Silabus Mk Audit Forensik 1033

4
Universitas Gadjah Mada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Program Profesi Akuntansi SILABUS AUDIT FORENSIK / AKUNTANSI FORENSIK 1. Dosen Koordinator Drs. Sugiarto, M.Acc., MBA., Akt., CPA., CMA 2. Kantor dan Kontak Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Lantai 2 Sayap Barat, Ruang Pengelola PPAk Telpon: (0274) 548516 3. Buku Wajib a. Tommie W. Singleton dan Aaron J. Singleton. 2010. Fraud Auditing and Forensic Accounting, Third Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. (Koda: Singleton). b. Howard Silverstone dan Michael Sheetz. 2007. Forensic Accounting and Fraud Investigation for Non – Experts, Second Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. (Koda: Silverstone). 4. Buku Pilihan Buku apapun yang menjelaskan mengenai Fraud Auditing dan Forensic Accounting; misalnya buku berikut: Howard M. Schilit dan Jeremy Perler. 2010. Financial Shenanigans, 3 rd Edition. The McGraw Hill Company. (Koda: Shenanigans). 5. Deskripsi Mata kuliah ini berisi gambaran umum mengenai fraud auditing dan forensic accounting yang meliputi: definisi dan ruang lingkup fraud auditing dan forensic accounting, faktor- faktor yang memicu tindakan fraud, peran profesi akuntan dalam investigasi, pencegahan dan pengendalian fraud, proses investigasi, pemerolehan dan analisis bukti, serta dokumentasi dan pelaporan hasil investigasi. Perkuliahan ini juga akan didukung dengan kasus-kasus riil mengenai investigasi atas fraud yang terjadi di perusahaan, serta pengetahuan lain yang dapat menambah wawasan mahasiswa tentang dunia fraud investigation dan forensic accounting. 6. Tujuan Pembelajaran Setelah mengambil mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu untuk: a. Memahami definisi dan lingkup fraud auditing dan forensic accounting; b. Memahami konsep entitas dan akuntansi keuangan untuk mengetahui potensi fraud yang mungkin terjadi dalam perusahaan; c. Memahami skema fraud, sinyal-sinyal adanya fraud, serta pengendalian dan cara mendeteksi adanya fraud.

description

silabus-mk-audit-forensik

Transcript of Silabus Mk Audit Forensik 1033

Page 1: Silabus Mk Audit Forensik 1033

Universitas Gadjah Mada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Program Profesi Akuntansi

  

SILABUS AUDIT FORENSIK / AKUNTANSI FORENSIK 

   1. Dosen Koordinator Drs. Sugiarto, M.Acc., MBA., Akt., CPA., CMA 2. Kantor dan Kontak Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Lantai 2 Sayap Barat, Ruang Pengelola PPAk Telpon: (0274) 548516 3. Buku Wajib a. Tommie W. Singleton dan Aaron J. Singleton. 2010. Fraud Auditing and Forensic

Accounting, Third Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. (Koda: Singleton). b. Howard Silverstone dan Michael Sheetz. 2007. Forensic Accounting and Fraud Investigation for Non – Experts, Second Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. (Koda: Silverstone).

4. Buku Pilihan Buku apapun yang menjelaskan mengenai Fraud Auditing dan Forensic Accounting; misalnya buku berikut: Howard M. Schilit dan Jeremy Perler. 2010. Financial Shenanigans, 3rd Edition. The McGraw Hill Company. (Koda: Shenanigans). 5. Deskripsi Mata kuliah ini berisi gambaran umum mengenai fraud auditing dan forensic accounting yang meliputi: definisi dan ruang lingkup fraud auditing dan forensic accounting, faktor-faktor yang memicu tindakan fraud, peran profesi akuntan dalam investigasi, pencegahan dan pengendalian fraud, proses investigasi, pemerolehan dan analisis bukti, serta dokumentasi dan pelaporan hasil investigasi. Perkuliahan ini juga akan didukung dengan kasus-kasus riil mengenai investigasi atas fraud yang terjadi di perusahaan, serta pengetahuan lain yang dapat menambah wawasan mahasiswa tentang dunia fraud

investigation dan forensic accounting. 6. Tujuan Pembelajaran Setelah mengambil mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu untuk: a. Memahami definisi dan lingkup fraud auditing dan forensic accounting; b. Memahami konsep entitas dan akuntansi keuangan untuk mengetahui potensi fraud yang mungkin terjadi dalam perusahaan; c. Memahami skema fraud, sinyal-sinyal adanya fraud, serta pengendalian dan cara mendeteksi adanya fraud.

Page 2: Silabus Mk Audit Forensik 1033

Universitas Gadjah Mada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Program Profesi Akuntansi

d. Memahami proses investigasi, melakukan teknik-teknik investigasi, mengumpulkan dan menganalisis bukti dokumen sehingga dapat menarik kesimpulan atas kasus fraud yang dihadapi. e. Memahami arti pentingnya peran profesi akuntan dalam mencegah, mendeteksi, dan menginvestigasi fraud.

7. Tugas Mahasiswa a. Membaca bahan kuliah sebelum temu kelas. Kelas harus dipandang sebagai tempat konfirmasi pemahaman mahasiswa terhadap bahan kuliah. b. Membuat ringkasan atau mencatat butir-butir yang dianggap penting dari tiap materi yang akan dibahas pada temu kelas berikutnya (untuk kepentingan sendiri dan tidak diserahkan kepada dosen, kecuali dinyatakan lain). c. Mengerjakan dan mengumpulkan tugas dan latihan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh dosen. Tugas harus dikumpulkan tepat waktu sebelum perkuliahan dimulai dan tugas yang terlambat diserahkan tidak akan diterima. Ketidaklengkapan tugas mahasiswa sampai dengan akhir semester dapat berakibat pengurangan nilai. 8. Integritas Akademik Setiap mahasiswa diharapkan memiliki integritas akademik. Tidak ada toleransi bagi mahasiswa yang melakukan kecurangan dan ketidakjujuran. Kecurangan dan ketidakjujuran dapat berupa plagiarism atas pekerjaan mahasiswa lain maupun penandatanganan presensi mahasiswa yang tidak hadir oleh mahasiswa lain. Setiap bentuk kecurangan dan ketidakjujuran yang dilakukan oleh mahasiswa akan diberikan sanksi berupa ketidaklulusan bagi mahasiswa yang bersangkutan. 9. Kehadiran Mahasiswa diharapkan untuk menghadiri setiap temu kelas terjadwal. Tingkat kehadiran mahasiswa akan diperhitungkan dalam proses penilaian akhir. Ketidakhadiran 25% atau lebih dari kuliah terjadwal menyebabkan mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti ujian akhir semester dan ini hanya akan membuat nilai mahasiswa gagal. 10. Pendekatan Kuliah Mahasiswa diharapkan membekali pikirannya dengan bahan yang ditugaskan untuk dibaca sebelum temu kelas berikutnya. Temu kelas digunakan untuk penjelasan secukupnya oleh dosen dan diskusi antara dosen dan mahasiswa dan antarmahasiswa.

11. Penilaian Prestasi Kuis dapat diberikan pada awal atau akhir waktu kuliah dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kuis akan berlangsung sekitar 10 menit. Ujian diselenggarakan dua kali, yakni ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Aktivitas mahasiswa berupa diskusi kelas di kelas dan pengerjaan tugas di luar kelas juga merupakan elemen penilaian. Bobot nilai adalah sebagai berikut:

Page 3: Silabus Mk Audit Forensik 1033

Universitas Gadjah Mada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Program Profesi Akuntansi

1. Ujian tengah semester 30% 2. Ujian akhir semester 30% 3. Kuis 20% 4. Aktivitas: diskusi dan tugas 20% Nilai final mahasiswa ditentukan berdasarkan angka berbobot dengan konversi sebagai berikut: A 90 – 100,00; A- 85 – 89,99; B+ 80 – 84,99; B 70 – 79,99; B- 65 – 69,99; C+ 60 – 64,99; C 55 – 59,99; D 45 – 54,99; E 0 – 44,99

12. Tatap Muka, Materi Bahasan, Referensi, dan Tugas di Luar Kelas

Tatap Muka Ke-

Materi Bahasan Referensi Tugas di

Luar Kelas 1. Penjelasan silabus; Definisi fraud, kerangka dasar fraud auditing dan forensic accounting, serta konsekuensi sosial atas kejahatan ekonomi.

1. Silabus; 2. Singleton, Bab 1 dan 2; 3. Silverstone, Bab 1 TBA (to be announced)

2. Peran auditor dalam mendeteksi fraud. 1. Singleton, Bab 3 2. Silverstone, Bab 5 Taufikur Rahman 3. • Konsep-konsep dasar akuntansi keuangan, yaitu siklus akuntansi, jurnal, dan peluang fraud di dalamnya. • Konsep Entitas.

1. Silverstone, Bab 2 dan 3 Taufikur Rahman 4. Bisnis (perusahaan) sebagai korban kejahatan fraud dan peluang yang terjadi di dalam perusahaan. 1. Silverstone, Bab 6 dan 7 Dr. Gudono 5. • Skema fraud, yang meliputi kecurangan dalam pelaporan keuangan, korupsi, dan penyalahgunaan aset.

1. Singleton, Bab 4 dan 5 Dr. Gudono

Page 4: Silabus Mk Audit Forensik 1033

Universitas Gadjah Mada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Program Profesi Akuntansi

• Sinyal dan pendeteksian fraud. 6. • Fraud dan CAAT; • Pencegahan dan pengendalian

fraud; 1. Singleton, Bab 6 dan 7 Gunawan W

7. • Penilaian risiko fraud; • Fraud dan sistem informasi akuntansi;

1. Singleton, Bab 8 dan 9 Gunawan W Ujian Tengah Semester 8. Proses investigasi: evaluasi kasus, perencanaan, dan pelaksanaan investigasi. 1. Silverstone, Bab 8 dan 9 Dr. Supomo PH 9. Pembuktian kasus melalui bukti dokumen. 1. Silverstone, Bab 10 2. Singleton, Bab 13 Dr. Supomo PH 10. Alat analisis bagi investigator dan analisis inferensial serta dokumentasi dan pengungkapan kasus. 1. Silverstone, Bab 11, 12, dan 13 TBA

11. Earnings manipulations 1. Shenanigans, Bab 3 s.d. 9 TBA12. Cash Flows manipulations 1. Shenanigans, Bab 10 s.d. 13 TBA13. Key Metrics Shenanigans, Shenanigans Recap and Recommendation 1. Shenanigans, Bab 14 s.d. 16 TBA 14. Diskusi kasus 1. Handout TBA

Ujian Akhir Semester 13. Catatan Penting Lain Kuliah ini memiliki bobot 3 SKS dan terjadwal 14 kali pertemuan. Apabila terdapat jadwal yang bersesuaian dengan hari libur nasional, atau dosen berhalangan hadir karena menjalankan tugas Fakultas lainnya yang tidak dapat ditinggalkan, maka pertemuan tersebut akan diganti dengan pertemuan lain yang akan ditentukan berdasarkan kesepakatan dan tersedianya ruang kelas dan waktu.