :e. Fakultas/Program Studi/Pusat :f. Waktu untuk Kegiatan ini : jam/ mimggu

2. Anggota Pelaksana :(rincian sama seperti butir 1)

3. Tenaga Pembantua. Nama :b. Pangkat/Golongan/ NIP :c. Unit Kerja :d. Waktu untuk Kegiatan ini : jam/ minggue. Pembantu Bidang :

4. Tenaga Administrasia. Nama :b. Pangkat/Golongan/ NIP :c. Unit Kerjad. Waktu untuk kegiatan ini : jam/minggu

15. RENCANA BIAYABerikan rincian biaya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan mengacu pada metode kegiatan dibutir J (Metode Kegiatan) dengan rekapitulasi biaya :• Honorarium, maksimum 30 %• Peralatan• Bahan• Perjalanan• Seminar hasil & monitoring• Lain-lain

16. LAMPIRAN-LAMPIRAN• Daftar Pustaka• Daftar Riwayat Hidup :

Page 129: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

129Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

DAFTAR RIWAYAT HIDUPPELAKSANA KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

1. Nama Lengkap dan gelar Akademik :2. Tempat dan Tanggal Lahir :3. Jenis kelamin : L/P4. Fakultas/Jurusan/Program Studi/Pusat :5. Pangkat/Golongan/ NIP :6. Bidang keahlian :7. Kedudukan dalam Tim :8. Alamat Kantor : Kode Pos

Telepon/Faksimili : E-mail :

9. Alamat Rumah : Kode Pos Telepon/Faksimili : E-mail :10. Pengalaman dalam Bidang Pengabdian kepada masyarakat :

No. Judul Kegiatan Tahun Sumber Dana

Semarang, ................. Ketua pelaksana/ Anggota Pelaksana,

Tanda tangan (.............................) NIDN.

1. Materi Iptek yang akan diterapkan2. Denah lokasi kegiatan

Page 130: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

130Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

EVALUASI PROPOSALINSTRUMEN PENILAIAN

FORMAT PENILAIAN PROPOSAL KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKATJudul :Ketua Pelaksana :Fakultas/Jurusa/Kelembagaan :Universitas : UNNESBidang Ilmu Ketua Pelaksana :Bentuk Kegiatan :Lama Kegiatan : 3-6 bulanBiaya : Rp.

KRITERIA PENILAIANNo. KRITERIA INDIKATOR PENILAIAN BOBOT (%) SKOR NILAI

1 Masalah yang ditangani

a. Judulb. Analisis Situasic. TinjauanPustakad. Perumusan Masalah

25

2 Tujuan dan manfaat

e. Tujuanf. Manfaat 20

3 Kerangka Ber-fikir

g. Pemecahan Masalahh. Khalayak sasaran antara yang strategisi. Keterkaitanj. Metode kegiatan

25

4 Evaluasi k. Rancangan Evaluasi 105 Fisibilitas l. Rencana dan Jadwal

m. Organisasi Pelaksanan. Rencana Biayao. Lain-lain

20

J U M L A H 100

Setiap kriteria diberi skor : 1,2,4,dan 5 (1= sangat kurang, 2=kurang,4=baik, dan 5=sangat baik )

Hasil penilaian : Diterima/DitolakAlasan Penolakan : a,b,c,d,e,f,g,h,i,j,k,l,m,n,o (sebutkan .......)Batas Penerimaan : 350Saran/Rekomendasi : ..........................................................................................

Semarang, ................... Penilai,

( ...........................)

Page 131: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

131Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

ALASAN PENOLAKANFORMAT ALASAN PENOLAKAN

No KRITERIA INDIKATOR PENILAIAN HASIL PENILAIAN1 M a s a l a h

yang Dita-gani

• Judul• Analisis Situasi

• Tinjauan Pustaka• Perumusan Ma-

salah

a. Judul tidak mencerminkan kegiatan pengab-dian kepada masyarakat

b. Data tidak lengkap,tidak kuantitatif dan tidak relevan dengan masalah serta analisis kurang tajam

c. Tinjauan dan Daftar Pustaka untuk mendu-kung analisis situasi kurung

d. Masalah tidak spesifik, kurang konkrit dan tidak menggambarkan masalah khalayak sa-saran serta lebih bersifat masalah pengajar/perguruan tinggi

2 Tujuan dan Manfaat

• Tujuan

• Manfaat

e. Tujuan tidak spesifik,tidak/sulit terukur dan kurang menggambarkan perubahan kondisi khalayak

f. Penggambaran manfaat kurang relevan den-gan tujuan dan khalayak sasaran

3 K e r a n g k a Berpikir

• Pemecahan Ma-salah

• Khalayak Sasaran Antara yang

Strategis

• Keterkaitan

• Metode Kegiatan

a. Penggambaran alternatif kurang lengkap dan dasar pemilihan cara pemecahan masalah kurang dilandasi teori, kenyataan da kpndisi yang ada

b. Identifikasi khalayak sasaran antara yang stra-tegis kurang spesifik, tidak jelas, dan daya se-bar ke khalayak sasaran yang lain kurang.

c. Keterkaitan dengan institusi terkait kurang, se-dangkan peran institusi terkait tidak jelas.

d. Metode kurang relevan dengan pencapaian tujuan serta kurang relevan dengan kondisi khalayak sasaran.

4 Evaluasi • Rancangan Evaluasi a. Kriteria. Variabel evaluasi kurang relevan den-gan tujuan, proses kegiatan, dan manfaat. Metode evaluasi kurang rinci dan kurang rele-van dengan kritera Variabel. Tolok ukur kurang spesifik dan kurang jelas.

5 Fisibilitas • Rencana dan• Jadwal• Organisasi• Pelaksana• Rencana Biaya

l. Rencana dan jadwal kerja kurang rinci dan kurang relevan dengan tujuan, metode, kha-layak serta kondisi/kemampuan para pelak-sana

m. Komposisi personalia kurang mencerminkan kebutuhan pemecahan masalah atas dasar bi-dang ilmu

n. Biaya kurang relevan dengan kegiatan yang di-lakukan serta komponen biaya kurang rinci.

o. Lain-lain (Format tidak sesuai,Lampiran kurang lengkap dsb).

Page 132: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

132Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

PEMANTAUAN PELAKSANAAN

A. FORMAT PEMANTAUAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADAMASYARAKAT UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

1. a. Fakultas : ...............................................................b. Bagian : ................................................................

2. Ketua Pengabdian kepada Masyarakat : ...............................................................

3. Judul Pengabdian kepada Masyarakat : ...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4. Biaya Pengabdian kepada Masyarakat : Rp...........................................................

5. a. Lokasi Pengabdian kpd Masyarakat : Laboratorium/ Rumah Kaca/Lapangan, Lain-lain, Sebutkan ............................*)

b. Nama/Alamat Lokasi Pengabdian : ................................................................ ................................................................

6. Cara Pemantauan : Tinjauan Lapangan/Lab/ Wawancara, lain-lain,sebutkan...............................*)

7. Pelaksanaan Pengabdian : Sesuai/tidak sesuai dengan rencana *)a. Tanggal Mulai : …………………………………………b. Tanggal Selesai : …………………………………………

8. Peran LPM/LPPM/ Direktur PT dalam pelaksanaan Program:

Kegiatan yang di lakukan Ya/Tidak1. Memonitor pelaksanaan kegiatan2. Mengevaluasi hasil kegiatan melalui kunjungan lapangan3. Mengirimkan laporan akhir dan artikel publikasi ilmiah4. Mengadakan seminar hasil kegiatan5. Memberikan kontribusi dalam pendanaan program

9. Kesesuaian Implementasi Pelaksanaan Program dengan Usulan:

a. Tingkat Penyelesaian pelaksanaan program

Lingkari sesuai hasil pemantauan1) Belum di laksanakan2) Sedang proses penyelesaian3) Selesai dilaksanakan tetapi kurang

sesuai dengan harapan masyarakat/ khalayak sasaran

4) Selesai dan sesuai dengan harapan masyarakat/ khalayak sasaran

b. Frekuensi kunjungan tim pelaksana ke masyarakat/ khalayak sasaran

Tuliskan jumlah kunjungan tim ke masy-arakat / khalayak sasaran selama kegia-tan......... kali

Page 133: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

133Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

c. Jumlah anggota masyarakat/ kha-layak sasaran yang terlibat ..................orang

d. Lembaga / intitusi terkait yang terli-bat dalam kegiatan

Sebutkan nama lembaga/ institusi terkait yang terlibat:

1)2)3)

e. Keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan program

Uraikan peran dan jumlah mahasiswa yang terkait

f. keterlibatan Masyarakat / khalayak sasaran dalam pelaksanaan Pro-gram

Uraikan secukupnya

g. Dampak pelaksanaan program bagi masyarakat/ khalayak sasaran

Uraikan secukupnya

h. Dampak program bagi pengajaran di PT yang bersangkutan

Lingkari sesuai yang di harapkan 1) Bahan baku ajar / modul2) Bahan praktek / job sheet3) Lainnya, sebutkan.....................

10. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Program

a. Kendala dari masyarakat / khalayak sasaran

Uraikan secukupnya

b. Kendala dari tim pelaksana Uraikan secukupnya

11. Rekomendasi keikutsertaan dalam Seminar Hasil ( Lingkari huruf yang sesuai)a. Tidak b. Ya, berikan alasan keunggulan / hasil penting dari pengabdian tersebut sehingga layak

untuk di seminarkan pada ruang berikut ini:

Page 134: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

134Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

12. Hasil Penting dalam Pemanfaatan Pengabdian (uraikan tentang temuan penting di lapangan)

13. Penilaian Umum dan saran

14. Tanggal Pemantauan :

............................,.................2015

Mengetahui,Ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat, Pemantau,

(...................................................) (.................................................)NIP. NIP.

• Lampirkan :1. Laporan kemajuan secara tertulis2. Foto – foto kegiatan pengabdian.3. Produk jika ada

Page 135: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

135Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

LAPORAN HASILA. SAMPUL MUKAWarna sampul muka hijau lumut, ukuran kertas A4, dengan format sbb :

Sampulmuka

Warna sampul muka hijau lumut, ukuran kertas A4, dengan format sbb :

DANA DIPAUNNES

USUL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

JUDUL PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Oleh : Nama, NIP Ketua

Nama, NIP Anggota (Tuliskan semua nama pengusul, lengkap dengan gelar akademiknya)

UNIT KERJA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

TAHUN

Page 136: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

136Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

LEMBAR PENGESAHANB. Halaman Pengesahan

Setiap Laporan harus disertai halaman pengesahan dengan format sbb :Halaman Pengesahan Setiap Proposal harus disertai halaman pengesahan dengan format sbb

:

HALAMAN PENGESAHAN

1. Judul : 2. Bidang : 3. Ketua Tim Pengusul

a. Nama : b. NIP. : c. Pangkat/Golongan : d. Jabatan : e. Sedang melakukan pengabdian : ya/tidak f. Fakultas/ Unit Kerja : h. Bidang Keahlian : i. Alamat Kantor/Telp./Fax/E-mail : j. Alamat Rumah/Telp./Fax/E-mail :

4. Jumlah Anggota (maks. 3 anggota) : ... Orang a. Nama Anggota I : b. Nama Anggota II : c. Nama Anggota III :

5. Jangka Waktu Kegiatan : .....bulan (minimal 3 bulan) 6. Bentuk Kegiatan : 7. Lokasi Kegiatan : 8. Biaya yang Diperlukan

a. Sumber dari UNNES : Rp. b. Sumber lain (sebutkan ................) : Rp. c. Jumlah : Rp.

Semarang,

Mengetahui : Ketua Pelaksana, Dekan Fakultas/Kepala Pusat Cap dan tanda tangan tanda tangan ( ............................) (.............................) NIDN. ...................... NIP. ......................

Menyetujui : Ketua LP2M Unnes,

Cap dan tanda tangan (..............................) NIDN.......................

Page 137: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

137Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

C. SISTEMATIKA LAPORAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

1. HALAMAN JUDUL2. HALAMAN PENGESAHAN3. RINGKASAN DAN SUMMARY4. TIM PELAKSANA5. KATA PENGANTAR6. DAFTAR ISI7. DAFTAR TABEL8. DAFTAR LAMPIRAN9. PENDAHULUAN

Menjelaskan tentang analisis situasi,perumusan masalah,tujuan dan manfaat kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

10. TINJAUAN PUSTAKAUraikan hal-hal yang berkaitan denga kerangka pikir bagaimana kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai pustaka yang relevan.

11. MATERI DAN METODE PELAKSANAANa. Kerangka Pemecahan Masalahb. Realisasi Pemecahan Masalahc. Khalayak Sasarand. Metode yang digunakan.

12. HASIL DAN PEMBAHASANJelaskan hasil apa saja yang telah diperoleh dan kemudian bahas dengan berbagai acuan yang ada.

13. SIMPULAN DAN SARANa. Simpulanb. Saran

14. DAFTAR PUSTAKA15. LAMPIRAN

a. Surat Tugasb. Kontrak Kerjac. Daftar Hadir Pesertad. Materi/Produk Artikele. Foto-Foto Kegiatanf. Lampiran lain yang penting

Page 138: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

138Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Tenaga Kependidikan

VI. ARTIKEL PENGABDIAN

1. Ditulis dalam bahasa Indonesia, format dua kolom ( kecuali abstrak ), menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 pts, spasi ganda, dicetak pada kertas A4 sebanyak 10 – 15 ha-laman.

2. Sistematika artikel :a. Judul (huruf kapital, ukuran 14 pst, maksimum 14 kata)b. Nama penulis (masimun 2 orang, tanpa gelar akademik, di bawahnya ditulis asal lembaga

beserta alamat atau emailnya)c. Abstrak (dalam bahasa Inggris dan Indonesia ditulis 1 spasi dan maksimum 150 kata)d. Kata kunci (diambil dari judul atau abstrak)e. Pendahuluan (berisi latar belakang, permasalahan, tujuan, manfaat, dan tinjauan pusta-

ka, tanpa sub judul)f. Metode ( berisi langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan,

termasuk di dalamnya bahasa yang digunakan, alat, evaluasi yang dilakukan dan statistik untuk menganalisa data)

g. Hasil dan pembahasan (berisi hasil kegiatan yang dilakukan dan pembahasan hasil, porsi tulisan pada bagian ini minimal 2 halaman).

h. Simpulan dan sarana (dengan sub judul Simpulan dan Saran, pada simpulan berisi jawa-ban dari permasalahan yang dikemukakan, sedangkan Saran hanya berisi yang berkaitan dengan simpulan yang didapat)

i. Daftar Pustaka ( hanya berisi yang dikutip dan digunakan dalam tulisan).3. Perujukan/Pengutipan menggunakan teknik kurung (nama, tahun, dan halaman) atau apa-

bila ditaruh di depan menggunakan : nama (tahun dan halaman)4. Gambar dan foto berkaitan dengan kegiatan pengabdian dianjurkan disertakan dalam artikel5. Tabel gambar dan foto diberi nomor (angka araf) dan judul, serta keterangan yang jelas. Judul

tabel diletakan diatas tabel, sedangkan judul gambar diletakan di bawah gambar. Tabel hanya mengunakan garis horisontal, tanpa garis vertikal.

Daftar Pustaka ditulis berurutan berdasarkan abjat, dengan susunan : nama penulis ( nama akhir didepan), tahun judul buku (cetak miring), kota : penerbit contoh : Haryoto, 1996, Membuat kursi Bambu, Yogyakarta : Kanisius6. Daftar Pustaka yang berasal dari jurnal, internet, dan sumber lain sesuai dengan kelaziman

ilmiah yang berlaku.

Page 139: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

139Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

PANDUAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BAGI DOSEN

PENDAHULUANProgram Pengabdian kepada masyarakat dikembangkan untuk menampung kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan lembaga di Universitas Negeri semarang (Unnes) dalam bentuk pendidikan masyarakat, pelayanan masyarakat, kuliah kerja nyata, kaji tindak, penerapan dan pengembangan hasil penelitian serta pengembangan wilayah berdasar visi Unnes konservasi.

Khalayak sasaran pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah masyarakat luas, dapat sebagai individu, kelompok, komunitas maupun lembaga yang berada di perkantoran maupun pedesaan dengan kegiatan di bebagai bidang dan sektor pembangunan baik untuk kalangan swasta maupun pemerintah.

Program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam waktu antara 3-10 bulan. Rangkaian proses pengusulan, pelaksanaan dan pelaporan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan sesuai dengan panduan yang telah disusun oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat(LP2M).

Ruang lingkup pengabdian kepada masyarakat diutamakan meliputi program dan kegiatan yang berhubungan dengan:

1. Konservasi Bidang Pendidikan, meliputi antara lain;a. Inovasi pembelajaranb. Teknologi dan Informasi Pendidikan/pembelajaranc. Penjaminan mutu akademik, lulusand. E-learninge. Sistem Akademikf. Sistem Administrasig. Sistem Pengembangan Profesih. Peningkatan SDMi. Penjaminan Mutu ISOj. Pendidikan karakterk. Pendidikan soft skill dosen dan mahasiswa, dll

2. Konservasi Sumber daya Alam dan Lingkungan, meliputi antara lain;a. Green Campus University, terdiri dari Green Internal Transportation, Biopori, Green

Space manajemen, Green campus dan lain sebagainya.b. Paperless Policy, terdiri dari pengelolaan administrasi akademik, administrasi dokumen

perkantoran, sosialisasi, pengembangan penerbitan on-line, peningkatan sarana dan prasarana, Organisasi dan Tata Kerja, Penelitian dan Pengembangan, dan lain sebagainya.

c. Keanekaragaman hayati, terdiri antara lain inventarisasi keaneragaman hayati, database flora dan fauna, penangkaran kupu-kupu, sarang buatan, biodeversity, dll

Page 140: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

140Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

d. Pengelolaan Limbah kampus, antara lain pengelolaan limbah sampah, daur ulang sampah, pengelolaan limbah bahan berbahaya/beracun, pemanfaatan sampah menjadi kompos, dll

3. Konservasi Budaya, meliputi antara lain; pelestarian seni tradisi dan sastra lesan, pemberdayaan kesenian dan tradisi lesan, pendokumentasian kesenian dan tradisi lesan, pengembangan konsep kampung budaya, konservasi moral, etika, kepemimpinan, kedisiplinan dan etos kerja, budaya kerja, dll, Selain tema-tema di atas dapat diusulkan program pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kekhasan jurusan atau program studi pengusul.

4. Sumberdaya dan peningkatan kualitas hidup, penerapan Ipteks dan pemberdayaan masyarakat. Sumberdaya dan peningkatan kualitas hidup antara lain dalam bentuk pelayanan kesehatan masyarakat, keselamatan dan kesehatan kerja, penyalahgunaan narkoba dan lain-lain. Penerapan Ipteks antara lain dalam bentuk penerapan teknologi tepat guna dan hasil-hasil penelitian. Pemberdayaan masyarakat meliputi berbagai macam pelatihan keterampilan untuk meningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat.

Page 141: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

141Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

B. PENGUSULAN

a. Sampul muka

WARNA SAMPUL MUKA SESUAI BENDERA FAKULTASukuran kertas A4, dengan format sbb :

II. PENGUSULAN Sampul muka

Warna sampul muka sesuai bendera fakultas, ukuran kertas A4, dengan format sbb

:

DANA DIPA UNNES

USUL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

JUDUL PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Oleh : Nama, NIDN Ketua

Nama, NIDN Anggota (Tuliskan semua nama pengusul, lengkap dengan gelar akademiknya)

FAKULTAS ................... UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Tahun

Page 142: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

142Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

b. Halaman Pengesahan

Setiap Proposal harus disertai halaman pengesahan dengan format sbb : Halaman Pengesahan

Setiap Proposal harus disertai halaman pengesahan dengan format sbb

:

A. SISTEMATIKA PROPOSAL

HALAMAN PENGESAHAN

1. Judul : 2. Bidang : 3. Ketua Tim Pengusul

a. Nama : b. NIDN. : c. Pangkat/Golongan : d. Jabatan : e. Sedang melakukan pengabdian : ya/tidak f. Fakultas : g. Jurusan : h. Bidang Keahlian : i. Alamat Kantor/Telp./Fax/E-mail : j. Alamat Rumah/Telp./Fax/E-mail : 4. Jumlah Anggota (maks. 4 anggota) : ... Orang a. Nama Anggota I : b. Nama Anggota II : c. Nama Anggota III : d. Nama Anggota IV : 5. Jangka Waktu Kegiatan : .....bulan (minimal 3 bulan) 6. Bentuk Kegiatan : 7. Lokasi Kegiatan : 8. Biaya yang Diperlukan a. Sumber dari UNNES : Rp. b. Sumber lain (sebutkan ................) : Rp. c. Jumlah : Rp.

Semarang, Mengetahui : Ketua Pelaksana, Dekan Fakultas/Kepala Pusat Cap dan tanda tangan tanda tangan ( ............................) (.............................) NIDN. ...................... NIDN. ......................

Menyetujui : Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Cap dan tanda tangan (..............................) NIDN.......................

Page 143: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

143Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

C. SISTEMATIKA PROPOSALPenulisan proposal pengabdian kepada masyarakat mengikuti alur sbb :

A. JUDUL Singkat dan cukup spesifik, tetapi jelas menggambarkan kegiatan pengabdian kepada

masyarakat yang akan dilaksanakan.B. ANALISIS SITUASI Gambarkan secara kuantitatif potret, profil dan kondisi khalayak sasaran yang akan

dilibatkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Gambarkan pula kondisi dan pontensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yangakan dilakukan.

C. IDENTIFIKASI DAN PERUMUSAN MASALAH Rumuskan masalah secara konkrit dan jelas. Perumusan Masalah menjelaskan pula definisi,

asumsi dan lingkup yang menjadi batasan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.D. TINJAUAN PUSTAKA Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang enimbulkan gagasan yangmendasari kegiatan

pengabdian kepada masyaraka yang akan dilakukan. Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan dan baha kegiatan pegabdian kepada masyarakat teks lain yang diperoleh dari pustaka,yang dijadikan landasan untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan. Uraian dalam Tinjauan Pustaka dibawa untuk menyusun kerangka atau konsep yang akan digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tinjauan Pustaka mengacu pada Daftar Pustaka yang disajikan di Lampiran.

E. TUJUAN KEGIATAN Rumusan Tujuan yang akan dicapai secara spesifik yang merupakan kondisi baru yang

diharapkan terwujud setela kegiatan pengabdian kepada masyarakat selesai. Rumusan tujuan hendaknya jelas dan dapat diukur.

F. MANFAAT KEGIATAN Gambarkan manfaat bagi khalayak sasaran, dari sisi ekonomi maupun pengembangan

ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, apabila perubahan kondisi terjadi setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat selesai.

G. KERANGKA PEMECAHAN MASALAH Merupakan kerangka berfikir secara teoritis maupun empirik untuk memecahkan masalah

yang sudah diidentifikasi. Gambarkan berbagai alternatif pemecahan masalah yang mungkin dilakukan untuk menangani masalah yang dirumuskan. Bagaimana proses pemilihan alternatif itu sampai terpilih cara pemecahan yang paling baik yang akan dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat

H. KHALAYAK SASARAN ANTARA YANG STRATEGIS Siapa ( individu/kelompok ) anggota khalayak sasaran yang dianggap strategis (mampu

dan mau ) untuk dilibatkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, serta dapat menyebarluaskan hasil kegiatan pada anggota khalayak sasaran yang lain.

I. KETERKAITAN Uraian keterkaitan antara kegiatan yang dilakukan denganberbagai institusi terkait dengan

menjelaskan peran dan manfaat yang diperoleh masing-masing institusi yang terkait.J. METODE KEGIATAN Sebut dan uraikan metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan yang telah

dicanangkan dalam butir E (Tujuan Kegiatan ).K. RANCANGAN EVALUASI Uraikan bagaimana dan kapan evaluasi akan dilakukan. Apa saja kriteria, indikator

pencapaian tujuan dan tolok ukur yang digunakan untuk menyatakan keberhasilan dari kegiatan yang dilakukan.

Page 144: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

144Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

L. RENCANA DAN JADWAL KERJA Gambarkan tahap-tahap kegiatan dan jadwal secara spesifik dan jelas dalam suatu satuan

waktu. Jelaskan pula apa yang akan dikerjakan, kapan dan di mana.M. ORGANISASI PELAKSANA

1. Ketua Pelaksanaa. Nama dan Gelar Akademik :b.Pangkat/ Golongan/ NIDN :c. Jabatan Fungsional :d. Bidang Keahlian :e. Fakultas/Program Studi/Pusat :f. Waktu untuk Kegiatan ini : jam/ mimggu

2. Anggota Pelaksana : (rincian sama seperti butir 1)3. Tenaga Pembantu a. Nama : b. Pangkat/Golongan/ NIDN /NIM : c. Unit Kerja : d. Waktu untuk Kegiatan ini : jam/ minggu e. Pembantu Bidang : 4. Tenaga Administrasi a. Nama : b. Pangkat/Golongan/ NIDN /NIM : c. Unit Kerja : d. Waktu untuk kegiatan ini : jam/minggu

N. RENCANA BIAYABerikan rincian biaya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan mengacu pada metode kegiatan dibutir J (Metode Kegiatan) dengan rekapitulasi biaya :

1. Honorarium, maksimum 30 %2. Peralatan3. Bahan4. Perjalanan5. Seminar hasil & monitoring6. Lain-lain

LAMPIRAN-LAMPIRAN1. Daftar Pustaka2. Daftar Riwayat Hidup :

Page 145: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

145Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

DAFTAR RIWAYAT HIDUPPELAKSANA KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

1. Nama Lengkap dan gelar Akademik :2. Tempat dan Tanggal Lahir :3. Jenis kelamin : L/P4. Fakultas/Jurusan/Program Studi/Pusat :5. Pangkat/Golongan/ NIDN. :6. Bidang keahlian :7. Kedudukan dalam Tim :8. Alamat Kantor : Kode PosTelepon/Faksimili : E-mail : Alamat Rumah : Kode Pos Telepon/Faksimili : E-mail :9. Pengalaman dalam Bidang Pengabdian kepada masyarakat :

No. Judul Kegiatan Tahun Sumber Dana

Semarang, ................. Ketua pelaksana/ Anggota Pelaksana,

Tanda tangan (.............................) NIDN.

3. Materi Iptek yang akan diterapkan4. Denah lokasi kegiatan

Page 146: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

146Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

C. EVALUASI PROPOSALINSTRUMEN PENILAIAN

FORMAT PENILAIAN PROPOSAL KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Judul :Ketua Pelaksana :Fakultas/Jurusa/Kelembagaan :Universitas : Universitas Negeri SemarangBidang Ilmu Ketua Pelaksana :Bentuk Kegiatan :Lama Kegiatan : 3-10 bulanBiaya : Rp.

KRITERIA PENILAIANNo. KRITERIA INDIKATOR PENILAIAN BOBOT (%) SKOR NILAI

1 Masalah yang ditangani

a. Judulb. Analisis Situasic. TinjauanPustakad. Perumusan Masalah

25

2. Tujuan dan manfaat

e. Tujuanf. Manfaat 20

3. Kerangka Berfikir

g. Pemecahan Masalahh. Khalayak sasaran antara yang strategisi. Keterkaitanj. Metode kegiatan

25

4. Evaluasi k. Rancangan Evaluasi 10

5. Fisibilitas

l. Rencana dan Jadwalm. Organisasi Pelaksanan. Rencana Biayao. Lain-lain 20

J U M L A H 100 Setiap kriteria diberi skor : 1,2,3,5,6,7

Saran/Rekomendasi : ..........................................................................................

Semarang, ................... Penilai,

( ...........................)

Page 147: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

147Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

BUTIR-BUTIR SARAN PERBAIKAN

NO KRITERIA INDIKATOR PENILAIAN HASIL PENILAIAN

1Masalah yang Ditagani

• Judul• Analisis Situasi• Tinjauan Pustaka• Perumusan

Masalah

• Judul tidak mencerminkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat

• Data tidak lengkap,tidak kuantitatif dan tidak relevan dengan masalah serta analisis kurang tajam

• Tinjauan dan Daftar Pustaka untuk mendukung analisis situasi kurung

• Masalah tidak spesifik, kurang konkrit dan tidak menggambarkan masalah khalayak sasaran serta lebih bersifat masalah pengajar/perguruan tinggi

2. Tujuan dan Manfaat

• Tujuan• Manfaat

• Tujuan tidak spesifik,tidak/sulit terukur dan kurang menggambarkan perubahan kondisi khalayak

• Penggambaran manfaat kurang relevan dengan tujuan dan khalayak sasaran

3. Kerangka Berpikir

• Pemecahan Masalah

• Khalayak Sasaran • Antara yang

Strategis• Keterkaitan• Metode Kegiatan

• Penggambaran alternatif kurang lengkap dan dasar pemilihan cara pemecahan masalah kurang dilandasi teori, kenyataan da kpndisi yang ada

• Identifikasi khalayak sasaran antara yang strategis kurang spesifik, tidak jelas, dan daya sebar ke khalayak sasaran yang lain kurang.

• Keterkaitan dengan institusi terkait kurang, sedangkan peran institusi terkait tidak jelas.

• Metode kurang relevan dengan pencapaian tujuan serta kurang relevan dengan kondisi khalayak sasaran.

4. Evaluasi Rancangan Evaluasi

• Kriteria. Variabel evaluasi kurang relevan dengan tujuan, proses kegiatan, dan manfaat. Metode evaluasi kurang rinci dan kurang relevan dengan kritera Variabel. Tolok ukur kurang spesifik dan kurang jelas.

5. Fisibilitas

• Rencana dan• Jadwal• Organisasi• Pelaksana• Rencana Biaya

• Rencana dan jadwal kerja kurang rinci dan kurang relevan dengan tujuan, metode, khalayak serta kondisi/kemampuan para pelaksana

• Komposisi personalia kurang mencerminkan kebutuhan pemecahan masalah atas dasar bidang ilmu

• Biaya kurang relevan dengan kegiatan yang dilakukan serta komponen biaya kurang rinci.

• Lain-lain (Format tidak sesuai,Lampiran kurang lengkap dsb).

Page 148: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

148Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

D. PEMANTAUAN PELAKSANAAN

A. FORMAT PEMANTAUAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

1. a. Fakultas : ............................................................... b. Program Studi : ................................................................

2. Ketua Pengabdian kepada Masyarakat : ...............................................................

3. Judul Pengabdian kepada Masyarakat : ............................................................... ..............................................................................................................................................

..............................................................................................................................................

................................................................................................................ 4. Biaya Pengabdian kepada Masyarakat : Rp...........................................................

5. a. Lokasi Pengabdian kpd Masyarakat : Laboratorium/ Rumah Kaca/Lapangan, Lain-lain, Sebutkan ............................*) b. Nama/Alamat Lokasi Pengabdian : ................................................................ ................................................................6. Cara Pemantauan : Tinjauan Lapangan/Lab/ Wawancara, lain-lain,sebutkan...............................*)7. Pelaksanaan Pengabdian : Sesuai/tidak sesuai dengan rencana *) a. Tanggal Mulai : ………………………………………… b. Tanggal Selesai : …………………………………………8. Peran LPM/LPPM/ Direktur PT dalam pelaksanaan Program:

Kegiatan yang di lakukan Ya/Tidak1. Memonitor pelaksanaan kegiatan2. Mengevaluasi hasil kegiatan melalui kunjungan lapangan3. Mengirimkan laporan akhir dan artikel publikasi ilmiah4. Mengadakan seminar hasil kegiatan5. Memberikan kontribusi dalam pendanaan program

9. Kesesuaian Implementasi Pelaksanaan Program dengan Usulan:

a. Tingkat Penyelesaian pelaksanaan program

Lingkari sesuai hasil pemantauan1) Belum di laksanakan2) Sedang proses penyelesaian3) Selesai dilaksanakan tetapi kurang

sesuai dengan harapan masyarakat/ khalayak sasaran

4) Selesai dan sesuai dengan harapan masyarakat/ khalayak sasaran

b. Frekuensi kunjungan tim pelaksana ke masyarakat/ khalayak sasaran

Tuliskan jumlah kunjungan tim ke masyarakat / khalayak sasaran selama kegiatan......... kali

Page 149: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

149Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

c. Jumlah anggota masyarakat/ khalayak sasaran yang terlibat ..................orang

d. Lembaga / intitusi terkait yang terlibat dalam kegiatan

Sebutkan nama lembaga/ institusi terkait yang terlibat:1)2)3)

e. Keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan program

Uraikan peran dan jumlah mahasiswa yang terkait

f. keterlibatan Masyarakat / khalayak sasaran dalam pelaksanaan Program

Uraikan secukupnya

g. Dampak pelaksanaan program bagi masyarakat/ khalayak sasaran

Uraikan secukupnya

h. Dampak program bagi pengajaran di PT yang bersangkutan

Lingkari sesuai yang di harapkan 1) Bahan baku ajar / modul2) Bahan praktek / job sheet3) Lainnya, sebutkan.....................

10. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Program

a. Kendala dari masyarakat / khalayak sasaran

Uraikan secukupnya

b. Kendala dari tim pelaksana Uraikan secukupnya

11. Rekomendasi keikutsertaan dalam Seminar Hasil ( Lingkari huruf yang sesuai)a. Tidak b. Ya, berikan alasan keunggulan / hasil penting dari pengabdian tersebut sehingga

layak untuk di seminarkan pada ruang berikut ini:

Page 150: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

150Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

12. Hasil Penting dalam Pemanfaatan Pengabdian (uraikan tentang temuan penting di lapangan)

13. Penilaian Umum dan saran

14. Tanggal Pemantauan :

............................,.................2008

Mengetahui,Ketua LP2M Unnes, Pemantau,

(...................................................) (.................................................)NIP. NIP.

• Lampirkan :1. Laporan kemajuan secara tertulis2. Foto – foto kegiatan pengabdian.3. Produk jika ada

Page 151: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

151Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

E. LAPORAN HASIL

a. Sampul Muka

WARNA SAMPUL MUKA SESUAI BENDERA FAKULTAS, ukuran kertas A4, dengan format sbb :

V. LAPORAN HASIL A. SAMPUL MUKA

Warna sampul muka sesuai bendera fakultas, ukuran kertas A4, dengan format sbb

:

DANA DIPA UNNES

LAPORAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

JUDUL PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Oleh : Nama, NIDN Ketua

Nama, NIDN Anggota (Tuliskan semua nama pengusul, lengkap dengan gelar akademiknya)

Dibiaya oleh : DIPA UNNES Nomor : ...... Tgl. .... MA.......

FAKULTAS ................... UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Tahun

Page 152: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

152Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

b. Halaman Pengesahan

Setiap Laporan harus disertai halaman pengesahan dengan format sbb :LEMBAR PENGESAHAN B. Halaman Pengesahan

Setiap Laporan harus disertai halaman pengesahan dengan format sbb :

C. SISTEMATIKA LAPORAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

HALAMAN PENGESAHAN

1. Judul : 2. Bidang : 3. Ketua Pelaksana

a. Nama Lengkap : b. NIDN. : c. Pangkat/Golongan : d. Jabatan : e. Fakultas/Jurusan : 4. Jumlah Tim : ... Orang 5. Lokasi Kegiatan : a. Desa ............................. b. Kecamatan ................... c. Kabupaten/Kodya ........ 6. Bila program ini merupakan kerjasama kelembagaan a. Nama Instansi : .................................................................. b. Alamat : .................................................................. 7. Jangka Waktu Kegiatan : .....bulan 8. Belanja : Rp

Semarang, Mengetahui : Ketua Pelaksana, Dekan Fakultas/Kepala Pusat Cap dan tanda tangan tanda tangan ( ............................) (.............................) NIDN. ...................... NIDN. ......................

Menyetujui : Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat

Cap dan tanda tangan (..............................) NIDN.......................

c. Sistematika Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat

Page 153: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

153Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

HALAMAN JUDULHALAMAN PENGESAHANRINGKASAN DAN SUMMARYTIM PELAKSANAKATA PENGANTARDAFTAR ISIDAFTAR TABELDAFTAR LAMPIRANI. PENDAHULUAN

Menjelaskan tentang analisis situasi,perumusan masalah,tujuan dan manfaat kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

II. TINJAUAN PUSTAKAUraikan hal-hal yang berkaitan denga kerangka pikir bagaimana kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai pustaka yang relevan.

III. MATERI DAN METODE PELAKSANAANA. Kerangka Pemecahan MasalahB. Realisasi Pemecahan MasalahC. Khalayak SasaranD. Metode yang digunakan.

IV. HASIL DAN PEMBAHASANJelaskan hasil apa saja yang telah diperoleh dan kemudian bahas dengan berbagai acuan yang ada.

V. SIMPULAN DAN SARANA. SimpulanB. Saran

DAFTAR PUSTAKALAMPIRAN1. Surat Tugas2. Kontrak Kerja3. Daftar Hadir Peserta4. Materi/Produk Artikel5. Foto-Foto Kegiatan6. Lampiran lain yang penting

Page 154: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

154Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Panduan Pengabdian bagi Dosen

F. ARTIKEL PENGABDIAN

1. Ditulis dalam bahasa Indonesia, format dua kolom ( kecuali abstrak ), menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 pts, spasi ganda, dicetak pada kertas A4 sebanyak 10 – 15 halaman.

2. Sistematika artikel :a. Judul (huruf kapital, ukuran 14 pst, maksimum 14 kata)b. Nama penulis (masimun 2 orang, tanpa gelar akademik, di bawahnya ditulis asal lembaga

beserta alamat atau emailnya)c. Abstrak (dalam bahasa Inggris dan Indonesia ditulis 1 spasi dan maksimum 150 kata)d. Kata kunci (diambil dari judul atau abstrak)e. Pendahuluan (berisi latar belakang, permasalahan, tujuan, manfaat, dan tinjauan pustaka,

tanpa sub judul)f. Metode ( berisi langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan,

termasuk di dalamnya bahasa yang digunakan, alat, evaluasi yang dilakukan dan statistik untuk menganalisa data)

g. Hasil dan pembahasan (berisi hasil kegiatan yang dilakukan dan pembahasan hasil, porsi tulisan pada bagian ini minimal 2 halaman).

h. Simpulan dan sarana (dengan sub judul Simpulan dan Saran, pada simpulan berisi jawaban dari permasalahan yang dikemukakan, sedangkan Saran hanya berisi yang berkaitan dengan simpulan yang didapat)

i. Daftar Pustaka ( hanya berisi yang dikutip dan digunakan dalam tulisan).3. Perujukan/Pengutipan menggunakan teknik kurung (nama, tahun, dan halaman) atau apabila

ditaruh di depan menggunakan : nama (tahun dan halaman)4. Gambar dan foto berkaitan dengan kegiatan pengabdian dianjurkan disertakan dalam artikel5. Tabel gambar dan foto diberi nomor (angka araf) dan judul, serta keterangan yang jelas. Judul

tabel diletakan diatas tabel, sedangkan judul gambar diletakan di bawah gambar. Tabel hanya mengunakan garis horisontal, tanpa garis vertikal.

Daftar Pustaka ditulis berurutan berdasarkan abjat, dengan susunan : nama penulis ( nama akhir didepan), tahun judul buku (cetak miring), kota : penerbit contoh : Haryoto, 1996, Membuat kursi Bambu, Yogyakarta : Kanisius6. Daftar Pustaka yang berasal dari jurnal, internet, dan sumber lain sesuai dengan kelaziman

ilmiah yang berlaku.

Page 155: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

155Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Gaya Selingkung Jurnal LP2M

GAYA SELINGKUNG JURNAL PENELITIAN DAN JURNAL PENGABDIAN KEPADA

MASYARAKATA. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN

1. Artikel dalam bentuk hasil penelitian atau hasil pemikiran tentang penelitian pendidikan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain.

2. Artikel di tulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris berupa ketikan, beserta rekamannya berupa CD/ Flashdisk maksimal 18 halaman, kuarto, termasuk tabel dan gambar, spasi 2 (dua).

3. Abstrak atau Intisari tidak lebih 200 kata disertai 3 – 5 kata kunci (keyword).Sistematika penulisan disusun dengan urutan sebagai berikut:Judul Disertai identitas penulis dan alamat instansi /lembaga penulis.Abstrak Diikuti kata kunci, merupakan ringkasan isi artikel yang dituangkan secara padat, bukan komentar atau kata pengantar penulis, berisi masalah, tujuan, metodologi, temuan atau kontribusi penelitian, ditulis dalam bahasa Inggris.Pendahuluan Memuat latar belakang, rumusan masalah, tujuan, kegunaan dan kerangka teoritis penelitian. Metode PenelitianPerlu diuraikan 1) jenis dan desain penelitian, 2) populasi, sampel dan teknik pengambilan sampel penelitian, 3) variabel penelitian dirumuskan secara operasional, 4) instrumen penelitian disertai penentuan validitas dan reliabilitasnya, 5) teknik pengumpulan data, dan 6) teknik pengolahan dan analisis data.Hasil Dan Pembahasan Semua masalah harus ada batasannya. Pembahasan atas masalah yang dirumuskan di bab pendahuluan harus diuraikan dengan jelas, sistematis, dan tuntas.Simpulan dan Saran Berisi simpulan dan saran.Daftar pustaka Daftar pustaka yang ditulis harus sesuai dengan pustaka yang dirujuk dalam artikel. Jadi yang dirujuk dalam artikel harus ditulis dalam daftar pustaka. Demikian pula yang ada dalam daftar pustaka harus dirujuk dalam artikel.

Contoh Penulisan Daftar PustakaBahan pustaka berbentuk buku ditulis dengan urutan nama pengarang, tahun terbit, judul buku dengan cetak miring, kota terbit, dan penerbit. Untuk memisahkan bagian-bagian tersebut digunakan tanda titik (.), kecuali antara kota dan penerbit digunakan tanda titik dua (:). Contoh Dekker, N. 1992. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa: dari pilihan ke satu-satunya Asas. Malang: FPIPS IKIP Malang.Strunk, W., Jr. And E.B. White. 1997. The elements of Style (3rd ed). New York: Mac. Milan.Hanafi, A. 1989. Partisipasi dalam Siaran Pedesaan dan Pengadopsian Inovasi. Forum Peneliti I. 1:3-471. Bahasa jurnal penelitian pendidikan berupa ragam bahasa ilmu yang bercirikan penggunaan

kata, frasa, dan kalimat yang baku, tegas, jelas, dan spesifik.2. Artikel yang diterima redaksi dinilai layak-tidaknya untuk dimuat berdasarkan penilaian dari

penyunting ahli. Artikel yang tidak layak muat tidak dikembalikan. Artikel yang layak muat dengan revisi, maka dikembalikan kepada penulis beserta catatan dari penyunting ahli. Penulis dapat mengirimkan hasil revisi artikel kepada redaksi jurnal penelitian pendidikan.

Page 156: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

156Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Gaya Selingkung Jurnal LP2M

B. JURNAL SAINTEKNOL

Page 157: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

157Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Gaya Selingkung Jurnal LP2M

C. JURNAL ABDIMAS

(LP2M Unnes)

Page 158: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

158Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015

●Gaya Selingkung Jurnal LP2M

D. JURNAL REKAYASA

Page 159: 2015 Panduan Pl Pm Dipa Unnes 2

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Negeri Semarang

Gedung G Lantai 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229Telepon: +62-24-8508087, +62-24-8508089

Faksimile: +62-24-8508087, +62-24-8508089Email: [email protected]: lp2m.unnes.ac.id