Beberapa Istilah Penting Kur 2013

13
PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPOACH) Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran.

Transcript of Beberapa Istilah Penting Kur 2013

PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPOACH)

Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

2

Observing(mengamati)

Questioning(menanya)

Associating(menalar)

Experimen-ting

(mencoba)

Networking(membentu

k Jejaring)

Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran

PENDEKATAN KONTEKSTUAL, PORTOFOLIO, KOLABORATIF, BELAJAR AKTIF, PENYELESAIAN MASALAH. MENGAMATI, MENANYA, EKSPERIMEN/EXPLORE, ASOSIASI, KOMUNIKASI

PAIKEM

Pembelajaran Aktif, Inspiratif/Interaktif /Inovatif, Kritis /Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.

KONTEKSTUAL

Contextual Teaching and Learning adalah Konsep pembelajaran yang membantu guru Mengaitkan antara materi yang diajarkannya dg situasi dunia nyata siswa (konteks pribadi, lingkungan fisik, sosial, kultural)

PORTOFOLIO DALAM DUNIA PENDIDIKAN

merupakan sekumpulan informasi pribadi yang merupakan catatan dan dokumentasi atas pencapaian prestasi seseorang dalam pendidikannya

COLLABORATIVE LEARNINGCollaborative learning atau pembelajaran kolaboratif adalah situasi dimana terdapat dua atau lebih orang belajar atau berusaha untuk belajar sesuatu secara bersama-sama.

PERBEDAAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN KONVENSIONAL

PEMBELAJARAN AKTIF

pengertian pembelajaran aktif suatu kegiatan pembelajaran dimana terdapat keterlibatan pelajar dalam melakukan kegiatan dan memikirkan apa yang sedang dilakukan (A.Y. Soegeng)

ALGORITMA

Algoritma adalah langkah – langkah logis tertentu untuk menyelesaikan suatu masalah.Guna algoritma adalah untuk  membantu  seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah berdasarkan pada pola pikirnya masing-masing.

PSEUDO-CODE

Pseudo- code   adalah   kode   atau   tanda   yang   menyerupai   (pseudo)   atau   merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah. berisikan   langkah- langkah   untuk   menyelesaikan   suatu   permasalahan

PENGERTIAN FLOWCHART

Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program yang menyatakan arah alur program tersebut