LAPORAN KUNJUNGAN PEKAN PRODUK KREATIF DAERAH 2015

14
LAPORAN KUNJUNGAN PEKAN PRODUK KREATIF DAERAH 2015 Karya ilmiah ini diselesaikan untuk memenuhi tugas Pengantar Fisika Komputasi oleh bimbingan Ibu Riri Safitri S.Si, M.T Nama : Latifah Ramadhana Mur’ilmiani Effendhi NIM : 0102514009 Fakultas – Prodi : Sains dan Teknologi – Teknik Informatika 2014 Mata Kuliah : Pengantar Fisika Komputasi taken by L.R.M.E.

Transcript of LAPORAN KUNJUNGAN PEKAN PRODUK KREATIF DAERAH 2015

LAPORAN KUNJUNGAN PEKAN PRODUK KREATIF DAERAH 2015

Karya ilmiah ini diselesaikan untuk memenuhi tugas Pengantar

Fisika Komputasi oleh bimbingan Ibu Riri Safitri S.Si, M.T

Nama : Latifah Ramadhana Mur’ilmiani EffendhiNIM : 0102514009Fakultas – Prodi : Sains dan Teknologi – Teknik Informatika 2014Mata Kuliah : Pengantar Fisika Komputasi

taken by L.R.M.E.

II

UNIVERSITAS AL AZHAR INDONESIAJAKARTA2015

ABSTRAKSI

Nama : Latifah Ramadhana M.E.NIM : 0102514009

Perkembangan teknologi dimasa globalisasi saat initerutama teknologi komunikasi dan informasi yang berbasiskankomputer, dimana teknologi menjadi andalan dan kebutuhanmasyarakat dunia. Hal ini disebabkan oleh perkembangan yangsangat pesat pada bidang teknologi informasi sehinggamendorong masyarakat dunia memasuki era reformasi yang serbacepat sekaligus menjadikan informasi sentral dalam duniaindustri maupun dunia usaha.

III

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWTatas berkat dan rahmat yang telah dikaruniai oleh-Nya sehinggapenulis dapat menyusun dan menelesaikan karya tulis ini dengansebaik-baiknya dalam judul “LAPORAN KUNJUNGAN PEKAN PRODUKKREATIF DAERAH (PPKD)”.

Karya tulis ini penulis sajikan berdasarkan laporankunjungan penulis di acara Pekan Produk Kreatif Daerah padahari Senin, 01 Juni 2015 yang bertempat di Lapangan Banteng,Jakarta Pusat.

Karya tulis ini disusun sedemikian rupa dalam rangkamemenuhi tugas pengganti dari mata kuliah Pengantar FisikaKomputasi.

Laporan Kunjungan Pekan Produk Kreatif Daerah 2015 initidak akan lengkap tanpa adanya faktor pendukung, yaitu:

1. Allah SWT2. Izin Orang Tua3. Dosen, Ibu Riri Safitri S.Si, M.T.4. Hikmah al jannah (0102514008)5. Muhammad Iqbal Pratama (0102514012)6. Nikmatun Aliyah Salsabila (0102514014)7. Nur Asiah (0102514015)8. Rifqi Diyaulhaq Sami Miru (01025140 )9. Vareza Noorliqo (01025140 )10. Serta semua pihak yang telah mendukung proses

pembuatan laporan ini.Penulis menyadari bahwa karya ilmiah ini jauh dari kata

“sempurna”. Oleh karena itu, penulis berharap bagi parapembaca berkenan memberi kritik juga saran yang bersifatmembangun agar nantinya penulis dapat mengerjakan karya ilmiahyang lebih sempurna.

Semoga karya ilmiah yang telah dibuat ini bermanfaat bagiyang telah membacanya.

IV

DAFTAR ISI

ABSTRAKSI...................................................IIKATA PENGANTAR.............................................IIIDAFTAR ISI..................................................IVBAB I PENDAHULUAN...........................................11.1 LATAR BELAKANG.........................................11.2 TUJUAN.................................................11.3 METODE.................................................1

BAB II PEMBAHASAN...........................................22.1 SINKRONISASI OTOMATIS STATUS DOSEN DENGAN RASPBERRY PI MELALUI FACEBOOK GRAPH API...................................22.2 SOLAR The Solar System Augmented Reality Mobile App..............2

BAB III PENUTUP.............................................33.1 KESIMPULAN.............................................3

Jakarta, Juni 2015

Penyusun(Latifah Ramadhana

V

3.2 SARAN..................................................3LAMPIRAN-LAMPIRAN PENDUKUNG MATERI...........................4FOTO-FOTO....................................................6

1

BAB IPENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Di dalam dunia teknologi berbasis informasi, banyakproduk-produk yang digunakan untuk menunjang penuntunaninformasi bagi penggunanya dengan bertujuan menambahpengetahuan. Dalam hal ini perlu adanya dukungan dariberbagai pihak. Untuk meningkatkan kualitas produkberbasis informasi, tidak hanya jurusan teknik informatikasaja ang berperan, tetapi juga membutuhkan teknik elektrountuk mendukung pembuatan produk tersebut. Keberadaanproduk-produk ini sangat mendukung kelancaran dalamperkembangan informasi melalui sebuah teknologi. Beberapaproduk yang dapat membantu dalam membagi informasi, yaituSinkronisasi Otomatis Status Dosen Dengan RASPBERRY PIMelalui Facebook Graph API dan SOLAR The Solar Sstem AugmentedReality Mobile App. Produk-produk tersebut sejauh iniditemukan dalam acara Pekan Produk Kreatif Daerah.

1.2 TUJUAN

Tujuan dari karya ilmiah ini adalah:a. Memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Fisika Komputasi.b. Meningkatkan pengetahuan dari bermacam-macam produk

yang dihasilkan dan dipertunjukkan, khususnya yangberkaitan dengan Informatika.

1.3 METODE

Metode yang kami gunakan pada karya ilmiah ini adalah:a. Penelitian Lapangan

Suatu metode pengumpulan data yang dilakukan dengancara meninjau dan mengamati secara langsung di pameranPekan Produk Kreatif Daerah 2015. (Gambar 1)

b. Interview (Wawancara)

2

Suatu metode pengumpulan data dengan tanya jawab secaralangsung di salah satu stand yang kami kunjungi padapameran Pekan Produk Kreatif Daerah 2015. (Gambar 2)

c. LiteratureSuatu metode pengumpulan data yang dilakukan denganmemanfaatkan buku-buku referensi atau brosur yang telahdisediakan sebagai penunjang dalam pengambilan teoridasar. (Gambar 3.a dan Gambar 3.b)

3

BAB IIPEMBAHASAN

2.1 SINKRONISASI OTOMATIS STATUS DOSEN DENGAN RASPBERRY PIMELALUI FACEBOOK GRAPH API

(Gambar 4) Aplikasi ini dikembangkan untuk membantupara dosen menginformasikan pada mahasiswanya yang inginbertemu mereka (dosen) untuk mendiskusikan tesis mereka(mahasiswa). Para dosen hanya update melalui akun Facebookmereka dan status pun akan muncul di layar LCD diperangkatnya. Oleh karena itu, ketika dosen tidak hadir,para mahasiswa juga dapat mengetahuinya dengan melihat dilayar LCD yang akan menunjukkan status mereka (paradosen).Produk serta aplikasi ini dibuat oleh Universitas Bina

Nusantara (BINUS UNIVERSITY).

2.2 SOLAR The Solar System Augmented Reality Mobile App

(Gambar 5.a) Pada saat ini perkembangan teknologiinformasi dan kebutuhan akan media pembelajaran sangatlahmudah untuk di akses, baik dari segi software yangdigunakan ataupun hardware. Salah satu media yang palingmudah digunakan dan dibutuhkan oleh manusia adalah mediatelekomunikasi mobile. Dimana dengan media tersebut dapatdijadikan sebagai media pembelajaran dengan akses yangbegitu cepat dan kapanpun informasi dibutuhkan. Teknologimobilephone pada saat ini telah berkembang dengan pesat,yang dapat memudahkan pengguna di kalangan masyarakat.Dengan adanya berbagai macam sistem operasi yang dapatdiadaptasikan ke dalam mobile device. Salah satudiantaranya, yaitu Android. Kita dapat mengembangkanaplikasi dengan mudah, contohnya aplikasi mobile berbasisAugmented Reality, dimana teknologi ini mampu menghadirkanvisualisasi 3D pada dunia nyata dengan bantuan kameramobile. Perkembangan Augmented Reality sendiri sudah cukup

4

banyak dan diminati bagi para developer mobile applicationdalam bentuk pengetahuan ataupun game. Cara kerjaaplikasi Knowing Solar System ini dengan menggunakan bantuankamera mobile yang terdapat pada perangkat ponsel pintarAndroid dan marker sebagai tempat render objek target(Gambar 5.b). Untuk pembuatan objek 2D dengan menggunakanAdobe Photoshop CS6 versi trial sedangkan untuk pembuatanobjek 3D dengan menggunakan Blender. Disini prosesperancangan aplikasi pada Software Unity dengan bantuanAndroid SDK dan juga Vuforia SDK guna mengimplementasikanAugmented Reality. Aplikasi Knowing Solar System ini dibuatdalam beberapa tahap. Dimulai dengan pembuatan objek 2D,objek 3D, perancangan aplikasi, dan perancangan markerhingga tahap akhir proses uji coba aplikasi pada ponselpintar Android.Aplikasi ini dibuat oleh Universitas Gunadarma.

5

BAB IIIPENUTUP

3.1 KESIMPULAN

Teknologi berbasis informasi, banyak produk-produkyang digunakan untuk menunjang penuntunan informasibagi penggunanya dengan bertujuan menambahpengetahuan.

Produk Raspberry PI yang diciptakan oleh suatu komunitasdi Universitas Bina Nusantara mampu mempermudahmahasiswa dalam mengetahui hadir atau tidaknya dosenmelalui akun Facebook dosen yang mereka butuhkan dengansinkronisasi smartphone berbasis Android.

Aplikasi SOLAR yang diciptakan oleh mahasiswa-mahasiswadi Universitas Gunadarma mampu membantu penggunasmartphone jika ingin mengetahui tentang tata suryadengan menggunakan bantuan kamera mobile yang terdapatpada perangkat ponsel pintar Android dan marker sebagaitempat render objek target.

3.2 SARAN

Kunjungilah pameran-pameran yang menghadirkanproduk-produk kreatif buatan para penerus bangsa iniseperti Pameran Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) yangselalu digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Karenadengan mengunjungi tempat-tempat semacam ini, dapatmenambah pengalaman baru bahkan inspirasi baru untukberkarya yang lebih dari apa yang dipertunjukkan dipameran tersebut.

6

LAMPIRAN-LAMPIRAN PENDUKUNG MATERI

Gambar 1.

Gambar 2. NurAsiah dan Nikmatun Aliyah Salsabila (dari kanan) melakukan tanya-jawab distand dari BINUS University

taken by

taken by L.R.M.E.

7

Gambar 3.a. Brosur dari stand BINUS Universitytaken by L.R.M.E.

8

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Gambar 3.b. Brosur daristand Universitas

Gunadarma

Gambar 4. Produk Raspberry PIyang disinkronisasi dengan

smartphone untuk terhubung ke Facebook menggunakan koneksi internet (WiFi). Produk inihasil karya dari BINUS University

Gambar 5.a. Sebuah aplikasi SOLAR hasil karya dari Universitas Gunadarma

taken by L.R.M.E.

taken by L.R.M.E.

taken by L.R.M.E.

(dari kanan) Rifqi Diyaulhaq S.M., Nur Asiah, Hikmah Al Jannah,Nikmatun Aliyah Salsabila berada di stand BINUS University

Muhammad Iqbal Pratama berada di stand Robotik dariUniversitas Gunadarma

(dari kiri) Nikmatun Aliyah Salsabila, Hikmah Al Jannah, NurAsiah, Vareza Noorliqo, Rifqi Diyaulhaq S.M, Muhammad Iqbal P.

9

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Gambar 5.b. Hikmah Al Jannahmengoperasikan cara kerjadari aplikasi SOLAR. Aplikasi inihasil karya dari Universitas

Gunadarma

FOTO-FOTO

taken by L.R.M.E.

Stand Universitas Bina Nusantara