Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

36
MUSYAWARAH Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya. (QS 3:159, Ali ‘Imran) JENIS DAN FORUM MUSYAWARAH Musyawarah merupakan aktivitas bertukar pikiran untuk membahas atau merundingkan suatu masalah. Agar dapat bertukar pikiran dengan baik diperlukan dua orang atau lebih yang berpartisipasi dalam forum. Masing-masing berargumentasi dengan alasan yang logis dan dapat diterima mitra bicaranya. Bermusyawarah atau berdiskusi sudah biasa dilakukan umat Islam. Ada beberapa jenis forum musyawarah yang telah kita kenal, di antaranya: Kongres, Konferensi, Musyawarah, Rapat, Meeting, Sidang, Seminar, Lokakarya, Diskusi Panel, Dialog, Debat dan lain sebagainya. Dalam aktivitas

Transcript of Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

Page 1: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

MUSYAWARAH

  

 

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka.

Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.

Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. 

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.  

(QS 3:159, Ali ‘Imran)  

JENIS DAN FORUM MUSYAWARAH

 

    Musyawarah merupakan aktivitas bertukar pikiran untuk membahas atau merundingkan suatu masalah. Agar dapat bertukar pikiran dengan baik diperlukan dua orang atau lebih yang berpartisipasi dalam forum. Masing-masing berargumentasi dengan alasan yang logis dan dapat diterima mitra bicaranya.

    Bermusyawarah  atau berdiskusi sudah biasa dilakukan umat Islam. Ada beberapa jenis forum musyawarah yang telah kita kenal, di antaranya: Kongres, Konferensi, Musyawarah, Rapat, Meeting, Sidang, Seminar, Lokakarya, Diskusi Panel, Dialog, Debat dan lain sebagainya. Dalam aktivitas organisasi Remaja Masjid, musyawarah sering dilaksanakan dalam acara Musyawarah Anggota, Rapat Pengurus, Rapat Panitia, Kajian dan lain sebagainya. Forum musyawarah dapat dilakukan secara:

1. Formal (resmi). Musyawarah dalam forum resmi dengan aturan yang sudah tertentu, misalnya: Rapat, Sidang, Kongres dan lain sebagainya.

Page 2: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

2. Non-Formal (tidak resmi). Musyawarah di luar forum resmi dengan aturan yang kurang/tidak jelas, misalnya: obrolan, silaturrahmi, lobbying dan lain sebagainya.

MANFAAT MUSYAWARAH

 

    Dengan bermusyawarah, insya Allah, kita akan memperoleh banyak manfaat di antaranya adalah:

1. Menambah wawasan dan memberi penerangan.

2. Dapat meluruskan kekeliruan, kesalahfahaman maupun khilafiyah.

3. Dapat mengambil keputusan dengan pertimbangan yang luas, logis dan benar.

4. Meningkatkan taqwa, silaturrahmi dan rasa ukhuwah islamiyah.

5. Menyatukan ide, semangat dan pandangan.

6. Melakukan koordinasi dan konsolidasi organisasi.

7. Dan lain sebagainya.

TEKNIK MUSYAWARAH

 

    Dalam menyelenggarakan musyawarah formal di lingkungan organisasi Remaja Masjid perlu mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut: 

1. Persiapan.

    Untuk memperlancar jalannya musyawarah diperlukan langkah-langkah persiapan yang meliputi: 

a. Undangan.

Page 3: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

    Dibuat undangan yang jelas, terutama menyangkut hari, tanggal, waktu, tempat dan acaranya. Ditentukan siapa saja yang akan diundang dan persiapan yang harus mereka lakukan. Misalnya, Rapat Umum Pengurus Remaja Masjid. Dalam undangan dicantumkan acara rapat tersebut, insya Allah, akan dilaksanakan pada:

Hari / Tanggal : Ahad /  05 Dzulqa’idah 1427 H

          26 November    2006 M

Waktu  : Jam 09.00 s/d selesai.

Tempat : Masjid Al Kautsar, Jl. Mangga Besar No. 1, Madani.

Acara  : Laporan kemajuan kegiatan.

    Yang perlu dundang adalah:

1. Seluruh Pengurus Remaja Masjid.

2. Pengurus Ta’mir Masjid Bidang Pembinaan Remaja Masjid.

    Perlu ditentukan pimpinan rapat dan notulisnya. Biasanya pimpinan rapat adalah Ketua Umum Remaja Masjid dan pembawa acara merangkap notulis adalah Sekretaris Umum.

    Contoh lain, misalnya Diskusi Panel. Perlu diundang beberapa orang sebagai berikut:

1. Panelis. Pembicara yang menyampaikan prasaran maupun yang menyanggah.

2. Moderator. Pemandu acara yang mengatur lalu lintas pembicaraan agar diskusi berlangsung dengan menarik.

3. Notulis. Pencatat hasil-hasil diskusi yang merekam dan merangkum pembicaraan agar kesimpulan diskusi lebih terarah.

4. Peserta. Hadirin diskusi yang mendengarkan, bertanya, memberi pendapat, menyanggah dan mendebat para panelis.

 

Page 4: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

b. Agenda Acara.

    Agar acara musyawarah dapat berjalan dengan lancar, perlu disusun agenda acara yang memuat daftar urutan acara pembicaraan. Salinan agenda tersebut dibagikan kepada peserta atau tertera dalam surat undangan. Misalnya dalam Rapat Umum Pengurus Remaja Masjid di atas, dalam agenda acara disebutkan:

1. Pembukaan.

2. Pembacaan kalam Ilahi.

3. Sambutan ketua Umum.

4. Laporan Masing-masing Ketua Bidang, Sekretaris Umum dan Bendahara Umum.

5. Rencana kegiatan masing-masing bidang.

6. Penyusunan Time Schedule pelaksanaan kegiatan.

7. Penutup.

 

c. Ruangan.

    Ruangan yang dipergunakan untuk bermusyawarah tergantung dari jumlah undangan. Semakin banyak undangan diperlukan ruangan yang semakin besar demikian pula sebaliknya.  Misalnya digunakan Ruang Rapat, Ruang Serba Guna, Ruang Shalat, Ruang Pengajian dan lain sebagainya. Pengaturan tempat duduk sangat dipengaruhi oleh luas ruangan, jumlah dan macam hadirin, jenis musyawarah dan seberapa jauh partisipasi peserta diharapkan. Adapun gaya-gaya pengaturan tempat duduk dalam ruang musyawarah dapat dipilih salah satu di bawah ini:

1. Gaya  Auditorium. Untuk peserta banyak dan mereka tidak perlu menulis.

2. Gaya Kelas. Untuk peserta terbatas, suasana formal dan perlu menulis. Partisipasi peserta dalam bentuk tanya jawab dan saling berargumentasi sangat diharapkan.

Page 5: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

3. Gaya Informal. Untuk peserta sedikit dan diperlukan partisipasi besar.

4. Gaya Tapal Kuda. Untuk peserta sedang, ada argumentasi secara terbuka dan kontak peserta secara berhadap-hadapan, suasana cukup informal dan perlu menulis. Modifikasi dalam gaya tapal kuda dapat dibuat  gaya melingkar atau gaya persegi.

5. Gaya Kelompok Kecil. Untuk peserta yang cukup banyak dengan disertai diskusi dalam kelompok kecil/terbatas. Modifikasi gaya ini bisa dibuat gaya tulang ikan.

 

1

2

3

        

5

4

    

Page 6: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

    

d. Materi.

    Materi atau bahan-bahan musyawarah disusun, diperbanyak dan dibagikan kepada para peserta yang hadir. Bilamana perlu dibagikan kepada undangan lebih awal sebelum hari pelaksanaan agar dapat dipelajari, dipahami dan dipersiapkan bahan-bahan yang akan dibicarakan.

    Kepada undangan tertentu perlu ditekankan untuk mempersiapkan materinya. Misalnya untuk Rapat Pengurus Remaja Masjid di atas, perlu ditekankan kepada para Ketua Bidang, Sekretaris Umum dan Bendahara Umum untuk mempersiapkan laporan dan perencanaan kegiatannya. 

e. Peralatan.

    Sebagai penunjang acara musyawarah, peralatan perlu dipersiapkan dengan baik, di antaranya: meja, kursi, papan nama, tanda peserta, sound system, white board, flip chart, OHP, notebook, LCD projector, screen, alat-alat tulis dan lain sebagainya. 

f. Waktu.

    Meskipun waktu musyawarah telah direncanakan dalam undangan, namun dalam pelaksanaannya perencanaan waktu sangat diperlukan. Dituntut pengaturan waktu yang tepat agar materi dan permasalahan dapat diselesaikan dengan baik. Demikian pula dalam disiplin waktu perlu dibudayakan menghindari jam karet, yaitu penundaan atau pengunduran dari waktu yang telah ditentukan dalam acara. Karena itu saat mulai dan selesai sebaiknya sesuai dengan jadwal waktu. 

2. Pelaksanaan.

    Dalam melaksanakan musyawarah perlu diperhatikan prosesi sebagai berikut: 

a. Pembukaan.

Page 7: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

    Untuk Rapat Pengurus Remaja Masjid seperti contoh di atas, pembukaan dapat dilakukan dengan salam pembukaan, membaca basmalah secara bersama-sama, selanjutnya pembacaan beberapa ayat Al Quraan dan diikuti dengan sambutan Ketua Umum. Untuk musyawarah dalam bentuk lain, misalnya Konferensi, dapat berupa upacara / seremonial pembukaan yang merupakan acara tersendiri.

b. Isi pembicaraan.

    Merupakan inti dari musyawarah. Untuk Rapat Pengurus Remaja Masjid, apa yang telah disusun dalam Agenda Acara dilaksanakan satu per satu, diikuti dengan pembahasan dan pengambilan keputusan. Untuk Diskusi Panel, mula-mula pembicara dipersilahkan, kemudian pembahas dan selanjutnya peserta lain yang hadir dalam acara tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam musyawarah:

a. Pengenalan (ta’aruf ) peserta.

b. Materi musyawarah disampaikan dan dibahas secara sistimatis, jelas dan efisien. Bilamana perlu dapat menggunakan alat bantu.

c. Pembahasan dilakukan dengan logis, argumentatif, mengarah pada pengambilan keputusan dan menjaga etika pembicaraan yang baik.

d. Lalu lintas pembicaraan diatur oleh pimpinan musyawarah, sehingga komunikasi bisa lebih terarah.

e. Para peserta diberi kesempatan untuk berbicara, menyampaikan pendapat, bertanya maupun menerangkan secara adil dan bijaksana.

f. Hal-hal yang dibahas dalam musyawarah dicatat untuk disimpulkan. Bilamana perlu dipublikasikan dalam bentuk notulen atau minutes of meeting.

 

c. Penutup.

    Untuk Rapat Pengurus Remaja Masjid seperti contoh di atas, dapat ditutup dengan membaca do’a kafaratul majelis lalu diikuti dengan mengucapkan hamdalah secara bersama-sama. Selanjutnya disampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi hadirin dan permohonan ma’af bilamana terjadi kekhilafan serta diakhiri dengan salam penutup. Untuk musyawarah dalam bentuk lain, misalnya Konferensi, dilakukan upacara / seremonial yang merupakan acara penutupan tersendiri. 

Page 8: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

ADAB BERMUSYAWARAH

 

    Menurut Hanifullah (Majalah Hidayatullah, 1421 H) ada beberapa adab (etika) bermusyawarah, yang mungkin patut kita perhatikan, yaitu antara lain:

a. Niat ikhlas.

b. Mulai dari kanan.

c. Kendalikan lesan.

d. Jangan berfatwa tanpa ilmu.

e. Jangan mendominasi.

f. Rendah hati.

g. Tidak (selalu) suara terbanyak.

h. Hindari permusuhan.

i. Bukan pembantaian.

j. Memahami perbedaan.

k. Tutup dengan istighfar.

PENUTUP

 

Page 9: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

    Bermusyawarah merupakan akitivitas yang biasa dilakukan umat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Setiap muslim berkomunikasi satu sama lain, berbicara, berunding dan bertukar pikiran untuk menyesuaikan persepsi masing-masing. Namun, untuk bermusyawarah secara tersetruktur dalam forum-forum formal diperlukan pemahaman tentang teknik bermusyawarah, agar pembicaraan yang dilakukan berlangsung dengan baik dan terarah pada tujuannya.

    Inti permasalahan musyawarah adalah bagaimana kita melakukan kebiasaan ini dalam forum resmi yang dihadiri orang banyak dan berargumentasi secara logis serta dapat mengambil keputusan secara cermat. Agar kita dapat bermusyawarah dengan mitra bicara secara baik, sistimatis, efektif dan efisien, maka kita perlu berlatih dengan baik secara terus menerus.

    Bagi organisasi Remaja Masjid, kemampuan bermusyawarah para aktivisnya adalah merupakan keharusan, karena setiap anggota -apalagi Pengurus- dituntut untuk dapat menyampaikan gagasan, bertukar pikiran, beradu argumen, memimpin forum,  mengambil alternatif keputusan dan lain sebagainya. Dengan aktif berorganisasi maupun berlatih secara benar dan terus menerus, insya Allah, kemampuan itu akan menyatu dalam diri kita.

     LATIHAN 

    Setelah mempelajari teknik bermusyawarah, marilah kita berlatih.  Sebagai latihan, coba anda buat dua buah forum, yaitu: Rapat Pengurus Remaja Masjid dan Diskusi Panel. 

1. Untuk Rapat Pengurus Remaja Masjid.

a. Tentukan Acara: “Laporan kemajuan kegiatan”.

b. Pilih: Ketua Umum sebagai pimpinan rapat, notulis merangkap sekretaris dan peserta.

c. Buat agenda acara rapat.

d. Aturlah susunan meja dan kursi sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan.

 

2. Untuk Diskusi panel.

Page 10: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

a. Tentukan tema “Mencari Alternatif Aktivitas Remaja Masjid”.

b. Pilih: moderator, pemrasaran, pembahas, notulis dan peserta.

c. Aturlah susunan meja dan kursi sedemikian rupa sesuai denan kebutuhan.

 

SELAMAT BERLATIH !!!

COLLEGE CREDIT PROGRAM PROPOSAL FOR CHICKAMAUGA BATTLEFIELD STAFF RIDEBy

‘Your Name’

Prepared for LEAD 499, ORGANIZATIONAL LEADERSHIP IN A STRESSFUL ENVIRONMENTInstructor: Mr. Bob GreeneUniversity of Colorado at Colorado SpringsJuly 18, 2005

INTRODUCTION OF THE PROPOSAL TO THE AUDIENCE (your principal. SAI or DAI)

STUDENT REQUIREMENTS

THE RESEARCH PHASE

THE WRITING PHASE

Page 11: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

THE BATTLEFIELD BRIEFING STAGE

THE POST-TRIP AAR(Paper & 2nd Presentation) PHASE

LOGISTICAL SUPPORT REQUIREMENTS

CONCLUSION. MEDIA PERTAMINA

Edition No. 46/XL, 15 November 2004    Berita TIM MX MOTORCROSS ENDURO 4T BERJAYA DI CINA

Dua crosser andalan Indonesia yang bernaung di bawah Tim MX Motorcross Enduro 4T yakni, Aep Dadang Supriatna dan Iwan Hermawan berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan saat tampil dalam Final Motorcross FIM Asia di Macau, Cina (31/10). Aep berhasil meraih runner up di kelas Special Engine (SE) 125 cc, sedangkan Iwan juga berhasil meraih runner up di kelas junior 85 cc. Dengan prestasi tersebut Tim MX Motorcross Enduro 4T membuktikan bahwa tim-tim motorsport Pelumas Pertamina tidak hanya mampu menguasai ajang motorsport tingkat nasional, tapi mampu berprestasi ditingkat internasional. Prestasi yang diraih oleh Tim Enduro 4T sekaligus membuktikan kepada publik pecinta olahraga otomotif bahwa produk Pelumas Pertamina ini teruji dan dibuktikan oleh para juara. Kedatangan tim dari Macau disambut langsung oleh Manajer Pemasaran Otomotif Pelumas Donny J. Subakti di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta. Penyambutan tersebut menunjukkan kekompakan tim dengan jajaran manajemen Pelumas Pertamina, sehingga mampu bahu membahu meraih prestasi yang membanggakan baik bagi Pertamina khususnya maupun bagi bangsa Indonesia. TANPA GLADI   RESIK

Kita pasti pernah dengar kata-kata “hidup itu penuh dengan sandiwara”. Setiap kita punya peran masing-masing dari cerita kita. Setiap kita akan menjadi actor utama dan actor pendukung, tergantung cerita itu dilihat dari sisi mana. Untuk cerita diri sendiri, kita akan menjadi actor utama, namun jika kita melihat diri kita dari cerita orang laing, kita sebagai actor pendukung.

Page 12: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

Sama halnya ketika kita melihat kepada produksi sebuah film. Para pemain film harus dapat memerankan peranan yang telah dipercayakan untuknya. Peranan yang dipercayakan oleh sutradara itu sedikit banyaknya akan berubah-ubah dipengaruhi oleh situasi. Seperti reaksi kita yang berubah-ubah dari hari kehari yang dipengaruhi oleh keadaan yang ada di sekitar kita.

Semua pemain perlu bimbingan sutradara sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap produksi film. Begitu juga manusia dalam sandiwara kehidupan ini, manusia selalu membutuhkan bimbingan dari tuhan agar mendapat kebenaran dari segala yang dia kerjakan. Agar manusia bisa memerankan peranannya dengan baik.

Namun dalam sandiwara kehidupan ini, tidak dibedakan antara pemain professional dengan pemain amatir. Keduanya akan sama-sama mempunyai kesalahan dan sama-sama membutuhkan bimbingan dari tuhan. Juga tak dapat dipungkiri, dalam peranan masing-masing tetap akan ada bimbingan yang lebih dan dan bimbingan biasa saja dari sutradara. Itu tergantung pemain yang memegang peranannya masing-masing. Makanya sering disebut, manusia itu tak ada yang tanpa dosa (manusia tak luput dari dosa). Tapi dalam sandiwara kehidupan ini, terlalu sering seseorang itu menganggap dirinya pemain professional. Selalu ingin menonjolkan dirinya dan memberikan sesuatu yang sempurna. Namun ingatlah, tak seorang pun dapat tampil sempurna dalam setiap detik yang dia tampilkan. Tak ada gladi resik atau latihan, tapi untuk menjadi sempurnya sutradara kehidupan akan senantiasa membimbingmu.

Page 13: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

Pendahuluan

Opening Ceremonial

Event Motorcross

“Penganugrahan Atlet Terbaik”

Urutan acara (Eselonisasi) dari Persiapan Gladi resik

Kegiatan Waktu Tempat Penanggung Jawab Uraian

Persiapan Logistik (perlengkapan balap

motor:bendera, peta jalan)

Tata Tempat

Tata Penghormatan (dari penyambutan kedatangan

hingga kepulangan Tamu Undangan )

Personal kontak (merekomendasikan

waktu pada pengisi acara)

Page 14: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

Publik Speaking/MC (pengisi acara)

Page 15: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

Home>>Olah Raga JUARA NASIONAL MOTOCROSS DENNY ORLANDO; Terlalu Tangguh di Trial Game II 24/05/2009 06:13:40 USAI sukses merajai kejuaraan Djarum 76 Trial Game seri I-2009 di Purbalingga Sabtu (7/3) lalu, juara nasional motocross 2007-2008 Denny Orlando dari Solo, kembali membuktikan dirinya sebagai crosser perkasa di tanah air.Dalam kejuaraan Djarum Trial Game seri II-2009 yang hampir mirip motocross hanya setiap startnya masing-masing dilepas dua pembalap, crosser langganan start 1 di kejurnas motocross sukses memboyong 3 gelar juara dan 1 juara III. Sehingga, pembalap yang membela tim Orlando Riding Fo-   rum dengan motor Suzuki, mendapat sambutan hangat dari penonton sebagai bintang lapangan di sirkuit lapangan Demangan Madiun, Sabtu (16/5) malam.Selain meraih gelar juara kelas bergengsi Free For All, Denny Orlando juga merebut juara kelas ATV Open, juara Campuran Open dan juara III kelas Mini Moto. Sukses Denny di seri II itu, hampir sama dengan seri I ketika ia juga meraih 4 gelar, yaitu juara kelas Free For All (FFA), juara kelas Campuran Open, juara kelas Mini Moto dan juara V kelas ATV Open.Meski Denny difavoritkan bakal mendominasi kejuaraan, tapi harus berjuang keras menghadapi pembalap-pembalap dari berbagai kota, termasuk Saiful Huda dari Madiun yang juara kelas Mini Moto.Sedang mantan rekan pembalap Denny Orlando, yaitu Andy Suryanto dari Yogyakarta yang juga ikut kejuaraan itu, juga berhasil meraih tiga gelar, meski bukan juara pertama. Andi Suryanto yang juga pakai motor Suzuki, selain juara III kelas ATP Open, juga juara IV Free For All dan juara V Mini Moto.Ketika dihubungi sehabis juara, Denny Orlando mengatakan keikutsertaannya dalam kejuaraan Trial Game ini ingin ikut mengangkat supaya kejuaraan ini bisa lebih berbobot dan tambah dikenal masyarakat. Ia berharap, untuk seri lain bisa ikut lagi, asal waktunya tak bersamaan dengan kejurnas motocross dan kejurnas supercross 2009, yang masing-masing dijadwalkan 5 seri. (Dwn)-c  Senin, 26 Januari 2009 , 09:09:00Sirkuit Motocross Berdiri

Page 16: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

BALIKPAPAN – Satu lagi organisasi otomotif di Balikpapan berdiri. Kali ini wadah yang menjembatani sekaligus untuk mencetak crosser andal, adalah Balikpapan Motocross Club (BMC). Peresmian berdirinya BMC dilakukan langsung oleh Wakil Wali Kota Balikpapan H Rizal Effendi SE.

Selain peresmian pengurus BMC, Wawali Rizal juga menandatangani prasasti resminya Balikpapan Motocross Sirkuit di Jl Syarifuddin Yoes seluas kurang lebih 1 hektare yang menjadi tempat latihan meraung-raungnya crosser BMC.

Dalam peresmian berdirinya pengurus BMC dan Balikpapan Motocross Sirkuit yang strategis mengundang penonton, karena tepat di pinggir Jl Syarifuddin Yoes dihadiri Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Drs Didit Kuswadi, Kabid Binkum Polda Kaltim Kombes Pol Drs Putu Gde Suastana SH, Dandim 0905/Balikpapan Letkol Inf Rifki, Kapolresta Balikpapan AKBP Suwono Rubianto, pemilik lahan sirkuit H Heru Bambang SE, dan muspida Balikpapan serta undangan lainnya.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, dan bagi warga yang kebut-kebutan di jalan sebaiknya salurkan bakat di sirkuit resmi,” ujar Wawali Rizal setelah menandatangani prasasti berdirinya Balikpapan Motocross Sirkuit.

Sementara itu Ketua BMC H Redy Asmara mengungkapkan, bahwa dirinya maupun pengurus BMC lainnya bertekad mencetak crosser andal, sebab selama ini gaung crosser di Kaltim tertinggal dengan atlet daratan Jawa.

“Karena itu, sirkuit ini terbuka untuk umum. Bagi yang punya kendaraan ingin latihan bersama setiap Sabtu dan Minggu kami persilakan,” ujar Redy.

Dia juga berterima kasih dengan Heru Bambang yang berkenan meminjamkan lahan untuk dibangun sirkuit, dan niatan Redy ini tujuannya kepedulian untuk memajukan olahraga otomotif khususnya motocross atau supercross. “Ya, harapan kami setelah mereka berlatih di sikuit ini dapat memajukan prestasi crosser Balikpapan khususnya dan Kaltim umumnya menjadi terbaik di even daerah, nasional maupun internasional,” kata Redy sambil menjelaskan atlet yang selama ini sudah melakukan latihan sejak 2008 lalu adalah Gesa Nugraha, Alief Yuvana, Risky, Trisna, crosser asal Australia Rasel dan lain-lain.

Setelah peresmian dilanjutkan ekshibisi para crooser menjajal sirkuit, Aldi Alfian dan Iwan (Sumedang), Agi Agassi (Bogor), Akbar Topan, Trenggono dan Dava (Jateng), Gesa Alief Yuvana dan crosser lokal lainnya. Sayang hujan, sehingga banyak yang tak mampu melanjutkan putaran di sirkuit menantang tersebut. (is)

Page 17: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

Wiki: Sirkuit SentulSearch Wikipedia!

Sirkuit Internasional Sentul adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di desa Sentul, kecamatan Citeureup kota Bogor, Indonesia. Sirkuit ini sering digunakan untuk menyelenggarakan balap motor serta ajang Asian F3 dan tercatat pernah menjadi penyelenggara MotoGP hingga akhir tahun 1997.

Daftar isi:1. Sejarah2. Data sirkuit3. Fasilitas

Sirkuit Internasional SentulLokasi Km 42 Citeureup - Bogor, Jawa Barat Indonesia

Event besar A1GP; Asian F3Panjang sirkuit 4,12 kilometer (2,56 mil)Tikungan 11Rekor putaran tercepat 1'19,029 ( Ralph Firman, Republik Irlandia, 2006)

Page 18: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

1. Sejarah

Usaha dalam membangun sirkuit Formula Satu kedua di Asia setelah Jepang adalah di Indonesia, sekitar lima belas tahun yang lalu ketika Hutomo Mandala Putra - putra presiden Republik Indonesia kala itu H.M. Soeharto - mempelopori pembangunan sebuah sirkuit di Sentul.

Dengan panjang 4,12 kilometer, Sirkuit International Sentul diharapkan dapat menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penyelenggara Formula Satu, hingga akhirnya pada tahun 1997, krisis moneter di Asia menyebabkan hal tersebut menjadi tidak mungkin dilaksanakan. Rampung pada tahun 1994, fasilitas yang ada kini telah sedikit tertinggal oleh perkembangan zaman, hingga menyebabkan ia tidak cocok untuk menyelenggarakan ajang yang super cepat sekelas Formula Satu.

Namun, sirkuit ini tetap cocok bagi pembalap untuk berkompetisi di ajang Asian Formula 3 Super Series. Setelah diadakan beberapa perbaikan di beberapa bagian sirkuit untuk mencapai standar yang ditetapkan FIA untuk menyelenggarakan balapan seperti A1 Grand Prix, yaitu tingkat 2 (tingkat 1 adalah standar untuk menyelenggarakan balapan sekelas F1) maka sirkuit sentul akhirnya dapat menyelenggarakan A1 Grand Prix selama dua musim (2005-06 dan 2006-07).

Page 19: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

Sirkuit Sentul 1994

2. Data sirkuit

Panjang lintasan: 4,12 km (2,56 mil)

Lebar lintasan: 15 m

Lintasan lurus terpanjang: 900 m

Lisensi sirkuit FIA tingkat 2.

50 garasi pit

Page 20: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

2 tribun duduk tertutup

3. Fasilitas

Lintasan Grand Prix (ilustrasi kanan atas)

Motocross, Autocross dan Sirkuit Go-Kart (ilustrasi kanan atas)

Hotel internasional bintang tiga

Bungalow

Lapangan golf internasional

Restoran

Pusat rekreasi

Paddock Scrutineering Grha Istirahat Pembalap Grha Perlengkapan S P B U Landasan Helikopter P M K Pusat Kesehatan Menara Kontrol Room Media & Press Center Lahan Parkir VIP Main Stand Sub Stand Victory Tower Gerbang Utama Gerbang Samping Lahan Parkir Water Storage Pos Penjagaan Sungai Cigede Pembangkit Listrik Hospitality Suites Cottage

Sirkuit Sentul menyelenggarakan A1 Grand Prix pada bulan Februari 2006.

3. 1. A1 Grand PrixMusim Pemenang Sprint Race Pemenang Feature Race2005-2006 Nicolas Lapierre Sean McIntosh2006-2007 Jonny Reid Jonny ReidDaftar kategori: SirkuitBahasa lain: English, Español, Deutsch, Italiano, 日本語Dari Wikipedia Indonesia. Seluruh teks tersedia sesuai dengan Creative Commons Attribution/Share-Alike License.

Page 22: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

Sirkuit Alam Lapangan Tembak Brimob - Desa Martabe Pancur Batu - MedanFeb 3, '09 3:08 AMfor everyone

Category:Other

Sirkuit motocross dan grass track yang dibangun oleh Brimob Poldasu ini terletak di belakang lapangan Golf Martabe - Desa Pancur Batu, dengan luas sekitar 7 ha, telah selesai dikerjakan lintasan sepanjang lebih kurang 759 - 800 m yang dilengkapi oleh Super Ball, Mud track, Speed track dan di perindah dengan kolam - kolam dan

Page 23: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

rerumputan yang asri.Sirkuit yang akan di gunakan pertama kalinya pada tanggal 28 Feb - 1 Mar ini. menampilkan kejuaraan Motocross dan Grasstrack BRIMOB POLDASU 2009. Dengan diundangnya seluruh pembalap dari Sumatera Utara dan daerah-daerah lainya, dipastikan sirkuit ini akan menjadi medan pertarungan yang pantas untuk disaksikan.....

Tags: martabeDaftar Agenda

Kegiatan Pemerintah Kabupaten Bengkalis

 

  Hari/Tanggal Pukul A c a r a T e m p a t

Kamis,26-11-2009

19.00 wibMelepas Pawai Takbir Idul Adha 1430 H Lapangan Tugu

Bengkalis-

Senin,30-11-2009 19.30 WIB

Malam Kekerabatan Purna Bhakti dalam rangka peringatan HUT KORPRI ke 38 tahun 2009 Kabupaten Bengkalis

Gedung Datuk Laksmana Raja Di Laut Kab. Bengkalis-

Rabu,25-11-2009 08.30 WIB

Pembukaan Pelaksanaan Lomba Pengucapan Panca Prastya Korpri dalam rangka peringatan HUT KORPRI ke 38 Tahun 2009 Kabupaten Bengkalis

Gedung Datuk Laksmana Raja Di Laut Kab. Bengkalis-

Selasa,24-11-2009

08.00 wibZiarah Makam Pahlawan dalam rangka HUT ke 38 KORPRI Tahun 2009 Kabupaten Bengkalis

Makam Pahlawan Kesuma Kesatria-

Selasa,24-11-2009

08.00 wib

Rapat koordinasi Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam rangka persiapan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Bengkalis Tahun 2010

Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Bengkalis-

Selasa,17-11-2009

08.30 wib Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan VI dan Diklat Prajabatan Gol I dan II Angkatan XVI, XVII dan XVIII serta Diklat Teknis

Gedung Badan Diklat Pegawai Kab.Bengkalis-

 

Page 24: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

Penata Usaha dan Akutansi Pelaporan Pertanggung Jawaban Keuangan Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2009

Selasa,17-11-2009

09.00 wib

Rapat Inventarisasi dan Penilaian Aset Milik Pemerintah Kabupaten Bengjkalis serta Pemisahan aset dalam rangka Pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti

Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Bengkalis-

Senin,16-11-2009 14.00 wib

Rapat Paripurna tentang Pengesahan Susunan Keanggotaan Alat Kelengkapan DPRD Kab.Bengkalis Masa Jabatan 2009-2010

Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bengkalis-

Selasa,10-11-2009

09.30 wib

Rapat Persiapan Panitia pengawas Seleksi / Ujian Tertulis Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Tahun 2009 dari Pelamar Umum di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis

Ruang Rapat Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis-

Selasa,10-11-2009

08.00 wibUpacara Apel Bendera Peringatan Hari Pahlawan ke 64 Tahun 2009

Lapangan Tugu Bengkalis-

Minggu,01-11-2009

07.30 wibPartisipasi pada saat keberangkatan Jemaah Calon Haji Kabupaten Bengkalis Tahun 1430 H/ 2009 M

Pelabuhan Bandar Sri Laksamana Bengkalis-

Rabu,28-10-2009

09.00 wibPembukaan Acara Rapat Evaluasi dan Pelaporan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2009

Hotel Horison Bengkalis-

Selasa,27-10-2009

19.30 wibPembukaan Lomba berbalas Pantun Tingkat Kabupaten Bengkalis

Gedung Cik Puan-

Rabu,28-10-2009

08.00 wibUpacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 81 Tahun 2009

Lapangan Tugu Bengkalis-

Selasa,27-10-2009 09.00 wib

Rapat Persiapan Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan wakil kepala daerah Kabuapten Bengkalis Tahun 2010

Ruang Rapat Badan Kesbang, Politik dan Linmas-

Senin,26-10-2009 16.00 wib

Rapat Paripurna tentang penyampaian Laporan Tim Perumus Peraturan Tata tertib DPRD Kabupaten Bengkalis dan Pengesahannya

Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bengkalis-

Kamis, 11.45 wib Pencanangan Kota Terpadu Mandiri (KTM) oleh Desa Pangkalan Nyirih

Page 25: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

15-10-2009 Menakertrans RI dan Menhut RI di Pulau Rupat Kecamatan Rupat-

Rabu,12-08-2009

08.00 wibPembukaan Bimbingan Teknis Linux dan Sistem Network Administrator

Gedung Daerah Datok Laksamana Raja di Laut-

Senin,10-08-2009

08.00 wibPembukaan Bimbingan Teknis Pengenalan Internet dan Pengolahan Data

Gedung Daerah Datok Laksamana Raja di Laut-

Senin,03-08-2009 8.00.wib

Pembukaan Bimtek Pengelolaan Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung bagi Bendahara dan Pengoptimalisasi Fungsi Jaringan SIKD

Kantor Bupati Bengkalis Lantai II-

Kamis,23-07-2009

09.00 wibRapat Finalisasi Panitia Hari Jadi Bengkalis ke 497 Tahun 2009

Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Bengkalis-

Kamis,23-07-2009 07.30 wib

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2009 Lapangan Pasir Bandar Sri Laksamana Bengkalis-

Rabu,22-07-2009 08.30 wib

Pembukaan Gerakan Sadar Wisata di Kabupaten Bengkalis

Pantai Pasir Pelabuhan Bandar Sri Laksamana Bengkalis-

Sabtu,18-07-2009

08.30 wibPembukaan Pertandingan Cabang Olahraga Sepaktakraw PORDA VI Propinsi Riau Tahun 2009

Perkasa Alam Sport Hall Bengkalis-

Sabtu,18-07-2009

08.00 wibPembukaan Acara Rapat Evaluasi dan Pelaporan Pemilu Legislatif Tahun 2009

Hotel Pantai Marina Bengkalis-

Kamis,16-07-2009

14.00 wibRapat Laporan Akhir Panitia Hari Jadi Bengkalis Ruang Rapat Lantai II

Kantor Bupati Bengkalis-

Kamis,16-07-2009

08.30 WIBPembukaan Pelatihan Sosialisasi Kebijakan kependudukan

Gedung Organisasi Wanita-

Rabu,15-07-2009

08.30 WIBPembukaan Kegiatan Pekan isra Mi'raj 1430 H / 2009 M

Gedung Cik Puan Bengkalis-

Selasa,14-07-2009

19.30 WIBPengukuhan Atlit Porda VI Propinsi Riau Tahun 2009 Kontingen Kab. Bengkalis

Lapangan Tugu Bengkalis-

Senin,13-07-2009 14.00 WIB

Rapat Persiapan Panitia Penyelanggaraan Penyerahan Mendali pada Porda VI Propinsi Riau di Bengkalis

Ruang Rapat Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis-

Page 26: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

Jum'at,03-07-2009

08.30 WIBPelantikan Pejabat Eselon III dan IV Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis

Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut-

Kamis,02-07-2009 08.30 wib

Pembukaan Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah

Aula Hotel Horizon Bengkalis, Jl. Hasanuddin Bengkalis-

Selasa,30-06-2009 09.30 wib

Penyampaian Laporan Kegiatan dan Anggaran Biaya dari masing-masing Bidang dan Seksi Panitia Hari Jadi Bengkalis ke 497 Tahun 2009

Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Bengkalis-

Rabu,24-06-2009

08.00 wibSosialisasi Undang-undang tindak pidana korupsi tentang pengadaan barang / jasa dan gratifikasi

Gedung Daerah Datok Laksamana Raja di Laut-

Selasa,23-06-2009

08.30 wibRapat Evaluasi Pelaksanaan Proyek APBD Tahun Anggaran 2009

Ruang Rapat Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis-

Kamis,25-06-2009

08.30 wibSosialisasi pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2009

Gedung Daerah Datok Laksamana Raja di Laut-

Senin,22-06-2009

08.30 wib

Pembukaan Bimtek Pengadaan Barang / Jasa dan Ujian Sertifikasi

Aula Badan Pendidikan dan Pelatihan Kab.Bengkalis Jl. Kelapapati Darat-

Rabu,17-06-2009

10.00Rapat Paripurna DPRD tentang Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap LKPJ Bupati Bengkalis

Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab.Bengkalis-

Rabu,17-06-2009 08.30

Pembukaan Bimbingan Teknis Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Lingkup Pemkab Bengkalis

Aula Badan Pendidikan& Pelatihan Pegawai Kab.Bengkalis-

Selasa,16-06-2009 10.00 wib

Rapat Paripurna DPRD tentang Pemandangan Umum Fraksi - Fraksi terhadap Penyampaian 3 (tiga) Ranperda Inisiatif Dewan

Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bengkalis-

Senin,15-06-2009 14.00 wib

Rapat Paripurna DPRD tentang Penjelasan Bupati Bengkalis terhadap Pembangunan Pelabuhan Internasional Selat Baru

Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bengkalis-

Kamis,11-06-2009

08.30 WibMenerima Kunjungan Kerja DANREM 031/ WIRABIMA Wisma Daerah Sri

Mahkota Bengkalis-

Page 27: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

Jum'at,05-06-2009

09.00 WibRapat Perubahan APBD-P Tahun 2009 Ruang Rapat Lantai IV

Kantor Bupati Bengkalis-

  Agenda Kegiatan  Senin 30-11-2009 (Dewan Pengurus Korpri Kab.Bengkalis)Malam Kekerabatan Purna Bhakti dalam rangka peringatan HUT KORPRI ke 38 tahun 2009 Kabupaten Bengkalis

Kamis 26-11-2009 (Bagian Kesra Setda Kab.Bengkalis)Melepas Pawai Takbir Idul Adha 1430 H

Rabu 25-11-2009 (Dewan Pengurus Korpri Kab.Bengkalis)Pembukaan Pelaksanaan Lomba Pengucapan Panca Prastya Korpri dalam rangka peringatan HUT KORPRI ke 38 Tahun 2009 Kabupaten Bengkalis

Selasa 24-11-2009 (Bagian Tapem Setda Kab.Bengkalis)Rapat koordinasi Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam rangka persiapan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Bengkalis Tahun 2010

Selasa 24-11-2009 (Dewan Pengurus Korpri

Page 28: Staff Ride Dewi- Proposal Outline - 10-28-2009

Kab.Bengkalis)Ziarah Makam Pahlawan dalam rangka HUT ke 38 KORPRI Tahun 2009 Kabupaten Bengkalis

Selasa 17-11-2009 (Bagian Perlengkapan Setda Kab.Bengkalis)Rapat Inventarisasi dan Penilaian Aset Milik Pemerintah Kabupaten Bengjkalis serta Pemisahan aset dalam rangka Pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti

Selasa 17-11-2009 (BANDIKLAT)Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan VI dan Diklat Prajabatan Gol I dan II Angkatan XVI, XVII dan XVIII serta Diklat Teknis Penata Usaha dan Akutansi Pelaporan Pertanggung Jawaban Keuangan Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2009

  Profil

 RSUD Grand Hospital

  Pemberitahuan Penerimaan CPNSD Kabupaten Bengkalis Tahun