Tugas terstruktur (kkpi)

download Tugas  terstruktur (kkpi)

If you can't read please download the document

  • date post

    18-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    185
  • download

    9

Embed Size (px)

Transcript of Tugas terstruktur (kkpi)

TUGAS TERSTRUKTUR (KKPI)

TUGAS TERSTRUKTUR (KKPI)Oleh:Ika ArianaXII Ak 3(04)SMK Maarif NU 01 CilongokTahun Pelajaran 2013/2014

1 Sejarah Jaringan Komputer Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer tahun 1940 di Amerika Serikat yang digagas oleh proyek Model I dilaboratorium Bell dan grup riste Universitas Harvard di pimpin oleh Profesor Howard Aiken. Kemudian tahun 1950 berkembang komputer super komputer yang ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu Time Sharing System itu untuk pertama kalinya terbentuk jaringan komputer.

Tahun 1969 terbentuklah komputer yang jaringan organik yang dikenal istilah ARPANET tahun 1970 untuk pembahasan lanjutanya silahkan baca disini tentang Pengertian Internet karena pembahasan ini berhubungan sekali dengan jaringan komputer. Dan tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil menemukan Email untuk ARPANET dan kemudian berkembang pesat keluar Amerika Serikat. Komputer paling pertama sekali di luar amerika yaitu University College Di london yang menjadi anggota ARPANET tahun 1973. Pada tanggal 26 maret 1976 Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals And Radar Establishment di Malvern dan setahun kemudian telah terhubung seratus komputer yang tergabung dengan ARPANET yang membentuk jaringan atau network Tom Truscoot, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan grup baru diberi nama USENET atau user network tahun 1979. Tahun 1981 France Telekom meluncurkan telepon televisi pertama yang mana orang-orang bisa saling nelpon berhubungan dengan video link. Tahun 1982 dibentuk sebuah transimisi control protokol atau lebih di kenal dengan internet protocol TCP/IP hingga saat ini. dengan jaringan serupa maka muncul di eropa dengan istilah EUNET atau Europe Network yang meliputi wilayah inggris, belanda dan denmark serta swedia. EUNET menyediakan jasa surat elektronik dan news grup USENET.

menyeragamkan jaringan tersebut maka tahun 1984 diperkenalkan sistem penanaman domain dikenal dengan istilah DNS sehingga komputer terhubung lebih dari seribu komputer.dan pada tahun 1984 sepuluh kali lipat peningkatannya dari9 seribu komputer yang terhubung sebelumnya sehingga jaringan komputer terus berkembang hingga tahuj 1988, jarkko Oikarinen bangsa finlandia menemukan dan memperkenalkan Internet Relay chat dengan istilah IRC yang bisa saling berkomunikasi antara komputer satu dengan komputer lainnya yang digunakan oleh user komputer itu sendiri.

tahun 1990 tim Barner Lee merancang sebuah program penyunting dan penjelajah komputer satu dengan yang lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan, program inilah yang disebut dengan istilah Word Wide Web. Sehingga tahun 1992 lebih dari satu juta komputer terhubung setelah munculnya WWW tersebut. Tahun 1994 muncul situs-situs internet menjadi tiga ribu alamat halaman website untuk layanan perbelanjaan secara online di internet.

Baik sahabat itulah sejarah jaringan komputer, yang mana komputer sering kita g unakan pada saat sekarang ini dan sekarang bukan hanya komputer saja yang bisa melayani akses internet bahkan banyak gadget dan seluler yang bermunculan seperti IPAD, ANDROID dan SELULAR lainnya. Semoga dengan sejarah ini kita bisa berfikir positif untuk terus mengembangkan dan mempelajari Ilmu Komputer dan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Informasi ini dan mari pergunakan sebaik dan sepositif mungkin jangan salah gunakan teknologi ini yang bisa membuat kehancuran moral dan budaya tapi mari kita filter mana yang baik dan mana yang buruknya. Terimakasih telah berkunjung dihalaman blog Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini dan jangan lupa like fanspage facebook dan tinggalkan komentarnya ya sahabat jiak sahabat punya akun google.

1 .PENGERTIAN TOPOLOGI STAR : Pada Topologi Star, masing-masing Workstation dihubungkan secara langsung ke Server atau Hub/Swich.Hub/Swich menerima sinyal-sinyal dari komputer dan meneruskannya ke semya komputer yang terhubung dengan Hub/Swich tersebut. Jaringan dengan Topologi ini lebih mahal dan cukup sulit pemasangannya . Setiap komputer mempunyai kabel sendiri-sendiri sehingga lebih mudah dalam biasanya menggunakan Kabel UTP CAT5mencari kesalahan pada jaringan. Kabel yang digunakan

keuntungan topologi star :Paling fleksibelPemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lainKontrol terpusatKemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakanKemudahaan pengelolaan jaringan kerugian topologi star :Boros kabelPerlu penanganan khususKontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis 2.PENGERTIAN TOPOLOGI BUS: Pada Topologi ini digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel Pusat dimana seluruh Workstation dan Server dihubungkan. Merupakan Topologi fisik yang mengunakan Kabel Coaxial dengan mengunakan T-Connector dengan terminal 50 omh pada ujung Jaringan. 21 Topologi Bus mengunakan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup dimana sepanjang kabel terdapat node-node

keuntungan topologi bus :Hemat kabeLayout kabel sederhanaMudah dikembangkan

kerugian topologi bus :Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecilKepadatan lalu lintasBila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsiDiperlukan repeater untuk jarak jauh

3. PENGERTIAN TOPOLOGI RING : Topologi Di dalam Topologi Ring semua Workstation dan Server dihubungakn sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap Workstation atau Server akan menerima dan melewatkan Informasi dari satu komputer ke komputer yang lainnya, bila alamat-alamat yang di maksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan di lewatkan.

keuntungan dan kerugian topologi ring : Keuntungan : Hemat Kabel Kerugian : Peka kesalahan Pengembangan jaringan lebih kaku4. PENGERTIAN TOPOLOGI HIRARKI : Berbentuk seperti pohon bercabang yang terditi dari komputer induk (host) yang diswitchungkan dengan simpul atau node lain secara berjenjang, jenjang yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengetur kerja jenjang dibawahnya, biasanya topologi ini digunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besar yang mempunyai beberapa cabang daerah, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya. biasanya topologi ini digunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besar yang mempunyai beberapa cabang daerah, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya.

31

kelebihan topologi hirarki :Data terpusat secara hirarki sehingga manajeman data lebih baik dan mudah terkontrol; Mudah dikembangkan menjadi jaringan yang lebih luas;

kekurangan topologi hirarki : Komputer di bawahnya tidak dapat dioprasikanapabila kabel pada komputer tingkat atasnya terputus; Dapat terjadi tabrakan file (collision)

5. PENGERTIAN TOPOLOGI MESH : Jaringan dengan Topologi Mesh mempunyai jalur ganda dari setiap peralatan di jaringan komputer. Semakin banyak komputer yang terhubung semakin sulit untuk pemasangan kabelnya. Karena itu, Topologi Mesh yang murni, yaitu setiap peralatan dihubungkan satu dengan yang lainya.

36 kelebihan topologi mesh :Jika ingin mengirimkan data ke komputer tujuan, tidak membutuhkan komputer lain (langsung sampai ke tujuan)Memiliki sifat robust, yaitu : jika komputer A mengalami gangguan koneksi dengan komputer B, maka koneksi komputer A dengan komputer lain tetap baikLebih amanMemudahkan proses identifikasi kesalahan kekurangan topologi mesh :Membutuhkan banyak kabelInstalasi & konfigurasi sulitPerlunya space yang memungkinkan

6. pengertian topologi tree : Topologi Tree merupakan kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung (backbone) yang mempunyai topologi bus.

Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung (backbone) yang mempunyai topologi bus.

Kelebihan topologi tree :Memungkinkan untuk memiliki jaringan point to pointMengatasi keterbatasan pada topologi star, yang memiliki keterbatasan pada titik koneksi hub.

Topologi tree membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang lebih mudah diaturTopologi tree ini memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.

Kekurangan topologi tree : Karena bercabang maka diperlukan cara untuk menunjukkan kemana data dikirim, atau kepada siapa transmisi data ditujukan.Perlu suatu mekanisme untuk mengatur transmisi dari terminal terminal dalam jaringan.Kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya, termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan.HUB menjadi elemen kritis.

7. pengertian topologi ring (cincin) : Di dalam Topologi Ring semua Workstation dan Server dihubungakn sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap Workstation atau Server akan menerima dan melewatkan Informasi dari satu komputer ke komputer yang lainnya, bila alamat-alamat yang di maksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan di lewatkan.

keuntungan & kerugian topologi ring : Keuntungan :Hemat Kabel Kerugian :Peka kesalahanPengembangan jaringan lebih kaku

.

8. pengertian topologi peer to peer : Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer).

Kelebihan topo