Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

15
Manajemen dan Manajer Pengertian Manajemen Masalah definisi dari manajemen memang merupakan masalah yang sulit. Dan sampai sekarang tidak ada persetujuan universal tentang definisi manajemen. Manajemen selalu berhubungan dengan sebuah organisasi. Yaitu sekumpulan orang yang bekerjasama disetiap bidangnya untuk mencapai satu tujuan. Sehingga bisa dibuatkan sebuah urut- urutan untuk mengartikan arti dari manajemen. FEB_AKUNTANSI

Transcript of Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

Page 1: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

Manajemen dan Manajer

Pengertian ManajemenMasalah definisi dari manajemen memang merupakan masalah yang sulit. Dan sampai sekarang tidak ada persetujuan universal tentang definisi manajemen. Manajemen selalu berhubungan dengan sebuah organisasi. Yaitu sekumpulan orang yang bekerjasama disetiap bidangnya untuk mencapai satu tujuan. Sehingga bisa dibuatkan sebuah urut-urutan untuk mengartikan arti dari manajemen.

FEB_AKUNTANSI

Page 2: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

•Menurut T. Hani Handoko mendefinisikan: Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah di tetapkan. (1997:8).

FEB_AKUNTANSI

Page 3: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

•Menurut George R. Terry mendefinisikan:Manajemen adalah merupakan proses yang terdiri dari tindakan-tindakan, perencanaan, pengorganisasian, menggerakan dan pengawasan, yang di lakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah di tetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber yang lain. (1986:4)

FEB_AKUNTANSI

Page 4: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

•Menurut M. Manullang mendefinisikan:Manajemen adalah seni ilmu pengetahuan, pengorganisasian, penyusunan, pengolahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan (2002:5).

FEB_AKUNTANSI

Page 5: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

FEB_AKUNTANSI

•Menurut Ngalin Purwanto mendefinisikan:Manajemen merupakan proses kegiatan yang mempunyai tujuan tertentu dan pelaksanaannya perlu adanya pengawasan dan pengarahan yang baik. (1993:6).

Dari definisi diatas penulis simpulkan bahwa Manajemen adalah proses yang berupa tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, menggerakan dan pengawasan serta pemanfaatan sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu.

Page 6: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

FEB_AKUNTANSI

Pengertian ManajerSecara umum manajer berarti setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya. Seperi halnya manajemen dapat diketemukan disemua organisasi, manajer juga ada disetiap organisasi.

Page 7: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

FEB_AKUNTANSI

• Manajer lini (lower management)Tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional.Dalam perusahaan manajer ini biasa disebut :Kepala atau Pimpinan (leader), mandor (foreman), dan penyelia (supervisors).

Page 8: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

FEB_AKUNTANSI

• Manajer menengah (middle management)Manajer menengah ini membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lini lainnya dan kadang-kadang juga membawahi karyawan operasional. Dalam perusahaan manajer ini biasa disebut :Manajer Departemen atau Kepala Pengawas (Superintendent).

Page 9: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

FEB_AKUNTANSI

• Manajer puncak (top management)Manajer puncak bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi.Dalam perusahaan manajer ini biasa disebut :Direktur, Presiden, Kepala Divisi, dan lain sebagainya.

Page 10: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

FEB_AKUNTANSI

Jika kita bedakan kembali manajer menurut untuk mana mereka bertanggung jawab, menurut T. Hani Handoko (1997:17), yaitu manajer umum dan manajer fungsional.Manajer umum mempunyai tugas mengatur, mengawasi dan bertanggung jawab atas satuan kerja keseluruhan atau divisi operasi yang mencakup semua atau beberapa kegiatan-kegiatan fungsional satuan kerja (T. Hani Handoko (1997:20)).Sedangkan manajer fungsional mempunyai tanggungjawab hanya atas satu kegiatan organisasi, seperti produksi, pemasaran, keuangan, kepegawaian (personalia) atau akuntansi. (T. Hani Handoko (1997:29)).

Page 11: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

FEB_AKUNTANSI

EVOLUSI PEMIKIRAN MANAJEMENEvolusi yang berasal kata dari bahasa Inggris yaitu Evolution yang berarti Perkembangan atau perubahan pelan. Menurut T. Hani Handoko (1997:40), ada tiga aliran pemikiran manajemen yang ada: aliran klasik (dibagi dua yaitu manajemen ilmiah dan teori organisasi klasik), aliran hubungan manusiawi dan aliran manajemen modern.Untuk lebih jelasnya tentang perkembangan pemikiran manajemen dari waktu-kewaktu dan nama tokoh atau kontributornya bisa dilihat pada data dibawah ini (menurut T. Hani Handoko (1997:41)):

Page 12: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

FEB_AKUNTANSI

•Periode 1870 – 1930’ Manajemen IlmiahNama Kontributor : Frederick W. Taylor, Frank dan Lilian Gilberth, Henry Gantt, Harington Emerson.

•Periode 1900 – 1940’ Teori Organisasi KlasikNama Kontributor : Henri Fayol, Jame D. Mooney, Mary Parker Follett, Herbert Simon, Chester I. Banard.

•Periode 1930 – 1940’ Hubungan ManusiawiNama Kontributor : Hawthorne Studies, Elton Mayo, Fritz Roethlisberger, Hugo Munsterberg.

Page 13: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

FEB_AKUNTANSI

•Periode 1940 – Sekarang Manajemen ModernNama Kontributor : Abraham Maslow Crish Argyris, Dougles McGregor, Edgar Schien, David McCleland, Robert Blake & Jane Mouton dan lain sebagainya.

Page 14: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

FEB_AKUNTANSI

Menurut T. Hani Handoko (1997:59), ada lima arah perkembangan pemikiran teori manajemen di masa mendatang, yaitu:•Dominan, Salah satu dari aliran utama yang muncul sebagai yang paling berguna.•Divergence, Setiap aliran berkembang melalui jalurnya sendiri-sendiri.•Convergence, Aliran-aliran dapat menjadi sepaham dengan batasan-batasan diantara mereka cenderung kabur

Page 15: Tugas 3 PAK (Desain Template Ms. Power Point 2007)

FEB_AKUNTANSI

•Sintesa, Masing-masng aliran berintegrasi (bergabung atau penggabungan)•Proliferation, Akhirnya ada kemungkinan muncul lebih banyak aliran lagi.