Skenario Diskusi Kelompok Revisi 12 Oktober 2013

2
Skenario diskusi kelompok revisi 12 Oktober 2013 Topik Diskusi 1: Senam kesehatan jasmani Doni seorang mahasiswa bersama teman-temannya melakukan senam kesehatan jasmani. Pemanasan dilakukan sebelum senam dimulai. Saat pemanasan dan berlangsungnya senam, detak jantung dan tekanan darah meningkat, tubuh berkeringat dan frekuensi pernafasannya juga meningkat. Sel-sel tubuh meningkatkan penggunaan energy untuk aktivitas tersebut. Setelah 30 menit senam berjalan, peserta senam merasakan kelelahan, energy terkuras, nafasnya terengah-engah, otot kelelahan dan terasa pegal. Setelah senam selesai, perserta senam perlu beristirahat. Meskipun tubuh merasa kelelahan, kegiatan tersebut rutin dilakukan, sehingga otot-otot yang berhubungan dengan alat gerak, pernafasan dan sirkulasi berkembang semakin kuat. Kata kunci: sel, otot, energy, lelah otot Topik Diskusi 2: PERTUMBUHAN SEL NORMAL

description

diskusi

Transcript of Skenario Diskusi Kelompok Revisi 12 Oktober 2013

Page 1: Skenario Diskusi Kelompok Revisi 12 Oktober 2013

Skenario diskusi kelompok revisi 12 Oktober 2013

Topik Diskusi 1: Senam kesehatan jasmani

Doni seorang mahasiswa bersama teman-temannya melakukan senam kesehatan jasmani. Pemanasan dilakukan sebelum senam dimulai. Saat pemanasan dan berlangsungnya senam, detak jantung dan tekanan darah meningkat, tubuh berkeringat dan frekuensi pernafasannya juga meningkat. Sel-sel tubuh meningkatkan penggunaan energy untuk aktivitas tersebut. Setelah 30 menit senam berjalan, peserta senam merasakan kelelahan, energy terkuras, nafasnya terengah-engah, otot kelelahan dan terasa pegal. Setelah senam selesai, perserta senam perlu beristirahat. Meskipun tubuh merasa kelelahan, kegiatan tersebut rutin dilakukan, sehingga otot-otot yang berhubungan dengan alat gerak, pernafasan dan sirkulasi berkembang semakin kuat.

Kata kunci: sel, otot, energy, lelah otot

Topik Diskusi 2: PERTUMBUHAN SEL NORMAL

Mick berumur 2 tahun, sehat, lincah, makannya lahap dan rutin sehari 3 kali. Asupan zat makanan dicerna, kemudian melintas membran sel usus dalam proses penyerapan masuk ke sistem sirkulasi. Di dalam sistem sirkulasi, zat makanan tersebut masih mengalami proses metabolisme kemudian dibawa ke seluruh sel jaringan tubuh. Sel jaringan tubuh yang responsif terhadap zat makanan mengekspresikan gen untuk sintesis protein. Protein yang terbentuk dan zat lain yang diperlukan, digunakan untuk pertumbuhan sel. DNA di dalam nukleus menggandakan diri (replikasi) terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan pembelahan sel secara mitosis. Nukleus membelah terlebih dahulu

Page 2: Skenario Diskusi Kelompok Revisi 12 Oktober 2013

(kariokinesis) kemudian sitokinesis. Proses mitosis penting untuk pertumbuhan sel secara normal.

Kata kunci: membran sel, ekspresi gen, sintesis protein, replikasi DNA, mitosis, kariokinesis, sitokinesis.

Topik Diskusi 3: MIMPI BASAH

Mn duduk di kelas 6 SD, tinggal di Jakarta. Pada suatu malam Mn terbangun karena terjadi hal yang tidak biasa, yaitu mimpi basah.

Kata kunci: sel punca, spermatogenesis, sel Leydig, testosteron, epididymis, ejakulasi,

cairan semen

Topik Diskusi 4: BERCAK DARAH

Nn, siswi kelas 6 SD terkejut ketika pertama kali melihat bercak darah pada celana dalam. Ternyata dia mengalami haid yang pertama.

Kata Kunci: organ reproduksi, sel punca, oogenesis, menstruasi, menarche