02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

66
1 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Transcript of 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

Page 1: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

1Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Page 2: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

2 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Bab I Budayakan ”Darling”

A. Jawaban: Pokok-pokok isi sambutan tersebut sebagai berikut.1. Penebangan liar dilakukan oleh oknum-

oknum yang tidak memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

2. Penebangan liar dilakukan oleh orang-orang yang mengatasnamakan bisnis dan mengesampingkan kelestarian hutan.

3. Oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab telah menjarah beribu-ribu meter kubik kayu.

4. Perbuatan oknum-oknum yang tidak ber-tanggung jawab tersebut telah menimbulkan ancaman bencana banjir setiap saat bagi kita.

5. Lingkungan merupakan sebuah sistem yang saling terkait antara yang satu dengan yang lain.

6. Lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta.

B. Jawaban: Penebangan hutan liar dilakukan oleh oknum yang

tidak bertanggung jawab. Oknum tersebut hanya mengambil keuntungan bisnis dari penebangan hutan. Mereka tidak memikirkan akibat yang ditimbulkan dari perbuatannya. Mereka tidak memedulikan nasib orang-orang yang terancam bencana banjir yang setiap saat dapat terjadi. Oleh sebab itu, kita harus dapat mencegah penebangan hutan secara liar yang mengancam kelestarian lingkungan. Kita seharusnya dapat melestarikan lingkungan sebagai wujud syukur kepada Sang Maha Pencipta.

C. Jawaban:Diserahkan kepada siswa.

D. Contoh jawaban:1. Saya setuju dengan isi sambutan yang

disampaikan karena sesuai dengan sambut-an yang saya dengarkan.

2. Saya tidak setuju karena pokok-pokok isi sambutan tidak disampaikan secara lengkap. Sebaiknya, Anda memperhatikan dengan saksama isi sambutan tersebut.

A. Jawaban:Pokok-pokok isi artikel ”Budayakan Gerakan Sadar Lingkungan” sebagai berikut.1. Peristiwa tragis yang mengakibatkan ke-

rusakan lingkungan semakin parah, misalnya penggusuran lahan dan pembabatan hutan dilakukan secara liar.

2. Para pelaku kejahatan lingkungan dianggap sebagai pahlawan karena telah mampu mendongkrak devisa negara.

3. Pemerintah dan semua elemen masyarakat harus bersama-sama mengatasi persoalan kerusakan lingkungan.

4. Kita harus memiliki kemauan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

5. Pemerintah harus menerapkan kebijakan yang membudayakan sadar lingkungan melalui dunia pendidikan.

6. Institusi pendidikan harus menjadi benteng yang kukuh untuk menanamkan nilai-nilai budaya sadar lingkungan kepada murid-murid.

7. Pendidikan lingkungan hidup pada dunia pendidikan dapat disajikan secara lintas mata pelajaran melalui pokok-pokok pelajar-an yang relevan.

8. Pendidikan lingkungan hidup penting di-sampaikan kepada pelajar karena merekalah yang kelak menjadi penentu kebijakan mengenai penanganan dan pengelolaan baik lingkungan hidup.

B. Contoh jawaban:Artikel berjudul ”Budayakan Gerakan Sadar Lingkungan” tersebut berisi pentingnya mem-budayakan sadar lingkungan di sekolah. Pelajar merupakan generasi penerus yang kelak akan menentukan kebijakan berkaitan dengan

Page 3: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

3Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

kelestarian lingkungan hidup. Oleh sebab itu, perlu ditanamkan nilai-nilai sadar lingkungan kepada para pelajar. Para pelajar harus belajar cara menjaga lingkungan berdasarkan kearifan lokal yang dimiliki nenek moyang. Kearifan nenek moyang dapat memperlakukan lingkungan hidup dengan baik dan bersahabat.

Pelajar harus mengetahui kondisi lingkungan hidup di Indonesia. Kondisi lingkungan hidup baik hutan, air, maupun sungai semakin parah karena dirusak oleh penjahat lingkungan. Kerusakan lingkungan telah terjadi baik di desa maupun di kota. Penjahat lingkungan secara semena-mena telah menggunduli hutan dan membuka lahan secara liar. Mereka hanya mementingkan bisnis tanpa berpikir akibat yang ditimbulkan dari perbuatan mereka. Para pelajar harus sadar bahwa akibat yang ditimbulkan dari penjahat lingkungan hidup dapat mengancam keselamatan jutaan umat manusia. Oleh karena itu, sebagai pelajar kita harus paham bahwa pendidikan lingkungan hidup diperlukan untuk menyelamatkan lingkungan.

C. Contoh jawaban:Unsur-unsur menarik yang saya temukan sebagai berikut.1. Para penjahat lingkungan yang tidak

menghargai kearifan lokal masyarakat setempat justru dianggap sebagai ”pahlawan”.

2. Lingkungan hidup yang disemaikan melalui dunia pendidikan tidak harus menjadi mata pelajaran tersendiri. Lingkungan hidup dapat disajikan secara lintas mata pelajaran melalui pokok-pokok bahasan yang relevan.

D. Jawaban: Contoh jawaban:1. Alasannya, para penjahat lingkungan

seharusnya diberi sanksi hukum yang setimpal. Akan tetapi, dalam kenyataannya mereka malah dianggap sebagai pahlawan karena telah memberikan devisa cukup besar bagi negara.

2. Alasannya, apabila dijadikan dalam satu mata pelajaran tersendiri, beban pelajaran siswa semakin banyak. Alangkah lebih baik jika pendidikan lingkungan hidup disajikan dalam mata pelajaran yang relevan. Nilai-nilai sadar lingkungan dapat disampaikan guru dalam pokok bahasan sebuah mata pelajaran yang berkaitan dengan lingkungan. Pendidikan lingkungan hidup dapat pula dijadikan muatan lokal yang wajib dipelajari di satu daerah.

A. Jawaban:Gagasan utama paragraf ke-1: Manusia dan alam lingkungan adalah satu dalam kehidupan.Gagasan utama paragraf ke-2:Kita harus mendukung gerakan pelestarian hubungan harmonis antara manusia dan alam lingkungannya.Gagasan utama paragraf ke-3:Kita menciptakan dan memprakarsai gerakan cinta lingkungan.Gagasan utama paragraf ke-4:Pelestarian lingkungan merupakan kewajiban setiap manusia sebagai perwujudan manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

B. Jawaban:Kalimat penjelas paragraf ke-1: kalimat ke-1, kalimat ke-2, dan kalimat ke-3.Kalimat penjelas paragraf ke-2: kalimat ke-2 dan kalimat ke-3.Kalimat penjelas paragraf ke-3: kalimat ke-2 dan kalimat ke-3.Kalimat penjelas paragraf ke-4: kalimat ke-2, kalimat ke-3, dan kalimat ke-4.

C. Jawaban:Paragraf ke-1 termasuk jenis paragraf induktif.Paragraf ke-2 termasuk jenis paragraf deduktif.Paragraf ke-3 termasuk jenis paragraf deduktif.Paragraf ke-4 termasuk jenis paragraf deduktif.

D. Jawaban:Contoh jawaban:1. Paragraf pertama (induktif) memiliki ciri

sebagai berikut.a. Kalimat utama terletak di akhir paragraf.

Kalimat utama paragraf keempat adalah kalimat Antara manusia dan alam lingkungan adalah satu dalam suatu kehidupan.

b. Paragraf keempat dimulai dari per nyata-an-pernyataan bersifat khusus kalimat ke-1, ke-2, dan ke-3, lalu uraian tersebut disimpulkan pada akhir paragraf.

2. Paragraf kedua (deduktif) memiliki ciri sebagai berikut.a. Kalimat utama terletak di awal paragraf.

Kalimat utama paragraf pertama adalah Kita harus mendukung gerakan pelestarian lingkungan yang berkaitan dengan pelestarian hubungan harmonis antara manusia dan alam.

Page 4: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

4 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

b. Paragraf pertama dimulai dengan menuliskan gagasan utama (kalimat ke-1) sebagai informasi umum, lalu dijabarkan dalam beberapa pikiran penjelas sebagai pernyataan bersifat khusus (kalimat ke-2 dan ke-3).

A. Contoh jawaban:1. Judul resensi

Judul resensi harus menarik dan selaras dengan keseluruhan isi resensi.Judul resensi: ”Perlawanan Seorang Sastrawan”

2. Identitas bukuIdentitas buku meliputi judul buku (judul asli dan terjemahan), penulis, penerbit, tahun terbit, tebal buku.Judul buku : Melayu di Mata Soeman H.S.Penulis : Eko SugiartoPenebit : BKPBM dan AdiCita, YogyakartaTahun : I, 2007Tebal : viii + 113 halaman

3. Pendahuluan Pendahuluan resensi tersebut dimulai dengan mengungkapkan kesan terhadap buku. Pendahuluan juga dapat dimulai dengan memperkenalkan pengarang, membandingkan buku dengan buku sejenis, kekhasan pengarang, dan memaparkan keunikan buku.Bagian pendahuluan dalam resensi tersebut sebagai berikut.Buku Melayu di Mata Soeman H.S. ini merupakan telaah analitis terhadap buku Kasih Tak Terlarai karya Soeman H.S. Eko Sugiarto, penulis buku ini, mengulas dan menelaah buku Soeman H.S. melalui teori mitos Levi-Strauss. Melalui pintu penjelasan mitologis inilah, Eko Sugiarto mencoba membangun argumen tentang ’misi per-lawanan’ yang dibawa oleh Soeman H.S. di dalam bukunya.

4. Isi resensiIsi resensi biasanya memuat unsur-unsur, seperti ulasan singkat isi buku, keunggulan buku, kelemahan buku, dan rumusan kerangka buku.Bagian isi resensi tersebut sebagai berikut. Pembaca akan dibawa ke dalam pemahaman yang komprehensif tentang tata cara menganalisis atau mengkritik sebuah karya sastra. Secara runtut, Eko Sugiarto

telah merangkum dan menganalisis buku Kasih Tak Terlarai ke dalam dua pijakan analisis, yaitu sintagmatik dan paradigmatik. Dalam buku Kasih Tak Terlarai, Soeman H.S. mengulas status sosial seseorang yang menjadi tembok penghalang bagi bertemunya cinta. Melalui goresannya, Soeman H.S. melakukan perlawanan terhadap adat dan cara pandang masyarakat Melayu terhadap status sosial yang menentukan nasib dan jodoh seseorang. Strata sosial, suku, dan keturunan menjadi topik utama yang dihadirkan dalam buku tersebut. Soeman H.S. mampu mengemas perlawanan tanpa pertumpahan darah dengan mudah. Ia mengemas kisah bukunya secara apik dan rapi dengan efek kejut di akhir cerita yang menyadarkan pandangan banyak kalangan. Si Taram, demikian sang tokoh utama, hidup dalam keluarga terhormat. Cintanya bertepuk sebelah tangan disebabkan adanya perbedaan status sosial. Ternyata, si Taram hanyalah anak angkat, meski diasuh dalam keluarga terhormat. Wujud perlawanan yang dihadirkan oleh Soeman H.S. dalam buku Kasih Tak Terlarai ialah tatkala si Taram melarikan sang impian hati merantau ke negeri seberang setelah pinangannya ditolak. Perlawanan kedua terjadi tatkala si Taram menjelma menjadi Syekh Wahab, seorang ulama kenamaan yang mengaku berasal dari tanah Arab. Penjelmaan si Taram menjadi Syekh Wahab merupakan bentuk perlawanan si Taram guna menyadarkan masyarakat Melayu. Konon masyarakat Melayu mengagungkan bangsa Arab dan menganggap semulia-mulia bangsa dibandingkan dengan orang Melayu. Melalui Syekh Wahab yang tidak lain adalah si Taram itu sendiri, Soeman H.S. bermaksud menyadarkan masyarakat Melayu agar tidak lagi meyakini suatu etnis atau bangsa tertentu sebagai yang paling mulia. Kebangsawanan atau keturunan tidak dapat dijadikan tolok ukur dalam memuliakan seseorang. Demikianlah, si Taram dihadirkan sebagai simbol perlawanan.

5. PenutupPenutup resensi biasanya berisi buku itu penting untuk siapa dan mengapa. Selain itu, resensi dapat ditutup dengan uraian kelemahan buku.Bagian penutup resensi tersebut sebagai berikut.

Page 5: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

5Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Buku Melayu di Mata Soeman H.S. merupakan kajian kritis terhadap sebuah karya sastra. Telaahnya terperinci dan detail. Pembaca mudah memahami deskripsi cerita yang diangkat dari buku Kasih Tak Terlarai tanpa harus membaca utuh buku aslinya. Analisisnya pun cukup mempertajam penjelasan dan pemaknaan cerita. Sistematik runtut dan bahasanya yang mudah dimengerti menjadikan buku ini layak untuk dijadikan rujukan dan model bagi pembaca yang ingin menganalisis sebuah karya sastra.

B. Contoh jawaban: Balada Penyair Nana dan Romantisme

KegetiranOleh: Restu Ashari Putra

Judul buku : Kitab Hujan (Kumpulan Puisi)Pengarang : Nana SastrawanPenerbit : Halaman Moeka Publ ishing-

JakartaTerbit : Januari 2010Editor : Pringadi Abdi Surya Untuk apa kau menulis sajak. Jika kau sendiri yang tersayat? (Sajak ”Bimbang”) Puisi-puisi Nana Sastrawan dalam kumpul-an puisi terbarunya, Kitab Hujan, adalah vitalitas dalam mencatat peristiwa. Segala rekam sejarah dan kenangan ia catat tanpa me ngedepan kan kata-kata yang kerap orang katakan romantis. Namun, di sinilah keromantisan Nana. Ia mencatat segenap peristiwa dengan kuat. Sajak-sajaknya matang. Kalau boleh saya menyebut, ia semacam penyair balada. Saya menjadi terus teringat sajak-sajak Rendra dalam Ballada Orang-Orang Tercinta. Keromantis an nya ada pada penciptaan karakter-karakter peristiwa yang ia deskripsikan dengan penuh gairah dan mengena. setiap pagi, aku terbangun dengan buku yang baru sajadipinjam dari toko sepatu, tapi bukan di deretan sepatu. Akumenemukannya di meja kasir yang penjaganya seorang wanita. Kita berbincang tentang apa saja, tapi bukan sepatu.(Sajak ”Kitab Hujan”)

Atau sajaknya yang lain,Kukunjungi kotamu penuh kenanganloronglorong tembok hancur bekas meriamdipertontonkanmemaksa aku menulis sejarahyang dulu pernah kita pertanyakan(Sajak ”Kota Tua”)

Lalu, ada apa dengan segenap peristiwa-peristiwa itu? Di sinilah sajak-sajak Nana sepertinya lahir. Karena seperti seorang pejalan yang tanpa henti-hentinya dihadapkan pada beragam peristiwa, ia terus bertanya-tanya. Ia terus melakukan pencarian. Ia tetap setia dengan pencarian-pencarian di balik beragam peristiwa yang kerap meresahkannya itu. hari-hari dari pengembaraan yang tak mengerti lelahpintu, tanda dari segala kemungkinanlukisan, lambaian, jeritan, canda tawa atau apalahjendela, sebuah mata penantian dari situ aku memandangapakah semua pertanyaan memerlukan jawaban?dan apakah jawaban ada ketika ada pertanyaan?(Sajak ”Puisi, Kau dan Aku”)

Dalam khazanah kesastraan, Subagio Sastrowardoyo mengungkapkan gaya bersajak Rendra terutama dalam Ballada Orang-Orang Tercinta bahwa gaya bersajak Rendra lebih memperhatikan gejala lahiriah dibanding penyair pendahulunya. Penyair pendahulu Rendra seperti Chairil Anwar dan Sitor Situmorang lebih banyak bergulat di pencarian batiniah. Akan tetapi, Nana Sastrawan dalam kumpulan puisinya Kitab Hujan justru meleburkan keduanya, antara gejala lahiriah peristiwa dan pencarian batiniah. Perhatikan cara ia menggambar kan peristiwa dalam sajak ”Kota Tua” dengan sangat apik dan tentunya tetap dihantui kegelisah an, pertanyaan-pertanyaan serta pencarian terhadap peristiwa di depan matanya yang membuatnya resah. Kukunjungi kotamu/. . ./ketika pejalan kaki mengemis hidup/ketika peng gemar dolar tertawa lebar/ketika itu seorang penyair membungkus mayatnya//kuhadiahi kotamu dengan puisi/dan aku menjadi saksi mimpimu/dalam puing/yang terinjak kemiskinan//. Nana mengembarai makna puisi-puisinya terhadap dirinya sebagai seorang penyair. Apa yang dapat dilakukan seorang penyair bila terdapat kejanggalan di depan mata yang meresahkan jiwanya. Oleh karena itu, dia juga sempat bimbang dengan jalan kepenyairannya yang ia tuangkan secara metaforis dalam sajak ”Bimbang”. Untuk apa kau hancurkan istana/jika kau masih ingin menjaganya?//Kita ini tentara yang setiap waktu bisa mati/oleh mimpi negara sendiri//… untuk apa kau menutup pintu/jika kau masih ingin men-dobraknya//. . . hingga sajak ini diakhiri dengan bait gugatan pamungkasnya, untuk apa kau menulis sajak/jika kau sendiri yang tersayat?// Memang kehidupan begitu banyak me-nawarkan kegetiran. Karena sering ditimpa kegetiran, orang-orang sudah tidak merasakan

Page 6: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

6 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

lagi kegetiran demi kegetiran yang menggempur hidup mereka: kesenjangan sosial, ketidakadilan, kemiskinan, dan beragam persoalan hidup lainnya. Puisi tentunya harus lahir sebagai muara ke peka an atas hilangnya kesadaran tersebut, sebagai penyambung lidah bagi mereka yang terbiasa merasakan kegetiran atau mereka yang tidak terbiasa merasakan kegetiran orang lain. Saya menukilkan potongan bait-bait sajak yang melukiskan peristiwa tersebut dalam sajak Nana berjudul ”Bimbang”. setiap hari kita berdiri dengan peluh dan keluhdengan debu dan rindudengan jemu dan pilu tak berbenteng dan bertamengtak kebal dan berbekal. . . . kita ini segala yang letih dan menangisdalam kemewahan di toko emasduduk dengan tangan menengadahsetiap hari kita hitung uang dari saku yang robekdengan jari patah dan lelah(Sajak ”Bimbang”)

Dari keseluruhan sajak dalam buku ini, saya akhirnya dihujani pertanyaan pula; apa benar Nana telah mempersiapkan kelahiran sajak-sajak ini dengan melewati proses penciptaan yang cukup lama dan panjang, bahkan untuk satu peristiwa saja. Asumsi saya ini didasarkan pada tidak adanya tanggal kelahiran puisi dalam tiap sajak-sajaknya. Bahkan, tempat atau kota sekalipun seperti yang pada umumnya para penyair lakukan tatkala mendokumentasikan dan mempubli kasikan puisi-puisinya. Kesimpulan saya adalah memang jalan kepenyairan sebagai bentuk pergulatan batin dan pikiran. Bukan sekadar rekaman peristiwa semata sebab di dalamnya ada gagasan dan pesan yang ingin disampaikan. Nana berhasil memendam peristiwa lalu memuntahkannya ke dalam puisi. Alasan inilah mengapa sajak-sajak Nana memiliki daya vitalitas yang kuat. Seperti yang diungkapkan Handoko F. Zainsam, seorang pemerhati sastra, dalam epilog buku ini dinyata kan bahwa karya adalah hasil dari suatu kontemplasi, pendataan, observasi, dan berbagai renungan menanggapi sebuah peristiwa. Dalam buku kumpulan puisi Kitab Hujan yang diberi pengantar oleh Matdon, Rois Am Majelis Sastra Bandung ini, Nana membagi 54 sajaknya ke dalam empat bab menjadi kesatuan tubuh yang utuh. Empat bab tersebut terdiri atas bab perjalanan, bab kematian, bab cinta, dan bab persembahan. Sebuah perjalanan tentu akan berujung pada kematian. Namun, perjalanan ini bukan akhir. Sebab cinta (dalam arti yang luas dan

sesungguhnya) dan persembahan (memberi kan segala sesuatu atas dasar ketulusan) yang akan membuat perjalanan sajak-sajak (dan atau) Nana menjadi abadi. Satu peristiwa menarik Nana catat dalam sajak ”Dalam Perjalanan” bahwa perjalanannya belumlah usai. Entah ia akan melanjutkan bab-bab perjalanannya lagi sebagai bentuk lanjutan perjalanan (kehidupannya), ataukah ia akan memulai perjalanan baru. Seperti tertuang dalam larik puisi Nana Sebab, baru separuh terlukis rembulan/aku sudah terkapar mengenaskan// (Sajak ”Dalam Perjalanan”). Oleh karena itu, buku Kitab Hujan sejatinya tidak hanya bagian dari perjalanan kepenyairan Nana Sastrawan. Perjalanan dalam peristiwa-peristiwa yang selalu menjerat Nana Sastrawan ke dalam dunia puisi. Akan tetapi, buku Kitab ujan juga merupakan bagian dari perjalanan kesastraan tanah air yang riuh gemuruh dalam membanjiri corak warna kesastraan kita. Disadur dari: http://www.kabarindonesia.com, diunduh 17 Februari

2015

A. Contoh jawaban:1. Pamanku memelihara tiga ekor sapi.2. Kakak Dea seorang pengusaha kaya.3. Ibu menyuruhku membeli kelapa dua butir

di warung Bi Inah.4. Rena sahabatku yang baik hati.5. Kakak membeli gaun malam yang indah.

B. Contoh jawaban:Identifi kasi frasa nominal yang terdapat pada kalimat tersebut sebagai berikut. 1. tiga ekor sapi:

tiga ekor (pewatas di depan inti frasa, berjenis numeralia) + sapi (inti frasa nomina)

2. seorang pengusaha kaya: seorang pengusaha (pewatas di depan inti frasa, berjenis numeralia) + kaya (inti frasa nomina)

3. kelapa dua butir: kelapa (inti frasa nomina) + dua butir (pewatas di belakang inti frasa, berjenis numeralia)

4. sahabatku yang baik hati: sahabatku (inti frasa nomina) + yang baik hati (pewatas di belakang inti frasa, berjenis adverbia)

5. gaun malam yang indah: gaun malam (inti frasa nomina) + yang indah (pewatas di belakang inti frasa, berjenis adverbia)

Page 7: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

7Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: dIsi kutipan sambutan merupakan gagasan utama ketika seseorang menyampaikan pemikirannya. Isi sambutan dapat diketahui dari banyaknya uraian yang dijelaskan. Isi kutipan sambutan tersebut adalah cara menghambat pemanasan global. Pilihan jawaban a, b, c, dan e bukan isi sambutan.

2. Jawaban: cTanggapan merupakan pemberian komentar positif atau negatif terhadap isi sambutan. Masalah yang penting ditanggapi dalam kutipan sambutan itu berkaitan dengan penggunaan bahasa yang belum cermat, seperti penggunaan salah kata ulang. Jadi, kalimat tanggapan tepat untuk kutipan sambutan tersebut adalah pilihan jawaban c. Pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai untuk menang gapi penggunaan bahasa dalam sambutan tersebut.

3. Jawaban: eKutipan sambutan tersebut menginformasikan bahwa suhu rata-rata di permukaan bumi mengalami peningkatan tajam. Peningkatan suhu tersebut menyebabkan perubahan seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca ekstrem,serta perubahan jumlah dan pola hujan (presipitasi). Jadi, isi kutipan sambutan tepat adalah pilihan jawaban e. Pilihan jawaban a, b, c, dan d bukan isi pokok sambutan.

4. Jawaban: aSambutan tersebut membahas peningkatan suhu di permukaan bumi dan beberapa dampak dari peningkatan suhu. Jadi, tanggapan tepat terhadap isi sambutan terdapat pada pilihan jawaban a. Pilihan jawaban tersebut menanggapi isi sambutan dan memberikan saran terhadap masalah pada isi sambutan. Sementara itu, pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak sesuai karena tidak menanggapi isi sambutan, tetapi menanggapi bahasa, cara penyampaian, dan jenis sambutan.

5. Jawaban: bSambutan tersebut membahas pengembangan program kawasan rumah hijau. Jadi, informasi pokok dalam sambutan terdapat pada pilihan jawab an b. Pilihan jawaban a, c, d, dan e bukan isi sambutan.

6. Jawaban: dSambutan tersebut membahas program kawasan rumah hijau. Program ini berkaitan dengan pem bangunan perumahan di kota yang memperhatikan lingkungan alam sekitarnya. Jadi, tanggapan terhadap isi sambutan yang sesuai adalah pilihan jawaban d. Pilihan jawaban tersebut menanggapi isi sambutan dan memberikan saran terhadap masalah pada isi sambutan. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai karena tidak menanggapi isi sambutan, tetapi menanggapi bahasa, cara penyampaian, dan jenis sambutan.

7. Jawaban: aSambutan menginformasikan bahwa SMA Cakrawala menjadi objek penilaian Adipura Nasional. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a. Pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak sesuai dengan isi sambutan.

8. Jawaban: bMasalah penting ditanggapi dalam kutipan sambutan berkaitan dengan isi sambutan. Tanggap an positif sesuai dengan isi sambutan terdapat pada pilihan jawaban b. Pilihan jawaban a berisi tanggapan terhadap bahasa yang digunakan dalam sambutan. Pilihan jawaban c, d, dan e tidak sesuai karena merupakan tanggapan bersifat negatif.

9. Jawaban: bTopik yang dibahas dalam artikel merupakan pokok informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca. Pokok informasi dalam kutipan artikel tersebut adalah cara mengajarkan cinta lingkungan kepada anak.

10. Jawaban: eTopik merupakan masalah dalam artikel. Masalah yang dibahas dalam artikel tersebut adalah perilaku cinta lingkungan. Pilihan jawaban a, b, c, dan d bukan topik dari kutipan artikel tersebut.

11. Jawaban: bKutipan artikel tersebut membahas upaya penanganan sampah di Provinsi DKI Jakarta. Pernyataan sesuai dengan artikel terdapat pada pilihan jawaban b. Perhatikan paragraf pertama kalimat ketiga. Pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak sesuai dengan informasi dalam kutipan artikel.

12. Jawaban: eArtikel memuat informasi pokok upaya mengatasi masalah sampah. Pilihan jawaban tepat adalah e. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak sesuai dengan informasi pokok dalam artikel.

Page 8: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

8 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

13. Jawaban: cTanggapan berisi komentar terhadap masalah utama artikel. Tanggapan dapat pula berupa kritik disertai saran atau solusi dari masalah tersebut. Tanggapan tepat sesuai isi artikel adalah pilihan jawaban c. Sementara itu, tanggapan dalam pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai dengan isi artikel.

14. Jawaban: cGagasan utama merupakan inti masalah dalam paragraf. Inti masalah kutipan artikel tersebut terdapat pada kalimat pertama. Kalimat pertama paragraf tersebut adalah Kerusakan lingkungan disebabkan ulah manusia.

15. Jawaban: aTopik merupakan masalah yang diuraikan dalam artikel. Masalah dalam artikel tersebut adalah akibat pemanasan global (global warming). Pilihan jawaban b, c, d, dan e bukan topik dari kutipan artikel tersebut.

16. Jawaban: bParagraf deduktif me miliki kalimat utama di awal kalimat. Paragraf deduktif tepat terdapat pada pilihan jawab an b. Pilihan jawaban b memiliki kalimat utama adalah Pe nyebab utama dari pemanasan global adalah efek rumah kaca. Kalimat tersebut terdapat di awal kalimat. Sementara itu, pilihan jawaban a, c, d, dan e merupakan paragraf induktif. Kalimat utama pada pilihan jawaban a, c, d, dan e terletak di akhir paragraf.

17. Jawaban: cParagraf deduktif memiliki kalimat utama di awal kalimat. Paragraf deduktif tepat terdapat pada pilihan jawaban c. Pilihan jawaban c memiliki kalimat utama Dalam rangka mengantisipasi perubahan iklim, degradasi dan deforestasi hutan, lahan serta lingkungan lainnya, PLN Batam dalam program Peduli Lingkungan mengadakan kegiatan pe nanaman pohon. Kalimat tersebut terdapat di awal kalimat. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, d, dan e merupakan paragraf induktif. Kalimat utama pada pilihan jawaban a, b, d, dan e terletak di akhir paragraf.

18. Jawaban: dParagraf tersebut membahas aksi Roni ber-keliling Indonesia dengan sepeda. Aksi tersebut merupakan wujud kecintaannya pada lingkungan dan keprihatinan terhadap kerusakan alam. Paragraf tersebut membuat beberapa pernyataan yang mendukung gagasan utama. Pernyataan sesuai dengan isi paragraf terdapat pada pilihan jawab an d. Pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan isi paragraf.

19. Jawaban: bKalimat simpulan sesuai dengan isi paragraf adalah pilihan jawaban b. Pilihan jawaban b dapat mewakili isi bacaan bahwa budaya cinta lingkungan dapat diawali dari diri sendiri seperti yang dilakukan oleh Roni. Pilihan jawaban a, c, d, dan e kurang sesuai karena tidak dapat berfungsi sebagai simpulan dari paragraf tersebut.

20. Jawaban: cParagraf induktif memiliki kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Kalimat utama yang terdapat di akhir paragraf terdapat pada pilihan jawaban c. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, d, dan e kalimat utamanya terdapat di awal paragraf.

21. Jawaban: dResensi novel tersebut mengungkapkan isi buku. Resensi novel Kenanga mengungkapkan kutipan cerita dalam novel Kenanga. Kutipan cerita dalam novel disebut ringkasan cerita dari novel. Ringkasan atau pemendekan cerita dari novel disebut sinopsis novel. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban d.

22. Jawaban: aResensi membahas buku Negeri Kong Draman karya Akhmad Fikri A.F. menceritakan kenangan masa kecil penulis. Buku tersebut memuat tokoh-tokoh legendaris Betawi dan risalah-risalah Betawi yang dihidangkan dengan sederhana. Walaupun penulis menuangkan pengalamannya dalam bentuk sajak atau puisi, pesan-pesan moral dalam buku ini dapat mudah dicerna oleh pembaca. Pernyataan yang sesuai dengan isi resensi terdapat pada pilihan jawaban a. Pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak tepat karena pernyataan dalam pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak benar.

23. Jawaban: bKutipan resensi tersebut mengungkapkan kelebihan isi buku. Kelebihan buku Musikalisasi Puisi (Tuntunan dan Pembelajaran) yaitu meng-gunakan bahasa tutur sehingga mudah dipahami pembaca dan menyajikan materi interaktif yang dapat dipraktikkan oleh pembaca. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

24. Jawaban: eKalimat yang menggunakan frasa nominal adalah kalimat ke-5. Jenis frasa yang terdapat pada pilihan jawaban sebagai berikut. Pilihan jawaban a sangat menyenangkan: frasa adjektival.

Page 9: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

9Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Pilihan jawaban b mencintai bunga: frasa verbal.Pilihan jawaban c tidak menggunakan frasa.Pilihan jawaban d menikmat kebebasannya: frasa verbal.Pilihan jawaban e perhatian Pemerintah: frasa nominal.

25. Jawaban: eFrasa boneka beruang yang lucu memiliki inti frasa (boneka beruang) berupa kata benda dengan pewatas di belakang frasa inti (yang lucu) berupa adverbia. Frasa yang sepola adalah pilihan jawaban e. Sahabatku yang baik hati memiliki inti frasa (sahabatku) berupa kata benda dengan pewatas (yang baik hati) di belakang frasa inti berupa adverbia. Pilihan jawaban a aman tenteram memiliki inti frasa berupa kata sifat, pilihan jawab an b aku dan dirinya memiliki inti frasa berupa kata ganti, pilihan jawaban c dua ratus memiliki inti frasa berupa kata bilangan, dan pilihan jawaban e sedang menulis memiliki inti frasa berupa kata kerja.

B. Uraian

1. Jawaban:Pokok-pokok kutipan sambutan sebagai berikut.a. Upaya penyelamatan hutan di Aceh melalui

kebijakan moratorium logging sudah mem-buahkan hasil.

b. Kerusakan hutan merupakan salah satu penyebab terjadinya perubahan iklim dan pemanasan global, selain juga konsumsi energi yang tidak terbarukan.

c. Pemerintah Aceh menjadi tuan rumah pada pertemuan Governor’s Climate and Forest (GCF) Taskforce Meeting.

d. Pertemuan GCF sangat penting artinya bagi Aceh karena memperlihatkan dukungan internasional bagi Aceh untuk menyelamatkan hutan.

e. Penyelamatan hutan tersebut dilakukan dalam rangka mengurangi pemanasan global dan mitigasi perubahan iklim.

2. Contoh jawaban: Menurut saya, usaha penyelamatan hutan di Aceh harus mendapat dukungan dari semua warga Aceh. Usaha penyelamatan hutan di Aceh merupakan salah satu langkah untuk mengurangi pemanasan global. Oleh sebab itu, saya setuju

dengan per temuan gubernur-gubernur dari beberapa negara yang diberi nama Governor’s Climate and Forest (GCF) Taskforce Meeting.

3. Jawaban:Pokok-pokok artikel sebagai berikut.a. Kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk

mengenalkan budaya cinta lingkungan adalah mengajak anak untuk berpartisipasi dalam kerja bakti.

b. Kegiatan lain yang dapat melatih anak cinta dengan lingkungan adalah mengajak anak mengunjungi tempat daur ulang sampah.

c. Pengetahuan bahwa sampah masih dapat berguna dapat diketahui dengan mengunjungi tempat daur ulang sampah.

4. Jawaban:Gagasan pokok paragraf pertama adalah tanaman sebagai organisme, pertumbuhan dan perkembangannya dipengaruhi lingkungan tempat hidupnya.Gagasan pokok paragraf kedua adalah perubahan iklim yang sedang berlangsung telah mengubah respons tanaman terhadap perubahan iklim tersebut.Gagasan pokok paragraf ketiga adalah peningkat an hasil panen erat kaitannya dengan perubahan iklim.

5. Jawaban: Kelebihan yang terdapat dalam buku Dimensi Sosial Keagamaan dalam Fiksi Indonesia Modern, Fenomena Perkawinan Lintas Agama dalam Novel Keluarga Permana Karya Ramadhan K.H.: Kajian Semiotik merupakan buku pertama yang membahas sebuah novel dengan pendekatan semiotik dan interteks. Kelebihan yang lain adalah hasil analisis makna yang mendalam tentang dimensi sosial dan keagamaan dalam novel Keluarga Permana. Buku ini juga mampu mem berikan kekayaan batin bagi pembaca. Kekurangan yang terdapat dalam buku Dimensi Sosial Keagamaan dalam Fiksi Indonesia Modern, Fenomena Perkawinan Lintas Agama dalam Novel Keluarga Permana Karya Ramadhan K.H.: Kajian Semiotik adalah masih tebal karena sebuah disertai. Buku ini terkesan ada subjektivitas dari penulis.

Page 10: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

10 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Bab II Keunikan Wisata Indonesia

A. 1. Jawaban: Wartawan Viva News.

2. Jawaban: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari

Elka Pangestu.

3. Jawaban: Wawancara dilakukan di kantor Menteri

Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

4. Jawaban: Isi pembicaraan dalam wawancara membahas per tumbuhan par iwisata di Indonesia yang semakin meningkat. Kutipan wawancara juga membahas potensi pariwisata di Indonesia memerlukan perbaikan infrastruktur untuk kenyamanan pengunjung.

B. Jawaban:1. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

melakukan program diversifikasi pasar. Program tersebut untuk mengantisipasi menurunnya jumlah wisatawan Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang yang berkunjung ke Indonesia.

2. Program diversifi kasi pasar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai berikut.a. Mengintensifkan pemasaran pariwisata

ke negara-negara yang perekonomiannya masih baik.

b. Menambah destinasi di luar Bali, seperti di candi Borobudur dan sekitarnya, Lombok, Danau Toba, Tanjung Puting, dan Bangka Belitung.

c. Mengintensifkan promosi dan memahami keinginan wisatawan Nusantara.

3. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 128 juta orang untuk wisatawan domestik dengan nilai transaksi Rp171,5 triliun.

4. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 8 juta wisatawan asing dengan nilai transaksi mendekati US$9 miliar.

5. Wisatawan baik domestik maupun manca-negara memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

6. Kontr ibusi yang diberikan wisatawan terhadap PDB yaitu kontribusi langsung pada pariwisata sebesar tiga persen dan kontribusi tidak langsung sekitar 8–9 persen.

7. Kendala yang dihadapi dunia pariwisata adalah infrastruktur, pendanaan, dan pengelolaan.

8. Cara menarik wisatawan di luar hari libur adalah mengadakan acara untuk anak-anak sekolah, manula, dan membuat acara untuk orang-orang yang berkebutuhan khusus.

Rangkuman isi pembicaraan wawancara sebagai berikut. Dalam wawancara dengan wartawan Viva News, Mari Elka Pangestu mengemukakan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan program diversifi kasi pasar. Program diversifi kasi pasar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai berikut.1. Mengintensifkan pemasaran pariwisata

ke negara-negara yang perekonomiannya masih baik.

2. Menambah destinasi di luar Bali, seperti di candi Borobudur dan sekitarnya, Lombok, Danau Toba, Tanjung Puting, dan Bangka Belitung.

3. Mengintensifkan promosi dan memahami keinginan wisatawan nusantara.

Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 128 juta orang untuk wisatawan domestik dengan nilai transaksi Rp171,5 triliun. Sementara itu, untuk wisatawan asing, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan sekitar 8 juta wisatawan asing berkunjung ke Indonesia dengan nilai transaksi mendekati US$9 miliar pada tahun 2012. Jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Kontribusi yang diberikan wisatawan terhadap PDB yaitu kontribusi langsung pada pariwisata sebesar tiga persen dan kontribusi tidak langsung sekitar 8–9 persen. Dalam wawancara tersebut, Mari Elka Pangestu menuturkan beberapa kendala yang dihadapi dunia pariwisata seperti masalah infrastruktur, pendanaan, dan pengelolaan. Mari Elka Pangestu memberikan informasi bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menyiapkan cara menarik wisatawan di luar hari libur. Tujuannya agar saat weekend tempat wisata tidak penuh sesak pengunjung. Cara tersebut dapat dilakukan dengan mengadakan acara untuk anak-anak sekolah, manula, dan juga membuat acara untuk orang-orang yang berkebutuhan khusus

C. –

Page 11: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

11Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

A. Jawaban:Pokok-pokok isi buku tersebut sebagai berikut.1. Bumi Papua menawarkan perpaduan

menarik alam dan masyarakat setempat.2. Potensi pariwisata Papua yang belum

ketahui oleh banyak orang adalah beragam keindahan alam mulai dari alam dasar laut, pantai dengan hamparan pasir yang lembut, lembah-lembah, hingga pegunungan menjulang.

3. Papua memiliki ragam budaya menarik. Kondisi tersebut terjadi karena masyarakat Papua cenderung lebih pr imit i f dan tradisional.

4. Papua memiliki ragam sejarah yang menarik. Di Papua terdapat banyak peninggalan pertempuran Perang Dunia II.

5. Sektor pariwisata di Papua belum mampu meningkatkan pendapatan asli daerah karena berbagai tempat wisata yang indah di Papua belum dikembangkan dengan baik.

6. Kendala utama dalam pengembangan pariwisata di Papua sebagai berikut.a. Faktor alam yang bergunung-gunung

dan memiliki banyak sungai. b. Kurangnya promosi dan tenaga-tenaga

bidang pariwisata.7. Beberapa upaya untuk mengembangkan

pariwisata di Papua yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Papua sebagai berikut. a. Mengadakan pelatihan untuk tenaga

kepariwisataan yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota.

b. Mengadakan pameran budaya dan pariwisata serta festival kebudayaan.

c. Meningkatkan sarana dan prasarana pariwisata seoptimal mungkin.

B. Jawaban:Aspek-aspek menarik dalam buku tersebut sebagai berikut.1. Isi buku menginformasikan berbagai jenis

dan tempat wisata di Papua baik wisata alam, bahari, sejarah, maupun budaya.

2. Bahasa dalam buku tersebut mudah dipahami karena tidak ada kalimat-kalimat ambigu.

3. Tampilan buku menarik karena diperjelas dengan gambar.

C. Jawaban:1. Siswa menyampaikan isi buku berdasarkan

pokok-pokok isi buku dan aspek menarik pada isi buku.

2. Guru dapat menilai siswa berdasarkan:a. kelengkapan pokok-pokok isi buku;b. ketepatan penggunaan bahasa;c. ketepatan intonasi;d. kejelasan ucapan;e. kesesuaian volume suara; danf. ketepatan serta kelogisan alasan dalam

pengungkapan aspek menarik.

A. Jawaban:Unsur intrinsik kutipan ”Raja dan Burung Fanjah” sebagai berikut.1. Tema

Tema ”Raja dan Burung Fanjah” adalah balas dendam antara Burung Fanjah dan Raja Baridun.Perhatikan kutipan berikut! Burung Fanjah datang dan menemukan anaknya sudah mati, lalu dia menjerit dan sedih, kemudian mengatakan, ”Sangat jahat para raja yang tidak bisa menjaga perjanjiannya dengan baik, dan tidak memiliki kesetiaan. Benar-benar celaka bagi orang yang diuji dengan persahabatan dengan para raja yang tidak memiliki harga diri dan kesetiaan dengan janji, di mana mereka tidak memiliki rasa cinta kepada siapa pun. Mereka tidak mau memuliakannya kecuali bila punya kepentingan dan ketamakan terhadap manfaat yang menguntungkannya, atau karena mereka membutuhkan ilmu yang dimilikinya, kemudian mereka baru mau memuliakannya. . . . . Di antara mereka adalah si makhluk yang banyak ingkar terhadap nikmat ini, di mana dia tidak punya rasa belas kasih. Si pengkhianat terhadap makhluk yang dikenalnya dan telah menjadi saudara.” Kemudian burung Fanjah menyambar dengan kekuatan terkamannya ke atas wajah putra raja, lalu mematuk matanya sehingga dia buta. Kemudian dia kembali terbang dan hinggap di atas rumah. . . . . ”Wahai raja, sesungguhnya seorang pengkhianat akan d ihukum karena pengkhianatannya. Jika dia bisa luput dari hukuman yang lebih cepat, maka dia tidak bakal luput dari hukuman di kemudian hari, sehingga bakal menyusul anaknya, cucunya dan keturunannya. Sesungguhnya anakmu

Page 12: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

12 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

telah mengkhianati anakku. Akhirnya aku segera memberikan hukuman lebih awal,” kata burung Fanjah menjawabnya. ”Sungguh kami telah berkhianat terhadap anakmu, kemudian kamu membalas hukuman kepada kami, tapi kami tidak ingin membalasmu dengan hukuman yang lain, maka kembalilah kepadaku dengan aman,” kata sang raja membujuknya.

. . . .2. Tokoh dan penokohan

Tokoh Tokoh utama yang menjadi penggerak cerita dalam ”Raja dan Burung Fanjah” adalah Raja Baridun dan Burung Fanjah. Tokoh tambahan dalam Raja dan Burung Fanjah adalah anak burung Fanjah dan putra raja Baridun.Penokohana. Raja Baridun memiliki sifat pendendam.

Si fa t pendendam Raja Bar idun ditunjukkan oleh keinginannya membalas dendam kepada Fanjah karena telah mematuk mata putranya.

Perhatikan kutipan sifat pendendam Raja Baridun berikut!

Kejadian ini akhirnya diketahui oleh sang raja. Dia sangat gelisah dan sedih melihat kenyataan ini. Kemudian berharap bisa melakukan tipu muslihat terhadap burung Fanjah, lalu berhenti di dekat burung yang hinggap di atas rumah dan memanggilnya, ”Sesungguhnya kamu aman dan tidak perlu khawatir, maka turunlah wahai Fanjah!”

b. Burung Fanjah memiliki sifat baik dan pendendam. Sifat baik Fanjah ditunjukkan oleh perbuatannya yang ikut merawat anak Raja Baridun. Sifat pendendam Fanjah ditunjukkan oleh perbuatannya saat mengetahui anaknya mati. Fanjah ingin membalas dendam kepada anak Raja yang telah membanting anaknya dengan mematuk matanya.

Perhatikan kutipan sifat baik Fanjah berikut!

Setiap hari burung Fanjah pergi ke gunung, dan datang dengan membawa buah-buahan segar yang tidak dikenal. Separo dia berikan kepada putra sang raja, dan separo sisanya dia berikan kepada anaknya. Dengan demikian perkembangan kedua makhluk kecil itu begitu cepat, sehingga kelihatan lebih matang. Perkembangan ini cukup tampak di mata sang raja, sehingga dia semakin cinta dan sayang kepada Fanjah.

Perhatikan kutipan sifat pendendam Fanjah berikut!

Di antara mereka adalah si makhluk yang banyak ingkar terhadap nikmat ini, dimana dia tidak punya rasa belas kasih. Si pengkhianat terhadap makhluk yang dikenalnya dan telah menjadi saudara.”

Kemudian burung Fanjah menyambar dengan kekuatan terkamannya ke atas wajah putra raja, lalu mematuk matanya sehingga dia buta. Kemudian dia kembali terbang dan hinggap di atas rumah.

3. Latar Dalam kutipan hikayat ”Raja dan Burung Fanjah” penyebutan latar dalam cerita tidak selamanya bersifat nyata karena terkadang latar hanya disinggung dalam ulasan peristiwa.a. Latar tempat Peristiwa kutipan hikayat terjadi di

India di lingkungan rumah Raja Baridun. Latar tersebut digambarkan sebagai berikut.

Konon salah seorang raja India bernama Baridun memiliki seekor burung bernama Fanjah yang telah menetaskan seekor piyik. Burung Fanjah dan anaknya bisa berbicara dengan fasih, sehingga membuat kagum sang raja.

. . . . Kemudian burung Fanjah menyambar

dengan kekuatan terkamannya ke atas wajah putra raja, lalu mematuk matanya sehingga dia buta. Kemudian dia kembali terbang dan hinggap di atas rumah.

b. Latar waktu Latar waktu dinyatakan dalam hari atau malam. Latar waktu dalam kutipan hikayat tersebut misalnya setiap hari, suatu hari, dan empat puluh hari.Perhatikan kutipan berikut!1) Setiap hari burung Fanjah pergi

ke gunung, dan datang dengan membawa buah-buahan segar yang tidak dikenal.

2) Dia akan semakin memuliakan dan mengagungkannya, sampai pada suatu hari Fanjah sedang tidak ada di dekat anaknya karena mencari buah-buahan, sedangkan anaknya dia tinggal di pangkuan putra raja.

c. Latar suasana Latar suasana yang tergambar dalam

kutipan hikayat ”Raja dan Burung Fanjah” adalah bahagia dan menegangkan.

Page 13: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

13Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Perhatikan kutipan suasana bahagia berikut! Secara kebetulan, istr i ra ja melahirkan seorang putra. Kelahiran putra raja ini juga sangat menyenangkan anak burung Fanjah sehingga anak burung Fanjah sangat menyayanginya. Mereka sama-sama dalam usia kanak-kanak, yang kemudian bisa main bersama-sama. Setiap hari burung Fanjah pergi ke gunung, dan datang dengan membawa buah-buahan segar yang tidak dikenal. Separo dia berikan kepada putra sang raja, dan separo sisanya dia berikan kepada anaknya. Dengan demikian perkembangan kedua makhluk kecil itu begitu cepat, sehingga kelihatan lebih matang. Perkembangan ini cukup tampak di mata sang raja sehingga dia semakin cinta dan sayang kepada Fanjah.Perhatikan kutipan suasana menegang-kan berikut!1) Dia akan semakin memuliakan dan

mengagungkannya, sampai pada suatu hari Fanjah sedang tidak ada di dekat anaknya karena mencari buah-buahan, sedangkan anaknya dia tinggal di pangkuan putra raja. Kemudian anak burung Fanjah membuang kotorannya di pangkuan putra raja, sehingga membuatnya marah, lalu anak Fanjah dia pegang dan dibanting ke tanah hingga mati.

. . . .2) Burung Fanjah datang dan me-

nemukan anaknya sudah mati, lalu dia menjerit dan sedih, kemudian mengatakan, ”Sangat jahat para raja yang tidak bisa menjaga perjanjiannya dengan baik, dan tidak memiliki kesetiaan. Benar-benar celaka bagi orang yang diuji dengan persahabatan dengan para raja yang tidak memiliki harga diri dan kesetiaan dengan janji, di mana mereka tidak memiliki rasa cinta kepada siapa pun. Mereka tidak mau memuliakannya kecuali bila punya kepentingan dan ketamakan terhadap manfaat yang menguntungkannya, atau karena mereka membutuhkan ilmu yang dimilikinya, kemudian mereka baru mau memuliakannya.

. . . .

3) ”Di antara mereka adalah si makhluk yang banyak ingkar terhadap nikmat ini, di mana dia tidak punya rasa belas kasih. Si pengkhianat terhadap makhluk yang dikenalnya dan telah menjadi saudara.” Kemudian burung Fanjah menyambar dengan kekuatan terkamannya ke atas wajah putra raja, la lu mematuk matanya sehingga dia buta. Kemudian dia kembali terbang dan hinggap di atas rumah.

. . . .4) ”Wahai raja, sesungguhnya seorang

pengkhianat akan dihukum karena pengkhianatannya. Jika dia bisa luput dari hukuman yang lebih cepat, maka dia tidak bakal luput dari hukuman di kemudian hari, sehingga bakal menyusul anaknya, cucunya dan keturunannya. Sesungguhnya anakmu telah mengkhianati anakku. Akhirnya aku segera memberikan hukuman lebih awal,” kata burung Fanjah menjawabnya.

”Sungguh kami telah berkhianat terhadap anakmu, kemudian kamu membalas hukuman kepada kami, tapi kami tidak ingin membalasmu dengan hukuman yang lain, maka kembalilah kepadaku dengan aman,” kata sang raja membujuknya. . . .

4. Alur Kutipan hikayat ”Raja dan Burung Fanjah” beralur maju. Kutipan hikayat diawali dengan cerita burung Fanjah melahirkan anak. Anak burung Fanjah itu dapat berbicara fasih sama dengan burung Fanjah. Raja Baridun kagum dengan burung Fanjah dan anaknya. Kemudian, raja Baridun memerintahkan agar kedua burung itu menjaga istrinya dan anaknya. Burung Fanjah, raja Baridun, istri, dan anaknya hidup rukun. Burung Fanjah selalu memberikan buah-buahan yang ia dapat dari gunung. Suatu hari saat burung Fanjah mencari buah-buah di gunung, anak burung Fanjah diletakkan di pangkuan anak raja Baridun. Saat itu anak burung Fanjah membuang kotorannya di atas pangkuan anak raja Baridun. Anak raja Baridun marah. Saat mengetahui anak burung Fanjah membuang kotoran di atas pangkuannya. Anak raja Baridun membanting anak burung Fanjah

Page 14: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

14 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

hingga mati. Burung Fanjah sedih melihat anaknya mati. Ia kecewa dan marah dengan sikap anak raja Baridun yang tidak tahu balas budi. Kemudian, ia membalas dendam perbuatan anak raja Baridun tersebut dengan mematuk matanya. Raja Baridun kecewa dengan sikap burung Fanjah. Raja Baridun pun merencanakan tipu muslihat untuk menjebak burung Fanjah. Sejak peristiwa tersebut, burung Fanjah dan raja Baridun selalu bermusuhan. Mereka selalu ingin balas dendam satu sama lain. Mereka tidak saling percaya lagi. Mereka selalu curiga dan takut dengan usul atau ajakan dari salah satu pihak.

5. AmanatAmanat yang terdapat pada kutipan hikayat ”Raja dan Burung Fanjah” sebagai berikut.a. Hidup rukun dengan sesama.

Perhatikan kutipan berikut! Secara kebetulan, istri raja melahir-kan seorang putra. Kelahiran putra raja ini juga sangat menyenangkan anak burung Fanjah, sehingga anak burung Fanjah sangat menyayanginya. Mereka sama-sama dalam usia kanak-kanak, yang kemudian bisa main bersama-sama.

b. Jangan berlaku kasar dengan binatang.Perhatikan kutipan berikut! Dia akan semakin memuliakan dan mengagungkannya, sampai pada suatu hari Fanjah sedang tidak ada di dekat anaknya karena mencari buah-buahan, sedangkan anaknya dia tinggal di pang-kuan putra raja. Kemudian anak burung Fanjah membuang kotorannya di pang-kuan putra raja sehingga membuatnya marah, lalu anak Fanjah dia pegang dan dibanting ke tanah hingga mati.

c. Ingatlah kebaikan yang dilakukan orang lain dan jangan mengingat keburukan yang dilakukan orang lain kepada kita.Perhatikan kutipan berikut! Burung Fanjah datang dan menemu-kan anaknya sudah mati, lalu dia men-jerit dan sedih, kemudian mengatakan, ”Sangat jahat para raja yang tidak bisa menjaga perjanjiannya dengan baik, dan tidak memiliki kesetiaan. Benar-benar celaka bagi orang yang diuji dengan per-sahabatan dengan para raja yang tidak memiliki harga diri dan kesetiaan dengan janji, dimana mereka tidak memiliki rasa cinta kepada siapa pun. Mereka tidak

mau memuliakannya kecuali bila punya kepentingan dan ketamakan terhadap manfaat yang menguntungkannya, atau karena mereka membutuhkan ilmu yang dimilikinya, kemudian mereka baru mau memuliakannya. Tapi ketika telah mendapatkan apa yang dibutuhkan, mereka tidak bakal lagi memiliki rasa cinta kasih dan persaudaraan. Mereka tidak punya lagi kebaikan dan maaf terhadap kesalahan, sehingga mereka tidak bakal tahu kebenaran. Mereka adalah orang-orang yang perkaranya selalu didasarkan atas pamer (riya’) dan kezaliman. Mereka selalu meremehkan dosa-dosa besar yang mereka lakukan, dan menganggap besar kepala remeh yang bertentangan dengan kesenangan nafsunya.

d. Jangan melakukan balas dendam karena dendam merupakan perbuatan tercela.Perhatikan kutipan berikut! Di antara mereka adalah si makhluk yang banyak ingkar terhadap nikmat ini, dimana dia tidak punya rasa belas kasih. Si pengkhianat terhadap makhluk yang dikenalnya dan telah menjadi saudara.” Kemudian burung Fanjah menyam-bar dengan kekuatan terkamannya ke atas wajah putra raja, lalu mematuk matanya sehingga dia buta. Kemudian dia kembali terbang dan hinggap di atas rumah. Kejadian ini akhirnya diketahui oleh sang raja. Dia sangat gelisah dan sedih melihat kenyataan ini. Kemudian berharap bisa melakukan tipu muslihat terhadap burung Fanjah, lalu berhenti di dekat burung yang hinggap di atas rumah dan memanggilnya, ”Sesungguh-nya kamu aman dan tidak perlu khawatir, maka turunlah wahai Fanjah!” ”Wahai raja, sesungguhnya seorang pengkhianat akan dihukum karena pengkhianatannya. Jika dia bisa luput dari hukuman yang lebih cepat, maka dia tidak bakal luput dari hukuman di kemudian hari, sehingga bakal menyusul anaknya, cucunya dan keturunannya. Sesungguhnya anakmu telah meng-khianati anakku. Akhirnya aku segera memberikan hukuman lebih awal,” kata burung Fanjah menjawabnya.

Page 15: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

15Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

”Sungguh kami telah berkhianat terhadap anakmu, kemudian kamu membalas hukuman kepada kami, tapi kami tidak ingin membalasmu dengan hukuman yang lain, maka kembalilah kepadaku dengan aman,” kata sang raja membujuknya.

B. Jawaban:Unsur ekstrinsik yang menonjol dalam kutipan hikayat adalah nilai moral. Nilai moral berkaitan dengan nilai religi. Dalam kutipan hikayat Raja dan Burung Fanjah terdapat nilai moral yang pantas dan tidak pantas untuk dicontoh. Perbuatan yang pantas dicontoh yaitu sayang pada sesama dan berbagi makanan kepada orang lain. Burung Fanjah sayang kepada istri dan anak Raja Baridun.

Burung Fanjah juga berbagi makanan yang ia cari di gunung kepada anak raja tanpa membedakan jumlahnya dengan anaknya sendiri. Sementara itu, perbuatan yang tidak pantas dicontoh yaitu perbuatan yang dilakukan oleh anak raja Baridun dan burung Fanjah. Perbuatan anak raja Baridun yang tidak pantas dicontoh adalah membanting anak burung Fanjah hingga mati. Perbuatan burung Fanjah yang tidak pantas ditiru seperti mematuk mata anak raja Baridun.

C. Jawaban:Diserahkan kepada siswa dengan tetap berpedoman pada alur di depan. Alur menggunakan alur maju. Guru dapat membimbing siswa dengan membuat kerangka cerita dari pendahuluan-konflik-penutup. Inti cerita yang disampaikan harus sama dengan isi kutipan hikayat.

A. Jawaban:

SMA Bakti SentosaJalan Pangeran Antasari 56

Bandung—————————————————————————————————————————————

Proposal Studi Wisata ke Surabaya dan Bali

A. Latar Belakang Beragam potensi wisata di Indonesia dapat menjadi jendela

wawasan yang menyenangkan bagi para pelajar. Secara tidak sadar, para pelajar tersebut akan memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru di objek wisata tersebut. Apalagi, kini beberapa objek wisata di Indonesia tidak hanya menawarkan kesenangan semata, tetapi juga menawarkan sejuta pengetahuan baru bagi pengunjung. Melalui objek wisata inilah siswa akan mendapatkan situasi dan kondisi kegiatan belajar yang berbeda dari situasi yang dihadapi sehari-hari. Kegiatan belajar tersebut dapat dilakukan melalui kunjungan ke berbagai objek wisata yang mengandung nilai edukasi bagi siswa. Oleh sebab itu, kami dari SMA Bakti Sentosa Bandung bermaksud mengadakan studi wisata ke berbagai objek wisata di Surabaya dan Bali.

B. Nama Kegiatan Studi wisata ke Surabaya dan Bali.

14243

Nama instansi atau sekolah yang melaku kan kegiatan dalam proposal

1444444444244444444443

Pendahuluan berisi latar belakang proposal yang berisi pokok-pokok pemikiran dan alasan perlunya di adakan kegiatan ter tentu

123

Kegiatan yang dilaksanakan ter cermin dalam judul proposal

123

Nama kegiatan yang dilaksanakan

Page 16: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

16 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

C. Tujuan Kegiatan Kegiatan studi wisata memiliki tujuan sebagai berikut.

1. Menciptakan suasana belajar yang relaks dan tidak monoton sehingga membangkitkan motivasi siswa untuk belajar.

2. Memperoleh wawasan dan pengetahuan yang baru dari kunjungan ke berbagai objek wisata di Surabaya dan Bali.

3. Mempererat rasa persaudaraan sesama guru dan siswa untuk tujuan yang lebih besar yaitu persatuan dan kemajuan bangsa Indonesia.

4. Menjalankan program sekolah, yakni memberikan pendidikan kreatif bagi siswa melalui kunjungan.

D. Manfaat Kegiatan Kegiatan studi wisata ini diharapkan memberikan manfaat bagi

guru dan siswa yang mengikuti kegiatan studi wisata. Manfaat kegiatan studi wisata sebagai berikut. 1. Memberikan motivasi belajar untuk siswa setelah melakukan studi

wisata.2. Timbul semangat untuk meningkatkan kinerja guru dan prestasi

siswa.3. Memberikan pengalaman baru bagi guru dan siswa.4. Rasa persaudaraan dan persahabatan semakin tertanam.

E. Peserta Kegiatan Peserta yang ikut dalam studi wisata adalah siswa kelas XI dan XII SMA Bakti Sentosa Bandung beserta guru yang mengampu kelas XI dan XII.

F. Pelaksanaan Kegiatan Kegiatan studi wisata akan dilaksanakan pada tanggal 8–14

September 2014.

G. Pelaksana KegiatanPenanggung Jawab Kegiatan : Drs. Cahya Pratama, M.Pd.Ketua Panitia Kegiatan : Sri Kusumawati, S. Pd., M.Pd.Pembina OSIS : Dwi Susanto, S.Pd.

Seksi Humas: 1. Liliana Hermina, S.Pd.2. Saraswati Dewi, S.Pd.

Seksi P3K:1. Faisal Abu, S.Pd.2. Wijaya Kusuma, S.Pd.

Seksi Konsumsi:1. Dita Aryanti, S.Pd.2. Dra. Ratnasari

Seksi Dokumentasi:1. Wahyu Prasetya, S.Pd.2. Samsul Akbar, S.Pd.

H. Biaya Setiap peserta yang mengikuti kegiatan studi wisata dikenai

biaya sebesar Rp2.000.000,00 untuk keperluan sesuai dengan jadwal kegiatan terlampir.

144444442444444443

Target yang dicapai dan nilai tambah yang diperoleh dari kegiatan yang di lakukan

1444444244444443

1444444444444424444444444443

Manfaat yang diperoleh dari kegiatan ter sebut

Susunan kepanitiaan merupa-kan penyelenggara kegiatan

1442443

Nama kegiatan yang dilaksana-kan

14243

Tempat dan waktu kegiatan

14243

Rencana anggaran atau biaya yang di perlukan

Page 17: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

17Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

142443

Penutup berisi harapan pembuat proposal yang disampaikan kepada pembaca proposal

123 Tempat dan waktu proposal

dibuat

1444244443

Target yang dicapai dan nilai tambah yang diperoleh dari kegiatan yang di lakukan

I. Penutup Demikian proposal kegiatan studi wisata ini kami buat. Atas segala

dukungan dan demi terlaksananya kegiatan ini dengan baik kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 21 Agustus 2014

Mengetahui, Ketua Panitia Kepala SMA Bakti Sentosa

Drs. Cahya Pratama, M.Pd. Sri Kusumawati, S. Pd., M.Pd.

B. Contoh jawaban:1. Kegiatan karyawisata Karang Taruna Muda Jaya2. Pelaksanaan3. Tempat tujuan

Contoh proposal:

Karang Taruna Muda JayaSekretariat Jalan Kusuma Dilaga 45, Yogyakarta

Telp. 081283544677—————————————————————————————————————————————

Proposal Karyawisata Budaya Karang Taruna Muda Jaya

A. Latar Belakang Berdasarkan penyusunan program tahunan Karang Taruna Muda Jaya, kami mengusulkan

acara wisata budaya. Kegiatan wisata budaya diharapkan dapat menyegarkan pikiran anggota serta pengurus Karang Taruna Muda Jaya. Selain itu, kegiatan wisata budaya diharapkan dapat menumbuhkan rasa solidaritas antaranggota serta masyarakat pada umumnya.

B. Tujuan Kegiatan Tujuan kegiatan wisata budaya Karang Taruna Muda Jaya sebagai berikut.

1. Penyegaran pikiran para anggota serta pengurus Karang Taruna Muda Jaya.2. Menambah wawasan para anggota dan pengurus Karang Taruna Muda Jaya.3. Menumbuhkan rasa saling menghargai antaranggota serta pengurus Karang Taruna Muda

Jaya.4. Memperkenalkan dan menunjukkan kekayaan budaya di daerah sekitar.5. Menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan tempat wisata.

C. Nama Kegiatan Nama kegiatan wisata budaya adalah ”Wisata Budaya Karang Taruna Muda Jaya”.

D. Waktu dan Tempat PelaksanaanKegiatan wisata budaya dilaksanakan pada hari : Minggu;tanggal : 13 April 2014;waktu : pukul 18.00 WIB–selesai.

E. PesertaPeserta kegiatan wisata budaya sebagai berikut.1. Panitia : 10 orang2. Peserta : 40 orangJumlah keseluruhan 50 orang.

Page 18: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

18 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

F. Objek Wisata 1. Keraton Surakarta 2. Museum Radya Pustaka 3. Kampung Batik Laweyan

G. AnggaranPemasukan1. Kas Karang Taruna : Rp 700.000,002. Dana Peserta 40 × @ Rp80.000,00 : Rp 3.200.000,003. Kontribusi Panitia (10 × @ Rp50.000,00) : Rp 500.000,00 ______________ +Total Pemasukan : Rp 4.400.000,00

Pengeluaran1. Travel bus : Rp 2.500.000,002. Sopir dan kondektur @Rp100.000,00 : Rp 200.000,003. Tiket masuk Keraton Surakarta (50 × @ Rp10.000,00) : Rp 500.000,004. Tiket masuk Museum Radya Pustaka (50 × @ Rp5.000,00) : Rp 250.000,005. Parkir bus 3 tempat (3 × @ Rp20.000,00) : Rp 60.000,006. Snack dan air minum : Rp 100.000,007. Alat tulis : Rp 10.000,008. Lain-lain : Rp 200.000,00 ______________ +Total Pengeluaran : Rp 3.820.000,00

Total Anggaran : Total Pemasukan – Total Pengeluaran : Rp 4.400.000,00 – Rp3.820.000,00Saldo : Rp 580.000,00

H. Susunan Kepanitiaan1. Pelindung : Drs. Rajiman2. Pembina : Sri Widodo3. Ketua Panitia : Aryadi4. Sekretaris Panitia : Doni Haryanto5. Bendahara Panitia : Rini Mustika6. Seksi Acara : Dwi Nur Isti7. Seksi Konsumsi : Maya Pratiwi8. Seksi P3K : Budi Martadi : Eno Lestari9. Seksi Dokumentasi : Resa Adi

I. Penutup Demikian proposal kegiatan ini kami buat. Kami meminta bantuan dan kerja sama Bapak/

Ibu. Terima kasih atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu.

Yogyakarta, 3 Maret 2014

Mengetahui, Hormat kami, Pelindung Pembina Ketua Panitia Sekretaris

Drs. Rajiman Sri Widodo Aryadi Doni Haryanto

C. –

D. –

Page 19: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

19Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

A. Jawaban: Berikut ini kata-kata yang termasuk bentuk tidak baku dan perbaikan menjadi kata baku.

Tidak Baku Baku

antri antre

hembus embus

frekwensi frekuensi

katagori kategori

nafas napas

Sementara itu, kata apotek, cendekiawan, jenazah, miliar, dan objek sudah dalam bentuk baku.

B. Jawaban:Contoh jawaban: 1. Sudah satu jam aku menunggu ayah di

apotek Sekar Sari. 2. Aku harus mengantre untuk mendapatkan

tiket konser idolaku. 3. Ayahnya seorang cendekiawan yang disegani

banyak orang. 4. Angin yang berembus kencang dan diikuti

hujan deras terjadi kemarin sore. 5. Tim nasional sepak bola Indonesia akan

menambah frekuensi latihan menjelang pertandingan melawan Malaysia.

6. Jenazah korban banjir akan segera dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

7. Perlombaan cabang seni akan memper-tanding kan beberapa kategori.

8. Perusahaan itu mengalami kerugian hampir tujuh miliar.

9. Napas anak itu tersengal-sengal sehabis berlari.

10. Objek wisata di beberapa daerah di Indonesia layak dikembangkan.

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: b Kutipan wawancara tersebut membahas upaya

menarik kunjungan wisatawan lokal dengan cara memperbaiki infrastruktur yang ada di objek wisata tersebut. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban b.

2. Jawaban: dNarasumber menjelaskan bahwa Pariwisata Indonesia bisa maju tanpa adanya wisatawan

mancanegara. Kondisi tersebut disebabkan Indonesia memiliki jumlah penduduk cukup banyak. Jumlah penduduk tersebut dapat dijadikan potensi pasar pariwisata Indonesia. Salah satu cara menarik masyarakat Indonesia untuk berwisata adalah dengan promosi dan perbaikan infrastruktur yang ada. Pernyataan sesuai dengan isi wawancara terdapat pada pilihan jawaban d. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan penjelasan narasumber.

3. Jawaban: aMasalah merupakan pokok bahasan dalam wawancara. Inti masalah yang sesuai dengan kutipan wawancara tersebut terdapat pada pilihan jawaban a. Pilihan jawaban a mengemukakan alasan jumlah pengunjung di kawasan wisata Kopeng yang semakin menurun. Sementara itu, pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak sesuai dengan kutipan wawancara.

4. Jawaban: eTanggapan sesuai dengan kutipan wawancara tersebut terdapat pada pilihan jawaban e. Tanggapan tersebut sesuai dengan inti masalah yang dibahas dalam wawancara. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak sesuai dengan isi kutipan wawancara.

5. Jawaban: bRangkuman merupakan inti sar i kutipan wawancara. Rangkuman tepat berdasarkan kutipan wawancara tersebut terdapat pada pilihan jawaban b. Sementara itu, pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak sesuai karena tidak menggambarkan isi wawancara.

6. Jawaban: ePewawancara melakukan wawancara dengan narasumber berpedoman pada suatu masalah. Masalah dalam wawancara tergambar dari pertanyaan-pertanyaan pewawancara. Masalah pokok pada kutipan wawancara tersebut adalah alasan, keuntungan, dan perasaan saat mengikuti pemilihan Duta Pariwisata. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban e. Pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak sesuai dengan masalah yang dibahas pada wawancara.

7. Jawaban: dRangkuman wawancara dibuat berdasarkan pertanyaan dan jawaban dalam wawancara. Rangkuman wawancara dapat berfungsi sebagai simpulan wawancara. Rangkuman sesuai dengan isi wawancara terdapat pada pilihan jawaban d. Pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai karena tidak menggambarkan isi wawancara.

Page 20: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

20 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

8. Jawaban: cDalam wawancara tersebut dijelaskan bahwa Widya Sari mendapat keuntungan besar dari ajang pemilihan Duta Pariwisata. Jadi, tanggapan sesuai dengan masalah yang dikemukakan pewawancara terdapat pada pilihan jawaban c. Pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai karena tidak memiliki kaitan dengan permasalahan inti dalam wawancara tersebut.

9. Jawaban: cParagraf pada kutipan buku tersebut membahas keindahan alam di Desa Rantau Bais. Desa Rantau Bais memiliki panorama alam indah dan bebas dari polusi. Masyarakat di Desa Rantau Bais merupakan komunitas masyarakat unik. Berdasarkan gambaran isi kutipan buku tersebut, pernyataan sesuai dengan isi buku terdapat pada pilihan jawaban c. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai dengan isi kutipan buku tersebut.

10. Jawaban: aSimpulan sesuai untuk kutipan paragraf tersebut terdapat pada pilihan jawaban a. Pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak sesuai sebagai kalimat simpulan karena bukan inti sari dari paragraf tersebut.

11. Jawaban: aIde pokok merupakan ide yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Ide pokok kutipan tersebut adalah kemudahan akses menuju objek wisata di Jawa Timur.

12. Jawaban: bParagraf pada kutipan buku tersebut membahas kemudahan akses transportasi menuju objek wisata di Jawa Timur. Berdasarkan gambaran isi kutipan buku tersebut, pernyataan sesuai dengan isi buku adalah pilihan jawaban b. Pilihan jawaban a seharusnya sarana transportasi di Jawa Timur mendukung objek wisata di provinsi tersebut. Sementara itu, pilihan jawaban c, d, dan e tidak terdapat dalam kutipan buku.

13. Jawaban: aSimpulan merupakan inti sari dari kutipan paragraf. Simpulan tepat untuk kutipan paragraf tersebut terdapat pada pilihan jawaban a. Pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak sesuai sebagai kalimat simpulan karena bukan inti sari dari paragraf tersebut.

14. Jawaban: aPerhatikan kalimat di awal paragraf tersebut. Kalimat tersebut memuat ide pokok atau gagasan utama. Ide pokok paragraf tersebut adalah hasil kerajinan khas suku bangsa Dayak.

15. Jawaban: eSimpulan sesuai dengan paragraf tersebut adalah pilihan jawaban e. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c, dan d bukan kalimat simpulan tepat karena tidak menggambarkan inti paragraf.

16. Jawaban: aDalam kutipan hikayat tersebut diceritakan bahwa Maharaja Indera Angkasa memanggil ahli nujum untuk melihat peruntungan putra-putrinya. Namun, karena fi tnah dari Maharaja Indera Dewi, ahli nujum menyampaikan hasil ramalan tidak sesuai dengan kenyataannya. Akibatnya, Maharaja Indera Angkasa mengalami kerugian, karena ia mengusir anaknya yang tidak bersalah. Perbuatan Maharaja Indera Angkasa yang mengundang ahli nujum justru mendatangkan kerugian. Nilai tersebut relevan dengan keadaan sekarang. Banyak orang ingin mengetahui peruntungan melalui ahli nujum. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban a.

17. Jawaban: aKejadian dalam hikayat terkadang sudah tidak lazim lagi dilakukan oleh masyarakat pada zaman sekarang. Perbuatan tidak sesuai dilakukan pada saat ini adalah mengadakan upacara tolak bala dengan menggunakan ratusan buah sampan. Kejadian upacara tolak bala itu mungkin masih ditemukan di beberapa pedalaman Indonesia. Akan tetapi, kejadian itu tidak lazim terjadi.

18. Jawaban: cPesan atau amanat kutipan hikayat tersebut adalah jagalah perkataan kita agar tidak menyinggung perasaan orang lain. Amanat tersebut digambarkan dengan perbuatan Anggung Selamat yang serba- salah dan menjaga perkataannya agar tidak menyakiti hati Muda Cik Leman.

19. Jawaban: bAnggung Selamat merasa serbasalah dengan sahabatnya, Muda Cik Leman. Anggung Selamat sangat menjaga perkataannya kepada Muda Cik Leman yang berhubungan dengan ramalan ahli nujum. Jadi, perilaku Anggung Selamat yang tidak ingin menyakiti hati Muda Cik terdapat dalam pilihan jawaban b. Sementara itu, pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak menggambarkan perilaku Anggung Selamat yang tidak ingin menyakiti hati Muda Cik Leman.

20. Jawaban: b Kutipan hikayat tersebut mengandung nilai

moral. Nilai moral ditunjukkan oleh nasihat atau pesan dalam kutipan hikayat. Hikayat tersebut mengajarkan kita agar bekerja keras dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

Page 21: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

21Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

21. Jawaban: dPesan sesuai dengan kutipan hikayat tersebut adalah bekerjalah dengan rajin dan gunakan uang hasil bekerja dengan benar. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan kutipan hikayat.

22. Jawaban: cDalam proposal harus dirumuskan tujuan sedemikian rupa agar target yang akan dicapai dan nilai tambah yang diperoleh dapat dirasakan oleh pembaca proposal. Oleh karena itu, misi kegiatan harus dijabarkan supaya tampak manfaatnya. Kutipan proposal tersebut merupakan bagian misi atau tujuan dari kegiatan yang diajukan dalam proposal.

23. Jawaban: cKalimat latar belakang dalam proposal memuat alasan pelaksanaan kegiatan dalam proposal. Kalimat latar belakang sesuai dengan tema terdapat pada pilihan jawaban c. Pilihan jawaban a memuat pernyataan permohonan bantuan dana. Pilihan jawaban b memuat pernyataan tujuan dari kegiatan studi wisata. Pilihan jawaban d dan e tidak sesuai dengan tema.

24. Jawaban: cBagian maksud dan tujuan berisi pernyataan yang menjelaskan tujuan atau sesuatu yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan sebuah kegiatan. Kalimat yang menyatakan maksud dan tujuan dalam proposal adalah pilihan jawaban c. Pilihan jawaban a dan d merupakan pernyataan tentang pelaksanaan kegiatan dalam proposal. Pilihan jawaban b dan e merupakan alasan atau latar belakang dalam sebuah kegiatan karyawisata.

25. Jawaban: cKata jadwal , efekt i f , manajemen , dan mengoordinasi merupakan kata baku. Jadi, kata tidak baku terdapat pada pilihan jawaban c. Kata kasanah seharusnya khazanah.

B. Uraian

1. Jawaban:a. Narasumber mengatakan bahwa Pemerintah

Kota Jayapura siap menjadi tujuan wisata untuk tahun 2016.

b. Narasumber mengatakan bahwa salah satu persiapan untuk menjadi tujuan wisata, Pemerintah Kota Jayapura berkomitmen untuk mengembangkan kampung atau desa wisata.

c. Pemkot Jayapura telah meminta bantuan Kementerian Pariwisata melalui PNPM Mandiri Pariwisata untuk mengembangkan desa wisata.

d. Hambatan untuk pengembangan kampung wisata yang dialami Pemerintah Kota Jayapura adalah sumber daya manusia dan kepemimpinan desa.

2. Jawaban:Rangkuman isi pembicaraan sebagai berikut. Narasumber mengatakan bahwa Pemerintah Kota Jayapura siap menjadi tujuan wisata untuk tahun 2016. Salah satu persiapan untuk menjadi tujuan wisata, Pemerintah Kota Jayapura berkomitmen untuk mengembangkan kampung atau desa wisata. Pemkot Jayapura telah meminta bantuan Kementerian Pariwisata melalui PNPM Mandiri Pariwisata untuk mengembangkan desa wisata. Meskipun demikian, pengembangan desa wisata di Kota Jayapura tersebut mengalami hambatan, yakni sumber daya manusia dan kepemimpinan desa.

3. Jawaban:a. Watak tokoh

Tokoh dalam hikayat tersebut adalah Siti Sara, Abdullah, dan Seri Maharaja Lela. Watak Siti Sara tidak terlalu digambarkan dalam kutipan hikayat tersebut. Namun, secara tersirat, Siti Sara digambarkan memiliki watak teguh pendirian. Dalam kutipan hikayat tersebut, Siti Sara tidak bersedia menikah dengan Seri Maharaja Lela karena sudah menerima pinangan Abdullah. Sementara itu, watak Abdullah tidak digambarkan dalam kutipan hikayat. Watak Seri Maharaja Lela adalah jahat dan suka memaksakan kehendak. Watak Seri Maharaja dibuktikan dengan perbuatannya yang memaksa Siti Sara untuk menjadi istrinya.

b. Amanat terkandung dalam Hikayat Silsilah Perak sebagai berikut.1) Jangan memaksakan kehendak kepada

orang lain.2) Musyawarah atau diskusi adalah jalan

terbaik untuk memecahkan suatu persoalan.

4. Jawaban: Provinsi Gorontalo memiliki potensi pariwisata cukup besar. Akan tetapi, potensi pariwisata di Provinsi Gorontalo belum dikelola secara optimal dan profesional. Pengelolaan potensi wisata tersebut merupakan peluang bagi investor untuk mengembangkan pariwisata di Provinsi Gorontalo. Pengembangan pariwisata yang dapat dilakukan para investor adalah membangun sarana dan prasana yang memajukan pariwisata. Pembangunan sarana dan prasarana tersebut diharapkan dapat menimbulkan kenyamanan berwisata bagi wisawatan.

Page 22: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

22 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

5. Contoh jawaban: Kegiatan belajar yang dilaksanakan di sekolah sangat monoton dan kurang aktif. Keadaan tersebut membuat motivasi siswa untuk memperoleh prestasi menjadi sedikit mengendur. Siswa cenderung malas-malasan untuk menerima pelajaran karena kurang variasi metode pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan studi wisata dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar. Dengan berwisata, secara tidak sadar siswa akan menerima informasi dan pengetahuan. Berdasarkan hal tersebut, SMA Permata Bunda akan mengadakan studi wisata ke Jakarta. Melalui kegiatan studi wisata tersebut kami berharap siswa-siswi akan semakin berprestasi.

Bab III Asah Kreativitas Melalui Wirausaha

A. Jawaban:Jawaban:Pokok-pokok isi sambutan tersebut sebagai

berikut.1. Topik seminar ialah ”Pendidikan

Kewirausahaan untuk Siswa”.2. Kepala SMA Karya Pembangunan

mengatakan bahwa kita masih mengalami krisis multidimensi.

3. Salah satu krisis yang kita alami adalah minimnya kesempatan untuk berwirausaha mengingat kurangnya lapangan pekerjaan.

4. Dampak negatif dari krisis ini adalah banyak lulusan SMA dan SMK yang mencari pekerjaan di negara lain.

5. Kita harus mempersiapkan diri secara serius dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri pada era pasar bebas.

6. Seminar kewirausahaan dapat memberikan gambaran dalam mempersiapkan dirinya menghadapi tantangan global.

B. Contoh jawaban: Topik seminar dalam sambutan tersebut ialah ”Pendidikan Kewirausahaan untuk Siswa”. Sambutan tersebut disampaikan oleh Kepala SMA Karya Pembangunan. Kepala SMA Karya Pembangunan mengatakan bahwa kita masih mengalami krisis multidimensi. Salah satu krisis yang kita alami adalah minimnya kesempatan untuk berwirausaha, mengingat juga kurangnya lapangan pekerjaan. Krisis tersebut memberi

dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang dirasakan adalah banyak lulusan SMA dan SMK yang mencari pekerjaan di negara lain. Seminar kewirausahaan sangat bagus bagi siswa baik yang sudah mempunyai jiwa wirausaha maupun yang belum memiliki jiwa wirausaha. Kepala SMA Karya Pembangunan mengatakan bahwa jiwa wirausaha harus dipersiapkan sejak dini, mengingat kita dihadapkan pada suatu kenyataan bahwa kita akan memasuki era pasar bebas. Kita harus mempersiapkan diri secara serius dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri pada era perdagangan bebas. Kepala SMA Karya Pembangunan menambahkan bahwa seminar kewirausahaan dapat memberi gambaran tentang cara mempersiapkan diri menghadapi tantangan global.

C. Jawaban:Diserahkan kepada siswa.

A. –

B. –C. –D. –

E. –

F. –

A. Contoh jawaban: Mencetak wirausaha/tidak semudah → → → →membalikkan telapak tangan// Perlu sebuah → → → → →sistem yang baik/ dijalankan secara konsisten/ → → → →dikontrol/dan ditanamkan sejak dini kepada → - - - - → → →pelajar// Kurikulum yang diterapkan / harus

→ → → → - - - -ter integrasi karakter kewirausahaan// → → Sehingga siswa sudah dikenalkan

→ → →kewirausahaan sejak dini//

→ → → →

Penandaan teks berita dapat dilanjutkan siswa.

B. –

C. –

Page 23: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

23Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

A. –

B. Contoh jawaban:Surat pemesanan barang

PT Jupiter CarakaJalan Gegerkalong Hilir 47, Bandung

Telepon 022-4751050 e-mail [email protected]

Nomor : 002/BT/IV/15 Bandung, 2 April 2015Lampiran : –Perihal : Pemesanan barang

KepadaKepala Bagian Pemasaran CV Satelit PersadaJalan Cikutra-Sekejati 09, Bandung

Dengan hormat, Kami dari PT Jupiter Caraka bermaksud menjalin hubungan kerja sama dengan CV Satelit Persada. Sehubungan dengan perusahaan kami memerlukan beberapa alat kantor, kami ingin memesan beberapa barang sebagai berikut.1. Lima kertas HVS ukuran A4.2. Satu unit faximili Toshiba.3. Lima unit komputer.4. Dua puluh unit kalkulator.5. Satu unit mesin fotokopi Canon.

Kami harap pesanan kami dapat dikirim secepatnya ke perusahaan kami. Mudah-mudahan kerja sama yang kita jalin dapat berjalan dengan baik. Terima kasih.

Hormat kami,Direktur PT Jupiter Caraka

Lintang Anjani Prastiwi

Surat perjanjian utang piutang

Surat Perjanjian Utang Piutang Kami yang bertanda tangan di bawah ini:1. nama : Muhammad Bagus Adiguna, umur : 48 tahun, pekerjaan : wiraswasta, alamat : Jalan R.E. Martadinata 69, Manado 95127, nomor telepon : (0431) 866602, selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA (peminjam).2. nama : Faris Amurallah, S.E., umur : 39 tahun, pekerjaan : Pimpinan PT Bank Berdikari, alamat : Wenang Permai Kompleks Blok B 3–4, Jalan Walanda Maramis Raya, Manado, nomor telepon : (0431) 8535165, selanjutnya disebut PIHAK KEDUA (pemberi pinjaman).

Bahwa PIHAK KEDUA bermaksud meminjam sejumlah uang dari PIHAK PERTAMA.

Page 24: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

24 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Selanjutnya, kedua pihak telah bersepakat dan semufakat untuk mengadakan perjanjian utang piutang mengenai uang dimaksud di atas, yang diatur serta dengan memakai ketentuan-ketentuan sebagai berikut.

Pasal 1Besaran Nilai Utang Piutang

1) Nilai perjanjian utang piutang yang disepakati oleh kedua pihak adalah uang sebesar Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

2) Uang termaksud di ayat 1) pasal 1 diserahkan pihak pertama kepada pihak kedua setelah sebelumnya dilakukan penandatanganan kuitansi tanda terima bermeterai senilai Rp6.000,00 (enam ribu rupiah) yang disiapkan oleh pihak kedua. Kuitansi tersebut mempunyai kekuatan hukum yang sama dan berlaku sejak ditandatangani oleh kedua pihak.

Pasal 2Besaran Nilai Utang Piutang

1) Utang piutang ini berlaku untuk waktu 50 (lima puluh) bulan terhitung mulai tanggal dua puluh bulan Februari tahun dua ribu dua belas sampai dengan tanggal dua puluh bulan Maret tahun dua ribu lima belas.

2) Apabila dalam jangka waktu tersebut Pihak Kedua belum dapat mengembalikan seluruh pinjaman kepada pihak pertama, maka Pihak Pertama dapat memberikan toleransi pembayaran maksimal 3 (tiga) bulan dari tanggal terakhir yang tercantum dalam ayat 1 pasal 2 dengan mempertimbangkan kondisi Pihak Kedua.

Pasal 3Cara Pembayaran

1) Pihak Pertama dan Pihak Kedua telah sepakat bahwa pembayaran pinjaman Pihak Kedua kepada Pihak Pertama dilakukan dengan cara mengangsur sebanyak Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah) per bulan.

2) Pihak Pertama dan Pihak Kedua juga telah sepakat bahwa untuk memudahkan kedua belah pihak maka pembayaran dilakukan melalui mekanisme transfer ke rekening BCA dengan nomor 150 000 6687 008 atas nama Pihak Pertama.

3) Terkait dengan kegiatan ayat 2) pasal 3, untuk setiap kali Pihak Kedua mentransfer angsuran ke nomor rekening dimaksud maka harus mengumpulkan struk/bukti transfernya sebagai bukti pembayaran yang sah. Kumpulan bukti transfer ini dikopi dan diserahkan kepada Pihak Pertama pada saat akhir pelunasan utang untuk ditandatangani dan/atau distempel lunas oleh Pihak Pertama. Sedangkan yang asli disimpan oleh Pihak Kedua.

Demikian perjanjian ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

20 Oktober 2015

Muhammad Bagus Adiguna Faris Amurallah, S.E.

______________________ ________________ Pihak Pertama Pihak Kedua

C. –D. –

Page 25: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

25Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

A. Jawaban:1. Ubah pikiran Anda bahwa sekolah atau

kuliah yang Anda jalani ini bukan hanya semata untuk mencari pekerjaan. Namun, ada pilihan lebih mulia daripada sekadar bekerja yaitu membuka peluang usaha (berwirausaha).

2. Jangan belenggu potensi minat dan bakat Anda. Sebaliknya, mulailah membuka usaha dari hal yang mungkin terlihat kecil.

B. Contoh jawaban: Di sekitar Anda ada banyak contoh usaha yang bisa dijalankan oleh seorang pelajar atau mahasiswa. Kalau Anda sadari, ternyata banyak pelajar dan mahasiswa yang sudah memulai usaha sambil belajar. Hasil dari wirausaha tersebut dapat digunakan untuk membeli buku atau sekadar menambah uang saku. Contoh sederhana peluang usaha yang dilakukan banyak mahasiswa adalah memberikan les atau membuka bimbingan belajar untuk anak SD, SMP, dan SMA. Peluang usaha tersebut dapat dijalankan tanpa mengganggu kegiatan kuliah. Namun, mahasiswa yang menekuni bimbingan les harus pandai membagi waktu dan disiplin dengan jadwal yang telah disepakati. Jika Anda mampu membaca pasar, peluang wirausaha yang bisa dijalankan oleh mahasiswa banyak sekali. Faktor terpenting adalah ”kemauan” dan niat dari diri sendiri.

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: eKutipan sambutan tersebut membahas lomba kewirausahaan dan hakikat seorang wirausaha. Pernyataan sesuai dengan kutipan sambutan adalah pilihan jawaban e. Pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak sesuai dengan kutipan sambutan. Pernyataan dalam pilihan jawaban a dan b dapat diperbaiki sebagai berikut. 1) Wirausaha adalah seorang yang selalu

memiliki ide baru, kreatif, dan inovatif.2) Wirausaha adalah seorang yang berani

melakukan sesuatu yang baru.Sementara itu, pilihan jawaban c dan d tidak sesuai dengan isi kutipan sambutan tersebut.

2. Jawaban: cRangkuman merupakan inti sari yang terdapat dalam paragraf atau bacaan. Sambutan tersebut membahas lomba kewirausahaan yang meng-ajak generasi muda untuk terjun di bidang wirausaha. Selain itu, kutipan sambutan mem-bahas pengertian dan langkah-langkah yang dapat dilakukan seorang wirausaha. Jadi, rang-kuman yang sesuai dengan isi sambutan adalah pilihan jawaban c. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak dapat mewakili isi kutipan sambutan tersebut.

3. Jawaban: aKutipan sambutan tersebut menginformasikan masalah tanggung jawab perguruan tinggi ter hadap mutu lulusannya. Tanggung jawab per guruan tinggi terhadap mutu lulusannya dapat dilakukan dalam mengembangkan ilmu manajemen bisnis, akuntansi, dan kewira usaha-an berbasis teknologi informasi. Jadi, pilihan jawaban sesuai dengan isi sambutan adalah pilihan jawaban a. Sementara itu, pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak sesuai dengan isi sambutan.

4. Jawaban: aInti masalah dalam sambutan tersebut adalah tanggung jawab perguruan tinggi dalam men-ciptakan mutu lulusannya. Kalimat rang kuman sesuai dengan isi sambutan tersebut adalah pilihan jawaban a. Sementara itu, pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak sesuai sebagai kalimat rangkuman sambutan tersebut.

5. Jawaban: bKutipan sambutan tersebut menginformasikan tujuan kegiatan Pemilihan dan Apresiasi Wira-usaha Muda Terbaik. Kegiatan Pemilihan dan Apresiasi Wirausaha Muda Terbaik 2015 dapat diarahkan untuk menumbuhkan dinamika, budaya prestasi, dan semangat profesionalitas. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban b.

6. Jawaban: eKalimat persuasif disebut juga kalimat ajakan. Kalimat persuaif untuk melengkapi kutipan pidato harus sesuai dengan isi kutipan pidato. Kutipan pidato tersebut membahas tujuan kegiatan pe-milihan wirausaha muda. Kalimat persuasif atau ajakan sesuai dengan kutipan isi pidato adalah pilihan jawaban e. Sementara itu, kalimat dalam pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak sesuai untuk melengkapi kutipan pidato tersebut.

Page 26: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

26 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

13. Jawaban: eDialog tokoh Yulia tersebut dapat diucapkan dengan manja. Perhatikan kalimat pertama yang diucapkan oleh tokoh Yulia saat menyapa tokoh Kakek dan mengutarakan maksud hatinya kepada Kakek. Kalimat tersebut menggambarkan bahwa dialog tokoh Yulia diucapkan dengan manja.

14. Jawaban: dDalam kutipan drama tersebut digambarkan bahwa tokoh Yulia akan pergi ke kampus. Kostum yang dapat digunakan tokoh Yulia saat memerankan drama tersebut adalah pilihan jawaban d. Sementara itu, penggambaran kostum dalam pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai digunakan tokoh Yulia yang akan pergi ke kampus.

15. Jawaban: dNada keras, tinggi, dan tempo cepat diucapkan untuk mengungkapkan perasaan kesal atau marah. Dialog yang dapat diucapkan dengan nada keras, tinggi, dan cepat adalah pilihan jawab an d. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c, dan e dapat diucapkan dengan nada lemah, rendah, dan lambat karena mengungkapkan perasaan sedih, bahagia, kecewa, dan mengharap atas sesuatu.

16. Jawaban: bPokok berita dalam kutipan berita sebagai berikut.1) Bandung Runaway 2014 diselenggarakan

oleh Idcreativeworld.2) Bandung Runaway 2014 diadakan pada

31 Oktober 2014 hingga 2 November 2014.3) Bandung Runaway 2014 diselenggarakan

di Trans Studio Mall, Bandung.4) Informasi Bandung Runaway 2014 di sam paikan

Felix Yonathans, Founder Idcreativeworld kepada wartawan Liputan6.com.

5) Bandung Runaway 2014 menghadirkan berbagai acara di antaranya The Bazaar yang menghadirkan lebih dari 60 brand & designers.

6) Bandung Runaway 2014 merupakan event kreatif dengan skala nasional. Event ini melibatkan industri kreatif lokal seluruh Indonesia, designer, serta mengikutsertakan berbagai macam komunitas seperti fotografi , fashion blogger, makeup artist, dan sekolah mode.

Jadi, pokok berita sesuai dengan kutipan berita adalah pilihan jawaban b. Sementara itu, pilihan jawaban a, c, d, dan e bukan pokok berita.

17. Jawaban: aBerdasarkan kutipan berita tersebut penandaan berita yang tepat terdapat pada pilihan jawaban a. Pen jedaan dalam pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak tepat.

7. Jawaban: ePetikan sambutan disampaikan saat pembukaan acara Pelatihan Wirausaha Mandiri tahun 2015. Petikan sambutan tersebut membahas arti dan manfaat program Pelatihan Wirausaha Mandiri. Program tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Jadi, informasi yang tepat berdasarkan petikan sambutan tersebut adalah pilihan jawab-an e. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak sesuai dengan isi informasi dalam petikan sambutan.

8. Jawaban: cInti sari petikan sambutan tersebut adalah arti dan manfaat program Pelatihan Kewirausahaan Mandiri 2015. Jadi, rangkuman atau inti sari tepat berdasarkan petikan sambutan tersebut adalah pilihan jawaban c. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak tepat digunakan sebagai kalimat rangkuman dari petikan sam-butan tersebut.

9. Jawaban: eDialog tokoh Ibu menggambarkan perasaan pasrah menghadapi peristiwa yang sedang di hadapi. Jadi, jawaban tepat untuk meng-gambarkan perasaan tokoh Ibu adalah pilihan jawaban e.

10. Jawaban: bDialog tokoh Anak menggambarkan perasaan sedih yang dialami tokoh Anak karena ayahnya tidak kunjung pulang. Jadi, jawaban tepat untuk menggambarkan perasaan tokoh Anak adalah pilihan jawaban b.

11. Jawaban: bKutipan drama tersebut menceritakan seorang ibu dan anak sedang bercakap-cakap di rumah. Ibu dan anak tersebut membicarakan anggota keluarga yaitu suami (bapak) yang tidak pulang dalam jangka waktu lama. Suami atau bapak tersebut merantau. Penggambaran tersebut mem-buktikan bahwa mereka berasal dari keluarga biasa. Kostum tepat digunakan tokoh Ibu untuk memerankan drama tersebut adalah kaus, rok pendek, rambut diikat dengan tali karet. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban b. Pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak sesuai dengan karakter tokoh Ibu dalam dialog.

12. Jawaban: dTokoh yang memiliki watak pemarah biasa nya ditandai dengan perilaku suka membentak-bentak, intonasi dialog selalu tinggi, ber tem pera men tinggi, dan selalu ingin menang sendiri. Perilaku tersebut dimiliki oleh tokoh Diah. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban d.

Page 27: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

27Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

b. Jiwa dan semangat kewirausahaan harus dibentuk melalui proses penyadaran bahwa dirinya telah dibekali oleh Tuhan potensi ekonomi yang tidak terbatas.

c. Setiap individu dibekali Tuhan kekuatan fi sik dan nalar yang menjadi sumber kreativitas.

d. Kekuatan fi sik dan nalar yang diberikan Tuhan kepada manusia merupakan potensi ekonomi yang dapat digunakan untuk menjamin kelangsungan hidup manusia.

e. Tahap yang harus dilakukan dalam proses menumbuhkan kesadaran dan menanam-kan semangat berwirausaha kepada pelajar yaitu menggali potensi diri, mengenali potensi bisnis, mengenal praktik bisnis, me ngenal cara berbisnis, memahami cara pengelolaan bisnis yang benar, dan mengenal cara mengatasi risiko bisnis.

f. Pemberian bekal kewirausahaan sejak dini bagi pelajar dapat menumbuhkan jaringan usaha para alumni yang tangguh.

2. Jawaban:Kutipan drama tersebut dapat dipentaskan dengan latar, kostum, dan karakter sebagai berikut.Latar:Di asrama di kamar F3 dan di sekolah.Kostum:a. Saat di asrama F3, para pelaku memakai

pakaian santai seperti celana pendek dan kaus oblong.

b. Saat di sekolah, para pelaku memakai seragam sekolah.

Karakter: Restu : remaja usia 18 tahun, siswa

kelas XII, memiliki kemampuan berteater. Restu memiliki sifat pemalu. Watak ini ditunjukkan dengan sikapnya yang malu mengakui perasaannya kepada teman-teman satu kamarnya.

Dinda : remaja usia 16 tahun, siswa kelas X. Dinda memiliki sifat ramah dan baik. Sifat ramah ditunjukkan saat bertemu dengan Restu. Dinda menyapa dan mem-perkenalkan diri kepada Restu.

Ades dan Dodi : remaja usia 18 tahun, siswa kelas XII, teman satu kamar Restu. Ades dan Dodi memiliki sifat peduli dengan teman. Watak ini terbukti saat Restu jatuh cinta, ia memberikan dukung an kepada Restu untuk me nya takan cintanya kepada Dinda.

18. Jawaban: eGagasan utama merupakan ide pokok atau ide dasar yang terdapat dalam berita. Gagasan utama yang terdapat dalam kutipan berita ter-sebut terdapat pada pilihan jawaban e.

19. Jawaban: bBerdasarkan kutipan berita tersebut penandaan berita yang tepat terdapat pada pilihan jawaban b. Penjedaan dalam pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak tepat.

20. Jawaban: cBerita tersebut menginformasikan bahwa ke-giat an kewirausahaan di bidang teknologi infor-masi, Imagine Cup 2015. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Microsoft. Jadi, informasi pokok dalam berita tersebut terdapat pada pilihan jawaban c.

21. Jawaban: aPenjedaan tepat kalimat dalam kutipan berita ter sebut terdapat pada pilihan jawaban a. Penjedaan dalam pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak tepat.

22. Jawaban: aSurat tersebut berisi perpindahan kepemilikan rumah. Kutipan surat perjanjian jual beli me ru-pakan komponen isi surat perjanjian.

23. Jawaban: eSurat niaga termasuk surat resmi. Surat resmi menggunakan bahasa baku. Oleh karena itu, surat niaga menggunakan bahasa baku. Kalimat pada surat niaga tersebut merupakan surat pemberitahuan tentang pesanan dan menawarkan produk atau barang dagangan. Kalimat tepat untuk melengkapi penutup surat terdapat pada pilihan jawaban e.

24. Jawaban: dKutipan surat perjanjian jual beli tersebut menge-mukakan identitas pihak-pihak yang melakukan perjanjian adalah Pihak I dan Pihak II.

25. Jawaban: aKata penghubung yang tepat berupa kata peng-hubung antarkalimat yang menyatakan hubung an ’pertentangan’. Kata penghubung yang me nya-takan hubungan pertentangan adalah se ba lik-nya.

B. Uraian1. Jawaban:

Pokok-pokok sambutan tersebut sebagai berikut.a. Memberikan bekal kewirausahaan dan ke-

terampilan usaha sejak dini kepada para pelajar sangatlah penting.

Page 28: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

28 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Dengan hormat, Melalui surat ini, perkenankanlah kami memperkenalkan perusahaan kami kepada Bapak. Perusahaan kami bernama CV Amanah yang bergerak di bidang distribusi alat tulis kantor. Menurut informasi yang kami peroleh, PT Kreatif adalah perusahaan properti yang sedang berkembang pesat dan akan mem-buka lagi beberapa kantor pemasaran di Aceh. Sehubungan dengan informasi itu, perkenankanlah kami menawarkan beberapa produk alat tulis kantor yang kami pasarkan. Bersama surat ini kami lampirkan daftar barang beserta harganya masing-masing. Jika PT Kreatif membutuhkan layanan kami, cukup menghubungi kami melalui nomor telepon (0645) 41733. Kami akan mengantarkan pesanan langsung ke lokasi. Selanjutnya, kami akan mengirimkan invoice setiap akhir bulan untuk transaksi-transaksi yang terjadi pada bulan yang bersesuaian. Kami akan memberikan potongan harga jika akumulasi pembelian dalam satu bulan lebih dari Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah). Kami berharap agar penawaran ini dapat dilanjutkan ke dalam suatu bentuk kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak. Apabila PT Kreatif berminat, kami siap melakukan presentasi dan melakukan pembicaraan lebih lanjut. Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Hormat kami,CV Amanah

Abdullah Hadi

Rio : remaja usia 18 tahun, siswa kelas XII, teman satu kamar Restu. Rio memiliki sifat boros. Hal ini dibuktikan dengan uang sakunya yang habis sebelum kiriman untuk bulan berikutnya tiba.

Adit dan Abdul : remaja usia 18 tahun, siswa kelas XII, tinggal di kamar F3. Adit dan Abdul memiliki sifat perhatian kepada Rio. Adit dan Abdul paham dengan sifat Rio yang boros. Adit dan Abdul mengetahui kondisi keuangan Rio dan menasihati agar Rio tidak bersikap boros.

3. Contoh jawaban: Manajemen PT Wismilak Inti Makmur Tbk (WIIM)/ → → → →menyelenggarakan program Diplomat Success → → → → →Challenge (DSC) /2014// Program ini merupakan → → → →ajang pencari wirausaha/ dengan total hadiah → → → → → →sebesar /Rp1 miliar/ sebagai modal untuk → → → → →mengembangkan usaha//

→ → →

4. Contoh jawaban: Beberapa tokoh masyarakat mengusulkan agar kewirausahaan menjadi pelajaran wajib di sekolah. Penambahan mata pelajaran tersebut dimaksudkan agar pelajar dan mahasiswa dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Namun, usulan tersebut hingga saat ini masih menjadi bahan diskusi para pengamat dan pelaku pendidikan. Untuk mewujudkan kewirausahaan menjadi pelajaran wajib di sekolah, diperlukan sinkronisasi antara penyelenggara pendidikan dengan dunia usaha.

5. Contoh jawaban:

CV AmanahJalan Mukim Jamil Dusun Nelayan,Langsa Barat–Aceh Timur, Langsa

Telepon (0651) 20202

Langsa, 11 November 2015

KepadaManajer PT Kreatifdi LokseumaweNanggroe Aceh Darussalam

Page 29: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

29Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Ulangan Tengah Semester

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: dSimpulan disebut juga inti permasalahan dalam wawan cara. Masalah dalam wawancara tergambar dari pertanyaan-pertanyaan pewawancara. Masalah dalam kutipan wawancara tersebut adalah peluang ekspor produk per tanian Indonesia. Jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban d. Sementara itu, paragraf dalam pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan isi kutipan wawancara.

2. Jawaban: bDalam wawancara dijelaskan bahwa narasumber akan melakukan perubahan paradigma di bidang pertanian. Narasumber juga mengemukakan penyebab peluang ekspor terkesan berkurang. Kalimat tanggapan sesuai pendapat narasumber terdapat pada pilihan jawaban b. Sementara itu, kalimat tanggapan atau komentar dalam pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak sesuai dengan inti masalah dalam kutipan wawancara.

3. Jawaban: aPermasalahan dalam kutipan wawancara tersebut terdapat pada pilihan jawaban a. Permasalahan tersebut dapat dicermati pada jawaban narasumber.

4. Jawaban: cNarasumber berkeinginan untuk mendirikan perguruan tinggi sesuai dengan cita-citanya. Narasumber beranggapan untuk menggapai mimpi-mimpi tersebut memang dibutuhkan biaya besar. Pernyataan yang sesuai dengan isi wawancara terdapat pada pilihan jawaban c. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai dengan penjelasan narasumber.

5. Jawaban: aInformasi pokok merupakan masalah utama yang dibahas dalam sambutan. Kutipan sambutan tersebut membahas perlunya kerja sama semua pihak dalam mengatasi pemanasan global. Jadi, informasi pokok sesuai dengan sambutan adalah pilihan jawaban a. Pilihan jawaban b, c, d, dan e memuat informasi yang kurang tepat.

6. Jawaban: aTanggapan positif sesuai dengan isi sambutan terdapat pada pilihan jawaban a. Pilihan jawaban b dan d berisi tanggapan terhadap bahasa yang digunakan dalam sambutan. Pilihan jawaban c dan e tidak sesuai karena merupakan tanggapan yang bersifat negatif.

7. Jawaban: aTanggapan merupakan pemberian komentar positif atau negatif terhadap isi sambutan. Masalah yang penting ditanggapi dalam kutipan sambutan itu berkaitan dengan penggunaan bahasa yang belum cermat, seperti penggunaan kata ulang yang salah. Jadi, kalimat tanggapan yang tepat untuk kutipan sambutan tersebut adalah pilihan jawaban a. Pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak sesuai untuk menanggapi sambutan tersebut.

8. Jawaban: bSambutan tersebut menginformasikan beberapa masalah ekonomi yang dihadapi Indonesia. Masalah tersebut di antaranya laju infl asi tinggi, suku bunga tinggi, kenaikan harga bahan pokok, dan banyaknya pengangguran. Jadi, jawaban sesuai dengan isi sambutan adalah pilihan jawaban b. Sementara itu, pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak sesuai dengan isi sambutan.

9. Jawaban: dInti masalah dalam sambutan adalah beberapa masalah yang ditimbulkan dari krisis ekonomi. Kalimat rangkuman yang sesuai dengan isi sambutan tersebut terdapat pada pilihan jawaban d. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan isi sambutan tersebut.

10. Jawaban: bKutipan isi buku tersebut membahas suasana dalam pertunjukan teater tradisional. Suasana yang tercipta dalam pertunjukan teater tradisional adalah santai. Kondisi tersebut menimbul-kan suasana yang betah dan kerasan bagi penonton. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

11. Jawaban: cPernyataan sesuai dengan kutipan isi buku terdapat pada kalimat pilihan jawaban c. Pernyataan tersebut dapat dicermati dalam paragraf pertama kalimat ketiga. Pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai dengan kutipan isi buku

12. Jawaban: bSimpulan merupakan inti permasalahan dalam buku. Simpulan kutipan isi buku tersebut adalah kalimat pilihan jawaban b. Sementara itu, pilihan jawaban a, c, d, dan e bukan simpulan kutipan isi buku.

13. Jawaban: dKutipan buku tersebut membahas jenis kain songket dan proses menenun kain songket. Pernyataan sesuai dengan isi kutipan buku

Page 30: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

30 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

adalah kalimat pilihan jawaban d. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan isi kutipan buku.

14. Jawaban: eSimpulan merupakan inti sari dari kutipan paragraf. Simpulan yang sesuai untuk kutipan paragraf tersebut adalah pilihan jawaban e. Pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak sesuai sebagai kalimat simpulan karena bukan inti sari dari paragraf tersebut.

15. Jawaban: bArtikel tersebut memuat informasi pokok upaya Pemprov DKI Jakarta mengatasi perubahan iklim. Perhatikan kalimat pertama paragraf tersebut. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b. Pilihan jawaban a, c, d, dan e kurang sesuai dengan informasi pokok pada artikel tersebut.

16. Jawaban: dTanggapan merupakan komentar terhadap suatu masalah yang ada. Tanggapan dapat pula berupa kritik yang disertai dengan saran atau solusi pemecahan dari masalah tersebut. Tanggapan sesuai dengan isi artikel tersebut terdapat pada pilihan jawaban d. Pilihan jawaban a, b, c, dan e berisi pendapat yang negatif dan tidak memberikan solusi tepat dari masalah yang ada.

17. Jawaban: aPernyataan sesuai dengan artikel adalah pilihan jawaban a. Perhatikan kalimat ke-1. Pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak sesuai dengan isi artikel.

18. Jawaban: eArtikel tersebut memuat informasi pokok luas lahan yang sudah dimanfaatkan untuk pertanian organik dan belum dimanfaatkan untuk pertanian organik. Jadi, informasi pokok artikel adalah adanya peluang pertanian organik di Indonesia. Pilihan jawaban yang tepat adalah e. Pilihan jawaban a, b, c, dan d kurang sesuai dengan informasi pokok pada artikel tersebut.

19. Jawaban: aGagasan utama merupakan masalah yang diuraikan dalam artikel. Masalah pada artikel tersebut adalah penyebab pemanasan global (global warming). Pilihan jawaban b, c, d, dan e bukan gagasan/ide utama dari kutipan artikel tersebut.

20. Jawaban: bParagraf pada kutipan buku tersebut membahas tendangan penjuru. Pemain belakang disebar di daerah penalti. Semua pemain, kecuali kiper,

harus agresif mencari bola. Dalam permainan sepak bola ada satu pemain bertugas mengejar bola ke mana pun bola menggelinding. Berdasarkan gambaran isi kutipan buku tersebut, pernyataan sesuai dengan isi buku adalah pilihan jawaban b. Pilihan jawaban a seharusnya Tendangan penjuru merupakan set piece paling berbahaya bagi pemain belakang. Pilihan jawaban c seharusnya Semua pemain harus agresif mencari bola dan hanya seorang pemain yang mengikuti arah bola digiring. Pilihan jawaban d seharusnya Pemain belakang disebar secara merata di sekitar daerah penalti. Pilihan jawaban e seharusnya Pemain jangan membiarkan pemain lawan melakukan sundulan bola ke gawang.

21. Jawaban: eSimpulan merupakan inti sari dari kutipan paragraf. Simpulan sesuai untuk kutipan paragraf tersebut adalah pilihan jawaban e. Pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak sesuai sebagai kalimat simpulan karena bukan inti sari dari paragraf tersebut.

22. Jawaban: bResensi tersebut mengungkapkan isi buku. Isi buku Seratus Buku Sastra Indonesia yang Patut di Baca Sebelum di Kuburkan adalah membingkai buku-buku sastra dalam jenis sama. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban b.

23. Jawaban: cResensi merupakan tulisan berisi ulasan, pertimbangan, atau pembicaraan suatu karya (sastra, nonsastra, fi lm, drama, dan sebagainya) dengan tujuan untuk menyampaikan infomasi kepada pembaca tentang sebuah karya patut mendapat sambutan atau tidak. Unsur-unsur yang dimuat dalam resensi yaitu identitas buku, sinopsis (unsur ekstrinsik dan intrinsik), nilai buku (kelebihan dan kelemahan buku), dan kecocokan pembacanya. Kutipan resensi novel Sang Pemimpi yang mengungkapkan keunggulan novel adalah paragraf pada pilihan jawaban c.

24. Jawaban: bGagasan utama merupakan gagasan yang menjadi dasar pemikiran dalam sebuah paragraf. Gagasan utama dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir paragraf. Gagasan utama paragraf tersebut terletak di awal paragraf. Gagasan utama paragraf tersebut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk mengurangi pemanasan global. Perhatikan kalimat pertama pada paragraf tersebut. Pilihan jawaban a, c, d, dan e bukan gagasan utama dalam paragraf tersebut.

Page 31: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

31Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

25. Jawaban: eKalimat pendapat merupakan kalimat berisi pendapat, ide, atau gagasan seseorang terhadap permasalahan yang ada. Pendapat yang terdapat pada bacaan tersebut adalah perubahan pola hidup dapat mengurangi terjadinya pemanasan global. Jadi, pendapat sesuai bacaan terdapat pada pilihan jawaban e. Pilihan jawaban a, b, c, dan d merupakan pernyataan bersifat menginformasikan sesuatu, bukan berisi pendapat seseorang.

26. Jawaban: cBacaan tersebut membahas langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengurangi pemanasan global. Berdasarkan pernyataan-pernyataan yang terdapat pada paragraf, dapat dibuat kalimat simpulan bahwa pemanasan global dapat dikurangi dengan mengubah gaya hidup kita. Jadi, simpulan sesuai terdapat pada pilihan jawaban c. Pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai untuk dijadikan kalimat simpulan karena tidak bersifat lebih umum dari pernyataan yang lain.

27. Jawaban: aBerita tersebut menginformasikan bahwa perwakilan Asosiasi Tuna Long Line menerima keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, tentang pelarangan bongkar muat ikan di tengah laut. Jadi, jawaban tepat terdapat dalam pilihan jawaban a.

28. Jawaban: cPenjedaan harus dilakukan dengan tepat agar informasi yang kita terima tidak berbeda dengan maksud penulis. Pembacaan berita dengan menggunakan penjedaan tepat terdapat dalam pilihan jawaban c.

29. Jawaban: bKutipan hikayat tersebut menceritakan kesedihan seorang ibu karena ditinggal mati keempat anaknya. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b. Pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak sesuai dengan isi hikayat tersebut.

30. Jawaban: bCiri karya sastra Melayu Klasik sebagai berikut.1) Anonim.2) Bahasa yang digunakan bahasa Melayu.3) Awal cerita ditandai dengan kata maka,

syahdan, sebermula, tersebutlah, dan arkian.

4) Latar cerita di sebuah istana.5) Berjenis cerita berbingkai.6) Amanat berisi nasihat yang berhubungan

dengan perilaku manusia.

31. Jawaban: cNilai kehidupan dalam kutipan hikayat adalah nilai sosial. Nilai sosial merupakan nilai berhubungan dengan hubungan antarsesama manusia. Nilai sosial tergambar dalam hikayat tersebut adalah adanya perasaan tolong-menolong antarsesama dalam berbagai kegiatan. Nilai sosial tersebut tergambar pada sikap Habib Abdullah pada saat menolong tokoh bunda.

32. Jawaban: bAmanat merupakan pesan pengarang kepada pembaca. Amanat dalam kutipan hikayat tersebut adalah agar kita tolong-menolong dengan tetangga yang mengalami kesulitan. Pesan tersebut dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

33. Jawaban: bKutipan drama tersebut menceritakan Sanah kehilangan barang dagangannya. Sanah jengkel dengan peristiwa yang menimpanya. Jadi, suasana tergambar adalah menjengkelkan.

34. Jawaban: dSanah merupakan pedagang pisang goreng. Kostum tepat dikenakan tokoh Sanah adalah rapi, pakaian baju stelan biasa. Sementara itu, penggambaran kostum dalam pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dikenakan tokoh Sanah.

35. Jawaban: cIsi kutipan drama tersebut adalah Sanah kehilangan dagangan. Sanah berpikir bahwa Kuparlah yang telah mencuri dagangannya. Jadi, jawaban tepat adalah kalimat pilihan jawaban c.

36. Jawaban: dPerumusan masalah didasarkan pada latar belakang. Latar belakang tersebut membahas banyak siswa dan siswi SMA Budi Luhur yang memiliki kemampuan bermain sepak bola. Akan tetapi, kemampuan siswa-siswa SMA Budi Luhur dalam bermain kurang berkembang. Jadi, masalah yang perlu dibahas adalah cara menyalurkan kemampuan siswa-siswa SMA Budi Luhur dalam bermain sepak bola.

37. Jawaban: eBagian maksud dan tujuan berisi pernyataan yang menjelaskan tujuan dalam penyelenggaraan sebuah kegiatan. Kalimat yang menyatakan maksud dan tujuan dalam proposal adalah pilihan jawaban e. Pilihan jawaban d merupakan bagian pengantar atau pendahuluan, pilihan jawaban a, b, dan c merupakan pernyataan tentang pelaksanaan kegiatan dalam proposal.

Page 32: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

32 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

38. Jawaban: aKutipan surat perjanjian jual-beli tersebut mengemukakan identitas pihak-pihak yang melakukan perjanjian adalah pihak I dan pihak II.

39. Jawaban: aJawaban menjelaskan pemberitahuan berupa pengiriman barang. Pilihan jawaban a berisi informasi waktu pengiriman barang. Pilihan jawaban b berisi pemberitahuan atau informasi bahwa harga berkaitan dengan kualitas barang. Pilihan jawaban c merupakan pemberitahuan atas kesepakatan harga. Pilihan jawaban d berisi permintaan agar memberi informasi jika barang telah diterima. Pilihan jawaban e merupakan pem beritahuan atas pemberian potongan harga.

40. Jawaban: aberlari kencang (intinya kata kerja)banyak sekali (intinya kata bilangan)kelas ringan (intinya kata benda)bangunan kecil (intinya kata benda)cantik sekali (intinya kata sifat)

B. Uraian

1. Jawaban:Pokok-pokok dalam kutipan wawancara sebagai berikut.a. Dirjen Dikti mengeluarkan kebijakan yang

mengharuskan mahasiswa menulis karya ilmiah di jurnal nasional atau internasional.

b. Menurut Dirjen Dikti, budaya akademik di Indonesia itu harus diubah dari budaya tutur menjadi budaya menulis.

c. Indonesia harus mulai membudayakan menulis yang ada standarnya secara baku tidak boleh dilanggar.

2. Jawaban: Dirjen Dikti mengeluarkan kebijakan yang

mengharuskan mahasiswa menulis karya ilmiah di jurnal nasional atau internasional. Menurut Dirjen Dikti, kebijakan tersebut dikeluarkan untuk mengubah budaya akademik di Indonesia yang lebih mengandalkan budaya tutur. Dengan adanya kebijakan tersebut, budaya tutur di Indonesia dapat diubah menjadi budaya menulis. Indonesia harus mulai membudayakan menulis yang ada standarnya secara baku tidak boleh dilanggar.

3. Jawaban:Contoh jawaban:a. Menurut saya, penggunaan bahasa dalam

pidato tersebut belum cermat karena masih

terdapat penggunaan kata ulang yang salah, misalnya teman-teman sekalian.

b. Isi sambutan yang disampaikan kepada siswa sangat baik karena mengajak siswa untuk melestarikan lingkungan sekitar.

4. Jawaban:Jawaban:Pokok informasi dalam kutipan berita sebagai berikut.a. Sejumlah kalangan meminta Pemerintah

tidak menaikkan BBM dan tarif dasar listrik secara bersamaan.

b. Kenaikan BBM dan tarif dasar listrik yang ber samaan dapat memicu kenaikan infl asi.

5. Jawaban:

Sejumlah kalangan meminta/Pemerintah tidak

menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi/

bersamaan dengan tarif dasar listrik pada/2014/

karena akan memicu infl asi menjadi semakin

tinggi//

6. Jawaban:

Saat Anda belajar silat, Anda akan mengenal teknik sikap pasang terbuka dan sikap pasang tertutup. Sikap pasang terbuka merupakan sikap pesilat memberikan umpan atau sengaja ”mengundang” lawan dengan membuka daerah berbahaya dari anggota tubuhnya (ulu hati, rusuk) agar diserang dengan mudah oleh lawan. Sikap tersebut sering disebut sikap tipuan yang ditujukan untuk lawan. Sementara itu, sikap pasang tertutup merupakan sikap yang memiliki posisi berlawanan dengan sikap pasang terbuka. Sikap pasang tertutup bertujuan untuk melindungi bagian-bagian penting dalam tubuh. Sikap pasang terbuka dan tertutup dapat digunakan secara bergantian tergantung dari situasi yang dihadapi.

7. Jawaban:Amanat dalam kutipan hikayat sebagai berikut.a. Jangan memanfaatkan kebaikan orang lain.b. Balaslah kebaikan orang lain.

8. Jawaban: Kelebihan dalam buku Dimensi Sosial Keagamaan dalam Fiksi Indonesia Modern, Fenomena Perkawinan Lintas Agama dalam Novel Keluarga Permana Karya Ramadhan K.H.: Kajian Semiotik merupakan buku yang membahas sebuah novel dengan pendekatan semiotik dan interteks.

→ → → →

→ → → → → →

→ → → → → → →

→ → → → → →

....

Page 33: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

33Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Kekurangan dalam buku Dimensi Sosial Keagamaan dalam Fiksi Indonesia Modern, Fenomena Perkawinan Lintas Agama dalam Novel Keluarga Permana Karya Ramadhan K.H.: Kajian Semiotik adalah masih tebal karena sebuah disertasi. Buku ini terkesan ada subjektivitas dari penulis.

9. Jawaban:Latar panggung menggambarkan sebuah dapur sederhana, menggunakan tungku. Kostum: Tokoh Alibaba mengenakan pakaian sederhana kaus oblong dan celana pendek.Tokoh Zaitun mengenakan pakaian sederhana, berupa daster.

10. Contoh jawaban:

SMA BuanaJalan Teuku Cik Ditiro 23 Jakarta

Telp. (021) 322445 No. : 32/AB/V/2015 20 Mei 2015

Yth. Toko Bundaran JayaJalan Bundaran nomor 20, JakartaTelp. (021) 321768

Dengan hormat, Kami berterima kasih kepada Toko Bundaran Jaya yang telah memberi informasi tentang jenis-jenis bahan bangunan yang ada di toko Bundaran Jaya. Oleh karena itu, kami mohon dikirimi Semen sebanyak 20 sak, cat merk dulux warna putih sebanyak 2 galon, asbes ukuran 150 × 80 cm sebanyak 20 lembar. Harga sesuai penawaran, begitu pula cara pembayarannya. Demikian surat permintaan barang ini saya buat. Atas perhatian Saudara saya mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Drs. Pujianto, M.Pd.

Wakil Kepala SMA Buana

Tes Remedial

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: aNarasumber dalam kutipan wawancara tersebut seorang pengusaha. Pernyataan sesuai dengan isi kutipan wawancara adalah pilihan jawaban a. Sementara itu, pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak sesuai dengan isi kutipan wawancara.

2. Jawaban: cKalimat simpulan dapat mewakili isi wawancara. Kalimat yang dapat mewakili isi wawancara ter-sebut adalah pilihan jawaban c. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai dengan isi kutipan wawancara.

3. Jawaban: bPewawancara melakukan wawancara dengan narasumber berpedoman pada suatu masalah. Masalah dalam wawancara tergambar dari pertanyaan-pertanyaan pewawancara. Masalah dalam kutipan wawancara tersebut adalah per-mainan narasumber saat bertanding dengan teman lamanya. Jadi, jawaban yang sesuai adalah pilihan jawaban b. Pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak sesuai dengan masalah yang dibahas pada wawancara.

4. Jawaban: cDalam wawancara tersebut dijelaskan bahwa narasumber telah mengusahakan yang terbaik. Ia merasa telah bermain dengan benar. Jadi, tanggapan sesuai dengan masalah yang dikemu-kakan pewawancara adalah pilihan jawaban c. Pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai karena tidak memiliki kaitan dengan permasalahan inti dalam wawancara tersebut.

5. Jawaban: eRangkuman wawancara dibuat berdasarkan pertanyaan dan jawaban dalam wawancara. Rang kuman wawancara dapat berfungsi sebagai simpulan wawancara. Rangkuman sesuai dengan isi wawancara pada pilihan jawaban e. Pilih an jawaban a, b, c, dan d tidak tepat karena tidak menggambarkan isi wawancara.

6. Jawaban: aIsi kutipan sambutan merupakan gagasan utama ketika seseorang menyampaikan pe mikir an-nya. Isi sambutan dapat diketahui dari banyak -nya uraian yang dijelaskan. Isi kutipan sam-but an tersebut adalah program penghijauan sekolah. Pilihan jawaban b, c, d, dan e bukan isi sambutan.

Page 34: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

34 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

7. Jawaban: aTopik merupakan masalah dalam artikel. Masalah yang dibahas pada artikel tersebut adalah pe-manasan global (global warming). Pilih an jawab-an b, c, d, dan e bukan topik dari kutip an artikel tersebut.

8. Jawaban: cPernyataan yang sesuai dengan artikel adalah pilihan jawaban c. Perhatikan pada kalimat ke-3. Pilihan jawaban e merupakan pernyataan yang benar, tetapi pernyataan tersebut tidak terdapat pada kutipan artikel. Sementara itu, pilihan jawab-an a, b, dan d tidak sesuai dengan isi artikel.

9. Jawaban: bGagasan utama merupakan ide pokok dalam paragraf. Gagasan utama paragraf tersebut ter-dapat pada kalimat pertama. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

10. Jawaban: eParagraf tersebut membahas tari Bedhaya Dirdameto. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf adalah pilihan jawaban e. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak sesuai dengan isi paragraf.

11. Jawaban: bKalimat simpulan merupakan kalimat yang dapat mewakili isi paragraf. Kalimat simpulan sesuai dengan isi paragraf terdapat pada pilihan jawaban b.

12. Jawaban: eKalimat penjelas merupakan kalimat yang men jelaskan kalimat utama. Kalimat penjelas harus padu dengan kalimat utama. Kalimat 5) tidak padu dengan pokok yang dibahas dalam paragraf.

13. Jawaban: aParagraf tersebut memiliki kesimpulan di awal paragraf. Jadi, paragraf tersebut termasuk jenis paragraf deduksi.

14. Jawaban: bParagraf deduktif merupakan paragraf yang memiliki kalimat utama di awal kalimat. Paragraf deduktif tepat terdapat pada pilihan jawaban b. Pilihan jawaban b memiliki kalimat utama adalah Berikut gambaran sederhana terjadinya Efek Rumah Kaca (ERK). Kalimat tersebut terdapat di awal kalimat. Sementara itu, pilihan jawaban a, c, d, dan e merupakan paragraf induktif. Kalimat utama pada pilihan jawaban a, c, d, dan e ter-letak di akhir paragraf.

15. Jawaban: bKalimat pertama dan kedua pada kutipan re sensi tersebut menggambarkan kelebihan isi buku.

Kelebihan yang diungkapkan adalah bahasa yang digunakan dalam cerpen lebih me men ting-kan unsur hiburan ketimbang olah seni sastra-nya. Namun, cerita tersebut dapat menjadi refl eksi kehidupan keseharian kita tanpa kesan meng-gurui.

16. Jawaban: eIde pokok merupakan ide yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Ide pokok kutipan buku ter sebut adalah tujuan mendribel. Paragraf pertama dan kedua membahas dribel dan tujuannya.

17. Jawaban: aPilihan jawaban a atas pertanyaan terdapat pada paragraf pertama. Manfaat dribel yang baik untuk meningkatkan sudut umpan, tembakan jarak jauh, menjaga penguasaan bola, mengawali dribble-drive, dan mengendalikan fast break.

18. Jawaban: dPeran dribel crossover terdapat pada paragraf kedua. Paragraf kedua membahas tujuan dribel crossover yaitu:1) pemain mengubah arah dengan cepat;2) pemain penyerang melakukan tembakan

tanpa penjagaan; dan3) menghadapi tekanan pertahanan ketat.Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d. Pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak tepat karena merupakan fungsi dribel secara umum.

19. Jawaban: aSimpulan merupakan inti sari/ikhtisar uraian. Uraian tersebut memiliki ide pokok tujuan mendribel. Berarti simpulan didasarkan pada ide pokok. Simpulan yang tepat terdapat pada pilihan jawaban a. Pilihan jawaban a menjelaskan isi paragraf pertama dan kedua. Pilihan jawaban e tidak tepat karena tujuan dribel bermacam-macam, bukan untuk peningkatan kualitas per-tandingan.

20. Jawaban: bKutipan hikayat tersebut menggambarkan ke-adaan Raja Petukal saat menunggu kedatangan Gadis Cik Inam. Raja Petukal sangat gelisah menanti kedatangan Gadis Cik Inam. Perhatikan kutipan berikut. Raja Petukal menunggu Gadis Cik Inam dengan perasaan gelisah. Sebentar-sebentar ia memanjangkan lehernya memandang ke ujung jalan untuk melihat apakah Gadis Cik Inam sudah kelihatan atau belum.

21. Jawaban: cRaja Petukal tergambar sangat kejam. Watak ter sebut tampak pada perilaku Raja Petukal yang akan memenggal kepala anak buahnya

Page 35: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

35Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

jika melakukan kesalahan. Perhatikan kalimat ”Jangan lupa tugas masing-masing,” hardik Raja Petukal mengingatkan hulubalang yang bertujuh satu per satu. ”Kalau kalian berbuat bodoh, aku penggal leher kalian. Mengerti?”

22. Jawaban: aAmanat yang terdapat dalam kutipan hikayat harus sesuai dengan isi kutipan hikayat. Kutipan hikayat tersebut menceritakan kegelisahan Raja Petukal menunggu kedatangan wanita pujaannya, Gadis Cik Inam. Raja tersebut ingin melakukan penyambutan terhadap wanita pujaannya ter-sebut dengan baik. Ia memerintahkan kepada anak buahnya agar bekerja dengan baik. Jika tidak melakukan pekerjaan dengan baik, anak buahnya akan ia hukum. Amanat yang sesuai dengan kutipan hikayat tersebut sebagai berikut. 1) Jangan berlaku kasar kepada bawahan atau

berbicaralah sopan kepada anak buah.2) Jangan melakukan sesuatu secara ber-

lebihan. Jadi, amanat yang sesuai dengan kutipan hikayat terdapat dalam pilihan jawaban a.

23. Jawaban: cAmanat merupakan pesan atau nasihat yang terdapat dalam hikayat. Kutipan hikayat tersebut memuat amanat yang dapat diteladani pembaca. Pesan atau nasihat tersebut adalah mintalah nasihat kepada orang lain jika menghadapi kesulitan.

24. Jawaban: bNilai keagamaan merupakan nilai kehidupan berkaitan dengan hubungan manusia dan Tuhan. Kutipan hikayat tersebut memuat nilai keagamaan yang berguna bagi manusia. Nilai keagamaan adalah berikhtiar untuk memperoleh hal terbaik.

25. Jawaban: aKutipan hikayat mengisahkan Raja Melaka yang ingin mohon izin kepada Paduka Batara untuk kembali ke negerinya. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban a.

26. Jawaban: aKutipan hikayat tersebut memiliki ciri karakteristik penggunaan kata-kata Melayu kuno. Kata-kata Melayu kuno tersebut, antara lain patik, duli hamba, dan syahdan.

27. Jawaban: bNilai kesopanan berkaitan dengan tata krama yang ada dalam masyarakat. Nilai kesopanan yang tergambar dalam kutipan tersebut adalah pilihan jawaban b.

28. Jawaban: dPerumusan masalah didasarkan pada latar belakang. Latar belakang tersebut membahas

banyak siswa dan siswi SMA Kriya Bakti yang memiliki kemampuan bermain basket. Namun, belum ada wadah yang mewadahi kegiatan mereka. Dampak keadaan tersebut adalah kemampuan siswa dalam bermain basket kurang berkembang. Jadi, masalah yang perlu dibahas adalah cara menyalurkan kemampuan siswa SMA Kriya Bakti dalam bermain basket.

29. Jawaban: cPenyusunan proposal harus merumuskan tujuan sedemikian rupa agar target yang akan dicapai dan nilai tambah yang diperoleh dapat dirasakan oleh pembaca proposal. Oleh karena itu, tujuan harus dijabarkan supaya tampak manfaatnya. Kutipan proposal tersebut merupakan bagian tujuan dari kegiatan yang diajukan dalam proposal.

30. Jawaban: dPilihan jawaban a seharusnya khawatir, risi, dan paham. Pilihan jawaban b seharusnya nakhoda, bayangkara, dan aksi. Pilihan jawaban c seharusnya gaya, aksi, dan variasi. Pilihan jawaban e seharusnya khazanah, autodidak, dan imbau. Jadi, penulisan kata baku yang tepat adalah pilihan jawaban d.

31. Jawaban: bBerita tersebut menginformasikan penyeleng-ga raan kegiatan crowdfunding. Kegiatan crowd-funding diadakan untuk memfasilitasi ide dan gagasan dari kaum muda dalam mewujudkan kegiatan sosial kemanusiaan. Jadi, kalimat per-tanyaan sesuai isi berita terdapat pada pilihan jawaban b. Sementara itu, kalimat pertanyaan dalam pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak sesuai dengan isi berita tersebut.

32. Jawaban: aPenjedaan berkaitan dengan jeda dan penekan-an kata saat pembacaan berita. Jawaban tepat terdapat dalam pilihan jawaban a.

33. Jawaban: cIsi berita membahas kegiatan crowdfunding. Simpulan atau inti sari berita terdapat pada pilihan jawaban c. Sementara itu, kalimat simpulan pada pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak dapat mewakili isi berita.

34. Jawaban: aUntuk mengisi atau melengkapi dialog, kalimat tersebut harus sesuai dengan kalimat se-belumnya. Begitu pula kalimat tersebut sesuai dengan kalimat setelahnya. Kalimat sebelumnya menjelaskan keengganan Yanti dipanggil Den Ayu dan jawaban Yanti terhadap pernyataan orang tua yang disetujui Yanti. Jadi, kalimat tepat pada pilihan jawaban a. Kalimat pada pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak tepat untuk melengkapi dialog drama.

Page 36: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

36 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

35. Jawaban: cPada drama, Yanti ingin bertanya kepada orang tua. Pada kutipan terdapat kalimat:Apa Mbah punya anak laki-laki di sini tadi, Mbah?Padahal, orang tua itu menjawab bahwa ia melihat anak laki-laki. Seharusnya, kalimat yang tepat adalah Apakah Mbah tadi melihat seorang anak laki-laki di sini?

36. Jawaban: dKalimat pada pilihan jawaban d merupakan permintaan daftar harga kepada perusahaan tertentu. Berarti kalimat tepat untuk permintaan barang terdapat pada pilihan jawab an d. Pilihan jawaban a, b, c, dan e merupakan kalimat untuk surat balasan permintaan barang.

37. Jawaban: aKata penghubung tepat berupa kata penghubung antarkalimat yang menyatakan hubungan ’per-tentangan’. Kata penghubung yang menyatakan hubungan ’pertentangan’ adalah namun.

38. Jawaban: aKalimat utama merupakan kalimat yang mengandung gagasan utama. Kalimat utama terdapat pada nomor 1). Karena kalimat utama terdapat pada awal paragraf, jenis paragraf disebut deduktif.

39. Jawaban: cKalimat utama berisi pernyataan umum. Kalimat penjelas berisi pernyataan lebih khusus dari kalimat utama. Kalimat utama tepat adalah pilih-an jawaban c. Kalimat utama tersebut diletak kan di akhir paragraf maka termasuk jenis paragraf induktif.

40. Jawaban : aKalimat resensi tepat terdapat pada pilihan pilihan jawaban a. Kalimat tersebut menyatakan bahwa Hemingway berani mengangkat ide cerita dari kaum pinggiran menjadi cerita yang penuh ketegangan dilihat dari kekuatan bahasa. Kalimat pada pilihan jawaban b, c, d, dan e merupakan kelemahan novel.

B. UraianB. Kerjakan soal-soal berikut!

1. Jawaban:Pokok-pokok isi petikan sambutan tersebut sebagai berikut.a. Kesejahteraan rakyat dapat ditingkatkan

bila masalah kemiskinan, pengangguran, keterbelakangan, dan ketertinggalan telah terselesaikan.

b. Aktor utama yang dapat membebaskan masyarakat miskin dari kemiskinan adalah masyarakat miskin itu sendiri.

2. Contoh jawaban: Bila masalah kemiskinan, pengangguran, keterbelakangan, dan ketertinggalan telah ter-selesaikan, kesejahteraan rakyat dapat diting-katkan. Aktor utama yang dapat mem bebaskan masyarakat miskin dari ke miskinan adalah masyarakat miskin itu sendiri. Penanggulangan berbagai masalah tersebut dapat dilakukan dengan me ning katkan kemandirian masyarakat miskin melalui program-program penanggulangan kemiskinan yang bertumpu pada pendekatan pemberdayaan masyarakat.

3. Jawaban:Amanat pada kutipan hikayat tersebut sebagai berikut.a. Jangan melakukan kebohongan kepada

orang lain. Bukti: sikap Raja Perlak yang membohongi

Sidi ’Ali Ghijas ad-Din dengan menempatkan Puteri Ganggang, sebagai anak gundik, di tempat yang lebih tinggi dari kedua putrinya. Sikap tersebut dilakukan agar Sidi ’Ali Ghijas ad-Din memilih Puteri Ganggang sebagai calon istrinya.

b. Kita jangan membeda-bedakan rasa cinta kasih kita kepada anak-anak kita.

Bukti: sikap Raja Perlak yang lebih suka terhadap Puteri Ganggang dan me nem-patkan Putri Ganggang di tempat duduk yang lebih atas daripada putri kandung sendiri. Kedua putri kandung tersebut hanya duduk di bawah.

4. Jawaban: Pokok-pokok informasi kutipan berita tersebut sebagai berikut.1) Kementerian Perhubungan mengungkapkan

harga perhitungan tarif kereta api (KA) akan disesuaikan dengan pergerakan harga bahan bakar minyak (BBM).

2) Salah satu faktor perubahan harga tiket kereta disebabkan naiknya harga BBM yang dilakukan Pemerintah pada November 2014.

3) Kemenhub mengaku telah bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Kuangan (BPK) untuk menyepakati penghitungan tarif ter-kait harga BBM pada akhir kontrak Public Service Obligation (PSO).

4) Seperti telah diketahui bersama biaya opera-sional PT Kereta Api Indonesia (Persero) membengkak sejak kenaikan BBM pada bulan November 2014.

Page 37: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

37Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

5. Contoh jawaban:

Surat Perjanjian Jual Beli Sepeda Motor

Kami yang bertanda tangan di bawah ini nama : Wahyu Nugraha,umur : 40 tahun,alamat : Taman Palem Blok A 2,

Yogyakarta,selanjutnya disebut pihak pertamanama : Himawan, umur : 47 tahun,alamat : Jalan Arjuna 31, Yogyakarta.selanjutnya disebut pihak kedua.

Pada hari Jumat, 23 Januari 2015 kedua belah pihak telah sepakat untuk mengadakan perjanjian jual beli sepeda motor dengan ketentuan sebagai berikut.

Pasal Satu Pihak pertama telah menyetujui untuk menjual sepeda motor jenis Honda Beat dengan harga Rp13.850.000,00 kepada pihak kedua.

Pasal Dua Pihak pertama akan menyerahkan BPKB dan sepeda motor pada hari Jumat, 23 Januari 2015 kepada pihak kedua. Pada hari Jumat, 23 Januari 2015 pihak kedua juga menyerahkan uang sebesar Rp13.850.000,00 kepada pihak pertama.

Pasal Tiga Pihak pertama menjamin bahwa sepeda motor Honda Beat adalah miliknya dan sepeda motor tersebut tidak memiliki masalah yang berhubungan dengan pihak-pihak lain. Sepeda motor tidak digunakan sebagai jaminan utang.

Pasal Empat Surat perjanjian ini dibuat di atas kertas bermeterai Rp6.000,00 dan ditandatangani oleh kedua belah pihak tanpa ada suatu paksaan. Surat perjanjian ini dibuat rangkap dua dengan kekuatan hukum yang sama dan masing-masing dipegang oleh pihak pertama dan pihak kedua.

Dibuat di : YogyakartaTanggal : 23 Januari 2015

Pihak Pertama Pihak Kedua

Wahyu Nugraha Himawan Iskandar

6. Contoh jawaban:Dalam novel Negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi menggambarkan tokoh-tokoh dengan baik. Setiap tokoh dalam novel memiliki karakter kuat.

7. Jawaban:Kelebihan novel Negeri 5 Menara adalah pe-ngarang mampu mengubah pola pikir pem baca tentang kehidupan pondok pesantren yang hanya belajar agama. Dalam novel ini dijelaskan selain belajar ilmu agama, di pondok pesantren santrinya juga belajar ilmu umum seperti bahasa Inggris, Arab, kesenian, ilmu alam, dan ilmu sosial.

8. Contoh jawaban: Novel Negeri 5 Menara termasuk novel religius kontemporer bertema pendidikan. Novel Negeri 5 Menara merupakan rangkaian pertama dari trilogi karya Ahmad Fuadi. Dalam novel tersebut, pengarang mengisahkan pengalaman hidup lima orang pemuda yang menempuh pendidikan di Pesantren Madani. Di pondok pesantren tersebut, murid-murid belajar berbagai ilmu baik agama maupun ilmu umum. Di menara Pondok Pesantren Madani kelima tokoh dalam novel Negeri 5 Menara selalu men-ciptakan mimpi-mimpinya. Setiap hari mereka berimajinasi sambil menatapi langit. Mereka membayangkan mimpi masing-masing. Mereka yakin terhadap mantra ampuh yang mereka dapatkan dari Kiai Rais (Guru Besar PM), man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Dalam novel Negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi menggambarkan tokoh-tokoh dengan baik. Setiap tokoh dalam novel memiliki karakter kuat.

9. Jawaban: Tragedi pembagian zakat seperti di Suka Makmur sebaiknya tidak terulang kembali. Bagi orang yang mau berzakat sebaiknya meng antarkan zakat kepada orang yang akan diberi zakat. Anjuran syariat adalah zakat itu diantarkan. Kalau memang pembagian zakat dilakukan dengan memanggil orang yang akan diberi zakat, sebaiknya pemberi zakat mem-bentuk panitia. Langkah tersebut bertujuan agar kejadian berdesak-desakan seperti di Pasuruan tidak terulang lagi.

10. Jawaban:Amanat terkandung dalam kutipan drama tersebut adalah jangan menghambur-hamburkan uang untuk keperluan yang tidak penting.

Page 38: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

38 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Bab IV Ambang Batas Imaji

Contoh jawaban:1. Tokoh, peran, dan perwatakan yang terdapat dalam drama ”Taplak Meja”.

2. Latar atau setting dalam drama

3. Tema dan amanat Tema kutipan drama tersebut adalah pendidikan bagi anak jalanan. Pada dasarnya tidak semua anak jalanan memiliki perilaku buruk. Apabila mereka mendapatkan rumah singgah dan orang tua asuh yang benar-benar ingin mendidik dengan tulus, mereka mau belajar dan patuh pada orang tua asuh tersebut. Perilaku mereka digambarkan saat mereka mendapat guru baru di rumah singgah. Mereka antusias menyambut kedatangan guru baru tersebut.

Dulu semasa di SMA, kita berdua bersahabat, cukup dekat. Dan tanpa sengaja, ternyata kita berdua sama-sama punya cita-cita ingin bergelut dengan para remaja yang bermasalah, baik dengan keluarganya maupun dengan lingkungan per gaulan-nya.

Tidak apa-apa kok, Mas. Saya sangat paham psikologis anak-anak tipe mereka. Tenang saja. Risiko pekerjaan kita, harus jauh-jauh dari kamus ter singgung atau sensitif. Semua harus disikapi dengan ringan dan jiwa besar. Tidak sadarkah dirimu, bagaimana masa remaja kita dulu? Aku rindu dengan masa remajaku sendiri. Kehadiran anak-anak ini semoga bisa jadi nostalgia masa remaja kita dulu.

a. Menyambut kedatangan Bude Kiranti saat datang ke rumah singgah dengan nyanyian.

b. Ihh, bukan Bude. Ini murni hasil karya kita.

Tokoh Peran Watak Bukti

Pakde Kempul

Bude Kiranti

Gent ing , Sower, Janthil, Wirid, dan Kemprut

Orang tua angkat/orang tua asuh

Guru baru di rumah s i n g g a h P a k d e Kempul

Anak jalanan yang h i d u p d i r u m a h s i n g g a h , h i d u p sederhana, periang, dan humoris

Baik hati, peduli de ngan nasib anak jalanan

Peduli dengan nasib anak jalanan, sabar terhadap perilaku anak-anak, dan agak genit

Periang, usil, dan humoris

Latar Bukti

a. Tempat : rumah singgah

b. Waktu : siang hari

c. Suasana : menyenangkan

Teras depan rumah singgah Pakde Kempul.

Siang hari Genting, Sower, Janthil, Wirid, dan Kemprut berbaris di depan pintu.

Tampak Bude Kiranti bersama Pakde Kempul, tak kuasa menahan tawa melihat gerakan unik dan nyanyian anak-anak itu.

Page 39: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

39Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Amanat:a. Kita harus peka terhadap nasib orang

lain di lingkungan sekitar kita. b. Berikan bantuan kepada orang lain

dengan tulus dan ikhlas jangan memiliki pamrih dari perbuatan kita.

c. Bagikan ilmu dan pengetahuan yang kita miliki kepada orang lain karena akan lebih bermanfaat.

4. Konfl ik Konfl ik dalam drama tersebut adalah larangan mencicipi hidangan istimewa dalam penyambutan guru baru di rumah singgah Pakde Kempul. Konfl ik tersebut muncul karena makanan istimewa berupa rujak tolet dan rujak cingur telah dihidangkan di hadapan anak-anak, tetapi mereka belum dapat mencicipinya. Anak-anak mengutarakan alasan untuk mencicipi makanan tersebut. Saat mereka mengutarakan alasan masing-masing, Pakde Kempul memberikan pelajaran sopan santun dan Bude Kiranti memberikan wawasan bahwa mereka harus belajar seperti anak-anak seusia mereka.

5. Dialoga. Dialog dalam drama tersebut

menggunakan percakapan sehari-hari. Dialog tersebut juga dilengkapi keterangan sikap dan ekspresi para pelaku.

b. Diksi yang digunakan pun sederhana sehingga mudah dipahami dan dihafal.

Catatan untuk Guru: Hasil analisis siswa terhadap drama yang disajikan guru dapat berbeda-beda sesuai dengan apresiasi siswa. Namun, hasil analisis siswa harus sesuai dengan isi drama.

B. Contoh jawaban: Pakde Kempul merupakan aktivis yang terjun di dunia pendidikan bagi anak-anak jalanan. Pakde Kempul memiliki rumah singgah yang dihuni beberapa anak jalanan. Pakde Kempul ingin mendatangkan guru baru bagi anak jalanan di rumah singgahnya. Guru baru itu adalah teman satu angkatan waktu sekolah dengannya. Anak-anak di rumah singgah Pakde Kempul sangat senang akan mendapat guru baru tersebut. Saat kedatangan guru baru yang bernama Bude Kiranti, mereka melakukan penyambutan dengan bernyanyi dan menari. Pakde Kempul dan Bude Kiranti senang melihat tingkah anak-anak tersebut. Saat penyambutan tersebut, Pakde Kempul menyiapkan hidangan istimewa berupa

rujak tolet dan rujak cingur. Akan tetapi, hidangan tersebut tidak boleh dimakan terlebih dahulu karena mereka akan berkenalan dan bercakap-cakap dengan Bude Kiranti. Larangan Pakde Kempul tersebut menimbulkan rasa penasaran anak-anak untuk mencicipi hidangan tersebut. Berbagai alasan pun diutarakan anak-anak agar dapat mencicipi hidangan tersebut. Saat itulah, Pakde Kempul mengajarkan pentingnya sopan santun. Sementara itu, Bude Kiranti menanamkan bahwa mereka harus belajar lebih banyak lagi. Suasana dalam drama tersebut tampak menyenangkan. Suasana tersebut tampak saat kedatangan Bude Kiranti yang disambut dengan tarian dan nyanyian, ungkapan-ungkapan polos anak-anak, dan keinginan untuk saling berebut mencicipi makanan.

C. 1. Contoh jawaban:a. Gerak atau action pemain

Baik ekspresi maupun pengucapan dialog tokoh Pakde Kempul diperankan dengan baik. Tokoh Bude Kiranti diperankan dengan baik, tetapi pelafalan kurang jelas dan kurang genit. Tokoh Genting, Sower, Janthil, Wirid, dan Kemprut diperankan dengan baik, baik ucapan/pelafalan dialog maupun ekspresi. Kelima tokoh melakukan gerak (action) sesuai dengan peran masing-masing. Kelima tokoh ter lihat sangat kompak saat melakukan peran mereka seperti sudah terbiasa tinggal dalam satu rumah.

b. Posisi aktor/pemain di atas pentas Tokoh Janthil, Wirid, dan Kemprut terlalu bergerombol ketika memperhatikan kedatangan guru baru. Salah seorang pemain membelakangi penonton. Posisi tokoh Genting dan Sower sudah bagus. Tokoh Pakde Kempul terlihat bijaksana dan berwibawa dengan posisi tegap, tetapi tokoh Pakde Kempul menempatkan posisi yang kurang tepat yaitu di samping Bude Kiranti. Posisi tokoh Bude Kiranti sudah tepat di depan anak-anak tersebut.

2. Contoh jawaban:Kostum yang dipakai tokoh Pakde Kempul sudah tepat yaitu celana panjang, kemeja pendek, dan sandal kulit. Kostum yang dipakai tokoh Bude Kiranti sudah sesuai yaitu rok dengan panjang hingga lutut, blus lengan pendek, dan rambut diikat ke belakang. Sementara itu, tokoh anak-anak jalanan kecuali Janthil sudah mengenakan

Page 40: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

40 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

pakaian yang sesuai seperti kaus oblong dan celana pendek hingga lutut.Tokoh Janthil mengalungkan sarung di lehernya. Sarung tidak tepat dipakai karena peristiwa dalam drama terjadi pada siang hari.

3. Contoh jawaban: Tata rias yang digunakan oleh tokoh Genting, Sower, Janthil, Wirid, dan Kemprut kurang sesuai. Kelima tokoh tersebut menggunakan kosmetik terlalu halus. Seharusnya kelima tokoh tersebut menggunakan tata rias agak dekil. Ketidaktepatan ini karena identitas mereka sebagai anak jalanan belum hilang secara keseluruhan. Tokoh Pakde Kempul menggunakan tata rias yang sesuai. Tata rias sudah menonjolkan usia yang lebih tua lima belasan tahun dari anak-anak jalanan tersebut. Tokoh Bude Kiranti menggunakan tata rias terlalu sederhana, lipstik tidak kelihatan.

4. Tata panggung meliputi tata lampu, tata pentas/dekorasi, dan tata suara. Tata panggung yang digunakan dalam pementasan drama sangat terbatas. Pementasan drama ”Taplak Meja” tidak menggunakan tata lampu. Panggung yang digunakan sangat sederhana. Ruang kelas bagian depan dengan hiasan beberapa pot bunga sebagai penghias sebuah teras rumah. Ruang kelas itu pun tidak didekorasi layaknya sebuah teras rumah karena pementasan dilakukan di dalam kelas. Sementara itu, tata suara dalam pementasan suara juga kurang lengkap.

Catatan untuk Guru:Tanggapan yang diberikan siswa dapat berbeda-beda. Guru dapat menilai tanggapan siswa berdasarkan kriteria berikut. 1. Kesantunan kalimat yang digunakan siswa

untuk mengungkapkan tanggapan. 2. Argumen atau alasan yang mendukung

jawaban siswa. 3. Kesesuaian jawaban siswa dengan drama

yang dipentaskan. 4. Kejelasan tanggapan yang dikemukakan

siswa. 5. Ke b e ra n i a n s i swa m e nya m p a i k a n

tanggapan.

A. Jawaban: Topik yang dibicarakan dalam artikel adalah ide unik dari perupa Teguh Osentrik untuk membuat instalasi Domus Sepiae.

B. Jawaban:Pokok-pokok isi kutipan artikel sebagai berikut. 1. Instalasi Domus Sepiae, karya perupa

Indonesia, Teguh Osentrik, berada di dasar laut sekira 100 meter dari bibir Pantai Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

2. Instalasi Domus Sepiae dibenamkan di dasar laut untuk mempercepat pertumbuhan terumbu karang.

3. Instalasi Domus Sepiae berukuran 6 × 10 meter berbentuk ubur-ubur.

4. Teguh membuat Domus Sepiae karena prihatin atas rusaknya terumbu karang di Pantai Senggigi, Lombok.

5. Teguh membuat Domus Sepiae dipadukan dengan teknologi biorock.

6. Teknologi biorock bisa mempercepat pertumbuhan terumbu karang tiga sampai lima kali dari waktu normal dengan memanfaatkan besi yang dialiri listrik tegangan rendah.

C. Jawaban:Diserahkan kepada siswa.Catatan untuk Guru: Siswa akan menyampaikan isi artikel. Guru dapat menilai penampilan siswa berdasarkan kriteria berikut. 1. Keberanian siswa menyampaikan isi artikel. 2. Kejelasan kalimat yang digunakan siswa

untuk menyampaikan artikel. 3. Keruntutan isi artikel yang disampaikan

siswa. 4. Kesesuaian isi artikel yang disampaikan

siswa dengan isi artikel.

D. Jawaban: Contoh jawaban:Informasi menarik yang ditemukan sebagai berikut.1. Karya Teguh Osentrik, Domus Sepiae,

sangat unik dan menarik. 2. Teguh memadukan teknik rupa dengan

teknologi biorock. 3. Domus Sepiae diciptakan untuk mem-

percepat pertumbuhan terumbu karang.

Page 41: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

41Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

E. –Catatan untuk Guru:

Topik dan informasi menarik yang disampaikan siswa dapat berbeda-beda. Guru dapat menilai siswa berdasarkan kriteria berikut.1. Kesantunan kalimat yang digunakan siswa untuk mengungkapkan topik dan informasi menarik dari

buku.2. Kejelasan dari topik dan informasi menarik yang disampaikan siswa.

A. Jawaban:Paragraf ke-1 memiliki gagasan utama: Jemek Supardi merupakan salah satu seniman anak negeri yang mengabdikan kesenimannya pada dunia pantomim. Paragraf ke-2 memiliki gagasan utama: Jemek telah menunjukkan konsistensinya di dunia pantomim.Paragraf ke-3 memiliki gagasan utama: Pantomim Jemek Supardi yang judul ”Dokter Bedah” penuh dengan imaji-kreatif.Paragraf ke-4 memiliki gagasan utama: Penampilan Jemek Supardi selalu disertai dengan kekonyolan yang imajinatif, tetapi kreatif.

B. Jawaban:Paragraf ke-1 merupakan paragraf deduktif. Paragraf ke-2 merupakan paragraf deduktif.Paragraf ke-3 merupakan paragraf deduktif.Paragraf ke-4 merupakan paragraf induktif.

A. Jawaban:1. a. Yus Aryanto b. Jurnalis Berkisah c. Metagraf d. halaman 342. a. Tim Edisi Khusus Tokoh Seni 2015 b. Sebuah Instalasi untuk Terumbu Karang c. Tempo d. halaman 47–49

B. Jawaban: 1. Somantri, Ratna. 2011. Kisah dan Khasiat Teh. Jakarta: Gramedia.2. Tim Edisi Khusus Tokoh Seni 2015. ”Mengharap Hujan, Menikam Lambung Tu(h)an”,Tempo, Edisi

5–11 Januari 2015, hlm. 59–62.3. Pabichara, Khrisna. 2013. Surat Dahlan. Jakarta: Mizan Publika.4. Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.5. Suroso, Gatotkoco. 2013. Jokowi Si Tukang Kayu. Jakarta: Ufuk Fiction.

C. Ikuti kegiatan berikut!

1. Contoh jawaban:Topik: Bahasa Puisi Chairil Anwar

2. Contoh jawaban:Judul : Bahasa Puisi Chairil AnwarGagasan utama paragraf pertama : Pemaafan bagi karya-karya Chairil Anwar.Gagasan utama paragraf kedua : Banyak tokoh sastra mengulas karya Chairil Anwar.

Page 42: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

42 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

3. Contoh jawaban:

Contoh:Anwar, Chairil, ”Kesenian Upacara”, Berita Nasional, Rabu 24 April 1985.Suryadi AG, Linus. 1989. Di Balik Sejumlah Nama. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

4. –Catatan untuk Guru: Karya tulis yang dibuat siswa dapat berbeda-beda. Karya tulis yang ditulis siswa harus menggunakan daftar pustaka dan catatan kaki. Guru dapat menilai daftar pustaka dan catatan kaki yang dibuat siswa.

A. Jawaban:1. adi- 4. adi-2. antar- 5. pra-3. pra-

B. Contoh:1. Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bertekad meraih tropi Adipura sebagai kota terbersih tahun 2015

tingkat nasional.2. Untuk pergi ke Surabaya, aku harus naik bus antarkota.3. Rusia melakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang diluncurkan dari kapal selam.4. Pemeriksaan kesehatan pranikah penting bagi pasangan calon pengantin. 5. Peninggalan zaman prasejarah berupa benda-benda atau alat-alat hasil kebudayaan manusia.

Page 43: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

43Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: cKutipan drama tersebut menggambarkan suasana ketegangan akibat perkelahian tokoh Samsani dan Rahmin. Jadi, suasana tergambar dalam drama adalah tegang.

2. Jawaban: bWatak tokoh merupakan karakter yang dimiliki tokoh. Watak tokoh Samsani dalam kutipan drama tersebut adalah licik. Watak licik tokoh Samsani dibuktikan oleh perkataan Rahmin. Rahmin mengatakan bahwa dahulu Samsani memalsukan tanda tangannya untuk memberikan perizinan pada perusahaan. Jadi, watak tokoh Samsani dibuktikan dengan pernyataan pada pilihan jawaban b.

3. Jawaban: bKutipan drama tersebut menceritakan orang tua yang tidak memperhatikan anaknya. Orang tua tersebut hanya mementingkan materi dan tidak memperhatikan kasih sayang yang harus diberikan kepada anaknya. Kedua orang tersebut memberi kan kebebasan kepada anaknya. Kedua orang tua tersebut masa bodoh atau tidak acuh dengan kehidupan ataupun perbuatan yang dilakukan anaknya di luar rumah. Jadi, karakter orang tua dalam kutipan drama tersebut (Bapak Lena dan Ibu Lena) adalah masa bodoh.

4. Jawaban: eTokoh Lena dalam kutipan drama tersebut menggambarkan seorang anak cantik dan lembut. Penokohan Lena dibuktikan dengan peng gambar an fi sik tokoh Lena saat menangis yaitu Lena memiliki wajah putih dan berambut panjang. Sementara itu, karakter lembut tampak saat tokoh Lena menangis karena merasa tidak diperhatikan kedua orang tuanya. Lena tidak kuasa menahan air mata saat mengungkapkan perasaannya kepada kedua orang tuanya.

5. Jawaban: cKeterangan suasana yang mendukung cerita dalam kutipan drama adalah takut. Tokoh Pedagang merasa ketakutan karena mendengar ledakan keras. Untuk mengatasi ketakutannya tersebut tokoh Pedagang tiarap. Jadi, suasana dalam kutipan drama adalah takut.

6. Jawaban: dKutipan drama tersebut menceritakan peristiwa yang dialami dua tokoh saat mereka mendengar

suara ledakan dari luar ruangan. Kostum tepat dikenakan Petualang adalah kaus berkerah, celana tanggung, sepatu kets, dan topi. Sementara itu, kostum tepat dikenakan tokoh Pedagang adalah celana panjang, kaus oblong atau kemeja pendek, dan sendal karet. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban d.

7. Jawaban: aKutipan cerita tersebut menggambarkan ketakutan dua orang karena mendengar suara ledakan. Kedua tokoh kemudian tiarap. Tata panggung yang tepat adalah di dalam ruangan di sebuah rumah. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a. Sementara itu, pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak sesuai dengan isi cerita dalam kutipan drama.

8. Jawaban: dParagraf pertama membahas alasan Seno menulis Jazz, Parfum & Insiden. Alasan Seno menulis Jazz, Parfum & Insiden adalah keinginannya untuk membocorkan fakta dalam insiden di Timor Timur. Jadi, gagasan utama paragraf pertama adalah ide penulisan Seno dalam penulisan Jazz, Parfum & Insiden.

9. Jawaban: aIde pokok bacaan tersebut terletak pada awal paragraf. Jadi, paragraf pada soal merupakan paragraf deduktif.

10. Jawaban: dMasalah pokok merupakan topik atau inti masalah dalam artikel. Kutipan artikel tersebut membahas fi losofi Warak Ngendhog. Seiring berjalannya waktu, pembuat seni ukir Warak Ngendhog melakukan inovasi. Namun, inovasi tersebut justru merusak fi losofi atau makna asli dari Warak Ngendhog tersebut. Jawaban tepat adalah pilihan jawaban d.

11. Jawaban: eKalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam kutipan artikel terdapat pada pilihan jawaban e. Kalimat tanya tersebut dapat dijawab dengan penjelasan pada paragraf kedua. Sementara itu, kalimat tanya pada pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak dapat dijawab dengan penjelasan dalam kutipan artikel tersebut.

12. Jawaban: aPernyataan sesuai dengan kutipan artikel terdapat pada pilihan jawaban a. Pernyataan dalam pilihan jawaban a sesuai dengan informasi pada paragraf pertama. Sementara itu, kalimat tanya pada pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak dapat dijawab dengan penjelasan dalam kutipan artikel tersebut.

Page 44: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

44 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

13. Jawaban: eGagasan utama merupakan ide atau gagasan pokok mendasari terbentuknya paragraf. Gagas an utama mencerminkan masalah dalam paragraf. Gagasan utama paragraf mengandung kesimpulan paragraf yang bersifat umum. Gagasan utama terdapat dalam kalimat utama. Paragraf pertama membahas dominasi lingkungan masyarakat dapat memengaruhi perilaku dan pemikiran masyarakatnya. Dominasi lingkungan tersebut ditunjukkan oleh Arifi n C. Noer dalam ”Kapai-Kapai”. Jadi, gagasan utama paragraf terdapat dalam pilihan jawaban e.

14. Jawaban: aKalimat utama merupakan kalimat yang me-ngandung gagasan utama atau ide pokok. Kalimat utama didukung oleh kalimat penjelas. Kalimat penjelas berisi gagasan yang mendukung atau menjelaskan gagasan pokok dan bersifat khusus. Berdasarkan letak ide pokok paragraf dibedakan menjadi paragraf deduktif, induktif, campuran, dan naratif. Kalimat utama paragraf kedua terdapat dalam kalimat 5) karena kalimat mengandung gagasan utama.

15. Jawaban: eKalimat-kalimat yang membentuk suatu paragraf harus saling terkait membentuk suatu kesatuan ide. Kalimat-kalimat tersebut harus saling berhubungan mengungkapkan isi paragraf. Paragraf membicarakan bahwa dalam naskah drama ”Kapai-Kapai” digambarkan kehidupan imajinasi dan realitas. Kalimat penjelas yang tidak mendukung adalah kalimat utama adalah kalimat nomor 10).

16. Jawaban: cPernyataan sesuai dengan isi artikel adalah pilihan jawaban c. Pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai dengan isi artikel.

18. Jawaban: aInformasi menarik merupakan sesuatu yang dapat menimbulkan rasa ketertarikan seseorang dan memberikan kesan tersendiri bagi orang tersebut. Informasi menarik dalam artikel tersebut adalah pementasan Waldemar yang menggunakan media batu dan es batu. Media yang digunakan Waldemar sangat menarik karena media tersebut jarang digunakan dalam sebuah perfomance art.

19. Jawaban: aSimpulan merupakan gagasan atau ide pokok paragraf. Paragraf tersebut membahas benda cagar budaya yang menjadi incaran para kolektor benda-benda seni. Jadi, simpulan paragraf tersebut ter letak pada kalimat pertama atau pilihan jawaban a.

20. Jawaban: cKalimat tersebut membahas benda cagar budaya di Indonesia menjadi incaran para kolektor. Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor 3). Kalimat nomor 3) mem bahas candi Borobudur merupakan salah satu benda tak ternilai. Kalimat tersebut tidak ber kohe rensi dengan kalimat sebelum dan sesudahnya.

21. Jawaban: dDaftar pustaka ditulis dengan urutan nama, pengarang, tahun terbit, judul buku (dicetak miring), kota terbit, dan nama penerbit. Pilihan jawaban a penulisan nama pengarang tidak dibalik. Pilihan jawaban b penulisan nama pengarang kurang lengkap. Pilihan jawaban c menyertakan PT. Pilihan jawaban e urutan penulisan daftar pustaka tidak tepat. Jadi, penulisan daftar pustaka tepat adalah pilihan jawaban d.

22. Jawaban: dAturan penulisan daftar pustaka telah dijelaskan di depan. Selain itu, aturan penulisan PT (jenis perusahaan yang lain) tidak ditulis dalam daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka yang tepat adalah pilihan jawaban d.

23. Jawaban: aPenulisan catatan kaki tepat adalah pilihan jawaban a. Pada pilihan jawaban a penulisan nama pengarang tidak dibalik seperti daftar pustaka.

24. Jawaban: eCatatan kaki disusun dengan urutan pengarang tidak balik, judul buku atau artikel, kota tempat publikasi, penerbit yang memublikasikan, tahun publikasi, dan nomor halaman. Kota tempat publikasi dan penerbit yang memublikasikan, tahun publikasi diletakkan dalam kurung. Jadi, penulisan catatan kaki tepat adalah pilihan jawaban e.

25. Jawaban: bPartikel asing terdiri atas pra-, adi-, dan antar-. Penggunaan partikel tidak dapat diberi imbuhan dan tidak mengandung makna leksikal.

B. Uraian

1. Jawaban:Gagasan utama paragraf pertama adalah Magda mencipta lukisan menarik.Gagasan utama paragraf kedua adalah mata terpejam menimbulkan kesan dan ingatan.Gagasan utama paragraf ketiga adalah Magda, perupa yang memadukan lukis, grafi s, dan fotografi .

Page 45: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

45Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Gagasan utama paragraf keempat adalah Magda mengembangkan teknik baru, lapisan seni-fotografi .

2. Jawaban: Jawaban: Paragraf pertama merupakan paragraf deduktif karena ide pokok paragraf terdapat di awal paragraf. Paragraf kedua merupakan paragraf induktif karena ide pokok paragraf terdapat di akhir paragraf.Paragraf ketiga merupakan paragraf deduktif karena ide pokok paragraf terdapat di awal paragraf. Paragraf keempat merupakan paragraf deduktif karena ide pokok paragraf terdapat di awal paragraf.

3. Jawaban: a. Perwatakan: Iwo, Atet, dan Kemal memiliki

sifat periang. Ketiga anak yang berprofesi sebagai pengamen ringan tangan membantu orang yang membutuhkan bantuan tanpa memikirkan imbalan. Abdul dan Kemal memiliki sifat taat pada perintah atasan dan peduli dengan keadaan sekeliling mereka. Komandan memiliki sifat baik karena mem-berikan kesempatan kepada pengamen untuk tampil dalam acara ulang tahun anaknya.

b. Latar kutipan drama: Peristiwa dalam cerita terjadi di kantor petugas keamanan. Peristiwa terjadi pada pagi hari.

c. Amanat kutipan drama sebagai berikut.1) Hargailah kemampuan orang lain.

Amanat tersebut dibuktikan oleh dialog antara Abdul dan Komandan. Abdul mengusulkan ketiga anak yang berprofesi sebagai pengamen untuk mengisi acara ulang tahun Ria, anak sang Komandan. Walaupun pengamen, tetapi Abdul meng hargai bahwa mereka memiliki kemam puan bernyanyi.

2) Berbuat baiklah agar orang lain bahagia. Amanat tersebut dibuktikan dengan dialog antara Komandan dan Abdul. Komandan bingung karena pengisi acara dalam acara ulang tahun anaknya mengundurkan diri. Kemudian, Abdul berusaha memecahkan masalah sang Komandan. Abdul mengusulkan agar ketiga anak pengamen untuk mengisi acara ulang tahun anak Komandan. Komandan pun menyetujuinya. Abdul berbuat seperti itu semata-mata untuk membantu Komandan agar Komandan dan keluarganya bahagia.

4. Jawaban:Topik kutipan artikel adalah masyarakat Bandung akrab dengan imaji karya seniman bernama Amenk.

5. Jawaban:a. Kurniasari, Dinny. 2011. Lahan Sempit untuk

Tanaman Berkhasiat. Singkawang: Maraga Borneo Tarigas.

b. R.M.A. Harymawan, Dramaturgi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1986), hlm. 26.

Bab V Geliat Kreasi Remaja

A. Jawaban:Khotbah tersebut membahas generasi muda yang kehilangan tujuan hidup. Pokok-pokok isi khotbah sebagai berikut.1. Kita harus memperbaiki konsep pendidikan

yang diterapkan saat ini.2. Konsep pendidikan baru harus memiliki

orientasi hidup benar dan sesuai dengan maksud Allah menciptakan manusia (anak didik).

3. Generasi berkualitas akan lahir dari sistem dan konsep pendidikan Islam, tidak lahir dari konsep pendidikan yang sekuler dan berorientasi duniawi atau materialistik.

4. Generasi berkualitas menurut Islam adalah generasi muda beriman kepada Allah dan selalu menjadikan petunjuk Allah (Alquran) sebagai rambu-rambu kehidupan.

5. Generasi bermutu ialah generasi muda beriman kepada Allah, kreatif, inovatif, dan selalu menjadikan petunjuk Allah (Alquran) sebagai rambu-rambu kehidupan.

6. Semoga Allah membantu kita dalam membentuk generasi yang memiliki pijakan hidup yang kuat dan memiliki orientasi hidup benar.

B. Jawaban: Konsep pendidikan yang diterapkan saat ini adalah konsep pendidikan yang melahirkan generasi pendidikan sekuler, materialis, dan kapitalis. Sebagai umat muslim, kita harus memperbaiki konsep pendidikan tersebut. Konsep pendidikan baru harus mampu menciptakan generasi pendidikan taat kepada Allah Swt., kreatif, inovatif, dan selalu menjadikan petunjuk Allah (Alquran) sebagai rambu-rambu kehidupan.

Page 46: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

46 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Jadi, konsep pendidikan baru tersebut mampu menciptakan generasi yang mengenal Tuhannya dan mengenal dirinya. Dengan konsep pendidikan tersebut diharapkan generasi muda tidak akan merusak kehidupan di sekitarnya dan kehidupannya sendiri. Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita untuk membentuk generasi yang memiliki pijakan hidup kuat dan memiliki orientasi hidup benar.Catatan untuk Guru: Ringkasan isi khotbah yang ditulis siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan isi khotbah.

C. –Catatan untuk Guru:1. Guru menunjuk salah satu siswa untuk

menyampaikan ringkasan isi khotbah.2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa

lain secara bergantian untuk menyampaikan ringkasan isi khotbah.

3. Siswa yang belum mendapat gi l i ran memberikan tanggapan terhadap ringkasan isi khotbah teman.

A. 1. Jawaban:Seorang artis yang telah beralih profesi menjadi dai.

2. Jawaban:Generasi muda yang bertakwa kepada Allah, kreatif, dan inovatif.

3. Jawaban: a. Saat ini banyak remaja hanya mengerja-

kan sesuatu kurang bermanfaat dan tidak memanfaatkan waktu dengan baik.

b. Masa remaja indah apabi la ki ta menggunakan waktu untuk kegiatan posit i f, misal mendalami agama, mengikuti kegiatan yang dapat memacu prestasi akademik atau nonakademik, seperti penelitian ilmiah, ekstrakurikuler menari, menyanyi, atau basket.

c. Cara mendidik remaja yang baik adalah tanpa kekerasan.

d. Pemberian motivasi kepada remaja diperlukan untuk menciptakan masa depan remaja yang tidak kelabu, kreatif, dan inovatif.

e. Motivasi yang diperlukan para remaja yaitu materi, moral, dan rukiah.

f. Motivasi terpenting adalah motivasi rukiah.

g. Motivasi rukiah sangat diperlukan para remaja agar saat mengalami kegagalan para remaja tetap bersabar dan mengingat Allah Swt.

B. Jawaban: Narasumber merupakan seorang artis yang beralih profesi menjadi dai. Narasumber memberikan pendapat tentang generasi muda saat ini. Menurut narasumber, sebagian besar generasi muda saat ini suka berfoya-foya. Menurut narasumber, generasi muda harus memiliki masa remaja indah. Masa remaja indah adalah masa remaja saat kita mampu menggunakan waktu untuk kegiatan positif, misalnya mendalami agama, mengikuti kegiatan yang dapat memacu prestasi akademik atau nonakademik, seperti penelitian ilmiah, ekstrakurikuler menari, menyanyi, atau basket. Narasumber juga mengungkapkan cara mendidik remaja yang baik adalah tanpa kekerasan. Cara mendidik remaja tersebut dilakukan dengan memberikan motivasi baik materi, moral, maupun rukiah. Dari ketiga motivasi tersebut, menurut narasumber yang terpenting adalah motivasi rukiah. Motivasi rukiah penting karena motivasi rukiah diperlukan para remaja saat mereka merasa gagal dalam berprestasi atau berkreasi. Motivasi rukiah diharapkan mampu menumbuhkan sikap sabar menghadapi musibah atau cobaan pada generasi muda. Catatan untuk Guru: Rangkuman hasil wawancara yang dibuat siswa dapat berbeda-beda. Namun, rangkuman hasil wawancara siswa harus sesuai dengan isi wawancara dengan narasumber. Guru dapat menilai rangkuman siswa berdasarkan unsur-unsur berikut. 1. Kesesuaian rangkuman siswa dengan isi

wawancara. 2. Kejelasan isi rangkuman siswa. 3. Keruntutan rangkuman yang dibuat siswa.

C. –

Page 47: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

47Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

A. 1. Jawaban:Edensor Twilight

Kutipan novel Edensor mengangkat tema perpisahan. Tema perpisahan ditunjukkan oleh peristiwa saat Arai dan Ikal mendapatkan beasiswa belajar ke Eropa. Arai dan Ikal harus berpisah dengan orang tua dan orang-orang yang dicintainya.

Kutipan novel Twilight mengangkat tema kerja sama. Tema kerja sama ditunjukkan oleh sikap tokoh Aku dan Edward saat melakukan percobaan biologi di laboratorium. Tokoh Aku dan Edward mampu bekerja sama dengan baik seh-ingga menjadi tim yang menyelesaikan lebih dahulu tugas dari guru Biologi.

2. Jawaban:Novel Edensor

Tokoh Penokohan Data Pendukung

Aku atau Ikal Cerdas, rajin, sayang kepada keluarga

a. Aku dan Arai menerima surat pengumum an beasiswa di Belitong.b. Aku gembira, berbulan-bulan kutekuni buku tebal yang runyam

berjudul Financial Econometrics, sebelum menyusun proposal risetku, ternyata ada gunanya.

c. Aku memeluk ayahku, ayahku yang kucintai melebihi apa pun, tangannya yang kaku merengkuh ku. Betapa aku menya yangi ayahku.

Arai Cerdas, pantang menyerah atau kukuh pendirian

a. Aku dan Arai menerima surat pengumum an beasiswa di Belitong.b. Baru kutahu ada orang yang ditampik hampir sepuluh tahun tapi

tetap kukuh berjuang.

Ayah Pendiam, pekerja keras, dan sayang kepada anak-anaknya

a. Ayahku yang pendiam, tak pernah sekolah, puluhan tahun menjadi kuli tambang.

b. Sejak muda ia mengencangkan ikat pinggang, bekerja mem banting tulang. Seluruh hidupnya tercurah hanya untuk istri dan anak-anaknya.

c. Ayah melambai-lambai dengan sapu tangan, saputangan yang dulu sering dipakainya untuk mengikat kakiku pada tuas Forever-nya, supaya kakiku tak terjerat jari-jari ban.

Novel TwilightTokoh Penokohan Data Pendukung

Bella Swan Cerdas dan sedikit minder a. Aku memamerkan kemampuanku, hanya sedikit. Aku pernah melakukan percobaan ini, dan tahu apa yang kucari.

b. Aku bisa saja menuliskannya ketika ia sedang mengamati, tapi tulisannya yang jelas dan rapi membuatku minder.

Edward Cerdas dan tampan a. ”Kau duluan, partner?” tanya Edward. Aku mengangkat kepala dan kulihat ia tersenyum lebar begitu menawannya sampai-sampai aku hanya memandanginya seperti orang idiot.

b. ”Profase,” ia setuju, dan menuliskannya dengan rapi pada halaman pertama lembar kerja kami. Ia langsung mengganti slide pertama dengan kedua, lalu melihat nya sepintas lalu. ”Anafase,” gumamnya, sambil menulis.

3. Jawaban:Novel Edensor

Latar Data Pendukung

Latar tempat di Belitong, Bandara Buluh Tumbang di Tanjong Pandan, dan di rumah Ikal

a. Aku dan Arai menerima surat pengumuman beasiswa di Belitong.b. Minggu pagi, kami bertolak ke Bandara Soekarno Hatta naik Fokker 28 dari

Bandara Buluh Tumbang di Tanjong Pandan.c. Mengetahui aku dan Arai akan pergi jauh, doa Ayah lebih panjang dari biasanya.

Ia bersimpuh dan terpekur.

Latar waktu malam hari, setiap hari, dan Minggu pagi

a. Sementara aku merindukan A Ling. Malam hari, aku keluyuran, menjumpai para sahabat lama: dermaga dan toko kelontong Sinar Harapan.

b. Setiap hari aku mengakurkan jam beker kenangan pensiunan PN Timah untuk Ayah-setelah beliau bekerja di perusahaan itu hampir empat puluh tahun.

Page 48: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

48 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Latar suasana yang tergambar dalam kutipan novel adalah bahagia, sedih, dan haru

a. Dr. Michaella Woodward yang memberi komentar pada pengumuman itu membuat kami berbesar hati.

b. Jika kami cium tangannya, ia menggengam tangan kami kuat-kuat. Kami tahu, sebagian hatinya ingin kami tak pergi.

c. Air matanya mengalir pelan. Aku memeluk ayahku, ayah yang kucintai melebihi apa pun, tangannya yang kaku merengkuhku. Betapa aku menyayangi ayahku.

d. Dadaku sesak. Aku tahu aku akan merindukan laki-laki pendiam itu. Kulihat lambaiannya sampai jauh, sampai tak tampak lagi. Aku tersedu sedan.

Novel TwilightLatar Data Pendukung

Latar tempat di sepanjang jalan, gedung empat, di kelas Biologi

a. Mike terus mencerocos dan mengeluh sepanjang perjalanan menuju gedung empat.

b. Begitu tiba di kelas, aku lega karena mejaku masih kosong. Mr. Banner sedang berjalan mengelilingi kelas, membagikan mikroskop dan sekotak slide untuk masing-masing meja.

Latar waktu selama sisa waktu makan siang dan selama be berapa menit

a. Selama sisa waktu makan siang, dengan sangat hati-hati kuarahkan pandanganku ke mejaku sendiri.

b. Selama beberapa menit pelajaran belum juga dimulai, dan ruangan bergema dengan anak-anak yang mengobrol.

Latar suasana yang tampak dalam kutipan novel yaitu senang, riuh, dan akrab

a. Tapi kami berjalan menuju kelas, semua orang kecuali aku serempak mengeluh. Hujan turun, membuat salju di sepanjang jalan setapak mencair. Aku menaikkan tudung jaket, menyembunyikan perasaan senangku.

b. Selama beberapa menit pelajaran belum juga dimulai, dan ruangan bergema dengan anak-anak yang mengobrol.

c. ”Bagaimana kau tahu namaku?” tanyaku terbata-bata. Ia tertawa lembut, tawa yang menyenangkan. ”Oh, kurasa semua orang tahu namamu. Seluruh kota telah menanti-nantikan kedatanganmu.”

4. Jawaban:Novel Edensora. Pengenalan situasi cerita Pengenalan diawali dengan adanya pengumuman bahwa Arai dan Ikal lulus tes beasiswa ke luar

negeri. b. Pengungkapan peristiwa Peristiwa diungkapkan oleh Arai dan Ikal dengan bahagia dan sedih. Bahagia karena Arai dan

Ikal mendapat beasiswa ke luar negeri. Sedih karena Arai dan Ikal harus berpisah dengan orang tua dan orang-orang yang dicintainya.

c. Menuju adanya konfl ik Peristiwa ini diawali dengan sikap ayah Ikal yang setengah hati melepas kepergian Arai dan

Ikal. d. Puncak konfl ik Ketegangan terjadi di Bandara Buluh Tumbang di Tanjong Pandan saat Arai dan Ikal akan pergi

ke Jakarta, selanjutnya ke luar negeri. Di bandara terjadi kesedihan yang dirasakan oleh Arai, Ikal, dan ayah Ikal.

e. Penyelesaian Ikal semakin sayang kepada ayahnya. Ikal merasa berutang budi kepada ayahnya yang telah

membiayai sekolahnya.Novel Twilighta. Pengenalan situasi cerita Cerita diawali dengan pikiran Bella Swan untuk melakukan idenya. b. Pengungkapan peristiwa Bella tidak ingin berjalan bersama temannya, Mike. Ia ingin berjalan sendiri karena Mike adalah

sasaran pelemparan bola salju teman-temannya. Bella berharap di kelas Biologi akan duduk sendiri tanpa Edward.

c. Menuju adanya konfl ik Bella Swan lega karena kursinya masih kosong dan ia senang dapat duduk sendirian. Akan tetapi,

Edward tiba-tiba duduk di sebelahnya. Guru Biologi juga menyuruhnya bekerja sama dengan Edward untuk melakukan praktik Biologi.

Page 49: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

49Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

d. Puncak konfl ik Bella Swan tidak ingin dikatakan oleh Edward sebagai gadis yang tidak paham ilmu Biologi. Dengan

kemampuannya walaupun sedikit malu, ia menunjukkan kemampuannya kepada Edward. e. Penyelesaian Walaupun dengan canggung, akhirnya Bella dan Edward dapat bekerja sama dengan baik.

Peristiwa tersebut terbukti dengan praktik Biologi mereka selesai lebih dahulu daripada teman-temannya.

5. Jawaban:Edensor menggunakan sudut pandang campuran karena menggunakan kata ”Aku” dan penyebutan nama Arai, Ikal, Ayah, ia (”Dia”).Bukti: Mengetahui aku dan Arai akan pergi jauh, doa Ayah lebih panjang dari biasanya. Ia bersimpuh terpekur. Jika kami cium tangannya, ia menggenggam tangan kami kuat-kuat. Kami tahu, sebagian hatinya ingin kami tak pergi.

Twilight menggunakan sudut pandang campuran karena menggunakan persona ”Aku” dan menyebut nama diri Mike, Edward, dan Bella.Bukti: ”Namaku Edward Cullen,” lanjutnya. ”Aku tidak sempat memperkenalkan diri minggu lalu. Kau pasti Bella Swan.” Ia menyerahkannya padaku; sepertinya berhati-hati agar tidak menyentuhku lagi.

6. Jawaban:Edensor Twilight

a. Tekunlah belajar agar cita-cita kita tercapai.b. Hormati dan sayangi orang tua yang telah

berjasa membesarkan dan membimbing hidup kita.

c. Jasa orang tua tidak ternilai harganya, balas dengan membuat mereka bahagia.

a. Percayalah dengan kemampuan yang kita miliki.b. Bekerja sama membuat pekerjaan menjadi ringan

dan cepat selesai.

c. Hargailah hasil pekerjaan dan pendapat orang lain.

B. Jawaban:1. Nilai dalam kutipan novel Edensor adalah nilai moral dan kekeluargaan. Nilai moral menonjol adalah

menggunakan waktu sebaik-baiknya agar kita sukses. Nilai moral tersebut ditunjukkan oleh perbuatan Ikal yang selama berbulan-bulan membaca buku tebal untuk menghasilkan proposal penelitiannya. Hasil kerja kerasnya membuahkan hasil yaitu ia mendapat beasiswa ke luar negeri bersama Arai. Sementara itu, nilai kekeluargaan tampak pada perjuangan ayah Ikal saat bekerja di tambang timah. Ayah Ikal bekerja keras untuk membahagiakan istri dan anak-anaknya. Nilai kekeluargaan juga tampak saat Arai dan Ikal akan pergi ke luar negeri. Ayah Ikal sangat sedih karena harus berpisah dengan anaknya. Begitu pula dengan Ikal yang menangis saat Ayahnya melambaikan saputangan perpisahan.

2. Nilai yang terkandung dalam kutipan novel Twilight adalah nilai tradisi (saat musim salju orang-orang saling melempar bola salju). Selain itu, terdapat nilai moral bahwa antarteman harus saling menghormati dan bekerja sama agar menghasilkan pekerjaan yang sempurna.

C. Jawaban:Novel Indonesia Novel Terjemahan

1. Tema berkisar masalah kehidupan.2. Tokoh menggunakan nama-nama Indonesia. (Ikal, Arai,

Ayah)3. Penokohan setiap tokoh jelas.4. Sudut pandang campuran.5. Latar tempat lebih dekat dengan kehidupan tokoh. (di

Indonesia)6. Amanat menyebutkan pesan-pesan kepada pembaca

tentang keteladanan.7. Alur tersusun runtut.(Jadi, ceritanya dapat dimengerti dan

dipahami oleh pembaca.)

1. Tema berupa masalah kehidupan.2. Tokoh menggunakan nama-nama asing. (Mike, Edward

Cullen, dan Bella Swan)3. Penokohan setiap tokoh kurang jelas.4. Sudut pandang campuran.5. Latar tempat menyesuaikan dengan lokasi novel tersebut

ditulis. (luar negeri)6. Amanat menyebutkan pesan-pesan kepada pembaca

tentang perbuatan baik.7. Alur tersusun runtut.(Jadi, ceritanya dapat dimengerti dan

dipahami oleh pembaca.)

Page 50: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

50 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

A. 1. Jawaban: Judul proposal adalah Proposal Pencetakan Majalah Kreatif SMA Ali Maksum, Pekanbaru.

2. Jawaban: SMA Ali Maksum membuat majalah Kreatif karena sebagian besar majalah sekolah hanya menyajikan

berbagai macam hiburan, obrolan, gosip, dan olahraga. Hanya beberapa majalah atau buletin yang menyuguhkan sisi edukasi yang mendukung perkembangan remaja.

3. Jawaban: Pembuatan majalah Kreatif edisi bulan Oktober 2015 di SMA Ali Maksum, Pekanbaru, memiliki tujuan

sebagai berikut.a. Menyajikan berita terkini dan aktual.b. Memberikan pembelajaran serta hiburan yang berkualitas.c. Menumbuhkan rasa cinta terhadap pengembangan almamater. d. Mewadahi potensi siswa SMA Ali Maksum di bidang jurnalistik.e. Mengembangkan relasi, inovasi, dan kreativitas serta kerja sama antarseluruh warga SMA Ali

Maksum dan masyarakat.

4. Jawaban: Siswa dan almamater SMA Ali Maksum, Pekanbaru.

5. Jawaban: Jumlah cetak : 1.000 eksemplar Biaya pencetakan : 1.000 × Rp10.000,00 = Rp10.000.000,00

6. Jawaban: Penutup dalam proposal tersebut berisi harapan, ucapan terima kasih dari pembuat proposal untuk pihak luar agar berpartisipasi dalam pembuatan majalah Kreatif.

B. Contoh jawaban:

Proposal Pameran Buku SMA Harapan Bangsa, Yogyakarta

A. Latar Belakang Perkembangan dinamika dunia perbukuan dan penerbitan di Yogyakarta menjadi salah satu sisi

menarik yang semakin memperkuat ikon Yogyakarta sebagai kota pendidikan. Keadaan tersebut dapat dilihat dengan berbagai event buku yang diadakan di Yogyakarta. Banyak kalangan pendidik dan masyarakat pecinta buku nusantara yang menjadikan Yogyakarta salah satu kota tujuan wisata belanja untuk buku-buku yang mereka butuhkan, baik lewat mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta maupun secara langsung menyempatkan waktu untuk berbelanja buku di Yogyakarta. Kebutuhan orang-orang untuk membeli buku di Yogyakarta dapat memperkuat citra Yogyakarta sebagai kota pendidikan dan citra Yogyakarta sebagai kota tujuan wisata intelektual. Oleh karena itu, kami mengajak kalangan penerbitan dan perbukuan Yogyakarta untuk mewujudkan sebuah gagasan yang bermanfaat untuk mendukung Yogyakarta sebagai ikon kota pendidikan.

B. Tujuan1. Mendukung penguatan ikon Yogyakarta sebagai kota Pendidikan.2. Membudayakan gemar membaca kepada pelajar di Yogyakarta. 3. Mendekatkan buku-buku yang berkualitas dan lengkap dengan harga murah kepada pelajar

khususnya dan semua lapisan masyarakat Yogyakarta.

C. Manfaat1. Sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Yogyakarta.2. Sebagai sarana untuk membudayakan gemar membaca di Yogyakarta.3. Sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan, inovasi, dan kreativitas pelajar SMA

Harapan Bangsa.

Page 51: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

51Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

D. Nama Kegiatan Kegiatan pameran buku kami representasikan dengan nama ”Membangun Budaya Membaca

Bersama SMA Harapan Bangsa”.

E. Waktu dan Tempat KegiatanTanggal : 17–18 Desember 2015Waktu : 09.00–21.00 wib.Tempat : SMA Harapan Bangsa Jalan Kenari 88, Yogyakarta

F. Peserta Pameran1. Penerbit nasional & lokal/toko buku/distributor buku2. Produsen produk alat tulis 3. Perpustakaan 4. Lembaga pendidikan

G. Penutup Kegiatan ini akan berjalan baik dan lancar dengan dukungan dan bantuan semua pihak yang

tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 10 November 2015 Mengetahui, Kepala Sekolah Ketua Panitia

Drs. Mahasto Gempita Pamularsih

B. Jawaban: Karya Ilmiah Remaja (KIR) merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler di SMA Budi Wacana. Selain memiliki kegiatan-kegiatan yang menarik, KIR di SMA Budi Wacana memiliki manfaat ilmiah bagi para siswa. Kegiatan KIR diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nantinya anggota KIR dapat terjun langsung ke masyarakat. Anggota KIR selalu mendapat kepercayaan untuk ikut dalam kepanitiaan lomba-lomba yang diadakan di sekolah. Kepercayaan ini merupakan perwujudan kegiatan berorganisasi dalam KIR.Catatan untuk Guru: Paragraf yang dibuat siswa dapat berbeda-beda. Guru dapat menilai berdasarkan kriteria berikut.1. Bahasa yang digunakan dalam paragraf.2. Keruntutan kalimat yang digunakan dalam

paragraf.3. Ketepatan penggunaan preposisi selain

dalam paragraf.

A. Jawaban:Kalimat dengan preposisi kecuali.1. Ketua KIR dipilih dari seluruh anggota senior,

kecuali anggota senior yang jarang mengikuti kegiatan KIR.

2. Ada beberapa siswa yang tidak berminat mengisi rubrik majalah dinding sekolah, kecuali siswa yang aktif mengikuti kegiatan jurnalistik.

3. Kegiatan diskusi dengan tema ”Tantangan Pelajar pada Era Globalisasi” dihadiri seluruh guru SMA Tunas Bangsa, kecuali guru yang berhalangan hadir.

Kalimat dengan preposisi selain.1. Selain siswa yang tidak masuk sekolah,

semua siswa SMA Nusantara mengikuti diskusi dengan tema ”Menciptakan Generasi Bangsa yang Kreatif”.

2. Selain siswa yang aktif menulis puisi dan cerpen di majalah dinding, ada beberapa siswa yang tidak berminat mengisi rubrik majalah dinding.

3. Selain pengurus, Pembina KIR juga ikut bertanggung jawab dalam organisasi.

Page 52: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

52 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: cKhotbah tersebut membahas pemanfaatan waktu dengan baik untuk meningkatkan keimanan. Pokok bahasan yang lebih mendalam dibahas dalam paragraf ketiga.

2. Jawaban: bKhotbah tersebut membahas pemanfaatan waktu. Manusia harus dapat mengatur waktu dengan baik agar kualitas keimanannya dari hari ke hari semakin bertambah. Pernyataan sesuai dengan isi khotbah adalah pilihan jawaban b karena sesuai dengan kalimat: Sebab itu, beruntunglah orang-orang yang kualitas keimanan dan amal saleh mereka pada hari ini lebih baik dari kemarin. Pernyataan dalam pilihan jawaban a, d, dan e tidak sesuai dengan isi khotbah. Pernyataan dalam pilihan jawaban a seharusnya: Allah tidak dapat mengganti atau mengulangi waktu yang telah berlalu. Pernyataan dalam pilihan jawaban d seharusnya: Kemampuan mengatur waktu diperlukan oleh semua manusia. Pernyataan dalam pilihan jawaban e seharusnya Orang yang tidak dapat memanfaatkan waktu dengan baik adalah orang rugi atau tidak beruntung. Pernyataan dalam pilihan jawaban c tidak terdapat dalam khotbah.

3. Jawaban: ePesan merupakan nasihat yang ingin disampaikan penyampai khotbah. Pesan dalam kutipan khotbah sebagai berikut.1) Kita harus mengatur waktu agar dapat meraih

kesuksesan.2) Kita harus menggunakan waktu sebaik

mungkin.3) K i ta har us men ingka tkan kua l i tas

keimanan.4) Kita harus disiplin terhadap jadwal yang

ada.5) Gunakan waktu sebaik mungkin agar tidak

menyesal pada kemudian hari.Jadi, pesan yang tidak terdapat dalam kutipan khotbah adalah pilihan jawaban e.

4. Jawaban: dKhotbah tersebut membahas perlunya sikap optimistis dalam hidup. Sikap optimistis diperlukan dalam hidup karena seseorang memiliki sikap optimis akan memandang segala sesuatu dengan baik dan positif. Sikap optimistis membuat orang berpandangan bahwa kegagalan adalah keberhasil an yang tertunda.

5. Jawaban: aNasihat penyampai khotbah sebagai berikut.1) Jangan ragu menentukan pilihan hidup.2) Hadapi risiko hidup dengan tegar.3) Jadilah remaja yang optimis dan pantang

menyerah. Jadi, pesan sesuai dengan kutipan khotbah adalah pilihan jawaban a.

6. Jawaban: bTopik merupakan gagasan pokok yang mendasari khotbah. Gagasan dalam kutipan khotbah adalah manajemen waktu berdasarkan salat. Perhatikan kalimat pertama dalam khotbah tersebut.

7. Jawaban: bTopik merupakan gagasan atau masalah mendasari sebuah wawancara. Masalah menjadi pokok bahasan dalam wawancara tersebut adalah alasan meneliti air limbah di Solo. Alasan narasumber dan teman-temannya memilih objek penelitian air limbah di Solo karena mereka prihatin dengan kondisi masyarakat Solo yang me ngonsumsi air yang tercemar logam berat.

8. Jawaban: eRangkuman wawancara adalah inti sari dalam wawancara. Rangkuman tersebut dapat disarikan dari tanggapan narasumber dan permasalahan dalam wawancara. Simpulan wawan cara tepat terdapat pada pilihan jawaban e. Pilihan jawaban e memuat inti sari dari kutipan wawancara tersebut. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak sesuai dengan isi wawancara.

9. Jawaban: cTanggapan sesuai dengan isi wawancara adalah pilihan jawaban c. Pilihan jawaban c sesuai dengan isi wawancara. Isi wawancara adalah kelompok narasumber menjadi pemenang KIR nasional. Narasumber dan teman-temannya merupakan bukti bahwa mereka adalah remaja yang kreatif melakukan penelitian. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai dengan isi wawancara.

10. Jawaban: bTopik merupakan gagasan atau masalah yang mendasari sebuah wawancara. Masalah yang menjadi pokok bahasan dalam wawancara tersebut adalah manfaat menjadi penulis. Manfaat menjadi seorang penulis adalah dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas.

11. Jawaban: aRangkuman tersebut dapat disarikan dari tanggapan nara sumber dan permasalahan dalam wawancara. Berarti simpulan wawancara tepat

Page 53: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

53Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

terdapat pada pilihan jawaban a. Pilihan jawaban a dapat mewakili isi kutipan wawancara tersebut. Sementara itu, pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak memuat inti sari dalam kutipan wawancara.

12. Jawaban: cTanggapan sesuai dengan isi wawancara terdapat pada pilihan jawaban c. Pilihan jawaban c sesuai dengan pendapat narasumber. Perhatikan jawaban dari narasumber (Paramita Susanti) yang menyatakan bahwa memiliki profesi penulis dapat memberikan manfaat, antara lain dapat me-ngembangkan kreativitas dan imajinasi yang kita miliki. Pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai dengan isi wawancara.

13. Jawaban: cSifat merupakan watak yang dimiliki tokoh dalam cerita. Kutipan cerita tersebut menceritakan seorang pemuda bernama Rasus yang baru kembali ke Dukuh Paruk. Rasus sangat sedih melihat keadaan Dukuh Paruk. Menurut Rasus, keadaan Dukuh Paruk tidak seperti pada saat ia meninggalkan desa tersebut. Dukuh Paruk telah berubah menjadi desa mati. Banyak warga Dukuh Paruk tertimpa musibah kelaparan. Beberapa warga Dukuh Paruk menghilang tidak diketahui keberadaannya. Kemudian, Sakarya meminta Rasus menemukan orang-orang tersebut. Kepercayaan yang telah diberikan Sakarya pada diri Rasus membuat Rasus harus pergi kembali meninggalkan Dukuh Paruk. Berdasarkan isi cerita tersebut digambarkan bahwa Rasus memiliki sifat tanggung jawab terhadap apa yang telah diberikan kepadanya.

14. Jawaban: bSifat merupakan watak yang dimiliki tokoh dalam cerita. Kutipan cerita tersebut menceritakan tokoh Alif yang pantang menyerah dalam menulis artikel. Sikap pantang menyerah Alif saat belajar dengan Bang Togar memberikan hasil yang memuaskan. Artikel Alif diterbitkan dalam majalah kampus Kutub. Jadi, sifat tokoh Alif dalam cerita tersebut yaitu pekerja keras atau pantang menyerah.

15. Jawaban: eAmanat adalah nasihat pengarang yang ingin disampai kan kepada pembaca. Kutipan novel tersebut menceritakan seorang remaja bernama Alif yang berjuang keras agar tulisannya dapat terbit di majalah kampus. Alif terus belajar kepada seniornya agar tulisannya layak terbit di majalah kampus. Walaupun mendapat perlakuan tidak enak dari seniornya, Alif tetap semangat untuk belajar menulis. Berdasarkan isi cerita, amanat yang tepat terdapat pada pilihan jawaban e.

16. Jawaban: bNilai kehidupan dalam kutipan novel berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan sehari-hari. Nilai kehidupan sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah nilai moral. Nilai moral merupakan nilai berkaitan dengan perbuatan baik dan buruk yang dilakukan tokoh cerita. Perbuatan baik tokoh cerita dapat Anda contoh, sedangkan perbuatan buruk dijadikan pelajaran agar Anda tidak meniru perbuatan tersebut. Nilai moral sesuai dengan kutipan novel tersebut terdapat pada pilihan jawaban b. Nilai moral dalam pilihan jawaban b sesuai dengan perbuatan Alif yang mengucapkan terima kasih atas bimbingan Bang Togar untuk cara penulisan artikel di majalah kampus.

17. Jawaban: aLatar suasana merupakan keterangan suasana yang tergambar dalam cerita. Cerita tersebut menceritakan tokoh Bella yang terkejut dengan kedatangan Alice. Bella merasa bahagia atas kedatangan Alice.

18. Jawaban: cKutipan cerita dalam novel tersebut menceritakan bahwa Bella bahagia saat bertemu dengan Alice. Bella menangis karena berpikir tidak akan bertemu dengan Alice. Dalam kutipan cerita tersebut juga dijelaskan bahwa Alice terlihat kesal dan tidak suka atas sikap emosional Bella. Perhatikan kutipan Alice mendesah. ”Aku sudah lupa betapa emosionalnya kau,” katanya, nadanya terdengar tidak suka.

19. Jawaban: bTeknik penokohan dramatik digambarkan secara tidak langsung oleh pengarang. Teknik penokohan dramatik dapat dikemukakan melalui penggambar-an fi sik dan perilaku tokoh, lingkungan kehidupan tokoh, tata kebahasaan tokoh, jalan pikiran tokoh, dan penggambaran oleh tokoh lain baik melalui cerita atau dialog. Kutipan novel yang mengguna-kan teknik penokohan dramatik dan digambarkan oleh tokoh lain melalui cerita terdapat dalam pilihan jawaban b. Pilihan jawaban a dan d menggunakan teknik penggambaran tokoh melalui dialog dengan tokoh lain. Pilihan jawaban c menggunakan teknik penggambaran tokoh melalui ciri fi sik tokoh seperti tubuhnya berotot, tinggi, berambut hitam ikal, dan kurus. Sementara itu, pilihan jawaban e mengguna kan teknik penokohan melalui penggambaran perilaku tokoh. Perilaku tokoh dalam pilihan jawaban e adalah sibuk dengan dirinya sendiri tanpa menyadari keberadaan orang-orang di sekitarnya.

Page 54: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

54 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

20. Jawaban: dLatar belakang memuat alasan-alasan seperti yang tercantum dalam tema karya tulis. Latar belakang masalah harus sesuai dengan tema karya tulis. Tema proposal membahas peringatan hari Perpustakaan. Latar belakang sesuai dengan tema karya tulis terdapat dalam pilihan jawaban d karena latar belakang dalam pilihan jawaban mendukung tema karya ilmiah. Fungsi per pustakaan sangat penting dalam pendidikan, tetapi saat ini fungsi perpustakaan semakin dilupakan oleh generasi muda.

21. Jawaban: aKalimat untuk melengkapi proposal tersebut berupa tujuan diadakan kegiatan. Tujuan kegiatan dapat diangkat dari rumusan masalah yang disajikan. Rumusan tujuan menanyakan tujuan diadakan kegiatan pemilihan ketua dan pengurus OSIS. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

22. Jawaban: cLatar belakang dapat menjadi dasar pemikiran dalam proposal. Latar belakang merupakan alasan kegiatan tersebut dilaksanakan. Penyusun proposal diharapkan dapat menunjukkan arti pentingnya pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan. Kutipan proposal tersebut memuat alasan pelaksanaan seminar karena tingkat tawuran pelajar semakin meningkat.

23. Jawaban: aLatar belakang memuat alasan-alasan seperti yang tercantum dalam tema proposal. Latar belakang masalah harus sesuai dengan tema proposal. Tema proposal membahas kegiatan pada bulan Ramadan. Latar belakang yang sesuai dengan tema adalah kegiatan buka puasa gratis di bulan Ramadan terdapat dalam pilihan jawaban a. Latar belakang tersebut memuat alasan panitia kegiatan meng adakan buka puasa gratis dan mengemuka-kan permintaan bantuan dana dari pembuatan proposal.

24. Jawaban: cKalimat latar belakang berisi alasan berkaitan dengan topik yang dibahas dalam proposal atau karya tulis. Jadi, kalimat tepat untuk meleng kapi dialog terdapat dalam pilihan jawaban c.

25. Jawaban: aKata kecuali merupakan preposisi tunggal untuk menyatakan perkecualian. Kalimat yang tepat dengan penggunaan preposisi kecuali adalah pilihan jawaban a. Sementara itu, preposisi kecuali dalam pilihan jawban b, c, d, dan e tidak dapat digantikan dengan selain. Jika preposisi kecuali digantikan kecuali, kalimat dalam pilihan jawaban b, c, d, dan e menjadi tidak berterima.

B. Uraian

1. Jawaban:Pokok-pokok isi kutipan khotbah sebagai berikut.a. Waktu adalah anugerah Tuhan yang tidak

ternilai harganya.b. Waktu harus dimanfaatkan dengan sebaik-

baiknya.c. Waktu dapat menyebabkan malapetaka

apabila tidak dimanfaatkan dengan baik.d. Dengan adanya waktu siang dan malam

kita bisa mengatur kehidupan ini dengan mudah.

e. Kita akan sangat sulit menata dan mengatur berbagai aktivitas kehidupan kita di dunia termasuk waktu kita harus tidur, istirahat, mencari rezeki, menuntut ilmu, dan silaturahmi jika Allah tidak mengatur waktu siang dan malam.

2. Jawaban:Pokok-pokok wawancara tersebut sebagai berikut.a. Usaha sepatu lukis narasumber berawal dari

keisengannya melukis sepatu yang sudah tidak layak pakai miliknya.

b. Banyak teman tertarik dan memesan sepatu lukis hasil karyanya.

c. Narasumber mulai menekuni usaha sepatu lukis pada tahun 2007.

3. Jawaban: Narasumber adalah seorang pengusaha muda sepatu lukis. Nara sumber menjalankan usaha sepatu lukis dengan dibantu empat orang rekannya. Narasumber memulai usaha sepatu lukis pada tahun 2007. Usaha sepatu lukisnya berawal dari keisengannya melukis sepatu bekas miliknya. Narasumber tidak menyangka jika keisengannya tersebut mendatangkan penghasilan bagi dirinya dan teman-temannya.

4. Jawaban:a. Tema novel tersebut kebahagiaan orang tua

adalah melihat anaknya bahagia. b. Amanat

1) Bahagiakan orang tua kita, jangan membuat mereka bersedih.

2) Selesaikan masalah secara baik-baik.3) Kerjakan kewajibanmu sebagai pelajar

dengan baik.c. Latar

1) tempat : di rumah, di ruang makan.2) waktu : malam ini, ada beberapa

keterangan waktu yang tidak dijelaskan secara eksplisit, seperti waktu berlalu, dan setiap detik pergerakan jarum jam.

Page 55: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

55Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

6) ”Tapi aku bisa mengatasinya,” tegas Charlie. ”Sayang, kau tidak mengatasi-nya. Aku berharap keadaan jadi lebih baik.”

7) Aku pura-pura bodoh, menunduk me-mandangi meja. ”Aku tidak mengerti, Dad. Pertama Dad marah karena aku tidak melakukan apa-apa, kemudian Dad bilang tidak ingin aku keluar.”

8) ”Aku ingin kau bahagia-tidak, bahkan tidak perlu sedrastis itu. Aku hanya ingin kau tidak merana lagi.”

5. Contoh jawaban:

Proposal KegiatanPasar Seni Pelajar II SMA N 4

Medan 2015

A. Latar Belakang Masa muda adalah masa sarat

dengan daya imajinasi, daya kreasi, dan penuh semangat untuk berbuat. Untuk mencapai semua itu semangat saja tentu tidak cukup, tetapi kepekaan rasa, kecerdasan intelektual dan pengalaman menjadi penentu. Kreativitas pada dasarnya diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan rasa estetik dan ar tistik sehingga terbentuk sikap kritis, apresiatif, dan kreatif pada diri siswa secara menyeluruh. Sikap ini hanya akan tumbuh jika dilakukan serangkaian proses kegiatan kepada siswa yang meliputi pengamatan, penilaian, serta penumbuhan rasa memiliki keterlibatan siswa dalam segala aktivitas seni di luar sekolah. Menjawab semua persoalan tersebut kiranya, siswa perlu diberikan wadah seperti ajang kreativitas, sebagai salah satu solusi dari sekian banyak kegiatan bermanfaat. Di samping itu juga untuk mem pererat tali persaudaraan sehingga lahir rasa nasionalisme tinggi di dalam sanubari pelajar. Pada gilirannya, pembinaan dan pe ngembang an bakat merupakan hasil karya bersama dan rasa kebersamaan segenap pelajar. Tanpa kesadaran kegotongroyongan semua unsur, sulit untuk mengembangkan bangsa ini, bahkan hanya sekadar untuk mem pertahankan.

3) suasana : menegangkan karena tokoh Charlie marah atas sikap Bella yang tidak melakukan apa-apa dan muram.

d. Tokoh dan penokohan1) Charlie: pemarah, tetapi sayang dengan

Bella. Bukti:

a) Kepalan Charlie meninju meja. ”Baiklah, Bella! Aku akan mengirim-mu pulang.”

b) ”Pertama Dad marah karena aku tidak melakukan apa-apa, kemudian Dad bilang tidak ingin aku keluar.”

c) ”Aku ingin kau bahagia-tidak, bahkan tidak perlu sedrastis itu. Aku hanya ingin kau tidak merana lagi.”

2) Bella: rajin, pandai, tetapi keras kepala.Bukti:a) Setelah minggu pertama itu, aku tak

pernah bolos sekolah atau kerja satu hari pun. Nilai-nilaiku sempurna. Aku tak pernah melanggar jam malam-aku toh tak pernah ke mana-mana sehingga harus melanggar jam malam. Aku juga jarang menghidang kan makanan sisa untuk makan malam.

b) Charlie mengamati ekspresiku yang keras kepala, dan beralih mengguna kan senjata lain.

e. Alur dalam kutipan novel tersebut adalah alur mundur. Cerita diawali dengan kemarahan Charlie terhadap Bella. Kemudian, sedikit demi sedikit Charlie mengungkapkan alasan kemarahannya kepada Bella. Kedua tokoh beradu argumen untuk menyelesaikan masalah yang menimpa Bella. 1) Kepalan Charlie meninju meja. ”Baiklah,

Bella! Aku akan mengirimmu pulang.”2) ”Apa salahku?” Kurasakan wajahku

mengernyitkan. Benar-benar tidak adil. 3) ”Kau tidak melakukan apa-apa. Justru

itulah masalahnya. Kau tidak pernah melakukan apa-apa.”

4) Perkataannya sedikit menyinggung perasaanku. Padahal, aku sudah berhati-hati untuk menghindari segala bentuk kesedihan, termasuk bermuram durja.

5) ”Maafkan aku, Dad.” Permintaan maafku terdengar agak datar, bahkan di telingaku sendiri. Kusangka selama ini aku berhasil menipunya. Menjaga agar Charlie tidak menderita adalah tujuan utama semua upayaku.

Page 56: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

56 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

B. Nama Kegiatan Rencana/atau program kerja

kebudayaan ini diberi tajuk ”PASAR SENI PELAJAR II 2015” yang me-rupa kan usaha mewujudkan ser ta pe ngembangan konsep dari berbagai kegiatan dan pertunjukan yang di adakan baik di Sumatra Barat, Riau, Sumatra Utara, dan Kepulauan Riau sendiri. Semua kegiatan tersebut belum ada titik temu untuk ber kompetisi dalam satu wadah. Maka, dengan kegiatan ”PASAR SENI PELAJAR II 2015” ini mungkin bisa membuka tabir untuk kegiatan sejenis dan lainnya antar pelajar di provinsi di Sumatra ini, bahkan tidak mungkin ini akan menjadi cikal untuk diadakan secara nasional.

C. Tema Kegiatan Adapun tema kegiatan ”Pasar

Seni Pelajar II 2015 SMA Negeri 4 Medan” ini adalah LEARNING TO LIVE TOGETHER (belajar untuk dapat hidup bersama). Artinya setiap pendidikan seharusnya mengajarkan kepada setiap anggota masyarakat untuk menghargai kemajemukan dan mem bekali mereka dengan kemampuan untuk bisa hidup rukun sebagai manusia. Di samping itu, kegiatan ini akan bisa menjadi sebuah jembatan yang akan bermuara dengan lahirnya ide dan gagasan-gagasan yang jenius tentunya. Lebih jauh kegiatan PASAR SENI PELAJAR II 2015 ini bisa mem per kuat persatuan dan kesatuan dan saling kenal satu sama lainnya di antara pelajar.

Disadur dari: http://chandil.files.wordpress.com/2009/03/proposal-psp-jilid-2.pdf

Bab VI Berantas Korupsi!

A. Jawaban:Pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara sebagai berikut.1. Kenaikan biaya politik disebabkan beberapa

aspek yaitu adanya persaingan yang semakin banyak antarpolitisi, adanya kesalahan persepsi di antara politisi, dan politisi tidak mempunyai kemampuan menarik massa secara alami.

2. Pengeluaran terbesar dalam kampanye digunakan untuk biaya produksi iklan.

3. Akibat dari biaya politik besar adalah sikap masyarakat yang memiliki pola pikir bahwa ”kalau ada uang jalan, kalau tidak ya tidak jalan”. Pikiran tersebut mendidik masyarakat apatis melihat politisi.

4. Biaya politik dan hasilnya berbanding terbalik.

5. Semakin tinggi biaya politik, maka politisi harus mengembalikan biaya kampanye.

6. Semakin tinggi biaya kampanye, semakin tinggi kecenderungan politisi untuk korupsi.

7. Politisi cenderung korupsi setelah sukses karena sebagian besar politisi ingin mengembalikan modal kampanye.

8. Politik dijadikan kendaraan untuk menambah keuntungan bagi perusahaan yang dikelola seorang politisi.

B. Contoh jawaban: Menurut Silih Agung, penulis buku Political Branding dan Public Relation, biaya politik naik 10 kali lipat dibandingkan 5 tahun lalu dikarenakan beberapa aspek. Pertama, biaya politik semakin besar karena adanya persaingan yang semakin ramai. Banyak orang berlomba ingin menjadi politisi, terutama pengusaha, yang berani mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Kedua, biaya politik semakin besar karena adanya kesalahan persepsi di antara politisi. Banyak politisi berpikir bahwa iklan bagus adalah iklan yang sering muncul di televisi dan surat kabar nasional. Penyebab kenaikan biaya politik terakhir adalah politisi tidak mempunyai kemampuan menarik massa secara alami. Mereka hanya mampu menarik massa dengan uang. Pengeluaran paling besar kampanye digunakan untuk biaya pembuatan iklan. Para politisi beranggapan bahwa iklan bagus adalah iklan yang sering muncul di televisi dan surat kabar nasional. Jadi, mereka berlomba-lomba untuk sering tampil di televisi atau surat kabar nasional. Sementara itu, dampak dari biaya kampanye besar adalah sikap ke masyarakat. Politisi sering menggerakkan kampanye dengan menggerakkan uang atau money driven. Perbuatan tersebut menyebabkan masyarakat sangat tergantung dari uang yang diberikan oleh politisi. Pikiran tersebut mendidik masyarakat apatis melihat politisi. Pengeluaran biaya politik atau kampanye para politisi berbanding terbalik dengan hasil yang diperolehnya. Oleh karena itu, para politisi berlomba-lomba untuk mengembalikan dana

Page 57: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

57Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

kampanye tersebut dengan cara korupsi. Akan tetapi, ada juga beberapa politisi baik. Politisi yang tidak ingin korupsi untuk mengembalikan dana kampanye yang telah mereka gunakan. Jadi, ada kecenderungan bahwa politisi yang sukses akan menerapkan politik balik modal. Salah satu caranya dengan korupsi.

Saat ini politik sering digunakan para politisi sebagai kendaraan untuk menambah kekayaan mereka. Kebijakan penguasa akan memengaruhi perusahaan milik politisi. Zaman dahulu tren berpolitik adalah adanya koalisi pengusaha dan penguasa. Akan tetapi, sekarang pengusaha menjadi penguasa karena bisa mengendalikan kebijakan lebih cepat.

C. Jawaban:Diserahkan kepada siswa.

A. Jawaban:Diserahkan kepada siswa.

B. Jawaban:Diserahkan kepada siswa.

A. Contoh jawaban:Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) → → → → → menindaklanjuti laporan Gubernur DKI Jakarta/ → → → → → →

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok/ → → → →mengenai dugaan penyelewengan penggunaan → - - - - → → →Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) → → → → - - - -DKI sejak tahun /2012 /hingga 2014// → → → → →

B. –

C. –

D. –

A. Jawaban:1. Kepala surat:

ADVOKAT/PENGACARA - KONSULTAN HUKUM

Dini Prabu Dewanti, S.H. Jalan Ir. Soekarno 45, Surakarta

Telp. & Fax (0271) 6445712. Perihal: SURAT KUASA PELAPORAN DAN

PENGADUAN KORUPSI KE KEPOLISIAN3. Isi surat meliputi:

a. IdentitasSaya yang bertanda tangan di bawah

ininama : Fajar Prasetya, S.E.,pekerjaan : Direktur BPR Putra Fajar,alamat : Jalan Sekar Mulya 3,

Surakarta,memberikan kuasa penuh kepadanama : Dini Prabu Dewanti, S.H.,jabatan : Pengacara,alamat : Kantor Advokat Dini Prabu

Dewanti, S.H. Jalan Ir. Soekarno 45,

Surakarta Telp. & Fax (0271)

644571,b. Masalah yang dikuasakan: untuk

mendampingi pemberi kuasa dan melaporkan seseorang bernama Prayoga, S.T. yang beralamat di Jalan Senopati Nomor 41, Surakarta. Prayoga, S.T. dilaporkan kepada pihak berwajib terkait dugaan kasus korupsi di BPR Putra Fajar.

4. Tanggal pembuatan surat: 17 September 2015.

5. Surat kuasa disertai meterai dan tanda tangan pemberi kuasa dan penerima kuasa.

Page 58: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

58 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

B. Contoh jawaban:

Kantor Pengacara Dan Konsultasi Hukum Irawan Prasetya, S.H. & RekanJalan Gelatik 32, Pontianak

Telepon (0561) 737445 Fax.(0561) 737445

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ininama : Ani Airlangga, S.E.,pekerjaan : Kepala Cabang Bank Persada,alamat : Jalan Mega 70, Pontianak,memberikan kuasa penuh kepadanama : Irawan Prasetya, S.H.,pekerjaan : Pengacara,alamat : Jalan Gelatik 32, Pontianak,untuk memberikan bantuan hukum pada kasus dugaan penggelapan uang oleh Saudara Putra Hendrawan di Bank Persada. Hal-hal yang terjadi akibat dari pemberian surat kuasa ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya. Surat kuasa ini kami buat dengan maksud agar semua pihak yang berkepentingan menjadi maklum adanya.

Pontianak, 7 Agustus 2015 Penerima Kuasa Pemberi Kuasa

Irawan Prasetya, S.H. Ani Airlangga, S.E.

C. –

D. –

A. Jawaban: 1. pepatah 6. perumpamaan 2. pemeo 7. ungkapan 3. perumpamaan 8. pemeo 4. pepatah 9. pepatah 5. perumpamaan 10. ungkapan

B. Jawaban: 1. Daripada hidup menanggung malu, lebih

baik mati. 2. Seia sekata, senasib sepenanggungan. 3. Mengharap-harapkan sesuatu yang tidak

mungkin tercapai. 4. Walaupun ke mana juga seseorang pergi,

kelak tentu kembali ke negeri sendiri. 5. Perihal seseorang yang bersifat sangat

angkuh. 6. Serbasulit dalam menentukan sikap atau

tindakan. 7. Merah telinganya berarti marah. 8. Tidak putus asa.

9. Orang yang pandai sangat mudah menipu orang-orang yang berada di sekitarnya.

10. Surat kaleng berarti surat tanpa nama pengirim yang jelas.

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: eInformasi merupakan masalah pokok dalam kutipan wawancara. Masalah pokok atau topik dalam kutipan wawancara tersebut adalah Denny Indrayana menyangkal bahwa dirinya tidak me laku kan korupsi pada proyek payment gateaway. Ia beranggapan bahwa proyek ter-sebut mempermudah pembuatan paspor.

2. Jawaban: cSimpulan merupakan inti sari. Simpulan wa-wan cara dapat dibuat berdasarkan jawaban narasumber. Paragraf simpulan tepat kutipan wawancara tersebut terdapat pada pilihan jawab-an c.

Page 59: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

59Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

10. Jawaban: ePokok-pokok berita tersebut sebagai berikut.1) Mindo Rosalina Manulang adalah terdakwa

kasus suap Sesmenpora untuk proyek pembangunan Wisma Atlet SEA Games XXVI di Jakabaring Palembang, Sumatra Selatan.

2) Mindo Rosalina Manulang dan M. El-Idris, Direktur Marketing PT Duta Graha Indah (PT DGI), terbukti melakukan penyuapan terhadap mantan Sesmenpora, Wafi d Muharram.

3) Mindo Rosalina Manulang menjalani per-sidangan di Pengadilan Tinggi Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Jadi, pokok berita sesuai dengan berita pada pilihan jawaban e.

11. Jawaban: aPenandaan tepat untuk kalimat tersebut pada pilihan jawaban a karena penjedaan sesuai untuk membacakan kutipan berita tersebut. Penjedaan pada pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak tepat.

12. Jawaban: aDalam dialog tersebut tokoh Polisi sangat tegas memberikan beberapa pertanyaan kepada Lastri dan Nora. Keadaan tersebut menggambarkan ia memiliki karakter tegas. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban a.

13. Jawaban: cMasalah dalam kutipan drama adalah pelarangan anak (Lastri dan Nora) untuk keluar pada malam hari. Larangan tersebut dibuktikan dengan pernyataan yang diberikan oleh tokoh Lastri dan Nora kepada tokoh Polisi.

14. Jawaban: dKutipan drama tersebut menceritakan tokoh Polisi menanyakan keberadaan kedua anak dari tokoh Ibu yaitu Lastri dan Nora. Tokoh Ibu me miliki sifat sayang kepada anak sehingga ia harus menjaga anaknya siang dan malam agar tidak mencuri waktu keluar malam. Kostum yang tepat dikenakan oleh tokoh Ibu adalah blus, rok, dan sandal.

15. Jawaban: aTokoh Bapak memiliki sifat penyayang kepada anak-anaknya. Perhatikan dialog yang diucapkan tokoh Bapak bahwa ia sangat menyayangi Wati karena Wati adalah putri semata wayangnya. Tokoh Bapak tidak rela melepas anaknya untuk dipinang seorang lelaki.

3. Jawaban: bPenjelasan narasumber berkaitan dengan per-tanyaan pewawancara tentang perkembangan kasus korupsi proyek persewaan alat pengujian bandara di Perhubungan Udara, Kemenhub. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban b.

4. Jawaban: cPenjelasan narasumber berkaitan dengan per-tanyaan pewawancara tentang rencana KPK dalam pemeriksaan kasus korupsi Century. Abraham Samad mengatakan bahwa KPK belum men jadwal kan pemeriksaan tersebut. KPK akan kembali memeriksa kasus Century jika kasus-kasus lain sudah selesai. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban c.

5. Jawaban: bSimpulan wawancara berisi inti sari berdasarkan isi pembicaraan. Simpulan sesuai dengan isi wawancara adalah pilihan jawaban b. Sementara itu, pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak sesuai dengan inti sari kutipan wawancara.

6. Jawaban: cWawancara tersebut membahas masalah ber-kaitan dengan penemuan PPATK tentang rekening milik dua menteri yang mencurigakan. Pe ne muan PPATK tersebut berkaitan dengan pen dapat Rosa tentang kasus Wisma Atlet. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban c.

7. Jawaban: dGagasan pokok merupakan ide pokok yang mendasari terbentuknya paragraf. Gagasan pokok mencerminkan masalah dalam paragraf. Gagasan pokok paragraf mengandung ke sim-pulan paragraf bersifat umum. Gagasan pokok terdapat dalam kalimat utama. Paragraf mem-bahas pencekalan empat orang yang terlibat korupsi di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Jadi, ide pokok paragraf terdapat dalam pilihan jawaban d.

8. Jawaban: cPenandaan dalam teks berita berfungsi untuk memudahkan pembaca memahami isi berita. Penandaan tepat untuk kalimat tersebut pada pilihan jawaban c.

9. Jawaban: dKutipan berita menginformasikan bahwa KPK memeriksa Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Winantuningtyasiti. Informasi tersebut merupakan ide pokok dalam kutipan berita tersebut.

Page 60: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

60 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

16. Jawaban: aKutipan drama tersebut menceritakan pesta ulang tahun ke-20 Yulia. Kostum tepat dikenakan tokoh Yulia adalah pakaian pesta. Jadi, kostum tepat dikenakan Yulia adalah gaun pesta, sepatu hak tinggi, dan membawa kotak hadiah berukuran kecil. Sementara itu, penggambaran kostum pada pilihan jawab an b, c, d, dan e tidak sesuai dikenakan pada acara pesta ulang tahun.

17. Jawaban: dTokoh Bi Imah dalam kutipan drama diceritakan telah dituduh oleh Diah bahwa ia telah memberi racun pada minuman Tuan Sastro. Bi Imah adalah pembantu di rumah Tuan Sastro. Sosok pembantu dapat mewakili tokoh Bi Imah adalah karakter dalam pilihan jawaban d. Sementara itu, karakter pemain dalam pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan karakter pembantu rumah tangga dalam kutipan drama tersebut.

18. Jawaban: dKeterangan tempat, waktu, dan suasana yang tepat menggambarkan cerita dalam kutipan drama tersebut terdapat pada pilihan jawaban d. Peristiwa terbunuhnya Tuan Sastro terjadi saat pesta ulang tahun Yulia. Pesta itu dilakukan pada malam hari, di dalam rumah, dan suasana saat itu ramai dan tegang. Keterangan tempat dalam kutipan drama dibuktikan dengan dialog yang diucapkan Patricia Tunggu . . . ! Jangan ada yang menyentuh Tuan Sastro! Letnan, tolong kumpulkan para tamu di luar dan panggil penyidik untuk mengetahui penyebab kematian Pak Sastro. Keterangan bahwa peristiwa terjadi pada malam hari dibuktikan dengan dialog pembawa acara Selamat malam teman-teman. Sementara itu, keterangan suasana dalam kutip-an drama dibuktikan dengan suasana meriah dan ramai saat pesta ulang tahun. Selain itu, digambarkan suasana tegang yakni terjadi ketegangan yang dialami oleh Yulia, Diah, dan Bi Inah.

19. Jawaban: bMasalah atau konfl ik dalam drama tersebut terjadi karena benturan tokoh dengan tokoh lain maupun benturan tokoh dengan dirinya sendiri. Drama tersebut menceritakan tokoh ibu yang menunggu tokoh bapak pulang. Sudah lama tokoh bapak merantau dan tidak pulang. Tokoh bapak justru mengirimkan banyak uang. Meskipun membutuh kan uang, tokoh ibu tidak mau meng gunakan uang tersebut sebelum mengetahui pekerjaan bapak.

20. Jawaban: dKutipan drama men ceritakan seorang anak ber-nama Pelok sedang mencari keberadaan bapak-nya. Tokoh Pelok hanya mampu mendengar suara bapaknya tanpa melihat wujudnya. Pelok sangat sedih karena ditinggal seorang diri di rumah.

21. Jawaban: cKutipan drama tersebut menceritakan seorang anak (Pelok) sedang meratapi nasibnya di bawah pohon kering depan makam. Tokoh Pelok sedih karena ditinggal mati oleh bapaknya. Tokoh Pelok mencari-cari keberadaan bapaknya di makam karena saat itu ia mendengar suara bapaknya. Kostum tepat dikenakan Tokoh Pelok dalam kutipan drama tersebut terdapat pada pilihan jawaban c. Kostum dalam pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak tepat dikenakan tokoh Pelok yang notabene merenung di depan kuburan.

22. Jawaban: cKutipan surat kuasa tersebut mengemukakan identitas pihak-pihak bertanggung jawab dalam pembuatan surat kuasa dan masalah yang dikuasa kan dalam surat kuasa tersebut. Isi kutipan surat kuasa yang sesuai dengan ilustrasi adalah pilihan jawaban c. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai dengan ilustrasi.

23. Jawaban: cMaya Fibrianti berlaku sebagai pihak yang melimpahkan kuasa atau pihak pemberi kuasa kepada Siska Kurnia.

24. Jawaban: eKetua Lembaga Bantuan Hukum Budi Luhur dapat mem buat surat kuasa untuk memberikan wewenang kepada wakilnya.

25. Jawaban: cPeribahasa seperti kumbang dijolok berarti suara yang tidak enak didengar; seperti katak di bawah tempurung berarti orang yang berpengetahuan sempit berlagak pintar; kura-kura dalam perahu berarti pura-pura tidak tahu; lempar batu sembunyi tangan berarti tidak bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan; dan tangan mencencang bahu memikul berarti siapa yang bersalah harus berani menerima hukuman. Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut terdapat pada pilihan jawaban c.

Page 61: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

61Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

B. Uraian1. Contoh jawaban:

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi → → → → → →(Tipikor) Jakarta /mengganjar terdakwa/ Muhtar → → - - - - → → Ependy/ dengan hukuman 5 tahun penjara// Orang → → → → → →kepercayaan Akil Mochtar tersebut/ dianggap terbukti → → → → → - - - -memberikan kesaksian tidak benar// Ia juga terbukti/ → → → → → →memengaruhi saksi lain/ agar memberikan keterangan → → → → → →bukan sebenarnya/ pada persidangan kasus korupsi - - - - → → → → →Akil Mochtar// → →

2. Jawaban: Kegiatan penggalangan dana dan pendidikan antikorupsi yang dilakukan SeRAK bertujuan me ningkatkan partisipasi publik Bireuen dan ke-ber lanjutan pendidikan antikorupsi di Kabupaten Bireuen. Panitia kegiatan sudah berhasil melak-sanakan pendidikan antikorupsi untuk kalangan mahasiswa pada angkatan pertama. Angkatan pertama tidak hanya diikuti oleh mahasiswa yang ada di Kabupaten Bireuen, tetapi juga diikuti beberapa mahasiswa dari Kabupaten Aceh Utara juga ikut dalam kegiatan tersebut. Panitia berharap kegiatan tersebut dapat mengetuk hati semua pihak yang ada di Bireuen terhadap isu antikorupsi. Mereka tahu bahwa isu korupsi adalah isu bersama. Korupsi membawa dampak massif dan sepatutnya dibasmi bersama-sama.

3. Jawaban:Kriteria pemain yang tepat untuk kutipan drama sebagai berikut.a. Bapak kira-kira berumur 50–60 tahun, tinggi,

tampak keriput di wajah, dan berkulit agak hitam.

b. Pemuda, kira-kira berumur 30–35 tahun, tingginya, kekar, tampan, dan memiliki kulit sawo matang.

Kostum yang tepat dikenakan untuk pemain dalam kutipan drama sebagai berikut. a. Bapak mengenakan kemeja lengan pendek,

celana panjang, dan sandal selop atau mengenakan pakaian safari dan sandal selop.

b. Pemuda mengenakan kemeja panjang, celana panjang, dan sepatu. Pakaian tampak bersih dan mahal.

4. Jawaban:Latar yang menonjol dalam kutipan drama ter-sebut adalah latar tempat. Latar tempat dalam kutipan drama berupa ruang tamu di sebuah rumah. Latar tempat tersebut dibuktikan dengan ke terangan laku yang terdapat dalam kutipan drama. Perhatikan kutipan Bapak bangkit, manggut-manggut lalu melangkah ke arah buffet. Kemu-dian membalik, menatap ke arah Pelamar I. Ber dasarkan kutipan tersebut diketahui bahwa peristiwa dalam cerita yang dialami Bapak dan pemuda di ruang tamu yang ditunjukkan oleh kata buffet. Jadi, tata panggung yang tepat digunakan untuk kutipan drama tersebut adalah meja dan kursi tamu. Di atas meja tamu ada asbak. Di salah satu dinding ruangan terdapat foto keluarga yang terdiri atas ayah, ibu dan seorang anak perempuan. Terdapat buffet yang berguna sebagai penyekat antara ruang tamu dengan ruang lain. Di buffet terdapat beberapa hiasan dari keramik.

5. Contoh jawaban:

Yayasan Duta BangsaJalan Pemuda 78, Bengkulu

SURAT KUASA

Nomor: 23/YDB/III/2015

Saya yang bertanda tangan di bawah ininama : Anton Putra, S.S.,jabatan : Ketua Yayasan Duta Bangsa,dengan ini memberi kuasa kepadanama : Angga Roni, S.E.,jabatan : Bendahara Yayasan Duta Bangsa,untuk mengambil dana dari rekening milik Yayasan Duta Bangsa di Bank ABA. Surat kuasa ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bengkulu, 30 Maret 2015

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa

Angga Roni, S.E. Anton Putra, S.S.

Page 62: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

62 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

Ulangan Akhir Semester

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: eKutipan sambutan tersebut menginformasikan bahwa kerusakan lingkungan seperti pencemaran limbah terhadap sungai dan polusi udara dapat memicu peningkatan pemanasan global di bumi. Jadi, isi kutipan sambutan tepat adalah pilihan jawaban e. Pilihan jawaban a, b, c, dan d bukan isi pokok sambutan.

2. Jawaban: cSambutan tersebut membahas ancaman pemanasan global. Jadi, tanggapan terhadap isi sambutan tepat adalah pilihan jawaban c. Pilihan jawaban tersebut menanggapi isi sambutan dan memberikan saran terhadap masalah pada isi sambutan. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, d, dan e tidak sesuai karena tidak menanggapi isi sambutan, tetapi menanggapi bahasa, cara penyampaian, dan jenis sambutan.

3. Jawaban: dKhotbah tersebut membahas kegiatan positif yang bermanfaat bagi kita dan orang lain. Kegiatan yang telah kita lakukan tersebut dapat membuat kita menjadi manusia teladan di mata Allah. Orang tua pantang menyerah dalam merawat anak akan dijadikan pahlawan oleh Allah pada masa peradaban yang akan datang.

4. Jawaban: aNasihat pembawa pidato sebagai berikut.1) Tingkatkan keimanan kepada Allah Swt.2) Belajarlah rajin agar menjadi ahli zikir.3) Jadilah orang tua yang mampu mendidik anak

sehingga memiliki sifat pantang menyerah.4) Jadilah pegawai yang melakukan pekerjaan

sesuai amanah.Jadi, pesan sesuai dengan kutipan khotbah adalah pilihan jawaban a.

5. Jawaban: aIde pokok merupakan permasalahan utama dalam wawancara. Permasalahan tersebut dapat diketahui dari pertanyaan wartawan dan tanggapan narasumber. Pada wawancara tersebut dipapar kan per masalahan pembelajaran Bahasa Indonesia. Ternyata, hambatan dalam pem belajaran Bahasa Indonesia yaitu kualitas dan kuantitas guru Bahasa Indonesia. Jadi, ide pokok wawancara tersebut terdapat pada pilihan jawaban a.

6. Jawaban: cSimpulan merupakan rangkuman atau inti sari dalam wawancara tersebut. Rangkuman tersebut dapat disarikan dari tanggapan narasumber dan per masalahan dalam wawancara. Berarti simpulan wawancara tersebut yaitu pem belajar an Bahasa Indonesia mengalami hambatan dalam kualitas dan kuantitas guru Bahasa Indonesia.

7. Jawaban: cTanggapan sesuai dengan isi wawancara adalah pilihan jawaban c. Pilihan jawaban c sesuai dengan pendapat narasumber Walaupun pelajaran Bahasa Indonesia diajarkan sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi, kompetensi berbahasa Indonesia siswa tidaklah menggembirakan. Ini dibuktikan dengan data hasil Ujian Nasional tiga tahun terakhir yang menunjukkan penurunan nilai Bahasa Indonesia. Pilihan jawaban a tidak sesuai dengan isi wawancara. Pilihan jawaban a seharusnya: Bahasa Indonesia memang sudah diajarkan sejak SD, tetapi kompetensi berbahasa Indonesia tidaklah menggembirakan. Pilihan jawaban b, d, dan e tidak terdapat dalam kutipan wawancara.

8. Jawaban: eMasalah dalam paragraf tersebut berkaitan dengan penanganan korupsi belum maksimal.

9. Jawaban: aInti sari wawancara tersebut adalah penanganan kasus korupsi harus dilakukan dengan tindakan nyata. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban a.

10. Jawaban: bKutipan berita tersebut menginformasikan kisah perjalanan mobil Esemka dari Solo ke Jakarta. Kisah perjalan an tersebut disampaikan oleh Wali Kota Solo yang mengendarai mobil Esemka. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah b.

11. Jawaban: dPenjedaan tepat untuk kalimat pertama berita tersebut adalah pilihan jawaban d.

12. Jawaban: aIde pokok merupakan gagasan pokok yang mendasari terbentuknya paragraf. Gagasan pokok mencerminkan masalah dalam paragraf. Gagasan pokok paragraf mengandung ke simpul an paragraf bersifat umum. Gagasan pokok terdapat dalam kalimat utama. Paragraf tersebut membahas pendapat perilaku korupsi di Indonesia yang telah dilakukan secara sistematik. Jadi, ide pokok paragraf terdapat dalam pilihan jawaban a.

Page 63: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

63Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

22. Jawaban: aKutipan drama tersebut menggambarkan suasana di kantor polisi dengan seorang terdakwa dan beberapa polisi. Terdakwa seperti ditekan oleh polisi untuk mengakui perbuatannya. Situasi dalam kutipan drama adalah tegang. Buktinya karena ada ketegangan terdakwa dengan polisi.

23. Jawaban: dKutipan drama tersebut menceritakan keinginan Jo melestarikan kesenian tayub, tetapi dilarang oleh tokoh Hansip. Tokoh Hansip melarang karena Jo tidak memiliki surat izin pertunjukan. Jadi, konfl ik atau masalah yang terdapat dalam kutipan drama adalah pilihan jawaban d.

24. Jawaban: eTokoh Hansip dalam kutipan drama tersebut digambarkan sebagai seorang yang tegas dan kaku. Tokoh Hansip memegang teguh peraturan tentang izin pertunjukan.

25. Jawaban: dTokoh Thamrin harus ditampilkan sesuai dengan karakternya. Dalam kutipan drama tersebut dapat diketahui bahwa Thamrin memiliki watak pemrotes. Thamrin mengeluh karena harus mengangkat jenazah yang dia rasa berat.

26. Jawaban: aSuasana merupakan keterangan keadaan yang mendukung cerita. Kutipan drama di atas menceritakan proses pengangkatan jenazah yang akan dibawa ke kuburan oleh beberapa orang. Suasana tergambar saat peristiwa tersebut adalah sedih karena keluarga jenazah sedang berduka. Akan tetapi, saat proses pengangkatan jenazah tersebut ada beberapa orang yang berbisik-bisik membicarakan perilaku orang yang meninggal tersebut selama masih hidup. Ada kesan suasana tidak sedih karena para pelaku (orang yang akan membawa jenazah) mengeluhkan betapa berat jenazah tersebut.

27. Jawaban: bKutipan drama tersebut menceritakan keinginan Ningsih dan Ningsun pergi ke luar kantor. Keinginan tersebut mereka sampaikan kepada Pak Aman sebagai wakil kepala dari Pak Tembak. Ningsih dan Ningsun berani melawan aturan yang berlaku di kantornya. Mereka seenaknya ke luar kantor pada saat atasannya tidak di tempat. Jadi, sikap Ningsih dan Ningsun dalam kutipan drama tersebut adalah berani dan kurang bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

13. Jawaban: cPenandaan tepat untuk kalimat tersebut adalah pilihan jawaban c.

14. Jawaban: dArtikel tersebut membahas penguasaan khusus yang harus dikuasai secara teknis dalam berkarya teater. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban d.

15. Jawaban: ePernyataan sesuai dengan isi artikel adalah pilihan jawaban e. Pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak sesuai dengan isi artikel.

16. Jawaban: bArtikel tersebut membahas manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan. Jadi, ide pokok artikel tersebut adalah pilihan jawaban b.

17. Jawaban: eTopik merupakan masalah yang diuraikan dalam artikel. Masalah dibahas pada artikel tersebut adalah pemanasan global (global warming). Pilihan jawaban a, b, c, dan d bukan topik dari kutipan artikel tersebut.

18. Jawaban: ePernyataan sesuai dengan artikel adalah pilihan jawaban e. Pernyataan ini dibuktikan pada kalimat ke-3. Sementara itu, pilihan jawaban a, b, c dan d tidak sesuai dengan isi artikel.

19. Jawaban: cArtikel tersebut membahas perubahan cara bertukar informasi, berdagang, dan konsumsi dari produk-produk budaya dan teknologi pada era globalisasi. Perubahan tersebut menyebabkan munculnya konsep ekonomi kreatif. Jadi, pilihan jawaban tepat adalah pilihan jawaban c.

20. Jawaban: dPernyataan sesuai dengan kutipan artikel adalah pilhan jawaban d. Pilihan jawaban a seharusnya permainan tradisional mampu meningkatkan kreativitas anak. Pilihan jawaban b seharusnya permainan modern umumnya dimainkan oleh satu anak. Pilihan jawaban c dan e tidak terdapat dalam kutipan artikel tersebut.

21. Jawaban: eLatar merupakan keterangan tempat yang mendukung isi cerita. Kutipan drama tersebut menceritakan seseorang sedang dicecar pertanyaan oleh polisi. Jadi, keterangan tempat yang menggambarkan latar cerita tersebut adalah di kantor polisi. Pilihan jawaban tepat untuk menggambarkan sebuah kantor polisi adalah e.

Page 64: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

64 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

35. Jawaban: aTema merupakan ide dasar dalam cerita. Tema tampak dalam kutipan novel adalah moral. Tema tersebut dijelaskan sikap Mandy White yang terpaksa berbohong untuk membela diri. Padahal, berbohong merupakan sikap yang bertentangan dengan moral kebaikan.

36. Jawaban: eDaftar pustaka ditulis dengan urutan nama pengarang, tahun terbit, judul buku (dicetak miring), kota terbit, dan nama penerbit. Nama pengarang ditulis dengan dibalik seperti Elizabeth Lutters ditulis dengan Lutters, Elizabeth. Penulisan daftar pustaka harus diakhiri tanda titik.

37. Jawaban: dPenulisan catatan kaki pada pilihan jawaban d sesuai dengan aturan penulisan catatan kaki.

38. Jawaban: eKalimat untuk melengkapi proposal tersebut berupa tujuan diadakan kegiatan. Tujuan kegiatan dapat diangkat dari rumusan masalah yang disajikan. Rumusan tujuan menanyakan cara. Berarti tujuan proposal menyatakan cara untuk mencapai tujuan. Jadi, jawaban yang tepat yaitu pilihan jawaban e.

39. Jawaban: dDasar pemikiran merupakan dasar pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan latar belakang dalam proposal. Dasar pemikiran tersebut digunakan untuk mempertegas dan meyakinkan rencana suatu kegiatan.

40. Jawaban: cKata selain merupakan preposisi tunggal untuk menyatakan perkecualian. Kalimat yang tepat dengan penggunaan preposisi selain yaitu jawaban c: Selain menyumbang bahan mentah, para pejabat daerah juga menyumbangkan sejumlah uang.

B. Uraian

1. Jawaban:Amanat dalam kutipan hikayat tersebut sebagai berikut.a. Jangan melakukan kebohongan kepada

orang lain. Dibuktikan dengan sikap Raja Perlak

membohongi Sidi ’Ali Ghijas ad-Din dengan menempatkan Puteri Ganggang, sebagai anak dari istri muda, di tempat yang lebih tinggi dari kedua putrinya. Perbuatan tersebut dilakukan agar Sidi ’Ali Ghijas ad-Din memilih Puteri Ganggang sebagai calon istrinya.

28. Jawaban: bDalam kutipan drama tersebut Ningsun berani izin ke luar kantor karena ia tahu Pak Tembak tidak akan memarahi dirinya. Orang pertama yang akan dimarahi Pak Tembak adalah wakil kepala.

29. Jawaban: dSifat merupakan watak yang dimiliki tokoh dalam cerita. Kutipan cerita tersebut menceritakan tokoh ”dia” yang selalu bimbang saat menghadapi masalah. Jadi, sifat tokoh ”dia” dalam cerita tersebut yaitu bimbang, labil, atau mudah goyah terhadap sesuatu.

30. Jawaban: bNilai kehidupan berupa nilai dalam kutipan novel yang berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan sehari-hari. Perhatikan kutipan berikut.Karen merasa, saat itu ia merasa memiliki segalanya. Malam ini akan berlangsung pesta penyerahan penghargaan . . . .Ini membuktikan bahwa Karen telah meng hasilkan karya. Karya tersebut diberi peng hargaan.

31. Jawaban: dUnsur intrinsik yang tampak dalam kutipan novel adalah latar. Latar merupakan keterangan tempat, waktu, dan suasana sebuah peristiwa yang terdapat dalam sebuah karya sastra. Latar dalam kutipan novel adalah di sebuah hotel, pada malam hari, dan dalam suasana ingar bingar.

32. Jawaban: eTokoh Karen digambarkan memiliki sifat pekerja keras karena ia belajar bertahun-tahun dan bekerja keras untuk meraih kesuksesannya. Watak pekerja keras dapat dilihat dari kalimat setelah ber tahun-tahun belajar, mencoba berbagai bahan, menembus pusat belantara industri garmen, berjuang mati-matian agar rancangannya diberitakan, dikenal, dan laku terjual, akhirnya ia berhasil.

33. Jawaban: dUnsur intrinsik menonjol dalam kutipan novel adalah latar. Latar merupakan keterangan tempat, waktu, dan suasana sebuah peristiwa yang terdapat dalam sebuah karya sastra. Latar dalam kutipan novel adalah di bukit atau pegunungan. Perhatikan kalimat pertama kutipan novel tersebut.

34. Jawaban: eNilai moral berkaitan dengan sikap dan perilaku manusia. Perhatikan kutipan berikut.Aku terkejut ketika menyadari semua orang di tanah airku yang kecil itu siap memenuhi segala keinginanku.Kutipan tersebut menjelaskan aku, seorang pejabat, sangat dihormati rakyat kecil karena memiliki jabatan.

Page 65: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

65Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

b. Kita jangan membeda-bedakan rasa cinta kasih kita kepada anak-anak kita.

Dibuktikan dengan sikap Raja Perlak yang lebih suka terhadap Puteri Ganggang dan menempatkan Putri Ganggang di tempat duduk yang lebih atas daripada putri kandung sendiri. Kedua putri kandung tersebut hanya duduk di bawah.

2. Jawaban:Pokok-pokok isi kutipan khotbah sebagai berikut.a. Waktu adalah anugerah Tuhan yang tidak

ternilai harganya.b. Waktu harus dimanfaatkan dengan sebaik-

baiknya.c. Waktu dapat menyebabkan malapetaka

apabila tidak dimanfaatkan dengan baik.d. Dengan adanya waktu siang dan malam

kita bisa mengatur kehidupan ini dengan mudah.

e. Kita akan sangat sulit menata dan mengatur berbagai aktivitas kehidupan kita di dunia termasuk waktu kita harus tidur, istirahat, mencari rezeki, menuntut ilmu, dan silaturahmi jika Allah tidak mengatur waktu siang dan malam.

3. Jawaban:Kutipan drama tersebut dapat dipentaskan dengan latar, kostum, dan karakter sebagai berikut.Latar : ruang tamu sederhana, dilengkapi

kursi dan meja.Kostum : Tokoh Bapak mengenakan pakaian

sederhana, kaus oblong, dan celana pendek.

Tokoh Ibu mengenakan pakaian sederhana, blus, dan jaket peng-hangat.

Tokoh Perempuan mengenakan pakaian mewah dengan perhiasan mewah.

Karakter : Tokoh Bapak adalah seorang lelaki setengah baya, sebagai suami sebenarnya tokoh Bapak adalah tokoh yang baik, tetapi dialah penyebab munculnya konfl ik.

Tokoh Ibu adalah seorang wanita setengah baya, memiliki sifat sabar, dan sakit-sakitan.Tokoh Perempuan adalah seorang wanita yang judes dan pemarah.

4. Jawaban: Pokok-pokok isi wawancara sebagai berikut. a. Melukis kaca atau sering juga disebut melukis

gelas. Melukis kaca adalah gaya melukis dengan memakai media yang terbuat dari kaca.

b. Data yang menunjukkan mulainya kegemar-an melukis di media kaca tidak jelas dan tidak ada artefak yang benar-benar bisa dijadikan bukti.

5. Jawaban: Melukis kaca atau sering juga disebut melukis gelas. Melukis kaca adalah gaya melukis dengan memakai media yang terbuat dari kaca. Awal mula manusia memiliki kegemaran melukis di kaca tidak jelas karena tidak ada artefak yang benar-benar bisa dijadikan bukti.

6. Jawaban:Pokok-pokok informasi dalam kutipan berita sebagai berikut.a. Menteri Perdagangan Rachmat Gobel

menyerukan agar semua negara mengambil langkah-langkah konkret untuk segera mengatasi krisis ekonomi global yang berkepanjangan sehingga tidak mengganggu proses demokrasi di seluruh dunia.

b. Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengikuti sesi Avoiding the BRIC Wall dalam acara tahunan World Economic Forum (WEF).

c. Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, mengajak para pemimpin yang hadir untuk membangun ruang fi skal untuk menciptakan pemerintahan demokratis yang kondusif agar kesejahteraan dapat didistribusikan secara merata dan berkelanjutan.

d. Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, menyatakan bahwa dengan kebijakan yang tepat perekonomian Indonesia diharapkan dapat terus membaik.

7. Contoh jawaban:Menteri Perdagangan/ Rachmat Gobel/ menyeru-kan agar semua negara mengambil langkah-langkah konkret/ untuk segera mengatasi krisis ekonomi global//Langkah tersebut diambil karena/ krisis yang berkepanjangan akan mengganggu/ proses demokrasi di seluruh dunia// Pernyataan dikemukakan Mendag/ pada saat mengikuti sesi Avoiding the BRIC Wall/ dalam acara tahunan World Economic Forum (WEF)//

8. Jawaban:Gagasan pokok paragraf I adalah kesenian ketoprak menjadi media penting yang senantiasa menjadi sejarah manusia agar tetap abadi. Gagasan pokok paragraf II adalah ketoprak menjadi salah satu ikon penting yang menyuguhkan lakon cerita tentang kehidupan dan sejarah kemanusiaan.

Page 66: 02 pdf kunci suplemen ktsp kelas 11 a 2015

66 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas XI

9. Jawaban: Paragraf I merupakan paragraf induktif karena ide pokok paragraf terdapat di akhir paragraf. Paragraf II merupakan paragraf deduktif karena ide pokok paragraf terdapat di awal paragraf.

10. Contoh jawaban:

Proposal Kegiatan PeringatanHari Kemerdekaan ke-70 RI

I. Latar Belakang Peristiwa Proklamasi 17 Agustus

1945 telah mengantarkan bangsa Indonesia me masuki gerbang kemerdeka-an. Perjuang an telah dilakukan dengan gigih dan telah memakan banyak korban.

Ada nilai perjuangan dan semangat rela berkorban yang perlu diteruskan dari generasi tua kepada generasi muda sebagai penerus bangsa agar mereka mau berjuang dan rela berkorban demi tegaknya negara ini.

II. Tujuan Kegiatan peringatan hari Kemerde-

kaan ke-70 Republik Indonesia bertujuan agar generasi muda pada umumnya dan siswa SMA Bintang Persada dapat menemu kan nilai-nilai kejuangan dan semangat rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.