base Performance

Post on 15-Feb-2016

62 views 1 download

description

Mariska Eve Azalea (090239) Eka Prihatin (090261) Leza Risti Navyca (090284). base Performance. Data. 3. Kelompok. 3. Database Performance. Apa?. 3. Database Performance. Tingkat/ kemampuan ketika DBMS menyediakan informasi. 3. - PowerPoint PPT Presentation

Transcript of base Performance

base Performance

Data

• Mariska Eve Azalea (090239)

• Eka Prihatin (090261)

• Leza Risti Navyca (090284)3Kelo

mpok

Database Performance Apa?

3

Database PerformanceTingkat/ kemampuan ketika DBMS menyediakan informasi.

3

5 Faktor yang mempengaruhi Performance Database

3

WorkloadPerintah yang diarahkan melalui sistem pada waktu tertentu, misalnya seperti transaksi online, analisis data warehouse, dll.

3

TroughputKemampuan sebuah komputer (hardware/ software) dalam mengolah data.

3

ResourcesHardware dan software merupakan resources dari sistem.

3

ContentionContention (kres/ tabrakan) merupakan kondisi dimana ada dua komponen atau lebih dari workload yang sedang mencoba mengakses satu resource yang sama dengan cara yang bertentangan. Contohnya : Update ganda untuk bagian data yang sama.

3

OptimizationOptimization mengacu pada analisa permintaan database dengan query yang mampu menghasilkan jalur akses paling efisien. Ada banyak faktor yang perlu dioptimalkan, misalnya formulasi SQL, parameter database, pemrograman yang efisien, dll.

3

Optimasi Database 3

PartitioningDenormalizationClusteringFree SpaceRaw Partitioning VS File

SystemIndexing

Interleaving DataCompressionFile Placement &

AllocationPage SizeReoganization

PartitioningPartitioning adalah sebuah teknik untuk menempatkan data-data table atau index yang berbentuk page ke dalam partisi-partisi yang terpisah di dalam sebuah atau beberapa filegroup.

3

Tampak bahwa table pertama hanya memiliki sebuah partisi, sedangkan table kedua memiliki empat buah partisi. 3

DenormalizationDenormalisasi merupakan proses yang dilakukan pada database yang sudah dinormalisasi, dengan cara memodifikasi struktur tabel dan mengabaikan kerangkapan data (yang terkontrol) untuk meningkatkan kinerja database.Proses denormalisasi termasuk :• Mengkombinasikan tabel-tabel yang terpisah dengan join• Mereplikasi/menduplikat data pada tabel 3

ClusteringClustering bermakna menggolongkan data atau membagi satuan data yang besar ke dalam satuan data yang lebih kecil yang memiliki kesamaan.

3

3

Free SpaceFree space merupakan ruang kosong pada satu tablespace atau index yang dapat mengurangi frekuensi reorganisasi, mengurangi contention (kres), dan meningkatkan efisiensi proses input data.

3

Raw Partitioning VS File SystemMerupakan pilihan apakah akan menyimpan data yang ada dalam database ke dalam file OS yang dikontrol atau tidak

3

IndexingIndeks dibangun untuk membuat pernyataan SQL dalam program aplikasi berjalan lebih cepat.

3

Interleaving DataMerupakan bentuk khusus dari clustering.

3

CompressionMerupakan teknik pengecilan ukuran data yang akan mengoptimalkan kinerja scan data yang berurutan dan meningkatkan kemungkinan data yang berada dalam cache.

3

File Placement & AllocationPola akses yang terkait dengan data dalam sistem dan memisahkan file-file yang sering diakses secara bersama-sama.

3

Page SizeMerupakan ukuran halaman database yang digunakan

3

ReorganizationMemodifikasi data dengan cara meminimalisasi syntax yang digunakan.

3

Thank You