Virtual Host + SSL

of 47 /47
Keamanan sistem informasi Oleh : Marjuni Information System V E Tutorial virtual host dan ssl

Embed Size (px)

Transcript of Virtual Host + SSL

Pertama - tama

Keamanan sistem informasiOleh :MarjuniInformation SystemV E

Tutorial virtual host dan ssl

Pertama tama kita harus jalankan CMD melalui Run Administrator ... Jangan lupa juga anda aktifkan xampp seperti tampak pada gambar disamping .

Menjalankan CMD melalui Run Administrator

Adapun langkah - langkah pengerjaanya adalah sebagai berikut.Buka CMD, Lalu ketikan perintah

notepad %WINDIR%\System32\drivers\etc\hosts

Setelah anda menekan enter maka secara otomatis CMD akan membuka file hosts. lalu yang perlu kita lakukan adalah menambahkan 127.0.0.1 marjuni.com pada baris bagian bawah.Seperti tampak pada gambar dibawah ini :

Setelah selesai menambahkan 127.0.0.1 marjuni.com pada baris bagian bawah maka pilih file save.

setelah anda selesai menyimpan konfigurasi yang telah anda lakukan langkah selanjutnya adalah kita melakukan pengujian apakah berkash hosts tersebut telah berhasil ditambahkan atau belum, adapaun cara yang kita gunakan adalah dengan perintah ping marjuni.com pada CMD. Seperti tampak pada gambar dibawah :

Setelah berhasil membuat berkas hosts, maka yang selanjutnya akan kita lakukan adalah mensetting virtualhost. adapun langkah - langkah dalam penyetingan VirtualHost pada apache adalah sebagai berikut :

Tambahkan settingan pada berkas httpd.conf, biasanya berkas ini berada pada notepad C:\xampp\apache\conf\httpd.conf (jika Anda menginstal xampp di drive C)

Seting virtual host dengan apache (xampp)

Lalu tambahkan baris berikut di akhir:NameVirtualHost *:80

ServerAdmin [email protected] DocumentRoot "C:/xampp/htdocs" ServerName localhost ServerAlias localhost.localdomain ErrorLog "logs/localhost.error.log" CustomLog "logs/localhost.access.log" combined

Include "conf/sites-enabled/*.confJangan lupa save.

Seting virtual host dengan apache (xampp)

Selanjutnya buatlah sebuah folder sites-enabled pada direktori conf dengan perintah

mkdir C:\xampp\apache\conf\sites-enabled

Kemudian buat sebuah berkas di dalam folder sites-enabled tersebut notepad C:\xampp\apache\conf\sites-enabled\marjuni.com.conf

Kemudian akan muncul pesan peringatan dari notepad bahwa dia tidak bisa menemukan marjuni.com dan akan membuat file baru .

Seting virtual host dengan apache (xampp)

Kemudaian kita buat direktori vhosts untuk meletakan logs dan tempat penyimpanan website yang akan kita buat (public_html)

mkdir C:\xampp\vhostsmkdir C:\xampp\vhosts\marjuni.commkdir C:\xampp\vhosts\marjuni.com\logsmkdir C:\xampp\vhosts\marjuni.com\public_htmlSeting virtual host dengan apache (xampp)

Jangan lupa untuk menambahkan marjuni.com ke berkas host Anda,notepad C:\Windows\System32\drivers\etc\hostsKemudian Tambahkan 127.0.0.1 marjuni.com dan 127.0.0.1 marjuni.com

Seting virtual host dengan apache (xampp)

Sekarang, restart Apache Anda dengan menekan tombol Stop,

tunggu sebentar, lalu start. Kalau belum dijalankan, cukup di start saja.

Seting virtual host dengan apache (xampp)

Sekarang, seharusnya Apache Anda sudah memiliki setidaknya dua buah Document Root:yang pertama di "C:/xampp/htdocs" untuk http://localhost; yang kedua di "C:/xampp/vhosts/marjuni.com/public_html" jika ada yang mengakses https://marjuni.com

Setelah proses restart selesai, seharusnya kita sudah bisa menjalankan http://marjuni.com namun tampilanya masih akan seperti ini.

Seting virtual host dengan apache (xampp)

Tampilan seperti ini disebapkan karena kita belum mengisi file pada folder public_html yang telah kita buat.Seting virtual host dengan apache (xampp)

langkah terakhir kita tinggal mengisi folder public_html dengan website. disini contoh website yang saya tampilkan marjuni.com maka hasilnya akan seperti dibawah. Kita dapat masuk ke web dengan cara klik pada mozila blue skies tampak seperti pada gambar dibawah.

disini contoh website yang saya tampilkan setelah anda klik blue skies

Seting virtual host dengan apache (xampp)

Jika anda ingin link seperti website maka ikutilah langjkah berikut : Local Disc (C), xampp, conf, extra lalu pilih httpd-ssl.confmaka akan mucul notepad sama seperti pada gambar disamping.Tambahkan DocumenrootRoot seperti tampak pada gambar disamping dan juga gantilah server name contohnya marjuni.com:443jangan lupa anda save.

Seting virtual host dengan apache (xampp)

Masuklah anda ke mozilla lalu klik semisal milik saya https://marjuni.com lalu enter.

Seting virtual host dengan apache (xampp)

Maka tampilan dari https://marjuni.com akan seperti tampak seperti pada gambar dibawah tampa harus anda klik website yang anda masukan.

Mengganti sertifikat ssl

Mengganti sertifikat sslLalu buat folder baru dengan nama sslcert, untuk membuat direktori menggunakan CMD ketikan Perintah mkdir mkdir sslcert (enter)

Mengganti sertifikat ssl

Kemudian masuk kedalam folder sslcert dengan perintah cd \sslcert

Mengganti sertifikat ssl

Setelah berada pada folder sslcert, langkah selanjutnya adalah membuat 2 folder baru, yaitu folder certs dan private. ketikan perintah mkdir certs private (enter)

Mengganti sertifikat ssl

Sekarang buat sebuah berkas bernama serial, dan isi dengan 100001. Berkas serial ini nantinya digunakan untuk otomatis memberi nomor serial untuk setiap sertifikat yang dihasilkan.

ketikan perintah : echo 100001 >serial (enter)selanjutnya ketikan : copy con serial (enter) 100001 maka akan muncul pesan :ketik All (enter) lalu tekan ctrl + z (enter)

Mengganti sertifikat ssl

Kemudian Buat sebuah berkas baru, namanya certindex.txt untuk menampung daftar sertifikat yang telah kita tandatangani.

ketikan perintah notepad certindex.txt (enter)

Mengganti sertifikat ssl

Apabila muncul pesan peringatan seperti pada gambar dibawah ini maka klik Yes, peringatan tersebut muncul karna file certindex belum ada, dan notepad akan membuat file tersebut.

Mengganti sertifikat ssl

Sekarang buat konfigurasi OpenSSL kita, dengan perintah notepad openssl.cnf (enter)

Mengganti sertifikat ssl

apabila muncul pesan peringatan seperti pada gambar sebelumnya maka klik saja Yes.

Mengganti sertifikat ssl

lalu copy-paste baris baris berikut :

Membuat sertifikat cA

ketikan perintah berikut :C:\xampp\apache\bin\openssl.exe req -new -x509 -extensions v3_ca -keyout private\CAkey.pem -out CAcert.pem -days 3650 -config ./openssl.cnf (enter)

Membuat sertifikat cA

kemudian masukan password yang akan kita gunakan untuk sertifikat CA kita

Membuat sertifikat cA

setelah berhasil memasukan password, maka kita akan diminta untuk memasukan informasi yang di butuhkan pada sertifikat.

Membuat sertifikat LOCALHOST

ketikan perintah berikut ini

C:\xampp\apache\bin\openssl req -new -nodes -out localhost-req.pem -keyout private/localhost-key.pem -config ./openssl.cnf (enter)

Membuat sertifikat LOCALHOST

kemudian masukan informasi yang dibutuhkan oleh sertifikat

Organization Name (company) [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim]:Organizational Unit Name (department, division) []:IT DepartmentEmail Address []:[email protected] Name (city, district) [Pekanbaru]:State or Province Name (full name) [Riau]:Country Name (2 letter code) [ID]:Common Name (hostname.com, IP, or your name) []:localhost

MeNANDATANGANI sertifikat REQUEST

Adapaun perintah untuk mengsetting path agar memasukkan direktoriC:\xampp\apache\bin adalah :

set path=C:\xampp\apache\bin;%PATH% (enter)

MeNANDATANGANI sertifikat REQUEST

setelah selesai menyeting path untul ssl maka selanjutnya yang akan kita lakukan adalah menandatangani sertifikat request dari localhost-req.pem tadi, gunakan perintah:

openssl ca -out localhost.crt.pem -config ./openssl.cnf -infiles localhost-req.pem (enter)

MeNANDATANGANI sertifikat REQUEST

Setelah melewati tahap ini, Anda akan memiliki sebuah CRT, localhost.crt.pem yang dapat Anda letakkan ke server localhost Anda. Jangan lupa bahwa Apache juga membutuhkan private KEY untuk localhost ini

Meletakan crt dan key ke apache

Setelah Anda sukses membuat CRT dan KEY, sekarang Anda harus meletakkanya ke XAMPP. Jika XAMPP di install di drive C:, maka coba navigasi ke folder C:\xampp\apache\conf

Meletakan crt dan key ke apache

Letakkan CRT ke folder ssl.crt

Meletakan crt dan key ke apache

Dan KEY ke ssl.key

Meletakan crt dan key ke apache

Setelah itu, jangan lupa diganti konfigurasi Apache agar menggunakan sertifikat baru yang Anda buat.Konfigurasi yang harus diganti biasanya terletak di folder extra, cari berkas httpd-ssl.conf

Meletakan crt dan key ke apache

kemudian ganti dengan sertifikat yang baru :

Menginstall Sertifikat CA.

Buka Web Browser anda. (disini penulis menggunakan Mozila Firefox), kemudian pilih

Tools Option Advance Encryption View Certificates

Menginstall Sertifikat CA.

lalu installkan sertifikat yang telah kita buat kedalam web browser dengan cara mengimportkan sertifikat yang telah kita buat.

Menginstall Sertifikat CA.

untuk melihat detail dari sertifikat yang telah kita install maka kita tinggal menekan view.

Sekian dan terimakasihSemoga bermanfaat bagi anda