1a. Silabus Pengantar Manajemen Strategi 2015

7
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS INDONESIA DEPARTEMEN MANAJEMEN SILABUS Pengantar Manajemen Strategi (2 SKS) KELAS AKUNTANSI A. Pengajar/Tim Pengajar Dosen: No . Nama 1 Avanti Fontana, Ph.D., CF, CC 2 Fandis Ekyawan, S.E., M.M. 3 Zalmi Zubir, S.E., MBA 4 Rachmadi Agus Triono, S.E., M.Si 5 Ratih Savitri Ali S.E, M.Si 6 Niken Iwani Surya Putri S.E.,M.Sc 7 Muthia Pramesti, S.E., M.M. B. Deskripsi Mata Ajaran Mata Ajar Pengantar Manajemen Strategi merupakan mata ajar wajib departemen yang memberikan pengertian dasar tentang manajemen strategi dan model rencana strategis (strategic planning model ). Mata ajar ini memiliki bobot 2 SKS. Kuliah menekankan pada pemahaman dan kemampuan peserta dalam menjawab pertanyaan apa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana manajemen strategi dan model perencanaan strategis dengan sistematika model perencanaan strategis serta peralatan analisis yang umum digunakan. Sistematika penyusunan Rencana Strategis meliputi: (1) Penentuan Visi dan Misi (2) Analisis Lingkungan Eksternal (External Factor Evaluation Matrix & Competitive Profile Matrix) (3) Analisis Industri (Five Forces Porter) 1

description

silabus

Transcript of 1a. Silabus Pengantar Manajemen Strategi 2015

Page 1: 1a. Silabus Pengantar Manajemen Strategi 2015

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS INDONESIA

DEPARTEMEN MANAJEMEN

SILABUSPengantar Manajemen Strategi

(2 SKS)KELAS AKUNTANSI

A. Pengajar/Tim Pengajar Dosen:

No. Nama1 Avanti Fontana, Ph.D., CF, CC2 Fandis Ekyawan, S.E., M.M.3 Zalmi Zubir, S.E., MBA4 Rachmadi Agus Triono, S.E., M.Si5 Ratih Savitri Ali S.E, M.Si6 Niken Iwani Surya Putri S.E.,M.Sc7 Muthia Pramesti, S.E., M.M.

B. Deskripsi Mata AjaranMata Ajar Pengantar Manajemen Strategi merupakan mata ajar wajib departemen yang

memberikan pengertian dasar tentang manajemen strategi dan model rencana strategis (strategic planning model). Mata ajar ini memiliki bobot 2 SKS.

Kuliah menekankan pada pemahaman dan kemampuan peserta dalam menjawab pertanyaan apa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana manajemen strategi dan model perencanaan strategis dengan sistematika model perencanaan strategis serta peralatan analisis yang umum digunakan.

Sistematika penyusunan Rencana Strategis meliputi: (1) Penentuan Visi dan Misi (2) Analisis Lingkungan Eksternal (External Factor Evaluation Matrix & Competitive Profile Matrix) (3) Analisis Industri (Five Forces Porter)(4) Analisis Internal (Internal Factor Evaluation Matrix)

(a) Tinjauan Sumber Daya (b) Analisis Mata Rantai Penciptaan Nilai (c) Analisis Fungsional

(5) Pengenalan berbagai jenis Strategi dan Sasaran Jangka Panjang (6) Pengenalan berbagai jenis Strategi Bisnis (TOWS Matrix, SPACE Matrix; Internal-External

Matrix) (7) Perumusan dan Keputusan Strategi

(a) Pendekatan-pendekatan Analisis Portofolio (b) Keputusan Strategi

(8) Pelaksanaan Strategi (a) Pertimbangan-pertimbangan Dasar (b) Penentuan Sasaran Jangka Pendek

1

Page 2: 1a. Silabus Pengantar Manajemen Strategi 2015

(c) Perumusan Kebijakan (c) Strategi Fungsional

(9) Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Strategi (a) Model-model Pengendalian (Balanced Scorecard)(b) Ciri-ciri Pengendalian yang Efektif (c) Evaluasi strategi

C. Jenis Mata Ajar (Wajib Universitas/Fakultas/Departemen/Konsentrasi/Pilihan)

D. Mata Ajar Prasyarat 1. Manajemen Keuangan 2. Manajemen Pemasaran 3. Manajemen Operasi 4. Manajemen SDM

E. Buku Teks yang Digunakan (boleh lebih dari satu) Buku Wajib David, Fred R. 2015. Strategic Management, Concepts and Cases, Pearson Prentice-Hall, 12th

Ed. (D)

F. Metode Mengajar-Belajar

Metode pembelajaran aktif (student-centered learning) diterapkan pada proses mengajar-belajar Pengantar Manajemen Strategi. Tanggungjawab dosen/fasilitator adalah menciptakan lingkungan belajar yang “aman,” merespons terhadap kebutuhan pemelajar, mempromosikan perubahan pola pikir dan perilaku. Prinsip kunci dalam menerapkan metode pembelajaran aktif adalah bahwa fasilitator harus memperhatikan dan memiliki kemampuan dalam:o menjaga dan meningkatkan harga diri peserta; o menjaga empati peserta; o mendorong keterlibatan peserta.

Metode pembelajaran aktif diterapkan dalam sesi-sesi Pengantar Manajemen Strategi Semester ini. Metode pembelajaran aktif yang dapat diterapkan antara lain: (lihat G):

a. Active Lecturing (AL) b. Collaborative Learning (CL): proses belajar kelompok yang setiap anggotanya aktif

menyumbangkan informasi, pengalaman, ide, sikap, pendapat, kemampuan, dan keterampilan yang dimiliki untuk bersama-sama saling meningkatkan pemahaman. (PDPT-UI, 2006)

c. Mini Case tersebar dalam seluruh proses pembelajaran

G. Mekanisme Penjaminan Mutu

Untuk menjamin mutu pembelajaran, ada serangkaian evaluasi pembelajaran yang terintegrasi dengan proses pembelajaran. Evaluasi pembelajaran yang digunakan, antara lain:

2

Page 3: 1a. Silabus Pengantar Manajemen Strategi 2015

1. Partisipasi. Nilai diberikan sesuai dengan keaktifan dalam proses mengajar-belajar dan kualitas respons yang diberikan mahasiswa. Tingkat partisipasi kelas merata. Proses mengajar-belajar berjalan lancar karena keterlibatan mahasiswa yang tinggi dalam proses mengajar-belajar di kelas.

2. Tugas Individu dalam bentuk kuis atau menjawab pertanyaan esai. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi tingkat retensi mahasiswa atas materi yang sudah diberikan di minggu sebelumnya.

3. Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.

H. Penilaian Hasil Akhir Kuliah Nilai akhir mahasiswa adalah rata-rata nilai dengan komponen penilaian dan bobot berikut ini:Presentasi dan Partisipasi Mingguan, Aktivitas di Kelas 20%Kuis (minimal 4 kali) 20%Ujian Tengah Semester (Closed Book) 30%Ujian Akhir Semester (Open Book) 30%

Total 100%

I. KehadiranMinimum 80% dari Jumlah Sesi Pertemuan

▪ Maksimum dua kali absen (tidak hadir) untuk Mata Ajar dengan 2 SKS. ▪ Mahasiswa yang datang 15 menit sesudah kuliah dimulai dianggap tidak hadir.

J. Pertemuan

3

Page 4: 1a. Silabus Pengantar Manajemen Strategi 2015

Pendukung

Fasilitator

• Perencanaan

Topik

– Memastikan Pengetahuan tentang topik bahasan (

dibutuhkan

untuk

mengantarkannya.

– Memastikan kesiapan kelas (peserta dan nonfisik)

• Kegiatan Perkuliahan Pembelajaran Aktif (SCL)

– Memahami prinsip-prinsip kunci dalam fasilitasi

– Formulir diskusi dengan peserta

– Naskah video bila ada pemutaran video

– Kegiatan opsional

• Manajemen Waktu

– Menggunakan waktu dengan efisien dan efektif

• Adaptasi Ruangan Kelas

– Menyiapkan rancang interior kelas untuk jumlah peserta >25.

4

Pertemuan Topik Bahasan Bahan

1Pengantar Manajemen Strategi: Proses Manajemen Strategi D Bab 1, Bab 2Pengertian-pengertian Pokok

2

Etika/Tanggung Jawab Sosial/ Keberlangsungan

Analisis Visi dan Misi

D Bab 3

D Bab 5

3 Jenis-jenis Strategi D Bab 4

4Audit Internal (Analisis Lingkungan Internal) D Bab 6

5Audit Eksternal (Analisis Lingkungan Eksternal) D Bab 7 UJIAN TENGAH SEMESTER

Pertemuan Topik Bahasan Bahan6 Penggalian dan Pemilihan Strategi D Bab 8

7 Implementasi Strategi D Bab 9

8 Eksekusi Strategi D Bab 10 (Struktur, Budaya, Kepemimpinan)

9 Pengendalian Strategi (Bagian 1) D Bab 11

10 Pengendalian Strategi (Bagian 2) D Bab 11 UJIAN AKHIR SEMESTER

Page 5: 1a. Silabus Pengantar Manajemen Strategi 2015

– Menyiapkan flipchart/wallchart.

– Menyiapkan media pembelajaran jarak jauh. dan lain-lain (akan dibahas kemudian bersama

dengan tim pengajar)

• Konfigurasi Perkuliahan SCL

• Evaluasi Metode Pembelajaran Aktif (SCL)

– Evaluasi Perkuliahan

– Cek Pengetahuan

• Jejaring atau himpunan komunikasi dosen Manajemen Stratejik dan Pembelajar Pengantar

Manajemen Strategi

K. Plagiarisme Plagiarisme adalah memasukan kata-kata/kalimat/ide orang lain sebagian atau seluruhnya tanpa

menyebutkan sumbernya. Jika mahasiswa memasukan kata-kata/kalimat dari penulis lain, harus disebutkan sumbernya

Plagiarisme termasuk juga menyalin (mengkopi) sebagian atau seluruh pekerjaan mahasiswa lain atau menyalin (mengkopi) dari buku, jurnal, web, majalah koran dan lain-lain. Plagiarisme juga mencakup oto-plagiarisme yaitu memasukan kata-kata/kalimat/ide sendiri yang berasal dari tugas/makalah yang telah dikumpulkan untuk penilaian dengan tanpa menyebutkan sumbernya.

Sesuai dengan aturan tata tertib dan kode etik kemahasiswaan seperti yang tercantum di buku Pedoman FEUI, mahasiswa dilarang melakukan plagiarisme dan akan dikenakan sanksi jika melakukan plagiarisme, yakni : ▪ Satu Kali, sekurang-kurangnya makalah diberi nilai nol, maksimum F ▪ Dua kali, mata ajaran terkait diberi nilai F ▪ Tiga Kali, dikeluarkan dari Departemen Manajemen FEUI

L. Statement of Authorship Untuk tugas membuat makalah/paper wajib menyertakan Statement of Authorship pada bagian depan dari makalah/paper yang ditulis.

Statement of AuthorshipSaya/kami yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalah

murni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.

Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untuk makalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menyatakan menggunakannya.

Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapat diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya plagiarisme.

Nama :NPM :Tandatangan :Mata ajaran :Judul makalah/tugas :Tanggal :Dosen :

5

Page 6: 1a. Silabus Pengantar Manajemen Strategi 2015

--- Tim Dosen Pengantar Manajemen Strategi Semester Ganjil 2015/2016 ---

6