Sistem Pencernaan manusia

Post on 01-Jul-2015

308 views 0 download

description

Semoga bermanfaat

Transcript of Sistem Pencernaan manusia

ARIEF RACHMAN SYABIEB

HANNU’MAH KHAIRUNNISA

Sistem pencernaan (bahasa Inggris: digestivesystem) adalah sistem organ makhluk multiselyang menerima makanan, mencernanya menjadienergi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa prosestersebut melalui dubur/anus. Sistem pencernaanantara dengan yang lainnya bisa sangat jauhberbeda.

Secara spesifik, sistem pencernaan berfungsi untukmengambil makanan, memecah nya menjadimolekul nutrisi yang lebih kecil, menyerapmolekul tersebut ke dalam alirah darah, kemudianmembersihkan tubuh dari sisa pencernaan.

Sistem pencernaanmakanan pada manusiaterdiri dari beberapaorgan, berturut-turutdimulai dari1. Rongga Mulut,2. Esofagus(Kerongkongan)3. Lambung4. Usus Halus5. Usus Besar6. Rektum7. Anus.

Sistem Pemcernaan Rongga-Mulut

Mulut merupakan saluran pertamayang dilalui makanan. Pada ronggamulut, dilengkapi alat pencernaandan kelenjar pencernaan untukmembantu pencernaan makanan. Pada Mulut terdapat :

GigiMemiliki fungsi memotong, mengoyak dan menggiling makananmenjadi partikel yang kecil-kecil. Perhatikan gambar disamping.

LidahMemiliki peran mengatur letakmakanan di dalam mulut sertamengecap rasa makanan.

Kelenjar Ludah

Esofagus (Kerongkongan)Merupakan saluran yang menghubungkan antara ronggamulut dengan lambung. Padaujung saluran esophagus setelahmulut terdapat daerah yang disebut faring. Pada faring terdapat klep, yaitu epiglotis yang mengatur makanan agar tidakmasuk ke trakea (tenggorokan). Fungsi esophagus adalahmenyalurkan makanan kelambung. Agar makanan dapatberjalan sepanjang esophagus, terdapat gerakan peristaltiksehingga makanan dapatberjalan menuju lambung

Lambung

Lambung adalah kelanjutan dariesophagus, berbentuk seperti kantung. Lambung dapat menampungmakanan 1 liter hingga mencapai 2 liter. Dinding lambung disusun olehotot-otot polos yang berfungsimenggerus makanan secara mekanikmelalui kontraksi otot-otot tersebut. Ada 3 jenis otot polos yang menyusunlambung, yaitu otot memanjang, ototmelingkar, dan otot menyerong.

Selain pencernaan mekanik, padalambung terjadi pencernaan kimiawidengan bantuan senyawa kimia yang dihasilkan lambung.

Usus HalusUsus halus merupakan kelanjutan dari lambung. Usus halusmemiliki panjang sekitar 6-8 meter. Usus halus terbagimenjadi 3 bagian yaitu duodenum (± 25 cm), jejunum (± 2,5 m), serta ileum (± 3,6 m). Pada usus halus hanya terjadipencernaan secara kimiawi saja, dengan bantuan senyawakimia yang dihasilkan oleh usus halus serta senyawa kimiadari kelenjar pankreas yang dilepaskan ke usus halus.

Senyawa yang dihasilkan oleh usus halus adalah : Disakaridase Menguraikan disakarida menjadi

monosakarida Erepsinogen Erepsin yang belum aktif yang akan diubah

menjadi erepsin. Erepsin mengubah pepton menjadiasam amino.

Hormon Sekretin Merangsang kelenjar pancreas mengeluarkan senyawa kimia yang dihasilkan ke usushalus

Hormon CCK (Kolesistokinin) Merangsang hati untukmengeluarkan cairan empedu ke dalam usus halus.

Selain itu, senyawa kimia yang dihasilkan kelenjar pankreasadalah :

Bikarbonat Menetralkan suasana asam dari makanan yang berasal dari lambungEnterokinase Mengaktifkan erepsinogen menjadi erepsinserta mengaktifkan tripsinogen menjadi tripsin. Tripsinmengubah pepton menjadi asam amino.Amilase Mengubah amilum menjadi disakaridaLipase Mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserolTripsinogen Tripsin yang belum aktif.Kimotripsin Mengubah peptone menjadi asam aminoNuklease Menguraikan nukleotida menjadi nukleosidadan gugus pospatHormon Insulin Menurunkan kadar gula dalam darahsampai menjadi kadar normalHormon Glukagon Menaikkan kadar gula darah sampaimenjadi kadar normal

Usus BesarMerupakan usus yang memilikidiameter lebih besar dari usushalus. Memiliki panjang 1,5 meter, dan berbentuk seperti huruf U terbalik. Usus besar dibagimenjadi 3 daerah, yaitu : Kolonasenden, Kolon Transversum, danKolon desenden. Fungsi kolonadalah :

Menyerap air selama prosespencernaan.Tempat dihasilkannya vitamin K, dan vitamin B12 (Biotin) sebagai hasil simbiosis denganbakteri usus, misalnya E.coli.Membentuk massa fesesMendorong sisa makananhasil pencernaan (feses) keluardari tubuh. Pengeluaran fesesdari tubuh ddefekasi.

Rektum dan AnusMerupakan lubangtempat pembuangan fesesdari tubuh. Sebelumdibuang lewat anus, fesesditampung terlebihdahulu pada bagianrectum. Apabila fesessudah siap dibuang makaotot spinkter rectum mengatur pembukaan danpenutupan anus. Ototspinkter yang menyusunrektum ada 2, yaitu ototpolos dan otot lurik.

Gangguan Sistem Pencernaan

• Apendikitis Radang usus buntu.

• Diare Feses yang sangat cair akibat peristaltik

yang terlalu cepat.

• Kontipasi

(Sembelit)

Kesukaran dalam proses Defekasi

(buang air besar)

• Maldigesti Perasaan tidak nyaman pada lambung

bisa di akibatkan, Terlalu banyak

makan atau makan suatu zat yang

merangsang lambung.

• Parotitis Infeksi pada kelenjar parotis disebut

juga Gondong

• Tukak

Lambung/Maag

"Radang" pada dinding lambung,

umumnya diakibatkan infeksi

Helicobacter pylori

• Xerostomia Produksi air liur yang sangat sedikit

Tumor usus